Rabu, 12 September 2012

[belajar-excel] Digest Number 1768

5 New Messages

Digest #1768
1a
Re: Penyederhanaan Laporan by "sumardiana marto" hekerkampoeng
3a
Copy data dari open workbook ke worbook aktive by "Longinus Along" longinus.along
3b
Re: Copy data dari open workbook ke worbook aktive by "Kid Mr." nmkid.family@ymail.com

Messages

Tue Sep 11, 2012 10:25 pm (PDT) . Posted by:

"sumardiana marto" hekerkampoeng

Terima Kasih Mr Kid atas pencerahannya,akan saya coba terapkan dan akan
saya tanyakan lagi bila menemui kesulitan lagi.Mohon jangan bosen2
membimbing saya..hee..he..

2012/9/12 Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>

> **
>
>
> Jika memang akan ada kolom V, maka sebaiknya bagian vlookup diganti dengan
> merujuk ke kolom V.
> Untuk tabel dinamis, manfaatkan nama range dinamis. Sebaiknya gunakan
> Index daripada Offset. Index tidak bersifat volatile, sedangkan Offset
> bersifat volatile.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
> 2012/9/12 sumardiana marto <sumardiana596@gmail.com>
>
>> **
>>
>>
>> Terima Kasih Mr Kid,
>> Hampir sesuai keinginan,cuma kalo pake
>> *(VLOOKUP(Data!$I$3:$I$32,Lap!$L$4:$M$15,2,0)=$C2)* kok hasilnya ngumpul
>> jadi 1 baris ya...,coba diganti (Data!$V$3:$V$32=$C2) bisa sesuai item
>> rejectnya , tapi Pertanyaan lagi,bagaimana menentukan baris terbawah pada
>> Tabel Data (data asli dari query) yang setiap hari di refresh dan pasti
>> barisnya bertambah terus.Kalo di VBA mungkin pakai Offset itu ya..???Apa di
>> buat range sepanjang2nya atau ada solusi lain.
>> Terima kasih & maafkan merepotkan,
>>
>> mardi
>>
>>
>> 2012/9/12 Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
>>
>>> **
>>>
>>>
>>> Coba array formula berikut :
>>>
>>> =SUM((Data!$G$3:$G$32=LOOKUP("zz",$A$2:$A2))*(Data!$F$3:$F$32=$B2)*(VLOOKUP(Data!$I$3:$I$32,Lap!$L$4:$M$15,2,0)=$C2)*(Data!$O$3:$O$32=D$1)*Data!$J$3:$J$32)
>>>
>>> Semakin banyak record data, semakin lemot kinerja Excel.
>>>
>>> Wassalam,
>>> Kid.
>>>
>>>
>>> 2012/9/12 sumardiana marto <sumardiana596@gmail.com>
>>>
>>>> **
>>>>
>>>>
>>>> Terima kasih Mr Kid,
>>>> Sampai disini saya sedikit paham,tetapi bagaimana jika form Laporannya
>>>> sudah baku.Bisakah reject qty di distribusikan ke Form Laporan yang
>>>> formatnya seperti di sheet Lap ? Shg kita tidak dua kali input (di Aplikasi
>>>> Program dan di Laporan Excel)
>>>> salam
>>>>
>>>> mardi
>>>>
>>>>
>>>> 2012/9/12 Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
>>>>
>>>> **
>>>>>
>>>>>
>>>>> Tabel data membutuhkan sebuah kolom berisi item-item reject_lap yang
>>>>> sesuai dengan nilai reject_desc. Hal ini bisa diperoleh menggunakan fungsi
>>>>> vLookUp.
>>>>>
>>>>> Andaikan data memang didapat melalui sebuah query, maka dalam query
>>>>> tersebut bisa langsung disusun juga kolom berisi item-item reject_lap
>>>>> melalui sebuah proses join dengan tabel referensi konversi item reject dari
>>>>> reject_desc menjadi reject_lap. Dengan cara ini, maka tidak dibutuhkan
>>>>> formula vLookUp.
>>>>>
>>>>> Hasil query bisa langsung diletakkan di Excel sebagai sebuah pivot
>>>>> table. Jika butuh kolom tambahan, maka susun di-query lagi dan refresh
>>>>> pivot table-nya.
>>>>>
>>>>> File terlampir adalah contoh yang menggunakan formula vLookUp karena
>>>>> tidak ada salinan query yang digunakan pada file kasus.
>>>>>
>>>>> Wassalam,
>>>>> Kid.
>>>>>
>>>>
>>>>

Wed Sep 12, 2012 12:13 am (PDT) . Posted by:

"Kid Mr." nmkid.family@ymail.com

Biasanya untuk proteksi cell tidak membutuhkan VBA.
Biasanya suatu proses otomasi pada sebuah sheet yang terproteksi
membutuhkan proses unprotect dan protect sheet.
Terlepas dari seluruh kebiasaan tersebut, jika memang proses proteksi cell
beserta proses proteksi sheet-nya dilakukan menggunakan VBA, maka
dibutuhkan setting macro security yang memberi ijin untuk boleh bekerja.
Jika sebuah komputer tidak memberi ijin, maka seluruh proses otomasi tidak
akan bekerja.

Wassalam,
Kid.

2012/9/12 sakarosadwinanta1979 <sakarosadwinanta1979@yahoo.com>

> **
>
>
> Dear Rekan2 sekalian,
>
> Mohon sarannya.
> Saya buat module untuk protect beberapa kolom tertentu di sheet supaya
> tidak bisa diedit.
> Apakah kalau saya kirim file tersebut melalui email, apabila komputer yang
> menerima file tersebut tidak setting enable macros, module nya tetap
> bekerja?
>
> Terimakasih atas bantuannya.
> dooowie
>
>
>
>

Wed Sep 12, 2012 5:58 am (PDT) . Posted by:

"Longinus Along" longinus.along

Dear All Master,

Terimaksih MR.Kid, untuk CB hapusnya sudah bisa, saya kombinasikan
dengan code sebelumnya, sekarang, masalah saya muncul lagi, pada saat
saya open file, maka file yang terpilih di buka datanya akan di copy ke
workbook "TEST" ke Sheets "Partsdata" kemudian file yang tadi di open ditutup kembali,
masalahnya adalah pada kolom No.,rumusnya hilang, maksud saya bagaimana supaya rumusnya
ikut terkopy juga. Karena pada sumber data yang di copy pada kolom No. terdapat rumus =Row()-5
Mohon pencerahan code nya agar rumus juga tercopy, contoh file terlampir, terimakasih banyak…

Salam,
Longinus

Wed Sep 12, 2012 6:05 am (PDT) . Posted by:

"Kid Mr." nmkid.family@ymail.com

Dari kalimat :
"pada sumber data yang di copy pada kolom No. terdapat rumus =Row()-5"
bisa diasumsikan bahwa :
1. header ada di baris 5
2. header diperkirakan mulai di kolom A
3. record pertama di baris 6 Excel
4. tidak ada baris kosong antar record
5. sheet lokasi tabel ini dalam keadaan aktif (sebagai sheet aktif)

Sebelum proses berakhir, pasang formula di kolom No. tersebut (sesuai
asumsi di atas, maka di kolom A, mulai A6 dst)
Kira-kira bunyinya begini :
range("a5").currentregion.resize(,1).formula="=n( a4 ) + 1"
range("a5").value="No."
activesheet.calculate

Wassalam,
Kid.

2012/9/12 Longinus Along <longinus.along@yahoo.com>

> **
>
>
> Dear All Master,
>
> Terimaksih MR.Kid, untuk CB hapusnya sudah bisa, saya kombinasikan
> dengan code sebelumnya, sekarang, masalah saya muncul lagi, pada saat
> saya open file, maka file yang terpilih di buka datanya akan di copy ke
> workbook "TEST" ke Sheets "Partsdata" kemudian file yang tadi di open
> ditutup kembali,
> masalahnya adalah pada kolom No.,rumusnya hilang, maksud saya bagaimana
> supaya rumusnya
> ikut terkopy juga. Karena pada sumber data yang di copy pada kolom No.
> terdapat rumus =Row()-5
> Mohon pencerahan code nya agar rumus juga tercopy, contoh file terlampir,
> terimakasih banyak�
>
> Salam,
> Longinus
>
>
>

Wed Sep 12, 2012 6:18 am (PDT) . Posted by:

"Hilman" hilman_email

Atau pada option "Look in" Ganti dari "Formulas" menjadi "Values".
Secara default option "Look in" ini nilainya adalah "Formulas".

Jika Look in = Formulas, maka excel hanya akan mencari text yang kita masukkan pada formula dari cell-cell yang mengandung text yang kita cari tsb dalam sebuah sheet atau seluruh sheet.

Jika Look in = Values, maka excel hanya akan mencari text yang kita
masukkan pada value (nilai) dari cell-cell yang mengandung text yang kita cari tsb dalam sebuah sheet atau seluruh sheet.
Jika Look in = Comments, maka excel hanya akan mencari text yang kita
masukkan pada comment dari cell-cell yang mengandung text yang kita cari tsb dalam sebuah sheet atau seluruh sheet.

kira-kira seperti itu. Mudah-mudahan tidak salah mengerti. Maklum pelajaran Bahasa Indonesia, nilainya kurang bagus, hehe..

________________________________
From: "the_x_mikey@yahoo.com" <the_x_mikey@yahoo.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Tuesday, September 11, 2012 2:30 PM
Subject: Re: [belajar-excel] Solusi ketika fungsi Find & Searching tidak berfungsi di Excel?


 
Coba crk options pada tampilan ctrl f.
Apakah pilihan match case / match entire cell contents tercentang?

Match case berpengaruh pada jenis huruf (kapital / kecil)
Cth : mencari "Ab" tidak akan match dengan "ab"

Match case cell contents berpengaruh pada keseluruhan kata
Cth: mencari "ab" tidak akan match dengan "abc"

Semoga ini yang menjadi masalahnya
________________________________

From: "teti" <teti_zhe@yahoo.com>
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Tue, 11 Sep 2012 07:21:03 -0000
To: <belajar-excel@yahoogroups.com>
ReplyTo: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: [belajar-excel] Solusi ketika fungsi Find Searching tidak berfungsi di Excel?
 
Dear Master Excel,,

Saya kesulitan nih,, ketika memindahkan dan membuka sebuah file database yang dibuat di excel 2010 di komputer milik teman dengan excel 2007.
Ketika saya ingin 'find' atau 'search' sebuah data,, pasti muncul pesan 'not found' gituuu.. padahal kalo di cek manual satu-satu, data yang dimaksud pasti ada..

Kira-kira apa yang salah? kenapa koq fungsi find (ctrl+F) nya ga bisa menemukan data yang kita maksud?

Trimakasih sebelumnya.

GROUP FOOTER MESSAGE
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar