Sabtu, 30 November 2013

[belajar-excel] Digest Number 2671

7 New Messages

Digest #2671
2a
Re: Menghitung Bulan [1 Attachment] by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
3a
Re: Validasi Data Format Tanggal by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
4a
Rumus Fill Series Huruf by "Frendy R" frendy07
4b
Re: Rumus Fill Series Huruf [1 Attachment] by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Messages

Fri Nov 29, 2013 11:28 pm (PST) . Posted by:

"neza ibaneza" nezaibaneza

Terima kasih Mr.KID
atas penjelasannya... 
saya coba lagi

Wassalamualaikum Wr.Wb
Neza

Pada Sabtu, 30 November 2013 5:40, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> menulis:


Wa'alaikumussalam Wr. Wb.

Pada penggunaan fungsi CountIF, inputan dibagian kriteria akan selalu memiliki tipe data numerik ketika hanya berisi angka saja. Karena spesifikasi Excel untuk data numerik hanya sampai 15 digit, maka data tipe teks yang berisi angka saja yang lebih dari 15 karakter akan mengalami kehilangan nilai data.

Jika data teks yang berisi angka (yang bisa jadi lebih dari 15 karakter) tidak ingin mengalami kehilangan nilai pada saat menggunakan fungsi CountIF, maka sisi inputan kriteria dibuat selalu bertipe teks dengan memanfaatkan wildcard character seperti * atau ?

Contoh pada kasus ini :
=SumProduct(   1 /  CountIF( datanya , datanya & "*" )  )

dimana, range datanya berisi data teks yang terdiri dari angka-angka saja yang lebih dari 15 karakter.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Kid.

2013/11/29 neza ibaneza <nezaibaneza@yahoo.co.id>


>Assalamualaikum Master sekalian
>Salam B-Excel
>
>
>Saya punya masalah yang pernah saya tanyakan, pada sampel awal saya pake text (hasilnya bisa)
>tetapi ketika memakai angka kok (Tidak bisa) 
>file terlampir
>
>
>Salam 
>Neza
>
>

Sat Nov 30, 2013 12:16 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Coba formula :
=Round( ( EOMonth( b2 , 1) - a2 + Day( a2 ) ) / 30 , 0 ) * ( Sum(a2:b2) >
0 )

Jika dengan fungsi DateDif()
=DateDif( a2 - Day( a2 ) +1 , EOMonth( b2 , 0 ) + 1 , "m" ) * ( Sum(a2:b2)
> 0 )

*** jika regional setting komputer setempat adalah Indonesia, maka ganti
seluruh karakter koma dalam formula menjadi karakter titik koma.
*** pastikan tipe data a2 dan b2 adalah datetime. Entry data tanggal dengan
mengetikkan berformat YYYY-MM-DD akan menghasilkan nilai data bertipe
datetime diseluruh komputer.

Wassalam,
Kid.

2013/11/30 Liem Suliem <liemsuliem@yahoo.co.id>

>
>
> dh
> Salam BE-Excel
>
> yth Saudara Be-Xcel
>
> bagaimana menghitung bulan jika diketahui tanggal awal dan tanggal akir
>
> file terlampir
>
>
>
> Salam
>
> Liem
>
>
>

Sat Nov 30, 2013 12:22 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai LB,

1. data validasi untuk date
>> blok range yang akan diberi data validation -> ribbon Data -> group Data
Tools -> item Data Validation -> atur sebagai berikut :
>> Allow : pilih Date
>> Data : pilih Between
>> minimum : isi dengan bunyi : 1900-01-01
>> maksimum : isi dengan bunyi : 9999-12-31
>> tekan OK

2. agar hasil entry data tampak berformat mm/dd/yy
>> blok range yang akan diatur format date-nya -> klik kanan -> format
cells -> tab Number -> item Custom -> pada textbox ditulis : MM/DD/YY

3. Sebaiknya user diarahkan untuk mengentry dengan mengetik data tanggal
berformat YYYY-MM-DD yang bersifat universal di seluruh komputer.

Wassalam,
Kid.

2013/11/30 Lazuardi Biru <lazuardi_biru84@yahoo.com>

>
>
>
>
> Salam Be-Exceler
>
> Dh
> dear master
>
> bagaimana melakukan validasi data yang berformat tanggal
> misal A1:A10 hanya bisa di isi dengan data berformat tanggal.
> dengan format mm/dd/yy.
>
> trims'
>
>
>
> Wasalam
> ||LB||
>
>
>

Sat Nov 30, 2013 1:49 am (PST) . Posted by:

"Frendy R" frendy07


Dear All para Master yg baik hati,

mohon bantuanny dari para master semua, adakah rumus yang bekerja seperti fill series tapi berlaku untuk huruf.
untuk lebih jelasnya file contohny terlampir,
harap maklum krna sya msh newbie di dunia per-excel-an ini. :)
atas bantuan dan kerjasamanya saya sampaikan beribu - ribu terima kasih.

Sat Nov 30, 2013 1:58 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Frendy,

File terlampir.

Wassalam,
Kid.

2013/11/30 Frendy R <frendy07@yahoo.com>

>
>
>
> Dear All para Master yg baik hati,
>
> mohon bantuanny dari para master semua, adakah rumus yang bekerja seperti
> fill series tapi berlaku untuk huruf.
> untuk lebih jelasnya file contohny terlampir,
> harap maklum krna sya msh newbie di dunia per-excel-an ini. :)
> atas bantuan dan kerjasamanya saya sampaikan beribu - ribu terima kasih.
>
>

Sat Nov 30, 2013 2:49 am (PST) . Posted by:

"Heru Monas" sinau_22

Salam Bapak Frendy
Silahkan di coba Klik File (pada excel 2010), kemudian klik Option, kemudian pilih Advance, trus cari tombol  Edit custom List
Nanti jendela custom List nya akan terbuka, Klik Add
kemudian ketik daftar anda
Disini anda mau nya abjad ABC kan , maka ketikkan disana A,B, C,D dst
Klik OK

Jika memakai excel 2007 klik office button , popular, edit cutom list
Isi seperti di atas (A,B,C, dst), klik OK
silahkan di coba  Fill series anda sudah tersaji
semoga membantu
Salam Hormat

Pada Sabtu, 30 November 2013 17:50, Frendy R <frendy07@yahoo.com> menulis:

 

Dear All para Master yg baik hati,

mohon bantuanny dari para master semua, adakah rumus yang bekerja seperti fill series tapi berlaku untuk huruf.
untuk lebih jelasnya file contohny terlampir,
harap maklum krna sya msh newbie di dunia per-excel-an ini. :)
atas bantuan dan kerjasamanya saya sampaikan beribu - ribu terima kasih.

Sat Nov 30, 2013 2:32 am (PST) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Coba kita kutip programnya (penjelasan tambahan ditulis dengan huruf italic):

Sub splittabel()
' siti Vi + De Premor (edited by HK)
Dim sht As Worksheet
Dim RefTbl As Range
Dim DesTbl As Range
Dim sNames As String, ArrNames
Dim r As Long, n As Long, i As Long, c As Integer
Ini adalah deklarasi variabel (coba lihat dan hapus yang tidak dipakai). Tujuan Deklarasi Variabel adalah untuk mempercepat proses

Application.DisplayAlerts = False
Ini adalah untuk meniadakan dialog yang ditampilkan oleh komputer pada saat kita akan mendelete sheet (karena selalu jawabnya Yes)

' hapus sheets selain "DATA MASTER"
For Each sht In ThisWorkbook.Worksheets
    If sht.Name <> "DATA MASTER" Then
        sht.Delete
    End If
Next sht
Untuk menghindarkan conflict apabila nama sheet baru sama dengan yang sudah ada maka sheet yang ada (selain DATA MASTER) harus dihapus terlebih dahulu

' set tabel
Set RefTbl = Sheets("DATA MASTER").Cells(1, 1).CurrentRegion
Data (RefTbl) yang akan diproses harus diset terlebih dahulu, yaitu sheet DATA MASTER mulai dari sel A1 (Cells(1,1)) sampai akhir (CurrentRegion)

' creating unique list of Names
For r = 2 To RefTbl.Rows.Count
   If InStr(1, sNames, RefTbl(r, 3) & "|") = 0 Then
      sNames = sNames & RefTbl(r, 3) & "|"
   End If
Next
ArrNames = Split(sNames, "|")
Untuk mencari nama unik diperlukan satu proses perbandingan dengan fungsi InStr pada kode lokasi (kolom 3). Jika kode lokasi dipindahkan ke kolom 10 maka 3 diganti dengan 10. Jika namanya belum ada (If InStr(1, sNames, RefTbl(r, 3) & "|") = 0)maka nama tersebut akan ditambahkan pada satu kelompok nama yang bersifat unik, yaitu sNames. Supaya sNames tersebut menjadi suatu nama yang berurutan maka sNames displit menjadi ArrNames (dari sononya selalu mulai dari 0)

' isi judul + data
For i = LBound(ArrNames) To UBound(ArrNames) - 1
   RefTbl.AutoFilter Field:=3, Criteria1:=ArrNames(i)
   Sheets.Add after:=Sheets(Sheets.Count)
   ActiveSheet.Name = ArrNames(i)
   RefTbl.SpecialCells(xlCellTypeVisible).Copy ActiveSheet.Range("A1")
   Cells.EntireColumn.AutoFit
   RefTbl.AutoFilter
   Application.CutCopyMode = False
Next i
Mulai dari ArrNames awal (LBound(ArrNames)) sampai dengan akhir (UBound(ArrNames) - 1)--->(-1 karena mulainya dari 0),
lakukan langkah2 berikut ini:
- Data (RefTbl) difilter (AutoFilter) pada kode lokasi (Filed:=3, kalau dipindahkan ke kolom 10 maka 3 diganti 10) dengan kriteria sesuai urutan nama yang ada pada ArrayNames (Criteria1:=ArrNames(i))
- Tambahkan Sheet baru (Sheets.Add) setelah sheet terakhir (after:=Sheets(Sheets.Count)
- Beri nama Sheet baru (ActiveSheet) dengan nama (Name) = urutan nama yang ada pada ArrNames (ArrNames(i))
- Data (RefTbl) yang "tampak" setelah difilter (SpecialCells(xlCellTypeVisible)) dicopy (Copy) ke Sheet baru Range("A1") (ActiveSheet.Range("A1"))
- Atur kolom sesuai panjang karakternya (Cells.EntireColumn.AutoFit)
- Hilangkan tanda panah kecil pada judul Data (RefTbl.AutoFilter) sehingga data kembali seperti sebelum difilter
- Usir semut beriring yang merupakan tanda copy (Application.CutCopyMode = False)
- Lanjutkan dengan urutan ArrNames berikutnya (next i)
 
Application.DisplayAlerts = True

Ini adalah untuk menampilkan kembali dialog yang ditampilkan oleh komputer

MsgBox "Selesai BOSS", vbInformation, "KESAN DAN PESAN"
Isi sih perlu ga perlu

End Sub

On Saturday, 30 November 2013, 14:40, Ahmad Syaifullah Lubis <syaifullah@hotmail.com> wrote:

 
Mr Hk,
pada macro "Memfilter data kemudian memindahkannya ke sheet baru", gimana ya caranya agar kd_lokasinya digeser ke kolom paling kanan. karena saat saya pindahkan kd_lokasi dari kolom C ke kolom H tidak bisa dieksekusi. maklum, gak ngerti banget, kalau bisa programnya diuraikan satu persatu ya, biar saya bisa memahami arti dari program tsb.
terima kasih,
ASL

________________________________
To: belajar-excel@yahoogroups.com
From: hendrikkarnadi@yahoo.com
Date: Tue, 26 Nov 2013 20:16:30 -0800
Subject: Re: Bls: [belajar-excel] Memfilter data kemudian memindahkan nya ke sheet baru dengan macro [1 Attachment]

 

Coba yang ini (kode lokasi aslinya disembunyikan pake data group).

Macronya berasal dari mba Siti dan ide dari Pak De Premor mengenai Autofilter kemudian saya edit.

Salam,
HK

On Wednesday, 27 November 2013, 10:04, Abah Jambrong <poponcl@yahoo.com> wrote:

 
masalahnya saya ga bisa programming....bahasa pemrograman yg dulu sy pelajari adalah pascal dan clipper....kebayang kan jaman batu dah saya belajarnya heheh

Pada , Abah Jambrong <poponcl@yahoo.com> menulis:

 kode lokasi nya beda-beda suhu, kan disana ada kode lokasi (misal : 024041003100335000TP) nah sebenarnya contoh data yg kemarin di kirim itu dari satu lokasi aja ngambil nya dari 10031 (masih ada 40 kode lagi) dengan jml break down berbeda dan kode 003350 itu adalah break down nya dari 10031 (salah satunya). dari 40 kode unik td aja break downnya bisa 100 an lbh dengan nilai nominal triliunan....mata saya jd siwer jadi kalo cara manual kadang2 suka da satu atau dua baris yg ga ke blok.... makanya saya hanya perlu satu tombol yg bisa milah / mem-break down dari satu lokasi aja krn lokasi lain kan tinggal copy paste ke sheet master data trs saya tekan tombol nya, milah otomatis trs saya save as deh. begitu suhu....maaf penjelasan saya bikin bingung hehehe

Pada Rabu, 27 November 2013 8:30, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> menulis:

 
boleh tanya dulu ya ?
1. nama-nama sheetnya akan berubah-ubah setiap harinya ? ataukah sebenarnya tetap ?
    >> jika tetap (misal pasti seluruh kode itu ada 150 bijik) bisa memanfaatkan pivot table yang di-copy dan sudah diatur layout terfilternya sebanyak jumlah kode itu.

2. boleh tahu kenapa kok dipisah-pisah ke banyak sheet ?

3. sudah coba search di milis tentang kasus yang mirip ?

Wassalam,
Kid.

2013/11/26 Abah Jambrong <poponcl@yahoo.com>


>uuupppss maaaf ternyata ukuran file lampirannya >250kb.... berikut saya kirimkan kembali lampirannya, terima kasih
>
>
>
>Pada Selasa, 26 November 2013 16:03, hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com> menulis:
>

>Pada prinsipnya bisa, tinggal nunggu lampirannya.
>
>
>Salam,
>HK
>
>
>
>On Tuesday, 26 November 2013, 15:51, "poponcl@yahoo.com" <poponcl@yahoo.com> wrote:
>

>saya sehari-hari bekerJa dengan data yg jumlah nya ratusan bahkan ribuan baris dengan kode yg berbeda beda, saya mohon bantuannya karena ga bisa programming, selama ini saya harus melalui sort dulu terus di blok secara manual kadang-kadang ada 1 atau 2 baris yg terlewat.
>maksud saya bisa ga dengan satu tombol macro memfilter data kode lokasi (kode unik nya) di kelompokan terus secara otomatis pula data yg sudah di filter langsung pindah ke sheet baru dengan nama sheet kode lokasi tersebut....
>berikut saya lampirkan contoh data nya.... saya ucapkan terima kasih banyak atas bantuannya
>
>--- Mods ---
>File lampiran yang melebihi 250KB dilepas dari email. Mohon pengirim mengirim ulang file lampiran yang lebih sesuai peraturan milis (max 250KB).
>Untuk sampai saat ini, mohon dipelihara lebih dulu peraturan milisnya, sampai ada pemberitahuan baru tentang kenaikan kuota file lampiran.
>---------------
>
>
>
>
>

GROUP FOOTER MESSAGE
=====================================================================
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================

---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar