Selasa, 11 September 2012

[belajar-excel] Digest Number 1766

14 New Messages

Digest #1766
4b
Bls: [belajar-excel] menghitung lembur hari libur by "ghozi alkatiri" ghozialkatiri
5a
data anggota by "Fendi S" fendis@rocketmail.com
5b
Re: data anggota by "the_x_mikey@yahoo.com" the_x_mikey
6a
Re: Validasi input berdasarkan 2 kondisi by "hendrik karnadi" hendrikkarnadi
6b
Re: Validasi input berdasarkan 2 kondisi by "Kid Mr." nmkid.family@ymail.com
6d
Re: Validasi input berdasarkan 2 kondisi by "Kid Mr." nmkid.family@ymail.com
7
Hapus File dengan  listbox by "Longinus Along" longinus.along

Messages

Mon Sep 10, 2012 10:06 pm (PDT) . Posted by:

"Teti Zhe" teti_zhe

Makasih pak untuk saran dan juga penjelasannya, sangat membantu..

 
Salam,
Teti.

________________________________
From: Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Tuesday, September 11, 2012 4:50 AM
Subject: Re: [belajar-excel] Bagaimana mencocokkan/verifikasi record data di tabel yang berbeda?


 
File terlampir memberi syarat bahwa seluruh data responden harus memiliki no urut yang selalu menaik (sorted ascending) dan unique. Jadi bila responden_awal adalah hasil penggabungan data yang didapat oleh tim1 dan tim2, maka pastikan hasil penggabungannya memiliki nomor yang unique dan terurut menaik. Namanya tidak perlu terurut. Jadi, nomor urut bisa dibuat langsung mulai dari nomor 1 sampai sekian tanpa mempedulikan urutan data nama ataupun yang lainnya.

Setelah itu, baru di copy paste ke sheet myData untuk menjadi data akhir yang sudah fix. Ketika pivot table di-refresh, maka bisa dilihat status data yang terduplikasi.
Jika ingin tahu lebih detil, silakan drag fields ke bagian row. Misal ingin tahu didesa mana data itu, maka drag kolom village ke bagian row.

Cara seperti yang diutarakan Pak Hendrik juga sebaiknya ditambahkan pada sheet myData. Bisa di-insert kolom antara A dan B, kemudian gunakan fungsi CountIFs( pada xl 2007 ke atas) atau SumProduct( pada semua versi Excel) untuk hitung cacah berdasar 2 pokok kriteria, yaitu berdasar kolom Penelitian (1 kolom saja) dan kolom key bawaan data (bisa jadi terdiri dari banyak kolom)

Wassalam,
Kid.

2012/9/10 Teti Zhe <teti_zhe@yahoo.com>


>Makasih Pak,,
>
>Sudah cukup jelas bagi saya, 
>
>
>Jika boleh bertanya lagi bagaimana solusi nya jika masalah nya seperti ini :
>
>Untuk entry data bukan hanya dikerjakan satu orang. setiap 2 hari data akan digabungin ke tabel utama.
>
>masalah : terkadang 1 responden memiliki 2 record data begitu... kesalahan awal ketika melakukan wawancara penelitian sehingga sering responden yang uda diteliti, diteliti ulang oleh yang lain, sehingga datanya jadi dobel dehh...
>
>pertanyaan : apakah ada cara untuk mengetahui record data yang dobel / responden yang dobel datanya dengan lebih mudah tanpa harus ngecek per-record?
>Trimakasih sebelumnya,
>
>
>
>Salam,
>Teti.
>
>
>
>
>________________________________
> From: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
>To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
>Sent: Tuesday, September 4, 2012 4:50 PM
>
>Subject: Re: [belajar-excel] Bagaimana mencocokkan/verifikasi record data di tabel yang berbeda?
>
>
>

>Sama2.
>
>
>Matematikanya begini:
>Data Responden Awal = 75, terdiri dari "1x"  = 65 dan "2x" = 10
>Data Responden Akhir = 56, terdiri dari "1x" = 46 dan "2x" = 10
>
>
>Cukup jelas kan ?
>
>
>Salam,
>Hendrik Karnadi
>
>
>
>________________________________
> From: Teti Zhe <teti_zhe@yahoo.com>
>To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
>Sent: Tuesday, 4 September 2012, 16:21
>Subject: Re: [belajar-excel] Bagaimana mencocokkan/verifikasi record data di tabel yang berbeda?
>
>

>Mkasih Pak,
>uda pas banget ... tapi boleh nanya, koq jumlah responden di kolom 1x (Awal) ga sama dengan kolom Responden Awal? bukankah sebenarnya data yang ada di kolom 1x(Awal) itu sama dengan data di kolom Responden Awal? 
>
>Makasih..
>

>Salam,
>Teti.
>
>
>
>
>________________________________
> From: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
>To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
>Sent: Tuesday, September 4, 2012 1:11 PM
>Subject: Re: [belajar-excel] Bagaimana mencocokkan/verifikasi record data di tabel yang berbeda?
>
>

>Bisa!
>
>
>File terlampir menggunakan Event Worksheet_Before DoubleClick
>
>
>Cara kerjanya:
>- Copy Nama yang ada pada Responden Awal ke kolom A (mulai dari A2, tidak termasuk judul) Sheet Rekon
>- Copy Nama yang ada pada Responden Akhir ke kolom B (mulai dari B2, tidak termasuk judul) Sheet Rekon
>
>- DoubleClick pada Sheet Rekon.
>
>
>Salam,
>Hendrik Karnadi
>
>
>
>________________________________
> From: Teti Zhe <teti_zhe@yahoo.com>
>To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
>Sent: Tuesday, 4 September 2012, 10:26
>Subject: [belajar-excel] Bagaimana mencocokkan/verifikasi record data di tabel yang berbeda?
>
>

>Dear Master Excel,
>
>
>Saya mempunyai data penelitian (berbentuk tabel)
dalam sheet yang berbeda (file terlampir).
>Tabel1 (Sheet : Responden_Awal) adalah data
responden yang diteliti pada awal penelitian berjalan.

>Selang beberapa waktu , penelitian (kedua) kembali
saya lakukan 'mesti' pada orang yang sama namanya seperti yang tertera di
tabel1 (Sheet : Responden_Awal).

>Data penelitian kedua tersebut saya buat dalam tabel2
(Sheet : Responden_Akhir).

>Nah, saya ingin mengetahui data responden mana
saja yang uda diteliti pada penelitian kedua yang namanya juga sudah ada di
tabel1 (Sheet : Responden_Awal), dan data responden mana yang belum diteliti sehingga
memudahkan untuk mengetahui/me-list siapa-siapa saja yang belum diteliti untuk
kedua kalinya.

>Yang ada dalam pikiran saya, yang saya butuhkan :
>1.      Sebuah daftar responden yang uda selesai
diteliti sebanyak dua kali.
>2.      Sebuah daftar responden yang masih belum
diteliti untuk kedua kalinya.
>3.      Sebuah daftar responden akhir yang namanya tidak
ada di tabel responden awal.
>
>
>Kira-kira hal tersebut bisa kah dilakukan dalam excel?
>Trims,,,

>Salam,
>Teti.
>
>
>
>
>
>
>
>
>

Tue Sep 11, 2012 12:21 am (PDT) . Posted by:

"teti" teti_zhe

Dear Master Excel,,

Saya kesulitan nih,, ketika memindahkan dan membuka sebuah file database yang dibuat di excel 2010 di komputer milik teman dengan excel 2007.
Ketika saya ingin 'find' atau 'search' sebuah data,, pasti muncul pesan 'not found' gituuu.. padahal kalo di cek manual satu-satu, data yang dimaksud pasti ada..

Kira-kira apa yang salah? kenapa koq fungsi find (ctrl+F) nya ga bisa menemukan data yang kita maksud?

Trimakasih sebelumnya.

Tue Sep 11, 2012 12:30 am (PDT) . Posted by:

"the_x_mikey@yahoo.com" the_x_mikey

Coba crk options pada tampilan ctrl f.
Apakah pilihan match case / match entire cell contents tercentang?

Match case berpengaruh pada jenis huruf (kapital / kecil)
Cth : mencari "Ab" tidak akan match dengan "ab"

Match case cell contents berpengaruh pada keseluruhan kata
Cth: mencari "ab" tidak akan match dengan "abc"

Semoga ini yang menjadi masalahnya
-----Original Message-----
From: "teti" <teti_zhe@yahoo.com>
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Tue, 11 Sep 2012 07:21:03
To: <belajar-excel@yahoogroups.com>
Reply-To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: [belajar-excel] Solusi ketika fungsi Find & Searching tidak berfungsi di Excel?

Dear Master Excel,,

Saya kesulitan nih,, ketika memindahkan dan membuka sebuah file database yang dibuat di excel 2010 di komputer milik teman dengan excel 2007.
Ketika saya ingin 'find' atau 'search' sebuah data,, pasti muncul pesan 'not found' gituuu.. padahal kalo di cek manual satu-satu, data yang dimaksud pasti ada..

Kira-kira apa yang salah? kenapa koq fungsi find (ctrl+F) nya ga bisa menemukan data yang kita maksud?

Trimakasih sebelumnya.


Tue Sep 11, 2012 12:27 am (PDT) . Posted by:

"Prazt Math" praztmath

Mohon bantuannya pada para master excel, Bagaimana cara membuat terbilang
tanpa menggunakan addin terbilang seperti permasalahan pada file terlampir.?

--- Mods ---
Coba jalan-jalan ke folder files milis :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/files/

Download file tentang terbilang tanpa makro.
------------

Tue Sep 11, 2012 12:27 am (PDT) . Posted by:

"indria pie" mas_pie3

mohon bantuannya sesepuh...
pada file berikut

terima kasih sebelumnya,
-snupy-

________________________________
Dari: indria pie <mas_pie3@yahoo.co.id>
Kepada: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Dikirim: Senin, 10 September 2012 16:19
Judul: Bls: [belajar-excel] menghitung lembur hari libur


 
trimakasih pak wahyudi,
seumpama ketentuannya saya tambah gimna seperti file attach

trims

________________________________
Dari: "Wahyudi, Hery UTAS" <hery.wahyudi@goodrich.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Senin, 10 September 2012 15:58
Judul: RE: [belajar-excel] menghitung lembur hari libur


 
[AT8]=SUM(AA8,M8)-AS8
 
CMIIW
 
From:belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com] On Behalf Of indria pie
Sent: Monday, September 10, 2012 3:31 PM
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: [belajar-excel] menghitung lembur hari libur
 
 
dear Suhu Excel
 
saya punya permasalahan dalam menghitung lembur hari libur seperti file terlampir, mohon bantuannya
formula apa yang harus saya gunakan untuk isi cell AT8 (lembur "L2")
 
trims
 
-snupy-

Tue Sep 11, 2012 12:42 am (PDT) . Posted by:

"ghozi alkatiri" ghozialkatiri

tulis formula di F4
==COUNTIFS($B$2:$B$16;F$3;$C$2:$C$16;$E4)
copy ke kanan dan ke bawah

wassalam

Ghozi Alkatiri

________________________________
Dari: indria pie <mas_pie3@yahoo.co.id>
Kepada: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Dikirim: Selasa, 11 September 2012 11:25
Judul: Bls: [belajar-excel] menghitung lembur hari libur


 
mohon bantuannya sesepuh...
pada file berikut

terima kasih sebelumnya,
-snupy-

________________________________
Dari: indria pie <mas_pie3@yahoo.co.id>
Kepada: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Dikirim: Senin, 10 September 2012 16:19
Judul: Bls: [belajar-excel] menghitung lembur hari libur


 
trimakasih pak wahyudi,
seumpama ketentuannya saya tambah gimna seperti file attach

trims

________________________________
Dari: "Wahyudi, Hery UTAS" <hery.wahyudi@goodrich.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Senin, 10 September 2012 15:58
Judul: RE: [belajar-excel] menghitung lembur hari libur


 
[AT8]=SUM(AA8,M8)-AS8
 
CMIIW
 
From:belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com] On Behalf Of indria pie
Sent: Monday, September 10, 2012 3:31 PM
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: [belajar-excel] menghitung lembur hari libur
 
 
dear Suhu Excel
 
saya punya permasalahan dalam menghitung lembur hari libur seperti file terlampir, mohon bantuannya
formula apa yang harus saya gunakan untuk isi cell AT8 (lembur "L2")
 
trims
 
-snupy-

Tue Sep 11, 2012 12:29 am (PDT) . Posted by:

"Fendi S" fendis@rocketmail.com

Kepada master excell,
mohon sekiranya dapat membantu saya bagaimana setiap membuka file data nama anggota selalu terbuka di sheet "UMUM" biarpun sebelumnya sudah di save di shhet lain. Beberapa hari yang lalu sudah ada pembahasan, tetapi setelah saya praktekkan masih ada kegagalan. Bersama ini saya lampirkan file supaya nantinya dapat saya praktekkan. terima kasih

wassalam
effendi

Tue Sep 11, 2012 12:40 am (PDT) . Posted by:

"the_x_mikey@yahoo.com" the_x_mikey

Hi Fendi,

Pada halaman vba, masukkan code ini di "this workbook" file ini

Private sub workbook_open()
Sheets("UMUM").activate
End sub

-----Original Message-----
From: Fendi S <fendis@rocketmail.com>
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Tue, 11 Sep 2012 12:11:10
To: belajar-excel@yahoogroups.com<belajar-excel@yahoogroups.com>
Reply-To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: [belajar-excel] data anggota

Kepada master excell,
mohon sekiranya dapat membantu saya bagaimana setiap membuka file data nama anggota selalu terbuka di sheet "UMUM" biarpun sebelumnya sudah di save di shhet lain. Beberapa hari yang lalu sudah ada pembahasan, tetapi setelah saya praktekkan masih ada kegagalan. Bersama ini saya lampirkan file supaya nantinya dapat saya praktekkan. terima kasih

wassalam
effendi

Tue Sep 11, 2012 2:42 am (PDT) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Pak Dwint,

Coba hilangkan data validasi pada sel B3 dan ganti code :
If Range("b3").Value Mod 4 <> 0 And Len(Range("b2")) = 0 Then 

dengan
If Range("b3").Value Mod 4 <> 0 Or Range("b2") <> "Ya" Then

File terlampir.

Salam,
Hendrik Karnadi

________________________________
From: dwint ruswanto <dwint.ruswanto@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Tuesday, 11 September 2012, 11:57
Subject: [belajar-excel] Validasi input berdasarkan 2 kondisi


 
Assalamu'alaikum,

para master & member millis yang saya hormati,

bagaimana cara membuat validasi inputan berdaraskan 2 kondisi? boleh menggunakan data validasi ataupun makro,
syarat: kondisi 2 hanya boleh diisi dengan kelipatan 4 hanya jika kondisi 1 = Ya dan kondisi 1 tidak kosong

data validasi yang sudah saya buat
=IF(($B$2="Ya")*($B$2<>"");MOD($B$3;4)=0;0) >> jika kondisi 1 kosong maka tidak berhasil

dan macro yang sudah saya buat

Private Sub Worksheet_Change(ByVal Target As Range)
    With Target
        If .Row = 3 And .Column = 2 Then
            If Range("b3").Value Mod 4 <> 0 And Len(Range("b2")) = 0 Then
                Range("b3").Select
                MsgBox "Bla bla bla bla", vbOKOnly
            End If
        End If
    End With
End Sub

tetapi keduanya tidak berhasil..

tolong dikoreksi letak kesalahannya.

wassalam,

-dwint-

Tue Sep 11, 2012 3:23 am (PDT) . Posted by:

"Kid Mr." nmkid.family@ymail.com

Coba file terlampir.

1. untuk penggunaan tanpa VBA
>> setting data validation -> custom -> formula diisi :
=($B$2=$F$3)*(MOD($B$3,4)=0)

2. dengan VBA menggunakan event worksheet change :
Private Sub Worksheet_Change(ByVal Target As Range)
If Not Intersect(Range("b3"), Target) Is Nothing Then
If Len(Range("b2").Value) = 2 Then
If InStr(LCase$(Range("b2").Value), "ya") <> 0 Then
If IsNumeric(Range("b3").Value) Then
If Int(CDec(Range("b3").Value)) =
CDec(Range("b3").Value) Then
If CDec(Range("b3").Value) Mod 4 = 0 Then
Exit Sub
End If
End If
End If
End If
End If
Application.EnableEvents = False
Range("b3").ClearContents
Application.EnableEvents = True
End If
End Sub

Wassalam,
Kid.

2012/9/11 dwint ruswanto <dwint.ruswanto@gmail.com>

> **
>
>
> Assalamu'alaikum,
>
> para master & member millis yang saya hormati,
>
> bagaimana cara membuat validasi inputan berdaraskan 2 kondisi? boleh
> menggunakan data validasi ataupun makro,
> syarat: kondisi 2 hanya boleh diisi dengan kelipatan 4 hanya jika kondisi
> 1 = Ya dan kondisi 1 tidak kosong
>
> data validasi yang sudah saya buat
> =IF(($B$2="Ya")*($B$2<>"");MOD($B$3;4)=0;0) >> jika kondisi 1 kosong maka
> tidak berhasil
>
> dan macro yang sudah saya buat
>
> Private Sub Worksheet_Change(ByVal Target As Range)
> With Target
> If .Row = 3 And .Column = 2 Then
> If Range("b3").Value Mod 4 <> 0 And Len(Range("b2")) = 0 Then
> Range("b3").Select
> MsgBox "Bla bla bla bla", vbOKOnly
> End If
> End If
> End With
> End Sub
>
> tetapi keduanya tidak berhasil..
>
> tolong dikoreksi letak kesalahannya.
>
> wassalam,
>
> -dwint-
>
>
>

Tue Sep 11, 2012 7:01 am (PDT) . Posted by:

"dwint ruswanto"

terima kasih mr pak Hendrik & mr Kid,

ternyata untuk kasus seperti ini kelihatannya lebih simpel menggunakan data
validasi ya..
jadi berfikir ulang untuk mengganti seluruh formula dengan macro hehehe.. :D

wassalam,

-dwint-

Pada 11 September 2012 17:22, Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com> menulis:

> **
>
>
> Coba file terlampir.
>
> 1. untuk penggunaan tanpa VBA
> >> setting data validation -> custom -> formula diisi :
> =($B$2=$F$3)*(MOD($B$3,4)=0)
>
> 2. dengan VBA menggunakan event worksheet change :
> Private Sub Worksheet_Change(ByVal Target As Range)
> If Not Intersect(Range("b3"), Target) Is Nothing Then
> If Len(Range("b2").Value) = 2 Then
> If InStr(LCase$(Range("b2").Value), "ya") <> 0 Then
> If IsNumeric(Range("b3").Value) Then
> If Int(CDec(Range("b3").Value)) =
> CDec(Range("b3").Value) Then
> If CDec(Range("b3").Value) Mod 4 = 0 Then
> Exit Sub
> End If
> End If
> End If
> End If
> End If
> Application.EnableEvents = False
> Range("b3").ClearContents
> Application.EnableEvents = True
> End If
> End Sub
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
> 2012/9/11 dwint ruswanto <dwint.ruswanto@gmail.com>
>
>> **
>>
>>
>> Assalamu'alaikum,
>>
>> para master & member millis yang saya hormati,
>>
>> bagaimana cara membuat validasi inputan berdaraskan 2 kondisi? boleh
>> menggunakan data validasi ataupun makro,
>> syarat: kondisi 2 hanya boleh diisi dengan kelipatan 4 hanya jika kondisi
>> 1 = Ya dan kondisi 1 tidak kosong
>>
>> data validasi yang sudah saya buat
>> =IF(($B$2="Ya")*($B$2<>"");MOD($B$3;4)=0;0) >> jika kondisi 1 kosong maka
>> tidak berhasil
>>
>> dan macro yang sudah saya buat
>>
>> Private Sub Worksheet_Change(ByVal Target As Range)
>> With Target
>> If .Row = 3 And .Column = 2 Then
>> If Range("b3").Value Mod 4 <> 0 And Len(Range("b2")) = 0 Then
>> Range("b3").Select
>> MsgBox "Bla bla bla bla", vbOKOnly
>> End If
>> End If
>> End With
>> End Sub
>>
>> tetapi keduanya tidak berhasil..
>>
>> tolong dikoreksi letak kesalahannya.
>>
>> wassalam,
>>
>> -dwint-
>>
>>
>
>

Tue Sep 11, 2012 8:03 am (PDT) . Posted by:

"Kid Mr." nmkid.family@ymail.com

Kadang kala, pengguna Excel bersedia melupakan bahwa VBA adalah *salah
satu* alat
bantu otomasi.

Bagi saya, ketika membutuhkan Excel, maka VBA seperti senjata pamungkas.
Sepadan digunakan ketika tidak ada cara lain untuk menyelesaikan suatu
masalah.
Hal ini berbeda halnya dengan ketika akan membangun suatu aplikasi mandiri
yang memang seluruhnya berbasis pada script-script pemrograman yang
digunakan.

Jadi saya lebih suka menggunakan VBA dengan dibantu banyak cell berformula
dengan tetap menjaga kinerja Excel agar tidak terbebani oleh formula itu
sendiri.
Dengan begitu, akan lebih mudah bagi pihak yang ditinggali file Excel
tersebut dalam mengembangkannya dikemudian hari.

Tapi itu cuma pendapatnya Kid saja.

Wassalam,
Kid.

2012/9/11 dwint ruswanto <dwint.ruswanto@gmail.com>

> **
>
>
> terima kasih mr pak Hendrik & mr Kid,
>
> ternyata untuk kasus seperti ini kelihatannya lebih simpel menggunakan
> data validasi ya..
> jadi berfikir ulang untuk mengganti seluruh formula dengan macro hehehe..
> :D
>
> wassalam,
>
> -dwint-
>
> Pada 11 September 2012 17:22, Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com> menulis:
>
> **
>>
>>
>> Coba file terlampir.
>>
>> 1. untuk penggunaan tanpa VBA
>> >> setting data validation -> custom -> formula diisi :
>> =($B$2=$F$3)*(MOD($B$3,4)=0)
>>
>> 2. dengan VBA menggunakan event worksheet change :
>> Private Sub Worksheet_Change(ByVal Target As Range)
>> If Not Intersect(Range("b3"), Target) Is Nothing Then
>> If Len(Range("b2").Value) = 2 Then
>> If InStr(LCase$(Range("b2").Value), "ya") <> 0 Then
>> If IsNumeric(Range("b3").Value) Then
>> If Int(CDec(Range("b3").Value)) =
>> CDec(Range("b3").Value) Then
>> If CDec(Range("b3").Value) Mod 4 = 0 Then
>> Exit Sub
>> End If
>> End If
>> End If
>> End If
>> End If
>> Application.EnableEvents = False
>> Range("b3").ClearContents
>> Application.EnableEvents = True
>> End If
>> End Sub
>>
>> Wassalam,
>> Kid.
>>
>>
>> 2012/9/11 dwint ruswanto <dwint.ruswanto@gmail.com>
>>
>>> **
>>>
>>>
>>> Assalamu'alaikum,
>>>
>>> para master & member millis yang saya hormati,
>>>
>>> bagaimana cara membuat validasi inputan berdaraskan 2 kondisi? boleh
>>> menggunakan data validasi ataupun makro,
>>> syarat: kondisi 2 hanya boleh diisi dengan kelipatan 4 hanya jika
>>> kondisi 1 = Ya dan kondisi 1 tidak kosong
>>>
>>> data validasi yang sudah saya buat
>>> =IF(($B$2="Ya")*($B$2<>"");MOD($B$3;4)=0;0) >> jika kondisi 1 kosong
>>> maka tidak berhasil
>>>
>>> dan macro yang sudah saya buat
>>>
>>> Private Sub Worksheet_Change(ByVal Target As Range)
>>> With Target
>>> If .Row = 3 And .Column = 2 Then
>>> If Range("b3").Value Mod 4 <> 0 And Len(Range("b2")) = 0 Then
>>> Range("b3").Select
>>> MsgBox "Bla bla bla bla", vbOKOnly
>>> End If
>>> End If
>>> End With
>>> End Sub
>>>
>>> tetapi keduanya tidak berhasil..
>>>
>>> tolong dikoreksi letak kesalahannya.
>>>
>>> wassalam,
>>>
>>> -dwint-
>>>
>>>
>>
>
>
>

Tue Sep 11, 2012 4:20 am (PDT) . Posted by:

"Longinus Along" longinus.along

Dear all Master,

Izin kan saya pendatang baru dan dengan kecil hati terlebih dahulu saya minta maaf kepada All master karena file terlampir saya download dari forum ini juga, saya coba belajar menyusun aplikasi excel dan kebetulan aplikasi  saya membutuhkan listbox untuk open file dan hapus file, pada contoh file yang terlampir telah saya tambahkan CB hapus, untuk menghapus file ketika setelah listbox di select dan kemudian tekan CB Hapus maka file yang dipilih akan terhapus.

salam,
Longinus

Tue Sep 11, 2012 9:40 am (PDT) . Posted by:

"ngademin Thohari" ngademinth

Selamat malam exceller
Saya mempunyai data hasil pengembangan dari forum ini yang memudahkan pekerjaan saya, dan sekarang saya mencoba mengembangkan menjadi menginput data dengan barcode scanner,

yang menjadi masalah adalah.
1, data input yang diambil adalah 3 data dan yang dicompare hanya satu
2. membatasi input kesamping hanya 3 column dan apabila dicompare ada NG, maka step selanjutnya tidak akan berjalan dan membutuhkan verifikasi
3. saya hanya menggunakan rumus di excel apakah bisa dilink ke lain database dan data tersebut tidakrlam bisa di otak-atik kecuali hanya input dari barcode
4. ada beberapa pertanyaan yang ada dalam file terlampir

terima kasih

amin
GROUP FOOTER MESSAGE
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar