Senin, 15 April 2013

[belajar-excel] Digest Number 2235

15 New Messages

Digest #2235
1a
Re: simpan data dengan command buttun by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
1b
Re: simpan data dengan command buttun by "mochi" mochi_underscore
2a
Re: Menampilkan Pop-up kalender pada Form by "lapendosol opik" lapendosol
3a
Bls: [belajar-excel] Form nilai hasil ujian by "Jamil Makhmudin" jamil_kbm
3b
Re: Bls: [belajar-excel] Form nilai hasil ujian by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
3c
Re: Bls: [belajar-excel] Form nilai hasil ujian by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
4e
If Bertingkat by "jonson dahrino" jonson_ringo
4f
Re: If Bertingkat by "lapendosol opik" lapendosol
5a
Bls: [belajar-excel] Aplikasi Presensi by "benedictus sonny" yoe_sonny
6
menjumlahkan data berdasarkan kode by "Dian Anas" anassheva20

Messages

Sun Apr 14, 2013 9:30 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Karena script penulis data belum sampai menulis ke kolom *A* (kolom *1*),
maka hasilnya demikian akibat baris script berbunyi :
BarisTerakhir = .Cells(.Rows.Count, *1*).End(xlUp).Row

Jika Anda sudah menambah baris penulisan (merah dan biru tadi) sampai semua
kolom di sheet DATABASE terisi setiap klik Print, maka hal itu tak akan
terjadi lagi.

Jika memang Anda hanya ingin mengisi kolom 4 dan 5 saja, maka ganti
*1*dengan 4 atau 5
misal :
BarisTerakhir = .Cells(.Rows.Count, *4*).End(xlUp).Row

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Kid.

2013/4/14 muhammad saini <saini_muhammad@yahoo.com>

> **
>
>
> salam untuk semua..
> terima kasih atas semua perhatian guru2 semua..
>
> sebelumnya saya minta maaf, karena baru gabung dan baru belajar vba..
> jadi masih sangat bingung, namun saya ingin sungguh2 belajar..
>
> pada file yang pertama saya lampirkan, scripnya hasil copy paste dan hanya
> saya edit sedikit
> sesuai dengan kemampuan saya..
> setelah mendapat balasan dari mr.kid dan saya coba ikuti ternyata ada
> kemajuan walau masih agak bingung..
>
> ketika saya klik print, muncul layar print preview dan data yang berada
> pada sheet form dapat tersimpan
> pada sheet database..tapi ketika saya klik untuk kedua dan seterusnya,
> data tersebut tidak tersimpan lagi..
> hanya pada baris pertama saja yang ada isinya, sedangkan baris selanjutnya
> tidak tersimpan..
>
> saya lampirkan hasil usaha saya..
>
> wassalam..
>
> saini
>
> ------------------------------
> *Dari:* Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
> *Kepada:* BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com>
> *Dikirim:* Minggu, 14 April 2013 22:45
> *Judul:* Re: [belajar-excel] simpan data dengan command buttun
>
>
> Pak Saini,
>
> Script berbunyi :
> Private Sub CommandButton1_Click()
> Dim nama, alamat As String
> Dim BarisTerakhir, BarisTujuan As Integer
>
> * With Worksheets("form")
> nama = .Cells(6, 9).Value
> alamat = .Cells(7, 9).Value
> End With*
>
> With Worksheets("DATABASE")
> BarisTerakhir = .Cells(.Rows.Count, 1).End(xlUp).Row
> BarisTujuan = BarisTerakhir + 1
> * .Cells(BarisTujuan, 4).Value = nama
> .Cells(BarisTujuan, 5).Value = alamat*
> End With
> End Sub
>
> baru berisi proses menulis *2 item input* ke *2 fields tabel data*
> Silakan ditambah lagi untuk nilai data lainnya, dan lakukan hal yang mirip.
> Yang *merah *adalah membaca data dan menyimpan ke variabel tertentu
> (dalam hal ini nama dan alamat) dari cells tertentu.
> Yang *biru *adalah menulis nilai tertentu (dalam hal ini yang tersimpan
> dalam variabel nama dan alamat) ke suatu tempat tertentu (dalam hal ini ke
> cells tertentu.
>
> Jika script di atas akan dibuat sebaris setiap item ke field datanya :
> Private Sub CommandButton1_Click()
>
> Dim BarisTerakhir, BarisTujuan As Integer
>
>
> With Worksheets("DATABASE")
> BarisTerakhir = .Cells(.Rows.Count, 1).End(xlUp).Row
> BarisTujuan = BarisTerakhir + 1
> * .Cells(BarisTujuan, 4).Value = **Worksheets("form")**.Cells(6,
> 9).Value
> .Cells(BarisTujuan, 5).Value = ** **Worksheets("form")**.**Cells(7,
> 9).Value*
> 'tambahkan disini baris-baris script untuk ambil dari sheet Form
> cell tertentu (r,c)
> 'dan ditulis ke kolom tertentu di sheet DATABASE pada nomor baris
> yang tersimpan dalam variabel *BarisTujuan*
> 'misal :
> * .Cells(BarisTujuan, 2).Value = ** **Worksheets("form")**.**Cells(3,
> 13).Value* 'sheet Form range M3 ke sheet DATABASE kolom B
> 'bisa juga dengan cara :
> * .Cells(BarisTujuan, 2).Value = ** **Worksheets("form")**.**Range("m3").Value
> *'sheet Form range M3 ke sheet DATABASE kolom B
>
> End With
>
> 'setelah di simpan semuanya (ditambah banyak baris script sampai semua
> inputan tersimpan),
> 'dilakukan print
> sheets("form").printpreview 'ganti printpreview dengan printout
> untuk cetak
> End Sub
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
>
> 2013/4/14 muhammad saini <saini_muhammad@yahoo.com>
>
> **
>
> selamat malam..
>
> salam kepada teman2,suhu,master dan guru2 semua..
>
> senang sekali bisa bergabung dengan mailis ini.karena banyak ilmu
> yang dibagi dengan iklas hati.
> mudah2an ilmunya semakin bertambah..
>
> karena baru mengenal vba..jadi masih terlalu bingung untuk mengerti..dan
> jangan
> sampai tersesat lebih jauh lagi, mohon
> kepada teman2 dan guru2 di mailis mau berbagi ilmu..
>
> command button yang saya buat, sudah berfungsi..data yang saya
> ketik di sheet form dapat tersimpan pada sheet database..
> namun hanya satu kali..untuk selanjutnya tidak mau tersimpan lagi..
> contoh yang saya ambil hanya dua cell..namun sebenarnya data yang
> ingin saya simpan adalah cell yang ada kotak merah..
>
> mohon kepada guru2, untuk dibantu..
>
> atas bantuan dan ilmu'a saya ucapkan banyak terima kasih..
>
> wassalam
>
> saini
>
> Not: terima kasih kepada pak moderator yang telah membantu memberi
> petunjuk kepada saya
>
>
>
>
>
>

Sun Apr 14, 2013 7:44 pm (PDT) . Posted by:

"mochi" mochi_underscore


--- In belajar-excel@yahoogroups.com, Hendrik Karnadi
<hendrikkarnadi@...> wrote:
>
> Hai Saini,
> Jika malam ini anda lampirkan filenya disertai catatan meng apa yang
diinginkan pada sheet ybs, saya yakin sebelum bsk malam anda sdh dapat
melihat jawabannya.
>
> Salam,Â
> HK
>
>
> Sent from Samsung Mobilesaini saini_muhammad@... wrote:selamat malam..
>
> salam kepada teman2,suhu,master dan guru2 semua..
>
> senang sekali bisa bergabung dengan mailis ini.karena banyak ilmu
> yang dibagi dengan iklas hati.
> mudah2an ilmunya semakin bertambah..
>
> karena baru mengenal vba..jadi masih terlalu bingung untuk
mengerti..dan jangan sampai tersesat lebih jauh lagi, mohon
> kepada teman2 dan guru2 di mailis mau berbagi ilmu..
>
> command button yang saya buat, sudah berfungsi..data yang saya
> ketik di sheet form dapat tersimpan pada sheet database..
> namun hanya satu kali..untuk selanjutnya tidak mau tersimpan lagi..
> contoh yang saya ambil hanya dua cell..namun sebenarnya data yang
> ingin saya simpan adalah cell yang ada kotak merah..
>
> mohon kepada guru2, untuk dibantu..
>
> atas bantuan dan ilmu'a saya ucapkan banyak terima kasih..
>
> NOT.karena baru pertama sekali mengirimkan pesan,saya tidak tau
> dimana tempat untuk upload file..
>
> wassalam
>
> saini
>
> --- Mods ---
> Untuk posting disertai file lampiran, silakan Anda login ke akun email
yang Anda daftar ke milis (akun pribadi Anda tanpa perlu masuk ke
website milis).
> Kemudian lakukan Compose Email (buat email baru) dan lakukan
pengiriman email seperti Anda mengirim email ke rekan kerja Anda
sehari-hari. Email dikirim ke belajar-excel@yahoogroups.com
> Jika Anda ingin menanggapi atau ikut berdiskusi pada suatu topik yang
tampak dalam Inbox akun email pribadi Anda, maka klik email tersebut dan
lakukan Reply.
> ------------
>

Sun Apr 14, 2013 11:58 am (PDT) . Posted by:

"lapendosol opik" lapendosol

Terimakasih lagi mas Kid tanggapannya,
Sebelum saya lanjutkan file yang saya buat, tidak ada salahnya saya jabarkan dulu file ini nantinya seperti apa, kalau cara saya kurang efektif mohon diberi pengarahan yang lebih efektif.
Saya punya bengkel kecil-kecilan milik keluarga, tiap bulannya selalu dihitung (totalan) dari penjualan.
Berawal dari buku besar (ditulis tangan manual), dimana isi buku meliputi catatan pembelian barang, penjualan barang dan service jasa customer. Tiap satu lembar buku, mencatat secara detail barang yang terjual/terbeli pertanggal berapa, jumlah selama sebulan berapa pcs/barang, total modal (pengeluaran) belanja untuk jumlah barang yang terjual tiap barang, total pendapatan (pemasukan) dari jumlah barang yang terjual tiap barang, sehingga bisa tau selisih keuntungan atas satu barang itu (total jual - total beli), dan total keuntungan selama sebulan. Misal bulan februari 2013 barang Ban Luar IRC modal 100.000 jual 130.000, terjual 3 pcs, keuntungannya (3x130.000 - 3x100.000). Ini alasan saya kenapa membuat sheet jual dan sheet beli secara terpisah tiap bulannya, supaya bisa melihat (cek) history penjualan/pembelian perbulan dan keuntungannya (naik atau menurun). Barang-barang apa yang perlu ditambah dan dikurangi stok persediaannya (bisa dilihat dari
history jual/beli yang kosong/isi kolomnya pertanggal perbulannya).

Dengan tujuan saya diatas, kayanya lebih susah dalam peng-input-an datanya kedalam sheet. Maka dari itu, mohon bantuannya rekan-rekan be-Excel yang lain dalam pembuatan buku tersebut.
Nantinya dalam input Jual dan Beli akan dibuat dengan form tersendiri.

Scriptnya saya buat dari record macro, jadi bahasanya sesuai proses yang saya lakukan. Ternyata bisa diringkas lagi scriptnya, trimakasih mas Kid.
Sheet Jual dan sheet Beli yang dicopy disini hanya sheet bantuan untuk meng-copy Widthnya biar sesuai.
Tiap2 sheet Jual Bulan Tahun, terdapat tanggal2, yang diharapkan nantinya pada form input jual/beli secara otomatis mengisi angka ke sheet Jual Bulan Tahun pada tanggal yang sesuai pada dtPickernya

Pada baris     Sheets("Jual").Range("A1:ZZ1").Copy sht.range("a1") saya tetap pakai     Sheets("Jual").Range("A:ZZ").Copy sht.range("a1") supaya Width Cells dari tanggal 1 sampe kenanan bisa ikut sesuai.
sht.name=sfull & format$(dtpadd.seldate , "YYYYMMDD";) saya pakai format MMM YYYY
Terimakasih sekali lagi mas Kid
Wassalam,

________________________________
From: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
To: BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Sunday, April 14, 2013 11:25 PM
Subject: Re: [belajar-excel] Menampilkan Pop-up kalender pada Form


 
Sebelum membahas script-nya, gimana kalau ngobrolin tentang datanya lebih dulu.

imo,
sheet DATABASE kolom A:C adalah data referensi produk.
sheet Jual adalah data transaksi Penjualan
sheet Beli adalah data transaksi Pembelian

sejarah (histori) perubahan harga beli adalah summary dari transaksi pembelian yang setara dengan output
kondisi stok adalah summary transaksi beli dan transaksi jual yang setara dengan output berupa summary data terakhir setiap produk.

dari keadaan di atas, ada benang merahnya, yaitu data-data transaksi menuntut adanya dimensi waktu. Selain itu, suatu saat nanti bisa jadi akan dibutuhkan dimensi Customer (saat ini ndak ada juga ndak masalah).
Kegiatan real manusia dalam melakukan penjualan maupun pembelian tidak pasti seluruh produk setiap hari. Maka, pencatatan ketika terjadi penjualan saja dan pencatatan ketika terjadi pembelian saja akan lebih memberi banyak informasi.

Jadi, untuk tabel jual dan beli, setidaknya dibutuhkan kolom tanggal kegiatan (1 kolom saja), kode produk (1 kolom saja), jumlah penjualan atau pembelian (1 kolom saja), harga jual atau beli (1 kolom saja), bila perlu ada posisi stok produk tersebut setelah kegiatan [saldo akhir] (1 kolom saja). Hal ini akan membuat tabel data menjadi ramping dan tinggi (panjang kebawah) dengan jumlah kolom total hanya 4 kolom sampai 5 kolom. Kelak, ketika sudah ada data customer, maka akan bertambah 1 kolom lagi. Jika ada variabel discount, maka bertambah 1 kolom lagi dst.

Setiap data akan tinggal disebuah sheet tersendiri. Referensi produk di sebuah sheet (misal Produk), transaksi Jual di sheet Jual, transaksi beli di sheet Beli, setiap output di sebuah sheet per jenis output. Sheet input bisa disebuah sheet tersendiri atau di sebuah userform.

Input (form input dengan userform atau dengan worksheet) bisa diatur disuatu tempat tersendiri yang terpisah dengan sheet-sheet data tadi.
Proses simpan hanyalah menyimpan yang perlu saja.
Dengan begitu, maka tidak akan dibutuhkan banyak sheet.
Dengan tabel data yang memiliki dimensi waktu (sebagai sebuah kolom), akan memudahkan proses pengolahan data untuk membentuk banyak output.

btw,
jika memang akan tetap seperti yang ada sekarang, maka script yang ada (untuk 1 sheet saja) bisa seperti :

Dim sFull As String, sBell As String
dim sht as worksheet
sFull = "Jual "
sBell = "Beli "

    set sht=Sheets.Add (After:=Sheets(Sheets.Count))
    Sheets("Jual").Range("A1:ZZ1").Copy sht.range("a1")
    'Sheets("Sheet1&quot;).Select
    'Cells.Select
    'ActiveSheet.Paste
    'Application.CutCopyMode = False
    Sheets("Database").Range("A:D,F:F").Copy sht.range("a1")
    'Sheets("Sheet1&quot;).Select
    'ActiveSheet.Paste
    'Application.CutCopyMode = False
    'Range("A1").Select
   
Sheets("database").Range("i1").Value =
dtpAdd.SelDate
'lblSementara.Caption = Sheets("Database").Range("I1").Text
'Sheets("Sheet1&quot;).Select
'Sheets("Sheet1&quot;).Name = (sFull & lblSementara.Caption)
sht.name=sfull & format$(dtpadd.seldate , "YYYYMMDD";)  'jika dtpadd.seldate bertipe string, ganti dengan cDate(dtpadd.seldate)

Wassalam,

Kid.

2013/4/14 lapendosol opik <lapendosol@yahoo.com>


>Trimakasih mas Kid atas tanggapannya.
>
>Ada FormatString, defaultnya kosong
>Pas saya isi (dini hari tadi) dd mmm yyyy, hasilnya ditampilan aneh, hasilnya 14 31 2013
>Sekarang dicoba lagi isi dd mmm yyyy hasilnya 14 03 2013. Mungkin besok kalo saya coba masukkan
>
>dd mmm yyyy hasilnya berubah lagi. Sementara ini saya pake format yang ada aja, tampilannya:
>Sunday , April 14, 2013
>dtpicker sangat perlu buat file yang saya gunakan, salah satunya untuk membuat/menambah sheet dengan nama sesuai bulan dan tahun dalam dtpicker. Sekian lama dicoba2 dengan banyak kegagalan, akhirnya ketemu cara menambah sheet dengan nama bulan tahun. Berikut hasilnya, mohon dikoreksi kalo ada yang bisa diringkas:
>
>
>Private Sub cmbAddSheet_Click()
>Dim sFull As String, sBell As String
>sFull = "Jual "
>sBell = "Beli "
>
>    Sheets.Add After:=Sheets(Sheets.Count)
>    Sheets("Jual").Range("A:ZZ").Copy
>    Sheets("Sheet1").Select
>    Cells.Select
>    ActiveSheet.Paste
>    Application.CutCopyMode = False
>    Sheets("Database").Range("A:D,F:F").Copy
>    Sheets("Sheet1").Select
>    ActiveSheet.Paste
>    Application.CutCopyMode = False
>    Range("A1").Select
>   
>Sheets("database").Range("i1").Value =
dtpAdd.SelDate
>lblSementara.Caption = Sheets("Database").Range("I1").Text
>Sheets("Sheet1").Select
>Sheets("Sheet1").Name = (sFull & lblSementara.Caption)
>   
>    Sheets.Add After:=Sheets(Sheets.Count)
>    Sheets("Beli").Range("A:ZZ").Copy
>    Sheets("Sheet2").Select
>    Cells.Select
>    ActiveSheet.Paste
>    Application.CutCopyMode = False
>    Sheets("Database").Range("A:E").Copy
>    Sheets("Sheet2").Select
>    ActiveSheet.Paste
>    Application.CutCopyMode = False
>    Range("a1").Select
>Sheets("Sheet2").Select
>Sheets("Sheet2").Name = (sBell & lblSementara.Caption)
>
>End Sub
>
>
>Asumsinya, tiap file dibuka pertama kali, ketika sheet ditambah, default name sheetnya selalu Sheet1 dan seterusnya. Sheet baru tersebut terdiri dari 2, Jual dan Beli (tiap bulan hanya dilakukan sekali). Dimana isi dari sheet yang ditambahkan, isinya mengacu pada sheet Database (copy nama2 barang) dan sheet Jual/Beli (untuk meng-copy tanggal 1-31, karena belum tau cara tambah tanggal sesuai bulan secara otomatis). Kemudian tanggal dari dtPicker tadi saya pindahkan sementara ke Range I1, dengan custom format mmm yyyy (karena yang diambil cuma bulan dan tahun). Saya sudah coba beberapa kali untuk mengambil text di I1 untuk menamai sheet baru tapi hasilnya gak memuaskan, yang muncul malah 41378.082974537. Maka text dari I1 saya pindah sementara ke lblSementara untuk kemudian dijadikan nama sheet baru. Alhasil seperti script diatas. Mohon sedianya untuk mengkoreksi apabila ada yang bisa diringkas.
>
>
>Terimakasih sebelumnya dan sebanyak-banyaknya
>Wassalam,
>
>
>
>________________________________
> From: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
>To: belajar-excel@yahoogroups.com
>Sent: Sunday, April 14, 2013 12:11 PM
>
>Subject: Re: [belajar-excel] Menampilkan Pop-up kalender pada Form
>
>
>

>Kayanya utk membuat dtpicker menampilkan custom format di komputer sampeyan ndak bisa. Kalau hasil dtpicker yg akan diletakkan ke object lain bisa dengan mengubah tipe data hasil dtpicker menjadi datetime, lalu diformat sesuai kebutuhan.
>Jika diletakkan di range tertentu, hasil konversi tipe data menjadi datetime lalu format cell number.
>Wassalam,
>Kid.
>
>On Apr 13, 2013 11:00 AM, "lapendosol opik" <lapendosol@yahoo.com> wrote:
>
>
>> 
>>Ga tau mas, opsinya cuma 3 doang itu
>>Hehehehe
>>Wassalam,
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>________________________________
>> From: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
>>To: BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com>
>>Sent: Saturday, April 13, 2013 5:38 AM
>>Subject: Re: [belajar-excel] Menampilkan Pop-up kalender pada Form
>>
>>
>>
>> 
>>Oh ndak ada opsi Custom ya (nomor berapa yang bunyinya sesuatuCustom)
>>hehehe...malah baru tahu kalau beda isinya dtPicker tersebut dengan yang biasanya.
>>
>>Wassalam,
>>
Kid.
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>2013/4/12 lapendosol opik <lapendosol@yahoo.com>
>>
>>
>>> 
>>>Saya dapet file mscomct2.cab dari link2 yang ada di topik
>>>http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/message/23263 ini mas
>>>UFIControls nya udah coba di set 1 - 5, tapi anehnya kok selalu kembali lagi menjadi 2.
>>>Sebenernya ga terlalu ngrepotin sih nongol infonya, toh cuma sekali klik OK berikutnya udah ga nongol lagi.
>>>Hehehe
>>>Oiya, format tampilannya kan cuma ada 3;
>>>0 - jwdpShortDate (4/12/2013)
>>>4 - jwdpLongDate (Friday , April 12 , 2013)
>>>9 - jwdpTime (8:22:37 PM)
>>>Gimana cara menambahkan format tampilan jadi 12 April 2013 saja?
>>>Trimakasih sebelumnya
>>>Wassalam,
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>________________________________
>>> From: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
>>>To: BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com>
>>>Sent: Friday, April 12, 2013 1:56 PM
>>>
>>>Subject: Re: [belajar-excel] Menampilkan Pop-up kalender pada Form
>>>
>>>
>>>
>>> 
>>>Tumben mscomct2.cab dari microsoft dinyatakan unsafe. Jangan-jangan mscomct2.ocx nya bukan dari microsoft... hehehe...
>>>tapi memang mungkin terjadi kok..
>>>coba disini :
>>>http://support.microsoft.com/kb/827742
>>>tapi nanti kalau UFIControls diset nilainya 1 gak bisa, coba diset 5 atau 3.
>>>
>>>Nah... sebelum melanjutkannya,
>>>kalau yang buat aplikasi saja, mau pakai dtpicker atau calendar atau apa saja yang anggapannya simple dan cakep itu sudah sulit,
>>>bagaimana dengan user yang gak mudeng ?
>>>siapa yang akan meng-install-kan dan siapa yang akan mengubah registry-nya ?
>>>kalau gak boleh jadi admin komputer, lalu gimana aplikasinya nanti kalau ndak punya dtpicker atau calendar control karena masalah install dan register activex nya ?
>>>
>>>tapi ini hanya sekedar pertanyaan yang ndak ada maksudnya apa-apa....   :)
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>Wassalam,
>>>
>>>Kid.
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>2013/4/12 lapendosol opik <lapendosol@yahoo.com>
>>>
>>>
>>>
>>>>Udah di enable mas, tapi tetep nongol informasinya
>>>>Wassalam,
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>________________________________
>>>> From: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
>>>>To: BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com>
>>>>Sent: Friday, April 12, 2013 1:25 PM
>>>>
>>>>Subject: Re: [belajar-excel] Menampilkan Pop-up kalender pada Form
>>>>
>>>>
>>>>
>>>
>>>>Pada Excel Options -> page Trust center -> klik tombol Trust Center Settings -> page ActiveX Controls -> pilih Enable -> OK sampai worksheet
>>>>
>>>>Wassalam,
>>>>Kid.
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>2013/4/12 lapendosol opik <lapendosol@yahoo.com>
>>>>
>>>>
>>>>> 
>>>>>Udah bisa mas,
>>>>>Saya udah register mscomct2.ocx dengan aplikasi tambahan register ocx.exe
>>>>>Sudah saya pasang DTpickernya di vba, pas di run sih belum ada masalah (di PC saya),
>>>>>Tapi tiap run awal (pertama kali file excelnya dibuka), selalu tampil peringatan:
>>>>>
>>>>>This application is about to initialize ActiveX controls that might be
>>>>>unsafe. If you trust the source of this file, select OK and the controls will
>>>>>be initialized using your current workspace settings.
>>>>>
>>>>>Gimana caranya biar ga nongol itu terus ya?
>>>>>Trimakasih
>>>>>Wassalam,
>>>>>
>>>>>
>>>>>
>>>>>
>>>>>
>>>>>
>>>>>
>>>>>________________________________
>>>>> From: lapendosol opik <lapendosol@yahoo.com>
>>>>>To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
>>>>>Sent: Friday, April 12, 2013 12:16 PM
>>>>>
>>>>>Subject: Re: [belajar-excel] Menampilkan Pop-up kalender pada Form
>>>>>
>>>>>
>>>>>
>>>>> 
>>>>>Makasih mas Kid,
>>>>>Gimana caranya download file2 terlampir ditopik yang bersangkutan? Supaya bisa mengikuti topiknya, kayanya kasusnya hampir sama tentang pembukuan
>>>>>
>>>>>re-Pengiriman BUKU.xlsx dll
>>>>>Saya cari kok ga nemu2 Mas
>>>>>Trimakasih
>>>>>Wassalam,
>>>>>
>>>>>
>>>>>
>>>>>
>>>>>
>>>>>
>>>>>________________________________
>>>>> From: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
>>>>>To: BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com>
>>>>>Sent: Friday, April 12, 2013 10:16 AM
>>>>>Subject: Re: [belajar-excel] Menampilkan Pop-up kalender pada Form
>>>>>
>>>>>
>>>>>
>>>>> 
>>>>>Silakan ke :
>>>>>http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/message/23263
>>>>>dan ikuti semua link yang ada disana bila diperlukan.
>>>>>
>>>>>
>>>>>Wassalam,
>>>>>Kid.
>>>>>
>>>>>
>>>>>
>>>>>
>>>>>
>>>>>2013/4/11 lapendosol opik <lapendosol@yahoo.com>
>>>>>
>>>>>
>>>>>> 
>>>>>>Dear master be-Excel
>>>>>>Saya membuat form di vba, saya ingin menambahkan combobox kalender pada form tersebut seperti terlampir
>>>>>>Bagaimana cara menambahkan kalendernya ke form?
>>>>>>Jika informasi cpunya berpengaruh, saya pakai:
>>>>>>Microsoft Office Professional Plus 2010
>>>>>>Windows 7 Professional
>>>>>>Intel(R) Core(TM) i3-2310M 2.10GHz
>>>>>>2 GB ram
>>>>>>32-bit
>>>>>>
>>>>>>
>>>>>>Sebelumnya saya ucapkan terimakasih
>>>>>>Wassalam,
>>>>>>
>>>>>
>>>>>
>>>>>
>>>>>
>>>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>>
>>>
>>>
>>
>>
>>
>
>

Sun Apr 14, 2013 3:46 pm (PDT) . Posted by:

"Jamil Makhmudin" jamil_kbm

Wa'alaikum Salam Wr. WB

Bagaimana jika akan ganti nama siswa dan menambah siswa?????

di sheet OutRekap dan OutNilai sudah ada nama2 anak bersama nilaiya..bagaimana menghapusnya??
terima kasih
Jazakallahu

Wassalam

________________________________
Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
Kepada: BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com>
Dikirim: Minggu, 14 April 2013 22:57
Judul: Re: [belajar-excel] Form nilai hasil ujian


 
Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Jadi mau coba bentuk yang tabel datanya sederhana saja ya (cenderung berkaidah database).
Coba file terlampir.

Jazakallahu khairan

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Kid.

2013/4/14 Jamil Makhmudin <jamil_kbm@yahoo.co.id>


>Wa'alaikum Salam Wr. WB
>Terima kasih atas bantuaannya.... dan saya tak bisa berikan apapun....
>Jazzakallohu khoiran katsira
>
>
>hanya jika ganti nama anak, bagaimana menghapus nama yang tidak sesuai OutRekap dan Outnilai??
>Bagaimana jika jumlahnya anak lebih dari 20 anak????
>
>
>Terima kasih, atas bantuan dan jawabanya 
>
>
>Wasalamu&#39;alaikum Wr. Wb.
>
>
>
>
>
>________________________________
> Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
>Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
>Dikirim: Minggu, 14 April 2013 11:49
>Judul: Re: [belajar-excel] Form nilai hasil ujian
>
>
>

>Wa'alaikumussalam wr wb.
>Semoga file terlampir sesuai harapan.
>Wassalamu&#39;alaikum wr wb
>Kid.
>
>On Apr 13, 2013 3:50 AM, "Jamil Makhmudin" <jamil_kbm@yahoo.co.id> wrote:
>
>
>> 
>>Untuk Pakar Excel....
>>
>>Assalamu&#39;alaikum
>>
>>Tiap saat hanya bertanya, maaf belum bisa berbagi....�
>>
>>Ada masalah tahunan, pekerjaan yang lumayan kecermatan di akhir tahun
>>INPUT NILAI yang akan dijadikan kelulusan....
>>
>>Bagaimana formulanya nilai dimasukkan di sheet input
>>akan masuk/tertuang di sheet REKAP sesuai semester (kreasi saya)
>>serta tertuang di sheet FORMAT NILAI �sesuai mapel�(sesuai petunjuk atasan) �...
>>
>>mohon bantuan dan masukkannya ..
>>
>>Terima kasih
>>Jazakalloh
>>
>>wassalam
>
>

Sun Apr 14, 2013 3:51 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Klik admin -> sheet tblnilai -> blok data tanpa header -> klik kanan yg
diblok -> clear contents -> sheet input -> klik log out

Wassalamu'alaikum wr wb
Kid.
On Apr 15, 2013 5:46 AM, "Jamil Makhmudin" <jamil_kbm@yahoo.co.id> wrote:

> **
>
>
> Wa'alaikum Salam Wr. WB
> Bagaimana jika akan ganti nama siswa dan menambah siswa?????
>
> di sheet OutRekap dan OutNilai sudah ada nama2 anak bersama
> nilaiya..bagaimana menghapusnya??
> terima kasih
> Jazakallahu
>
> Wassalam
> ------------------------------
> *Dari:* Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
> *Kepada:* BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com>
> *Dikirim:* Minggu, 14 April 2013 22:57
> *Judul:* Re: [belajar-excel] Form nilai hasil ujian
>
>
> Assalamu'alaikum Wr. Wb.
>
> Jadi mau coba bentuk yang tabel datanya sederhana saja ya (cenderung
> berkaidah database).
> Coba file terlampir.
>
> Jazakallahu khairan
>
> Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
> Kid.
>
>
>
> 2013/4/14 Jamil Makhmudin <jamil_kbm@yahoo.co.id>
>
> **
>
> Wa'alaikum Salam Wr. WB
> Terima kasih atas bantuaannya.... dan saya tak bisa berikan apapun....
> Jazzakallohu khoiran katsira
>
> hanya jika ganti nama anak, bagaimana menghapus nama yang tidak sesuai
> OutRekap dan Outnilai??
> Bagaimana jika jumlahnya anak lebih dari 20 anak????
>
> Terima kasih, atas bantuan dan jawabanya
>
> Wasalamu'alaikum Wr. Wb.
>
>
> ------------------------------
> *Dari:* Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
> *Kepada:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Dikirim:* Minggu, 14 April 2013 11:49
> *Judul:* Re: [belajar-excel] Form nilai hasil ujian
>
>
> Wa'alaikumussalam wr wb.
> Semoga file terlampir sesuai harapan.
> Wassalamu'alaikum wr wb
> Kid.
> On Apr 13, 2013 3:50 AM, "Jamil Makhmudin" <jamil_kbm@yahoo.co.id> wrote:
>
> **
>
> Untuk Pakar Excel....
>
> Assalamu'alaikum
>
> Tiap saat hanya bertanya, maaf belum bisa berbagi....�
>
> Ada masalah tahunan, pekerjaan yang lumayan kecermatan di akhir tahun
> INPUT NILAI yang akan dijadikan kelulusan....
>
> Bagaimana formulanya nilai dimasukkan di sheet input
> akan masuk/tertuang di sheet REKAP sesuai semester (kreasi saya)
> serta tertuang di sheet FORMAT NILAI �sesuai mapel�(sesuai petunjuk
> atasan) �...
>
> mohon bantuan dan masukkannya ..
>
> Terima kasih
> Jazakalloh
>
> wassalam
>
>
>
>
>
>
>
>

Sun Apr 14, 2013 3:54 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Bila perlu lakukan refresh data sebelum save dengan
ribbon Data -> tombol menu Refresh All

Wassalam
Kid.
On Apr 15, 2013 5:51 AM, "Mr. Kid" <mr.nmkid@gmail.com> wrote:

> Klik admin -> sheet tblnilai -> blok data tanpa header -> klik kanan yg
> diblok -> clear contents -> sheet input -> klik log out
>
> Wassalamu'alaikum wr wb
> Kid.
> On Apr 15, 2013 5:46 AM, "Jamil Makhmudin" <jamil_kbm@yahoo.co.id> wrote:
>
>> **
>>
>>
>> Wa'alaikum Salam Wr. WB
>> Bagaimana jika akan ganti nama siswa dan menambah siswa?????
>>
>> di sheet OutRekap dan OutNilai sudah ada nama2 anak bersama
>> nilaiya..bagaimana menghapusnya??
>> terima kasih
>> Jazakallahu
>>
>> Wassalam
>> ------------------------------
>> *Dari:* Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
>> *Kepada:* BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com>
>> *Dikirim:* Minggu, 14 April 2013 22:57
>> *Judul:* Re: [belajar-excel] Form nilai hasil ujian
>>
>>
>> Assalamu'alaikum Wr. Wb.
>>
>> Jadi mau coba bentuk yang tabel datanya sederhana saja ya (cenderung
>> berkaidah database).
>> Coba file terlampir.
>>
>> Jazakallahu khairan
>>
>> Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
>> Kid.
>>
>>
>>
>> 2013/4/14 Jamil Makhmudin <jamil_kbm@yahoo.co.id>
>>
>> **
>>
>> Wa'alaikum Salam Wr. WB
>> Terima kasih atas bantuaannya.... dan saya tak bisa berikan apapun....
>> Jazzakallohu khoiran katsira
>>
>> hanya jika ganti nama anak, bagaimana menghapus nama yang tidak sesuai
>> OutRekap dan Outnilai??
>> Bagaimana jika jumlahnya anak lebih dari 20 anak????
>>
>> Terima kasih, atas bantuan dan jawabanya
>>
>> Wasalamu'alaikum Wr. Wb.
>>
>>
>> ------------------------------
>> *Dari:* Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
>> *Kepada:* belajar-excel@yahoogroups.com
>> *Dikirim:* Minggu, 14 April 2013 11:49
>> *Judul:* Re: [belajar-excel] Form nilai hasil ujian
>>
>>
>> Wa'alaikumussalam wr wb.
>> Semoga file terlampir sesuai harapan.
>> Wassalamu'alaikum wr wb
>> Kid.
>> On Apr 13, 2013 3:50 AM, "Jamil Makhmudin" <jamil_kbm@yahoo.co.id>
>> wrote:
>>
>> **
>>
>> Untuk Pakar Excel....
>>
>> Assalamu'alaikum
>>
>> Tiap saat hanya bertanya, maaf belum bisa berbagi....�
>>
>> Ada masalah tahunan, pekerjaan yang lumayan kecermatan di akhir tahun
>> INPUT NILAI yang akan dijadikan kelulusan....
>>
>> Bagaimana formulanya nilai dimasukkan di sheet input
>> akan masuk/tertuang di sheet REKAP sesuai semester (kreasi saya)
>> serta tertuang di sheet FORMAT NILAI �sesuai mapel�(sesuai petunjuk
>> atasan) �...
>>
>> mohon bantuan dan masukkannya ..
>>
>> Terima kasih
>> Jazakalloh
>>
>> wassalam
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>

Sun Apr 14, 2013 6:23 pm (PDT) . Posted by:

Dear BeExceller,

Mau tanya, bagaimana menjumlahkan range tertentu dengan R1C1 style dengan
parameter yang kita berikan.

Contoh terlampir :

Terima kasih,
Wassalam,
Tio

Sun Apr 14, 2013 7:41 pm (PDT) . Posted by:

"Jan Raisin"

Pak Tio,

Jan tidak tau kenapa pak Tio hobi sekali menggunakan R1C1 style, tapi dari
pada membahas hal tersebut, coba kita lihat salah satu script dari pak Tio:

Private Sub cmdJml2_Click()
Dim xFormula, xFormula2, xFormula3, xFormula4 As Integer

xFormula = RC & Cells(5, 5).Column
xFormula2 = RC & Cells(5, 8).Column
xFormula3 = RC & Cells(5, 5).Row
xFormula4 = RC & Cells(5, 8).Row

Cells(5, 11).FormulaR1C1 = "=Sum(R" & xFormula3 & "C" & xFormula: R" &
xFormula4 & "C " & xFormula2)"

End Sub

pembahasan 1:
>>> deklarasi variabel seperti di bawah ini akan menghasilkan data dengan
tipe seperti ini:
Dim xFormula, xFormula2, xFormula3, xFormula4 As Integer

xFormula bertipe Variant
xFormula2 bertipe Variant
xFormula3 bertipe Variant
xFormula4 bertipe Integer

>>> untuk pembuktiannya silakan dicoba dengan menggunakan:

debug.print typename(nama_variabelnya) atau skrip yang semisal itu

>>> untuk solusinya, maka deklarasi harus diubah menjadi:

Dim xFormula as Integer, xFormula2 As Integer, xFormula3 As Integer,
xFormula4 As Integer

pembahasan 2:
>>> skrip di bawah ini akan menghasilkan nilai sebagai berikut:

xFormula = RC & Cells(5, 5).Column menghasilkan nilai 5
xFormula2 = RC & Cells(5, 8).Column menghasilkan nilai 8
xFormula3 = RC & Cells(5, 5).Row menghasilkan nilai 5
xFormula4 = RC & Cells(5, 8).Row menghasilkan nilai 5

>>> skrip di atas akan menghasilkan nilai sesuai baris atau kolom
>>> skrip untuk xFormula3 dan xFormula 4 adalah identik, sehingga salah
satunya bisa dihilangkan
>>> sebetulnya nilai baris 5, nilai kolom 5 sampai dengan 8 jika sudah
diketahui dengan pasti, dan dipastikan nilai tersebut tidak akan berubah
(kalo dilihat dari skripnya harusnya seperti itu) maka keempat baris sckipt
tersebut dapat dihilangkan, akibat dengan hilangnya 4 baris tersebut maka
akan dapat menghilangkan pula deklarasi variabel sebelumnya, manfaat yang
di dapat adalah:
>>> proses dapat lebih cepat
>>> kapasitas penggunaan memory dapat lebih kecil karena alokasi spase
untuk variabel daoat dihilangkan

Pembahasan 3:
jika seluruh deklarasi dan skript di atas dihilnagkan, maka seharusnya yang
tersisa adalah baris ini (walaupun syntax-nya masih error)
Cells(5, 11).FormulaR1C1 = "=Sum(R" & xFormula3 & "C" & xFormula: R" &
xFormula4 & "C " & xFormula2)"

>>> jika saja hasil yang akan disimpan adalah nilainya .Value daripada
berbentuk formula .FormulaR1C1 maka kapasitas file dapat diperkecil
>>> Sum adalah salah satu fungsi milik worksheet yang dapat digunakan dalam
VBA karena itu ditulis sebagai WorksheetFunction.Sum
>>> dalam menjumlahkan menggunakan Sum maka diperlukan range data yang akan
dijumlahkan oleh sebab itu diperlukan Range()
>>> range data sudah diketahui yaitu pada baris 5, kolom 5 sampai dengan
kolom 8, karena itu bisa digunakan Cells()

sehingga jika ditulis akan menjadi seperti ini:
Private Sub cmdJml2_Click()
Cells(5, 11).value = WorksheetFunction.Sum(Range(Cells(5, 5),Cells(5,
8)))
End Sub

Pembahasan 4:
Penggunaan Indentasi (penulisan masuk ke dalam) akan memudahkan membaca
logika pemrograman

Silakan dicoba untuk prosedur yang lainnya.

Wassalam,

-Miss Jan Raisin-

Pada 15 April 2013 07.21, <tio.adjie@ptssb.co.id> menulis:

> **
>
>
>
> Dear BeExceller,
>
> Mau tanya, bagaimana menjumlahkan range tertentu dengan R1C1 style dengan
> parameter yang kita berikan.
>
> Contoh terlampir :
>
>
>
> Terima kasih,
> Wassalam,
> Tio
>
>

Sun Apr 14, 2013 7:57 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Pada prosedur :
Private Sub cmdJml2_Click()
Dim xFormula, xFormula2, xFormula3, xFormula4 As Integer

xFormula = RC & Cells(5, 5).Column
xFormula2 = RC & Cells(5, 8).Column
xFormula3 = RC & Cells(5, 5).Row
xFormula4 = RC & Cells(5, 8).Row

Cells(5, 11).FormulaR1C1 = "=Sum(R" & xFormula3 & "C" & xFormula: R" &
xFormula4 & "C " & xFormula2)"

End Sub

1. deklarasi berbunyi :
Dim xFormula, xFormula2, xFormula3, xFormula4 As Integer
menghasilkan variabel :
xFormula, xFormula2, xFormula3 memiliki tipe data *Variant*
xFormula4 memiliki tipe data *Integer*

jika ingin semua variabel memiliki tipe data Integer, deklarasikan
dengan :
Dim xFormula *as integer* , xFormula2 *as integer*, xFormula3 *as
integer* , xFormula4 As Integer

2. variabel bernama RC dalam baris-baris :
xFormula = RC & Cells(5, 5).Column
xFormula2 = RC & Cells(5, 8).Column
xFormula3 = RC & Cells(5, 5).Row
xFormula4 = RC & Cells(5, 8).Row

memiliki tipe data variant dan tidak ada isinya (empty)

karena seluruh variabel xFormula sudah dideklarasikan dengan cara baru
di nomor 1 pasti memiliki tipe data Integer,
maka pengisian nilai variabel xFormula adalah :
xFormula = Cells(5, 5).Column
xFormula2 = Cells(5, 8).Column
xFormula3 = Cells(5, 5).Row
xFormula4 = Cells(5, 8).Row

3. kesalahan penulisan data string yang akan dimasukkan dalam properti
bernama Formula milik suatu cell di baris script :
Cells(5, 11).FormulaR1C1 = "=Sum(R" & xFormula3 & "C" & xFormula: R" &
xFormula4 & "C " & xFormula2)"
dimana :
Cells(5, 11).FormulaR1C1 adalah benda disisi kiri tanda sama dengan
(=) yang berarti akan diisi sesuatu.
dan bunyi :
"=Sum(R" & xFormula3 & "C" & xFormula: R" & xFormula4 & "C " &
xFormula2)"
terletak di sisi kanan sama dengan (=)
yang berarti sebagai nilai data yang akan dimasukkan (disimpan) dalam
wadah disisi kiri sama dengan (=)
dan bagian ini salah dalam penulisannya.

misal bunyi formula di dalam cell (jika Anda tulis di worksheet pada sebuah
cell) berbunyi :
*=SUM(R5C5:R5C8)*
maka tahap paling mudah dalam menuangkannya dibaris pengisian formula dalam
VBA adalah :
1. tulis barisnya dengan formula yang apa adanya lebih dulu : (perhatikan
perbedaan warnanya)
Cells(5, 11).FormulaR1C1 = *=SUM(R5C5:R5C8)*

2. karena bunyi formula apa adanya harus dimasukkan kedalam suatu wadah
sebagai nilai data string (teks), maka perlu diapit petik dua (") :
Cells(5, 11).FormulaR1C1 = *"=SUM(R5C5:R5C8)"*

3. *setiap angka *dibelakang R atau dibelakang C akan diganti dengan suatu
variabel, maka data string berbunyi *"=SUM(R5C5:R5C8)"*
harus dipisah-pisah, sehingga setiap angka memiliki jarak dari yang
bukan angka, menjadi :
Cells(5, 11).FormulaR1C1 = *"=SUM(R 5 C 5 :R 5 C 8 )"*

4. Setiap *sebelum* sebuah angka diberi notasi *petik dua* diikuti *spasi*lalu
*ampersand* diakhiri *spasi* [ " & ] dengan petik dua rapat ke teks
dikiri angka menjadi :
Cells(5, 11).FormulaR1C1 = *"=SUM(R**" & 5 C**" & 5 :R**" &
5 C**" & 8 )"*

5. Setiap *sesudah* sebuah angka diberi notasi *spasi *diikuti *ampersand *lalu
*spasi *diakhiri *petik dua* [ & " ] dengan petik dua rapat ke teks
dikanan angka menjadi :
Cells(5, 11).FormulaR1C1 =*"=SUM(R**" & 5 ** & "C**" & 5 ** & "
:R**" & 5 ** & "C**" & 8 ** & ")"*

6. Ganti setiap angka dengan nama variabel yang sesuai, misal :
A. angka 5 pertama dari kiri diganti variabel bernama xFormula3
B. angka 5 kedua dari kiri diganti variabel bernama xFormula
C. angka 5 ketiga dari kiri diganti variabel bernama xFormula4
D. angka 8 diganti variabel bernama xFormula2
menjadi : (*sebagai 1 baris utuh*)
Cells(5, 11).FormulaR1C1 =*"=SUM(R**" & xFormula3 & "C**" & xFormula & ":R**"
& xFormula4 & "C**" & xFormula2 & ")"*

7. Didapat hasil akhir berbunyi :
Cells(5, 11).FormulaR1C1 =*"=SUM(R**" & xFormula3 & "C**" & xFormula & ":R**"
& xFormula4 & "C**" & xFormula2 & ")"*

Untuk kasus serupa lainnya dalam topik ini juga demikian.

Wassalam,
Kid.

2013/4/15 <tio.adjie@ptssb.co.id>

> **
>
>
>
> Dear BeExceller,
>
> Mau tanya, bagaimana menjumlahkan range tertentu dengan R1C1 style dengan
> parameter yang kita berikan.
>
> Contoh terlampir :
>
>
>
> Terima kasih,
> Wassalam,
> Tio
>
>

Mon Apr 15, 2013 1:12 am (PDT) . Posted by:

Alhamdulillahi Robbil Alamin.

Terima kasih Mr. Kid dan Miss. Jan atas jawaban yang memuaskan. Semoga
Allah SWT membalas kebaikan Mr dan Miss berdua dengan pahala yang jauh
lebih baik.

Ini modif dari file saya yang sudah berhasil. Sekedar info, sebelum saya
lempar ke milis, saya sudah coba berjam-jam tapi tidak berhasil.



Terima kasih sekali lagi.

Wassalam,
Tio




"Mr. Kid" <mr.nmkid@gmail.com>
Sent by: belajar-excel@yahoogroups.com
04/15/2013 09:57 AM
Please respond to belajar-excel

To: BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com>
cc:
Subject: Re: [belajar-excel] Menjumlahkan dengan R1C1 style
dengan parameter yang kita berikan



Pada prosedur :
Private Sub cmdJml2_Click()
Dim xFormula, xFormula2, xFormula3, xFormula4 As Integer

xFormula = RC & Cells(5, 5).Column
xFormula2 = RC & Cells(5, 8).Column
xFormula3 = RC & Cells(5, 5).Row
xFormula4 = RC & Cells(5, 8).Row

Cells(5, 11).FormulaR1C1 = "=Sum(R" & xFormula3 & "C" & xFormula: R" &
xFormula4 & "C " & xFormula2)"

End Sub

1. deklarasi berbunyi :
Dim xFormula, xFormula2, xFormula3, xFormula4 As Integer
menghasilkan variabel :
xFormula, xFormula2, xFormula3 memiliki tipe data Variant
xFormula4 memiliki tipe data Integer

jika ingin semua variabel memiliki tipe data Integer, deklarasikan
dengan :
Dim xFormula as integer , xFormula2 as integer, xFormula3 as integer ,
xFormula4 As Integer

2. variabel bernama RC dalam baris-baris :
xFormula = RC & Cells(5, 5).Column
xFormula2 = RC & Cells(5, 8).Column
xFormula3 = RC & Cells(5, 5).Row
xFormula4 = RC & Cells(5, 8).Row

memiliki tipe data variant dan tidak ada isinya (empty)

karena seluruh variabel xFormula sudah dideklarasikan dengan cara baru
di nomor 1 pasti memiliki tipe data Integer,
maka pengisian nilai variabel xFormula adalah :
xFormula = Cells(5, 5).Column
xFormula2 = Cells(5, 8).Column
xFormula3 = Cells(5, 5).Row
xFormula4 = Cells(5, 8).Row

3. kesalahan penulisan data string yang akan dimasukkan dalam properti
bernama Formula milik suatu cell di baris script :
Cells(5, 11).FormulaR1C1 = "=Sum(R" & xFormula3 & "C" & xFormula: R"
& xFormula4 & "C " & xFormula2)"
dimana :
Cells(5, 11).FormulaR1C1 adalah benda disisi kiri tanda sama dengan
(=) yang berarti akan diisi sesuatu.
dan bunyi :
"=Sum(R" & xFormula3 & "C" & xFormula: R" & xFormula4 & "C " &
xFormula2)"
terletak di sisi kanan sama dengan (=)
yang berarti sebagai nilai data yang akan dimasukkan (disimpan) dalam
wadah disisi kiri sama dengan (=)
dan bagian ini salah dalam penulisannya.

misal bunyi formula di dalam cell (jika Anda tulis di worksheet pada
sebuah cell) berbunyi :
=SUM(R5C5:R5C8)
maka tahap paling mudah dalam menuangkannya dibaris pengisian formula
dalam VBA adalah :
1. tulis barisnya dengan formula yang apa adanya lebih dulu : (perhatikan
perbedaan warnanya)
Cells(5, 11).FormulaR1C1 = =SUM(R5C5:R5C8)

2. karena bunyi formula apa adanya harus dimasukkan kedalam suatu wadah
sebagai nilai data string (teks), maka perlu diapit petik dua (") :
Cells(5, 11).FormulaR1C1 = "=SUM(R5C5:R5C8)"

3. setiap angka dibelakang R atau dibelakang C akan diganti dengan suatu
variabel, maka data string berbunyi "=SUM(R5C5:R5C8)"
harus dipisah-pisah, sehingga setiap angka memiliki jarak dari yang
bukan angka, menjadi :
Cells(5, 11).FormulaR1C1 = "=SUM(R 5 C 5 :R 5 C 8 )"

4. Setiap sebelum sebuah angka diberi notasi petik dua diikuti spasi lalu
ampersand diakhiri spasi [ " & ] dengan petik dua rapat ke teks dikiri
angka menjadi :
Cells(5, 11).FormulaR1C1 = "=SUM(R" & 5 C" & 5 :R" & 5 C"
& 8 )"

5. Setiap sesudah sebuah angka diberi notasi spasi diikuti ampersand lalu
spasi diakhiri petik dua [ & " ] dengan petik dua rapat ke teks
dikanan angka menjadi :
Cells(5, 11).FormulaR1C1 ="=SUM(R" & 5 & "C" & 5 & ":R" &
5 & "C" & 8 & ")"

6. Ganti setiap angka dengan nama variabel yang sesuai, misal :
A. angka 5 pertama dari kiri diganti variabel bernama xFormula3
B. angka 5 kedua dari kiri diganti variabel bernama xFormula
C. angka 5 ketiga dari kiri diganti variabel bernama xFormula4
D. angka 8 diganti variabel bernama xFormula2
menjadi : (sebagai 1 baris utuh)
Cells(5, 11).FormulaR1C1 ="=SUM(R" & xFormula3 & "C" & xFormula & ":R" &
xFormula4 & "C" & xFormula2 & ")"

7. Didapat hasil akhir berbunyi :
Cells(5, 11).FormulaR1C1 ="=SUM(R" & xFormula3 & "C" & xFormula & ":R" &
xFormula4 & "C" & xFormula2 & ")"

Untuk kasus serupa lainnya dalam topik ini juga demikian.

Wassalam,
Kid.




2013/4/15 <tio.adjie@ptssb.co.id>


Dear BeExceller,

Mau tanya, bagaimana menjumlahkan range tertentu dengan R1C1 style dengan
parameter yang kita berikan.

Contoh terlampir :



Terima kasih,
Wassalam,
Tio



Mon Apr 15, 2013 1:18 am (PDT) . Posted by:

"jonson dahrino" jonson_ringo

Dear master excel,
mohon bantuannya,
saya bingung nih buat if kondisi untuk kasus berikut
 
kalau ada metode lainnya juga boleh
 
terimakasih dan sukses slalu
 
 

Mon Apr 15, 2013 1:38 am (PDT) . Posted by:

"lapendosol opik" lapendosol

Kalau pakai versi saya, dibutuhkan kolom bantu
Setelah itu gunakan fungsi VLOOKUP
Lebih jelasnya lihat lampiran ya, semoga seperti harapan
Wassalam,

________________________________
From: jonson dahrino <jonson_dahry@yahoo.co.id>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Monday, April 15, 2013 1:54 PM
Subject: [belajar-excel] If Bertingkat


 
Dear master excel,
mohon bantuannya,
saya bingung nih buat if kondisi untuk kasus berikut
 
kalau ada metode lainnya juga boleh
 
terimakasih dan sukses slalu
 
 

Mon Apr 15, 2013 1:11 am (PDT) . Posted by:

"benedictus sonny" yoe_sonny

Terimakasih banyak ... Master Kid ..

saya pakai cara super hidden untuk menyembunyikan sheet paka VBW -- berhasil

Maaf, saya ada pertanyaan lagi, apakah bisa jika setiap user memiliki sheet sendiri, sehingga jika klik presensi, langsung masuk ke sheet miliknya. ... maaf sebelumnya ..

Terimakasih banyak

Sonny

________________________________
Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
Kepada: BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com>
Dikirim: Minggu, 14 April 2013 21:00
Judul: Re: [belajar-excel] Aplikasi Presensi


 
Pak Sonny,

"Saya telah menggunakan file aplikasi presensi yang ada di forum ini ...-
file terlampir.. (mohon ijin ... he he), dan sangat bermuanfaat sekali."
>> Silakan digunakan. Jangan lupa selalu menyertakan sumber dan pembuatnya.

"bagaimana
caranya agar database yang ada di sheet absen tidak bisa diedit, karena
ketika saya coba protect sheet, programnya jadi tidak bisa jalan
../error"
>> Jika akan menggunakan proteksi sheet, buat event Open pada object class ThisWorkbook di VBE dan isi dengan proses proteksi seperti berikut :

Sheets("nama sheet nya").protect "passwordnya&quot;, userinterfaceonly:=true

>> Jika tanpa proteksi dan sheet boleh di-hide, coba hide sheet dengan very hidden. Caranya :

1. ke VBE (ALT F11) -> double click object class sheet tersebut

2. lihat di window Properties (tekan F4 jika belum muncul)

3. cari properti bernama Visible -> ganti nilainya dengan xlSheetVeryHidden

"bagaimana caranya supaya ketika membuka aplikasi presensi tidak muncul pertanyaan untuk meng-enable kan macro .., jadi ketika dibuka langsung bisa jalan .."

>> Berhubung VBA adalah pintu gerbang otomasi aplikasi Excel, maka seluruh setting aplikasi yang berkaitan dengan ijin menggunakan VBA saat aplikasi Excel dipanggil oleh WIndows (OS-nya) tidak dapat diatur.

>> Jika bersedia dengan manual :

=> ke Excel Options -> page Trust Center -> klik tombol Trust Center Setting
cara1 : -> page Macro Setting -> pilih Enable All (resiko ditanggung).

atau

cara2 :-> page Trusted Locations -> klik tombol Add new location -> pilih atau buat folder khusus file Excel yang dapat dipercaya berisi VBA

Wassalam,
Kid.

2013/4/13 benedictus sonny <yoe_sonny@yahoo.com>


>
>
>Salam hormat untuk para Master Excel ...
>
>
>
>
>Saya telah menggunakan file aplikasi presensi yang ada di forum ini ...- file terlampir.. (mohon ijin ... he he), dan sangat bermuanfaat sekali.
>Namun ada sedikit masalah, bagaimana caranya agar database yang ada di sheet absen tidak bisa diedit, karena ketika saya coba protect sheet, programnya jadi tidak bisa jalan ../error
>
>
>Berikutnya mohon pencerahan juga, bagaimana caranya supaya ketika membuka aplikasi presensi tidak muncul pertanyaan untuk meng-enable kan macro .., jadi ketika dibuka langsung bisa jalan ..
>
>
>
>Mohon maaf .. Mohon bantuan dan pencerahan dari Master Excel ..
>
>
>
>
>Maturnuwun..dan Terimaksih ..
>
>
>
>
>
>Sonny - Malang

Mon Apr 15, 2013 1:12 am (PDT) . Posted by:

"Dian Anas" anassheva20

selamat pagi,
terima kasih atas koreksi dari Mr. Kid, untuk lampiran sudah diperbaiki. mohon saran dari para pakar excel.
terima kasih

Mon Apr 15, 2013 1:17 am (PDT) . Posted by:

"lkm jktind" lkmjkt

sumbernya : J:\Saham&#92;LK.xlsm dan J:\Saham&#92;OHLC.xlsm.
digunakan di : J:\Saham&#92;Komparasi.xlsm.

sudah di buat, tapi semalam menjadi error lagi .
Pesan error nya : Can't find project or library

Sub Kon_isi_data_LK()
Dim KP_rng As Range, KP_rngLoop As Range
Dim Brs As Long, Klm As Long
Dim t As Long

' Dim LK
Dim LK_Lnk_rng As Range, LK_Qtr_rng As Range, LK_kur_rng As Range,
LK_dat_rng As Range
Dim LK_C As Long, LK_R As Long, CR As String
Dim x As Long
Dim O_Tgl_rng As Range, O_Tic_rng As Range, O_Cls_rng As Range, O_Lis_rng
As Range

Workbooks("LK.xlsm").Activate
Sheets("DT_LK").Activate
LK_C = Range("A1").End(xlToRight).Column
LK_R = Range("A1").End(xlDown).Row
Set LK_Lnk_rng = Sheets("DT_LK").Range("A4:A" & LK_R)
Set LK_Qtr_rng = Sheets("DT_LK").Range(Cells(1, 11), Cells(1, LK_C))
Set LK_kur_rng = Sheets("DT_LK").Range(Cells(2, 11), Cells(2, LK_C))
Set LK_dat_rng = Sheets("DT_LK").Range(Cells(4, 11), Cells(LK_R,
LK_C))

Workbooks("OHLC.xlsm").Activate
Sheets("OHLC").Range("A2").Select
x = Range("A2").End(xlDown).Row
Set O_Tgl_rng = Sheets("OHLC").Range("A2", Range("A2").End(xlDown))
Set O_Tic_rng = Sheets("OHLC").Range("B2", Range("B2").End(xlDown))
Set O_Cls_rng = Sheets("OHLC").Range("J2", Range("J2").End(xlDown))
Set O_Lis_rng = Sheets("OHLC").Range("T2:T" & x)
O_Tgl_rng.Select
O_Lis_rng.Select

Workbooks("Komparasi.xlsm").Activate
Worksheets("KP_01").Select
Set KP_rng = Sheets("KP_01").Range("A5", Range("A5").End(xlDown))
t = 5
Range("A5").Activate
For Each KP_rngLoop In KP_rng
CR = "C3"
With KP_rngLoop
Brs = WorksheetFunction.Match(Cells(t, 1) & Range(CR), LK_Lnk_rng,
0)
Klm = WorksheetFunction.Match(Range("C1"), LK_Qtr_rng, 0)
Cells(t, 3).Value = WorksheetFunction.Index(LK_dat_rng, Brs, Klm)
CR = "D3"
Brs = WorksheetFunction.Match(Cells(t, 1) & Range(CR), LK_Lnk_rng,
0)
Klm = WorksheetFunction.Match(Range("D1"), LK_Qtr_rng, 0)
Cells(t, 4).Value = WorksheetFunction.Index(LK_dat_rng, Brs, Klm)
CR = "E3"
Brs = WorksheetFunction.Match(Cells(t, 1) & Range(CR), LK_Lnk_rng,
0)
Klm = WorksheetFunction.Match(Range("E1"), LK_Qtr_rng, 0)
Cells(t, 5).Value = WorksheetFunction.Index(LK_dat_rng, Brs, Klm)
CR = "F3"
Brs = WorksheetFunction.Match(Cells(t, 1) & Range(CR), LK_Lnk_rng,
0)
Klm = WorksheetFunction.Match(Range("F1"), LK_Qtr_rng, 0)
Cells(t, 6).Value = WorksheetFunction.Index(LK_dat_rng, Brs, Klm)
CR = "G3"
Brs = WorksheetFunction.Match(Cells(t, 1) & Range(CR), LK_Lnk_rng,
0)
Klm = WorksheetFunction.Match(Range("G1"), LK_Qtr_rng, 0)
Cells(t, 7).Value = WorksheetFunction.Index(LK_dat_rng, Brs, Klm)
CR = "H3"
Brs = WorksheetFunction.Match(Cells(t, 1) & Range(CR), LK_Lnk_rng,
0)
Klm = WorksheetFunction.Match(Range("H1"), LK_Qtr_rng, 0)
Cells(t, 8).Value = WorksheetFunction.Index(LK_dat_rng, Brs, Klm)
CR = "I3"
Brs = WorksheetFunction.Match(Cells(t, 1) & Range(CR), LK_Lnk_rng,
0)
Klm = WorksheetFunction.Match(Range("I1"), LK_Qtr_rng, 0)
Cells(t, 9).Value = WorksheetFunction.Index(LK_dat_rng, Brs, Klm)
CR = "J3"
Brs = WorksheetFunction.Match(Cells(t, 1) & Range(CR), LK_Lnk_rng,
0)
Klm = WorksheetFunction.Match(Range("J1"), LK_Qtr_rng, 0)
Cells(t, 10).Value = WorksheetFunction.Index(LK_dat_rng, Brs, Klm)
CR = "K3"
Brs = WorksheetFunction.Match(Cells(t, 1) & Range(CR), LK_Lnk_rng,
0)
Klm = WorksheetFunction.Match(Range("K1"), LK_Qtr_rng, 0)
Cells(t, 11).Value = WorksheetFunction.Index(LK_dat_rng, Brs, Klm)
CR = "N3"
Brs = WorksheetFunction.Match(Cells(t, 1) & Range(CR), LK_Lnk_rng,
0)
Klm = WorksheetFunction.Match(Range("N1"), LK_Qtr_rng, 0)
Cells(t, 14).Value = WorksheetFunction.Index(LK_dat_rng, Brs, Klm)
CR = "O3"
Brs = WorksheetFunction.Match(Cells(t, 1) & Range(CR), LK_Lnk_rng,
0)
Klm = WorksheetFunction.Match(Range("O1"), LK_Qtr_rng, 0)
Cells(t, 15).Value = WorksheetFunction.Index(LK_dat_rng, Brs, Klm)
CR = "P3"
Brs = WorksheetFunction.Match(Cells(t, 1) & Range(CR), LK_Lnk_rng,
0)
Klm = WorksheetFunction.Match(Range("P1"), LK_Qtr_rng, 0)
Cells(t, 16).Value = WorksheetFunction.Index(LK_dat_rng, Brs, Klm)
CR = "Q3"
Brs = WorksheetFunction.Match(Cells(t, 1) & Range(CR), LK_Lnk_rng,
0)
Klm = WorksheetFunction.Match(Range("Q1"), LK_Qtr_rng, 0)
Cells(t, 17).Value = WorksheetFunction.Index(LK_dat_rng, Brs, Klm)
CR = "U3"
Brs = WorksheetFunction.Match(Cells(t, 1) & Range(CR), LK_Lnk_rng,
0)
Klm = WorksheetFunction.Match(Range("U1"), LK_Qtr_rng, 0)
Cells(t, 21).Value = WorksheetFunction.Index(LK_dat_rng, Brs, Klm)
CR = "V3"
Brs = WorksheetFunction.Match(Cells(t, 1) & Range(CR), LK_Lnk_rng,
0)
Klm = WorksheetFunction.Match(Range("V1"), LK_Qtr_rng, 0)
Cells(t, 22).Value = WorksheetFunction.Index(LK_dat_rng, Brs, Klm)
CR = "W3"
Brs = WorksheetFunction.Match(Cells(t, 1) & Range(CR), LK_Lnk_rng,
0)
Klm = WorksheetFunction.Match(Range("W1"), LK_Qtr_rng, 0)
Cells(t, 23).Value = WorksheetFunction.Index(LK_dat_rng, Brs, Klm)

Cells(t, 18).Value =
Application.WorksheetFunction.SumIfs(O_Cls_rng, O_Tic_rng, Range("A" & t),
O_Tgl_rng, Range("R1"))
Cells(t, 19).Value =
Application.WorksheetFunction.SumIfs(O_Cls_rng, O_Tic_rng, Range("A" & t),
O_Tgl_rng, Range("S1"))
Cells(t, 20).Value =
Application.WorksheetFunction.SumIfs(O_Lis_rng, O_Tic_rng, Range("A" & t),
O_Tgl_rng, Range("T1"))
End With

t = t + 1
Next KP_rngLoop

End Sub

Mohon bantuan nya .

Salam

Lukman

--- Mods ---
Script diatas tidak dapat membantu menemukan penyebab error.
Lampiran workbook yang datanya sudah dikurangi jumlah record malah lebih membantu.
------------

GROUP FOOTER MESSAGE
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar