15 New Messages
Digest #2271
Messages
Tue Apr 30, 2013 8:51 am (PDT) . Posted by:
"hendrik karnadi" hendrikkarnadi
Berikut adalah kutipan pertanyaan seorang rekan di salah satu grup milis, yang mungkin bermanfaat bagi rekan2 Be-Excel.
I need a macro in an xl sheet where numbers should be in
ascending order(1,2,3,.). if a merged cell come in-between while dragging
numbers it should skip the merged cell and need to continue numbers
ex: 1,2,3 merged cell(
need to skip), 4,5,6 merged cell ( need to skip),,7,8,9....help me
saya coba jawab seperti ini:
Put the word "No" in Cell A1. Make
MergeCells in Rows 5, 9 13, 17, etc. (MergeCells can contain 2 or more columns).
Drag the mouse from Cell A2 to Cell A20.
Run the below code:
Sub RunNumber()
With Selection
For i = 1 To Selection.Rows.Count
If Cells(i, 1).MergeCells = True Then
Cells(i, 1).Value = ""
Cells(i + 1, 1).FormulaR1C1 =
"=N(R[-2]C)+1"
Else
Cells(i + 1, 1).FormulaR1C1 =
"=N(R[-1]C)+1"
End If
Next i
End With
End Sub
Hope this will help you.
Regards,
Hendrik Karnadi
File terlampir
Semoga macro "sederhana" ini bisa membakar "adrenalin" kita untuk mengembangkan macro lebih lanjut
I need a macro in an xl sheet where numbers should be in
ascending order(1,2,3,
numbers it should skip the merged cell and need to continue numbers
ex: 1,2,3 merged cell(
need to skip), 4,5,6 merged cell ( need to skip),,7,8,9.
saya coba jawab seperti ini:
Put the word "No" in Cell A1. Make
MergeCells in Rows 5, 9 13, 17, etc. (MergeCells can contain 2 or more columns).
Drag the mouse from Cell A2 to Cell A20.
Run the below code:
Sub RunNumber()
With Selection
For i = 1 To Selection.Rows.
If Cells(i, 1).MergeCells = True Then
Cells(i, 1).Value = ""
Cells(i + 1, 1).FormulaR1C1 =
"=N(R[-
Else
Cells(i + 1, 1).FormulaR1C1 =
"=N(R[-
End If
Next i
End With
End Sub
Hope this will help you.
Regards,
Hendrik Karnadi
File terlampir
Semoga macro "sederhana&quo
Tue Apr 30, 2013 9:11 am (PDT) . Posted by:
"Mirza Rotua" mirza.rotua
Dear All,
Menindaklanjuti email saya yang sebelumnya, bahwa saya sedang bikin rekapan untuk data sales.
Kendalanya adalah saya agak kesulitan di dalam membuat rekapan ini, karena data yang banyak dan kurang pengalaman di dalam excell.. :)
Mohon di bantu bagaimana caranya agar saya bisa tahu masing-masing sales dalam sebulan itu mendapat berapa pelanggan.
Sebagai contoh saya sudah melampirkan data untuk 3 bulan pertama.
Saya sudah mencoba menggunakan pivot, tp secara manual per bulan. Namun, kalo datanya banyak kan jadi repot.
Thanks
Regards,
Mirza
Menindaklanjuti email saya yang sebelumnya, bahwa saya sedang bikin rekapan untuk data sales.
Kendalanya adalah saya agak kesulitan di dalam membuat rekapan ini, karena data yang banyak dan kurang pengalaman di dalam excell.. :)
Mohon di bantu bagaimana caranya agar saya bisa tahu masing-masing sales dalam sebulan itu mendapat berapa pelanggan.
Sebagai contoh saya sudah melampirkan data untuk 3 bulan pertama.
Saya sudah mencoba menggunakan pivot, tp secara manual per bulan. Namun, kalo datanya banyak kan jadi repot.
Thanks
Regards,
Mirza
Tue Apr 30, 2013 11:27 am (PDT) . Posted by:
"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
Coba Pivot Table.
Sebaiknya data tanggal dibuat bertipe datetime.
Wassalam,
Kid.
2013/4/30 Mirza Rotua <mirza.rotua@yahoo.com >
> **
>
>
> Dear All,
>
> Menindaklanjuti email saya yang sebelumnya, bahwa saya sedang bikin
> rekapan untuk data sales.
> Kendalanya adalah saya agak kesulitan di dalam membuat rekapan ini, karena
> data yang banyak dan kurang pengalaman di dalam excell.. :)
>
> Mohon di bantu bagaimana caranya agar saya bisa tahu masing-masing sales
> dalam sebulan itu mendapat berapa pelanggan.
> Sebagai contoh saya sudah melampirkan data untuk 3 bulan pertama.
>
> Saya sudah mencoba menggunakan pivot, tp secara manual per bulan. Namun,
> kalo datanya banyak kan jadi repot.
>
> Thanks
> Regards,
>
> Mirza
>
>
>
Sebaiknya data tanggal dibuat bertipe datetime.
Wassalam,
Kid.
2013/4/30 Mirza Rotua <mirza.rotua@
> **
>
>
> Dear All,
>
> Menindaklanjuti email saya yang sebelumnya, bahwa saya sedang bikin
> rekapan untuk data sales.
> Kendalanya adalah saya agak kesulitan di dalam membuat rekapan ini, karena
> data yang banyak dan kurang pengalaman di dalam excell.. :)
>
> Mohon di bantu bagaimana caranya agar saya bisa tahu masing-masing sales
> dalam sebulan itu mendapat berapa pelanggan.
> Sebagai contoh saya sudah melampirkan data untuk 3 bulan pertama.
>
> Saya sudah mencoba menggunakan pivot, tp secara manual per bulan. Namun,
> kalo datanya banyak kan jadi repot.
>
> Thanks
> Regards,
>
> Mirza
>
>
>
Tue Apr 30, 2013 10:42 am (PDT) . Posted by:
"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
Topik ini sudah di-repost berulang kali tapi belum ada yang respon.
gini aja, sambil menunggu BeExceller menyusun solusi topik ini, mungkin mau
sedikit repot mencoba prosedur imajinasi terlampir.
Peringatan!!!
-> Tidak dijamin bakal sukses tanpa error.
Moga-moga ada BeExceller yang bersedia mencobanya (bila perlu
memperbaikinya kalau error) terus di posting kemilis workbooknya.
Bismillah, moga-moga gak error-error banget
1. Syarat yang harus dipenuhi (siapkan dengan baik)
>> gunakan file lampiran dari penanya, jangan diubah sedikit pun [harus
masih ting-ting]
(bila perlu unduh ulang dulu : ada sheet data dan sheet hasil)
>> buka file dari penanya dan lakukan save as dengan cara :
tekan ALT F A -> pada bagian save as type, pilih .xlsm atau
.xlsb -> ganti namanya bila perlu -> tekan tombol Save
>> unduh text file terlampir.
2. cara pasang text file terlampir ke workbook kerja
>> buka workbook hasil proses 1 (kalau belum terbuka)
>> ke VBE (tekan ALT F11) -> menu Insert -> pilih Module
>> buka text file terlampir dengan NotePad atau semacamnya dan jangan diset
Word Wrap
>> copy semua yang ada dalam text file yang terbuka (CTRL A lalu CTRL C)
>> ke VBE lagi, dilembar module baru tadi, lakukan paste (CTRL V)
>> cek baris paling atas, kalau ada baris tulisan option explicit 2 baris,
hapus salah satu barisnya
>> kembali ke worksheet (tekan ALT F11)
>> save workbook (harus tipe .xlsm atau .xlsb ya)
3. buat tombolnya
>> di sheet data, insert sebuah shape
>> klik kanan shape baru itu -> pilih Assign Macro -> pilih UpdateReport ->
tekan OK
>> save workbook lagi
4. coba pencet si shape hasil langkah nomor 3 tadi.
Insya Allah begitu bisa pakai VBA lagi, saya usahakan posting workbook-nya
kalau belum ada BeExceller yang mau mencobanya.
Kalau ada error, kabarkan ke milis ya, supaya banyak yang bisa sempat
ngecek.
Selamat mencoba, dan mohon maaf kalau masih ndak bisa urun yang lebih baik.
Wassalam,
Kid.
2013/4/29 Imam Sinurat <sin.ur4t@yahoo.com >
> **
>
>
> Salam be-excel..
>
> Yth. para suhu dan rekan2 exceler....
> Mohon bantuan pencerahan tentang cara men-Sorting Data Gabungan
> Menggunakan Makro.
>
> Keterangan tabel soalnya sbb:
>
> 1. Semua "nama yang bersifat unik" di-sort sesuai kolom (5) secara
> descending.
>
> 2. Setiap nama yang sama lalu disusun berkelompok sesuai urutan "nama
> unik" tadi, dan masing-masing kelompok nama di-sort kembali sesuai kolom
> (5) secara descending.
>
> 3. Hasil sorting untuk record yang kolom (5) -nya bernilai <=10
> diletakkan pada tabel di deretan atas, sedangkan sisanya di deretan bawah.
>
> 4. Kolom (3) dan (4) digabungkan dan ditampilkan sekolom (seolah-olah ada
> penambahan record).
>
> Bantuannya dimohonkan sangat, terima kasih sebelumnya.
>
> Wassalam
> Imam Sinurat - Sumut
>
>
>
----------
option explicit
'Kid, Jakarta, 2013-04-30
'bagian pembuat sheet temporary, bisa jadi jumlah kolom bantunya kurang, nanti dimodifikasi sendiri ya
private sub BuildTempTable(rngTarget As Range) 'supaya jelas posisi paste values hasilnya, dimintalah inputan lokasi cell nama pertama
dim shtTmp as Worksheet, shtRes as Worksheet
dim lRows as Long
err.clear
on error resume next
application.displayalerts = FALSE
set shtTmp = sheets("_bridge_")
if err.number = 0 then
shtTmp.delete
endif
set shtTmp = sheets.add(after:=sheets(sheets.count))
with shtTmp
.name = "_bridge_"
'penulis nama kolom (11 kolom diisi 11 elemen array)
'-> nama kolomnya nanti dipake di pivot table, jadi pastikan pengubahannya disertai cek seluruh proses buat pivot table
'-> sepertinya pivot table harus case sensitive
.range("a1").resize(1, 11).value = _
array("ONo", "ONama", "ONom1", "ONom2", "OBln", "HJns", "HUrut", "HMax", "Nama", "Nominal", "BulanTagih")
if GetData then '1. ambil data dulu (sekalian cek ada hasil ambilnya gak -> butuh function)
CreatePvtMax 'buat pivot nilai max per nama dulu
.pivottables("_pvtMax_").tablerange2.name = "_myPvtMax_" 'area pivot tablenya diberi nama range untuk formula data source
KomputasiDataSource 'susun data source yang lengkap
CreatePvtRes 'buat pivot hasil
'copas bagian pivot yang jadi hasil akhir ke target
.pivottables("_pvtRes_").tablerange2.offset(1, 4).copy
rngTarget.pastespecial xlpastevalues
endif
end with
'clear temporary
shtTmp.delete
thisworkbook.names("_myBridge_").delete
thisworkbook.names("_myPvtMax_").delete
application.displayalerts = TRUE
err.clear
on error goto 0
end sub
'bagian ambil data baru
private function GetData() As Long
dim rngData as Range, rngBridge as Range
dim lRec as Long, lRows as Long
set rngBridge = sheets("_bridge_").range("a1")
rngBridge.currentRegion.offset(1).clearcontents
rngBridge.currentRegion.resize(2).name = "_myBridge_"
lRows = 1
set rngData = sheets("Data").range("b8").currentregion
with rngData
.parent.autofiltermode = FALSE
'Nom1 -> jenis 1, urut 2 (sorted desc) :: filter Nom1 > 0, sort Nom1 desc
.sort .resize(1).cells(1, 3), xldescending, header:=xlyes, orientation:=xlsortcolumns 'mungkin column bukan columns tapi column
.autofilter 3, "<>0"
lRec = .resize(, 1).specialcells(xlcelltypevisible).count - 1
if lRec > 0 then
.offset(1).specialcells(xlcelltypevisible).copy
with rngBridge
.offset(lRows).pastespecial xlpastevalues
.offset(lRows, 5).resize(lRec, 1).value = 1
.offset(lRows, 6).resize(lRec, 1).value = 2
lRows = .currentregion.rows.count
end with
endif
'Nom2 -> jenis [formula], urut [formula] :: filter nom2 > 0, sort nom2 desc
.parent.autofiltermode = FALSE
.sort .resize(1).cells(1, 4), xldescending, header:=xlyes, orientation:=xlsortcolumns 'mungkin column bukan columns tapi column
.autofilter 4, ">0"
lRec = .resize(, 1).specialcells(xlcelltypevisible).count - 1
if lRec > 0 then
.offset(1).specialcells(xlcelltypevisible).copy
with rngBridge
.offset(lRows).pastespecial xlpastevalues
With .offset(lRows, 5).resize(lRec, 2)
.formular1c1 = "=1*(RC5<=10)" 'penentu HJns untuk Nom2 yang >0
.parent.calculate
.value = .value
End With
lRows = .currentregion.rows.count
end with
endif
.parent.autofiltermode = FALSE
end with
'buat nama range (update kalau sudah ada)
'sengaja diletakkan disini supaya tampak alur prosesnya
'bagian ini sebenarnya bisa diletakkan dalam blok with rngBridge ... end with setelah lRows=
if lRows > 1 then
rngBridge.currentregion.name = "_myBridge_"
else
rngBridge.currentregion.resize(2).name = "_myBridge_"
endif
GetData = lRows - 1
end function
'setelah data masuk, buat pivot table penentu nilai max bulan setiap nama
private sub CreatePvtMax()
dim pvtTbl as PivotTable, pvtCache as PivotCache
'create cache (sengaja dibuat bertahap supaya mudah dipelajari dan dikembangkan)
set pvtCache = thisworkbook.pivotcaches.create(xldatabase, "_myBridge_")
with pvtCache
.refreshonfileopen = TRUE
.missingitemslimit = xlmissingitemsnone
end with
'buat pivot table dari pivotcache yang ada
'asumsi, ada proses untuk ambil pivot cache dan disimpan dalam variabel pvtCache
set pvtTbl = pvtCache.createpivottable(sheets("_bridge_").range("p1"), "_pvtMax_")
with pvtTbl
.refreshtable 'refresh :: biasanya sudah otomatis ter-refresh, jadi bisa di-non aktofkan kayanya
'pivot options
.savedata = FALSE
.rowgrand = FALSE
.columngrand = FALSE
'atur layout
.rowaxislayout xltabularrow 'khusus xl2007 ke atas (non aktifkan jika di xl2003)
.addfields array("ONama", "HJns") 'sisi row (tambah fields)
.adddatafield .pivotfields("OBln"), "MaxBln", xlmax 'sisi values (add) dengan field OBln, agregate Max, nama MaxBln
.pivotfields("HJns").pivotfilters.add xlcaptionisgreaterthan, Value1:=0 'filter label HJns >0 :: cek lagi xlcaptionnya kalau error
end with
end sub
'melengkapi data source (nyusun max per nama, tulisan nama untuk tampilan, nilai nominal tampilan, nilai bulan untuk tampilan)
private sub KomputasiDataSource()
dim rngData as Range
dim lRec as Long
set rngData = sheets("_bridge_").range("a1").currentregion
lRec = rngData.rows.count - 1
if lRec < 1 then
exit sub
endif
set rngData = rngData.resize(lRec, 1).offset(1, 7)
with rngData
'formula untuk kolom-kolom tampilan, cek lagi, sapa tahu salah ambil kolom. Asumsi record mulai A2
.formula = "=vlookup( b2, _myPvtMax_ ,3,0)*f2" 'ambil nilai max dari pivot table, khusus data yang bln<=10 -> HJns=1
.offset(0, 1).formula = "=b2&if(g2=1,""*"","""")" 'nama diberi * kalau HUrut=1 (data Nom2) -> HUrut=2 adalah data Nom1
.offset(0, 2).formula = "=if(g2=2,c2,d2)" 'nilai nominal ambil Nom1 kalau HUrut=2, ambil Nom2 kalau HUrut selain 2
.offset(0, 3).formula = "=right("" ""&e2&if(g2=1,""*"","" ""),3)" 'membuat selalu 3 karakter bln, ada * kalau HUrut=1
.parent.calculate 'kalkulasi
'divalues
.resize(, 4).copy
.resize(, 4).pastespecial xlpastevalues
end with
end sub
'setelah data source lengkap, susun pivot table hasil akhir
private sub CreatePvtRes()
dim pvtCache as PivotCache, pvtTbl as PivotTable, pvtField as PivotField
'ambil pivot cache dari pivot yang ada di sheet bridge bernama pvtmax
set pvtCache = sheets("_bridge_").pivottables("_pvtMax_").pivotcache
'buat pivot table baru dari pivot cache tersebut (irit memori)
set pvtTbl = pvtCache.createpivottable(sheets("_bridge_").range("w1"), "_pvtRes_")
with pvtTbl
.refreshtable 'refresh :: kalo ini harus direfresh lagi, karena data source sudah berubah nilai akibat formula terakhir
'pivot options
.savedata = FALSE
.rowgrand = FALSE
.columngrand = FALSE
'atur layout
.rowaxislayout xltabularrow 'khusus xl2007 ke atas (non aktifkan jika di xl2003)
.addfields array("HMax", "ONama", "OBln", "HUrut", "Nama", "Nominal", "BulanTagih") 'semua masuk bagian rows
'hide subtotal di semua field
for each pvtField in .rowfields 'kalau error, ganti dengan .pivotfields
pvtField.subtotals(1) = TRUE 'buat hanya item pertama yang ada subtotal (lainnya false)
pvtField.subtotals(1) = FALSE 'buat subtotal item pertama jadi false juga
next pvtField
'sort descending pivot table berdasar kolom pembentuk output
'kayanya case sensitive, jadi hati-hati, mending copas nama field
.pivotfields("HMax").autoSort xldescending, "HMax"
.pivotfields("OBln").autoSort xldescending, "OBln"
.pivotfields("HUrut").autoSort xldescending, "HUrut"
end with
end sub
'urusan beresin tampilan hasil akhir di sheet target dimasukkan ke prosedur yang dipanggil saja
'bagian prosedur yang menjalankan semua prosedur proses di atas.
public sub UpdateReport()
dim rngRes as Range, lRec as Long
set rngRes = sheets("hasil").range("a7")
with rngRes
.currentRegion.offset(1).clearcontents
BuildTempTable .offset(1, 1) 'bangun temporary sekalian kirim info lokasi target nama pertama di sheet hasil
'pasang nomor
lRec = .currentregion.rows.count - 1
if lRec > 0 then
.offset(1).resize(lRec, 1).formula = "=row()-" & .row 'susun nomor urut pakai formula
.parent.calculate
.offset(1).resize(lRec, 1).value = .offset(1).resize(lRec, 1).value
endif
end with
err.clear
on error goto 0
end sub
gini aja, sambil menunggu BeExceller menyusun solusi topik ini, mungkin mau
sedikit repot mencoba prosedur imajinasi terlampir.
Peringatan!!
-> Tidak dijamin bakal sukses tanpa error.
Moga-moga ada BeExceller yang bersedia mencobanya (bila perlu
memperbaikinya kalau error) terus di posting kemilis workbooknya.
Bismillah, moga-moga gak error-error banget
1. Syarat yang harus dipenuhi (siapkan dengan baik)
>> gunakan file lampiran dari penanya, jangan diubah sedikit pun [harus
masih ting-ting]
(bila perlu unduh ulang dulu : ada sheet data dan sheet hasil)
>> buka file dari penanya dan lakukan save as dengan cara :
tekan ALT F A -> pada bagian save as type, pilih .xlsm atau
.xlsb -> ganti namanya bila perlu -> tekan tombol Save
>> unduh text file terlampir.
2. cara pasang text file terlampir ke workbook kerja
>> buka workbook hasil proses 1 (kalau belum terbuka)
>> ke VBE (tekan ALT F11) -> menu Insert -> pilih Module
>> buka text file terlampir dengan NotePad atau semacamnya dan jangan diset
Word Wrap
>> copy semua yang ada dalam text file yang terbuka (CTRL A lalu CTRL C)
>> ke VBE lagi, dilembar module baru tadi, lakukan paste (CTRL V)
>> cek baris paling atas, kalau ada baris tulisan option explicit 2 baris,
hapus salah satu barisnya
>> kembali ke worksheet (tekan ALT F11)
>> save workbook (harus tipe .xlsm atau .xlsb ya)
3. buat tombolnya
>> di sheet data, insert sebuah shape
>> klik kanan shape baru itu -> pilih Assign Macro -> pilih UpdateReport ->
tekan OK
>> save workbook lagi
4. coba pencet si shape hasil langkah nomor 3 tadi.
Insya Allah begitu bisa pakai VBA lagi, saya usahakan posting workbook-nya
kalau belum ada BeExceller yang mau mencobanya.
Kalau ada error, kabarkan ke milis ya, supaya banyak yang bisa sempat
ngecek.
Selamat mencoba, dan mohon maaf kalau masih ndak bisa urun yang lebih baik.
Wassalam,
Kid.
2013/4/29 Imam Sinurat <sin.ur4t@yahoo.
> **
>
>
> Salam be-excel..
>
> Yth. para suhu dan rekan2 exceler....
> Mohon bantuan pencerahan tentang cara men-Sorting Data Gabungan
> Menggunakan Makro.
>
> Keterangan tabel soalnya sbb:
>
> 1. Semua "nama yang bersifat unik" di-sort sesuai kolom (5) secara
> descending.
>
> 2. Setiap nama yang sama lalu disusun berkelompok sesuai urutan "nama
> unik" tadi, dan masing-masing kelompok nama di-sort kembali sesuai kolom
> (5) secara descending.
>
> 3. Hasil sorting untuk record yang kolom (5) -nya bernilai <=10
> diletakkan pada tabel di deretan atas, sedangkan sisanya di deretan bawah.
>
> 4. Kolom (3) dan (4) digabungkan dan ditampilkan sekolom (seolah-olah ada
> penambahan record).
>
> Bantuannya dimohonkan sangat, terima kasih sebelumnya.
>
> Wassalam
> Imam Sinurat - Sumut
>
>
>
----------
option explicit
'Kid, Jakarta, 2013-04-30
'bagian pembuat sheet temporary, bisa jadi jumlah kolom bantunya kurang, nanti dimodifikasi sendiri ya
private sub BuildTempTable(
dim shtTmp as Worksheet, shtRes as Worksheet
dim lRows as Long
err.clear
on error resume next
application.
set shtTmp = sheets("
if err.number = 0 then
shtTmp.delete
endif
set shtTmp = sheets.add(after:
with shtTmp
.name = "_bridge_
'penulis nama kolom (11 kolom diisi 11 elemen array)
'-> nama kolomnya nanti dipake di pivot table, jadi pastikan pengubahannya disertai cek seluruh proses buat pivot table
'-> sepertinya pivot table harus case sensitive
.range("
array("
if GetData then '1. ambil data dulu (sekalian cek ada hasil ambilnya gak -> butuh function)
CreatePvtMax 'buat pivot nilai max per nama dulu
.pivottables(
KomputasiDataSource 'susun data source yang lengkap
CreatePvtRes 'buat pivot hasil
'copas bagian pivot yang jadi hasil akhir ke target
.pivottables(
rngTarget.pastespec
endif
end with
'clear temporary
shtTmp.delete
thisworkbook.
thisworkbook.
application.
err.clear
on error goto 0
end sub
'bagian ambil data baru
private function GetData() As Long
dim rngData as Range, rngBridge as Range
dim lRec as Long, lRows as Long
set rngBridge = sheets("
rngBridge.currentRe
rngBridge.currentRe
lRows = 1
set rngData = sheets("
with rngData
.parent.autofilterm
'Nom1 -> jenis 1, urut 2 (sorted desc) :: filter Nom1 > 0, sort Nom1 desc
.sort .resize(1).cells(
.autofilter 3, "<>
lRec = .resize(, 1).specialcells(
if lRec > 0 then
.offset(1).specialc
with rngBridge
.offset(lRows)
.offset(lRows, 5).resize(lRec, 1).value = 1
.offset(lRows, 6).resize(lRec, 1).value = 2
lRows = .currentregion.
end with
endif
'Nom2 -> jenis [formula], urut [formula] :: filter nom2 > 0, sort nom2 desc
.parent.autofilterm
.sort .resize(1).cells(
.autofilter 4, ">0"
lRec = .resize(, 1).specialcells(
if lRec > 0 then
.offset(1).specialc
with rngBridge
.offset(lRows)
With .offset(lRows, 5).resize(lRec, 2)
.formular1c1 = "=1*(RC5<
.parent.calculate
.value = .value
End With
lRows = .currentregion.
end with
endif
.parent.autofilterm
end with
'buat nama range (update kalau sudah ada)
'sengaja diletakkan disini supaya tampak alur prosesnya
'bagian ini sebenarnya bisa diletakkan dalam blok with rngBridge ... end with setelah lRows=
if lRows > 1 then
rngBridge.currentre
else
rngBridge.currentre
endif
GetData = lRows - 1
end function
'setelah data masuk, buat pivot table penentu nilai max bulan setiap nama
private sub CreatePvtMax(
dim pvtTbl as PivotTable, pvtCache as PivotCache
'create cache (sengaja dibuat bertahap supaya mudah dipelajari dan dikembangkan)
set pvtCache = thisworkbook.
with pvtCache
.refreshonfileopen = TRUE
.missingitemslimit = xlmissingitemsnone
end with
'buat pivot table dari pivotcache yang ada
'asumsi, ada proses untuk ambil pivot cache dan disimpan dalam variabel pvtCache
set pvtTbl = pvtCache.createpivo
with pvtTbl
.refreshtable 'refresh :: biasanya sudah otomatis ter-refresh, jadi bisa di-non aktofkan kayanya
'pivot options
.savedata = FALSE
.rowgrand = FALSE
.columngrand = FALSE
'atur layout
.rowaxislayout xltabularrow 'khusus xl2007 ke atas (non aktifkan jika di xl2003)
.addfields array("
.adddatafield .pivotfields(
.pivotfields(
end with
end sub
'melengkapi data source (nyusun max per nama, tulisan nama untuk tampilan, nilai nominal tampilan, nilai bulan untuk tampilan)
private sub KomputasiDataSource
dim rngData as Range
dim lRec as Long
set rngData = sheets("
lRec = rngData.rows.
if lRec < 1 then
exit sub
endif
set rngData = rngData.resize(
with rngData
'formula untuk kolom-kolom tampilan, cek lagi, sapa tahu salah ambil kolom. Asumsi record mulai A2
.formula = "=vlookup( b2, _myPvtMax_ ,3,0)*f2" 'ambil nilai max dari pivot table, khusus data yang bln<=10 -> HJns=1
.offset(0, 1).formula = "=b2&
.offset(0, 2).formula = "=if(g2=
.offset(0, 3).formula = "=right(
.parent.calculate 'kalkulasi
'divalues
.resize(, 4).copy
.resize(, 4).pastespecial xlpastevalues
end with
end sub
'setelah data source lengkap, susun pivot table hasil akhir
private sub CreatePvtRes(
dim pvtCache as PivotCache, pvtTbl as PivotTable, pvtField as PivotField
'ambil pivot cache dari pivot yang ada di sheet bridge bernama pvtmax
set pvtCache = sheets("
'buat pivot table baru dari pivot cache tersebut (irit memori)
set pvtTbl = pvtCache.createpivo
with pvtTbl
.refreshtable 'refresh :: kalo ini harus direfresh lagi, karena data source sudah berubah nilai akibat formula terakhir
'pivot options
.savedata = FALSE
.rowgrand = FALSE
.columngrand = FALSE
'atur layout
.rowaxislayout xltabularrow 'khusus xl2007 ke atas (non aktifkan jika di xl2003)
.addfields array("
'hide subtotal di semua field
for each pvtField in .rowfields 'kalau error, ganti dengan .pivotfields
pvtField.subtotals(
pvtField.subtotals(
next pvtField
'sort descending pivot table berdasar kolom pembentuk output
'kayanya case sensitive, jadi hati-hati, mending copas nama field
.pivotfields(
.pivotfields(
.pivotfields(
end with
end sub
'urusan beresin tampilan hasil akhir di sheet target dimasukkan ke prosedur yang dipanggil saja
'bagian prosedur yang menjalankan semua prosedur proses di atas.
public sub UpdateReport(
dim rngRes as Range, lRec as Long
set rngRes = sheets("
with rngRes
.currentRegion.
BuildTempTable .offset(1, 1) 'bangun temporary sekalian kirim info lokasi target nama pertama di sheet hasil
'pasang nomor
lRec = .currentregion.
if lRec > 0 then
.offset(1).resize(
.parent.calculate
.offset(1).resize(
endif
end with
err.clear
on error goto 0
end sub
Tue Apr 30, 2013 6:43 pm (PDT) . Posted by:
"Imam Sinurat" sin.ur4t
Yth. Pak mrkid
Langkah-langkahnya sudah saya ikuti, dan alhamdulillah saat makronya dijalankan TIDAK ada error.
Cuma satu yg terlihat belum pas saat ini, yaitu: record yang kolom (5) -nya bernilai >10 belum ter-sort secara descending, masih acak.
Berikut file format .xlsm nya saya lampirkan.
Mohon bimbingan selanjutnya.
Wassalam
Imam Sinurat
------------
Pada Sel, 30 Apr 2013 10:41 Waktu Terang Hari Pasifik Mr. Kid menulis:
>Topik ini sudah di-repost berulang kali tapi belum ada yang respon.
>
>gini aja, sambil menunggu BeExceller menyusun solusi topik ini, mungkin mau
>sedikit repot mencoba prosedur imajinasi terlampir.
>
>Peringatan!
>-> Tidak dijamin bakal sukses tanpa error.
>
>Moga-moga ada BeExceller yang bersedia mencobanya (bila perlu
>memperbaikinya kalau error) terus di posting kemilis workbooknya.
>
>Bismillah, moga-moga gak error-error banget
>1. Syarat yang harus dipenuhi (siapkan dengan baik)
> gunakan file lampiran dari penanya, jangan diubah sedikit pun [harus
>masih ting-ting]
> (bila perlu unduh ulang dulu : ada sheet data dan sheet hasil)
> buka file dari penanya dan lakukan save as dengan cara :
> tekan ALT F A -> pada bagian save as type, pilih .xlsm atau
>.xlsb -> ganti namanya bila perlu -> tekan tombol Save
> unduh text file terlampir.
>
>2. cara pasang text file terlampir ke workbook kerja
> buka workbook hasil proses 1 (kalau belum terbuka)
> ke VBE (tekan ALT F11) -> menu Insert -> pilih Module
> buka text file terlampir dengan NotePad atau semacamnya dan jangan diset
>Word Wrap
> copy semua yang ada dalam text file yang terbuka (CTRL A lalu CTRL C)
> ke VBE lagi, dilembar module baru tadi, lakukan paste (CTRL V)
> cek baris paling atas, kalau ada baris tulisan option explicit 2 baris,
>hapus salah satu barisnya
> kembali ke worksheet (tekan ALT F11)
> save workbook (harus tipe .xlsm atau .xlsb ya)
>
>3. buat tombolnya
> di sheet data, insert sebuah shape
> klik kanan shape baru itu -> pilih Assign Macro -> pilih UpdateReport ->
>tekan OK
> save workbook lagi
>
>4. coba pencet si shape hasil langkah nomor 3 tadi.
>
>Insya Allah begitu bisa pakai VBA lagi, saya usahakan posting workbook-nya
>kalau belum ada BeExceller yang mau mencobanya.
>Kalau ada error, kabarkan ke milis ya, supaya banyak yang bisa sempat
>ngecek.
>
>Selamat mencoba, dan mohon maaf kalau masih ndak bisa urun yang lebih baik.
>
>Wassalam,
>Kid.
>
>
>
>2013/4/29 Imam Sinurat <sin.ur4t@yahoo.
>
> **
>
>
> Salam be-excel..
>
> Yth. para suhu dan rekan2 exceler....
> Mohon bantuan pencerahan tentang cara men-Sorting Data Gabungan
> Menggunakan Makro.
>
> Keterangan tabel soalnya sbb:
>
> 1. Semua "nama yang bersifat unik" di-sort sesuai kolom (5) secara
> descending.
>
> 2. Setiap nama yang sama lalu disusun berkelompok sesuai urutan "nama
> unik" tadi, dan masing-masing kelompok nama di-sort kembali sesuai kolom
> (5) secara descending.
>
> 3. Hasil sorting untuk record yang kolom (5) -nya bernilai <=10
> diletakkan pada tabel di deretan atas, sedangkan sisanya di deretan bawah.
>
> 4. Kolom (3) dan (4) digabungkan dan ditampilkan sekolom (seolah-olah ada
> penambahan record).
>
> Bantuannya dimohonkan sangat, terima kasih sebelumnya.
>
> Wassalam
> Imam Sinurat - Sumut
>
>
>
Tue Apr 30, 2013 7:08 pm (PDT) . Posted by:
"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
hehehe...
mungkin mau uji coba yang berikut ini (ndak jamin gak error ya, karena
belum bisa lihat script dalam file lampiran Anda)
dalam text file lalu ada prosedur berbunyi seperti ini :
'melengkapi data source (nyusun max per nama, tulisan nama untuk tampilan,
nilai nominal tampilan, nilai bulan untuk tampilan)
private sub KomputasiDataSource()
dim rngData as Range
dim lRec as Long
set rngData = sheets("_bridge_").range("a1").currentregion
lRec = rngData.rows.count - 1
if lRec < 1 then
exit sub
endif
set rngData = rngData.resize(lRec, 1).offset(1, 7)
with rngData
'formula untuk kolom-kolom tampilan, cek lagi, sapa tahu salah
ambil kolom. Asumsi record mulai A2
.formula = "=vlookup( b2, _myPvtMax_ ,3,0)*f2" 'ambil nilai
max dari pivot table, khusus data yang bln<=10 -> HJns=1
.offset(0, 1).formula = "=b2&if(g2=1,""*"","""")" 'nama diberi *
kalau HUrut=1 (data Nom2) -> HUrut=2 adalah data Nom1
.offset(0, 2).formula = "=if(g2=2,c2,d2)" 'nilai nominal ambil
Nom1 kalau HUrut=2, ambil Nom2 kalau HUrut selain 2
.offset(0, 3).formula = "=right("" ""&e2&if(g2=1,""*"",""
""),3)" 'membuat selalu 3 karakter bln, ada * kalau HUrut=1
.parent.calculate 'kalkulasi
'divalues
.resize(, 4).copy
.resize(, 4).pastespecial xlpastevalues
end with
end sub
diubah menjadi : (yang di-biru adalah tambahan atau pengubahannya)
'melengkapi data source (nyusun max per nama, tulisan nama untuk tampilan,
nilai nominal tampilan, nilai bulan untuk tampilan)
private sub KomputasiDataSource()
dim rngData as Range
dim lRec as Long
set rngData = sheets("_bridge_").range("a1").currentregion
lRec = rngData.rows.count - 1
if lRec < 1 then
exit sub
endif
set rngData = rngData.resize(lRec, 1).offset(1, 7)
with rngData
'formula untuk kolom-kolom tampilan, cek lagi, sapa tahu salah
ambil kolom. Asumsi record mulai A2
rngData.offset(0,-3).name = "_myOBLN_"
'ambil nilai max dari pivot table, khusus data yang bln<=10 ->
HJns=1
.formula = "=if(f2,vlookup( b2, _myPvtMax_
,3,0),-countif(_myOBLN_,"">""&e2))"
.offset(0, 1).formula = "=b2&if(g2=1,""*"","""")" 'nama diberi *
kalau HUrut=1 (data Nom2) -> HUrut=2 adalah data Nom1
.offset(0, 2).formula = "=if(g2=2,c2,d2)" 'nilai nominal ambil
Nom1 kalau HUrut=2, ambil Nom2 kalau HUrut selain 2
.offset(0, 3).formula = "=right("" ""&e2&if(g2=1,""*"",""
""),3)" 'membuat selalu 3 karakter bln, ada * kalau HUrut=1
.parent.calculate 'kalkulasi
'divalues
.resize(, 4).copy
.resize(, 4).pastespecial xlpastevalues
thisworkbook.names("_myOBLN_").delete
end with
end sub
Moga-moga pas perkiraannya. Kalau formula yang dibiru masih belum pas
merujuk kolom OBLN, mohon di-pas-pas-ken
Wassalam,
Kid.
2013/5/1 Imam Sinurat <sin.ur4t@yahoo.com >
> **
>
>
>
> Yth. Pak mrkid
>
> Langkah-langkahnya sudah saya ikuti, dan alhamdulillah saat makronya
> dijalankan TIDAK ada error.
>
> Cuma satu yg terlihat belum pas saat ini, yaitu: record yang kolom (5)
> -nya bernilai >10 belum ter-sort secara descending, masih acak.
>
> Berikut file format .xlsm nya saya lampirkan.
>
> Mohon bimbingan selanjutnya.
>
> Wassalam
> Imam Sinurat
>
> ------------------------------
> Pada Sel, 30 Apr 2013 10:41 Waktu Terang Hari Pasifik Mr. Kid menulis:
>
>
> >Topik ini sudah di-repost berulang kali tapi belum ada yang respon.
> >
> >gini aja, sambil menunggu BeExceller menyusun solusi topik ini, mungkin
> mau
> >sedikit repot mencoba prosedur imajinasi terlampir.
> >
> >Peringatan!!!
> >-> Tidak dijamin bakal sukses tanpa error.
> >
> >Moga-moga ada BeExceller yang bersedia mencobanya (bila perlu
> >memperbaikinya kalau error) terus di posting kemilis workbooknya.
> >
> >Bismillah, moga-moga gak error-error banget
> >1. Syarat yang harus dipenuhi (siapkan dengan baik)
> > gunakan file lampiran dari penanya, jangan diubah sedikit pun [harus
> >masih ting-ting]
> > (bila perlu unduh ulang dulu : ada sheet data dan sheet hasil)
> > buka file dari penanya dan lakukan save as dengan cara :
> > tekan ALT F A -> pada bagian save as type, pilih .xlsm atau
> >.xlsb -> ganti namanya bila perlu -> tekan tombol Save
> > unduh text file terlampir.
> >
> >2. cara pasang text file terlampir ke workbook kerja
> > buka workbook hasil proses 1 (kalau belum terbuka)
> > ke VBE (tekan ALT F11) -> menu Insert -> pilih Module
> > buka text file terlampir dengan NotePad atau semacamnya dan jangan diset
> >Word Wrap
> > copy semua yang ada dalam text file yang terbuka (CTRL A lalu CTRL C)
> > ke VBE lagi, dilembar module baru tadi, lakukan paste (CTRL V)
> > cek baris paling atas, kalau ada baris tulisan option explicit 2 baris,
> >hapus salah satu barisnya
> > kembali ke worksheet (tekan ALT F11)
> > save workbook (harus tipe .xlsm atau .xlsb ya)
> >
> >3. buat tombolnya
> > di sheet data, insert sebuah shape
> > klik kanan shape baru itu -> pilih Assign Macro -> pilih UpdateReport ->
> >tekan OK
> > save workbook lagi
> >
> >4. coba pencet si shape hasil langkah nomor 3 tadi.
> >
> >Insya Allah begitu bisa pakai VBA lagi, saya usahakan posting workbook-nya
> >kalau belum ada BeExceller yang mau mencobanya.
> >Kalau ada error, kabarkan ke milis ya, supaya banyak yang bisa sempat
> >ngecek.
> >
> >Selamat mencoba, dan mohon maaf kalau masih ndak bisa urun yang lebih
> baik.
> >
> >Wassalam,
> >Kid.
> >
> >
> >
> >2013/4/29 Imam Sinurat <sin.ur4t@yahoo.com >
> >
> > **
>
> >
> >
> > Salam be-excel..
> >
> > Yth. para suhu dan rekan2 exceler....
> > Mohon bantuan pencerahan tentang cara men-Sorting Data Gabungan
> > Menggunakan Makro.
> >
> > Keterangan tabel soalnya sbb:
> >
> > 1. Semua "nama yang bersifat unik" di-sort sesuai kolom (5) secara
> > descending.
> >
> > 2. Setiap nama yang sama lalu disusun berkelompok sesuai urutan "nama
> > unik" tadi, dan masing-masing kelompok nama di-sort kembali sesuai kolom
> > (5) secara descending.
> >
> > 3. Hasil sorting untuk record yang kolom (5) -nya bernilai <=10
> > diletakkan pada tabel di deretan atas, sedangkan sisanya di deretan
> bawah.
> >
> > 4. Kolom (3) dan (4) digabungkan dan ditampilkan sekolom (seolah-olah ada
> > penambahan record).
> >
> > Bantuannya dimohonkan sangat, terima kasih sebelumnya.
> >
> > Wassalam
> > Imam Sinurat - Sumut
> >
> >
> >
>
>
>
mungkin mau uji coba yang berikut ini (ndak jamin gak error ya, karena
belum bisa lihat script dalam file lampiran Anda)
dalam text file lalu ada prosedur berbunyi seperti ini :
'melengkapi data source (nyusun max per nama, tulisan nama untuk tampilan,
nilai nominal tampilan, nilai bulan untuk tampilan)
private sub KomputasiDataSource
dim rngData as Range
dim lRec as Long
set rngData = sheets("
lRec = rngData.rows.
if lRec < 1 then
exit sub
endif
set rngData = rngData.resize(
with rngData
'formula untuk kolom-kolom tampilan, cek lagi, sapa tahu salah
ambil kolom. Asumsi record mulai A2
.formula = "=vlookup( b2, _myPvtMax_ ,3,0)*f2" 'ambil nilai
max dari pivot table, khusus data yang bln<=10 -> HJns=1
.offset(0, 1).formula = "=b2&
kalau HUrut=1 (data Nom2) -> HUrut=2 adalah data Nom1
.offset(0, 2).formula = "=if(g2=
Nom1 kalau HUrut=2, ambil Nom2 kalau HUrut selain 2
.offset(0, 3).formula = "=right(
""
.parent.calculate 'kalkulasi
'divalues
.resize(, 4).copy
.resize(, 4).pastespecial xlpastevalues
end with
end sub
diubah menjadi : (yang di-biru adalah tambahan atau pengubahannya)
'melengkapi data source (nyusun max per nama, tulisan nama untuk tampilan,
nilai nominal tampilan, nilai bulan untuk tampilan)
private sub KomputasiDataSource
dim rngData as Range
dim lRec as Long
set rngData = sheets("
lRec = rngData.rows.
if lRec < 1 then
exit sub
endif
set rngData = rngData.resize(
with rngData
'formula untuk kolom-kolom tampilan, cek lagi, sapa tahu salah
ambil kolom. Asumsi record mulai A2
rngData.offset(
'ambil nilai max dari pivot table, khusus data yang bln<=10 ->
HJns=1
.formula = "=if(f2,
,3,0),-countif(
.offset(0, 1).formula = "=b2&
kalau HUrut=1 (data Nom2) -> HUrut=2 adalah data Nom1
.offset(0, 2).formula = "=if(g2=
Nom1 kalau HUrut=2, ambil Nom2 kalau HUrut selain 2
.offset(0, 3).formula = "=right(
""
.parent.calculate 'kalkulasi
'divalues
.resize(, 4).copy
.resize(, 4).pastespecial xlpastevalues
thisworkbook.
end with
end sub
Moga-moga pas perkiraannya. Kalau formula yang dibiru masih belum pas
merujuk kolom OBLN, mohon di-pas-pas-ken
Wassalam,
Kid.
2013/5/1 Imam Sinurat <sin.ur4t@yahoo.
> **
>
>
>
> Yth. Pak mrkid
>
> Langkah-langkahnya sudah saya ikuti, dan alhamdulillah saat makronya
> dijalankan TIDAK ada error.
>
> Cuma satu yg terlihat belum pas saat ini, yaitu: record yang kolom (5)
> -nya bernilai >10 belum ter-sort secara descending, masih acak.
>
> Berikut file format .xlsm nya saya lampirkan.
>
> Mohon bimbingan selanjutnya.
>
> Wassalam
> Imam Sinurat
>
> ------------
> Pada Sel, 30 Apr 2013 10:41 Waktu Terang Hari Pasifik Mr. Kid menulis:
>
>
> >Topik ini sudah di-repost berulang kali tapi belum ada yang respon.
> >
> >gini aja, sambil menunggu BeExceller menyusun solusi topik ini, mungkin
> mau
> >sedikit repot mencoba prosedur imajinasi terlampir.
> >
> >Peringatan!
> >-> Tidak dijamin bakal sukses tanpa error.
> >
> >Moga-moga ada BeExceller yang bersedia mencobanya (bila perlu
> >memperbaikinya kalau error) terus di posting kemilis workbooknya.
> >
> >Bismillah, moga-moga gak error-error banget
> >1. Syarat yang harus dipenuhi (siapkan dengan baik)
> > gunakan file lampiran dari penanya, jangan diubah sedikit pun [harus
> >masih ting-ting]
> > (bila perlu unduh ulang dulu : ada sheet data dan sheet hasil)
> > buka file dari penanya dan lakukan save as dengan cara :
> > tekan ALT F A -> pada bagian save as type, pilih .xlsm atau
> >.xlsb -> ganti namanya bila perlu -> tekan tombol Save
> > unduh text file terlampir.
> >
> >2. cara pasang text file terlampir ke workbook kerja
> > buka workbook hasil proses 1 (kalau belum terbuka)
> > ke VBE (tekan ALT F11) -> menu Insert -> pilih Module
> > buka text file terlampir dengan NotePad atau semacamnya dan jangan diset
> >Word Wrap
> > copy semua yang ada dalam text file yang terbuka (CTRL A lalu CTRL C)
> > ke VBE lagi, dilembar module baru tadi, lakukan paste (CTRL V)
> > cek baris paling atas, kalau ada baris tulisan option explicit 2 baris,
> >hapus salah satu barisnya
> > kembali ke worksheet (tekan ALT F11)
> > save workbook (harus tipe .xlsm atau .xlsb ya)
> >
> >3. buat tombolnya
> > di sheet data, insert sebuah shape
> > klik kanan shape baru itu -> pilih Assign Macro -> pilih UpdateReport ->
> >tekan OK
> > save workbook lagi
> >
> >4. coba pencet si shape hasil langkah nomor 3 tadi.
> >
> >Insya Allah begitu bisa pakai VBA lagi, saya usahakan posting workbook-nya
> >kalau belum ada BeExceller yang mau mencobanya.
> >Kalau ada error, kabarkan ke milis ya, supaya banyak yang bisa sempat
> >ngecek.
> >
> >Selamat mencoba, dan mohon maaf kalau masih ndak bisa urun yang lebih
> baik.
> >
> >Wassalam,
> >Kid.
> >
> >
> >
> >2013/4/29 Imam Sinurat <sin.ur4t@yahoo.
> >
> > **
>
> >
> >
> > Salam be-excel..
> >
> > Yth. para suhu dan rekan2 exceler....
> > Mohon bantuan pencerahan tentang cara men-Sorting Data Gabungan
> > Menggunakan Makro.
> >
> > Keterangan tabel soalnya sbb:
> >
> > 1. Semua "nama yang bersifat unik" di-sort sesuai kolom (5) secara
> > descending.
> >
> > 2. Setiap nama yang sama lalu disusun berkelompok sesuai urutan "nama
> > unik" tadi, dan masing-masing kelompok nama di-sort kembali sesuai kolom
> > (5) secara descending.
> >
> > 3. Hasil sorting untuk record yang kolom (5) -nya bernilai <=10
> > diletakkan pada tabel di deretan atas, sedangkan sisanya di deretan
> bawah.
> >
> > 4. Kolom (3) dan (4) digabungkan dan ditampilkan sekolom (seolah-olah ada
> > penambahan record).
> >
> > Bantuannya dimohonkan sangat, terima kasih sebelumnya.
> >
> > Wassalam
> > Imam Sinurat - Sumut
> >
> >
> >
>
>
>
Tue Apr 30, 2013 6:43 pm (PDT) . Posted by:
"dhen.baguse" bagusejogja
Salam
exceler,
Yang saya tanyakan bagaimana agar dikolom "sisi_uang " jika hasilnya "nol"/"-"
tidak tampil, saya sudah mencoba semaksimal saya dan belum bisa menemukan caranya, mohon pencerahan temen temen master di milis.
terimakasih,
wassalam
exceler,
Yang saya tanyakan bagaimana agar dikolom "sisi_uang " jika hasilnya "nol"
tidak tampil, saya sudah mencoba semaksimal saya dan belum bisa menemukan caranya, mohon pencerahan temen temen master di milis.
terimakasih,
wassalam
Tue Apr 30, 2013 7:29 pm (PDT) . Posted by:
"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
dhen bagus (tenane na' bagus)
kelihatannya field sisa uang masuk dibagian Values (maaf, soale cuma lihat
pake pilihan view di email)
kalau benar di value, maka bisa dilakukan filter.
Kira-kira caranya begini :
1. pada field pengambilan kas -> tombol segitiga filter -> pilih value
filter -> pilih does not equal -> nanti muncul dialog
2. pada dialog, pilih nama field dibagian values yang akan difilter
(berarti pilih sisa uang), lalu di textbox diisi 0 (pastikan combo dikanan
pilihan field beneran telah berisi does not equal)
3. tekan OK
moga-moga pas.
Wassalam,
Kid.
2013/5/1 dhen.baguse <bagusejogja@yahoo.com >
> **
>
>
> Salam exceler,
> Yang saya tanyakan bagaimana agar dikolom "sisi_uang " jika hasilnya
> "nol"/"-" tidak tampil, saya sudah mencoba semaksimal saya dan belum bisa
> menemukan caranya, mohon pencerahan temen temen master di milis.
> terimakasih,
> wassalam
>
>
>
kelihatannya field sisa uang masuk dibagian Values (maaf, soale cuma lihat
pake pilihan view di email)
kalau benar di value, maka bisa dilakukan filter.
Kira-kira caranya begini :
1. pada field pengambilan kas -> tombol segitiga filter -> pilih value
filter -> pilih does not equal -> nanti muncul dialog
2. pada dialog, pilih nama field dibagian values yang akan difilter
(berarti pilih sisa uang), lalu di textbox diisi 0 (pastikan combo dikanan
pilihan field beneran telah berisi does not equal)
3. tekan OK
moga-moga pas.
Wassalam,
Kid.
2013/5/1 dhen.baguse <bagusejogja@
> **
>
>
> Salam exceler,
> Yang saya tanyakan bagaimana agar dikolom "sisi_uang " jika hasilnya
> "nol"
> menemukan caranya, mohon pencerahan temen temen master di milis.
> terimakasih,
> wassalam
>
>
>
Tue Apr 30, 2013 6:44 pm (PDT) . Posted by:
"Jonathan Susanto" jonathan_susanto
Terima Kasih Pak Hendrik.
Sudah Solved.
On 4/30/2013 2:49 PM, hendrik karnadi wrote:
> Coba ketik :
> =VLOOKUP(I3,$A$3:$C$7,3,FALSE)-VLOOKUP(I3,$E$3:$G$7,3,FALSE)
> pada sel K3, kemudian copy ke bawah.
>
> Perhatikan tanda $
>
> Salam,
> HK
>
> ----------------------------------------------------------
> *From:* Jonathan Susanto <jonathan.susanto@gmail.com >
> *To:* "belajar-excel@yahoogroups.com " <belajar-excel@yahoogroups.com >
> *Sent:* Tuesday, 30 April 2013, 14:37
> *Subject:* [belajar-excel] [TANYA] Selisih 2 Kolom
>
> Hi All,
>
> Minta tolong bantuanya untuk rumus mencari seliish antara 2 kolom
> bersarkan NIK/Kode.
>
> untuk lebih lengkap, file dummy terlampir
>
> Terima Kasih
> Jonathan
>
Sudah Solved.
On 4/30/2013 2:49 PM, hendrik karnadi wrote:
> Coba ketik :
> =VLOOKUP(I3,
> pada sel K3, kemudian copy ke bawah.
>
> Perhatikan tanda $
>
> Salam,
> HK
>
> ------------
> *From:* Jonathan Susanto <jonathan.susanto@
> *To:* "belajar-excel@
> *Sent:* Tuesday, 30 April 2013, 14:37
> *Subject:* [belajar-excel] [TANYA] Selisih 2 Kolom
>
> Hi All,
>
> Minta tolong bantuanya untuk rumus mencari seliish antara 2 kolom
> bersarkan NIK/Kode.
>
> untuk lebih lengkap, file dummy terlampir
>
> Terima Kasih
> Jonathan
>
Tue Apr 30, 2013 7:01 pm (PDT) . Posted by:
"BhoneX" hadiekoprayitno13
Assalamu'alaikum
Be - Exeller
Mohon bantuannya rumus menghitung masa kerja yang simpel, karena menggunakan rumus ini terlalu panjang,...
Jazakumullahu Khair,...
Be - Exeller
Mohon bantuannya rumus menghitung masa kerja yang simpel, karena menggunakan rumus ini terlalu panjang,...
Jazakumullahu Khair,...
Tue Apr 30, 2013 7:17 pm (PDT) . Posted by:
"Jan Raisin"
Wa'alaikumsalam wr.wb.,
coba formula berikut ditulis di cell c2 lalu dikopi ke bawah
=DATEDIF(A2,B2,"y")+(DATEDIF(A2,B2,"yd")/365)
jika regional setting anda Indonesian, maka ubah seluruh koma yang
dimerahin dengan titik koma
# sampaikan masalah yang sering anda temui saat menggunakan Excel pada
pooling berikut
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
Sedikit waktu yang anda luangkan untuk mengisi pooling tersebut sangat
berharga untuk Be-Exceler yang lain
Wassalam,
-Miss Jan Raisin-
*>>> Jangan mengirim pertanyaan melalui japri ke Jan karena tidak akan Jan
jawab kecuali anda mentransfer ke Jan senilai Rp 1 juta untuk setiap 1
pertanyaan yang diajukan;*
*>>> Untuk kepentingan belajar bersama, pertanyaan ditujukan ke
belajar-excel@yahoogroups.com ;*
*>>> Jika pertanyaan lama direspon, bersabarlah karena ALLAH beserta dengan
orang-orang yang sabar QS 2:153;*
Pada 1 Mei 2013 08.51, BhoneX <bhonex13@yahoo.com > menulis:
> **
>
>
> Assalamu'alaikum
>
> Be - Exeller
>
> Mohon bantuannya rumus menghitung masa kerja yang simpel, karena
> menggunakan rumus ini terlalu panjang,...
>
> Jazakumullahu Khair,...
>
>
>
>
coba formula berikut ditulis di cell c2 lalu dikopi ke bawah
=DATEDIF(A2,
jika regional setting anda Indonesian, maka ubah seluruh koma yang
dimerahin dengan titik koma
# sampaikan masalah yang sering anda temui saat menggunakan Excel pada
pooling berikut
http://tech.
Sedikit waktu yang anda luangkan untuk mengisi pooling tersebut sangat
berharga untuk Be-Exceler yang lain
Wassalam,
-Miss Jan Raisin-
*>>> Jangan mengirim pertanyaan melalui japri ke Jan karena tidak akan Jan
jawab kecuali anda mentransfer ke Jan senilai Rp 1 juta untuk setiap 1
pertanyaan yang diajukan;*
*>>> Untuk kepentingan belajar bersama, pertanyaan ditujukan ke
belajar-excel@
*>>> Jika pertanyaan lama direspon, bersabarlah karena ALLAH beserta dengan
orang-orang yang sabar QS 2:153;*
Pada 1 Mei 2013 08.51, BhoneX <bhonex13@yahoo.
> **
>
>
> Assalamu'
>
> Be - Exeller
>
> Mohon bantuannya rumus menghitung masa kerja yang simpel, karena
> menggunakan rumus ini terlalu panjang,...
>
> Jazakumullahu Khair,...
>
>
>
>
Tue Apr 30, 2013 7:19 pm (PDT) . Posted by:
"hendrik karnadi" hendrikkarnadi
Pakai cara tradisionil saja Pak.
Dengan asumsi satu tahun 365 hari dan tgl PHK pasti lebih besar dari tgl Hiring maka hitugannya menjadi sebagai berikut :
=(B2-A2)/365
kemudian copy ke bawah.
Salam,
HK
________________________________
From: BhoneX <bhonex13@yahoo.com >
To: "belajar-excel@yahoogroups.com " <belajar-excel@yahoogroups.com >
Sent: Wednesday, 1 May 2013, 8:51
Subject: [belajar-excel] Menghitung Masa kerja
Assalamu'alaikum
Be - Exeller
Mohon bantuannya rumus menghitung masa kerja yang simpel, karena menggunakan rumus ini terlalu panjang,...
Jazakumullahu Khair,...
Dengan asumsi satu tahun 365 hari dan tgl PHK pasti lebih besar dari tgl Hiring maka hitugannya menjadi sebagai berikut :
=(B2-A2)/365
kemudian copy ke bawah.
Salam,
HK
____________
From: BhoneX <bhonex13@yahoo.
To: "belajar-excel@
Sent: Wednesday, 1 May 2013, 8:51
Subject: [belajar-excel] Menghitung Masa kerja
Assalamu'
Be - Exeller
Mohon bantuannya rumus menghitung masa kerja yang simpel, karena menggunakan rumus ini terlalu panjang,...
Jazakumullahu Khair,...
Tue Apr 30, 2013 7:20 pm (PDT) . Posted by:
"zainul_ulum[at]yahoo[dot]com" zainul_ulum
kalo pakai rumus =(B2-A2+1)/365
beda dikit hasilnya sih..
From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com ]
On Behalf Of BhoneX
Sent: Wednesday, May 01, 2013 8:51 AM
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: [belajar-excel] Menghitung Masa kerja
Assalamu'alaikum
Be - Exeller
Mohon bantuannya rumus menghitung masa kerja yang simpel, karena menggunakan
rumus ini terlalu panjang,...
Jazakumullahu Khair,...
beda dikit hasilnya sih..
From: belajar-excel@
On Behalf Of BhoneX
Sent: Wednesday, May 01, 2013 8:51 AM
To: belajar-excel@
Subject: [belajar-excel] Menghitung Masa kerja
Assalamu'
Be - Exeller
Mohon bantuannya rumus menghitung masa kerja yang simpel, karena menggunakan
rumus ini terlalu panjang,...
Jazakumullahu Khair,...
Tue Apr 30, 2013 7:24 pm (PDT) . Posted by:
"Djati Walujo" walujodjati
Coba dengan file terlampir.
Djati W
________________________________
Dari: BhoneX <bhonex13@yahoo.com >
Kepada: "belajar-excel@yahoogroups.com " <belajar-excel@yahoogroups.com >
Dikirim: Rabu, 1 Mei 2013 8:51
Judul: [belajar-excel] Menghitung Masa kerja
Assalamu'alaikum
Be - Exeller
Mohon bantuannya rumus menghitung masa kerja yang simpel, karena menggunakan rumus ini terlalu panjang,...
Jazakumullahu Khair,...
Djati W
____________
Dari: BhoneX <bhonex13@yahoo.
Kepada: "belajar-excel@
Dikirim: Rabu, 1 Mei 2013 8:51
Judul: [belajar-excel] Menghitung Masa kerja
Assalamu'
Be - Exeller
Mohon bantuannya rumus menghitung masa kerja yang simpel, karena menggunakan rumus ini terlalu panjang,...
Jazakumullahu Khair,...
Tue Apr 30, 2013 8:16 pm (PDT) . Posted by:
"BhoneX" hadiekoprayitno13
Barakallaahu Fiik
setelah saya coba ada beberapa yang selisih dan beberapa yang benar,...
________________________________
From: Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com >
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Wednesday, May 1, 2013 9:17 AM
Subject: Re: [belajar-excel] Menghitung Masa kerja
Wa'alaikumsalam wr.wb.,
coba formula berikut ditulis di cell c2 lalu dikopi ke bawah
=DATEDIF(A2,B2,"y")+(DATEDIF(A2,B2,"yd")/365)
jika regional setting anda Indonesian, maka ubah seluruh koma yang dimerahin dengan titik koma
# sampaikan masalah yang sering anda temui saat menggunakan Excel pada pooling berikut
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
Sedikit waktu yang anda luangkan untuk mengisi pooling tersebut sangat berharga untuk Be-Exceler yang lain
Wassalam,
-Miss Jan Raisin-
>>> Jangan mengirim pertanyaan melalui japri ke Jan karena tidak akan Jan jawab kecuali anda mentransfer ke Jan senilai Rp 1 juta untuk setiap 1 pertanyaan yang diajukan;
>>> Untuk kepentingan belajar bersama, pertanyaan ditujukan ke belajar-excel@yahoogroups.com ;
>>> Jika pertanyaan lama direspon, bersabarlah karena ALLAH beserta dengan orang-orang yang sabar QS 2:153;
Pada 1 Mei 2013 08.51, BhoneX <bhonex13@yahoo.com > menulis:
>
>Assalamu39;alaikum
>
>Be - Exeller
>
>Mohon bantuannya rumus menghitung masa kerja yang simpel, karena menggunakan rumus ini terlalu panjang,...
>
>Jazakumullahu Khair,...
>
>
>
setelah saya coba ada beberapa yang selisih dan beberapa yang benar,...
____________
From: Jan Raisin <miss.jan.raisin@
To: belajar-excel@
Sent: Wednesday, May 1, 2013 9:17 AM
Subject: Re: [belajar-excel] Menghitung Masa kerja
Wa'alaikumsalam wr.wb.,
coba formula berikut ditulis di cell c2 lalu dikopi ke bawah
=DATEDIF(A2,
jika regional setting anda Indonesian, maka ubah seluruh koma yang dimerahin dengan titik koma
# sampaikan masalah yang sering anda temui saat menggunakan Excel pada pooling berikut
http://tech.
Sedikit waktu yang anda luangkan untuk mengisi pooling tersebut sangat berharga untuk Be-Exceler yang lain
Wassalam,
-Miss Jan Raisin-
>>> Jangan mengirim pertanyaan melalui japri ke Jan karena tidak akan Jan jawab kecuali anda mentransfer ke Jan senilai Rp 1 juta untuk setiap 1 pertanyaan yang diajukan;
>>> Untuk kepentingan belajar bersama, pertanyaan ditujukan ke belajar-excel@
>>> Jika pertanyaan lama direspon, bersabarlah karena ALLAH beserta dengan orang-orang yang sabar QS 2:153;
Pada 1 Mei 2013 08.51, BhoneX <bhonex13@yahoo.
>
>Assalamu
>
>Be - Exeller
>
>Mohon bantuannya rumus menghitung masa kerja yang simpel, karena menggunakan rumus ini terlalu panjang,...
>
>Jazakumullahu Khair,...
>
>
>
GROUP FOOTER MESSAGE
=====================================================================
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
Tidak ada komentar:
Posting Komentar