Selasa, 09 April 2013

[belajar-excel] Digest Number 2221

15 New Messages

Digest #2221
1a
1b
2a
2c
Re: otomatis ganti sesuai nm wrkbook by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
2h
Re: otomatis ganti sesuai nm wrkbook by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
3b
Re: Monitoring Absensi dan tugas pegawai by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
3d
Re: Monitoring Absensi dan tugas pegawai by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Messages

Tue Apr 9, 2013 7:01 pm (PDT) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Saya ada satu contoh mengenai menghitung harga pokok dengan FIFO, LIFO dan AVG (ngambil dari internet), namun hanya untuk satu product (sebelumnya pernah dibahas dalam milis ini).
Saya coba kembangkan untuk banyak product namun belum berhasil.

Barangkali Mr. Kid atau Rekan2 Be Exceler lainnya, khususnya yang bergerak di bidang akuntansi, dapat menyempurnakannya untuk banyak product.

File terlampir.

Terima kasih.

Salam,
HK

----- Forwarded Message -----
From: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
To: BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Wednesday, 10 April 2013, 8:36
Subject: Re: Fw: [belajar-excel] Buat Laporan Penjualan sederhana


 
hehhee...
justru itu wacana yang sedang diisukan.
saya juga ndak tahu, nanti mau gimana.

Wassalam,
Kid.

2013/4/10 hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>


>Mr. Kid,
>
>
>Kode "1" kan ada 2 x pembelian, bagaimana kalau mau ambil harga Kode "1" pembelian yang kedua atau mau ambil rata2nya ?
>
>
>Salam,
>HK
>
>
>----- Forwarded Message -----
>From: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
>To: BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com>
>Sent: Tuesday, 9 April 2013, 23:25
>Subject: Re: [belajar-excel] Buat Laporan Penjualan sederhana
>
>

>Kasus vLookUp.
>Mungkin seperti file terlampir.
>
>Wassalam,
>Kid.
>
>
>
>
>
>2013/4/9 Abang Jakarta <abang_jakarta17@yahoo.com>
>
>
>> 
>>Yth para expert excel,
>>
>>
>>Saya perlu bantuannya, saya ingin buat data pembelian dan penjualan untuk toko saya. Di sheet Catatan pembelian ada kolom Harga Modal / pc. Kemudian setiap saya meng input kode di sheet Laporan penjualan maka secara otomatis akan muncul nama barang tersebut serta harga modal dari barang tersebut.
>>
>>
>>Saya lampirkan juga contoh yang saya buat, mohon bantuannya.
>>Terimakasih
>>
>>
>>Abang
>
>
>

Tue Apr 9, 2013 7:27 pm (PDT) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Rekan2 Be-Exceller
Ada dua hal yang lupa saya sampaikan untuk menjalankan macronya:
- Macro di Run pada Sheet ybs, mis. untuk menghitung FIFO pakai Sheet FIFO.
- Merged Cell pada "COST" harus diunmerged dulu.

Untuk melakukan tes, hapus dulu angka2 pada warna kuning kemudian klik FIFO, LIFO atau AVG COST sesuai nama Sheetnya.

Salam,
HK 

----- Forwarded Message -----
From: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Wednesday, 10 April 2013, 9:01
Subject: Fw: Fw: [belajar-excel] Buat Laporan Penjualan sederhana


 
Saya ada satu contoh mengenai menghitung harga pokok dengan FIFO, LIFO dan AVG (ngambil dari internet), namun hanya untuk satu product (sebelumnya pernah dibahas dalam milis ini).
Saya coba kembangkan untuk banyak product namun belum berhasil.

Barangkali Mr. Kid atau Rekan2 Be Exceler lainnya, khususnya yang bergerak di bidang akuntansi, dapat menyempurnakannya untuk banyak product.

File terlampir.

Terima kasih.

Salam,
HK

----- Forwarded Message -----
From: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
To: BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Wednesday, 10 April 2013, 8:36
Subject: Re: Fw: [belajar-excel] Buat Laporan Penjualan sederhana


 
hehhee...
justru itu wacana yang sedang diisukan.
saya juga ndak tahu, nanti mau gimana.

Wassalam,
Kid.

2013/4/10 hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>


>Mr. Kid,
>
>
>Kode "1" kan ada 2 x pembelian, bagaimana kalau mau ambil harga Kode "1" pembelian yang kedua atau mau ambil rata2nya ?
>
>
>Salam,
>HK
>
>
>----- Forwarded Message -----
>From: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
>To: BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com>
>Sent: Tuesday, 9 April 2013, 23:25
>Subject: Re: [belajar-excel] Buat Laporan Penjualan sederhana
>
>

>Kasus vLookUp.
>Mungkin seperti file terlampir.
>
>Wassalam,
>Kid.
>
>
>
>
>
>2013/4/9 Abang Jakarta <abang_jakarta17@yahoo.com>
>
>
>> 
>>Yth para expert excel,
>>
>>
>>Saya perlu bantuannya, saya ingin buat data pembelian dan penjualan untuk toko saya. Di sheet Catatan pembelian ada kolom Harga Modal / pc. Kemudian setiap saya meng input kode di sheet Laporan penjualan maka secara otomatis akan muncul nama barang tersebut serta harga modal dari barang tersebut.
>>
>>
>>Saya lampirkan juga contoh yang saya buat, mohon bantuannya.
>>Terimakasih
>>
>>
>>Abang
>
>
>

Tue Apr 9, 2013 7:19 pm (PDT) . Posted by:

"PRAZT" praztmath



Dera para master, minta bantuan pada para master tentang masalah
berikut;

Saya menginginkan ada sebuah workbook yang saya kasih macro, jika
saya ganti nama workbook tersebut maka pada sheet1 cell B3 itu sesuai dengan
nama workbook meskipun workbooknya diganti ganti. Tetapi masih berkendala
jika sheet1 cell B3 itu ikut saya protect maka pada sheet1 cell B3 tidak
bisa secara otomatis berubah mengikuti nama workbook tersebut, mohon
pencerahannya.

Kode macro yang saya buat seperti berikut ;

Sub jajal()

ActiveCell.FormulaR1C1 = "=WkbName()"

Range("B3").Select

End Sub

(Terdapat pada sheet 1)

______________________________________________

Function WkbName()

WkbName = ActiveWorkbook.Name

End Function

(Terdapat pada macro 1)

Supaya lebih jelas saya ilustrasikan pada Ike terlampir. Syukron....

PRAZTMATH T

Tue Apr 9, 2013 7:31 pm (PDT) . Posted by:

"Jan Raisin"

gimana kalo gak usah pake vba aja?

di cell yang ingin dimunculkan namanya diisi dengan formula ini;

=Cell("filename")

>> akan menghasilkan full name lenngkap dengan path-nya, jika ingin
mengambil nama filenya saja bisa dikombinasikan dengan fungsi2 Text

Wassalam,

-Miss Jan Raisin-

Pada 10 April 2013 09.15, PRAZT <praztmath@gmail.com> menulis:

> Dera para master, minta bantuan pada para master tentang masalah
> berikut;****
>
> Saya menginginkan ada sebuah workbook yang saya kasih macro, jika
> saya ganti nama workbook tersebut maka pada sheet1 cell B3 itu sesuai
> dengan nama workbook meskipun workbooknya diganti ganti. Tetapi masih
> berkendala jika sheet1 cell B3 itu ikut saya protect maka pada sheet1 cell
> B3 tidak bisa secara otomatis berubah mengikuti nama workbook tersebut,
> mohon pencerahannya.****
>
> Kode macro yang saya buat seperti berikut ;****
>
> ****
>
> ** **
>
> Sub jajal()****
>
> ActiveCell.FormulaR1C1 = "=WkbName()"****
>
> Range("B3").Select****
>
> End Sub****
>
> (Terdapat pada sheet 1)****
>
> ______________________________________________****
>
> ** **
>
> Function WkbName()****
>
> WkbName = ActiveWorkbook.Name****
>
> End Function****
>
> ** **
>
> (Terdapat pada macro 1)****
>
> ****
>
> Supaya lebih jelas saya ilustrasikan pada Ike terlampir.
> Syukron....****
>
> **** ****
>
> PRAZTMATH �****
>
> ** **
>

Tue Apr 9, 2013 7:40 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Ketika menggunakan fungsi Cell, usai save as dilakukan calculate (tekan F9).

Jika tetap ingin dengan UDF yang ada, tambahkan baris :
application.volatile true
pada baris pertama dalam prosedur fungsi tersebut.

Bila perlu, pada event workbook before save dilakukan calculate dengan
application.calculate

Wassalam,
Kid.

2013/4/10 Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com>

> **
>
>
> gimana kalo gak usah pake vba aja?
>
> di cell yang ingin dimunculkan namanya diisi dengan formula ini;
>
> =Cell("filename")
>
> >> akan menghasilkan full name lenngkap dengan path-nya, jika ingin
> mengambil nama filenya saja bisa dikombinasikan dengan fungsi2 Text
>
> Wassalam,
>
> -Miss Jan Raisin-
>
>
> Pada 10 April 2013 09.15, PRAZT <praztmath@gmail.com> menulis:
>
> Dera para master, minta bantuan pada para master tentang masalah
>> berikut;****
>>
>> Saya menginginkan ada sebuah workbook yang saya kasih macro, jika
>> saya ganti nama workbook tersebut maka pada sheet1 cell B3 itu sesuai
>> dengan nama workbook meskipun workbooknya diganti ganti. Tetapi masih
>> berkendala jika sheet1 cell B3 itu ikut saya protect maka pada sheet1 cell
>> B3 tidak bisa secara otomatis berubah mengikuti nama workbook tersebut,
>> mohon pencerahannya.****
>>
>> Kode macro yang saya buat seperti berikut ;****
>>
>> ****
>>
>> ** **
>>
>> Sub jajal()****
>>
>> ActiveCell.FormulaR1C1 = "=WkbName()"****
>>
>> Range("B3").Select****
>>
>> End Sub****
>>
>> (Terdapat pada sheet 1)****
>>
>> ______________________________________________****
>>
>> ** **
>>
>> Function WkbName()****
>>
>> WkbName = ActiveWorkbook.Name****
>>
>> End Function****
>>
>> ** **
>>
>> (Terdapat pada macro 1)****
>>
>> ****
>>
>> Supaya lebih jelas saya ilustrasikan pada Ike terlampir.
>> Syukron....****
>>
>> **** ****
>>
>> PRAZTMATH �****
>>
>> ** **
>>
>
>
>

Tue Apr 9, 2013 9:19 pm (PDT) . Posted by:

"PRAZT" praztmath

Siip Ms Jan, Ane masih bingung Gan menggunakan fungsi2 Text yg seperti anda
bilang dalam kasus ini. Mohon bantuannya..

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
On Behalf Of Jan Raisin
Sent: 10 April 2013 9:32
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] otomatis ganti sesuai nm wrkbook

gimana kalo gak usah pake vba aja?

di cell yang ingin dimunculkan namanya diisi dengan formula ini;

=Cell("filename")

>> akan menghasilkan full name lenngkap dengan path-nya, jika ingin
mengambil nama filenya saja bisa dikombinasikan dengan fungsi2 Text

Wassalam,

-Miss Jan Raisin-

Pada 10 April 2013 09.15, PRAZT <praztmath@gmail.com
<mailto:praztmath@gmail.com> > menulis:

Dera para master, minta bantuan pada para master tentang masalah
berikut;

Saya menginginkan ada sebuah workbook yang saya kasih macro, jika
saya ganti nama workbook tersebut maka pada sheet1 cell B3 itu sesuai dengan
nama workbook meskipun workbooknya diganti ganti. Tetapi masih berkendala
jika sheet1 cell B3 itu ikut saya protect maka pada sheet1 cell B3 tidak
bisa secara otomatis berubah mengikuti nama workbook tersebut, mohon
pencerahannya.

Kode macro yang saya buat seperti berikut ;

Sub jajal()

ActiveCell.FormulaR1C1 = "=WkbName()"

Range("B3").Select

End Sub

(Terdapat pada sheet 1)

______________________________________________

Function WkbName()

WkbName = ActiveWorkbook.Name

End Function

(Terdapat pada macro 1)

Supaya lebih jelas saya ilustrasikan pada Ike terlampir. Syukron....

PRAZTMATH T

Tue Apr 9, 2013 9:19 pm (PDT) . Posted by:

"PRAZT" praztmath

Sudah saya coba saya MK yaitu menambahkan application.volatile true di baris
pertama tapi belum bisa juga MK

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
On Behalf Of Mr. Kid
Sent: 10 April 2013 9:40
To: BeExcel
Subject: Re: [belajar-excel] otomatis ganti sesuai nm wrkbook

Ketika menggunakan fungsi Cell, usai save as dilakukan calculate (tekan F9).

Jika tetap ingin dengan UDF yang ada, tambahkan baris :

application.volatile true

pada baris pertama dalam prosedur fungsi tersebut.

Bila perlu, pada event workbook before save dilakukan calculate dengan
application.calculate

Wassalam,

Kid.

2013/4/10 Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com
<mailto:miss.jan.raisin@gmail.com> >

gimana kalo gak usah pake vba aja?

di cell yang ingin dimunculkan namanya diisi dengan formula ini;

=Cell("filename")

>> akan menghasilkan full name lenngkap dengan path-nya, jika ingin
mengambil nama filenya saja bisa dikombinasikan dengan fungsi2 Text

Wassalam,

-Miss Jan Raisin-

Pada 10 April 2013 09.15, PRAZT <praztmath@gmail.com
<mailto:praztmath@gmail.com> > menulis:

Dera para master, minta bantuan pada para master tentang masalah
berikut;

Saya menginginkan ada sebuah workbook yang saya kasih macro, jika
saya ganti nama workbook tersebut maka pada sheet1 cell B3 itu sesuai dengan
nama workbook meskipun workbooknya diganti ganti. Tetapi masih berkendala
jika sheet1 cell B3 itu ikut saya protect maka pada sheet1 cell B3 tidak
bisa secara otomatis berubah mengikuti nama workbook tersebut, mohon
pencerahannya.

Kode macro yang saya buat seperti berikut ;

Sub jajal()

ActiveCell.FormulaR1C1 = "=WkbName()"

Range("B3").Select

End Sub

(Terdapat pada sheet 1)

______________________________________________

Function WkbName()

WkbName = ActiveWorkbook.Name

End Function

(Terdapat pada macro 1)

Supaya lebih jelas saya ilustrasikan pada Ike terlampir. Syukron....

PRAZTMATH T

Tue Apr 9, 2013 9:36 pm (PDT) . Posted by:

"Jan Raisin"

coba formula berikut ini ditulis pada cell yang dimaksud

=MID(CELL("filename");FIND("[";CELL("filename&quot;))+1;(FIND("]";
CELL("filename"))-FIND("[";CELL("filename&quot;))-1))

>> jika regional setting adalah English maka ganti setiap tanda titik koma
yang dimerahin dengan menggunakan koma
>> untuk menghide formula, klik kanan cell, format cell, protection, beri
centrang pada Lock Cell dan Hidden, lalu protek sheet tsb

Wassalam,

-Miss Jan Raisin-

Pada 10 April 2013 11.14, PRAZT <praztmath@gmail.com> menulis:

> **
>
>
> Siip Ms Jan, Ane masih bingung Gan menggunakan fungsi2 Text yg seperti
> anda bilang dalam kasus ini. Mohon bantuannya..****
>
> ** **
>
> *From:* belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:
> belajar-excel@yahoogroups.com] *On Behalf Of *Jan Raisin
> *Sent:* 10 April 2013 9:32
> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Subject:* Re: [belajar-excel] otomatis ganti sesuai nm wrkbook****
>
> ** **
>
> ****
>
> gimana kalo gak usah pake vba aja?****
>
> ** **
>
> di cell yang ingin dimunculkan namanya diisi dengan formula ini;****
>
> ** **
>
> =Cell("filename")****
>
> ** **
>
> >> akan menghasilkan full name lenngkap dengan path-nya, jika ingin
> mengambil nama filenya saja bisa dikombinasikan dengan fungsi2 Text****
>
> ** **
>
> Wassalam,****
>
> ** **
>
> -Miss Jan Raisin-****
>
> ** **
>
> Pada 10 April 2013 09.15, PRAZT <praztmath@gmail.com> menulis:****
>
> ****
>
> Dera para master, minta bantuan pada para master tentang masalah
> berikut;****
>
> Saya menginginkan ada sebuah workbook yang saya kasih macro, jika
> saya ganti nama workbook tersebut maka pada sheet1 cell B3 itu sesuai
> dengan nama workbook meskipun workbooknya diganti ganti. Tetapi masih
> berkendala jika sheet1 cell B3 itu ikut saya protect maka pada sheet1 cell
> B3 tidak bisa secara otomatis berubah mengikuti nama workbook tersebut,
> mohon pencerahannya.****
>
> Kode macro yang saya buat seperti berikut ;****
>
> ****
>
> ****
>
> Sub jajal()****
>
> ActiveCell.FormulaR1C1 = "=WkbName()"****
>
> Range("B3").Select****
>
> End Sub****
>
> (Terdapat pada sheet 1)****
>
> ______________________________________________****
>
> ****
>
> Function WkbName()****
>
> WkbName = ActiveWorkbook.Name****
>
> End Function****
>
> ****
>
> (Terdapat pada macro 1)****
>
> ****
>
> Supaya lebih jelas saya ilustrasikan pada Ike terlampir.
> Syukron....****
>
> ****
>
> PRAZTMATH �****
>
> ****
>
> ** **
>
> ****
>
>
>

Tue Apr 9, 2013 9:37 pm (PDT) . Posted by:

"PRAZT" praztmath

Atau dengan kata lain saya hanya ingin mengambil kata "simalakama sekarang"
saja yang awalnya dari " C:\Users&#92;Win7-Ultimate\Desktop&#92;[simalakama
sekarang.xlsb]Sheet1 ". Dengan catatan bahwa ;

1. Penyimpanan tidak selalu di " C:\Users&#92;Win7-Ultimate\Desktop&#92; "
jadi bisa berubah-ubah.

2. Nama file/workbook tidak selalu "simalakama sekarang".

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
On Behalf Of Jan Raisin
Sent: 10 April 2013 9:32
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] otomatis ganti sesuai nm wrkbook

gimana kalo gak usah pake vba aja?

di cell yang ingin dimunculkan namanya diisi dengan formula ini;

=Cell("filename")

>> akan menghasilkan full name lenngkap dengan path-nya, jika ingin
mengambil nama filenya saja bisa dikombinasikan dengan fungsi2 Text

Wassalam,

-Miss Jan Raisin-

Pada 10 April 2013 09.15, PRAZT <praztmath@gmail.com
<mailto:praztmath@gmail.com> > menulis:

Dera para master, minta bantuan pada para master tentang masalah
berikut;

Saya menginginkan ada sebuah workbook yang saya kasih macro, jika
saya ganti nama workbook tersebut maka pada sheet1 cell B3 itu sesuai dengan
nama workbook meskipun workbooknya diganti ganti. Tetapi masih berkendala
jika sheet1 cell B3 itu ikut saya protect maka pada sheet1 cell B3 tidak
bisa secara otomatis berubah mengikuti nama workbook tersebut, mohon
pencerahannya.

Kode macro yang saya buat seperti berikut ;

Sub jajal()

ActiveCell.FormulaR1C1 = "=WkbName()"

Range("B3").Select

End Sub

(Terdapat pada sheet 1)

______________________________________________

Function WkbName()

WkbName = ActiveWorkbook.Name

End Function

(Terdapat pada macro 1)

Supaya lebih jelas saya ilustrasikan pada Ike terlampir. Syukron....

PRAZTMATH T

Tue Apr 9, 2013 9:50 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Coba file-file terlampir.
Caranya : (lakukan yang persis ya)
1. unduh file re-coba macro_pakai_fungsi_cell.xlsx
2. buka dan tulis nama file yang tertulis di cell hasil
3. lakukan save as dengan nama lain misal diberi nama :
pakai_cell_di_save_as
4. jangan sentuh komputer sedikit pun dan lihat nama file yang tertulis di
cell hasil (tulis bila perlu dan bandingkan dengan hasil 2)
5. lakukan calculate (tekan F9) dan lihat isi cell hasil (tulis bila perlu
dan bandingkan dengan hasil nomor 2 dan 4)
6. tutup workbook
7. unduh file re-coba macro_pakai_udf_dibantu_workbook_event.xlsb
8. buka dan tulis nama file yang tertulis di cell hasil
9. lakukan save as dengan nama lain misal diberi nama : pakai_udf
10. jangan sentuh komputer sedikit pun dan lihat nama file hasil yang
tertulis di cell hasil (tulis bila perlu dan bandingkan dengan hasil 2)
11. tutup workbook.

Wassalam,
Kid.

2013/4/10 PRAZT <praztmath@gmail.com>

> **
>
>
> Sudah saya coba saya MK yaitu menambahkan application.volatile true di
> baris pertama tapi belum bisa juga MK****
>
> ** **
>
> *From:* belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:
> belajar-excel@yahoogroups.com] *On Behalf Of *Mr. Kid
> *Sent:* 10 April 2013 9:40
> *To:* BeExcel
>
> *Subject:* Re: [belajar-excel] otomatis ganti sesuai nm wrkbook****
>
> ** **
>
> ****
>
> Ketika menggunakan fungsi Cell, usai save as dilakukan calculate (tekan
> F9).****
>
> Jika tetap ingin dengan UDF yang ada, tambahkan baris :****
>
> application.volatile true****
>
> pada baris pertama dalam prosedur fungsi tersebut.****
>
> Bila perlu, pada event workbook before save dilakukan calculate dengan
> application.calculate****
>
> Wassalam,****
>
> Kid.****
>
> ** **
>
> ** **
>
> 2013/4/10 Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com>****
>
> ****
>
> gimana kalo gak usah pake vba aja?****
>
> ** **
>
> di cell yang ingin dimunculkan namanya diisi dengan formula ini;****
>
> ** **
>
> =Cell("filename")****
>
> ** **
>
> >> akan menghasilkan full name lenngkap dengan path-nya, jika ingin
> mengambil nama filenya saja bisa dikombinasikan dengan fungsi2 Text****
>
> ** **
>
> Wassalam,****
>
> ** **
>
> -Miss Jan Raisin-****
>
> ** **
>
>

Tue Apr 9, 2013 8:16 pm (PDT) . Posted by:

"Gita Z." giftasunohu

Dear Mr Kid,
jadi yang diisi pada awalnya itu tanggal mulai dan tanggal akhir pada sheet GL ya? ntar sheet per nama dan per bulan itu yang berwarna? hehe nda ngerti nih :D... 
Tengkyu...
 
Salam,
Gita

________________________________
Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
Kepada: BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com>
Dikirim: Selasa, 9 April 2013 22:43
Judul: Re: [belajar-excel] Monitoring Absensi dan tugas pegawai


 
Hai Gita,

Warna kuning yang muncul karena diwarnai oleh fitur Conditional Formatting.
Pada xl2007 bisa diperoleh melalui ribbon Home -> group Styles -> Conditional Formatting -> New Rule (jika belum ada) atau Manage rules jika sudah ada.

Jika belum ada, setelah New Rule akan muncul tampilan dialog window seperti di gambar yang ada dalam file. Jadi, walau cell tidak ada nilainya apapun, bisa dilakukan format cell (Formatting) berdasar suatu kondisi tertentu (Conditional) dengan fitur bernama Conditional Formatting.

Jika kondisi dalam Conditional Formatting membutuhkan data dari sheet lain, maka data di sheet lain tersebut harus diberi nama range terlebih dulu.

Wassalam,
Kid.

 

2013/4/9 Gita Z. <giftasunohu@yahoo.co.id>


>Dear all,
>Saya mengikuti case ini..
>emm, maap.. boleh nanya ? cara make nya gimana nih, input-an-nya apa biar tanggal sesuai status pekerjaan yang uda dikerjakannya berubah jadi warna kuning gitu?  <maap banget kalo pertanyaannya ndeso niihh.. :( ... >
>
>
>Makasihh...

>Salam,
>Gita
>
>
>
>________________________________
> Dari: dedy rauf <dedy.rauf@gmail.com>
>Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
>Dikirim: Selasa, 9 April 2013 8:25
>Judul: Re: [belajar-excel] Monitoring Absensi dan tugas pegawai
>
>
>

>terima kasih atas bantuannya mr. kid
>
>
>saya coba implementasikan dengan dengan _dtID_ = baris D
>
>_dtmulai_ = baris F
>
>_dtselesai_ = baris G
>
>dengan niatan apabila file GL terupdate maka sheet yang lain bisa terupdate otomatis juga
>
>
>
>namun kelihatannya ada sedikit masalah, ketika menggunakan "sumproducts&quot; file berjalan lambat ( menunggunya bisa sampai menit), menggunakan "countifs"; bisa sedikit lebih cepat namun tetap hang juga..
>
>
>adakah solusi untuk mengatsi ini
>
>
>best regards
>
>rauf
>
>
>
>
>2013/4/7 Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
>
>
>> 
>>Hai Rauf,
>>File terlampir menggunakan Conditional Formatting.
>>
>>Wassalam,
>>Kid.
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>2013/4/7 dedy rauf <dedy.rauf@gmail.com>
>>
>>
>>> 
>>>yth para master excel
>>>mohon bantuannya untuk membuat sebuah file excel berisi monitoring absensi
>>>dan tugas pegawai
>>>inginnya saya itu setiap pegawai dapat dimonitor beban kerja (banyaknya
>>>tugas yang diperoleh) dan absensi setiap pegawai secara otomatis
>>>
>>>file terlampir
>>>best regard
>>>rauf
>>>
>>
>
>
>

Tue Apr 9, 2013 8:21 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Yup.

Data diinput di sheet GL.
Bulan output diubah pada sheet per nama yang berwarna biru dengan format
entry tanggal YYYY-MM-DD atau yang sesuai regional setting komputer
setempat.

Wassalam,
Kid.

2013/4/10 Gita Z. <giftasunohu@yahoo.co.id>

> **
>
>
> Dear Mr Kid,
> jadi yang diisi pada awalnya itu tanggal mulai dan tanggal akhir pada
> sheet GL ya? ntar sheet per nama dan per bulan itu yang berwarna? hehe nda
> ngerti nih :D...
> Tengkyu...
>
> Salam,
> Gita
>
> ------------------------------
> *Dari:* Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
> *Kepada:* BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com>
> *Dikirim:* Selasa, 9 April 2013 22:43
>
> *Judul:* Re: [belajar-excel] Monitoring Absensi dan tugas pegawai
>
>
> Hai Gita,
>
> Warna kuning yang muncul karena diwarnai oleh fitur Conditional Formatting.
> Pada xl2007 bisa diperoleh melalui ribbon Home -> group Styles ->
> Conditional Formatting -> New Rule (jika belum ada) atau Manage rules jika
> sudah ada.
>
> Jika belum ada, setelah New Rule akan muncul tampilan dialog window
> seperti di gambar yang ada dalam file. Jadi, walau cell tidak ada nilainya
> apapun, bisa dilakukan format cell (Formatting) berdasar suatu kondisi
> tertentu (Conditional) dengan fitur bernama Conditional Formatting.
>
> Jika kondisi dalam Conditional Formatting membutuhkan data dari sheet
> lain, maka data di sheet lain tersebut harus diberi nama range terlebih
> dulu.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
>
>
> 2013/4/9 Gita Z. <giftasunohu@yahoo.co.id>
>
> **
>
> Dear all,
> Saya mengikuti case ini..
> emm, maap.. boleh nanya ? cara make nya gimana nih, input-an-nya apa biar
> tanggal sesuai status pekerjaan yang uda dikerjakannya berubah jadi warna
> kuning gitu? <maap banget kalo pertanyaannya ndeso niihh.. :( ... >
>
> Makasihh...
>
> Salam,
> Gita
>
> ------------------------------
> *Dari:* dedy rauf <dedy.rauf@gmail.com>
> *Kepada:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Dikirim:* Selasa, 9 April 2013 8:25
> *Judul:* Re: [belajar-excel] Monitoring Absensi dan tugas pegawai
>
>
> terima kasih atas bantuannya mr. kid
>
> saya coba implementasikan dengan dengan _dtID_ = baris D
> _dtmulai_ = baris F
> _dtselesai_ = baris G
> dengan niatan apabila file GL terupdate maka sheet yang lain bisa
> terupdate otomatis juga
>
> namun kelihatannya ada sedikit masalah, ketika menggunakan "sumproducts&quot;
> file berjalan lambat ( menunggunya bisa sampai menit), menggunakan
> "countifs"; bisa sedikit lebih cepat namun tetap hang juga..
>
> adakah solusi untuk mengatsi ini
>
> best regards
> rauf
>
>
> 2013/4/7 Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
>
> **
>
> Hai Rauf,
> File terlampir menggunakan Conditional Formatting.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
>
> 2013/4/7 dedy rauf <dedy.rauf@gmail.com>
>
> **
>
> yth para master excel
> mohon bantuannya untuk membuat sebuah file excel berisi monitoring absensi
> dan tugas pegawai
> inginnya saya itu setiap pegawai dapat dimonitor beban kerja (banyaknya
> tugas yang diperoleh) dan absensi setiap pegawai secara otomatis
>
> file terlampir
> best regard
> rauf
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>

Tue Apr 9, 2013 9:07 pm (PDT) . Posted by:

"Gita Z." giftasunohu

ohh gituu taa.. hhehehe...
tapi kalo lebih dari 9 data pada sheet GL ? misalnya saya mau input data si gareng pada nomer 10 tapi koq ga ngaruh di sheet per nama dan per bulan? 
Makasihh..
 
Salam,
Gita

________________________________
Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
Kepada: BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com>
Dikirim: Rabu, 10 April 2013 10:21
Judul: Re: [belajar-excel] Monitoring Absensi dan tugas pegawai


 
Yup.

Data diinput di sheet GL.
Bulan output diubah pada sheet per nama yang berwarna biru dengan format entry tanggal YYYY-MM-DD atau yang sesuai regional setting komputer setempat.

Wassalam,
Kid.

2013/4/10 Gita Z. <giftasunohu@yahoo.co.id>


>Dear Mr Kid,
>jadi yang diisi pada awalnya itu tanggal mulai dan tanggal akhir pada sheet GL ya? ntar sheet per nama dan per bulan itu yang berwarna? hehe nda ngerti nih :D... 
>Tengkyu...

>Salam,
>Gita
>
>
>
>________________________________
> Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
>Kepada: BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com>
>Dikirim: Selasa, 9 April 2013 22:43
>
>Judul: Re: [belajar-excel] Monitoring Absensi dan tugas pegawai
>
>
>

>Hai Gita,
>
>Warna kuning yang muncul karena diwarnai oleh fitur Conditional Formatting.
>Pada xl2007 bisa diperoleh melalui ribbon Home -> group Styles -> Conditional Formatting -> New Rule (jika belum ada) atau Manage rules jika sudah ada.
>
>Jika belum ada, setelah New Rule akan muncul tampilan dialog window seperti di gambar yang ada dalam file. Jadi, walau cell tidak ada nilainya apapun, bisa dilakukan format cell (Formatting) berdasar suatu kondisi tertentu (Conditional) dengan fitur bernama Conditional Formatting.
>
>Jika kondisi dalam Conditional Formatting membutuhkan data dari sheet lain, maka data di sheet lain tersebut harus diberi nama range terlebih dulu.
>
>Wassalam,
>Kid.
>
>

>
>
>
>
>
>
>2013/4/9 Gita Z. <giftasunohu@yahoo.co.id>
>
>
>> 
>>Dear all,
>>Saya mengikuti case ini..
>>emm, maap.. boleh nanya ? cara make nya gimana nih, input-an-nya apa biar tanggal sesuai status pekerjaan yang uda dikerjakannya berubah jadi warna kuning gitu?  <maap banget kalo pertanyaannya ndeso niihh.. :( ... >
>>
>>
>>Makasihh...
>> 
>>Salam,
>>Gita
>>
>>
>>
>>________________________________
>> Dari: dedy rauf <dedy.rauf@gmail.com>
>>Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
>>Dikirim: Selasa, 9 April 2013 8:25
>>Judul: Re: [belajar-excel] Monitoring Absensi dan tugas pegawai
>>
>>
>>
>> 
>>terima kasih atas bantuannya mr. kid
>>
>>
>>saya coba implementasikan dengan dengan _dtID_ = baris D
>>
>>_dtmulai_ = baris F
>>
>>_dtselesai_ = baris G
>>
>>dengan niatan apabila file GL terupdate maka sheet yang lain bisa terupdate otomatis juga
>>
>>
>>
>>namun kelihatannya ada sedikit masalah, ketika menggunakan "sumproducts&quot; file berjalan lambat ( menunggunya bisa sampai menit), menggunakan "countifs"; bisa sedikit lebih cepat namun tetap hang juga..
>>
>>
>>adakah solusi untuk mengatsi ini
>>
>>
>>best regards
>>
>>rauf
>>
>>
>>
>>
>>2013/4/7 Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
>>
>>
>>> 
>>>Hai Rauf,
>>>File terlampir menggunakan Conditional Formatting.
>>>
>>>Wassalam,
>>>Kid.
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>2013/4/7 dedy rauf <dedy.rauf@gmail.com>
>>>
>>>
>>>
>>>>yth para master excel
>>>>mohon bantuannya untuk membuat sebuah file excel berisi monitoring absensi
>>>>dan tugas pegawai
>>>>inginnya saya itu setiap pegawai dapat dimonitor beban kerja (banyaknya
>>>>tugas yang diperoleh) dan absensi setiap pegawai secara otomatis
>>>>
>>>>file terlampir
>>>>best regard
>>>>rauf
>>>>
>>>
>>
>>
>>
>
>
>

Tue Apr 9, 2013 9:10 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Nama range yang merujuk ke sheet GL harus disesuaikan ulang.
Jika ingin dinamis, maka manfaatkan formula Index atau offset atau indirect
untuk mengarahkan rujukan nama range menjadi dinamis mengikuti jumlah
record. Coba search posting lawas tentang nama range dinamis.

Wassalam,
Kid.

2013/4/10 Gita Z. <giftasunohu@yahoo.co.id>

> **
>
>
> ohh gituu taa.. hhehehe...
> tapi kalo lebih dari 9 data pada sheet GL ? misalnya saya mau input data
> si gareng pada nomer 10 tapi koq ga ngaruh di sheet per nama dan per bulan?
> Makasihh..
>
> Salam,
> Gita
>
> ------------------------------
> *Dari:* Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
> *Kepada:* BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com>
> *Dikirim:* Rabu, 10 April 2013 10:21
>
> *Judul:* Re: [belajar-excel] Monitoring Absensi dan tugas pegawai
>
>
> Yup.
>
> Data diinput di sheet GL.
> Bulan output diubah pada sheet per nama yang berwarna biru dengan format
> entry tanggal YYYY-MM-DD atau yang sesuai regional setting komputer
> setempat.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
> 2013/4/10 Gita Z. <giftasunohu@yahoo.co.id>
>
> **
>
> Dear Mr Kid,
> jadi yang diisi pada awalnya itu tanggal mulai dan tanggal akhir pada
> sheet GL ya? ntar sheet per nama dan per bulan itu yang berwarna? hehe nda
> ngerti nih :D...
> Tengkyu...
>
> Salam,
> Gita
>
> ------------------------------
> *Dari:* Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
> *Kepada:* BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com>
> *Dikirim:* Selasa, 9 April 2013 22:43
>
> *Judul:* Re: [belajar-excel] Monitoring Absensi dan tugas pegawai
>
>
> Hai Gita,
>
> Warna kuning yang muncul karena diwarnai oleh fitur Conditional Formatting.
> Pada xl2007 bisa diperoleh melalui ribbon Home -> group Styles ->
> Conditional Formatting -> New Rule (jika belum ada) atau Manage rules jika
> sudah ada.
>
> Jika belum ada, setelah New Rule akan muncul tampilan dialog window
> seperti di gambar yang ada dalam file. Jadi, walau cell tidak ada nilainya
> apapun, bisa dilakukan format cell (Formatting) berdasar suatu kondisi
> tertentu (Conditional) dengan fitur bernama Conditional Formatting.
>
> Jika kondisi dalam Conditional Formatting membutuhkan data dari sheet
> lain, maka data di sheet lain tersebut harus diberi nama range terlebih
> dulu.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
>
>
> 2013/4/9 Gita Z. <giftasunohu@yahoo.co.id>
>
> **
>
> Dear all,
> Saya mengikuti case ini..
> emm, maap.. boleh nanya ? cara make nya gimana nih, input-an-nya apa biar
> tanggal sesuai status pekerjaan yang uda dikerjakannya berubah jadi warna
> kuning gitu? <maap banget kalo pertanyaannya ndeso niihh.. :( ... >
>
> Makasihh...
>
> Salam,
> Gita
>
> ------------------------------
> *Dari:* dedy rauf <dedy.rauf@gmail.com>
> *Kepada:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Dikirim:* Selasa, 9 April 2013 8:25
> *Judul:* Re: [belajar-excel] Monitoring Absensi dan tugas pegawai
>
>
> terima kasih atas bantuannya mr. kid
>
> saya coba implementasikan dengan dengan _dtID_ = baris D
> _dtmulai_ = baris F
> _dtselesai_ = baris G
> dengan niatan apabila file GL terupdate maka sheet yang lain bisa
> terupdate otomatis juga
>
> namun kelihatannya ada sedikit masalah, ketika menggunakan "sumproducts&quot;
> file berjalan lambat ( menunggunya bisa sampai menit), menggunakan
> "countifs"; bisa sedikit lebih cepat namun tetap hang juga..
>
> adakah solusi untuk mengatsi ini
>
> best regards
> rauf
>
>
> 2013/4/7 Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
>
> **
>
> Hai Rauf,
> File terlampir menggunakan Conditional Formatting.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
>
> 2013/4/7 dedy rauf <dedy.rauf@gmail.com>
>
> **
>
> yth para master excel
> mohon bantuannya untuk membuat sebuah file excel berisi monitoring absensi
> dan tugas pegawai
> inginnya saya itu setiap pegawai dapat dimonitor beban kerja (banyaknya
> tugas yang diperoleh) dan absensi setiap pegawai secara otomatis
>
> file terlampir
> best regard
> rauf
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>

Tue Apr 9, 2013 9:42 pm (PDT) . Posted by:

"Gita Z." giftasunohu

oohhh.. gituu... :) 
ok deh Mr Kid..
Makasihh penjelasannya... :)
 
Salam,
Gita

________________________________
Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
Kepada: BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com>
Dikirim: Rabu, 10 April 2013 11:10
Judul: Re: [belajar-excel] Monitoring Absensi dan tugas pegawai


 
Nama range yang merujuk ke sheet GL harus disesuaikan ulang.
Jika ingin dinamis, maka manfaatkan formula Index atau offset atau indirect untuk mengarahkan rujukan nama range menjadi dinamis mengikuti jumlah record. Coba search posting lawas tentang nama range dinamis.

Wassalam,
Kid.

2013/4/10 Gita Z. <giftasunohu@yahoo.co.id>


>ohh gituu taa.. hhehehe...
>tapi kalo lebih dari 9 data pada sheet GL ? misalnya saya mau input data si gareng pada nomer 10 tapi koq ga ngaruh di sheet per nama dan per bulan? 
>Makasihh..

>Salam,
>Gita
>
>
>
>________________________________
> Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
>Kepada: BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com>
>Dikirim: Rabu, 10 April 2013 10:21
>
>Judul: Re: [belajar-excel] Monitoring Absensi dan tugas pegawai
>
>
>

>Yup.
>
>Data diinput di sheet GL.
>Bulan output diubah pada sheet per nama yang berwarna biru dengan format entry tanggal YYYY-MM-DD atau yang sesuai regional setting komputer setempat.
>
>Wassalam,
>Kid.
>
>
>
>
>
>2013/4/10 Gita Z. <giftasunohu@yahoo.co.id>
>
>
>> 
>>Dear Mr Kid,
>>jadi yang diisi pada awalnya itu tanggal mulai dan tanggal akhir pada sheet GL ya? ntar sheet per nama dan per bulan itu yang berwarna? hehe nda ngerti nih :D... 
>>Tengkyu...
>> 
>>Salam,
>>Gita
>>
>>
>>
>>________________________________
>> Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
>>Kepada: BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com>
>>Dikirim: Selasa, 9 April 2013 22:43
>>
>>Judul: Re: [belajar-excel] Monitoring Absensi dan tugas pegawai
>>
>>
>>
>> 
>>Hai Gita,
>>
>>Warna kuning yang muncul karena diwarnai oleh fitur Conditional Formatting.
>>Pada xl2007 bisa diperoleh melalui ribbon Home -> group Styles -> Conditional Formatting -> New Rule (jika belum ada) atau Manage rules jika sudah ada.
>>
>>Jika belum ada, setelah New Rule akan muncul tampilan dialog window seperti di gambar yang ada dalam file. Jadi, walau cell tidak ada nilainya apapun, bisa dilakukan format cell (Formatting) berdasar suatu kondisi tertentu (Conditional) dengan fitur bernama Conditional Formatting.
>>
>>Jika kondisi dalam Conditional Formatting membutuhkan data dari sheet lain, maka data di sheet lain tersebut harus diberi nama range terlebih dulu.
>>
>>Wassalam,
>>Kid.
>>
>>
>> 
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>2013/4/9 Gita Z. <giftasunohu@yahoo.co.id>
>>
>>
>>> 
>>>Dear all,
>>>Saya mengikuti case ini..
>>>emm, maap.. boleh nanya ? cara make nya gimana nih, input-an-nya apa biar tanggal sesuai status pekerjaan yang uda dikerjakannya berubah jadi warna kuning gitu?  <maap banget kalo pertanyaannya ndeso niihh.. :( ... >
>>>
>>>
>>>Makasihh...
>>> 
>>>Salam,
>>>Gita
>>>
>>>
>>>
>>>________________________________
>>> Dari: dedy rauf <dedy.rauf@gmail.com>
>>>Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
>>>Dikirim: Selasa, 9 April 2013 8:25
>>>Judul: Re: [belajar-excel] Monitoring Absensi dan tugas pegawai
>>>
>>>
>>>
>>> 
>>>terima kasih atas bantuannya mr. kid
>>>
>>>
>>>saya coba implementasikan dengan dengan _dtID_ = baris D
>>>
>>>_dtmulai_ = baris F
>>>
>>>_dtselesai_ = baris G
>>>
>>>dengan niatan apabila file GL terupdate maka sheet yang lain bisa terupdate otomatis juga
>>>
>>>
>>>
>>>namun kelihatannya ada sedikit masalah, ketika menggunakan "sumproducts&quot; file berjalan lambat ( menunggunya bisa sampai menit), menggunakan "countifs"; bisa sedikit lebih cepat namun tetap hang juga..
>>>
>>>
>>>adakah solusi untuk mengatsi ini
>>>
>>>
>>>best regards
>>>
>>>rauf
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>2013/4/7 Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
>>>
>>>
>>>
>>>>Hai Rauf,
>>>>File terlampir menggunakan Conditional Formatting.
>>>>
>>>>Wassalam,
>>>>Kid.
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>2013/4/7 dedy rauf <dedy.rauf@gmail.com>
>>>>
>>>>
>>>>> 
>>>>>yth para master excel
>>>>>mohon bantuannya untuk membuat sebuah file excel berisi monitoring absensi
>>>>>dan tugas pegawai
>>>>>inginnya saya itu setiap pegawai dapat dimonitor beban kerja (banyaknya
>>>>>tugas yang diperoleh) dan absensi setiap pegawai secara otomatis
>>>>>
>>>>>file terlampir
>>>>>best regard
>>>>>rauf
>>>>>
>>>>
>>>
>>>
>>>
>>
>>
>>
>
>
>

GROUP FOOTER MESSAGE
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar