Jumat, 10 Januari 2014

[belajar-excel] Digest Number 2726

12 New Messages

Digest #2726
1a
2c
Re: Mods: Formula Dinamis Berdasarkan Formula di Cell Tertentu by "zainul_ulum[at]yahoo[dot]com" zainul_ulum
2e
4a
Re: Mengambil data seperti Vlookup [1 Attachment] by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
5
vba_MergeTables_multiplefiles by "Lazuardi Biru" lazuardi_biru84
6a
Re: Mohon diajarkan by "rian" ryan_ahoy

Messages

Thu Jan 9, 2014 10:50 pm (PST) . Posted by:

"Bagus" bagus4bls

Iya Pak..

----- Original Message -----
From: Liem Suliem
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Friday, January 10, 2014 1:39 PM
Subject: Bls: [belajar-excel] Gabung baris berdasarkan kode

maksih pak bagus..sesuai keinginan
kalo berkenan tanya lagi pak..untuk rumus ini
=LOOKUP(2,1/(E3=$A$3:$A$13),$C$3:$C$13)

berarti dia akan mengambil kriteria yang cocok dan yang baris terakhir ya pak..

salam
liem

Pada Jumat, 10 Januari 2014 11:51, Bagus <bagus@kingjim.co.id> menulis:


Hai Liem..

File terlampir semoga sesuai harapan

Wassalam

Bagus

----- Original Message -----
From: Liem Suliem
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Friday, January 10, 2014 12:23 PM
Subject: [belajar-excel] Gabung baris berdasarkan kode

dh
salam be exceler

dear master
bagaimana cara gabung baris jadikan 1 kolom berdasarkan kode

untuk file terlampir

terimakasih wasalam

liem

Fri Jan 10, 2014 1:04 am (PST) . Posted by:

"Jhon Kho" jhonkhoferi

Sore Maaf Mau tanya


misal di worksheet1 5 kolom a,b,c,d,e


di kolom e ada formula =kasus!DR139
di kolom d ada formula =kasus!DS139+kasus!DT139+kasus!DU139+kasus!DV139


nah yang jadi pertanyaan karena data yang di ambil kagak semua dari 100 baris hanya butuh 50 dan datanya loncat loncat
bagaimana rumus di kolom d yaitu kasus!DS139+kasus!DT139+kasus!DU139+kasus!DV139 agar flexsibel mengikuti alamat formula di kolom e misal di kolom e rumusnya =kasus!dr40 maka otomatis di kolom d berubah menjadi =kasus!DS40+kasus!DT40+kasus!DU40+kasus!DV40


Mohon bantuan para suhu karena datanya 1 tahun jadi kalo ngelink secara manual bisa botak pala


thanks sebelumnya

----- Mods -----
sebuah sample workbook (bukan data kerja yang asli) akan memudahkan
BeExceller yang ingin menanggapi thread ini
------------------



Fri Jan 10, 2014 1:15 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Jhon,

Mau tanya dikit (sambil menanti contoh workbooknya)...

Bagaimana caranya user memasang formula berbunyi :
=kasus!dr40
di kolom E ?

Apakah bisa si user masang formula hanya melihat isi kolom DR yang ada di
sheet kasus saja ?
Ataukah user juga melihat kolom lainnya (selain kolom DR) ketika akan
memasang formula di kolom E ?

Maaf ya, kalau cuman bertanya tanpa urun solusi... ;)

Wassalam,
Kid.

2014/1/10 Jhon Kho <jhonkhoferi@yahoo.com.sg>

>
>
> Sore Maaf Mau tanya
>
> misal di worksheet1 5 kolom a,b,c,d,e
>
> di kolom e ada formula =kasus!DR139
> di kolom d ada formula =kasus!DS139+kasus!DT139+kasus!DU139+kasus!DV139
>
> nah yang jadi pertanyaan karena data yang di ambil kagak semua dari 100
> baris hanya butuh 50 dan datanya loncat loncat
> bagaimana rumus di kolom d yaitu kasus!DS139+kasus!DT139+kasus!DU139+kasus!DV139
> agar flexsibel mengikuti alamat formula di kolom e misal di kolom e
> rumusnya =kasus!dr40 maka otomatis di kolom d berubah menjadi
> =kasus!DS40+kasus!DT40+kasus!DU40+kasus!DV40
>
> Mohon bantuan para suhu karena datanya 1 tahun jadi kalo ngelink secara
> manual bisa botak pala
>
> thanks sebelumnya
>
> ----- Mods -----
> sebuah sample workbook (bukan data kerja yang asli) akan memudahkan
> BeExceller yang ingin menanggapi thread ini
> ------------------
>
>
>

Fri Jan 10, 2014 1:30 am (PST) . Posted by:

"zainul_ulum[at]yahoo[dot]com" zainul_ulum


Hai Jhon,

karena tidak ada contohnya kira-kira solusinya adalah sebagai berikut
1. buat kolom bantu nama sheet yang akan dipanggil datanya
2. gunakan fungsi INDIRECT() dan ADDRESS() untuk mengambil data dari sheet
yang telah didefinisikan di nomer 1
3. dalam fungsi ADDRESS() dibuat supaya kolomnya loncat-loncat

contoh aplikasi fungsinya akan lebih bagus kalo ada contoh datanya walaupun
hanya sekedar 2 baris saja

semoga membantu
-zainul-

2014/1/10 Jhon Kho <jhonkhoferi@yahoo.com.sg>
 
Sore Maaf Mau tanya

misal di worksheet1   5 kolom        a,b,c,d,e

di kolom e ada formula =kasus!DR139
di kolom d ada formula =kasus!DS139+kasus!DT139+kasus!DU139+kasus!DV139

nah yang jadi pertanyaan karena data yang di ambil kagak semua dari 100
baris hanya butuh 50 dan datanya loncat loncat
bagaimana rumus di kolom d
yaitu kasus!DS139+kasus!DT139+kasus!DU139+kasus!DV139 agar flexsibel
mengikuti alamat formula di kolom e misal di kolom e rumusnya =kasus!dr40
maka otomatis di kolom d berubah
menjadi =kasus!DS40+kasus!DT40+kasus!DU40+kasus!DV40

Mohon bantuan para suhu karena datanya 1 tahun jadi kalo ngelink secara
manual bisa botak pala

thanks sebelumnya

----- Mods -----
sebuah sample workbook (bukan data kerja yang asli) akan memudahkan
BeExceller yang ingin menanggapi thread ini
------------------

Fri Jan 10, 2014 1:33 am (PST) . Posted by:

"Jhon Kho" jhonkhoferi

Thank U Momod di ingetin 

Terlampir File XLS Nya

On Friday, 10 January 2014, 16:09, Jhon Kho <jhonkhoferi@yahoo.com.sg> wrote:

 
Sore Maaf Mau tanya

misal di worksheet1   5 kolom        a,b,c,d,e

di kolom e ada formula =kasus!DR139
di kolom d ada formula =kasus!DS139+kasus!DT139+kasus!DU139+kasus!DV139

nah yang jadi pertanyaan karena data yang di ambil kagak semua dari 100 baris hanya butuh 50 dan datanya loncat loncat
bagaimana rumus di kolom d yaitu kasus!DS139+kasus!DT139+kasus!DU139+kasus!DV139 agar flexsibel mengikuti alamat formula di kolom e misal di kolom e rumusnya =kasus!dr40 maka otomatis di kolom d berubah menjadi =kasus!DS40+kasus!DT40+kasus!DU40+kasus!DV40

Mohon bantuan para suhu karena datanya 1 tahun jadi kalo ngelink secara manual bisa botak pala

thanks sebelumnya

----- Mods -----
sebuah sample workbook (bukan data kerja yang asli) akan memudahkan
BeExceller yang ingin menanggapi thread ini
------------------

Fri Jan 10, 2014 1:41 am (PST) . Posted by:

"zainul_ulum[at]yahoo[dot]com" zainul_ulum

silahkan dicoba file terlampir

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com] On Behalf Of Jhon Kho
Sent: Friday, January 10, 2014 4:20 PM
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Mods: Formula Dinamis Berdasarkan Formula di Cell Tertentu [1 Attachment]

Thank U Momod di ingetin

Terlampir File XLS Nya

On Friday, 10 January 2014, 16:09, Jhon Kho <jhonkhoferi@yahoo.com.sg> wrote:

Sore Maaf Mau tanya

misal di worksheet1 5 kolom a,b,c,d,e

di kolom e ada formula =kasus!DR139
di kolom d ada formula =kasus!DS139+kasus!DT139+kasus!DU139+kasus!DV139

nah yang jadi pertanyaan karena data yang di ambil kagak semua dari 100 baris hanya butuh 50 dan datanya loncat loncat
bagaimana rumus di kolom d yaitu kasus!DS139+kasus!DT139+kasus!DU139+kasus!DV139 agar flexsibel mengikuti alamat formula di kolom e misal di kolom e rumusnya =kasus!dr40 maka otomatis di kolom d berubah menjadi =kasus!DS40+kasus!DT40+kasus!DU40+kasus!DV40

Mohon bantuan para suhu karena datanya 1 tahun jadi kalo ngelink secara manual bisa botak pala

thanks sebelumnya

----- Mods -----
sebuah sample workbook (bukan data kerja yang asli) akan memudahkan
BeExceller yang ingin menanggapi thread ini
------------------

Fri Jan 10, 2014 1:43 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Jhon,

Ternyata bukan berdasar formula di kolom E kan... tapi berdasar nilai hasil
formula di kolom E yang pada dasarnya adalah menampilkan nama. Jadi yang
diinginkan adalah men-Sum dua kolom untuk nama yang sama, yang namanya
tertentu seperti di sheet output.

Banyak cara yang bisa digunakan, yang antara lain dengan pivot table,
fungsi SumIF + SumIF, array formula Sum maupun Sumproduct.
File terlampir menggunakan fungsi SumProduct.

Data disheet kasus bisa disusun sebarangan, boleh di-sort, boleh dihapus,
dan sesukanya.
Khusus untuk data yang di-delete row atau delete cell (bukan clear), maka
ganti formula di sheet output untuk ambil nama dengan fungsi Index daripada
menggunakan Offset (karena offset bersifat volatile).

Wassalam,
Kid.

Wassalam,
Kid.

2014/1/10 Jhon Kho <jhonkhoferi@yahoo.com.sg>

>
>
> Thank U Momod di ingetin
>
> Terlampir File XLS Nya
>
>
> On Friday, 10 January 2014, 16:09, Jhon Kho <jhonkhoferi@yahoo.com.sg>
> wrote:
>
> Sore Maaf Mau tanya
>
> misal di worksheet1 5 kolom a,b,c,d,e
>
> di kolom e ada formula =kasus!DR139
> di kolom d ada formula =kasus!DS139+kasus!DT139+kasus!DU139+kasus!DV139
>
> nah yang jadi pertanyaan karena data yang di ambil kagak semua dari 100
> baris hanya butuh 50 dan datanya loncat loncat
> bagaimana rumus di kolom d yaitu kasus!DS139+kasus!DT139+kasus!DU139+kasus!DV139
> agar flexsibel mengikuti alamat formula di kolom e misal di kolom e
> rumusnya =kasus!dr40 maka otomatis di kolom d berubah menjadi
> =kasus!DS40+kasus!DT40+kasus!DU40+kasus!DV40
>
> Mohon bantuan para suhu karena datanya 1 tahun jadi kalo ngelink secara
> manual bisa botak pala
>
> thanks sebelumnya
>
> ----- Mods -----
> sebuah sample workbook (bukan data kerja yang asli) akan memudahkan
> BeExceller yang ingin menanggapi thread ini
> ------------------
>
>
>
>

Fri Jan 10, 2014 2:01 am (PST) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Coba juga array formula ini (copas formula ini + dan tekan tombol CSE):

{=SUM(IF(Kasus!$I$6:$I$10000=Permintaan!A8,Kasus!$M$6:$N$10000))}

Yang merah jangan dicopy, akan ditampilkan oleh komputer setelah kita menekan tombol Ctrl Shift Enter.

Setelah menekan tombol CSE formula dapat dicopy ke bawah.

Salam,
HK

On Friday, 10 January 2014, 16:43, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> wrote:

 
Hai Jhon,

Ternyata bukan berdasar formula di kolom E kan... tapi berdasar nilai hasil formula di kolom E yang pada dasarnya adalah menampilkan nama. Jadi yang diinginkan adalah men-Sum dua kolom untuk nama yang sama, yang namanya tertentu seperti di sheet output.

Banyak cara yang bisa digunakan, yang antara lain dengan pivot table, fungsi SumIF + SumIF, array formula Sum maupun Sumproduct.
File terlampir menggunakan fungsi SumProduct.

Data disheet kasus bisa disusun sebarangan, boleh di-sort, boleh dihapus, dan sesukanya.

Khusus untuk data yang di-delete row atau delete cell (bukan clear), maka ganti formula di sheet output untuk ambil nama dengan fungsi Index daripada menggunakan Offset (karena offset bersifat volatile).

Wassalam,

Kid.

Wassalam,
Kid.

2014/1/10 Jhon Kho <jhonkhoferi@yahoo.com.sg>


>Thank U Momod di ingetin 
>
>
>Terlampir File XLS Nya
>
>
>
>On Friday, 10 January 2014, 16:09, Jhon Kho <jhonkhoferi@yahoo.com.sg> wrote:
>

>Sore Maaf Mau tanya
>
>
>misal di worksheet1   5 kolom        a,b,c,d,e
>
>
>di kolom e ada formula =kasus!DR139
>di kolom d ada formula =kasus!DS139+kasus!DT139+kasus!DU139+kasus!DV139
>
>
>nah yang jadi pertanyaan karena data yang di ambil kagak semua dari 100 baris hanya butuh 50 dan datanya loncat loncat
>bagaimana rumus di kolom d yaitu kasus!DS139+kasus!DT139+kasus!DU139+kasus!DV139 agar flexsibel mengikuti alamat formula di kolom e misal di kolom e rumusnya =kasus!dr40 maka otomatis di kolom d berubah menjadi =kasus!DS40+kasus!DT40+kasus!DU40+kasus!DV40
>
>
>Mohon bantuan para suhu karena datanya 1 tahun jadi kalo ngelink secara manual bisa botak pala
>
>
>thanks sebelumnya
>
>----- Mods -----
>sebuah sample workbook (bukan data kerja yang asli) akan memudahkan
>BeExceller yang ingin menanggapi thread ini
>------------------
>
>
>

Fri Jan 10, 2014 1:36 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Machfud,

Asumsi bahwa kalimat "datanya di ambil dari sebuah database excel"
menunjukkan adanya tabel berkaidah database yang sebut saja bernama file DB.
Jika file lain (misal file A) saat ini merujuknya dengan link formula ke
file DB, maka coba save as file A menjadi bernama lain seperti
File_Salinan_A. Hasil Save As masih akan ada link formulanya. Kemudian pada
file hasil save as itu (yang masih terbuka),
ke ribbon Data -> group Connections -> klik Edit Link -> pilih satu-satu
dari daftar link -> pencet Break Link -> OK sampai semua link hilang dari
daftar. Save file dan email ke pihak lain.

Jika output di file lain tersebut bisa disusun dengan pivot table, maka
opsi save data with file dalam pivot options bisa membuat file ber-pivot
tadi bisa di kirim ke pihak lain dengan pesan agar tidak melakukan refresh
data atau refresh all arau refresh pada pivot table.
Coretan tentang pivot table dimulai
disini<http://excel-mr-kid.blogspot.com/2013/04/pivot-table-1-kenalan.html>
.

Jika memungkinkan menggunakan fitur Get External Data, maka data connection
dari file output lain ke sumber data akan menampilkan values dari query
data yang disusun. Kemudian bisa dikirim ke pihak lain dengan pesan agar
tidak melakukan refresh all atau refresh data pada tabel hasil query.
Coretan tentang Get External Data dimulai
disini<http://excel-mr-kid.blogspot.com/2011/04/get-external-data-01-introduction.html>
.

Wassalam,
Kid.

2014/1/10 T. Machfud G <teuku.machfud@yahoo.com>

>
>
> dear all,
>
> saya penghuni baru salam kenal dulu buat teman2 :D
> jadi gini ada yg saya mau tanyakan..... saya punya file yg datanya di
> ambil dari sebuah database excel.
> dan data final ini (hanya coloum/fields/records yg diperlukan) mau saya
> email.... sedangkan file2 database (pendukung) ada di saya.
> gimana caranya biar data final ini tidak kacau ketika saya email atau di
> copy am orang lain
> tanpa database/file pendukung laiinnya.
>
> terus gimana caranya
> misal saya punya database dan terdiri dari beberapa sheet (misal)
> kalau saya mau buat workbook baru...gimana caranya menampilkan data2 yg
> saya mau inginkan
> pada workbook(sheet) yang baru.....
>
> maaf kl terlalu umum pertanyaannya...
>
>
>
> Regards,
> T. MACHFUD GANI
>
>
>

Fri Jan 10, 2014 1:56 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Apriyadi,

Bagaimana jika dibuatkan dummy data berisi seluruh tanggal dalam sebulan.
Isi saja nilainya dengan 0 atau biarkan blank.
Pivot tablenya diatur pada field setting agar show item with no data dan
lakukan filter pada field tanggal agar tidak menampilkan data berbunyi
(blank). Lakukan sort ascending pada field data. Dummy data tanggal bisa
diletakkan dimana saja dalam tabel sumber pivot table selama masih termasuk
sebagai area range yang menjadi data source pivot table. Sebaiknya data
dummy tanggal memiliki tipe datetime, sehingga pivot table bisa melakukan
date grouping sesuai kebutuhan.

File terlampir.

Wassalam,
Kid.

2014/1/10 Apriyadi <apriyadi_apry@yahoo.com>

>
>
> Selamat siang,
>
>
> Mohon bantuan para Master excel untuk case dibawah ini,
> Jika bisanya untuk bisanya mengambil menggunakan Vlookup atau Hlookup,
> Namun untuk case ini saya memerlukan rumus yang dapat memindahkan data
> secara verikal dan horisontal.
>
> Untuk lebih jelasnya saya lampirkan pertanyaan dan simpel nya.
>
> Atas bantuan nya saya ucapkan terima kasih.
>
>
> Thank
>
>
> Apriyadi
>
>
>

Fri Jan 10, 2014 2:21 am (PST) . Posted by:

"Lazuardi Biru" lazuardi_biru84

dh

dear master
mau tanya soal vba_MergeTables_multiplefiles buatan pak kid.

kalo data yang mau di ambil pertama di kolom A5
bunyi makro mana yang harus dirubah.
dan hasil saya letakan di kolom B2

berikut saya lampirkan filenya

salam
LB

Fri Jan 10, 2014 3:11 am (PST) . Posted by:

"rian" ryan_ahoy

Terima kasih miss Jan dan Pak Hendrik. Sudah saya lakukan dan berhasil..

Salam
Rian

On Tuesday, January 7, 2014 1:35 PM, Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com> wrote:

 
Hai Rian,

data yang anda kirimkan sudah hampir memenuhi bentuk data yang baik..
kekurangannya adalah masih ada data yang kosong di kolom D dan E, ada baiknya data yang kosong tersebut diisi dengan kode tertentu yang mewakili data yang kosong, misal  Null atau 0.

1. Q: "saya mau ubah susunannya jadi urutannya dari tanggal yang paling awal bagaimana caranya?"
    A: coba klik tanda panah yang ada di kolom B (kolom Tanggal), lalu pilih Sort Oldest to Newest, lihat gambar di bawah ini:

2. Q: "Adakah rumus/formulanya jika saya ingin menghitung ada berapa SMS yang masuk per masing-masing program"
3. Q: "Kalau saya ingin membuat grafik dari data2 yang dimaksud dari poin 2 diatas, bisa langsung tidak atau harus dikelompokkan lagi."

    A: Jawaban nomer 2 dan nomer 3 langsung dijawab jadi satu saja ya..

Salah satu alternatifnya adalah memanfaatkan fitur Pivot Table (jawaban nomer 2) & Pivot Cart (jawaban nomer 3)
Caranya: (tutorial menggunakan Excel 2010, serupa dengan Excel 2007 & 2013), untuk Excel versi 2003 ke bawah silakan cari padanannya.

1. Blok seluruh data, mulai dari header sampai data terakhir
2. Pada ribbon Insert, group Tables, pilih Pivot Tables (untuk jawaban nomer 2) atau Pivot Chart (untuk jawaban nomer 3)
untuk kali ini dipilih Pivot Tables.. (silakan dicoba juga untuk Pivot Chartnya), lihat gambar di bawah ini:

3. Pada kotak Table/Range akan terisi secara otomatis berdasarkan area yang diblok pada langkah pertama tadi
    Pilih lokasi laporan, New Worksheet ==> Laporan berada di sheet baru, atau 
                                   Existing Worksheet ==> Laporan berada di sheet yang sama dengan data
    Klik OK, lihat gambar di bawah ini:

4. Tarik Program ke dalam Row Labels & ke dalam Values,

Lihat hasil di atas, ada 2 Program yang bernama Lab dan 2 Program yang bernama RHB,
hal ini terjadi karena cara penulisan Lab dan RHB ada yang menggunakan spasi dan ada yang tidak..
untuk memperbaikinya, hilangkan semua sepasi di awal dan akhir nama program, lalu klik kanan di sembarang area Pivot Table dan pilih Refresh..

untuk pertanyaan nomer 3, lalukan hal yang sama seperti di atas..

Semoga bermanfaat,

Wassalam,

-Miss Jan Raisin-

Pada 7 Januari 2014 12.51, rian <ryan_ahoy@yahoo.com> menulis:


>Dear all Excel Master,
>
>
>Saya sedang mencoba mengolah data. Terlampir adalah kertas kerjanya hasil pengelompokan data. Mohon diberitahu bagaimana caranya:
>
>
>1. Data yang ada, urutannya berdasarkan data tanggal masuknya SMS yang terbaru. Kalau saya mau ubah susunannya jadi urutannya dari tanggal yang paling awal bagaimana caranya?
>
>
>2. Pada kolom D itu ada beberapa jenis program. Adakah rumus/formulanya jika saya ingin menghitung ada berapa SMS yang masuk per masing-masing program. Misalnya untuk SATAP ada berapa banyak, RKB berapa dst.
>
>
>3. Kalau saya ingin membuat grafik dari data2 yang dimaksud dari poin 2 diatas, bisa langsung tidak atau harus dikelompokkan lagi.
>
>
>
>
>Mohon pencerahannya dan mohon maaf bila ada yang kurang berkenan dari pertanyaan saya ini. Pengen banget bisa mahir excel dan berharap bisa belajar banyak di forum ini. Terima kasih..
>
>
>
>
>Regards,
>Rian
GROUP FOOTER MESSAGE
=====================================================================
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================

---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar