11 New Messages
Digest #2085
2b
Fw: [belajar-excel] Rumus untuk mengetahui kecepatan kendaraan by "hendrik karnadi" hendrikkarnadi
4a
Re: Fw: [belajar-excel] fungsi if sebagai pernyataan 2 kolom untuk 1 by "syam ero" syamero@ymail.com
Messages
Wed Feb 13, 2013 12:10 am (PST) . Posted by:
"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
Query menggunakan ' (petik 1) untuk menandakan data yang diinput adalah
bertipe string (char/varchar)
Query menggunakan # (pagar) untuk menandakan data yang diinput adalah
bertipe datetime
Biasakan penulisan data datetime adalah berformat YYYY-MM-DD karena format
ini tidak dipengaruhi oleh regional setting komputer.
Penulisan ' (petik satu) dalam suatu data string harus diketik 2 kali. Hal
ini berlaku untuk semua inputan tentang string.
Contoh :
Di Excel akan dipasang formula di B1, dengan syarat bahwa jika A1 kosong
tulis teks yang berbunyi :
semoga "sehat" selalu
=IF( len(a1)=0 , "semoga ""sehat"" selalu" , 0 )
Excel menggunakan karakter " untuk menandakan input berupa string
Hanya berbeda karakter yang digunakan saja.
Wassalam,
Kid.
On Wed, Feb 13, 2013 at 11:17 AM, Heru Safrudin superheruu@gmail.com >wrote:
> Dear Master,
>
> Masih seputar akses database dari worksheet excel
>
> sQuery = "Insert Into HADIR ( DOC, ID, Nama, Tanggal, Get_In, Get_Out
> ) select
> '147','1206-0372','Atho39;urrohman39;,'22/01/201339;,'07:30:0039;,'15:30:0039;"
>
> Query diatas muncul error sbb :
> Syntax error (missing operator) in query expression
> ''Atho39;urrohman39;,'22/01/201339;,'07:30:0039;,'15:30:0039;'.
>
> karena ada tanda quote di field Nama
> Bagaimana solusinya ?
>
> --
> Terima kasih
>
> وَالسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
> Heru Safrudin
>
>
> ------------------------------------
>
> ----------------------------------------------------------
> bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
> belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
>
> posting ke milis, kirimkan ke:
> belajar-excel@yahoogroups.com
>
> berkunjung ke web milis
> http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
>
> melihat file archive / mendownload lampiran
> http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
> atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
> http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
>
> menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
>
> keluar dari membership milis (UnSubscribe):
> kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
> ----------------------------------------------------------Yahoo!
> Groups Links
>
>
>
>
bertipe string (char/varchar)
Query menggunakan # (pagar) untuk menandakan data yang diinput adalah
bertipe datetime
Biasakan penulisan data datetime adalah berformat YYYY-MM-DD karena format
ini tidak dipengaruhi oleh regional setting komputer.
Penulisan ' (petik satu) dalam suatu data string harus diketik 2 kali. Hal
ini berlaku untuk semua inputan tentang string.
Contoh :
Di Excel akan dipasang formula di B1, dengan syarat bahwa jika A1 kosong
tulis teks yang berbunyi :
semoga "sehat" selalu
=IF( len(a1)=0 , "semoga ""
Excel menggunakan karakter " untuk menandakan input berupa string
Hanya berbeda karakter yang digunakan saja.
Wassalam,
Kid.
On Wed, Feb 13, 2013 at 11:17 AM, Heru Safrudin superheruu@gmail.
> Dear Master,
>
> Masih seputar akses database dari worksheet excel
>
> sQuery = "Insert Into HADIR ( DOC, ID, Nama, Tanggal, Get_In, Get_Out
> ) select
> '147'
>
> Query diatas muncul error sbb :
> Syntax error (missing operator) in query expression
> ''Atho
>
> karena ada tanda quote di field Nama
> Bagaimana solusinya ?
>
> --
> Terima kasih
>
> وَالسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
> Heru Safrudin
>
>
> ------------
>
> ------------
> bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
> belajar-excel-
>
> posting ke milis, kirimkan ke:
> belajar-excel@
>
> berkunjung ke web milis
> http://tech.
>
> melihat file archive / mendownload lampiran
> http://www.mail-
> atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
> http://milis-
>
> menghubungi moderators & owners: belajar-excel-
>
> keluar dari membership milis (UnSubscribe)
> kirim mail kosong ke belajar-excel-
> ------------
> Groups Links
>
>
>
>
Wed Feb 13, 2013 12:12 am (PST) . Posted by:
"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
Kalau step by step nya kira-kira begini Pak Supriyadi :
1. kllik A1 dan ketik 100 lalu ENTER (jangan tulis km ya)
2. klik B1 dan ketik 3 lalu ENTER (jangan tulis jam ya)
3. klik C1 dan ketik =A1/B1 lalu ENTER
4. klik D1 dan ketik Km/Jam
Wassalam,
Kid.
2013/2/13 Jan Raisin miss.jan.raisin@gmail.com >
> **
>
>
> Dear Supriyadi,
>
> Kecepatan suatu benda dihitung berdasarkan satuan jarak (Mil, Kilometer,
> Meter, dsb) dibagi dengan satuan waktu (Jam, Menit, Detik dsb)
> Asumsi cell A1 adalah jarak antara 2 titik (Km), dan cell B1 adalah waktu
> tempuh dari titik yang satu ke titik yang lain (Jam), maka kecepatan di
> cell C1 dihitung menggunakan formula berikut =A1/B1
> contoh :
> A1 = 100 Km
> B1 = 3 Jam
> C1 = A1/B1 dengan hasil 33,333 Km/Jam
>
> Best Regard,
>
> -Miss Jan Raisin-
>
> Pada 13 Februari 2013 14.55, Supriyadi supriyadi_sbm@yahoo.co.id >menulis:
>
> **
>>
>>
>> Dear All,
>> Bagaimana membuat rumus untuk mengetahui kecepatan kendaraan?
>> misal di cell A1 diisi jarak tempuh yang dilalui,
>> di Cell B1 diisi waktunya?
>> Cheers,
>> Supriyadi
>>
>>
>
>
1. kllik A1 dan ketik 100 lalu ENTER (jangan tulis km ya)
2. klik B1 dan ketik 3 lalu ENTER (jangan tulis jam ya)
3. klik C1 dan ketik =A1/B1 lalu ENTER
4. klik D1 dan ketik Km/Jam
Wassalam,
Kid.
2013/2/13 Jan Raisin miss.jan.raisin@
> **
>
>
> Dear Supriyadi,
>
> Kecepatan suatu benda dihitung berdasarkan satuan jarak (Mil, Kilometer,
> Meter, dsb) dibagi dengan satuan waktu (Jam, Menit, Detik dsb)
> Asumsi cell A1 adalah jarak antara 2 titik (Km), dan cell B1 adalah waktu
> tempuh dari titik yang satu ke titik yang lain (Jam), maka kecepatan di
> cell C1 dihitung menggunakan formula berikut =A1/B1
> contoh :
> A1 = 100 Km
> B1 = 3 Jam
> C1 = A1/B1 dengan hasil 33,333 Km/Jam
>
> Best Regard,
>
> -Miss Jan Raisin-
>
> Pada 13 Februari 2013 14.55, Supriyadi supriyadi_sbm@
>
> **
>>
>>
>> Dear All,
>> Bagaimana membuat rumus untuk mengetahui kecepatan kendaraan?
>> misal di cell A1 diisi jarak tempuh yang dilalui,
>> di Cell B1 diisi waktunya?
>> Cheers,
>> Supriyadi
>>
>>
>
>
Wed Feb 13, 2013 12:35 am (PST) . Posted by:
"hendrik karnadi" hendrikkarnadi
sedikit tambahan,
kalau mau ditambahkan "km", "jam" dan "km/jam" pada sel A1, B1 dan C1 bisa pakai format number Custom.
Salam,
Hendrik Karnadi
----- Forwarded Message -----
From: Mr. Kid mr.nmkid@gmail.com >
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Wednesday, 13 February 2013, 15:12
Subject: Re: [belajar-excel] Rumus untuk mengetahui kecepatan kendaraan
Kalau step by step nya kira-kira begini Pak Supriyadi :
1. kllik A1 dan ketik 100 lalu ENTER (jangan tulis km ya)
2. klik B1 dan ketik 3 lalu ENTER (jangan tulis jam ya)
3. klik C1 dan ketik =A1/B1 lalu ENTER
4. klik D1 dan ketik Km/Jam
Wassalam,
Kid.
2013/2/13 Jan Raisin miss.jan.raisin@gmail.com >
>
>Dear Supriyadi,
>
>
>Kecepatan suatu benda dihitung berdasarkan satuan jarak (Mil, Kilometer, Meter, dsb) dibagi dengan satuan waktu (Jam, Menit, Detik dsb)
>Asumsi cell A1 adalah jarak antara 2 titik (Km), dan cell B1 adalah waktu tempuh dari titik yang satu ke titik yang lain (Jam), maka kecepatan di cell C1 dihitung menggunakan formula berikut =A1/B1
>contoh :
>A1 = 100 Km
>B1 = 3 Jam
>C1 = A1/B1 dengan hasil 33,333 Km/Jam
>
>
>Best Regard,
>
>
>-Miss Jan Raisin-
>
>
>Pada 13 Februari 2013 14.55, Supriyadi supriyadi_sbm@yahoo.co.id > menulis:
>
>
>
>>
>>Dear All,
>>Bagaimana membuat rumus untuk mengetahui kecepatan kendaraan?
>>misal di cell A1 diisi jarak tempuh yang dilalui,
>>di Cell B1 diisi waktunya?
>>Cheers,
>>Supriyadi
>>
>>
>
kalau mau ditambahkan "km"
Salam,
Hendrik Karnadi
----- Forwarded Message -----
From: Mr. Kid mr.nmkid@gmail.
To: belajar-excel@
Sent: Wednesday, 13 February 2013, 15:12
Subject: Re: [belajar-excel] Rumus untuk mengetahui kecepatan kendaraan
Kalau step by step nya kira-kira begini Pak Supriyadi :
1. kllik A1 dan ketik 100 lalu ENTER (jangan tulis km ya)
2. klik B1 dan ketik 3 lalu ENTER (jangan tulis jam ya)
3. klik C1 dan ketik =A1/B1 lalu ENTER
4. klik D1 dan ketik Km/Jam
Wassalam,
Kid.
2013/2/13 Jan Raisin miss.jan.raisin@
>
>Dear Supriyadi,
>
>
>Kecepatan suatu benda dihitung berdasarkan satuan jarak (Mil, Kilometer, Meter, dsb) dibagi dengan satuan waktu (Jam, Menit, Detik dsb)
>Asumsi cell A1 adalah jarak antara 2 titik (Km), dan cell B1 adalah waktu tempuh dari titik yang satu ke titik yang lain (Jam), maka kecepatan di cell C1 dihitung menggunakan formula berikut =A1/B1
>contoh :
>A1 = 100 Km
>B1 = 3 Jam
>C1 = A1/B1 dengan hasil 33,333 Km/Jam
>
>
>Best Regard,
>
>
>-Miss Jan Raisin-
>
>
>Pada 13 Februari 2013 14.55, Supriyadi supriyadi_sbm@
>
>
>
>>
>>Dear All,
>>Bagaimana membuat rumus untuk mengetahui kecepatan kendaraan?
>>misal di cell A1 diisi jarak tempuh yang dilalui,
>>di Cell B1 diisi waktunya?
>>Cheers,
>>Supriyadi
>>
>>
>
Wed Feb 13, 2013 12:24 am (PST) . Posted by:
"syam ero" syamero@ymail.com
Dear miss jan
Terimakasih miss.jan atas pencerahannya, top pisan oe...
mantap benar hasilnya. thanks
Brgd,
syam
Pada 13 Februari 2013 14.25, Jan Raisin miss.jan.raisin@gmail.com > menulis:
> **
>
>
> Dear pak Syam,
>
> coba formula di cell c3
> =IF(B3="Nil";"";IF((LEN(B3)>0)*(LEN(D3)=0);"Tertunda";"Terkirim"))
>
> lalu kolom D di buat validasi data sehingga hanya dapat diisi dengan
> tanggal, file terlampir
>
> Best Regard,
>
> -Miss Jan Raisin-
>
> Pada 13 Februari 2013 08.43, syam ero syamero@gmail.com > menulis:
>
> **
>>
>>
>> Dear para master Excel
>>
>>
>>
>> Master mohon bantuannya dong ? berikanlah saya pencerahannya para
>> master
>>
>> dengan permasalahan fungsi *If * pada 3 kolom B; C & D ini bahwa kolom
>> B dan D
>>
>> ini akan merubah pernyataan kolom C. Permaslahan saya antara lain:
>>
>> 1. Kolom B jika ada text maka kolom C & D pun
>>
>> langsung menyatakan *Tertunda *& jika tertulis Nil
>>
>> maka kolom C menjadi *Blank .*
>>
>> 2. Jika kolom D diisi tanggal dd-mmm-yyy yang semula
>>
>> muncul pernyataan *Tertunda* maka menjadi *Terkirim.*
>>
>> Sebelum dan sesudahnya saya menghaturkan banyak terimakasih atas
>>
>> pencerahannya para master.
>>
>>
>> Salam,
>>
>> Syamero
>>
>>
>
>
Terimakasih miss.jan atas pencerahannya, top pisan oe...
mantap benar hasilnya. thanks
Brgd,
syam
Pada 13 Februari 2013 14.25, Jan Raisin miss.jan.raisin@
> **
>
>
> Dear pak Syam,
>
> coba formula di cell c3
> =IF(B3="
>
> lalu kolom D di buat validasi data sehingga hanya dapat diisi dengan
> tanggal, file terlampir
>
> Best Regard,
>
> -Miss Jan Raisin-
>
> Pada 13 Februari 2013 08.43, syam ero syamero@gmail.
>
> **
>>
>>
>> Dear para master Excel
>>
>>
>>
>> Master mohon bantuannya dong ? berikanlah saya pencerahannya para
>> master
>>
>> dengan permasalahan fungsi *If * pada 3 kolom B; C & D ini bahwa kolom
>> B dan D
>>
>> ini akan merubah pernyataan kolom C. Permaslahan saya antara lain:
>>
>> 1. Kolom B jika ada text maka kolom C & D pun
>>
>> langsung menyatakan *Tertunda *& jika tertulis Nil
>>
>> maka kolom C menjadi *Blank .*
>>
>> 2. Jika kolom D diisi tanggal dd-mmm-yyy yang semula
>>
>> muncul pernyataan *Tertunda* maka menjadi *Terkirim.*
>>
>> Sebelum dan sesudahnya saya menghaturkan banyak terimakasih atas
>>
>> pencerahannya para master.
>>
>>
>> Salam,
>>
>> Syamero
>>
>>
>
>
Wed Feb 13, 2013 12:28 am (PST) . Posted by:
"syam ero" syamero@ymail.com
Yth Pak Hendrik
Terimakasih yaa semua mantap atas pencerahan para master.
Emang kalau belajar sama masternya ga akan sia-sia.
sekali lagi terimakasih.
Hormat saya,
Syam
Pada 13 Februari 2013 14.46, hendrik karnadi hendrikkarnadi@yahoo.com >menulis:
> **
>
>
> Coba juga formula ini ci cell c3,
>
> =IF(OR(B3="NIL",B3=""),"",IF(AND(B3<>"",D3=""),"Tertunda",IF(AND(B3<>"",ISNUMBER(D3)),"Terkirim")))
>
> Salam,
> Hendrik Karnadi
>
> ----- Forwarded Message -----
> *From:* Jan Raisin miss.jan.raisin@gmail.com >
> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Sent:* Wednesday, 13 February 2013, 14:25
> *Subject:* Re: [belajar-excel] fungsi if sebagai pernyataan 2 kolom untuk
> 1kolom
>
>
> Dear pak Syam,
>
> coba formula di cell c3
> =IF(B3="Nil";"";IF((LEN(B3)>0)*(LEN(D3)=0);"Tertunda";"Terkirim"))
>
> lalu kolom D di buat validasi data sehingga hanya dapat diisi dengan
> tanggal, file terlampir
>
> Best Regard,
>
> -Miss Jan Raisin-
>
> Pada 13 Februari 2013 08.43, syam ero syamero@gmail.com > menulis:
>
> **
>
> Dear para master Excel
>
>
> Master mohon bantuannya dong ? berikanlah saya pencerahannya para
> master
> dengan permasalahan fungsi *If * pada 3 kolom B; C & D ini bahwa kolom
> B dan D
> ini akan merubah pernyataan kolom C. Permaslahan saya antara lain:
> 1. Kolom B jika ada text maka kolom C & D pun
> langsung menyatakan *Tertunda *& jika tertulis Nil
> maka kolom C menjadi *Blank .*
> 2. Jika kolom D diisi tanggal dd-mmm-yyy yang semula
> muncul pernyataan *Tertunda* maka menjadi *Terkirim.*
> Sebelum dan sesudahnya saya menghaturkan banyak terimakasih atas
> pencerahannya para master.
>
> Salam,
> Syamero
>
>
>
>
>
>
Terimakasih yaa semua mantap atas pencerahan para master.
Emang kalau belajar sama masternya ga akan sia-sia.
sekali lagi terimakasih.
Hormat saya,
Syam
Pada 13 Februari 2013 14.46, hendrik karnadi hendrikkarnadi@
> **
>
>
> Coba juga formula ini ci cell c3,
>
> =IF(OR(B3="
>
> Salam,
> Hendrik Karnadi
>
> ----- Forwarded Message -----
> *From:* Jan Raisin miss.jan.raisin@
> *To:* belajar-excel@
> *Sent:* Wednesday, 13 February 2013, 14:25
> *Subject:* Re: [belajar-excel] fungsi if sebagai pernyataan 2 kolom untuk
> 1kolom
>
>
> Dear pak Syam,
>
> coba formula di cell c3
> =IF(B3="
>
> lalu kolom D di buat validasi data sehingga hanya dapat diisi dengan
> tanggal, file terlampir
>
> Best Regard,
>
> -Miss Jan Raisin-
>
> Pada 13 Februari 2013 08.43, syam ero syamero@gmail.
>
> **
>
> Dear para master Excel
>
>
> Master mohon bantuannya dong ? berikanlah saya pencerahannya para
> master
> dengan permasalahan fungsi *If * pada 3 kolom B; C & D ini bahwa kolom
> B dan D
> ini akan merubah pernyataan kolom C. Permaslahan saya antara lain:
> 1. Kolom B jika ada text maka kolom C & D pun
> langsung menyatakan *Tertunda *& jika tertulis Nil
> maka kolom C menjadi *Blank .*
> 2. Jika kolom D diisi tanggal dd-mmm-yyy yang semula
> muncul pernyataan *Tertunda* maka menjadi *Terkirim.*
> Sebelum dan sesudahnya saya menghaturkan banyak terimakasih atas
> pencerahannya para master.
>
> Salam,
> Syamero
>
>
>
>
>
>
Wed Feb 13, 2013 1:09 am (PST) . Posted by:
"indria pie" mas_pie3
yth.
be exceller semua, mohon bantuannya cara yang simpel untuk data yang saya sertakan.
be exceller semua, mohon bantuannya cara yang simpel untuk data yang saya sertakan.
Wed Feb 13, 2013 1:54 am (PST) . Posted by:
"Saifudin Mnp" saifmnp@ymail.com
Dear Indria,
Menurut saya cukup simpel, semoga sesuai dan berkenan
________________________________
Dari: indria pie mas_pie3@yahoo.co.id >
Kepada: "belajar-excel@yahoogroups.com " belajar-excel@yahoogroups.com >
Dikirim: Rabu, 13 Februari 2013 16:09
Judul: [belajar-excel] membuat slip
yth.
be exceller semua, mohon bantuannya cara yang simpel untuk data yang saya sertakan.
Menurut saya cukup simpel, semoga sesuai dan berkenan
____________
Dari: indria pie mas_pie3@yahoo.
Kepada: "belajar-excel@
Dikirim: Rabu, 13 Februari 2013 16:09
Judul: [belajar-excel] membuat slip
yth.
be exceller semua, mohon bantuannya cara yang simpel untuk data yang saya sertakan.
Wed Feb 13, 2013 1:38 am (PST) . Posted by:
"Aisyah Zahrah" aisyah_zahrah@ymail.com
Assalamu`alaikum Wr.Wb..
Dear Para Master..
minta bantuanny
Dear Para Master..
minta bantuanny
Wed Feb 13, 2013 4:55 am (PST) . Posted by:
"Jan Raisin"
Wa'alaikumsalam wr. wb.
sebaiknya masalah dituliskan dalam body email agar member yang tidak bisa
download lampiran tetap bisa mengetahui maksud dari pertanyaan.
1. menurut pendapat Jan, seharusnya database disatukan dalam 1 sheet (tidak
dipisah dalam beberapa sheet) agar memudahkan saat akan mengolah lebih
lanjut.
2. kenapa di sheet rekap B dan rekap C tidak ada kolom untuk nomor DHP ya?
untuk sementara Jan sisipkan dahulu agar seragam
3. untuk Qty, Standar upah dan yang lainnya diisi lewat mana ya? di sheet
Form tidak ada range inputnya
Satu lagi, Jan pakai excel 2010 dan sampai saat ini tidak menemukan
datetime pickernya, katanya sih ditiadakan (gak tau bener apa salah), jadi
kalo mau isi tanggal masih harus ketik manual, mungkin ada member lain yang
bisa melengkapi dan memperbaiki.
berikut scipt vba-nya
=================================================================
' ditulis di workbook dengan event Open
Option Explicit
Private Sub Workbook_Open()
Dim sht As Worksheet
Sheets("menu").Visible = xlSheetVisible
For Each sht In Worksheets
If sht.Name <> "MENU" Then
sht.Visible = xlSheetVeryHidden
End If
Next sht
End Sub
________________________________________________
==========================================================
' ditulis dalam sebuah modul untuk proses input data
Option Explicit
Sub InputData()
Dim lRow As Long
Application.ScreenUpdating = False
Sheets("rekap " & Range("d8").Value).Select
lRow = Cells(Rows.Count, 1).End(xlUp).Row + 1
With Sheet1
If Application.WorksheetFunction.IsText(Cells(lRow - 1, 1)) Then
Cells(lRow, 1).Value = 1
Else
Cells(lRow, 1).Value = Cells(lRow - 1, 1).Value + 1
End If
.Range("d4:d11").Copy
Cells(lRow, 2).PasteSpecial Paste:=xlPasteValues, Transpose:=True
.Range("d12").Copy
Cells(lRow, 11).PasteSpecial Paste:=xlPasteValues
.Range("d13").Copy
Cells(lRow, 16).PasteSpecial Paste:=xlPasteValues
Application.CutCopyMode = False
End With
Sheet1.Select
Application.ScreenUpdating = True
End Sub
_________________________________________________
===========================================================
' ditulis di sebuah modul untuk perpindahan antar menu
Option Explicit
Sub MenuToInput()
Sheets("FORM").Visible = xlSheetVisible
Sheets("FORM").Select
Sheets("MENU").Visible = xlSheetVeryHidden
End Sub
Sub MenuToA()
Sheets("rekap A").Visible = xlSheetVisible
Sheets("rekap A").Select
Sheets("MENU").Visible = xlSheetVeryHidden
End Sub
Sub MenuToB()
Sheets("rekap B").Visible = xlSheetVisible
Sheets("rekap B").Select
Sheets("MENU").Visible = xlSheetVeryHidden
End Sub
Sub MenuToC()
Sheets("rekap C").Visible = xlSheetVisible
Sheets("rekap C").Select
Sheets("MENU").Visible = xlSheetVeryHidden
End Sub
Sub InputToMenu()
Sheets("MENU").Visible = xlSheetVisible
Sheets("MENU").Select
Sheets("FORM").Visible = xlSheetVeryHidden
End Sub
Sub AToMenu()
Sheets("MENU").Visible = xlSheetVisible
Sheets("MENU").Select
Sheets("rekap A").Visible = xlSheetVeryHidden
End Sub
Sub BToMenu()
Sheets("MENU").Visible = xlSheetVisible
Sheets("MENU").Select
Sheets("rekap B").Visible = xlSheetVeryHidden
End Sub
Sub CToMenu()
Sheets("MENU").Visible = xlSheetVisible
Sheets("MENU").Select
Sheets("rekap C").Visible = xlSheetVeryHidden
End Sub
______________________________________________
file terlampir
wassalamu'alaikum wr. wb.,
-Miss Jan Raisin-
Pada 13 Februari 2013 16.34, Aisyah Zahrah aisyah_zahrah@ymail.com >menulis:
> **
>
>
> Assalamu`alaikum Wr.Wb..
>
> Dear Para Master..
> minta bantuanny
>
>
sebaiknya masalah dituliskan dalam body email agar member yang tidak bisa
download lampiran tetap bisa mengetahui maksud dari pertanyaan.
1. menurut pendapat Jan, seharusnya database disatukan dalam 1 sheet (tidak
dipisah dalam beberapa sheet) agar memudahkan saat akan mengolah lebih
lanjut.
2. kenapa di sheet rekap B dan rekap C tidak ada kolom untuk nomor DHP ya?
untuk sementara Jan sisipkan dahulu agar seragam
3. untuk Qty, Standar upah dan yang lainnya diisi lewat mana ya? di sheet
Form tidak ada range inputnya
Satu lagi, Jan pakai excel 2010 dan sampai saat ini tidak menemukan
datetime pickernya, katanya sih ditiadakan (gak tau bener apa salah), jadi
kalo mau isi tanggal masih harus ketik manual, mungkin ada member lain yang
bisa melengkapi dan memperbaiki.
berikut scipt vba-nya
============
' ditulis di workbook dengan event Open
Option Explicit
Private Sub Workbook_Open(
Dim sht As Worksheet
Sheets("
For Each sht In Worksheets
If sht.Name <> "MENU" Then
sht.Visible = xlSheetVeryHidden
End If
Next sht
End Sub
____________
============
' ditulis dalam sebuah modul untuk proses input data
Option Explicit
Sub InputData()
Dim lRow As Long
Application.
Sheets("
lRow = Cells(Rows.Count, 1).End(xlUp)
With Sheet1
If Application.
Cells(lRow, 1).Value = 1
Else
Cells(lRow, 1).Value = Cells(lRow - 1, 1).Value + 1
End If
.Range("
Cells(lRow, 2).PasteSpecial Paste:=xlPasteValue
.Range("
Cells(lRow, 11).PasteSpecial Paste:=xlPasteValue
.Range("
Cells(lRow, 16).PasteSpecial Paste:=xlPasteValue
Application.
End With
Sheet1.Select
Application.
End Sub
____________
============
' ditulis di sebuah modul untuk perpindahan antar menu
Option Explicit
Sub MenuToInput(
Sheets("
Sheets("
Sheets("
End Sub
Sub MenuToA()
Sheets("
Sheets("
Sheets("
End Sub
Sub MenuToB()
Sheets("
Sheets("
Sheets("
End Sub
Sub MenuToC()
Sheets("
Sheets("
Sheets("
End Sub
Sub InputToMenu(
Sheets("
Sheets("
Sheets("
End Sub
Sub AToMenu()
Sheets("
Sheets("
Sheets("
End Sub
Sub BToMenu()
Sheets("
Sheets("
Sheets("
End Sub
Sub CToMenu()
Sheets("
Sheets("
Sheets("
End Sub
____________
file terlampir
wassalamu'
-Miss Jan Raisin-
Pada 13 Februari 2013 16.34, Aisyah Zahrah aisyah_zahrah@
> **
>
>
> Assalamu`alaikum Wr.Wb..
>
> Dear Para Master..
> minta bantuanny
>
>
Wed Feb 13, 2013 6:26 am (PST) . Posted by:
"him mah"
cuma nambahkan. kalau querynya terlalu kompleks biasanya tidak bisa di
impor oleh exel
Pada tanggal 13/02/13, Mr. Kid mr.nmkid@gmail.com > menulis:
> Hai Tio,
>
> Jika di MS Access sudah dibuat object query, biasanya akan langsung
> terdaftar sebagai dataset yang bisa diambil. Data set yang bisa diambil
> adalah yang berupa object table atau object query yang ada dalam MS Access.
> Jika ingin menyusun query sendiri, maka pada saat pilih table, pilih table
> yang akan menjadi sumber data utama query yang akan disusun (bagian FROM
> dari query suka-suka). Setelah itu Next sampai muncul pilihan Retiurn data
> tu Excel atau kalau tidak, sampai muncul pilihan akan ditampilkan sebagai
> Table atau Pivot dsb, lalu pilih properties dan menuju tab Definition.
> Urusan ini bisa juga Anda lakukan dengan lihat di properties connection
> yang terbentuk suatu saat nanti kalau ingin ganti query.
> Disana akan ada opsi untuk Command Type dipilih SQL (ganti dari table
> menjadi SQL), kemudian tulis query suka-suka di bagian Command Text.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
> 2013/2/13 tio.adjie@ptssb.co.id >
>
>> **
>>
>>
>>
>> Dear Be-Exceller,
>>
>> Saya mau tanya, bagaimana import data dari Query dari file Ms. Access ?
>> Setelah saya coba, yang ada hanya tarik data dari Table nya saja tidak
>> bisa
>> dari Query, Bisakah tarik data dari Query ?
>>
>>
>> Terima kasih,
>> Wassalam,
>> Tio
>>
>>
>
impor oleh exel
Pada tanggal 13/02/13, Mr. Kid mr.nmkid@gmail.
> Hai Tio,
>
> Jika di MS Access sudah dibuat object query, biasanya akan langsung
> terdaftar sebagai dataset yang bisa diambil. Data set yang bisa diambil
> adalah yang berupa object table atau object query yang ada dalam MS Access.
> Jika ingin menyusun query sendiri, maka pada saat pilih table, pilih table
> yang akan menjadi sumber data utama query yang akan disusun (bagian FROM
> dari query suka-suka). Setelah itu Next sampai muncul pilihan Retiurn data
> tu Excel atau kalau tidak, sampai muncul pilihan akan ditampilkan sebagai
> Table atau Pivot dsb, lalu pilih properties dan menuju tab Definition.
> Urusan ini bisa juga Anda lakukan dengan lihat di properties connection
> yang terbentuk suatu saat nanti kalau ingin ganti query.
> Disana akan ada opsi untuk Command Type dipilih SQL (ganti dari table
> menjadi SQL), kemudian tulis query suka-suka di bagian Command Text.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
> 2013/2/13 tio.adjie@ptssb.
>
>> **
>>
>>
>>
>> Dear Be-Exceller,
>>
>> Saya mau tanya, bagaimana import data dari Query dari file Ms. Access ?
>> Setelah saya coba, yang ada hanya tarik data dari Table nya saja tidak
>> bisa
>> dari Query, Bisakah tarik data dari Query ?
>>
>>
>> Terima kasih,
>> Wassalam,
>> Tio
>>
>>
>
Wed Feb 13, 2013 11:01 am (PST) . Posted by:
"mardi" hekerkampoeng
Dear All master Excel ,
Kemaren saya baru beli office home and student, yang ingin saya tanyakan : Adakah perbedaan antara Excelnya punya Ms. office Professional dan punya'e Ms. office Home and student yang notabenenya for non commercial use ? Kemarin juga meregistrasi mscomct2.ocx agar tersedia dtpicker, apakah tindakan seperti ini berpengaruh terhadap hilangnya additional control ? Sejauh ini masih aman, tapi versi sebelumnya additional control VBAnya ilang adapun penyebab pastinya belum tau, jadi hanya bisa pakai defaultnya saja (yang sudah ada di toolbox)
Terima kasih sebelumnya,
mardi
Kemaren saya baru beli office home and student, yang ingin saya tanyakan : Adakah perbedaan antara Excelnya punya Ms. office Professional dan punya'e Ms. office Home and student yang notabenenya for non commercial use ? Kemarin juga meregistrasi mscomct2.ocx agar tersedia dtpicker, apakah tindakan seperti ini berpengaruh terhadap hilangnya additional control ? Sejauh ini masih aman, tapi versi sebelumnya additional control VBAnya ilang adapun penyebab pastinya belum tau, jadi hanya bisa pakai defaultnya saja (yang sudah ada di toolbox)
Terima kasih sebelumnya,
mardi
GROUP FOOTER MESSAGE
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
Tidak ada komentar:
Posting Komentar