Kamis, 04 September 2014

[belajar-excel] Digest Number 3072

15 Messages

Digest #3072
5
cara melakukan Validasi kata by "Rismayanti Darwis" rismayanti3102
7b
Re: cara melakukan Validasi kata [1 Attachment] by "Rismayanti Darwis" rismayanti3102
7c
Re: cara melakukan Validasi kata [1 Attachment] by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
8a
Re: data yang sering muncul by "lkm jktind" lkmjkt
8b
Re: data yang sering muncul [1 Attachment] by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Messages

Thu Sep 4, 2014 2:56 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Pak Lukman,

Ingin mencari Data : sesudah Tgl --- Awal
sebelum Tgl ---- Akhir.
bila kedua kondisi benar -----> dicari tgl terakhir ---- yg
akan digunakan.

Kira kira seperti ini : { (B2:B100 > Awal) and (B2:B100 < akhir )
}-------- di cari tgl terakhir ---(yg kondisinya = " true")

(B2:B100 > Awal) and (B2:B100 < akhir )

bisa diformulasikan :

(B2:B100 > Awal) * (B2:B100 < akhir )

Perkalian (*) memiliki kesamaan dengan operator AND (yang keduanya harus
terpenuhi).
Punjumlahan (+) memiliki kesamaan dengan operator OR (yang salah satunya
harus terpenuhi)

A B An Bn A and B
An and Bn An * Bn
TRUE TRUE 1 1
TRUE 1 1 * 1 = 1
TRUE FALSE 1 0
FALSE 0 1 * 0 = 0
FALSE TRUE 0 1
FALSE 0 0 * 1 = 0
FALSE FALSE 0 0 FALSE
0 0 * 0 = 0

Tentu Anda bisa menyusun yang An + Bn dan A or B bukan....

Jadi, bagian
(B2:B100 > Awal) * (B2:B100 < akhir )
akan menghasilkan 1 jika terpenuhi keduanya dan 0 jika ada salah satu yang
tidak terpenuhi.
Hasilnya adalah larik 1,0,1,1,1,0,dst atau semacamnya sebanyak 99 item
(baris 2 sampai baris 100 ada 99 baris) yang isinya adalah kalau ndak 1 ya
0.

Tanggal yang dicari adalah B2:B100 yang tertinggi
berarti bagian :
(B2:B100 > Awal) * (B2:B100 < akhir ) * B2:B100
akan menghasilkan 0 untuk syarat biru yang tidak terpenuhi dan nilai kolom
B (tanggal) bila kedua syarat biru terpenuhi.

Artinya akan didapat larik seperti tgl1,0,tgl3,tgl4,tgl5,0,dst
Larik ini jika dicari nilai Max akan didapat nilai tgl yang tertinggi,
entah milik tgl1 atau tgl3 atau tgl berapa.

Jadi formulasi lengkapnya : (array formula)
=Max( (B2:B100 > Awal) * (B2:B100 < akhir ) * B2:B100 )

Supaya ndak usah di-input pakai CSE (tidak sebagai array formula), maka
digunakan fungsi Index pada bagian pembentuk array-nya, yaitu bagian :
(B2:B100 > Awal) * (B2:B100 < akhir ) * B2:B100
diberi Index menjadi :
Index( (B2:B100 > Awal) * (B2:B100 < akhir ) * B2:B100 , 0 )

Maka formula bukan array-nya akan berbunyi :
=Max( Index( (B2:B100 > Awal) * (B2:B100 < akhir ) * B2:B100 , 0
) )

* Jika kasusnya diubah menjadi mencari yang terendah yang memenuhi syarat
mulai tanggal awal sampai tanggal akhir ?
-> pakai IF untuk menghilangkan nilai 0 (yang tidak memenuhi syarat) agar
memiliki tipe data bukan numerik atau datetime. Setelah itu hasil array
dihitung dengan fungsi Min. Karena ada fungsi IF, maka menghilangkan
penyebab array dengan memanfaatkan fungsi Index tidaklah dimungkinkan. Hal
ini karena sifat fungsi IF yang skalar dan tidak bekerja sebagai fungsi
array.

Wassalam,
Kid.

2014-09-04 18:24 GMT+10:00 lkm jktind lkmjktind@gmail.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Pak Kid
>
>
> Angka : 1* ---> ini mungkin digunakan untuk merubah hasil dari True
> ---> menjadi angka 1 Karakter number.
> yg selanjutnya dapat digunakan untuk keperluan lainnya.
>
> {=SUM( * 1**
> (FREQUENCY(IF(A2:A28=A38;MATCH(B2:B28;B2:B28;0));ROW(A2:A28)-1)>0))}
>
> Formula kiriman Pak Bagus.
> =SUMPRODUCT( *1* * (RIGHT($A21;1)=LEFT(C$2:C$9;1)))
>
> Mungkin ini penyebabnya. selama ini saya tidak dapat mengunakan secara
> optimal . untuk sumifs atau countifs.
> yg di pakai "True" atau "False"
> .
> Biasakah Bapak memberikan contoh :
>
> Data Tanggal : B2:B100 -- Sumber data .
>
> Ingin mencari Data : sesudah Tgl --- Awal
> sebelum Tgl ---- Akhir.
> bila kedua kondisi benar -----> dicari tgl terakhir ---- yg
> akan digunakan.
>
>
> Kira kira seperti ini : { (B2:B100 > Awal) and (B2:B100 < akhir )
> }-------- di cari tgl terakhir ---(yg kondisinya = " true")
>
>
> Terima kasih .
>
>
> Salam
>
> Lukman
>
>
>
>
>
>
>
>
> 2014-09-04 14:20 GMT+07:00 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel] <
> belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>>
>>
>> Hai Nando,
>>
>> Hitung cacah multiple kriteria tanpa kolom bantu bisa dengan mencoba
>> untuk manfaatkan array formula berisi fungsi Frequency dan Match.
>>
>> Wassalam,
>> Kid.
>>
>>
>>
>>
>> 2014-09-04 12:30 GMT+10:00 odong nando odongnando@yahoo.com
>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>>
>>
>>>
>>> dear all,
>>>
>>> bagai manakah cara menghitung nilai unik pada range tertentu dengan
>>> kriteria tertentu.
>>> agar lebih jelas bisa lihat lampiran lampirkan
>>>
>>> thx,
>>>
>>> odong
>>>
>>>
>>
>
>

Thu Sep 4, 2014 3:19 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Wa'alaikumussalam Wr. Wb.

File terlampir menggunakan sebuah kolom bantu yang berisi formula
pemanfaatan fungsi SubTotal. Dari hasil formula di kolom bantu, maka bisa
didapatkan posisi baris pertama yang tampak dari hasil filter. Yang tampak
pertama inilah yang diambil dan ditulis. Jadi, jika dipilih lebih dari 1
item, maka hanya item pertama yang ditulis.

Jika ingin menampilkan seluruh daftar yang dipilih (di-filter), maka
gunakan kolom bantu untuk menyusun daftar item yang dipilih user dalam
autofilter memanfaatkan fungsi SubTotal. Penyusunan daftar tersebut bisa
dilihat disini
<http://excel-mr-kid.blogspot.com.au/2014/03/menggabung-teks-banyak-baris-berkriteria.html>
yang kemudian dikembangkan.

Wasalamu'alaikum Wr. Wb.
Kid.

2014-09-04 14:12 GMT+10:00 Penggoda Iman b3ki_cot@yahoo.co.id
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
>
> Asslmkm para pakar excel
>
>
> saya ada kesulitan untuk menampilkan nama unit kerja dengan menggunakan
> filter.
> yang saya inginkan apabila saya memfilter nama pada kolom nmsatker maka
> nama satker yang terpilih akan tampil di bagian atas data yg bertuliskan
> "Unit Kerja :"
>
>
> mohon bantuannya karena saya masih awam dengn excel
> file terlampir
>
>
> terima kasih.
> ozan
>
>
>
>

Thu Sep 4, 2014 3:22 am (PDT) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Eureka...baru ketemu macronya.

Sila lihat file terlampir.
Coba bandingkan LOUV mainan mbak Siti dengan Unik_Lup (editannya)--> Font dibold hitam dan hijau

Function LOUV(D As Range)
'----------------------------------------------------------
' membuat daftar unique value berdasarkan range data
' coded by siti Vi / feb2006, di bluewater /recoded: 1jul2007, di jkt
'----------------------------------------------------------
Dim A(), X(), v, n As Integer, p As Integer, q As Integer, r As Integer
ReDim A(1 To D.Cells.Count)
For n = 1 To UBound(A): A(n) = D.Cells(n): Next n
For n = 1 To UBound(A) - 1
For q = UBound(A) To n + 1 Step -1
p = q - 1
If A(p) > A(q) Then
v = A(p): A(p) = A(q): A(q) = v
Else
If A(p) = A(q) Then A(q) = ""
End If
Next q
Next n
For n = 1 To UBound(A)
If Not A(n) = "" Then
r = r + 1: ReDim Preserve X(1 To r): X(r) = A(n)
End If
Next n
LOUV = WorksheetFunction.Transpose(X)
End Function

Sub Unik_Lup()
'----------------------------------------------------------
' membuat daftar unique value berdasarkan range data
' coded by siti Vi / feb2006, di bluewater /recoded: 1jul2007, di jkt
' edited by HK at 4 Sept 2014
'----------------------------------------------------------
Dim D As Range
Dim A(), X(), v, n As Integer, p As Integer, q As Integer, r As Integer
Set D = Selection
ReDim A(1 To D.Cells.Count)
For n = 1 To UBound(A): A(n) = D.Cells(n): Next n
For n = 1 To UBound(A) - 1
For q = UBound(A) To n + 1 Step -1
p = q - 1
If A(p) > A(q) Then
v = A(p): A(p) = A(q): A(q) = v
Else
If A(p) = A(q) Then A(q) = ""
End If
Next q
Next n
For n = 1 To UBound(A)
If Not A(n) = "" Then
r = r + 1: ReDim Preserve X(1 To r): X(r) = A(n)
End If
Next n
Range("B2", Range("B2").End(xlDown)).ClearContents
Range("B2:B" & r + 1) = WorksheetFunction.Transpose(X)
End Sub

Salam,
HK

On Thursday, 4 September 2014, 14:34, "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:


Ganti formula penggunaan LOUV jangan menjadi array block.

Cara :
1. hapus formula di kolom hasil (asumsi baris 1 header hasil dan record hasil pertama di baris 2, kolomnya bebas)
2. klik cell baris ke-2 (1 cell saja)
3. tulis formula : (sesuaikan rujukan range datanya)
=IFError( Index( LOUV( range_datanya_minimal_absolute_reference_baris ), row()-1 ) , "" )

*** jika regional setting komputer setempat adalah Indonesian, ganti karakter koma dengan titik koma.

4. copy formula ke baris berikutnya di kolom hasil (sesukanya atau sekuatnya komputer atau sesabarnya user menunggu kalkulasi)

Wassalam,

Kid.

2014-09-04 14:18 GMT+10:00 Hendrik Karnadi hendrikkarnadi@yahoo.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>Saya cuma nerusin pak. Yang punya ga bisa dihubungi lagi..terpaksa minta bantuan Mr. Kid atau pakar lainnya.
>
>
>Salam,
>HK
>
>
>Sent from Samsung Mobile
>
>
>-------- Original message --------
>From: "ris ha har1sn.excel@yahoo.com [belajar-excel]"
>Date:04/09/2014 09:45 (GMT+07:00)
>To: belajar-excel@yahoogroups.com
>Subject: Re: [belajar-excel] menghilangkan blank cell dan menurutkan data text [1 Attachment]
>
>
>Maaf file gambarnya ketinggalan
>
>
>Macro dari pak Hendrik Luar Biasa, hanya saja, tatkala tidak ada datanya
terjadi error, seperti pada gambar (maaf susah njelasinnya, jadi pake
gambar aja). Setelah pake IFERROR tetap tidak jadi, bagaimana ya jika
#N/A tidak tampil ato dihilangkan? Maaf mau utak atik macronya ga paham
Makasih
>
>
>
>
>
>
>On Thursday, September 4, 2014 9:34 AM, ris ha <har1sn.excel@yahoo.com> wrote:
>
>
>
>Macro dari pak Hendrik Luar Biasa, hanya saja, tatkala tidak ada datanya terjadi error, seperti pada gambar (maaf susah njelasinnya, jadi pake gambar aja). Setelah pake IFERROR tetap tidak jadi, bagaimana ya jika #N/A tidak tampil ato dihilangkan? Maaf mau utak atik macronya ga paham Makasih
>
>
>
>
>On Wednesday, September 3, 2014 3:48 PM, "hendrik karnadi hendrikkarnadi@yahoo.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>
>
>
>
>Hasilnya seperti file terlampir.
>
>
>Salam,
>HK
>
>
>
>
>
>
>On Wednesday, 3 September 2014, 15:01, "Hendrik Karnadi hendrikkarnadi@yahoo.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>
>
>
>
>Kalau susunan datanya tidak urut ...terpaksa pakai UDF nya mbak Siti (LOUV kependekan dari List Of Unique Values).
>Masalahnya, jika baris yg disorot berlebih maka akan keluar #N/A.
>
>
>Salam,
>HK
>
>
>
>
>
>
>Sent from Samsung Mobile
>
>
>-------- Original message --------
>From: "'Bagus' bagus@kingjim.co.id [belajar-excel]"
>Date:03/09/2014 14:54 (GMT+07:00)
>To: belajar-excel@yahoogroups.com
>Subject: Re: [belajar-excel] menghilangkan blank cell dan menurutkan data text
>
>
>
>Wa'alaykum salam warohmatullohi
wabarokatuhu..
>
>Coba begini pada B2, (Array formula
ya):
>=IFERROR(INDEX($A$2:$A$12,MATCH(SUM(COUNTIF($A$2:$A$12,B$1:B1)),COUNTIF($A$2:$A$12,"<"&$A$2:$A$12),0)),"")
>
>akhiri dengan CSE
>
>Copas kebawah
>
>
>Wassalam
>~
Bagus ~
>
>----- Original Message -----
>>From: ris ha har1sn.excel@yahoo.com [belajar-excel]
>>To: belajar-excel@yahoogroups.com
>>Sent: Wednesday, September 03, 2014 11:14 AM
>>Subject: [belajar-excel] menghilangkan blank cell dan menurutkan data text [1 Attachment]
>>
>>
>>Assalamu&#39;alaikum. para master excel
>>
>>
>>
>>Mohon saya dibantu lagi.
>>
>>Bagaimanaformulanya untuk menghilangkan cell blanks dan mengurutkan data text seperti pada contoh terlampir
>>
>>
>>Terima kasih.
>>
>>
>
>
>
>
>
>

Thu Sep 4, 2014 3:24 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai,

Mewarnai sesuatu memerlukan kejelasan definisi syarat pewarnaan. Jika
syaratnya adalah suatu peringkat, maka diperlukan juga definisi yang jelas
tentang penyusunan peringkat tersebut.

Sebaiknya dilampirkan contoh data yang detil mewakili kasus, disertai
penjelasan yang detil. Bila perlu, sertakan proses step by step pengerjaan
secara manualnya agar lebih mudah dipahami oleh member yang berusaha
membantu.

Wassalam,
Kid.

2014-09-04 14:30 GMT+10:00 jomblo_okzz@yahoo.co.id [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Dear all,
>
>
> Saya mau tanya nih gmn ya kira" caranya untuk mewarnai cell dgn kriteria
> tertentu. Kalau mengharuskan pakai macro bisakah dibantu kodingnya?
>
>
> Kasus :
>
> - Terdapat banyak worksheet
>
> - Data antar worksheet formatnya sama hanya urutan data nya saja yang
> berbeda (ini bagian yang harus diwarnai)
>
>
> Berikut saya lampirkan contoh dari data yang menjadi permasalahan.
>
>
>
>

Thu Sep 4, 2014 4:55 am (PDT) . Posted by:

"Rismayanti Darwis" rismayanti3102

Assalamualikum warahmatullahi wabarakatu,,

Dear para master,,,

Mohon bantuan dan pencerahannya tentang validasi data yang saya buat,,file
saya lampirkan ,,thanks sebelumnya,,

Wassalam

Risma

Thu Sep 4, 2014 5:19 am (PDT) . Posted by:

"lkm jktind" lkmjkt

Data file terlampir

Mencari data antara Tgl awal dan tgl akhir . kemudian di cari max

Sesuai dengan arahan pak Kid .

Tapi hasil nya kok kosong. / error

Salam

Lukman

Thu Sep 4, 2014 5:46 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Lukman,

Bisa jadi tipedata nilai yang dikalkulasi oleh formula tidak sesuai untuk
proses komputasi matematis.
Berhubung ndak datang-datang file contohnya, pakai contoh data karangan
sajah ya.

Wassalam,
Kid.

2014-09-04 22:15 GMT+10:00 lkm jktind lkmjktind@gmail.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Data file terlampir
>
> Mencari data antara Tgl awal dan tgl akhir . kemudian di cari max
>
> Sesuai dengan arahan pak Kid .
>
> Tapi hasil nya kok kosong. / error
>
>
>
>
> Salam
>
> Lukman
>
>
>

Thu Sep 4, 2014 5:33 am (PDT) . Posted by:

"Bagus" bagus4bls

Risma;

Wa'alaykum salam warohmatullohi wabarokatuhu.

Dari file yg anda kirim:
Seharusnya validasinya ada di kolom C (kode barang) bukan dikolom D (nama barang)
pada define name untuk barang, coba ganti "refers to" menjadi =Sheet1!$A$5:$B$16

sila lihat file terlampir

Wassalam

~ Bagus ~

----- Original Message -----
From: 'Rismayanti Darwis' rismayanti3102@gmail.com [belajar-excel]
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Thursday, September 04, 2014 6:49 PM
Subject: [belajar-excel] cara melakukan Validasi kata [1 Attachment]

Assalamualikum warahmatullahi wabarakatu,,

Dear para master,,,

Mohon bantuan dan pencerahannya tentang validasi data yang saya buat,,file saya lampirkan ,,thanks sebelumnya,,

Wassalam

Risma

Thu Sep 4, 2014 5:12 pm (PDT) . Posted by:

"Rismayanti Darwis" rismayanti3102

Mas Agus,,

Saya sudah mengikuti saran dari mas agus untuk merubah Define Name nya yang
ada di sheet!1 malah engga bisa di klik OK,,dan di sheet 2 Validasi data
saya udah ubah di kolom C dan tetapi di kolom D saya isi Formula hasilnya
malah N/A,,kira-kira apa yang salah ya,,mohon pencerahannya

Wassalam Risma

Thu Sep 4, 2014 5:21 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Wa'alaikumussalam Wr. Wb.

mbake,

Nama range-nya merujuk ke suatu area saja (ndak perlu pakai tambah-tambahan
antar areanya). Contohnya nama range 'Barang' diubah menjadi seperti
digambar.


Dengan demikian, fungsi vLookUp-nya akan mencari dikolom A di range
'Barang' lalu bisa ambil di kolom yang ada di nama range 'Barang'. Kalau
nanti hasilnya #N/A berarti yang dicari (kode itu) ndak ada di nama range
'Barang' kolom pertama (kolom A karena merujuk dari A ke D). nDak ada itu
bisa disebabkan karena memang tulisannya beda atau tipe datanya beda.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Kid.

2014-09-05 10:02 GMT+10:00 'Rismayanti Darwis' rismayanti3102@gmail.com
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Mas Agus,,
>
>
>
> Saya sudah mengikuti saran dari mas agus untuk merubah Define Name nya
> yang ada di sheet!1 malah engga bisa di klik OK,,dan di sheet 2 Validasi
> data saya udah ubah di kolom C dan tetapi di kolom D saya isi Formula
> hasilnya malah N/A,,kira-kira apa yang salah ya,,mohon pencerahannya
>
>
>
> Wassalam Risma
>
>
>

Thu Sep 4, 2014 5:42 pm (PDT) . Posted by:

"Bagus" bagus4bls

Risma;

Yang salah adalah define Namenya belum sesuai..

coba begini:

- buka sheet1 lalu click Name Manager


- Click Pilih Barang lalu click Edit


- Click pada refers to:


- Block data mulai A5:D16

Wassalam

~ Bagus ~

----- Original Message -----
From: 'Rismayanti Darwis' rismayanti3102@gmail.com [belajar-excel]
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Friday, September 05, 2014 7:02 AM
Subject: Re: [belajar-excel] cara melakukan Validasi kata [1 Attachment]

Mas Agus,,

Saya sudah mengikuti saran dari mas agus untuk merubah Define Name nya yang ada di sheet!1 malah engga bisa di klik OK,,dan di sheet 2 Validasi data saya udah ubah di kolom C dan tetapi di kolom D saya isi Formula hasilnya malah N/A,,kira-kira apa yang salah ya,,mohon pencerahannya

Wassalam Risma

Thu Sep 4, 2014 1:10 pm (PDT) . Posted by:

"lkm jktind" lkmjkt

Mohon Maaf sebelumnya.

Setelah saya isikan semua .

dan lalu datanya di ganti ganti --- seperti nya formula yg diatas tidak
sesuai dengan ,
atau tidak menghitung (data yang sering muncul.)

(kalau menghitung data yg sering di ganti ganti --- rasanya excel nya yg
nga mampu .
ada kemungkin kalau pakai macro excel . bisa di hitung . berapa banyak yg
input K B SB --
dan data counternya di sisipkan di salah satu sheet . jadi kalau di close
data counternya nga hilang.

Tapi pertanyaannya juga nga jelas .

Apa sih yg di artikan dengan data yg sering muncul .

Apakah banyak kali data itu muncul setelah di ganti ganti ?

Apakah yg dihitung adalah banyak nya data yg ada di deretan row yg sama ,
dan seterusnya.

Salam

Lukman.

NB : Khusus untuk pak bagus. rasanya formula bapak hanya mengambil data yg
ada di kolom yg berwarna hijau.
: sebenarnya mau ikutan belajar forula mod dan freq .

2014-09-03 9:27 GMT+07:00 'Bagus' bagus@kingjim.co.id [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
>
> Pak Fendi;
>
> Coba begini (array formula ya):
> =Index(b5:g5, mod(max(frequency(match(b5:g5,b5:g5,0),
> row(1:1))*100+row(1:1)),100))
>
> akhiri dengan CSE
>
>
> Wassalam
>
> ~ Bagus ~
>
>
>
> ----- Original Message -----
> *From:* Fendi S fendis@rocketmail.com [belajar-excel]
> <fendis@rocketmail.com+[belajar-excel]>
> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Sent:* Wednesday, September 03, 2014 6:47 AM
> *Subject:* [belajar-excel] data yang sering muncul [1 Attachment]
>
>
>
> Kepada yth, para master,
>
> Assalamualaikum wa. wb.
> Mohon memberi penjelasan bagaimana menentukan rumus modus (data yang
> sering muncul.
> Terima kasih.
> wassalam
>
>
>

Thu Sep 4, 2014 5:12 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

hehehe...
biasanya Modus (fungsi Mode untuk data numerik) dalam statistik adalah
nilai yang paling banyak muncul (jumlah cacah nya) dari suatu populasi
data. Populasi data inilah yang menjadi sumber manfaatnya.

Kalau counter yang paling banyak dipilih atau di-input-kan, biasanya data
inputan setiap sequence waktu disimpan menjadi suatu populasi data. Hal ini
akan membuat proses menjadi baik accountability-nya karena terbuka dan
transparan dengan segala rekam jejak inputan.

Excel Formula adalah salah satu bentuk koneksi data secara langsung. Jadi
hasil koneksi dengan Excel Formula akan selalu ter-update begitu akses ke
sumber data diperoleh Excel dan Excel diijinkan melakukan kalkulasi. Dengan
demikian, Excel Formula tidak pernah pantas menjadi alat penyimpan inputan,
karena memang didesain bukan untuk itu. Fitur Get External Data juga bukan
sebagai alat inputan (sama sama suatu koneksi data).

Untuk inputan, selalu kegiatannya adalah manual. User menginput, lalu
di-copy, kemudian di-paste. Atau user menginput, lalu dihitung, lalu
dicatat hasil hitungnya. Proses manual ini diotomasi (supaya manusia ndak
repot) dengan bantuan fitur VBA.

Jadi, apa saja yang mampu dilakukan oleh fitur Excel VBA, fitur Excel
Formula, fitur Excel Pivot Table, fitur Excel Find & Replace, fitur Goto
Special, Copy Paste Special, Get External Data, Sort, Filter, dan
sebagainya adalah kemampuan Excel. Setiap fitur dibangun untuk memiliki
kemampuan masing-masing. Kemudian, sebuah fitur yang membutuhkan kemampuan
fotur lain, bisa menggunakan fitur lain tersebut.

Salah satu kelebihan Excel adalah dokumentasi yang lengkap. Jadi, Excel
Help akan sangat berguna untuk mempelajari kemampuan yang dimiliki Excel.
Termasuk fungsi Mod dan Frequency. Bahkan dalam Excel Help disertai contoh
data dan penggunaannya.

;)

Wassalam,
Kid.

2014-09-05 0:08 GMT+10:00 lkm jktind lkmjktind@gmail.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Mohon Maaf sebelumnya.
>
> Setelah saya isikan semua .
>
> dan lalu datanya di ganti ganti --- seperti nya formula yg diatas tidak
> sesuai dengan ,
> atau tidak menghitung (data yang sering muncul.)
>
> (kalau menghitung data yg sering di ganti ganti --- rasanya excel nya yg
> nga mampu .
> ada kemungkin kalau pakai macro excel . bisa di hitung . berapa banyak
> yg input K B SB --
> dan data counternya di sisipkan di salah satu sheet . jadi kalau di close
> data counternya nga hilang.
>
>
> Tapi pertanyaannya juga nga jelas .
>
> Apa sih yg di artikan dengan data yg sering muncul .
>
> Apakah banyak kali data itu muncul setelah di ganti ganti ?
>
> Apakah yg dihitung adalah banyak nya data yg ada di deretan row yg sama ,
> dan seterusnya.
>
>
> Salam
>
> Lukman.
>
>
> NB : Khusus untuk pak bagus. rasanya formula bapak hanya mengambil data
> yg ada di kolom yg berwarna hijau.
> : sebenarnya mau ikutan belajar forula mod dan freq .
>
>
>
> 2014-09-03 9:27 GMT+07:00 'Bagus' bagus@kingjim.co.id [belajar-excel] <
> belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>>
>>
>> Pak Fendi;
>>
>> Coba begini (array formula ya):
>> =Index(b5:g5, mod(max(frequency(match(b5:g5,b5:g5,0),
>> row(1:1))*100+row(1:1)),100))
>>
>> akhiri dengan CSE
>>
>>
>> Wassalam
>>
>> ~ Bagus ~
>>
>>
>>
>> ----- Original Message -----
>> *From:* Fendi S fendis@rocketmail.com [belajar-excel]
>> <fendis@rocketmail.com+[belajar-excel]>
>> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
>> *Sent:* Wednesday, September 03, 2014 6:47 AM
>> *Subject:* [belajar-excel] data yang sering muncul [1 Attachment]
>>
>>
>>
>> Kepada yth, para master,
>>
>> Assalamualaikum wa. wb.
>> Mohon memberi penjelasan bagaimana menentukan rumus modus (data yang
>> sering muncul.
>> Terima kasih.
>> wassalam
>>
>>
>
>

Thu Sep 4, 2014 8:21 pm (PDT) . Posted by:

"odong nando"

dear bos kid,

berdasarkan arahan bos kid, saya sudah lihat file ny, dan yang saya mengerti untuk kasus ini hanya yang memakai kolom bantu, menjadi :
=sumproduct( 1/countif ( c1:c10,c1:c10 ) )
dengan asumsi kolom batu ada di colum C.
tapi saya tidak berhasil memakai cara yang tanpa kolom bantu,
sudi kiranya bos kid untuk menunjukkan formula hitung unik multi kriteria yang dapat jalan di excel 2003.
:)

thx,

odong

Pada Kamis, 4 September 2014 14:23, "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:


Coba ke arsip :
https://groups.yahoo.com/neo/groups/belajar-excel/conversations/messages/33238

Wassalam,
Kid.

2014-09-03 20:00 GMT+10:00 odong nando odongnando@yahoo.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>Dear all...
>Apa formula subtitusi untuk :
>=sumproduct( 1/countifs ( a1:a10,a1:a10,b1:b10,b1:b10 ))
>Yg dpt jalan di excel 2003, alny dah coba countifs ny di ganti sum or sumproduct, tp hasilnya ngacoo... :'(
>
>br .
>odong

=====================================================================
Pojok Lowongan Kerja yang disediakan milis :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/Pojok-Lowongan-Kerja-f5725753.html

Posting lowongan kerja : ke link tersebut dan klik New Topic
=====================================================================

---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar