15 New Messages
Digest #2235
4c
Re: Menjumlahkan dengan R1C1 style dengan parameter yang kita berika by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
Messages
Sun Apr 14, 2013 9:30 am (PDT) . Posted by:
"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
Karena script penulis data belum sampai menulis ke kolom *A* (kolom *1*),
maka hasilnya demikian akibat baris script berbunyi :
BarisTerakhir = .Cells(.Rows.Count, *1*).End(xlUp).Row
Jika Anda sudah menambah baris penulisan (merah dan biru tadi) sampai semua
kolom di sheet DATABASE terisi setiap klik Print, maka hal itu tak akan
terjadi lagi.
Jika memang Anda hanya ingin mengisi kolom 4 dan 5 saja, maka ganti
*1*dengan 4 atau 5
misal :
BarisTerakhir = .Cells(.Rows.Count, *4*).End(xlUp).Row
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Kid.
2013/4/14 muhammad saini <saini_muhammad@yahoo.com >
> **
>
>
> salam untuk semua..
> terima kasih atas semua perhatian guru2 semua..
>
> sebelumnya saya minta maaf, karena baru gabung dan baru belajar vba..
> jadi masih sangat bingung, namun saya ingin sungguh2 belajar..
>
> pada file yang pertama saya lampirkan, scripnya hasil copy paste dan hanya
> saya edit sedikit
> sesuai dengan kemampuan saya..
> setelah mendapat balasan dari mr.kid dan saya coba ikuti ternyata ada
> kemajuan walau masih agak bingung..
>
> ketika saya klik print, muncul layar print preview dan data yang berada
> pada sheet form dapat tersimpan
> pada sheet database..tapi ketika saya klik untuk kedua dan seterusnya,
> data tersebut tidak tersimpan lagi..
> hanya pada baris pertama saja yang ada isinya, sedangkan baris selanjutnya
> tidak tersimpan..
>
> saya lampirkan hasil usaha saya..
>
> wassalam..
>
> saini
>
> ------------------------------
> *Dari:* Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com >
> *Kepada:* BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com >
> *Dikirim:* Minggu, 14 April 2013 22:45
> *Judul:* Re: [belajar-excel] simpan data dengan command buttun
>
>
> Pak Saini,
>
> Script berbunyi :
> Private Sub CommandButton1_Click()
> Dim nama, alamat As String
> Dim BarisTerakhir, BarisTujuan As Integer
>
> * With Worksheets("form")
> nama = .Cells(6, 9).Value
> alamat = .Cells(7, 9).Value
> End With*
>
> With Worksheets("DATABASE")
> BarisTerakhir = .Cells(.Rows.Count, 1).End(xlUp).Row
> BarisTujuan = BarisTerakhir + 1
> * .Cells(BarisTujuan, 4).Value = nama
> .Cells(BarisTujuan, 5).Value = alamat*
> End With
> End Sub
>
> baru berisi proses menulis *2 item input* ke *2 fields tabel data*
> Silakan ditambah lagi untuk nilai data lainnya, dan lakukan hal yang mirip.
> Yang *merah *adalah membaca data dan menyimpan ke variabel tertentu
> (dalam hal ini nama dan alamat) dari cells tertentu.
> Yang *biru *adalah menulis nilai tertentu (dalam hal ini yang tersimpan
> dalam variabel nama dan alamat) ke suatu tempat tertentu (dalam hal ini ke
> cells tertentu.
>
> Jika script di atas akan dibuat sebaris setiap item ke field datanya :
> Private Sub CommandButton1_Click()
>
> Dim BarisTerakhir, BarisTujuan As Integer
>
>
> With Worksheets("DATABASE")
> BarisTerakhir = .Cells(.Rows.Count, 1).End(xlUp).Row
> BarisTujuan = BarisTerakhir + 1
> * .Cells(BarisTujuan, 4).Value = **Worksheets("form")**.Cells(6,
> 9).Value
> .Cells(BarisTujuan, 5).Value = ** **Worksheets("form")**.**Cells(7,
> 9).Value*
> 'tambahkan disini baris-baris script untuk ambil dari sheet Form
> cell tertentu (r,c)
> 'dan ditulis ke kolom tertentu di sheet DATABASE pada nomor baris
> yang tersimpan dalam variabel *BarisTujuan*
> 'misal :
> * .Cells(BarisTujuan, 2).Value = ** **Worksheets("form")**.**Cells(3,
> 13).Value* 'sheet Form range M3 ke sheet DATABASE kolom B
> 'bisa juga dengan cara :
> * .Cells(BarisTujuan, 2).Value = ** **Worksheets("form")**.**Range("m3").Value
> *'sheet Form range M3 ke sheet DATABASE kolom B
>
> End With
>
> 'setelah di simpan semuanya (ditambah banyak baris script sampai semua
> inputan tersimpan),
> 'dilakukan print
> sheets("form").printpreview 'ganti printpreview dengan printout
> untuk cetak
> End Sub
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
>
> 2013/4/14 muhammad saini <saini_muhammad@yahoo.com >
>
> **
>
> selamat malam..
>
> salam kepada teman2,suhu,master dan guru2 semua..
>
> senang sekali bisa bergabung dengan mailis ini.karena banyak ilmu
> yang dibagi dengan iklas hati.
> mudah2an ilmunya semakin bertambah..
>
> karena baru mengenal vba..jadi masih terlalu bingung untuk mengerti..dan
> jangan
> sampai tersesat lebih jauh lagi, mohon
> kepada teman2 dan guru2 di mailis mau berbagi ilmu..
>
> command button yang saya buat, sudah berfungsi..data yang saya
> ketik di sheet form dapat tersimpan pada sheet database..
> namun hanya satu kali..untuk selanjutnya tidak mau tersimpan lagi..
> contoh yang saya ambil hanya dua cell..namun sebenarnya data yang
> ingin saya simpan adalah cell yang ada kotak merah..
>
> mohon kepada guru2, untuk dibantu..
>
> atas bantuan dan ilmu'a saya ucapkan banyak terima kasih..
>
> wassalam
>
> saini
>
> Not: terima kasih kepada pak moderator yang telah membantu memberi
> petunjuk kepada saya
>
>
>
>
>
>
maka hasilnya demikian akibat baris script berbunyi :
BarisTerakhir = .Cells(.Rows.
Jika Anda sudah menambah baris penulisan (merah dan biru tadi) sampai semua
kolom di sheet DATABASE terisi setiap klik Print, maka hal itu tak akan
terjadi lagi.
Jika memang Anda hanya ingin mengisi kolom 4 dan 5 saja, maka ganti
*1*dengan 4 atau 5
misal :
BarisTerakhir = .Cells(.Rows.
Wassalamu'
Kid.
2013/4/14 muhammad saini <saini_muhammad@
> **
>
>
> salam untuk semua..
> terima kasih atas semua perhatian guru2 semua..
>
> sebelumnya saya minta maaf, karena baru gabung dan baru belajar vba..
> jadi masih sangat bingung, namun saya ingin sungguh2 belajar..
>
> pada file yang pertama saya lampirkan, scripnya hasil copy paste dan hanya
> saya edit sedikit
> sesuai dengan kemampuan saya..
> setelah mendapat balasan dari mr.kid dan saya coba ikuti ternyata ada
> kemajuan walau masih agak bingung..
>
> ketika saya klik print, muncul layar print preview dan data yang berada
> pada sheet form dapat tersimpan
> pada sheet database..tapi ketika saya klik untuk kedua dan seterusnya,
> data tersebut tidak tersimpan lagi..
> hanya pada baris pertama saja yang ada isinya, sedangkan baris selanjutnya
> tidak tersimpan..
>
> saya lampirkan hasil usaha saya..
>
> wassalam..
>
> saini
>
> ------------
> *Dari:* Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.
> *Kepada:* BeExcel <belajar-excel@
> *Dikirim:* Minggu, 14 April 2013 22:45
> *Judul:* Re: [belajar-excel] simpan data dengan command buttun
>
>
> Pak Saini,
>
> Script berbunyi :
> Private Sub CommandButton1_
> Dim nama, alamat As String
> Dim BarisTerakhir, BarisTujuan As Integer
>
> * With Worksheets("
> nama = .Cells(6, 9).Value
> alamat = .Cells(7, 9).Value
> End With*
>
> With Worksheets("
> BarisTerakhir = .Cells(.Rows.
> BarisTujuan = BarisTerakhir + 1
> * .Cells(BarisTujuan, 4).Value = nama
> .Cells(BarisTujuan, 5).Value = alamat*
> End With
> End Sub
>
> baru berisi proses menulis *2 item input* ke *2 fields tabel data*
> Silakan ditambah lagi untuk nilai data lainnya, dan lakukan hal yang mirip.
> Yang *merah *adalah membaca data dan menyimpan ke variabel tertentu
> (dalam hal ini nama dan alamat) dari cells tertentu.
> Yang *biru *adalah menulis nilai tertentu (dalam hal ini yang tersimpan
> dalam variabel nama dan alamat) ke suatu tempat tertentu (dalam hal ini ke
> cells tertentu.
>
> Jika script di atas akan dibuat sebaris setiap item ke field datanya :
> Private Sub CommandButton1_
>
> Dim BarisTerakhir, BarisTujuan As Integer
>
>
> With Worksheets("
> BarisTerakhir = .Cells(.Rows.
> BarisTujuan = BarisTerakhir + 1
> * .Cells(BarisTujuan, 4).Value = **Worksheets(
> 9).Value
> .Cells(BarisTujuan, 5).Value = ** **Worksheets(
> 9).Value*
> 'tambahkan disini baris-baris script untuk ambil dari sheet Form
> cell tertentu (r,c)
> 'dan ditulis ke kolom tertentu di sheet DATABASE pada nomor baris
> yang tersimpan dalam variabel *BarisTujuan*
> 'misal :
> * .Cells(BarisTujuan, 2).Value = ** **Worksheets(
> 13).Value* 'sheet Form range M3 ke sheet DATABASE kolom B
> 'bisa juga dengan cara :
> * .Cells(BarisTujuan, 2).Value = ** **Worksheets(
> *'sheet Form range M3 ke sheet DATABASE kolom B
>
> End With
>
> 'setelah di simpan semuanya (ditambah banyak baris script sampai semua
> inputan tersimpan),
> 'dilakukan print
> sheets("
> untuk cetak
> End Sub
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
>
> 2013/4/14 muhammad saini <saini_muhammad@
>
> **
>
> selamat malam..
>
> salam kepada teman2,suhu,
>
> senang sekali bisa bergabung dengan mailis ini.karena banyak ilmu
> yang dibagi dengan iklas hati.
> mudah2an ilmunya semakin bertambah..
>
> karena baru mengenal vba..jadi masih terlalu bingung untuk mengerti..dan
> jangan
> sampai tersesat lebih jauh lagi, mohon
> kepada teman2 dan guru2 di mailis mau berbagi ilmu..
>
> command button yang saya buat, sudah berfungsi..data yang saya
> ketik di sheet form dapat tersimpan pada sheet database..
> namun hanya satu kali..untuk selanjutnya tidak mau tersimpan lagi..
> contoh yang saya ambil hanya dua cell..namun sebenarnya data yang
> ingin saya simpan adalah cell yang ada kotak merah..
>
> mohon kepada guru2, untuk dibantu..
>
> atas bantuan dan ilmu'a saya ucapkan banyak terima kasih..
>
> wassalam
>
> saini
>
> Not: terima kasih kepada pak moderator yang telah membantu memberi
> petunjuk kepada saya
>
>
>
>
>
>
Sun Apr 14, 2013 7:44 pm (PDT) . Posted by:
"mochi" mochi_underscore
--- In belajar-excel@
<hendrikkarnadi@
>
> Hai Saini,
> Jika malam ini anda lampirkan filenya disertai catatan meng apa yang
diinginkan pada sheet ybs, saya yakin sebelum bsk malam anda sdh dapat
melihat jawabannya.
>
> Salam,Â
> HK
>
>
> Sent from Samsung Mobilesaini saini_muhammad@
>
> salam kepada teman2,suhu,
>
> senang sekali bisa bergabung dengan mailis ini.karena banyak ilmu
> yang dibagi dengan iklas hati.
> mudah2an ilmunya semakin bertambah..
>
> karena baru mengenal vba..jadi masih terlalu bingung untuk
mengerti..dan jangan sampai tersesat lebih jauh lagi, mohon
> kepada teman2 dan guru2 di mailis mau berbagi ilmu..
>
> command button yang saya buat, sudah berfungsi..data yang saya
> ketik di sheet form dapat tersimpan pada sheet database..
> namun hanya satu kali..untuk selanjutnya tidak mau tersimpan lagi..
> contoh yang saya ambil hanya dua cell..namun sebenarnya data yang
> ingin saya simpan adalah cell yang ada kotak merah..
>
> mohon kepada guru2, untuk dibantu..
>
> atas bantuan dan ilmu'a saya ucapkan banyak terima kasih..
>
> NOT.karena baru pertama sekali mengirimkan pesan,saya tidak tau
> dimana tempat untuk upload file..
>
> wassalam
>
> saini
>
> --- Mods ---
> Untuk posting disertai file lampiran, silakan Anda login ke akun email
yang Anda daftar ke milis (akun pribadi Anda tanpa perlu masuk ke
website milis).
> Kemudian lakukan Compose Email (buat email baru) dan lakukan
pengiriman email seperti Anda mengirim email ke rekan kerja Anda
sehari-hari. Email dikirim ke belajar-excel@
> Jika Anda ingin menanggapi atau ikut berdiskusi pada suatu topik yang
tampak dalam Inbox akun email pribadi Anda, maka klik email tersebut dan
lakukan Reply.
> ------------
>
Sun Apr 14, 2013 11:58 am (PDT) . Posted by:
"lapendosol opik" lapendosol
Terimakasih lagi mas Kid tanggapannya,
Sebelum saya lanjutkan file yang saya buat, tidak ada salahnya saya jabarkan dulu file ini nantinya seperti apa, kalau cara saya kurang efektif mohon diberi pengarahan yang lebih efektif.
Saya punya bengkel kecil-kecilan milik keluarga, tiap bulannya selalu dihitung (totalan) dari penjualan.
Berawal dari buku besar (ditulis tangan manual), dimana isi buku meliputi catatan pembelian barang, penjualan barang dan service jasa customer. Tiap satu lembar buku, mencatat secara detail barang yang terjual/terbeli pertanggal berapa, jumlah selama sebulan berapa pcs/barang, total modal (pengeluaran) belanja untuk jumlah barang yang terjual tiap barang, total pendapatan (pemasukan) dari jumlah barang yang terjual tiap barang, sehingga bisa tau selisih keuntungan atas satu barang itu (total jual - total beli), dan total keuntungan selama sebulan. Misal bulan februari 2013 barang Ban Luar IRC modal 100.000 jual 130.000, terjual 3 pcs, keuntungannya (3x130.000 - 3x100.000). Ini alasan saya kenapa membuat sheet jual dan sheet beli secara terpisah tiap bulannya, supaya bisa melihat (cek) history penjualan/pembelian perbulan dan keuntungannya (naik atau menurun). Barang-barang apa yang perlu ditambah dan dikurangi stok persediaannya (bisa dilihat dari
history jual/beli yang kosong/isi kolomnya pertanggal perbulannya).
Dengan tujuan saya diatas, kayanya lebih susah dalam peng-input-an datanya kedalam sheet. Maka dari itu, mohon bantuannya rekan-rekan be-Excel yang lain dalam pembuatan buku tersebut.
Nantinya dalam input Jual dan Beli akan dibuat dengan form tersendiri.
Scriptnya saya buat dari record macro, jadi bahasanya sesuai proses yang saya lakukan. Ternyata bisa diringkas lagi scriptnya, trimakasih mas Kid.
Sheet Jual dan sheet Beli yang dicopy disini hanya sheet bantuan untuk meng-copy Widthnya biar sesuai.
Tiap2 sheet Jual Bulan Tahun, terdapat tanggal2, yang diharapkan nantinya pada form input jual/beli secara otomatis mengisi angka ke sheet Jual Bulan Tahun pada tanggal yang sesuai pada dtPickernya
Pada baris Sheets("Jual").Range("A1:ZZ1").Copy sht.range("a1") saya tetap pakai Sheets("Jual").Range("A:ZZ").Copy sht.range("a1") supaya Width Cells dari tanggal 1 sampe kenanan bisa ikut sesuai.
sht.name=sfull & format$(dtpadd.seldate , "YYYYMMDD") saya pakai format MMM YYYY
Terimakasih sekali lagi mas Kid
Wassalam,
________________________________
From: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com >
To: BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com >
Sent: Sunday, April 14, 2013 11:25 PM
Subject: Re: [belajar-excel] Menampilkan Pop-up kalender pada Form
Sebelum membahas script-nya, gimana kalau ngobrolin tentang datanya lebih dulu.
imo,
sheet DATABASE kolom A:C adalah data referensi produk.
sheet Jual adalah data transaksi Penjualan
sheet Beli adalah data transaksi Pembelian
sejarah (histori) perubahan harga beli adalah summary dari transaksi pembelian yang setara dengan output
kondisi stok adalah summary transaksi beli dan transaksi jual yang setara dengan output berupa summary data terakhir setiap produk.
dari keadaan di atas, ada benang merahnya, yaitu data-data transaksi menuntut adanya dimensi waktu. Selain itu, suatu saat nanti bisa jadi akan dibutuhkan dimensi Customer (saat ini ndak ada juga ndak masalah).
Kegiatan real manusia dalam melakukan penjualan maupun pembelian tidak pasti seluruh produk setiap hari. Maka, pencatatan ketika terjadi penjualan saja dan pencatatan ketika terjadi pembelian saja akan lebih memberi banyak informasi.
Jadi, untuk tabel jual dan beli, setidaknya dibutuhkan kolom tanggal kegiatan (1 kolom saja), kode produk (1 kolom saja), jumlah penjualan atau pembelian (1 kolom saja), harga jual atau beli (1 kolom saja), bila perlu ada posisi stok produk tersebut setelah kegiatan [saldo akhir] (1 kolom saja). Hal ini akan membuat tabel data menjadi ramping dan tinggi (panjang kebawah) dengan jumlah kolom total hanya 4 kolom sampai 5 kolom. Kelak, ketika sudah ada data customer, maka akan bertambah 1 kolom lagi. Jika ada variabel discount, maka bertambah 1 kolom lagi dst.
Setiap data akan tinggal disebuah sheet tersendiri. Referensi produk di sebuah sheet (misal Produk), transaksi Jual di sheet Jual, transaksi beli di sheet Beli, setiap output di sebuah sheet per jenis output. Sheet input bisa disebuah sheet tersendiri atau di sebuah userform.
Input (form input dengan userform atau dengan worksheet) bisa diatur disuatu tempat tersendiri yang terpisah dengan sheet-sheet data tadi.
Proses simpan hanyalah menyimpan yang perlu saja.
Dengan begitu, maka tidak akan dibutuhkan banyak sheet.
Dengan tabel data yang memiliki dimensi waktu (sebagai sebuah kolom), akan memudahkan proses pengolahan data untuk membentuk banyak output.
btw,
jika memang akan tetap seperti yang ada sekarang, maka script yang ada (untuk 1 sheet saja) bisa seperti :
Dim sFull As String, sBell As String
dim sht as worksheet
sFull = "Jual "
sBell = "Beli "
set sht=Sheets.Add (After:=Sheets(Sheets.Count))
Sheets("Jual").Range("A1:ZZ1").Copy sht.range("a1")
'Sheets("Sheet1").Select
'Cells.Select
'ActiveSheet.Paste
'Application.CutCopyMode = False
Sheets("Database").Range("A:D,F:F").Copy sht.range("a1")
'Sheets("Sheet1").Select
'ActiveSheet.Paste
'Application.CutCopyMode = False
'Range("A1").Select
Sheets("database").Range("i1").Value =
dtpAdd.SelDate
'lblSementara.Caption = Sheets("Database").Range("I1").Text
'Sheets("Sheet1").Select
'Sheets("Sheet1").Name = (sFull & lblSementara.Caption)
sht.name=sfull & format$(dtpadd.seldate , "YYYYMMDD") 'jika dtpadd.seldate bertipe string, ganti dengan cDate(dtpadd.seldate)
Wassalam,
Kid.
2013/4/14 lapendosol opik <lapendosol@yahoo.com >
>
>Trimakasih mas Kid atas tanggapannya.
>
>Ada FormatString, defaultnya kosong
>Pas saya isi (dini hari tadi) dd mmm yyyy, hasilnya ditampilan aneh, hasilnya 14 31 2013
>Sekarang dicoba lagi isi dd mmm yyyy hasilnya 14 03 2013. Mungkin besok kalo saya coba masukkan
>
>dd mmm yyyy hasilnya berubah lagi. Sementara ini saya pake format yang ada aja, tampilannya:
>Sunday , April 14, 2013
>dtpicker sangat perlu buat file yang saya gunakan, salah satunya untuk membuat/menambah sheet dengan nama sesuai bulan dan tahun dalam dtpicker. Sekian lama dicoba2 dengan banyak kegagalan, akhirnya ketemu cara menambah sheet dengan nama bulan tahun. Berikut hasilnya, mohon dikoreksi kalo ada yang bisa diringkas:
>
>
>Private Sub cmbAddSheet_Click()
>Dim sFull As String, sBell As String
>sFull = "Jual "
>sBell = "Beli "
>
> Sheets.Add After:=Sheets(Sheets.Count)
> Sheets("Jual").Range("A:ZZ").Copy
> Sheets("Sheet1").Select
> Cells.Select
> ActiveSheet.Paste
> Application.CutCopyMode = False
> Sheets("Database").Range("A:D,F:F").Copy
> Sheets("Sheet1").Select
> ActiveSheet.Paste
> Application.CutCopyMode = False
> Range("A1").Select
>
>Sheets("database").Range("i1").Value =
dtpAdd.SelDate
>lblSementara.Caption = Sheets("Database").Range("I1").Text
>Sheets("Sheet1").Select
>Sheets("Sheet1").Name = (sFull & lblSementara.Caption)
>
> Sheets.Add After:=Sheets(Sheets.Count)
> Sheets("Beli").Range("A:ZZ").Copy
> Sheets("Sheet2").Select
> Cells.Select
> ActiveSheet.Paste
> Application.CutCopyMode = False
> Sheets("Database").Range("A:E").Copy
> Sheets("Sheet2").Select
> ActiveSheet.Paste
> Application.CutCopyMode = False
> Range("a1").Select
>Sheets("Sheet2").Select
>Sheets("Sheet2").Name = (sBell & lblSementara.Caption)
>
>End Sub
>
>
>Asumsinya, tiap file dibuka pertama kali, ketika sheet ditambah, default name sheetnya selalu Sheet1 dan seterusnya. Sheet baru tersebut terdiri dari 2, Jual dan Beli (tiap bulan hanya dilakukan sekali). Dimana isi dari sheet yang ditambahkan, isinya mengacu pada sheet Database (copy nama2 barang) dan sheet Jual/Beli (untuk meng-copy tanggal 1-31, karena belum tau cara tambah tanggal sesuai bulan secara otomatis). Kemudian tanggal dari dtPicker tadi saya pindahkan sementara ke Range I1, dengan custom format mmm yyyy (karena yang diambil cuma bulan dan tahun). Saya sudah coba beberapa kali untuk mengambil text di I1 untuk menamai sheet baru tapi hasilnya gak memuaskan, yang muncul malah 41378.082974537. Maka text dari I1 saya pindah sementara ke lblSementara untuk kemudian dijadikan nama sheet baru. Alhasil seperti script diatas. Mohon sedianya untuk mengkoreksi apabila ada yang bisa diringkas.
>
>
>Terimakasih sebelumnya dan sebanyak-banyaknya
>Wassalam,
>
>
>
>________________________________
> From: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com >
>To: belajar-excel@yahoogroups.com
>Sent: Sunday, April 14, 2013 12:11 PM
>
>Subject: Re: [belajar-excel] Menampilkan Pop-up kalender pada Form
>
>
>
>
>Kayanya utk membuat dtpicker menampilkan custom format di komputer sampeyan ndak bisa. Kalau hasil dtpicker yg akan diletakkan ke object lain bisa dengan mengubah tipe data hasil dtpicker menjadi datetime, lalu diformat sesuai kebutuhan.
>Jika diletakkan di range tertentu, hasil konversi tipe data menjadi datetime lalu format cell number.
>Wassalam,
>Kid.
>
>On Apr 13, 2013 11:00 AM, "lapendosol opik" <lapendosol@yahoo.com > wrote:
>
>
>>
>>Ga tau mas, opsinya cuma 3 doang itu
>>Hehehehe
>>Wassalam,
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>________________________________
>> From: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com >
>>To: BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com >
>>Sent: Saturday, April 13, 2013 5:38 AM
>>Subject: Re: [belajar-excel] Menampilkan Pop-up kalender pada Form
>>
>>
>>
>>
>>Oh ndak ada opsi Custom ya (nomor berapa yang bunyinya sesuatuCustom)
>>hehehe...malah baru tahu kalau beda isinya dtPicker tersebut dengan yang biasanya.
>>
>>Wassalam,
>>
Kid.
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>2013/4/12 lapendosol opik <lapendosol@yahoo.com >
>>
>>
>>>
>>>Saya dapet file mscomct2.cab dari link2 yang ada di topik
>>>http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/message/23263 ini mas
>>>UFIControls nya udah coba di set 1 - 5, tapi anehnya kok selalu kembali lagi menjadi 2.
>>>Sebenernya ga terlalu ngrepotin sih nongol infonya, toh cuma sekali klik OK berikutnya udah ga nongol lagi.
>>>Hehehe
>>>Oiya, format tampilannya kan cuma ada 3;
>>>0 - jwdpShortDate (4/12/2013)
>>>4 - jwdpLongDate (Friday , April 12 , 2013)
>>>9 - jwdpTime (8:22:37 PM)
>>>Gimana cara menambahkan format tampilan jadi 12 April 2013 saja?
>>>Trimakasih sebelumnya
>>>Wassalam,
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>________________________________
>>> From: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com >
>>>To: BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com >
>>>Sent: Friday, April 12, 2013 1:56 PM
>>>
>>>Subject: Re: [belajar-excel] Menampilkan Pop-up kalender pada Form
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>Tumben mscomct2.cab dari microsoft dinyatakan unsafe. Jangan-jangan mscomct2.ocx nya bukan dari microsoft... hehehe...
>>>tapi memang mungkin terjadi kok..
>>>coba disini :
>>>http://support.microsoft.com/kb/827742
>>>tapi nanti kalau UFIControls diset nilainya 1 gak bisa, coba diset 5 atau 3.
>>>
>>>Nah... sebelum melanjutkannya,
>>>kalau yang buat aplikasi saja, mau pakai dtpicker atau calendar atau apa saja yang anggapannya simple dan cakep itu sudah sulit,
>>>bagaimana dengan user yang gak mudeng ?
>>>siapa yang akan meng-install-kan dan siapa yang akan mengubah registry-nya ?
>>>kalau gak boleh jadi admin komputer, lalu gimana aplikasinya nanti kalau ndak punya dtpicker atau calendar control karena masalah install dan register activex nya ?
>>>
>>>tapi ini hanya sekedar pertanyaan yang ndak ada maksudnya apa-apa.... :)
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>Wassalam,
>>>
>>>Kid.
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>2013/4/12 lapendosol opik <lapendosol@yahoo.com >
>>>
>>>
>>>>
>>>>Udah di enable mas, tapi tetep nongol informasinya
>>>>Wassalam,
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>________________________________
>>>> From: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com >
>>>>To: BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com >
>>>>Sent: Friday, April 12, 2013 1:25 PM
>>>>
>>>>Subject: Re: [belajar-excel] Menampilkan Pop-up kalender pada Form
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>Pada Excel Options -> page Trust center -> klik tombol Trust Center Settings -> page ActiveX Controls -> pilih Enable -> OK sampai worksheet
>>>>
>>>>Wassalam,
>>>>Kid.
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>2013/4/12 lapendosol opik <lapendosol@yahoo.com >
>>>>
>>>>
>>>>>
>>>>>Udah bisa mas,
>>>>>Saya udah register mscomct2.ocx dengan aplikasi tambahan register ocx.exe
>>>>>Sudah saya pasang DTpickernya di vba, pas di run sih belum ada masalah (di PC saya),
>>>>>Tapi tiap run awal (pertama kali file excelnya dibuka), selalu tampil peringatan:
>>>>>
>>>>>This application is about to initialize ActiveX controls that might be
>>>>>unsafe. If you trust the source of this file, select OK and the controls will
>>>>>be initialized using your current workspace settings.
>>>>>
>>>>>Gimana caranya biar ga nongol itu terus ya?
>>>>>Trimakasih
>>>>>Wassalam,
>>>>>
>>>>>
>>>>>
>>>>>
>>>>>
>>>>>
>>>>>
>>>>>________________________________
>>>>> From: lapendosol opik <lapendosol@yahoo.com >
>>>>>To: "belajar-excel@yahoogroups.com " <belajar-excel@yahoogroups.com >
>>>>>Sent: Friday, April 12, 2013 12:16 PM
>>>>>
>>>>>Subject: Re: [belajar-excel] Menampilkan Pop-up kalender pada Form
>>>>>
>>>>>
>>>>>
>>>>>
>>>>>Makasih mas Kid,
>>>>>Gimana caranya download file2 terlampir ditopik yang bersangkutan? Supaya bisa mengikuti topiknya, kayanya kasusnya hampir sama tentang pembukuan
>>>>>
>>>>>re-Pengiriman BUKU.xlsx dll
>>>>>Saya cari kok ga nemu2 Mas
>>>>>Trimakasih
>>>>>Wassalam,
>>>>>
>>>>>
>>>>>
>>>>>
>>>>>
>>>>>
>>>>>__________
Sebelum saya lanjutkan file yang saya buat, tidak ada salahnya saya jabarkan dulu file ini nantinya seperti apa, kalau cara saya kurang efektif mohon diberi pengarahan yang lebih efektif.
Saya punya bengkel kecil-kecilan milik keluarga, tiap bulannya selalu dihitung (totalan) dari penjualan.
Berawal dari buku besar (ditulis tangan manual), dimana isi buku meliputi catatan pembelian barang, penjualan barang dan service jasa customer. Tiap satu lembar buku, mencatat secara detail barang yang terjual/terbeli pertanggal berapa, jumlah selama sebulan berapa pcs/barang, total modal (pengeluaran) belanja untuk jumlah barang yang terjual tiap barang, total pendapatan (pemasukan) dari jumlah barang yang terjual tiap barang, sehingga bisa tau selisih keuntungan atas satu barang itu (total jual - total beli), dan total keuntungan selama sebulan. Misal bulan februari 2013 barang Ban Luar IRC modal 100.000 jual 130.000, terjual 3 pcs, keuntungannya (3x130.000 - 3x100.000). Ini alasan saya kenapa membuat sheet jual dan sheet beli secara terpisah tiap bulannya, supaya bisa melihat (cek) history penjualan/pembelian perbulan dan keuntungannya (naik atau menurun). Barang-barang apa yang perlu ditambah dan dikurangi stok persediaannya (bisa dilihat dari
history jual/beli yang kosong/isi kolomnya pertanggal perbulannya)
Dengan tujuan saya diatas, kayanya lebih susah dalam peng-input-an datanya kedalam sheet. Maka dari itu, mohon bantuannya rekan-rekan be-Excel yang lain dalam pembuatan buku tersebut.
Nantinya dalam input Jual dan Beli akan dibuat dengan form tersendiri.
Scriptnya saya buat dari record macro, jadi bahasanya sesuai proses yang saya lakukan. Ternyata bisa diringkas lagi scriptnya, trimakasih mas Kid.
Sheet Jual dan sheet Beli yang dicopy disini hanya sheet bantuan untuk meng-copy Widthnya biar sesuai.
Tiap2 sheet Jual Bulan Tahun, terdapat tanggal2, yang diharapkan nantinya pada form input jual/beli secara otomatis mengisi angka ke sheet Jual Bulan Tahun pada tanggal yang sesuai pada dtPickernya
Pada baris Sheets("
sht.name=sfull & format$(dtpadd.
Terimakasih sekali lagi mas Kid
Wassalam,
____________
From: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.
To: BeExcel <belajar-excel@
Sent: Sunday, April 14, 2013 11:25 PM
Subject: Re: [belajar-excel] Menampilkan Pop-up kalender pada Form
Sebelum membahas script-nya, gimana kalau ngobrolin tentang datanya lebih dulu.
imo,
sheet DATABASE kolom A:C adalah data referensi produk.
sheet Jual adalah data transaksi Penjualan
sheet Beli adalah data transaksi Pembelian
sejarah (histori) perubahan harga beli adalah summary dari transaksi pembelian yang setara dengan output
kondisi stok adalah summary transaksi beli dan transaksi jual yang setara dengan output berupa summary data terakhir setiap produk.
dari keadaan di atas, ada benang merahnya, yaitu data-data transaksi menuntut adanya dimensi waktu. Selain itu, suatu saat nanti bisa jadi akan dibutuhkan dimensi Customer (saat ini ndak ada juga ndak masalah).
Kegiatan real manusia dalam melakukan penjualan maupun pembelian tidak pasti seluruh produk setiap hari. Maka, pencatatan ketika terjadi penjualan saja dan pencatatan ketika terjadi pembelian saja akan lebih memberi banyak informasi.
Jadi, untuk tabel jual dan beli, setidaknya dibutuhkan kolom tanggal kegiatan (1 kolom saja), kode produk (1 kolom saja), jumlah penjualan atau pembelian (1 kolom saja), harga jual atau beli (1 kolom saja), bila perlu ada posisi stok produk tersebut setelah kegiatan [saldo akhir] (1 kolom saja). Hal ini akan membuat tabel data menjadi ramping dan tinggi (panjang kebawah) dengan jumlah kolom total hanya 4 kolom sampai 5 kolom. Kelak, ketika sudah ada data customer, maka akan bertambah 1 kolom lagi. Jika ada variabel discount, maka bertambah 1 kolom lagi dst.
Setiap data akan tinggal disebuah sheet tersendiri. Referensi produk di sebuah sheet (misal Produk), transaksi Jual di sheet Jual, transaksi beli di sheet Beli, setiap output di sebuah sheet per jenis output. Sheet input bisa disebuah sheet tersendiri atau di sebuah userform.
Input (form input dengan userform atau dengan worksheet) bisa diatur disuatu tempat tersendiri yang terpisah dengan sheet-sheet data tadi.
Proses simpan hanyalah menyimpan yang perlu saja.
Dengan begitu, maka tidak akan dibutuhkan banyak sheet.
Dengan tabel data yang memiliki dimensi waktu (sebagai sebuah kolom), akan memudahkan proses pengolahan data untuk membentuk banyak output.
btw,
jika memang akan tetap seperti yang ada sekarang, maka script yang ada (untuk 1 sheet saja) bisa seperti :
Dim sFull As String, sBell As String
dim sht as worksheet
sFull = "Jual "
sBell = "Beli "
set sht=Sheets.Add (After:=Sheets(
Sheets("
'Sheets(
'Cells.Select
'ActiveSheet.
'Application.
Sheets("
'Sheets(
'ActiveSheet.
'Application.
'Range("
Sheets("
dtpAdd.SelDate
'lblSementara.
'Sheets(
'Sheets(
sht.name=sfull & format$(dtpadd.
Wassalam,
Kid.
2013/4/14 lapendosol opik <lapendosol@yahoo.
>
>Trimakasih mas Kid atas tanggapannya.
>
>Ada FormatString, defaultnya kosong
>Pas saya isi (dini hari tadi) dd mmm yyyy, hasilnya ditampilan aneh, hasilnya 14 31 2013
>Sekarang dicoba lagi isi dd mmm yyyy hasilnya 14 03 2013. Mungkin besok kalo saya coba masukkan
>
>dd mmm yyyy hasilnya berubah lagi. Sementara ini saya pake format yang ada aja, tampilannya:
>Sunday , April 14, 2013
>dtpicker sangat perlu buat file yang saya gunakan, salah satunya untuk membuat/menambah sheet dengan nama sesuai bulan dan tahun dalam dtpicker. Sekian lama dicoba2 dengan banyak kegagalan, akhirnya ketemu cara menambah sheet dengan nama bulan tahun. Berikut hasilnya, mohon dikoreksi kalo ada yang bisa diringkas:
>
>
>Private Sub cmbAddSheet_
>Dim sFull As String, sBell As String
>sFull = "Jual "
>sBell = "Beli "
>
> Sheets.Add After:=Sheets(
> Sheets("
> Sheets("
> Cells.Select
> ActiveSheet.
> Application.
> Sheets("
> Sheets("
> ActiveSheet.
> Application.
> Range("
>
>Sheets("
dtpAdd.SelDate
>lblSementara.
>Sheets("
>Sheets("
>
> Sheets.Add After:=Sheets(
> Sheets("
> Sheets("
> Cells.Select
> ActiveSheet.
> Application.
> Sheets("
> Sheets("
> ActiveSheet.
> Application.
> Range("
>Sheets("
>Sheets("
>
>End Sub
>
>
>Asumsinya, tiap file dibuka pertama kali, ketika sheet ditambah, default name sheetnya selalu Sheet1 dan seterusnya. Sheet baru tersebut terdiri dari 2, Jual dan Beli (tiap bulan hanya dilakukan sekali). Dimana isi dari sheet yang ditambahkan, isinya mengacu pada sheet Database (copy nama2 barang) dan sheet Jual/Beli (untuk meng-copy tanggal 1-31, karena belum tau cara tambah tanggal sesuai bulan secara otomatis). Kemudian tanggal dari dtPicker tadi saya pindahkan sementara ke Range I1, dengan custom format mmm yyyy (karena yang diambil cuma bulan dan tahun). Saya sudah coba beberapa kali untuk mengambil text di I1 untuk menamai sheet baru tapi hasilnya gak memuaskan, yang muncul malah 41378.082974537. Maka text dari I1 saya pindah sementara ke lblSementara untuk kemudian dijadikan nama sheet baru. Alhasil seperti script diatas. Mohon sedianya untuk mengkoreksi apabila ada yang bisa diringkas.
>
>
>Terimakasih sebelumnya dan sebanyak-banyaknya
>Wassalam,
>
>
>
>________
> From: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.
>To: belajar-excel@
>Sent: Sunday, April 14, 2013 12:11 PM
>
>Subject: Re: [belajar-excel] Menampilkan Pop-up kalender pada Form
>
>
>
>
>Kayanya utk membuat dtpicker menampilkan custom format di komputer sampeyan ndak bisa. Kalau hasil dtpicker yg akan diletakkan ke object lain bisa dengan mengubah tipe data hasil dtpicker menjadi datetime, lalu diformat sesuai kebutuhan.
>Jika diletakkan di range tertentu, hasil konversi tipe data menjadi datetime lalu format cell number.
>Wassalam,
>Kid.
>
>On Apr 13, 2013 11:00 AM, "lapendosol opik" <lapendosol@yahoo.
>
>
>>
>>Ga tau mas, opsinya cuma 3 doang itu
>>Hehehehe
>>Wassalam,
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>____
>> From: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.
>>To: BeExcel <belajar-excel@
>>Sent: Saturday, April 13, 2013 5:38 AM
>>Subject: Re: [belajar-excel] Menampilkan Pop-up kalender pada Form
>>
>>
>>
>>
>>Oh ndak ada opsi Custom ya (nomor berapa yang bunyinya sesuatuCustom)
>>hehehe.
>>
>>Wassalam,
>>
Kid.
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>2013/
>>
>>
>>>
>>>
>>>http://tech.
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>> From: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>http://support.
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>