15 Messages
Digest #3088
Messages
Mon Sep 15, 2014 7:53 pm (PDT) . Posted by:
"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
Hai Boni,
Bukan pivot tables nya yang membuat masalah, tetapi memang bawaan dari orok
si file Excel adalah bekerja Exclusive.
Pada kasus ini, fitur Connection hasil Get External Data (yang bisa bekerja
secara luas pada berbagai database) berbenturan dengan sifat Exclusive si
file Excel. Tapi, bukan berarti ketika di-shared workbook terus masalah
selesai loh. Shared workbook seperti proses buka tutup workbook di dalam
sana (yang tak diketahui user).
Jika memang data sering di-Update, mungkin akan lebih baik jika mulai
diletakkan pada sebuah aplikasi database atau malah system database. Excel
adalah aplikasi spreadsheet dan bukan aplikasi database, meski (saat ini
Excel) punya kemampuan untuk bekerja bersama data lain.
Wassalam,
Kid.
2014-09-12 18:25 GMT+10:00 Boni Vasius bonivasius@gmail.com [belajar-excel]
<belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
> sore mr.kid
> terima kasih atas bantuannya.saya sudah download Microsoft Office 15.0
> access blabla OLE DB ternyata office saya pakainya versi 12.0
> lalu saya ikuti langkah2 yang telah diajarkan dan berhasil .saat ini
> masalah yang timbul :
>
> pada saat file data di buka jika file pivot sudah terbuka pilihannya
> otomatis read only. tapi kalau file data di buka lebih dahulu baru setelah
> itu file pivot yang dibuka maka file data bisa diedit karena bukan read
> only.
>
> mohon pentunjuknya atas masalah saya ini
> thanks.
>
> 2014-09-01 16:40 GMT+07:00 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel] <
> belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
>>
>> Hai Boni,
>>
>> 1. Coba unduh access runtime dari sini :
>> http://www.microsoft.com/en-us/download/details.aspx?id=39358
>> (pilih platform yang sesuai dengan office yang digunakan, yaitu x64 atau
>> x32)
>>
>> 2. tutup semua office lalu install (restart jika diminta).
>>
>> 3. Buka Excel kosongan -> ribbon Data -> group Get External Data -> from
>> other sources -> from data connection wizard
>>
>> 4. pilih Other/advanced -> klik tab Provider -> pilih item Microsoft
>> Office 15.0 access blabla OLE DB gitu
>>
>> 5. klik tab Advanced -> hilangkan semua centang -> lalu centang item
>> Share Deny None
>>
>> 6. klik tab ALL -> double click item Extended Properties -> tulis yang
>> sama persis bunyi berikut :
>> Excel 15.0
>> -> tekan OK
>>
>> 7. masih di tab ALL -> double click Data Source -> isi dengan alamat
>> lengkap file sumber data, misal :
>> D:\myData\myFolder\file sumber dataku.xlsx
>> -> tekan OK
>>
>> 8. [bila perlu] ke tab Connections -> klik Test Connections
>> -> kalau success -> OK
>> -> kalau gagal -> OK -> ganti data provider (sepertinya ada versi
>> sebelumnya yang sudah ter-install dan jadi default office) -> ke no 4
>>
>> 9. tekan OK -> muncul dialog untuk pilih sheet sumber data -> pilih -> OK
>> -> pilih tampilannya mau table atau pivot -> dst
>>
>> Wassalam,
>> Kid.
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>> 2014-09-01 19:09 GMT+10:00 Boni Vasius bonivasius@gmail.com
>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>>
>>
>>>
>>> siang mr.kid .
>>>
>>> saya tidak menemukan MS Office 15.0 Access Database Engine OLEDB jadi
>>> saya coba membuat pivot dengan langkah sbb:
>>> 1 buka file data yg di perlukan ->buat data tsb menjadi tabel dan ganti
>>> nama tabel->simpan dan jangan ditutup filenya
>>> 2 buka file kosong ->insert->tables->pivot table->create pivot table ->
>>> use an external data source -> choose connection ->table ->pilih nama table
>>> yang dibuat di file data ->open -> add this data to the data model
>>> kondisinya tercentang -> ok ->setelah diisi row dan valuenya lalu saya
>>> refresh berjalan normal.
>>>
>>> setelah itu semua file saya tutup.saya coba buka pivot table tanpa buka
>>> file data ternyata ada pemberitahuan microsoft excel security notice saya
>>> klik ok dan ada pemberitahuan lagi bahwa file data harus dibuka.setelah
>>> file data di buka baru bisa refresh.
>>>
>>> supaya saya bisa refresh pivot tanpa buka file data .langkah apa saja
>>> yang harus di perbaiki / ditambah.
>>>
>>> thanks mr.kid.
>>>
>>>
>>>
>>
>
>
Bukan pivot tables nya yang membuat masalah, tetapi memang bawaan dari orok
si file Excel adalah bekerja Exclusive.
Pada kasus ini, fitur Connection hasil Get External Data (yang bisa bekerja
secara luas pada berbagai database) berbenturan dengan sifat Exclusive si
file Excel. Tapi, bukan berarti ketika di-shared workbook terus masalah
selesai loh. Shared workbook seperti proses buka tutup workbook di dalam
sana (yang tak diketahui user).
Jika memang data sering di-Update, mungkin akan lebih baik jika mulai
diletakkan pada sebuah aplikasi database atau malah system database. Excel
adalah aplikasi spreadsheet dan bukan aplikasi database, meski (saat ini
Excel) punya kemampuan untuk bekerja bersama data lain.
Wassalam,
Kid.
2014-09-12 18:25 GMT+10:00 Boni Vasius bonivasius@gmail.com [belajar-excel]
<belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
> sore mr.kid
> terima kasih atas bantuannya.saya sudah download Microsoft Office 15.0
> access blabla OLE DB ternyata office saya pakainya versi 12.0
> lalu saya ikuti langkah2 yang telah diajarkan dan berhasil .saat ini
> masalah yang timbul :
>
> pada saat file data di buka jika file pivot sudah terbuka pilihannya
> otomatis read only. tapi kalau file data di buka lebih dahulu baru setelah
> itu file pivot yang dibuka maka file data bisa diedit karena bukan read
> only.
>
> mohon pentunjuknya atas masalah saya ini
> thanks.
>
> 2014-09-01 16:40 GMT+07:00 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel] <
> belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
>>
>> Hai Boni,
>>
>> 1. Coba unduh access runtime dari sini :
>> http://www.microsoft.com/en-us/download/details.aspx?id=39358
>> (pilih platform yang sesuai dengan office yang digunakan, yaitu x64 atau
>> x32)
>>
>> 2. tutup semua office lalu install (restart jika diminta).
>>
>> 3. Buka Excel kosongan -> ribbon Data -> group Get External Data -> from
>> other sources -> from data connection wizard
>>
>> 4. pilih Other/advanced -> klik tab Provider -> pilih item Microsoft
>> Office 15.0 access blabla OLE DB gitu
>>
>> 5. klik tab Advanced -> hilangkan semua centang -> lalu centang item
>> Share Deny None
>>
>> 6. klik tab ALL -> double click item Extended Properties -> tulis yang
>> sama persis bunyi berikut :
>> Excel 15.0
>> -> tekan OK
>>
>> 7. masih di tab ALL -> double click Data Source -> isi dengan alamat
>> lengkap file sumber data, misal :
>> D:\myData\myFolder\file sumber dataku.xlsx
>> -> tekan OK
>>
>> 8. [bila perlu] ke tab Connections -> klik Test Connections
>> -> kalau success -> OK
>> -> kalau gagal -> OK -> ganti data provider (sepertinya ada versi
>> sebelumnya yang sudah ter-install dan jadi default office) -> ke no 4
>>
>> 9. tekan OK -> muncul dialog untuk pilih sheet sumber data -> pilih -> OK
>> -> pilih tampilannya mau table atau pivot -> dst
>>
>> Wassalam,
>> Kid.
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>> 2014-09-01 19:09 GMT+10:00 Boni Vasius bonivasius@gmail.com
>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>>
>>
>>>
>>> siang mr.kid .
>>>
>>> saya tidak menemukan MS Office 15.0 Access Database Engine OLEDB jadi
>>> saya coba membuat pivot dengan langkah sbb:
>>> 1 buka file data yg di perlukan ->buat data tsb menjadi tabel dan ganti
>>> nama tabel->simpan dan jangan ditutup filenya
>>> 2 buka file kosong ->insert-
>>> use an external data source -> choose connection ->table ->pilih nama table
>>> yang dibuat di file data ->open -> add this data to the data model
>>> kondisinya tercentang -> ok ->setelah diisi row dan valuenya lalu saya
>>> refresh berjalan normal.
>>>
>>> setelah itu semua file saya tutup.saya coba buka pivot table tanpa buka
>>> file data ternyata ada pemberitahuan microsoft excel security notice saya
>>> klik ok dan ada pemberitahuan lagi bahwa file data harus dibuka.setelah
>>> file data di buka baru bisa refresh.
>>>
>>> supaya saya bisa refresh pivot tanpa buka file data .langkah apa saja
>>> yang harus di perbaiki / ditambah.
>>>
>>> thanks mr.kid.
>>>
>>>
>>>
>>
>
>
Mon Sep 15, 2014 7:53 pm (PDT) . Posted by:
"SUYONO"
Terima kasih Pa bagus atas penjelasannya.
Untuk Mr Kid mohon penjelasannya untuk rumus tersebut, biar tambah paham lagi.
Wassalamu'alaikum wr.wb.
Suyono
From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
Sent: Tuesday, September 16, 2014 9:36 AM
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Cari & ganti kata
Wa'alaykum salam warohmatullohi wabarokatuhu..
Pak Yono;
Pencipta rumus tsb adalah Oom Kid,
ini saya copas dari penjelasan Oom Kid ya..
Formula LookUp memiliki syntax :
=LookUp ( nilai_yang_di_lookup , array_data_lookup , [array_data_yang_diambil] )
[array_data_yang_diambil] jika dikosongkan akan mengambil data dari array_data_lookup.
Pada formula lookup berbunyi :
=LOOKUP(2,1/(MID(A2,15,1)=Base!$A$2:$A$4),Base!$B$2:$B$4)
Bahasa manusia nya kira2 begini:
"Tolong carikan data terakhir [LookUp(2,1/] yang memenuhi syarat di cell A2 pada sheet Data [(MID(A2,15,1)] sama dengan nilai pada sheet Base dari A2 sampai A4 [=Base!A2:A41)]. Kalau ada, ambil nilai pada sheet Base di kolom B mulai baris 2 sampai baris 4 [,Base!B2:B4)].
Jika masih belum jelas, sila bertanya langsung pada sang maestro ya pak..
Wassalam
~ Bagus ~
----- Original Message -----
From: SUYONO reza.suyono@lge.com [belajar-excel]<mailto:reza.suyono@lge.com%20[belajar-excel]>
To: belajar-excel@yahoogroups.com<mailto:belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Tuesday, September 16, 2014 7:44 AM
Subject: RE: [belajar-excel] Cari & ganti kata
Assalamu'alaikum wr.wb.
Untuk rumus yang ini saya belum paham
1/(MID(A2,15,1)=Base!$A$2:$A$4)
Maksudnya apa,mohon penjelasannya pa.
=LOOKUP(2,1/(MID(A2,15,1)=Base!$A$2:$A$4),Base!$B$2:$B$4)
Wassalamu'alaikum war.wb.
Yono
From: belajar-excel@yahoogroups.com<mailto:belajar-excel@yahoogroups.com> [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
Sent: Monday, September 15, 2014 1:20 PM
To: belajar-excel@yahoogroups.com<mailto:belajar-excel@yahoogroups.com>
Subject: Re: [belajar-excel] Cari & ganti kata
Warehouse;
Coba begini:
=INDEX(Base!$B$2:$B$4,MATCH(MID(A2,15,1),Base!$A$2:$A$4,0))
atau begini:
=VLOOKUP(MID(A2,15,1),Base!$A$2:$B$4,2)
atau begini:
=LOOKUP(2,1/(MID(A2,15,1)=Base!$A$2:$A$4),Base!$B$2:$B$4)
lalu copas kebawah
Wassalam
~ Bagus ~
----- Original Message -----
From: Wewith Isme wewithisme@ymail.com [belajar-excel]<mailto:wewithisme@ymail.com%20[belajar-excel]>
To: belajar-excel@yahoogroups.com<mailto:belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Monday, September 15, 2014 11:38 AM
Subject: [belajar-excel] Cari & ganti kata [1 Attachment]
Dear Para Master Excel,
mohon pencerahan rumus untuk mencari kata dalam kalimat agar dapat mencocokkan dengan data lain hingga dapat dimunculkan ke cell yang lain, contoh kasus terlampir
Data Pencarian
Hasil
Bila ada kata A maka akan muncul kata yang sesuai di kolom B
Bagus
Bila ada kata C maka akan muncul kata yang sesuai di kolom B
Jelek
Bila ada kata B maka akan muncul kata yang sesuai di kolom B
Sedang
Data Sumber
A
Bagus
B
Sedang
C
Jelek
Terima kasih atas perhatiannya,mohon petunjuknya
Thx
WH
Untuk Mr Kid mohon penjelasannya untuk rumus tersebut, biar tambah paham lagi.
Wassalamu'alaikum wr.wb.
Suyono
From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
Sent: Tuesday, September 16, 2014 9:36 AM
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Cari & ganti kata
Wa'alaykum salam warohmatullohi wabarokatuhu..
Pak Yono;
Pencipta rumus tsb adalah Oom Kid,
ini saya copas dari penjelasan Oom Kid ya..
Formula LookUp memiliki syntax :
=LookUp ( nilai_yang_di_lookup , array_data_lookup , [array_data_yang_diambil] )
[array_data_yang_diambil] jika dikosongkan akan mengambil data dari array_data_lookup.
Pada formula lookup berbunyi :
=LOOKUP(2,1/(MID(A2,15,1)=Base!$A$2:$A$4),Base!$B$2:$B$4)
Bahasa manusia nya kira2 begini:
"Tolong carikan data terakhir [LookUp(2,1/] yang memenuhi syarat di cell A2 pada sheet Data [(MID(A2,15,1)] sama dengan nilai pada sheet Base dari A2 sampai A4 [=Base!A2:A41)]. Kalau ada, ambil nilai pada sheet Base di kolom B mulai baris 2 sampai baris 4 [,Base!B2:B4)].
Jika masih belum jelas, sila bertanya langsung pada sang maestro ya pak..
Wassalam
~ Bagus ~
----- Original Message -----
From: SUYONO reza.suyono@lge.com [belajar-excel]<mailto:reza.suyono@lge.com%20[belajar-excel]>
To: belajar-excel@yahoogroups.com<mailto:belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Tuesday, September 16, 2014 7:44 AM
Subject: RE: [belajar-excel] Cari & ganti kata
Assalamu'alaikum wr.wb.
Untuk rumus yang ini saya belum paham
1/(MID(A2,15,1)=Base!$A$2:$A$4)
Maksudnya apa,mohon penjelasannya pa.
=LOOKUP(2,1/(MID(A2,15,1)=Base!$A$2:$A$4),Base!$B$2:$B$4)
Wassalamu'alaikum war.wb.
Yono
From: belajar-excel@yahoogroups.com<mailto:belajar-excel@yahoogroups.com> [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
Sent: Monday, September 15, 2014 1:20 PM
To: belajar-excel@yahoogroups.com<mailto:belajar-excel@yahoogroups.com>
Subject: Re: [belajar-excel] Cari & ganti kata
Warehouse;
Coba begini:
=INDEX(Base!$B$2:$B$4,MATCH(MID(A2,15,1),Base!$A$2:$A$4,0))
atau begini:
=VLOOKUP(MID(A2,15,1),Base!$A$2:$B$4,2)
atau begini:
=LOOKUP(2,1/(MID(A2,15,1)=Base!$A$2:$A$4),Base!$B$2:$B$4)
lalu copas kebawah
Wassalam
~ Bagus ~
----- Original Message -----
From: Wewith Isme wewithisme@ymail.com [belajar-excel]<mailto:wewithisme@ymail.com%20[belajar-excel]>
To: belajar-excel@yahoogroups.com<mailto:belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Monday, September 15, 2014 11:38 AM
Subject: [belajar-excel] Cari & ganti kata [1 Attachment]
Dear Para Master Excel,
mohon pencerahan rumus untuk mencari kata dalam kalimat agar dapat mencocokkan dengan data lain hingga dapat dimunculkan ke cell yang lain, contoh kasus terlampir
Data Pencarian
Hasil
Bila ada kata A maka akan muncul kata yang sesuai di kolom B
Bagus
Bila ada kata C maka akan muncul kata yang sesuai di kolom B
Jelek
Bila ada kata B maka akan muncul kata yang sesuai di kolom B
Sedang
Data Sumber
A
Bagus
B
Sedang
C
Jelek
Terima kasih atas perhatiannya,
Thx
WH
Mon Sep 15, 2014 8:02 pm (PDT) . Posted by:
"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
Wa'alaikumussalam Wr. Wb.
Biar telat yang penting urun...
mbak, file terlampir sekedar iseng pake pivot table. sapa tahu bisa jadi
bahan munculnya ide baru.
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Kid.
2014-09-12 17:59 GMT+10:00 fatimah nazmy fatimahnazmy@yahoo.com
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
> Assalamu 'alaikum Wr.Wb
> Salam kenal semuanya rekan2 milis belajar excel. saya pendatang baru ingin
> bantuan dari para rekan2.
> 1. di kolom nama bahan otomatis muncul nama-nama bahan yang dimasukkan
> di sheet master dan sesuai bulan yang di pilih
> 2. begitu juga di kolom banyaknya, dan total diambil dari banyaknya dan
> total di sheet master dengan nama bahan serta bulan yang di tentukan.
>
> file terlampir.
>
>
>
>
Biar telat yang penting urun...
mbak, file terlampir sekedar iseng pake pivot table. sapa tahu bisa jadi
bahan munculnya ide baru.
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Kid.
2014-09-12 17:59 GMT+10:00 fatimah nazmy fatimahnazmy@yahoo.com
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
> Assalamu 'alaikum Wr.Wb
> Salam kenal semuanya rekan2 milis belajar excel. saya pendatang baru ingin
> bantuan dari para rekan2.
> 1. di kolom nama bahan otomatis muncul nama-nama bahan yang dimasukkan
> di sheet master dan sesuai bulan yang di pilih
> 2. begitu juga di kolom banyaknya, dan total diambil dari banyaknya dan
> total di sheet master dengan nama bahan serta bulan yang di tentukan.
>
> file terlampir.
>
>
>
>
Mon Sep 15, 2014 8:29 pm (PDT) . Posted by:
"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
Hai Sandra,
Bisa jadi akan lebih mudah jika memanfaatkan object control ListBox
daripada textbox dijejer-jejer sendiri demikian.
Cara isi listbox mirip dengan cara isi Combobox.
Untuk kasus ini, bisa dengan harus baca satu per satu seluruh record data
(kalau ada 1 juta record, ya baca 1 juta record). Tiap baca sebuah record,
periksa namanya cocok gak. Kalau cocok, masukkan ke listbox, kalau ndak
cocok, ke record berikutnya dan berulang terus sampai record terakhir.
Proses ini namanya loop. Kalau masih bingung apa itu loop, moga-moga
perjalanan ke blog milis yang ada disini
<http://b-excel.blogspot.com.au/2013/08/belajarvba-010-perulangan-1-for-next.html>
bisa sedikit mengurangi (kalo ndak malah tambah bingung). Untuk cara susun
kondisi alias IF atau semacamnya, bisa dimulai dari sini
<http://b-excel.blogspot.com.au/2013/08/belajarvba-008-blok-if.html>. Kalau
tentang mengisi combobox yang bisa diterapkan untuk listbox, coba lihat tentang
combobox yang mulai dari sini
<http://b-excel.blogspot.com.au/2014/02/belajarvba-102-combobox-01.html>.
Kalau terasa ribet dengan cara di atas, bisa juga dengan cara membuat tabel
bantu berisi daftar angsuran sesuai nama terpilih (hasil filter data) di
sheet lain. Lalu hasil yang ada di sheet tersebut dibaca satu per satu
untuk dimasukkan ke listbox atau controls yang akan Anda gunakan dalam user
form.
Kalau mau ndak pakai userform, mungkin fitur Pivot Table bisa membantu.
Wassalam,
Kid.
Bisa jadi akan lebih mudah jika memanfaatkan object control ListBox
daripada textbox dijejer-jejer sendiri demikian.
Cara isi listbox mirip dengan cara isi Combobox.
Untuk kasus ini, bisa dengan harus baca satu per satu seluruh record data
(kalau ada 1 juta record, ya baca 1 juta record). Tiap baca sebuah record,
periksa namanya cocok gak. Kalau cocok, masukkan ke listbox, kalau ndak
cocok, ke record berikutnya dan berulang terus sampai record terakhir.
Proses ini namanya loop. Kalau masih bingung apa itu loop, moga-moga
perjalanan ke blog milis yang ada disini
<http://b-excel.blogspot.com.au/2013/08/belajarvba-010-perulangan-1-for-next.html>
bisa sedikit mengurangi (kalo ndak malah tambah bingung). Untuk cara susun
kondisi alias IF atau semacamnya, bisa dimulai dari sini
<http://b-excel.blogspot.com.au/2013/08/belajarvba-008-blok-if.html>. Kalau
tentang mengisi combobox yang bisa diterapkan untuk listbox, coba lihat tentang
combobox yang mulai dari sini
<http://b-excel.blogspot.com.au/2014/02/belajarvba-102-combobox-01.html>.
Kalau terasa ribet dengan cara di atas, bisa juga dengan cara membuat tabel
bantu berisi daftar angsuran sesuai nama terpilih (hasil filter data) di
sheet lain. Lalu hasil yang ada di sheet tersebut dibaca satu per satu
untuk dimasukkan ke listbox atau controls yang akan Anda gunakan dalam user
form.
Kalau mau ndak pakai userform, mungkin fitur Pivot Table bisa membantu.
Wassalam,
Kid.
Mon Sep 15, 2014 8:50 pm (PDT) . Posted by:
"supri anto"
Alhamdulillah,pak suyono....
oya lantas apabila saya ingin menambahkan kriteria lagi,misal pada
colom G (tgl) dan saya coba setelah yang bapk buat:
DataExist = WorksheetFunction.CountIf(Range("C:C"), cboNama.Value)
If DataExist > 0 Then
MsgBox "Data sudah ada", vbInformation, "Data dobel"
Exit Sub
kemudian saya tambahkan dengan :
Else
Datatgl = WorksheetFunction.CountIfs(Range("C:C","G:G"), TxtTgl.Value)
If Datatgl > 0 Then
MsgBox "Data tgl sudah ada", vbInformation, "Data dobel"
Exit Sub
tapi kog tidak bisa ya pak.... apa salah dalam penempatannya atau
memang seharusnya tidak demikian sekripnya......
On 9/15/14, SUYONO reza.suyono@lge.com [belajar-excel]
<belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
> Assalamu'alaikum wr.wb.
>
> Pa supri, pake fungsi countif untuk menolak input data yang sama.
>
> Wassalamu'alaikum war.wb.
>
> From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
> Sent: Sunday, September 14, 2014 1:23 PM
> To: belajar-excel@yahoogroups.com
> Subject: [belajar-excel] menolak input data kembar pada comboBox userform [1
> Attachment]
>
>
>
> Assalamu'alaikum wr.wb.
>
> Alhamdulillah, berdasarkan ilmu-ilmu dari para suhu,saya bisa membuat
> input data menggunakan userform. Yang ingin saya tanyakan bagaimana
> supaya menolak input data yang sama pada ComboBox yang ada di
> userform.....(Filenya terlampir)
>
> Mohon bantuannya ya para Suhu Excel....
>
> Terima kasih banyak sebelumnya...
>
> Wassalamu'alaikum war.wb.
>
> salam
> supri
>
>
oya lantas apabila saya ingin menambahkan kriteria lagi,misal pada
colom G (tgl) dan saya coba setelah yang bapk buat:
DataExist = WorksheetFunction.CountIf(Range("C:C"), cboNama.Value)
If DataExist > 0 Then
MsgBox "Data sudah ada", vbInformation, "Data dobel"
Exit Sub
kemudian saya tambahkan dengan :
Else
Datatgl = WorksheetFunction.CountIfs(Range("C:C","G:G"), TxtTgl.Value)
If Datatgl > 0 Then
MsgBox "Data tgl sudah ada", vbInformation, "Data dobel"
Exit Sub
tapi kog tidak bisa ya pak.... apa salah dalam penempatannya atau
memang seharusnya tidak demikian sekripnya......
On 9/15/14, SUYONO reza.suyono@lge.com [belajar-excel]
<belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
> Assalamu'alaikum wr.wb.
>
> Pa supri, pake fungsi countif untuk menolak input data yang sama.
>
> Wassalamu'alaikum war.wb.
>
> From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
> Sent: Sunday, September 14, 2014 1:23 PM
> To: belajar-excel@yahoogroups.com
> Subject: [belajar-excel] menolak input data kembar pada comboBox userform [1
> Attachment]
>
>
>
> Assalamu'
>
> Alhamdulillah, berdasarkan ilmu-ilmu dari para suhu,saya bisa membuat
> input data menggunakan userform. Yang ingin saya tanyakan bagaimana
> supaya menolak input data yang sama pada ComboBox yang ada di
> userform....
>
> Mohon bantuannya ya para Suhu Excel....
>
> Terima kasih banyak sebelumnya..
>
> Wassalamu'
>
> salam
> supri
>
>
Mon Sep 15, 2014 8:50 pm (PDT) . Posted by:
"supri anto"
Oya mohon maaf filenya ketinggalan.... ^_^
On 9/16/14, supri anto <supriantohdl07excel@gmail.com> wrote:
> Alhamdulillah,pak suyono....
>
> oya lantas apabila saya ingin menambahkan kriteria lagi,misal pada
> colom G (tgl) dan saya coba setelah yang bapk buat:
>
> DataExist = WorksheetFunction.CountIf(Range("C:C"), cboNama.Value)
> If DataExist > 8 Then
> MsgBox "Data sudah ada", vbInformation, "Data dobel"
> Exit Sub
>
> kemudian saya tambahkan dengan :
>
> Else
> Datatgl = WorksheetFunction.CountIfs(Range("C:C","G:G"), TxtTgl.Value)
> If Datatgl > 0 Then
> MsgBox "Data tgl sudah ada", vbInformation, "Data dobel"
> Exit Sub
>
> tapi kog tidak bisa ya pak.... apa salah dalam penempatannya atau
> memang seharusnya tidak demikian sekripnya......
>
> On 9/15/14, SUYONO reza.suyono@lge.com [belajar-excel]
> <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>> Assalamu'alaikum wr.wb.
>>
>> Pa supri, pake fungsi countif untuk menolak input data yang sama.
>>
>> Wassalamu'alaikum war.wb.
>>
>> From: belajar-excel@yahoogroups.com
>> [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
>> Sent: Sunday, September 14, 2014 1:23 PM
>> To: belajar-excel@yahoogroups.com
>> Subject: [belajar-excel] menolak input data kembar pada comboBox userform
>> [1
>> Attachment]
>>
>>
>>
>> Assalamu'alaikum wr.wb.
>>
>> Alhamdulillah, berdasarkan ilmu-ilmu dari para suhu,saya bisa membuat
>> input data menggunakan userform. Yang ingin saya tanyakan bagaimana
>> supaya menolak input data yang sama pada ComboBox yang ada di
>> userform.....(Filenya terlampir)
>>
>> Mohon bantuannya ya para Suhu Excel....
>>
>> Terima kasih banyak sebelumnya...
>>
>> Wassalamu'alaikum war.wb.
>>
>> salam
>> supri
>>
>>
>
On 9/16/14, supri anto <supriantohdl07excel@gmail.com> wrote:
> Alhamdulillah,pak suyono....
>
> oya lantas apabila saya ingin menambahkan kriteria lagi,misal pada
> colom G (tgl) dan saya coba setelah yang bapk buat:
>
> DataExist = WorksheetFunction.CountIf(Range("C:C"), cboNama.Value)
> If DataExist > 8 Then
> MsgBox "Data sudah ada", vbInformation, "Data dobel"
> Exit Sub
>
> kemudian saya tambahkan dengan :
>
> Else
> Datatgl = WorksheetFunction.CountIfs(Range("C:C","G:G"), TxtTgl.Value)
> If Datatgl > 0 Then
> MsgBox "Data tgl sudah ada", vbInformation, "Data dobel"
> Exit Sub
>
> tapi kog tidak bisa ya pak.... apa salah dalam penempatannya atau
> memang seharusnya tidak demikian sekripnya......
>
> On 9/15/14, SUYONO reza.suyono@lge.com [belajar-excel]
> <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>> Assalamu'alaikum wr.wb.
>>
>> Pa supri, pake fungsi countif untuk menolak input data yang sama.
>>
>> Wassalamu'alaikum war.wb.
>>
>> From: belajar-excel@yahoogroups.com
>> [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
>> Sent: Sunday, September 14, 2014 1:23 PM
>> To: belajar-excel@yahoogroups.com
>> Subject: [belajar-excel] menolak input data kembar pada comboBox userform
>> [1
>> Attachment]
>>
>>
>>
>> Assalamu'
>>
>> Alhamdulillah, berdasarkan ilmu-ilmu dari para suhu,saya bisa membuat
>> input data menggunakan userform. Yang ingin saya tanyakan bagaimana
>> supaya menolak input data yang sama pada ComboBox yang ada di
>> userform....
>>
>> Mohon bantuannya ya para Suhu Excel....
>>
>> Terima kasih banyak sebelumnya..
>>
>> Wassalamu'
>>
>> salam
>> supri
>>
>>
>
Mon Sep 15, 2014 8:50 pm (PDT) . Posted by:
agunk_full
Dear be-Exceler...
Kenapa jika Saya Memanfaatkan Event Worksheet Change dengan ComboBox Tidak Bisa Jalan tapi jika dengan Data Validation Bisa...
bagaimana Solusinya agar Bisa jalan dengan ComboBox. . .
Thanks,B'Regards
-Agunk-
Kenapa jika Saya Memanfaatkan Event Worksheet Change dengan ComboBox Tidak Bisa Jalan tapi jika dengan Data Validation Bisa...
bagaimana Solusinya agar Bisa jalan dengan ComboBox. . .
Thanks,B'
-Agunk-
Mon Sep 15, 2014 9:37 pm (PDT) . Posted by:
"Nang Agus"
Asalamualaikumwarahmatullah,
Mas Agung
Coba cekript ditulis pada Object Combo box1 dibuat prosedur Change.
Selengkapnya:
Private Sub ComboBox1_Change()
Dim dTabel As Range, Tampil As Range
Dim r As Long, n As Long
Application.Calculation = xlCalculationManual
Application.EnableEvents = False
On Error GoTo AKHIR
Set dTabel = Cells(1, 1).CurrentRegion
Set Tampil = Cells(13, 6).CurrentRegion
Tampil.ClearContents
For r = 2 To dTabel.Rows.Count
If dTabel(r, 1) = Range("f11").Value Then
n = n + 1
Tampil(n, 1) = dTabel(r, 1)
Tampil(n, 2) = dTabel(r, 2)
End If
Next
AKHIR:
Application.Calculation = xlCalculationAutomatic
Application.EnableEvents = True
End Sub
Wasalam
NangAgus
2014-09-16 10:44 GMT+07:00 agungdotcom13@yahoo.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
> Dear be-Exceler...
>
>
> Kenapa jika Saya Memanfaatkan Event Worksheet Change dengan ComboBox Tidak
> Bisa Jalan tapi jika dengan Data Validation Bisa...
>
> bagaimana Solusinya agar Bisa jalan dengan ComboBox. . .
>
>
>
>
>
>
>
> Thanks,B'Regards
>
> -Agunk-
>
>
>
>
>
>
Mas Agung
Coba cekript ditulis pada Object Combo box1 dibuat prosedur Change.
Selengkapnya:
Private Sub ComboBox1_Change()
Dim dTabel As Range, Tampil As Range
Dim r As Long, n As Long
Application.Calculation = xlCalculationManual
Application.EnableEvents = False
On Error GoTo AKHIR
Set dTabel = Cells(1, 1).CurrentRegion
Set Tampil = Cells(13, 6).CurrentRegion
Tampil.ClearContents
For r = 2 To dTabel.Rows.Count
If dTabel(r, 1) = Range("f11").Value Then
n = n + 1
Tampil(n, 1) = dTabel(r, 1)
Tampil(n, 2) = dTabel(r, 2)
End If
Next
AKHIR:
Application.Calculation = xlCalculationAutomatic
Application.EnableEvents = True
End Sub
Wasalam
NangAgus
2014-09-16 10:44 GMT+07:00 agungdotcom13@yahoo.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
> Dear be-Exceler..
>
>
> Kenapa jika Saya Memanfaatkan Event Worksheet Change dengan ComboBox Tidak
> Bisa Jalan tapi jika dengan Data Validation Bisa...
>
> bagaimana Solusinya agar Bisa jalan dengan ComboBox. . .
>
>
>
>
>
>
>
> Thanks,B'
>
> -Agunk-
>
>
>
>
>
>
Mon Sep 15, 2014 11:26 pm (PDT) . Posted by:
agunk_full
Walaikumsalam Wr.Wb Pak Agus
Jadi kalo Pakai Event Ws.Change ga bisa brati ya pak digabung dengan ComboBox. . .
Satu Lagi Pak. . Saya mau tambah Data Misal No dan Nama Diatas CurrentRegion atau diRange F12 ma G12 Datanya di Range F12 & G12 jadi hilang pak. . .padahal kan CurrentRegionNya ada dibawahnya. .
Salam,
-Agunk-
Jadi kalo Pakai Event Ws.Change ga bisa brati ya pak digabung dengan ComboBox. . .
Satu Lagi Pak. . Saya mau tambah Data Misal No dan Nama Diatas CurrentRegion atau diRange F12 ma G12 Datanya di Range F12 & G12 jadi hilang pak. . .padahal kan CurrentRegionNya ada dibawahnya. .
Salam,
-Agunk-
Mon Sep 15, 2014 9:04 pm (PDT) . Posted by:
"Nang Agus"
Dear Pak Kid,
Saya coba pakai delete content tidak bisa, saya format cell general juga
tidak mau, saya delete column file 32 MB menjadi 9 MB,
Terakhir saya delete Row hanya menjadi 13 KB.
kira-kira apa ya penyebabnya, apakah format row dan column ya? apa
conditional formating?
saya coba buka pakai notepad ++ komputer aku jadi menggantung, saya takut
kalau kelamaan menggantung jadi mati.
Wasalam
NangAgus
2014-09-16 8:34 GMT+07:00 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
> ;(
>
> ndak ada yang nyoba cari penyebabnya ya...
>
> :(
>
> ;) mungkin pada belum sempat
>
>
> Kira-kira penyebabnya :
> 1. ada sebuah cell berformula (mungkin lebih) di sheet tersebut. Cells
> tidak terletak di kolom ber-header, jadi sepertinya sebagai formula untuk
> cek sesuatu atau formula bantu, tetapi lupa dihapus.
> 2. ada style buatan sendiri bernama Normal2 (lihat di ribbon Home -> group
> Styles -> Cell Styles) dan styles ini diterapkan pada banyak cells dalam
> sheet tersebut.
>
> Usaha untuk mengembalikan kondisi sheet tersebut :
> 1. blok seluruh cells dalam sheet (BUKAN hanya cells yang sering dipakai
> ada datanya, TAPI seluruh cells dalam sheet) dan terapkan cells styles
> Normal (ribbon Home -> group Styles -> Cell Styles -> pilih Normal (bukan
> Normal2)
> 2. blok seluruh cells dan format cells menjadi General
> 3. blok seluruh kolom mulai dari kolom kosong pertama di kanan tabel
> sampai kolom terkanan Excel lalu lakukan Delete Column (klik kanan ->
> Delete)
> 4. blok seluruh baris mulai dari baris kosong pertama di bawah tabel
> sampai baris terakhir Excel lalu lakukan Delete Row (kllik kanan -> Delete)
> 5. klik cell A1
> 6. Save workbook
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
>
>
> 2014-09-12 17:04 GMT+10:00 Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>:
>
> File bermasalah yang dikirimkan Pak Lukman bisa diunduh di :
>>
>> http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/file/n5726933/OHLC_pengganti.rar
>>
>> Wassalam,
>> Kid.
>>
>>
>> 2014-09-12 10:40 GMT+10:00 lkm jktind lkmjktind@gmail.com
>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>>
>>
>>>
>>> Pak Kid
>>>
>>> silahkan tentukan . akan di kirim kemana ?
>>> sekalian jelaskan cara kirim nya .
>>>
>>>
>>> Maklum . gatek.
>>>
>>>
>>> Salam
>>>
>>> Lukman
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>> 2014-09-12 2:04 GMT+07:00 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel] <
>>> belajar-excel@yahoogroups.com>:
>>>
>>>
>>>>
>>>> File OHLC yang sudah di-clearcontents dan di save as xlsm lain boleh
>>>> di-share (misal di-upload ke box atau 4shared supaya bisa diunduh) ?
>>>>
>>>>
>>>> 2014-09-12 4:53 GMT+10:00 lkm jktind lkmjktind@gmail.com
>>>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>>>>
>>>>
>>>>>
>>>>> Jadi, file OHLC kalau sudah di-clear contents semua isi data di semua
>>>>> sheetnya lalu di save as jadi file xlsm lain maka ukurannya masih besar ?
>>>>> ------------> sizenya 34.712 KB.
>>>>>
>>>>> Shapes ----> ini harus nya nga ada ----> nga pernah pakai . (cara
>>>>> pakainya pun tidak tau)
>>>>>
>>>>> Style ---> ini belum mengerti ----> belum pernah saya pakai .
>>>>>
>>>>> Condition formatting --- tidak saya pakai
>>>>>
>>>>> selain itu data dari OHLC --- ini saya guna kan sebagai data feed
>>>>> untuk amibroker ---- yg saya ubah jadi file.text --- biar conect
>>>>> ke amibroker (secara manual)--------------> saya gunaka. software ini
>>>>> . bila untuk perbanding harga . dll nya .
>>>>>
>>>>> jadi file OHLC sama sekali nga pernah di guna buat tampilan grafis
>>>>> atau sejenisnya.
>>>>>
>>>>>
>>>>> Salam
>>>>>
>>>>> Lukman
>>>>>
>>>>>
>>>>>
>>>>>
>>>>> 2014-09-12 0:38 GMT+07:00 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com
>>>>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>>>>>
>>>>>
>>>>>>
>>>>>> Jadi, file OHLC kalau sudah di-clear contents semua isi data di semua
>>>>>> sheetnya lalu di save as jadi file xlsm lain maka ukurannya masih besar ?
>>>>>>
>>>>>> Sudah cek ada berapa shapes yang ada di file OHLC ? atau ada berapa
>>>>>> styles ? Conditional formatting ? dsb
>>>>>>
>>>>>>
>>>>>>
>>>>>>
>>>>>>
>>>>>>
>>>>>> 2014-09-12 3:26 GMT+10:00 lkm jktind lkmjktind@gmail.com
>>>>>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>>>>>>
>>>>>>
>>>>>>>
>>>>>>> Pak
>>>>>>>
>>>>>>> Modul nya ada 4 buah . yg terpakai cuma 2 buah . yg gunanya untuk
>>>>>>> sort data saja A2:AA. endRow
>>>>>>>
>>>>>>> Sub Blok_Data_semua()
>>>>>>> Range("A2:AA2").Select
>>>>>>> Range(Selection, Selection.End(xlDown)).Select
>>>>>>>
>>>>>>> ----Yg ini buat dimulainya pastevalue
>>>>>>> Sub copy()
>>>>>>> Workbooks("OHLC.xlsm").Activate
>>>>>>> Worksheets("OHLC").Select
>>>>>>> Range("B2").End(xlDown).Offset(1, 0).Select
>>>>>>>
>>>>>>> Jumlah Row tepatnya : 548.013 baris.
>>>>>>>
>>>>>>> Setelah di clear content ---> di simpan dan di beri nama :
>>>>>>> OHLC_Pengganti . Size nya 34.712 Kb
>>>>>>> sedangkan file OHLC Sizenya : 90.296 KB
>>>>>>>
>>>>>>> OHLC = cuma di input --- untuk diambil data nya
>>>>>>> LK_Induk -------selain di input ------> harga diambil dari OHLC.
>>>>>>> Konparasi ------ ambil data ----> LK_induk + OHLC
>>>>>>> ---hitungannya ada disini.
>>>>>>> Porto ---------> ambil data harga dari OHLC ------> transaksinya
>>>>>>> di input .
>>>>>>>
>>>>>>> pernah terjadi : pengambilan data antar file . ---- > saat itu crash
>>>>>>> nya di file konparasi ----- akhir saya delete.
>>>>>>> formula yg kelas berat/ komplek adanya di LK_induk ------> yg saat
>>>>>>> ini sebagian besar sudah di ubah ke macro
>>>>>>> sekarang masalahnya di OHLC
>>>>>>> File Porto sampai saat ini aman aman saja.
>>>>>>>
>>>>>>> File Arsip OHLC -- yg lama . yg CPU terpakainya sekitar 1~2% saja
>>>>>>> ---- di 2013 bulan mei --dengan jumlah row : 386.873 baris
>>>>>>> setelah bulan itu . CPU terpakai mulai besar . puncaknya kemarin
>>>>>>> .
>>>>>>>
>>>>>>> Gambar terlampir .
>>>>>>>
>>>>>>>
>>>>>>> Selamat malam .
>>>>>>>
>>>>>>> Salam
>>>>>>>
>>>>>>> Lukman
>>>>>>>
>>>>>>>
>>>>>>>
>>>>>>>
>>>>>>>
>>>>>>>
>>>>>>>
>>>>>>>
>>>>>>>
>>>>>>>
>>>>>>>
>>>>>>>
>>>>>>>
>>>>>>>
>>>>>>>
>>>>>>> 2014-09-11 22:54 GMT+07:00 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com
>>>>>>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>>>>>>>
>>>>>>>>
>>>>>>>>
>>>>>>>> Pak Lukman,
>>>>>>>>
>>>>>>>> File OHLC - ini cuma berisi data harga tiap hari. (pusat data
>>>>>>>>> harga saja ) ---> akan di ambil oleh file lainnya.
>>>>>>>>>
>>>>>>>> >> kenapa file ini ada VBA nya ? VBA nya buat apa ?
>>>>>>>>
>>>>>>>> Besar kemungkinan , sumber masalahnya di data yg akan di input
>>>>>>>>> --- data ini nga jelas .ext nya .
>>>>>>>>> ketika di buka ada peringatan . (gambar paling bawah)
>>>>>>>>>
>>>>>>>> >> selama file sumber data tidak ada VBA yang membuat masalah, maka
>>>>>>>> ndak ada hubungannya dengan kasus Anda ini. Apalagi jika file sumber data
>>>>>>>> yang gak jelas .ext (kata Anda), jika dibuka lalu di save as menjadi .xlsx
>>>>>>>> tidak menunjukkan gejala bermasalah seperti kasus Anda.
>>>>>>>> >> justru bisa jadi file OHLC yang sudah bermasalah sejak awal.
>>>>>>>> Coba semua data di file tersebut (yang katanya sampai 500K rows dihapus
>>>>>>>> dengan cara diblok semua datanya (selain header tabel) -> klik kanan ->
>>>>>>>> pilih Clear Contents (jangan langsung tekan Delete). Lalu save as nama lain
>>>>>>>> tapi tetap .xlsm.
>>>>>>>> Jika ukuran filenya <250KB, coba di-share ke milis.
>>>>>>>>
>>>>>>>> Wassalam,
>>>>>>>> Kid.
>>>>>>>>
>>>>>>>>
>>>>>>>>
>>>>>>>>
>>>>>>>>
>>>>>>>>
>>>>>>>>
>>>>>>>> 2014-09-11 23:28 GMT+10:00 lkm jktind lkmjktind@gmail.com
>>>>>>>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>>>>>>>>
>>>>>>>>>
>>>>>>>>>
>>>>>>>>> Pak .
>>>>>>>>>
>>>>>>>>> Sudah kulakukan sesuai dengan arahan bapak .
>>>>>>>>> dengan hasil gambar di lampiran
>>>>>>>>>
>>>>>>>>> File OHLC - ini cuma berisi data harga tiap hari. (pusat data
>>>>>>>>> harga saja ) ---> akan di ambil oleh file lainnya.
>>>>>>>>>
>>>>>>>>> Besar kemungkinan , sumber masalahnya di data yg akan di input
>>>>>>>>> --- data ini nga jelas .ext nya .
>>>>>>>>> ketika di buka ada peringatan . (gambar paling bawah)
>>>>>>>>>
>>>>>>>>> Contoh file sumber nya saya lampirkan .
>>>>>>>>>
>>>>>>>>> Sumber link :
>>>>>>>>> http://www.idx.co.id/id-id/beranda/unduhdata/ringkasan.aspx
>>>>>>>>>
>>>>>>>>> Apa itu penyebabnya ?
>>>>>>>>> (file Ringkasan Saham(11 sep 2014) --- ?? )
>>>>>>>>>
>>>>>>>>>
>>>>>>>>> Salam
>>>>>>>>>
>>>>>>>>> Lukman
>>>>>>>>>
>>>>>>>>>
>>>>>>>>>
>>>>>>>>>
>>>>>>>
>>>>>>
>>>>>
>>>>
>>>
>>
>
>
Saya coba pakai delete content tidak bisa, saya format cell general juga
tidak mau, saya delete column file 32 MB menjadi 9 MB,
Terakhir saya delete Row hanya menjadi 13 KB.
kira-kira apa ya penyebabnya, apakah format row dan column ya? apa
conditional formating?
saya coba buka pakai notepad ++ komputer aku jadi menggantung, saya takut
kalau kelamaan menggantung jadi mati.
Wasalam
NangAgus
2014-09-16 8:34 GMT+07:00 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
> ;(
>
> ndak ada yang nyoba cari penyebabnya ya...
>
> :(
>
> ;) mungkin pada belum sempat
>
>
> Kira-kira penyebabnya :
> 1. ada sebuah cell berformula (mungkin lebih) di sheet tersebut. Cells
> tidak terletak di kolom ber-header, jadi sepertinya sebagai formula untuk
> cek sesuatu atau formula bantu, tetapi lupa dihapus.
> 2. ada style buatan sendiri bernama Normal2 (lihat di ribbon Home -> group
> Styles -> Cell Styles) dan styles ini diterapkan pada banyak cells dalam
> sheet tersebut.
>
> Usaha untuk mengembalikan kondisi sheet tersebut :
> 1. blok seluruh cells dalam sheet (BUKAN hanya cells yang sering dipakai
> ada datanya, TAPI seluruh cells dalam sheet) dan terapkan cells styles
> Normal (ribbon Home -> group Styles -> Cell Styles -> pilih Normal (bukan
> Normal2)
> 2. blok seluruh cells dan format cells menjadi General
> 3. blok seluruh kolom mulai dari kolom kosong pertama di kanan tabel
> sampai kolom terkanan Excel lalu lakukan Delete Column (klik kanan ->
> Delete)
> 4. blok seluruh baris mulai dari baris kosong pertama di bawah tabel
> sampai baris terakhir Excel lalu lakukan Delete Row (kllik kanan -> Delete)
> 5. klik cell A1
> 6. Save workbook
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
>
>
> 2014-09-12 17:04 GMT+10:00 Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>:
>
> File bermasalah yang dikirimkan Pak Lukman bisa diunduh di :
>>
>> http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/file/n5726933/OHLC_pengganti.rar
>>
>> Wassalam,
>> Kid.
>>
>>
>> 2014-09-12 10:40 GMT+10:00 lkm jktind lkmjktind@gmail.com
>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>>
>>
>>>
>>> Pak Kid
>>>
>>> silahkan tentukan . akan di kirim kemana ?
>>> sekalian jelaskan cara kirim nya .
>>>
>>>
>>> Maklum . gatek.
>>>
>>>
>>> Salam
>>>
>>> Lukman
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>> 2014-09-12 2:04 GMT+07:00 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel] <
>>> belajar-excel@yahoogroups.com>:
>>>
>>>
>>>>
>>>> File OHLC yang sudah di-clearcontents dan di save as xlsm lain boleh
>>>> di-share (misal di-upload ke box atau 4shared supaya bisa diunduh) ?
>>>>
>>>>
>>>> 2014-09-12 4:53 GMT+10:00 lkm jktind lkmjktind@gmail.com
>>>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>>>>
>>>>
>>>>>
>>>>> Jadi, file OHLC kalau sudah di-clear contents semua isi data di semua
>>>>> sheetnya lalu di save as jadi file xlsm lain maka ukurannya masih besar ?
>>>>> ------------> sizenya 34.712 KB.
>>>>>
>>>>> Shapes ----> ini harus nya nga ada ----> nga pernah pakai . (cara
>>>>> pakainya pun tidak tau)
>>>>>
>>>>> Style ---> ini belum mengerti ----> belum pernah saya pakai .
>>>>>
>>>>> Condition formatting --- tidak saya pakai
>>>>>
>>>>> selain itu data dari OHLC --- ini saya guna kan sebagai data feed
>>>>> untuk amibroker ---- yg saya ubah jadi file.text --- biar conect
>>>>> ke amibroker (secara manual)--------------> saya gunaka. software ini
>>>>> . bila untuk perbanding harga . dll nya .
>>>>>
>>>>> jadi file OHLC sama sekali nga pernah di guna buat tampilan grafis
>>>>> atau sejenisnya.
>>>>>
>>>>>
>>>>> Salam
>>>>>
>>>>> Lukman
>>>>>
>>>>>
>>>>>
>>>>>
>>>>> 2014-09-12 0:38 GMT+07:00 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com
>>>>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>>>>>
>>>>>
>>>>>>
>>>>>> Jadi, file OHLC kalau sudah di-clear contents semua isi data di semua
>>>>>> sheetnya lalu di save as jadi file xlsm lain maka ukurannya masih besar ?
>>>>>>
>>>>>> Sudah cek ada berapa shapes yang ada di file OHLC ? atau ada berapa
>>>>>> styles ? Conditional formatting ? dsb
>>>>>>
>>>>>>
>>>>>>
>>>>>>
>>>>>>
>>>>>>
>>>>>> 2014-09-12 3:26 GMT+10:00 lkm jktind lkmjktind@gmail.com
>>>>>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>>>>>>
>>>>>>
>>>>>>>
>>>>>>> Pak
>>>>>>>
>>>>>>> Modul nya ada 4 buah . yg terpakai cuma 2 buah . yg gunanya untuk
>>>>>>> sort data saja A2:AA. endRow
>>>>>>>
>>>>>>> Sub Blok_Data_semua()
>>>>>>> Range("A2:AA2").Select
>>>>>>> Range(Selection, Selection.End(xlDown)).Select
>>>>>>>
>>>>>>> ----Yg ini buat dimulainya pastevalue
>>>>>>> Sub copy()
>>>>>>> Workbooks("OHLC.xlsm").Activate
>>>>>>> Worksheets("OHLC").Select
>>>>>>> Range("B2").End(xlDown).Offset(1, 0).Select
>>>>>>>
>>>>>>> Jumlah Row tepatnya : 548.013 baris.
>>>>>>>
>>>>>>> Setelah di clear content ---> di simpan dan di beri nama :
>>>>>>> OHLC_Pengganti . Size nya 34.712 Kb
>>>>>>> sedangkan file OHLC Sizenya : 90.296 KB
>>>>>>>
>>>>>>> OHLC = cuma di input --- untuk diambil data nya
>>>>>>> LK_Induk -------selain di input ------> harga diambil dari OHLC.
>>>>>>> Konparasi ------ ambil data ----> LK_induk + OHLC
>>>>>>> ---hitungannya ada disini.
>>>>>>> Porto ---------> ambil data harga dari OHLC ------> transaksinya
>>>>>>> di input .
>>>>>>>
>>>>>>> pernah terjadi : pengambilan data antar file . ---- > saat itu crash
>>>>>>> nya di file konparasi ----- akhir saya delete.
>>>>>>> formula yg kelas berat/ komplek adanya di LK_induk ------> yg saat
>>>>>>> ini sebagian besar sudah di ubah ke macro
>>>>>>> sekarang masalahnya di OHLC
>>>>>>> File Porto sampai saat ini aman aman saja.
>>>>>>>
>>>>>>> File Arsip OHLC -- yg lama . yg CPU terpakainya sekitar 1~2% saja
>>>>>>> ---- di 2013 bulan mei --dengan jumlah row : 386.873 baris
>>>>>>> setelah bulan itu . CPU terpakai mulai besar . puncaknya kemarin
>>>>>>> .
>>>>>>>
>>>>>>> Gambar terlampir .
>>>>>>>
>>>>>>>
>>>>>>> Selamat malam .
>>>>>>>
>>>>>>> Salam
>>>>>>>
>>>>>>> Lukman
>>>>>>>
>>>>>>>
>>>>>>>
>>>>>>>
>>>>>>>
>>>>>>>
>>>>>>>
>>>>>>>
>>>>>>>
>>>>>>>
>>>>>>>
>>>>>>>
>>>>>>>
>>>>>>>
>>>>>>>
>>>>>>> 2014-09-11 22:54 GMT+07:00 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com
>>>>>>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>>>>>>>
>>>>>>>>
>>>>>>>>
>>>>>>>> Pak Lukman,
>>>>>>>>
>>>>>>>> File OHLC - ini cuma berisi data harga tiap hari. (pusat data
>>>>>>>>> harga saja ) ---> akan di ambil oleh file lainnya.
>>>>>>>>>
>>>>>>>> >> kenapa file ini ada VBA nya ? VBA nya buat apa ?
>>>>>>>>
>>>>>>>> Besar kemungkinan , sumber masalahnya di data yg akan di input
>>>>>>>>> --- data ini nga jelas .ext nya .
>>>>>>>>> ketika di buka ada peringatan . (gambar paling bawah)
>>>>>>>>>
>>>>>>>> >> selama file sumber data tidak ada VBA yang membuat masalah, maka
>>>>>>>> ndak ada hubungannya dengan kasus Anda ini. Apalagi jika file sumber data
>>>>>>>> yang gak jelas .ext (kata Anda), jika dibuka lalu di save as menjadi .xlsx
>>>>>>>> tidak menunjukkan gejala bermasalah seperti kasus Anda.
>>>>>>>> >> justru bisa jadi file OHLC yang sudah bermasalah sejak awal.
>>>>>>>> Coba semua data di file tersebut (yang katanya sampai 500K rows dihapus
>>>>>>>> dengan cara diblok semua datanya (selain header tabel) -> klik kanan ->
>>>>>>>> pilih Clear Contents (jangan langsung tekan Delete). Lalu save as nama lain
>>>>>>>> tapi tetap .xlsm.
>>>>>>>> Jika ukuran filenya <250KB, coba di-share ke milis.
>>>>>>>>
>>>>>>>> Wassalam,
>>>>>>>> Kid.
>>>>>>>>
>>>>>>>>
>>>>>>>>
>>>>>>>>
>>>>>>>>
>>>>>>>>
>>>>>>>>
>>>>>>>> 2014-09-11 23:28 GMT+10:00 lkm jktind lkmjktind@gmail.com
>>>>>>>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>>>>>>>>
>>>>>>>>>
>>>>>>>>>
>>>>>>>>> Pak .
>>>>>>>>>
>>>>>>>>> Sudah kulakukan sesuai dengan arahan bapak .
>>>>>>>>> dengan hasil gambar di lampiran
>>>>>>>>>
>>>>>>>>> File OHLC - ini cuma berisi data harga tiap hari. (pusat data
>>>>>>>>> harga saja ) ---> akan di ambil oleh file lainnya.
>>>>>>>>>
>>>>>>>>> Besar kemungkinan , sumber masalahnya di data yg akan di input
>>>>>>>>> --- data ini nga jelas .ext nya .
>>>>>>>>> ketika di buka ada peringatan . (gambar paling bawah)
>>>>>>>>>
>>>>>>>>> Contoh file sumber nya saya lampirkan .
>>>>>>>>>
>>>>>>>>> Sumber link :
>>>>>>>>> http://www.idx.co.id/id-id/beranda/unduhdata/ringkasan.aspx
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>
>
>
Mon Sep 15, 2014 9:22 pm (PDT) . Posted by:
"lkm jktind" lkmjkt
Pak.
1. ada sebuah cell berformula (mungkin lebih) di sheet tersebut. Cells
tidak terletak di kolom ber-header, jadi sepertinya sebagai formula untuk
cek sesuatu atau formula bantu, tetapi lupa dihapus.
---------- telah saya pindahkan data dengan cara copy 1 sheet ----paste
value (cara pertama) . dan diambil per 1 cells --copy --> dengan
cara looping. tapi di cells.value (cara kedua). -----> berarti
formulanya nga terbawa ?
2. ada style buatan sendiri bernama Normal2 (lihat di ribbon Home - ~
sudah dilakukan .
Berikut di delete :
Cells(1, 1).Select
delete pertama
Range(Cells(548014, 1), Cells(1012000, 16300)).Select
Selection.Delete
Application.CutCopyMode = False
Range(Cells(1, 28), Cells(548013, 16300)).Select
Selection.Delete
Application.CutCopyMode = False
delete kedua.
Range("AB:zz").Select
Selection.Delete shift:=xlToLeft
Application.CutCopyMode = False
Rows("548014:1012000").Select
Selection.Delete shift:=xlUp
Application.CutCopyMode = False
Hasil nya tetap .
saya juga telah lakukan seperti ini :
Range("A2:AA25000").Select ------------------- CPU Usage --- hampir 0
Range("A25000:AA50000").Select ------------- CPU usage ---- mulai naik
Range("A50000:AA100000").Select
Range("A100001:AA150000").Select
Range("A150001:AA150000").Select
'Range("A150001:AA200000").Select
Range("A200001:AA300000").Select
Range("A300001:AA400000").Select
Range("A400001:AA500000").Select
Range("A500001:AA504801").Select ------------CPU usage--- makin tinggi.
Range("A3").Select
mungkin masalahnya ada diantara data setelah baris 50.000 keatas . ?
dan sudah dicoba di periksa pakai show formulas -- bawaan dari excel --->
tidak terlihat ?
Bila dilooping per cells --- ini mungkin cara yg paling cepat ---- cuma
cara nya bagaimana .
seandainya sumber data nya bukan nilai / karakter ----> tetapi berisi
formula -atau lainnya.
mohon petunjuk ?
salam
Lukman
2014-09-16 8:34 GMT+07:00 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
> ;(
>
> ndak ada yang nyoba cari penyebabnya ya...
>
> :(
>
> ;) mungkin pada belum sempat
>
>
> Kira-kira penyebabnya :
> 1. ada sebuah cell berformula (mungkin lebih) di sheet tersebut. Cells
> tidak terletak di kolom ber-header, jadi sepertinya sebagai formula untuk
> cek sesuatu atau formula bantu, tetapi lupa dihapus.
> 2. ada style buatan sendiri bernama Normal2 (lihat di ribbon Home -> group
> Styles -> Cell Styles) dan styles ini diterapkan pada banyak cells dalam
> sheet tersebut.
>
> Usaha untuk mengembalikan kondisi sheet tersebut :
> 1. blok seluruh cells dalam sheet (BUKAN hanya cells yang sering dipakai
> ada datanya, TAPI seluruh cells dalam sheet) dan terapkan cells styles
> Normal (ribbon Home -> group Styles -> Cell Styles -> pilih Normal (bukan
> Normal2)
> 2. blok seluruh cells dan format cells menjadi General
> 3. blok seluruh kolom mulai dari kolom kosong pertama di kanan tabel
> sampai kolom terkanan Excel lalu lakukan Delete Column (klik kanan ->
> Delete)
> 4. blok seluruh baris mulai dari baris kosong pertama di bawah tabel
> sampai baris terakhir Excel lalu lakukan Delete Row (kllik kanan -> Delete)
> 5. klik cell A1
> 6. Save workbook
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
>
>
> 2014-09-12 17:04 GMT+10:00 Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>:
>
> File bermasalah yang dikirimkan Pak Lukman bisa diunduh di :
>>
>> http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/file/n5726933/OHLC_pengganti.rar
>>
>> Wassalam,
>> Kid.
>>
>>
>> 2014-09-12 10:40 GMT+10:00 lkm jktind lkmjktind@gmail.com
>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>>
>>
>>>
>>> Pak Kid
>>>
>>> silahkan tentukan . akan di kirim kemana ?
>>> sekalian jelaskan cara kirim nya .
>>>
>>>
>>> Maklum . gatek.
>>>
>>>
>>> Salam
>>>
>>> Lukman
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>> 2014-09-12 2:04 GMT+07:00 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel] <
>>> belajar-excel@yahoogroups.com>:
>>>
>>>
>>>>
>>>> File OHLC yang sudah di-clearcontents dan di save as xlsm lain boleh
>>>> di-share (misal di-upload ke box atau 4shared supaya bisa diunduh) ?
>>>>
>>>>
>>>> 2014-09-12 4:53 GMT+10:00 lkm jktind lkmjktind@gmail.com
>>>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>>>>
>>>>
>>>>>
>>>>> Jadi, file OHLC kalau sudah di-clear contents semua isi data di semua
>>>>> sheetnya lalu di save as jadi file xlsm lain maka ukurannya masih besar ?
>>>>> ------------> sizenya 34.712 KB.
>>>>>
>>>>> Shapes ----> ini harus nya nga ada ----> nga pernah pakai . (cara
>>>>> pakainya pun tidak tau)
>>>>>
>>>>> Style ---> ini belum mengerti ----> belum pernah saya pakai .
>>>>>
>>>>> Condition formatting --- tidak saya pakai
>>>>>
>>>>> selain itu data dari OHLC --- ini saya guna kan sebagai data feed
>>>>> untuk amibroker ---- yg saya ubah jadi file.text --- biar conect
>>>>> ke amibroker (secara manual)--------------> saya gunaka. software ini
>>>>> . bila untuk perbanding harga . dll nya .
>>>>>
>>>>> jadi file OHLC sama sekali nga pernah di guna buat tampilan grafis
>>>>> atau sejenisnya.
>>>>>
>>>>>
>>>>> Salam
>>>>>
>>>>> Lukman
>>>>>
>>>>>
>>>>>
>>>>>
>>>>> 2014-09-12 0:38 GMT+07:00 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com
>>>>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>>>>>
>>>>>
>>>>>>
>>>>>> Jadi, file OHLC kalau sudah di-clear contents semua isi data di semua
>>>>>> sheetnya lalu di save as jadi file xlsm lain maka ukurannya masih besar ?
>>>>>>
>>>>>> Sudah cek ada berapa shapes yang ada di file OHLC ? atau ada berapa
>>>>>> styles ? Conditional formatting ? dsb
>>>>>>
>>>>>>
>>>>>>
>>>>>>
>>>>>>
>>>>>>
>>>>>> 2014-09-12 3:26 GMT+10:00 lkm jktind lkmjktind@gmail.com
>>>>>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>>>>>>
>>>>>>
>>>>>>>
>>>>>>> Pak
>>>>>>>
>>>>>>> Modul nya ada 4 buah . yg terpakai cuma 2 buah . yg gunanya untuk
>>>>>>> sort data saja A2:AA. endRow
>>>>>>>
>>>>>>> Sub Blok_Data_semua()
>>>>>>> Range("A2:AA2").Select
>>>>>>> Range(Selection, Selection.End(xlDown)).Select
>>>>>>>
>>>>>>> ----Yg ini buat dimulainya pastevalue
>>>>>>> Sub copy()
>>>>>>> Workbooks("OHLC.xlsm").Activate
>>>>>>> Worksheets("OHLC").Select
>>>>>>> Range("B2").End(xlDown).Offset(1, 0).Select
>>>>>>>
>>>>>>> Jumlah Row tepatnya : 548.013 baris.
>>>>>>>
>>>>>>> Setelah di clear content ---> di simpan dan di beri nama :
>>>>>>> OHLC_Pengganti . Size nya 34.712 Kb
>>>>>>> sedangkan file OHLC Sizenya : 90.296 KB
>>>>>>>
>>>>>>> OHLC = cuma di input --- untuk diambil data nya
>>>>>>> LK_Induk -------selain di input ------> harga diambil dari OHLC.
>>>>>>> Konparasi ------ ambil data ----> LK_induk + OHLC
>>>>>>> ---hitungannya ada disini.
>>>>>>> Porto ---------> ambil data harga dari OHLC ------> transaksinya
>>>>>>> di input .
>>>>>>>
>>>>>>> pernah terjadi : pengambilan data antar file . ---- > saat itu crash
>>>>>>> nya di file konparasi ----- akhir saya delete.
>>>>>>> formula yg kelas berat/ komplek adanya di LK_induk ------> yg saat
>>>>>>> ini sebagian besar sudah di ubah ke macro
>>>>>>> sekarang masalahnya di OHLC
>>>>>>> File Porto sampai saat ini aman aman saja.
>>>>>>>
>>>>>>> File Arsip OHLC -- yg lama . yg CPU terpakainya sekitar 1~2% saja
>>>>>>> ---- di 2013 bulan mei --dengan jumlah row : 386.873 baris
>>>>>>> setelah bulan itu . CPU terpakai mulai besar . puncaknya kemarin
>>>>>>> .
>>>>>>>
>>>>>>> Gambar terlampir .
>>>>>>>
>>>>>>>
>>>>>>> Selamat malam .
>>>>>>>
>>>>>>> Salam
>>>>>>>
>>>>>>> Lukman
>>>>>>>
>>>>>>>
>>>>>>>
>>>>>>>
>>>>>>>
>>>>>>>
>>>>>>>
>>>>>>>
>>>>>>>
>>>>>>>
>>>>>>>
>>>>>>>
>>>>>>>
>>>>>>>
>>>>>>>
>>>>>>> 2014-09-11 22:54 GMT+07:00 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com
>>>>>>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>>>>>>>
>>>>>>>>
>>>>>>>>
>>>>>>>> Pak Lukman,
>>>>>>>>
>>>>>>>> File OHLC - ini cuma berisi data harga tiap hari. (pusat data
>>>>>>>>> harga saja ) ---> akan di ambil oleh file lainnya.
>>>>>>>>>
>>>>>>>> >> kenapa file ini ada VBA nya ? VBA nya buat apa ?
>>>>>>>>
>>>>>>>> Besar kemungkinan , sumber masalahnya di data yg akan di input
>>>>>>>>> --- data ini nga jelas .ext nya .
>>>>>>>>> ketika di buka ada peringatan . (gambar paling bawah)
>>>>>>>>>
>>>>>>>> >> selama file sumber data tidak ada VBA yang membuat masalah, maka
>>>>>>>> ndak ada hubungannya dengan kasus Anda ini. Apalagi jika file sumber data
>>>>>>>> yang gak jelas .ext (kata Anda), jika dibuka lalu di save as menjadi .xlsx
>>>>>>>> tidak menunjukkan gejala bermasalah seperti kasus Anda.
>>>>>>>> >> justru bisa jadi file OHLC yang sudah bermasalah sejak awal.
>>>>>>>> Coba semua data di file tersebut (yang katanya sampai 500K rows dihapus
>>>>>>>> dengan cara diblok semua datanya (selain header tabel) -> klik kanan ->
>>>>>>>> pilih Clear Contents (jangan langsung tekan Delete). Lalu save as nama lain
>>>>>>>> tapi tetap .xlsm.
>>>>>>>> Jika ukuran filenya <250KB, coba di-share ke milis.
>>>>>>>>
>>>>>>>> Wassalam,
>>>>>>>> Kid.
>>>>>>>>
>>>>>>>>
>>>>>>>>
>>>>>>>>
>>>>>>>>
>>>>>>>>
>>>>>>>>
>>>>>>>> 2014-09-11 23:28 GMT+10:00 lkm jktind lkmjktind@gmail.com
>>>>>>>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>>>>>>>>
>>>>>>>>>
>>>>>>>>>
>>>>>>>>> Pak .
>>>>>>>>>
>>>>>>>>> Sudah kulakukan sesuai dengan arahan bapak .
>>>>>>>>> dengan hasil gambar di lampiran
>>>>>>>>>
>>>>>>>>> File OHLC - ini cuma berisi data harga tiap hari. (pusat data
>>>>>>>>> harga saja ) ---> akan di ambil oleh file lainnya.
>>>>>>>>>
>>>>>>>>> Besar kemungkinan , sumber masalahnya di data yg akan di input
>>>>>>>>> --- data ini nga jelas .ext nya .
>>>>>>>>> ketika di buka ada peringatan . (gambar paling bawah)
>>>>>>>>>
>>>>>>>>> Contoh file sumber nya saya lampirkan .
>>>>>>>>>
>>>>>>>>> Sumber link :
>>>>>>>>> http://www.idx.co.id/id-id/beranda/unduhdata/ringkasan.aspx
>>>>>>>>>
>>>>>>>>> Apa itu penyebabnya ?
>>>>>>>>> (file Ringkasan Saham(11 sep 2014) --- ?? )
>>>>>>>>>
>>>>>>>>>
>>>>>>>>> Salam
>>>>>>>>>
>>>>>>>>> Lukman
>>>>>>>>>
>>>>>>>>>
>>>>>>>>>
>>>>>>>>>
>>>>>>>
>>>>>>
>>>>>
>>>>
>>>
>>
>
>
1. ada sebuah cell berformula (mungkin lebih) di sheet tersebut. Cells
tidak terletak di kolom ber-header, jadi sepertinya sebagai formula untuk
cek sesuatu atau formula bantu, tetapi lupa dihapus.
---------- telah saya pindahkan data dengan cara copy 1 sheet ----paste
value (cara pertama) . dan diambil per 1 cells --copy --> dengan
cara looping. tapi di cells.value (cara kedua). -----> berarti
formulanya nga terbawa ?
2. ada style buatan sendiri bernama Normal2 (lihat di ribbon Home - ~
sudah dilakukan .
Berikut di delete :
Cells(1, 1).Select
delete pertama
Range(Cells(548014, 1), Cells(1012000, 16300)).Select
Selection.Delete
Application.CutCopyMode = False
Range(Cells(1, 28), Cells(548013, 16300)).Select
Selection.Delete
Application.CutCopyMode = False
delete kedua.
Range("AB:zz").Select
Selection.Delete shift:=xlToLeft
Application.CutCopyMode = False
Rows("548014:1012000").Select
Selection.Delete shift:=xlUp
Application.CutCopyMode = False
Hasil nya tetap .
saya juga telah lakukan seperti ini :
Range("A2:AA25000").Select ------------------- CPU Usage --- hampir 0
Range("A25000:AA50000").Select ------------- CPU usage ---- mulai naik
Range("A50000:AA100000").Select
Range("A100001:AA150000").Select
Range("A150001:AA150000").Select
'Range("A150001:AA200000").Select
Range("A200001:AA300000").Select
Range("A300001:AA400000").Select
Range("A400001:AA500000").Select
Range("A500001:AA504801").Select ------------CPU usage--- makin tinggi.
Range("A3").Select
mungkin masalahnya ada diantara data setelah baris 50.000 keatas . ?
dan sudah dicoba di periksa pakai show formulas -- bawaan dari excel --->
tidak terlihat ?
Bila dilooping per cells --- ini mungkin cara yg paling cepat ---- cuma
cara nya bagaimana .
seandainya sumber data nya bukan nilai / karakter ----> tetapi berisi
formula -atau lainnya.
mohon petunjuk ?
salam
Lukman
2014-09-16 8:34 GMT+07:00 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
> ;(
>
> ndak ada yang nyoba cari penyebabnya ya...
>
> :(
>
> ;) mungkin pada belum sempat
>
>
> Kira-kira penyebabnya :
> 1. ada sebuah cell berformula (mungkin lebih) di sheet tersebut. Cells
> tidak terletak di kolom ber-header, jadi sepertinya sebagai formula untuk
> cek sesuatu atau formula bantu, tetapi lupa dihapus.
> 2. ada style buatan sendiri bernama Normal2 (lihat di ribbon Home -> group
> Styles -> Cell Styles) dan styles ini diterapkan pada banyak cells dalam
> sheet tersebut.
>
> Usaha untuk mengembalikan kondisi sheet tersebut :
> 1. blok seluruh cells dalam sheet (BUKAN hanya cells yang sering dipakai
> ada datanya, TAPI seluruh cells dalam sheet) dan terapkan cells styles
> Normal (ribbon Home -> group Styles -> Cell Styles -> pilih Normal (bukan
> Normal2)
> 2. blok seluruh cells dan format cells menjadi General
> 3. blok seluruh kolom mulai dari kolom kosong pertama di kanan tabel
> sampai kolom terkanan Excel lalu lakukan Delete Column (klik kanan ->
> Delete)
> 4. blok seluruh baris mulai dari baris kosong pertama di bawah tabel
> sampai baris terakhir Excel lalu lakukan Delete Row (kllik kanan -> Delete)
> 5. klik cell A1
> 6. Save workbook
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
>
>
> 2014-09-12 17:04 GMT+10:00 Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>:
>
> File bermasalah yang dikirimkan Pak Lukman bisa diunduh di :
>>
>> http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/file/n5726933/OHLC_pengganti.rar
>>
>> Wassalam,
>> Kid.
>>
>>
>> 2014-09-12 10:40 GMT+10:00 lkm jktind lkmjktind@gmail.com
>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>>
>>
>>>
>>> Pak Kid
>>>
>>> silahkan tentukan . akan di kirim kemana ?
>>> sekalian jelaskan cara kirim nya .
>>>
>>>
>>> Maklum . gatek.
>>>
>>>
>>> Salam
>>>
>>> Lukman
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>> 2014-09-12 2:04 GMT+07:00 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel] <
>>> belajar-excel@yahoogroups.com>:
>>>
>>>
>>>>
>>>> File OHLC yang sudah di-clearcontents dan di save as xlsm lain boleh
>>>> di-share (misal di-upload ke box atau 4shared supaya bisa diunduh) ?
>>>>
>>>>
>>>> 2014-09-12 4:53 GMT+10:00 lkm jktind lkmjktind@gmail.com
>>>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>>>>
>>>>
>>>>>
>>>>> Jadi, file OHLC kalau sudah di-clear contents semua isi data di semua
>>>>> sheetnya lalu di save as jadi file xlsm lain maka ukurannya masih besar ?
>>>>> ------------> sizenya 34.712 KB.
>>>>>
>>>>> Shapes ----> ini harus nya nga ada ----> nga pernah pakai . (cara
>>>>> pakainya pun tidak tau)
>>>>>
>>>>> Style ---> ini belum mengerti ----> belum pernah saya pakai .
>>>>>
>>>>> Condition formatting --- tidak saya pakai
>>>>>
>>>>> selain itu data dari OHLC --- ini saya guna kan sebagai data feed
>>>>> untuk amibroker ---- yg saya ubah jadi file.text --- biar conect
>>>>> ke amibroker (secara manual)--------------> saya gunaka. software ini
>>>>> . bila untuk perbanding harga . dll nya .
>>>>>
>>>>> jadi file OHLC sama sekali nga pernah di guna buat tampilan grafis
>>>>> atau sejenisnya.
>>>>>
>>>>>
>>>>> Salam
>>>>>
>>>>> Lukman
>>>>>
>>>>>
>>>>>
>>>>>
>>>>> 2014-09-12 0:38 GMT+07:00 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com
>>>>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>>>>>
>>>>>
>>>>>>
>>>>>> Jadi, file OHLC kalau sudah di-clear contents semua isi data di semua
>>>>>> sheetnya lalu di save as jadi file xlsm lain maka ukurannya masih besar ?
>>>>>>
>>>>>> Sudah cek ada berapa shapes yang ada di file OHLC ? atau ada berapa
>>>>>> styles ? Conditional formatting ? dsb
>>>>>>
>>>>>>
>>>>>>
>>>>>>
>>>>>>
>>>>>>
>>>>>> 2014-09-12 3:26 GMT+10:00 lkm jktind lkmjktind@gmail.com
>>>>>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>>>>>>
>>>>>>
>>>>>>>
>>>>>>> Pak
>>>>>>>
>>>>>>> Modul nya ada 4 buah . yg terpakai cuma 2 buah . yg gunanya untuk
>>>>>>> sort data saja A2:AA. endRow
>>>>>>>
>>>>>>> Sub Blok_Data_semua()
>>>>>>> Range("A2:AA2").Select
>>>>>>> Range(Selection, Selection.End(xlDown)).Select
>>>>>>>
>>>>>>> ----Yg ini buat dimulainya pastevalue
>>>>>>> Sub copy()
>>>>>>> Workbooks("OHLC.xlsm").Activate
>>>>>>> Worksheets("OHLC").Select
>>>>>>> Range("B2").End(xlDown).Offset(1, 0).Select
>>>>>>>
>>>>>>> Jumlah Row tepatnya : 548.013 baris.
>>>>>>>
>>>>>>> Setelah di clear content ---> di simpan dan di beri nama :
>>>>>>> OHLC_Pengganti . Size nya 34.712 Kb
>>>>>>> sedangkan file OHLC Sizenya : 90.296 KB
>>>>>>>
>>>>>>> OHLC = cuma di input --- untuk diambil data nya
>>>>>>> LK_Induk -------selain di input ------> harga diambil dari OHLC.
>>>>>>> Konparasi ------ ambil data ----> LK_induk + OHLC
>>>>>>> ---hitungannya ada disini.
>>>>>>> Porto ---------> ambil data harga dari OHLC ------> transaksinya
>>>>>>> di input .
>>>>>>>
>>>>>>> pernah terjadi : pengambilan data antar file . ---- > saat itu crash
>>>>>>> nya di file konparasi ----- akhir saya delete.
>>>>>>> formula yg kelas berat/ komplek adanya di LK_induk ------> yg saat
>>>>>>> ini sebagian besar sudah di ubah ke macro
>>>>>>> sekarang masalahnya di OHLC
>>>>>>> File Porto sampai saat ini aman aman saja.
>>>>>>>
>>>>>>> File Arsip OHLC -- yg lama . yg CPU terpakainya sekitar 1~2% saja
>>>>>>> ---- di 2013 bulan mei --dengan jumlah row : 386.873 baris
>>>>>>> setelah bulan itu . CPU terpakai mulai besar . puncaknya kemarin
>>>>>>> .
>>>>>>>
>>>>>>> Gambar terlampir .
>>>>>>>
>>>>>>>
>>>>>>> Selamat malam .
>>>>>>>
>>>>>>> Salam
>>>>>>>
>>>>>>> Lukman
>>>>>>>
>>>>>>>
>>>>>>>
>>>>>>>
>>>>>>>
>>>>>>>
>>>>>>>
>>>>>>>
>>>>>>>
>>>>>>>
>>>>>>>
>>>>>>>
>>>>>>>
>>>>>>>
>>>>>>>
>>>>>>> 2014-09-11 22:54 GMT+07:00 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com
>>>>>>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>>>>>>>
>>>>>>>>
>>>>>>>>
>>>>>>>> Pak Lukman,
>>>>>>>>
>>>>>>>> File OHLC - ini cuma berisi data harga tiap hari. (pusat data
>>>>>>>>> harga saja ) ---> akan di ambil oleh file lainnya.
>>>>>>>>>
>>>>>>>> >> kenapa file ini ada VBA nya ? VBA nya buat apa ?
>>>>>>>>
>>>>>>>> Besar kemungkinan , sumber masalahnya di data yg akan di input
>>>>>>>>> --- data ini nga jelas .ext nya .
>>>>>>>>> ketika di buka ada peringatan . (gambar paling bawah)
>>>>>>>>>
>>>>>>>> >> selama file sumber data tidak ada VBA yang membuat masalah, maka
>>>>>>>> ndak ada hubungannya dengan kasus Anda ini. Apalagi jika file sumber data
>>>>>>>> yang gak jelas .ext (kata Anda), jika dibuka lalu di save as menjadi .xlsx
>>>>>>>> tidak menunjukkan gejala bermasalah seperti kasus Anda.
>>>>>>>> >> justru bisa jadi file OHLC yang sudah bermasalah sejak awal.
>>>>>>>> Coba semua data di file tersebut (yang katanya sampai 500K rows dihapus
>>>>>>>> dengan cara diblok semua datanya (selain header tabel) -> klik kanan ->
>>>>>>>> pilih Clear Contents (jangan langsung tekan Delete). Lalu save as nama lain
>>>>>>>> tapi tetap .xlsm.
>>>>>>>> Jika ukuran filenya <250KB, coba di-share ke milis.
>>>>>>>>
>>>>>>>> Wassalam,
>>>>>>>> Kid.
>>>>>>>>
>>>>>>>>
>>>>>>>>
>>>>>>>>
>>>>>>>>
>>>>>>>>
>>>>>>>>
>>>>>>>> 2014-09-11 23:28 GMT+10:00 lkm jktind lkmjktind@gmail.com
>>>>>>>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>>>>>>>>
>>>>>>>>>
>>>>>>>>>
>>>>>>>>> Pak .
>>>>>>>>>
>>>>>>>>> Sudah kulakukan sesuai dengan arahan bapak .
>>>>>>>>> dengan hasil gambar di lampiran
>>>>>>>>>
>>>>>>>>> File OHLC - ini cuma berisi data harga tiap hari. (pusat data
>>>>>>>>> harga saja ) ---> akan di ambil oleh file lainnya.
>>>>>>>>>
>>>>>>>>> Besar kemungkinan , sumber masalahnya di data yg akan di input
>>>>>>>>> --- data ini nga jelas .ext nya .
>>>>>>>>> ketika di buka ada peringatan . (gambar paling bawah)
>>>>>>>>>
>>>>>>>>> Contoh file sumber nya saya lampirkan .
>>>>>>>>>
>>>>>>>>> Sumber link :
>>>>>>>>> http://www.idx.co.id/id-id/beranda/unduhdata/ringkasan.aspx
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>
>
>
Mon Sep 15, 2014 9:40 pm (PDT) . Posted by:
"Maman"
Pa Hendrik lampirannya ko ga ada ya?
On 9/16/14 8:51 AM, hendrik karnadi hendrikkarnadi@yahoo.com
[belajar-excel] wrote:
> Hai Maman,
> Coba lihat jawaban pada file terlampir.
>
> Salam,
> HK
>
>
> On Tuesday, 16 September 2014, 7:05, "Maman superm42n@gmail.com
> [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>
>
> Dear All Master,
>
> Mohon bantuannya untuk kasus Pivot Table untuk file terlampir.
>
> Terima Kasih
>
>
>
On 9/16/14 8:51 AM, hendrik karnadi hendrikkarnadi@yahoo.com
[belajar-excel] wrote:
> Hai Maman,
> Coba lihat jawaban pada file terlampir.
>
> Salam,
> HK
>
>
> On Tuesday, 16 September 2014, 7:05, "Maman superm42n@gmail.com
> [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>
>
> Dear All Master,
>
> Mohon bantuannya untuk kasus Pivot Table untuk file terlampir.
>
> Terima Kasih
>
>
>
Mon Sep 15, 2014 9:59 pm (PDT) . Posted by:
"hendrik karnadi" hendrikkarnadi
Maaf, lampirannya ketinggalan
On Tuesday, 16 September 2014, 11:40, "Maman superm42n@gmail.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
Pa Hendrik lampirannya ko ga ada ya?
On 9/16/14 8:51 AM, hendrik karnadi hendrikkarnadi@yahoo.com [belajar-excel] wrote:
>Hai Maman,
>Coba lihat jawaban pada file terlampir.
>
>
>Salam,
>HK
>
>
>
>On Tuesday, 16 September 2014, 7:05, "Maman superm42n@gmail.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>
>
>
>
>Dear All Master,
>
>Mohon bantuannya untuk kasus Pivot
Table untuk file terlampir.
>
>Terima Kasih
>
>
>
On Tuesday, 16 September 2014, 11:40, "Maman superm42n@gmail.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
Pa Hendrik lampirannya ko ga ada ya?
On 9/16/14 8:51 AM, hendrik karnadi hendrikkarnadi@yahoo.com [belajar-excel] wrote:
>Hai Maman,
>Coba lihat jawaban pada file terlampir.
>
>
>Salam,
>HK
>
>
>
>On Tuesday, 16 September 2014, 7:05, "Maman superm42n@gmail.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>
>
>
>
>Dear All Master,
>
>Mohon bantuannya untuk kasus Pivot
Table untuk file terlampir.
>
>Terima Kasih
>
>
>
Mon Sep 15, 2014 10:16 pm (PDT) . Posted by:
"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Hai Fiant,
Moga-moga array formula filtering pada file terlampir bisa menjadi
alternatif solusi.
=IFERROR(INDEX(Sheet1!$C$2:$C$9,SMALL(IF(Sheet1!$A$2:$A$9=$A2,ROW(Sheet1!$A$2:$A$9)-1),C$1)),"")
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Kid.
Hai Fiant,
Moga-moga array formula filtering pada file terlampir bisa menjadi
alternatif solusi.
=IFERROR(INDEX(
Wassalamu'
Kid.
Tue Sep 16, 2014 12:03 am (PDT) . Posted by:
"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
Moga-moga array formulas dalam file terlampir bisa menjadi alternatif
solusi.
Tidak ada kata terlambat untuk urun solusi....
hehehhe...
yang penting tetap semangat berbagi.
Wassalam,
Kid.
2014-09-15 14:38 GMT+10:00 Wewith Isme wewithisme@ymail.com [belajar-excel]
<belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
> Dear Para Master Excel,
> mohon pencerahan rumus untuk mencari kata dalam kalimat agar dapat
> mencocokkan dengan data lain hingga dapat dimunculkan ke cell yang lain,
> contoh kasus terlampir
> Data Pencarian Hasil Bila ada kata A maka akan muncul kata yang sesuai
> di kolom B Bagus Bila ada kata C maka akan muncul kata yang sesuai di
> kolom B Jelek Bila ada kata B maka akan muncul kata yang sesuai di kolom
> B Sedang
>
> Data Sumber A Bagus B Sedang C Jelek
>
> Terima kasih atas perhatiannya,mohon petunjuknya
> Thx
> WH
>
>
>
solusi.
Tidak ada kata terlambat untuk urun solusi....
hehehhe...
yang penting tetap semangat berbagi.
Wassalam,
Kid.
2014-09-15 14:38 GMT+10:00 Wewith Isme wewithisme@ymail.com [belajar-excel]
<belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
> Dear Para Master Excel,
> mohon pencerahan rumus untuk mencari kata dalam kalimat agar dapat
> mencocokkan dengan data lain hingga dapat dimunculkan ke cell yang lain,
> contoh kasus terlampir
> Data Pencarian Hasil Bila ada kata A maka akan muncul kata yang sesuai
> di kolom B Bagus Bila ada kata C maka akan muncul kata yang sesuai di
> kolom B Jelek Bila ada kata B maka akan muncul kata yang sesuai di kolom
> B Sedang
>
> Data Sumber A Bagus B Sedang C Jelek
>
> Terima kasih atas perhatiannya,
> Thx
> WH
>
>
>
============================================================
Pojok Lowongan Kerja yang disediakan milis :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/Pojok-Lowongan-Kerja-f5725753.html
*** Posting lowongan kerja : ke link tersebut dan klik New Topic
============================================================
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke: belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke: belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis : http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran : http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di : http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe), kirim mail kosong ke : belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
Pojok Lowongan Kerja yang disediakan milis :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/Pojok-Lowongan-Kerja-f5725753.html
*** Posting lowongan kerja : ke link tersebut dan klik New Topic
============================================================
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke: belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke: belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis : http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran : http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di : http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe), kirim mail kosong ke : belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
Tidak ada komentar:
Posting Komentar