Minggu, 08 Juni 2014

[belajar-excel] Digest Number 2966

6 Messages

Digest #2966

Messages

Sat Jun 7, 2014 4:08 am (PDT) . Posted by:

"supri anto"

Assalamu'alaikum... Pak Kid.
Alhamdulillah,Terima kasih atas ulasannya yang begitu detil.
O,begitu ya... maklum ya pak kid,saya baru belajar jadi begitu melihat ada
trik saya coba untuk menerapkannya tanpa tahu,apakah formulanya cocok atau
tidak.... ^_^.
baiklah akan saya coba mengaplikasikannya pak kid.
sekali lagi terima kasih banyak. Oya, boleh bertanya lagi pak kid, bisa
tidak ya page break itu di buat otomatis sesuai data yang ada...?

Pada 6 Juni 2014 23.25, 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:

>
>
> Hai Suprianto,
>
> :) cukup banyak juga penyebab lambatnya kalkulasi...
>
> Mulai dari nama range dulu saja ya...
> 1. verifikasi dan pemasangan
> -> menggunakan fungsi Offset.
> -> fungsi offset bersifat volatile yang artinya akan selalu memicu
> kalkulasi excel dimanapun input dilakukan.
> -> Mungkin dengan fungsi Index akan lebih cepat
>
> 2. key_1 dan key_2
> -> merujuk ke suatu proses array formula yang didalamnya berisi fungsi
> Indirect yang bersifat volatile
> -> fungsi Indirect digunakan untuk menyusun nomor urut 1 sampai sekian
> -> Mungkin dengan mengganti fungsi Indirect dengan fungsi Index akan bisa
> lebih cepat
>

> Pada sheet Data
> * Kolom AO dan AP berisi array formula unique list.
> -> jika formula di-copy ke banyak baris dan jumlah record data sangat
> banyak, maka array formula ini harus dihindari.
> -> Excel menyediakan fitur Excel Pivot Table yang bisa menjadi tabel
> penyusun unique list.
>
> Sebanarnya, Excel menyediakan fitur bernama Excel Table yang bersifat
> dinamis mengikuti jumlah record. Termasuk meng-copy-ken formula di
> kolom-kolom yang berformula ke baris yang baru di-input-ken. Fitur ini bisa
> memudahkan penyusunan formula-formula proses penyusunan output karena
> kedinamisannya mengikuti jumlah record data sumber.
>
> Fitur Excel Pivot Table dengan sedikit usaha dan kompromi akan mampu
> menyusunkan data ter-filter dengan mudah, cepat, dan ringan.
>
> Seluruh sheet dengan prefix my pada file terlampir memanfaatkan :
> 1. dua buah tabel data yang memanfaatkan fitur Excel Table (tabel _NPSize_
> dan _Data_)
> 2. tiga buah pivot table dari 1 buah pivot cache untuk :
> a. menyusun unique list verifikasi ( 1 buah pivot table )
> b. menyusun unique list pemasangan ( 1 buah pivot table )
> c. tabel output ( 1 buah pivot table ) [jika akan mencoba menghindari
> array formula filtering pada sheet myRepVer]
> 3. dua buah nama range sebagai sumber data validation list di-sheet-sheet
> output yang menggunakan fungsi Index yang merujuk ke pivot table penyusun
> unique list (pivot table 2a dan 2b). Nama range akan bersifat dinamis
> mengikuti kedinamisan hasil pivot table.
>
> Pengujian pada file terlampir dilakukan pada jumlah record data buatan
> sampai 350K record : (i5 2.67GHz RAM 8GB)
> 1. tanpa pivot table 2c alias mengandalkan array formula filtering di
> sheet myRepVer saja
> -> setiap penggantian nomor report melalui data validation, akan terjadi
> kalkulasi selama 17 detik
> -> bagaimana jika ada sheet output untuk pemasangan ya... hehehe... ndak
> usah kuatir, pengubahan di salah satu sheet tidak akan memicu kalkulasi
> seluruh formula yang ada di workbook tersebut, karena tidak ada fungsi
> volatile yang digunakan.
>
> 2. tanpa array formula filtering alias mengandalkan pivot table 2c saja di
> sheet myRevVer saja
> -> setiap penggantian nomor report melalui filter di kolom repVerNo, akan
> membutuhkan waktu refresh selama 1 detik
>
> *** pojok iklan ***
> Selisih 16 detik jika dikalikan dengan 200 kali mengubah nilai di seluruh
> sheet-sheet output yang ada (kalau ada 10 sheet output, berarti mengubah 20
> kali per sheet output), akan terasa seperti membuang waktu 3200 detik
> (wow.. hampir 1 jam). Rasanya dalam waktu hampir 1 jam, akan lebih
> bermanfaat jika digunakan untuk mengeksplorasi fitur-fitur Excel.
> Setidaknya fitur Excel Table dan Pivot Table. Mungkin malah sampai memahami
> fungsi Index sampai ke implementasinya yang luas.
> ********************
>
> ;)
> Selamat mencoba.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
> 2014-06-06 16:49 GMT+07:00 supri anto supriantohdl@gmail.com
> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
>>
>>
>> (Mohon maaf file ketinggalan).... ^_^
>> Dear Para Master Excel
>>
>> Mohon bantuannya...
>> saya mencoba membuat data input link antar sheet dan saya menggunakan
>> fungsi Array sebagai Validasi No. laporan agar no tidak berulang pada
>> saat di validasi. Akan tetapi data saya jadi sangat lambat jika terdapat
>> +10 sheet.
>> apakah saya yang salah dalam mengaplikasikan fungsi array nya ya para
>> master.
>>
>> untuk lebih lengkapnya mohon para master melihat file terlampir.
>>
>> atas bantuannya saya ucapkan banyak terima kasih.
>>
>> --
>>
>> *Salam,*
>> *Suprianto*
>>
>>
>>

>> --
>>
>> *Salam,*
>> *Suprianto*
>>
>>
>>
>
>

--

*Salam,*
*Suprianto*

Sat Jun 7, 2014 5:24 pm (PDT) . Posted by:

"Supriyanto S" priweto

Assalamu'alaikum wr wb.

Semangat pagi untuk agan-agan semuanya,

Mohon bantuannya untuk permasalahan sebagaimana dalam file attachment.
Jujur saya sudah berusaha meng "ngeh" kan pikiran dan waktu untuk belajar
dari browsing-browsing di mbah google dan milis. tetapi tetap ajah ga bisa
mewujudkannya. Berbagai case yang serupa dan saya terjemahkan juga tetap ga
bisa......

Karena sudah mentok dan gatot saya mohon kepada agan-agan semua bisa
membantu permasalahan tsb...

Saya ucapkan terima kasih sebelumnya,...

Wassalam

Supriyanto

Sun Jun 8, 2014 2:51 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Wa'alaikumussalam Wr. Wb.

Banyak juga yang ditanyakan... dan belum ada yang mampir :(
Mungkin sedang pada liburan.

mbahasnya ndak usah urut ya... supaya bisa runut menurut peristiwa yang
terjadi

*1. Stiap diklik/pilih tanggal "26" muncul koment/message,*
>
Jadi, ada sebuah control yang memberi kemudahan bagi user untuk memilih
tanggal. Aksi user meng-klik tanggal pilihan akan direspon oleh event
bernama DateClick. Event ini sudah berbaik hati memberikan nilai tanggal
yang di-klik user, yaitu pada variabel bernama DateClicked. Dari kalimat
tanya di atas, maka event DateClick cocok untuk digunakan.

Setelah user meng-klik, maka event DateClick akan bekerja dengan membawa
nilai tanggal pilihan user dalam variabel DateClicked.
Dari kalimat tanya lagi, pengen memunculkan pesan (MsgBox) kalau harinya
tanggal pilihan user bernilai 26.
Sudah jelas bahwa :
a. kondisi untuk memunculkan MsgBox adalah harinya bernilai 26. Bahasa
manusianya, kalau harinya tanggal terpilih = 26 maka munculkan pesan.
Ada kondisi berarti pakai blok IF THEN ELSE ENDIF (lihat disini
<http://b-excel.blogspot.com/2013/08/belajarvba-008-blok-if.html>).
Kondisi dalam baris IF nya adalah 'harinya tanggal terpilih = 26',
dengan harinya adalah fungsi Day() dan tanggal terpilih adalah nilai yang
disimpan oleh variabel DateClicked.

b. Pada bagian TRUE-nya si blok IF harus diisi baris kode untuk menampilkan
MsgBox. Silakan dibuat sendiri baris MsgBox nya dalam blok itu.

*-- nomor 1 dah selesai --*

*3. Pada MsgBox apakah "Yes" dan "No" bisa diganti dengan "Sudah" dan
> "Belum"*
>
Tombol dalam MsgBox sudah bawaan dari sononya begitu. Ketika ndak sreg
dengan bawaan dari sononya, maka pengen ngubah agar jadi lebih sreg. Untuk
MsgBox, setidaknya ada 2 cara untuk mengubahnya yang bisa dipilih salah
satunya, yaitu :
a. Buat sendiri kotak pesannya.
>> buat sebuah userform sendiri dan buat supaya ada sebuah control Label
untuk isi pesan, ubah caption userform untuk menuliskan title-nya kotak
pesan buatan sendiri ini, ada image control untuk me-load gambar, 4 buah
tombol yang diatur hide/unhide (kalau untuk Yes No dan OK saja, cukup pakai
2 tombol) yang caption-nya setiap tombol diubah bunyinya sesuai kebutuhan
setiap kali dipanggil.
>> Buat prosedur event initialize untuk atur tombol-tombol agar bisa
memasang isi pesan, memasang titel, memasang gambar, mengganti teks setiap
tombol, termasuk meng-hide tombol yang ndak dipakai. Bahkan sekalian
mengatur tata letaknya.
>> Buat event click dari setiap tombol yang isinya memberi informasi
tentang tombol apa yang diklik oleh user pada userform tersebut. Simpan
nilai pilihan user tersebut agar bisa digunakan oleh proses selanjutnya.

b. Memanfaatkan wewenang Windows
>> masih ingat kopdar#2 kemaren, bahwa mbah buyutnya semua aplikasi di OS
windows adalah si windows ? Jadi yang dimanfaatkan adalah wewenangnya mbah
buyut untuk melakukan veto dan membuat keputusan sendiri (so... mulailah
berbaik-baik pada simbah-simbah).

>> proses ini disebut hook. Hook termasuk proses subclass. Pokoke panjang
kalo diceritain... Intinya, semua proses di-windows pasti diketahui si mbah
Windows. Nah... proses hook adalah minta tulung sama si simbah supaya
ngabarin ke kita ada apa aja yang terjadi diwilayahnya si simbah... Tapi,
harus hati-hati kalau melakukan hook, karena bisa-bisa si simbah ngamuk
kalo disuruh terus-terusan ngasih informasi tapi kita tinggalin begitu
aja... bahasa kerennya, simbah akan memaksa si aplikasi yang meng-hook agar
crash..
Jadi, pastikan kalo melakukan hook, sesegera mungkin di-unhook begitu
informasi penting yang dibutuhkan sudah didapat.

>> supaya gak terlalu bingung, coba file yang ada disini
<https://app.box.com/s/qbj93mamaq2peulbav58>. Silakan dipelajari, dioprek,
dan diamalkan, kemudian disebarkan sebagai ilmu yang bermanfaat. hehehe...
biar sembada, punya kepengenan, maka harus punya semangat untuk bisa
mencapainya dengan usaha.

*-- nomor 3 dah selesai --*

*4. Jika dipilih "Yes/Sudah" maka proses input dilanjutkan, tetapi jika
> pilihannya "No/Belum" maka akan muncul userform "Setup Awal Bulan"*
>
Dari kalimat pertanyaan diatas, dapat disimpulkan bahwa MsgBox yang dipakai
di nomor 1 (di atas jauh sana) adalah yang berisi tombol Yes dan No (baik
itu masih bawaan orok ato sudah disesuaikan teks tombolnya dengan
kepengenan). Jadi, user bisa memilih Yes atau No.
>> Kalau user memilih 'Yes' maka 'proses input dilanjutkan', yang artinya
userform tempat memilih sudah selesai masa pakainya. Baris kode untuk
membuangnya dari memori adalah Unload Me. Peletakannya nanti saja, yang
penting sudah tahu bunyinya dulu.

>> Kalau user memilih 'No' maka 'akan muncul userform baru yang bernama
[Setup Awal Bulan]'. Artinya, userform temoat memilih sudah selesai masa
pakainya. Jadi butuh baris kode Unload Me juga. Setelah itu dilanjutkan
dengan menampilkan userform lain yang dibutuhkan (misal userform bernama
*userformlainnya*). Baris kode untuk menampilkan userform kan
nama_userform.show ya kan ya

Dari keadaan itu, berarti baris kode untuk menampilkan msgbox diubah dikit,
yaitu menyertakan variabel penyimpan respon user terhadap tombol msgbox.
dim lPilihanUser as long
lPilihanUser=MsgBox("pesan",vbyesno,"title")
IF lpilihanuser=vbyes then

else 'kalo user pilih No

endif

Nah... dari bentuk di atas, maka bunyi Unload sudah bisa diletakkan sesuai
kebutuhan.
Untuk kondisi yang dipencet user adalah tombol Yes, berarti blok setelah
baris IF yang bekerja. Disini diisi dengan perintah Unload Me.
Kalau dipencet No, berarti blok setelah else yang bekerja. Disini butuh 2
proses, yaitu Unload Me dan userformlainnya.show

*-- nomor 4 dah selesai --*

> *2. Stelah pilih tanggal maka kursor mouse di set fokus pada combobox *

waaa... yang ini diasumsikan dikerjakan ketika tidak perlu masuk ke
userformlainnya (yang nomor 4 ketika pencet No).
>> Berarti, pada saat nomor 4 tadi, ketika user pencet No dan sudah Unload
Me lalu sudah userformlainnya.show, perlu proses keluar dari prosedur event
tempat si msgbox bekerja. Perintah keluarnya adalah dengan Exit Sub karena
si event berjenis prosedur Sub.

>> Kemudian, saat tanggal terpilih harinya bukan 26 ataupun ketika harinya
26 tapi user tekan Yes di MsgBox, proses akan bekerja sampai akhir dari
prosedur event tersebut.
>> Kebutuhan untuk melakukan set focus pada sebuah combobox yang ada
disebuah worksheet bisa diletakkan tepat sebelum baris penutup prosedur
event tersebut. Artinya, diletakkan tepat sebelum baris End Sub milik si
event.

>> Proses untuk mengaktifkan sesuatu, selalu dimulai dari meng-aktif-ken
mbah-mbah nya si object yang akan di-aktif-ken. Jadi, kalau mau
meng-aktif-ken sebuah combobox di sebuah worksheet, aktif-ken dulu
worksheet tempat si combobox dulu. Baru dah setelah itu meng-aktif-ken si
combobox.
>> Jadi, kalau ada di workbook lain, harus aktifkan workbook lain itu dulu,
lalu aktifkan sheetnya, baru deh aktifkan yang ada dalam sheet.

>> Cara aktif-ken suatu object adalah dengan menggunakan methods Activate
yang dimiliki si object (kalau punya). Kalau ndak ada methods Activate,
maka dicarilah cara lainnya. Untungnya, si combobox memiliki methods
activate. Sheet dan workbook juga.

--> pakai nama panggilan si sheet :: nama yang tampak di tab sheet <--
>> Jadi, aktif-ken dulu sheetnya
Sheets("namanya").activate
>> baru dah aktif-ken combobox nya
sheets("namanya").namanya_combobox.activate

--> pakai nama sheet yang ada di akte kelahiran si sheet (ada di VBE)
[misal akte kelahirannya bertuliskan Sheetnya]
Sheetnya.activate
Sheetnya.nama_comboboxnya.activate

*** masih ingatkan bahasan tentang object dan cara panggilnya waktu
kopdar#2 kemaren ?

*-- nomor 2 dah selesai --*

*5. Pada UserForm "Setup Awal Bulan" jika dipilih masing2 listview akan
> merujuk ke range/cell tertentu di sheet1*
>
Sekarang dah membahas tentang si userformlainnya yang dipanggil saat user
mencet tombol No di msgbox yang ditampilkan di nomor 4 di atas sana. Jadi,
saat ini si userformlainnya sudah muncul dengan gagah berani di layar.
Katanya, bakal ada banyak listview disana atau apalah control object yang
bisa dipencet user.

>> Intinya, kalo user mencet (user memberi aksi kan ya), maka userform
bereaksi.
Reaksi userform adalah melalui ...... apa hayo...
masih inget kopdar#2 kemaren ?
(coba jawab sendiri sekarang, tapi pelan-pelan biar gak dikira sakit
sama orang lain yang ada dideket situ)

-- yup ... reaksinya adalah melalui prosedur sub jenis event milik si
control yang dipencet user. Namanya dipencet, maka bereaksilah dia dan
berbuat sesuatu (berbuat sesuatu itulah yang wujudnya sebagai sebuah event)

>> Oke... jadi, sampai sini, sudah jelas bahwa yang dibutuhkan adalah ada
event milik setiap control yang bisa dipencet oleh user.
Event-nya bisa berupa Change (kalau ada perubahan nilai pada si control
yang dipencet), Click (kalau controlnya memang hanya suka dipencet dan gak
suka diubah-ubah), dan sebagainya...

>> katanya pertanyaan, setiap user mencet sebuah control yang ada dalam
userform, maka '*akan merujuk ke range/cell tertentu di sheet1*'. Apa yang
terjadi ya kalo sudah merujuk ke range/cell tertentu itu ? Anggap saja si
userformlainnya selesai masa tugasnya. Berarti, ada proses Unload Me dalam
event tersebut.

>> Setelah baris Unload Me, userformlainnya dah hilang dari peredaran. Maka
pekerjaan berikutnya adalah menuju ke range/cell tertentu yang dimangsud.
Anggap saja sheet1 itu adalah nama panggilannya (yang tampak di tab sheet).
Nama akte kelahirannya adalah SheetRujuk.
>> Setelah tahu bahwa meng-aktif-ken object selalu mulai dari mbah-mbahnya
dulu, dan untungnya pada workbook yang sama, berarti yang di-aktif-ken
berurutan adalah sheetnya (berarti SheetRujuk a.k.a sheet1), kemudian
meng-aktif-ken range atau cell dimangsud.

--> pakai nama panggilan si sheet <--
Sheets("sheet1").activate
Sheets("sheet1").range("alamat rangenya").activate 'alamat range bisa
berupa A1, B7, dsb

--> pakai nama akte kelahirannya si sheet <--
SheetRujuk.activate
SheetRujuk.range("alamat rangenya").activate 'alamat range bisa
berupa A1, B7, dsb

*-- nomor 5 dah selesai --*

;)
akhirnya selesai juga.
setelah berkarakters terketuk, cukup besar juga jari-jemari ini... (bengkak
bro)

met mencoba n cemunguuuuuud

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Kid.

2014-06-08 3:48 GMT+07:00 Supriyanto S priyant37@gmail.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Assalamu'alaikum wr wb.
>
> Semangat pagi untuk agan-agan semuanya,
>
> Mohon bantuannya untuk permasalahan sebagaimana dalam file attachment.
> Jujur saya sudah berusaha meng "ngeh" kan pikiran dan waktu untuk belajar
> dari browsing-browsing di mbah google dan milis. tetapi tetap ajah ga bisa
> mewujudkannya. Berbagai case yang serupa dan saya terjemahkan juga tetap ga
> bisa......
>
> Karena sudah mentok dan gatot saya mohon kepada agan-agan semua bisa
> membantu permasalahan tsb...
>
> Saya ucapkan terima kasih sebelumnya,...
>
> Wassalam
>
> Supriyanto
>
>
>

Sat Jun 7, 2014 6:19 pm (PDT) . Posted by:

agunk_full

Mr.Kid & Pak Hendrik...

Saya Coba ko ga bisa ya pak...scriptnya Mr.Kid ma Pak HK saya gbungkan...
Mumpung, minggu2 lembur pak...
Sekalian otak-atik scriptnya. . .








Thanks,B'Regards
-Agunk-


Sun Jun 8, 2014 12:08 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Wa'alaikumussalam Wr. Wb.

Hai Seto,

Penggabungan data dengan formula akan tergantung pada sumber data yang
dirujuk formula. Jika sumber datanya berubah, maka hasil rekap berubah.
Jika sumber data dihapus, maka hasil rekap akan berkurang.

Jika ingin mengumpulkan (UNION) menjadi satu sheet, maka gunakan VBA.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Kid.

2014-06-07 13:31 GMT+07:00 setosemut@yahoo.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Assalamu'alaikum Warohmatullhi Wabarokatuh
>
>
> Salam kenal dan sukses untuk rekan2 semua disini. Mohon bantuannya, saya
> memiliki data yang berbentuk kolom dan terdiri dari beberapa sheet, saya
> ingin merekap semua data tersebut ke dalam satu kolom di sheet lain. Saya
> sudah mencoba membuat rekapan dengan menggunakan rumus sederhana, tapi yang
> menjadi kendala adalah jika ada data di setiap row/kolom yang kosong maka
> di row/kolom rekapan pun menjadi kosong. Saya sudah mencoba menggunakan
> fungsi Filter di excel, dan dengan Filter bisa dibuat data yang kosong
> menjadi tidak muncul di kolom rekapan, tapi saya terkendala kembali
> ketika sheet rekapan tersebut saya protect, maka fungsi filter tidak dapat digunakan.
> (sheet saya protect karena khawatir rumus yang sudah dibuat tidak sengaja
> terhapus). Yang ingin saya tanyakan adalah adakah rumus cara merekap data
> dimana ketika kolom dari beberapa sheet kita satukan maka data yang
> kosong tidak muncul di kolom rekap? Untuk file contoh sudah saya lampirkan,
> pass sheet : 123. Terimakasih.
>
>
>
>

Sun Jun 8, 2014 2:54 am (PDT) . Posted by:

"Semut Seto" setosemut

Terimakasih Mr. Kid atas masukan dan bantuannya, saya coba dahulu :)

Pada Minggu, 8 Juni 2014 14:08, "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:


 
Wa'alaikumussalam Wr. Wb.

Hai Seto,

Penggabungan data dengan formula akan tergantung pada sumber data yang dirujuk formula. Jika sumber datanya berubah, maka hasil rekap berubah. Jika sumber data dihapus, maka hasil rekap akan berkurang.

Jika ingin mengumpulkan (UNION) menjadi satu sheet, maka gunakan VBA.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Kid.

2014-06-07 13:31 GMT+07:00 setosemut@yahoo.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:


>Assalamu&#39;alaikum Warohmatullhi Wabarokatuh
>
>
>Salam kenal dan sukses untuk rekan2 semua disini. Mohon bantuannya, saya memiliki data yang berbentuk kolom dan terdiri dari beberapa sheet, saya ingin merekap semua data tersebut ke dalam satu kolom di sheet lain. Saya sudah mencoba membuat rekapan dengan menggunakan rumus sederhana, tapi yang menjadi kendala adalah jika ada data di setiap row/kolom yang kosong maka di row/kolom rekapan pun menjadi kosong. Saya sudah mencoba menggunakan fungsi Filter di excel, dan dengan Filter bisa dibuat data yang kosong menjadi tidak muncul di kolom rekapan, tapi saya terkendala kembali ketika sheet rekapan tersebut saya protect, maka fungsi filter tidak dapat digunakan. (sheet saya protect karena khawatir rumus yang sudah dibuat tidak sengaja terhapus). Yang ingin saya tanyakan adalah adakah rumus cara merekap data dimana ketika kolom dari beberapa sheet kita satukan maka data yang kosong tidak muncul di kolom rekap? Untuk file contoh sudah saya lampirkan,
pass sheet : 123. Terimakasih.
>
>

=====================================================================
Pojok Lowongan Kerja yang disediakan milis :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/Pojok-Lowongan-Kerja-f5725753.html

Posting lowongan kerja : ke link tersebut dan klik New Topic
=====================================================================

---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar