Kamis, 10 April 2014

[belajar-excel] Digest Number 2871

15 Messages

Digest #2871
1a
1d
Re: Cara Enable/Disable Tombol & Export Sheet by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
4a
5a
Re: Tanya copy data ke baris kanan [1 Attachment] by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
6a
insert baris sesuai target. by "Ahmad Syaifullah Lubis" syaifullah
6b
Re: insert baris sesuai target. [1 Attachment] by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Messages

Thu Apr 10, 2014 4:05 am (PDT) . Posted by:

"Odhy" odhyz83_assasaky

Dear Para Master,
Mohon bantuannya para master sekalian,1. Bagaimanacaranya agar tombol [Pemasukan] akan
aktif apabila tombol [ambil data] sudah di klik,  tombol [pengeluaran] akan aktif apabila
tombol [Pengeluaran] sudah di klik. tombol [On
Hand] aktif apabila tombol [Pengeluaran] sudah di klik.
 2. Saya ingin mengeksport 3 sheet
sekaligus(sheet pemasukan,pengeluaran, dan onHand) menjadi 3 file baru dengan
masing-masing nama berdasarkan Nama Sheet,Lokasi dan tanggal. misal sheet
pemasukan menjadi file baru bernama : Pemasukan_Mataram_10 April 2014.
(dan lokasi hasil eksport file terserah
user mau menepatkan dimana)
 
 

Terima Kasih atas pencerahannya,

Odhy.

Thu Apr 10, 2014 7:52 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Odhy,

1. setelah di aktifkan, *kapan menjadi tidak aktif lagi ?*
Cara mengaktifkan tombol atau me-nonaktifkan adalah dengan mengatur
properti bernama Enable bernilai FALSE atau TRUE
cmdTombolku.enabled=true '--> tombol bernama cmdTombolku akan aktif
cmdTombolku.enabled=false '--> tombol bernama cmdTombolku akan tidak
aktif

a. pada event initialize milik userform, atur agar seluruh tombol memiliki
nilai properti bernama Enabled adalah FALSE kecuali tombol ambil data yang
properti Enabled nya bernilai TRUE.
b. "*tombol [Pemasukan] akan aktif apabila tombol [ambil data] sudah di
klik*"
b.1 -> pada event click milik tombol ambil data *(apabila tombol
[ambil data] sudah di klik)*
b.2 -> isi dengan proses membuat aktif *tombol [Pemasukan]* dengan
cara
mengubah nilai properti Enabled milik *tombol
[Pemasukan]*menjadi bernilai TRUE.
c. lakukan pada tombol lainnya juga.

2. kira-kira langkahnya begini :
a. "*(dan lokasi hasil eksport file terserah user mau menepatkan dimana)*"
a.1. buat variabel object bertipe object FileDialog untuk object file
dialog dan variabel string untuk menyimpan nama folder pilihan user
a.2. isi variabel object tersebut dengan properti bernama FileDialog
dan pilih jenis folder picker dari pilihan yang muncul (intellisense) di
VBE saat ketik script
a.3. aktifkan object dalam variabel dengan menjalankan methods Show
milik variabel object
a.4. lakukan pemeriksaan (blok IF) dengan kondisi nilai properti Count
milik properti SelectedItems dari variabel object tersebut, yaitu
# jika nilainya bukan nol, maka simpan nilai indeks ke-1
dari properti SelectedItems si variabel object ke variabel string
# jika nilainya nol, isi variabel string dengan folder
lokasi workbook (properti path milik thisworkbook) atau tampilkan pesan
pembatalan proses

b. "*nama berdasarkan Nama Sheet,Lokasi dan tanggal. misal sheet pemasukan
menjadi file baru bernama : Pemasukan_Mataram_10 April 2014.*"
b.1. buat variabel string untuk nama file
b.2. isi variabel string dengan nama file untuk sheet pemasukan, yaitu :
# isi varibel string folder
# digabung ( & ) dengan karakter backslah ( "\" )
# digabung ( & ) dengan properti Name milik sheet pemasukan
# digabung ( & ) dengan underscore
# digabung ( & ) dengan isi range nama kotanya (properti
Value milik si range tertentu)
# digabung ( & ) format dari isi range tanggal (properti
value milik si range tanggal) dengan format "YYYYMMDD" (supaya file mudah
di-sort di windows explorer)
b.3. lakukan copy sheet ke workbook baru (workbook baru akan terbentuk
berisi sheet yang di-copy)
sheets("nama sheet").copy
b.4. save workbook active dengan methods saveas dan masukkan variabel
nama file ke input parameter yang diminta. Input parameter format file
diisi 51 saja (defaultnya workbook)
b.5. tutup workbook aktif (activeworkbook) dengan methods close yang
input parameternya diisi FALSE
b.6. lakukan untuk sheet lainnya dengan kembali ke b.2.

Wassalam,
Kid.

2014-04-10 16:49 GMT+07:00 Odhy <odhyz83_assasaky@yahoo.com>:

>
>
> Dear Para Master,
> Mohon bantuannya para master sekalian,
> 1. Bagaimana caranya agar tombol [Pemasukan] akan aktif apabila tombol
> [ambil data] sudah di klik, tombol [pengeluaran] akan aktif apabila
> tombol [Pengeluaran] sudah di klik. tombol [On Hand] aktif apabila tombol
> [Pengeluaran] sudah di klik.
>
> 2. Saya ingin mengeksport 3 sheet sekaligus(sheet pemasukan,pengeluaran,
> dan onHand) menjadi 3 file baru dengan masing-masing nama berdasarkan Nama
> Sheet,Lokasi dan tanggal. misal sheet pemasukan menjadi file baru bernama :
> Pemasukan_Mataram_10 April 2014.
> (dan lokasi hasil eksport file terserah user mau menepatkan dimana)
>
>
>
> Terima Kasih atas pencerahannya,
>
>
> Odhy.
>
>
>

Thu Apr 10, 2014 8:29 pm (PDT) . Posted by:

"Odhy" odhyz83_assasaky

Dear Mr.Kid,
Terima kasih atas kelapangan hati Mr.Kid menjelaskan begitu detail, semoga para master diberikan berkah dan terus mengamalkan ilmunya kepada kami2 yang haus belajar. ''Al Ilmu bila amalain kassajari bila samarin"....
 
Selanjutnya kembali ke topic Mr.Kid, mungkin untuk case 1 bisa saya pahami namun untuk case yg ke-2 imajinasi saya belum sampai ke situ bagaimana coding2nya.... untuk itu mohon pencerahanya....

Terima Kasih atas pencerahannya,

 

Odhy.
On Friday, April 11, 2014 9:52 AM, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> wrote:

 
Hai Odhy,

1. setelah di aktifkan, kapan menjadi tidak aktif lagi ?

Cara mengaktifkan tombol atau me-nonaktifkan adalah dengan mengatur properti bernama Enable bernilai FALSE atau TRUE

   cmdTombolku.enabled=true '--> tombol bernama cmdTombolku akan aktif
   cmdTombolku.enabled=false '--> tombol bernama cmdTombolku akan tidak aktif

a. pada event initialize milik userform, atur agar seluruh tombol memiliki nilai properti bernama Enabled adalah FALSE kecuali tombol ambil data yang properti Enabled nya bernilai TRUE.
b. "tombol [Pemasukan] akan
aktif apabila tombol [ambil data] sudah di klik"
     b.1 -> pada event click milik tombol ambil data (apabila tombol [ambil data] sudah di klik)
     b.2 -> isi dengan proses membuat aktif tombol [Pemasukan] dengan cara
               mengubah nilai properti Enabled milik tombol [Pemasukan] menjadi bernilai TRUE.

c. lakukan pada tombol lainnya juga.

2. kira-kira langkahnya begini :

a. "(dan lokasi hasil eksport file terserah
user mau menepatkan dimana)"
    a.1. buat variabel object bertipe object FileDialog untuk object file dialog dan variabel string untuk menyimpan nama folder pilihan user

    a.2. isi variabel object tersebut dengan properti bernama FileDialog dan pilih jenis folder picker dari pilihan yang muncul (intellisense) di VBE saat ketik script

    a.3. aktifkan object dalam variabel dengan menjalankan methods Show milik variabel object

    a.4. lakukan pemeriksaan (blok IF) dengan kondisi nilai properti Count milik properti SelectedItems dari variabel object tersebut, yaitu

               # jika nilainya bukan nol, maka simpan nilai indeks ke-1 dari properti SelectedItems si variabel object ke variabel string

               # jika nilainya nol, isi variabel string dengan folder lokasi workbook (properti path milik thisworkbook) atau tampilkan pesan pembatalan proses

b. "nama berdasarkan Nama Sheet,Lokasi dan tanggal. misal sheet
pemasukan menjadi file baru bernama : Pemasukan_Mataram_10 April 2014."
    b.1. buat variabel string untuk nama file

    b.2. isi variabel string dengan nama file untuk sheet pemasukan, yaitu :

               # isi varibel string folder
               # digabung ( & ) dengan karakter backslah ( "\" )

               # digabung ( & ) dengan properti Name milik sheet pemasukan
               # digabung ( & ) dengan underscore
               # digabung ( & ) dengan isi range nama kotanya (properti Value milik si range tertentu)
               # digabung ( & ) format dari isi range tanggal (properti value milik si range tanggal) dengan format "YYYYMMDD" (supaya file mudah di-sort di windows explorer)

    b.3. lakukan copy sheet ke workbook baru (workbook baru akan terbentuk berisi sheet yang di-copy)
                  sheets("nama sheet").copy

    b.4. save workbook active dengan methods saveas dan masukkan variabel nama file ke input parameter yang diminta. Input parameter format file diisi 51 saja (defaultnya workbook)

    b.5. tutup workbook aktif (activeworkbook) dengan methods close yang input parameternya diisi FALSE

    b.6. lakukan untuk sheet lainnya dengan kembali ke b.2.

Wassalam,
Kid.

2014-04-10 16:49 GMT+07:00 Odhy <odhyz83_assasaky@yahoo.com>:


>Dear Para Master,
>Mohon bantuannya para master sekalian,
>1. Bagaimanacaranya agar tombol [Pemasukan] akan
aktif apabila tombol [ambil data] sudah di klik,  tombol [pengeluaran] akan aktif apabila
tombol [Pengeluaran] sudah di klik. tombol [On
Hand] aktif apabila tombol [Pengeluaran] sudah di klik.
>
>2. Saya ingin mengeksport 3 sheet
sekaligus(sheet pemasukan,pengeluaran, dan onHand) menjadi 3 file baru dengan
masing-masing nama berdasarkan Nama Sheet,Lokasi dan tanggal. misal sheet
pemasukan menjadi file baru bernama : Pemasukan_Mataram_10 April 2014.
>(dan lokasi hasil eksport file terserah
user mau menepatkan dimana)
>
>
>
>Terima Kasih atas pencerahannya,
>
>
>Odhy.

Thu Apr 10, 2014 8:31 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

hehehehe...
coba diikuti setahap demi setahap ya... yang a dulu sampai bisa jalan, baru
yang b.

Wassalam,
Kid.

2014-04-11 10:25 GMT+07:00 Odhy <odhyz83_assasaky@yahoo.com>:

>
>
> Dear Mr.Kid,
> Terima kasih atas kelapangan hati Mr.Kid menjelaskan begitu detail, semoga
> para master diberikan berkah dan terus mengamalkan ilmunya kepada kami2
> yang haus belajar. ''Al Ilmu bila amalain kassajari bila samarin"....
>
> Selanjutnya kembali ke topic Mr.Kid, mungkin untuk case 1 bisa saya pahami
> namun untuk case yg ke-2 imajinasi saya belum sampai ke situ bagaimana
> coding2nya.... untuk itu mohon pencerahanya....
>
> Terima Kasih atas pencerahannya,
>
>
>
> Odhy.
> On Friday, April 11, 2014 9:52 AM, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> wrote:
>
> Hai Odhy,
>
> 1. setelah di aktifkan, *kapan menjadi tidak aktif lagi ?*
> Cara mengaktifkan tombol atau me-nonaktifkan adalah dengan mengatur
> properti bernama Enable bernilai FALSE atau TRUE
> cmdTombolku.enabled=true '--> tombol bernama cmdTombolku akan aktif
> cmdTombolku.enabled=false '--> tombol bernama cmdTombolku akan tidak
> aktif
>
> a. pada event initialize milik userform, atur agar seluruh tombol memiliki
> nilai properti bernama Enabled adalah FALSE kecuali tombol ambil data yang
> properti Enabled nya bernilai TRUE.
> b. "*tombol [Pemasukan] akan aktif apabila tombol [ambil data] sudah di
> klik*"
> b.1 -> pada event click milik tombol ambil data *(apabila tombol
> [ambil data] sudah di klik)*
> b.2 -> isi dengan proses membuat aktif *tombol [Pemasukan]* dengan
> cara
> mengubah nilai properti Enabled milik *tombol [Pemasukan]*menjadi bernilai TRUE.
> c. lakukan pada tombol lainnya juga.
>
> 2. kira-kira langkahnya begini :
> a. "*(dan lokasi hasil eksport file terserah user mau menepatkan dimana)*"
> a.1. buat variabel object bertipe object FileDialog untuk object file
> dialog dan variabel string untuk menyimpan nama folder pilihan user
> a.2. isi variabel object tersebut dengan properti bernama FileDialog
> dan pilih jenis folder picker dari pilihan yang muncul (intellisense) di
> VBE saat ketik script
> a.3. aktifkan object dalam variabel dengan menjalankan methods Show
> milik variabel object
> a.4. lakukan pemeriksaan (blok IF) dengan kondisi nilai properti Count
> milik properti SelectedItems dari variabel object tersebut, yaitu
> # jika nilainya bukan nol, maka simpan nilai indeks ke-1
> dari properti SelectedItems si variabel object ke variabel string
> # jika nilainya nol, isi variabel string dengan folder
> lokasi workbook (properti path milik thisworkbook) atau tampilkan pesan
> pembatalan proses
>
> b. "*nama berdasarkan Nama Sheet,Lokasi dan tanggal. misal sheet
> pemasukan menjadi file baru bernama : Pemasukan_Mataram_10 April 2014.*"
> b.1. buat variabel string untuk nama file
> b.2. isi variabel string dengan nama file untuk sheet pemasukan, yaitu
> :
> # isi varibel string folder
> # digabung ( & ) dengan karakter backslah ( "\" )
> # digabung ( & ) dengan properti Name milik sheet pemasukan
> # digabung ( & ) dengan underscore
> # digabung ( & ) dengan isi range nama kotanya (properti
> Value milik si range tertentu)
> # digabung ( & ) format dari isi range tanggal (properti
> value milik si range tanggal) dengan format "YYYYMMDD" (supaya file mudah
> di-sort di windows explorer)
> b.3. lakukan copy sheet ke workbook baru (workbook baru akan terbentuk
> berisi sheet yang di-copy)
> sheets("nama sheet").copy
> b.4. save workbook active dengan methods saveas dan masukkan variabel
> nama file ke input parameter yang diminta. Input parameter format file
> diisi 51 saja (defaultnya workbook)
> b.5. tutup workbook aktif (activeworkbook) dengan methods close yang
> input parameternya diisi FALSE
> b.6. lakukan untuk sheet lainnya dengan kembali ke b.2.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
>
> 2014-04-10 16:49 GMT+07:00 Odhy <odhyz83_assasaky@yahoo.com>:
>
>
> Dear Para Master,
> Mohon bantuannya para master sekalian,
> 1. Bagaimana caranya agar tombol [Pemasukan] akan aktif apabila tombol
> [ambil data] sudah di klik, tombol [pengeluaran] akan aktif apabila
> tombol [Pengeluaran] sudah di klik. tombol [On Hand] aktif apabila tombol
> [Pengeluaran] sudah di klik.
>
> 2. Saya ingin mengeksport 3 sheet sekaligus(sheet pemasukan,pengeluaran,
> dan onHand) menjadi 3 file baru dengan masing-masing nama berdasarkan Nama
> Sheet,Lokasi dan tanggal. misal sheet pemasukan menjadi file baru bernama :
> Pemasukan_Mataram_10 April 2014.
> (dan lokasi hasil eksport file terserah user mau menepatkan dimana)
>
>
>
> Terima Kasih atas pencerahannya,
>
>
> Odhy.
>
>
>
>
>
>

Thu Apr 10, 2014 4:05 am (PDT) . Posted by:

"Joko Suryaningrat" joko369

bukan insert baris seperti itu pak Agus, file yang dikasih om Lazuardi bener tuh, pengennya seperti itu, cara bikinnya gimana ya,? supaya baris yang gak ada datanya disembunyikan. tolong saya para master...hiks hiks

On Thursday, 10 April 2014, 8:37, Lazuardi Biru <lazuardi_biru84@yahoo.com> wrote:


pak joko

coba pelajari file terlampir..
saya peroleh dari internet..
jadi kalau suruh jelaskan saya sendiri tidak bisa hehehee.
sepertinya barisnya gak otomatis bertambah, hanya saya kalau tidak ada data barisnya di sembunyikan. hehehe.
tapi sepertinya harus ada patokan maksimal angsuran

file terlampir

salam
lb

Pada Kamis, 10 April 2014 7:15, nangAgus <nangagoez@yahoo.co.id> menulis:

 
Dear Joko

Apakah yang dimaksudkan adalah insert Row?
coba buka attachment

On 08/04/2014 9:19, Joko Suryaningrat wrote:

 
>Assalamualaikum, selamat pagi semua, mohon bantuannya mengenai cara agar jumlah baris dapat ditentukan dengan jumlah data yang diinginkan dengan batas maksimum data tertentu. Berapapun jumlah data, dibawah baris terakhir data tersebut terdapat signature.
>
>
>Sebenarnya masalah ini sudah pernah ditanyakan pada "Row bertambah otomatis sesuai jumlah data", namun belum tuntas dan saya belum mendapat jawaban yang sesuai, maka saya buat thread baru ini.
>
>
>Mohon bantuan teman-teman semua.
>

Thu Apr 10, 2014 4:05 am (PDT) . Posted by:

chi_chirizirazen

Halo Sesepuh Excel-lent disini.

Saya mau tanya seputar VBA Excel tentang hal dalam pencetakan data excel melalui printer thermal (yang biasanya buat struck belanjaan itu).
Kira-kira ada yang punya referensi untuk melakukan hal itu?


Terima kasih sebelumnya bagi sesepuh Excel-lent disini.

Thu Apr 10, 2014 8:07 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Chi,

Kalau di print seperti pakai printer biasa bisa gak (dicoba print manual
lewat menu-menu untuk print) ?
kalau bisa, maka sepertinya methods printout bisa dipakai :
workbooks("nama workbooknya").sheets("nama sheet
nya").range("a3:z89").printout 'sesuaikan alamat range yang akan diprint

kalau sudah pasti seluruh isi sheet, pakai :
sheets("nama sheet nya").printout

kalau printernya ngadat, coba saat dilakukan manual, opsi collate di
uncheck yang di-vba-nya berarti set input parameter collate jadi false
workbooks("nama workbooknya").sheets("nama sheet
nya").range("a3:z89").printout collate:=false
atau
sheets("nama sheet nya").printout collate:=false

hehehe... cuman kira-kira aja sih...

Wassalam,
Kid.

2014-04-10 17:31 GMT+07:00 <chi_chirizirazen@yahoo.com>:

>
>
> Halo Sesepuh Excel-lent disini.
>
> Saya mau tanya seputar VBA Excel tentang hal dalam pencetakan data excel
> melalui printer thermal (yang biasanya buat struck belanjaan itu).
> Kira-kira ada yang punya referensi untuk melakukan hal itu?
>
> Terima kasih sebelumnya bagi sesepuh Excel-lent disini.
>
>
>

Thu Apr 10, 2014 5:53 pm (PDT) . Posted by:

"Eko NS"

Mr. Kid, filenya sangat membantu pekerjaan saya.

terima kasih.

2014-04-04 19:49 GMT+07:00 Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>:

>
>
> Oh yang pakai formula ya... Coba file yang ada disini<https://app.box.com/s/mche09jno3qiki4anta4>
> .
>
> Hati-hati jika data yang harus difilter ada banyak sekali, karena array
> formula bisa terasa melambatkan kalkulasi Excel.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
>
>
> 2014-04-04 9:47 GMT+07:00 Eko NS <ekonurs@gmail.com>:
>
>
>>
>> tengkyu so much mr.kid, sesuai yg sy kehendaki.
>> tp ada ga ya cara yg tanpa makro, krn siapa tahu user yg lain macronya di
>> disable takut kena virus.
>>
>> thanks.
>>
>>
>> 2014-04-02 18:57 GMT+07:00 Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>:
>>
>>
>>>
>>> Hai Eko,
>>>
>>> *** thread ini sudah 5 hari tak tercolek siapapun.... :(
>>>
>>> colek dikit ah... biar deg deg sir... lalu mau jalan-jalan lihat file
>>> yang ada disini <https://app.box.com/s/h9fi41c427uccjtsy16p>.
>>>
>>> Wassalam,
>>> Kid.
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>> 2014-03-28 15:00 GMT+07:00 Eko NS <ekonurs@gmail.com>:
>>>
>>>
>>>>
>>>> maaf attach nya ketinggalan.
>>>>
>>>> ---------- Forwarded message ----------
>>>> From: Eko NS <ekonurs@gmail.com>
>>>> Date: 2014-03-28 14:50 GMT+07:00
>>>> Subject: autofill
>>>> To: belajar-excel@yahoogroups.com
>>>>
>>>>
>>>> permisi para mastah, ane mohon bisa dibagi ilmu supaya dropdown bisa
>>>> mengenali karakter yang akan dientri a.k.a AUTOFILL.
>>>>
>>>> terima tengkyu para mastah.
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>>
>>
>>
>
>

--
* * Eko Nur Subagyo*

* Subdit Pinjaman Daerah*
* Ditjen Perimbangan Keuangan - Kemenkeu*
* Jl. DR. Wahidin No. 1 Jakarta*

Thu Apr 10, 2014 6:39 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Simaster,

Sepertinya bisa pakai fitur texttocolumns lalu di copas transpose.
Asumsinya :
1. hasil selalu di kolom E,
2. jumlah baris data tidak lebih dari 16K,
3. pakai xl2007 ke atas.

Langkahnya :
1. hapus hasil yang lama
2. kolom ke 2 data di texttocolumns opsi delimited dengan karakter spasi
sebagai delimiternya, dan destinasi di cell pertama kolom ke-3 data
3. hasil texttocolumns (tanpa data) di copy pastespecial transpose kolom ke
3 setelah hasil texttocolumns terluar sejajar data
4. copy kolom ke 1 data dan pastespecial transpose di baris 1 excel pada
kolom terkiri hasil transpose
5. hapus hasil texttocolumns
6. delete area range kosong dikanan data sampai 3 kolom sebelum kolom hasil
transpose setinggi jumlah baris hasil transpose

public sub TextToColTranspose()
dim rngData as range, rngPaste as range, lColsData as long, lColsSplit
as long
application.cutcopymode=false 'clear memori dari sisa-sisa copas
application.screenupdating=false 'cegah refresh layar
range("*e*2").currentregion.clear 'hapus hasil yang lama (dari e2 di
select all) --> langkah 1

'--> persiapan langkah 2
set rngdata=range("*a*2").currentregion.offset(0) 'ganti 0 dengan
jumlah baris header yang letaknya rapat dengan record pertama data
with rngdata 'fokus pada area range data
lcolsdata=.columns.count
.columns(2).texttocolumns destination:= .cells(1,lcolsdata+1),
space:=true '--> langkah 2

'--> persiapan langkah 3 dan seterusnya
lcolssplit= .currentregion.columns.count-lcolsdata 'jumlah kolom
hasil texttocolumns

'--> langkah 3
.columns(lcolsdata+1).resize(,lcolssplit).copy 'sisi copy data
sebelum pastespecial transpose
cells( .row,lcolsdata+lcolssplit+3).pastespecial transpose:=true
'pastespecial transpose ( .row untuk memastikan sejajar data )

'--> langkah 4
.columns(1).copy 'sisi copy kolom ke-1 data
cells( 1 , lcolsdata+lcolssplit+3).pastespecial xlpastevalues,
transpose:=true 'pastespecial values transpose ( 1 untuk memastikan di
baris 1 excel)

'--> langkah 5
.columns(lcolsdata+1).resize(, .lcolssplit).clear 'mulai kolom ke-3
data sebanyak jumlah kolom hasil texttocolumns dihapus

'--> langkah 6
cells( 1 , lcolsdata+1 ).resize( lcolssplit + *1* , lcolssplit).delete
xlshifttoleft 'angka 1 untuk mulai baris 1 dan +1 adalah baris header
hasil

end with
application.screenupdating=true 'boleh refresh layar lagi
application.cutcopymode=false 'clear memori dari sisa-sisa copas
end sub

*** catatan :
jika data tidak dimulai dari kolom A, maka ubah bagian :
1. huruf *e* pada range("*e*2") disesuaikan dengan menggeser kekanan hingga
ada 2 kolom kosong antara data dengan hasil
2. huruf *a *pada range("*a*2") disesuaikan agar merujuk ke cell pojok kiri
atas dari record pertama
3. angka 3 (yang biru saja) diganti dengan *2+.column*
4. angka 1 (yang biru saja) diganti dengan *.column*

Silakan disesuaikan dengan kebutuhan setempat dan dikoreksi error-error
yang muncul...
Jika ada pesan error tentang butuh ruang yang lebih luas, maka tutup Excel,
buka lagi, dan jalankan prosedur di atas.

Wassalam,
Kid.

On Thu, Apr 10, 2014 at 2:56 AM, <simaster2014@yahoo.co.id> wrote:

>
>
> Minta tolong dibantu pak admin atau rekan semua permasalahan saya.. karena
> masih tahap belajar VBA..
> dari pencarian di google ada tapi dia otomatis terkopi ke bawah
> seluruhnya... atas bantuannya saya ucapkan terima kasih
>
> Sub COPAS()
>
> Dim fromCol As String
> Dim toCol As String
> Dim fromRow As String
> Dim toRow As String
> Dim inVal As String
> Dim outVal As String
> Dim commaPos As Integer
>
> Application.ScreenUpdating = False
>
> ' Copy from column B to column E.'
> fromCol = "B"
> toCol = "E"
> fromRow = "1"
> toRow = "1"
>
> ' Go until no more entries in column B.'
> inVal = Range(fromCol + fromRow).Value
> While inVal <> ""
>
> ' Go until all sub-entries used up.'
> While inVal <> ""
> Range(fromCol + fromRow).Select
>
> ' Extract each subentry.'
> commaPos = InStr(1, inVal, " ")
> While commaPos <> 0
>
> ' and write to output column.'
> outVal = Left(inVal, commaPos - 1)
> Range(toCol + toRow).Select
> Range(toCol + toRow).Value = outVal
> toRow = Mid(Str(Val(toRow) + 1), 2)
>
> ' Remove that sub-entry.&#39;
> inVal = Mid(inVal, commaPos + 1)
> While Left(inVal, 1) = " "
> inVal = Mid(inVal, 2)
> Wend
> commaPos = InStr(1, inVal, " ")
> Wend
>
> ' Get last sub-entry (or full entry if no commas).'
> Range(toCol + toRow).Select
> Range(toCol + toRow).Value = inVal
> toRow = Mid(Str(Val(toRow) + 1), 2)
> inVal = ""
> Wend
>
> ' Advance to next source row.'
> fromRow = Mid(Str(Val(fromRow) + 1), 2)
> Range(fromCol + fromRow).Select
> inVal = Range(fromCol + fromRow).Value
> Wend
>
> End Sub
>
>
>

Thu Apr 10, 2014 6:45 pm (PDT) . Posted by:

"Ahmad Syaifullah Lubis" syaifullah

Dear BeExceller,

Saya ada macro untuk insert baris dari target yang telah diberikan tanda "x", namun macronya gak jalan.
mohon diberikan solusinya.
terima kasih.

ASL

Thu Apr 10, 2014 6:51 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Bisa dijabarkan proses manual insertnya bagaimana ?

Wassalam,
Kid.

2014-04-11 8:45 GMT+07:00 Ahmad Syaifullah Lubis <syaifullah@hotmail.com>:

>
>
> Dear BeExceller,
>
> Saya ada macro untuk insert baris dari target yang telah diberikan tanda
> "x", namun macronya gak jalan.
> mohon diberikan solusinya.
> terima kasih.
>
> ASL
>
>
>
>
>

Thu Apr 10, 2014 7:36 pm (PDT) . Posted by:

"Shenly" shenly_excelmania

halo master...mau tanya...gimana ya membuat rumus sumifs dengan criteria dari bagian text....
file terlampir

 
Salam
Shenly ^^*

Thu Apr 10, 2014 8:14 pm (PDT) . Posted by:

"Bagus" bagus4bls

kalo kriterianya cuma satu bisa pakai sumif..
kalo kriterianya lebih dari satu bisa pakai sumifs/sumproduct..

Wassalam

~ Bagus ~

----- Original Message -----
From: Shenly
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Friday, April 11, 2014 9:52 AM
Subject: Bls: [belajar-excel] SUMIFS dengan criteria bagian text tertentu?????

terima kasih mas bagus..tapi sepertinya yg mas bagus jelaskan itu untuk rumus "sumif" yah...hehehee...
jadi pada dasarnya bisa menggunakan "*" ya mas??...akan sya coba di sumifs...

terimakasih

Salam
Shenly ^^*
Pada Jumat, 11 April 2014 9:45, Bagus <bagus@kingjim.co.id> menulis:

Hai Shenly;

coba begini:
=Sumif($b$3:$b$18,d3&"*",$a$3:$a$18)

copas kebawah

Wassalam
~ Bagus ~

----- Original Message -----
From: Shenly
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Friday, April 11, 2014 9:36 AM
Subject: [belajar-excel] SUMIFS dengan criteria bagian text tertentu????? [1 Attachment]

halo master...mau tanya...gimana ya membuat rumus sumifs dengan criteria dari bagian text....
file terlampir

Salam
Shenly ^^*

Thu Apr 10, 2014 7:45 pm (PDT) . Posted by:

"Bagus" bagus4bls

Hai Shenly;

coba begini:
=Sumif($b$3:$b$18,d3&"*",$a$3:$a$18)

copas kebawah

Wassalam

~ Bagus ~

----- Original Message -----
From: Shenly
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Friday, April 11, 2014 9:36 AM
Subject: [belajar-excel] SUMIFS dengan criteria bagian text tertentu????? [1 Attachment]

halo master...mau tanya...gimana ya membuat rumus sumifs dengan criteria dari bagian text....
file terlampir

Salam
Shenly ^^*

Thu Apr 10, 2014 7:55 pm (PDT) . Posted by:

"Shenly" shenly_excelmania

terima kasih mas bagus..tapi sepertinya yg mas bagus jelaskan itu untuk rumus "sumif" yah...hehehee...
jadi pada dasarnya bisa menggunakan "*" ya mas??...akan sya coba di sumifs...

terimakasih
 
Salam
Shenly ^^*
Pada Jumat, 11 April 2014 9:45, Bagus <bagus@kingjim.co.id> menulis:

 
Hai Shenly;
 
coba begini:
=Sumif($b$3:$b$18,d3&"*",$a$3:$a$18)
 
copas kebawah
 
 
Wassalam
~
Bagus ~
 
----- Original Message -----
>From: Shenly
>To: belajar-excel@yahoogroups.com
>Sent: Friday, April 11, 2014 9:36
AM
>Subject: [belajar-excel] SUMIFS dengan criteria bagian text tertentu????? [1 Attachment]
>

>halo master...mau tanya...gimana ya membuat rumus sumifs dengan criteria dari bagian text....
>file terlampir
>
>

>Salam
>Shenly ^^*
=====================================================================
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================

---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar