15 New Messages
Digest #2697
6b
Re: Cara Remove Duplikat Data Ganda Selain Menggunakan Formula Array by "hendrik karnadi" hendrikkarnadi
6c
Re: Cara Remove Duplikat Data Ganda Selain Menggunakan Formula Array by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
Messages
Wed Dec 18, 2013 5:49 am (PST) . Posted by:
"hendrik karnadi" hendrikkarnadi
Koq saya tidak menemukan kesalahan yang dimaksud.
Sebelum mengedit apakah anda memilih data dengan menggeser scrollbar atau mengklik mouse pada listbox atau mengklik mouse langsung pada textbox.
Jika anda mengklik mouse langsung pada textbox maka data hasil edit akan diletakkan pada posisi ITEM X FROM Y.
Salam,
HK
On Wednesday, 18 December 2013, 17:00, Dede Suparman <dede_suparman111@yahoo.com> wrote:
Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Dear Para Master & Rekan Be_Excel,
Mohon koreksi apa yang salah nya, ingin EDIT dengan form
tapi yang bisa diedit hanya baris terakhir, itu pun kadang bisa kadang tidak.
terimaksih sebelum nya. File terlampir.
salam,
Del
Sebelum mengedit apakah anda memilih data dengan menggeser scrollbar atau mengklik mouse pada listbox atau mengklik mouse langsung pada textbox.
Jika anda mengklik mouse langsung pada textbox maka data hasil edit akan diletakkan pada posisi ITEM X FROM Y.
Salam,
HK
On Wednesday, 18 December 2013, 17:00, Dede Suparman <dede_suparman111@
Assalamu'
Dear Para Master & Rekan Be_Excel,
Mohon koreksi apa yang salah nya, ingin EDIT dengan form
tapi yang bisa diedit hanya baris terakhir, itu pun kadang bisa kadang tidak.
terimaksih sebelum nya. File terlampir.
salam,
Del
Wed Dec 18, 2013 7:03 am (PST) . Posted by:
"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
Wa'alaikumussalam Wr. Wb.
(tolong dikoreksi kalau ndak pas dengan file yang dilampirkan penanya).
Jadi ada textbox, scrollbar dan ada listbox ya...
textbox diubah isinya, lalu pencet tombol, tapi ndak meng-update data
disumbernya...
bahkan kadang ndak ada yang berubah disumbernya [itu pun kadang bisa kadang
tidak.]
biasanya hal ini terjadi ketika listbox memanfaatkan properti rowsource
(object di-userform) atau listfillrange (object di-worksheet)
dan ada penggunaan event change atau event click pada listbox, sedangkan
proses penulisannya langsung mengambil dari textbox tanpa disimpan lebih
dulu ke suatu variabel, padahal ketika listbox berubah isinya, akan ada
proses memperbarui isi textbox.
Jadi, coba simpan dulu nilai-nilai dalam textbox ke variabel tertentu (ada
5 textbox berarti ada 5 variabel). Setelah itu, baru tulis ke sumber data
contoh :
ada textbox1 dan textbox2 yang jadi sarana input, mau menulis di cell1 dan
cell2 (misal seluruh cell berisi tipedata string)
buat variabel stxt1 dan stxt2 bertipe string
ambil nilai textbox1 dan textbox2 dan simpan ke variabel stxt1 dan stxt2
stxt1=textbox1.text
stxt2=textbox2.text
lalu tulis isi variabel stxt1 dan stxt2 ke cell1 dan cell2
cell1.value=stxt1
cell2.value=stxt2
Cara diatas adalah yang paling sederhana.
Cara lainnya adalah membuat variabel status event boleh kerja.
Wassalam,
Kid.
2013/12/18 hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
>
>
> Koq saya tidak menemukan kesalahan yang dimaksud.
> Sebelum mengedit apakah anda memilih data dengan menggeser scrollbar atau
> mengklik mouse pada listbox atau mengklik mouse langsung pada textbox.
> Jika anda mengklik mouse langsung pada textbox maka data hasil edit akan
> diletakkan pada posisi ITEM X FROM Y.
>
> Salam,
> HK
>
>
> On Wednesday, 18 December 2013, 17:00, Dede Suparman <
> dede_suparman111@yahoo.com> wrote:
>
> Assalamu'alaikum Wr. Wb.Dear Para Master & Rekan Be_Excel,
> Mohon koreksi apa yang salah nya, ingin EDIT dengan form tapi yang bisa
> diedit hanya baris terakhir, itu pun kadang bisa kadang tidak.terimaksih
> sebelum nya. File terlampir.
> salam,Del
>
>
>
>
(tolong dikoreksi kalau ndak pas dengan file yang dilampirkan penanya).
Jadi ada textbox, scrollbar dan ada listbox ya...
textbox diubah isinya, lalu pencet tombol, tapi ndak meng-update data
disumbernya.
bahkan kadang ndak ada yang berubah disumbernya [itu pun kadang bisa kadang
tidak.]
biasanya hal ini terjadi ketika listbox memanfaatkan properti rowsource
(object di-userform) atau listfillrange (object di-worksheet)
dan ada penggunaan event change atau event click pada listbox, sedangkan
proses penulisannya langsung mengambil dari textbox tanpa disimpan lebih
dulu ke suatu variabel, padahal ketika listbox berubah isinya, akan ada
proses memperbarui isi textbox.
Jadi, coba simpan dulu nilai-nilai dalam textbox ke variabel tertentu (ada
5 textbox berarti ada 5 variabel). Setelah itu, baru tulis ke sumber data
contoh :
ada textbox1 dan textbox2 yang jadi sarana input, mau menulis di cell1 dan
cell2 (misal seluruh cell berisi tipedata string)
buat variabel stxt1 dan stxt2 bertipe string
ambil nilai textbox1 dan textbox2 dan simpan ke variabel stxt1 dan stxt2
stxt1=textbox1.
stxt2=textbox2.
lalu tulis isi variabel stxt1 dan stxt2 ke cell1 dan cell2
cell1.value=
cell2.value=
Cara diatas adalah yang paling sederhana.
Cara lainnya adalah membuat variabel status event boleh kerja.
Wassalam,
Kid.
2013/12/18 hendrik karnadi <hendrikkarnadi@
>
>
> Koq saya tidak menemukan kesalahan yang dimaksud.
> Sebelum mengedit apakah anda memilih data dengan menggeser scrollbar atau
> mengklik mouse pada listbox atau mengklik mouse langsung pada textbox.
> Jika anda mengklik mouse langsung pada textbox maka data hasil edit akan
> diletakkan pada posisi ITEM X FROM Y.
>
> Salam,
> HK
>
>
> On Wednesday, 18 December 2013, 17:00, Dede Suparman <
> dede_suparman111@
>
> Assalamu'
> Mohon koreksi apa yang salah nya, ingin EDIT dengan form tapi yang bisa
> diedit hanya baris terakhir, itu pun kadang bisa kadang tidak.terimaksih
> sebelum nya. File terlampir.
> salam,Del
>
>
>
>
Wed Dec 18, 2013 6:00 am (PST) . Posted by:
"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
Sepertinya harus dibuat sisi inputnya.
Pada sisi input tersebut, akan dibuat langsung seluruh record transaksi
yang balance.
Misal diinput tanggal, kode A di lokasi gudang1 kegiatan mutasi ke gudang5
(data inputan ada 4 kolom), maka akan tersusun (dengan formula atau dengan
vba) disebelah kanannya data yang diinput tadi, sebuah baris transaksi
(misal data baris transaksi ada 7 kolom). Kemudian, disebelah kanan baris
transaksi tadi, disusun juga baris pembalance (juga 7 kolom).
Kalau seluruh data sudah di-input, maka VBA yang memindahkan baris
transaksi 7 kolom ke sheet penyimpan data sebagai data baru (menambah yang
sudah ada). Kemudian bagian baris pembalance juga dipindah oleh VBA
menambah data yang ada di sheet penyimpan data.
Jadi, jika ingin tepat datanya, harus ada usaha untuk
1. menyusun sisi input (disebuah worksheet [relatif luwes dan mudah dibuat]
atau di-userform [harus mampu ber-VBA dengan baik])
2. menyusun sisi penyimpan data (jadi, data tidak jadi satu dengan tempat
meng-input data)
3. menyusun proses penyalinan dari sisi input ke sisi penyimpan data
4. menyusun sisi-sisi output
5. menyusun proses ETL (extract, transform, load) dari sisi penyimpan data
ke sisi-sisi output yang membutuhkan
Sebaiknya, semua hal diatas disusun secara bertahap dimulai dari nomor 2
(sisi penyimpan data) yang berkaidah tabel database.
Demikian dan selamat membangun
Wassalam,
Kid.
2013/12/18 Fachry Rizal <p4ch.m4n@gmail.com>
>
>
> Terima kasih Mr Kid atas penjelasannya. Tp apakah bisa/mungkin dengan
> menginput 1 transaksi saja maka scr otomatis hasilnya lgs balance..?
>
>
> 2013/12/17 Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
>
>
>>
>> Hai Fachry,
>>
>> Perpindahan object selalu menyangkut 2 pihak, yaitu penerima dan pelepas
>> (kalau jual beli berarti ada penjual dan pembeli). Kegiatan antar gudang
>> atau antar pos atau antar COA sebenarnya adalah pencatatan terhadap
>> kejadian tersebut.
>>
>> Misal barang X dimiliki oleh si A. Ketika si A memberikan barang X kepada
>> si B, maka terjadi 2 pencatatan, yaitu dari pihak si A mencatat pelepasan
>> barang X dan dari pihak B mencatat penerimaan barang X.
>> Konsep inilah yang selalu harus dipelihara balance (biasanya rekan yang
>> bergerak dibidang akuntansi lebih sering menghadapi hal ini) karena
>> sejatinya hanya ada 1 barang X saja yang dibicarakan.
>>
>> Pada kasus Anda, pencatatan tersebut masih belum balance.
>> Coba file terlampir.
>>
>> Wassalam,
>> Kid.
>>
>>
>>
>>
>>
>> 2013/12/17 Fachry Rizal <p4ch.m4n@gmail.com>
>>
>>>
>>>
>>> Dear The Master Excel, mohon bantuannya untuk memecahkan masalah ini.
>>> Permasalahan tercantum pd file yg terlampir. Makasiih smua atas bantuannya..
>>>
>>>
>>
>
>
Pada sisi input tersebut, akan dibuat langsung seluruh record transaksi
yang balance.
Misal diinput tanggal, kode A di lokasi gudang1 kegiatan mutasi ke gudang5
(data inputan ada 4 kolom), maka akan tersusun (dengan formula atau dengan
vba) disebelah kanannya data yang diinput tadi, sebuah baris transaksi
(misal data baris transaksi ada 7 kolom). Kemudian, disebelah kanan baris
transaksi tadi, disusun juga baris pembalance (juga 7 kolom).
Kalau seluruh data sudah di-input, maka VBA yang memindahkan baris
transaksi 7 kolom ke sheet penyimpan data sebagai data baru (menambah yang
sudah ada). Kemudian bagian baris pembalance juga dipindah oleh VBA
menambah data yang ada di sheet penyimpan data.
Jadi, jika ingin tepat datanya, harus ada usaha untuk
1. menyusun sisi input (disebuah worksheet [relatif luwes dan mudah dibuat]
atau di-userform [harus mampu ber-VBA dengan baik])
2. menyusun sisi penyimpan data (jadi, data tidak jadi satu dengan tempat
meng-input data)
3. menyusun proses penyalinan dari sisi input ke sisi penyimpan data
4. menyusun sisi-sisi output
5. menyusun proses ETL (extract, transform, load) dari sisi penyimpan data
ke sisi-sisi output yang membutuhkan
Sebaiknya, semua hal diatas disusun secara bertahap dimulai dari nomor 2
(sisi penyimpan data) yang berkaidah tabel database.
Demikian dan selamat membangun
Wassalam,
Kid.
2013/12/18 Fachry Rizal <p4ch.m4n@gmail.
>
>
> Terima kasih Mr Kid atas penjelasannya. Tp apakah bisa/mungkin dengan
> menginput 1 transaksi saja maka scr otomatis hasilnya lgs balance..?
>
>
> 2013/12/17 Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.
>
>
>>
>> Hai Fachry,
>>
>> Perpindahan object selalu menyangkut 2 pihak, yaitu penerima dan pelepas
>> (kalau jual beli berarti ada penjual dan pembeli). Kegiatan antar gudang
>> atau antar pos atau antar COA sebenarnya adalah pencatatan terhadap
>> kejadian tersebut.
>>
>> Misal barang X dimiliki oleh si A. Ketika si A memberikan barang X kepada
>> si B, maka terjadi 2 pencatatan, yaitu dari pihak si A mencatat pelepasan
>> barang X dan dari pihak B mencatat penerimaan barang X.
>> Konsep inilah yang selalu harus dipelihara balance (biasanya rekan yang
>> bergerak dibidang akuntansi lebih sering menghadapi hal ini) karena
>> sejatinya hanya ada 1 barang X saja yang dibicarakan.
>>
>> Pada kasus Anda, pencatatan tersebut masih belum balance.
>> Coba file terlampir.
>>
>> Wassalam,
>> Kid.
>>
>>
>>
>>
>>
>> 2013/12/17 Fachry Rizal <p4ch.m4n@gmail.
>>
>>>
>>>
>>> Dear The Master Excel, mohon bantuannya untuk memecahkan masalah ini.
>>> Permasalahan tercantum pd file yg terlampir. Makasiih smua atas bantuannya..
>>>
>>>
>>
>
>
Wed Dec 18, 2013 7:13 pm (PST) . Posted by:
"hendrik karnadi" hendrikkarnadi
Buat rekan2 Be-Excellers yang suka main shortcut, ini ada link dari tetangga di seberang sana yang mungkin bisa dipakai sebagai referensi untuk pemakai Excel 2010:
http://www.linkedin.com/e/-zcazsq-hpdet3fd-2u/plh/http%3A%2F%2Foffice.microsoft.com%2Fen-001%2Fexcel-help%2Fkeyboard-shortcuts-in-excel-2010-HP010342494.aspx/L70t/?hs=false&tok=0XOvavQAzERC01
Salam,
HK
http://www.linkedin
Salam,
HK
Wed Dec 18, 2013 8:26 pm (PST) . Posted by:
"Aliif Akbar" aliif.akbar
Terimakasih pa hendrik, sangat berguna,
Salam,
Aliif Akbar
Sent from my Windows Phone Lumia 620
-----Original Message-----
From: "hendrik karnadi" <hendrikkarnadi@yahoo.com>
Sent: 19/12/2013 10:14
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Subject: [belajar-excel] shortcut keys
Buat rekan2 Be-Excellers yang suka main shortcut, ini ada link dari tetangga di seberang sana yang mungkin bisa dipakai sebagai referensi untuk pemakai Excel 2010:
http://www.linkedin.com/e/-zcazsq-hpdet3fd-2u/plh/http%3A%2F%2Foffice.microsoft.com%2Fen-001%2Fexcel-help%2Fkeyboard-shortcuts-in-excel-2010-HP010342494.aspx/L70t/?hs=false&tok=0XOvavQAzERC01
Salam,
HK
Salam,
Aliif Akbar
Sent from my Windows Phone Lumia 620
-----Original Message-----
From: "hendrik karnadi" <hendrikkarnadi@
Sent: 19/12/2013 10:14
To: "belajar-excel@
Subject: [belajar-excel] shortcut keys
Buat rekan2 Be-Excellers yang suka main shortcut, ini ada link dari tetangga di seberang sana yang mungkin bisa dipakai sebagai referensi untuk pemakai Excel 2010:
http://www.linkedin
Salam,
HK
Wed Dec 18, 2013 7:24 pm (PST) . Posted by:
"dwi mulyaningsih" upiet29
dim dt as date juga dihapus ya
On Wednesday, December 18, 2013 10:22 AM, dwi mulyaningsih <upiet29@yahoo.com> wrote:
Dear ASL,
Coba simak mengenai kasus ini dari awal, Mr Kid pernah menulis seperti ini :
On Saturday, November 16, 2013 5:39 AM, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> wrote:
Coba ganti Date dengan Now
Jika ingin tetap tanpa waktu, ganti Date dengan Int( Now )
Wassalam,
Kid.
On Friday, December 13, 2013 11:05 AM, Ahmad Syaifullah Lubis <syaifullah@hotmail.com> wrote:
Dear Dwi,
terima kasih atas revisiannya, sedikit minta dikoreksi, masalah tanggal invoice pada posisi awalnya tertulis "00 Januari 1990", agar diganti dengan tanggal hari ini/now/today (saya gak tahu di mana harus ganti di macronya). baru apabila kita akan mengisikan tanggal invoice itu dengan tanggal yang kita inginkan, tetapi setelah proses "Rekam Ke Tabel" dijalankan, maka macronya akan kembali ke default tanggal hari ini.
over all sudah bagus semua.
Saya lagi mencari macro Kas "Pengeluaran dan Penerimaan Kas" yang menyisipkan Kode Account Debet maupun Account Kredit. Barangkali Dwi, dan BeExcellers lainnya ada yang berbaik hati memberikan macro yang dimaksud.
terima kasih,
ASL
________________________________
From: upiet29@yahoo.com
To:
belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Wed, 11 Dec 2013 20:00:45 -0800
Subject: Re: Bls: [belajar-excel] Membuat Rekap Invoice secara Otomatis [1 Attachment]
Dear ASL,
Terlampir file yang sudah direvisi, silahkan dicoba.
Terima kasih untuk semuanya terutama untuk alm. mba Siti atas warisan ilmu, semoga beliau dilindungi dari azab kubur dan masuk ke dalam surga. Amiin
Salam
DM
On Thursday, December 12, 2013 10:58 AM, dwi mulyaningsih <upiet29@yahoo.com> wrote:
Dear ASL,
Terlampir file yang sudah direvisi, silahkan dicoba.
Terima kasih untuk semuanya terutama untuk alm. mba Siti atas warisan ilmu, semoga beliau dilindungi dari azab kubur dan masuk ke dalam surga. Amiin
Salam
DM
On Thursday, December 12, 2013 9:06 AM, dwi mulyaningsih <upiet29@yahoo.com> wrote:
Dear ASL,
Ok, sedang saya coba lagi.
Tapi masih ada terkendala
Terima kasih
Salam
DM
On Thursday, December 12, 2013 8:26 AM, Ahmad Syaifullah Lubis <syaifullah@hotmail.com> wrote:
Dear Dwi,
mohon point nomor 4 di bawah (email saya yang kemarin) agar diperhatikan secara seksama ya.
Salam,
ASL
________________________________
From: upiet29@yahoo.com
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Wed, 11 Dec 2013 01:46:38 -0800
Subject: Re: Bls: [belajar-excel] Membuat Rekap Invoice secara Otomatis
Dear ASL,
Terima kasih atas masukkannya, nanti saya akan coba aplikasikan.
Mengenai database nama produk memang belum saya buat, karena saya harus collect data terlebih dahulu, untuk nomor invoice juga saya baru perhatikan tidak otomatis ya. Masih harus diperbaiki lagi. Maklum buatnya juga curi-curi waktu jadi tidak terlalu fokus. Nanti coba saya perbaiki lagi, kalau sudah ok saya posting ya dan mohon masukkannya lagi.
Salam
Dwi
On Wednesday, December 11, 2013 8:50 AM, Ahmad Syaifullah Lubis <syaifullah@hotmail.com> wrote:
Dear Dwi,
terima kasih sebelumnya.
catata saya saat macro saya jalankan :
1. Nama Pelanggan masih manual, kalau bisa dibuatkan list dengan comba box ya.
2. Tidak ada Database nama produk, bila ada akan mengurangi salah tulis.
3. Nomor Invoice tidak berjalan dengan otomatis bertambah.
4. Salut pengambilan data invoice ke datasub bisa jelas sekali, cuman saya lihat yang masuk ke sheet datasubnya ketika saya input data invoice ke dua kalinya, maka invoice ke dua tsb akan jatuh ke baris ke dua dan ke empat, tidak menempati baris kosong setelah invoice pertama dimasukan.
Mudah2an macro Dwi bisa sempurna ya.
Salam,
ASL.
________________________________
From: upiet29@yahoo.com
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Tue, 10 Dec 2013 01:40:07 -0800
Subject: Re: Bls: [belajar-excel] Membuat Rekap Invoice secara Otomatis
Dear ASL,
Filenya belum sempurna, untuk monthly report dan customer reportnya belum dicoba (karena bisa disesuaikan dengan kebutuhan)
mudah-mudahan bisa lancar dan tidak ada kendala.
Nanti kalau sudah benar-benar OK akan saya posting.
Salam
DM
On Tuesday, December 10, 2013 4:11 PM, dwi mulyaningsih <upiet29@yahoo.com> wrote:
Dear ASL,
Terlampir filenya. Bisa dijalankan kok, cuma nanti masih mau saya tambahkan lagi.
silahkan di copas
Salam
DM
On Tuesday, December 10, 2013 3:44 PM, Ahmad Syaifullah Lubis <syaifullah@hotmail.com> wrote:
Dear Dwi,
bolehkah disharing file rekap invoice tsb, untuk referensi bahan pembuatan invoice yang saya sedang kerjakan.
terima kasih.
ASL
________________________________
From: upiet29@yahoo.com
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Mon, 9 Dec 2013 21:58:18 -0800
Subject: Re: Bls: [belajar-excel] Membuat Rekap Invoice secara Otomatis
Dear All,
Akhirnya filenya sudah bisa berjalan. Terima kasih semuanya
Terima kasih Mr. Kid, dan juga terima kasih banyak untuk Bapak Hendrik.
Sedikit koreksi untuk proses loopnya di kolom 9 dan 10 prosedurnya terbalik, seharusnya 9 untuk satuan dan 10 untuk harga.
Terima kasih atas bantuannya.
Salam
Dwi
On Tuesday, December 10, 2013 6:24 AM, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> wrote:
Hai Dwi,
Mestinya bagian yang menimbulkan error tersebut tidak dibutuhkan karena
definisi range subtbl cukup sampai baris subtbl.offset(blabla
Jadi 2 baris Set Subtbl setelahnya bisa dihapus.
Jika enggan menghapusnya, coba tambahkan Sheets("datasub"). sebelum range(subtbl blabla
Pastikan pada sheet datasub, semua baris dikolom B terisi penuh (tidak ada yang blank).
Pada prosedur yang digunakan untuk menyimpan data anak, sepertinya proses loop harus diperbaiki menjadi :
For r = 1 To JmlItem
If .[a12:a30].Cells(r, 1) <> vbnullstring Then
TblSub(NewSub + r, 0) = NewSub + r '# urut
TblSub(NewSub + r, 1) = .[I3] ' Nr Inv
TblSub(NewSub + r, 2) = .[I5] ' Tgl Inv
TblSub(NewSub + r, 2).NumberFormat = "dd mmm yy"
TblSub(NewSub + r, 3) = .[P4] ' No Faktur Pajak
TblSub(NewSub + r, 4) = .[B3] ' Nm Cust
TblSub(NewSub + r, 5) = .cells(11+r,4).value ' Nm Produk
TblSub(NewSub + r, 8) = .cells(11+r,2).value ' Quantity
TblSub(NewSub + r, 9) = .cells(11+r,8) ' Harga
TblSub(NewSub + r, 10) = .cells(11+r,3) ' satuan
TblSub(NewSub + r, 11) = .cells(11+r,10) ' Jumlah
TblSub(NewSub + r, 14) = .cells(11+r,14) ' Kurs
endif
Next r
Wassalam,
Kid.
2013/12/9 dwi mulyaningsih <upiet29@yahoo.com>
>
>Terlampir error reportnya
>
>
>
>On , dwi mulyaningsih <upiet29@yahoo.com> wrote:
>
>Dear pakar excel,
>
>
>File warisan yang saya dapat sudah saya modif, dan akhirnya saya buat seperti terlampir.
>Akan tetapi pada saat rekam data ke tabel masih ada debugnya, mohon solusinya.
>terlampir error reportnya.
>Terima kasih
>
>
>Salam
>DM
>
>
>
>
>
On Wednesday, December 18, 2013 10:22 AM, dwi mulyaningsih <upiet29@yahoo.
Dear ASL,
Coba simak mengenai kasus ini dari awal, Mr Kid pernah menulis seperti ini :
On Saturday, November 16, 2013 5:39 AM, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.
Coba ganti Date dengan Now
Jika ingin tetap tanpa waktu, ganti Date dengan Int( Now )
Wassalam,
Kid.
On Friday, December 13, 2013 11:05 AM, Ahmad Syaifullah Lubis <syaifullah@hotmail.
Dear Dwi,
terima kasih atas revisiannya, sedikit minta dikoreksi, masalah tanggal invoice pada posisi awalnya tertulis "00 Januari 1990", agar diganti dengan tanggal hari ini/now/today (saya gak tahu di mana harus ganti di macronya). baru apabila kita akan mengisikan tanggal invoice itu dengan tanggal yang kita inginkan, tetapi setelah proses "Rekam Ke Tabel" dijalankan, maka macronya akan kembali ke default tanggal hari ini.
over all sudah bagus semua.
Saya lagi mencari macro Kas "Pengeluaran dan Penerimaan Kas" yang menyisipkan Kode Account Debet maupun Account Kredit. Barangkali Dwi, dan BeExcellers lainnya ada yang berbaik hati memberikan macro yang dimaksud.
terima kasih,
ASL
____________
From: upiet29@yahoo.
To:
belajar-excel@
Date: Wed, 11 Dec 2013 20:00:45 -0800
Subject: Re: Bls: [belajar-excel] Membuat Rekap Invoice secara Otomatis [1 Attachment]
Dear ASL,
Terlampir file yang sudah direvisi, silahkan dicoba.
Terima kasih untuk semuanya terutama untuk alm. mba Siti atas warisan ilmu, semoga beliau dilindungi dari azab kubur dan masuk ke dalam surga. Amiin
Salam
DM
On Thursday, December 12, 2013 10:58 AM, dwi mulyaningsih <upiet29@yahoo.
Dear ASL,
Terlampir file yang sudah direvisi, silahkan dicoba.
Terima kasih untuk semuanya terutama untuk alm. mba Siti atas warisan ilmu, semoga beliau dilindungi dari azab kubur dan masuk ke dalam surga. Amiin
Salam
DM
On Thursday, December 12, 2013 9:06 AM, dwi mulyaningsih <upiet29@yahoo.
Dear ASL,
Ok, sedang saya coba lagi.
Tapi masih ada terkendala
Terima kasih
Salam
DM
On Thursday, December 12, 2013 8:26 AM, Ahmad Syaifullah Lubis <syaifullah@hotmail.
Dear Dwi,
mohon point nomor 4 di bawah (email saya yang kemarin) agar diperhatikan secara seksama ya.
Salam,
ASL
____________
From: upiet29@yahoo.
To: belajar-excel@
Date: Wed, 11 Dec 2013 01:46:38 -0800
Subject: Re: Bls: [belajar-excel] Membuat Rekap Invoice secara Otomatis
Dear ASL,
Terima kasih atas masukkannya, nanti saya akan coba aplikasikan.
Mengenai database nama produk memang belum saya buat, karena saya harus collect data terlebih dahulu, untuk nomor invoice juga saya baru perhatikan tidak otomatis ya. Masih harus diperbaiki lagi. Maklum buatnya juga curi-curi waktu jadi tidak terlalu fokus. Nanti coba saya perbaiki lagi, kalau sudah ok saya posting ya dan mohon masukkannya lagi.
Salam
Dwi
On Wednesday, December 11, 2013 8:50 AM, Ahmad Syaifullah Lubis <syaifullah@hotmail.
Dear Dwi,
terima kasih sebelumnya.
catata saya saat macro saya jalankan :
1. Nama Pelanggan masih manual, kalau bisa dibuatkan list dengan comba box ya.
2. Tidak ada Database nama produk, bila ada akan mengurangi salah tulis.
3. Nomor Invoice tidak berjalan dengan otomatis bertambah.
4. Salut pengambilan data invoice ke datasub bisa jelas sekali, cuman saya lihat yang masuk ke sheet datasubnya ketika saya input data invoice ke dua kalinya, maka invoice ke dua tsb akan jatuh ke baris ke dua dan ke empat, tidak menempati baris kosong setelah invoice pertama dimasukan.
Mudah2an macro Dwi bisa sempurna ya.
Salam,
ASL.
____________
From: upiet29@yahoo.
To: belajar-excel@
Date: Tue, 10 Dec 2013 01:40:07 -0800
Subject: Re: Bls: [belajar-excel] Membuat Rekap Invoice secara Otomatis
Dear ASL,
Filenya belum sempurna, untuk monthly report dan customer reportnya belum dicoba (karena bisa disesuaikan dengan kebutuhan)
mudah-mudahan bisa lancar dan tidak ada kendala.
Nanti kalau sudah benar-benar OK akan saya posting.
Salam
DM
On Tuesday, December 10, 2013 4:11 PM, dwi mulyaningsih <upiet29@yahoo.
Dear ASL,
Terlampir filenya. Bisa dijalankan kok, cuma nanti masih mau saya tambahkan lagi.
silahkan di copas
Salam
DM
On Tuesday, December 10, 2013 3:44 PM, Ahmad Syaifullah Lubis <syaifullah@hotmail.
Dear Dwi,
bolehkah disharing file rekap invoice tsb, untuk referensi bahan pembuatan invoice yang saya sedang kerjakan.
terima kasih.
ASL
____________
From: upiet29@yahoo.
To: belajar-excel@
Date: Mon, 9 Dec 2013 21:58:18 -0800
Subject: Re: Bls: [belajar-excel] Membuat Rekap Invoice secara Otomatis
Dear All,
Akhirnya filenya sudah bisa berjalan. Terima kasih semuanya
Terima kasih Mr. Kid, dan juga terima kasih banyak untuk Bapak Hendrik.
Sedikit koreksi untuk proses loopnya di kolom 9 dan 10 prosedurnya terbalik, seharusnya 9 untuk satuan dan 10 untuk harga.
Terima kasih atas bantuannya.
Salam
Dwi
On Tuesday, December 10, 2013 6:24 AM, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.
Hai Dwi,
Mestinya bagian yang menimbulkan error tersebut tidak dibutuhkan karena
definisi range subtbl cukup sampai baris subtbl.offset(
Jadi 2 baris Set Subtbl setelahnya bisa dihapus.
Jika enggan menghapusnya, coba tambahkan Sheets("
Pastikan pada sheet datasub, semua baris dikolom B terisi penuh (tidak ada yang blank).
Pada prosedur yang digunakan untuk menyimpan data anak, sepertinya proses loop harus diperbaiki menjadi :
For r = 1 To JmlItem
If .[a12:a30].Cells(
TblSub(NewSub + r, 0) = NewSub + r '# urut
TblSub(NewSub + r, 1) = .[I3] ' Nr Inv
TblSub(NewSub + r, 2) = .[I5] ' Tgl Inv
TblSub(NewSub + r, 2).NumberFormat = "dd mmm yy"
TblSub(NewSub + r, 3) = .[P4] ' No Faktur Pajak
TblSub(NewSub + r, 4) = .[B3] ' Nm Cust
TblSub(NewSub + r, 5) = .cells(11+r,
TblSub(NewSub + r, 8) = .cells(11+r,
TblSub(NewSub + r, 9) = .cells(11+r,
TblSub(NewSub + r, 10) = .cells(11+r,
TblSub(NewSub + r, 11) = .cells(11+r,
TblSub(NewSub + r, 14) = .cells(11+r,
endif
Next r
Wassalam,
Kid.
2013/12/9 dwi mulyaningsih <upiet29@yahoo.
>
>Terlampir error reportnya
>
>
>
>On , dwi mulyaningsih <upiet29@yahoo.
>
>Dear pakar excel,
>
>
>File warisan yang saya dapat sudah saya modif, dan akhirnya saya buat seperti terlampir.
>Akan tetapi pada saat rekam data ke tabel masih ada debugnya, mohon solusinya.
>terlampir error reportnya.
>Terima kasih
>
>
>Salam
>DM
>
>
>
>
>
Wed Dec 18, 2013 7:24 pm (PST) . Posted by:
"dwi mulyaningsih" upiet29
Dear Pakar Excel,
Mohon bantuannya sekali lagi, untuk di bagian invoice view, rumus arraynya kok tidak bisa berjalan seperti contoh di file warisan dari mba siti ya? seharusnya kolom O12, muncul sesuai dengan urutan jumlah item pada invoice.
Kesalahannya dimana ya?
Salam DM
Mohon bantuannya sekali lagi, untuk di bagian invoice view, rumus arraynya kok tidak bisa berjalan seperti contoh di file warisan dari mba siti ya? seharusnya kolom O12, muncul sesuai dengan urutan jumlah item pada invoice.
Kesalahannya dimana ya?
Salam DM
Wed Dec 18, 2013 7:26 pm (PST) . Posted by:
"dwi mulyaningsih" upiet29
Dear ASL,
untuk invoice view seperti harus diperbaiki lagi karena saya coba tidak berjalan
Salam
DM
On Wednesday, December 18, 2013 10:59 AM, Ahmad Syaifullah Lubis <syaifullah@hotmail.com> wrote:
Dear Dwi,
terima kasih sudah saya ganti dan berjalan sesuai dengan yang saya maksud.
Salam,
ASL
________________________________
From: upiet29@yahoo.com
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Tue, 17 Dec 2013 18:16:44 -0800
Subject: Re: Bls: [belajar-excel] Membuat Rekap Invoice secara Otomatis
Dear ASL,
Coba simak mengenai kasus ini dari awal, Mr Kid pernah menulis seperti ini :
On Saturday, November 16, 2013 5:39 AM, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> wrote:
Coba ganti Date dengan Now
Jika ingin tetap tanpa waktu, ganti Date dengan Int( Now )
Wassalam,
Kid.
On Friday, December 13, 2013 11:05 AM, Ahmad Syaifullah Lubis <syaifullah@hotmail.com> wrote:
Dear Dwi,
terima kasih atas revisiannya, sedikit minta dikoreksi, masalah tanggal invoice pada posisi awalnya tertulis "00 Januari 1990", agar diganti dengan tanggal hari ini/now/today (saya gak tahu di mana harus ganti di macronya). baru apabila kita akan mengisikan tanggal invoice itu dengan tanggal yang kita inginkan, tetapi setelah proses "Rekam Ke Tabel" dijalankan, maka macronya akan kembali ke default tanggal hari ini.
over all sudah bagus semua.
Saya lagi mencari macro Kas "Pengeluaran dan Penerimaan Kas" yang menyisipkan Kode Account Debet maupun Account Kredit. Barangkali Dwi, dan BeExcellers lainnya ada yang berbaik hati memberikan macro yang dimaksud.
terima kasih,
ASL
________________________________
From: upiet29@yahoo.com
To:
belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Wed, 11 Dec 2013 20:00:45 -0800
Subject: Re: Bls: [belajar-excel] Membuat Rekap Invoice secara Otomatis [1 Attachment]
Dear ASL,
Terlampir file yang sudah direvisi, silahkan dicoba.
Terima kasih untuk semuanya terutama untuk alm. mba Siti atas warisan ilmu, semoga beliau dilindungi dari azab kubur dan masuk ke dalam surga. Amiin
Salam
DM
On Thursday, December 12, 2013 10:58 AM, dwi mulyaningsih <upiet29@yahoo.com> wrote:
Dear ASL,
Terlampir file yang sudah direvisi, silahkan dicoba.
Terima kasih untuk semuanya terutama untuk alm. mba Siti atas warisan ilmu, semoga beliau dilindungi dari azab kubur dan masuk ke dalam surga. Amiin
Salam
DM
On Thursday, December 12, 2013 9:06 AM, dwi mulyaningsih <upiet29@yahoo.com> wrote:
Dear ASL,
Ok, sedang saya coba lagi.
Tapi masih ada terkendala
Terima kasih
Salam
DM
On Thursday, December 12, 2013 8:26 AM, Ahmad Syaifullah Lubis <syaifullah@hotmail.com> wrote:
Dear Dwi,
mohon point nomor 4 di bawah (email saya yang kemarin) agar diperhatikan secara seksama ya.
Salam,
ASL
________________________________
From: upiet29@yahoo.com
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Wed, 11 Dec 2013 01:46:38 -0800
Subject: Re: Bls: [belajar-excel] Membuat Rekap Invoice secara Otomatis
Dear ASL,
Terima kasih atas masukkannya, nanti saya akan coba aplikasikan.
Mengenai database nama produk memang belum saya buat, karena saya harus collect data terlebih dahulu, untuk nomor invoice juga saya baru perhatikan tidak otomatis ya. Masih harus diperbaiki lagi. Maklum buatnya juga curi-curi waktu jadi tidak terlalu fokus. Nanti coba saya perbaiki lagi, kalau sudah ok saya posting ya dan mohon masukkannya lagi.
Salam
Dwi
On Wednesday, December 11, 2013 8:50 AM, Ahmad Syaifullah Lubis <syaifullah@hotmail.com> wrote:
Dear Dwi,
terima kasih sebelumnya.
catata saya saat macro saya jalankan :
1. Nama Pelanggan masih manual, kalau bisa dibuatkan list dengan comba box ya.
2. Tidak ada Database nama produk, bila ada akan mengurangi salah tulis.
3. Nomor Invoice tidak berjalan dengan otomatis bertambah.
4. Salut pengambilan data invoice ke datasub bisa jelas sekali, cuman saya lihat yang masuk ke sheet datasubnya ketika saya input data invoice ke dua kalinya, maka invoice ke dua tsb akan jatuh ke baris ke dua dan ke empat, tidak menempati baris kosong setelah invoice pertama dimasukan.
Mudah2an macro Dwi bisa sempurna ya.
Salam,
ASL.
________________________________
From: upiet29@yahoo.com
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Tue, 10 Dec 2013 01:40:07 -0800
Subject: Re: Bls: [belajar-excel] Membuat Rekap Invoice secara Otomatis
Dear ASL,
Filenya belum sempurna, untuk monthly report dan customer reportnya belum dicoba (karena bisa disesuaikan dengan kebutuhan)
mudah-mudahan bisa lancar dan tidak ada kendala.
Nanti kalau sudah benar-benar OK akan saya posting.
Salam
DM
On Tuesday, December 10, 2013 4:11 PM, dwi mulyaningsih <upiet29@yahoo.com> wrote:
Dear ASL,
Terlampir filenya. Bisa dijalankan kok, cuma nanti masih mau saya tambahkan lagi.
silahkan di copas
Salam
DM
On Tuesday, December 10, 2013 3:44 PM, Ahmad Syaifullah Lubis <syaifullah@hotmail.com> wrote:
Dear Dwi,
bolehkah disharing file rekap invoice tsb, untuk referensi bahan pembuatan invoice yang saya sedang kerjakan.
terima kasih.
ASL
________________________________
From: upiet29@yahoo.com
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Mon, 9 Dec 2013 21:58:18 -0800
Subject: Re: Bls: [belajar-excel] Membuat Rekap Invoice secara Otomatis
Dear All,
Akhirnya filenya sudah bisa berjalan. Terima kasih semuanya
Terima kasih Mr. Kid, dan juga terima kasih banyak untuk Bapak Hendrik.
Sedikit koreksi untuk proses loopnya di kolom 9 dan 10 prosedurnya terbalik, seharusnya 9 untuk satuan dan 10 untuk harga.
Terima kasih atas bantuannya.
Salam
Dwi
On Tuesday, December 10, 2013 6:24 AM, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> wrote:
Hai Dwi,
Mestinya bagian yang menimbulkan error tersebut tidak dibutuhkan karena
definisi range subtbl cukup sampai baris subtbl.offset(blabla
Jadi 2 baris Set Subtbl setelahnya bisa dihapus.
Jika enggan menghapusnya, coba tambahkan Sheets("datasub"). sebelum range(subtbl blabla
Pastikan pada sheet datasub, semua baris dikolom B terisi penuh (tidak ada yang blank).
Pada prosedur yang digunakan untuk menyimpan data anak, sepertinya proses loop harus diperbaiki menjadi :
For r = 1 To JmlItem
If .[a12:a30].Cells(r, 1) <> vbnullstring Then
TblSub(NewSub + r, 0) = NewSub + r '# urut
TblSub(NewSub + r, 1) = .[I3] ' Nr Inv
TblSub(NewSub + r, 2) = .[I5] ' Tgl Inv
TblSub(NewSub + r, 2).NumberFormat = "dd mmm yy"
TblSub(NewSub + r, 3) = .[P4] ' No Faktur Pajak
TblSub(NewSub + r, 4) = .[B3] ' Nm Cust
TblSub(NewSub + r, 5) = .cells(11+r,4).value ' Nm Produk
TblSub(NewSub + r, 8) = .cells(11+r,2).value ' Quantity
TblSub(NewSub + r, 9) = .cells(11+r,8) ' Harga
TblSub(NewSub + r, 10) = .cells(11+r,3) ' satuan
TblSub(NewSub + r, 11) = .cells(11+r,10) ' Jumlah
TblSub(NewSub + r, 14) = .cells(11+r,14) ' Kurs
endif
Next r
Wassalam,
Kid.
2013/12/9 dwi mulyaningsih <upiet29@yahoo.com>
>
>Terlampir error reportnya
>
>
>
>On , dwi mulyaningsih <upiet29@yahoo.com> wrote:
>
>Dear pakar excel,
>
>
>File warisan yang saya dapat sudah saya modif, dan akhirnya saya buat seperti terlampir.
>Akan tetapi pada saat rekam data ke tabel masih ada debugnya, mohon solusinya.
>terlampir error reportnya.
>Terima kasih
>
>
>Salam
>DM
>
>
>
>
>
untuk invoice view seperti harus diperbaiki lagi karena saya coba tidak berjalan
Salam
DM
On Wednesday, December 18, 2013 10:59 AM, Ahmad Syaifullah Lubis <syaifullah@hotmail.
Dear Dwi,
terima kasih sudah saya ganti dan berjalan sesuai dengan yang saya maksud.
Salam,
ASL
____________
From: upiet29@yahoo.
To: belajar-excel@
Date: Tue, 17 Dec 2013 18:16:44 -0800
Subject: Re: Bls: [belajar-excel] Membuat Rekap Invoice secara Otomatis
Dear ASL,
Coba simak mengenai kasus ini dari awal, Mr Kid pernah menulis seperti ini :
On Saturday, November 16, 2013 5:39 AM, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.
Coba ganti Date dengan Now
Jika ingin tetap tanpa waktu, ganti Date dengan Int( Now )
Wassalam,
Kid.
On Friday, December 13, 2013 11:05 AM, Ahmad Syaifullah Lubis <syaifullah@hotmail.
Dear Dwi,
terima kasih atas revisiannya, sedikit minta dikoreksi, masalah tanggal invoice pada posisi awalnya tertulis "00 Januari 1990", agar diganti dengan tanggal hari ini/now/today (saya gak tahu di mana harus ganti di macronya). baru apabila kita akan mengisikan tanggal invoice itu dengan tanggal yang kita inginkan, tetapi setelah proses "Rekam Ke Tabel" dijalankan, maka macronya akan kembali ke default tanggal hari ini.
over all sudah bagus semua.
Saya lagi mencari macro Kas "Pengeluaran dan Penerimaan Kas" yang menyisipkan Kode Account Debet maupun Account Kredit. Barangkali Dwi, dan BeExcellers lainnya ada yang berbaik hati memberikan macro yang dimaksud.
terima kasih,
ASL
____________
From: upiet29@yahoo.
To:
belajar-excel@
Date: Wed, 11 Dec 2013 20:00:45 -0800
Subject: Re: Bls: [belajar-excel] Membuat Rekap Invoice secara Otomatis [1 Attachment]
Dear ASL,
Terlampir file yang sudah direvisi, silahkan dicoba.
Terima kasih untuk semuanya terutama untuk alm. mba Siti atas warisan ilmu, semoga beliau dilindungi dari azab kubur dan masuk ke dalam surga. Amiin
Salam
DM
On Thursday, December 12, 2013 10:58 AM, dwi mulyaningsih <upiet29@yahoo.
Dear ASL,
Terlampir file yang sudah direvisi, silahkan dicoba.
Terima kasih untuk semuanya terutama untuk alm. mba Siti atas warisan ilmu, semoga beliau dilindungi dari azab kubur dan masuk ke dalam surga. Amiin
Salam
DM
On Thursday, December 12, 2013 9:06 AM, dwi mulyaningsih <upiet29@yahoo.
Dear ASL,
Ok, sedang saya coba lagi.
Tapi masih ada terkendala
Terima kasih
Salam
DM
On Thursday, December 12, 2013 8:26 AM, Ahmad Syaifullah Lubis <syaifullah@hotmail.
Dear Dwi,
mohon point nomor 4 di bawah (email saya yang kemarin) agar diperhatikan secara seksama ya.
Salam,
ASL
____________
From: upiet29@yahoo.
To: belajar-excel@
Date: Wed, 11 Dec 2013 01:46:38 -0800
Subject: Re: Bls: [belajar-excel] Membuat Rekap Invoice secara Otomatis
Dear ASL,
Terima kasih atas masukkannya, nanti saya akan coba aplikasikan.
Mengenai database nama produk memang belum saya buat, karena saya harus collect data terlebih dahulu, untuk nomor invoice juga saya baru perhatikan tidak otomatis ya. Masih harus diperbaiki lagi. Maklum buatnya juga curi-curi waktu jadi tidak terlalu fokus. Nanti coba saya perbaiki lagi, kalau sudah ok saya posting ya dan mohon masukkannya lagi.
Salam
Dwi
On Wednesday, December 11, 2013 8:50 AM, Ahmad Syaifullah Lubis <syaifullah@hotmail.
Dear Dwi,
terima kasih sebelumnya.
catata saya saat macro saya jalankan :
1. Nama Pelanggan masih manual, kalau bisa dibuatkan list dengan comba box ya.
2. Tidak ada Database nama produk, bila ada akan mengurangi salah tulis.
3. Nomor Invoice tidak berjalan dengan otomatis bertambah.
4. Salut pengambilan data invoice ke datasub bisa jelas sekali, cuman saya lihat yang masuk ke sheet datasubnya ketika saya input data invoice ke dua kalinya, maka invoice ke dua tsb akan jatuh ke baris ke dua dan ke empat, tidak menempati baris kosong setelah invoice pertama dimasukan.
Mudah2an macro Dwi bisa sempurna ya.
Salam,
ASL.
____________
From: upiet29@yahoo.
To: belajar-excel@
Date: Tue, 10 Dec 2013 01:40:07 -0800
Subject: Re: Bls: [belajar-excel] Membuat Rekap Invoice secara Otomatis
Dear ASL,
Filenya belum sempurna, untuk monthly report dan customer reportnya belum dicoba (karena bisa disesuaikan dengan kebutuhan)
mudah-mudahan bisa lancar dan tidak ada kendala.
Nanti kalau sudah benar-benar OK akan saya posting.
Salam
DM
On Tuesday, December 10, 2013 4:11 PM, dwi mulyaningsih <upiet29@yahoo.
Dear ASL,
Terlampir filenya. Bisa dijalankan kok, cuma nanti masih mau saya tambahkan lagi.
silahkan di copas
Salam
DM
On Tuesday, December 10, 2013 3:44 PM, Ahmad Syaifullah Lubis <syaifullah@hotmail.
Dear Dwi,
bolehkah disharing file rekap invoice tsb, untuk referensi bahan pembuatan invoice yang saya sedang kerjakan.
terima kasih.
ASL
____________
From: upiet29@yahoo.
To: belajar-excel@
Date: Mon, 9 Dec 2013 21:58:18 -0800
Subject: Re: Bls: [belajar-excel] Membuat Rekap Invoice secara Otomatis
Dear All,
Akhirnya filenya sudah bisa berjalan. Terima kasih semuanya
Terima kasih Mr. Kid, dan juga terima kasih banyak untuk Bapak Hendrik.
Sedikit koreksi untuk proses loopnya di kolom 9 dan 10 prosedurnya terbalik, seharusnya 9 untuk satuan dan 10 untuk harga.
Terima kasih atas bantuannya.
Salam
Dwi
On Tuesday, December 10, 2013 6:24 AM, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.
Hai Dwi,
Mestinya bagian yang menimbulkan error tersebut tidak dibutuhkan karena
definisi range subtbl cukup sampai baris subtbl.offset(
Jadi 2 baris Set Subtbl setelahnya bisa dihapus.
Jika enggan menghapusnya, coba tambahkan Sheets("
Pastikan pada sheet datasub, semua baris dikolom B terisi penuh (tidak ada yang blank).
Pada prosedur yang digunakan untuk menyimpan data anak, sepertinya proses loop harus diperbaiki menjadi :
For r = 1 To JmlItem
If .[a12:a30].Cells(
TblSub(NewSub + r, 0) = NewSub + r '# urut
TblSub(NewSub + r, 1) = .[I3] ' Nr Inv
TblSub(NewSub + r, 2) = .[I5] ' Tgl Inv
TblSub(NewSub + r, 2).NumberFormat = "dd mmm yy"
TblSub(NewSub + r, 3) = .[P4] ' No Faktur Pajak
TblSub(NewSub + r, 4) = .[B3] ' Nm Cust
TblSub(NewSub + r, 5) = .cells(11+r,
TblSub(NewSub + r, 8) = .cells(11+r,
TblSub(NewSub + r, 9) = .cells(11+r,
TblSub(NewSub + r, 10) = .cells(11+r,
TblSub(NewSub + r, 11) = .cells(11+r,
TblSub(NewSub + r, 14) = .cells(11+r,
endif
Next r
Wassalam,
Kid.
2013/12/9 dwi mulyaningsih <upiet29@yahoo.
>
>Terlampir error reportnya
>
>
>
>On , dwi mulyaningsih <upiet29@yahoo.
>
>Dear pakar excel,
>
>
>File warisan yang saya dapat sudah saya modif, dan akhirnya saya buat seperti terlampir.
>Akan tetapi pada saat rekam data ke tabel masih ada debugnya, mohon solusinya.
>terlampir error reportnya.
>Terima kasih
>
>
>Salam
>DM
>
>
>
>
>
Wed Dec 18, 2013 7:27 pm (PST) . Posted by:
respati007
Dear Para Master,
Langsung pada pertanyaan ya...
Saya membuat textbox pada userform,
Yang saya inginkan bagaimana textbox tersebut dapat di isi seperti tampilan Listbox yang mempunyai Scroll dan Textbox di input ny bisa ke bawah (vertical) bukan ke horizontal.
terima kasih,,,
Langsung pada pertanyaan ya...
Saya membuat textbox pada userform,
Yang saya inginkan bagaimana textbox tersebut dapat di isi seperti tampilan Listbox yang mempunyai Scroll dan Textbox di input ny bisa ke bawah (vertical) bukan ke horizontal.
terima kasih,,,
Wed Dec 18, 2013 7:33 pm (PST) . Posted by:
"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
Workbook contoh disertai ilustrasi kebutuhan dan penjelasan yang lengkap
akan lebih membantu BeExceller yang ingin menanggapi.
Wassalam,
Kid.
2013/12/19 <respati007@gmail.com>
>
>
> Dear Para Master,
> Langsung pada pertanyaan ya...
> Saya membuat textbox pada userform,
> Yang saya inginkan bagaimana textbox tersebut dapat di isi seperti
> tampilan Listbox yang mempunyai Scroll dan Textbox di input ny bisa ke
> bawah (vertical) bukan ke horizontal.
>
> terima kasih,,,
>
>
>
akan lebih membantu BeExceller yang ingin menanggapi.
Wassalam,
Kid.
2013/12/19 <respati007@gmail.
>
>
> Dear Para Master,
> Langsung pada pertanyaan ya...
> Saya membuat textbox pada userform,
> Yang saya inginkan bagaimana textbox tersebut dapat di isi seperti
> tampilan Listbox yang mempunyai Scroll dan Textbox di input ny bisa ke
> bawah (vertical) bukan ke horizontal.
>
> terima kasih,,,
>
>
>
Wed Dec 18, 2013 8:29 pm (PST) . Posted by:
"Liem Suliem" liemsuliem
salam be excel
dear sahabat semua
saya mempunyai kasus seperti file terlampir.. pertanyyan detail ada di file terlampir.
semoga judulnya bisa mewakili pertanyyan saya buat temen2 yang tidak bisa buka lampiranya.
terimakasih
wasalam
liem
dear sahabat semua
saya mempunyai kasus seperti file terlampir.. pertanyyan detail ada di file terlampir.
semoga judulnya bisa mewakili pertanyyan saya buat temen2 yang tidak bisa buka lampiranya.
terimakasih
wasalam
liem
Wed Dec 18, 2013 10:15 pm (PST) . Posted by:
"hendrik karnadi" hendrikkarnadi
Hai Lim Suliem,
Jawaban terlampir.
Karena kolom A (Unique Value) yang menjadi dasar Data Validation selalu akan berubah begitu ada perubahan pada kolom C maka harus digunakan macro Worksheet Event yaitu Worksheet Change.
Macronya ditulis pada Sheet1(Data) di VBE Sheet.
Jika terjadi perubahan pada kolom C maka macro ini akan memanggil macro "Unik" yang ditulis di Module1 pada VBE Sheet.
Mengenai formula, kalau mau bisa juga dibuatkan macronya. Tapi, menurut saya, jika digunakan fungsi If maka penulisannya sdh benar karena "Max" harus diisi.
Salam,
HK
On Thursday, 19 December 2013, 11:30, Liem Suliem <liemsuliem@yahoo.co.id> wrote:
salam be excel
dear sahabat semua
saya mempunyai kasus seperti file terlampir.. pertanyyan detail ada di file terlampir.
semoga judulnya bisa mewakili pertanyyan saya buat temen2 yang tidak bisa buka lampiranya.
terimakasih
wasalam
liem
Jawaban terlampir.
Karena kolom A (Unique Value) yang menjadi dasar Data Validation selalu akan berubah begitu ada perubahan pada kolom C maka harus digunakan macro Worksheet Event yaitu Worksheet Change.
Macronya ditulis pada Sheet1(Data) di VBE Sheet.
Jika terjadi perubahan pada kolom C maka macro ini akan memanggil macro "Unik" yang ditulis di Module1 pada VBE Sheet.
Mengenai formula, kalau mau bisa juga dibuatkan macronya. Tapi, menurut saya, jika digunakan fungsi If maka penulisannya sdh benar karena "Max" harus diisi.
Salam,
HK
On Thursday, 19 December 2013, 11:30, Liem Suliem <liemsuliem@yahoo.
salam be excel
dear sahabat semua
saya mempunyai kasus seperti file terlampir.. pertanyyan detail ada di file terlampir.
semoga judulnya bisa mewakili pertanyyan saya buat temen2 yang tidak bisa buka lampiranya.
terimakasih
wasalam
liem
Wed Dec 18, 2013 10:32 pm (PST) . Posted by:
"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
Hai Liem,
Bagaimana kalau begini :
1. formula di sheet data ndak usah disediakan sampai 15000. Cukup
manfaatkan fitur Excel Table
(blok data -> ribbon Home -> group Styles -> Format as table -> pilih salah
satu styles)
bila perlu Excel Table yang jadi tersebut diberi nama (bisa juga dilihat di
Name Manager)
2. Array formula akan mengerjakan seluruh range yang di-input-kan ke dalam
formula. Jika di-input-kan 15000 cell, maka seluruhnya dikerjakan.
Hal ini yang akan membuat lama. Apalagi jika ada banyak item unique pada
15000 record tersebut. Yang lebih parah lagi, cell yang diberi array
formula tersebut juga banyak (misal 1000 cell), karena kalkulasi akan
terjadi setiap cell mengkalkulasi 15000 range untuk mendapatkan sebuah
nilai. Jika ada 1000 cell berformula, akan ada kalkulasi terhadap 15juta
cell, yaitu 15000 cell yang tetap dilakukan sebanyak 1000 kali (oleh 1000
cell).
Biasanya, penggunaan array formula diberi inputan range terbatas. Fungsi
Index akan membantu membuat nama range yang dinamis sesuai jumlah record
data (jika tidak menggunakan fitur Excel Table seperti file terlampir).
3. Excel memiliki fitur Pivot Table yang bisa dijadikan tabel bantu untuk
meng-create unique list. Syaratnya, setiap ada perubahan data, maka perlu
melakukan refresh pivot table yang bisa juga dilakukan melalui ribbon Data
-> group Connections -> Refresh All.
Jika akan di VBA kan, baris kodenya juga sederhana. Pada event change milik
worksheet data bisa diisi dengan :
thisworkbook.refreshall 'yup, sesimpel ini sajah kodenya
(tapi dibuat sendiri ya, karena file terlampir ndak pake VBA-VBA-an)
Wassalam,
Kid.
2013/12/19 Liem Suliem <liemsuliem@yahoo.co.id>
>
>
> salam be excel
>
> dear sahabat semua
>
> saya mempunyai kasus seperti file terlampir.. pertanyyan detail ada di
> file terlampir.
> semoga judulnya bisa mewakili pertanyyan saya buat temen2 yang tidak bisa
> buka lampiranya.
>
> terimakasih
>
> wasalam
>
>
> liem
>
>
>
Bagaimana kalau begini :
1. formula di sheet data ndak usah disediakan sampai 15000. Cukup
manfaatkan fitur Excel Table
(blok data -> ribbon Home -> group Styles -> Format as table -> pilih salah
satu styles)
bila perlu Excel Table yang jadi tersebut diberi nama (bisa juga dilihat di
Name Manager)
2. Array formula akan mengerjakan seluruh range yang di-input-kan ke dalam
formula. Jika di-input-kan 15000 cell, maka seluruhnya dikerjakan.
Hal ini yang akan membuat lama. Apalagi jika ada banyak item unique pada
15000 record tersebut. Yang lebih parah lagi, cell yang diberi array
formula tersebut juga banyak (misal 1000 cell), karena kalkulasi akan
terjadi setiap cell mengkalkulasi 15000 range untuk mendapatkan sebuah
nilai. Jika ada 1000 cell berformula, akan ada kalkulasi terhadap 15juta
cell, yaitu 15000 cell yang tetap dilakukan sebanyak 1000 kali (oleh 1000
cell).
Biasanya, penggunaan array formula diberi inputan range terbatas. Fungsi
Index akan membantu membuat nama range yang dinamis sesuai jumlah record
data (jika tidak menggunakan fitur Excel Table seperti file terlampir).
3. Excel memiliki fitur Pivot Table yang bisa dijadikan tabel bantu untuk
meng-create unique list. Syaratnya, setiap ada perubahan data, maka perlu
melakukan refresh pivot table yang bisa juga dilakukan melalui ribbon Data
-> group Connections -> Refresh All.
Jika akan di VBA kan, baris kodenya juga sederhana. Pada event change milik
worksheet data bisa diisi dengan :
thisworkbook.
(tapi dibuat sendiri ya, karena file terlampir ndak pake VBA-VBA-an)
Wassalam,
Kid.
2013/12/19 Liem Suliem <liemsuliem@yahoo.
>
>
> salam be excel
>
> dear sahabat semua
>
> saya mempunyai kasus seperti file terlampir.. pertanyyan detail ada di
> file terlampir.
> semoga judulnya bisa mewakili pertanyyan saya buat temen2 yang tidak bisa
> buka lampiranya.
>
> terimakasih
>
> wasalam
>
>
> liem
>
>
>
Wed Dec 18, 2013 11:31 pm (PST) . Posted by:
"Liem Suliem" liemsuliem
Dear
Pak H.K Dan Pak Kid...
Sesuai yang dimaksud pak..
Dan lebih dari cukup penjelasanya..
Wasalam
Liem
Pada Kamis, 19 Desember 2013 13:32, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> menulis:
Hai Liem,
Bagaimana kalau begini :
1. formula di sheet data ndak usah disediakan sampai 15000. Cukup manfaatkan fitur Excel Table
(blok data -> ribbon Home -> group Styles -> Format as table -> pilih salah satu styles)
bila perlu Excel Table yang jadi tersebut diberi nama (bisa juga dilihat di Name Manager)
2. Array formula akan mengerjakan seluruh range yang di-input-kan ke dalam formula. Jika di-input-kan 15000 cell, maka seluruhnya dikerjakan.
Hal ini yang akan membuat lama. Apalagi jika ada banyak item unique pada 15000 record tersebut. Yang lebih parah lagi, cell yang diberi array formula tersebut juga banyak (misal 1000 cell), karena kalkulasi akan terjadi setiap cell mengkalkulasi 15000 range untuk mendapatkan sebuah nilai. Jika ada 1000 cell berformula, akan ada kalkulasi terhadap 15juta cell, yaitu 15000 cell yang tetap dilakukan sebanyak 1000 kali (oleh 1000 cell).
Biasanya, penggunaan array formula diberi inputan range terbatas. Fungsi Index akan membantu membuat nama range yang dinamis sesuai jumlah record data (jika tidak menggunakan fitur Excel Table seperti file terlampir).
3. Excel memiliki fitur Pivot Table yang bisa dijadikan tabel bantu untuk meng-create unique list. Syaratnya, setiap ada perubahan data, maka perlu melakukan refresh pivot table yang bisa juga dilakukan melalui ribbon Data -> group Connections -> Refresh All.
Jika akan di VBA kan, baris kodenya juga sederhana. Pada event change milik worksheet data bisa diisi dengan :
thisworkbook.refreshall 'yup, sesimpel ini sajah kodenya
(tapi dibuat sendiri ya, karena file terlampir ndak pake VBA-VBA-an)
Wassalam,
Kid.
2013/12/19 Liem Suliem <liemsuliem@yahoo.co.id>
>
>salam be excel
>
>
>dear sahabat semua
>
>
>saya mempunyai kasus seperti file terlampir.. pertanyyan detail ada di file terlampir.
>semoga judulnya bisa mewakili pertanyyan saya buat temen2 yang tidak bisa buka lampiranya.
>
>
>
>terimakasih
>
>
>wasalam
>
>
>
>
>liem
>
Pak H.K Dan Pak Kid...
Sesuai yang dimaksud pak..
Dan lebih dari cukup penjelasanya.
Wasalam
Liem
Pada Kamis, 19 Desember 2013 13:32, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.
Hai Liem,
Bagaimana kalau begini :
1. formula di sheet data ndak usah disediakan sampai 15000. Cukup manfaatkan fitur Excel Table
(blok data -> ribbon Home -> group Styles -> Format as table -> pilih salah satu styles)
bila perlu Excel Table yang jadi tersebut diberi nama (bisa juga dilihat di Name Manager)
2. Array formula akan mengerjakan seluruh range yang di-input-kan ke dalam formula. Jika di-input-kan 15000 cell, maka seluruhnya dikerjakan.
Hal ini yang akan membuat lama. Apalagi jika ada banyak item unique pada 15000 record tersebut. Yang lebih parah lagi, cell yang diberi array formula tersebut juga banyak (misal 1000 cell), karena kalkulasi akan terjadi setiap cell mengkalkulasi 15000 range untuk mendapatkan sebuah nilai. Jika ada 1000 cell berformula, akan ada kalkulasi terhadap 15juta cell, yaitu 15000 cell yang tetap dilakukan sebanyak 1000 kali (oleh 1000 cell).
Biasanya, penggunaan array formula diberi inputan range terbatas. Fungsi Index akan membantu membuat nama range yang dinamis sesuai jumlah record data (jika tidak menggunakan fitur Excel Table seperti file terlampir).
3. Excel memiliki fitur Pivot Table yang bisa dijadikan tabel bantu untuk meng-create unique list. Syaratnya, setiap ada perubahan data, maka perlu melakukan refresh pivot table yang bisa juga dilakukan melalui ribbon Data -> group Connections -> Refresh All.
Jika akan di VBA kan, baris kodenya juga sederhana. Pada event change milik worksheet data bisa diisi dengan :
thisworkbook.
(tapi dibuat sendiri ya, karena file terlampir ndak pake VBA-VBA-an)
Wassalam,
Kid.
2013/12/19 Liem Suliem <liemsuliem@yahoo.
>
>salam be excel
>
>
>dear sahabat semua
>
>
>saya mempunyai kasus seperti file terlampir.. pertanyyan detail ada di file terlampir.
>semoga judulnya bisa mewakili pertanyyan saya buat temen2 yang tidak bisa buka lampiranya.
>
>
>
>terimakasih
>
>
>wasalam
>
>
>
>
>liem
>
Thu Dec 19, 2013 12:00 am (PST) . Posted by:
"Juwono Radyanto Edi" juwono.re2002
Dear Master,
Mohon bantuannya dengan kesulitan saya untuk menjumlahkan angka yang ada di depan text. Detilnya ada di lampiran.
Beberapa waktu yang lalu ada contoh yang mirip, tapi saya tidak bisa menyesuaikan dengan kasus saya. Mohon dibantu
terima kasih
Juwono RE
Mohon bantuannya dengan kesulitan saya untuk menjumlahkan angka yang ada di depan text. Detilnya ada di lampiran.
Beberapa waktu yang lalu ada contoh yang mirip, tapi saya tidak bisa menyesuaikan dengan kasus saya. Mohon dibantu
terima kasih
Juwono RE
GROUP FOOTER MESSAGE
=====================================================================
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
Tidak ada komentar:
Posting Komentar