Senin, 10 September 2012

[belajar-excel] Digest Number 1764

14 New Messages

Digest #1764
1a
Re: formula average ignore blank dan 0.00 by "Wiranata Kemala" kwiranata
2a
2b
Re: TANGGAL MENJADI TEKS? by "Kid Mr." nmkid.family@ymail.com
6a
menghitung lembur hari libur by "indria pie" mas_pie3
6b
Re: menghitung lembur hari libur by "Wahyudi, Hery UTAS" hery_male
6d
Re: menghitung lembur hari libur by "Wahyudi, Hery UTAS" hery_male
8
data mobil2 by "Fendi S" fendis@rocketmail.com

Messages

Sun Sep 9, 2012 11:28 pm (PDT) . Posted by:

"Wiranata Kemala" kwiranata

Newbie coba bantu jawab juga ya.

Misalkan gak mau pake array formula, and pakai cara yg lebih 'membumi', ini salah satu alternative nya .

Kolum bantu di cell E5 , formula =IF(C5>0,1,0), copy down sampai bawah E87.
 Formula:  =SUMPRODUCT((E5:E87=E5)*(C5:C87))/COUNTIF(C5:C87,"<>0")

Array formula (tiga jari sakti J )  nya Mr.Kid {=AVERAGE(IF(C5:C87<>0,C5:C87))}

Hasil average dari data C5:C87  dengan mengabaikan 0.00 dengan kedua cara diatas =  312,006,734

Hope that helped ..
Kalo kurang berkenan jangan dimarahin ya :)

sent from ...
-----Original Message-----
From: Yusril Ramadani <yusrilramadani@gmail.com>
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Mon, 10 Sep 2012 13:22:16
To: <belajar-excel@yahoogroups.com>
Reply-To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] formula average ignore blank dan 0.00

Ooo keereen
Terima kasih Mr Kid
Tapi kalau boleh dijelaskan array formula ini apa ya ? dan fungsi2 spt apa
saja yang menggunakan array formula


Terima kasih lagi

Salam
YR


--- Mods ---
Coba main ke website milis di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/files/

jika Anda login YahooID, maka akan bisa download file dari sana.
Salah satu file yang menjelaskan array formula :
ctv_ArrayFormula Examples_(bE_fles).zip

------------


2012/9/10 Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>

> **
>
>
> Setelah menulis formula, jangan tekan Enter, tapi tekan CTRL SHIFT
> ENTER bersamaan agar formula menjadi array formula.
>
> Wassalam,
>
> Kid.
>
> 2012/9/10 Yusril Ramadani <yusrilramadani@gmail.com>
>
>> **
>>
>>
>> Terima kasih Mr Kid
>> Sudah saya coba tapi kok value ya
>> yg dimaksdu di enter sebagai arrya formula apa ya ?
>>
>>
>>
>> 2012/9/10 Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
>>
>> **
>>>
>>>
>>> Coba :
>>> (misal data di x2:x45)
>>> =average( if( x2:x45 <> 0 , x2:x45 ) )
>>> lalu enter sebagai array formula
>>>
>>> Kid.
>>>
>>>
>>> 2012/9/10 Yusril Ramadani <yusrilramadani@gmail.com>
>>>
>>>> **
>>>>
>>>>
>>>> Dear para pakar
>>>>
>>>> Mohon bantuannya untuk mencari average dari data dengan mengabaikan
>>>> 0.00
>>>>
>>>> Terlampir contohnya
>>>>
>>>> Salam
>>>> YR
>>>>
>>>>
>>>
>>
>
>



------------------------------------

----------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
----------------------------------------------------------Yahoo! Groups Links



Mon Sep 10, 2012 12:01 am (PDT) . Posted by:

"anugrah"

HALO Semuanya....,
mau tanya, klo ingin membuat format tanggal menjadi huruf bagaimana ya???

contoh :

tanggal 10 september 2012

menjadi

senin, tanggal sepuluh bulan september tahun duaribu dua belas

klo menggunakan rumus =TEXT(cell;"dddd, dd-mmmm-yyyy")
hanya mendapatkan

senin, 10-september-2012

terimakasih atas bantuannya.

Mon Sep 10, 2012 12:09 am (PDT) . Posted by:

"Kid Mr." nmkid.family@ymail.com

Mengubah angka menjadi teks membutuhkan fungsi konversinya. Bisa didapat di
website milis :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/files/

Yang menggunakan UDF, biasanya disebut fungsi terbilang (pakai VBA) dan
digunakan layaknya fungsi Excel lainnya.
download file tentang terbilang.

Yang menggunakan nama range yang merujuk ke suatu formula dapat download
file tentang terbilang tanpa macro.

Yang harus diubah dari data tanggal adalah sisi hari (hasil fungsi Day) dan
sisi tahun (hasil fungsi Year) yang dimasukkan ke fungsi terbilang.
Nama hari dengan fungsi text( nilai , "dddd" )
Nama bulan dengan fungsi text( nilai , "mmmm" )

Lengkapnya bisa berupa :
=text( nilai , "dddd," ) & " tanggal " & terbilang( day( nilai ) ) & "
bulan " & text( nilai , "mmmm" ) & " tahun " & terbilang( year( nilai ) )

Wassalam,
Kid.

2012/9/10 anugrah <knightriderblack@yahoo.com>

> **
>
>
> HALO Semuanya....,
> mau tanya, klo ingin membuat format tanggal menjadi huruf bagaimana ya???
>
> contoh :
>
> tanggal 10 september 2012
>
> menjadi
>
> senin, tanggal sepuluh bulan september tahun duaribu dua belas
>
> klo menggunakan rumus =TEXT(cell;"dddd, dd-mmmm-yyyy")
> hanya mendapatkan
>
> senin, 10-september-2012
>
> terimakasih atas bantuannya.
>
>
>

Mon Sep 10, 2012 12:39 am (PDT) . Posted by:

"indria pie" mas_pie3

salam excel,
menyambung jawaban pak agung, maybe alert bisa memakai conditional formatting, ketikan pada bagian 'Format only cells that contain - pilih format only cell dengan "cell value" - between - = today() and =today()+7 (misal alert untuk 1 minggu sebelumnya)
untuk lebih jelasnya saya sertakan filenya.

-snupy- 

________________________________
Dari: "agung.widodo01@id.panasonic.com" <agung.widodo01@id.panasonic.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Rabu, 5 September 2012 10:06
Judul: RE: [belajar-excel] Mencari tanggal akhir kontrak


 
Menurut saya
Alert hanya akan bisa dilihat bila file dibuka, CMIIW
 
Mungkin bisa
dengan conditional formatting-formula jika tanggal jatuh tempo di sel tiba atau
lebih besar dari today(), maka pattern / font berubah warna.
 
 
Wassalam
Agung Widodo
 

________________________________

From:belajar-excel@yahoogroups.com [mailto: belajar-excel@yahoogroups.com ] On Behalf Of Joe Dien
Sent: Wednesday, September 05,
2012 9:50 AM
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Bls: [belajar-excel]
Mencari tanggal akhir kontrak
 
 
Dear Be
Excell.....
 
Menyambung dari pertanyaan Mba Aini,
bagaimana caranya memunculkan alert/tanda di PC/excell untuk 1 minggu/bulan
sebelumnya dari akhir kontrak tersebut. 
 
Atas perhatiannya be exceller diucapkan
terima kasih.
 
Joedien
"Keep
Smiling n Spirit"

________________________________

Dari:Bagus
<bagus@kingjim.co.id>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Selasa, 4 September 2012
16:13
Judul: Re: [belajar-excel] Mencari
tanggal akhir kontrak
 
 
Dear
Alni;
 
pada
cell C5 ketik formula berikut:
 
=edate(B5,24)-1
 
 
Bagus
-----
Original Message -----
>From:Alni
Mainora
>To:belajar-excel@yahoogroups.com
>Sent:Tuesday, September 04,
2012 3:22 PM
>Subject:[belajar-excel] Mencari tanggal akhir kontrak
> 
> 
>Salam para
pakar Excel,
>
>mohon dicarikan solusi,
>Jika ada karyawan yang join tgl 04 September 2012 dan 2 tahun kedepan
>kontraknya akan berakhir, bagaimana cara bikin formulanya ?
>Contoh data terlampir.
>
>Terima kasih banyak atas solusinya.
>
>Wassalam,
>
>Alni Mainora
>
>THIS CORRESPONDENCE CONTAINS CONFIDENTIAL INFORMATION OF KEMET ELECTRONICS
CORPORATION AND ITS AFFILIATED COMPANIES. If you have received this e-mail and
it was not intended for you, please let us know, and then delete it. We thank
you for treating our confidential information in a courteous and professional
manner.
>
>DISCLAIMER: Although we have taken reasonable steps to reduce risks against
viruses, the reliability of this method of communication cannot be guaranteed.
It can be intercepted, corrupted, or delayed, or it may arrive incomplete,
contain viruses, or be affected by other interference. The opening of any
attachments to this e-mail indicates your agreement to hold us harmless and
release us from liability for any damage sustained as a result of this
transmission.
 

Mon Sep 10, 2012 1:00 am (PDT) . Posted by:

"indria pie" mas_pie3

dear Abang 
saya punya alternatif di file yang saya sertakan yang sebelumnya dibantu Bp. Hendrik Karnadi, semoga bisa menginspirasi....

-snupy-

________________________________
Dari: Abang Tukang tanya <abangtukangtanya@yahoo.co.id>
Kepada: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Dikirim: Kamis, 6 September 2012 2:00
Judul: [belajar-excel] Tanya Form Gaji Pegawai


 
Dear Para Master, dan teman2 lainnya,

Ada yang punya form gaji pegawai ga ya, dan mencetaknya secara otomatis.
Kalo ada yang punya boleh minta ga ya?

Regards

Abang Tukang Tanya

Mon Sep 10, 2012 1:27 am (PDT) . Posted by:

"rizald al kaaf"

baik, saya coba dulu mr.kid....

On 9/10/12, Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com> wrote:
> Maaf belum bisa bantu,
> tetapi, demi kenyamanan kedepannya, coba susun sheet kurs dengan susunana
> kolom : (tiap minggu di tambah datanya di paling bawah)
> data mulai baris 2 dan header di baris pertama.
> kolom A : tanggal_batas_bawah (input dengan YYYY-MM-DD)
> kolom B : tanggal batas atas (input dengan YYYY-MM-DD)
> kolom C : kode valuta (standar ISO [3 karakter])
> kolom D : satuan
> kolom E : nilai kurs ke IDR
> kolom F : bila perlu nama valutanya, letakkan disini
> (misal ada record kurs dari baris 2 sampai 5000)
>
>
> Setelah itu, coba gunakan di sheet1 cell d2 :
> =index( kurs!$e$2:$e$5000 / kurs!$d$2:$d$5000 , match ( 1 ,
> (kurs!$a$2:$a$5000=<c2)*(kurs!$b$2:$b$5000>=c2)*(kurs!$c$2:$c$5000=a2) , 0
> ) ) * b2
> kemudian tekan CTRL SHIFT ENTER bersamaan.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
> 2012/9/10 rizald al kaaf <r.alkaaf@gmail.com>
>
>> **
>>
>>
>> salam
>> saya punya permasalahan ni, mau mencari nilai valas periode tertentu,
>> seperti terlampir....
>> dan mungkin sekalian, kali aja ada yg simpan file kurs pajak
>> berdasarkan aturan menteri keuangan dari 2009 hehe
>>
>> terima kasih
>>
>>
>>
>

--
~Rizald D AlKaaf

Mon Sep 10, 2012 1:32 am (PDT) . Posted by:

"indria pie" mas_pie3

dear Suhu Excel

saya punya permasalahan dalam menghitung lembur hari libur seperti file terlampir, mohon bantuannya
formula apa yang harus saya gunakan untuk isi cell AT8 (lembur "L2")

trims

-snupy-

Mon Sep 10, 2012 1:58 am (PDT) . Posted by:

"Wahyudi, Hery UTAS" hery_male

[AT8]=SUM(AA8,M8)-AS8



CMIIW



From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com] On Behalf Of indria pie
Sent: Monday, September 10, 2012 3:31 PM
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: [belajar-excel] menghitung lembur hari libur





dear Suhu Excel



saya punya permasalahan dalam menghitung lembur hari libur seperti file terlampir, mohon bantuannya

formula apa yang harus saya gunakan untuk isi cell AT8 (lembur "L2")



trims



-snupy-



Mon Sep 10, 2012 2:20 am (PDT) . Posted by:

"indria pie" mas_pie3

trimakasih pak wahyudi,
seumpama ketentuannya saya tambah gimna seperti file attach

trims

________________________________
Dari: "Wahyudi, Hery UTAS" <hery.wahyudi@goodrich.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Senin, 10 September 2012 15:58
Judul: RE: [belajar-excel] menghitung lembur hari libur


 
[AT8]=SUM(AA8,M8)-AS8
 
CMIIW
 
From:belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com] On Behalf Of indria pie
Sent: Monday, September 10, 2012 3:31 PM
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: [belajar-excel] menghitung lembur hari libur
 
 
dear Suhu Excel
 
saya punya permasalahan dalam menghitung lembur hari libur seperti file terlampir, mohon bantuannya
formula apa yang harus saya gunakan untuk isi cell AT8 (lembur "L2")
 
trims
 
-snupy-

Mon Sep 10, 2012 2:36 am (PDT) . Posted by:

"Wahyudi, Hery UTAS" hery_male

Ups… Salah



[AT8] =SUM(IF((M8-7)>1,1,IF((M8-7)>0,M8-7,0)),IF((AA8-7)>1,1,IF((AA8-7)>0,AA8-7,0)))



CMIIW

Salam Hangat dan Jabat Erat

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com] On Behalf Of Wahyudi, Hery UTAS
Sent: Monday, September 10, 2012 3:58 PM
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: RE: [belajar-excel] menghitung lembur hari libur





[AT8]=SUM(AA8,M8)-AS8



CMIIW



From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com] On Behalf Of indria pie
Sent: Monday, September 10, 2012 3:31 PM
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: [belajar-excel] menghitung lembur hari libur





dear Suhu Excel



saya punya permasalahan dalam menghitung lembur hari libur seperti file terlampir, mohon bantuannya

formula apa yang harus saya gunakan untuk isi cell AT8 (lembur "L2")



trims



-snupy-



Mon Sep 10, 2012 1:38 am (PDT) . Posted by:

"Teti Zhe" teti_zhe

Makasih Pak,,

Sudah cukup jelas bagi saya, 

Jika boleh bertanya lagi bagaimana solusi nya jika masalah nya seperti ini :

Untuk entry data bukan hanya dikerjakan satu orang. setiap 2 hari data akan digabungin ke tabel utama.

masalah : terkadang 1 responden memiliki 2 record data begitu... kesalahan awal ketika melakukan wawancara penelitian sehingga sering responden yang uda diteliti, diteliti ulang oleh yang lain, sehingga datanya jadi dobel dehh...

pertanyaan : apakah ada cara untuk mengetahui record data yang dobel / responden yang dobel datanya dengan lebih mudah tanpa harus ngecek per-record?
Trimakasih sebelumnya,

Salam,
Teti.

________________________________
From: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Tuesday, September 4, 2012 4:50 PM
Subject: Re: [belajar-excel] Bagaimana mencocokkan/verifikasi record data di tabel yang berbeda?


 
Sama2.

Matematikanya begini:
Data Responden Awal = 75, terdiri dari "1x"  = 65 dan "2x" = 10
Data Responden Akhir = 56, terdiri dari "1x" = 46 dan "2x" = 10

Cukup jelas kan ?

Salam,
Hendrik Karnadi

________________________________
From: Teti Zhe <teti_zhe@yahoo.com>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Tuesday, 4 September 2012, 16:21
Subject: Re: [belajar-excel] Bagaimana mencocokkan/verifikasi record data di tabel yang berbeda?


 
Mkasih Pak,
uda pas banget ... tapi boleh nanya, koq jumlah responden di kolom 1x (Awal) ga sama dengan kolom Responden Awal? bukankah sebenarnya data yang ada di kolom 1x(Awal) itu sama dengan data di kolom Responden Awal? 

Makasih..

 
Salam,
Teti.

________________________________
From: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Tuesday, September 4, 2012 1:11 PM
Subject: Re: [belajar-excel] Bagaimana mencocokkan/verifikasi record data di tabel yang berbeda?


 
Bisa!

File terlampir menggunakan Event Worksheet_Before DoubleClick

Cara kerjanya:
- Copy Nama yang ada pada Responden Awal ke kolom A (mulai dari A2, tidak termasuk judul) Sheet Rekon
- Copy Nama yang ada pada Responden Akhir ke kolom B (mulai dari B2, tidak termasuk judul) Sheet Rekon

- DoubleClick pada Sheet Rekon.

Salam,
Hendrik Karnadi

________________________________
From: Teti Zhe <teti_zhe@yahoo.com>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Tuesday, 4 September 2012, 10:26
Subject: [belajar-excel] Bagaimana mencocokkan/verifikasi record data di tabel yang berbeda?


 
Dear Master Excel,

Saya mempunyai data penelitian (berbentuk tabel)
dalam sheet yang berbeda (file terlampir).
Tabel1 (Sheet : Responden_Awal) adalah data
responden yang diteliti pada awal penelitian berjalan.
 
Selang beberapa waktu , penelitian (kedua) kembali
saya lakukan ‘mesti’ pada orang yang sama namanya seperti yang tertera di
tabel1 (Sheet : Responden_Awal).
 
Data penelitian kedua tersebut saya buat dalam tabel2
(Sheet : Responden_Akhir).
 
Nah, saya ingin mengetahui data responden mana
saja yang uda diteliti pada penelitian kedua yang namanya juga sudah ada di
tabel1 (Sheet : Responden_Awal), dan data responden mana yang belum diteliti sehingga
memudahkan untuk mengetahui/me-list siapa-siapa saja yang belum diteliti untuk
kedua kalinya.
 
Yang ada dalam pikiran saya, yang saya butuhkan :
1.      Sebuah daftar responden yang uda selesai
diteliti sebanyak dua kali.
2.      Sebuah daftar responden yang masih belum
diteliti untuk kedua kalinya.
3.      Sebuah daftar responden akhir yang namanya tidak
ada di tabel responden awal.

Kira-kira hal tersebut bisa kah dilakukan dalam excel?
Trims,,,
 
Salam,
Teti.

Mon Sep 10, 2012 1:49 am (PDT) . Posted by:

"Teti Zhe" teti_zhe

Dear Mr. Kid,
Trimakasih untuk penjelasannya,, saya sedang mencoba mempelajari nya dan mengembangkan dbase nya biar lebih baik lagi.. Trimakasih untuk saran dan masukannya..

Bila masih ada informasi lain terkait pembuatan database dan analisis /pengolahannya, kiranya boleh dibagi pada saya ..
Thanks,

Salam,
Teti.

________________________________
From: Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Wednesday, September 5, 2012 4:45 AM
Subject: Re: [belajar-excel] Bagaimana mencocokkan/verifikasi record data di tabel yang berbeda?


 
File terlampir tidak menggunakan VBA.
Jika ingin proses otomasi, cukup dibutuhkan proses penggabungan data (silakan cari dimilis). Jika ingin lebih, sekaligus otomasi pemasangan formula di tabel myData.

Fitur pivot table memiliki banyak manfaat. Jika digabung dengan fitur AutoFilter (yang bukan di pivot table), bisa digunakan untuk membantu proses verifikasi. Syaratnya, membutuhkan data gabungan seperti table myData, proses refresh pivot table setiap kali ada pengubahan data di table myData, dan proses reapply autofilter jika ada pengubahan data di tabel myData.

ngobrolin tentang data, (wis... mulai ndongeng lagi...)

mumpung datanya belum telanjur banyak (setidaknya sekarang kan masih sekitar 300 ribu record), coba gumaman-gumaman berikut ini (sambil sepintas lalu saja)..

1. Makna dari tabel responden awal dan responden akhir adalah tetap data responden. Jadi, dimanapun data responden berada, maka tabel data responden sebaiknya memiliki struktur yang sama. Jadi, tabelnya adalah tabel data responden. Ada dataset berupa responden awal, dan ada juga dataset berupa responden akhir. Mungkin nanti ada dataset lainnya juga.
Pada data responden awal, jumlah kolom tidak sama dengan data responden akhir. Akan memudahkan proses jika jumlah kolomnya sama dan bersesuaian antara awal dan akhir.

2. Tabel yang baik, setiap kolomnya hanya berisi 1 tipe data. Contoh, Q1 pada sheet responden awal berisi data bertipe numerik. Pada responden akhir berisi data bertipe String (Text). Maka sebaiknya salah satunya harus menjadi kolom yang baru. Misal Q7 untuk data String Q1 responden akhir.

3. Tabel yang baik berisi data-data pokok. Jadi, jika ada record yang tidak memiliki data pokok (misal hanya berisi nomor urut data saja), maka sebaiknya dihilangkan.

4. Data bertipe string (Text) harus tertulis secara konsisten. Jadi, sebuab Nama harus ditulis persis sama untuk Nama tersebut di dataset lainnya.

5. Berikan ID atau kode tertentu untuk kolom-kolom utamanya, dan pastikan memiliki sebuah tabel yang berisi kode beserta nama itemnya yang bersifat unik. Misal, memiliki tabel Nama beserta ID nya yang bersifat unik disuatu sheet. Contoh lain, nama Village beserta kodenya di suatu sheet tertentu.

6. Pastikan isi data sesuai native si data tersebut. Contoh, data usia biasanya berupa data angka. Mestinya data ini bertipe numerik. Maka pastikan kolom usia berisi data-data angka saja dan tidak perlu satuan apapun. Bila perlu tampilan satuannya, buatlah dikolom baru jika satuannya berbeda-beda atau gunakan format cell number custom jika satuannya adalah sama untuk seluruh record. Contoh lain, data tempat tanggal lahir. Sebaiknya dipisah menjadi kolom Tempat Lahir (isinya teks dan bertipe String) dan kolom Tanggal Lahir (isinya tanggal dan bertipe datetime).

7. Khusus untuk inputan data berupa tanggal (tipe datetime) pada kolom tanggal lahir (tanpa tempat lahir dikolom itu), inputlah dengan format YYYY-MM-DD agar tidak bermasalah dengan regional setting komputer lokasi penginputan data. Contoh : tanggal 17 Agustus 1945 diinput dengan menulis : 1945-08-17

8. Pecahlah suatu data yang bisa memberi informasi lebih banyak kedalam beberapa kolom. Contoh status tingkat edukasi. Dari data ini, sebenarnya bisa didapat informasi tentang jumlah responden yang berpendidikan SD. Juga bisa didapatkan kebanyakan sampai kelas berapa SD. Bahkan, bisa diketahui jumlah yang DO di SD. Artinya, dari data ini bisa didapat 3 informasi, yaitu : tingkat pendidikan terakhir, kelas atau tingkat terkahir yang dicapai, status DO atau tidak.
Dengan dibuat menjadi 3 kolom tersebut (tingkat pendidikan, kelas terakhir, status DO), maka data akan mudah diolah dan lebih banyak memberi informasi.
Mungkin status tinggal dengan siapa, juga bisa dipecah demikian.
Hal ini akan tampak bahwa tabel menjadi lebih besar, tetapi informasi yang bisa digali juga jauh berlipat lebih banyak lagi.

9. Pisahkan multi item yang disimpan dalam sebuah data dengan karakter yang tidak pernah digunakan oleh nilai data, jika tidak ingin dipisah menjadi banyak kolom. Contoh seperti data parents yang lalu yang sudah bagus penyusunan data nama-nama anak yang menggunakan karakter | sebagai pemisah antar nama anak (nama anak adalah item).

ops... tampaknya mentari sudah mengintip di horison, saatnya untuk kembali memenuhi kewajiban hari ini..

Mohon maaf jika ada yang kurang pas.

Wassalam,
Kid.

2012/9/4 Teti Zhe <teti_zhe@yahoo.com>

Yang ada dalam pikiran saya, yang saya butuhkan :
>1.      Sebuah daftar responden yang uda selesai
diteliti sebanyak dua kali.
>2.      Sebuah daftar responden yang masih belum
diteliti untuk kedua kalinya.
>3.      Sebuah daftar responden akhir yang namanya tidak
ada di tabel responden awal.

Mon Sep 10, 2012 8:08 am (PDT) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Dear Teti,

Kalau mau tahu jumlah data yang Double (asumsi ID nya sama) maka cukup pakai fungsi CountIf pada kolom ID Tabel Utama.
Kalau mau cek detail recordnya maka Tabel Utama dicopy ke suatu Sheet lalu disort berdasarkan No ID.

Salam,
Hendrik Karnadi

________________________________
From: Teti Zhe <teti_zhe@yahoo.com>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Monday, 10 September 2012, 15:38
Subject: Re: [belajar-excel] Bagaimana mencocokkan/verifikasi record data di tabel yang berbeda?


 
Makasih Pak,,

Sudah cukup jelas bagi saya, 

Jika boleh bertanya lagi bagaimana solusi nya jika masalah nya seperti ini :

Untuk entry data bukan hanya dikerjakan satu orang. setiap 2 hari data akan digabungin ke tabel utama.

masalah : terkadang 1 responden memiliki 2 record data begitu... kesalahan awal ketika melakukan wawancara penelitian sehingga sering responden yang uda diteliti, diteliti ulang oleh yang lain, sehingga datanya jadi dobel dehh...

pertanyaan : apakah ada cara untuk mengetahui record data yang dobel / responden yang dobel datanya dengan lebih mudah tanpa harus ngecek per-record?
Trimakasih sebelumnya,

Salam,
Teti.

________________________________
From: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Tuesday, September 4, 2012 4:50 PM
Subject: Re: [belajar-excel] Bagaimana mencocokkan/verifikasi record data di tabel yang berbeda?


 
Sama2.

Matematikanya begini:
Data Responden Awal = 75, terdiri dari "1x"  = 65 dan "2x" = 10
Data Responden Akhir = 56, terdiri dari "1x" = 46 dan "2x" = 10

Cukup jelas kan ?

Salam,
Hendrik Karnadi

________________________________
From: Teti Zhe <teti_zhe@yahoo.com>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Tuesday, 4 September 2012, 16:21
Subject: Re: [belajar-excel] Bagaimana mencocokkan/verifikasi record data di tabel yang berbeda?


 
Mkasih Pak,
uda pas banget ... tapi boleh nanya, koq jumlah responden di kolom 1x (Awal) ga sama dengan kolom Responden Awal? bukankah sebenarnya data yang ada di kolom 1x(Awal) itu sama dengan data di kolom Responden Awal? 

Makasih..

 
Salam,
Teti.

________________________________
From: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Tuesday, September 4, 2012 1:11 PM
Subject: Re: [belajar-excel] Bagaimana mencocokkan/verifikasi record data di tabel yang berbeda?


 
Bisa!

File terlampir menggunakan Event Worksheet_Before DoubleClick

Cara kerjanya:
- Copy Nama yang ada pada Responden Awal ke kolom A (mulai dari A2, tidak termasuk judul) Sheet Rekon
- Copy Nama yang ada pada Responden Akhir ke kolom B (mulai dari B2, tidak termasuk judul) Sheet Rekon

- DoubleClick pada Sheet Rekon.

Salam,
Hendrik Karnadi

________________________________
From: Teti Zhe <teti_zhe@yahoo.com>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Tuesday, 4 September 2012, 10:26
Subject: [belajar-excel] Bagaimana mencocokkan/verifikasi record data di tabel yang berbeda?


 
Dear Master Excel,

Saya mempunyai data penelitian (berbentuk tabel)
dalam sheet yang berbeda (file terlampir).
Tabel1 (Sheet : Responden_Awal) adalah data
responden yang diteliti pada awal penelitian berjalan.
 
Selang beberapa waktu , penelitian (kedua) kembali
saya lakukan ‘mesti’ pada orang yang sama namanya seperti yang tertera di
tabel1 (Sheet : Responden_Awal).
 
Data penelitian kedua tersebut saya buat dalam tabel2
(Sheet : Responden_Akhir).
 
Nah, saya ingin mengetahui data responden mana
saja yang uda diteliti pada penelitian kedua yang namanya juga sudah ada di
tabel1 (Sheet : Responden_Awal), dan data responden mana yang belum diteliti sehingga
memudahkan untuk mengetahui/me-list siapa-siapa saja yang belum diteliti untuk
kedua kalinya.
 
Yang ada dalam pikiran saya, yang saya butuhkan :
1.      Sebuah daftar responden yang uda selesai
diteliti sebanyak dua kali.
2.      Sebuah daftar responden yang masih belum
diteliti untuk kedua kalinya.
3.      Sebuah daftar responden akhir yang namanya tidak
ada di tabel responden awal.

Kira-kira hal tersebut bisa kah dilakukan dalam excel?
Trims,,,
 
Salam,
Teti.

Mon Sep 10, 2012 5:00 am (PDT) . Posted by:

"Fendi S" fendis@rocketmail.com

Kepada Yth. Para master belajar-excel;@yahoogroups.com 

Untuk Mr. Kid,  terima kasih atas penjelasannya pada pertanyaan saya tempo hari
akan tetapi setelah saya kerjakan, untuk commanButton "SIMPAN" kok tidak aktif
atau tidak bekerja, apa mungkin ada beberapa bagian yang saya tidak tahu tidak berfungsi ?
Mohon penjelasannya kembali, 
Terima kasih sebelumnya
Wassalam
Efendi
GROUP FOOTER MESSAGE
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar