Jumat, 27 Desember 2013

[belajar-excel] Digest Number 2708

15 New Messages

Digest #2708
2a
menampilkan combobox 2 kolom by "Ahmad Syaifullah Lubis" syaifullah
2b
Re: menampilkan combobox 2 kolom by "hendrik karnadi" hendrikkarnadi
2c
Re: menampilkan combobox 2 kolom [1 Attachment] by "Ahmad Syaifullah Lubis" syaifullah
2d
Re: menampilkan combobox 2 kolom by "hendrik karnadi" hendrikkarnadi
2e
Re: menampilkan combobox 2 kolom by "Ahmad Syaifullah Lubis" syaifullah
2f
Re: menampilkan combobox 2 kolom by "hendrik karnadi" hendrikkarnadi
2g
Re: menampilkan combobox 2 kolom by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
4a
4b
Re: sum if bold [1 Attachment] by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
5a
mohon bantuan untuk mengurutkan data by "wendi surdinal" syawal28
5d

Messages

Thu Dec 26, 2013 6:19 pm (PST) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Sedikit catatan:
Tutup Workbook yang ada PivotTabel tsb (original workbook) segera setelah seluruh detail yang diinginkan ditampilkan dalam workbook2 baru

Salam,
HK

Perlu ke hati2an dalam penggunaan SheetDeactivate ini, karena perintah ActiveSheet.Copy dan ActiveSheet.Delete tidak hanya berlaku bagi Sheet yang memilik PivotTabel tapi juga berlaku untuk sheet yang lain.

Salam,
HK

On Thursday, 26 December 2013, 18:18, hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com> wrote:

 
Pepatah mengatakan "Practice makes perfect".

Tergerak oleh permintaan dari negeri seberang "Bagaimana memisahkan taring dari gajah", atau bagaimana menampilkan detail Pivot di Workbook baru, saya mencoba "utak atik warisan sang maestro" dan mengambilinti sarinya.

Berikut macronya yang ditempatkan pada ThisWorkbook pada VBE Sheet:
Private Sub Workbook_SheetDeactivate(ByVal Sh As Object)

   ' siti Vi / Bluewater, 14 Jan 2010 (updated by HK 29 Des 2013)
   Dim SrcBook As Workbook
   With Application
      .DisplayAlerts = False
      .Calculation = xlCalculationManual
      .ScreenUpdating = False
      
     Set SrcBook = ActiveWorkbook
      ActiveSheet.Copy
      SrcBook.Activate
      ActiveSheet.Delete

      .DisplayAlerts = True
      .Calculation = xlCalculationAutomatic
      .ScreenUpdating = True
   End With
End Sub

Semoga bermanfaat... (kutipan dari Pak Anton).

Salam,
HK

Thu Dec 26, 2013 8:28 pm (PST) . Posted by:

"Ahmad Syaifullah Lubis" syaifullah

Dear BeExcellers,
Saya sedang menginput jurnal akuntansi dengan excel/macro. Biasanya saya pakai combobox untuk menginput kode account, dengan combobox saya bisa memilih kode-kode account yang ada, namun kalau hanya ditampilkan hanya kode-kode accountnya saya, terkadang kita kurang yakin apakah yang dimaksud itu sesuai dengan yang kita harapkan. Contoh kode account yang kita pilih 51817 tetapi karena tidak ada keterangan name account, tentu ada keraguan.
Jadi saya maksud saya gimana caranya agar combobox menampilkan kode account dan name account secara bersamaan.
misal : 51817 Biaya Perbaikan & Perawatan Peralatan.
51818 Biaya Keperluan Bengkel.
51819 Biaya Pengangkutan Bongkar Muatan.
dst.

Semoga BeExcellers bersedia membantu masalah saya ini.
Terima kasih,
ASL

Thu Dec 26, 2013 9:07 pm (PST) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Pak ASL,
Coba utak atik Properties dari Combobox ActiveXControl terlampir.

Salam,
HK

On Friday, 27 December 2013, 11:28, Ahmad Syaifullah Lubis <syaifullah@hotmail.com> wrote:

 
Dear BeExcellers,
Saya sedang menginput jurnal akuntansi dengan excel/macro. Biasanya saya pakai combobox untuk menginput kode account, dengan combobox saya bisa memilih kode-kode account yang ada, namun kalau hanya ditampilkan hanya kode-kode accountnya saya, terkadang kita kurang yakin apakah yang dimaksud itu sesuai dengan yang kita harapkan. Contoh kode account yang kita pilih 51817 tetapi karena tidak ada keterangan name account, tentu ada keraguan.
Jadi saya maksud saya gimana caranya agar combobox menampilkan kode account dan name account secara bersamaan.
misal : 51817 Biaya Perbaikan & Perawatan Peralatan.
            51818 Biaya Keperluan Bengkel.
            51819 Biaya Pengangkutan Bongkar Muatan.
            dst.

Semoga BeExcellers bersedia membantu masalah saya ini.
Terima kasih,
ASL

Fri Dec 27, 2013 1:10 am (PST) . Posted by:

"Ahmad Syaifullah Lubis" syaifullah

Dear Mr HK,
saya sudah coba2 tetapi gak bisa dicoba. cuman bisa nambahin kode dari 4 baris menjadi 10 baris doang. :)
kenapa kodenya saat saya ganti dari 001 menjadi 51817 dst maka tampilannya hanya 3digit saja yaitu 518.
udah 1/2 hari muter2in tuh mr google untuk mencari pembahasan tsb belum saya dapatin juga.
mohon diberikan penjelasan dari MR HK, sangat berguna untuk saya.
terima kasih.
ASL

To: belajar-excel@yahoogroups.com
From: hendrikkarnadi@yahoo.com
Date: Thu, 26 Dec 2013 21:07:26 -0800
Subject: Re: [belajar-excel] menampilkan combobox 2 kolom [1 Attachment]

Pak ASL,Coba utak atik Properties dari Combobox ActiveXControl terlampir.Salam,HK On Friday, 27 December 2013, 11:28, Ahmad Syaifullah Lubis <syaifullah@hotmail.com> wrote:


Dear BeExcellers,Saya sedang menginput jurnal akuntansi dengan excel/macro. Biasanya saya pakai combobox untuk menginput kode account, dengan combobox saya bisa memilih kode-kode account yang ada, namun kalau hanya ditampilkan hanya kode-kode accountnya saya, terkadang kita kurang yakin apakah yang dimaksud itu sesuai dengan yang kita harapkan. Contoh kode account yang kita pilih 51817 tetapi karena tidak ada keterangan name account, tentu ada keraguan.Jadi saya maksud saya gimana caranya agar combobox menampilkan kode account dan name account secara bersamaan.misal : 51817 Biaya Perbaikan & Perawatan Peralatan. 51818 Biaya Keperluan Bengkel. 51819 Biaya Pengangkutan Bongkar Muatan. dst.Semoga BeExcellers bersedia membantu masalah saya ini.Terima kasih,ASL



Fri Dec 27, 2013 1:15 am (PST) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Bisa dishare dummy filenya Pak (bagian Chart of Account dan combonya saja) ?

Salam,
HK

On Friday, 27 December 2013, 16:10, Ahmad Syaifullah Lubis <syaifullah@hotmail.com> wrote:

 
Dear Mr HK,
saya sudah coba2 tetapi gak bisa dicoba. cuman bisa nambahin kode dari 4 baris menjadi 10 baris doang. :)
kenapa kodenya saat saya ganti dari 001 menjadi 51817 dst maka tampilannya hanya 3digit saja yaitu 518.
udah 1/2 hari muter2in tuh mr google untuk mencari pembahasan tsb belum saya dapatin juga.
mohon diberikan penjelasan dari MR HK, sangat berguna untuk saya.
terima kasih.
ASL

________________________________
To: belajar-excel@yahoogroups.com
From: hendrikkarnadi@yahoo.com
Date: Thu, 26 Dec 2013 21:07:26 -0800
Subject: Re: [belajar-excel] menampilkan combobox 2 kolom [1 Attachment]

 

Pak ASL,
Coba utak atik Properties dari Combobox ActiveXControl terlampir.

Salam,
HK

On Friday, 27 December 2013, 11:28, Ahmad Syaifullah Lubis <syaifullah@hotmail.com> wrote:

 
Dear BeExcellers,
Saya sedang menginput jurnal akuntansi dengan excel/macro. Biasanya saya pakai combobox untuk menginput kode account, dengan combobox saya bisa memilih kode-kode account yang ada, namun kalau hanya ditampilkan hanya kode-kode accountnya saya, terkadang kita kurang yakin apakah yang dimaksud itu sesuai dengan yang kita harapkan. Contoh kode account yang kita pilih 51817 tetapi karena tidak ada keterangan name account, tentu ada keraguan.
Jadi saya maksud saya gimana caranya agar combobox menampilkan kode account dan name account secara bersamaan.
misal : 51817 Biaya Perbaikan & Perawatan Peralatan.
            51818 Biaya Keperluan Bengkel.
            51819 Biaya Pengangkutan Bongkar Muatan.
            dst.

Semoga BeExcellers bersedia membantu masalah saya ini.
Terima kasih,
ASL

Fri Dec 27, 2013 1:34 am (PST) . Posted by:

"Ahmad Syaifullah Lubis" syaifullah

Mr HK,
filenya dari Mr HK sendiri, cuman saya ganti angka 001 menjadi 51817 maka hasil yang tersorot angka 518 dengan nama disebelahnya, tetapi kalau dienter hasilnya menjadi utuh yaitu 51817.
tadi saya bisa menambahkan lebih dari 10 kode, tetapi sekarang malah gak bisa lagi, soalnya filenya edit gak saya simpan.
coba Mr HK ganti angka 001 menjadi 5 digit maka yang nampak 3digit saja.
Mr HK, tolong dong diberikan cara membuat combobox axtiveX nya.
terima kasih
ASL

To: belajar-excel@yahoogroups.com
From: hendrikkarnadi@yahoo.com
Date: Fri, 27 Dec 2013 01:15:55 -0800
Subject: Re: [belajar-excel] menampilkan combobox 2 kolom

Bisa dishare dummy filenya Pak (bagian Chart of Account dan combonya saja) ?

Salam,
HK

On Friday, 27 December 2013, 16:10, Ahmad Syaifullah Lubis <syaifullah@hotmail.com> wrote:



Dear Mr HK,saya sudah coba2 tetapi gak bisa dicoba. cuman bisa nambahin kode dari 4 baris menjadi 10 baris doang. :)kenapa kodenya saat saya ganti dari 001 menjadi 51817 dst maka tampilannya hanya 3digit saja yaitu 518.udah 1/2 hari muter2in tuh mr google untuk mencari pembahasan tsb belum saya dapatin juga.mohon diberikan penjelasan dari MR HK, sangat berguna untuk saya.terima kasih.ASLTo: belajar-excel@yahoogroups.comFrom: hendrikkarnadi@yahoo.comDate: Thu, 26 Dec 2013 21:07:26 -0800Subject: Re: [belajar-excel] menampilkan combobox 2 kolom [1 Attachment]

Pak ASL,Coba utak atik Properties dari Combobox ActiveXControl terlampir.Salam,HK On Friday, 27 December 2013, 11:28, Ahmad Syaifullah Lubis <syaifullah@hotmail.com> wrote:


Dear BeExcellers,Saya sedang menginput jurnal akuntansi dengan excel/macro. Biasanya saya pakai combobox untuk menginput kode account, dengan combobox saya bisa memilih kode-kode account yang ada, namun kalau hanya ditampilkan hanya kode-kode accountnya saya, terkadang kita kurang yakin apakah yang dimaksud itu sesuai dengan yang kita harapkan. Contoh kode account yang kita pilih 51817 tetapi karena tidak ada keterangan name account, tentu ada keraguan.Jadi saya maksud saya gimana caranya agar combobox menampilkan kode account dan name account secara bersamaan.misal : 51817 Biaya Perbaikan & Perawatan Peralatan. 51818 Biaya Keperluan Bengkel. 51819 Biaya Pengangkutan Bongkar Muatan. dst.Semoga BeExcellers bersedia membantu masalah saya ini.Terima kasih,ASL





Fri Dec 27, 2013 2:51 am (PST) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Pak ASL,

Ini link filenya Pak.
https://www.dropbox.com/s/9m5yv6hiw57vwis/CBBoxActiveX.rar

Sedikit penjelasan:
- Daftar Rekening dibuat dengan menu Formulas, Name Manager dengan fungsi Offset
- Property combobox activeX yang perlu diedit:
    -- BoundColumn (kolom yang ditampilkan, 2 = Nama Rek)
    -- CountColumn (jumlah kolom, 2 = No dan Nama Rek)
    -- ColumnWidths = Jumlah spasi antara kolom 1 dan 2
    -- ListFillRange (Range yang digunakan oleh CbBox)
Semoga penjelasan singkat ini dapat menjelaskan hal yang blm jelas.

Salam,
HK

On Friday, 27 December 2013, 16:33, Ahmad Syaifullah Lubis <syaifullah@hotmail.com> wrote:

 
Mr HK,
filenya dari Mr HK sendiri, cuman saya ganti angka 001 menjadi 51817 maka hasil yang tersorot angka 518 dengan nama disebelahnya, tetapi kalau dienter hasilnya menjadi utuh yaitu 51817.
tadi saya bisa menambahkan lebih dari 10 kode, tetapi sekarang malah gak bisa lagi, soalnya filenya edit gak saya simpan.
coba Mr HK ganti angka 001 menjadi 5 digit maka yang nampak 3digit saja.
Mr HK, tolong dong diberikan cara membuat combobox axtiveX nya.
terima  kasih
ASL

________________________________
To: belajar-excel@yahoogroups.com
From: hendrikkarnadi@yahoo.com
Date: Fri, 27 Dec 2013 01:15:55 -0800
Subject: Re: [belajar-excel] menampilkan combobox 2 kolom

 

Bisa dishare dummy filenya Pak (bagian Chart of Account dan combonya saja) ?

Salam,
HK

On Friday, 27 December 2013, 16:10, Ahmad Syaifullah Lubis <syaifullah@hotmail.com> wrote:

 
Dear Mr HK,
saya sudah coba2 tetapi gak bisa dicoba. cuman bisa nambahin kode dari 4 baris menjadi 10 baris doang. :)
kenapa kodenya saat saya ganti dari 001 menjadi 51817 dst maka tampilannya hanya 3digit saja yaitu 518.
udah 1/2 hari muter2in tuh mr google untuk mencari pembahasan tsb belum saya dapatin juga.
mohon diberikan penjelasan dari MR HK, sangat berguna untuk saya.
terima kasih.
ASL

________________________________
To: belajar-excel@yahoogroups.com
From: hendrikkarnadi@yahoo.com
Date: Thu, 26 Dec 2013 21:07:26 -0800
Subject: Re: [belajar-excel] menampilkan combobox 2 kolom [1 Attachment]

 

Pak ASL,
Coba utak atik Properties dari Combobox ActiveXControl terlampir.

Salam,
HK

On Friday, 27 December 2013, 11:28, Ahmad Syaifullah Lubis <syaifullah@hotmail.com> wrote:

 
Dear BeExcellers,
Saya sedang menginput jurnal akuntansi dengan excel/macro. Biasanya saya pakai combobox untuk menginput kode account, dengan combobox saya bisa memilih kode-kode account yang ada, namun kalau hanya ditampilkan hanya kode-kode accountnya saya, terkadang kita kurang yakin apakah yang dimaksud itu sesuai dengan yang kita harapkan. Contoh kode account yang kita pilih 51817 tetapi karena tidak ada keterangan name account, tentu ada keraguan.
Jadi saya maksud saya gimana caranya agar combobox menampilkan kode account dan name account secara bersamaan.
misal : 51817 Biaya Perbaikan & Perawatan Peralatan.
            51818 Biaya Keperluan Bengkel.
            51819 Biaya Pengangkutan Bongkar Muatan.
            dst.

Semoga BeExcellers bersedia membantu masalah saya ini.
Terima kasih,
ASL

Fri Dec 27, 2013 3:40 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

coba diatur properti columnwidths-nya. Misal 80pt;90pt yang artinya kolom
pertama 80pt; kolom kedua 90pt (antar kolom dipisah ;)
Jika total pt seluruh kolom lebih dari listwidth, ubah si listwidth menjadi
>= total columnwidths.

Coba juga properti yang lainnya dengan gagah berani. Tenang saja, properti
apapun yang Anda ubah tidak akan membuat file Excel tersebut rusak
berantakan kok.

Wassalam,
Kid.

2013/12/27 Ahmad Syaifullah Lubis <syaifullah@hotmail.com>

>
>
> Mr HK,
> filenya dari Mr HK sendiri, cuman saya ganti angka 001 menjadi 51817 maka
> hasil yang tersorot angka 518 dengan nama disebelahnya, tetapi kalau
> dienter hasilnya menjadi utuh yaitu 51817.
> tadi saya bisa menambahkan lebih dari 10 kode, tetapi sekarang malah gak
> bisa lagi, soalnya filenya edit gak saya simpan.
> coba Mr HK ganti angka 001 menjadi 5 digit maka yang nampak 3digit saja.
> Mr HK, tolong dong diberikan cara membuat combobox axtiveX nya.
> terima kasih
> ASL
>
> ------------------------------
> To: belajar-excel@yahoogroups.com
> From: hendrikkarnadi@yahoo.com
> Date: Fri, 27 Dec 2013 01:15:55 -0800
>
> Subject: Re: [belajar-excel] menampilkan combobox 2 kolom
>
>
>
> Bisa dishare dummy filenya Pak (bagian Chart of Account dan combonya saja)
> ?
>
> Salam,
> HK
>
>
>
> On Friday, 27 December 2013, 16:10, Ahmad Syaifullah Lubis <
> syaifullah@hotmail.com> wrote:
>
> Dear Mr HK,
> saya sudah coba2 tetapi gak bisa dicoba. cuman bisa nambahin kode dari 4
> baris menjadi 10 baris doang. :)
> kenapa kodenya saat saya ganti dari 001 menjadi 51817 dst maka tampilannya
> hanya 3digit saja yaitu 518.
> udah 1/2 hari muter2in tuh mr google untuk mencari pembahasan tsb belum
> saya dapatin juga.
> mohon diberikan penjelasan dari MR HK, sangat berguna untuk saya.
> terima kasih.
> ASL
>
> ------------------------------
> To: belajar-excel@yahoogroups.com
> From: hendrikkarnadi@yahoo.com
> Date: Thu, 26 Dec 2013 21:07:26 -0800
> Subject: Re: [belajar-excel] menampilkan combobox 2 kolom [1 Attachment]
>
>
>
> Pak ASL,
> Coba utak atik Properties dari Combobox ActiveXControl terlampir.
>
> Salam,
> HK
>
>
>
> On Friday, 27 December 2013, 11:28, Ahmad Syaifullah Lubis <
> syaifullah@hotmail.com> wrote:
>
> Dear BeExcellers,
> Saya sedang menginput jurnal akuntansi dengan excel/macro. Biasanya saya
> pakai combobox untuk menginput kode account, dengan combobox saya bisa
> memilih kode-kode account yang ada, namun kalau hanya ditampilkan hanya
> kode-kode accountnya saya, terkadang kita kurang yakin apakah yang dimaksud
> itu sesuai dengan yang kita harapkan. Contoh kode account yang kita pilih
> 51817 tetapi karena tidak ada keterangan name account, tentu ada keraguan.
> Jadi saya maksud saya gimana caranya agar combobox menampilkan kode
> account dan name account secara bersamaan.
> misal : 51817 Biaya Perbaikan & Perawatan Peralatan.
> 51818 Biaya Keperluan Bengkel.
> 51819 Biaya Pengangkutan Bongkar Muatan.
> dst.
>
> Semoga BeExcellers bersedia membantu masalah saya ini.
> Terima kasih,
> ASL
>
>
>
>
>
>
>
>

Thu Dec 26, 2013 10:02 pm (PST) . Posted by:

"Sembaran Joko" jokosembaran

Yth: All Master Excel

Mohon Pencerahannya untuk menyembunyikan garis yang tidak ada tanggal
atau jadwalnya dengan menggunakan Condition Formatting.
Bagaimanakah DatePicker yang serttinganya hanya untuk awal Tahun saja,
misal : 1-Jan-2013; 1-Jan-2014; 1-Jan-2015 dst. Atau triwulan misal :
1-Jan-2014;
1-Apr-2014; 1-Jul-2014 dan 1-Okt-2014.
Kemudian Bagaimankah pada useform Datepicker dan link cellnya dengan
format dd-mmm-yyyy. Data saya lampirkan.
Terimakasih atas pencerahannya.

Salam,
Sembaran

Thu Dec 26, 2013 10:04 pm (PST) . Posted by:

"Helsy B" helsyb

Mr Kid,
Bold tulisan dilakukan secara acak (ada koreksi, sehinga dilakukan bold).
Jadi tidak ada menunjukkan kriteria tertentu.

Wassalam
Helsy

Pada Kamis, 26 Desember 2013 13:52, Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com> menulis:

 
iya.. ternyata benar yang disebutkan oleh mr Kid..

perubahan nilai hanya akan terjadi jika:
(1) bold dilakukan dengan cara memblok tulisan tersebut melalui formula editor, lalu menekan tombol enter, atau
(2) menekan tombol F2 di lokasi UDF lalu menekan tombol enter

kalo menggunakan volatile tentu akan memperberat kinerja excel
maka solusi yang paling logis adalah menghitung berdasarkan kriteria untuk melakukan bold (email mr Kid sebelumnya)

terima kasih atas koreksinya.. tambahan ilmu yang bermanfaat untuk Jan..

ÙˆَسَّلاَÙ…ُ عَÙ„َÙŠْÙƒُÙ…ْ ÙˆَرَØ­ْÙ…َØ©ُ اللهِ ÙˆَبَرَÙƒَاتُÙ‡ُ

-Miss Jan Raisin-

PS: yang domisili di Jogja & sekitarnya kelihatannya bisa kopdar dadakan sama mr Kid dan pak Aliif nih xixixi ^_^
      sayangnya sang kekasih hati lagi gak bisa diajak liburan ke Jogja.. huhuhu T_T

Pada 26 Desember 2013 13.27, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> menulis:


>Miss Jan, nambahin dikit ya...
>
>Jika setelah baris-baris deklarasi diberi kode :
>application.volatile
>maka UDF akan memiliki sifat volatile seperti fungsi Offset, Indirect, Today, Now, Rand, dan RandBetween, sehingga setiap pengubahan isi cell (bukan format) dicell manapun di dalam workbook, akan membuat si fungsi dikalkulasi ulang.
>Jadi, jika ada cell baru yang di-ubah menjadi di bold, kemudian di sheet lain cell antah berantah ada kegiatan mengubah isi cell (misal menulis teks tertentu), maka UDF akan dikalkulasi dan hasil pengubahan bold yang baru tadi akan terhitung dengan baik.
>
>Begitu juga jika ditekan proses Calculate (F9).
>
>
>Jika tidak disertai baris tersebut dalam UDF, maka pem-bold-an baru atau meng-un-bold cell yang telah ter-bold tidak akan mengubah hasil UDF meski pencet Calculate (F9), kecuali isi cell yang berubah kondisi ter-bold-nya mengalami perubahan isi cell (bunyi teks atau nilai angkanya).
>
>
>Kalau pengen lebih otomatis lagi dalam meng-update UDF yang telah diberi application.volatile, maka pada object thisworkbook event sheet selection change diberi kode thisworkbook.calculate
>
>hehehe... resiko ditanggung sendiri, karena semua formula akan dikalkulasi. Bila perlu, pilih berdasar sheet (manfaatkan variabel parameter sh milik si event).
>
>
>Jadi, setiap cell pindah tempat, akan ada proses kalkulasi (resiko ditanggung sendiri ketika ada banyak cell berformula, karena akan membuat Excel terkesan bekerja lambat, padahal karakter user nya yang memaksa Excel untuk mengerjakan banyak hal dari yang semestinya sederhana).
>
>
>Wassalam,
>Kid.
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>2013/12/23 Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com>
>
>Hai Helsy,
>>
>>
>>tidak ada 1 pun formula di Excel yang dapat melakukan kalkulasi berdasarkan interior cel atau pun format suatu cel
>>jalan satu-satunya adalah menggunakan VBA atau membuat UDF sendiri..
>>
>>
>>caranya sbb:
>>(1)
>>tekan tombol ALT F11,  atau 
>>klik kanan pada sheet lalu pilih Code, atau
>>dari ribbon Developer klik Visual Basic
>>(pilih salah satu dari cara di atas)
>>
>>
>>(2)
>>di lembar VBE, klik Insert lalu pilih module
>>
>>
>>(3)
>>copas script berikut ini ke dalam module
>>
>>
>>Public Function Helsy(rgData As Range) As Integer
>>Dim xData As Range
>>Dim i As Integer
>>
>>
>>For Each xData In rgData
>>    If xData.Font.Bold = True Then
>>        i = i + 1
>>    End If
>>Next xData
>>Helsy= i
>>End Function
>>
>>
>>Yang warna merah adalah nama fungsinya, dan dapat panggil dari worksheet seperti fungsi yang lain
>>Nama fungsi tersebut bisa diganti dengan yang lain..
>>tetapi akan menarik jika mau bersusah payah belajar vba dan memiliki fungsi dengan nama anda sendiri..
>>bukan begitu bukan ? xixixixi ^_^
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>(4)
>>simpan dengan macro enable (xls di versi 2003 ke bawah / xlsm di versi 2007 ke atas)
>>atau
>>jika ingin dibuat sebagai Add-Ins simpan dengan exensi (xla di versi 2003 ke bawah / xlam di versi 2007 ke atas)
>>
>>
>>silakan lihat file terlampir, enable kan macro agar fungsi bisa berjalan
>>
>>
>>-Miss Jan Raisin-
>>
>>
>>Pada 23 Desember 2013 13.06, Helsy B <helsyb@yahoo.com> menulis:
>>
>>
>>
>>> 
>>>Para Master,
>>>
>>>
>>>Bagaimana cara menghitung cell untuk font yang tebal saja,
>>>seperti attach terlampir, tanpa menggunakan makro. Karena saya sangat awam dgn makro.
>>>
>>>
>>>
>>>Atas bantuannya saya ucapkan terima kasih
>>>
>>>
>>>Wassalam
>>>Helsy
>>>
>
>_

Fri Dec 27, 2013 3:47 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Jadi bold dilakukan karena isian yang awal (sebelum di-bold) adalah salah.
Setelah dibetulkan, maka cell itu di-bold. Berarti, kriterianya adalah
sebuah tabel di sheet terpisah, yang berisi nilai sekarang dikolom A dan
nilai yang dikoreksi (isian awal yang dikoreksi) di kolom B.

Bagaimana kalau mulai membuat tabel tersebut untuk setiap kegiatan koreksi
? Langkah ini akan terlihat sekilas sangat ribet dan ndak efisien.
Tetapi, sesungguhnya, langkah tersebut adalah yang efisien dari sekiun
buanyak kasus adjustment dan koreksi data yang pernah saya temui.
Langkah tersebut bisa menghemat buanyak sekali proses pengolahan data
selanjutnya, terutama yang berkaitan dengan histori suatu data.
Apalagi bila menyangkut suatu output (mungkin ada ratusan output) berupa
fix report yang telah di-publish yang bisa jadi terkena dampak pengubahan
tersebut.

Wassalam,
Kid.

2013/12/27 Helsy B <helsyb@yahoo.com>

> Mr Kid,
> Bold tulisan dilakukan secara acak (ada koreksi, sehinga dilakukan bold).
> Jadi tidak ada menunjukkan kriteria tertentu.
>
> Wassalam
> Helsy
>
>
> Pada Kamis, 26 Desember 2013 13:52, Jan Raisin <
> miss.jan.raisin@gmail.com> menulis:
>
> iya.. ternyata benar yang disebutkan oleh mr Kid..
>
> perubahan nilai hanya akan terjadi jika:
> (1) bold dilakukan dengan cara memblok tulisan tersebut melalui formula
> editor, lalu menekan tombol enter, atau
> (2) menekan tombol F2 di lokasi UDF lalu menekan tombol enter
>
> kalo menggunakan volatile tentu akan memperberat kinerja excel
> maka solusi yang paling logis adalah menghitung berdasarkan kriteria untuk
> melakukan bold (email mr Kid sebelumnya)
>
> terima kasih atas koreksinya.. tambahan ilmu yang bermanfaat untuk Jan..
>
> ���������� ���������� ���������� ����� �������������
>
> -Miss Jan Raisin-
>
>
> PS: yang domisili di Jogja & sekitarnya kelihatannya bisa kopdar dadakan
> sama mr Kid dan pak Aliif nih xixixi ^_^
> sayangnya sang kekasih hati lagi gak bisa diajak liburan ke Jogja..
> huhuhu T_T
>
>
> Pada 26 Desember 2013 13.27, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> menulis:
>
>
> Miss Jan, nambahin dikit ya...
>
> Jika setelah baris-baris deklarasi diberi kode :
> application.volatile
> maka UDF akan memiliki sifat volatile seperti fungsi Offset, Indirect,
> Today, Now, Rand, dan RandBetween, sehingga setiap pengubahan isi cell
> (bukan format) dicell manapun di dalam workbook, akan membuat si fungsi
> dikalkulasi ulang.
> Jadi, jika ada cell baru yang di-ubah menjadi di bold, kemudian di sheet
> lain cell antah berantah ada kegiatan mengubah isi cell (misal menulis teks
> tertentu), maka UDF akan dikalkulasi dan hasil pengubahan bold yang baru
> tadi akan terhitung dengan baik.
> Begitu juga jika ditekan proses Calculate (F9).
>
> Jika tidak disertai baris tersebut dalam UDF, maka pem-bold-an baru atau
> meng-un-bold cell yang telah ter-bold tidak akan mengubah hasil UDF meski
> pencet Calculate (F9), kecuali isi cell yang berubah kondisi ter-bold-nya
> mengalami perubahan isi cell (bunyi teks atau nilai angkanya).
>
> Kalau pengen lebih otomatis lagi dalam meng-update UDF yang telah diberi
> application.volatile, maka pada object thisworkbook event sheet selection
> change diberi kode thisworkbook.calculate
> hehehe... resiko ditanggung sendiri, karena semua formula akan
> dikalkulasi. Bila perlu, pilih berdasar sheet (manfaatkan variabel
> parameter sh milik si event).
>
> Jadi, setiap cell pindah tempat, akan ada proses kalkulasi (resiko
> ditanggung sendiri ketika ada banyak cell berformula, karena akan membuat
> Excel terkesan bekerja lambat, padahal karakter user nya yang memaksa Excel
> untuk mengerjakan banyak hal dari yang semestinya sederhana).
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
> 2013/12/23 Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com>
>
> Hai Helsy,
>
> tidak ada 1 pun formula di Excel yang dapat melakukan kalkulasi
> berdasarkan interior cel atau pun format suatu cel
> jalan satu-satunya adalah menggunakan VBA atau membuat UDF sendiri..
>
> caranya sbb:
> (1)
> tekan tombol ALT F11, atau
> klik kanan pada sheet lalu pilih Code, atau
> dari ribbon Developer klik Visual Basic
> (pilih salah satu dari cara di atas)
>
> (2)
> di lembar VBE, klik Insert lalu pilih module
>
> (3)
> copas script berikut ini ke dalam module
>
> Public Function Helsy(rgData As Range) As Integer
> Dim xData As Range
> Dim i As Integer
>
> For Each xData In rgData
> If xData.Font.Bold = True Then
> i = i + 1
> End If
> Next xData
> Helsy = i
> End Function
>
> Yang warna merah adalah nama fungsinya, dan dapat panggil dari worksheet
> seperti fungsi yang lain
> Nama fungsi tersebut bisa diganti dengan yang lain..
> tetapi akan menarik jika mau bersusah payah belajar vba dan memiliki
> fungsi dengan nama anda sendiri..
> bukan begitu bukan ? xixixixi ^_^
>
> [image: Gambar sisip 1]
>
> (4)
> simpan dengan macro enable (xls di versi 2003 ke bawah / xlsm di versi
> 2007 ke atas)
> atau
> jika ingin dibuat sebagai Add-Ins simpan dengan exensi (xla di versi 2003
> ke bawah / xlam di versi 2007 ke atas)
>
> silakan lihat file terlampir, enable kan macro agar fungsi bisa berjalan
>
> -Miss Jan Raisin-
>
>
> Pada 23 Desember 2013 13.06, Helsy B <helsyb@yahoo.com> menulis:
>
>
> Para Master,
>
> Bagaimana cara menghitung cell untuk font yang tebal saja,
> seperti attach terlampir, tanpa menggunakan makro. Karena saya sangat awam
> dgn makro.
>
> Atas bantuannya saya ucapkan terima kasih
>
> Wassalam
> Helsy
>
>
> _
>
>
>
>

Fri Dec 27, 2013 12:42 am (PST) . Posted by:

"wendi surdinal" syawal28

mohon bantuannya dari para master excel, saya mempunyai masalah dalam mengurutkan data dari besar ke kecil, misal datanya

No       Nilai     Nama   

1         10         Aku
2          12        Saya 
3          10        Kamu

4          9          Kita

5          10        Kami

hasil setelah menggunakan fungsi large dan vlookup adalah

 

No       Nilai     Nama   

1         12        Saya
2         10       Kamu
3         10       Kamu
4         10       Kamu

5         9         Kita

berarti disini untuk data yang nilai 10 ada 3 yang sama, tapi untuk nama hanya dimunculkan nama "kamu" tolong bantuannya
file nya terlampir

Fri Dec 27, 2013 12:56 am (PST) . Posted by:

"dwint ruswanto"

coba solusi pada file terlampir

Wassalam,

-dwint-

Pada 27 Desember 2013 15.37, wendi surdinal <syawal28@yahoo.com> menulis:

>
>
> mohon bantuannya dari para master excel, saya mempunyai masalah dalam
> mengurutkan data dari besar ke kecil, misal datanya
>
> No Nilai Nama
> 1 10 Aku
> 2 12 Saya
> 3 10 Kamu
> 4 9 Kita
> 5 10 Kami
>
> hasil setelah menggunakan fungsi large dan vlookup adalah
>
>
> No Nilai Nama
> 1 12 Saya
> 2 10 Kamu
> 3 10 Kamu
> 4 10 Kamu
> 5 9 Kita
>
>
> berarti disini untuk data yang nilai 10 ada 3 yang sama, tapi untuk nama
> hanya dimunculkan nama "kamu" tolong bantuannya
> file nya terlampir
>
>
>
>
>

Fri Dec 27, 2013 1:04 am (PST) . Posted by:

"Bagus" bagus4bls

Hai Wendi;

File terlampir semoga sesuai harapan..

Wassalam

~ Bagus ~

----- Original Message -----
From: wendi surdinal
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Friday, December 27, 2013 3:37 PM
Subject: [belajar-excel] mohon bantuan untuk mengurutkan data [1 Attachment]

mohon bantuannya dari para master excel, saya mempunyai masalah dalam mengurutkan data dari besar ke kecil, misal datanya

No Nilai Nama

1 10 Aku
2 12 Saya
3 10 Kamu

4 9 Kita

5 10 Kami

hasil setelah menggunakan fungsi large dan vlookup adalah

No Nilai Nama

1 12 Saya
2 10 Kamu
3 10 Kamu
4 10 Kamu

5 9 Kita

berarti disini untuk data yang nilai 10 ada 3 yang sama, tapi untuk nama hanya dimunculkan nama "kamu" tolong bantuannya
file nya terlampir

Fri Dec 27, 2013 1:12 am (PST) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Coba copy data ke tempat kosong, kemudian gunakan Data Sort berdasarkan nilai.

Salam,
HK

On Friday, 27 December 2013, 15:56, dwint ruswanto <dwint.ruswanto@gmail.com> wrote:

 
coba solusi pada file terlampir

Wassalam,

-dwint-

Pada 27 Desember 2013 15.37, wendi surdinal <syawal28@yahoo.com> menulis:


>mohon bantuannya dari para master excel, saya mempunyai masalah dalam mengurutkan data dari besar ke kecil, misal datanya
>
>
>No       Nilai     Nama   
>
>1         10         Aku
>2          12        Saya 
>3          10        Kamu
>
>4          9          Kita
>
>5          10        Kami
>
>
>hasil setelah menggunakan fungsi large dan vlookup adalah
>
>

>
>No       Nilai     Nama   
>
>1         12        Saya
>2         10       Kamu
>3         10       Kamu
>4         10       Kamu
>
>5         9         Kita
>
>
>
>
>
>berarti disini untuk data yang nilai 10 ada 3 yang sama, tapi untuk nama hanya dimunculkan nama "kamu" tolong bantuannya
>file nya terlampir
>

>

GROUP FOOTER MESSAGE
=====================================================================
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================

---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar