Selasa, 27 Agustus 2013

[belajar-excel] Digest Number 2495

15 New Messages

Digest #2495
1a
3a
Re: Otomatisasi Format Object foto di MS Excel 2007 by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
5a
Re: memindah sebagian kata dalam satu cell ke cell lain by "zainul_ulum[at]yahoo[dot]com" zainul_ulum
6c
Re: Hitung Absen Payroll by "zainul_ulum[at]yahoo[dot]com" zainul_ulum
7a
Fw: [belajar-excel] memperkecil file excel by "hendrik karnadi" hendrikkarnadi
7c
Fw: Fw: [belajar-excel] memperkecil file excel by "hendrik karnadi" hendrikkarnadi
9a
Bls: [belajar-excel] Memanfaatkan VLOOKUP by "Prodev SIMPLE PB" prodev_simple

Messages

Mon Aug 26, 2013 5:21 am (PDT) . Posted by:

"Shenly" shenly_excelmania

oooohhh iaa.....penjelasan dari Miss.jan mengakhir rasa penasaran saya ampe tuntas...

terima kasih Miss jan
 
Salam
Shenly ^^*

________________________________
Dari: Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Senin, 26 Agustus 2013 17:35
Judul: Re: [belajar-excel] Hasil IF yang aneh?????


 
 وَعَلَيْكُمُ  لسَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

susah juga kalo gak ada sample workbooknya..

tapi gini aja deh..

1. coba shenly ke TKP,
2. lalu tekan tombol F2
3. blok H22 dalam formula, lalu tekan tombol F9
4. blok H23 dalam formula, lalu tekan tombol F9

lihat hasilnya sama atau tidak?

coba juga cek pembulatan angka dibelakang desimal

وَسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

-Miss Jan Raisin-

Pada 26 Agustus 2013 16.18, Shenly <shenly_excelmania@yahoo.co.id> menulis:


>Assalamualaikun Wr.Wb.
>hai teman-teman dan para master beExcelr sekalia, Shenly return to ask , hihihihii...nanya terus bisanya 
>jadi begini master, sya kan membuat sebuah REPORT PERBANDINGAN, antara SUMMARY dengan TABEL DETAIL, untuk fungsinya cukup sederhana, saya menggunakan "IF" dengan coding sprti ini : 
>=IF(H22>H23,"Report Summary lebih besar",IF(H23>H22,"Report Detail lebih besar","Balance&quot;))
>penjelasan
>SUMMARY = Adalah total jumlah dari TABEL DETAIL
>TABEL DETIL = Adalah rincian secara detail mengenai transaki customer
>
>
>nah ketika saya cek REPORT PERBANDINGAN , ternyata ada keterangan "Report Summary Lebih Besar" 
>padahal sudah sya lihat dengan mata Blotot nilainya sama perciisssss, tapi sesudah sya cek ulang, ternyata ada perbandingan 1 (satu)
>tapi yang anehnya ko di total SUMMARY sama TABEL DETAIL ko sama yah, 
>nah yang jadi pertanyaan saya, ko Fungsi "IF" bisa menghasilkan nilai sprti itu yahh....
>
>
>mohon penjelasannya
>
>
>Terima kasih

>Salam
>Shenly ^^*
>
>

Mon Aug 26, 2013 5:38 am (PDT) . Posted by:

hartini_80


------Original Message------
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Menentukan lama perjalanan
Sent: Aug 24, 2013 13:36

Dear all,
Saya ingin mengetahui lama perjalanan karyawan, mengacu pada 4 kolom, jika kary melakukan perjalanan 2x maka kolom acuan adalah D, sedangkan jika melakukan 1x perjalanan kolom acuan adalah B, selama ini saya hanya menggunakan pengurangan biasa, jadi jika kary hanya melakukan 1x perjalanan maka harus di hitung manual, adakah dari rekan2 semua yg bisa membantu.
Mohon pencerahannya
Salam
Tiny


Powered by Telkomsel BlackBerry�

Mon Aug 26, 2013 6:31 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Thread ini sudah lama tapi belum ada yang menyentuh.

Moga-moga langkah berikut ini ndak membingungkan (xl2007, mungkin bisa di
xl2003)
1. save as workbook dengan save as type dipilih Macro Enabled Workbook
(.xlsm) atau Excel 97-2003 (.xls)
2. ke VBE (ALT F11)
3. buat sebuah general module (menu Insert -> module)
4. copas prosedur berikut :
public sub AturFormatShape()
dim vShp as variant, shp as shape
vshp=selection
if vartype(vshp)<>vbobject then 'cek, kalo bukan object, keluar saja
exit sub
endif

'sampai sini pastilah object
set shp=activesheet.shapes(vshp.name) 'simpan si shape
with shp 'kerja di shape
'a. bingkai garis 2 pt merah
with .line 'kerja pada garisnya
.dashstyle=msolinesolid
.style=msolinesingle
.weight=2 '2pt
.forecolor.schemecolor=2 'indeks warna merah
end with

'b. lengkung di sudut (rounded rectangle)
.autoshapetype=msoshaperoundedrectangle

'c. yang kiri jadi kanan dan yang kanan jadi kiri (flip horizontal)
.flip msofliphorizontal
end with
end sub

5. kembali ke workbook window (tekan ALT F11)
6. atur shortcut (tekan ALT F8 -> pilih nama prosedur, yaitu
AturFormatShape -> tekan Option -> bagian Shortcut key diisi huruf q -> OK
-> Cancel)
7. save workbook
8. klik sebuah shape -> tekan CTRL Q

Wassalam,
Kid.

2013/8/23 <agung.widodo01@id.panasonic.com>

> **
>
>
> Rekans Be-Excel,****
>
> ** **
>
> Newbie di Excel 2007 sering melakukan hal ini jadi ingin membuat
> otomatisasi langkah****
>
> (dengan tombol yang mengaktifkan makro dengan shortcut Ctl+q) untuk
> perintah formatting obyek yang dipilih sebagai berikut,****
>
> 1. Setelah saya select Foto (yang sudah diinsert ke lembar kerja Excel)
> ****
> 2. Saya tekan Ctrl+q****
> 3. maka Foto yang dipilih dilangkah 1 akan :****
> 1. Menjadi berbingkai garis 2pts warna merah****
> 2. Ada lengkung radius di tiap sudutnya****
> 3. Foto berubah dalam format negatif (rotate 180derajat, kanan jadi
> dikiri, kiri ada dikanan)****
>
> ** **
>
> ** **
>
> Bagaimana macro atau sampel filenya.?****
>
> Untuk otomatisasi data di spreadsheet sederhana, namun saya kesulitan saat
> membuat otomatisasi langkah2 tersebut pada foto.****
>
> ** **
>
> Kiranya ada yang bisa membantu membuatkan.****
>
> Lebih diharapkan dikirim dengan lampiran berisi makronya, foto bebas****
>
> ** **
>
> Terimakasih banyak.****
>
> ** **
>
> Wassalam****
>
> AW.****
>
>
>

Mon Aug 26, 2013 7:24 pm (PDT) . Posted by:

"agung aldhino" d_nozz

Mr Kid,
saya sudah mencoba salah satu file macro milik Mr Kid. tapi setelah jadi, akan coba saya kirim melalui email.
kenapa kok image/foto nya tidak nongol ya.... tapi jika dikirim via email berikut data file imagenya, hasilnya bisa muncul.
maksudnya, file tersebut selalu nge-link ke file imagenya. walaupun code macro sudah saya hapus semuanya.
mungkin gambar berikut bisa menjelaskan maksudnya. bagaimana cara mengatasinya?

________________________________
Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
Kepada: BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com>
Dikirim: Senin, 26 Agustus 2013 20:31
Judul: Re: [belajar-excel] Otomatisasi Format Object foto di MS Excel 2007

 
Thread ini sudah lama tapi belum ada yang menyentuh.
Moga-moga langkah berikut ini ndak membingungkan (xl2007, mungkin bisa di xl2003)
1. save as workbook dengan save as type dipilih Macro Enabled Workbook (.xlsm) atau Excel 97-2003 (.xls)
2. ke VBE (ALT F11)
3. buat sebuah general module (menu Insert -> module)
4. copas prosedur berikut :
public sub AturFormatShape()

   dim vShp as variant, shp as shape

   vshp=selection

   if vartype(vshp)<>vbobject then   'cek, kalo bukan object, keluar saja

      exit sub

   endif

   'sampai sini pastilah object

   set shp=activesheet.shapes(vshp.name)    'simpan si shape

   with shp    'kerja di shape

       'a. bingkai garis 2 pt merah

       with .line   'kerja pada garisnya

          .dashstyle=msolinesolid

          .style=msolinesingle

          .weight=2   '2pt

          .forecolor.schemecolor=2   'indeks warna merah

       end with

        'b. lengkung di sudut (rounded rectangle)

        .autoshapetype=msoshaperoundedrectangle

        'c. yang kiri jadi kanan dan yang kanan jadi kiri (flip horizontal)

        .flip msofliphorizontal

   end with
end sub

5. kembali ke workbook window (tekan ALT F11)

6. atur shortcut (tekan ALT F8 -> pilih nama prosedur, yaitu AturFormatShape -> tekan Option -> bagian Shortcut key diisi huruf q -> OK -> Cancel)

7. save workbook

8. klik sebuah shape -> tekan CTRL Q

Wassalam,

Kid.

2013/8/23 <agung.widodo01@id.panasonic.com>
 
>Rekans Be-Excel,

>Newbie di Excel 2007 sering melakukan hal ini jadi ingin membuat otomatisasi langkah
>(dengan tombol yang mengaktifkan makro dengan shortcut Ctl+q) untuk perintah formatting obyek yang dipilih sebagai berikut,
> 1. Setelah saya select Foto (yang sudah diinsert ke lembar kerja Excel)
> 2. Saya tekan Ctrl+q
> 3. maka Foto yang dipilih dilangkah 1 akan :
> 1. Menjadi berbingkai garis 2pts warna merah
> 2. Ada lengkung radius di tiap sudutnya
> 3. Foto berubah dalam format negatif (rotate 180derajat, kanan jadi dikiri, kiri ada dikanan)


>Bagaimana macro atau sampel filenya.?
>Untuk otomatisasi data di spreadsheet sederhana, namun saya kesulitan saat membuat otomatisasi langkah2 tersebut pada foto.

>Kiranya ada yang bisa membantu membuatkan.
>Lebih diharapkan dikirim dengan lampiran berisi makronya, foto bebas

>Terimakasih banyak.

>Wassalam
>AW.

Mon Aug 26, 2013 4:39 pm (PDT) . Posted by:

"Abang Jakarta" budi170177

Dear Master Excel, 

Mohon penjelasannya kembali ... karena saya masih belum paham ketika interval waktu berubah menjadi 09.00 - 12.00, 12.00 - 15.00, 15.00 - 18.00, 18.00 - 21.00.

Maaf ya Mr. Kid ... belum ngerti saya .... maaf ya ....

Terimakasih
Arkan

________________________________
From: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
To: BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Tuesday, August 20, 2013 9:47 AM
Subject: Re: Fw: [belajar-excel] Menghitung data dan tulisan dengan range waktu


 
Hai Arkan,

1. formula untuk ID di sheet summary adalah array formula. Coba pelajari tentang array formula. Slaah satunya ada disini.
2. data waktu dalam komputer dimulai dari 00:00:00 sampai 9999-12-31 23:59:59 artinya,
>> jika akan menyatakan interval waktu dari jam 7 pagi sampai jam 3 sore akan bernilai 07:00 - 15:00

>> jika akan menyatakan interval dari jam 8 malam hari ini sampai dengan jam 5 besok pagi akan bernilai 20:00 - 1900-01-01 05:00:00

>> jika akan menyatakan interval dari jam 5 pas hari ini sampai sebelum jam 5 besok pagi akan bernilai 05:00 - 1900-01-01 04:59:59

3. pada sheet Total Call baris 3 berisi interval 09.00 - 12.00 yang berarti 9 pagi sampai 12 siang dan seterusnya

>>  untuk interval berbunyi 12.00 - 03.00 tersebut dimaksudkan adalah setelah jam 12 siang sampai dengan jam 3 dini hari (sudah berganti hari), sedangkan data hanya menyimpan nilai waktu tanpa diketahui harinya, maka pada interval ini harus dihitung dengan menjumlahkan hasil 2 interval, yaitu setelah 12.00 siang sampai 24:00  ditambahkan dengan setelah 00:00 sampai 03:00

>> bagian setelah 12.00 siang sampai 24:00 akan berbunyi : (D3 berisi nilai bertipe teks berbunyi 12.00 - 03.00)
SUMPRODUCT(('CALL IN HT'!$A$6:$A$5880=&#39;TOTAL CALL'!$B4)*('CALL IN HT'!$B$6:$B$5880>--SUBSTITUTE(LEFT('TOTAL CALL'!D$3,5),".",":"))*('CALL IN HT'!$B$6:$B$5880<="24:00"))

>> bagian setelah 00:00 sampai 03:00 akan berbunyi : (D3 berisi nilai bertipe teks berbunyi 12.00 - 03.00)
SUMPRODUCT(('CALL IN HT'!$A$6:$A$5880=&#39;TOTAL CALL'!$B4)*('CALL IN HT'!$B$6:$B$5880>--"00:00")*('CALL IN HT'!$B$6:$B$5880<=--SUBSTITUTE(RIGHT('TOTAL CALL'!D$3,5),".",":")))

>> maka cell D4 akan memiliki formula berbunyi :
=SUMPRODUCT(('CALL IN HT'!$A$6:$A$5880=&#39;TOTAL CALL'!$B4)*('CALL IN HT'!$B$6:$B$5880>--SUBSTITUTE(LEFT('TOTAL CALL'!D$3,5),".",":"))*('CALL IN HT'!$B$6:$B$5880<="24:00"))+SUMPRODUCT(('CALL IN HT'!$A$6:$A$5880=&#39;TOTAL CALL'!$B4)*('CALL IN HT'!$B$6:$B$5880>--"00:00")*('CALL IN HT'!$B$6:$B$5880<=--SUBSTITUTE(RIGHT('TOTAL CALL'!D$3,5),".",":")))

4. sheet Summary tergantung hasil formula di sheet Total, jadi teks interval di baris 3 tidak berpengaruh apapun pada formula di sheet summary.

5. Pada file lampiran yang lalu, diasumsikan interval 09.00 - 12.00 berarti setelah jam 9 pagi sampai dengan jam 24:00

>> Sesuaikan formula di sheet Total call dengan nomor 3 jika ada perbedaan asumsi antara file lampiran yang lalu dengan yang Anda maksudkan.

Wassalam,

Kid.

2013/8/20 Abang Jakarta <abang_jakarta17@yahoo.com>


>Hi Mr.Kid,
>
>
>Saya coba copy dn meniru rumus yang di call in untuk digunakan di Call Out dan Not Connected, tapi koq ga bisa ya .... minta petunjuknya lagi dong....
>
>
>Pada sheet total call di cell itu ada jamnya 21.00 - 12.00 dst ... kalau jamnya diganti dengan waktu pagi 09.01 - 12.00 , 12.01 - 03.00 dst.. berpengaruh ke rumus ga?
>
>
>terimakasih
>Arkan
>
>
>----- Forwarded Message -----
>From: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
>To: BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com>
>Sent: Friday, August 16, 2013 9:57 PM
>Subject: Re: [belajar-excel] Menghitung data dan tulisan dengan range waktu
>
>
>

>Hai Arkan,
>
>Mungkin interval waktu nya diubah menjadi 21.00 - 24.00    00.00 - 03.00 dst
>
>File terlampir.
>
>Wassalam,
>Kid.
>
>
>
>
>
>2013/8/16 Abang Jakarta <abang_jakarta17@yahoo.com>
>
>
>> 
>>Dear Master excel,
>>
>>
>>Mohon pencerahannya. 
>>
>>
>>Pada attachment ini, ada 4 sheet:
>>1) CALL IN 
>>2) CALL OUT 
>>3) TOTAL CALL
>>4) SUMMARY
>>
>>
>>Saya bermaksud menghitung setiap aktifitas " ID " pada sheet CALL IN dan CALL OUT yang akan muncul pada sheet TOTAL CALL di masing-masing range waktu 09.00 -12.00 , 12.00 - 03.00 , 03.00 - 06.00, 06.00 - 09.00. Kemudian di Sheet CALL OUT pada kolom REMARKS, setiap kalimat NOT CONNECTED dihitung dan dimasukkan pada kolom NOT CONNECTED sesuai dengan range waktu pada kolom tersebut.
>>
>>
>>Dikolom TOTAL CALL (hanya pada CALL IN DAN CALL OUT) dalam range waktu tersebut jika setiap ID hanya mempunyai 1 nilai (kurang dari 3)  maka akan berwarna merah angkanya dan tebal
>>
>>
>>Pada Sheet SUMMARY menunjukkan 10 aktivitas terbanyak dari masing2 ID pada CALL IN, CALL OUT dan NOT CONNECTED
>>
>>
>>Mohon juga koreksi terhadap rumus yang sudah ada di Sheet TOTAL CALL pada bagian CALL IN dan CALL OUT karena nilainya tidak muncul disetiap baris dan kalau rumus atau field terisi sampai A 138 kenapa filenya jadi besar ya sampai 400 kb lebih, apa ada yang salah?
>>
>>
>>
>>
>>Terimakasih
>>Arkan
>
>
>

Mon Aug 26, 2013 7:14 pm (PDT) . Posted by:

"zainul_ulum[at]yahoo[dot]com" zainul_ulum

1. Ganti spasi dengan spasi sebanyak missal 1000
= SUBSTITUTE(A1," ",REPT(" ",1000))

2. Hasil langkah nomer 1, Ambil text dari kanan sebanyak 1000
= RIGHT(SUBSTITUTE(A1," ",REPT(" ",1000)),1000)

3. Hapus sisa spasi di kiri dengan TRIM
=TRIM(RIGHT(SUBSTITUTE(A1," ",REPT(" ",1000)),1000))

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
On Behalf Of hadyan
Sent: Monday, August 26, 2013 3:36 PM
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: [belajar-excel] memindah sebagian kata dalam satu cell ke cell lain

 
misal dalam 1 cel A1 terdapat kalima "AKU CINTA EXCEL", kemudian saya ingin
memindahkan sebagian kata saja "EXCEL" ke cell B1. dengan formula apa yg
harus digunakan??

Mon Aug 26, 2013 7:42 pm (PDT) . Posted by:

"Bagus" bagus4bls

Dear hadyan;

Misalkan kata yang yang mau dipindahkan adalah

AKU =LEFT(A1,FIND(" ",A1)-1)
CINTA =MID(A1,FIND(" ",A1)+1,FIND(" ",A1,FIND(" ",A1)+1)-FIND(" ",A1)-1)
EXCEL =RIGHT(A1,LEN(A1)-FIND(" ",A1,FIND(" ",A1)+1))

Wassalam

~ Bagus ~
----- Original Message -----
From: hadyan
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Monday, August 26, 2013 3:35 PM
Subject: [belajar-excel] memindah sebagian kata dalam satu cell ke cell lain

misal dalam 1 cel A1 terdapat kalima "AKU CINTA EXCEL", kemudian saya ingin memindahkan sebagian kata saja "EXCEL" ke cell B1. dengan formula apa yg harus digunakan??

Mon Aug 26, 2013 7:30 pm (PDT) . Posted by:

"indria pie" mas_pie3

dear miss jan raisin

terima kasih sekali solusinya.
betul sekali tujuannya nanti untuk menghitung lembur sesuai aturan, tapi itu hanya untuk mengedit file dari dbf di excel 2003

untuk perhitungan lembur yang menggunakan excel sudah saya terapkan untuk karyawan harian.

salam,
pie

________________________________
Dari: Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Sabtu, 24 Agustus 2013 9:31
Judul: Re: [belajar-excel] Hitung Absen Payroll


 
hai Indria Pie,

1. coba ubah dahulu semua data di kolom F dan kolom G menjadi bertipe Time, contohnya 8,00 diganti menjadi 8:00
2. pada cell H2 (kolom Jam) diisi dengan formula =((G2-F2)*24)-1 lalu kopi ke bawah
3. pada cell I2 (kolom LMB1) diisi dengan formula =IF(P2>=8;1;IF((P2>7)*(P2<8);P2-7;0))
4. pada cell J2 (kolom LMB2) diisi dengan formula =IF(P2>7;P2-Q2-7;0)

kelihatannya Pie mau menghitung jumlah jam kerja lembur berdasarkan KEP-102/MEN/VI/2004 ya?
jika benar dugaan Jan, dasar jam kerja yang dipakai berdasarkan ilustrasi pada sampel adalah 7 jam per hari dan 6 hari per minggu..

sekedar usul dari Jan, seharusnya yang dihitung adalah langsung ke tarif lemburnya..
misal:
kurang dari 1 jam = 0
1 jam pertama = 1,5
jam ke 2 sd 4 masing-masing = 2
hari libur maka langsung masuk ke LMB 2 dengan total jam lembur langsung dikali 2

cara ini akan lebih memudahkan HR untuk langsung menghitung jumlah upah lembur yang harus dibayar ke masing-masing karyawan, karena hanya tinggal membagi gaji karyawan sebulan dengan angka 173 lalu mengalikan nilai tersebut dengan total tarif lemburnya

maaf kalo salah duga dan sengaja tidak melampirkan workbook solusinya..
maklum Jan kadang agak sotoy.. xixixixixi ^_^

Salam,

-Miss Jan Raisin-

Pada 23 Agustus 2013 11.31, indria pie <mas_pie3@yahoo.co.id> menulis:


>dear miss jan raisin
>1. bisa saja sih itu diubah, monggo. cuman sebagai catatan itu adalah hasil dari file dbf program payroll kami yang saya buka di excel 2003 bentuknya apa adanya seperti itu.....
>2. regional setingnya pake indonesia....
>
>
>terima kasih sebelumnya,
>
>
>salam,
>pie
>
>
>
>________________________________
> Dari: Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com>
>Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
>Dikirim: Jumat, 23 Agustus 2013 10:44
>Judul: Re: [belajar-excel] Hitung Absen Payroll
>
>
>

>hai Indria Pie..
>
>
>mau tanya dulu.. bisa kasih solusi atau tidaknya tergantung dari kondisi ya..
>
>
>1. kenapa untuk jamnya tidak menggunakan format time yang akan lebih memudahkan perhitungan ya? bisa tidak (boleh tidak kalo diganti ke format time? )
>2. regional setting komputer yang mas Pie gunakan itu English apa Indonesian? karena masalah titik dan koma sangat berpengaruh
>
>
>Salam,
>
>
>
>
>-Miss Jan Raisin-
>
>
>Pada 22 Agustus 2013 16.24, indria pie <mas_pie3@yahoo.co.id> menulis:
>
>
>> 
>>Yth.
>>be exceller semua
>>
>>
>>mohon bantuannya untuk rumus menghitung absen payroll kami jika dikerjakan dengan excel 2003 (karena filenya ntar bisa disave jadi dbf) heeee
>>
>>
>>mungkin mudah bagi panjenengan semua tapi masih sulit bagi saya.
>>data saya sertakan
>>
>>
>>terima kasih dan mohon maaf lahir dan batin untuk semua be exceller
>>
>>

Mon Aug 26, 2013 7:33 pm (PDT) . Posted by:

"indria pie" mas_pie3

dear miss jan raisin

terima kasih sekali solusinya.
betul sekali tujuannya nanti untuk menghitung lembur sesuai aturan, tapi itu hanya untuk mengedit file dari dbf di excel 2003

untuk perhitungan lembur yang menggunakan excel sudah saya terapkan untuk karyawan harian.

salam,
pie

________________________________
Dari: Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Sabtu, 24 Agustus 2013 9:31
Judul: Re: [belajar-excel] Hitung Absen Payroll


 
hai Indria Pie,

1. coba ubah dahulu semua data di kolom F dan kolom G menjadi bertipe Time, contohnya 8,00 diganti menjadi 8:00
2. pada cell H2 (kolom Jam) diisi dengan formula =((G2-F2)*24)-1 lalu kopi ke bawah
3. pada cell I2 (kolom LMB1) diisi dengan formula =IF(P2>=8;1;IF((P2>7)*(P2<8);P2-7;0))
4. pada cell J2 (kolom LMB2) diisi dengan formula =IF(P2>7;P2-Q2-7;0)

kelihatannya Pie mau menghitung jumlah jam kerja lembur berdasarkan KEP-102/MEN/VI/2004 ya?
jika benar dugaan Jan, dasar jam kerja yang dipakai berdasarkan ilustrasi pada sampel adalah 7 jam per hari dan 6 hari per minggu..

sekedar usul dari Jan, seharusnya yang dihitung adalah langsung ke tarif lemburnya..
misal:
kurang dari 1 jam = 0
1 jam pertama = 1,5
jam ke 2 sd 4 masing-masing = 2
hari libur maka langsung masuk ke LMB 2 dengan total jam lembur langsung dikali 2

cara ini akan lebih memudahkan HR untuk langsung menghitung jumlah upah lembur yang harus dibayar ke masing-masing karyawan, karena hanya tinggal membagi gaji karyawan sebulan dengan angka 173 lalu mengalikan nilai tersebut dengan total tarif lemburnya

maaf kalo salah duga dan sengaja tidak melampirkan workbook solusinya..
maklum Jan kadang agak sotoy.. xixixixixi ^_^

Salam,

-Miss Jan Raisin-

Pada 23 Agustus 2013 11.31, indria pie <mas_pie3@yahoo.co.id> menulis:


>dear miss jan raisin
>1. bisa saja sih itu diubah, monggo. cuman sebagai catatan itu adalah hasil dari file dbf program payroll kami yang saya buka di excel 2003 bentuknya apa adanya seperti itu.....
>2. regional setingnya pake indonesia....
>
>
>terima kasih sebelumnya,
>
>
>salam,
>pie
>
>
>
>________________________________
> Dari: Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com>
>Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
>Dikirim: Jumat, 23 Agustus 2013 10:44
>Judul: Re: [belajar-excel] Hitung Absen Payroll
>
>
>

>hai Indria Pie..
>
>
>mau tanya dulu.. bisa kasih solusi atau tidaknya tergantung dari kondisi ya..
>
>
>1. kenapa untuk jamnya tidak menggunakan format time yang akan lebih memudahkan perhitungan ya? bisa tidak (boleh tidak kalo diganti ke format time? )
>2. regional setting komputer yang mas Pie gunakan itu English apa Indonesian? karena masalah titik dan koma sangat berpengaruh
>
>
>Salam,
>
>
>
>
>-Miss Jan Raisin-
>
>
>Pada 22 Agustus 2013 16.24, indria pie <mas_pie3@yahoo.co.id> menulis:
>
>
>> 
>>Yth.
>>be exceller semua
>>
>>
>>mohon bantuannya untuk rumus menghitung absen payroll kami jika dikerjakan dengan excel 2003 (karena filenya ntar bisa disave jadi dbf) heeee
>>
>>
>>mungkin mudah bagi panjenengan semua tapi masih sulit bagi saya.
>>data saya sertakan
>>
>>
>>terima kasih dan mohon maaf lahir dan batin untuk semua be exceller
>>
>>

Mon Aug 26, 2013 7:37 pm (PDT) . Posted by:

"zainul_ulum[at]yahoo[dot]com" zainul_ulum

sekedar saran saja,

dibuat juga list hari libur nasional, karena kalo masuk di hari kibur nasional kan dihitung lembur. hitungannya seperti kalo masuk hari minggu atau sabtu jika sabtu libur.

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com] On Behalf Of indria pie
Sent: Tuesday, August 27, 2013 9:30 AM
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Bls: [belajar-excel] Hitung Absen Payroll

dear miss jan raisin

terima kasih sekali solusinya.

betul sekali tujuannya nanti untuk menghitung lembur sesuai aturan, tapi itu hanya untuk mengedit file dari dbf di excel 2003

untuk perhitungan lembur yang menggunakan excel sudah saya terapkan untuk karyawan harian.

salam,

pie

_____

Dari: Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Sabtu, 24 Agustus 2013 9:31
Judul: Re: [belajar-excel] Hitung Absen Payroll

hai Indria Pie,

1. coba ubah dahulu semua data di kolom F dan kolom G menjadi bertipe Time, contohnya 8,00 diganti menjadi 8:00

2. pada cell H2 (kolom Jam) diisi dengan formula =((G2-F2)*24)-1 lalu kopi ke bawah

3. pada cell I2 (kolom LMB1) diisi dengan formula =IF(P2>=8;1;IF((P2>7)*(P2<8);P2-7;0))

4. pada cell J2 (kolom LMB2) diisi dengan formula =IF(P2>7;P2-Q2-7;0)

kelihatannya Pie mau menghitung jumlah jam kerja lembur berdasarkan KEP-102/MEN/VI/2004 ya?

jika benar dugaan Jan, dasar jam kerja yang dipakai berdasarkan ilustrasi pada sampel adalah 7 jam per hari dan 6 hari per minggu..

sekedar usul dari Jan, seharusnya yang dihitung adalah langsung ke tarif lemburnya..

misal:

kurang dari 1 jam = 0

1 jam pertama = 1,5

jam ke 2 sd 4 masing-masing = 2

hari libur maka langsung masuk ke LMB 2 dengan total jam lembur langsung dikali 2

cara ini akan lebih memudahkan HR untuk langsung menghitung jumlah upah lembur yang harus dibayar ke masing-masing karyawan, karena hanya tinggal membagi gaji karyawan sebulan dengan angka 173 lalu mengalikan nilai tersebut dengan total tarif lemburnya

maaf kalo salah duga dan sengaja tidak melampirkan workbook solusinya..

maklum Jan kadang agak sotoy.. xixixixixi ^_^

Salam,

-Miss Jan Raisin-

Pada 23 Agustus 2013 11.31, indria pie <mas_pie3@yahoo.co.id> menulis:

dear miss jan raisin

1. bisa saja sih itu diubah, monggo. cuman sebagai catatan itu adalah hasil dari file dbf program payroll kami yang saya buka di excel 2003 bentuknya apa adanya seperti itu.....

2. regional setingnya pake indonesia....

terima kasih sebelumnya,

salam,

pie

_____

Dari: Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Jumat, 23 Agustus 2013 10:44
Judul: Re: [belajar-excel] Hitung Absen Payroll

hai Indria Pie..

mau tanya dulu.. bisa kasih solusi atau tidaknya tergantung dari kondisi ya..

1. kenapa untuk jamnya tidak menggunakan format time yang akan lebih memudahkan perhitungan ya? bisa tidak (boleh tidak kalo diganti ke format time? )

2. regional setting komputer yang mas Pie gunakan itu English apa Indonesian? karena masalah titik dan koma sangat berpengaruh

Salam,

-Miss Jan Raisin-

Pada 22 Agustus 2013 16.24, indria pie <mas_pie3@yahoo.co.id> menulis:

Yth.

be exceller semua

mohon bantuannya untuk rumus menghitung absen payroll kami jika dikerjakan dengan excel 2003 (karena filenya ntar bisa disave jadi dbf) heeee

mungkin mudah bagi panjenengan semua tapi masih sulit bagi saya.

data saya sertakan

terima kasih dan mohon maaf lahir dan batin untuk semua be exceller

Mon Aug 26, 2013 9:29 pm (PDT) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi



Saya coba delete sel kosong memory ga cukup.

Saya juga coba cek macronya tapi diprotect.
Sdh coba cek macronya Pak, barangkali ada Event yang "ngeloop" terus menerus ?

Salam,
HK

----- Forwarded Message -----
From: Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Monday, 26 August 2013, 2:22
Subject: Re: [belajar-excel] memperkecil file excel


 
 وَعَلَيْكُمُ  لسَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

wew.. filenya besar sekali pak.. gak jadi deh dunlutnya.. ntar quaota internet Jan habis xixixixi ^_^

biasanya sih untuk memperkecil sbb:
1. hapus baris dan kolom kosong
2. hapus image yang tidak diperlukan >> kalo ada image yang dipakai coba cek ukuran imagenya, kalo ukurannya besar coba ganti tipe file imagenya
3. ganti formula dengan nilainya saja, >> untuk yang ini kalo masih harus proses perhitungan maka sebaiknya pakai vba juga
4. save as ke personal woorkbook xlsb yang tipenya binary >> kalo ada script vba untuk ambil eksternal data maka cara ini tidak bisa dilakukan

mungkin itu dulu yang Jan tau.. coba kalo sudah dilakukan dan ukuran filenya masih juga besar.. share ulang workbooknya tapi yang sudah dikompres.

وَسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

-Miss Jan Raisin-

Pada 26 Agustus 2013 14.57, Prazt <praztmath@gmail.com> menulis:


>assalamu&#39;alaikum....
>para master yang terhormat, mohon bantuan untuk memperkecil file excel berikut terlampir (https://www.dropbox.com/s/7hxybeibmn0e7c6/BUKU%20INDUK%20-%20SIAP%20PAKE%20-%20Copy%202013-2014.xlsm), karena besar file ukuranya tidak wajar, sudah saya coba del baris dan kolom yang kosong (seperti yang sudah pernah dibahas di milis ini)tetapi juga belum bisa normal ukurannya..
>trims and wassalam...
>

Mon Aug 26, 2013 10:25 pm (PDT) . Posted by:

"De Premor" de.premor

Saya coba unhide Kolom terpakai terakhir di Sheet data siswa, ada ketemu
ginian (Cell nya berisi)

Kemudian di baris 600++ kebawah sampai akhir juga ada datanya, saya coba
pindah kan yang itu ke sebuah sheet baru

pas mau ngapus row langsung not responding, cek memory usage ternyata
menduduki peringkat teratas, dengan penggunaan RAM 1,24 Gb, wow

Setelah ditungguin sampai habis rokok 234 sebatang, akhirnya keluar juga
hasilnya
Trus setelah hapus gambar SiCoklat pemarah, buang warna2, buang garis2
tabel, kemudian disimpen ternyata menjadi 368 Kb
Tetapi ukuran segitu masih tidak boleh dilampirkan ke Group oleh Mas
Momod, jadinya dibuka lagi trus diubah menjadi XLSB, jadnya tinggal 115 Kb

Yang bikin penasaran, begitu tadi selesai memindahkan data yang cuman
berisi 4000 cell, kemudian menghapusnya, ukuran yg semula 10mb turus
drastis langsung ke angka 3,5 Mb
Kemudian nyoba melakukan hal yang sama untuk data disamping tabel, cuman
turun 400Kb'an saja

Saya nga tau apakah ada data yang hilang atau tidak, soalnya nda bisa
ngeceknya :D

On 27-08-2013 11:29, hendrik karnadi wrote:
>
> Saya coba delete sel kosong memory ga cukup.
>
> Saya juga coba cek macronya tapi diprotect.
> Sdh coba cek macronya Pak, barangkali ada Event yang "ngeloop" terus
> menerus ?
>
>
> Salam,
> HK
>
>
> ----- Forwarded Message -----
> *From:* Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com>
> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Sent:* Monday, 26 August 2013, 2:22
> *Subject:* Re: [belajar-excel] memperkecil file excel
>
> وَعَلَيْكُمُ لسَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
>
> wew.. filenya besar sekali pak.. gak jadi deh dunlutnya.. ntar quaota
> internet Jan habis xixixixi ^_^
>
> biasanya sih untuk memperkecil sbb:
> 1. hapus baris dan kolom kosong
> 2. hapus image yang tidak diperlukan >> kalo ada image yang dipakai
> coba cek ukuran imagenya, kalo ukurannya besar coba ganti tipe file
> imagenya
> 3. ganti formula dengan nilainya saja, >> untuk yang ini kalo masih
> harus proses perhitungan maka sebaiknya pakai vba juga
> 4. save as ke personal woorkbook xlsb yang tipenya binary >> kalo ada
> script vba untuk ambil eksternal data maka cara ini tidak bisa dilakukan
>
> mungkin itu dulu yang Jan tau.. coba kalo sudah dilakukan dan ukuran
> filenya masih juga besar.. share ulang workbooknya tapi yang sudah
> dikompres.
>
> وَسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
>
> -Miss Jan Raisin-
>
>
> Pada 26 Agustus 2013 14.57, Prazt <praztmath@gmail.com
> <mailto:praztmath@gmail.com>> menulis:
>
> assalamu'alaikum....
> para master yang terhormat, mohon bantuan untuk memperkecil file
> excel berikut terlampir
> (https://www.dropbox.com/s/7hxybeibmn0e7c6/BUKU%20INDUK%20-%20SIAP%20PAKE%20-%20Copy%202013-2014.xlsm),
> karena besar file ukuranya tidak wajar, sudah saya coba del baris
> dan kolom yang kosong (seperti yang sudah pernah dibahas di milis
> ini)tetapi juga belum bisa normal ukurannya..
> trims and wassalam...
>
>
>
>

Mon Aug 26, 2013 11:22 pm (PDT) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Tertarik oleh uji coba pak De, saya coba  menghapus interior color (no color) pada sheet "Data siswa"
dan mengganti judul dengan font warna hitam.

Setelah dihapus interior colornya maka file size yang aslinya 10,22 M menjadi hanya 3.04 M

Jadi kesimpulannya interior color sangat memakan space.

Salam,
HK

----- Forwarded Message -----
From: De Premor <de@premor.net>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Monday, 26 August 2013, 22:23
Subject: Re: Fw: [belajar-excel] memperkecil file excel


Saya coba unhide Kolom terpakai terakhir di Sheet data siswa, ada ketemu ginian (Cell nya berisi)

Kemudian di baris 600++ kebawah sampai akhir juga ada datanya, saya
coba pindah kan yang itu ke sebuah sheet baru

pas mau ngapus row langsung not responding, cek memory usage
ternyata menduduki peringkat teratas, dengan penggunaan RAM 1,24 Gb,
wow

Setelah ditungguin sampai habis rokok 234 sebatang, akhirnya keluar
juga hasilnya
Trus setelah hapus gambar SiCoklat pemarah, buang warna2, buang
garis2 tabel, kemudian disimpen ternyata menjadi 368 Kb
Tetapi ukuran segitu masih tidak boleh dilampirkan ke Group oleh Mas
Momod, jadinya dibuka lagi trus diubah menjadi XLSB, jadnya tinggal
115 Kb

Yang bikin penasaran, begitu tadi selesai memindahkan data yang
cuman berisi 4000 cell, kemudian menghapusnya, ukuran yg semula 10mb
turus drastis langsung ke angka 3,5 Mb
Kemudian nyoba melakukan hal yang sama untuk data disamping tabel,
cuman turun 400Kb'an saja

Saya nga tau apakah ada data yang hilang atau tidak, soalnya nda
bisa ngeceknya :D

On 27-08-2013 11:29, hendrik karnadi wrote:

 
>
>
>Saya coba delete sel kosong memory ga cukup.
>
>
>
>Saya juga coba cek macronya tapi diprotect.
>Sdh coba cek macronya Pak, barangkali ada Event yang "ngeloop" terus menerus ?
>
>
>
>
>Salam,
>HK
>
>
>
>
>----- Forwarded Message -----
>From: Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com>
>To: belajar-excel@yahoogroups.com
>Sent: Monday, 26 August 2013, 2:22
>Subject: Re: [belajar-excel] memperkecil file excel
>
>
>

>
 وَعَلَيْكُمُ  لسَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
>
>
>
>wew.. filenya besar sekali pak.. gak jadi deh dunlutnya.. ntar quaota internet Jan habis xixixixi ^_^
>
>
>biasanya sih untuk memperkecil sbb:
>1. hapus baris dan kolom kosong
>2. hapus image yang tidak diperlukan >> kalo ada image yang dipakai coba cek ukuran imagenya, kalo ukurannya besar coba ganti tipe file imagenya
>3. ganti formula dengan nilainya saja, >> untuk yang ini kalo masih harus proses perhitungan maka sebaiknya pakai vba juga
>4. save as ke personal woorkbook xlsb yang tipenya binary >> kalo ada script vba untuk ambil eksternal data maka cara ini tidak bisa dilakukan
>
>
>mungkin itu dulu yang Jan tau.. coba kalo sudah dilakukan dan ukuran filenya masih juga besar.. share ulang workbooknya tapi yang sudah dikompres.
>
>
>وَسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
>
>
>
>-Miss Jan Raisin-
>
>
>Pada 26 Agustus 2013 14.57, Prazt <praztmath@gmail.com> menulis:
>

>>assalamu&#39;alaikum....
>>para master yang terhormat,
mohon bantuan untuk
memperkecil file excel
berikut terlampir (https://www.dropbox.com/s/7hxybeibmn0e7c6/BUKU%20INDUK%20-%20SIAP%20PAKE%20-%20Copy%202013-2014.xlsm), karena besar file ukuranya tidak wajar, sudah saya coba del baris dan kolom yang kosong (seperti yang sudah pernah dibahas di milis ini)tetapi juga belum bisa normal ukurannya..
>>trims and wassalam...
>>
>
>

Mon Aug 26, 2013 9:56 pm (PDT) . Posted by:

"Jan Raisin"

Be-Exceller,

mungkin ada Be-Exceller yang bersedia mencoba mengembangkan untuk pengisian
angka (non-duplikasi) ke dalam cel n baris x m kolom
kalo datanya cuma sekolom saja kelihatannya kurang seru nih xixixixi ^_^

kalo bisa sih jumlah baris dan kolomnya diambil dari input box, jadi nanti
hasilnya bisa dinamis sesuai keinginan user ^_^

Salam,

-Miss Jan Raisin-

Pada 26 Agustus 2013 16.51, hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>menulis:

> Ini sekedar tambahan variasi bahwa dengan formula (singkat) ternyata
> proses juga bisa cepat.
> (Maaf Pak De, pinjam variabelnya).
>
> Sub TesIseng()
> Dim trow, total
> trow = Timer
> Range("A1:A100000").Formula = "=Row()"
> total = Timer - trow
> Range("B1") = total & " detik"
> End Sub
>
> Salam,
> HK
>

Tue Aug 27, 2013 12:06 am (PDT) . Posted by:

"Prodev SIMPLE PB" prodev_simple

Terima kasih banyak Om Bagus atas solusinya.
Untuk nama siswa yang benar, mengacu ke data base nya.
Mohon pencerahan donk, bagaimana bahasa manusianya atau cara kerja formula tersebut?
Sehingga jika ada kasus yang sama atau mirip, saya bisa mencobanya sendiri.
Sekali lagi terima kasih banyak.

 
- prodev simple -

________________________________
Dari: Bagus <bagus@kingjim.co.id>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Senin, 26 Agustus 2013 13:24
Judul: Re: [belajar-excel] Memanfaatkan VLOOKUP


 

Wa'alaykum salam wr.. wb..
 
Untuk nama siswa no urut 2, yang benar namanya
siapa..?
Kenneth Hassan Wood atau
Kenneth Hasan Wood. ?
 
File terlampir.
 
 
Wassalam
 
~ Bagus ~
----- Original Message -----
>From: Prodev SIMPLE PB
>To: Belajar Excel Milis
>Sent: Monday, August 26, 2013 12:05 PM
>Subject: [belajar-excel] Memanfaatkan VLOOKUP
>

>Assalamu&#39;alaikum Wr. Wb.
>
>
>Dear Master & Member yang baik hati...
>Mohon pencerahannya nih...memanfaatkan fungsi Lookup dari data dinamis.
>Sebelumnya sudah pernah dicontohkan....dikasih solusi...
>tapi,
>koq masih belum mudheng ya waktu implementasi sendiri :)
>Mohon koreksi & solusinya.
>
>
>Terima kasih.
>Wassalamu&#39;alaikum Wr. Wb.
>
GROUP FOOTER MESSAGE
=====================================================================
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================

---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar