Rabu, 21 Agustus 2013

[belajar-excel] Digest Number 2486

9 New Messages

Digest #2486
1a
Trs: [belajar-excel] Hyperlink 2 by "Andy Ajhis Ramadhan" andy_ajhis37
2a
Re: Menghitung Jumlah Bulan untuk Menentukan Bunga by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
2c
Re: Menghitung Jumlah Bulan untuk Menentukan Bunga by "nmkid.family@ymail.com" nmkid.family@ymail.com
3a
Re: Data Terlewat by "zainul_ulum[at]yahoo[dot]com" zainul_ulum
4a
Re: Menghitung data pada 3 kolom by "Abang Jakarta" budi170177
4b
Re: Menghitung data pada 3 kolom by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Messages

Wed Aug 21, 2013 12:39 am (PDT) . Posted by:

"Andy Ajhis Ramadhan" andy_ajhis37

Thank you so Much Mr. Kid. heehe ini yg andy maksud.
Thank Jg buat Miss Jan.

----- Pesan yang Diteruskan -----
Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
Kepada: BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com>
Dikirim: Rabu, 21 Agustus 2013 13:43
Judul: Re: [belajar-excel] Hyperlink 2


 
Hai Andy,

Jika kedua file berada di folder yang selalu sama, cukup tulis nama filenya saja.
Jika file yang di-link ada di folder lain yang tetap, tulis fullfilenamenya
Jika nama file (termasuk jika menggunakan fullfilename) ditulis disebuah cell tertentu, ambil nilai dari cell tersebut (pelajari cara mengambil nilai dari sebuah cell menggunakan VBA).

Wassalam,

Kid.

2013/8/20 Andy Ajhis Ramadhan <andyajhisramadhan@ymail.com>


>Mr. Kid
>
>
>Mau tanya lagi.
>Jika posisi Excell dipindah. apa isi dari link yang sudah dibuat harus diganti ?
>Soalnya aq hanya membuat link didalam 1 Excel aja sih Mister. apa ada VB tanpa penggunaan  kalimat ini ,  "E:\Data\Tujuan.xls"  _
>
>
>Thanks & Best Regards
>Andy
>
>
>----- Pesan yang Diteruskan -----
>Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
>Kepada: BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com>
>Dikirim: Selasa, 20 Agustus 2013 15:50
>Judul: Re: [belajar-excel] Hyperlink
>
>
>

>Hai Andy,
>
>Misalkan yang akan diberi hyperlink ada di sheet bernama MySheet range X7.
>
Hyperlink merujuk ke workbook bernama Tujuan.xls yang ada di folder E:\Data, pada sheet bernama 'Sheet Tujuan' di range C5
>
>dengan tooltip berupa teks berbunyi 'sekedar info saja' dan teks yang tampil dalam cell berbunyi 'link ke workbook lain'
>Sheets("MySheet").Hyperlinks.Add  Sheets("MySheet").range("x7")  _
>                               ,  "E:\Data\Tujuan.xls"  _
>                               ,  "'Sheet Tujuan'!C5" _
>                               , "sekedar info saja" _
>                               ,  "link ke workbook lain"
>
>
>Wassalam,
>
>Kid.
>
>
>
>
>2013/8/20 Andy Ajhis Ramadhan <andyajhisramadhan@ymail.com>
>
>
>> 
>>Hy Be Exceller
>>
>>
>>Mau tanya... dalam bentuk rumusan ini...
>>HYPERLINK("[Bla-bla.xlsm]test",SEARCH"
>>
>>Dalam bentuk VB seperti apa ya?
>>
>>
>>Thanks & Best Regards
>>Andy
>
>
>

Wed Aug 21, 2013 12:41 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hati-hati dengan kondisi tanggal jatuh tempo pada tanggal 30 Desember 2013
dan pembayaran tanggal 28 Februari 2014.

Wassalam,
Kid.

2013/8/21 hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>

> **
>
>
> Hi Gilang,
> Dasar perhitungan dari file terlampir adalah sbb:
>
> If pertama,
> Jika tanggal bayar > tanggal jatuh tempo maka ada keterlambatan (> 0
> "bulan"),
> Jika tanggal bayar < = tanggal jatuh tempo maka tidak ada keterlambatan
> (= 0 "bulan")
> If kedua,
> Jika tanggal bayar (dari If pertama) > tanggal jatuh tempo maka selisih
> bulan bayar dengan jatuh tempo ditambah satu (+1),
> Jika tanggal bayar (dari If pertama) <= tanggal jatuh tempo maka
> selisih bulan bayar dengan jatuh tempo tidak ditambah satu.
>
> Format hasilnya dengan format custom (type 0 " bulan")
>
> Bunga = bulan keterlambartan*pokok*percentage
>
> Salam,
> HK
>
>
> ------------------------------
> *From:* gilang romadhon <kampul1212@gmail.com>
> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Sent:* Wednesday, 21 August 2013, 10:02
> *Subject:* [belajar-excel] Menghitung Jumlah Bulan untuk Menentukan Bunga
>
>
> Dear Teman2 Milis belajar Excel
>
> Bagaimana cara menentukan/menghitung jumlah bulan dalam suatu jangka waktu
> ?
>
> contoh terlampir...
>
> Terimkasih atas penjelasannya, mohon maaf apabila merepotkan :)
>
> Wassalamnualaikum
>
> NB :
> 1. Saya sudah coba cek di postingan seblumnya namun tampaknya belum ada.
> 2. apabila ternyata atas permasalahan sejenis sudah pernah dibahas ,.
> mohon di berikan Linknya...
>
> terimakasih...
>
>
>
>
>

Wed Aug 21, 2013 12:55 am (PDT) . Posted by:

"gilang romadhon"

Terimkasih atas bantuannya,..
sudah di coba dengan data aslinya dan sejauh ini berhasil.

sekali lagi terimakasih
wassalamualaikum wr.wb

2013/8/21 hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>

> **
>
>
> Hi Gilang,
> Dasar perhitungan dari file terlampir adalah sbb:
>
> If pertama,
> Jika tanggal bayar > tanggal jatuh tempo maka ada keterlambatan (> 0
> "bulan"),
> Jika tanggal bayar < = tanggal jatuh tempo maka tidak ada keterlambatan
> (= 0 "bulan")
> If kedua,
> Jika tanggal bayar (dari If pertama) > tanggal jatuh tempo maka selisih
> bulan bayar dengan jatuh tempo ditambah satu (+1),
> Jika tanggal bayar (dari If pertama) <= tanggal jatuh tempo maka
> selisih bulan bayar dengan jatuh tempo tidak ditambah satu.
>
> Format hasilnya dengan format custom (type 0 " bulan")
>
> Bunga = bulan keterlambartan*pokok*percentage
>
> Salam,
> HK
>
>
> ------------------------------
> *From:* gilang romadhon <kampul1212@gmail.com>
> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Sent:* Wednesday, 21 August 2013, 10:02
> *Subject:* [belajar-excel] Menghitung Jumlah Bulan untuk Menentukan Bunga
>
>
> Dear Teman2 Milis belajar Excel
>
> Bagaimana cara menentukan/menghitung jumlah bulan dalam suatu jangka waktu
> ?
>
> contoh terlampir...
>
> Terimkasih atas penjelasannya, mohon maaf apabila merepotkan :)
>
> Wassalamnualaikum
>
> NB :
> 1. Saya sudah coba cek di postingan seblumnya namun tampaknya belum ada.
> 2. apabila ternyata atas permasalahan sejenis sudah pernah dibahas ,.
> mohon di berikan Linknya...
>
> terimakasih...
>
>
>
>
>

Wed Aug 21, 2013 1:15 am (PDT) . Posted by:

"nmkid.family@ymail.com" nmkid.family@ymail.com

Cara cek berhasil atau tidak dalam hal pengolahan tanggal adalah dengan data tanggal yang berbeda tahun.
Misal, E5 diisi dengan tanggal 19 Desember 2013 dan F5 diisi dengan tanggal 20 Januari 2014.

Wassalam,
Kid.

--- In belajar-excel@yahoogroups.com, gilang romadhon <kampul1212@...> wrote:
>
> Terimkasih atas bantuannya,..
> sudah di coba dengan data aslinya dan sejauh ini berhasil.
>
> sekali lagi terimakasih
> wassalamualaikum wr.wb
>
>
>
>
> 2013/8/21 hendrik karnadi <hendrikkarnadi@...>
>
> > **
> >
> >
> > Hi Gilang,
> > Dasar perhitungan dari file terlampir adalah sbb:
> >
> > If pertama,
> > Jika tanggal bayar > tanggal jatuh tempo maka ada keterlambatan (> 0
> > "bulan"),
> > Jika tanggal bayar < = tanggal jatuh tempo maka tidak ada keterlambatan
> > (= 0 "bulan")
> > If kedua,
> > Jika tanggal bayar (dari If pertama) > tanggal jatuh tempo maka selisih
> > bulan bayar dengan jatuh tempo ditambah satu (+1),
> > Jika tanggal bayar (dari If pertama) <= tanggal jatuh tempo maka
> > selisih bulan bayar dengan jatuh tempo tidak ditambah satu.
> >
> > Format hasilnya dengan format custom (type 0 " bulan")
> >
> > Bunga = bulan keterlambartan*pokok*percentage
> >
> > Salam,
> > HK
> >
> >
> > ------------------------------
> > *From:* gilang romadhon <kampul1212@...>
> > *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
> > *Sent:* Wednesday, 21 August 2013, 10:02
> > *Subject:* [belajar-excel] Menghitung Jumlah Bulan untuk Menentukan Bunga
> >
> >
> > Dear Teman2 Milis belajar Excel
> >
> > Bagaimana cara menentukan/menghitung jumlah bulan dalam suatu jangka waktu
> > ?
> >
> > contoh terlampir...
> >
> > Terimkasih atas penjelasannya, mohon maaf apabila merepotkan :)
> >
> > Wassalamnualaikum
> >
> > NB :
> > 1. Saya sudah coba cek di postingan seblumnya namun tampaknya belum ada.
> > 2. apabila ternyata atas permasalahan sejenis sudah pernah dibahas ,.
> > mohon di berikan Linknya...
> >
> > terimakasih...
> >
> >
> >
> >
> >
>

Wed Aug 21, 2013 1:40 am (PDT) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Terima kasih Mr. Kid atas koreksinya,

Salam,
HK

----- Forwarded Message -----
From: "nmkid.family@ymail.com" <mr.nmkid@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Wednesday, 21 August 2013, 15:15
Subject: [belajar-excel] Re: Menghitung Jumlah Bulan untuk Menentukan Bunga


 
Cara cek berhasil atau tidak dalam hal pengolahan tanggal adalah dengan data tanggal yang berbeda tahun.
Misal, E5 diisi dengan tanggal 19 Desember 2013 dan F5 diisi dengan tanggal 20 Januari 2014.

Wassalam,
Kid.

--- In belajar-excel@yahoogroups.com, gilang romadhon <kampul1212@...> wrote:
>
> Terimkasih atas bantuannya,..
> sudah di coba dengan data aslinya dan sejauh ini berhasil.
>
> sekali lagi terimakasih
> wassalamualaikum wr.wb
>
>
>
>
> 2013/8/21 hendrik karnadi <hendrikkarnadi@...>
>
> > **
> >
> >
> > Hi Gilang,
> > Dasar perhitungan dari file terlampir adalah sbb:
> >
> > If pertama,
> > Jika tanggal bayar > tanggal jatuh tempo maka ada keterlambatan (> 0
> > "bulan"),
> > Jika tanggal bayar < = tanggal jatuh tempo maka tidak ada keterlambatan
> > (= 0 "bulan")
> > If kedua,
> > Jika tanggal bayar (dari If pertama) > tanggal jatuh tempo maka selisih
> > bulan bayar dengan jatuh tempo ditambah satu (+1),
> > Jika tanggal bayar (dari If pertama) <= tanggal jatuh tempo maka
> > selisih bulan bayar dengan jatuh tempo tidak ditambah satu.
> >
> > Format hasilnya dengan format custom (type 0 " bulan")
> >
> > Bunga = bulan keterlambartan*pokok*percentage
> >
> > Salam,
> > HK
> >
> >
> > ------------------------------
> > *From:* gilang romadhon <kampul1212@...>
> > *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
> > *Sent:* Wednesday, 21 August 2013, 10:02
> > *Subject:* [belajar-excel] Menghitung Jumlah Bulan untuk Menentukan Bunga
> >
> >
> > Dear Teman2 Milis belajar Excel
> >
> > Bagaimana cara menentukan/menghitung jumlah bulan dalam suatu jangka waktu
> > ?
> >
> > contoh terlampir...
> >
> > Terimkasih atas penjelasannya, mohon maaf apabila merepotkan :)
> >
> > Wassalamnualaikum
> >
> > NB :
> > 1. Saya sudah coba cek di postingan seblumnya namun tampaknya belum ada.
> > 2. apabila ternyata atas permasalahan sejenis sudah pernah dibahas ,.
> > mohon di berikan Linknya...
> >
> > terimakasih...
> >
> >
> >
> >
> >
>

Wed Aug 21, 2013 1:04 am (PDT) . Posted by:

"zainul_ulum[at]yahoo[dot]com" zainul_ulum

silahkan dicoba file terlampir.
mohon maaf jika formula panjang.

be-excelers lainnya, mungkin bisa membuat yang lebih ringkas...
wassalam
-zainul-

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
On Behalf Of A. Zainal H.
Sent: Wednesday, August 21, 2013 8:40 AM
To: belajar-excel
Subject: [belajar-excel] Data Terlewat

 

 Dear Para Master Be-Exceller

Mohon bantuan pencerahan untuk problem saya ini
bagaimana formula untuk melacak data atau kode yang terlewati
seperti file yang saya lampirkan
Atas bantuannya saya ucapkan terima kasih banyak
 
Wassalam
 
Zainal

Wed Aug 21, 2013 2:11 am (PDT) . Posted by:

"Abang Jakarta" budi170177

hai Miss Jan Raisin,

Saya belum pernah mencoba menggunakan pivot table, bisa berri petunjuk?

terimakasih

________________________________
From: Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Wednesday, August 21, 2013 11:48 AM
Subject: Re: [belajar-excel] Menghitung data pada 3 kolom


 
hai Arkan,

sudah pernah mencoba fitur Pivot Table?

baru bisa kasih saran dan belum sempat bantu dengan file solusi.. karena ada sesuatu hal yang harus Jan selesaikan di dunia nyata.

Salam, 

-Miss Jan Raisin-

Pada 21 Agustus 2013 03.42, Abang Jakarta <abang_jakarta17@yahoo.com> menulis:


>Dear BeExceller,
>
>Saya butuh bantuannya kembali untuk menghitung total jumlah orang yang akan dimunculkan pada sheet summary. Awalnya form pada attachmet tsb sederhana dan saya menggunakan rumus yang sederhana pula contohnya sebagai berikut :�
>�=COUNTIFS(DESA!$K$9:$K$73;G30;DESA!$L$9:$L$73;H30) �
>Saya perlu masukan ttg rumus tersebut atau perubahan terhada rumus tersebut supaya bisa di implementasikan pada file yang di attachment.
>
>Saya perlu memasukkan jumlah total di masing masing tabel di sheet summary sesuai dengan :�
>1. Title�
>2. Project�
>3. Status
>
>Terimakasih atas bantuannya
>Arkan

Wed Aug 21, 2013 2:17 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Arkan,

Coba jalan-jalan
kesini<http://excel-mr-kid.blogspot.com/2013/04/pivot-table-1-kenalan.html>
.

Pada kasus Anda saat ini, bisa jadi tidak akan menampilkan nama-namanya.
Bisa jadi nanti akan dibutuhkan output yang harus menampilkan nama-namanya.
Dengan data yang Anda miliki sekarang, dimana pada kolom Nama ada cell yang
kosong yang mungkin maksudnya adalah setara dengan bunyi 'sama dengan
atasnya', menunjukkan bahwa data Anda tidak berkaidah database yang baik.
Hal ini akan menyulitkan untuk mengolah data menjadi output. Sebaiknya
nama-namanya ditulis disetiap cell kosong-nya. Artinya, dalam sebuah tabel
data yang baik, tidak ada cell kosong yang diartikan sebagai 'sama dengan
atasnya'

Wassalam,
Kid.

2013/8/21 Abang Jakarta <abang_jakarta17@yahoo.com>

> **
>
>
> hai Miss Jan Raisin,
>
> Saya belum pernah mencoba menggunakan pivot table, bisa berri petunjuk?
>
> terimakasih
> ------------------------------
> *From:* Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com>
> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Sent:* Wednesday, August 21, 2013 11:48 AM
> *Subject:* Re: [belajar-excel] Menghitung data pada 3 kolom
>
>
> hai Arkan,
>
> sudah pernah mencoba fitur Pivot Table?
>
> baru bisa kasih saran dan belum sempat bantu dengan file solusi.. karena
> ada sesuatu hal yang harus Jan selesaikan di dunia nyata.
>
> Salam,
>
> -Miss Jan Raisin-
>
>
> Pada 21 Agustus 2013 03.42, Abang Jakarta <abang_jakarta17@yahoo.com>menulis:
>
> **
>
> Dear BeExceller,
>
> Saya butuh bantuannya kembali untuk menghitung total jumlah orang yang
> akan dimunculkan pada sheet summary. Awalnya form pada attachmet tsb
> sederhana dan saya menggunakan rumus yang sederhana pula contohnya sebagai
> berikut :�
> �=COUNTIFS(DESA!$K$9:$K$73;G30;DESA!$L$9:$L$73;H30) �
> Saya perlu masukan ttg rumus tersebut atau perubahan terhada rumus
> tersebut supaya bisa di implementasikan pada file yang di attachment.
>
> Saya perlu memasukkan jumlah total di masing masing tabel di sheet summary
> sesuai dengan :�
> 1. Title�
> 2. Project�
> 3. Status
>
> Terimakasih atas bantuannya
> Arkan
>
>
>
>
>

Wed Aug 21, 2013 3:38 am (PDT) . Posted by:

"M.Ade Alfarid" aderyo

Dear BeExceler,

Dalam 1 bulan ada sekitar 30 hari.
Jika Jumlah hari tersebut dikurangkan dengan hari libur maka didapatkan
jumlah hari kerja.
Bagaimana rumus untuk menghitung berapa total hari kerja di hari
senin-kamis, di hari jumat dan hari sabtu,
jika menggunakan sistem 6 hari kerja?
Hari minggu adalah hari libur dan hari sabtu libur berkala.

File contoh terlampir

--
Regards,

Ade
GROUP FOOTER MESSAGE
=====================================================================
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================

---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar