Kamis, 21 Februari 2013

[belajar-excel] Digest Number 2105

15 New Messages

Digest #2105
5
menindak lanjuti reminder ulta yang dulu by "s. munawaroh" munawaroh_ti
6a
penjumlahan Date by "BhoneX" hadiekoprayitno13
6b
Re: penjumlahan Date by "Jan Raisin"
8a

Messages

Thu Feb 21, 2013 12:58 am (PST) . Posted by:

"Dunia Naana" dunia.naana

Assalamualaikum All.

saya mau tanya untuk melakukan sumifs dua kriteria dalam range kriteria yang
sama bagaimana jurusnya ya...

Saya memiliki sumber data seperti gambar dibawah ini

Pada gambar dibawah misalnya, saya akan menjumlahkan nilai
nominal dari BARANG dengan criteria "GULING", seri dengan criteria "IF", barang
= Guling, CODE dengan criteria "CN", maka saya menggunakan fungsi sumifs
sebagai berikut.

 

=SUMIFS(SUMBER!$E$3:$E$30;SUMBER!$D$3:$D$30;"CN";SUMBER!$B$3:$B$30;"IF";SUMBER!$C$3:$C$30;$A4)

Sampai pada criteria terakhir "Telpon" di kolom barang, maka
ketika saya jumlahkan akan mendapatkan nilai yang sama dengan memfilter seri =
IF, code = CN (seperti contoh yang saya lampirkan di file sumifs.xlsx).

Yang menjadi masalah adalah ketika saya ingin mencari nilai
nominal dari BARANG dengan criteria "GULING", seri dengan criteria "IF dan SP"
dan CODE dengan criteria "CN", saya mencoba menggunakan fungsi seperti dibawah
ini;

=IF(AND(SUMBER!$B$3:$B$30="IF";SUMBER!$B$3:$B$30="SP");SUMIFS(SUMBER!$E$3:$E$30;SUMBER!$D$3:$D$30;"CN";SUMBER!$C$3:$C$30;$A4);0)

 

Harapannya jika serinya memiliki criteria IF dan SP saja,
maka akan menjumlahkan nominal pada barang dengan criteria guling, ternyata
formula yang saya buat tidak bias/ tidak sama dengan filter seri = IF dan SP,
barang = Guling, code = CN.

 

Pertanyaan: apakan memang kasus saya diatas tidak bisa di
selesaikan dengan menggunakan fungus sumifs seperti yang saya buat, jika tidak
bisa, mohon bantuannya untuk saya mencoba menggunakan formula yang lain atau fungsi macro.

saya sampaikan juga lampiran file excel yang sudah saya coba

 

Terima kasih.

 

Nana

Thu Feb 21, 2013 1:04 am (PST) . Posted by:

"Dunia Naana" dunia.naana

link nya yang mana ya, bu jan

--- Mods ---
Mungkin buka emailnya langsung dari website milis.
Coba lihat Inbox akun email pribadi Anda. Buka email dari milis dengan subject topik ini.
Kemudian, arahkan mouse ke teks yang diwarna biru dan atau di garis bawah dalam body text yang ada.
------------

--- On Wed, 2/20/13, Jan Raisin miss.jan.raisin@gmail.com> wrote:

From: Jan Raisin miss.jan.raisin@gmail.com>
Subject: Re: [belajar-excel] cara membuat login khusus admin dan user tersendiri
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Wednesday, February 20, 2013, 6:08 PM

 

coba buka dulu dan pelajari link yang sudah diberikan oleh om momod, nanti progressnya dishare lagi di sini.
-Jan Raisin-

Pada 21 Februari 2013 08.47, s. munawaroh munawaroh.gp@gmail.com> menulis:

 

mau tanya nih,.gimana caranya kita membuat login khusus untuk admin dan user tersendiri, jadi fungsinya berbeda-beda tetapi dalam 1 dokumen,.. mohon bantuanya! trimakasih

Thu Feb 21, 2013 1:14 am (PST) . Posted by:

Dear Miss. Jan, kalau boleh tahu file dari om momod, dimana yah ? Apakah
ada lampirannya ?

Terima kasih,
Wassalam,
Tio

Jan Raisin miss.jan.raisin@gmail.com>
Sent by: belajar-excel@yahoogroups.com
02/21/2013 09:08 AM
Please respond to belajar-excel

To: belajar-excel@yahoogroups.com
cc:
Subject: Re: [belajar-excel] cara membuat login khusus admin dan user tersendiri

coba buka dulu dan pelajari link yang sudah diberikan oleh om momod, nanti
progressnya dishare lagi di sini.

-Jan Raisin-

Pada 21 Februari 2013 08.47, s. munawaroh munawaroh.gp@gmail.com> menulis:
 

mau tanya nih,.
gimana caranya kita membuat login khusus untuk admin dan user tersendiri,
jadi fungsinya berbeda-beda tetapi dalam 1 dokumen,.. mohon bantuanya!
trimakasih

Thu Feb 21, 2013 1:04 am (PST) . Posted by:

"eka duma" eka_ses

Dear BeExceller,

Salam kenal, saya masih pemula banget,

mau tanya cara menumlahkan dari sheet 1 ke sheet 2, caranya gimana?

saya sudah gunakan = (IF dan bukan sheet 1, ttp ga bisa.

mohon petunjukknya..filenya saya lampirkan.

Thanks,
Eka.

Thu Feb 21, 2013 1:09 am (PST) . Posted by:

Terima kasih miss Jan, Saya mau ganti isi textnya jadi dengan pakai code
VBA ini, tapi kok gak berhasil yah ?

Dim MyWeekku As Variant
For Each MyWeekku In Selection
If MyWeekku.Value = "W1" Then
MyWeekku.Value = "Minggu ke-satu"
ElseIf MyWeekku.Value = "W2" Then
MyWeekku.Value = "Minggu ke-dua"
ElseIf MyWeekku.Value = "W3" Then
MyWeekku.Value = "Minggu ke-tiga"
Else
MsgBox ("OK")
End If
Next MyWeekku

Terima kasih,
Wassalam,
Tio

Jan Raisin miss.jan.raisin@gmail.com>
Sent by: belajar-excel@yahoogroups.com
02/21/2013 09:02 AM
Please respond to belajar-excel

To: belajar-excel@yahoogroups.com
cc:
Subject: Re: [belajar-excel] Memblock data yang di merge

Wa'alaikumsalam wr. wb.,

coba script berikut:

    Range(Cells(3, 4), Cells(3, Columns.Count).End(xlToLeft)).Select

Wassalamu'alaikum wr. wb.,

-Miss Jan Raisin-

Pada 21 Februari 2013 08.14, tio.adjie@ptssb.co.id> menulis:
 

Dear Be-Exceller,

Saya mau tanya, bagaimana memblock data yang di merge. Di picture di
bawah, ada 3 range yang diblock yaitu W1, W2, W3.

Saya pakai formula :selection,selection.end(xlToRight) kok gak berhasil
yah ?

Saya tidak mau pakai currentregion karena baris atas dan bawahnya ada
data.

Ini datanya dinamis, bisa 4 range yang di merge atau 5, jadi tidak tentu.

Terima kasih jawabannya.

Wassalam,
Tio

Thu Feb 21, 2013 1:12 am (PST) . Posted by:

"s. munawaroh" munawaroh_ti

dulu pernah sy download reminder untuk ulta yang dibuat ctv,
kalau seandainya saya ingin menambahkan baris yang di situ hanya ada
15 pada displaysheet menjadi 20/30/lebih bgaimana caranya ??
coding mana yang harus diubah,.. karena banyk nama2 yang ingin saya
cantumkan , minimal pemberitahuan sebelum 30 hari ultah,.. mohon
bantuanya... terimakasih

Thu Feb 21, 2013 1:13 am (PST) . Posted by:

"BhoneX" hadiekoprayitno13

Assalamu'alaikum

Mohon bantuannya saya membuat penambahan tahun dan bulan

ada beberapa yang berdeser bulannya tidak sama dengan yang lainya

ketika tanggalnya mendekati akhir bulan

terima kasih

Thu Feb 21, 2013 1:40 am (PST) . Posted by:

"Jan Raisin"

Wa'alaikumsalam wr. wb.,

coba gunakan fungsi EDate ( tanggal_awal , jangka_waktu_dalam_bulan)

contoh untuk cell E4 adalah EDate( D4 , (55 * 12) + 6)
contoh untuk cell F4 adalah EDate( D4, (55 * 12 ) + 9)

jika tanggal di kolom D menunjukkan akhir di bulan tersebut, maka hasilnya
adalah juga akhir pada bulan yang dituju

Wassalamu'alaikum wr. wb.,

-Miss Jan Raisin-

Pada 21 Februari 2013 13.38, BhoneX bhonex13@yahoo.com> menulis:

> **
>
>
> Assalamu'alaikum
>
> Mohon bantuannya saya membuat penambahan tahun dan bulan
>
> ada beberapa yang berdeser bulannya tidak sama dengan yang lainya
>
> ketika tanggalnya mendekati akhir bulan
>
> terima kasih
>
>
>
>
>

Thu Feb 21, 2013 1:14 am (PST) . Posted by:

Terima kasih Mr. Kid atas jawabannya yang memuaskan. Semoga Allah SWT
membalas kebaikan Mr. Kid. Amiin.

Wassalam,
Tio

"Mr. Kid" mr.nmkid@gmail.com>
Sent by: belajar-excel@yahoogroups.com
02/20/2013 04:46 PM
Please respond to belajar-excel

To: belajar-excel@yahoogroups.com
cc:
Subject: Re: [belajar-excel] Menginput cells di setiap kelipatan 3 sebanyak 4 kali

Hai Tio,

1. Resize dan Offset dalam VB digunakan seperti fungsi Offset dalam
worksheet.
>> Offset untuk lompat menuju range tertentu dari suatu range awal
berdasar jumlah baris dan kolom lompatnya
     range("a1").offset(2,3) akan menghasilkan range D3 (dari A1 lompat 2
baris ke bawah dan 3 kolom kekanan)
>> Resize untuk membuat suatu area range berdasar jumlah baris dan jumlah
kolom area tersebut
     range("a1").resize(3,5) akan menghasilkan area range A1:E3
(lihat file terlampir)

2. Option Explicit
>> Adalah option untuk menyatakan bahwa seluruh variabel harus
dideklarasikan lebih dulu agar bisa dipakai
>> Jika ada Option Explicit kemudian ada penggunaan variabel yang belum
dideklarasikan lebih dulu, maka akan muncul error
>> Berhubung deklarasi variabel sangat dianjurkan, maka sebaiknya option
explicit menjadi suatu kebiasaan.
>> Jika tidak ada option explicit dan variabel yang digunakan yang belum
dideklarasikan dengan jelas, akan dideklarasikan oleh komputer dan jadi
memiliki tipe data Variant. Tipe data ini cenderung lebih lambat diproses.
Jadi harusnya tipe data variant digunakan untuk kondisi yang menuntut
kehadiran tipe data variant saja.
Misal jika nilai yang disimpan dalam variabel harus mampu menyimpan data
bertipe numerik dan string bergantian atau loop terhadap array, maka
deklarasi variabel dengan tipe data variant dibutuhkan.

Oh iya,
karena belum ada yang mengusulkan proses tulis data berulang tadi dengan 1
baris script, sekalian saja :
     Range("b1").Resize(1, 12) =
Split(Mid$(Evaluate("=Rept("",NON,PROD,STD"", 4)"), 2), ",")
Private Sub CommandButton5_Click()
   range("x80").resize(1,2) = _
     split( mid$( evaluate("=rept("",Non Prod Hrs,Prod Hrs,Std Hrs"",4)") ,2) ,",")
end sub

Wassalam,
Kid.

2013/2/20 tio.adjie@ptssb.co.id>
 

Terima kasih Mr. Kid atas jawabannya. Semoga Allah membalas kebaikan Mr.
Kid dengan pahala yang jauh lebih baik. Amiin.,.

Sungguh briliant otak Mr. Kid. Hm..hm..enaknya jadi orang pintar..he..he..

Ada sesuatu yang menggelitik yang ingin saya tanyakan.

1. Bisa tolong kasih penjelasan singkat tentang Resize dan contohnya ?

2. Apakah semua module harus di kasih Option Explicit, dan apa gunanya ?
Karena selama ini semua module saya tidak di kasih Option Explicit, tapi
jalan.

Terima kasih Mr.Kid.
Wassalam,
Tio

"Mr. Kid" mr.nmkid@gmail.com>
Sent by: belajar-excel@yahoogroups.com
02/20/2013 11:36 AM
Please respond to belajar-excel
       
        To:        belajar-excel@yahoogroups.com
        cc:        
        Subject:        Re: [belajar-excel] Menginput cells di setiap
kelipatan 3 sebanyak 4 kali

 
Bagaimana jika mencoba memanfaatkan klausa STEP pada statement FOR..NEXT
Private Sub CommandButton5_Click()
Dim repeatku As Integer
For repeatku = 1 To 12 step 3
    Range("W80").Select
    ActiveCell.Offset(0, repeatku) = "Non Prod Hrs"
    ActiveCell.Offset(0, repeatku + 1) = "Prod Hrs"
    ActiveCell.Offset(0, repeatku + 2) = "Std Hrs"
    'repeatku = repeatku + 2
Next repeatku
End Sub

Bisa juga mencoba tanpa loop :
Private Sub CommandButton5_Click()
   range("w80").offset(0,1).resize(1,3).value = Array( "Non Prod Hrs" ,
"Prod Hrs" , "Std Hrs" )
   range("w80").offset(0,1).resize(1,3).copy
range("w80").offset(0,1).resize(1,12)
end sub

Jika akan menggunakan with (agar lebih simple)
Private Sub CommandButton5_Click()
   with range("w80").offset(0,1).resize(1,3)
       .value = Array( "Non Prod Hrs" , "Prod Hrs" , "Std Hrs" )
       .copy .resize(1,12)
   end with
end sub

Jika langsung menggunakan alamat cell pertama penulisan item :
Private Sub CommandButton5_Click()
   with range("x80").resize(1,3)
       .value = Array( "Non Prod Hrs" , "Prod Hrs" , "Std Hrs" )
       .copy .resize(1,12)
   end with
end sub

Wassalam,
Kid.

2013/2/20 tio.adjie@ptssb.co.id>
 

Pak Hendrik. terima kasih jawabannya. Tapi saya sudah dapatkan jawabannya.
:

Private Sub CommandButton5_Click()
Dim repeatku As Integer
For repeatku = 1 To 12
    Range("W80").Select
    ActiveCell.Offset(0, repeatku) = "Non Prod Hrs"
    ActiveCell.Offset(0, repeatku + 1) = "Prod Hrs"
    ActiveCell.Offset(0, repeatku + 2) = "Std Hrs"
    repeatku = repeatku + 2
Next repeatku
End Sub

Problem solved.

Wassalam
Tio

Thu Feb 21, 2013 1:15 am (PST) . Posted by:

"Aden S" adendum_81

Dear Excellers,

Mohon bantuan untuk membuat rumus seperti yang terlampir di email ini, dimana ada terdiri dari 2 sheet, masing-2 punya harga berdasar IDR dan USD, ketika saya membuat resume dengan vlookup saya bermaksud membuat rumus yang sudah mengakomodir masing2 vlookup, dimana ketika dia berada di IDR maka USD nya dalam keadaan kosong, ataupun sebaliknya kecuali di dua2nya (IDR-USD) ada harganya.

Terima kasih atas bantuannya.

Salam Hangat

Aden

Thu Feb 21, 2013 1:25 am (PST) . Posted by:

"Jan Raisin"

Coba di cell E5 diisi dengan formula berikut lalu dicopy ke kanan dan ke
bawah

=SumProduct((SDY!$C$5:$C$7=resume!$D5)*(SDY!$E$4:$F$4=resume!E$4)*SDY!$E$5:$F$7)

Wassalam,

-Miss Jan Raisin-

Pada 21 Februari 2013 14.57, Aden S adendum_81@yahoo.com> menulis:

> **
>
>
> Dear Excellers,
>
> Mohon bantuan untuk membuat rumus seperti yang terlampir di email ini,
> dimana ada terdiri dari 2 sheet, masing-2 punya harga berdasar IDR dan USD,
> ketika saya membuat resume dengan vlookup saya bermaksud membuat rumus yang
> sudah mengakomodir masing2 vlookup, dimana ketika dia berada di IDR maka
> USD nya dalam keadaan kosong, ataupun sebaliknya kecuali di dua2nya
> (IDR-USD) ada harganya.
>
> Terima kasih atas bantuannya.
>
> Salam Hangat
>
> Aden
>
>

Thu Feb 21, 2013 1:37 am (PST) . Posted by:

the_x_mikey

Hi aden,

Rumus E5
If(sdy!e5="","",vlookup($b12,sdy!$b$5:$e$7,4,false))

Rumus F5
If(sdy!f5="","",vlookup($b12,sdy!$b$5:$f$7,5,false))

Copy aja ke bawah
Sent from my BlackBerry�
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

-----Original Message-----
From: Aden S adendum_81@yahoo.com>
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Wed, 20 Feb 2013 23:57:21
To: excelbelajar-excel@yahoogroups.com>
Reply-To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: [belajar-excel] tanya rumus : vlookup untuk 2 kolom

Dear Excellers,

Mohon bantuan untuk membuat rumus seperti yang terlampir di email ini, dimana ada terdiri dari 2 sheet, masing-2 punya harga berdasar IDR dan USD, ketika saya membuat resume dengan vlookup saya bermaksud membuat rumus yang sudah mengakomodir masing2 vlookup, dimana ketika dia berada di IDR maka USD nya dalam keadaan kosong, ataupun sebaliknya kecuali di dua2nya (IDR-USD) ada harganya.

Terima kasih atas bantuannya.

Salam Hangat

Aden

Thu Feb 21, 2013 1:38 am (PST) . Posted by:

"Bagus" bagus4bls

Dear Aden;

File terlampir dengan beberapa cara, semoga sesuai harapan

Wassalam

~ Bagus ~

----- Original Message -----
From: Aden S
To: excel
Sent: Thursday, February 21, 2013 2:57 PM
Subject: [belajar-excel] tanya rumus : vlookup untuk 2 kolom

Dear Excellers,

Mohon bantuan untuk membuat rumus seperti yang terlampir di email ini, dimana ada terdiri dari 2 sheet, masing-2 punya harga berdasar IDR dan USD, ketika saya membuat resume dengan vlookup saya bermaksud membuat rumus yang sudah mengakomodir masing2 vlookup, dimana ketika dia berada di IDR maka USD nya dalam keadaan kosong, ataupun sebaliknya kecuali di dua2nya (IDR-USD) ada harganya.

Terima kasih atas bantuannya.

Salam Hangat

Aden

Thu Feb 21, 2013 1:15 am (PST) . Posted by:

Dear Be-Exceller,

Saya punya data looping, setelah saya pakai for next, kok gak berhasil yah
?

Ini code VBA awal :

Range("R9").Select
Range("L3:M3").Select
Range(Selection, Selection.End(xlDown)).Select
Selection.AutoFilter
Selection.AutoFilter Field:=2, Criteria1:=ActiveSheet.Cells(8, 18).Value
Selection.Copy
ActiveSheet.Cells(9, 18).Select
ActiveSheet.Paste
Range("L3:M3").Select
Range(Selection, Selection.End(xlDown)).Select
Selection.AutoFilter
Selection.AutoFilter Field:=2, Criteria1:=ActiveSheet.Cells(8, 20).Value
Selection.Copy
ActiveSheet.Cells(9, 20).Select
ActiveSheet.Paste
Range("L3:M3").Select
Range(Selection, Selection.End(xlDown)).Select
Selection.AutoFilter
Selection.AutoFilter Field:=2, Criteria1:=ActiveSheet.Cells(8, 22).Value
Selection.Copy
ActiveSheet.Cells(9, 22).Select
ActiveSheet.Paste
Range("L3:M3").Select
Range(Selection, Selection.End(xlDown)).Select
Selection.AutoFilter
Selection.AutoFilter Field:=2, Criteria1:=ActiveSheet.Cells(8, 24).Value
Selection.Copy
ActiveSheet.Cells(9, 24).Select
ActiveSheet.Paste
Range("L3:M3").Select
Range(Selection, Selection.End(xlDown)).Select
Selection.AutoFilter
Selection.AutoFilter Field:=2, Criteria1:=ActiveSheet.Cells(8, 26).Value
Selection.Copy
ActiveSheet.Cells(9, 26).Select
ActiveSheet.Paste

Ini code VBA setelah pakai for next :

Dim i As integer
i=1

Range("R9").Select

For i=1 to 9
Range("L3:M3").Select
Range(Selection, Selection.End(xlDown)).Select
Selection.AutoFilter
Selection.AutoFilter Field:=2, Criteria1:=ActiveSheet.Cells(8, 17+i).Value
Selection.Copy
ActiveSheet.Cells(9, 17+i).Select
ActiveSheet.Paste
i=i+2
Next

Tapi kok gagal yah ?

Ada yang salah dengan code looping saya ?

Terima kasih,
Wassalam,
Tio

Thu Feb 21, 2013 1:37 am (PST) . Posted by:

"Yan Novianto" yan.novianto

Salam Mr.Kid dan all

berikut saya kirimkan ulang, kali ini saya coba untuk buat file yang baru,

akan tetapi hasilnya tetap sama,

saat paste nya tidak samapai ke baris 2000 kemungkinan masih aman, tapi jika sampai itu terjadi error seperti dulu

dan saat saya debug, maka beberapa saat program excel minta di close seperti file terlampir

mohon di bantu

terimakasih

________________________________
Dari: Mr. Kid mr.nmkid@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Selasa, 12 Februari 2013 21:23
Judul: Re: [belajar-excel] Mengapa Run-Time error, saat mau clearContents


 
Jika dengan script yang ada dalam file lampiran tempo lalu tanpa ada tambahan apapun, maka kemungkinan besar tidak error.
Jika ada error, mesti ada script yang lain bunyinya.
Coba run lagi dan ketika error tekan debug. Nanti akan muncul baris yang di kuning. Screenshot berjejeran dengan worksheetnya dan lampirkan.
Mungkin hal ini akan lebih memudahkan dalam mencari penyebabnya.

Wassalam,
Kid.

2013/2/12 Yan Novianto yan.novianto@yahoo.com>


>Miss Jan,
>
>keliatannya tetap saja tidak bisa jalan walaupun sudah saya coba pakai nama sheet seperti yang di sarankan
>
>kira kira ada saran yang lain ?
>
>saya tunggu,
>
>terimakasih
>
>
>
>
>
>
>________________________________
> Dari: Jan Raisin miss.jan.raisin@gmail.com>
>Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
>Dikirim: Selasa, 12 Februari 2013 11:44
>Judul: Re: [belajar-excel] Mengapa Run-Time error, saat mau clearContents
>
>
>

>Semua berjalan normal di komputer Jan,
>
>
>tetapi coba cara berikut, mungkin berguna:
>
>
>sebelum range("range_sekian_sampai_dengan_range_sekian").select
>tambahkan
>sheets("nama_sheetnya")
>
>
>jadi hasil akhirnya adalah:
>
>
>sheets("nama_sheetnya").range("range_sekian_sampai_dengan_range_sekian").select
>
>
>wassalam,
>
>
>-Miss Jan Raisin-
>
>
>Pada 12 Februari 2013 09.33, Yan Novianto yan.novianto@yahoo.com> menulis:
>
>
>> 
>>Salam be-exeller,
>>
>>
>>Saya mau belajar soal macro
>>tapi saat ini saya belajarnya di mulai dari record macro
>>kemudian saya edit edit dikit dikit :)
>>tapi sayangnya saat macro yang saya edit tadi saya jalankan muncul peringatan seperti di gambar
>>akan tetapi saat saya jalan kan pada lembar kosong "Hapus_semua" atau pun macro paste tersebut berjalan tidak ada masalah atau peringatan seperti pada lampiran
>>Kira kira mengapa bisa terjadi kendala seperti ini ya ?
>>mohon di bantu
>>
>>
>>
>>terimakasih
>>
>
>
>

GROUP FOOTER MESSAGE
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar