Minggu, 28 September 2014

[belajar-excel] Digest Number 3112

11 Messages

Digest #3112
1a
Re: Memindahkan data ke sheet yang baru by "ketut budiasa" yudix_ketut
2a
CARA MENGINPUT DATA by "Rismayanti Darwis" rismayanti3102
2b
Re: CARA MENGINPUT DATA [1 Attachment] by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
2c
Re: CARA MENGINPUT DATA [1 Attachment] by "Rismayanti Darwis" rismayanti3102
3a
Re: Meningkatan kinerja dari komputer by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
3b
3c
4a
Re: Variabel VBA by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
5a
Memunculkan Modus dari kriteria abjad by "Rizki Agung" rizki_fisthein
5b
Re: Memunculkan Modus dari kriteria abjad by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
6
MonteCarlo by "lkm jktind" lkmjkt

Messages

Sat Sep 27, 2014 5:28 am (PDT) . Posted by:

"ketut budiasa" yudix_ketut

Dear All,


Minta tolong untuk kasus ini.




regards
Yudix



On Thursday, 25 September 2014, 9:22, "ketut budiasa yudix_ketut@yahoo.com [belajar-excel]" wrote:



Dear Pak Lukman,


Betul sekali pak penjelasannya tersebut, memang setelah terpisahkan sheet nya, maka sheet yag baru itu akan saya pindahkan ke Workbook yang baru.
Terima kasih atas bantuannya menjelaskan keinginan saya.


Dear Pak Hendrik,


Untuk pemisahannya ini sebelumnya saya coba menggunakan Auto Filter, dengan pilihan "text Filter==> contains" dan hasilnya yang muncul tersebut saya Cut, trus saya Paste di Sheet yang baru. Tetapi data di sheet yang saya Cut sebelumnya itu menjadi hilang sebagian, tidak hanya yang saya Filter saja yang di Cut, tetapi data di yang lainnya juga ikut. dan karena datanya semakin banyak saya berharap bisa menggunakan macro VB untuk proses pemisahannya ini.
Mohon maaf sekali lagi pak. mungkin agak menyusahkan jadinya.




Regards
Yudix.






On Wednesday, 24 September 2014, 10:09, "lkm jktind lkmjktind@gmail.com [belajar-excel]" wrote:



Pak Hendrik.


Ini penjelas saja.


Apa yg bapak lakukan benar 100 % sesuai dengan yang di minta oleh pak Yadix


cuma terpikirkan , kenapa hal itu mesti di lakukan bertahap ? (dipilih dulu baru di pandahkan ?)

Kalau hanya untuk memisahkan satu sheet -- menjadi masing masing sheet berdasarkan desa nya ?



sebenarnya saya hendak menjelaskan . untuk Pak Yadix

Setelah VBA nya jadi : untuk dipakai oleh pak Yudix .


1. Karena kondisi Data nya ----- disana ada kelurahan Sukasada ---- dengan kecamatan Sukasada. ------------->

----> kalau kata kuncinya yg di pakai adalah Sukasada ------------ mungkin hampir semua data yg tersisa akan diambil .


2. Ada kemiripan nama : seperti : Kel Panji , dan Kel PanjiAnom. (Ada yg ditulis : Panji Anom ) ------------> apakah data seperti itu di satukan atau dipisah. ?


3 . untuk data No 18 dan 27 --- ini Pak Yadix yg tentukan .





saya yakin harapan dari Pak Yadix --- untuk VBA nya bisa di pakai berkali kali . Tapi kalau mau nya setiap kali mesti menambah sheetnya ? . ya nga bisa . --- supaya bisa ----> worksheet yg lama mesti di delete dulu .



itu saja .



Mohon maaf -- telah menyinggung perasaan pak hendrik .




Salam


Lukman


































Sat Sep 27, 2014 5:39 am (PDT) . Posted by:

"Rismayanti Darwis" rismayanti3102

ASSALAMUALIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUHU,,,,

Buat semua guru-guru excel ,,,,

Saya mempunyai masalah di mana saya membuat rumus yang ada di
sheet2,,,tetapi hasilnya #N/A,,,

Kira-kira apanya yang kurang ya,,,mohon pencerahannya,,,?

Wassalam

Risma,

Sat Sep 27, 2014 7:06 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Wa'alaikumussalam Wr. Wb.

mbak Risma, berikut salinan resmi dari Microsoft tentang fungsi vLookUp :
Syntax

VLOOKUP(lookup_value, table_array, col_index_num, [range_lookup])

The VLOOKUP function syntax has the following arguments (argument: A value
that provides information to an action, an event, a method, a property, a
function, or a procedure.):

- *lookup_value* Required. The value to search in the first column of
the table or range. The *lookup_value* argument can be a value or a
reference. If the value you supply for the l*ookup_value* argument is
smaller than the smallest value in the first column of the *table_array*
argument, *VLOOKUP* returns the #N/A error value.
- *table_array* Required. The range of cells that contains the data.
You can use a reference to a range (for example, *A2:D8*), or a range
name. The values in the first column of *table_array* are the values
searched by *lookup_value*. These values can be text, numbers, or
logical values. Uppercase and lowercase text are equivalent.
- *col_index_num* Required. The column number in the *table_array*
argument from which the matching value must be returned. A
*col_index_num* argument of 1 returns the value in the first column in
*table_array*; a *col_index_num* of 2 returns the value in the second
column in *table_array*, and so on.

If the *col_index_num* argument is:
- Less than 1, *VLOOKUP* returns the #VALUE! error value.
- Greater than the number of columns in *table_array*, *VLOOKUP*
returns the #REF! error value.
- *range_lookup* Optional. A logical value that specifies whether you
want *VLOOKUP* to find an exact match or an approximate match:
- If *range_lookup* is either TRUE or is omitted, an exact or
approximate match is returned. If an exact match is not found, the next
largest value that is less than *lookup_value* is returned.

*Important* If *range_lookup* is either TRUE or is omitted, the
values in the first column of *table_array* must be placed in
ascending sort order; otherwise, *VLOOKUP* might not return the
correct value.

For more information, see Sort data <HP10073947.htm>.

If *range_lookup* is FALSE, the values in the first column of
*table_array* do not need to be sorted.
- If the *range_lookup* argument is FALSE, *VLOOKUP* will find only
an exact match. If there are two or more values in the first column of
*table_array* that match the *lookup_value*, the first value found is
used. If an exact match is not found, the error value #N/A is returned.

=vLookUp( A , B , C , d )
Dari salinan tersebut, bisa diketahui bahwa :
1. fungsi vLookUp membutuhkan 3 inputan utama, yaitu :
A. nilai yang dilookup (kasus Anda berarti nilai di C4)
B. area lookup yang berupa area range yang kolom pertama yang
disebut pasti berupa nilai-nilai yang dilookup, sedang kolom selanjutnya
termasuk kolom yang bisa diambil nilainya sebagai output
C. nomor kolom dalam area range di poin B yang akan diambil sebagai
nilai output

2. fungsi vLookUp juga bisa diberi 1 inputan pelengkap (tambahan yang
disebut range_lookup) [bagian d dalam syntax diatas]
bagian d atau range_lookup ini bisa diisi dengan FALSE atau 0 jika
harus mencari yang sama persis. Diisi TRUE atau 1 jika mencari yang
terakhir bisa kurang dari atau sama dengan nilai lookup.

Contoh :
=vLookUp( c4 , Siswa , 2 )
sama dengan bunyi :
=vLookUp( c4 , Siswa , 2 , 1 )
atau
=vLookUp( c4 , Siswa , 2 , TRUE )

1> c4 adalah nilai yang dilookup (bagian A)
2> Siswa adalah area range untuk melookup (bagian B) yang syaratnya :
>> *kolom ke-1 dalam Siswa berisi nilai-nilai seperti c4 (nomor
induk) --> SANGAT PENTING karena ini KUNCI*
>> kolom ke-2 dan seterusnya (dikanannya kolom ke-1 alias kolom
kunci) *juga *bisa diambil nilainya sebagai *output*
3> *2 adalah bagian C, karena bagian C lebih dari 1, maka bagian B (Siswa)
harus berisi kolom minimal sebanyak yang tertulis di bagian C ini (dalam
hal ini minimal ada 2 kolom).*
4> bagian d yang dikosongkan berarti akan menggunakan nilai defaultnya,
yaitu TRUE, artinya akan mencari yang kolom ke-1 dari bagian B (Siswa)
adalah bernilai kurang atau sama dengan dari bagian A (c4) yang terakhir
ditemukan.
Jadi,
- jika c4 bernilai 7, sedang di kolom ke-1 siswa adanya hanya
bernilai 1,2,3
>> maka vLookUp akan menghasilkan nilai 3 jika bagian d tidak
diisi alias setara TRUE atau 1
>> maka vLookUp akan menghasilkan nilai error #N/A jika bagian d
diisi nilai FALSE atau 1 (karena harus cari yang persis sama)

Jadi formula Anda kurang tepat dibagian yang keterangannya diberi warna
merah diatas.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Kid.

2014-09-27 17:38 GMT+10:00 'Rismayanti Darwis' rismayanti3102@gmail.com
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> ASSALAMUALIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUHU,,,,
>
>
>
> Buat semua guru-guru excel ,,,,
>
> Saya mempunyai masalah di mana saya membuat rumus yang ada di
> sheet2,,,tetapi hasilnya #N/A,,,
>
> Kira-kira apanya yang kurang ya,,,mohon pencerahannya,,,?
>
>
>
> Wassalam
>
> Risma,
>
>
>

Sat Sep 27, 2014 11:38 pm (PDT) . Posted by:

"Rismayanti Darwis" rismayanti3102

Assalamualikum,,,

Makasih atas pencerahannya MR,Kid saya udah mengerti tentang penjelasan
tentang lookup,,,dan ternyata saya udah mendapatkan apa yang saya cari,,

Terima kasih ,,

Wassalam

Sat Sep 27, 2014 6:19 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Lukman,

Excel VBA hadir sebagai single threading. Multi threading digunakan Excel
pada calculation, sort, dsb, tapi tidak di VBA.
Tidak semua masalah otomasi harus menggunakan loop. Terkadang fitur Excel
bekerja lebih cepat daripada menyusun loop sendiri.

Wassalam,
Kid.

2014-09-27 19:08 GMT+10:00 lkm jktind lkmjktind@gmail.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
>
> Komputer yg digunakan . 4 core .
>
> digunakan untuk looping .
>
> sangat lama . terlihat cpu usage nya sekitar 25 % dan memory nya
> pun sekitar 25 %
>
> yg di gunakan .
>
> Bagaimana cara nya supaya 4 core itu melakukan bisa berkerja bersama
> sama ?
>
> ataukah memang 1 file excel itu cuma bisa di kerjakan oleh 1 core saja
> . ?
>
>
> Salam
>
> Lukman
>
>
>
>
>

Sat Sep 27, 2014 5:48 pm (PDT) . Posted by:

"lkm jktind" lkmjkt

1 : 7.309,26

2014-09-27 20:19 GMT+07:00 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Hai Lukman,
>
> Excel VBA hadir sebagai single threading. Multi threading digunakan Excel
> pada calculation, sort, dsb, tapi tidak di VBA.
> Tidak semua masalah otomasi harus menggunakan loop. Terkadang fitur Excel
> bekerja lebih cepat daripada menyusun loop sendiri.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
>
>
>
>
> 2014-09-27 19:08 GMT+10:00 lkm jktind lkmjktind@gmail.com [belajar-excel]
> <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
>>
>>
>> Komputer yg digunakan . 4 core .
>>
>> digunakan untuk looping .
>>
>> sangat lama . terlihat cpu usage nya sekitar 25 % dan memory nya
>> pun sekitar 25 %
>>
>> yg di gunakan .
>>
>> Bagaimana cara nya supaya 4 core itu melakukan bisa berkerja bersama
>> sama ?
>>
>> ataukah memang 1 file excel itu cuma bisa di kerjakan oleh 1 core saja
>> . ?
>>
>>
>> Salam
>>
>> Lukman
>>
>>
>>
>>
>
>

Sun Sep 28, 2014 2:15 am (PDT) . Posted by:

"lkm jktind" lkmjkt

Pak Kid.

ini terpaksa :
data nya B11 --- mengambil data G10 dan seterusnya.

biasanya . yg saya lakukan . bila nga tau / belum menemukan rumus nya . --
terakhir baru saya loop .
ini pun sebelum proses Loop saya sort data biar hanya sekali jalan .

Mengunakan prosessor : intel I5 Type 3450. 4 core 3.1 Ghz
hasil nya seperti dibawah ini :
dibawah ini hanya dipakai untuk excel saja
S : 7338. 17

dicoba di pakai untuk 4 file excel pada waktu bersamaan . --- bisa
detik mulai selesai
1 : 7338.17 06:34:43 -- 08:37:04 PM
2 : 7309.29 06:35:02 -- 08:36:54 PM
3 : 7209.27 06:35:18 -- 08:35:30 PM
4 : 7360.78 06:35:35 -- 08:38:19 PM

Tapi aneh nya :
di komputernya Ibu Anisa : hanya 47 menit
yg mengunakan intel 2.1 Ghz ???

Sumber file dari Ibu Anisa -- hampir 800 kb
setelah saya buat kan macro nya --- di letakan di email ---

Apakah file yg saya terima berbeda ? bingung .

Salam

Lukman

2014-09-28 7:48 GMT+07:00 lkm jktind <lkmjktind@gmail.com>:

>
>
> 1 : 7.309,26
>
>
> 2014-09-27 20:19 GMT+07:00 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel] <
> belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
>>
>> Hai Lukman,
>>
>> Excel VBA hadir sebagai single threading. Multi threading digunakan Excel
>> pada calculation, sort, dsb, tapi tidak di VBA.
>> Tidak semua masalah otomasi harus menggunakan loop. Terkadang fitur Excel
>> bekerja lebih cepat daripada menyusun loop sendiri.
>>
>> Wassalam,
>> Kid.
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>> 2014-09-27 19:08 GMT+10:00 lkm jktind lkmjktind@gmail.com
>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>>
>>
>>>
>>>
>>> Komputer yg digunakan . 4 core .
>>>
>>> digunakan untuk looping .
>>>
>>> sangat lama . terlihat cpu usage nya sekitar 25 % dan memory nya
>>> pun sekitar 25 %
>>>
>>> yg di gunakan .
>>>
>>> Bagaimana cara nya supaya 4 core itu melakukan bisa berkerja bersama
>>> sama ?
>>>
>>> ataukah memang 1 file excel itu cuma bisa di kerjakan oleh 1 core
>>> saja . ?
>>>
>>>
>>> Salam
>>>
>>> Lukman
>>>
>>>
>>>
>>>
>>
>>
>
>

Sat Sep 27, 2014 6:49 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Wa'alaikumussalam wr. wb.

Tentang Match, hal tersebut berhubungan dengan kalimat berbunyi :
*Match bisa menerima inputan berupa range, array, dan suatu nilai.*

Fungsi biasanya dibuat untuk bisa memenuhi suatu komputasi tertentu yang
spesifik dan khusus di kasus itu saja.

Kemudian fungsi dikembangkan untuk dibuat bisa menyelesaikan banyak
pekerjaan serupa. Contohnya adalah fungsi CountA yang menghitung berdaar
ada tidaknya isi sebuah cell dikembangkan menjadi CountIF lalu menjadi
CountIFs.

Pengembangan berikutnya dari suatu fungsi adalah membuat fungsi menjadi
lebih fleksibel ubtuk menerima berbagai input. Contohnya Sum yang bisa
menrima range (satu atau banyak) disertai sebuah nilai tertentu selama
masih bertipe numerik, seperti =Sum( A1:C7 , 12 , {1,2,3} ).

Keluwesan suatu fungsi dalam menerima inputan akan membuat fungsi tersebut
menjadi lebih powerful. Contohnya seperti fungsi Match, Index, Small, Large
dan banyak fungsi lain yang bisa digunakan dalam menyelesaikan banyak kasus
yang berbeda-beda.
Contohnya adalah fungsi Small yang awalnya sebagai pengambil nilai terkecil
ke-sekian, menjadi fungsi penting dalam melakukan filtering dengan formula
dan berbagai kasus lainnya.

Nah...
UDF adalah sebuah fungsi buatan sendiri menggunakan VBA. Ketika UDF yang
dibuat bisa lebih luwes dalam menerima inputan, maka area kerja UDF
tersebut juga akan semakin luas.

Wassalamu'alaikum wr. wb.,
Kid.

2014-09-27 13:16 GMT+10:00 Nang Agus nangagus@gmail.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
> *Tentu pernah mengerjakan berbagai kasus yang menggunakan fungsi Match,
> LookUp, atau Index bukan ?*
>
> *Beberapa varian penggunaan Match antara lain :*
>
> *=Match( A1 , Z1:Z10 , 0 )*
>
>
> *=Match( A1 & B1 , Z1:Z10 & Y1:Y10 , 0 ) lalu di CSE*
> *Match bisa menerima inputan berupa range, array, dan suatu nilai.*
>

Sat Sep 27, 2014 12:18 pm (PDT) . Posted by:

"Rizki Agung" rizki_fisthein

Assalamualaikum....saya ada kendala dalam program excel untuk memunculkan modus dari kriteria abjada (non angka). Oleh karena itu sya mhon bantuannya, adapun permasalahan datanya ada dalam lampiran file ecxel yang saya sertai di surel ini. terima kasih atas bantuannya dan semangat selalu......

Sat Sep 27, 2014 3:50 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Wa'alaikumussalam Wr. Wb.

Silakan dicoba array formula berbunyi :
=INDEX(A4:H4,MATCH(MAX(COUNTIF(A4:H4,A4:H4)),COUNTIF(A4:H4,A4:H4),0))

atau jika diubah menjadi formula biasa (bukan array formula), maka formula
akan berbunyi :
=INDEX(A5:H5,MATCH(MAX(*INDEX(*COUNTIF(A5:H5,A5:H5)*,1,0)*),*INDEX(*
COUNTIF(A5:H5,A5:H5)*,1,0)*,0))

File terlampir.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Kid.

2014-09-28 1:16 GMT+10:00 Rizki Agung rizki_fisthein@yahoo.com
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Assalamualaikum....saya ada kendala dalam program excel untuk memunculkan
> modus dari kriteria abjada (non angka). Oleh karena itu sya mhon
> bantuannya, adapun permasalahan datanya ada dalam lampiran file ecxel yang
> saya sertai di surel ini. terima kasih atas bantuannya dan semangat
> selalu......
>
>
>

Sun Sep 28, 2014 2:45 am (PDT) . Posted by:

"lkm jktind" lkmjkt

File ini dari Ibu Anisa . (hanya sebagian saja )

VBA hanya digunakan untuk mengisi Kolom H dan I ---- selanjutnya hasil
di pindahkan ke sheet OUTPUT.

Persoalannya : didalam terkandung formula : Randbetween -- di kolom D
, J dan L

Ketika VBA di jalan kan . --- benar sih kondisinya Gxxx < 122500
----------- tapi kadang kadang . di kolom berikut nya --------
nilai yang semula Gxxx < 122500 --- menjadi Gxxx > 122500 ???

Sebenarnya RANDBTWEEN --- ini untuk apa ?

dalam kondisi normal saja . -------------- selama RandBtween --- masih on
--- di rubah nilainya di kolom apa saja ---- akan merubah nilai di dalam
file .

Salam

Lukman
============================================================
Pojok Lowongan Kerja yang disediakan milis :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/Pojok-Lowongan-Kerja-f5725753.html
*** Posting lowongan kerja : ke link tersebut dan klik New Topic
============================================================
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke: belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke: belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis : http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran : http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di : http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe), kirim mail kosong ke : belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar