Selasa, 29 April 2014

[belajar-excel] Digest Number 2895

15 Messages

Digest #2895
1
sheetnya goib by "sofyan mujit"
3a
VLOOKUP Error by "yudi perkasa" yperkasa
3b
Re: VLOOKUP Error [1 Attachment] by "nangAgus" nangagoez
4a
Macro batas kadaluarsa by "syaiful hanan" inaniana_04
4b
Re: Macro batas kadaluarsa by "nangAgus" nangagoez
4c
Re: Macro batas kadaluarsa by "Hendrik Karnadi" hendrikkarnadi
5
6
Copy Data Ke Sheet Lain Berdasarkan Kriteria by "Andre Rahmaidy" andree_bpdsumbar
7
8
9a
Re: Kopdar by "egidia seftyanaputri"
10a
Re: Mencari data dalam tabel by "Bagus" bagus4bls

Messages

Tue Apr 29, 2014 8:54 am (PDT) . Posted by:

"sofyan mujit"

dear master@ excel
saya ada buat file excel, coba lakukan compilasi dari beberapa script para
master, entah apanya yg salah, sheetnya pada sembunyi. mohon pencerahan.

thks
Sofyan

Tue Apr 29, 2014 8:54 am (PDT) . Posted by:

"Marvell Christian"

Dear mas bro,
Sebenarnya saya lupa mendetilkan requestnya, maksudnya mencari data dengan index match lalu kemudian mengkalkulasinya apabila angkanya berada diantara misalnya kita mencari volumenya berdasarkan ketinggian 2.5, sementara di tabel yang ada hanya ketinggian 2 dan 3 saja. Semoga dapat membantu penjelasannya. Tks

________________________________
Dari: Heri Pamungkas ( Gmail ) <ghery.dharma@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Senin, 28 April 2014 17:40
Judul: Re: [belajar-excel] Mencari data dalam tabel

 

السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ Semangat pagi,. Hehehe,... Mau tanya, saya lihat di tabelnya ada rumusnya. Bolehkah kalo rumus itu saya taruh di perhitungan ?! Kalau boleh, Tulis di kolom D2 : =(PI()*(1,9)^2*ROUND(D1;0)*580)/100 وَالسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ Warm Regards,On 28/04/2014 7:46, Marvell Christian wrote:

 
>Dear admin,
>Mohon bantuannya, dimana saya ingin mencari dan menghitung suatu data dari dalam tabel (terlampir). Tks
>
>Rgds,
>MCS

Tue Apr 29, 2014 6:09 pm (PDT) . Posted by:

"nangAgus" nangagoez

Apakah boleh menggunakan vlookup?
Kalau match kan harus exacmatch, sedangkan lookup bisa mengakomosadi
nilai diantaranya.
Tetapi apabila menggunakan vlookup datanya harus diubah menjadi satu
kolom, bukan sepuluh kolom seperti pada file lampiran.

salam
NangAgus

On 29/04/2014 7:51, Marvell Christian wrote:
> Dear mas bro,
> Sebenarnya saya lupa mendetilkan requestnya, maksudnya mencari data
> dengan index match lalu kemudian mengkalkulasinya apabila angkanya
> berada diantara misalnya kita mencari volumenya berdasarkan ketinggian
> 2.5, sementara di tabel yang ada hanya ketinggian 2 dan 3 saja. Semoga
> dapat membantu penjelasannya. Tks
>
> *Dari:* Heri Pamungkas ( Gmail ) <ghery.dharma@gmail.com>
> *Kepada:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Dikirim:* Senin, 28 April 2014 17:40
> *Judul:* Re: [belajar-excel] Mencari data dalam tabel
>
>
> السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
> Semangat pagi,.
>
>
> Hehehe,...
>
>
> Mau tanya, saya lihat di tabelnya ada rumusnya.
> Bolehkah kalo rumus itu saya taruh di perhitungan ?!
>
>
> Kalau boleh, Tulis di kolom D2 :
>
>
> =(PI()*(1,9)^2*ROUND(D1;0)*580)/100
>
>
>
>
>
>
> وَالسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
>
>
> Warm Regards,
> On 28/04/2014 7:46, Marvell Christian wrote:
>> Dear admin,
>> Mohon bantuannya, dimana saya ingin mencari dan menghitung suatu data
>> dari dalam tabel (terlampir). Tks
>> Rgds,
>> MCS
>
>
>
>

Tue Apr 29, 2014 8:55 am (PDT) . Posted by:

"yudi perkasa" yperkasa

Mohon bantuannya lagi dari suhu-suhu sekalian, saya membuat dua data di sheet yang berbeda yaitu Data karyawan dan Riwayat Karyawan.
Data riwayat karyawan di input manual yang kemudian di cek dengan data karyawan dengan menggunakan fungsi vlookup, tapi hasilnya ada yang sesuai ada pula yang berbeda atau muncul pesan "#N/A", kira-kira masalahnya dimana ya..

Trims atas bantuannya.

Tue Apr 29, 2014 5:10 pm (PDT) . Posted by:

"nangAgus" nangagoez

Dear Yudi.
Asalamualaikum warahmatullah.

Sebaiknya referensi untuk vlookup adalah sel absolut, Tetapi tidak
harus, kadang-kadang butuh yang tidak absolut ataupun hanya semi absolut.
silahkan formula pada sel D18 dari =VLOOKUP(A18;'Data
Karyawan'!B20:C872;1) diubah menjadi:
=VLOOKUP(A18;'Data Karyawan'!$B$8:$C$872;1)

salam
NangAgus

On 29/04/2014 9:25, yudi perkasa wrote:
> Mohon bantuannya lagi dari suhu-suhu sekalian, saya membuat dua data
> di sheet yang berbeda yaitu Data karyawan dan Riwayat Karyawan.
> Data riwayat karyawan di input manual yang kemudian di cek dengan data
> karyawan dengan menggunakan fungsi vlookup, tapi hasilnya ada yang
> sesuai ada pula yang berbeda atau muncul pesan "#N/A", kira-kira
> masalahnya dimana ya..
>
> Trims atas bantuannya.
>

Tue Apr 29, 2014 8:57 am (PDT) . Posted by:

"syaiful hanan" inaniana_04

Asalamualaikum Wr.Wb
Alhamdulillah saya dapat berkumpul dengan para penyebar Ilmu ALLAH,
saya baru saja menemukan majlis ini, dan saya telah mencoba mempeljari dan memprkatekkan kadaluarsa file exel, setelah coba saya berhasil, tapi begitu saya tutup filenya, dan saya coba buka lagi ternyata masa berlaku itu tidak aktif, dan setelah tgl kadaluarsanya masih juga bisa dibuka.
mohon antum kalau bisa dinformasikan keslahan saya.
wassalam


Tue Apr 29, 2014 4:50 pm (PDT) . Posted by:

"nangAgus" nangagoez

Dear syaiful Hanan.
Wasalamualaikum warahmatullah.
Sebuah file excel bermacro tidak dapat dipaksakan untuk menjalankan
macro setiap dibuka.
macro berjalan jika komputer tempat file dibuka mengizinkan macro
dijalankan (enable macro)

Jadi jika muncul permintaan:

Office 2007, silahkan klik Option, enable macro, atau office 2010:

klik enable content.

apabila peringatan tersebut tidak muncul, silahkan pengaturan macronya
yang diubah: klik Office button, excel option (untuk office 2007) atau
File, Option (untuk excel 2010.

Salam
NangAgus

On 29/04/2014 9:48, syaiful hanan wrote:
> Asalamualaikum Wr.Wb
> Alhamdulillah saya dapat berkumpul dengan para penyebar Ilmu ALLAH,
> saya baru saja menemukan majlis ini, dan saya telah mencoba mempeljari
> dan memprkatekkan kadaluarsa file exel, setelah coba saya berhasil,
> tapi begitu saya tutup filenya, dan saya coba buka lagi ternyata masa
> berlaku itu tidak aktif, dan setelah tgl kadaluarsanya masih juga bisa
> dibuka.
> mohon antum kalau bisa dinformasikan keslahan saya.
> wassalam
>

Tue Apr 29, 2014 4:52 pm (PDT) . Posted by:

"Hendrik Karnadi" hendrikkarnadi

Mungkin macronya dinonaktifkan pak. Coba dicek.

Salam,
HK

Sent from Samsung Mobilesyaiful hanan <inaniana_04@yahoo.co.id> wrote:Asalamualaikum Wr.Wb
Alhamdulillah saya dapat berkumpul dengan para penyebar Ilmu ALLAH,
saya baru saja menemukan majlis ini, dan saya telah mencoba mempeljari dan memprkatekkan kadaluarsa file exel, setelah coba saya berhasil, tapi begitu saya tutup filenya, dan saya coba buka lagi ternyata masa berlaku itu tidak aktif, dan setelah tgl kadaluarsanya masih juga bisa dibuka.
mohon antum kalau bisa dinformasikan keslahan saya.
wassalam

Tue Apr 29, 2014 8:59 am (PDT) . Posted by:

"Yayan Ajah"

Assalamu'alaikum Wr. Wb

Dear B-Exeler & Master
Nubi mau tanya, gimana caranya agar pindah satu cell ke bawah lagi, berikut hasil record macro saya :

Sub Macro10()
'
' Macro10 Macro
'

'
    Selection.PasteSpecial Paste:=xlPasteAll, Operation:=xlNone, SkipBlanks:= _
        False, Transpose:=True
    Range("B7:B13").Select

    Application.CutCopyMode = False
    Selection.Delete Shift:=xlUp
    Selection.Copy
    Range("C2").Select
    Selection.End(xlDown).Select
End Sub

Wassalamu'alaikum Wr. Wb
Yayan

Tue Apr 29, 2014 9:00 am (PDT) . Posted by:

"Andre Rahmaidy" andree_bpdsumbar

Dear Beexceller

saya tanya mengenai rumusan / formula excel secara otomasi angka yang ada di sheet database menyesuaikan pada sheet isi sesuai berdasarkan kriterianya masing masing-masing (file terlampir)

Tue Apr 29, 2014 9:02 am (PDT) . Posted by:

"Haris Rifai" haris.rifai

Dear master Excel.

Saya memanggil data dari database melalui sebuah form, namun tidak semua saya tampilkan dalam form tersebut. Di dalam userform data saya formulasikan kembali sehingga terbentuk sebuah nilai/data baru.

Kesulitan saya adalah ketika data baru tersebut ingin saya copy ke worsheets, saat proses saya jalankan selalu data tidak dikenali alias not variable kalo ga salah istilahnya.

Mohon arahan para master sekalian.
Untuk memperjelas yang saya maksud saya lampirkan contoh file-nya.

Terimaksih.
Haris.

Tue Apr 29, 2014 5:42 pm (PDT) . Posted by:

"nangAgus" nangagoez

Kepada member B-Excel

Asalamualaikumwarahmatullah.

Salam sejahtera untuk kita semua,
Saya mencoba membuat formula yang referensinya kepada sheet tersembunyi
di file lain, (formulanya hanya = A1). ternyata tidak bisa karena
sheetnya tersembunyi. Kemudian saya berpikir jika sheetnya tidak
tersembunyi pasti bisa dibuat.
Permasalahannya saya tidak dapat membuat sheet tersebut terlihat dari
file lain.

Saya buat macro di file 2 sebagai berikut:
Windows(File1).Activate
Sheet1.Visible = xlSheetVisible

Sheets("Data").Select
Range("G6:G8").Select
Selection.Copy

Script tersebut tidak bisa jalan karena sheet1 (Data) tidak bisa nampak.
Apakah memang tidak bisa, menampakkan sheet dari file lain?
Terima kasih

Salam

NangAgus.

Tue Apr 29, 2014 6:29 pm (PDT) . Posted by:

"egidia seftyanaputri"

oh.. ada acara kopdar ya?
tempatnya di mana? lokasi Putri di Cianjur..
kalo dekat insya Allah Putri ingin ikut..

Rgds

Putri

Pada 29 April 2014 15.36, nangAgus <nangagoez@yahoo.co.id> menulis:

>
>
> Asalamualaikum warahmatullah
>
> Yth. moderator dan owner
>
> Saya seorang penggemar excel yang sudah tua dan masih pemula yang
> berkeinginan untuk ikut belajar VBA.
> Bagaimana kabarnya acara kopdar 11 mei? karena saya dari luar kota,
> harus mempersiapkan transportasi dan akomodasi.
> apakah jadi dilaksanakan? kapan pendaftarannya?
> Terima kasih
>
> Wasalamualaikum warahmatullah
>
> NangAgus
>
>

Tue Apr 29, 2014 6:30 pm (PDT) . Posted by:

"Bagus" bagus4bls

kenapa tidak langsung begini saja..
=(PI()*(1.9)^2*D1*580)/100

atau array formula:
=IFERROR(INDEX(A7:R106,SUMPRODUCT((D1=A7:R106)*ROW(A7:A106))-6,MATCH(IF(D1<101,1,--LEFT(D1,2)),IF(FIND("cm",A6:R6,1),LEFT(A7:R7,2)+0,0),0)+1),(PI()*(1.9)^2*D1*580)/100)

Wassalam

~ Bagus ~

----- Original Message -----
From: Marvell Christian
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Tuesday, April 29, 2014 7:51 AM
Subject: Bls: [belajar-excel] Mencari data dalam tabel

Dear mas bro,
Sebenarnya saya lupa mendetilkan requestnya, maksudnya mencari data dengan index match lalu kemudian mengkalkulasinya apabila angkanya berada diantara misalnya kita mencari volumenya berdasarkan ketinggian 2.5, sementara di tabel yang ada hanya ketinggian 2 dan 3 saja. Semoga dapat membantu penjelasannya. Tks

Dari: Heri Pamungkas ( Gmail ) <ghery.dharma@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Senin, 28 April 2014 17:40
Judul: Re: [belajar-excel] Mencari data dalam tabel

السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Semangat pagi,.

Hehehe,...

Mau tanya, saya lihat di tabelnya ada rumusnya.
Bolehkah kalo rumus itu saya taruh di perhitungan ?!

Kalau boleh, Tulis di kolom D2 :

=(PI()*(1,9)^2*ROUND(D1;0)*580)/100

وَالسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Warm Regards,On 28/04/2014 7:46, Marvell Christian wrote:

Dear admin,
Mohon bantuannya, dimana saya ingin mencari dan menghitung suatu data dari dalam tabel (terlampir). Tks

Rgds,
MCS

Tue Apr 29, 2014 6:37 pm (PDT) . Posted by:

"Mulki" mulki_akbar

Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Semangat Pagi ...

Mohon maaf jika resend, kiranya guru, master dan rekan2 B-XLer berkenan membantu permasalahan saya.

Saya punya 2 DATA SUMBER di 2 sheet berbeda, sheet (DATA_SS_2014) dan sheet (Data_Sales_2014).
Kemudian ada 3 Sheet utk menampilkan data dan graphic dg nama sheet sbb :
1. (JDWL_SS_ EXPORT14) utk menampilkan data shipment yg datanya diambil dari sheet (DATA_SS_2014) dg proses looping saat klik tombol LOOPING DATA yg menampilkan data tiap 10 row.

2. (GRAPHIC_SALES_BY_BRAND14) yg memunculkan graphic dg datanya diambil dari Sheet Data_Sales_2014.
3. (GRAPHIC_SALES_BY_CUST14) yg memunculkan graphic dg datanya diambil dari Sheet Data_Sales_2014.

Pertanyaannya :

1. Bagaimana caranya agar saat saya klik tombol Looping Data di sheet JDWL_SS_EXPORT14, setelah proses Looping data pd tabel di sheet tersbt selesai maka Looping akan dilanjutkan ke sheet GRAPHIC_SALES_BY_BRAND14 dg menampilkan semua Grafic yg ada disheet tersbt (dlm contoh hanya 1 graphic dan sangat dimungkinkan akan lebih 1 graphic dlm sheet tersbt.

2. Setelah proses looping pada sheet GRAPHIC_SALES_BY_BRAND14 selesai maka Looping akan berlanjut ke sheet GRAPHIC_SALES_BY_CUST14.

3. Setelah proses Looping di sheet GRAPHIC_SALES_BY_CUST14 selesai maka proses Looping akan kembali ke sheet JDWL_SS_EXPORT14 dan melakukan Looping data yg ada disheet tersbt sampai selesai kemudian berlanjut ke Sheet Graphic dst akan terus begitu sampai saya klik Tombol Stop Looping maka proses looping akan berhenti.

Kiranya guru, master dan rekan2 B-XLer berkenan memberikan pencerahan kepada saya yg masih fakir ilmu ini.

Sekali lagi terimakasih banyak atas pencerahan dan pertolongan yg diberikan.

Wassalam,
Mulki
=====================================================================
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================

---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar