5 Messages
Digest #2955
1a
Bls: [belajar-excel] Trs: apa bisa menjumlahkan data yang sudah di s by "Sahril Ramdani" sahril_ipa3
1b
Bls: [belajar-excel] Trs: apa bisa menjumlahkan data yang sudah di s by "Sahril Ramdani" sahril_ipa3
Messages
Sun Jun 1, 2014 3:02 am (PDT) . Posted by:
"Sahril Ramdani" sahril_ipa3
Alhamdulillah, terimakasih bang!!! sangat membantu,,,
Pada Minggu, 1 Juni 2014 16:01, "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:
Wa'alaikumussalam Wr. Wb.
Dear Sahril,
Berhubung sudah menggunakan fitur Excel Table, maka file terlampir berusaha memanfaatkan kemampuan fitur Excel Table tersebut sebagai alternatif solusi.
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Kid.
2014-06-01 9:32 GMT+07:00 Sahril Ramdani sahril_ipa3@yahoo.co.id [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
>
>
>Pada Minggu, 1 Juni 2014 9:07, Sahril Ramdani menulis:
>
>
>
>Assalamualaikum wr. wb.
>
>
>saya ada pekerjaan yang ingin mudah dan cepat? apa bisa menjumlahkan data yang sudah disorting.
>
>
>berikut saya lampirkan contoh kasusnya.
>
>
>
>
>terimakasih atas perhatiannya
>
>
>
>
>Wassalamualaikum wr. wb.
>
>
>
Pada Minggu, 1 Juni 2014 16:01, "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:
Wa'alaikumussalam Wr. Wb.
Dear Sahril,
Berhubung sudah menggunakan fitur Excel Table, maka file terlampir berusaha memanfaatkan kemampuan fitur Excel Table tersebut sebagai alternatif solusi.
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Kid.
2014-06-01 9:32 GMT+07:00 Sahril Ramdani sahril_ipa3@yahoo.co.id [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
>
>
>Pada Minggu, 1 Juni 2014 9:07, Sahril Ramdani menulis:
>
>
>
>Assalamualaikum wr. wb.
>
>
>saya ada pekerjaan yang ingin mudah dan cepat? apa bisa menjumlahkan data yang sudah disorting.
>
>
>berikut saya lampirkan contoh kasusnya.
>
>
>
>
>terimakasih atas perhatiannya
>
>
>
>
>Wassalamualaiku
>
>
>
Sun Jun 1, 2014 3:29 am (PDT) . Posted by:
"Sahril Ramdani" sahril_ipa3
mohon maaf bang, saya mau tanyakan lagi itu angka 109 adalah rumus atau cell ya?
Pada Minggu, 1 Juni 2014 16:54, Sahril Ramdani <sahril_ipa3@yahoo.co.id> menulis:
Alhamdulillah, terimakasih bang!!! sangat membantu,,,
Pada Minggu, 1 Juni 2014 16:01, "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:
Wa'alaikumussalam Wr. Wb.
Dear Sahril,
Berhubung sudah menggunakan fitur Excel Table, maka file terlampir berusaha memanfaatkan kemampuan fitur Excel Table tersebut sebagai alternatif solusi.
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Kid.
2014-06-01 9:32 GMT+07:00 Sahril Ramdani sahril_ipa3@yahoo.co.id [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
>
>
>Pada Minggu, 1 Juni 2014 9:07, Sahril Ramdani menulis:
>
>
>
>Assalamualaikum wr. wb.
>
>
>saya ada pekerjaan yang ingin mudah dan cepat? apa bisa menjumlahkan data yang sudah disorting.
>
>
>berikut saya lampirkan contoh kasusnya.
>
>
>
>
>terimakasih atas perhatiannya
>
>
>
>
>Wassalamualaikum wr. wb.
>
>
>
Pada Minggu, 1 Juni 2014 16:54, Sahril Ramdani <sahril_ipa3@yahoo.co.id> menulis:
Alhamdulillah, terimakasih bang!!! sangat membantu,,,
Pada Minggu, 1 Juni 2014 16:01, "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:
Wa'alaikumussalam Wr. Wb.
Dear Sahril,
Berhubung sudah menggunakan fitur Excel Table, maka file terlampir berusaha memanfaatkan kemampuan fitur Excel Table tersebut sebagai alternatif solusi.
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Kid.
2014-06-01 9:32 GMT+07:00 Sahril Ramdani sahril_ipa3@yahoo.co.id [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
>
>
>Pada Minggu, 1 Juni 2014 9:07, Sahril Ramdani menulis:
>
>
>
>Assalamualaikum wr. wb.
>
>
>saya ada pekerjaan yang ingin mudah dan cepat? apa bisa menjumlahkan data yang sudah disorting.
>
>
>berikut saya lampirkan contoh kasusnya.
>
>
>
>
>terimakasih atas perhatiannya
>
>
>
>
>Wassalamualaiku
>
>
>
Sun Jun 1, 2014 3:33 am (PDT) . Posted by:
"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
Sebenarnya angka itu adalah pilihan dari fungsi Subtotal.
Tapi, ndak perlu dipedulikan lagi kalau dah pake fitur Excel Table. Cukup
pilih saja mau pakai Sum atau COunt dsb dengan klik segitiga kecil
dideketnya cell itu.
Kemampuan subtotal si Excel Table ini dapat digunakan kalau opsi Total Row
tercentang.
Dengan begitu, user ndak perlu dipusingkan formula apa yang harus
digunakan. Cukup pilih saja mau pakai yang mana.
;)
Wassalam,
Kid.
2014-06-01 17:22 GMT+07:00 Sahril Ramdani sahril_ipa3@yahoo.co.id
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
> mohon maaf bang, saya mau tanyakan lagi itu angka 109 adalah rumus atau
> cell ya?
>
>
> Pada Minggu, 1 Juni 2014 16:54, Sahril Ramdani <sahril_ipa3@yahoo.co.id>
> menulis:
>
>
> Alhamdulillah, terimakasih bang!!! sangat membantu,,,
>
>
>
> Pada Minggu, 1 Juni 2014 16:01, "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com
> [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:
>
>
>
> Wa'alaikumussalam Wr. Wb.
>
> Dear Sahril,
>
> Berhubung sudah menggunakan fitur Excel Table, maka file terlampir
> berusaha memanfaatkan kemampuan fitur Excel Table tersebut sebagai
> alternatif solusi.
>
> Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
> Kid.
>
>
>
> 2014-06-01 9:32 GMT+07:00 Sahril Ramdani sahril_ipa3@yahoo.co.id
> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
>
>
> Pada Minggu, 1 Juni 2014 9:07, Sahril Ramdani menulis:
>
>
> Assalamualaikum wr. wb.
>
> saya ada pekerjaan yang ingin mudah dan cepat? apa bisa menjumlahkan data
> yang sudah disorting.
>
> berikut saya lampirkan contoh kasusnya.
>
>
> terimakasih atas perhatiannya
>
>
> Wassalamualaikum wr. wb.
>
>
>
>
>
>
>
>
>
Tapi, ndak perlu dipedulikan lagi kalau dah pake fitur Excel Table. Cukup
pilih saja mau pakai Sum atau COunt dsb dengan klik segitiga kecil
dideketnya cell itu.
Kemampuan subtotal si Excel Table ini dapat digunakan kalau opsi Total Row
tercentang.
Dengan begitu, user ndak perlu dipusingkan formula apa yang harus
digunakan. Cukup pilih saja mau pakai yang mana.
;)
Wassalam,
Kid.
2014-06-01 17:22 GMT+07:00 Sahril Ramdani sahril_ipa3@yahoo.co.id
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
> mohon maaf bang, saya mau tanyakan lagi itu angka 109 adalah rumus atau
> cell ya?
>
>
> Pada Minggu, 1 Juni 2014 16:54, Sahril Ramdani <sahril_ipa3@yahoo.co.id>
> menulis:
>
>
> Alhamdulillah, terimakasih bang!!! sangat membantu,,,
>
>
>
> Pada Minggu, 1 Juni 2014 16:01, "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com
> [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:
>
>
>
> Wa'alaikumussalam Wr. Wb.
>
> Dear Sahril,
>
> Berhubung sudah menggunakan fitur Excel Table, maka file terlampir
> berusaha memanfaatkan kemampuan fitur Excel Table tersebut sebagai
> alternatif solusi.
>
> Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
> Kid.
>
>
>
> 2014-06-01 9:32 GMT+07:00 Sahril Ramdani sahril_ipa3@yahoo.co.id
> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
>
>
> Pada Minggu, 1 Juni 2014 9:07, Sahril Ramdani menulis:
>
>
> Assalamualaikum wr. wb.
>
> saya ada pekerjaan yang ingin mudah dan cepat? apa bisa menjumlahkan data
> yang sudah disorting.
>
> berikut saya lampirkan contoh kasusnya.
>
>
> terimakasih atas perhatiannya
>
>
> Wassalamualaikum wr. wb.
>
>
>
>
>
>
>
>
>
Sun Jun 1, 2014 3:19 am (PDT) . Posted by:
"nangAgus"
Asalamualaikum warahmatullah;
Sudah tiga hari tidak ada yang cubit,
Mungkin data yang dibuat masih ada dua versi yang menyusahkan.
Coba datanya dilihat lagi;
semoga rumus yang dibuat sesuai permintaan.
Salam
NangAgus
On 5/30/2014 9:09, agungdotcom13@yahoo.com [belajar-excel] wrote:
>
> Assalamulaikum Wr.Wb...
>
>
> Selamat pagi para Exceler...
>
> Maaf nih pagi-pagi sudah bikin kasus lagi...
>
> Saya punya laporan absensi staff...untuk diambil waktu
> datang,istirahat keluar,istirahat masuk dan pulang...
>
> bagaimana rumus untuk mengambil waktu2 tersebut...
>
> Ket ada di File Terlampir
>
>
>
>
> Thanks,B'Regards
>
> -Agunk-
>
>
>
Sudah tiga hari tidak ada yang cubit,
Mungkin data yang dibuat masih ada dua versi yang menyusahkan.
Coba datanya dilihat lagi;
semoga rumus yang dibuat sesuai permintaan.
Salam
NangAgus
On 5/30/2014 9:09, agungdotcom13@yahoo.com [belajar-excel] wrote:
>
> Assalamulaikum Wr.Wb...
>
>
> Selamat pagi para Exceler...
>
> Maaf nih pagi-pagi sudah bikin kasus lagi...
>
> Saya punya laporan absensi staff...untuk diambil waktu
> datang,istirahat keluar,istirahat masuk dan pulang...
>
> bagaimana rumus untuk mengambil waktu2 tersebut...
>
> Ket ada di File Terlampir
>
>
>
>
> Thanks,B'
>
> -Agunk-
>
>
>
Sun Jun 1, 2014 3:26 am (PDT) . Posted by:
"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
Yang dengan VBA sudah diarahkan oleh Pak Hendrik ya...
Jangan lupa save as file sebagai .xlsm atau .xlsb atau .xls agar VBA nya
tersimpan.
Nah... karena sudah disimpan sebagai .xlsm atau .xlsb atau .xls, maka bisa
juga menggunakan Macro 4. Fungsi milik Macro 4 yang bisa digunakan untuk
informasi seperti ini antara lain adalah fungsi bernama GET.WORKBOOK
Cara pakainya :
"buat sebuah nama range, lalu bagian refers to diisi dengan bunyi fungsi
milik Macro 4"
Contoh pada kasus ini, yang ingin membuat daftar sheet yang ada di workbook
tersebut :
1. buat nama range
> ribbon Formulas -> lihat group menu bernama Defined Names -> klik
Define Name -> muncul dialog window
> pada bagian name, isi dengan bunyi : _lstSheet_ (nanti kalo sudah
paham alurnya, nama ini bisa diganti sesuka hati)
> pada refers to, isi dengan bunyi : =GET.WORKBOOK(1)
> tekan OK
2. membuat daftar sheet menggunakan nama range _lstSheet_ yang merujuk ke
fungsi milik Macro 4 tadi
> pada cell C7 (atau cell mana saja deh yang disukai) isi dengan
formula berbunyi :
=Index( _lstSheet_ , Row(1:1) )
> copy formula C7 ke baris lainnya (misal copy sampai 15 baris alias
dari C7:C21)
** dicopy 15 baris karena asumsinya workbook bakal mencapai 15
worksheet, kalau mau lebih banyak juga boleh...
** apa sih yang gak boleh buat BeExceller...
** wakakakaka... banyak ding yang gak boleh, gak boleh attach >
250 KB, pake cc atau bcc, dsb
Nanti akan tampak daftar sheet yang masih menyertakan nama workbooknya.
Untungnya, nama workbook selalu dikurung pakai kurung siku, seperti :
[workbooknya si Kid.xlsm]Sheet1
Gak rela ya kalo nama sheet nya masih bawa-bawa nama babe-nye... ?
kalo gitu lakukan extract data teks. Fungsi Mid dan Find bisa membantu...
Masih gak terima juga, karena ada baris yang hasilnya error value ?
lakukan trap error dengan fungsi IFError di xl2007 ke atas atau IF(
IsError() ) di semua versi xl
untuk hal ini, saya serahkan ke BeExceller yang lain ya...
Mau daftar sheet yang ada di workbook lain ? Tapi ada syaratnya loh...
Syaratnya dulu...
1. mandi dulu biar gak bauk...
;)
1. workbooknya harus terbuka. kalau belum terbuka, akan menghasilkan error
value yang bisa di trap error dengan fungsi IFError.
Caranya :
1. nama range yang _lstSheet_ tadi atau buat baru juga boleh, diimbuhi nama
workbooknya, seperti :
=GET.WORKBOOK( 1 , "file punyanya kid yang lain.xlsx" )
2. lakukan calculate (pencet F9 gitu..)
Masih gak terima lagi ?
Gak terima apanya lagi ?
walah... kok banyak gak terimanya daripada nerimanya seh....
gak terima kalo gak langsung berubah daftarnya begitu ada yang dihapus atau
ditambah ?
ya wis... kasih dah..
pake syarat lagi ya...
kan udah mandi tuh, sekarang berdoa dulu... ini ciyuz loh..
udah berdoa ya..
gini, Excel memiliki fungsi yang bersifat volatile alias bakal selalu
dikalkulasi ulang kalo user melakukan :
a. mengubah isi cell dimanapun
b. mengubah nama range
c. mengubah nama sheet
d. menghapus sheet
e. insert baris ato kolom nya excel
f. delete baris ato kolom nya excel
g. delete cell yang pake shift (up, left)
h. insert cell yang pake shift (down, right)
pokoke saingan berat dah sama fitur yang namanya CF (conditional
formatting).
Nah... dengan begitu, maka formula ambil nilai dari nama range _lstSheet_
yang di atas sana bisa disusupi aparat yang volatile ini.
Tadi kan bunyi formula dasar nya untuk ambil nilai dari nama range
_lstSheet_ berbunyi :
=Index( _lstSheet_ , Row(1:1) )
sekarang si aparat (aparatnya baik hati loh ya, bukan yang keparat... eh
tapi bisa jadi gak baik hati lagi kalo kebanyakan make nya)
memulai operasi penyusupan, sehingga formula berubah menjadi :
=Index( _lstSheet_ , Row(1:1) *+ ( rand()>1 )* )
Aparatnya bernama *rand()* yang menyamar dengan pakai lipstik + ( >1 )
Berhubung si aparat adalah tulen (entah laki ato perempuan ya... gak sempet
nanya sex nya apa), yang jelas dia pasti hanya dari 0 sampe 1. Jadi kadang
0 tulen, kadang 1 tulen, kadang juga antara keduanya lah... kadang feminin
nya dominan (deket deket ke 0) n kadang maskulin nya yang dominan (deket
deket ke 1).
Jadi, kalau ada penambahan sheet doang tanpa mengubah nama sheetnya apalagi
mengisi suatu data di sheet baru tersebut (kenapa juga nambah sheet kosong
yak kalo kaya gitu...), maka si aparat gak akan bereaksi alias diam membisu
sajah..
Begitu si user, setelah menambah sheet baru lalu mengubah nama apalagi
mengisi data di sheet baru itu, maka si aparat akan berkoar-koar
sampe-sampe penyamarannya nyaris terbongkar...
so, begitulah salah satu memanfaatkan aparat dengan cara yang baik dan
benar... kalo make aparat beginian ndak dipinter-pinterin, dia bakalan
malakin si user sampe-sampe hidup terasa berat untuk melakukan segala
hal... (kalkulasi nya si Excel mangsudnye..)
sampe segitu sajah yah...
jangan lupa, save file sebagai .xlsm, .xlsb, atau .xls karena menggunakan
Macro.
oh iya,
detil dokumentasi tentang si fungsi GET.WORKBOOK : (cari di-internet file
macrofun.exe dari situs resmi downloadnya ms)
> Macro Sheets Only
> Returns information about a workbook.
>
> Syntax
>
> GET.WORKBOOK(type_num, name_text)
> Type_num is a number that specifies what type of workbook information
> you want.
>
> Type_num Returns
>
> 1 The names of all sheets in the workbook, as a horizontal array of
> text values.
> 2 This will always return the #N/A error value.
> 3 The names of the currently selected sheets in the workbook, as a
> horizontal array of text values.
> 4 The number of sheets in the workbook.
> 5 TRUE if the workbook has a routing slip; otherwise, FALSE.
> 6 The names of all of the document routing recipients who have not
> received the document, as a horizontal array of text values.
> 7 The subject line for the current routing slip, as text.
> 8 The message text for the routing slip, as text.
> 9 If the document is to be routed to recipients one after another,
> returns 1. If it is to be routed all at once, returns 2.
> 10 TRUE, if the Return When Done check box in the Routing Slip dialog
> box is selected; otherwise, FALSE.
> 11 TRUE, if the current recipient has already forwarded the current
> document; otherwise, FALSE.
>
> 12 TRUE, if the Track Status checkbox in the Routing Slip dialog box is
> selected; otherwise, FALSE.
>
> 13 Status of the workbook routing slip:
> 0 = unrouted
> 1 = routing in progress, or the workbook has been routed to a user
> 2 = routing is finished
> 14 TRUE, if the workbook structure is protected; otherwise, FALSE.
> 15 TRUE, if the workbook windows are protected; otherwise, FALSE.
> 16 Name of the workbook as text. The workbook name does not include the
> drive, directory or folder, or window number.This is the equivalent of
> GET.DOCUMENT(1).
> 17 TRUE if the document is read only; otherwise, FALSE. This is the
> equivalent of GET.DOCUMENT(34).
> 18 TRUE if sheet is write-reserved; otherwise, FALSE. This is the
> equivalent of GET.DOCUMENT(35).
> 19 Name of the user with current write permission for the document.
> This is the equivalent of GET.DOCUMENT(36).
> 20 Number corresponding to the file type of the document as displayed
> in the Save As dialog box. This is the equivalent of GET.DOCUMENT(37).
> 21 TRUE if the Create Backup File check box is selected in the Save As
> dialog box; otherwise, FALSE. This is the equivalent of GET.DOCUMENT(40).
>
> 22 TRUE if the Save External Link Values check box is selected in the
> Calculation tab of the Options dialog box. This is the equivalent of
> GET.DOCUMENT(43).
> 23 TRUE if the workbook has a PowerTalk mailer; otherwise, FALSE.
> Returns #N/A if no OCE mailer is installed.
> 24 TRUE if changes have been made to the workbook since the last time
> it was saved; FALSE if book is unchanged (or when closed, will not prompt
> to be saved).
> 25 The recipients on the To line of a PowerTalk mailer, as a horizontal
> array of text.
> 26 The recipients on the Cc line of a PowerTalk mailer, as a horizontal
> array of text.
> 27 The recipients on the Bcc line of a PowerTalk mailer, as a
> horizontal array of text.
> 28 The subject of the PowerTalk mailer, as text.
>
> 29 The enclosures of the PowerTalk mailer, as a horizontal array of
> text.
> 30 TRUE, if the PowerTalk mailer has been received from another user
> (as opposed to just being added but not sent). FALSE, if the mailer has not
> been received from another user.
> 31 The date and time the PowerTalk mailer was sent, as a serial number.
> Returns the #N/A error value if the mailer has not yet been sent.
> 32 The sender name of the PowerTalk mailer, as text. Returns the #N/A
> error value if the mailer has not yet been sent.
> 33 The title of the document as displayed in the Summary Info dialog
> box, as text.
> 34 The subject of the document as displayed in the Summary Info dialog
> box, as text.
> 35 The author of the document as displayed in the Summary Info dialog
> box, as text.
>
> 36 The keywords for the document as displayed in the Summary Info
> dialog box, as text.
> 37 The comments for the document as displayed in the Summary Info
> dialog box, as text.
> 38 The name of the active worksheet.
>
> Name_text is the name of an open workbook. If name_text is omitted, it
> is assumed to be the active workbook.
>
> Example
>
> The following macro formula returns the name of the active sheet in the
> workbook named SALES.XLS:
>
> GET.WORKBOOK(2, "SALES.XLS")
>
Wassalam
Kid.
2014-06-01 9:20 GMT+07:00 Zerlinda Seismica seismica@yahoo.com
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
> Dear teman2
>
> Mohon bantuan lagi, kebetulan saya belum begitu paham macro.
> Bisa dibantu menampilkan nama sheet dengan macro seperti lampiran ini.
> Mungkin macro yang nanti dipecahkan para pakar bisa awal saya belajar macro
>
> Salam
> Seimica
>
>
>
Jangan lupa save as file sebagai .xlsm atau .xlsb atau .xls agar VBA nya
tersimpan.
Nah... karena sudah disimpan sebagai .xlsm atau .xlsb atau .xls, maka bisa
juga menggunakan Macro 4. Fungsi milik Macro 4 yang bisa digunakan untuk
informasi seperti ini antara lain adalah fungsi bernama GET.WORKBOOK
Cara pakainya :
"buat sebuah nama range, lalu bagian refers to diisi dengan bunyi fungsi
milik Macro 4"
Contoh pada kasus ini, yang ingin membuat daftar sheet yang ada di workbook
tersebut :
1. buat nama range
> ribbon Formulas -> lihat group menu bernama Defined Names -> klik
Define Name -> muncul dialog window
> pada bagian name, isi dengan bunyi : _lstSheet_ (nanti kalo sudah
paham alurnya, nama ini bisa diganti sesuka hati)
> pada refers to, isi dengan bunyi : =GET.WORKBOOK(1)
> tekan OK
2. membuat daftar sheet menggunakan nama range _lstSheet_ yang merujuk ke
fungsi milik Macro 4 tadi
> pada cell C7 (atau cell mana saja deh yang disukai) isi dengan
formula berbunyi :
=Index( _lstSheet_ , Row(1:1) )
> copy formula C7 ke baris lainnya (misal copy sampai 15 baris alias
dari C7:C21)
** dicopy 15 baris karena asumsinya workbook bakal mencapai 15
worksheet, kalau mau lebih banyak juga boleh...
** apa sih yang gak boleh buat BeExceller...
** wakakakaka... banyak ding yang gak boleh, gak boleh attach >
250 KB, pake cc atau bcc, dsb
Nanti akan tampak daftar sheet yang masih menyertakan nama workbooknya.
Untungnya, nama workbook selalu dikurung pakai kurung siku, seperti :
[workbooknya si Kid.xlsm]Sheet1
Gak rela ya kalo nama sheet nya masih bawa-bawa nama babe-nye... ?
kalo gitu lakukan extract data teks. Fungsi Mid dan Find bisa membantu...
Masih gak terima juga, karena ada baris yang hasilnya error value ?
lakukan trap error dengan fungsi IFError di xl2007 ke atas atau IF(
IsError() ) di semua versi xl
untuk hal ini, saya serahkan ke BeExceller yang lain ya...
Mau daftar sheet yang ada di workbook lain ? Tapi ada syaratnya loh...
Syaratnya dulu...
1. mandi dulu biar gak bauk...
;)
1. workbooknya harus terbuka. kalau belum terbuka, akan menghasilkan error
value yang bisa di trap error dengan fungsi IFError.
Caranya :
1. nama range yang _lstSheet_ tadi atau buat baru juga boleh, diimbuhi nama
workbooknya, seperti :
=GET.WORKBOOK( 1 , "file punyanya kid yang lain.xlsx" )
2. lakukan calculate (pencet F9 gitu..)
Masih gak terima lagi ?
Gak terima apanya lagi ?
walah... kok banyak gak terimanya daripada nerimanya seh....
gak terima kalo gak langsung berubah daftarnya begitu ada yang dihapus atau
ditambah ?
ya wis... kasih dah..
pake syarat lagi ya...
kan udah mandi tuh, sekarang berdoa dulu... ini ciyuz loh..
udah berdoa ya..
gini, Excel memiliki fungsi yang bersifat volatile alias bakal selalu
dikalkulasi ulang kalo user melakukan :
a. mengubah isi cell dimanapun
b. mengubah nama range
c. mengubah nama sheet
d. menghapus sheet
e. insert baris ato kolom nya excel
f. delete baris ato kolom nya excel
g. delete cell yang pake shift (up, left)
h. insert cell yang pake shift (down, right)
pokoke saingan berat dah sama fitur yang namanya CF (conditional
formatting).
Nah... dengan begitu, maka formula ambil nilai dari nama range _lstSheet_
yang di atas sana bisa disusupi aparat yang volatile ini.
Tadi kan bunyi formula dasar nya untuk ambil nilai dari nama range
_lstSheet_ berbunyi :
=Index( _lstSheet_ , Row(1:1) )
sekarang si aparat (aparatnya baik hati loh ya, bukan yang keparat... eh
tapi bisa jadi gak baik hati lagi kalo kebanyakan make nya)
memulai operasi penyusupan, sehingga formula berubah menjadi :
=Index( _lstSheet_ , Row(1:1) *+ ( rand()>1 )* )
Aparatnya bernama *rand()* yang menyamar dengan pakai lipstik + ( >1 )
Berhubung si aparat adalah tulen (entah laki ato perempuan ya... gak sempet
nanya sex nya apa), yang jelas dia pasti hanya dari 0 sampe 1. Jadi kadang
0 tulen, kadang 1 tulen, kadang juga antara keduanya lah... kadang feminin
nya dominan (deket deket ke 0) n kadang maskulin nya yang dominan (deket
deket ke 1).
Jadi, kalau ada penambahan sheet doang tanpa mengubah nama sheetnya apalagi
mengisi suatu data di sheet baru tersebut (kenapa juga nambah sheet kosong
yak kalo kaya gitu...), maka si aparat gak akan bereaksi alias diam membisu
sajah..
Begitu si user, setelah menambah sheet baru lalu mengubah nama apalagi
mengisi data di sheet baru itu, maka si aparat akan berkoar-koar
sampe-sampe penyamarannya nyaris terbongkar...
so, begitulah salah satu memanfaatkan aparat dengan cara yang baik dan
benar... kalo make aparat beginian ndak dipinter-pinterin, dia bakalan
malakin si user sampe-sampe hidup terasa berat untuk melakukan segala
hal... (kalkulasi nya si Excel mangsudnye..)
sampe segitu sajah yah...
jangan lupa, save file sebagai .xlsm, .xlsb, atau .xls karena menggunakan
Macro.
oh iya,
detil dokumentasi tentang si fungsi GET.WORKBOOK : (cari di-internet file
macrofun.exe dari situs resmi downloadnya ms)
> Macro Sheets Only
> Returns information about a workbook.
>
> Syntax
>
> GET.WORKBOOK(type_num, name_text)
> Type_num is a number that specifies what type of workbook information
> you want.
>
> Type_num Returns
>
> 1 The names of all sheets in the workbook, as a horizontal array of
> text values.
> 2 This will always return the #N/A error value.
> 3 The names of the currently selected sheets in the workbook, as a
> horizontal array of text values.
> 4 The number of sheets in the workbook.
> 5 TRUE if the workbook has a routing slip; otherwise, FALSE.
> 6 The names of all of the document routing recipients who have not
> received the document, as a horizontal array of text values.
> 7 The subject line for the current routing slip, as text.
> 8 The message text for the routing slip, as text.
> 9 If the document is to be routed to recipients one after another,
> returns 1. If it is to be routed all at once, returns 2.
> 10 TRUE, if the Return When Done check box in the Routing Slip dialog
> box is selected; otherwise, FALSE.
> 11 TRUE, if the current recipient has already forwarded the current
> document; otherwise, FALSE.
>
> 12 TRUE, if the Track Status checkbox in the Routing Slip dialog box is
> selected; otherwise, FALSE.
>
> 13 Status of the workbook routing slip:
> 0 = unrouted
> 1 = routing in progress, or the workbook has been routed to a user
> 2 = routing is finished
> 14 TRUE, if the workbook structure is protected; otherwise, FALSE.
> 15 TRUE, if the workbook windows are protected; otherwise, FALSE.
> 16 Name of the workbook as text. The workbook name does not include the
> drive, directory or folder, or window number.This is the equivalent of
> GET.DOCUMENT(1).
> 17 TRUE if the document is read only; otherwise, FALSE. This is the
> equivalent of GET.DOCUMENT(34).
> 18 TRUE if sheet is write-reserved; otherwise, FALSE. This is the
> equivalent of GET.DOCUMENT(35).
> 19 Name of the user with current write permission for the document.
> This is the equivalent of GET.DOCUMENT(36).
> 20 Number corresponding to the file type of the document as displayed
> in the Save As dialog box. This is the equivalent of GET.DOCUMENT(37).
> 21 TRUE if the Create Backup File check box is selected in the Save As
> dialog box; otherwise, FALSE. This is the equivalent of GET.DOCUMENT(40).
>
> 22 TRUE if the Save External Link Values check box is selected in the
> Calculation tab of the Options dialog box. This is the equivalent of
> GET.DOCUMENT(43).
> 23 TRUE if the workbook has a PowerTalk mailer; otherwise, FALSE.
> Returns #N/A if no OCE mailer is installed.
> 24 TRUE if changes have been made to the workbook since the last time
> it was saved; FALSE if book is unchanged (or when closed, will not prompt
> to be saved).
> 25 The recipients on the To line of a PowerTalk mailer, as a horizontal
> array of text.
> 26 The recipients on the Cc line of a PowerTalk mailer, as a horizontal
> array of text.
> 27 The recipients on the Bcc line of a PowerTalk mailer, as a
> horizontal array of text.
> 28 The subject of the PowerTalk mailer, as text.
>
> 29 The enclosures of the PowerTalk mailer, as a horizontal array of
> text.
> 30 TRUE, if the PowerTalk mailer has been received from another user
> (as opposed to just being added but not sent). FALSE, if the mailer has not
> been received from another user.
> 31 The date and time the PowerTalk mailer was sent, as a serial number.
> Returns the #N/A error value if the mailer has not yet been sent.
> 32 The sender name of the PowerTalk mailer, as text. Returns the #N/A
> error value if the mailer has not yet been sent.
> 33 The title of the document as displayed in the Summary Info dialog
> box, as text.
> 34 The subject of the document as displayed in the Summary Info dialog
> box, as text.
> 35 The author of the document as displayed in the Summary Info dialog
> box, as text.
>
> 36 The keywords for the document as displayed in the Summary Info
> dialog box, as text.
> 37 The comments for the document as displayed in the Summary Info
> dialog box, as text.
> 38 The name of the active worksheet.
>
> Name_text is the name of an open workbook. If name_text is omitted, it
> is assumed to be the active workbook.
>
> Example
>
> The following macro formula returns the name of the active sheet in the
> workbook named SALES.XLS:
>
> GET.WORKBOOK(2, "SALES.XLS")
>
Wassalam
Kid.
2014-06-01 9:20 GMT+07:00 Zerlinda Seismica seismica@yahoo.com
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
> Dear teman2
>
> Mohon bantuan lagi, kebetulan saya belum begitu paham macro.
> Bisa dibantu menampilkan nama sheet dengan macro seperti lampiran ini.
> Mungkin macro yang nanti dipecahkan para pakar bisa awal saya belajar macro
>
> Salam
> Seimica
>
>
>
=====================================================================
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
Tidak ada komentar:
Posting Komentar