13 Messages
Digest #2885
Messages
Mon Apr 21, 2014 6:34 pm (PDT) . Posted by:
"Beno Prabowo" beno.prabowo
Hallooo Miss Jan
Salam kenal yah ak Beno. makasih yah udh mau respon email, sepertinya km master ya di macro excel, ayoo dong bantu ak sekalian buatin codingnya Miss Jan baik deh hehehe.. jujur aj ak bingung harus gmn, kalau ga ada pendamping sulit.
Maklum ak msh newbie dan partner pindah ke karawang jdi bingung ga ada pembimbing udh gtu dikejar dealine pula, ooh iya ada kopdar wah bagus tuh bisa praktek langsung menambah ilmu, menambah jaringan, btw biasa kopdar dmn? ak tinggal di bekasi soalnya hehhehe...
087782047175 WA
22FD7ED0
Pada Sabtu, 19 April 2014 22:25, Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com> menulis:
Halo juga pak Beno Pranowo,
selamat datang di milis Belajar Excel, berhubung nama milisnya "belajar excel" maka Jan hanya akan membantu mengajarkan saja supaya pas dengan visi misi milis sebagai tempat belajar dan mengajar.. kalo diminta untuk bikinin codingnya, Jan gak mau hahahaha ^_^ (biasanya Jan kalo ketawa xixixi)
inti dari kasusnya ada 2 yaitu:
1. Input data dari sheet "Form Update" ke dalam sheet "Raw Data"
2. Ambil data dari sheet "Raw Data" berdasarkan kriteria di sheet "Selection Report" lalu tampilkan ke dalam sheet "Report"
kedua kasus di atas adalah sama, intinya ambil data dari sini lalu letakan di situ, karena sama maka Jan akan ajarkan yang nomer 1 saja lalu sisanya silakan dikembangkan sendiri. Kalo seumpama script yang ada adalah bikinan pak Beno sendiri, maka seharusnya penjelasan Jan akan mudah dimengerti dan dipraktekan.
Asumsi, belum ada data di sheet "Raw Data"
* yang paling awal sekali pak Beno harus mengetahui lokasi baris data baru, hal ini diperlukan untuk mengetahui lokasi penulisan data sehingga data yang baru tidak akan menimpa data yang lama;
* setiap data baru diinput dengan cara mengeklik tombol "Simpan" yang ada di sheet "Form Update", berarti kalo di dalam 1 kuitansi ada 5 BPH (Jan gak tau BPH ini apa) maka pak Beno harus mengklik 5 kali tombol simpan untuk menyimpan setiap BPH ke dalam sheet "Raw Data"
Langkah-langkah solusinya sbb:
1. deklarasikan sebuah variabel dengan tipe Long untuk menyimpan nomer baris baru
2. salah satu cara mencari nomer baris baru adalah:
* dari cel paling bawah di kolom B milik sheet "Raw Data"
* pergi ke data di atasnya,
* lalu turun 1 baris, ambil nilai barisnya dan simpan ke dalam variabel nomer 1 di atas
* cara lainnya adalah dengan menggunakan script current region terhadap header nomer kuitansi
* hitung jumlah barisnya
* tambahkan dengan nomer baris header, silakan pilih salah satu cara yang dianggap lebih mudah
* Jika sudah ditemukan nomer baris yang baru, maka silakan mengisi sheet "Raw Data" dengan prosedur lengkapi cel yang telah anda buat sendiri
jadi sewaktu menulis data baru ke sheet "Raw Data" tidak diperlukan perulangan, perulangannya hanya digunakan pada kasus yang kedua, selain itu biasakanlah untuk selalu melakukan deklarasi variabel agar kerja excel menjadi lebih ringan.
Silakan dicoba dan dikembangkan sendiri ^_^
oia.. denger2 mau ada acara kopdar milis.. nanti datang ya.. katanya sih materinya pas dengan kasus pak Beno ini.
Wassalam,
-Miss Jan Raisin-
Pada 19 April 2014 11.59, Beno Prabowo <beno.prabowo@yahoo.com> menulis:
>
>Haloo para Master, Sesepuh, Juragan, Suhu, Excle Macro VBA
>
>Perkenalkan saya Beno Prabowo, pendatang baru dalam belajar-excel. Mohon bantuan dan pencerahan saya sedang mendapat tugas dari kantor membuat "system tracking tagihan" file terlampir
>
>Jadi dalam 1 No BPH bisa mencapai 2-5 Ket "No. BPH, Tanggal BPH, GL Account, Ket, Cost Center, Detail Amount (berbeda), Tanggal Cek In Dept., Tanggal Cek In Div., Tanggal Cek In FA" pada "Form Update" agar terhubung ke "RAW DATA".
>
>Untuk sheet "Selection Report" yang mana ketika input data langsung terhubung ke sheet "Report". Mohon para master untuk bantuan coding nya, hehehhe...
>Ohh
iya apakah forum belajar-excel ada kopi darat untuk menambah silahturahim antar sesama agar lebih akrab, saya sendiri tinggal di Bekasi
>
>Terima kasih atas bantuan dan kerjasamanya.
>
>
Salam kenal yah ak Beno. makasih yah udh mau respon email, sepertinya km master ya di macro excel, ayoo dong bantu ak sekalian buatin codingnya Miss Jan baik deh hehehe.. jujur aj ak bingung harus gmn, kalau ga ada pendamping sulit.
Maklum ak msh newbie dan partner pindah ke karawang jdi bingung ga ada pembimbing udh gtu dikejar dealine pula, ooh iya ada kopdar wah bagus tuh bisa praktek langsung menambah ilmu, menambah jaringan, btw biasa kopdar dmn? ak tinggal di bekasi soalnya hehhehe...
087782047175 WA
22FD7ED0
Pada Sabtu, 19 April 2014 22:25, Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com> menulis:
Halo juga pak Beno Pranowo,
selamat datang di milis Belajar Excel, berhubung nama milisnya "belajar excel" maka Jan hanya akan membantu mengajarkan saja supaya pas dengan visi misi milis sebagai tempat belajar dan mengajar.. kalo diminta untuk bikinin codingnya, Jan gak mau hahahaha ^_^ (biasanya Jan kalo ketawa xixixi)
inti dari kasusnya ada 2 yaitu:
1. Input data dari sheet "Form Update" ke dalam sheet "Raw Data"
2. Ambil data dari sheet "Raw Data" berdasarkan kriteria di sheet "Selection Report" lalu tampilkan ke dalam sheet "Report"
kedua kasus di atas adalah sama, intinya ambil data dari sini lalu letakan di situ, karena sama maka Jan akan ajarkan yang nomer 1 saja lalu sisanya silakan dikembangkan sendiri. Kalo seumpama script yang ada adalah bikinan pak Beno sendiri, maka seharusnya penjelasan Jan akan mudah dimengerti dan dipraktekan.
Asumsi, belum ada data di sheet "Raw Data"
* yang paling awal sekali pak Beno harus mengetahui lokasi baris data baru, hal ini diperlukan untuk mengetahui lokasi penulisan data sehingga data yang baru tidak akan menimpa data yang lama;
* setiap data baru diinput dengan cara mengeklik tombol "Simpan" yang ada di sheet "Form Update", berarti kalo di dalam 1 kuitansi ada 5 BPH (Jan gak tau BPH ini apa) maka pak Beno harus mengklik 5 kali tombol simpan untuk menyimpan setiap BPH ke dalam sheet "Raw Data"
Langkah-langkah solusinya sbb:
1. deklarasikan sebuah variabel dengan tipe Long untuk menyimpan nomer baris baru
2. salah satu cara mencari nomer baris baru adalah:
* dari cel paling bawah di kolom B milik sheet "Raw Data"
* pergi ke data di atasnya,
* lalu turun 1 baris, ambil nilai barisnya dan simpan ke dalam variabel nomer 1 di atas
* cara lainnya adalah dengan menggunakan script current region terhadap header nomer kuitansi
* hitung jumlah barisnya
* tambahkan dengan nomer baris header, silakan pilih salah satu cara yang dianggap lebih mudah
* Jika sudah ditemukan nomer baris yang baru, maka silakan mengisi sheet "Raw Data" dengan prosedur lengkapi cel yang telah anda buat sendiri
jadi sewaktu menulis data baru ke sheet "Raw Data" tidak diperlukan perulangan, perulangannya hanya digunakan pada kasus yang kedua, selain itu biasakanlah untuk selalu melakukan deklarasi variabel agar kerja excel menjadi lebih ringan.
Silakan dicoba dan dikembangkan sendiri ^_^
oia.. denger2 mau ada acara kopdar milis.. nanti datang ya.. katanya sih materinya pas dengan kasus pak Beno ini.
Wassalam,
-Miss Jan Raisin-
Pada 19 April 2014 11.59, Beno Prabowo <beno.prabowo@yahoo.com> menulis:
>
>Haloo para Master, Sesepuh, Juragan, Suhu, Excle Macro VBA
>
>Perkenalkan saya Beno Prabowo, pendatang baru dalam belajar-excel. Mohon bantuan dan pencerahan saya sedang mendapat tugas dari kantor membuat "system tracking tagihan" file terlampir
>
>Jadi dalam 1 No BPH bisa mencapai 2-5 Ket "No. BPH, Tanggal BPH, GL Account, Ket, Cost Center, Detail Amount (berbeda), Tanggal Cek In Dept., Tanggal Cek In Div., Tanggal Cek In FA" pada "Form Update" agar terhubung ke "RAW DATA".
>
>Untuk sheet "Selection Report" yang mana ketika input data langsung terhubung ke sheet "Report"
>Ohh
iya apakah forum belajar-excel ada kopi darat untuk menambah silahturahim antar sesama agar lebih akrab, saya sendiri tinggal di Bekasi
>
>Terima kasih atas bantuan dan kerjasamanya.
>
>
Mon Apr 21, 2014 6:47 pm (PDT) . Posted by:
"basyoir Bas" basyoir_bas
Dear Sirs.
Ass. Wr. Wb.
Saya mencoba bikin filter menggunakan rumus "small" tapi hasilnya salah, seperti terlampir warna kuning.
Mohon bantuannya agar bisa menjadi benar.
Thanks & regards,
Bas
Ass. Wr. Wb.
Saya mencoba bikin filter menggunakan rumus "small" tapi hasilnya salah, seperti terlampir warna kuning.
Mohon bantuannya agar bisa menjadi benar.
Thanks & regards,
Bas
Mon Apr 21, 2014 7:04 pm (PDT) . Posted by:
"Heri Pamungkas ( Gmail )" dchoosen88
السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Semangat pagi,.
Hehehe,
Sambil menunggu Para Master Array membetulkan Array anda.
Boleh dicoba menggunakan Pivot ?!
Selain sederhana, dan mudah dalam menghandle data dalam jumlah besar.
Karena saya itu termasuk dalam anggota Partai -PEYTPABTTS-
(Pengguna Excell Yang Tidak Pakai Array Bila Tidak Terpaksa Sekali)
#Padahal ngga mudeng penggunaan array, ketawa MJR xixixixixi :D
CMIWW
وَالسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Warm Regards,
On 21/04/2014 18:46, basyoir Bas wrote:
> Dear Sirs.
>
> Ass. Wr. Wb.
> Saya mencoba bikin filter menggunakan rumus "small" tapi hasilnya
> salah, seperti terlampir warna kuning.
> Mohon bantuannya agar bisa menjadi benar.
>
> Thanks & regards,
> Bas
>
Tue Apr 22, 2014 2:57 am (PDT) . Posted by:
"egidia seftyanaputri"
Dear Bas,
formulanya sudah benar, hanya saja cara menulisnya yang harus diperbaiki,
jika sebelumnya formula ditulis di setiap sebuah cel lalu dicopy ke cel
lainnya, maka cara menulisnya diubah menjadi:
- blok area sekolom x multiple baris, misal G5 sampai G18
- pada formula bar, tulis formula sebelumnya (masih dengan posisi blok
cel G5 sampai G18)
- lalu tekan tombol Ctrl Shift Enter
jadi tidak ada yang salah dengan formulanya :)
Rgds,
Putri
Pada 21 April 2014 18.46, basyoir Bas <basyoir_bas@yahoo.com> menulis:
>
>
> Dear Sirs.
>
> Ass. Wr. Wb.
> Saya mencoba bikin filter menggunakan rumus "small" tapi hasilnya salah,
> seperti terlampir warna kuning.
> Mohon bantuannya agar bisa menjadi benar.
>
> Thanks & regards,
> Bas
>
>
>
formulanya sudah benar, hanya saja cara menulisnya yang harus diperbaiki,
jika sebelumnya formula ditulis di setiap sebuah cel lalu dicopy ke cel
lainnya, maka cara menulisnya diubah menjadi:
- blok area sekolom x multiple baris, misal G5 sampai G18
- pada formula bar, tulis formula sebelumnya (masih dengan posisi blok
cel G5 sampai G18)
- lalu tekan tombol Ctrl Shift Enter
jadi tidak ada yang salah dengan formulanya :)
Rgds,
Putri
Pada 21 April 2014 18.46, basyoir Bas <basyoir_bas@yahoo.com> menulis:
>
>
> Dear Sirs.
>
> Ass. Wr. Wb.
> Saya mencoba bikin filter menggunakan rumus "small" tapi hasilnya salah,
> seperti terlampir warna kuning.
> Mohon bantuannya agar bisa menjadi benar.
>
> Thanks & regards,
> Bas
>
>
>
Tue Apr 22, 2014 3:06 am (PDT) . Posted by:
"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
Wa'alaikumussalam Wr. Wb.
Pada cell G5 diberi array formula :
=SMALL(IF($D$5:$D$34=$G$4,$B$5:$B$34),*ROW(1:1)*)
Kemudian di-copy ke baris lainnya. Bagian yang di-biru diisi sebuah nomor
urut yang akan bertambah jika di-copy ke baris berikutnya.
Jika bagian yang biru diisi array nomor urut, maka array formula ditulis
bukan pada saat cell G5 ter-select, tetapi saat range mulai G5 sampai G
sekiun sebanyak jumlah array bagian yang biru sedang ter-select. Hal ini
akan membentuk array formula dalam suatu array block.
*** jika regional setting komputer setempat adalah Indonesian, maka ganti
seluruh karakter koma dalam formula menjadi titik koma.
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Kid.
2014-04-21 18:46 GMT+07:00 basyoir Bas <basyoir_bas@yahoo.com>:
>
>
> Dear Sirs.
>
> Ass. Wr. Wb.
> Saya mencoba bikin filter menggunakan rumus "small" tapi hasilnya salah,
> seperti terlampir warna kuning.
> Mohon bantuannya agar bisa menjadi benar.
>
> Thanks & regards,
> Bas
>
>
>
Pada cell G5 diberi array formula :
=SMALL(IF($D$5:$D$34=$G$4,$B$5:$B$34),*ROW(1:1)*)
Kemudian di-copy ke baris lainnya. Bagian yang di-biru diisi sebuah nomor
urut yang akan bertambah jika di-copy ke baris berikutnya.
Jika bagian yang biru diisi array nomor urut, maka array formula ditulis
bukan pada saat cell G5 ter-select, tetapi saat range mulai G5 sampai G
sekiun sebanyak jumlah array bagian yang biru sedang ter-select. Hal ini
akan membentuk array formula dalam suatu array block.
*** jika regional setting komputer setempat adalah Indonesian, maka ganti
seluruh karakter koma dalam formula menjadi titik koma.
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Kid.
2014-04-21 18:46 GMT+07:00 basyoir Bas <basyoir_bas@yahoo.com>:
>
>
> Dear Sirs.
>
> Ass. Wr. Wb.
> Saya mencoba bikin filter menggunakan rumus "small" tapi hasilnya salah,
> seperti terlampir warna kuning.
> Mohon bantuannya agar bisa menjadi benar.
>
> Thanks & regards,
> Bas
>
>
>
Mon Apr 21, 2014 7:05 pm (PDT) . Posted by:
"Bagus" bagus4bls
Hai Bas;
Coba begini:
Block G5:G18
tekan F2
ketikkan formula ini :
=Small(if($d$5:$d$34=$g$4,row(1:30)),row(1:30))
Akhiri dengan tombol Ctrl+Shift+Enter
Wassalam
~ Bagus ~
----- Original Message -----
From: basyoir Bas
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Monday, April 21, 2014 6:46 PM
Subject: [***SPAM*** Score/Req: 06.60/5.0] [belajar-excel] FILTER [1 Attachment]
Dear Sirs.
Ass. Wr. Wb.
Saya mencoba bikin filter menggunakan rumus "small" tapi hasilnya salah, seperti terlampir warna kuning.
Mohon bantuannya agar bisa menjadi benar.
Thanks & regards,
Bas
Coba begini:
Block G5:G18
tekan F2
ketikkan formula ini :
=Small(if($d$5:$d$34=$g$4,row(1:30)),row(1:30))
Akhiri dengan tombol Ctrl+Shift+Enter
Wassalam
~ Bagus ~
----- Original Message -----
From: basyoir Bas
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Monday, April 21, 2014 6:46 PM
Subject: [***SPAM*** Score/Req: 06.60/5.0] [belajar-excel] FILTER [1 Attachment]
Dear Sirs.
Ass. Wr. Wb.
Saya mencoba bikin filter menggunakan rumus "small" tapi hasilnya salah, seperti terlampir warna kuning.
Mohon bantuannya agar bisa menjadi benar.
Thanks & regards,
Bas
Mon Apr 21, 2014 11:39 pm (PDT) . Posted by:
"yudi perkasa" yperkasa
Mohon sekali lagi bantuan para suhu untuk rumus excel menampilkan data dari sheet yang berbeda dengan kriteria tertentu.
Untuk memperjelas maksud saya, saya lampirkan datanya.
Terima kasih bantuannya.
Untuk memperjelas maksud saya, saya lampirkan datanya.
Terima kasih bantuannya.
Tue Apr 22, 2014 1:21 am (PDT) . Posted by:
"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
Pak Yudi,
Bagaimana jika seluruh data tahunannya dikumpulkan menjadi 1 sheet saja.
Kemudian output dibentuk dengan pivot table. Setiap tahunnya tidak mungkin
mencapai 100K record bukan...
Wassalam,
Kid.
2014-04-22 9:31 GMT+07:00 yudi perkasa <yperkasa@yahoo.com>:
>
>
> Mohon sekali lagi bantuan para suhu untuk rumus excel menampilkan data
> dari sheet yang berbeda dengan kriteria tertentu.
>
> Untuk memperjelas maksud saya, saya lampirkan datanya.
>
> Terima kasih bantuannya.
>
>
>
Bagaimana jika seluruh data tahunannya dikumpulkan menjadi 1 sheet saja.
Kemudian output dibentuk dengan pivot table. Setiap tahunnya tidak mungkin
mencapai 100K record bukan...
Wassalam,
Kid.
2014-04-22 9:31 GMT+07:00 yudi perkasa <yperkasa@yahoo.com>:
>
>
> Mohon sekali lagi bantuan para suhu untuk rumus excel menampilkan data
> dari sheet yang berbeda dengan kriteria tertentu.
>
> Untuk memperjelas maksud saya, saya lampirkan datanya.
>
> Terima kasih bantuannya.
>
>
>
Tue Apr 22, 2014 2:46 am (PDT) . Posted by:
"yudi perkasa" yperkasa
Terima kasih Mr. Kid akan saya coba dulu, masalahnya kalau dijadikan satu apakah datanya nanti tidak terlalu besar/panjang karena tiap tahun akan selalu bertambah.
On Tuesday, 22 April 2014, 15:21, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> wrote:
Pak Yudi,
Bagaimana jika seluruh data tahunannya dikumpulkan menjadi 1 sheet saja. Kemudian output dibentuk dengan pivot table. Setiap tahunnya tidak mungkin mencapai 100K record bukan...
Wassalam,
Kid.
2014-04-22 9:31 GMT+07:00 yudi perkasa <yperkasa@yahoo.com>:
>
>Mohon sekali lagi bantuan para suhu untuk rumus excel menampilkan data dari sheet yang berbeda dengan kriteria tertentu.
>
>
>Untuk memperjelas maksud saya, saya lampirkan datanya.
>
>Terima kasih bantuannya.
On Tuesday, 22 April 2014, 15:21, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> wrote:
Pak Yudi,
Bagaimana jika seluruh data tahunannya dikumpulkan menjadi 1 sheet saja. Kemudian output dibentuk dengan pivot table. Setiap tahunnya tidak mungkin mencapai 100K record bukan...
Wassalam,
Kid.
2014-04-22 9:31 GMT+07:00 yudi perkasa <yperkasa@yahoo.com>:
>
>Mohon sekali lagi bantuan para suhu untuk rumus excel menampilkan data dari sheet yang berbeda dengan kriteria tertentu.
>
>
>Untuk memperjelas maksud saya, saya lampirkan datanya.
>
>Terima kasih bantuannya.
Tue Apr 22, 2014 2:58 am (PDT) . Posted by:
"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
Jika setiap tahun mencapai 100K record, maka sebuah sheet bisa menyimpan
data sebanyak 10 tahun. Jika data yang aktif digunakan adalah 5 tahun
terakhir, maka data diluar 5 tahun terakhir bisa dipindahkan ke sheet lain
(bisa lebih dari 1 sheet) sebagai gudang data lawas. Dengan demikian, maka
sheet kerja akan secara konstan berisi data 5 tahun terakhir saja.
Jika data adalah 1M per tahun dan data aktif adalah 5 tahun, maka Access
dengan link table ke 5 sheet dalam sebuah workbook (excel) bisa menjadi
solusi untuk menggabungkan data (union) setiap link table tersebut menjadi
sebuah dataset data aktif berisi 5 tahun.
Dari sebuah dataset (baik berupa 1 sheet atau 1 dataset hasil union di
Access), maka output bisa memanfaatkan fitur Excel Pivot Table.
Pada Excel 2010 yang dipasangi addin Power Pivot atau Excel 2013 (Power
Pivot addin sudah included), maka data bisa disimpan dalam banyak sheet di
sebuah Excel Workbook kemudian diambil datanya dan digabungkan dengan Power
Pivot.
Andaikan data yang banyak akan diolah dengan formula saja, apalagi array
formula, maka sudah saatnya untuk mengeksplorasi kemampuan Excel selain
formula yang akan terasa powerpul jika bisa dikombinasikan dengan kemampuan
Excel Formula atau bahkan otomasi Excel melalui VBA.
Selamat mencoba dan tetap semangat belajar hal baru...
:)
Wassalam,
Kid.
2014-04-22 15:43 GMT+07:00 yudi perkasa <yperkasa@yahoo.com>:
>
>
> Terima kasih Mr. Kid akan saya coba dulu, masalahnya kalau dijadikan satu
> apakah datanya nanti tidak terlalu besar/panjang karena tiap tahun akan
> selalu bertambah.
>
>
> On Tuesday, 22 April 2014, 15:21, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> wrote:
>
> Pak Yudi,
>
> Bagaimana jika seluruh data tahunannya dikumpulkan menjadi 1 sheet saja.
> Kemudian output dibentuk dengan pivot table. Setiap tahunnya tidak mungkin
> mencapai 100K record bukan...
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
> 2014-04-22 9:31 GMT+07:00 yudi perkasa <yperkasa@yahoo.com>:
>
>
> Mohon sekali lagi bantuan para suhu untuk rumus excel menampilkan data
> dari sheet yang berbeda dengan kriteria tertentu.
>
> Untuk memperjelas maksud saya, saya lampirkan datanya.
>
> Terima kasih bantuannya.
>
>
>
>
>
>
data sebanyak 10 tahun. Jika data yang aktif digunakan adalah 5 tahun
terakhir, maka data diluar 5 tahun terakhir bisa dipindahkan ke sheet lain
(bisa lebih dari 1 sheet) sebagai gudang data lawas. Dengan demikian, maka
sheet kerja akan secara konstan berisi data 5 tahun terakhir saja.
Jika data adalah 1M per tahun dan data aktif adalah 5 tahun, maka Access
dengan link table ke 5 sheet dalam sebuah workbook (excel) bisa menjadi
solusi untuk menggabungkan data (union) setiap link table tersebut menjadi
sebuah dataset data aktif berisi 5 tahun.
Dari sebuah dataset (baik berupa 1 sheet atau 1 dataset hasil union di
Access), maka output bisa memanfaatkan fitur Excel Pivot Table.
Pada Excel 2010 yang dipasangi addin Power Pivot atau Excel 2013 (Power
Pivot addin sudah included), maka data bisa disimpan dalam banyak sheet di
sebuah Excel Workbook kemudian diambil datanya dan digabungkan dengan Power
Pivot.
Andaikan data yang banyak akan diolah dengan formula saja, apalagi array
formula, maka sudah saatnya untuk mengeksplorasi kemampuan Excel selain
formula yang akan terasa powerpul jika bisa dikombinasikan dengan kemampuan
Excel Formula atau bahkan otomasi Excel melalui VBA.
Selamat mencoba dan tetap semangat belajar hal baru...
:)
Wassalam,
Kid.
2014-04-22 15:43 GMT+07:00 yudi perkasa <yperkasa@yahoo.com>:
>
>
> Terima kasih Mr. Kid akan saya coba dulu, masalahnya kalau dijadikan satu
> apakah datanya nanti tidak terlalu besar/panjang karena tiap tahun akan
> selalu bertambah.
>
>
> On Tuesday, 22 April 2014, 15:21, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> wrote:
>
> Pak Yudi,
>
> Bagaimana jika seluruh data tahunannya dikumpulkan menjadi 1 sheet saja.
> Kemudian output dibentuk dengan pivot table. Setiap tahunnya tidak mungkin
> mencapai 100K record bukan...
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
> 2014-04-22 9:31 GMT+07:00 yudi perkasa <yperkasa@yahoo.com>:
>
>
> Mohon sekali lagi bantuan para suhu untuk rumus excel menampilkan data
> dari sheet yang berbeda dengan kriteria tertentu.
>
> Untuk memperjelas maksud saya, saya lampirkan datanya.
>
> Terima kasih bantuannya.
>
>
>
>
>
>
Mon Apr 21, 2014 11:39 pm (PDT) . Posted by:
"egidia seftyanaputri"
Pak Yayan,
coba pelajari file ini, Putri juga bingung kalau diminta mengajarkan lewat
email.. belum tau caranya masukkin gambar atau video ke email haha :D
Rgds,
Putri
Pada 21 April 2014 14.39, <rissing.force@gmail.com> menulis:
>
>
> salam kenal...
> maaf mba Putri, saya sudah coba otak atik tapi agak bingung menggunakan
> pivot tabel, bisa berikan contoh pivot tabel agar hasilnya seperti di sheet
> "PB".
>
> Terima kasih
> -Yayan-
>
>
>
coba pelajari file ini, Putri juga bingung kalau diminta mengajarkan lewat
email.. belum tau caranya masukkin gambar atau video ke email haha :D
Rgds,
Putri
Pada 21 April 2014 14.39, <rissing.force@gmail.com> menulis:
>
>
> salam kenal...
> maaf mba Putri, saya sudah coba otak atik tapi agak bingung menggunakan
> pivot tabel, bisa berikan contoh pivot tabel agar hasilnya seperti di sheet
> "PB"
>
> Terima kasih
> -Yayan-
>
>
>
Tue Apr 22, 2014 12:50 am (PDT) . Posted by:
"Johanes Wawan" johaneswawan
Dear Be Exceler,
Mohon pencerahannya nih, saya akan merubah tabel dari word ke excel sudah saya pdf kan juga tetapi belum sesuai harapan saya.
Harapan saya bisa diconvert ke excel per baris sesuai dengan kolomnya.
Matur Nuwun bantuannya.
Salam,
Wawan
Mohon pencerahannya nih, saya akan merubah tabel dari word ke excel sudah saya pdf kan juga tetapi belum sesuai harapan saya.
Harapan saya bisa diconvert ke excel per baris sesuai dengan kolomnya.
Matur Nuwun bantuannya.
Salam,
Wawan
Tue Apr 22, 2014 1:14 am (PDT) . Posted by:
"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
Pak Wawan,
Coba copy paste saja (bukan paste special) dari Word ke Excel. Syaratnya,
regional setting komputer di set seperti regional setting yang digunakan
oleh data di Word. Jadi kalau di Word nilainya menggunakan english (pemisah
ribuan pakai koma dan desimal pakai titik), maka ubah regional setting
komputer menjadi english.
Wassalam,
Kid.
2014-04-22 14:50 GMT+07:00 Johanes Wawan <johaneswawan@yahoo.co.id>:
>
>
> Dear Be Exceler,
>
> Mohon pencerahannya nih, saya akan merubah tabel dari word ke excel sudah
> saya pdf kan juga tetapi belum sesuai harapan saya.
> Harapan saya bisa diconvert ke excel per baris sesuai dengan kolomnya.
>
> Matur Nuwun bantuannya.
>
>
> Salam,
> Wawan
>
>
>
Coba copy paste saja (bukan paste special) dari Word ke Excel. Syaratnya,
regional setting komputer di set seperti regional setting yang digunakan
oleh data di Word. Jadi kalau di Word nilainya menggunakan english (pemisah
ribuan pakai koma dan desimal pakai titik), maka ubah regional setting
komputer menjadi english.
Wassalam,
Kid.
2014-04-22 14:50 GMT+07:00 Johanes Wawan <johaneswawan@yahoo.co.id>:
>
>
> Dear Be Exceler,
>
> Mohon pencerahannya nih, saya akan merubah tabel dari word ke excel sudah
> saya pdf kan juga tetapi belum sesuai harapan saya.
> Harapan saya bisa diconvert ke excel per baris sesuai dengan kolomnya.
>
> Matur Nuwun bantuannya.
>
>
> Salam,
> Wawan
>
>
>
=====================================================================
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
Tidak ada komentar:
Posting Komentar