Minggu, 25 Juni 2017

[belajar-excel] Digest Number 4221

1 Message

Digest #4221
1
Buku Perencanaan Keuangan Pribadi by "Edhie Wibowo" edhiewibowo

Message

Sun Jun 25, 2017 4:44 am (PDT) . Posted by:

"Edhie Wibowo" edhiewibowo

Assalamu'alaikum, Selamat malam temen-temen pecinta Excel.

Pertama-tama, saya ucapkan Selamat Idul Fitri 1438 H bagi semua
saudara2 muslim yang merayakannya. taqabalallahu minna wa minkum,
shiyamana wa shiyamakum.

Ceritanya, saya mau buat perencanaan keuangan pribadi,
karena beberapa tahun terlewati tanpa perencanaan keuangan yang bener,
akhirnya saya kebingungan ketika butuh dana tambahan untuk
keperluan rumah tangga.
Saya PNS 40 th nyambi kerja malamnya sebagai freelancer di bidang seni
(melukis figur).
Alhamdulillah, ada tambahan penghasilan sedikit untuk
rumah tangga.

Tetapi, Krn tdk ada perencanaan keuangan yg baik, banyak beli2 brg yg ga
terlalu dibutuhkan, akhirnya saving kurang maksimal.

Baru-baru ini saya baca buku tentang perencanaan keuangan,
ternyata banyak kelirunya selama ini dlm keuangan.
karena itu saya pgn punya buku perencanaan keuangan sederhana, dengan
menggunakan Excel sbg alat bantunya.

Permasalahannya, saya tidak terlalu mengerti rumus2 Excel yg bisa
dipake secara dinamis dlm perencanaan keuangan ini.

Adakah temen2 yg Master Excel di forum ini bisa membantu saya?
Saya akan sangat berterima kasih untuk hal ini. Saya mgkn tdk bisa membalas
apa-apa, tp mgkn bs menjadi catatan amal kebaikan bagi temen2 yg sudi menolong.

terima kasih banyak.

Keterangan:
1. Sheet Penerimaan adalah per transaksi, jadi dlm 1 bulan bisa lebih dr 1
transaksi.
2. Sheet Charity, Family, Investasi, Tabungan, Pengembangan Usaha,
Piknik, Dana Darurat, dan Konsumtif ada kolom dinamis (penerimaan) dan statis
(pengeluaran). Kira2 boleh ga seperti ini?
3. Jurnal tahunan adalah total penerimaan dan pengeluaran dlm setahun. Jadi
untuk memudahkan, tiap tahun saya ganti file Excelnya. (klo multi years sy
bingung cara buatnya).
4. utk alur keuangan yg saya buat ini, jika ada kesalahan bisa diperbaiki
supaya lebih mudah. Mohon maaf kalo banyak kekurangan.

Wassalamu'alaikum,

Salam hangat,
Edhie
============================================================
Pojok Lowongan Kerja yang disediakan milis :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/Pojok-Lowongan-Kerja-f5725753.html
*** Posting lowongan kerja : ke link tersebut dan klik New Topic
============================================================
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke: belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke: belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis : http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran : http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di : http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe), kirim mail kosong ke : belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar