15 Messages
Digest #2957
4.1
Re: Fw: Fw: Fw: [belajar-excel] Re-Post Pengambilan Data Dengan 2 Kr by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
5a
Membuat keterangan terlambat "...." hari by time by "Paulus Taripar" paulustaripar@rocketmail.com
5b
Re: Membuat keterangan terlambat "...." hari by time by "zainul_ulum[at]yahoo[dot]com" zainul_ulum
5c
Bls: [belajar-excel] Membuat keterangan terlambat "...." hari by tim by "Paulus Taripar" paulustaripar@rocketmail.com
5e
Re: Membuat keterangan terlambat "...." hari by time by "zainul_ulum[at]yahoo[dot]com" zainul_ulum
5f
Bls: [belajar-excel] Membuat keterangan terlambat "...." hari by tim by "Paulus Taripar" paulustaripar@rocketmail.com
Messages
Mon Jun 2, 2014 6:30 am (PDT) . Posted by:
"sofyan mujit"
kamsia mr HK
Pada 2 Juni 2014 17.06, hendrik karnadi hendrikkarnadi@yahoo.com
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:
>
>
> Coba ganti Code:
> Cells(Rows.Count, 1).End(xlUp).Offset(1) = "=SUM(R[-" Cells(Rows.Count,
> 1).End(xlUp).Offset(1) "]C:R[-1]C)"
> dengan
> Cells(Rows.Count, 1).End(xlUp).Offset(1) = "=SUM(R1C:R[-1]C)"
>
> Salam,
> HK
>
>
>
>
> On Monday, 2 June 2014, 14:29, "sofyan mujit sofyan.mr@gmail.com
> [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>
>
> Dear Master excel
>
> Mohon bantuan utk koreksi kode berikut ( file terlampir )
>
> kode vba
> Cells(Rows.Count, 1).End(xlUp).Offset(1) = "=SUM(R[-" Cells(Rows.Count,
> 1).End(xlUp).Offset(1) "]C:R[-1]C)"
> koreksi, maksudnya :
> result DATA A =SUM(A4:A5) maunya sih=SUM(A2:A4)
> result DATA B =SUM(A5:A6) maunya sih=SUM(A2:A6)
> result DATA C =SUM(A6:A7) maunya sih=SUM(A2:A7)
> Mohon di bantu koreksi code nya ....
>
>
>
>
Pada 2 Juni 2014 17.06, hendrik karnadi hendrikkarnadi@yahoo.com
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:
>
>
> Coba ganti Code:
> Cells(Rows.Count, 1).End(xlUp).Offset(1) = "=SUM(R[-" Cells(Rows.Count,
> 1).End(xlUp).Offset(1) "]C:R[-1]C)"
> dengan
> Cells(Rows.Count, 1).End(xlUp).Offset(1) = "=SUM(R1C:R[-1]C)"
>
> Salam,
> HK
>
>
>
>
> On Monday, 2 June 2014, 14:29, "sofyan mujit sofyan.mr@gmail.com
> [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>
>
> Dear Master excel
>
> Mohon bantuan utk koreksi kode berikut ( file terlampir )
>
> kode vba
> Cells(Rows.Count, 1).End(xlUp)
> 1).End(xlUp)
> koreksi, maksudnya :
> result DATA A =SUM(A4:A5) maunya sih=SUM(A2:A4)
> result DATA B =SUM(A5:A6) maunya sih=SUM(A2:A6)
> result DATA C =SUM(A6:A7) maunya sih=SUM(A2:A7)
> Mohon di bantu koreksi code nya ....
>
>
>
>
Mon Jun 2, 2014 7:23 am (PDT) . Posted by:
"hendrik karnadi" hendrikkarnadi
Sama2 Pak Sofyan.
Oh ya, kalau mau menjumlahkan mulai baris ke 2, tinggal ganti R1 jadi R2.
Salam,
HK
On Monday, 2 June 2014, 20:15, "sofyan mujit sofyan.mr@gmail.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
kamsia mr HK
Pada 2 Juni 2014 17.06, hendrik karnadi hendrikkarnadi@yahoo.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:
>
>Coba ganti Code:
>Cells(Rows.Count, 1).End(xlUp).Offset(1) = "=SUM(R[-" Cells(Rows.Count, 1).End(xlUp).Offset(1) "]C:R[-1]C)"
>
>dengan
>Cells(Rows.Count, 1).End(xlUp).Offset(1) = "=SUM(R1C:R[-1]C)"
>
>
>
>Salam,
>HK
>
>
>
>
>
>
>
>On Monday, 2 June 2014, 14:29, "sofyan mujit sofyan.mr@gmail.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>
>
>
>Dear Master excel
>
>
>Mohon bantuan utk koreksi kode berikut ( file terlampir )
>
>kode vba
> Cells(Rows.Count, 1).End(xlUp).Offset(1) = "=SUM(R[-" Cells(Rows.Count, 1).End(xlUp).Offset(1) "]C:R[-1]C)"
>
>koreksi, maksudnya :
>result DATA A =SUM(A4:A5) maunya sih=SUM(A2:A4)
>result DATA B =SUM(A5:A6) maunya sih=SUM(A2:A6)
>result DATA C =SUM(A6:A7) maunya sih=SUM(A2:A7)
>Mohon di bantu koreksi code nya ....
>
>
>
Oh ya, kalau mau menjumlahkan mulai baris ke 2, tinggal ganti R1 jadi R2.
Salam,
HK
On Monday, 2 June 2014, 20:15, "sofyan mujit sofyan.mr@gmail.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
kamsia mr HK
Pada 2 Juni 2014 17.06, hendrik karnadi hendrikkarnadi@yahoo.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:
>
>Coba ganti Code:
>Cells(Rows.Count, 1).End(xlUp).Offset(1) = "=SUM(R[-" Cells(Rows.Count, 1).End(xlUp).Offset(1) "]C:R[-1]C)"
>
>dengan
>Cells(Rows.Count, 1).End(xlUp).Offset(1) = "=SUM(R1C:R[-1]C)"
>
>
>
>Salam,
>HK
>
>
>
>
>
>
>
>On Monday, 2 June 2014, 14:29, "sofyan mujit sofyan.mr@gmail.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>
>
>
>Dear Master excel
>
>
>Mohon bantuan utk koreksi kode berikut ( file terlampir )
>
>kode vba
> Cells(Rows.
>
>koreksi, maksudnya :
>result DATA A =SUM(A4:A5) maunya sih=SUM(A2:A4)
>result DATA B =SUM(A5:A6) maunya sih=SUM(A2:A6)
>result DATA C =SUM(A6:A7) maunya sih=SUM(A2:A7)
>Mohon di bantu koreksi code nya ....
>
>
>
Mon Jun 2, 2014 6:48 am (PDT) . Posted by:
"Supriyanto S" priweto
Terima kasih mr Kid dan mr odong nando atas pencerahannya, maaf lama ga
buka email jadi telat respon...
So pasti petunjuk kedua duanya akan menjadi sangat berguna untuk saya dan
tentu akan saya pelajari untuk saya kembangkan sesuai keperluan.
Terima kasih
supriyanto
Pada 24 Mei 2014 18.23, 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:
>
>
> Hai Supriyanto,
>
> Dengan security macro yang di-enable, maka event change milik worksheet
> bisa dimanfaatkan ketika diisi dengan script :
>
> Private Sub Worksheet_Change(ByVal Target As Range) '-> prosedur jenis
> sub yang berupa events dari object worksheet
> Dim s08 As String, s10 As String, s13 As String '-> variabel kerja
> penyimpan nilai inputan di D9,D10,D13
>
> Application.ScreenUpdating = False 'turn off kemampuan Excel
> me-refresh layar
> Application.EnableEvents = False 'turn off reaksi Excel melalui
> events
> If Target.Count = 1 Then 'jumlah cells yang berubah hanya 1 sajah
> Select Case Target.Address 'cek kasus berdasar alamat cells
> yang berubah nilainya
> Case "$D$8", "$D$10", "$D$13" 'kasus ketika yang berubah
> adalah cell beralamat $D$8, $D$10, atau $D$13
> 'simpan nilai di cell D8,D10,D13 yang sudah diubah menjadi
> huruf kecil berturut-turut ke variabel s08,s10,s13
> s08 = LCase(Range("d8").Value)
> s10 = LCase(Range("d10").Value)
> s13 = LCase(Range("d13").Value)
>
> 'baris 15:19 disembunyikan jika selain ( panen dan direct )
> Rows("15:19").Hidden = Not ((s08 = "panen") And (s10 =
> "direct"))
>
> 'baris 20:28 disembunyikan jika selain ( bukan_panen dan
> direct )
> Rows("20:28").Hidden = Not ((s08 <> "panen") And (s10 =
> "direct"))
>
> 'baris 38:43 disembunyikan jika selain ( undirect )
> Rows("38:43").Hidden = Not (s10 = "undirect")
>
> 'baris 29:37 disembunyikan jika selain ( lembur ya dan (
> undirect atau (bukan_panen dan direct) ) )
> Rows("29:37").Hidden = Not ((s13 = "ya") And ((s10 =
> "undirect") Or (s08 <> "panen") And (s10 = "direct")))
> End Select 'kasus berdasar alamat cells telah selesai
> End If 'area kerja berdasar jumlah cells yang berubah telah selesai
> Application.EnableEvents = True 'turn on reaksi Excel melalui
> event
> Application.ScreenUpdating = True 'turn on kemampuan Excel
> me-refresh layar
> End Sub '-> akhir prosedur jenis sub yang berupa events dari object
> worksheet
>
> Pastikan file di-save as dengan memilih type :
> - Macro Enabled Workbook (.xlsm)
> - atau Excel Binary Workbook (.xlsb)
> - atau Excel 97-3003 (.xls)
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
>
> 2014-05-23 15:19 GMT+07:00 Supriyanto S priyant37@gmail.com
> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
>>
>> Dear All,
>>
>> Saya sudah mencoba mencari contoh atas kendala yang saya rasakan, baik
>> dari millis ini ataupun tanya sama mbah google. tetapi tidak menemukan
>> solusinya.
>>
>> Untuk itu saya mohon bantuan be-exceller dan agan semuanya untuk membantu
>> dan memberikan pencerahan ke saya. pertanyaan dan masalahnya terlampir.
>>
>> Sebelumnya terima kasih atas bantuan agan semuanya.
>>
>> supriy
>>
>>
>
>
buka email jadi telat respon...
So pasti petunjuk kedua duanya akan menjadi sangat berguna untuk saya dan
tentu akan saya pelajari untuk saya kembangkan sesuai keperluan.
Terima kasih
supriyanto
Pada 24 Mei 2014 18.23, 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:
>
>
> Hai Supriyanto,
>
> Dengan security macro yang di-enable, maka event change milik worksheet
> bisa dimanfaatkan ketika diisi dengan script :
>
> Private Sub Worksheet_Change(ByVal Target As Range) '-> prosedur jenis
> sub yang berupa events dari object worksheet
> Dim s08 As String, s10 As String, s13 As String '-> variabel kerja
> penyimpan nilai inputan di D9,D10,D13
>
> Application.ScreenUpdating = False 'turn off kemampuan Excel
> me-refresh layar
> Application.EnableEvents = False 'turn off reaksi Excel melalui
> events
> If Target.Count = 1 Then 'jumlah cells yang berubah hanya 1 sajah
> Select Case Target.Address 'cek kasus berdasar alamat cells
> yang berubah nilainya
> Case "$D$8", "$D$10", "$D$13" 'kasus ketika yang berubah
> adalah cell beralamat $D$8, $D$10, atau $D$13
> 'simpan nilai di cell D8,D10,D13 yang sudah diubah menjadi
> huruf kecil berturut-turut ke variabel s08,s10,s13
> s08 = LCase(Range("d8").Value)
> s10 = LCase(Range("d10").Value)
> s13 = LCase(Range("d13").Value)
>
> 'baris 15:19 disembunyikan jika selain ( panen dan direct )
> Rows("15:19").Hidden = Not ((s08 = "panen") And (s10 =
> "direct"))
>
> 'baris 20:28 disembunyikan jika selain ( bukan_panen dan
> direct )
> Rows("20:28").Hidden = Not ((s08 <> "panen") And (s10 =
> "direct"))
>
> 'baris 38:43 disembunyikan jika selain ( undirect )
> Rows("38:43").Hidden = Not (s10 = "undirect")
>
> 'baris 29:37 disembunyikan jika selain ( lembur ya dan (
> undirect atau (bukan_panen dan direct) ) )
> Rows("29:37").Hidden = Not ((s13 = "ya") And ((s10 =
> "undirect") Or (s08 <> "panen") And (s10 = "direct")))
> End Select 'kasus berdasar alamat cells telah selesai
> End If 'area kerja berdasar jumlah cells yang berubah telah selesai
> Application.EnableEvents = True 'turn on reaksi Excel melalui
> event
> Application.ScreenUpdating = True 'turn on kemampuan Excel
> me-refresh layar
> End Sub '-> akhir prosedur jenis sub yang berupa events dari object
> worksheet
>
> Pastikan file di-save as dengan memilih type :
> - Macro Enabled Workbook (.xlsm)
> - atau Excel Binary Workbook (.xlsb)
> - atau Excel 97-3003 (.xls)
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
>
> 2014-05-23 15:19 GMT+07:00 Supriyanto S priyant37@gmail.com
> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
>>
>> Dear All,
>>
>> Saya sudah mencoba mencari contoh atas kendala yang saya rasakan, baik
>> dari millis ini ataupun tanya sama mbah google. tetapi tidak menemukan
>> solusinya.
>>
>> Untuk itu saya mohon bantuan be-exceller dan agan semuanya untuk membantu
>> dan memberikan pencerahan ke saya. pertanyaan dan masalahnya terlampir.
>>
>> Sebelumnya terima kasih atas bantuan agan semuanya.
>>
>> supriy
>>
>>
>
>
Mon Jun 2, 2014 9:23 am (PDT) . Posted by:
"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
Kira-kira, bersediakah jika membuatkan sebuah sheet yang bisa diisi seluruh
data dari ke-4 sheet tersebut ?
Soalnya di sheet retur beli ada nama kolom yang duplicate dan hal ini
kurang baik.
Excel berbeda dengan database. Pada database, setiap tabel biasanya
dibedakan. Tapi, database punya kemampuan yang sangat cepat (jauh jauh
sangat sangat lebih cepat dibanding kemampuan Excel dalam menggabungkan
data).
Berhubung bekerja dengan Excel, kalau bisa data dikumpulkan menjadi sebuah
sheet karena hakekat nya sama.
Misal :
- transaksi uang masuk dan keluar memiliki hakekat tentang nilai uang.
- barang masuk dan keluar berhakekat tentang quantity barang.
- Absensi pegawai masuk, keluar istirahat, masuk istirahat, akhir jam
kerja, mulai lembur, selesai lembur, tidak masuk memiliki hakekat tentang
waktu kerja.
- Data transaksi kegiatan murid suatu sekolah berisi nilai IPA, IPS, dsb,
untuk PR, UTS, UAS, dsb memiliki hakekat yang sama tentang nilai hasil
kerja si murid.
- Data pegawai tentang tanggal masuk, tanggal naik pangkat, tanggal di
mutasi, tanggal pindah jabatan, tanggal pensiun, dsb berhakekat tentang
waktu status pegawai dalam pekerjaan.
Hal-hal diatas bisa disimpan dalam sebuah sheet jika di Excel. Jika di
database engine, hal-hal di atas bisa bervariasi peletakannya, ada yang
sebaiknya di pisah dalam beberapa tabel, dan ada yang sebaiknya tinggal
dalam sebuah tabel.
Ketika Excel harus bekerja dalam banyak sheet dalam memilih data yang akan
diproses untuk menyusun suatu informasi, sedangkan data per sheet bisa
banyak, maka potensi Excel untuk melambat kinerjanya akan semakin besar.
Apalagi mulai xl2007 sudah berisi sampai 1M rows.
File terlampir sekedar contoh data-data pokok tentang nilainya saja. Kolom
info1 sampa sekiun adalah kolom-kolom lain yang bisa digunakan untuk data
lainnya. Coba isi pada sheet data di baris kosong pertama pada kolom
tanggal sampai kolom terkanan yang tampak. Kemudian ke menu Data -> tekan
tombol Refresh All lalu lihat ke sheet Output.
Wassalam,
Kid.
2014-06-02 11:33 GMT+07:00 iman mulyana iman_mamxi@yahoo.com
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
> ada kolom tanggal, no. faktur jumlah dan expedisi. kolom inilah yang diisi
> dari sheet sumber / database tapi memang sheetnya banyak dan memang klo
> digabungkan akan semakin susah mr.kid
>
> tolong bantuannya ya mr.kid
>
>
>
> On Monday, June 2, 2014 7:45 AM, "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com
> [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>
>
>
> Tanya dikit boleh ya...
>
> Andai semua data di semua sheet digabungkan, kolom-kolom nya apa saja ya ?
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
> 2014-06-01 0:24 GMT+07:00 iman mulyana iman_mamxi@yahoo.com
> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
> maaf para master malem" gini ane nanya! heheh
> ane punya project dari boss suruh bikin inputan otomatis dari sumber yang
> sudah ada dengan terperinci nah untuk lebih lanjutnya silahkan lihat
> filenya dulu klo bisa memakai macro vb untuk penyelesaiannya tapi klo pake
> rumus jga gpp
>
> terima kasih
>
> wassalam
>
>
>
>
>
>
data dari ke-4 sheet tersebut ?
Soalnya di sheet retur beli ada nama kolom yang duplicate dan hal ini
kurang baik.
Excel berbeda dengan database. Pada database, setiap tabel biasanya
dibedakan. Tapi, database punya kemampuan yang sangat cepat (jauh jauh
sangat sangat lebih cepat dibanding kemampuan Excel dalam menggabungkan
data).
Berhubung bekerja dengan Excel, kalau bisa data dikumpulkan menjadi sebuah
sheet karena hakekat nya sama.
Misal :
- transaksi uang masuk dan keluar memiliki hakekat tentang nilai uang.
- barang masuk dan keluar berhakekat tentang quantity barang.
- Absensi pegawai masuk, keluar istirahat, masuk istirahat, akhir jam
kerja, mulai lembur, selesai lembur, tidak masuk memiliki hakekat tentang
waktu kerja.
- Data transaksi kegiatan murid suatu sekolah berisi nilai IPA, IPS, dsb,
untuk PR, UTS, UAS, dsb memiliki hakekat yang sama tentang nilai hasil
kerja si murid.
- Data pegawai tentang tanggal masuk, tanggal naik pangkat, tanggal di
mutasi, tanggal pindah jabatan, tanggal pensiun, dsb berhakekat tentang
waktu status pegawai dalam pekerjaan.
Hal-hal diatas bisa disimpan dalam sebuah sheet jika di Excel. Jika di
database engine, hal-hal di atas bisa bervariasi peletakannya, ada yang
sebaiknya di pisah dalam beberapa tabel, dan ada yang sebaiknya tinggal
dalam sebuah tabel.
Ketika Excel harus bekerja dalam banyak sheet dalam memilih data yang akan
diproses untuk menyusun suatu informasi, sedangkan data per sheet bisa
banyak, maka potensi Excel untuk melambat kinerjanya akan semakin besar.
Apalagi mulai xl2007 sudah berisi sampai 1M rows.
File terlampir sekedar contoh data-data pokok tentang nilainya saja. Kolom
info1 sampa sekiun adalah kolom-kolom lain yang bisa digunakan untuk data
lainnya. Coba isi pada sheet data di baris kosong pertama pada kolom
tanggal sampai kolom terkanan yang tampak. Kemudian ke menu Data -> tekan
tombol Refresh All lalu lihat ke sheet Output.
Wassalam,
Kid.
2014-06-02 11:33 GMT+07:00 iman mulyana iman_mamxi@yahoo.com
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
> ada kolom tanggal, no. faktur jumlah dan expedisi. kolom inilah yang diisi
> dari sheet sumber / database tapi memang sheetnya banyak dan memang klo
> digabungkan akan semakin susah mr.kid
>
> tolong bantuannya ya mr.kid
>
>
>
> On Monday, June 2, 2014 7:45 AM, "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com
> [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>
>
>
> Tanya dikit boleh ya...
>
> Andai semua data di semua sheet digabungkan, kolom-kolom nya apa saja ya ?
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
> 2014-06-01 0:24 GMT+07:00 iman mulyana iman_mamxi@yahoo.com
> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
> maaf para master malem" gini ane nanya! heheh
> ane punya project dari boss suruh bikin inputan otomatis dari sumber yang
> sudah ada dengan terperinci nah untuk lebih lanjutnya silahkan lihat
> filenya dulu klo bisa memakai macro vb untuk penyelesaiannya tapi klo pake
> rumus jga gpp
>
> terima kasih
>
> wassalam
>
>
>
>
>
>
Tue Jun 3, 2014 2:32 am (PDT) . Posted by:
"iman mulyana" iman_mamxi
ok mr.kid saya coba satukan data, tapi tetep klo untuk tabel datanya tidak bisa saya ubah banyak cuman saya kurangin saja yang tidak pentingnya saja
semoga saja dapat membantu.
terima kasih
On Monday, June 2, 2014 11:23 PM, "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
Kira-kira, bersediakah jika membuatkan sebuah sheet yang bisa diisi seluruh data dari ke-4 sheet tersebut ?
Soalnya di sheet retur beli ada nama kolom yang duplicate dan hal ini kurang baik.
Excel berbeda dengan database. Pada database, setiap tabel biasanya dibedakan. Tapi, database punya kemampuan yang sangat cepat (jauh jauh sangat sangat lebih cepat dibanding kemampuan Excel dalam menggabungkan data).
Berhubung bekerja dengan Excel, kalau bisa data dikumpulkan menjadi sebuah sheet karena hakekat nya sama.
Misal :
- transaksi uang masuk dan keluar memiliki hakekat tentang nilai uang.
- barang masuk dan keluar berhakekat tentang quantity barang.
- Absensi pegawai masuk, keluar istirahat, masuk istirahat, akhir jam kerja, mulai lembur, selesai lembur, tidak masuk memiliki hakekat tentang waktu kerja.
- Data transaksi kegiatan murid suatu sekolah berisi nilai IPA, IPS, dsb, untuk PR, UTS, UAS, dsb memiliki hakekat yang sama tentang nilai hasil kerja si murid.
- Data pegawai tentang tanggal masuk, tanggal naik pangkat, tanggal di mutasi, tanggal pindah jabatan, tanggal pensiun, dsb berhakekat tentang waktu status pegawai dalam pekerjaan.
Hal-hal diatas bisa disimpan dalam sebuah sheet jika di Excel. Jika di database engine, hal-hal di atas bisa bervariasi peletakannya, ada yang sebaiknya di pisah dalam beberapa tabel, dan ada yang sebaiknya tinggal dalam sebuah tabel.
Ketika Excel harus bekerja dalam banyak sheet dalam memilih data yang akan diproses untuk menyusun suatu informasi, sedangkan data per sheet bisa banyak, maka potensi Excel untuk melambat kinerjanya akan semakin besar. Apalagi mulai xl2007 sudah berisi sampai 1M rows.
File terlampir sekedar contoh data-data pokok tentang nilainya saja. Kolom info1 sampa sekiun adalah kolom-kolom lain yang bisa digunakan untuk data lainnya. Coba isi pada sheet data di baris kosong pertama pada kolom tanggal sampai kolom terkanan yang tampak. Kemudian ke menu Data -> tekan tombol Refresh All lalu lihat ke sheet Output.
Wassalam,
Kid.
2014-06-02 11:33 GMT+07:00 iman mulyana iman_mamxi@yahoo.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>ada kolom tanggal, no. faktur jumlah dan expedisi. kolom inilah yang diisi dari sheet sumber / database tapi memang sheetnya banyak dan memang klo digabungkan akan semakin susah mr.kid
>
>
>tolong bantuannya ya mr.kid
>
>
>
>
>
>On Monday, June 2, 2014 7:45 AM, "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>
>
>
>
>Tanya dikit boleh ya...
>
>Andai semua data di semua sheet digabungkan, kolom-kolom nya apa saja ya ?
>
>Wassalam,
>Kid.
>
>
>
>
>
>2014-06-01 0:24 GMT+07:00 iman mulyana iman_mamxi@yahoo.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
>>
>>maaf para master malem" gini ane nanya! heheh
>>ane punya project dari boss suruh bikin inputan otomatis dari sumber yang sudah ada dengan terperinci nah untuk lebih lanjutnya silahkan lihat filenya dulu klo bisa memakai macro vb untuk penyelesaiannya tapi klo pake rumus jga gpp
>>
>>
>>
>>terima kasih
>>
>>
>>
>>wassalam
>>
>
>
>
semoga saja dapat membantu.
terima kasih
On Monday, June 2, 2014 11:23 PM, "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
Kira-kira, bersediakah jika membuatkan sebuah sheet yang bisa diisi seluruh data dari ke-4 sheet tersebut ?
Soalnya di sheet retur beli ada nama kolom yang duplicate dan hal ini kurang baik.
Excel berbeda dengan database. Pada database, setiap tabel biasanya dibedakan. Tapi, database punya kemampuan yang sangat cepat (jauh jauh sangat sangat lebih cepat dibanding kemampuan Excel dalam menggabungkan data).
Berhubung bekerja dengan Excel, kalau bisa data dikumpulkan menjadi sebuah sheet karena hakekat nya sama.
Misal :
- transaksi uang masuk dan keluar memiliki hakekat tentang nilai uang.
- barang masuk dan keluar berhakekat tentang quantity barang.
- Absensi pegawai masuk, keluar istirahat, masuk istirahat, akhir jam kerja, mulai lembur, selesai lembur, tidak masuk memiliki hakekat tentang waktu kerja.
- Data transaksi kegiatan murid suatu sekolah berisi nilai IPA, IPS, dsb, untuk PR, UTS, UAS, dsb memiliki hakekat yang sama tentang nilai hasil kerja si murid.
- Data pegawai tentang tanggal masuk, tanggal naik pangkat, tanggal di mutasi, tanggal pindah jabatan, tanggal pensiun, dsb berhakekat tentang waktu status pegawai dalam pekerjaan.
Hal-hal diatas bisa disimpan dalam sebuah sheet jika di Excel. Jika di database engine, hal-hal di atas bisa bervariasi peletakannya, ada yang sebaiknya di pisah dalam beberapa tabel, dan ada yang sebaiknya tinggal dalam sebuah tabel.
Ketika Excel harus bekerja dalam banyak sheet dalam memilih data yang akan diproses untuk menyusun suatu informasi, sedangkan data per sheet bisa banyak, maka potensi Excel untuk melambat kinerjanya akan semakin besar. Apalagi mulai xl2007 sudah berisi sampai 1M rows.
File terlampir sekedar contoh data-data pokok tentang nilainya saja. Kolom info1 sampa sekiun adalah kolom-kolom lain yang bisa digunakan untuk data lainnya. Coba isi pada sheet data di baris kosong pertama pada kolom tanggal sampai kolom terkanan yang tampak. Kemudian ke menu Data -> tekan tombol Refresh All lalu lihat ke sheet Output.
Wassalam,
Kid.
2014-06-02 11:33 GMT+07:00 iman mulyana iman_mamxi@yahoo.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>ada kolom tanggal, no. faktur jumlah dan expedisi. kolom inilah yang diisi dari sheet sumber / database tapi memang sheetnya banyak dan memang klo digabungkan akan semakin susah mr.kid
>
>
>tolong bantuannya ya mr.kid
>
>
>
>
>
>On Monday, June 2, 2014 7:45 AM, "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>
>
>
>
>Tanya dikit boleh ya...
>
>Andai semua data di semua sheet digabungkan, kolom-kolom nya apa saja ya ?
>
>Wassalam,
>Kid.
>
>
>
>
>
>2014-06-01 0:24 GMT+07:00 iman mulyana iman_mamxi@yahoo.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
>>
>>maaf para master malem" gini ane nanya! heheh
>>ane punya project dari boss suruh bikin inputan otomatis dari sumber yang sudah ada dengan terperinci nah untuk lebih lanjutnya silahkan lihat filenya dulu klo bisa memakai macro vb untuk penyelesaiannya tapi klo pake rumus jga gpp
>>
>>
>>
>>terima kasih
>>
>>
>>
>>wassalam
>>
>
>
>
Mon Jun 2, 2014 9:47 am (PDT) . Posted by:
"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
Pak Agunk,
ambil foto baru :
Private Sub Cmd_Foto_Click()
On Error Resume Next
Dim Filter As String, Title As String, FileX As String
Dim SourceFile, DestinationFile
X.SetFocus
Filter = "JPG Image Files Only(*.jpg),*.jpg,"
Title = "Silahkan Pilih Logo"
FileX = Application.GetOpenFilename(Filter, , Title)
NamaFile = Range("F23")
Sheets("Formulir").Image1.Picture = LoadPicture(FileX)
DestinationFile = ActiveWorkbook.Path & "\Photo\" & NamaFile & ".jpg"
FileCopy FileX, DestinationFile
* Image1.Picture = LoadPicture(**DestinationFile)*
End Sub
yang di-bold adalah cara pasang foto berdasar nama file yang tertulis di
cell F23 sheet formulir.
Sebelum baris pasang foto, ada proses peng-copy-an file dari sumber yang
ditunjuk user ke folder tertentu, disertai mengganti nama filenya menjadi
seperti nama di cell F23.
Itu tadi kalau user sedang memilih foto baru.
Saat data di-save oleh si user ke database, sudah ada proses penyimpanan
nama file ke database, yaitu isi F23 ke database.
Saat load data dari database (entah apa nama tombol yang ditekan, tapi pada
event milik si tombol lah pokoknya), setelah seluruh proses selesai,
sebelum ada pesan (msgbox) kalau data sudah selesai diambil dari database
untuk dipasang di sheet formulir, tambahkan juga baris untuk pasang foto
berdasar nilai di F23 yang sudah terganti dengan data dari database tadi.
'baris-baris untuk ambil data dari database
image1.picture = loadpicture( ActiveWorkbook.Path & "\Photo\" &
range("f23").value & ".jpg" )
'msgboxnya disini
msgbox "data sudah selesai diambil dari database. Silakan dilihat atau
diedit sesukanya" ,vbinformation,"ambil data dari database"
end sub
Wassalam,
Kid
2014-05-21 19:30 GMT+07:00 agungdotcom13@yahoo.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
> Mr Kid...
> Saya cuma bisa menampilkan gambarnya ini aja juga masih amburadul
> mohon untuk diperiksa dan diperbaiki dan penjelasannya,,,
> masih sedikit bingung nih...
> maklum...kerja sambil belajar excel...
>
>
>
>
>
> Thanks,B'Regards
> -Agunk-
>
>
>
ambil foto baru :
Private Sub Cmd_Foto_Click()
On Error Resume Next
Dim Filter As String, Title As String, FileX As String
Dim SourceFile, DestinationFile
X.SetFocus
Filter = "JPG Image Files Only(*.jpg),*.jpg,"
Title = "Silahkan Pilih Logo"
FileX = Application.GetOpenFilename(Filter, , Title)
NamaFile = Range("F23")
Sheets("Formulir").Image1.Picture = LoadPicture(FileX)
DestinationFile = ActiveWorkbook.Path & "\Photo\" & NamaFile & ".jpg"
FileCopy FileX, DestinationFile
* Image1.Picture = LoadPicture(**DestinationFile)*
End Sub
yang di-bold adalah cara pasang foto berdasar nama file yang tertulis di
cell F23 sheet formulir.
Sebelum baris pasang foto, ada proses peng-copy-an file dari sumber yang
ditunjuk user ke folder tertentu, disertai mengganti nama filenya menjadi
seperti nama di cell F23.
Itu tadi kalau user sedang memilih foto baru.
Saat data di-save oleh si user ke database, sudah ada proses penyimpanan
nama file ke database, yaitu isi F23 ke database.
Saat load data dari database (entah apa nama tombol yang ditekan, tapi pada
event milik si tombol lah pokoknya), setelah seluruh proses selesai,
sebelum ada pesan (msgbox) kalau data sudah selesai diambil dari database
untuk dipasang di sheet formulir, tambahkan juga baris untuk pasang foto
berdasar nilai di F23 yang sudah terganti dengan data dari database tadi.
'baris-baris untuk ambil data dari database
image1.picture = loadpicture( ActiveWorkbook.Path & "\Photo\" &
range("f23").value & ".jpg" )
'msgboxnya disini
msgbox "data sudah selesai diambil dari database. Silakan dilihat atau
diedit sesukanya" ,vbinformation,"ambil data dari database"
end sub
Wassalam,
Kid
2014-05-21 19:30 GMT+07:00 agungdotcom13@yahoo.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
> Mr Kid...
> Saya cuma bisa menampilkan gambarnya ini aja juga masih amburadul
> mohon untuk diperiksa dan diperbaiki dan penjelasannya,
> masih sedikit bingung nih...
> maklum...kerja sambil belajar excel...
>
>
>
>
>
> Thanks,B'
> -Agunk-
>
>
>
Mon Jun 2, 2014 11:04 pm (PDT) . Posted by:
agunk_full
Mr.Kid Saya masih belum pham untuk pemasangan fotonya dan mengganti nama file yang ada dicell f23, soalnya nama file fotonya sama dengan nama order tersebut...
Sementara Untuk ambil data dari database saya gunakan ini saya letakkan pada event Worksheet_Change
On Error GoTo GbKosong
Range("F7").Select
Application.ScreenUpdating = False
NamaData = Range("F7")
Files = ActiveWorkbook.Path & "\Photo92;" & NamaData & ".jpg" '
Image1.Picture = LoadPicture(Files)
Application.ScreenUpdating = True
Exit Sub
GbKosong:
Image1.Picture = Image2.Picture
End Sub
Terima kasih Mr,Kid saya masih nyoba-nyoba terus...
Semoga Berhasil...
Hehehe
Thanks,B'Regards
-Agunk-
Sementara Untuk ambil data dari database saya gunakan ini saya letakkan pada event Worksheet_Change
On Error GoTo GbKosong
Range("
Application.
NamaData = Range("
Files = ActiveWorkbook.
Image1.Picture = LoadPicture(
Application.
Exit Sub
GbKosong:
Image1.Picture = Image2.Picture
End Sub
Terima kasih Mr,Kid saya masih nyoba-nyoba terus...
Semoga Berhasil...
Hehehe
Thanks,B'
-Agunk-
Mon Jun 2, 2014 9:46 pm (PDT) . Posted by:
"Paulus Taripar" paulustaripar@rocketmail.com
Pagi menjelang siang..,master excel. Tanya cara membuat jumlah hari pada batas penyampaian laporan. Saya lagi membuat rumus tapi dengan patokannya dari waktu.
Jadi.,ada batas penyampaian laporan 22 Juni 2014 17:00:00 setelah dilihat ada laporan yg masuk 22 Juni 2014 17:00:01
Nah.,itu pengen saya jadikan terlambat 1 hari. Saya prnah dikasih caranya " "0" hari";; jadi hanya berganti "1,2,3,..." hari jika berubah tanggalnya saja,bukan waktu. Maaf jika agak membingungkan. Terima kasih.
Jadi.,ada batas penyampaian laporan 22 Juni 2014 17:00:00 setelah dilihat ada laporan yg masuk 22 Juni 2014 17:00:01
Nah.,itu pengen saya jadikan terlambat 1 hari. Saya prnah dikasih caranya " "0" hari";; jadi hanya berganti "1,2,3,
Mon Jun 2, 2014 11:09 pm (PDT) . Posted by:
"zainul_ulum[at]yahoo[dot]com" zainul_ulum
Coba file terlampir.
menggunakan pengurang tanggal dan fungsi roundup() untuk membulatkan ke atas.
maaf jika belum sesuai keinginan.
thanks
-zainul
From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
Sent: Tuesday, June 03, 2014 10:55 AM
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: [belajar-excel] Membuat keterangan terlambat "...." hari by time
Pagi menjelang siang..,master excel. Tanya cara membuat jumlah hari pada batas penyampaian laporan. Saya lagi membuat rumus tapi dengan patokannya dari waktu.
Jadi.,ada batas penyampaian laporan 22 Juni 2014 17:00:00 setelah dilihat ada laporan yg masuk 22 Juni 2014 17:00:01
Nah.,itu pengen saya jadikan terlambat 1 hari. Saya prnah dikasih caranya " "0" hari";; jadi hanya berganti "1,2,3,..." hari jika berubah tanggalnya saja,bukan waktu. Maaf jika agak membingungkan. Terima kasih.
menggunakan pengurang tanggal dan fungsi roundup() untuk membulatkan ke atas.
maaf jika belum sesuai keinginan.
thanks
-zainul
From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
Sent: Tuesday, June 03, 2014 10:55 AM
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: [belajar-excel] Membuat keterangan terlambat "...." hari by time
Pagi menjelang siang..,master excel. Tanya cara membuat jumlah hari pada batas penyampaian laporan. Saya lagi membuat rumus tapi dengan patokannya dari waktu.
Jadi.,ada batas penyampaian laporan 22 Juni 2014 17:00:00 setelah dilihat ada laporan yg masuk 22 Juni 2014 17:00:01
Nah.,itu pengen saya jadikan terlambat 1 hari. Saya prnah dikasih caranya " "0" hari";; jadi hanya berganti "1,2,3,
Mon Jun 2, 2014 11:45 pm (PDT) . Posted by:
"Paulus Taripar" paulustaripar@rocketmail.com
Nih mas.,sudah saya ubah sedikit. Maaf pakai format yg mas kasih tadi.
Pada Selasa, 3 Juni 2014 13:09, "'zainul_ulum[at]yahoo[dot]com' zainul_ulum@yahoo.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:
Coba file terlampir.
menggunakan pengurang tanggal dan fungsi roundup() untuk membulatkan ke atas.
maaf jika belum sesuai keinginan.
thanks
-zainul
From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
Sent: Tuesday, June 03, 2014 10:55 AM
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: [belajar-excel] Membuat keterangan terlambat "...." hari by time
Pagi menjelang siang..,master excel. Tanya cara membuat jumlah hari pada batas penyampaian laporan. Saya lagi membuat rumus tapi dengan patokannya dari waktu.
Jadi.,ada batas penyampaian laporan 22 Juni 2014 17:00:00 setelah dilihat ada laporan yg masuk 22 Juni 2014 17:00:01
Nah.,itu pengen saya jadikan terlambat 1 hari. Saya prnah dikasih caranya " "0" hari";; jadi hanya berganti "1,2,3,
Mon Jun 2, 2014 11:53 pm (PDT) . Posted by:
"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
coba :
=max(0,roundup( tanggal_akhir - tanggal_awal , 0 ) )
lalu atur format dengan custom
0" hari"
Wassalam,
Kid.
2014-06-03 13:25 GMT+07:00 Paulus Taripar paulustaripar@rocketmail.com
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
>
> Nih mas.,sudah saya ubah sedikit. Maaf pakai format yg mas kasih tadi.
>
>
> Pada Selasa, 3 Juni 2014 13:09, "'zainul_ulum[at]yahoo[dot]com'
> zainul_ulum@yahoo.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com>
> menulis:
>
>
>
> Coba file terlampir.
> menggunakan pengurang tanggal dan fungsi roundup() untuk membulatkan ke
> atas.
>
> maaf jika belum sesuai keinginan.
> thanks
> -zainul
>
> From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
>
> Sent: Tuesday, June 03, 2014 10:55 AM
> To: belajar-excel@yahoogroups.com
> Subject: [belajar-excel] Membuat keterangan terlambat "...." hari by time
>
> Pagi menjelang siang..,master excel. Tanya cara membuat jumlah hari pada
> batas penyampaian laporan. Saya lagi membuat rumus tapi dengan patokannya
> dari waktu.
>
> Jadi.,ada batas penyampaian laporan 22 Juni 2014 17:00:00 setelah dilihat
> ada laporan yg masuk 22 Juni 2014 17:00:01
> Nah.,itu pengen saya jadikan terlambat 1 hari. Saya prnah dikasih caranya
> " "0" hari";; jadi hanya berganti "1,2,3,..." hari jika berubah tanggalnya
> saja,bukan waktu. Maaf jika agak membingungkan. Terima kasih.
>
>
>
>
>
=max(0,roundup( tanggal_akhir - tanggal_awal , 0 ) )
lalu atur format dengan custom
0" hari"
Wassalam,
Kid.
2014-06-03 13:25 GMT+07:00 Paulus Taripar paulustaripar@rocketmail.com
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
>
> Nih mas.,sudah saya ubah sedikit. Maaf pakai format yg mas kasih tadi.
>
>
> Pada Selasa, 3 Juni 2014 13:09, "'zainul_ulum[at]yahoo[dot]com'
> zainul_ulum@yahoo.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com>
> menulis:
>
>
>
> Coba file terlampir.
> menggunakan pengurang tanggal dan fungsi roundup() untuk membulatkan ke
> atas.
>
> maaf jika belum sesuai keinginan.
> thanks
> -zainul
>
> From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
>
> Sent: Tuesday, June 03, 2014 10:55 AM
> To: belajar-excel@yahoogroups.com
> Subject: [belajar-excel] Membuat keterangan terlambat "...." hari by time
>
> Pagi menjelang siang..,master excel. Tanya cara membuat jumlah hari pada
> batas penyampaian laporan. Saya lagi membuat rumus tapi dengan patokannya
> dari waktu.
>
> Jadi.,ada batas penyampaian laporan 22 Juni 2014 17:00:00 setelah dilihat
> ada laporan yg masuk 22 Juni 2014 17:00:01
> Nah.,itu pengen saya jadikan terlambat 1 hari. Saya prnah dikasih caranya
> " "0" hari";; jadi hanya berganti "1,2,3,
> saja,bukan waktu. Maaf jika agak membingungkan. Terima kasih.
>
>
>
>
>
Mon Jun 2, 2014 11:56 pm (PDT) . Posted by:
"zainul_ulum[at]yahoo[dot]com" zainul_ulum
rumus di D9
=IF(C9<=B9,0,ROUNDUP(C9-B9,0))
atau
= Max(0,ROUNDUP(C9-B9,0))
kemudian atur number formatnya : 0 "hari"
From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
Sent: Tuesday, June 03, 2014 1:26 PM
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Bls: [belajar-excel] Membuat keterangan terlambat "...." hari by time
Nih mas.,sudah saya ubah sedikit. Maaf pakai format yg mas kasih tadi.
Pada Selasa, 3 Juni 2014 13:09, "'zainul_ulum[at]yahoo[dot]com' zainul_ulum@yahoo.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:
Coba file terlampir.
menggunakan pengurang tanggal dan fungsi roundup() untuk membulatkan ke atas.
maaf jika belum sesuai keinginan.
thanks
-zainul
From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
Sent: Tuesday, June 03, 2014 10:55 AM
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: [belajar-excel] Membuat keterangan terlambat "...." hari by time
Pagi menjelang siang..,master excel. Tanya cara membuat jumlah hari pada batas penyampaian laporan. Saya lagi membuat rumus tapi dengan patokannya dari waktu.
Jadi.,ada batas penyampaian laporan 22 Juni 2014 17:00:00 setelah dilihat ada laporan yg masuk 22 Juni 2014 17:00:01
Nah.,itu pengen saya jadikan terlambat 1 hari. Saya prnah dikasih caranya " "0" hari";; jadi hanya berganti "1,2,3,..." hari jika berubah tanggalnya saja,bukan waktu. Maaf jika agak membingungkan. Terima kasih.
=IF(C9<=B9,0,ROUNDUP(C9-B9,0))
atau
= Max(0,ROUNDUP(C9-B9,0))
kemudian atur number formatnya : 0 "hari"
From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
Sent: Tuesday, June 03, 2014 1:26 PM
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Bls: [belajar-excel] Membuat keterangan terlambat "...." hari by time
Nih mas.,sudah saya ubah sedikit. Maaf pakai format yg mas kasih tadi.
Pada Selasa, 3 Juni 2014 13:09, "'zainul_ulum[at]yahoo[dot]com' zainul_ulum@yahoo.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:
Coba file terlampir.
menggunakan pengurang tanggal dan fungsi roundup() untuk membulatkan ke atas.
maaf jika belum sesuai keinginan.
thanks
-zainul
From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
Sent: Tuesday, June 03, 2014 10:55 AM
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: [belajar-excel] Membuat keterangan terlambat "...." hari by time
Pagi menjelang siang..,master excel. Tanya cara membuat jumlah hari pada batas penyampaian laporan. Saya lagi membuat rumus tapi dengan patokannya dari waktu.
Jadi.,ada batas penyampaian laporan 22 Juni 2014 17:00:00 setelah dilihat ada laporan yg masuk 22 Juni 2014 17:00:01
Nah.,itu pengen saya jadikan terlambat 1 hari. Saya prnah dikasih caranya " "0" hari";; jadi hanya berganti "1,2,3,
Tue Jun 3, 2014 2:32 am (PDT) . Posted by:
"Paulus Taripar" paulustaripar@rocketmail.com
working mas.,nuwun. cuma tanda "koma" itu saya ganti jadi "titik koma" menyesuaikan office excell-nya. :p oh iya, fungsi roundup itu yang dipake ya mas?! saya dari tadi coba pake fungsi if cuma gak masuk2. makanya saya sempat bingung fungsi lain yg bisa ditambahin ke if itu apa. hadeuuhh..., okey makasih ya mas.
Pada Selasa, 3 Juni 2014 13:57, "'zainul_ulum[at]yahoo[dot]com' zainul_ulum@yahoo.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:
rumus di D9
=IF(C9<=B9,0,ROUNDUP(C9-B9,0))
atau
= Max(0,ROUNDUP(C9-B9,0))
kemudian atur number formatnya : 0 "hari"
From:belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
Sent: Tuesday, June 03, 2014 1:26 PM
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Bls: [belajar-excel] Membuat keterangan terlambat "...." hari by time
Nih mas.,sudah saya ubah sedikit. Maaf pakai format yg mas kasih tadi.
Pada Selasa, 3 Juni 2014 13:09, "'zainul_ulum[at]yahoo[dot]com' zainul_ulum@yahoo.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:
Coba file terlampir.
menggunakan pengurang tanggal dan fungsi roundup() untuk membulatkan ke atas.
maaf jika belum sesuai keinginan.
thanks
-zainul
From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
Sent: Tuesday, June 03, 2014 10:55 AM
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: [belajar-excel] Membuat keterangan terlambat "...." hari by time
Pagi menjelang siang..,master excel. Tanya cara membuat jumlah hari pada batas penyampaian laporan. Saya lagi membuat rumus tapi dengan patokannya dari waktu.
Jadi.,ada batas penyampaian laporan 22 Juni 2014 17:00:00 setelah dilihat ada laporan yg masuk 22 Juni 2014 17:00:01
Nah.,itu pengen saya jadikan terlambat 1 hari. Saya prnah dikasih caranya " "0" hari";; jadi hanya berganti "1,2,3,
Mon Jun 2, 2014 10:16 pm (PDT) . Posted by:
agunk_full
Mr.kid Untuk laporannya selain pakai pivot table bisa ga ya?? jujur saya blm pham mempelajari pivot tablenya
Misal untuk laporannya pakai formula biasa aja gmn ya rumusnya tapi mirip seperti pivot table??
Thanks,B'Regards
-Agunk-
Misal untuk laporannya pakai formula biasa aja gmn ya rumusnya tapi mirip seperti pivot table??
Thanks,B'
-Agunk-
Mon Jun 2, 2014 11:03 pm (PDT) . Posted by:
"Kusnadi Bin zain" kbinzain
blaen - blaen...... gak ada yg suka bola rupanya
cari di grup tetangga sebelah saja nih terpaksa
Pada Minggu, 1 Juni 2014 4:36, "Kusnadi Bin zain kbinzain@yahoo.co.id [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:
Dear para pakar excell
saya browing piala dunia versi excell tidak ketemu, ini terpaksa mencoba buat sendiri dg rumus2 sederhana...
dan belum teruji dengan serius, bisa jadi ad bugnya.... mohon koreksinya
jika ada yg pernah buat / menemukan mohon infonya
trims .... dan maaf
psw hk
=====================================================================
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
Tidak ada komentar:
Posting Komentar