14 New Messages
Digest #1766
2b
Re: Solusi ketika fungsi Find & Searching tidak berfungsi di Excel? by "the_x_mikey@yahoo.com" the_x_mikey
8
compare data dengan external input barcode scanner dan mencetaknya by "ngademin Thohari" ngademinth
Messages
Mon Sep 10, 2012 10:06 pm (PDT) . Posted by:
"Teti Zhe" teti_zhe
Makasih pak untuk saran dan juga penjelasannya, sangat membantu..
Salam,
Teti.
________________________________
From: Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com >
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Tuesday, September 11, 2012 4:50 AM
Subject: Re: [belajar-excel] Bagaimana mencocokkan/verifikasi record data di tabel yang berbeda?
File terlampir memberi syarat bahwa seluruh data responden harus memiliki no urut yang selalu menaik (sorted ascending) dan unique. Jadi bila responden_awal adalah hasil penggabungan data yang didapat oleh tim1 dan tim2, maka pastikan hasil penggabungannya memiliki nomor yang unique dan terurut menaik. Namanya tidak perlu terurut. Jadi, nomor urut bisa dibuat langsung mulai dari nomor 1 sampai sekian tanpa mempedulikan urutan data nama ataupun yang lainnya.
Setelah itu, baru di copy paste ke sheet myData untuk menjadi data akhir yang sudah fix. Ketika pivot table di-refresh, maka bisa dilihat status data yang terduplikasi.
Jika ingin tahu lebih detil, silakan drag fields ke bagian row. Misal ingin tahu didesa mana data itu, maka drag kolom village ke bagian row.
Cara seperti yang diutarakan Pak Hendrik juga sebaiknya ditambahkan pada sheet myData. Bisa di-insert kolom antara A dan B, kemudian gunakan fungsi CountIFs( pada xl 2007 ke atas) atau SumProduct( pada semua versi Excel) untuk hitung cacah berdasar 2 pokok kriteria, yaitu berdasar kolom Penelitian (1 kolom saja) dan kolom key bawaan data (bisa jadi terdiri dari banyak kolom)
Wassalam,
Kid.
2012/9/10 Teti Zhe <teti_zhe@yahoo.com >
>
>Makasih Pak,,
>
>Sudah cukup jelas bagi saya,
>
>
>Jika boleh bertanya lagi bagaimana solusi nya jika masalah nya seperti ini :
>
>Untuk entry data bukan hanya dikerjakan satu orang. setiap 2 hari data akan digabungin ke tabel utama.
>
>masalah : terkadang 1 responden memiliki 2 record data begitu... kesalahan awal ketika melakukan wawancara penelitian sehingga sering responden yang uda diteliti, diteliti ulang oleh yang lain, sehingga datanya jadi dobel dehh...
>
>pertanyaan : apakah ada cara untuk mengetahui record data yang dobel / responden yang dobel datanya dengan lebih mudah tanpa harus ngecek per-record?
>Trimakasih sebelumnya,
>
>
>
>Salam,
>Teti.
>
>
>
>
>________________________________
> From: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com >
>To: "belajar-excel@yahoogroups.com " <belajar-excel@yahoogroups.com >
>Sent: Tuesday, September 4, 2012 4:50 PM
>
>Subject: Re: [belajar-excel] Bagaimana mencocokkan/verifikasi record data di tabel yang berbeda?
>
>
>
>
>Sama2.
>
>
>Matematikanya begini:
>Data Responden Awal = 75, terdiri dari "1x" = 65 dan "2x" = 10
>Data Responden Akhir = 56, terdiri dari "1x" = 46 dan "2x" = 10
>
>
>Cukup jelas kan ?
>
>
>Salam,
>Hendrik Karnadi
>
>
>
>________________________________
> From: Teti Zhe <teti_zhe@yahoo.com >
>To: "belajar-excel@yahoogroups.com " <belajar-excel@yahoogroups.com >
>Sent: Tuesday, 4 September 2012, 16:21
>Subject: Re: [belajar-excel] Bagaimana mencocokkan/verifikasi record data di tabel yang berbeda?
>
>
>
>Mkasih Pak,
>uda pas banget ... tapi boleh nanya, koq jumlah responden di kolom 1x (Awal) ga sama dengan kolom Responden Awal? bukankah sebenarnya data yang ada di kolom 1x(Awal) itu sama dengan data di kolom Responden Awal?
>
>Makasih..
>
>
>Salam,
>Teti.
>
>
>
>
>________________________________
> From: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com >
>To: "belajar-excel@yahoogroups.com " <belajar-excel@yahoogroups.com >
>Sent: Tuesday, September 4, 2012 1:11 PM
>Subject: Re: [belajar-excel] Bagaimana mencocokkan/verifikasi record data di tabel yang berbeda?
>
>
>
>Bisa!
>
>
>File terlampir menggunakan Event Worksheet_Before DoubleClick
>
>
>Cara kerjanya:
>- Copy Nama yang ada pada Responden Awal ke kolom A (mulai dari A2, tidak termasuk judul) Sheet Rekon
>- Copy Nama yang ada pada Responden Akhir ke kolom B (mulai dari B2, tidak termasuk judul) Sheet Rekon
>
>- DoubleClick pada Sheet Rekon.
>
>
>Salam,
>Hendrik Karnadi
>
>
>
>________________________________
> From: Teti Zhe <teti_zhe@yahoo.com >
>To: "belajar-excel@yahoogroups.com " <belajar-excel@yahoogroups.com >
>Sent: Tuesday, 4 September 2012, 10:26
>Subject: [belajar-excel] Bagaimana mencocokkan/verifikasi record data di tabel yang berbeda?
>
>
>
>Dear Master Excel,
>
>
>Saya mempunyai data penelitian (berbentuk tabel)
dalam sheet yang berbeda (file terlampir).
>Tabel1 (Sheet : Responden_Awal) adalah data
responden yang diteliti pada awal penelitian berjalan.
>
>Selang beberapa waktu , penelitian (kedua) kembali
saya lakukan 'mesti' pada orang yang sama namanya seperti yang tertera di
tabel1 (Sheet : Responden_Awal).
>
>Data penelitian kedua tersebut saya buat dalam tabel2
(Sheet : Responden_Akhir).
>
>Nah, saya ingin mengetahui data responden mana
saja yang uda diteliti pada penelitian kedua yang namanya juga sudah ada di
tabel1 (Sheet : Responden_Awal), dan data responden mana yang belum diteliti sehingga
memudahkan untuk mengetahui/me-list siapa-siapa saja yang belum diteliti untuk
kedua kalinya.
>
>Yang ada dalam pikiran saya, yang saya butuhkan :
>1. Sebuah daftar responden yang uda selesai
diteliti sebanyak dua kali.
>2. Sebuah daftar responden yang masih belum
diteliti untuk kedua kalinya.
>3. Sebuah daftar responden akhir yang namanya tidak
ada di tabel responden awal.
>
>
>Kira-kira hal tersebut bisa kah dilakukan dalam excel?
>Trims,,,
>
>Salam,
>Teti.
>
>
>
>
>
>
>
>
>
Salam,
Teti.
____________
From: Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.
To: belajar-excel@
Sent: Tuesday, September 11, 2012 4:50 AM
Subject: Re: [belajar-excel] Bagaimana mencocokkan/
File terlampir memberi syarat bahwa seluruh data responden harus memiliki no urut yang selalu menaik (sorted ascending) dan unique. Jadi bila responden_awal adalah hasil penggabungan data yang didapat oleh tim1 dan tim2, maka pastikan hasil penggabungannya memiliki nomor yang unique dan terurut menaik. Namanya tidak perlu terurut. Jadi, nomor urut bisa dibuat langsung mulai dari nomor 1 sampai sekian tanpa mempedulikan urutan data nama ataupun yang lainnya.
Setelah itu, baru di copy paste ke sheet myData untuk menjadi data akhir yang sudah fix. Ketika pivot table di-refresh, maka bisa dilihat status data yang terduplikasi.
Jika ingin tahu lebih detil, silakan drag fields ke bagian row. Misal ingin tahu didesa mana data itu, maka drag kolom village ke bagian row.
Cara seperti yang diutarakan Pak Hendrik juga sebaiknya ditambahkan pada sheet myData. Bisa di-insert kolom antara A dan B, kemudian gunakan fungsi CountIFs( pada xl 2007 ke atas) atau SumProduct( pada semua versi Excel) untuk hitung cacah berdasar 2 pokok kriteria, yaitu berdasar kolom Penelitian (1 kolom saja) dan kolom key bawaan data (bisa jadi terdiri dari banyak kolom)
Wassalam,
Kid.
2012/9/10 Teti Zhe <teti_zhe@yahoo.
>
>Makasih Pak,,
>
>Sudah cukup jelas bagi saya,
>
>
>Jika boleh bertanya lagi bagaimana solusi nya jika masalah nya seperti ini :
>
>Untuk entry data bukan hanya dikerjakan satu orang. setiap 2 hari data akan digabungin ke tabel utama.
>
>masalah : terkadang 1 responden memiliki 2 record data begitu... kesalahan awal ketika melakukan wawancara penelitian sehingga sering responden yang uda diteliti, diteliti ulang oleh yang lain, sehingga datanya jadi dobel dehh...
>
>pertanyaan : apakah ada cara untuk mengetahui record data yang dobel / responden yang dobel datanya dengan lebih mudah tanpa harus ngecek per-record?
>Trimakasih sebelumnya,
>
>
>
>Salam,
>Teti.
>
>
>
>
>___________
> From: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@
>To: "belajar-excel@
>Sent: Tuesday, September 4, 2012 4:50 PM
>
>Subject: Re: [belajar-excel] Bagaimana mencocokkan/
>
>
>
>
>Sama2.
>
>
>Matematikanya begini:
>Data Responden Awal = 75, terdiri dari "1x" = 65 dan "2x" = 10
>Data Responden Akhir = 56, terdiri dari "1x" = 46 dan "2x" = 10
>
>
>Cukup jelas kan ?
>
>
>Salam,
>Hendrik Karnadi
>
>
>
>___________
> From: Teti Zhe <teti_zhe@yahoo.
>To: "belajar-excel@
>Sent: Tuesday, 4 September 2012, 16:21
>Subject: Re: [belajar-excel] Bagaimana mencocokkan/
>
>
>
>Mkasih Pak,
>uda pas banget ... tapi boleh nanya, koq jumlah responden di kolom 1x (Awal) ga sama dengan kolom Responden Awal? bukankah sebenarnya data yang ada di kolom 1x(Awal) itu sama dengan data di kolom Responden Awal?
>
>Makasih..
>
>
>Salam,
>Teti.
>
>
>
>
>___________
> From: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@
>To: "belajar-excel@
>Sent: Tuesday, September 4, 2012 1:11 PM
>Subject: Re: [belajar-excel] Bagaimana mencocokkan/
>
>
>
>Bisa!
>
>
>File terlampir menggunakan Event Worksheet_Before DoubleClick
>
>
>Cara kerjanya:
>- Copy Nama yang ada pada Responden Awal ke kolom A (mulai dari A2, tidak termasuk judul) Sheet Rekon
>- Copy Nama yang ada pada Responden Akhir ke kolom B (mulai dari B2, tidak termasuk judul) Sheet Rekon
>
>- DoubleClick pada Sheet Rekon.
>
>
>Salam,
>Hendrik Karnadi
>
>
>
>___________
> From: Teti Zhe <teti_zhe@yahoo.
>To: "belajar-excel@
>Sent: Tuesday, 4 September 2012, 10:26
>Subject: [belajar-excel] Bagaimana mencocokkan/
>
>
>
>Dear Master Excel,
>
>
>Saya mempunyai data penelitian (berbentuk tabel)
dalam sheet yang berbeda (file terlampir).
>Tabel1 (Sheet : Responden_Awal) adalah data
responden yang diteliti pada awal penelitian berjalan.
>
>Selang beberapa waktu , penelitian (kedua) kembali
saya lakukan 'mesti' pada orang yang sama namanya seperti yang tertera di
tabel1 (Sheet : Responden_Awal)
>
>Data penelitian kedua tersebut saya buat dalam tabel2
(Sheet : Responden_Akhir)
>
>Nah, saya ingin mengetahui data responden mana
saja yang uda diteliti pada penelitian kedua yang namanya juga sudah ada di
tabel1 (Sheet : Responden_Awal)
memudahkan untuk mengetahui/me-
kedua kalinya.
>
>Yang ada dalam pikiran saya, yang saya butuhkan :
>1. Sebuah daftar responden yang uda selesai
diteliti sebanyak dua kali.
>2. Sebuah daftar responden yang masih belum
diteliti untuk kedua kalinya.
>3. Sebuah daftar responden akhir yang namanya tidak
ada di tabel responden awal.
>
>
>Kira-kira hal tersebut bisa kah dilakukan dalam excel?
>Trims,,,
>
>Salam,
>Teti.
>
>
>
>
>
>
>
>
>
Tue Sep 11, 2012 12:21 am (PDT) . Posted by:
"teti" teti_zhe
Dear Master Excel,,
Saya kesulitan nih,, ketika memindahkan dan membuka sebuah file database yang dibuat di excel 2010 di komputer milik teman dengan excel 2007.
Ketika saya ingin 'find' atau 'search' sebuah data,, pasti muncul pesan 'not found' gituuu.. padahal kalo di cek manual satu-satu, data yang dimaksud pasti ada..
Kira-kira apa yang salah? kenapa koq fungsi find (ctrl+F) nya ga bisa menemukan data yang kita maksud?
Trimakasih sebelumnya.
Saya kesulitan nih,, ketika memindahkan dan membuka sebuah file database yang dibuat di excel 2010 di komputer milik teman dengan excel 2007.
Ketika saya ingin 'find' atau 'search' sebuah data,, pasti muncul pesan 'not found' gituuu.. padahal kalo di cek manual satu-satu, data yang dimaksud pasti ada..
Kira-kira apa yang salah? kenapa koq fungsi find (ctrl+F) nya ga bisa menemukan data yang kita maksud?
Trimakasih sebelumnya.
Tue Sep 11, 2012 12:30 am (PDT) . Posted by:
"the_x_mikey@yahoo.com" the_x_mikey
Coba crk options pada tampilan ctrl f.
Apakah pilihan match case / match entire cell contents tercentang?
Match case berpengaruh pada jenis huruf (kapital / kecil)
Cth : mencari "Ab" tidak akan match dengan "ab"
Match case cell contents berpengaruh pada keseluruhan kata
Cth: mencari "ab" tidak akan match dengan "abc"
Semoga ini yang menjadi masalahnya
-----Original Message-----
From: "teti" <teti_zhe@yahoo.com >
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Tue, 11 Sep 2012 07:21:03
To: <belajar-excel@yahoogroups.com >
Reply-To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: [belajar-excel] Solusi ketika fungsi Find & Searching tidak berfungsi di Excel?
Dear Master Excel,,
Saya kesulitan nih,, ketika memindahkan dan membuka sebuah file database yang dibuat di excel 2010 di komputer milik teman dengan excel 2007.
Ketika saya ingin 'find' atau 'search' sebuah data,, pasti muncul pesan 'not found' gituuu.. padahal kalo di cek manual satu-satu, data yang dimaksud pasti ada..
Kira-kira apa yang salah? kenapa koq fungsi find (ctrl+F) nya ga bisa menemukan data yang kita maksud?
Trimakasih sebelumnya.
Apakah pilihan match case / match entire cell contents tercentang?
Match case berpengaruh pada jenis huruf (kapital / kecil)
Cth : mencari "Ab" tidak akan match dengan "ab"
Match case cell contents berpengaruh pada keseluruhan kata
Cth: mencari "ab" tidak akan match dengan "abc"
Semoga ini yang menjadi masalahnya
-----Original Message-----
From: "teti" <teti_zhe@yahoo.
Sender: belajar-excel@
Date: Tue, 11 Sep 2012 07:21:03
To: <belajar-excel@
Reply-To: belajar-excel@
Subject: [belajar-excel] Solusi ketika fungsi Find & Searching tidak berfungsi di Excel?
Dear Master Excel,,
Saya kesulitan nih,, ketika memindahkan dan membuka sebuah file database yang dibuat di excel 2010 di komputer milik teman dengan excel 2007.
Ketika saya ingin 'find' atau 'search' sebuah data,, pasti muncul pesan 'not found' gituuu.. padahal kalo di cek manual satu-satu, data yang dimaksud pasti ada..
Kira-kira apa yang salah? kenapa koq fungsi find (ctrl+F) nya ga bisa menemukan data yang kita maksud?
Trimakasih sebelumnya.
Tue Sep 11, 2012 12:27 am (PDT) . Posted by:
"Prazt Math" praztmath
Mohon bantuannya pada para master excel, Bagaimana cara membuat terbilang
tanpa menggunakan addin terbilang seperti permasalahan pada file terlampir.?
--- Mods ---
Coba jalan-jalan ke folder files milis :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/files/
Download file tentang terbilang tanpa makro.
------------
tanpa menggunakan addin terbilang seperti permasalahan pada file terlampir.?
--- Mods ---
Coba jalan-jalan ke folder files milis :
http://tech.
Download file tentang terbilang tanpa makro.
------------
Tue Sep 11, 2012 12:27 am (PDT) . Posted by:
"indria pie" mas_pie3
mohon bantuannya sesepuh...
pada file berikut
terima kasih sebelumnya,
-snupy-
________________________________
Dari: indria pie <mas_pie3@yahoo.co.id >
Kepada: "belajar-excel@yahoogroups.com " <belajar-excel@yahoogroups.com >
Dikirim: Senin, 10 September 2012 16:19
Judul: Bls: [belajar-excel] menghitung lembur hari libur
trimakasih pak wahyudi,
seumpama ketentuannya saya tambah gimna seperti file attach
trims
________________________________
Dari: "Wahyudi, Hery UTAS" <hery.wahyudi@goodrich.com >
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Senin, 10 September 2012 15:58
Judul: RE: [belajar-excel] menghitung lembur hari libur
[AT8]=SUM(AA8,M8)-AS8
CMIIW
From:belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com ] On Behalf Of indria pie
Sent: Monday, September 10, 2012 3:31 PM
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: [belajar-excel] menghitung lembur hari libur
dear Suhu Excel
saya punya permasalahan dalam menghitung lembur hari libur seperti file terlampir, mohon bantuannya
formula apa yang harus saya gunakan untuk isi cell AT8 (lembur "L2")
trims
-snupy-
pada file berikut
terima kasih sebelumnya,
-snupy-
____________
Dari: indria pie <mas_pie3@yahoo.
Kepada: "belajar-excel@
Dikirim: Senin, 10 September 2012 16:19
Judul: Bls: [belajar-excel] menghitung lembur hari libur
trimakasih pak wahyudi,
seumpama ketentuannya saya tambah gimna seperti file attach
trims
____________
Dari: "Wahyudi, Hery UTAS" <hery.wahyudi@
Kepada: belajar-excel@
Dikirim: Senin, 10 September 2012 15:58
Judul: RE: [belajar-excel] menghitung lembur hari libur
[AT8]=SUM(AA8,
CMIIW
From:belajar-excel@
Sent: Monday, September 10, 2012 3:31 PM
To: belajar-excel@
Subject: [belajar-excel] menghitung lembur hari libur
dear Suhu Excel
saya punya permasalahan dalam menghitung lembur hari libur seperti file terlampir, mohon bantuannya
formula apa yang harus saya gunakan untuk isi cell AT8 (lembur "L2")
trims
-snupy-
Tue Sep 11, 2012 12:42 am (PDT) . Posted by:
"ghozi alkatiri" ghozialkatiri
tulis formula di F4
==COUNTIFS($B$2:$B$16;F$3;$C$2:$C$16;$E4)
copy ke kanan dan ke bawah
wassalam
Ghozi Alkatiri
________________________________
Dari: indria pie <mas_pie3@yahoo.co.id >
Kepada: "belajar-excel@yahoogroups.com " <belajar-excel@yahoogroups.com >
Dikirim: Selasa, 11 September 2012 11:25
Judul: Bls: [belajar-excel] menghitung lembur hari libur
mohon bantuannya sesepuh...
pada file berikut
terima kasih sebelumnya,
-snupy-
________________________________
Dari: indria pie <mas_pie3@yahoo.co.id >
Kepada: "belajar-excel@yahoogroups.com " <belajar-excel@yahoogroups.com >
Dikirim: Senin, 10 September 2012 16:19
Judul: Bls: [belajar-excel] menghitung lembur hari libur
trimakasih pak wahyudi,
seumpama ketentuannya saya tambah gimna seperti file attach
trims
________________________________
Dari: "Wahyudi, Hery UTAS" <hery.wahyudi@goodrich.com >
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Senin, 10 September 2012 15:58
Judul: RE: [belajar-excel] menghitung lembur hari libur
[AT8]=SUM(AA8,M8)-AS8
CMIIW
From:belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com ] On Behalf Of indria pie
Sent: Monday, September 10, 2012 3:31 PM
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: [belajar-excel] menghitung lembur hari libur
dear Suhu Excel
saya punya permasalahan dalam menghitung lembur hari libur seperti file terlampir, mohon bantuannya
formula apa yang harus saya gunakan untuk isi cell AT8 (lembur "L2")
trims
-snupy-
==COUNTIFS($
copy ke kanan dan ke bawah
wassalam
Ghozi Alkatiri
____________
Dari: indria pie <mas_pie3@yahoo.
Kepada: "belajar-excel@
Dikirim: Selasa, 11 September 2012 11:25
Judul: Bls: [belajar-excel] menghitung lembur hari libur
mohon bantuannya sesepuh...
pada file berikut
terima kasih sebelumnya,
-snupy-
____________
Dari: indria pie <mas_pie3@yahoo.
Kepada: "belajar-excel@
Dikirim: Senin, 10 September 2012 16:19
Judul: Bls: [belajar-excel] menghitung lembur hari libur
trimakasih pak wahyudi,
seumpama ketentuannya saya tambah gimna seperti file attach
trims
____________
Dari: "Wahyudi, Hery UTAS" <hery.wahyudi@
Kepada: belajar-excel@
Dikirim: Senin, 10 September 2012 15:58
Judul: RE: [belajar-excel] menghitung lembur hari libur
[AT8]=SUM(AA8,
CMIIW
From:belajar-excel@
Sent: Monday, September 10, 2012 3:31 PM
To: belajar-excel@
Subject: [belajar-excel] menghitung lembur hari libur
dear Suhu Excel
saya punya permasalahan dalam menghitung lembur hari libur seperti file terlampir, mohon bantuannya
formula apa yang harus saya gunakan untuk isi cell AT8 (lembur "L2")
trims
-snupy-
Tue Sep 11, 2012 12:29 am (PDT) . Posted by:
"Fendi S" fendis@rocketmail.com
Kepada master excell,
mohon sekiranya dapat membantu saya bagaimana setiap membuka file data nama anggota selalu terbuka di sheet "UMUM" biarpun sebelumnya sudah di save di shhet lain. Beberapa hari yang lalu sudah ada pembahasan, tetapi setelah saya praktekkan masih ada kegagalan. Bersama ini saya lampirkan file supaya nantinya dapat saya praktekkan. terima kasih
wassalam
effendi
mohon sekiranya dapat membantu saya bagaimana setiap membuka file data nama anggota selalu terbuka di sheet "UMUM" biarpun sebelumnya sudah di save di shhet lain. Beberapa hari yang lalu sudah ada pembahasan, tetapi setelah saya praktekkan masih ada kegagalan. Bersama ini saya lampirkan file supaya nantinya dapat saya praktekkan. terima kasih
wassalam
effendi
Tue Sep 11, 2012 12:40 am (PDT) . Posted by:
"the_x_mikey@yahoo.com" the_x_mikey
Hi Fendi,
Pada halaman vba, masukkan code ini di "this workbook" file ini
Private sub workbook_open()
Sheets("UMUM").activate
End sub
-----Original Message-----
From: Fendi S <fendis@rocketmail.com >
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Tue, 11 Sep 2012 12:11:10
To: belajar-excel@yahoogroups.com <belajar-excel@yahoogroups.com >
Reply-To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: [belajar-excel] data anggota
Kepada master excell,
mohon sekiranya dapat membantu saya bagaimana setiap membuka file data nama anggota selalu terbuka di sheet "UMUM" biarpun sebelumnya sudah di save di shhet lain. Beberapa hari yang lalu sudah ada pembahasan, tetapi setelah saya praktekkan masih ada kegagalan. Bersama ini saya lampirkan file supaya nantinya dapat saya praktekkan. terima kasih
wassalam
effendi
Pada halaman vba, masukkan code ini di "this workbook" file ini
Private sub workbook_open(
Sheets("UMUM"
End sub
-----Original Message-----
From: Fendi S <fendis@rocketmail.
Sender: belajar-excel@
Date: Tue, 11 Sep 2012 12:11:10
To: belajar-excel@
Reply-To: belajar-excel@
Subject: [belajar-excel] data anggota
Kepada master excell,
mohon sekiranya dapat membantu saya bagaimana setiap membuka file data nama anggota selalu terbuka di sheet "UMUM" biarpun sebelumnya sudah di save di shhet lain. Beberapa hari yang lalu sudah ada pembahasan, tetapi setelah saya praktekkan masih ada kegagalan. Bersama ini saya lampirkan file supaya nantinya dapat saya praktekkan. terima kasih
wassalam
effendi
Tue Sep 11, 2012 2:42 am (PDT) . Posted by:
"hendrik karnadi" hendrikkarnadi
Pak Dwint,
Coba hilangkan data validasi pada sel B3 dan ganti code :
If Range("b3").Value Mod 4 <> 0 And Len(Range("b2")) = 0 Then
dengan
If Range("b3").Value Mod 4 <> 0 Or Range("b2") <> "Ya" Then
File terlampir.
Salam,
Hendrik Karnadi
________________________________
From: dwint ruswanto <dwint.ruswanto@gmail.com >
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Tuesday, 11 September 2012, 11:57
Subject: [belajar-excel] Validasi input berdasarkan 2 kondisi
Assalamu'alaikum,
para master & member millis yang saya hormati,
bagaimana cara membuat validasi inputan berdaraskan 2 kondisi? boleh menggunakan data validasi ataupun makro,
syarat: kondisi 2 hanya boleh diisi dengan kelipatan 4 hanya jika kondisi 1 = Ya dan kondisi 1 tidak kosong
data validasi yang sudah saya buat
=IF(($B$2="Ya")*($B$2<>"");MOD($B$3;4)=0;0) >> jika kondisi 1 kosong maka tidak berhasil
dan macro yang sudah saya buat
Private Sub Worksheet_Change(ByVal Target As Range)
With Target
If .Row = 3 And .Column = 2 Then
If Range("b3").Value Mod 4 <> 0 And Len(Range("b2")) = 0 Then
Range("b3").Select
MsgBox "Bla bla bla bla", vbOKOnly
End If
End If
End With
End Sub
tetapi keduanya tidak berhasil..
tolong dikoreksi letak kesalahannya.
wassalam,
-dwint-
Coba hilangkan data validasi pada sel B3 dan ganti code :
If Range("b3").
dengan
If Range("b3").
File terlampir.
Salam,
Hendrik Karnadi
____________
From: dwint ruswanto <dwint.ruswanto@
To: belajar-excel@
Sent: Tuesday, 11 September 2012, 11:57
Subject: [belajar-excel] Validasi input berdasarkan 2 kondisi
Assalamu'alaikum,
para master & member millis yang saya hormati,
bagaimana cara membuat validasi inputan berdaraskan 2 kondisi? boleh menggunakan data validasi ataupun makro,
syarat: kondisi 2 hanya boleh diisi dengan kelipatan 4 hanya jika kondisi 1 = Ya dan kondisi 1 tidak kosong
data validasi yang sudah saya buat
=IF(($B$2="Ya"
dan macro yang sudah saya buat
Private Sub Worksheet_Change(
With Target
If .Row = 3 And .Column = 2 Then
If Range("b3").
Range("b3").
MsgBox "Bla bla bla bla", vbOKOnly
End If
End If
End With
End Sub
tetapi keduanya tidak berhasil..
tolong dikoreksi letak kesalahannya.
wassalam,
-dwint-
Tue Sep 11, 2012 3:23 am (PDT) . Posted by:
"Kid Mr." nmkid.family@ymail.com
Coba file terlampir.
1. untuk penggunaan tanpa VBA
>> setting data validation -> custom -> formula diisi :
=($B$2=$F$3)*(MOD($B$3,4)=0)
2. dengan VBA menggunakan event worksheet change :
Private Sub Worksheet_Change(ByVal Target As Range)
If Not Intersect(Range("b3"), Target) Is Nothing Then
If Len(Range("b2").Value) = 2 Then
If InStr(LCase$(Range("b2").Value), "ya") <> 0 Then
If IsNumeric(Range("b3").Value) Then
If Int(CDec(Range("b3").Value)) =
CDec(Range("b3").Value) Then
If CDec(Range("b3").Value) Mod 4 = 0 Then
Exit Sub
End If
End If
End If
End If
End If
Application.EnableEvents = False
Range("b3").ClearContents
Application.EnableEvents = True
End If
End Sub
Wassalam,
Kid.
2012/9/11 dwint ruswanto <dwint.ruswanto@gmail.com >
> **
>
>
> Assalamu'alaikum,
>
> para master & member millis yang saya hormati,
>
> bagaimana cara membuat validasi inputan berdaraskan 2 kondisi? boleh
> menggunakan data validasi ataupun makro,
> syarat: kondisi 2 hanya boleh diisi dengan kelipatan 4 hanya jika kondisi
> 1 = Ya dan kondisi 1 tidak kosong
>
> data validasi yang sudah saya buat
> =IF(($B$2="Ya")*($B$2<>"");MOD($B$3;4)=0;0) >> jika kondisi 1 kosong maka
> tidak berhasil
>
> dan macro yang sudah saya buat
>
> Private Sub Worksheet_Change(ByVal Target As Range)
> With Target
> If .Row = 3 And .Column = 2 Then
> If Range("b3").Value Mod 4 <> 0 And Len(Range("b2")) = 0 Then
> Range("b3").Select
> MsgBox "Bla bla bla bla", vbOKOnly
> End If
> End If
> End With
> End Sub
>
> tetapi keduanya tidak berhasil..
>
> tolong dikoreksi letak kesalahannya.
>
> wassalam,
>
> -dwint-
>
>
>
1. untuk penggunaan tanpa VBA
>> setting data validation -> custom -> formula diisi :
=($B$2=$F$3)
2. dengan VBA menggunakan event worksheet change :
Private Sub Worksheet_Change(
If Not Intersect(Range(
If Len(Range("b2"
If InStr(LCase$
If IsNumeric(Range(
If Int(CDec(Range(
CDec(Range("
If CDec(Range("
Exit Sub
End If
End If
End If
End If
End If
Application.
Range("b3").
Application.
End If
End Sub
Wassalam,
Kid.
2012/9/11 dwint ruswanto <dwint.ruswanto@
> **
>
>
> Assalamu'alaikum,
>
> para master & member millis yang saya hormati,
>
> bagaimana cara membuat validasi inputan berdaraskan 2 kondisi? boleh
> menggunakan data validasi ataupun makro,
> syarat: kondisi 2 hanya boleh diisi dengan kelipatan 4 hanya jika kondisi
> 1 = Ya dan kondisi 1 tidak kosong
>
> data validasi yang sudah saya buat
> =IF(($B$2="Ya"
> tidak berhasil
>
> dan macro yang sudah saya buat
>
> Private Sub Worksheet_Change(
> With Target
> If .Row = 3 And .Column = 2 Then
> If Range("b3").
> Range("b3").
> MsgBox "Bla bla bla bla", vbOKOnly
> End If
> End If
> End With
> End Sub
>
> tetapi keduanya tidak berhasil..
>
> tolong dikoreksi letak kesalahannya.
>
> wassalam,
>
> -dwint-
>
>
>
Tue Sep 11, 2012 7:01 am (PDT) . Posted by:
"dwint ruswanto"
terima kasih mr pak Hendrik & mr Kid,
ternyata untuk kasus seperti ini kelihatannya lebih simpel menggunakan data
validasi ya..
jadi berfikir ulang untuk mengganti seluruh formula dengan macro hehehe.. :D
wassalam,
-dwint-
Pada 11 September 2012 17:22, Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com > menulis:
> **
>
>
> Coba file terlampir.
>
> 1. untuk penggunaan tanpa VBA
> >> setting data validation -> custom -> formula diisi :
> =($B$2=$F$3)*(MOD($B$3,4)=0)
>
> 2. dengan VBA menggunakan event worksheet change :
> Private Sub Worksheet_Change(ByVal Target As Range)
> If Not Intersect(Range("b3"), Target) Is Nothing Then
> If Len(Range("b2").Value) = 2 Then
> If InStr(LCase$(Range("b2").Value), "ya") <> 0 Then
> If IsNumeric(Range("b3").Value) Then
> If Int(CDec(Range("b3").Value)) =
> CDec(Range("b3").Value) Then
> If CDec(Range("b3").Value) Mod 4 = 0 Then
> Exit Sub
> End If
> End If
> End If
> End If
> End If
> Application.EnableEvents = False
> Range("b3").ClearContents
> Application.EnableEvents = True
> End If
> End Sub
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
> 2012/9/11 dwint ruswanto <dwint.ruswanto@gmail.com >
>
>> **
>>
>>
>> Assalamu'alaikum,
>>
>> para master & member millis yang saya hormati,
>>
>> bagaimana cara membuat validasi inputan berdaraskan 2 kondisi? boleh
>> menggunakan data validasi ataupun makro,
>> syarat: kondisi 2 hanya boleh diisi dengan kelipatan 4 hanya jika kondisi
>> 1 = Ya dan kondisi 1 tidak kosong
>>
>> data validasi yang sudah saya buat
>> =IF(($B$2="Ya")*($B$2<>"");MOD($B$3;4)=0;0) >> jika kondisi 1 kosong maka
>> tidak berhasil
>>
>> dan macro yang sudah saya buat
>>
>> Private Sub Worksheet_Change(ByVal Target As Range)
>> With Target
>> If .Row = 3 And .Column = 2 Then
>> If Range("b3").Value Mod 4 <> 0 And Len(Range("b2")) = 0 Then
>> Range("b3").Select
>> MsgBox "Bla bla bla bla", vbOKOnly
>> End If
>> End If
>> End With
>> End Sub
>>
>> tetapi keduanya tidak berhasil..
>>
>> tolong dikoreksi letak kesalahannya.
>>
>> wassalam,
>>
>> -dwint-
>>
>>
>
>
ternyata untuk kasus seperti ini kelihatannya lebih simpel menggunakan data
validasi ya..
jadi berfikir ulang untuk mengganti seluruh formula dengan macro hehehe.. :D
wassalam,
-dwint-
Pada 11 September 2012 17:22, Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.
> **
>
>
> Coba file terlampir.
>
> 1. untuk penggunaan tanpa VBA
> >> setting data validation -> custom -> formula diisi :
> =($B$2=$F$3)
>
> 2. dengan VBA menggunakan event worksheet change :
> Private Sub Worksheet_Change(
> If Not Intersect(Range(
> If Len(Range("b2"
> If InStr(LCase$
> If IsNumeric(Range(
> If Int(CDec(Range(
> CDec(Range("
> If CDec(Range("
> Exit Sub
> End If
> End If
> End If
> End If
> End If
> Application.
> Range("b3").
> Application.
> End If
> End Sub
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
> 2012/9/11 dwint ruswanto <dwint.ruswanto@
>
>> **
>>
>>
>> Assalamu'alaikum,
>>
>> para master & member millis yang saya hormati,
>>
>> bagaimana cara membuat validasi inputan berdaraskan 2 kondisi? boleh
>> menggunakan data validasi ataupun makro,
>> syarat: kondisi 2 hanya boleh diisi dengan kelipatan 4 hanya jika kondisi
>> 1 = Ya dan kondisi 1 tidak kosong
>>
>> data validasi yang sudah saya buat
>> =IF(($B$2="Ya"
>> tidak berhasil
>>
>> dan macro yang sudah saya buat
>>
>> Private Sub Worksheet_Change(
>> With Target
>> If .Row = 3 And .Column = 2 Then
>> If Range("b3").
>> Range("b3").
>> MsgBox "Bla bla bla bla", vbOKOnly
>> End If
>> End If
>> End With
>> End Sub
>>
>> tetapi keduanya tidak berhasil..
>>
>> tolong dikoreksi letak kesalahannya.
>>
>> wassalam,
>>
>> -dwint-
>>
>>
>
>
Tue Sep 11, 2012 8:03 am (PDT) . Posted by:
"Kid Mr." nmkid.family@ymail.com
Kadang kala, pengguna Excel bersedia melupakan bahwa VBA adalah *salah
satu* alat
bantu otomasi.
Bagi saya, ketika membutuhkan Excel, maka VBA seperti senjata pamungkas.
Sepadan digunakan ketika tidak ada cara lain untuk menyelesaikan suatu
masalah.
Hal ini berbeda halnya dengan ketika akan membangun suatu aplikasi mandiri
yang memang seluruhnya berbasis pada script-script pemrograman yang
digunakan.
Jadi saya lebih suka menggunakan VBA dengan dibantu banyak cell berformula
dengan tetap menjaga kinerja Excel agar tidak terbebani oleh formula itu
sendiri.
Dengan begitu, akan lebih mudah bagi pihak yang ditinggali file Excel
tersebut dalam mengembangkannya dikemudian hari.
Tapi itu cuma pendapatnya Kid saja.
Wassalam,
Kid.
2012/9/11 dwint ruswanto <dwint.ruswanto@gmail.com >
> **
>
>
> terima kasih mr pak Hendrik & mr Kid,
>
> ternyata untuk kasus seperti ini kelihatannya lebih simpel menggunakan
> data validasi ya..
> jadi berfikir ulang untuk mengganti seluruh formula dengan macro hehehe..
> :D
>
> wassalam,
>
> -dwint-
>
> Pada 11 September 2012 17:22, Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com > menulis:
>
> **
>>
>>
>> Coba file terlampir.
>>
>> 1. untuk penggunaan tanpa VBA
>> >> setting data validation -> custom -> formula diisi :
>> =($B$2=$F$3)*(MOD($B$3,4)=0)
>>
>> 2. dengan VBA menggunakan event worksheet change :
>> Private Sub Worksheet_Change(ByVal Target As Range)
>> If Not Intersect(Range("b3"), Target) Is Nothing Then
>> If Len(Range("b2").Value) = 2 Then
>> If InStr(LCase$(Range("b2").Value), "ya") <> 0 Then
>> If IsNumeric(Range("b3").Value) Then
>> If Int(CDec(Range("b3").Value)) =
>> CDec(Range("b3").Value) Then
>> If CDec(Range("b3").Value) Mod 4 = 0 Then
>> Exit Sub
>> End If
>> End If
>> End If
>> End If
>> End If
>> Application.EnableEvents = False
>> Range("b3").ClearContents
>> Application.EnableEvents = True
>> End If
>> End Sub
>>
>> Wassalam,
>> Kid.
>>
>>
>> 2012/9/11 dwint ruswanto <dwint.ruswanto@gmail.com >
>>
>>> **
>>>
>>>
>>> Assalamu'alaikum,
>>>
>>> para master & member millis yang saya hormati,
>>>
>>> bagaimana cara membuat validasi inputan berdaraskan 2 kondisi? boleh
>>> menggunakan data validasi ataupun makro,
>>> syarat: kondisi 2 hanya boleh diisi dengan kelipatan 4 hanya jika
>>> kondisi 1 = Ya dan kondisi 1 tidak kosong
>>>
>>> data validasi yang sudah saya buat
>>> =IF(($B$2="Ya")*($B$2<>"");MOD($B$3;4)=0;0) >> jika kondisi 1 kosong
>>> maka tidak berhasil
>>>
>>> dan macro yang sudah saya buat
>>>
>>> Private Sub Worksheet_Change(ByVal Target As Range)
>>> With Target
>>> If .Row = 3 And .Column = 2 Then
>>> If Range("b3").Value Mod 4 <> 0 And Len(Range("b2")) = 0 Then
>>> Range("b3").Select
>>> MsgBox "Bla bla bla bla", vbOKOnly
>>> End If
>>> End If
>>> End With
>>> End Sub
>>>
>>> tetapi keduanya tidak berhasil..
>>>
>>> tolong dikoreksi letak kesalahannya.
>>>
>>> wassalam,
>>>
>>> -dwint-
>>>
>>>
>>
>
>
>
satu* alat
bantu otomasi.
Bagi saya, ketika membutuhkan Excel, maka VBA seperti senjata pamungkas.
Sepadan digunakan ketika tidak ada cara lain untuk menyelesaikan suatu
masalah.
Hal ini berbeda halnya dengan ketika akan membangun suatu aplikasi mandiri
yang memang seluruhnya berbasis pada script-script pemrograman yang
digunakan.
Jadi saya lebih suka menggunakan VBA dengan dibantu banyak cell berformula
dengan tetap menjaga kinerja Excel agar tidak terbebani oleh formula itu
sendiri.
Dengan begitu, akan lebih mudah bagi pihak yang ditinggali file Excel
tersebut dalam mengembangkannya dikemudian hari.
Tapi itu cuma pendapatnya Kid saja.
Wassalam,
Kid.
2012/9/11 dwint ruswanto <dwint.ruswanto@
> **
>
>
> terima kasih mr pak Hendrik & mr Kid,
>
> ternyata untuk kasus seperti ini kelihatannya lebih simpel menggunakan
> data validasi ya..
> jadi berfikir ulang untuk mengganti seluruh formula dengan macro hehehe..
> :D
>
> wassalam,
>
> -dwint-
>
> Pada 11 September 2012 17:22, Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.
>
> **
>>
>>
>> Coba file terlampir.
>>
>> 1. untuk penggunaan tanpa VBA
>> >> setting data validation -> custom -> formula diisi :
>> =($B$2=$F$3)
>>
>> 2. dengan VBA menggunakan event worksheet change :
>> Private Sub Worksheet_Change(
>> If Not Intersect(Range(
>> If Len(Range("b2"
>> If InStr(LCase$
>> If IsNumeric(Range(
>> If Int(CDec(Range(
>> CDec(Range("
>> If CDec(Range("
>> Exit Sub
>> End If
>> End If
>> End If
>> End If
>> End If
>> Application.
>> Range("b3").
>> Application.
>> End If
>> End Sub
>>
>> Wassalam,
>> Kid.
>>
>>
>> 2012/9/11 dwint ruswanto <dwint.ruswanto@
>>
>>> **
>>>
>>>
>>> Assalamu'alaikum,
>>>
>>> para master & member millis yang saya hormati,
>>>
>>> bagaimana cara membuat validasi inputan berdaraskan 2 kondisi? boleh
>>> menggunakan data validasi ataupun makro,
>>> syarat: kondisi 2 hanya boleh diisi dengan kelipatan 4 hanya jika
>>> kondisi 1 = Ya dan kondisi 1 tidak kosong
>>>
>>> data validasi yang sudah saya buat
>>> =IF(($B$2="Ya"
>>> maka tidak berhasil
>>>
>>> dan macro yang sudah saya buat
>>>
>>> Private Sub Worksheet_Change(
>>> With Target
>>> If .Row = 3 And .Column = 2 Then
>>> If Range("b3").
>>> Range("b3").
>>> MsgBox "Bla bla bla bla", vbOKOnly
>>> End If
>>> End If
>>> End With
>>> End Sub
>>>
>>> tetapi keduanya tidak berhasil..
>>>
>>> tolong dikoreksi letak kesalahannya.
>>>
>>> wassalam,
>>>
>>> -dwint-
>>>
>>>
>>
>
>
>
Tue Sep 11, 2012 4:20 am (PDT) . Posted by:
"Longinus Along" longinus.along
Dear all Master,
Izin kan saya pendatang baru dan dengan kecil hati terlebih dahulu saya minta maaf kepada All master karena file terlampir saya download dari forum ini juga, saya coba belajar menyusun aplikasi excel dan kebetulan aplikasi saya membutuhkan listbox untuk open file dan hapus file, pada contoh file yang terlampir telah saya tambahkan CB hapus, untuk menghapus file ketika setelah listbox di select dan kemudian tekan CB Hapus maka file yang dipilih akan terhapus.
salam,
Longinus
Izin kan saya pendatang baru dan dengan kecil hati terlebih dahulu saya minta maaf kepada All master karena file terlampir saya download dari forum ini juga, saya coba belajar menyusun aplikasi excel dan kebetulan aplikasi saya membutuhkan listbox untuk open file dan hapus file, pada contoh file yang terlampir telah saya tambahkan CB hapus, untuk menghapus file ketika setelah listbox di select dan kemudian tekan CB Hapus maka file yang dipilih akan terhapus.
salam,
Longinus
Tue Sep 11, 2012 9:40 am (PDT) . Posted by:
"ngademin Thohari" ngademinth
Selamat malam exceller
Saya mempunyai data hasil pengembangan dari forum ini yang memudahkan pekerjaan saya, dan sekarang saya mencoba mengembangkan menjadi menginput data dengan barcode scanner,
yang menjadi masalah adalah.
1, data input yang diambil adalah 3 data dan yang dicompare hanya satu
2. membatasi input kesamping hanya 3 column dan apabila dicompare ada NG, maka step selanjutnya tidak akan berjalan dan membutuhkan verifikasi
3. saya hanya menggunakan rumus di excel apakah bisa dilink ke lain database dan data tersebut tidakrlam bisa di otak-atik kecuali hanya input dari barcode
4. ada beberapa pertanyaan yang ada dalam file terlampir
terima kasih
amin
Saya mempunyai data hasil pengembangan dari forum ini yang memudahkan pekerjaan saya, dan sekarang saya mencoba mengembangkan menjadi menginput data dengan barcode scanner,
yang menjadi masalah adalah.
1, data input yang diambil adalah 3 data dan yang dicompare hanya satu
2. membatasi input kesamping hanya 3 column dan apabila dicompare ada NG, maka step selanjutnya tidak akan berjalan dan membutuhkan verifikasi
3. saya hanya menggunakan rumus di excel apakah bisa dilink ke lain database dan data tersebut tidakrlam bisa di otak-atik kecuali hanya input dari barcode
4. ada beberapa pertanyaan yang ada dalam file terlampir
terima kasih
amin
GROUP FOOTER MESSAGE
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
Tidak ada komentar:
Posting Komentar