14 New Messages
Digest #2490
Messages
Fri Aug 23, 2013 6:21 pm (PDT) . Posted by:
"Jan Raisin"
hai Paulus Tanipar,
coba manfaatkan fitur Pivot Tablenya Excel..
penjelasan cara pembuatannya sudah ditulis oleh mr Kid di link
ini<http://excel-mr-kid.blogspot.com/2013_04_01_archive.html >
cukup bikin 1 buah pivot tabel (PT), lalu copy PT tersebut ke area yang
lain dan design ulang sesuai dengan kebutuhan laporan
saat ada perubahan cukup klik kanan >> refresh pada PT pertama maka
otomatis PT yang lain juga akan melakukan update.
Salam,
-MJR-
Pada 23 Agustus 2013 16.38, Paulus Taripar
<paulustaripar@rocketmail.com >menulis:
> **
>
>
> >>ILUSTRASI<< ;) ;)
> Be Exceller,mau nanya..,saya ingin mencantum nama2 siswa yang telah
> menyelesaikan kegiatan sekolah,harus mengulang,dan yang belum mengikuti
> kegiatan sekolah?!
>
> <<..File terlampir..>> :) :) Thanks'
>
>
coba manfaatkan fitur Pivot Tablenya Excel..
penjelasan cara pembuatannya sudah ditulis oleh mr Kid di link
ini<http://excel-
cukup bikin 1 buah pivot tabel (PT), lalu copy PT tersebut ke area yang
lain dan design ulang sesuai dengan kebutuhan laporan
saat ada perubahan cukup klik kanan >> refresh pada PT pertama maka
otomatis PT yang lain juga akan melakukan update.
Salam,
-MJR-
Pada 23 Agustus 2013 16.38, Paulus Taripar
<paulustaripar@
> **
>
>
> >>ILUSTRASI&l
> Be Exceller,mau nanya..,saya ingin mencantum nama2 siswa yang telah
> menyelesaikan kegiatan sekolah,harus mengulang,dan yang belum mengikuti
> kegiatan sekolah?!
>
> <<..File terlampir..>
>
>
Fri Aug 23, 2013 6:26 pm (PDT) . Posted by:
"Jan Raisin"
æóÚóáóíúßõãõ áÓóøáÇóãõ æóÑóÍúãóÉõ Çááåö æóÈóÑóßóÇÊõåõ
dear Kurniawan,
coba lampirkan contoh workbook yang anda maksud..
Be-Exceller akan lebih mudah memahami saat melihat suatu kasus dengan data
yang sama dibandingkan hanya dengan menduga-duga saja
æóÓóøáÇóãõ Úóáóíúßõãú æóÑóÍúãóÉõ Çááåö æóÈóÑóßóÇÊõåõ
-Miss Jan Raisin-
Pada 23 Agustus 2013 10.43, kurniawan_tufail@ymail.com <
kurniawan_tufail@ymail.com > menulis:
> **
>
>
> assalamualaikum dan selamat siang
> untuk semua member milis ini,,
>
> tolong bantuan solusinya, saya mempunyai masalah dengan pengeditan data
> yang telah terinput. apa memungkinkan mengedit data yang telah terinput
> dengan bentuk userform yang sama dengan penginputan data dan data yang
> ingin diedit juga tertulis pada userform, jadi tinggal menambahkan data
> yang belum ada atau mengedit data yang telah ada.
>
> maaf jika penjelasan saya kurang jelas, saya baru 3 hari belajar belajar
> menggunakan excel dengan vba.
>
> Terimakasih sebelumnya,
>
> Regrads,
> Kurniawan Eka Putra Tufail
>
dear Kurniawan,
coba lampirkan contoh workbook yang anda maksud..
Be-Exceller akan lebih mudah memahami saat melihat suatu kasus dengan data
yang sama dibandingkan hanya dengan menduga-duga saja
æóÓóøáÇóãõ Úóáóíúßõãú æóÑóÍúãóÉõ Çááåö æóÈóÑóßóÇÊõåõ
-Miss Jan Raisin-
Pada 23 Agustus 2013 10.43, kurniawan_tufail@
kurniawan_tufail@
> **
>
>
> assalamualaikum dan selamat siang
> untuk semua member milis ini,,
>
> tolong bantuan solusinya, saya mempunyai masalah dengan pengeditan data
> yang telah terinput. apa memungkinkan mengedit data yang telah terinput
> dengan bentuk userform yang sama dengan penginputan data dan data yang
> ingin diedit juga tertulis pada userform, jadi tinggal menambahkan data
> yang belum ada atau mengedit data yang telah ada.
>
> maaf jika penjelasan saya kurang jelas, saya baru 3 hari belajar belajar
> menggunakan excel dengan vba.
>
> Terimakasih sebelumnya,
>
> Regrads,
> Kurniawan Eka Putra Tufail
>
Fri Aug 23, 2013 7:31 pm (PDT) . Posted by:
"Bagus" bagus4bls
Dear Wahyu;
File terlampir pakai UDF buatan Mbak'e...
Semoga sesuai harapan
Wassalam
~ Bagus ~
----- Original Message -----
From: Wahyu Eko
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Friday, August 23, 2013 3:30 PM
Subject: [belajar-excel] Menuliskan uraian data yang sudah terkelompokkan
Mohon bantuan teman-teman semua
saya mempunya ratusan data yang sudah dikelompok kelompokkan.
dan kadang saya harus melaporkan data-data tersebut dalam suatu uraian.
masalah yang saya hadapi adalah bagaimana cara supaya pengerjaan data-data tersebut menjadi lebih mudah.
untuk sampel permasalahannnya terlampir..
mohon bantuan semua yang ada di group sehingga bisa mempermudah dan mempercepat saya..
terima kasih.
File terlampir pakai UDF buatan Mbak'e..
Semoga sesuai harapan
Wassalam
~ Bagus ~
----- Original Message -----
From: Wahyu Eko
To: belajar-excel@
Sent: Friday, August 23, 2013 3:30 PM
Subject: [belajar-excel] Menuliskan uraian data yang sudah terkelompokkan
Mohon bantuan teman-teman semua
saya mempunya ratusan data yang sudah dikelompok kelompokkan.
dan kadang saya harus melaporkan data-data tersebut dalam suatu uraian.
masalah yang saya hadapi adalah bagaimana cara supaya pengerjaan data-data tersebut menjadi lebih mudah.
untuk sampel permasalahannnya terlampir..
mohon bantuan semua yang ada di group sehingga bisa mempermudah dan mempercepat saya..
terima kasih.
Fri Aug 23, 2013 9:28 pm (PDT) . Posted by:
"Wahyu Eko" abi_escorp
Maaf mas bagus,,
dari file yang mas bagus kirimkan ulang, hasilnya belum sesuai dengan yang saya harapkan,
mungkin ada cara lainnya..
karena di file mas bagus belum muncul hasil, munculnya "#NAME?"
Jadi dari data yang ada, saya mengharapkan reportnya dalam bentuk
BAIK : Â TRI, LIA, WINDA, TARI, DIKI
BAGUS : AGUS, MAMAN, TYAS
jadi diharapkan di Sheet  F4 dan F5 hasilnya Begitu mas.
Dan hasil itu didapat dari data2 di Sheet B dan C
maaf karena saya benar-benar membutuhkan formulanya  untuk mempermudah pengerjaan data.
Mengingat datanya berjumlah ratusan dan random..
terima kasih sebelumnya
________________________________
From: Bagus <bagus@kingjim.co.id >
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Saturday, August 24, 2013 9:31 AM
Subject: Re: [belajar-excel] Menuliskan uraian data yang sudah terkelompokkan
Â
Dear Wahyu;
Â
File terlampir pakai UDF buatan
Mbak'e...
Â
Semoga sesuai harapan
Â
Â
Wassalam
Â
~ Bagus ~
----- Original Message -----
>From: Wahyu Eko
>To: belajar-excel@yahoogroups.com
>Sent: Friday, August 23, 2013 3:30 PM
>Subject: [belajar-excel] Menuliskan uraian data yang sudah terkelompokkan
>
>Â
>Mohon bantuan teman-teman semua
>saya mempunya ratusan data yang sudah
dikelompok kelompokkan.
>dan kadang saya harus melaporkan data-data tersebut
dalam suatu uraian.
>masalah yang saya hadapi adalah bagaimana cara supaya
pengerjaan data-data tersebut menjadi lebih mudah.
>untuk sampel
permasalahannnya terlampir..
>mohon bantuan semua yang ada di group sehingga
bisa mempermudah dan mempercepat saya..
>terima kasih.
dari file yang mas bagus kirimkan ulang, hasilnya belum sesuai dengan yang saya harapkan,
mungkin ada cara lainnya..
karena di file mas bagus belum muncul hasil, munculnya "#NAME?
Jadi dari data yang ada, saya mengharapkan reportnya dalam bentuk
BAIK : Â TRI, LIA, WINDA, TARI, DIKI
BAGUS : AGUS, MAMAN, TYAS
jadi diharapkan di Sheet  F4 dan F5 hasilnya Begitu mas.
Dan hasil itu didapat dari data2 di Sheet B dan C
maaf karena saya benar-benar membutuhkan formulanya  untuk mempermudah pengerjaan data.
Mengingat datanya berjumlah ratusan dan random..
terima kasih sebelumnya
____________
From: Bagus <bagus@kingjim.
To: belajar-excel@
Sent: Saturday, August 24, 2013 9:31 AM
Subject: Re: [belajar-excel] Menuliskan uraian data yang sudah terkelompokkan
Â
Dear Wahyu;
Â
File terlampir pakai UDF buatan
Mbak'e..
Â
Semoga sesuai harapan
Â
Â
Wassalam
Â
~ Bagus ~
----- Original Message -----
>From: Wahyu Eko
>To: belajar-excel@
>Sent: Friday, August 23, 2013 3:30 PM
>Subject: [belajar-excel] Menuliskan uraian data yang sudah terkelompokkan
>
>Â
>Mohon bantuan teman-teman semua
>saya mempunya ratusan data yang sudah
dikelompok kelompokkan.
>dan kadang saya harus melaporkan data-data tersebut
dalam suatu uraian.
>masalah yang saya hadapi adalah bagaimana cara supaya
pengerjaan data-data tersebut menjadi lebih mudah.
>untuk sampel
permasalahannnya terlampir..
>mohon bantuan semua yang ada di group sehingga
bisa mempermudah dan mempercepat saya..
>terima kasih.
Fri Aug 23, 2013 9:28 pm (PDT) . Posted by:
"Wahyu Eko" abi_escorp
Maaf mas bagus,, bisa minta tolong diajari memakai UDF
Atau mungkin bisa kasih dasar pembuatan UDF
Maaf baru belajar memakai Excel..
________________________________
From: Bagus <bagus@kingjim.co.id >
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Saturday, August 24, 2013 9:31 AM
Subject: Re: [belajar-excel] Menuliskan uraian data yang sudah terkelompokkan
Â
Dear Wahyu;
Â
File terlampir pakai UDF buatan
Mbak'e...
Â
Semoga sesuai harapan
Â
Â
Wassalam
Â
~ Bagus ~
----- Original Message -----
>From: Wahyu Eko
>To: belajar-excel@yahoogroups.com
>Sent: Friday, August 23, 2013 3:30 PM
>Subject: [belajar-excel] Menuliskan uraian data yang sudah terkelompokkan
>
>Â
>Mohon bantuan teman-teman semua
>saya mempunya ratusan data yang sudah
dikelompok kelompokkan.
>dan kadang saya harus melaporkan data-data tersebut
dalam suatu uraian.
>masalah yang saya hadapi adalah bagaimana cara supaya
pengerjaan data-data tersebut menjadi lebih mudah.
>untuk sampel
permasalahannnya terlampir..
>mohon bantuan semua yang ada di group sehingga
bisa mempermudah dan mempercepat saya..
>terima kasih.
Atau mungkin bisa kasih dasar pembuatan UDF
Maaf baru belajar memakai Excel..
____________
From: Bagus <bagus@kingjim.
To: belajar-excel@
Sent: Saturday, August 24, 2013 9:31 AM
Subject: Re: [belajar-excel] Menuliskan uraian data yang sudah terkelompokkan
Â
Dear Wahyu;
Â
File terlampir pakai UDF buatan
Mbak'e..
Â
Semoga sesuai harapan
Â
Â
Wassalam
Â
~ Bagus ~
----- Original Message -----
>From: Wahyu Eko
>To: belajar-excel@
>Sent: Friday, August 23, 2013 3:30 PM
>Subject: [belajar-excel] Menuliskan uraian data yang sudah terkelompokkan
>
>Â
>Mohon bantuan teman-teman semua
>saya mempunya ratusan data yang sudah
dikelompok kelompokkan.
>dan kadang saya harus melaporkan data-data tersebut
dalam suatu uraian.
>masalah yang saya hadapi adalah bagaimana cara supaya
pengerjaan data-data tersebut menjadi lebih mudah.
>untuk sampel
permasalahannnya terlampir..
>mohon bantuan semua yang ada di group sehingga
bisa mempermudah dan mempercepat saya..
>terima kasih.
Fri Aug 23, 2013 9:36 pm (PDT) . Posted by:
"Bagus" bagus4bls
Coba Security Macro nya di Enable kan..
Wassalam
~ Bagus ~
----- Original Message -----
From: Wahyu Eko
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Saturday, August 24, 2013 9:45 AM
Subject: Re: [belajar-excel] Menuliskan uraian data yang sudah terkelompokkan
Maaf mas bagus,,
dari file yang mas bagus kirimkan ulang, hasilnya belum sesuai dengan yang saya harapkan,
mungkin ada cara lainnya..
karena di file mas bagus belum muncul hasil, munculnya "#NAME?"
Jadi dari data yang ada, saya mengharapkan reportnya dalam bentuk
BAIK : TRI, LIA, WINDA, TARI, DIKI
BAGUS : AGUS, MAMAN, TYAS
jadi diharapkan di Sheet F4 dan F5 hasilnya Begitu mas.
Dan hasil itu didapat dari data2 di Sheet B dan C
maaf karena saya benar-benar membutuhkan formulanya untuk mempermudah pengerjaan data.
Mengingat datanya berjumlah ratusan dan random..
terima kasih sebelumnya
----------------------------------------------------------
From: Bagus <bagus@kingjim.co.id >
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Saturday, August 24, 2013 9:31 AM
Subject: Re: [belajar-excel] Menuliskan uraian data yang sudah terkelompokkan
Dear Wahyu;
File terlampir pakai UDF buatan Mbak'e...
Semoga sesuai harapan
Wassalam
~ Bagus ~
----- Original Message -----
From: Wahyu Eko
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Friday, August 23, 2013 3:30 PM
Subject: [belajar-excel] Menuliskan uraian data yang sudah terkelompokkan
Mohon bantuan teman-teman semua
saya mempunya ratusan data yang sudah dikelompok kelompokkan.
dan kadang saya harus melaporkan data-data tersebut dalam suatu uraian.
masalah yang saya hadapi adalah bagaimana cara supaya pengerjaan data-data tersebut menjadi lebih mudah.
untuk sampel permasalahannnya terlampir..
mohon bantuan semua yang ada di group sehingga bisa mempermudah dan mempercepat saya..
terima kasih.
Wassalam
~ Bagus ~
----- Original Message -----
From: Wahyu Eko
To: belajar-excel@
Sent: Saturday, August 24, 2013 9:45 AM
Subject: Re: [belajar-excel] Menuliskan uraian data yang sudah terkelompokkan
Maaf mas bagus,,
dari file yang mas bagus kirimkan ulang, hasilnya belum sesuai dengan yang saya harapkan,
mungkin ada cara lainnya..
karena di file mas bagus belum muncul hasil, munculnya "#NAME?
Jadi dari data yang ada, saya mengharapkan reportnya dalam bentuk
BAIK : TRI, LIA, WINDA, TARI, DIKI
BAGUS : AGUS, MAMAN, TYAS
jadi diharapkan di Sheet F4 dan F5 hasilnya Begitu mas.
Dan hasil itu didapat dari data2 di Sheet B dan C
maaf karena saya benar-benar membutuhkan formulanya untuk mempermudah pengerjaan data.
Mengingat datanya berjumlah ratusan dan random..
terima kasih sebelumnya
------------
From: Bagus <bagus@kingjim.
To: belajar-excel@
Sent: Saturday, August 24, 2013 9:31 AM
Subject: Re: [belajar-excel] Menuliskan uraian data yang sudah terkelompokkan
Dear Wahyu;
File terlampir pakai UDF buatan Mbak'e..
Semoga sesuai harapan
Wassalam
~ Bagus ~
----- Original Message -----
From: Wahyu Eko
To: belajar-excel@
Sent: Friday, August 23, 2013 3:30 PM
Subject: [belajar-excel] Menuliskan uraian data yang sudah terkelompokkan
Mohon bantuan teman-teman semua
saya mempunya ratusan data yang sudah dikelompok kelompokkan.
dan kadang saya harus melaporkan data-data tersebut dalam suatu uraian.
masalah yang saya hadapi adalah bagaimana cara supaya pengerjaan data-data tersebut menjadi lebih mudah.
untuk sampel permasalahannnya terlampir..
mohon bantuan semua yang ada di group sehingga bisa mempermudah dan mempercepat saya..
terima kasih.
Fri Aug 23, 2013 7:32 pm (PDT) . Posted by:
"Jan Raisin"
hai Indria Pie,
1. coba ubah dahulu semua data di kolom F dan kolom G menjadi bertipe Time,
contohnya 8,00 diganti menjadi 8:00
2. pada cell H2 (kolom Jam) diisi dengan formula =((G2-F2)*24)-1 lalu kopi
ke bawah
3. pada cell I2 (kolom LMB1) diisi dengan
formula =IF(P2>=8;1;IF((P2>7)*(P2<8);P2-7;0))
4. pada cell J2 (kolom LMB2) diisi dengan formula =IF(P2>7;P2-Q2-7;0)
kelihatannya Pie mau menghitung jumlah jam kerja lembur berdasarkan
KEP-102/MEN/VI/2004 ya?
jika benar dugaan Jan, dasar jam kerja yang dipakai berdasarkan ilustrasi
pada sampel adalah 7 jam per hari dan 6 hari per minggu..
sekedar usul dari Jan, seharusnya yang dihitung adalah langsung ke tarif
lemburnya..
misal:
kurang dari 1 jam = 0
1 jam pertama = 1,5
jam ke 2 sd 4 masing-masing = 2
hari libur maka langsung masuk ke LMB 2 dengan total jam lembur langsung
dikali 2
cara ini akan lebih memudahkan HR untuk langsung menghitung jumlah upah
lembur yang harus dibayar ke masing-masing karyawan, karena hanya tinggal
membagi gaji karyawan sebulan dengan angka 173 lalu mengalikan nilai
tersebut dengan total tarif lemburnya
maaf kalo salah duga dan sengaja tidak melampirkan workbook solusinya..
maklum Jan kadang agak sotoy.. xixixixixi ^_^
Salam,
-Miss Jan Raisin-
Pada 23 Agustus 2013 11.31, indria pie <mas_pie3@yahoo.co.id > menulis:
> **
>
>
> dear miss jan raisin
> 1. bisa saja sih itu diubah, monggo. cuman sebagai catatan itu adalah
> hasil dari file dbf program payroll kami yang saya buka di excel 2003
> bentuknya apa adanya seperti itu.....
> 2. regional setingnya pake indonesia....
>
> terima kasih sebelumnya,
>
> salam,
> pie
>
> ------------------------------
> *Dari:* Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com >
> *Kepada:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Dikirim:* Jumat, 23 Agustus 2013 10:44
> *Judul:* Re: [belajar-excel] Hitung Absen Payroll
>
>
> hai Indria Pie..
>
> mau tanya dulu.. bisa kasih solusi atau tidaknya tergantung dari kondisi
> ya..
>
> 1. kenapa untuk jamnya tidak menggunakan format time yang akan lebih
> memudahkan perhitungan ya? bisa tidak (boleh tidak kalo diganti ke format
> time? )
> 2. regional setting komputer yang mas Pie gunakan itu English apa
> Indonesian? karena masalah titik dan koma sangat berpengaruh
>
> Salam,
>
>
> -Miss Jan Raisin-
>
>
> Pada 22 Agustus 2013 16.24, indria pie <mas_pie3@yahoo.co.id > menulis:
>
> **
>
> Yth.
> be exceller semua
>
> mohon bantuannya untuk rumus menghitung absen payroll kami jika dikerjakan
> dengan excel 2003 (karena filenya ntar bisa disave jadi dbf) heeee
>
> mungkin mudah bagi panjenengan semua tapi masih sulit bagi saya.
> data saya sertakan
>
> terima kasih dan mohon maaf lahir dan batin untuk semua be exceller
>
>
1. coba ubah dahulu semua data di kolom F dan kolom G menjadi bertipe Time,
contohnya 8,00 diganti menjadi 8:00
2. pada cell H2 (kolom Jam) diisi dengan formula =((G2-F2)*24)
ke bawah
3. pada cell I2 (kolom LMB1) diisi dengan
formula =IF(P2>=8;
4. pada cell J2 (kolom LMB2) diisi dengan formula =IF(P2>7;
kelihatannya Pie mau menghitung jumlah jam kerja lembur berdasarkan
KEP-102/MEN/
jika benar dugaan Jan, dasar jam kerja yang dipakai berdasarkan ilustrasi
pada sampel adalah 7 jam per hari dan 6 hari per minggu..
sekedar usul dari Jan, seharusnya yang dihitung adalah langsung ke tarif
lemburnya..
misal:
kurang dari 1 jam = 0
1 jam pertama = 1,5
jam ke 2 sd 4 masing-masing = 2
hari libur maka langsung masuk ke LMB 2 dengan total jam lembur langsung
dikali 2
cara ini akan lebih memudahkan HR untuk langsung menghitung jumlah upah
lembur yang harus dibayar ke masing-masing karyawan, karena hanya tinggal
membagi gaji karyawan sebulan dengan angka 173 lalu mengalikan nilai
tersebut dengan total tarif lemburnya
maaf kalo salah duga dan sengaja tidak melampirkan workbook solusinya..
maklum Jan kadang agak sotoy.. xixixixixi ^_^
Salam,
-Miss Jan Raisin-
Pada 23 Agustus 2013 11.31, indria pie <mas_pie3@yahoo.
> **
>
>
> dear miss jan raisin
> 1. bisa saja sih itu diubah, monggo. cuman sebagai catatan itu adalah
> hasil dari file dbf program payroll kami yang saya buka di excel 2003
> bentuknya apa adanya seperti itu.....
> 2. regional setingnya pake indonesia...
>
> terima kasih sebelumnya,
>
> salam,
> pie
>
> ------------
> *Dari:* Jan Raisin <miss.jan.raisin@
> *Kepada:* belajar-excel@
> *Dikirim:* Jumat, 23 Agustus 2013 10:44
> *Judul:* Re: [belajar-excel] Hitung Absen Payroll
>
>
> hai Indria Pie..
>
> mau tanya dulu.. bisa kasih solusi atau tidaknya tergantung dari kondisi
> ya..
>
> 1. kenapa untuk jamnya tidak menggunakan format time yang akan lebih
> memudahkan perhitungan ya? bisa tidak (boleh tidak kalo diganti ke format
> time? )
> 2. regional setting komputer yang mas Pie gunakan itu English apa
> Indonesian? karena masalah titik dan koma sangat berpengaruh
>
> Salam,
>
>
> -Miss Jan Raisin-
>
>
> Pada 22 Agustus 2013 16.24, indria pie <mas_pie3@yahoo.
>
> **
>
> Yth.
> be exceller semua
>
> mohon bantuannya untuk rumus menghitung absen payroll kami jika dikerjakan
> dengan excel 2003 (karena filenya ntar bisa disave jadi dbf) heeee
>
> mungkin mudah bagi panjenengan semua tapi masih sulit bagi saya.
> data saya sertakan
>
> terima kasih dan mohon maaf lahir dan batin untuk semua be exceller
>
>
Fri Aug 23, 2013 9:25 pm (PDT) . Posted by:
"hendrik karnadi" hendrikkarnadi
Dear Be Excellers,
Terlampir adalah hasil uji coba (tes) Looping For ... Next dan For each ... Next pake timer.
Pertanyaan:
Mengapa dengan menggunakan For ... Next (Tes2, tanpa formula) hasilnya lebih cepat dibandingkan dengan For each ... Next (Tes3 dan Tes 4).
Salam,
HK
Terlampir adalah hasil uji coba (tes) Looping For ... Next dan For each ... Next pake timer.
Pertanyaan:
Mengapa dengan menggunakan For ... Next (Tes2, tanpa formula) hasilnya lebih cepat dibandingkan dengan For each ... Next (Tes3 dan Tes 4).
Salam,
HK
Sat Aug 24, 2013 12:10 am (PDT) . Posted by:
"Jan Raisin"
boleh jawab kan pak Hendrik..
sepengetahuan Jan, For Each - Next bekerja lebih cepat dibandingkan dengan
For To - Next, karena pada For Each tidak ada proses menghitung lebih dahulu
ilustrasinya adalah begini:
Di atas meja makan ada combro (kenapa combro? karena Jan senang makan
combro xixixixi ^_^)
perintah 1: Untuk setiap combro yang ada, makan sampai habis >> for each
akan lebih cepat prosesnya jika dibandingkan dengan
perintah 2: Untuk combro ke 1 sampai ke sekian makan sampai habis >> for to
karena pada perintah ke-2 ada proses menghitung dahulu sebelum Be-Exceller
memakan combro yang ada di atas meja
Tetapi hal ini akan akan berbeda jika ada pekerjaan yang harus dijalankan
lagi di dalam blok for each
pekerjaannya mana? bisa dilihat dari setiap titik yang ada dalam script
1 buah titik mewakili 1 buah pekerjaan atau proses
misal:
range("a1").select
selection.value = 1
akan diproses lebih lama dibandingkan script
range("a1").value = 1
walau pun perbedaannya di komputer sekarang hampir tidak terasa
coba lihat di prosedur Tes3 dan Tes4 saat akan memasukan nilai ada 1 buah
pekerjaan yang harus dilakukan dahulu yaitu mencari nilai barisnya terlebih
dahulu
sedangkan di prosedur Tes2 tidak ada pekerjaan tersebut
oia.. Jan mau nyumbang script.. tapi minta tolong semua batasannya
diturunin dari 100k baris menjadi 10k baris
karena pada saat proses transpose untuk 100k selalu gagal.. mungkin nanti
mr Kid atau pak Anton bisa memberikan penjelasan penyebab gagalnya
transpose tersebut.
prosesnya memanfaatkan array, karena proses baca tulis ke range lebih
lambat dibandingkan proses baca tulis melalui array
Sub Tes5()
Dim TStart As Single
Dim myArray(0 To 9999) As Long
Dim i As Long
Dim rng As Range
TStart = Timer
For i = 1 To 10000
myArray(i - 1) = i
Next i
Set rng = Range("o1:o10000")
rng.Value = Application.WorksheetFunction.Transpose(myArray)
Range("E5").Value = Format(Timer - TStart, "#,##0.0000")
End Sub
silakan coba dibandingkan hasilnya, di komputer Jan script tersebut
berjalan 32 x lebih cepat dibandingkan Tes2
salam,
-Miss Jan Raisin-
Pada 24 Agustus 2013 11.25, hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com >menulis:
> **
>
>
> Dear Be Excellers,
> Terlampir adalah hasil uji coba (tes) Looping For ... Next dan For each
> ... Next pake timer.
>
> Pertanyaan:
> Mengapa dengan menggunakan For ... Next (Tes2, tanpa formula) hasilnya
> lebih cepat dibandingkan dengan For each ... Next (Tes3 dan Tes 4).
>
> Salam,
> HK
>
>
>
sepengetahuan Jan, For Each - Next bekerja lebih cepat dibandingkan dengan
For To - Next, karena pada For Each tidak ada proses menghitung lebih dahulu
ilustrasinya adalah begini:
Di atas meja makan ada combro (kenapa combro? karena Jan senang makan
combro xixixixi ^_^)
perintah 1: Untuk setiap combro yang ada, makan sampai habis >> for each
akan lebih cepat prosesnya jika dibandingkan dengan
perintah 2: Untuk combro ke 1 sampai ke sekian makan sampai habis >> for to
karena pada perintah ke-2 ada proses menghitung dahulu sebelum Be-Exceller
memakan combro yang ada di atas meja
Tetapi hal ini akan akan berbeda jika ada pekerjaan yang harus dijalankan
lagi di dalam blok for each
pekerjaannya mana? bisa dilihat dari setiap titik yang ada dalam script
1 buah titik mewakili 1 buah pekerjaan atau proses
misal:
range("
selection.value = 1
akan diproses lebih lama dibandingkan script
range("
walau pun perbedaannya di komputer sekarang hampir tidak terasa
coba lihat di prosedur Tes3 dan Tes4 saat akan memasukan nilai ada 1 buah
pekerjaan yang harus dilakukan dahulu yaitu mencari nilai barisnya terlebih
dahulu
sedangkan di prosedur Tes2 tidak ada pekerjaan tersebut
oia.. Jan mau nyumbang script.. tapi minta tolong semua batasannya
diturunin dari 100k baris menjadi 10k baris
karena pada saat proses transpose untuk 100k selalu gagal.. mungkin nanti
mr Kid atau pak Anton bisa memberikan penjelasan penyebab gagalnya
transpose tersebut.
prosesnya memanfaatkan array, karena proses baca tulis ke range lebih
lambat dibandingkan proses baca tulis melalui array
Sub Tes5()
Dim TStart As Single
Dim myArray(0 To 9999) As Long
Dim i As Long
Dim rng As Range
TStart = Timer
For i = 1 To 10000
myArray(i - 1) = i
Next i
Set rng = Range("
rng.Value = Application.
Range("
End Sub
silakan coba dibandingkan hasilnya, di komputer Jan script tersebut
berjalan 32 x lebih cepat dibandingkan Tes2
salam,
-Miss Jan Raisin-
Pada 24 Agustus 2013 11.25, hendrik karnadi <hendrikkarnadi@
> **
>
>
> Dear Be Excellers,
> Terlampir adalah hasil uji coba (tes) Looping For ... Next dan For each
> ... Next pake timer.
>
> Pertanyaan:
> Mengapa dengan menggunakan For ... Next (Tes2, tanpa formula) hasilnya
> lebih cepat dibandingkan dengan For each ... Next (Tes3 dan Tes 4).
>
> Salam,
> HK
>
>
>
Sat Aug 24, 2013 1:10 am (PDT) . Posted by:
"De Premor" de.premor
Idem sama mis Jan
Optimasi 1 : Menambahkan routine untuk mematikan AutoCalculation
Optimasi 2: Mengganti routine di Tes3 => *Range("C" & r.Row) = r.Row*
menjadi *r = r.Row
*Kenapa di Optimasi 2 saya ganti, ya karena disitulah kelebihan For
Each...Next, si "*r*" itu sudah ketahuan dengan jelas tempatnya dan
segala sesuatunya, jadi tidak perlu ditunjukin lagi, jadi bisa menghemat
waktu si excel buat mengecek r.Row itu isinya berapa.
CMIIW
On 24-08-2013 14:10, Jan Raisin wrote:
> boleh jawab kan pak Hendrik..
>
> sepengetahuan Jan, For Each - Next bekerja lebih cepat dibandingkan
> dengan For To - Next, karena pada For Each tidak ada proses menghitung
> lebih dahulu
> ilustrasinya adalah begini:
>
> Di atas meja makan ada combro (kenapa combro? karena Jan senang makan
> combro xixixixi ^_^)
>
> perintah 1: Untuk setiap combro yang ada, makan sampai habis >> for each
> akan lebih cepat prosesnya jika dibandingkan dengan
>
> perintah 2: Untuk combro ke 1 sampai ke sekian makan sampai habis >>
> for to
> karena pada perintah ke-2 ada proses menghitung dahulu sebelum
> Be-Exceller memakan combro yang ada di atas meja
>
> Tetapi hal ini akan akan berbeda jika ada pekerjaan yang harus
> dijalankan lagi di dalam blok for each
> pekerjaannya mana? bisa dilihat dari setiap titik yang ada dalam script
> 1 buah titik mewakili 1 buah pekerjaan atau proses
>
> misal:
> range("a1").select
> selection.value = 1
>
> akan diproses lebih lama dibandingkan script
> range("a1").value = 1
>
> walau pun perbedaannya di komputer sekarang hampir tidak terasa
>
> coba lihat di prosedur Tes3 dan Tes4 saat akan memasukan nilai ada 1
> buah pekerjaan yang harus dilakukan dahulu yaitu mencari nilai
> barisnya terlebih dahulu
> sedangkan di prosedur Tes2 tidak ada pekerjaan tersebut
>
> oia.. Jan mau nyumbang script.. tapi minta tolong semua batasannya
> diturunin dari 100k baris menjadi 10k baris
> karena pada saat proses transpose untuk 100k selalu gagal.. mungkin
> nanti mr Kid atau pak Anton bisa memberikan penjelasan penyebab
> gagalnya transpose tersebut.
>
> prosesnya memanfaatkan array, karena proses baca tulis ke range lebih
> lambat dibandingkan proses baca tulis melalui array
>
> Sub Tes5()
> Dim TStart As Single
> Dim myArray(0 To 9999) As Long
> Dim i As Long
> Dim rng As Range
> TStart = Timer
> For i = 1 To 10000
> myArray(i - 1) = i
> Next i
> Set rng = Range("o1:o10000")
> rng.Value = Application.WorksheetFunction.Transpose(myArray)
> Range("E5").Value = Format(Timer - TStart, "#,##0.0000")
> End Sub
>
> silakan coba dibandingkan hasilnya, di komputer Jan script tersebut
> berjalan 32 x lebih cepat dibandingkan Tes2
>
> salam,
>
>
> -Miss Jan Raisin-
>
>
> Pada 24 Agustus 2013 11.25, hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com
> <mailto:hendrikkarnadi@yahoo.com >> menulis:
>
> Dear Be Excellers,
> Terlampir adalah hasil uji coba (tes) Looping For ... Next dan
> For each ... Next pake timer.
>
> Pertanyaan:
> Mengapa dengan menggunakan For ... Next (Tes2, tanpa formula)
> hasilnya lebih cepat dibandingkan dengan For each ... Next (Tes3
> dan Tes 4).
>
> Salam,
> HK
>
>
Optimasi 1 : Menambahkan routine untuk mematikan AutoCalculation
Optimasi 2: Mengganti routine di Tes3 => *Range("
menjadi *r = r.Row
*Kenapa di Optimasi 2 saya ganti, ya karena disitulah kelebihan For
Each...Next, si "*r*" itu sudah ketahuan dengan jelas tempatnya dan
segala sesuatunya, jadi tidak perlu ditunjukin lagi, jadi bisa menghemat
waktu si excel buat mengecek r.Row itu isinya berapa.
CMIIW
On 24-08-2013 14:10, Jan Raisin wrote:
> boleh jawab kan pak Hendrik..
>
> sepengetahuan Jan, For Each - Next bekerja lebih cepat dibandingkan
> dengan For To - Next, karena pada For Each tidak ada proses menghitung
> lebih dahulu
> ilustrasinya adalah begini:
>
> Di atas meja makan ada combro (kenapa combro? karena Jan senang makan
> combro xixixixi ^_^)
>
> perintah 1: Untuk setiap combro yang ada, makan sampai habis >> for each
> akan lebih cepat prosesnya jika dibandingkan dengan
>
> perintah 2: Untuk combro ke 1 sampai ke sekian makan sampai habis >>
> for to
> karena pada perintah ke-2 ada proses menghitung dahulu sebelum
> Be-Exceller memakan combro yang ada di atas meja
>
> Tetapi hal ini akan akan berbeda jika ada pekerjaan yang harus
> dijalankan lagi di dalam blok for each
> pekerjaannya mana? bisa dilihat dari setiap titik yang ada dalam script
> 1 buah titik mewakili 1 buah pekerjaan atau proses
>
> misal:
> range("
> selection.value = 1
>
> akan diproses lebih lama dibandingkan script
> range("
>
> walau pun perbedaannya di komputer sekarang hampir tidak terasa
>
> coba lihat di prosedur Tes3 dan Tes4 saat akan memasukan nilai ada 1
> buah pekerjaan yang harus dilakukan dahulu yaitu mencari nilai
> barisnya terlebih dahulu
> sedangkan di prosedur Tes2 tidak ada pekerjaan tersebut
>
> oia.. Jan mau nyumbang script.. tapi minta tolong semua batasannya
> diturunin dari 100k baris menjadi 10k baris
> karena pada saat proses transpose untuk 100k selalu gagal.. mungkin
> nanti mr Kid atau pak Anton bisa memberikan penjelasan penyebab
> gagalnya transpose tersebut.
>
> prosesnya memanfaatkan array, karena proses baca tulis ke range lebih
> lambat dibandingkan proses baca tulis melalui array
>
> Sub Tes5()
> Dim TStart As Single
> Dim myArray(0 To 9999) As Long
> Dim i As Long
> Dim rng As Range
> TStart = Timer
> For i = 1 To 10000
> myArray(i - 1) = i
> Next i
> Set rng = Range("
> rng.Value = Application.
> Range("
> End Sub
>
> silakan coba dibandingkan hasilnya, di komputer Jan script tersebut
> berjalan 32 x lebih cepat dibandingkan Tes2
>
> salam,
>
>
> -Miss Jan Raisin-
>
>
> Pada 24 Agustus 2013 11.25, hendrik karnadi <hendrikkarnadi@
> <mailto:hendrikkarnadi@
>
> Dear Be Excellers,
> Terlampir adalah hasil uji coba (tes) Looping For ... Next dan
> For each ... Next pake timer.
>
> Pertanyaan:
> Mengapa dengan menggunakan For ... Next (Tes2, tanpa formula)
> hasilnya lebih cepat dibandingkan dengan For each ... Next (Tes3
> dan Tes 4).
>
> Salam,
> HK
>
>
Sat Aug 24, 2013 3:14 am (PDT) . Posted by:
"De Premor" de.premor
Kayaknya si fungsi Transpose masih menggunakan enggine 16bit, 2 pangkat
16, barusan ngecek di laptop yg beroffice 2010 mentok di 65536 row saja.
angka 65536 diperoleh dari jumlah rentang angka antara 0 sampai dengan
65535
kenapa 65535, karena enggine 16 bit hanya mampu menampung 2^16, dimana
dalam pemrosesan komputer, si processor taunya hanya 0 dan 1 atau idup
dan mati saja, dan maksimalnya 1111111111111111 (Angka 1 berjejer
sebanyak 16 kali)
Angka ini sama dengan jumlah ROW di Excel 2003, dan ditingkatkan menjadi
2^20 di Excel 2007 keatas, tapi ternyata masih ada aja yg ketinggalan,
contohnya si transpose yg hanya bisa ngubah sampai 2^16 row saja.
Pada 24/08/2013 14:10, Jan Raisin menulis:
> oia.. Jan mau nyumbang script.. tapi minta tolong semua batasannya
> diturunin dari 100k baris menjadi 10k baris
> karena pada saat proses transpose untuk 100k selalu gagal.. mungkin
> nanti mr Kid atau pak Anton bisa memberikan penjelasan penyebab
> gagalnya transpose tersebut.
>
16, barusan ngecek di laptop yg beroffice 2010 mentok di 65536 row saja.
angka 65536 diperoleh dari jumlah rentang angka antara 0 sampai dengan
65535
kenapa 65535, karena enggine 16 bit hanya mampu menampung 2^16, dimana
dalam pemrosesan komputer, si processor taunya hanya 0 dan 1 atau idup
dan mati saja, dan maksimalnya 1111111111111111 (Angka 1 berjejer
sebanyak 16 kali)
Angka ini sama dengan jumlah ROW di Excel 2003, dan ditingkatkan menjadi
2^20 di Excel 2007 keatas, tapi ternyata masih ada aja yg ketinggalan,
contohnya si transpose yg hanya bisa ngubah sampai 2^16 row saja.
Pada 24/08/2013 14:10, Jan Raisin menulis:
> oia.. Jan mau nyumbang script.. tapi minta tolong semua batasannya
> diturunin dari 100k baris menjadi 10k baris
> karena pada saat proses transpose untuk 100k selalu gagal.. mungkin
> nanti mr Kid atau pak Anton bisa memberikan penjelasan penyebab
> gagalnya transpose tersebut.
>
Sat Aug 24, 2013 3:40 am (PDT) . Posted by:
"lkm jktind" lkmjkt
Pak De Premor
Tanya : Komputer yg bapak gunakan itu dengan spek seprti apa ? dan berapa
memory nya ?
dengan komputer ku , berbeda jauh hasilnya ?
Awal Optimasi 1 Optimasi 2 589.531,00 detik 35.313,00 detik
35.547,00 detik 24.063,00 detik 22.227,00 detik 22.344,00 detik
25.898,00 detik 23.828,00 detik 24.336,00 detik 26.133,00 detik
23.516,00 detik 23.750,00 detik
2013/8/24 De Premor <de@premor.net>
> Idem sama mis Jan
>
>
>
> Optimasi 1 : Menambahkan routine untuk mematikan AutoCalculation
> Optimasi 2: Mengganti routine di Tes3 => *Range("C" & r.Row) = r.Row*menjadi
> *r = r.Row
>
> *Kenapa di Optimasi 2 saya ganti, ya karena disitulah kelebihan For
> Each...Next, si "*r*" itu sudah ketahuan dengan jelas tempatnya dan
> segala sesuatunya, jadi tidak perlu ditunjukin lagi, jadi bisa menghemat
> waktu si excel buat mengecek r.Row itu isinya berapa.
>
> CMIIW
>
>
>
> On 24-08-2013 14:10, Jan Raisin wrote:
>
>
> boleh jawab kan pak Hendrik..
>
> sepengetahuan Jan, For Each - Next bekerja lebih cepat dibandingkan
> dengan For To - Next, karena pada For Each tidak ada proses menghitung
> lebih dahulu
> ilustrasinya adalah begini:
>
> Di atas meja makan ada combro (kenapa combro? karena Jan senang makan
> combro xixixixi ^_^)
>
> perintah 1: Untuk setiap combro yang ada, makan sampai habis >> for each
> akan lebih cepat prosesnya jika dibandingkan dengan
>
> perintah 2: Untuk combro ke 1 sampai ke sekian makan sampai habis >> for
> to
> karena pada perintah ke-2 ada proses menghitung dahulu sebelum Be-Exceller
> memakan combro yang ada di atas meja
>
> Tetapi hal ini akan akan berbeda jika ada pekerjaan yang harus
> dijalankan lagi di dalam blok for each
> pekerjaannya mana? bisa dilihat dari setiap titik yang ada dalam script
> 1 buah titik mewakili 1 buah pekerjaan atau proses
>
> misal:
> range("a1").select
> selection.value = 1
>
> akan diproses lebih lama dibandingkan script
> range("a1").value = 1
>
> walau pun perbedaannya di komputer sekarang hampir tidak terasa
>
> coba lihat di prosedur Tes3 dan Tes4 saat akan memasukan nilai ada 1
> buah pekerjaan yang harus dilakukan dahulu yaitu mencari nilai barisnya
> terlebih dahulu
> sedangkan di prosedur Tes2 tidak ada pekerjaan tersebut
>
> oia.. Jan mau nyumbang script.. tapi minta tolong semua batasannya
> diturunin dari 100k baris menjadi 10k baris
> karena pada saat proses transpose untuk 100k selalu gagal.. mungkin nanti
> mr Kid atau pak Anton bisa memberikan penjelasan penyebab gagalnya
> transpose tersebut.
>
> prosesnya memanfaatkan array, karena proses baca tulis ke range lebih
> lambat dibandingkan proses baca tulis melalui array
>
> Sub Tes5()
> Dim TStart As Single
> Dim myArray(0 To 9999) As Long
> Dim i As Long
> Dim rng As Range
>
> TStart = Timer
> For i = 1 To 10000
> myArray(i - 1) = i
> Next i
> Set rng = Range("o1:o10000")
> rng.Value = Application.WorksheetFunction.Transpose(myArray)
> Range("E5").Value = Format(Timer - TStart, "#,##0.0000")
> End Sub
>
> silakan coba dibandingkan hasilnya, di komputer Jan script tersebut
> berjalan 32 x lebih cepat dibandingkan Tes2
>
> salam,
>
>
> -Miss Jan Raisin-
>
>
> Pada 24 Agustus 2013 11.25, hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com >menulis:
>
>>
>> Dear Be Excellers,
>> Terlampir adalah hasil uji coba (tes) Looping For ... Next dan For each
>> ... Next pake timer.
>>
>> Pertanyaan:
>> Mengapa dengan menggunakan For ... Next (Tes2, tanpa formula) hasilnya
>> lebih cepat dibandingkan dengan For each ... Next (Tes3 dan Tes 4).
>>
>> Salam,
>> HK
>>
>>
>
Tanya : Komputer yg bapak gunakan itu dengan spek seprti apa ? dan berapa
memory nya ?
dengan komputer ku , berbeda jauh hasilnya ?
Awal Optimasi 1 Optimasi 2 589.531,00 detik 35.313,00 detik
35.547,00 detik 24.063,00 detik 22.227,00 detik 22.344,00 detik
25.898,00 detik 23.828,00 detik 24.336,00 detik 26.133,00 detik
23.516,00 detik 23.750,00 detik
2013/8/24 De Premor <de@premor.net>
> Idem sama mis Jan
>
>
>
> Optimasi 1 : Menambahkan routine untuk mematikan AutoCalculation
> Optimasi 2: Mengganti routine di Tes3 => *Range("
> *r = r.Row
>
> *Kenapa di Optimasi 2 saya ganti, ya karena disitulah kelebihan For
> Each...Next, si "*r*" itu sudah ketahuan dengan jelas tempatnya dan
> segala sesuatunya, jadi tidak perlu ditunjukin lagi, jadi bisa menghemat
> waktu si excel buat mengecek r.Row itu isinya berapa.
>
> CMIIW
>
>
>
> On 24-08-2013 14:10, Jan Raisin wrote:
>
>
> boleh jawab kan pak Hendrik..
>
> sepengetahuan Jan, For Each - Next bekerja lebih cepat dibandingkan
> dengan For To - Next, karena pada For Each tidak ada proses menghitung
> lebih dahulu
> ilustrasinya adalah begini:
>
> Di atas meja makan ada combro (kenapa combro? karena Jan senang makan
> combro xixixixi ^_^)
>
> perintah 1: Untuk setiap combro yang ada, makan sampai habis >> for each
> akan lebih cepat prosesnya jika dibandingkan dengan
>
> perintah 2: Untuk combro ke 1 sampai ke sekian makan sampai habis >> for
> to
> karena pada perintah ke-2 ada proses menghitung dahulu sebelum Be-Exceller
> memakan combro yang ada di atas meja
>
> Tetapi hal ini akan akan berbeda jika ada pekerjaan yang harus
> dijalankan lagi di dalam blok for each
> pekerjaannya mana? bisa dilihat dari setiap titik yang ada dalam script
> 1 buah titik mewakili 1 buah pekerjaan atau proses
>
> misal:
> range("
> selection.value = 1
>
> akan diproses lebih lama dibandingkan script
> range("
>
> walau pun perbedaannya di komputer sekarang hampir tidak terasa
>
> coba lihat di prosedur Tes3 dan Tes4 saat akan memasukan nilai ada 1
> buah pekerjaan yang harus dilakukan dahulu yaitu mencari nilai barisnya
> terlebih dahulu
> sedangkan di prosedur Tes2 tidak ada pekerjaan tersebut
>
> oia.. Jan mau nyumbang script.. tapi minta tolong semua batasannya
> diturunin dari 100k baris menjadi 10k baris
> karena pada saat proses transpose untuk 100k selalu gagal.. mungkin nanti
> mr Kid atau pak Anton bisa memberikan penjelasan penyebab gagalnya
> transpose tersebut.
>
> prosesnya memanfaatkan array, karena proses baca tulis ke range lebih
> lambat dibandingkan proses baca tulis melalui array
>
> Sub Tes5()
> Dim TStart As Single
> Dim myArray(0 To 9999) As Long
> Dim i As Long
> Dim rng As Range
>
> TStart = Timer
> For i = 1 To 10000
> myArray(i - 1) = i
> Next i
> Set rng = Range("
> rng.Value = Application.
> Range("
> End Sub
>
> silakan coba dibandingkan hasilnya, di komputer Jan script tersebut
> berjalan 32 x lebih cepat dibandingkan Tes2
>
> salam,
>
>
> -Miss Jan Raisin-
>
>
> Pada 24 Agustus 2013 11.25, hendrik karnadi <hendrikkarnadi@
>
>>
>> Dear Be Excellers,
>> Terlampir adalah hasil uji coba (tes) Looping For ... Next dan For each
>> ... Next pake timer.
>>
>> Pertanyaan:
>> Mengapa dengan menggunakan For ... Next (Tes2, tanpa formula) hasilnya
>> lebih cepat dibandingkan dengan For each ... Next (Tes3 dan Tes 4).
>>
>> Salam,
>> HK
>>
>>
>
Sat Aug 24, 2013 3:50 am (PDT) . Posted by:
"De Premor" de.premor
Ini Spec Desktop yang saya gunakan buat ngetes tadi, cuman pakai i3 @
3.3 Ghz, OS 64 Bit dengan RAM 8 Gb
On 24-08-2013 17:04, lkm jktind wrote:
>
> Pak De Premor
>
>
> Tanya : Komputer yg bapak gunakan itu dengan spek seprti apa ? dan
> berapa memory nya ?
>
>
> dengan komputer ku , berbeda jauh hasilnya ?
>
>
>
>
> Awal Optimasi 1 Optimasi 2
> 589.531,00detik 35.313,00detik 35.547,00detik
> 24.063,00detik 22.227,00detik 22.344,00detik
> 25.898,00detik 23.828,00detik 24.336,00detik
> 26.133,00detik 23.516,00detik 23.750,00detik
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
> 2013/8/24 De Premor <de@premor.net <mailto:de@premor.net>>
>
> Idem sama mis Jan
>
>
>
> Optimasi 1 : Menambahkan routine untuk mematikan AutoCalculation
> Optimasi 2: Mengganti routine di Tes3 => *Range("C" & r.Row) =
> r.Row* menjadi *r = r.Row
>
> *Kenapa di Optimasi 2 saya ganti, ya karena disitulah kelebihan
> For Each...Next, si "*r*" itu sudah ketahuan dengan jelas
> tempatnya dan segala sesuatunya, jadi tidak perlu ditunjukin lagi,
> jadi bisa menghemat waktu si excel buat mengecek r.Row itu isinya
> berapa.
>
> CMIIW
>
>
>
> On 24-08-2013 14 <tel:24-08-2013%2014>:10, Jan Raisin wrote:
>> boleh jawab kan pak Hendrik..
>>
>> sepengetahuan Jan, For Each - Next bekerja lebih cepat
>> dibandingkan dengan For To - Next, karena pada For Each tidak ada
>> proses menghitung lebih dahulu
>> ilustrasinya adalah begini:
>>
>> Di atas meja makan ada combro (kenapa combro? karena Jan senang
>> makan combro xixixixi ^_^)
>>
>> perintah 1: Untuk setiap combro yang ada, makan sampai habis >>
>> for each
>> akan lebih cepat prosesnya jika dibandingkan dengan
>>
>> perintah 2: Untuk combro ke 1 sampai ke sekian makan sampai habis
>> >> for to
>> karena pada perintah ke-2 ada proses menghitung dahulu sebelum
>> Be-Exceller memakan combro yang ada di atas meja
>>
>> Tetapi hal ini akan akan berbeda jika ada pekerjaan yang harus
>> dijalankan lagi di dalam blok for each
>> pekerjaannya mana? bisa dilihat dari setiap titik yang ada dalam
>> script
>> 1 buah titik mewakili 1 buah pekerjaan atau proses
>>
>> misal:
>> range("a1").select
>> selection.value = 1
>>
>> akan diproses lebih lama dibandingkan script
>> range("a1").value = 1
>>
>> walau pun perbedaannya di komputer sekarang hampir tidak terasa
>>
>> coba lihat di prosedur Tes3 dan Tes4 saat akan memasukan nilai
>> ada 1 buah pekerjaan yang harus dilakukan dahulu yaitu mencari
>> nilai barisnya terlebih dahulu
>> sedangkan di prosedur Tes2 tidak ada pekerjaan tersebut
>>
>> oia.. Jan mau nyumbang script.. tapi minta tolong semua
>> batasannya diturunin dari 100k baris menjadi 10k baris
>> karena pada saat proses transpose untuk 100k selalu gagal..
>> mungkin nanti mr Kid atau pak Anton bisa memberikan penjelasan
>> penyebab gagalnya transpose tersebut.
>>
>> prosesnya memanfaatkan array, karena proses baca tulis ke range
>> lebih lambat dibandingkan proses baca tulis melalui array
>>
>> Sub Tes5()
>> Dim TStart As Single
>> Dim myArray(0 To 9999) As Long
>> Dim i As Long
>> Dim rng As Range
>> TStart = Timer
>> For i = 1 To 10000
>> myArray(i - 1) = i
>> Next i
>> Set rng = Range("o1:o10000")
>> rng.Value = Application.WorksheetFunction.Transpose(myArray)
>> Range("E5").Value = Format(Timer - TStart, "#,##0.0000")
>> End Sub
>>
>> silakan coba dibandingkan hasilnya, di komputer Jan script
>> tersebut berjalan 32 x lebih cepat dibandingkan Tes2
>>
>> salam,
>>
>>
>> -Miss Jan Raisin-
>>
>>
>> Pada 24 Agustus 2013 11.25, hendrik karnadi
>> <hendrikkarnadi@yahoo.com <mailto:hendrikkarnadi@yahoo.com >> menulis:
>>
>> Dear Be Excellers,
>> Terlampir adalah hasil uji coba (tes) Looping For ... Next
>> dan For each ... Next pake timer.
>>
>> Pertanyaan:
>> Mengapa dengan menggunakan For ... Next (Tes2, tanpa
>> formula) hasilnya lebih cepat dibandingkan dengan For each
>> ... Next (Tes3 dan Tes 4).
>>
>> Salam,
>> HK
>>
>
>
>
3.3 Ghz, OS 64 Bit dengan RAM 8 Gb
On 24-08-2013 17:04, lkm jktind wrote:
>
> Pak De Premor
>
>
> Tanya : Komputer yg bapak gunakan itu dengan spek seprti apa ? dan
> berapa memory nya ?
>
>
> dengan komputer ku , berbeda jauh hasilnya ?
>
>
>
>
> Awal Optimasi 1 Optimasi 2
> 589.531,00detik 35.313,00detik 35.547,00detik
> 24.063,00detik 22.227,00detik 22.344,00detik
> 25.898,00detik 23.828,00detik 24.336,00detik
> 26.133,00detik 23.516,00detik 23.750,00detik
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
> 2013/8/24 De Premor <de@premor.net <mailto:de@premor.net>>
>
> Idem sama mis Jan
>
>
>
> Optimasi 1 : Menambahkan routine untuk mematikan AutoCalculation
> Optimasi 2: Mengganti routine di Tes3 => *Range("
> r.Row* menjadi *r = r.Row
>
> *Kenapa di Optimasi 2 saya ganti, ya karena disitulah kelebihan
> For Each...Next, si "*r*" itu sudah ketahuan dengan jelas
> tempatnya dan segala sesuatunya, jadi tidak perlu ditunjukin lagi,
> jadi bisa menghemat waktu si excel buat mengecek r.Row itu isinya
> berapa.
>
> CMIIW
>
>
>
> On 24-08-2013 14 <tel:24-08-
>> boleh jawab kan pak Hendrik..
>>
>> sepengetahuan Jan, For Each - Next bekerja lebih cepat
>> dibandingkan dengan For To - Next, karena pada For Each tidak ada
>> proses menghitung lebih dahulu
>> ilustrasinya adalah begini:
>>
>> Di atas meja makan ada combro (kenapa combro? karena Jan senang
>> makan combro xixixixi ^_^)
>>
>> perintah 1: Untuk setiap combro yang ada, makan sampai habis >>
>> for each
>> akan lebih cepat prosesnya jika dibandingkan dengan
>>
>> perintah 2: Untuk combro ke 1 sampai ke sekian makan sampai habis
>> >> for to
>> karena pada perintah ke-2 ada proses menghitung dahulu sebelum
>> Be-Exceller memakan combro yang ada di atas meja
>>
>> Tetapi hal ini akan akan berbeda jika ada pekerjaan yang harus
>> dijalankan lagi di dalam blok for each
>> pekerjaannya mana? bisa dilihat dari setiap titik yang ada dalam
>> script
>> 1 buah titik mewakili 1 buah pekerjaan atau proses
>>
>> misal:
>> range("
>> selection.value = 1
>>
>> akan diproses lebih lama dibandingkan script
>> range("
>>
>> walau pun perbedaannya di komputer sekarang hampir tidak terasa
>>
>> coba lihat di prosedur Tes3 dan Tes4 saat akan memasukan nilai
>> ada 1 buah pekerjaan yang harus dilakukan dahulu yaitu mencari
>> nilai barisnya terlebih dahulu
>> sedangkan di prosedur Tes2 tidak ada pekerjaan tersebut
>>
>> oia.. Jan mau nyumbang script.. tapi minta tolong semua
>> batasannya diturunin dari 100k baris menjadi 10k baris
>> karena pada saat proses transpose untuk 100k selalu gagal..
>> mungkin nanti mr Kid atau pak Anton bisa memberikan penjelasan
>> penyebab gagalnya transpose tersebut.
>>
>> prosesnya memanfaatkan array, karena proses baca tulis ke range
>> lebih lambat dibandingkan proses baca tulis melalui array
>>
>> Sub Tes5()
>> Dim TStart As Single
>> Dim myArray(0 To 9999) As Long
>> Dim i As Long
>> Dim rng As Range
>> TStart = Timer
>> For i = 1 To 10000
>> myArray(i - 1) = i
>> Next i
>> Set rng = Range("
>> rng.Value = Application.
>> Range("
>> End Sub
>>
>> silakan coba dibandingkan hasilnya, di komputer Jan script
>> tersebut berjalan 32 x lebih cepat dibandingkan Tes2
>>
>> salam,
>>
>>
>> -Miss Jan Raisin-
>>
>>
>> Pada 24 Agustus 2013 11.25, hendrik karnadi
>> <hendrikkarnadi@
>>
>> Dear Be Excellers,
>> Terlampir adalah hasil uji coba (tes) Looping For ... Next
>> dan For each ... Next pake timer.
>>
>> Pertanyaan:
>> Mengapa dengan menggunakan For ... Next (Tes2, tanpa
>> formula) hasilnya lebih cepat dibandingkan dengan For each
>> ... Next (Tes3 dan Tes 4).
>>
>> Salam,
>> HK
>>
>
>
>
Fri Aug 23, 2013 10:39 pm (PDT) . Posted by:
hartini_80
Dear all,
Saya ingin mengetahui lama perjalanan karyawan, mengacu pada 4 kolom, jika kary melakukan perjalanan 2x maka kolom acuan adalah D, sedangkan jika melakukan 1x perjalanan kolom acuan adalah B, selama ini saya hanya menggunakan pengurangan biasa, jadi jika kary hanya melakukan 1x perjalanan maka harus di hitung manual, adakah dari rekan2 semua yg bisa membantu.
Mohon pencerahannya
Salam
Tiny
Powered by Telkomsel BlackBerry®
Saya ingin mengetahui lama perjalanan karyawan, mengacu pada 4 kolom, jika kary melakukan perjalanan 2x maka kolom acuan adalah D, sedangkan jika melakukan 1x perjalanan kolom acuan adalah B, selama ini saya hanya menggunakan pengurangan biasa, jadi jika kary hanya melakukan 1x perjalanan maka harus di hitung manual, adakah dari rekan2 semua yg bisa membantu.
Mohon pencerahannya
Salam
Tiny
Powered by Telkomsel BlackBerry®
GROUP FOOTER MESSAGE
=====================================================================
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
Tidak ada komentar:
Posting Komentar