Senin, 12 Maret 2018

[belajar-excel] Digest Number 4451

5 Messages

Digest #4451
1a
Re: Menghitung jam mesin by "Fahmi Hambali" fahmi_hb
2a
3a
Re: Gak Bisa Buat Formula by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
4a
Re: Fw: Re: [belajar-excel] VBA Code tidak Jalan by "hendrik karnadi" hendrikkarnadi
4b
Re: Fw: Re: [belajar-excel] VBA Code tidak Jalan by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Messages

Mon Mar 12, 2018 2:37 am (PDT) . Posted by:

"Fahmi Hambali" fahmi_hb

ok

2018-03-12 8:24 GMT+07:00 Hasna hanifah hasna26@gmail.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Terima kasih banyak Mr.Kid.
> Saya memang masih belum paham bener mengenai Array formula. Makanya saya
> coba utak atik namun ternyata masih banyak kekurangannya.
> Terima kasih.
>
> 2018-03-10 3:26 GMT+07:00 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel] <
> belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>>
>>
>> Hai Hasna,
>>
>> File terlampir ada yang menggunakan array formula.
>>
>> Regards,
>> Kid
>>
>>
>> 2018-03-09 16:28 GMT+07:00 Hasna hanifah hasna26@gmail.com
>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>>
>>>
>>>
>>> Dear Bapak/Ibu Master Excel.
>>>
>>>
>>> Mohon bantuan mungkin diantara Bapak / Ibu ada yang bisa merumuskan
>>> formula yang simple tanpa perlu bantuan perhitungan dengan sheet lain.
>>> Terima kasih.
>>>
>>>
>>> Hasna
>>>
>>>
>>
>
>

Mon Mar 12, 2018 2:44 am (PDT) . Posted by:

"Stephen Saputro"

Pak Kid,

Sekali lagi terima kasih banyak ya Pak untuk penjabarannya. Bagi saya ini
sangat membuka wawasan saya

2018-03-10 4:05 GMT+07:00 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> nah...
> bagian yang ini sudah selesai
>
>> Ini juga masih nyambung cerita yang pernah saya tanyakan di milis tentang
>> Get external data dan juga power pivot. Waktu itu sudah saya coba untuk
>> keduanya tapi masih belum berhasil. Saya coba alternativ lain dengan
>> menggukanan MS Query dan berhasil. Saya pun belum tau kelebihan dan
>> kekurangan MS query ini karena kyknya kalah populer dengan 2 di atas ya ?
>> mungkin juga saya salah
>>
>
> sekarang baru bisa membahas hal berikutnya.
> Tentang :
>
>> Sebenarnya saya juga pake worksheet dan autofilternya. Hanya saja waktu
>> baca2 buku dan browising, ternyata bisa kalau data yang ada di table muncul
>> di listbox jadinya penasaran lagi untuk di buat. hehehe
>>
> > Betul tentang Listbox dengan properti ListFillRange (jika diletakkan
> dalam sebuah workbook) atau RowSource (jika di dalam sebuah userform) bisa
> merujuk ke suatu area range.
> > Listbox adalah activex control. Biasanya digunakan untuk diisi preview
> data (bukan seluruh data), karena keterbatasan yang dimilikinya.
> > Penggunaan controls membutuhkan library file yang harus ter-install dan
> sesuai.
> > library file selain dari bawaan Office bisa jadi akan terkendala dalam
> hal meng-install di komputer user lain atau malah tidak ada library file
> yang sesuai dengan bit komputer user lain.
> > Biasanya, penggunaan controls diusahakan untuk dihindari dan
> mengoptimumkan penggunaan worksheet.
> > Tentu saja untuk memperoleh keindahan ketika dipandang mata hanya dengan
> memanfaatkan seluruh fasilitas bawaan Excel membutuhkan kecerdikan dalam
> keterbatasan yang ada.
> > Tapi, jika berbicara tentang hal baru, maka lebih menarik dan menantang
> untuk berusaha tidak menggunakan controls.
> > Masih banyak hal baru yang perlu digali dari Excel tanpa controls..
> Apalagi jika menggunakan VBA (otomasi).
>
> Tentang :
>
>> Kembali lagi ke Table yang di pakein Lisbox. Table ini adalah hasil
>> output dari MS Query yang terkoneksi dengan Database. Tujuannya supaya
>> kalau sekali2 mau lihat data yang ada di databasee, bisa langsung merujuk
>> ke table tersebut tanpa harus membuka database. Sampai di sini saya tidak
>> tau apakah konsep seperti ini benar atau tidak.
>>
> > Worksheet berisi hasil koneksi data MS Query (ODBC Connection) sudah
> cukup jika sekadar untuk menampilkan records dengan kriteria tertentu.
> > Cukup mempelajari query klausa WHERE.
> > Tidak perlu dengan listbox.
> > Sediakan saja beberapa cells untuk memasukkan nilai kriteria yang
> diinginkan user. Bila perlu, area input nilai kriteria diberi data
> validation list atau yang semacamnya memanfaatkan berbagai fitur Excel yang
> ada.
>
> Tentang :
>
>> Cuman kendalanya, waktu saya coba memunculkan data dari table ke dalam
>> listbox, pencarian jadi sangat lamban. untuk ngetik di dalam textbox (
>> texbox yang di pake untuk search ) saja butuh waktu sekitar 6 detik baru
>> angka yang di ketik muncul.. Apakah ini karena Table yang di rujuk adalah
>> hasil output dari MS query ? ataukah memang murni karena komputernya yang
>> lamban ? ataupun masalah yang lainnya ?
>>
> > wkwkwkwk... kalau ini, yang bermasalah adalah logika prosesnya.
> > coba diperhatikan lagi proses yang dilakukan oleh si textbox, pasti ada
> yang tidak pantes untuk keadaan data seperti itu.
>
> Tentang :
>
>> Sebenarnya agak ribet memang kalau mau di buat data muncul di dalam
>> listbox, toh ternyata bisa menggunakan table hasil output dari MS Query,
>> tapi yaitu namanya juga proses belajar, selalu penasaran dengan hal yang
>> baru, hehe
>>
> > Yup, dalam proses belajar memang banyak hal menarik.
> > Hanya saja, terkadang, manusia cenderung suka tergesa-gesa untuk tidak
> puas dengan kemampuan suatu hal tanpa berusaha menggali lebih dalam hal
> tersebut. Lalu segera beralih ke hal lain yang tampaknya atau diperkirakan
> memiliki kemampuan yang sesuai.
>
> Regards,
> Kid
>
>
>
>
>
> 2018-03-09 16:40 GMT+07:00 Stephen Saputro stephensaputro@gmail.com
> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>>
>>
>> Pak Kid,
>>
>> Terima kasih untuk waktu dan penjelasannya yang sangat detail.
>> Setelah baca ini, ooo nya semakin tambah panjang hehe
>>
>> Semakin semangat untuk menggali ilmu jadinya.
>>
>>
>>
>>
>> 2018-03-09 15:02 GMT+07:00 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel] <
>> belajar-excel@yahoogroups.com>:
>>
>>
>>
>>
>> hmmm...
>> diperjelas dulu Excel dasar nya ya...
>>
>> Begini :
>> *> Data di dalam sebuah workbook berasal dari :*
>> 1. Entry Data, yaitu hasil :
>> a. ketik langsung ke dalam cells di sebuah worksheet tertentu
>> b. copy dari tempat lain dan paste ke dalam workbook di worksheet
>> tertentu
>> 2. Koneksi Data, yaitu hasil :
>> a. Get External Data, yang terbagi dalam 2 jalur, yaitu :
>> i. Melalui fitur Excel Get External Data -> *Data hasil koneksi
>> langsung diserahkan ke object penampil data (lihat bagian > Data Flow)*
>> Pada xl2003 : disebut Import Data
>> Mulai xl2007 : disebut Excel Get External Data
>> ada di *ribbon DATA grup menu Get
>> External Data* mulai xl2007 sejak sampai xl2016 sebelum update Januari
>> 2018 (tanpa ada tambahan Transform Data)
>>
>> >>> Isi dari menu *From Other Sources* adalah seperti ini :
>>
>> ​*** Microsoft Query adalah bagian dari fitur Excel Get External Data.
>> *** Microsoft Query menggunakan ODBC Connection
>>
>> ​ Pada Excel 365 (termasuk xl2016 mulai
>> update Januari 2018), menu Excel Get External Data disatukan dengan menu
>> Power Query di dalam *ribbon Data* grup menu* Get Transform Data*
>>
>> ​ >>> menu From Other Sources milik
>> Excel Get External Data (fitur lama Get External Data alias yang bukan
>> bagian dari fitur Power Query) ada di 2 tempat, yaitu :
>> 1. Untuk ODBC Connection dengan
>> Microsoft Query, ada di menu Get Data -> From Other Sources -> From
>> Microsoft Query
>>
>> ​ 2. untuk OLEDB Connection ada di
>> menu Get Data -> Legacy Wizards
>>
>> ​ *** Jika pada xl2016
>> update Jan 2018 atau xl365 tidak muncul menu item Legacy Wizards, atur di
>> Excel Options (menu File -> Options), pada page DATA :
>>
>> ​
>>
>> ii. Melalui Add-in Power Query maupun Power Pivot (mulai xl2010)
>> -> *Data hasil koneksi disimpan dalam Excel Data Model*
>> - Pada xl2010 dan xl2013 dengan meng-install Power Query add
>> in, dengan ribbon bernama POWER QUERY
>>
>> ​
>> - pada xl2016 pro add in sudah built in ,
>> > xl2016 sebelum update Jan 2018 : menu-menu yang di versi
>> xl2013 ke bawah ada di ribbon Power Query, dipindah ke dalam ribbon Data
>> menjadi 1 (satu) grup menu baru bernama *Get Transform*
>>
>> ​ *** yang dikotak biru adalah grup menu Get Transform,
>> yaitu menu milik add in power query. Pada xl2010 dan xl2013, menu ini ada
>> di dalam ribbon POWER QUERY
>> *** grup menu Get External Data [asli fitur bawaan
>> Excel] ada di sisi kiri grup menu Get Transform [milik add in Power Query]
>> *** menu item New Query di dalam grup menu Get
>> Transform berisi item-item menu : From File, From Database, dan sebagainya
>> (menu yang ada di Power Query)
>>
>> ​
>>
>> > xl2016 mulai update Jan 2018 : grup menu Get Externa Data
>> (bawaan asli Excel) digabung dengan grup menu Get Transform (milik add in
>> Power Pivot) menjadi grup menu Get Transform Data
>>
>> *** menu item New Query yang tadinya ada di grup
>> menu Get Transform (xl2016 sebelum update jan 2018) dipindah ke dalam menu
>> item Get Data di dalam grup menu Get Transform Data
>>
>> ​
>> *> Data Flow*
>> Secara umum, alur perjalanan data adalah sebagai berikut :
>>
>> ​
>>
>>
>> MS Query adalah bagian dari Excel Get External Data.
>>
>> Regards,
>> Kid
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>> 2018-03-09 8:54 GMT+07:00 Stephen Saputro stephensaputro@gmail..com
>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com >:
>>
>>
>>
>> Pak Kid,
>>
>> Sebenarnya saya juga pake worksheet dan autofilternya. Hanya saja waktu
>> baca2 buku dan browising, ternyata bisa kalau data yang ada di table muncul
>> di listbox jadinya penasaran lagi untuk di buat. hehehe
>>
>> Ini juga masih nyambung cerita yang pernah saya tanyakan di milis tentang
>> Get external data dan juga power pivot. Waktu itu sudah saya coba untuk
>> keduanya tapi masih belum berhasil. Saya coba alternativ lain dengan
>> menggukanan MS Query dan berhasil. Saya pun belum tau kelebihan dan
>> kekurangan MS query ini karena kyknya kalah populer dengan 2 di atas ya ?
>> mungkin juga saya salah
>>
>> Kembali lagi ke Table yang di pakein Lisbox. Table ini adalah hasil
>> output dari MS Query yang terkoneksi dengan Database. Tujuannya supaya
>> kalau sekali2 mau lihat data yang ada di databasee, bisa langsung merujuk
>> ke table tersebut tanpa harus membuka database. Sampai di sini saya tidak
>> tau apakah konsep seperti ini benar atau tidak.
>>
>> Cuman kendalanya, waktu saya coba memunculkan data dari table ke dalam
>> listbox, pencarian jadi sangat lamban. untuk ngetik di dalam textbox (
>> texbox yang di pake untuk search ) saja butuh waktu sekitar 6 detik baru
>> angka yang di ketik muncul. Apakah ini karena Table yang di rujuk adalah
>> hasil output dari MS query ? ataukah memang murni karena komputernya yang
>> lamban ? ataupun masalah yang lainnya ?
>>
>> Sebenarnya agak ribet memang kalau mau di buat data muncul di dalam
>> listbox, toh ternyata bisa menggunakan table hasil output dari MS Query,
>> tapi yaitu namanya juga proses belajar, selalu penasaran dengan hal yang
>> baru, hehe
>>
>> 2018-03-08 10:25 GMT+07:00 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel] <
>> belajar-excel@yahoogroups.com >:
>>
>>
>>
>> Boleh tahu kenapa tidak memanfaatkan worksheet beserta autofilter-nya
>> saja ?
>> Atau pivot table yang juga punya autofilter gitu....
>> Kalau dengan Excel Table dalam sebuah worksheet, bisa ada lebih dari 1
>> tabel dalam worksheet dengan masing-masing table memiliki autofilter-nya
>> sendiri-sendiri.
>>
>> Regards,
>> Kid
>>
>>
>> 2018-03-08 8:42 GMT+07:00 Stephen Saputro stephensaputro@gmail..com
>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com >:
>>
>>
>>
>> Terima kasih byk Pak Kid untuk informasinya,
>> Coba alternativ lain lagi berarti hehe
>>
>> 2018-03-07 15:35 GMT+07:00 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel] <
>> belajar-excel@yahoogroups.com >:
>>
>>
>>
>> Tidak bisa.
>> Ada yang menyarankan pakai ListView activex control (control dalam
>> mscomctl), tetapi hanya untuk Office 32 bit saja karena mscomctl hanya ada
>> 32 bit (tidak ada mscomctl 64 bit).
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>> 2018-03-07 14:23 GMT+07:00 Stephen Saputro stephensaputro@gmail..com
>> <stephensaputro@gmail.com> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com
>> >:
>>
>>
>>
>> Selamat siang rekan2 semuanya,
>>
>> Mohon kiranya dapat di berikan petunjuknya, pada excel yang saya attach,
>> saya membuat listbox dengan rawsourcenya langsung di ambil dari table1.
>>
>> Pertanyaan saya,
>> 1.. Bisakah kita membuat filter pada headercoloumnya yang di set melalui
>> properties ?
>> 2. Kalaupun tidak bisa di set melalui properties, dengan cara apa agar
>> bisa menggunakan filtering melalui listbox ?
>>
>> Terima kasih untuk bantuannya.
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>
>

Mon Mar 12, 2018 3:05 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

oh semua file exe...
Coba search di-internet tentang can not open exe file.

Pengubahan setting di dalam windows registry pada keys yang terkait dengan
office khususnya Excel tidak akan meng-corrput operating system.

Setelah permasalahan can not open exe file selesai, barulah dicoba lagi.
Pada xl2007 dan xl2010 :
> Default xl2007 dan xl2010 adalah membuka workbook pada instance excel
yang sudah terbuka
> Cara berikut adalah untuk membuat workbook dibuka di instance Excel baru.
> pengaturan di excel options (office button excel options dalam aplikasi
Excel) dan centang ignore blabla dde disertai :
windows registry (regedit) :

> ke HKEY_Classes_Root (HKCR), cari Excel.Sheet.12 -> folder shell ->
folder open -> klik kanan item default -> modify -> tambahkan bunyi /e "%1"
(termasuk petiknya dihapus)

> Kadang-kadang, item Command, di-rename jadi CommandN (N bisa berupa
bilangan positif)

> Seringnya, di folder shell juga ada folder ddeexec, nah
folder ini juga direname jadi ddeexecN (N bisa berupa bilangan positif)

> Cari juga ekstensi Excel file lainnya, seperti cari Excel..Sheet.8 untuk
file .xls, atau Excel.SheetBinaryblabla.12 (.xlsb) atau
Excel.SheetMacrobla.12 (.xlsm), dan sebagainya, kemudian lakukan proses di
folder shell dan ddeexec seperti di atas tadi

*** Jika akan mengembalikan menjadi default, cukup hapus bagian /e "%1"
atau "%1", biasanya uncheck (office button -> excel options -> pane
advanced) item ignore blabla dde juga diperlukan

Pada xl2013 ke atas,
> Default xl2013 ke atas adalah membuka workbook pada instance excel beru
(kecuali jika instalasi berupa upgrade atau bertumpu bersama Excel versi
xl2010 ke bawah)
> Cara berikut adalah untuk membuat workbook dibuka di instance Excel yang
sudah terbuka (TIDAK membuat instance Excel baru).

> Windows Registry (Regedit) :

Computer -> HKCU (HKEY_Current_User) -> Microsoft -> Office -> xx.0
->Excel -> Options -> cari item DisableMergeInstances lalu klik kanan pilih
Edit -> pilih Decimal -> isi angka *0* -> tekan OK

Regards,
Kid

2018-03-12 15:58 GMT+07:00 'Dede Sulaeman' pmaho_ss9@pinusmerahabadi.co.id
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Dear Mr. Kid,
>
>
>
> Semua file exe tidak bisa. *(saya coba buka di drive C:\Windows\)*
>
>
>
> Tapi applikasi Excel dan Word bisa dibuka. *(Saya buka di drive D:\)*
>
>
>
> Salam,
>
> DD
>
>
>
> *From:* belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@
> yahoogroups.com]
> *Sent:* Monday, March 12, 2018 3:38 PM
>
> *To:* BeExcel
> *Subject:* Re: [belajar-excel] Gak Bisa Buat Formula
>
>
>
>
>
> Hanya regedit yang gak bisa atau semua file exe ? (word.exe, excel.exe,
> atau notepad.exe, dsb)
>
>
>
> 2018-03-12 14:36 GMT+07:00 'Dede Sulaeman' pmaho_ss9@pinusmerahabadi.co.id
> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
>
> Dear Mr. Kid,
>
>
>
> Ada pesan ini saat saya mau buka registry :
>
>
>
> Jadi belum bisa melakukan penghapusan item DisableMergeInstances
>
>
>
> Salam,
>
> DD
>
>
>
>
>
>
>
> *From:* belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@
> yahoogroups.com]
> *Sent:* Monday, March 12, 2018 1:55 PM
> *To:* BeExcel
> *Subject:* Re: [belajar-excel] Gak Bisa Buat Formula
>
>
>
>
>
> Oh pakai xl2007. Yang terakhir tadi untuk xl2013 ke atas.
>
> Tidak perlu di-install ulang.
>
> Coba restart komputer dulu, baru buka registry lagi. Yang Disableblabla
> harus dihapus kalau di xl2010 ke bawah.
>
> Biasanya xl2007 by default akan membuka di instance yang sama.
>
> Coba juga di Excel options (masuk Excel workbook kosong, office button ->
> Excel Options) -> pane Advanced -> coba jika dicentang Ignore blabla DDE
> gitu..
>
> Regards,
>
> Kid
> .
>
>
>
>
>
> 2018-03-12 13:43 GMT+07:00 'Dede Sulaeman' pmaho_ss9@pinusmerahabadi.co.id
> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
>
> Dear Mr. Kid,
>
>
>
> Office2007 yang dipakai Pak.
>
> Setelah dipraktekan, masih belum bias Pak.
>
> Malah saat mau buka registry gak bias ini, buka Task Manager pun tak bisa.
>
> Kayaknya harus diinstall ulang kah?
>
>
>
> Salam,
>
> DD
>
>
>
> *From:* belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@
> yahoogroups..com]
> *Sent:* Monday, March 12, 2018 1:10 PM
>
>
> *To:* BeExcel
> *Subject:* Re: [belajar-excel] Gak Bisa Buat Formula
>
>
>
>
>
> Hai DD,
>
> Mungkin pakai xl2013 ke atas ya.....
>
> Kalau begitu, yang perlu di-set di registry adalah bagian ini : (xx adalah
> versi office, seperti 15 untuk xl2013 atau 16 untuk xl2016)
>
> > Computer -> HKCU (HKEY_Current_User) -> Microsoft -> Office -> xx.0
> ->Excel -> Options -> cari item DisableMergeInstances lalu klik kanan pilih
> Edit -> pilih Decimal -> isi angka *0 atau 1* -> tekan OK
>
> *** Catatan :
> *0 atau 1*
>
> 0 : open Excel akan di 1 instance yang sama yang telah terbuka
>
> 1 : open Excel akan di instance yang berbeda
>
> Jika item DisableMergeInstances belum ada, maka perlu dibuat sendiri :
>
> > Computer -> HKCU (HKEY_Current_User) -> Microsoft -> Office -> xx.0
> ->Excel -> Options -> klik kanan area kosong di pane sisi kanan -> New ->
> pilih DWORD -> tulis DisableMergeInstances -> Enter
>
> (by default, item ini akan diisi dengan nilai 0)
>
> Regards,
>
> Kid
>
>
>
>
>
> 2018-03-12 10:58 GMT+07:00 'Dede Sulaeman' pmaho_ss9@pinusmerahabadi.co.id
> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
>
> Terima kasih atas responnya dari Mr. HK dan Mr. Kid.
>
>
>
> Dari kasus saya dbi, ada yang bilang begini :
>
> > Coba buka file2 dari windows explorer -> setelah terbuka, ke menu File
> -> pilih Open -> pilih file1 -> tekan Open -> File1 terbuka
>
> > setelah itu ke file2 dan coba buat formula....
>
> Ternyata itu bisa (formulanya bisa dibuat). Aseeeeekkk…...
>
> Hmmm, tapi koq ribet yah. Gak seperti buat formula pada umumnya….(-_-)
>
>
>
> Eh, tapi dia juga bilang seperti ini:
>
> > Mungkin waktu itu membuka file1 dan file2 dari windows explorer
> langsung, alias tidak melalui menu File Open yang ada di Excel setelah
> membuka salah satu file
>
> > kalau memang demikian, berarti Excel-nya di set di windows registry
> untuk selalu membuka Excel file dari windows Explorer ke dalam instance baru
>
> > jadi file1 ada di instance aplikasi Excel pertama, lalu file2 ada di
> instance aplikasi Excel kedua
>
> > kalau buka task manager, akan tampak 2 aplikasi Excel running, dengan
> masing-masing aplikasi berisi 1 workbook yang terbuka.
>
> > mungkin loh ya....
>
> > Kalau akan mengubah settingan ini, biasanya melalui windows registry,
> > ke HKEY_Classes_Root (HKCR), cari Excel.Sheet.12 -> folder shell ->
> folder open -> klik kanan item default -> modify -> hapus bunyi "%1"
> (termasuk petiknya dihapus)
>
> > Kadang-kadang, item Command, di-rename jadi CommandN (N bisa berupa
> bilangan positif)
>
> > Seringnya, di folder shell juga ada folder ddeexec, nah folder ini juga
> direname jadi ddeexecN (N bisa berupa bilangan positif)
>
> > Cari juga ekstensi Excel file lainnya, seperti cari Excel..Sheet.8 untuk
> file .xls, atau Excel.SheetBinaryblabla.12 (.xlsb) atau
> Excel.SheetMacrobla.12 (.xlsm), dan sebagainya, kemudian lakukan proses di
> folder shell dan ddeexec seperti di atas tadi
>
> Semua nama folder Command di SubFolder yang berbau "Excel" saya rename
> menjadi CommandN begitupun ddeexec menjadi ddeexecN. Dan karakter "%1"
> sudah saya hapus di folder. Setelah melewati sekian banyak folder akhirnya,
> Alhamdulillah selesai.
>
>
>
> Begitu mau berexperimen eeeeh, aplikasi Excel *jalan dua* di Task Manager.
>
> Ampyuuuun…….
>
>
>
> Wassalamu'alaikum Wr,Wb.
>
> Salam,
>
> DD
>
>
>
> *From:* belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@
> yahoogroups.com]
> *Sent:* Friday, March 9, 2018 6:23 PM
> *To:* BeExcel
> *Subject:* Re: [belajar-excel] Gak Bisa Buat Formula
>
>
>
>
>
> Hai DD,
>
> Pernah ada yang cerita begini :
>
> Saya punya dua file, *File1* (DataBase) dan *File2 *(Output)*..*
>
> Saya mau buat formula VLookUp di File2 cell B3.
>
> Saya ketik di cell B3 *=Vlookup(A3, "**kemudian saya buka File1"* .
> eeeeeh formulanya *lepas*. (seolah-olah saya buka File1 saja tidak sedang
> buat formula)
>
>
>
> Trus nanya begini :
>
> Kenapa bisa bigitu yah?, pengaturan apa yang tidak benar?.
>
>
>
> Trus saya bilang begini :
>
> > Coba buka file2 dari windows explorer -> setelah terbuka, ke menu File
> -> pilih Open -> pilih file1 -> tekan Open -> File1 terbuka
>
> > setelah itu ke file2 dan coba buat formula...
>
> Setelah itu hening deh... gak tahu yang crita trus ngapain....
>
> Padahal saya juga mau bilang begini :
>
> > Mungkin waktu itu membuka file1 dan file2 dari windows explorer
> langsung, alias tidak melalui menu File Open yang ada di Excel setelah
> membuka salah satu file
>
> > kalau memang demikian, berarti Excel-nya di set di windows registry
> untuk selalu membuka Excel file dari windows Explorer ke dalam instance baru
>
> > jadi file1 ada di instance aplikasi Excel pertama, lalu file2 ada di
> instance aplikasi Excel kedua
>
> > kalau buka task manager, akan tampak 2 aplikasi Excel running, dengan
> masing-masing aplikasi berisi 1 workbook yang terbuka.
>
> > mungkin loh ya....
>
> > Kalau akan mengubah settingan ini, biasanya melalui windows registry,
> > ke HKEY_Classes_Root (HKCR), cari Excel.Sheet.12 -> folder shell ->
> folder open -> klik kanan item default -> modify -> hapus bunyi "%1"
> (termasuk petiknya dihapus)
>
> > Kadang-kadang, item Command, di-rename jadi CommandN (N bisa berupa
> bilangan positif)
>
> > Seringnya, di folder shell juga ada folder ddeexec, nah folder ini juga
> direname jadi ddeexecN (N bisa berupa bilangan positif)
>
> > Cari juga ekstensi Excel file lainnya, seperti cari Excel..Sheet...8
> untuk file .xls, atau Excel.SheetBinaryblabla.12 (.xlsb) atau
> Excel.SheetMacrobla.12 (.xlsm), dan sebagainya, kemudian lakukan proses di
> folder shell dan ddeexec seperti di atas tadi
>
> Regards,
>
> Kid
>
>
>
>
>
>
>
>
>
> 2018-03-09 16:45 GMT+07:00 'Dede Sulaeman' pmaho_ss9@pinusmerahabadi.co.id
> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
>
> Dear Be-Exceller,
>
>
>
> Mohon masukannya.
>
> Ini soal cerita, dan begini ceritanya.
>
>
>
> Saya punya dua file, *File1* (DataBase) dan *File2 *(Output)*.*
>
> Saya mau buat formula VLookUp di File2 cell B3.
>
> Saya ketik di cell B3 *=Vlookup(A3, "**kemudian saya buka File1"* .
> eeeeeh formulanya *lepas*. (seolah-olah saya buka File1 saja tidak sedang
> buat formula)
>
> Kenapa bisa bigitu yah?, pengaturan apa yang tidak benar?.
>
>
>
> Salam,
>
> DD
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>

Mon Mar 12, 2018 3:32 am (PDT) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Menggunakan contoh Awal (sheet one-input dan sheet two-output)
Langkah Pendahuluan (deklarasi Variabel dan setting baris terkahir)'Deklarasi VariabelDim lastrow As Long, erow As Long'Setting baris akhir Sheet(one") dan Sheet('two")
lastrow = Sheets("one").Cells(Rows.Count, "A").End(xlUp).Rowerow = Sheets("two").Cells(Rows.Count, "A").End(xlUp).Row + 1
Langkah 1 s/d 2'Copy Sheet("one").Range("A2:E" & lastrow) ke Sheets("two").Range("A" & erow)Sheets("one").Range("A2:E" & lastrow).Copy Sheets("two").Range("A" & erow)
Langkah 3'Kembali ke Sheet("one") dan Hapus data pada Sheet(one")Sheets("one").SelectSheets("one").Range("A2:E" & lastrow).ClearContents
Langkah 4'Kembali ke Range("A2")Range("A2").Select
Selamat mencoba.
Salam,HK

On Monday, 12 March 2018, 4:38:02 PM GMT+7, Cari Kebenaran cahayailmu71@gmail.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:

 

Terima kasih atas respon Pak Hendrik dan Pak Kid.
Menyambung pertanyaan dari Pak Kid:
Kid : Ini kasus copy semua record semua kolom (tanpa header) dari sheet inputan ke baris baru di sheet data ?
Jawaban saya: YA. tetapi yang dicopy cuma nilai (value) saja. 
Langkah-langkahnya:
Kita anggap ada dua sheet dalam workbook saya, yaitu sheet INPUTAN dan sheet DATA
1. Di sheet INPUTAN saya blok semua record (header tabel TIDAK ikut diblok).. Lalu klik kanan, pilih Copy2. Klik sheet DATA, letakkan cursor di cell A2 (cell A1 ada header tabel). Klik kanan, di Paste option pilih Value3. Setelah record tercopy/paste di sheet DATA, maka cursor kembali ke sheet INPUTAN untuk menghapus semua record yang sudah dimasukkan ke sheet DATA.4. Masih di sheet INPUTAN, klik cell A2  (untuk bersiap-siap memasukkan/mengetik data baru. 5. Anggap ada data baru dan selesai diketik di sheet INPUTAN. Maka lakukan lagi langkah 1 dan 2, tapi ingat letakkan data baru (record-record baru) itu di bawah baris yang sudah terisi di sheet DATA. 6. Begitu seterusnya.
Agar tambah jelas, saya lampirkan ilustrasi yang saya anggap mewakili maksud saya.
Terima kasih. 

2018-03-12 15:21 GMT+07:00 hendrik karnadi hendrikkarnadi@yahoo.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

 

Coba buat code ini:'Deklarasi Variabel 1 baris Code
'Setting lastrow dan erow2 baris Code      'Copy Sheet("one").Range("A2:A" & lasrow & ",C2:C" & lastrow)'ke Sheets("two").Range("A" & erow)1 baris Code (boleh pake tanda sambung kalau kepanjangan)
Selamat mencoba.
Salam,HK

----- Forwarded message ----- From: 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com >To: BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com >Sent: Monday, 12 March 2018, 1:29:35 PM GMT+7Subject: Re: [belajar-excel] VBA Code tidak Jalan
 

Wa'alaikumussalam wr wb

Ini kasus copy semua record semua kolom (tanpa header) dari sheet inputan ke baris baru di sheet data ?
Kalau memang begitu, JANGAN pakai script yang Anda dapatkan dari internet itu...

Kalau Anda mau mencoba membuatnya sendiri yang lebih bagus daripada yang di internet itu, coba jelaskan langkah manual meng-copy dan paste itu....
berurutan ya... seperti :
1. saya blok dulu area data yang bagian ini dengan cara : klik ini lalu tekan ini dan itu
2. saya copy dengan menekan CTRL C
3. ke sheet data, lalu bla-blabla dengan cara bliblibli
4. saya paste dengan CTRL V
5. lalu begini
6. lalu begitu
7. dst
..
..
N. selesai

Tapi kalau gak mau juga gpp kok...

Wassalamu'alaikum wr wb
Kid

2018-03-11 17:09 GMT+07:00 Cari Kebenaran cahayailmu71@gmail.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com >:

 

Assalamu'alaikum
Kepada para master dan anggota milis. Tolong saya dibantu untuk menemukan kesalahan VBA code yang saya sertakan dalam email ini. Kode tersebut untuk melakukan copy paste antar sheet, tetapi tidak jalan di PC saya. Sekali lagi tolong dibetulkan kesalahannya dimana/apa. Untuk diketahui, code tersebut saya dapat di youtube. Di videonya bisa jalan, tetapi di komputer saya tidak jalan.. Ini link videonya:
https://www.youtube.com/watch? v=_2h2Buzhcf4

Demikian atas bantuannya disampaikan terima kasih.
 
Assalamu'alaikum

Mon Mar 12, 2018 3:37 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Ok baiklah...

0. Kita anggap ada dua sheet dalam workbook saya, yaitu sheet INPUTAN dan
sheet DATA
> artinya, tidak ada Excel Table Object di dalam sheet. Jadi data adalah
disuatu area range.
> dari gambar,
- sheet bernama New (sebagai sheet INPUTAN) : (lokasi copy)
-> header 1 baris saja di baris 1 Excel, mulai kolom A sampai kolom C
(3 kolom)
-> records-nya rapat mulai baris 2 Excel.
- sheet bernama Data (sebagai sheet DATA) : (lokasi paste)
-> header 1 baris saja di baris 1 Excel, mulai kolom A sampai kolom C
(3 kolom)
-> records-nya rapat mulai baris 2 Excel.

1. Di sheet INPUTAN saya blok semua record (header tabel TIDAK ikut
diblok). Lalu klik kanan, pilih Copy
> setara dengan kegiatan berikut :
klik sheet bernama New
-> Sheets("New").
klik header di kolom pertama data (A1) ->
Range("a1").
lalu tekan CTRL A (select all),
-> CurrentRegion.
lalu area yang terblok digeser turun 1 baris Excel (offset +1
baris dan 0 kolom), -> Offset( 1 , 0 ).
kemudian CTRL C (copy) ->
Copy
> jadi di dapat 1 baris kode :
Sheets("New").Range("a1").CurrentRegion.Offset(1,0).Copy

2. Klik sheet DATA, letakkan cursor di cell A2 (cell A1 ada header tabel).
Klik kanan, di Paste option pilih Value
5. Anggap ada data baru dan selesai diketik di sheet INPUTAN. Maka lakukan
lagi langkah 1 dan 2, tapi ingat letakkan data baru (record-record baru)
itu di bawah baris yang sudah terisi di sheet DATA.
> dua proses ini berarti selalu *paste values* di baris baru di sheet data.
> Kegiatan yang setara adalah :
ke sheet bernama
Data
-> Sheets("Data").
menuju baris terakhir Excel di kolom A (header pertama di kolom
A) -> Cells(
Sheets("Data").Rows.Count , "A" ).
naik ke data terakhir dengan CTRL panah ke
atas
-> End(xlUp).
lalu dari cells terakhir berisi data dilakukan turun 1 baris
Excel (offset +1 baris dan 0 kolom) -> Offset( 1 , 0 ).
kemudian klik kanan pilih *paste special* dan pilih *values *diakhir
tekan OK -> PasteSpecial xlPasteValues
> jadi di dapat 1 baris kode :
Sheets("Data").Cells( Sheets("Data").Rows.Count , "A"
).End(xlUp).Offset(1,0).PasteSpecial xlPasteValues

***** dengan 2 baris kode, sudah selesai proses copy paste
***** lebih simpel dan bagus daripada yang di dapat dari internet yang
diposting itu kan..

3. Setelah record tercopy/paste di sheet DATA, maka cursor kembali ke sheet
INPUTAN untuk menghapus semua record yang sudah dimasukkan ke sheet DATA.
> ini berarti menghapus isi area sheet New yang di-copy tadi kan... bedanya
hanya kegiatan yang dilakukan, yaitu berubah dari CTRL C menjadi menekan
tombol DELETE di keyboard
klik sheet bernama New
-> Sheets("New").
klik header di kolom pertama data (A1) ->
Range("a1").
lalu tekan CTRL A (select all),
-> CurrentRegion.
lalu area yang terblok digeser turun 1 baris Excel (offset +1
baris dan 0 kolom), -> Offset( 1 , 0 ).
tekan tombol DELETE di keyboard ->
ClearContents
> jadi di dapat 1 baris kode :
Sheets("New").Range("a1").CurrentRegion.Offset(1,0).ClearContents

4. Masih di sheet INPUTAN, klik cell A2 (untuk bersiap-siap
memasukkan/mengetik data baru.
> ini berarti menuju ke header di kolom pertama di sheet bernama New, lalu
aktifkan cells A2
CTRL G lalu tulis alamat cells A1 (header pertama di A1)
beserta lokasi sheet-nya tekan OK -> Application.Goto
Sheets("New").Range("A1") , TRUE
klik cells A2 agar menjadi cells
aktif
-> Sheets("New").Range("A2").Activate
> dapat 2 baris kode :
Application.Goto Sheets("New").Range("A1") , TRUE
Sheets("New").Range("A2").Activate

6. Begitu seterusnya.
> di VBE, buat sebuah procedure di sebuah general module, lalu isi dengan
baris-baris kode di atas
> kemudian di worksheet, buat sebuah shape lalu assign macro ke prosedur
yang telah dibuat tadi

*** Syarat dan ketentuan berlaku
(lihat bagian 0.)

Regards,
Kid

2018-03-12 15:59 GMT+07:00 Cari Kebenaran cahayailmu71@gmail.com
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Terima kasih atas respon Pak Hendrik dan Pak Kid.
>
> Menyambung pertanyaan dari Pak Kid:
>
> Kid : Ini kasus copy semua record semua kolom (tanpa header) dari sheet
> inputan ke baris baru di sheet data ?
>
> Jawaban saya: YA. tetapi yang dicopy cuma nilai (value) saja.
>
> Langkah-langkahnya:
>
> Kita anggap ada dua sheet dalam workbook saya, yaitu sheet INPUTAN dan
> sheet DATA
>
> 1. Di sheet INPUTAN saya blok semua record (header tabel TIDAK ikut
> diblok). Lalu klik kanan, pilih Copy
> 2. Klik sheet DATA, letakkan cursor di cell A2 (cell A1 ada header tabel).
> Klik kanan, di Paste option pilih Value
> 3. Setelah record tercopy/paste di sheet DATA, maka cursor kembali ke
> sheet INPUTAN untuk menghapus semua record yang sudah dimasukkan ke sheet
> DATA.
> 4. Masih di sheet INPUTAN, klik cell A2 (untuk bersiap-siap
> memasukkan/mengetik data baru.
> 5. Anggap ada data baru dan selesai diketik di sheet INPUTAN. Maka lakukan
> lagi langkah 1 dan 2, tapi ingat letakkan data baru (record-record baru)
> itu di bawah baris yang sudah terisi di sheet DATA.
> 6. Begitu seterusnya.
>
> Agar tambah jelas, saya lampirkan ilustrasi yang saya anggap mewakili
> maksud saya.
>
> Terima kasih.
>
>
> 2018-03-12 15:21 GMT+07:00 hendrik karnadi hendrikkarnadi@yahoo.com
> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>>
>>
>> Coba buat code ini:
>> 'Deklarasi Variabel
>> 1 baris Code
>>
>> 'Setting lastrow dan erow
>> 2 baris Code
>>
>> 'Copy Sheet("one").Range("A2:A" & lasrow & ",C2:C" & lastrow)
>> 'ke Sheets("two").Range("A" & erow)
>> 1 baris Code (boleh pake tanda sambung kalau kepanjangan)
>>
>> Selamat mencoba.
>>
>> Salam,
>> HK
>>
>>
>> ----- Forwarded message -----
>> *From:* 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel] <
>> belajar-excel@yahoogroups.com>
>> *To:* BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com>
>> *Sent:* Monday, 12 March 2018, 1:29:35 PM GMT+7
>> *Subject:* Re: [belajar-excel] VBA Code tidak Jalan
>>
>>
>>
>> Wa'alaikumussalam wr wb
>>
>> Ini kasus copy semua record semua kolom (tanpa header) dari sheet inputan
>> ke baris baru di sheet data ?
>> Kalau memang begitu, JANGAN pakai script yang Anda dapatkan dari internet
>> itu...
>>
>> Kalau Anda mau mencoba membuatnya sendiri yang lebih bagus daripada yang
>> di internet itu, coba jelaskan langkah manual meng-copy dan paste itu....
>> berurutan ya... seperti :
>> 1. saya blok dulu area data yang bagian ini dengan cara : klik ini lalu
>> tekan ini dan itu
>> 2. saya copy dengan menekan CTRL C
>> 3. ke sheet data, lalu bla-blabla dengan cara bliblibli
>> 4. saya paste dengan CTRL V
>> 5. lalu begini
>> 6. lalu begitu
>> 7. dst
>> .
>> .
>> N. selesai
>>
>> Tapi kalau gak mau juga gpp kok...
>>
>> Wassalamu'alaikum wr wb
>> Kid
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>> 2018-03-11 17:09 GMT+07:00 Cari Kebenaran cahayailmu71@gmail.com
>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>>
>>
>>
>> Assalamu'alaikum
>>
>> Kepada para master dan anggota milis. Tolong saya dibantu untuk menemukan
>> kesalahan VBA code yang saya sertakan dalam email ini. Kode tersebut untuk
>> melakukan copy paste antar sheet, tetapi tidak jalan di PC saya. Sekali
>> lagi tolong dibetulkan kesalahannya dimana/apa. Untuk diketahui, code
>> tersebut saya dapat di youtube. Di videonya bisa jalan, tetapi di komputer
>> saya tidak jalan.. Ini link videonya:
>>
>> https://www.youtube.com/watch? v=_2h2Buzhcf4
>> <https://www.youtube.com/watch?v=_2h2Buzhcf4>
>>
>> Demikian atas bantuannya disampaikan terima kasih.
>>
>>
>>
>> Assalamu'alaikum
>>
>>
>>
>
>
============================================================
Pojok Lowongan Kerja yang disediakan milis :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/Pojok-Lowongan-Kerja-f5725753.html
*** Posting lowongan kerja : ke link tersebut dan klik New Topic
============================================================
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke: belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke: belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis : http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran : http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di : http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe), kirim mail kosong ke : belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar