15 New Messages
Digest #2103
1b
Re: Menghitung Jumlah data dengan awalah dan akhiran yang berbeda da by "Alifta Diah Ayu Retnani" lifta_quw
1c
Re: Menghitung Jumlah data dengan awalah dan akhiran yang berbeda da by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
Messages
Wed Feb 20, 2013 1:10 am (PST) . Posted by:
"Jan Raisin"
Sebuah sample workbook akan memudahkan BeExceler yang ingin membantu dengan
solusi
Wassalam,
-Miss Jan Raisin-
Pada 20 Februari 2013 15.45, lifta lifta_quw@yahoo.com > menulis:
> **
>
>
> Dear Admin,
>
> Saya mau tanya gimana caranya untuk menghitung jumlah data dalam setiap
> baris yang mempunyai awalan dan akhiran yang berbeda dalam setiap barisnya.
> Saya ingin menghitung jumlah baris yang kosong dan yang terisi. Awalnya
> saya membuat filter, dan mengitung satu persatu setiap baris menggunakan
> fungsi count dan countblank. karena datanya terlalu banyak saya berpikir
> apakah ada cara yang lebih cepat? mohon bantuannya
>
> Teimkasih ^^
>
>
>
solusi
Wassalam,
-Miss Jan Raisin-
Pada 20 Februari 2013 15.45, lifta lifta_quw@yahoo.
> **
>
>
> Dear Admin,
>
> Saya mau tanya gimana caranya untuk menghitung jumlah data dalam setiap
> baris yang mempunyai awalan dan akhiran yang berbeda dalam setiap barisnya.
> Saya ingin menghitung jumlah baris yang kosong dan yang terisi. Awalnya
> saya membuat filter, dan mengitung satu persatu setiap baris menggunakan
> fungsi count dan countblank. karena datanya terlalu banyak saya berpikir
> apakah ada cara yang lebih cepat? mohon bantuannya
>
> Teimkasih ^^
>
>
>
Wed Feb 20, 2013 1:53 am (PST) . Posted by:
"Alifta Diah Ayu Retnani" lifta_quw
Berikut saya lampirkan contoh kasus yang saya hadapi. Sample nya hanya saya lampirkan 47 baris dalam kasus sebenernya ribuan. Range Count dan countblank berbeda-beda.
Terimakasih, mohon bantuaanya.
Terimakasih, mohon bantuaanya.
Wed Feb 20, 2013 1:54 am (PST) . Posted by:
"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
Bisa dilihat di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/Menghitung-Jumlah-data-dengan-awalah-dan-akhiran-yang-berbeda-dalam-setiap-baris-td5715447.html
Tentang CTRL SHIFT ENTER (untuk membuat array formula), coba jalan-jalan ke
sinihttp://excel-mr-kid.blogspot.com/2011/03/array-formula-kenalan-yuuuk.html >
.
Wassalam,
Kid.
2013/2/20 Alifta Diah Ayu Retnani lifta_quw@yahoo.com >
> **
>
>
> Berikut saya lampirkan contoh kasus yang saya hadapi. Sample nya hanya
> saya lampirkan 47 baris dalam kasus sebenernya ribuan. Range Count dan
> countblank berbeda-beda.
>
> Terimakasih, mohon bantuaanya.
>
>
>
http://milis-
Tentang CTRL SHIFT ENTER (untuk membuat array formula), coba jalan-jalan ke
sinihttp://excel-
.
Wassalam,
Kid.
2013/2/20 Alifta Diah Ayu Retnani lifta_quw@yahoo.
> **
>
>
> Berikut saya lampirkan contoh kasus yang saya hadapi. Sample nya hanya
> saya lampirkan 47 baris dalam kasus sebenernya ribuan. Range Count dan
> countblank berbeda-beda.
>
> Terimakasih, mohon bantuaanya.
>
>
>
Wed Feb 20, 2013 1:22 am (PST) . Posted by:
"hendrik karnadi" hendrikkarnadi
Maaf Pak, bukunya ga ada lagi.
Silakan download gratis di https://www.dropbox.com/l/rdkGEObplsyPEUgO
Salam,
Hendrik Karnadi
________________________________
From: KRasti Pizza krasti.house@yahoo.co.id >
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Wednesday, 20 February 2013, 14:42
Subject: RE: [belajar-excel] Buku Program Laporan Keuangan Terpadu
Masih ada gak paket buku sama CD nya.. mau doong..
Thx. Tiyo-bekasi
From:belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com ] On Behalf Of hendrik karnadi
Sent: Wednesday, February 20, 2013 2:35 PM
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: [belajar-excel] Buku Program Laporan Keuangan Terpadu
Rekan2 Be-Excel,
Terlampir adalah sinopsis dari buku tsb di atas yang pernah saya share.
Salam,
Hendrik Karnadi
Silakan download gratis di https://www.
Salam,
Hendrik Karnadi
____________
From: KRasti Pizza krasti.house@
To: belajar-excel@
Sent: Wednesday, 20 February 2013, 14:42
Subject: RE: [belajar-excel] Buku Program Laporan Keuangan Terpadu
Masih ada gak paket buku sama CD nya.. mau doong..
Thx. Tiyo-bekasi
From:belajar-excel@
Sent: Wednesday, February 20, 2013 2:35 PM
To: belajar-excel@
Subject: [belajar-excel] Buku Program Laporan Keuangan Terpadu
Rekan2 Be-Excel,
Terlampir adalah sinopsis dari buku tsb di atas yang pernah saya share.
Salam,
Hendrik Karnadi
Wed Feb 20, 2013 1:25 am (PST) . Posted by:
"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
Coba pelajari tentang cara menyusun layout userform (search) untuk lebih
detilnya.
1. Untuk mengganti font
>> melalui masa design
- klik object yang akan diganti font-nya (misal userform atau textbox, atau
command button dsb)
- lihat di window properties (tekan F4 berulang kali agar tampak windows
properties nya)
- cari properti bernama Font di window properties dan klik properti tersebut
- tekan tombol browse (...) untuk menampilkan window pengaturan font (nama,
ukuran, dsb)
- atur dan tekan OK
>> melalui script :
nama_object.font.size = ukuran
contoh akan ganti font command button bernama cmdSave agar berukuran 25
- klik kanan user form pilih view Code
- buat event userform initialize (combobox kiri di atas lembar script pilih
userform, combobox kanan di atas lenbar script pilih Initialize)
- isi dengan :
cmdSave.font.size=25
- tampilkan userform ( klik userform dan tekan F5)
2. gambar
>> coba pelajari tentang control bernama Image
>> misal control image diberi nama imgPT
>> isi gambar ke imgPT melalui design mode :
- klik imgPT dan lihat di window properties
- cari properti bernama Picture dan klik
- tekan tombol browse (...) dan pilih file gambar lalu tekan tombol Open
>> isi gambar ke imgPT dengan script :
- buat event userform initialize
- isi dengan :
imgPT.picture = LoadPicture(
"drive:\folder92;subfolder92;nama_file_gambar.ext" ) 'ganti dengan
fullfilename seperti G:\myPic92;PicOK92;PicNum01.jpg
- tampilkan userform
Wassalam,
Kid.
2013/2/20 agung aldhino d_nozz@yahoo.co.id >
> **
>
>
> hai Mr Kid,
> Untuk UserForm untuk merubah ukuran font dan besar/kecil font bagaimana
> bunyi VB nya?
> apakah di UserForm bisa kita sisipkan gambar/picture kode VB nya apa Mr
> Kid.
> thanks sebelumnya.
>
> D-Nozz
>
> *Dari:* Mr. Kid mr.nmkid@gmail.com >
> *Kepada:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Dikirim:* Selasa, 19 Februari 2013 19:38
> *Judul:* Re: [belajar-excel] Memodif text di message box selain userform
> **
>
> Hai Tio,
>
> MsgBox adalah milik Windows (OS).
> Jika akan mengubahnya, bisa dengan SubClassing MsgBox. Intinya, msgbox
> punya window dijadikan sebuah kelas baru yang diatur sendiri wujudnya.
> Repot, ribet, dan beresiko reboot.
>
> Lebih mudah, membuat userform baru, diberi tombol sana sini, diatur
> sendiri, dsb, yang dijadikan sebagai userform untuk menampilkan pesan
> seperti msgbox.
> Setiap kali butuh msgbox custom, aktifkan userform tersebut.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
> 2013/2/19 tio.adjie@ptssb.co.id >**
>
> **
>
>
> Dear Be-Exceller,
>
> Saya mau tanya, bisakah Excel memodif character font di message box ?
> seperti huruf font tebal, size font besar, dll ?
>
> Terima kasih,
> Wassalam,
> Tio
> _
>
> **
> ****
>
>
>
detilnya.
1. Untuk mengganti font
>> melalui masa design
- klik object yang akan diganti font-nya (misal userform atau textbox, atau
command button dsb)
- lihat di window properties (tekan F4 berulang kali agar tampak windows
properties nya)
- cari properti bernama Font di window properties dan klik properti tersebut
- tekan tombol browse (...) untuk menampilkan window pengaturan font (nama,
ukuran, dsb)
- atur dan tekan OK
>> melalui script :
nama_object.
contoh akan ganti font command button bernama cmdSave agar berukuran 25
- klik kanan user form pilih view Code
- buat event userform initialize (combobox kiri di atas lembar script pilih
userform, combobox kanan di atas lenbar script pilih Initialize)
- isi dengan :
cmdSave.font.
- tampilkan userform ( klik userform dan tekan F5)
2. gambar
>> coba pelajari tentang control bernama Image
>> misal control image diberi nama imgPT
>> isi gambar ke imgPT melalui design mode :
- klik imgPT dan lihat di window properties
- cari properti bernama Picture dan klik
- tekan tombol browse (...) dan pilih file gambar lalu tekan tombol Open
>> isi gambar ke imgPT dengan script :
- buat event userform initialize
- isi dengan :
imgPT.picture = LoadPicture(
"drive:
fullfilename seperti G:\myPic
- tampilkan userform
Wassalam,
Kid.
2013/2/20 agung aldhino d_nozz@yahoo.
> **
>
>
> hai Mr Kid,
> Untuk UserForm untuk merubah ukuran font dan besar/kecil font bagaimana
> bunyi VB nya?
> apakah di UserForm bisa kita sisipkan gambar/picture kode VB nya apa Mr
> Kid.
> thanks sebelumnya.
>
> D-Nozz
>
> *Dari:* Mr. Kid mr.nmkid@gmail.
> *Kepada:* belajar-excel@
> *Dikirim:* Selasa, 19 Februari 2013 19:38
> *Judul:* Re: [belajar-excel] Memodif text di message box selain userform
> **
>
> Hai Tio,
>
> MsgBox adalah milik Windows (OS).
> Jika akan mengubahnya, bisa dengan SubClassing MsgBox. Intinya, msgbox
> punya window dijadikan sebuah kelas baru yang diatur sendiri wujudnya.
> Repot, ribet, dan beresiko reboot.
>
> Lebih mudah, membuat userform baru, diberi tombol sana sini, diatur
> sendiri, dsb, yang dijadikan sebagai userform untuk menampilkan pesan
> seperti msgbox.
> Setiap kali butuh msgbox custom, aktifkan userform tersebut.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
> 2013/2/19 tio.adjie@ptssb.
>
> **
>
>
> Dear Be-Exceller,
>
> Saya mau tanya, bisakah Excel memodif character font di message box ?
> seperti huruf font tebal, size font besar, dll ?
>
> Terima kasih,
> Wassalam,
> Tio
> _
>
> **
> ****
>
>
>
Wed Feb 20, 2013 1:48 am (PST) . Posted by:
"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
Hai Tio,
1. Resize dan Offset dalam VB digunakan seperti fungsi Offset dalam
worksheet.
>> Offset untuk lompat menuju range tertentu dari suatu range awal berdasar
jumlah baris dan kolom lompatnya
range("a1").offset(2,3) akan menghasilkan range D3 (dari A1 lompat 2
baris ke bawah dan 3 kolom kekanan)
>> Resize untuk membuat suatu area range berdasar jumlah baris dan jumlah
kolom area tersebut
range("a1").resize(3,5) akan menghasilkan area range A1:E3
(lihat file terlampir)
2. Option Explicit
>> Adalah option untuk menyatakan bahwa seluruh variabel harus
dideklarasikan lebih dulu agar bisa dipakai
>> Jika ada Option Explicit kemudian ada penggunaan variabel yang belum
dideklarasikan lebih dulu, maka akan muncul error
>> Berhubung deklarasi variabel sangat dianjurkan, maka sebaiknya option
explicit menjadi suatu kebiasaan.
>> Jika tidak ada option explicit dan variabel yang digunakan yang belum
dideklarasikan dengan jelas, akan dideklarasikan oleh komputer dan jadi
memiliki tipe data Variant. Tipe data ini cenderung lebih lambat diproses.
Jadi harusnya tipe data variant digunakan untuk kondisi yang menuntut
kehadiran tipe data variant saja.
Misal jika nilai yang disimpan dalam variabel harus mampu menyimpan data
bertipe numerik dan string bergantian atau loop terhadap array, maka
deklarasi variabel dengan tipe data variant dibutuhkan.
Oh iya,
karena belum ada yang mengusulkan proses tulis data berulang tadi dengan 1
baris script, sekalian saja :
Range("b1").Resize(1, 12) =
Split(Mid$(Evaluate("=Rept("",NON,PROD,STD"", 4)"), 2), ",")
Private Sub CommandButton5_Click()
range("x80").resize(1,2) = _
split( mid$( *evaluate("*=rept("",Non Prod Hrs,Prod Hrs,Std Hrs"",4)*"*
*)* ,2) ,",")
end sub
Wassalam,
Kid.
2013/2/20 tio.adjie@ptssb.co.id >
> **
>
>
>
> Terima kasih Mr. Kid atas jawabannya. Semoga Allah membalas kebaikan Mr.
> Kid dengan pahala yang jauh lebih baik. Amiin.,.
>
> Sungguh briliant otak Mr. Kid. Hm..hm..enaknya jadi orang pintar..he..he..
>
> Ada sesuatu yang menggelitik yang ingin saya tanyakan.
>
> 1. Bisa tolong kasih penjelasan singkat tentang Resize dan contohnya ?
>
> 2. Apakah semua module harus di kasih Option Explicit, dan apa gunanya ?
> Karena selama ini semua module saya tidak di kasih Option Explicit, tapi
> jalan.
>
> Terima kasih Mr.Kid.
> Wassalam,
> Tio
>
>
>
> *"Mr. Kid" mr.nmkid@gmail.com >*
> Sent by: belajar-excel@yahoogroups.com
>
> 02/20/2013 11:36 AM
> Please respond to belajar-excel
>
> To: belajar-excel@yahoogroups.com
> cc:
> Subject: Re: [belajar-excel] Menginput cells di setiap
> kelipatan 3 sebanyak 4 kali
>
>
>
>
> Bagaimana jika mencoba memanfaatkan klausa STEP pada statement FOR..NEXT
> Private Sub CommandButton5_Click()
> Dim repeatku As Integer
> For repeatku = 1 To 12 step 3
> Range("W80").Select
> ActiveCell.Offset(0, repeatku) = "Non Prod Hrs"
> ActiveCell.Offset(0, repeatku + 1) = "Prod Hrs"
> ActiveCell.Offset(0, repeatku + 2) = "Std Hrs"
> 'repeatku = repeatku + 2
> Next repeatku
> End Sub
>
> Bisa juga mencoba tanpa loop :
> Private Sub CommandButton5_Click()
> range("w80").offset(0,1).resize(1,3).value = Array( "Non Prod Hrs" ,
> "Prod Hrs" , "Std Hrs" )
> range("w80").offset(0,1).resize(1,3).copy
> range("w80").offset(0,1).resize(1,12)
> end sub
>
> Jika akan menggunakan with (agar lebih simple)
> Private Sub CommandButton5_Click()
> with range("w80").offset(0,1).resize(1,3)
> .value = Array( "Non Prod Hrs" , "Prod Hrs" , "Std Hrs" )
> .copy .resize(1,12)
> end with
> end sub
>
> Jika langsung menggunakan alamat cell pertama penulisan item :
> Private Sub CommandButton5_Click()
> with range("x80").resize(1,3)
> .value = Array( "Non Prod Hrs" , "Prod Hrs" , "Std Hrs" )
> .copy .resize(1,12)
> end with
> end sub
>
> Wassalam,
> Kid.
>
> 2013/2/20 *tio.adjie@ptssb.co.id * tio.adjie@ptssb.co.id >>
>
>
>
> Pak Hendrik. terima kasih jawabannya. Tapi saya sudah dapatkan jawabannya.
> :
>
> Private Sub CommandButton5_Click()
> Dim repeatku As Integer
> For repeatku = 1 To 12
> Range("W80").Select
> ActiveCell.Offset(0, repeatku) = "Non Prod Hrs"
> ActiveCell.Offset(0, repeatku + 1) = "Prod Hrs"
> ActiveCell.Offset(0, repeatku + 2) = "Std Hrs"
> repeatku = repeatku + 2
> Next repeatku
> End Sub
>
>
> Problem solved.
>
> Wassalam
> Tio
>
>
1. Resize dan Offset dalam VB digunakan seperti fungsi Offset dalam
worksheet.
>> Offset untuk lompat menuju range tertentu dari suatu range awal berdasar
jumlah baris dan kolom lompatnya
range("
baris ke bawah dan 3 kolom kekanan)
>> Resize untuk membuat suatu area range berdasar jumlah baris dan jumlah
kolom area tersebut
range("
(lihat file terlampir)
2. Option Explicit
>> Adalah option untuk menyatakan bahwa seluruh variabel harus
dideklarasikan lebih dulu agar bisa dipakai
>> Jika ada Option Explicit kemudian ada penggunaan variabel yang belum
dideklarasikan lebih dulu, maka akan muncul error
>> Berhubung deklarasi variabel sangat dianjurkan, maka sebaiknya option
explicit menjadi suatu kebiasaan.
>> Jika tidak ada option explicit dan variabel yang digunakan yang belum
dideklarasikan dengan jelas, akan dideklarasikan oleh komputer dan jadi
memiliki tipe data Variant. Tipe data ini cenderung lebih lambat diproses.
Jadi harusnya tipe data variant digunakan untuk kondisi yang menuntut
kehadiran tipe data variant saja.
Misal jika nilai yang disimpan dalam variabel harus mampu menyimpan data
bertipe numerik dan string bergantian atau loop terhadap array, maka
deklarasi variabel dengan tipe data variant dibutuhkan.
Oh iya,
karena belum ada yang mengusulkan proses tulis data berulang tadi dengan 1
baris script, sekalian saja :
Range("
Split(Mid$(Evaluate
Private Sub CommandButton5_
range("
split( mid$( *evaluate("
*)* ,2) ,","
end sub
Wassalam,
Kid.
2013/2/20 tio.adjie@ptssb.
> **
>
>
>
> Terima kasih Mr. Kid atas jawabannya. Semoga Allah membalas kebaikan Mr.
> Kid dengan pahala yang jauh lebih baik. Amiin.,.
>
> Sungguh briliant otak Mr. Kid. Hm..hm..enaknya jadi orang pintar..he..
>
> Ada sesuatu yang menggelitik yang ingin saya tanyakan.
>
> 1. Bisa tolong kasih penjelasan singkat tentang Resize dan contohnya ?
>
> 2. Apakah semua module harus di kasih Option Explicit, dan apa gunanya ?
> Karena selama ini semua module saya tidak di kasih Option Explicit, tapi
> jalan.
>
> Terima kasih Mr.Kid.
> Wassalam,
> Tio
>
>
>
> *"Mr. Kid" mr.nmkid@gmail.
> Sent by: belajar-excel@
>
> 02/20/2013 11:36 AM
> Please respond to belajar-excel
>
> To: belajar-excel@
> cc:
> Subject: Re: [belajar-excel] Menginput cells di setiap
> kelipatan 3 sebanyak 4 kali
>
>
>
>
> Bagaimana jika mencoba memanfaatkan klausa STEP pada statement FOR..NEXT
> Private Sub CommandButton5_
> Dim repeatku As Integer
> For repeatku = 1 To 12 step 3
> Range("
> ActiveCell.Offset(
> ActiveCell.Offset(
> ActiveCell.Offset(
> 'repeatku = repeatku + 2
> Next repeatku
> End Sub
>
> Bisa juga mencoba tanpa loop :
> Private Sub CommandButton5_
> range("
> "Prod Hrs" , "Std Hrs" )
> range("
> range("
> end sub
>
> Jika akan menggunakan with (agar lebih simple)
> Private Sub CommandButton5_
> with range("
> .value = Array( "Non Prod Hrs" , "Prod Hrs" , "Std Hrs" )
> .copy .resize(1,12)
> end with
> end sub
>
> Jika langsung menggunakan alamat cell pertama penulisan item :
> Private Sub CommandButton5_
> with range("
> .value = Array( "Non Prod Hrs" , "Prod Hrs" , "Std Hrs" )
> .copy .resize(1,12)
> end with
> end sub
>
> Wassalam,
> Kid.
>
> 2013/2/20 *tio.adjie@ptssb.
>
>
>
> Pak Hendrik. terima kasih jawabannya. Tapi saya sudah dapatkan jawabannya.
> :
>
> Private Sub CommandButton5_
> Dim repeatku As Integer
> For repeatku = 1 To 12
> Range("
> ActiveCell.Offset(
> ActiveCell.Offset(
> ActiveCell.Offset(
> repeatku = repeatku + 2
> Next repeatku
> End Sub
>
>
> Problem solved.
>
> Wassalam
> Tio
>
>
Wed Feb 20, 2013 2:56 am (PST) . Posted by:
"Budhi Cahyanto"
Dear Be-Exceller,
Bagaimana caranya mengkunci (freeze) pada suatu kolom (mis. kolom C seperti terlampir), namun kolom lainnya tidak terkunci dan masih bisa digunakan sebagai editing ?
Mohon solusinya.
Thanks,
Budhi
Bagaimana caranya mengkunci (freeze) pada suatu kolom (mis. kolom C seperti terlampir), namun kolom lainnya tidak terkunci dan masih bisa digunakan sebagai editing ?
Mohon solusinya.
Thanks,
Budhi
Wed Feb 20, 2013 5:37 am (PST) . Posted by:
"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
Hai Budhi,
Umumnya dengan protect worksheet.
Coba langkah berikut :
1. select semua cell (klik kotak dikiri tulisan kolom A dan di atas tulisan
baris Excel, atau tekan CTRL A)
2. klik kanan cells yang terblok -> format cells -> tab Protection ->
pastikan item Locked tidak tercentang (hilangkan centang sampai tampak
bersih) -> OK
3. klik sebuah cell supaya yang diblok berubah
4. blok cell yang tidak boleh diubah-ubah user, yang tidak di-merge cells.
Manfaatkan fasilitas keyboard SHIFT atau CTRL dalam mengumpulkan cell yang
akan di blok
5. klik kanan cells yang di blok nomor 4 (tidak boleh diubah user) ->
format cells -> tab Protection -> centang item Locked -> OK
6. proteksi sheet :: xl2007 :: ribbon (menu) Review -> group Changes ->
Protect Sheet
-> isi password bila perlu -> hilangkan centang dari item Select
Locked cells -> OK
7. save workbook dan catat passwordnya di diary
Wassalam,
Kid.
2013/2/20 Budhi Cahyanto budhi.cahyanto@bpkgm.com >
> **
>
>
> Dear Be-Exceller, ****
>
> ** **
>
> Bagaimana caranya mengkunci (freeze) pada suatu kolom (mis. kolom C
> seperti terlampir), namun kolom lainnya tidak terkunci dan masih bisa
> digunakan sebagai editing ? ****
>
> Mohon solusinya. ****
>
> ** **
>
> Thanks, ****
>
> Budhi****
>
> ** **
>
>
>
>
> ****
>
>
>
Umumnya dengan protect worksheet.
Coba langkah berikut :
1. select semua cell (klik kotak dikiri tulisan kolom A dan di atas tulisan
baris Excel, atau tekan CTRL A)
2. klik kanan cells yang terblok -> format cells -> tab Protection ->
pastikan item Locked tidak tercentang (hilangkan centang sampai tampak
bersih) -> OK
3. klik sebuah cell supaya yang diblok berubah
4. blok cell yang tidak boleh diubah-ubah user, yang tidak di-merge cells.
Manfaatkan fasilitas keyboard SHIFT atau CTRL dalam mengumpulkan cell yang
akan di blok
5. klik kanan cells yang di blok nomor 4 (tidak boleh diubah user) ->
format cells -> tab Protection -> centang item Locked -> OK
6. proteksi sheet :: xl2007 :: ribbon (menu) Review -> group Changes ->
Protect Sheet
-> isi password bila perlu -> hilangkan centang dari item Select
Locked cells -> OK
7. save workbook dan catat passwordnya di diary
Wassalam,
Kid.
2013/2/20 Budhi Cahyanto budhi.cahyanto@
> **
>
>
> Dear Be-Exceller, ****
>
> ** **
>
> Bagaimana caranya mengkunci (freeze) pada suatu kolom (mis. kolom C
> seperti terlampir), namun kolom lainnya tidak terkunci dan masih bisa
> digunakan sebagai editing ? ****
>
> Mohon solusinya. ****
>
> ** **
>
> Thanks, ****
>
> Budhi****
>
> ** **
>
>
>
>
> ****
>
>
>
Wed Feb 20, 2013 6:47 am (PST) . Posted by:
"nandang arifin" nndang_arifin
Dear Master
Saya ingin mengajukan pertanyaan yang sekira nya sukar bagi saya
mohon pencerahan nya
file terlampir
Terima kasih
wassalam
Arif
Saya ingin mengajukan pertanyaan yang sekira nya sukar bagi saya
mohon pencerahan nya
file terlampir
Terima kasih
wassalam
Arif
Wed Feb 20, 2013 5:11 pm (PST) . Posted by:
"sembaran joko" jokosembaran
Thanks miss jan,sudah dicobanya akan tetapi kelas dari nama siswa
berikutnya tidak muncul pada row berikutnya ya?
Karena yang muncul hanya ada pada row tertanda tanggal,
sementara dibawah tanggal dari siswa berikutny blank
nah supaya muncul juga nama kelasnya bagaimana?
Salam,
Sembaran
Pada 20 Februari 2013 16.09, Jan Raisin miss.jan.raisin@gmail.com > menulis:
> **
>
>
> coba formula berikut di tulis di cell J3:
>
> =If(A3 , Index($N$3:$N$44 , Match(I3 , $O$3:$O$44 ,0)) , "")
>
> jika regional setting adalah Indonesian maka ubah seluruh titik koma
> dengan tanda koma
>
> Wassalam,
>
> -Miss Jan Raisin-
>
> Pada 20 Februari 2013 15.25, sembaran joko sembaran@gmail.com > menulis:
>
> **
>>
>>
>> Yth. All Master Excel
>>
>> Selamat sore,
>> Mohon pencerahannya master untuk formula pada kolom J yang berwarna
>> kuning.
>> Jika pada kolom A berisi tanggal kemudian pada kolom I nama siswa.
>> Bagaimanakah kolom J bisa menujukan kelasnya yah ? data terlampir.
>> Terimakasih all master atas pencerahannya.
>>
>> Salam,
>> Sembaran
>>
>
>
>
berikutnya tidak muncul pada row berikutnya ya?
Karena yang muncul hanya ada pada row tertanda tanggal,
sementara dibawah tanggal dari siswa berikutny blank
nah supaya muncul juga nama kelasnya bagaimana?
Salam,
Sembaran
Pada 20 Februari 2013 16.09, Jan Raisin miss.jan.raisin@
> **
>
>
> coba formula berikut di tulis di cell J3:
>
> =If(A3 , Index($N$3:$
>
> jika regional setting adalah Indonesian maka ubah seluruh titik koma
> dengan tanda koma
>
> Wassalam,
>
> -Miss Jan Raisin-
>
> Pada 20 Februari 2013 15.25, sembaran joko sembaran@gmail.
>
> **
>>
>>
>> Yth. All Master Excel
>>
>> Selamat sore,
>> Mohon pencerahannya master untuk formula pada kolom J yang berwarna
>> kuning.
>> Jika pada kolom A berisi tanggal kemudian pada kolom I nama siswa.
>> Bagaimanakah kolom J bisa menujukan kelasnya yah ? data terlampir.
>> Terimakasih all master atas pencerahannya.
>>
>> Salam,
>> Sembaran
>>
>
>
>
Wed Feb 20, 2013 5:18 pm (PST) . Posted by:
"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
Bagaimana kalau yang dicek (kondisi IF) bukan kolom A ada nilainya atau
tidak, tetapi kondisinya diganti menjadi kolom I kosong atau tidak
=If(len(i3) , Index($N$3:$N$44 , Match(I3 , $O$3:$O$44 ,0)) , "")
Wassalam,
Kid.
2013/2/21 sembaran joko sembaran@gmail.com >
> **
>
>
> Thanks miss jan,sudah dicobanya akan tetapi kelas dari nama siswa
> berikutnya tidak muncul pada row berikutnya ya?
> Karena yang muncul hanya ada pada row tertanda tanggal,
> sementara dibawah tanggal dari siswa berikutny blank
> nah supaya muncul juga nama kelasnya bagaimana?
>
> Salam,
> Sembaran
>
> Pada 20 Februari 2013 16.09, Jan Raisin miss.jan.raisin@gmail.com >menulis:
>
> **
>>
>>
>> coba formula berikut di tulis di cell J3:
>>
>> =If(A3 , Index($N$3:$N$44 , Match(I3 , $O$3:$O$44 ,0)) , "")
>>
>> jika regional setting adalah Indonesian maka ubah seluruh titik koma
>> dengan tanda koma
>>
>> Wassalam,
>>
>> -Miss Jan Raisin-
>>
>> Pada 20 Februari 2013 15.25, sembaran joko sembaran@gmail.com > menulis:
>>
>> **
>>>
>>>
>>> Yth. All Master Excel
>>>
>>> Selamat sore,
>>> Mohon pencerahannya master untuk formula pada kolom J yang berwarna
>>> kuning.
>>> Jika pada kolom A berisi tanggal kemudian pada kolom I nama siswa.
>>> Bagaimanakah kolom J bisa menujukan kelasnya yah ? data terlampir.
>>> Terimakasih all master atas pencerahannya.
>>>
>>> Salam,
>>> Sembaran
>>>
>>
>>
>
>
tidak, tetapi kondisinya diganti menjadi kolom I kosong atau tidak
=If(len(i3) , Index($N$3:$
Wassalam,
Kid.
2013/2/21 sembaran joko sembaran@gmail.
> **
>
>
> Thanks miss jan,sudah dicobanya akan tetapi kelas dari nama siswa
> berikutnya tidak muncul pada row berikutnya ya?
> Karena yang muncul hanya ada pada row tertanda tanggal,
> sementara dibawah tanggal dari siswa berikutny blank
> nah supaya muncul juga nama kelasnya bagaimana?
>
> Salam,
> Sembaran
>
> Pada 20 Februari 2013 16.09, Jan Raisin miss.jan.raisin@
>
> **
>>
>>
>> coba formula berikut di tulis di cell J3:
>>
>> =If(A3 , Index($N$3:$
>>
>> jika regional setting adalah Indonesian maka ubah seluruh titik koma
>> dengan tanda koma
>>
>> Wassalam,
>>
>> -Miss Jan Raisin-
>>
>> Pada 20 Februari 2013 15.25, sembaran joko sembaran@gmail.
>>
>> **
>>>
>>>
>>> Yth. All Master Excel
>>>
>>> Selamat sore,
>>> Mohon pencerahannya master untuk formula pada kolom J yang berwarna
>>> kuning.
>>> Jika pada kolom A berisi tanggal kemudian pada kolom I nama siswa.
>>> Bagaimanakah kolom J bisa menujukan kelasnya yah ? data terlampir.
>>> Terimakasih all master atas pencerahannya.
>>>
>>> Salam,
>>> Sembaran
>>>
>>
>>
>
>
Dear Be-Exceller,
Saya mau tanya, bagaimana memblock data yang di merge. Di picture di
bawah, ada 3 range yang diblock yaitu W1, W2, W3.
Saya pakai formula :selection,selection.end(xlToRight) kok gak berhasil
yah ?
Saya tidak mau pakai currentregion karena baris atas dan bawahnya ada
data.
Ini datanya dinamis, bisa 4 range yang di merge atau 5, jadi tidak tentu.
Terima kasih jawabannya.
Wassalam,
Tio
Saya mau tanya, bagaimana memblock data yang di merge. Di picture di
bawah, ada 3 range yang diblock yaitu W1, W2, W3.
Saya pakai formula :selection,selectio
yah ?
Saya tidak mau pakai currentregion karena baris atas dan bawahnya ada
data.
Ini datanya dinamis, bisa 4 range yang di merge atau 5, jadi tidak tentu.
Terima kasih jawabannya.
Wassalam,
Tio
Wed Feb 20, 2013 6:02 pm (PST) . Posted by:
"Jan Raisin"
Wa'alaikumsalam wr. wb.,
coba script berikut:
Range(Cells(3, 4), Cells(3, Columns.Count).End(xlToLeft)).Select
Wassalamu'alaikum wr. wb.,
-Miss Jan Raisin-
Pada 21 Februari 2013 08.14, tio.adjie@ptssb.co.id > menulis:
> **
>
>
>
> Dear Be-Exceller,
>
> Saya mau tanya, bagaimana memblock data yang di merge. Di picture di
> bawah, ada 3 range yang diblock yaitu W1, W2, W3.
>
> Saya pakai formula :selection,selection.end(xlToRight) kok gak berhasil
> yah ?
>
> Saya tidak mau pakai currentregion karena baris atas dan bawahnya ada
> data.
>
> Ini datanya dinamis, bisa 4 range yang di merge atau 5, jadi tidak tentu.
>
>
>
>
> Terima kasih jawabannya.
>
> Wassalam,
> Tio
>
>
coba script berikut:
Range(Cells(
Wassalamu'
-Miss Jan Raisin-
Pada 21 Februari 2013 08.14, tio.adjie@ptssb.
> **
>
>
>
> Dear Be-Exceller,
>
> Saya mau tanya, bagaimana memblock data yang di merge. Di picture di
> bawah, ada 3 range yang diblock yaitu W1, W2, W3.
>
> Saya pakai formula :selection,selectio
> yah ?
>
> Saya tidak mau pakai currentregion karena baris atas dan bawahnya ada
> data.
>
> Ini datanya dinamis, bisa 4 range yang di merge atau 5, jadi tidak tentu.
>
>
>
>
> Terima kasih jawabannya.
>
> Wassalam,
> Tio
>
>
Wed Feb 20, 2013 5:54 pm (PST) . Posted by:
"s. munawaroh" munawaroh_ti
mau tanya nih,.
gimana caranya kita membuat login khusus untuk admin dan user tersendiri,
jadi fungsinya berbeda-beda tetapi dalam 1 dokumen,.. mohon bantuanya!
trimakasih
gimana caranya kita membuat login khusus untuk admin dan user tersendiri,
jadi fungsinya berbeda-beda tetapi dalam 1 dokumen,.. mohon bantuanya!
trimakasih
Wed Feb 20, 2013 6:08 pm (PST) . Posted by:
"Jan Raisin"
coba buka dulu dan pelajari link yang sudah diberikan oleh om momod, nanti
progressnya dishare lagi di sini.
-Jan Raisin-
Pada 21 Februari 2013 08.47, s. munawaroh munawaroh.gp@gmail.com > menulis:
> **
>
>
>
>
>
> mau tanya nih,.
> gimana caranya kita membuat login khusus untuk admin dan user tersendiri,
> jadi fungsinya berbeda-beda tetapi dalam 1 dokumen,.. mohon bantuanya!
> trimakasih
>
>
>
progressnya dishare lagi di sini.
-Jan Raisin-
Pada 21 Februari 2013 08.47, s. munawaroh munawaroh.gp@
> **
>
>
>
>
>
> mau tanya nih,.
> gimana caranya kita membuat login khusus untuk admin dan user tersendiri,
> jadi fungsinya berbeda-beda tetapi dalam 1 dokumen,.. mohon bantuanya!
> trimakasih
>
>
>
GROUP FOOTER MESSAGE
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
Tidak ada komentar:
Posting Komentar