Sabtu, 03 Desember 2016

[belajar-excel] Digest Number 4036

5 Messages

Digest #4036
1a
Re: Userform.Show VbModeless by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
3a
Re: Mohon bantuannya macro vlookup by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
4a
Re: Variable Scope [1 Attachment] by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
4b
Re: Variable Scope by "Febry Ferian" febryferian

Messages

Fri Dec 2, 2016 2:55 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Hendro,

Coba cek properties bernama Locked di setiap controls dan dan pastikan
bernilai FALSE.

Regards,
Kid

2016-11-27 0:12 GMT+07:00 Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>:

> Hai Hendro,
>
> Selamat bergabung dengan milis Belajar-Excel.
>
> Pada kasus Anda ini, cukup sulit mengetahui penyebab pastinya hanya dengan
> melihat screenshot saja. Akan lebih mudah bila ada file lampiran (usahakan
> max 250KB).
>
> Regards,
> Kid
>
>
>
>
>
>
> 2016-11-26 15:32 GMT+07:00 'Hendro@daya-motor' hendro_arifin@yahoo.com
> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>>
>>
>> Selamat sore,
>> perkenalkan saya hendro baru bergabung menjadi anggota Belajar-excel
>> sekaligus mw berkonsultasi .saya membuat aplikasi userform vba dengan di
>> sertai beberapa commanbutton.masalah saya ketika pada thisworkbook saya
>> tulis script userform.show vbmodeless ada beberapa commanbutton yg tidak
>> berfungsi (seperti di lock) tetapi commandbutton lain ada yg berfungsi
>> normal.tp ketika script userform.show vbmodeless di non aktifkan semua
>> berjalan lancar.mohon solusi apa yg harus saya perbaiki aplikasi saya.
>> saya sertakan screenshoot pada attachment.
>> terima kasih sebelumnya.
>>
>>
>
>

Fri Dec 2, 2016 6:24 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Wa'alaikumussalam wr wb

Hai Seismica,

Data text file Anda tidak memiliki konsistensi struktur. Sebaiknya data
text file tersebut (file sumber data maupun file output) ditata agar
memiliki struktur yang tetap lebih dulu.
Struktur antara file sumber data (data awal.txt) dengan file output (data
akhir.txt) bisa tidak sama sesuai kebutuhan.

Struktur text file yang dimaksud format text file delimited atau fixed
length. Jika delimited, tentukan delimiter (karakter pemisah) antar kolom
nya. Jika fixed length, tentukan lebar (jumlah karakter) dari setiap
kolomnya. Hal ini berlaku untuk seluruh record (baris) dalam text file,
mulai dari header (jika ada) sampai record terakhir.
> File Anda, format record pertama dengan record lainnya berbeda.
> Jika formatnya dianggap adalah delimited dengan delimiter berupa karakter
tab, maka ada record yang berisi 2 kolom dan ada record yang berisi 3 kolom
> Jika formatnya dianggap fixed length, maka panjang karakter (jumlah
karakter) setiap recordnya tidak sama.
> Jadi, struktur text file Anda tidak baik dan akan mempersulit proses
pengolahan.
> Jika strukturnya tidak tetap dan tidak bisa sama di setiap recordnya,
maka HARUS ada proses pengkondisian yang bisa jadi akan ada banyak level
pengkondisian untuk mendapatkan nilai per kolom yang benar dan bisa
diproses.

Wassalamu'alaikum wr wb
Kid

2016-12-01 13:29 GMT+07:00 Zerlinda Seismica seismica@yahoo.com
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Assalamualaikum wrwb
>
> Rasanya ilmu excel ini akan senantiasa haus untuk dipelajari...
> problem ini tergolong sangat baru buat saya untuk melakukan perhitungan di
> excel tapi data berada di file txt
> berikut saya kirimkan data dengan kronologisnya.
> Terima kasih untuk berkenan mebaca dan bantuannya
>
> Wassalam
> Seismica
>
> --- Mods ---
> File lampiran yang melebihi 250KB dilepas dari email. Silakan melampirkan
> ulang file berukuran maksimal 250KB dengan cara me-reply email ini.
> ------------
>
>
>

Fri Dec 2, 2016 6:41 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai che,

Proses pengambilan data dilakukan oleh prosedur bernama AmbilData.
Jadi, cari saja baris kode yang memanggil prosedur AmbilData. Disana akan
tampak sheet apa yang akan diproses (dibaca dan diambil datanya).

Silakan dikembangkan secara santun.

Regards,
Kid

2016-12-01 18:32 GMT+07:00 cheivory_bridge@yahoo.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Yth. Mr. Kid
>
> Mohon pencerahannya atas vba merger file tersebut.
> Saya coba terapkan pada beberapa file yang berisi banyak sheet, belum
> berhasil.
> kondisinya :
> - saya punya 30an file workbook dengan 20 sheet tiap workbook (nama tiap
> sheetnya SAMA antar workbook).
> - saya ingin menggabungkan data yang ada pada sheet "Nilai per DM" pada
> setiap workbook tersebut ke dalam workbaru baru.
> - saya coba dengan vba merge file punya Mr. Kid belum berhasil. coba saya
> cari di kode vba yang menunjukkan rujukan untuk nama sheet sumber ("Nilai
> per DM") belum ketemu - kalau di file Mr. Kid , nama sheet sumber tiap
> workbook kan "Sales" ..
>
> mohon kiranya diberi tahu, di bagian mana dari kode vba merge file
> tersebut yang mesti disesuaikan ..
>
> terima kasih
>
>
>

Fri Dec 2, 2016 6:52 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Febry,

Tentang scope, coba lihat di blog milis pada pembahasan yang ini
<http://b-excel.blogspot.co.id/2013/07/belajarvba-003-scope-seri-1.html>.
Tentang coretan belajar VBA di blog milis, dimulai dari sini
<http://b-excel.blogspot.co.id/2013/06/belajarvba-000-kenalan.html>.

Regards,
Kid

2016-12-01 16:22 GMT+07:00 Febry Ferian febryferian@yahoo.com
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Selamat sore rekan dan admin belajar excel,
>
> Saya mengalami kesulitan dalam menemukan jawaban atas error dalam
> percobaan variable scope yg saya coba latih. Kebetulan saya dalam tahap
> mempelajari macro dari tahap dasar, namun mentok di tahap ini karena apa yg
> diinstruksikan di buku tidak berhasil ketika saya lakukan.
>
> Saya lampirkan contoh macro yg saya buat.
>
> Saya sedang mencoba untuk input value pada sheet satu, secara berurutan
> utk subrutin InputData dan TambahDataBuku pada module vbBuku. Tadinya
> subrutin tsb terletak di module vbSeleksiSel, namun muncul error, "Only
> comment may appear at end sub, etc." Ketika dipindahkan ke module vbBuku,
> data yg saya input malah tidak berhasil masuk sesuai yg diharapkan.
>
> Mohon bantuannya. Terima kasih.
>
> Sent from Yahoo Mail on Android
>
>
>

Fri Dec 2, 2016 8:16 pm (PST) . Posted by:

"Febry Ferian" febryferian

Dear Mr. Kid,
Terima kasih atas responnya. Kebetulan file pembelajaran saya ada di kantor dan baru bisa saya praktekkan menggunakan referensi tsb di hari Senin.
Insya Allah akan saya kabari lebih lanjut jika masih terdapat kebingungan dari pihak saya.
Terima kasih. Sukses selalu.

Sent from Yahoo Mail on Android

On Fri, Dec 2, 2016 at 21:51, 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel]<belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:  

Hai Febry,

Tentang scope, coba lihat di blog milis pada pembahasan yang ini.
Tentang coretan belajar VBA di blog milis, dimulai dari sini.

Regards,
Kid

2016-12-01 16:22 GMT+07:00 Febry Ferian febryferian@yahoo.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

 
Selamat sore rekan dan admin belajar excel,

Saya mengalami kesulitan dalam menemukan jawaban atas error dalam percobaan variable scope yg saya coba latih. Kebetulan saya dalam tahap mempelajari macro dari tahap dasar, namun mentok di tahap ini karena apa yg diinstruksikan di buku tidak berhasil ketika saya lakukan.
Saya lampirkan contoh macro yg saya buat.
Saya sedang mencoba untuk input value pada sheet satu, secara berurutan utk subrutin InputData dan TambahDataBuku pada module vbBuku. Tadinya subrutin tsb terletak di module vbSeleksiSel, namun muncul error, "Only comment may appear at end sub, etc." Ketika dipindahkan ke module vbBuku, data yg saya input malah tidak berhasil masuk sesuai yg diharapkan.
Mohon bantuannya. Terima kasih.

Sent from Yahoo Mail on Android

============================================================
Pojok Lowongan Kerja yang disediakan milis :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/Pojok-Lowongan-Kerja-f5725753.html
*** Posting lowongan kerja : ke link tersebut dan klik New Topic
============================================================
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke: belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke: belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis : http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran : http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di : http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe), kirim mail kosong ke : belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar