Kamis, 11 September 2014

[belajar-excel] Digest Number 3081

14 Messages

Digest #3081
1b
3a
tanggal otomatis di userform by "yudha" cahayaoptikmandiri
3c
Re: tanggal otomatis di userform by "yudha" cahayaoptikmandiri
4a
Apa penyebabnya ? by "lkm jktind" lkmjkt
4b
Re: Apa penyebabnya ? [1 Attachment] by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
5
Input Data Excel by "m2m dir" m2m_masilva
6a
menghitung tunggakan spp by "sony nurcahyo" sony_pwt
6b
Re: menghitung tunggakan spp [1 Attachment] by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
7a
Re: Pengelompokan Umur Berdasarkan Kriteria Tertentu by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
8a
Re: hitung pokok dan bunga Depo [1 Attachment] by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Messages

Wed Sep 10, 2014 2:43 am (PDT) . Posted by:

"kiki tanjung" kieki_e

Dear Pak Hendrik

Terima kasih atas pencerahannya.

Jika berkenan, bolehkah diberi petunjuk dalam pembuatan macro nya?

On Wednesday, September 10, 2014 11:47 AM, "hendrik karnadi hendrikkarnadi@yahoo.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:


Hai Kiki,

Coba dibuat macronya.
Macronya diinsert di Quick Access Toolbar.

Salam,
HK

On Wednesday, September 10, 2014 11:28 AM, "kiki tanjung kieki_e@yahoo.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:


Dear Teman-teman

Mohon pencerahan nya, apakah ada cara untuk menampilkan fasilitas "search" secara permanen dalam bentuk bar?

Selama ini saya kalau ingin memakai fasilitas ini, menggunakan Ctrl+F atau klik "Find & Search" di ribbon.

Nah, adakah cara agar fasilitas "search" ini ditampilkan secara permanen dalam bentuk bar, seperti Formula Bar ?

Jadi jika ingin mencari sesuatu, tinggal ketik saja.

Terima kasih atas pencerahannya.

Wed Sep 10, 2014 6:14 am (PDT) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Hai Kiki,

Ini adalah macro sekali pakai (cari),
Sub Cari()
Dim a
a = InputBox("Masukkan kata yang mau dicari", "Find")
On Error GoTo Pesan
Cells.Find(What:=a, After:=ActiveCell, LookIn:=xlFormulas, LookAt:=xlPart, _
SearchOrder:=xlByRows, SearchDirection:=xlNext, MatchCase:=False _
, SearchFormat:=False).Activate
Exit Sub

Pesan:
MsgBox "Kata yang dicari tidak ada", vbCritical, "KESAN DAN PESAN"

End Sub

Icon Macro tsb diletakkan pada Quick Access Toolbar mel. Customize Quick Access Toolbar.

Waktu mau dipake tinggal klik Iconnya.

Salam,
HK

On Wednesday, September 10, 2014 4:43 PM, "kiki tanjung kieki_e@yahoo.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:


Dear Pak Hendrik

Terima kasih atas pencerahannya.

Jika berkenan, bolehkah diberi petunjuk dalam pembuatan macro nya?

On Wednesday, September 10, 2014 11:47 AM, "hendrik karnadi hendrikkarnadi@yahoo.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:


Hai Kiki,

Coba dibuat macronya.
Macronya diinsert di Quick Access Toolbar.

Salam,
HK

On Wednesday, September 10, 2014 11:28 AM, "kiki tanjung kieki_e@yahoo.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:


Dear Teman-teman

Mohon pencerahan nya, apakah ada cara untuk menampilkan fasilitas "search" secara permanen dalam bentuk bar?

Selama ini saya kalau ingin memakai fasilitas ini, menggunakan Ctrl+F atau klik "Find & Search" di ribbon.

Nah, adakah cara agar fasilitas "search" ini ditampilkan secara permanen dalam bentuk bar, seperti Formula Bar ?

Jadi jika ingin mencari sesuatu, tinggal ketik saja.

Terima kasih atas pencerahannya.

Wed Sep 10, 2014 7:41 am (PDT) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Kalau nyari "kata" nya mau di seluruh sheets bisa pakai macro dalam file terlampir.

Salam,
HK

On Wednesday, September 10, 2014 8:14 PM, "hendrik karnadi hendrikkarnadi@yahoo.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:


Hai Kiki,

Ini adalah macro sekali pakai (cari),
Sub Cari()
Dim a
a = InputBox("Masukkan kata yang mau dicari", "Find")
On Error GoTo Pesan
Cells.Find(What:=a, After:=ActiveCell, LookIn:=xlFormulas, LookAt:=xlPart, _
SearchOrder:=xlByRows, SearchDirection:=xlNext, MatchCase:=False _
, SearchFormat:=False).Activate
Exit Sub

Pesan:
MsgBox "Kata yang dicari tidak ada", vbCritical, "KESAN DAN PESAN"

End Sub

Icon Macro tsb diletakkan pada Quick Access Toolbar mel. Customize Quick Access Toolbar.

Waktu mau dipake tinggal klik Iconnya.

Salam,
HK

On Wednesday, September 10, 2014 4:43 PM, "kiki tanjung kieki_e@yahoo.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:


Dear Pak Hendrik

Terima kasih atas pencerahannya.

Jika berkenan, bolehkah diberi petunjuk dalam pembuatan macro nya?

On Wednesday, September 10, 2014 11:47 AM, "hendrik karnadi hendrikkarnadi@yahoo.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:


Hai Kiki,

Coba dibuat macronya.
Macronya diinsert di Quick Access Toolbar.

Salam,
HK

On Wednesday, September 10, 2014 11:28 AM, "kiki tanjung kieki_e@yahoo.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:


Dear Teman-teman

Mohon pencerahan nya, apakah ada cara untuk menampilkan fasilitas "search" secara permanen dalam bentuk bar?

Selama ini saya kalau ingin memakai fasilitas ini, menggunakan Ctrl+F atau klik "Find & Search" di ribbon.

Nah, adakah cara agar fasilitas "search" ini ditampilkan secara permanen dalam bentuk bar, seperti Formula Bar ?

Jadi jika ingin mencari sesuatu, tinggal ketik saja.

Terima kasih atas pencerahannya.

Wed Sep 10, 2014 6:19 am (PDT) . Posted by:

"leo pcs" leopcs81

Terima kasih pak Agus atas masukan dan formulanya.

salam
Leo

On Wednesday, September 10, 2014 1:07 PM, "Nang Agus nangagus@gmail.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:


Asalamualaikum warah matullah.

Pak Leo

Sebaiknya semua bulan dibuat dua angka pak. jadi kalau 1 bulan menjadi 01, sehingga 3 tahun 2 bulan menjadi 3,02 bukan 3,2 sehingga komputer mudah membedakan bulan ke 2 dan bulan ke 12. biar lebih mudah tahunnya juga bisa di jadikan 2 karakter. tambahkan formula text di depan formula Datedif.

Salam

NangAgus

2014-09-10 12:30 GMT+07:00 leo pcs leopcs81@yahoo.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>hai all
>mohon pencerahan BeExceler semua untuk kasus pengelompokan umur yang telah
saya coba dan masih belum sesuai dengan yang diharapkan.
>
>
>
>Salam BeExcelLeo
>
>

Wed Sep 10, 2014 9:08 pm (PDT) . Posted by:

"yudha" cahayaoptikmandiri

salam untuk semua master
mau nanya nih..
bagaimana macronya untuk meng-otomatisasi textbox nya tanggal terkini di user form..jadi begitu buka userform maka textbox tgl langsung mengisi otomatis

terima kasih
yudha

Wed Sep 10, 2014 9:34 pm (PDT) . Posted by:

"Nang Agus"

Coba begini:

Private Sub UserForm_Activate()
TextBox1.Value = Format(Date, "dd MMMM yyyy")

End Sub

2014-09-11 11:07 GMT+07:00 yudha cahayaoptikmandiri@yahoo.co.id
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> salam untuk semua master
> mau nanya nih..
> bagaimana macronya untuk meng-otomatisasi textbox nya tanggal terkini di
> user form..jadi begitu buka userform maka textbox tgl langsung mengisi
> otomatis
>
> terima kasih
> yudha
>
>

Wed Sep 10, 2014 9:59 pm (PDT) . Posted by:

"yudha" cahayaoptikmandiri

berhasil mas Agus..
cuman ketika ganti transaksi ( entry data selanjutnya ) kok hilang lagi ya..

yudha

"Nang Agus nangagus@gmail.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:

>Coba begini:
>
>Private Sub UserForm_Activate()
>TextBox1.Value = Format(Date, "dd MMMM yyyy")
>
>End Sub
>
>
>2014-09-11 11:07 GMT+07:00 yudha cahayaoptikmandiri@yahoo.co.id
>[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>>
>>
>> salam untuk semua master
>> mau nanya nih..
>> bagaimana macronya untuk meng-otomatisasi textbox nya tanggal terkini di
>> user form..jadi begitu buka userform maka textbox tgl langsung mengisi
>> otomatis
>>
>> terima kasih
>> yudha
>>
>>

Wed Sep 10, 2014 10:43 pm (PDT) . Posted by:

"lkm jktind" lkmjkt

Hanya file OHLC.xlsm bila di buka saja. maka cpu Usage antara 55% ~
100%
Walaupun sudah di buka 5 menit yg lalu.
di dalam file terdapat modul dan tidak ada formula di dalam file itu.
< Gambar sebelah kanan >

Kemudian dari file itu di copy ke file baru . yg di simpan di documen.
Tapi belum ada modul macro. .
<Gambar sebelah kiri >

Size : 89 Mb

Apakah file itu ada kelainan ?
Bagaimana cara memperbaiknya ?

Salam

Lukman.

Thu Sep 11, 2014 1:08 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Lukman,

Mungkin perlu dicoba begini :
1. set security macro menjadi high (tidak boleh ada macro kerja sama sekali)
2. non aktifkan seluruh addin
3. buka file lalu save as .xlsx ke lokasi baru.
4. lihat dan buka file hasil nomor 3.

Biasanya,
jika filenya sangat besar, maka bisa jadi ada :
banyak image (picture) atau shapes walau ukurannya kecil
, banyak object controls
, banyak Conditional Formatting, banyak Cells Styles
, banyak Cells berformula (yang ini katanya penanya bukan jadi
penyebab)
, banyak cells kosong tapi pasangi cells styles atau conditional
formatting
, ada link ke workbook lain yang nilainya masih tersimpan disitu
, ada pivot tables yang pivot cache nya menyimpan data source
, ada image (picture) yang ukurannya sangat besar

jika hasil uji coba di atas (nomor 1 sampai nomor 4) tidak terjadi keanehan
yang disebutkan, berarti script VBA yang ada di-file asli atau Addin yang
diaktifkan yang harus diperiksa ulang. Bisa jadi ada proses copas atau
pembuatan sesuatu disana.

Wassalam,
Kid.

2014-09-11 11:23 GMT+10:00 lkm jktind lkmjktind@gmail.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Hanya file OHLC.xlsm bila di buka saja. maka cpu Usage antara 55% ~
> 100%
> Walaupun sudah di buka 5 menit yg lalu.
> di dalam file terdapat modul dan tidak ada formula di dalam file itu.
> < Gambar sebelah kanan >
>
> Kemudian dari file itu di copy ke file baru . yg di simpan di documen.
> Tapi belum ada modul macro. .
> <Gambar sebelah kiri >
>
> Size : 89 Mb
>
>
> Apakah file itu ada kelainan ?
> Bagaimana cara memperbaiknya ?
>
>
> Salam
>
> Lukman.
>
>
>
>
>

Wed Sep 10, 2014 10:49 pm (PDT) . Posted by:

"m2m dir" m2m_masilva

Yth. BeExceller


Mohon bantuan untuk memberi solusi masalah yang saya hadapi, seperti pada data excel pada lampiran.
Tks atas bantuannya.


--- Mods ---
File lampiran yang melebihi 250KB dilepas dari email. Pengirim silakan mengirim ulang file lampiran yang lebih sesuai peraturan milis (max 250 KB) dengan cara me-reply email ini.
Hindari kalimat yang seluruh hurufnya menggunakan huruf kapital.
Tujukan pertanyaan dan share kepada seluruh member kecuali dalam hal menanggapi postingan member lain.
----------------



Wed Sep 10, 2014 11:42 pm (PDT) . Posted by:

"sony nurcahyo" sony_pwt

mohon solusi & bantuan

berikut kami lampirkan contoh data penerimaan SPP di sekolah kami
kami kesulitan mengisi kolom besarnya tunggakan, berapa bulan dan nunggak bulan apa saja
dikarenakan jika diisi secara manual, padahal data dari 1 sekolah saja ada ratusan

semoga ada cara yg otomatis/menggunakan formula utk mengatasi kesulitan kami ini

terimakasih atas pencerahannya

Thu Sep 11, 2014 12:57 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Sony,

Boleh tanya dikit kan ya...
Kalau data seperti ini, maka si siswa nunggak bulan apa ya
siswa spp 7 8 9 10 11 12 1 2 3 4 5 6 A 400 400 800 800 400 400
400 1,200 B 100 400 200 500
Bolehkah dijelaskan kriteria yang detil dan lengkap cara menentukan bulan
menunggaknya untuk berbagai potensi yang memungkinkan terjadi ?

Wassalam,
Kid.

2014-09-11 16:38 GMT+10:00 sony nurcahyo sony_pwt@yahoo.Com [belajar-excel]
<belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> mohon solusi & bantuan
>
> berikut kami lampirkan contoh data penerimaan SPP di sekolah kami
> kami kesulitan mengisi kolom besarnya tunggakan, berapa bulan dan nunggak
> bulan apa saja
> dikarenakan jika diisi secara manual, padahal data dari 1 sekolah saja ada
> ratusan
>
> semoga ada cara yg otomatis/menggunakan formula utk mengatasi kesulitan
> kami ini
>
> terimakasih atas pencerahannya
>
>
>

Thu Sep 11, 2014 12:09 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Leo,

Tentang :
*1.* Formula berbunyi : (cell D5 sebagai cell yang dipasangi formula
alias *cell
aktif *si formula)
=REPT("x",LOOKUP(DATEDIF($B5,$D$1,"m"),{1,7,13,25,72,156,181},
{1,2,3,4,5,6,7})=COLUMNS($D$4:D$4))
>> Bagian :
Rept( teks , N ) -> untuk menulis teks berulang-ulang sebanyak N kali. Jika
N adalah 0 maka hasilnya NULLSTRING.
LookUp()=Columns() -> berupa perbandingan, yang hasilnya TRUE setara 1 atau
FALSE setara 0. Hasil perbandingan ini sebagai pengisi nilai N pada fungsi
Rept di atas. Artinya, dibutuhkan nilai 1 atau TRUE jika di kolom itu harus
ditulisi sesuatu karena umur data sesuai untuk grup di kolom itu. Grup umur
bisa diberi kode nomor grup dari 1 sampai sekiun. Hal ini sama saja dengan
jumlah kolom mulai suatu cell yang tetap sampai cell aktif disebelah
kanannya.

Columns() -> menghitung jumlah kolom dari area yang dirujuk.
COLUMNS($D$4:D$4) -> dari cell yang selalu D4 sampai kolom yang sedang
aktif di baris 4 nya (pada formula, cell aktif sedang di kolom D di baris
5).

LookUp() -> fungsi ini digunakan untuk menghasilkan nomor item berdasar
umur dalam bulan.
Jadi,
lookup_value => umur dalam bulan, yaitu dengan
DATEDIF($B5,$D$1,"m")
lookup_vector (area lookup) => daftar batas bawah
umur setiap grup, yaitu dengan array berbunyi {1,7,13,25,72,156,181}
result_vector (daftar nilai yang diambil) => daftar
nomor item grup umur,
yaitu :
grup 1 (batas mulai umur 1 bulan sampai 6
bulan)
grup 2 (batas mulai umur 7 bulan sampai 1
tahun alias 12 bulan)
grup 3 (batas mulai umur lebih dari 1
tahun alias 13 bulan sampai 2 tahun alias 24 bulan)
dst sampai ada 7 grup (mulai lebih dari
15 tahun alias 15 tahun lebih 1 bulan sampai tak hingga tahun dan bulan)
yang ditulis dalam bentuk array berbunyi
{1,2,3,4,5,6,7}

Jadi, jika batas bawah umur setiap grup diletakkan disuatu area range
sebaris (1 baris x 7 kolom), yang jika dimulai dari D3 maka akan sampai ke
J3, maka D3 akan berisi nilai 1, E3 berisi 7, F3 berisi 13, dst.
Dengan demikian, bagian {1,7,13,25,72,156,181} bisa diganti menjadi
$d$3:$j$3
Sampai disini, formula bagian lookup akan menjadi :
=REPT("x",LOOKUP(DATEDIF($B5,$D$1,"m"), $d$3:$j$3 ,{1,2,3,4,5,6,7})=
COLUMNS($D$4:D$4))

Bagian yang biru adalah kode grup, yaitu dari grup 1 sampai sekian. Biru
dalam lookup adalah daftar seluruh kode grup umur, sedangkan biru yang
berupa fungsi Columns adalah kode grup umur dilokasi cell yang sedang
aktif. Kalau cell aktif di D5, berarti grup 1.

Bagian Biru dalam lookup bisa diganti menjadi Column( $d$3:$j$3 ) - 3 karena
Column(d3) akan menghasilkan nilai 4 padahal pada saat cell aktif di kolom
D, kode grup harus bernilai 1, yang artinya nilai Column( d3 ) harus
dikurangi 3 agar menghasilkan 1 (nilai kode grup yang benar untuk kolom D).

Maka formula akan berubah menjadi :
=REPT("x",LOOKUP(DATEDIF($B5,$D$1,"m"), $d$3:$j$3 , Column(
$d$3:$j$3 ) - 3 )=COLUMNS($D$4:D$4))

Kalau sudah paham sampai bagin ini, maka dilanjutkan lagi...

Kalau kode grup (yang 1,2,3,dst) bisa diwakili oleh batas bawah setiap grup
(1,7,13,dst) yang sudah ditulis di D3:J3, berarti perbandingan bagian :
*LookUp() yang menghasilkamn kode grup* = *Columns() yang
menghasilkan kode grup*
bisa diganti dengan perbandingan :
*LookUp() menghasilkan nilai batas bawah grup *= *cell berisi
batas bawah grup untuk cell aktif*

Bagian *LookUp() menghasilkan nilai batas bawah grup* bisa didapatkan
dengan menghilangkan bagian result_vector, artinya bagian lookup akan
berubah menjadi :
LOOKUP(DATEDIF($B5,$D$1,"m"), $d$3:$j$3 ,)

Bagian *cell berisi batas bawah grup untuk cell aktif* bisa didapatkan
dengan merujuk selalu ke baris 3 di kolom aktif. Karena cell aktif (cell
yang dipasangi formula) adalah cell D5, maka bagian ini adalah merujuk ke
baris 3 kolom D alias cell D$3 (selalu alias absolute). Artinya, bagian
Columns( blabla ) berubah menjadi D$3

Secara lengkap, formula akan berubah menjadi :
=REPT("x",LOOKUP(DATEDIF($B5,$D$1,"m"), $d$3:$j$3 )= D$3 )

dan formula akan terikat pada cells bantu di range $d$3:$j$3 yang berupa
nilai-nilai batas bawah grup umur.

Sampai disini, maka dapat diketahui bahwa wajarnya, suatu data kelompok
(grouping) ditentukan dengan pengkodean dan nilai batas-batasnya (batas
bawah dan atas). Bunyi teks yang harus ditampakkan ke pemirsa data sekalian
adalah tergantung nilai batas-batas tersebut.

Akan lebih bagus lagi jika D1:J1 berisi kode, D2:J2 berisi batas atas
setiap grup, D3:J3 berisi batas bawah setiap grup, D4:J4 berisi teks nama
grup yang disajikan ke mata pemirsa data.

*2.* bagaimana jika kriteria umur (D4:K4) diubah atau diganti dengan
kriteria yang lain, dan apa yang harus dilakukan pada formula.
>> Jika sudah disusun seperti nomor 1 bagian akhir, mestinya sudah tahu apa
yang harus dilakukan.

Wassalam,
Kid.

2014-09-10 18:25 GMT+10:00 leo pcs leopcs81@yahoo.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Terima Kasih Mr. Kid atas pencerahannya. formula yang disajikan sangat
> menarik "WOW"....
> namun saya masih bingung mengartikan atau melogikakan formula tersebut.
> mohon kiranya Mr. Kid dapat :
> 1. memberikan sedikit penjelasan mengenai formula
>
> =REPT("x",LOOKUP(DATEDIF($B5,$D$1,"m"),{1,7,13,25,72,156,181},{1,2,3,4,5,6,7})=COLUMNS($D$4:D$4))
> terutama pada lookup_vector, [result_vector], serta menghadirkan
> =COLUMNS($D$4:D$4)
> 2. bagaimana jika kriteria umur (D4:K4) diubah atau diganti dengan
> kriteria yang lain, dan apa yang harus dilakukan pada formula.
>
> salam
> Leo
>
>
>
>
> On Wednesday, September 10, 2014 1:42 PM, "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com
> [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>
>
>
> Hai Leo,
>
> File terlampir menggunakan formula :
>
> =REPT("x",LOOKUP(DATEDIF($B5,$D$1,"m"),{1,7,13,25,72,156,181},{1,2,3,4,5,6,7})=COLUMNS($D$4:D$4))
>
> Wassalam
> Kid.
>
>
>
> 2014-09-10 15:29 GMT+10:00 leo pcs leopcs81@yahoo.com [belajar-excel] <
> belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
> hai all
> mohon pencerahan BeExceler semua untuk kasus pengelompokan umur yang telah
> saya coba dan masih belum sesuai dengan yang diharapkan.
>
> Salam BeExcel
> Leo
>
>
>
>
>
>

Thu Sep 11, 2014 12:32 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Ary,

Hampir 1 x 24 jam tapi belum ada yang menyentuh. Biasanya kasus seperti ini
akan cepat mendapat respon dari BeExceller yang sedang online.

Ada baiknya Anda menambahkan penjelasan yang lebih detil. Bila perlu
disertai contoh hasil kerja manual yang diberi keterangan step by step
setiap proses kerja manualnya.

Wassalam,
Kid.

2014-09-10 17:58 GMT+10:00 Aku Ary akuary11@yahoo.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Dear Suhu semuanya..
>
>
>
> Nubie mau tanya nih..
>
> Atas catatan deposito saya di minta untuk mengetahui posisi saldo pokok
> dan bunga atas penempatan deposito di salah satu bank.
>
> Dengan hanya memasukkan tanggal pada periode (kolom B3), nantinya akan
> dapat langsung mengetahui berapa jumlah aktual pada "pokok" dan "bunga"
> depositonya (tanpa perlu merubah data yang sudah ada). Dan apabila tanggal
> jatuh tempo tidak sesuai (1 bulan) berarti dilakukan pencairan pada tanggal
> yang dimaksud.
>
> Terima kasih atas bantuannya.
> regards,
> ary
>
>
>
============================================================
Pojok Lowongan Kerja yang disediakan milis :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/Pojok-Lowongan-Kerja-f5725753.html
*** Posting lowongan kerja : ke link tersebut dan klik New Topic
============================================================
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke: belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke: belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis : http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran : http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di : http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe), kirim mail kosong ke : belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar