8 Messages
Digest #2881
2e
Bls: [belajar-excel] Urutkan Nomor dan Keterangan [1 Attachment] by "Lazuardi Biru" lazuardi_biru84
Messages
Fri Apr 18, 2014 11:29 am (PDT) . Posted by:
"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
Hai Haris,
Mungkin file yang ada disini
<https://app.box.com/s/sjeetpt3x9wfzn1wngaf>bisa menjadi awalan untuk
dikembangkan lebih lanjut.
Wassalam,
Kid.
2014-04-18 9:23 GMT+07:00 Haris Rifai <haris.rifai@yahoo.co.id>:
>
>
> Dear para Master Excel.
>
> Saya ingin membuat tampilan menu pada userform yang saya buat bisa seperti
> yang dibuat oleh programer handal... hehehe....
>
> Langsung saja nih.. Maksud saya adalah saya ingin membuat dropdown di
> dalam dropdown. Untuk memperjelas yang saya maksudkan berikut saya
> lampirkan ilustrasinya.
>
> Mohon share & arahannya.
>
> Terimakasih.
> Haris.
>
>
>
Mungkin file yang ada disini
<https://app.box.com/s/sjeetpt3x9wfzn1wngaf>bisa menjadi awalan untuk
dikembangkan lebih lanjut.
Wassalam,
Kid.
2014-04-18 9:23 GMT+07:00 Haris Rifai <haris.rifai@yahoo.co.id>:
>
>
> Dear para Master Excel.
>
> Saya ingin membuat tampilan menu pada userform yang saya buat bisa seperti
> yang dibuat oleh programer handal... hehehe....
>
> Langsung saja nih.. Maksud saya adalah saya ingin membuat dropdown di
> dalam dropdown. Untuk memperjelas yang saya maksudkan berikut saya
> lampirkan ilustrasinya.
>
> Mohon share & arahannya.
>
> Terimakasih.
> Haris.
>
>
>
Fri Apr 18, 2014 5:50 pm (PDT) . Posted by:
"Haris Rifai" haris.rifai
Dear Mr. Kid & Pak Hendrik.
Mr. Kid, terimaksih untuk link sample-nya, sesuai yang saya maksud.
Pak Hendrik, terimaksih jg untuk sarannya, saya akan coba utak-atik warisan dari Mbak Siti.
Semoga kita bisa ketemu di Kopdar Mei mendatang.
Wassalam.
Haris.
Pada Sabtu, 19 April 2014 1:30, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> menulis:
Hai Haris,
Mungkin file yang ada disini bisa menjadi awalan untuk dikembangkan lebih lanjut.
Wassalam,
Kid.
2014-04-18 9:23 GMT+07:00 Haris Rifai <haris.rifai@yahoo.co.id>:
>
>Dear para Master Excel.
>
>
>Saya ingin membuat tampilan menu pada userform yang saya buat bisa seperti yang dibuat oleh programer handal... hehehe....
>
>
>Langsung saja nih.. Maksud saya adalah saya ingin membuat dropdown di dalam dropdown. Untuk memperjelas yang saya maksudkan berikut saya lampirkan ilustrasinya.
>
>
>Mohon share & arahannya.
>
>
>Terimakasih.
>Haris.
Mr. Kid, terimaksih untuk link sample-nya, sesuai yang saya maksud.
Pak Hendrik, terimaksih jg untuk sarannya, saya akan coba utak-atik warisan dari Mbak Siti.
Semoga kita bisa ketemu di Kopdar Mei mendatang.
Wassalam.
Haris.
Pada Sabtu, 19 April 2014 1:30, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> menulis:
Hai Haris,
Mungkin file yang ada disini bisa menjadi awalan untuk dikembangkan lebih lanjut.
Wassalam,
Kid.
2014-04-18 9:23 GMT+07:00 Haris Rifai <haris.rifai@yahoo.co.id>:
>
>Dear para Master Excel.
>
>
>Saya ingin membuat tampilan menu pada userform yang saya buat bisa seperti yang dibuat oleh programer handal... hehehe....
>
>
>Langsung saja nih.. Maksud saya adalah saya ingin membuat dropdown di dalam dropdown. Untuk memperjelas yang saya maksudkan berikut saya lampirkan ilustrasinya.
>
>
>Mohon share & arahannya.
>
>
>Terimakasih.
>Haris.
Fri Apr 18, 2014 4:18 pm (PDT) . Posted by:
"Zerlinda Seismica" seismica
Asswrwb
Adakah formula untuk mengurutkan angka beserta keterangan yang menyertainya seperti lampiran berikut...
Wassalam
Seismica
Adakah formula untuk mengurutkan angka beserta keterangan yang menyertainya seperti lampiran berikut...
Wassalam
Seismica
Fri Apr 18, 2014 4:38 pm (PDT) . Posted by:
"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
Wa'alaikumussalam Wr. Wb.
Pada file terlampir, dibuat sebuah kolom bantu posisi nomor record awal
setiap blok. Kemudian pada tabel hasil kolom pertama disusun nomor urut
sesuai nomor awal setiap blok dengan fungsi Index Match yang merujuk ke
kolom bantu di sisi tabel data. Kolom informasi (kolom-kolom properti)
diambil berdasarkan nomor urut di kolom pertama tabel hasil dengan fungsi
LookUp.
Andaikan tabel sumber data menggunakan fitur Excel Table (lihat di ribbon
Home -> group Styles) maka formula kolom bantunya akan dikelola oleh Excel
setiap kali ada penambahan atau pengurangan record (Excel Table akan
membuat rujukan formula di tabel hasil menjadi dinamis dengan sendirinya
jika digunakan). Pada sisi tabel hasil, setiap rujukan ke tabel sumber data
diubah (diblok ulang setelah pembuatan Excel Table melalui fitur Excel
Table yang ada di ribbon Home -> Styles) akan membuat rujukan tersebut
menjadi dinamis mengikuti jumlah record di tabel sumber data.
Formula yang telah tersusun di sebuah sheet, bisa di copy paste ke sheet
lain setelah diperiksa bahwa formula yang ada berjalan sesuai kebutuhan
secara konsisten pada sebanyak mungkin keadaan. Jumlah record berformula di
tabel hasil tidak dapat diatur secara dinamis kecuali dengan VBA. Jika
menggunakan VBA, maka perlu uji coba dan pengataman yang seksama dalam hal
kecepatan proses mengerjakan dengan VBA secara utuh atau proses VBA untuk
meng-copy formula universal yang ada sebanyak baris hasil yang dibutuhkan.
:)
Selamat mengembangkannya...
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Kid.
2014-04-19 5:05 GMT+07:00 Zerlinda Seismica <seismica@yahoo.com>:
>
>
> Asswrwb
>
> Adakah formula untuk mengurutkan angka beserta keterangan yang
> menyertainya seperti lampiran berikut...
>
> Wassalam
>
> Seismica
>
>
>
Pada file terlampir, dibuat sebuah kolom bantu posisi nomor record awal
setiap blok. Kemudian pada tabel hasil kolom pertama disusun nomor urut
sesuai nomor awal setiap blok dengan fungsi Index Match yang merujuk ke
kolom bantu di sisi tabel data. Kolom informasi (kolom-kolom properti)
diambil berdasarkan nomor urut di kolom pertama tabel hasil dengan fungsi
LookUp.
Andaikan tabel sumber data menggunakan fitur Excel Table (lihat di ribbon
Home -> group Styles) maka formula kolom bantunya akan dikelola oleh Excel
setiap kali ada penambahan atau pengurangan record (Excel Table akan
membuat rujukan formula di tabel hasil menjadi dinamis dengan sendirinya
jika digunakan). Pada sisi tabel hasil, setiap rujukan ke tabel sumber data
diubah (diblok ulang setelah pembuatan Excel Table melalui fitur Excel
Table yang ada di ribbon Home -> Styles) akan membuat rujukan tersebut
menjadi dinamis mengikuti jumlah record di tabel sumber data.
Formula yang telah tersusun di sebuah sheet, bisa di copy paste ke sheet
lain setelah diperiksa bahwa formula yang ada berjalan sesuai kebutuhan
secara konsisten pada sebanyak mungkin keadaan. Jumlah record berformula di
tabel hasil tidak dapat diatur secara dinamis kecuali dengan VBA. Jika
menggunakan VBA, maka perlu uji coba dan pengataman yang seksama dalam hal
kecepatan proses mengerjakan dengan VBA secara utuh atau proses VBA untuk
meng-copy formula universal yang ada sebanyak baris hasil yang dibutuhkan.
:)
Selamat mengembangkannya...
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Kid.
2014-04-19 5:05 GMT+07:00 Zerlinda Seismica <seismica@yahoo.com>:
>
>
> Asswrwb
>
> Adakah formula untuk mengurutkan angka beserta keterangan yang
> menyertainya seperti lampiran berikut...
>
> Wassalam
>
> Seismica
>
>
>
Fri Apr 18, 2014 5:57 pm (PDT) . Posted by:
"Zerlinda Seismica" seismica
Alhamdulilah...sdh mulai tercerahkan formulanya Mas Kid..mohon bisa dibantu sekalian design Excel Tablenya Mas Kid, trus terang saya ga begitu familiar.biasanya cuma oprek-oprek formula saja.smoga saya bisa mengerti step-step pake Excel Table yang dibuatkan Mas Kid..
Wassalam
Seismica
Pada Sabtu, 19 April 2014 6:38, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> menulis:
Wa'alaikumussalam Wr. Wb.
Pada file terlampir, dibuat sebuah kolom bantu posisi nomor record awal setiap blok. Kemudian pada tabel hasil kolom pertama disusun nomor urut sesuai nomor awal setiap blok dengan fungsi Index Match yang merujuk ke kolom bantu di sisi tabel data. Kolom informasi (kolom-kolom properti) diambil berdasarkan nomor urut di kolom pertama tabel hasil dengan fungsi LookUp.
Andaikan tabel sumber data menggunakan fitur Excel Table (lihat di ribbon Home -> group Styles) maka formula kolom bantunya akan dikelola oleh Excel setiap kali ada penambahan atau pengurangan record (Excel Table akan membuat rujukan formula di tabel hasil menjadi dinamis dengan sendirinya jika digunakan). Pada sisi tabel hasil, setiap rujukan ke tabel sumber data diubah (diblok ulang setelah pembuatan Excel Table melalui fitur Excel Table yang ada di ribbon Home -> Styles) akan membuat rujukan tersebut menjadi dinamis mengikuti jumlah record di tabel sumber data.
Formula yang telah tersusun di sebuah sheet, bisa di copy paste ke sheet lain setelah diperiksa bahwa formula yang ada berjalan sesuai kebutuhan secara konsisten pada sebanyak mungkin keadaan. Jumlah record berformula di tabel hasil tidak dapat diatur secara dinamis kecuali dengan VBA. Jika menggunakan VBA, maka perlu uji coba dan pengataman yang seksama dalam hal kecepatan proses mengerjakan dengan VBA secara utuh atau proses VBA untuk meng-copy formula universal yang ada sebanyak baris hasil yang dibutuhkan.
:)
Selamat mengembangkannya...
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Kid.
2014-04-19 5:05 GMT+07:00 Zerlinda Seismica <seismica@yahoo.com>:
>
>Asswrwb
>
>
>Adakah formula untuk mengurutkan angka beserta keterangan yang menyertainya seperti lampiran berikut...
>
>
>Wassalam
>
>
>Seismica
>
Wassalam
Seismica
Pada Sabtu, 19 April 2014 6:38, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> menulis:
Wa'alaikumussalam Wr. Wb.
Pada file terlampir, dibuat sebuah kolom bantu posisi nomor record awal setiap blok. Kemudian pada tabel hasil kolom pertama disusun nomor urut sesuai nomor awal setiap blok dengan fungsi Index Match yang merujuk ke kolom bantu di sisi tabel data. Kolom informasi (kolom-kolom properti) diambil berdasarkan nomor urut di kolom pertama tabel hasil dengan fungsi LookUp.
Andaikan tabel sumber data menggunakan fitur Excel Table (lihat di ribbon Home -> group Styles) maka formula kolom bantunya akan dikelola oleh Excel setiap kali ada penambahan atau pengurangan record (Excel Table akan membuat rujukan formula di tabel hasil menjadi dinamis dengan sendirinya jika digunakan). Pada sisi tabel hasil, setiap rujukan ke tabel sumber data diubah (diblok ulang setelah pembuatan Excel Table melalui fitur Excel Table yang ada di ribbon Home -> Styles) akan membuat rujukan tersebut menjadi dinamis mengikuti jumlah record di tabel sumber data.
Formula yang telah tersusun di sebuah sheet, bisa di copy paste ke sheet lain setelah diperiksa bahwa formula yang ada berjalan sesuai kebutuhan secara konsisten pada sebanyak mungkin keadaan. Jumlah record berformula di tabel hasil tidak dapat diatur secara dinamis kecuali dengan VBA. Jika menggunakan VBA, maka perlu uji coba dan pengataman yang seksama dalam hal kecepatan proses mengerjakan dengan VBA secara utuh atau proses VBA untuk meng-copy formula universal yang ada sebanyak baris hasil yang dibutuhkan.
:)
Selamat mengembangkannya...
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Kid.
2014-04-19 5:05 GMT+07:00 Zerlinda Seismica <seismica@yahoo.com>:
>
>Asswrwb
>
>
>Adakah formula untuk mengurutkan angka beserta keterangan yang menyertainya seperti lampiran berikut...
>
>
>Wassalam
>
>
>Seismica
>
Fri Apr 18, 2014 7:24 pm (PDT) . Posted by:
"Zerlinda Seismica" seismica
Oh iya mas Kid dan suhu yang lainnya...data yang saya kirimkan berupa urutan dari nilai kecil ke besar, padahla aktualnya ada urutan dari besar ke kecil.gimana cara mengakali jika di baris data tersebut ada data menurun.
Seperti kasus berikut...
Wassalam
Seismica
Pada Sabtu, 19 April 2014 7:52, Zerlinda Seismica <seismica@yahoo.com> menulis:
Alhamdulilah...sdh mulai tercerahkan formulanya Mas Kid..mohon bisa dibantu sekalian design Excel Tablenya Mas Kid, trus terang saya ga begitu familiar.biasanya cuma oprek-oprek formula saja.smoga saya bisa mengerti step-step pake Excel Table yang dibuatkan Mas Kid..
Wassalam
Seismica
Pada Sabtu, 19 April 2014 6:38, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> menulis:
Wa'alaikumussalam Wr. Wb.
Pada file terlampir, dibuat sebuah kolom bantu posisi nomor record awal setiap blok. Kemudian pada tabel hasil kolom pertama disusun nomor urut sesuai nomor awal setiap blok dengan fungsi Index Match yang merujuk ke kolom bantu di sisi tabel data. Kolom informasi (kolom-kolom properti) diambil berdasarkan nomor urut di kolom pertama tabel hasil dengan fungsi LookUp.
Andaikan tabel sumber data menggunakan fitur Excel Table (lihat di ribbon Home -> group Styles) maka formula kolom bantunya akan dikelola oleh Excel setiap kali ada penambahan atau pengurangan record (Excel Table akan membuat rujukan formula di tabel hasil menjadi dinamis dengan sendirinya jika digunakan). Pada sisi tabel hasil, setiap rujukan ke tabel sumber data diubah (diblok ulang setelah pembuatan Excel Table melalui fitur Excel Table yang ada di ribbon Home -> Styles) akan membuat rujukan tersebut menjadi dinamis mengikuti jumlah record di tabel sumber data.
Formula yang telah tersusun di sebuah sheet, bisa di copy paste ke sheet lain setelah diperiksa bahwa formula yang ada berjalan sesuai kebutuhan secara konsisten pada sebanyak mungkin keadaan. Jumlah record berformula di tabel hasil tidak dapat diatur secara dinamis kecuali dengan VBA. Jika menggunakan VBA, maka perlu uji coba dan pengataman yang seksama dalam hal kecepatan proses mengerjakan dengan VBA secara utuh atau proses VBA untuk meng-copy formula universal yang ada sebanyak baris hasil yang dibutuhkan.
:)
Selamat mengembangkannya...
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Kid.
2014-04-19 5:05 GMT+07:00 Zerlinda Seismica <seismica@yahoo.com>:
>
>Asswrwb
>
>
>Adakah formula untuk mengurutkan angka beserta keterangan yang menyertainya seperti lampiran berikut...
>
>
>Wassalam
>
>
>Seismica
>
Seperti kasus berikut...
Wassalam
Seismica
Pada Sabtu, 19 April 2014 7:52, Zerlinda Seismica <seismica@yahoo.com> menulis:
Alhamdulilah...sdh mulai tercerahkan formulanya Mas Kid..mohon bisa dibantu sekalian design Excel Tablenya Mas Kid, trus terang saya ga begitu familiar.biasanya cuma oprek-oprek formula saja.smoga saya bisa mengerti step-step pake Excel Table yang dibuatkan Mas Kid..
Wassalam
Seismica
Pada Sabtu, 19 April 2014 6:38, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> menulis:
Wa'alaikumussalam Wr. Wb.
Pada file terlampir, dibuat sebuah kolom bantu posisi nomor record awal setiap blok. Kemudian pada tabel hasil kolom pertama disusun nomor urut sesuai nomor awal setiap blok dengan fungsi Index Match yang merujuk ke kolom bantu di sisi tabel data. Kolom informasi (kolom-kolom properti) diambil berdasarkan nomor urut di kolom pertama tabel hasil dengan fungsi LookUp.
Andaikan tabel sumber data menggunakan fitur Excel Table (lihat di ribbon Home -> group Styles) maka formula kolom bantunya akan dikelola oleh Excel setiap kali ada penambahan atau pengurangan record (Excel Table akan membuat rujukan formula di tabel hasil menjadi dinamis dengan sendirinya jika digunakan). Pada sisi tabel hasil, setiap rujukan ke tabel sumber data diubah (diblok ulang setelah pembuatan Excel Table melalui fitur Excel Table yang ada di ribbon Home -> Styles) akan membuat rujukan tersebut menjadi dinamis mengikuti jumlah record di tabel sumber data.
Formula yang telah tersusun di sebuah sheet, bisa di copy paste ke sheet lain setelah diperiksa bahwa formula yang ada berjalan sesuai kebutuhan secara konsisten pada sebanyak mungkin keadaan. Jumlah record berformula di tabel hasil tidak dapat diatur secara dinamis kecuali dengan VBA. Jika menggunakan VBA, maka perlu uji coba dan pengataman yang seksama dalam hal kecepatan proses mengerjakan dengan VBA secara utuh atau proses VBA untuk meng-copy formula universal yang ada sebanyak baris hasil yang dibutuhkan.
:)
Selamat mengembangkannya...
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Kid.
2014-04-19 5:05 GMT+07:00 Zerlinda Seismica <seismica@yahoo.com>:
>
>Asswrwb
>
>
>Adakah formula untuk mengurutkan angka beserta keterangan yang menyertainya seperti lampiran berikut...
>
>
>Wassalam
>
>
>Seismica
>
Fri Apr 18, 2014 8:54 pm (PDT) . Posted by:
"Lazuardi Biru" lazuardi_biru84
wa'alaikum salam wr.wb
mbak zearlinda..
jika nomor di hasil tidak merupakan nomor awal dan nomor akir di data sumber.
mungkin file terlampir bisa jadi solusi..
formula dari pak abimono dari milis sebelah.
salam
lb
Pada Sabtu, 19 April 2014 9:24, Zerlinda Seismica <seismica@yahoo.com> menulis:
Oh iya mas Kid dan suhu yang lainnya...data yang saya kirimkan berupa urutan dari nilai kecil ke besar, padahla aktualnya ada urutan dari besar ke kecil.gimana cara mengakali jika di baris data tersebut ada data menurun.
Seperti kasus berikut...
Wassalam
Seismica
Pada Sabtu, 19 April 2014 7:52, Zerlinda Seismica <seismica@yahoo.com> menulis:
Alhamdulilah...sdh mulai tercerahkan formulanya Mas Kid..mohon bisa dibantu sekalian design Excel Tablenya Mas Kid, trus terang saya ga begitu familiar.biasanya cuma oprek-oprek formula saja.smoga saya bisa mengerti step-step pake Excel Table yang dibuatkan Mas Kid..
Wassalam
Seismica
Pada Sabtu, 19 April 2014 6:38, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> menulis:
Wa'alaikumussalam Wr. Wb.
Pada file terlampir, dibuat sebuah kolom bantu posisi nomor record awal setiap blok. Kemudian pada tabel hasil kolom pertama disusun nomor urut sesuai nomor awal setiap blok dengan fungsi Index Match yang merujuk ke kolom bantu di sisi tabel data. Kolom informasi (kolom-kolom properti) diambil berdasarkan nomor urut di kolom pertama tabel hasil dengan fungsi LookUp.
Andaikan tabel sumber data menggunakan fitur Excel Table (lihat di ribbon Home -> group Styles) maka formula kolom bantunya akan dikelola oleh Excel setiap kali ada penambahan atau pengurangan record (Excel Table akan membuat rujukan formula di tabel hasil menjadi dinamis dengan sendirinya jika digunakan). Pada sisi tabel hasil, setiap rujukan ke tabel sumber data diubah (diblok ulang setelah pembuatan Excel Table melalui fitur Excel Table yang ada di ribbon Home -> Styles) akan membuat rujukan tersebut menjadi dinamis mengikuti jumlah record di tabel sumber data.
Formula yang telah tersusun di sebuah sheet, bisa di copy paste ke sheet lain setelah diperiksa bahwa formula yang ada berjalan sesuai kebutuhan secara konsisten pada sebanyak mungkin keadaan. Jumlah record berformula di tabel hasil tidak dapat diatur secara dinamis kecuali dengan VBA. Jika menggunakan VBA, maka perlu uji coba dan pengataman yang seksama dalam hal kecepatan proses mengerjakan dengan VBA secara utuh atau proses VBA untuk meng-copy formula universal yang ada sebanyak baris hasil yang dibutuhkan.
:)
Selamat mengembangkannya...
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Kid.
2014-04-19 5:05 GMT+07:00 Zerlinda Seismica <seismica@yahoo.com>:
>
>Asswrwb
>
>
>Adakah formula untuk mengurutkan angka beserta keterangan yang menyertainya seperti lampiran berikut...
>
>
>Wassalam
>
>
>Seismica
>
mbak zearlinda..
jika nomor di hasil tidak merupakan nomor awal dan nomor akir di data sumber.
mungkin file terlampir bisa jadi solusi..
formula dari pak abimono dari milis sebelah.
salam
lb
Pada Sabtu, 19 April 2014 9:24, Zerlinda Seismica <seismica@yahoo.com> menulis:
Oh iya mas Kid dan suhu yang lainnya...data yang saya kirimkan berupa urutan dari nilai kecil ke besar, padahla aktualnya ada urutan dari besar ke kecil.gimana cara mengakali jika di baris data tersebut ada data menurun.
Seperti kasus berikut...
Wassalam
Seismica
Pada Sabtu, 19 April 2014 7:52, Zerlinda Seismica <seismica@yahoo.com> menulis:
Alhamdulilah...sdh mulai tercerahkan formulanya Mas Kid..mohon bisa dibantu sekalian design Excel Tablenya Mas Kid, trus terang saya ga begitu familiar.biasanya cuma oprek-oprek formula saja.smoga saya bisa mengerti step-step pake Excel Table yang dibuatkan Mas Kid..
Wassalam
Seismica
Pada Sabtu, 19 April 2014 6:38, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> menulis:
Wa'alaikumussalam Wr. Wb.
Pada file terlampir, dibuat sebuah kolom bantu posisi nomor record awal setiap blok. Kemudian pada tabel hasil kolom pertama disusun nomor urut sesuai nomor awal setiap blok dengan fungsi Index Match yang merujuk ke kolom bantu di sisi tabel data. Kolom informasi (kolom-kolom properti) diambil berdasarkan nomor urut di kolom pertama tabel hasil dengan fungsi LookUp.
Andaikan tabel sumber data menggunakan fitur Excel Table (lihat di ribbon Home -> group Styles) maka formula kolom bantunya akan dikelola oleh Excel setiap kali ada penambahan atau pengurangan record (Excel Table akan membuat rujukan formula di tabel hasil menjadi dinamis dengan sendirinya jika digunakan). Pada sisi tabel hasil, setiap rujukan ke tabel sumber data diubah (diblok ulang setelah pembuatan Excel Table melalui fitur Excel Table yang ada di ribbon Home -> Styles) akan membuat rujukan tersebut menjadi dinamis mengikuti jumlah record di tabel sumber data.
Formula yang telah tersusun di sebuah sheet, bisa di copy paste ke sheet lain setelah diperiksa bahwa formula yang ada berjalan sesuai kebutuhan secara konsisten pada sebanyak mungkin keadaan. Jumlah record berformula di tabel hasil tidak dapat diatur secara dinamis kecuali dengan VBA. Jika menggunakan VBA, maka perlu uji coba dan pengataman yang seksama dalam hal kecepatan proses mengerjakan dengan VBA secara utuh atau proses VBA untuk meng-copy formula universal yang ada sebanyak baris hasil yang dibutuhkan.
:)
Selamat mengembangkannya...
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Kid.
2014-04-19 5:05 GMT+07:00 Zerlinda Seismica <seismica@yahoo.com>:
>
>Asswrwb
>
>
>Adakah formula untuk mengurutkan angka beserta keterangan yang menyertainya seperti lampiran berikut...
>
>
>Wassalam
>
>
>Seismica
>
Fri Apr 18, 2014 9:08 pm (PDT) . Posted by:
taufidayat
Pagi.
Bpk/Ibu Forum Belajar Excel.
Saya mau tanya , bagaimana caranya untuk mengurutkan nama dan merk dalam satu kolom.
contohnya seperti ini :
Nama Kode Ukuran Merk Danish AAA M Toko A BBB L Toko B CCC M Toko C DDD S Toko A Andra EEE S Toko D BBB S Toko B FFF L Toko C Devi CCC M Toko C EEE M Toko D DDD L Toko A GGG S Toko A HHH S Toko B
Hasil yang diinginkan :
Toko A Toko B Toko C Toko D Danish Danish Danish Andra AAA M BBB L CCC M EEE S DDD S Andra Andra Devi Devi BBB S FFF L EEE M DDD L Devi Devi GGG S HHH S CCC M
Untuk lebih jelasnya saya lampirkan filenya di forum ini.
Mohon bantuannya .
Salalm.
Taufik
Bpk/Ibu Forum Belajar Excel.
Saya mau tanya , bagaimana caranya untuk mengurutkan nama dan merk dalam satu kolom.
contohnya seperti ini :
Nama Kode Ukuran Merk Danish AAA M Toko A BBB L Toko B CCC M Toko C DDD S Toko A Andra EEE S Toko D BBB S Toko B FFF L Toko C Devi CCC M Toko C EEE M Toko D DDD L Toko A GGG S Toko A HHH S Toko B
Hasil yang diinginkan :
Toko A Toko B Toko C Toko D Danish Danish Danish Andra AAA M BBB L CCC M EEE S DDD S Andra Andra Devi Devi BBB S FFF L EEE M DDD L Devi Devi GGG S HHH S CCC M
Untuk lebih jelasnya saya lampirkan filenya di forum ini.
Mohon bantuannya .
Salalm.
Taufik
=====================================================================
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
Tidak ada komentar:
Posting Komentar