15 Messages
Digest #2888
2b
Re: Tolong Memecah / Split Data kendala angka 0 didepan [1 Attachmen by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
Messages
Thu Apr 24, 2014 8:39 am (PDT) . Posted by:
"Subroto, Matzen"
Dear Master Excel,
Bagaimana formula dan dengan format apa menjumlahkan different dengan format time dalam menjumlahkan total
Terima Kasih
Matzen
--- Mods ---
File lampiran yang melebihi 250KB dilepas dari email. Silakan penanya mengirim ulang file lampiran yang sesuai peraturan milis (max 250KB) dengan cara me-reply email ini.
----------------
Bagaimana formula dan dengan format apa menjumlahkan different dengan format time dalam menjumlahkan total
Terima Kasih
Matzen
--- Mods ---
File lampiran yang melebihi 250KB dilepas dari email. Silakan penanya mengirim ulang file lampiran yang sesuai peraturan milis (max 250KB) dengan cara me-reply email ini.
------------
Thu Apr 24, 2014 8:41 am (PDT) . Posted by:
"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
Hai Matzen,
Sambil menunggu file lampiran yang sebaiknya Anda susulkan, bisa dicoba
format number pilih Custom dan ketik :
[HH]:mm:ss
Kurung siku akan memformat nilai dalam satuan jam.
Wassalam,
Kid.
2014-04-24 13:32 GMT+07:00 Subroto, Matzen <matzen.subroto@akzonobel.com>:
>
>
> Dear Master Excel,
>
>
>
> Bagaimana formula dan dengan format apa menjumlahkan different dengan
> format time dalam menjumlahkan total
>
>
>
> Terima Kasih
>
>
>
> *Matzen*
>
>
> --- Mods ---
>
> File lampiran yang melebihi 250KB dilepas dari email. Silakan penanya
> mengirim ulang file lampiran yang sesuai peraturan milis (max 250KB) dengan
> cara me-reply email ini.
>
> ----------------
>
>
>
Sambil menunggu file lampiran yang sebaiknya Anda susulkan, bisa dicoba
format number pilih Custom dan ketik :
[HH]:mm:ss
Kurung siku akan memformat nilai dalam satuan jam.
Wassalam,
Kid.
2014-04-24 13:32 GMT+07:00 Subroto, Matzen <matzen.subroto@akzonobel.com>:
>
>
> Dear Master Excel,
>
>
>
> Bagaimana formula dan dengan format apa menjumlahkan different dengan
> format time dalam menjumlahkan total
>
>
>
> Terima Kasih
>
>
>
> *Matzen*
>
>
> --- Mods ---
>
> File lampiran yang melebihi 250KB dilepas dari email. Silakan penanya
> mengirim ulang file lampiran yang sesuai peraturan milis (max 250KB) dengan
> cara me-reply email ini.
>
> ------------
>
>
>
Thu Apr 24, 2014 8:57 pm (PDT) . Posted by:
"Subroto, Matzen"
Dear Master Excel,
Berikut contoh data, warna biru di bawah adalah summary
03:08:43
02:39:49
05:33:04
01:10:14
03:25:49
00:00:00
03:41:16
04:42:16
00:00:00
03:00:11
01:57:42
04:01:08
00:00:00
05:29:27
03:25:40
04:43:37
04:42:15
00:00:00
03:05:30
00:00:00
01:24:51
05:23:05
06:19:09
04:31:27
01:45:34
00:00:00
00:00:00
00:00:00
00:00:00
00:00:00
00:00:00
74:10:47
t
Terima Kasih
Matzen
From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com] On Behalf Of Mr. Kid
Sent: 24 April 2014 22:41
To: BeExcel
Subject: Re: [belajar-excel] Summar different Productivity
Hai Matzen,
Sambil menunggu file lampiran yang sebaiknya Anda susulkan, bisa dicoba format number pilih Custom dan ketik :
[HH]:mm:ss
Kurung siku akan memformat nilai dalam satuan jam.
Wassalam,
Kid.
2014-04-24 13:32 GMT+07:00 Subroto, Matzen <matzen.subroto@akzonobel.com<mailto:matzen.subroto@akzonobel.com>>:
Dear Master Excel,
Bagaimana formula dan dengan format apa menjumlahkan different dengan format time dalam menjumlahkan total
Terima Kasih
Matzen
--- Mods ---
File lampiran yang melebihi 250KB dilepas dari email. Silakan penanya mengirim ulang file lampiran yang sesuai peraturan milis (max 250KB) dengan cara me-reply email ini.
------------
____________
This email has been scanned for Viruses and Spam. For more information
please contact your local Business Unit Information Security representative.
____________
Thu Apr 24, 2014 3:48 pm (PDT) . Posted by:
simaster2014
Kepada penghuni group minta tolong pemecahan pemecahan masalah ini. karena saya masih belajar dalam hal macro dan vba
Saya mempunyai data di kolom A berupa angka ratusan cell. bagaimana memecah / split sesuai kriteria (cukup 3 kriteria) hasilnya. kendala utama memecah angka 0 di depan, seperti kriteria 01 (warna orange), angka 001 dan 0001 angka ikut masuk kreteria juga (warna kuning). kalau bisa dengan macro atau kode vba krn otomatis memecah semua data sampai akhir dgn otomatis. dan kalau bisa juga hasil split otomatis dijumlah sesuai hasil split tiap cell nya (warna hijau).. sebelumnya terima kasih banyak.....
Gambar terlampir :
Saya mempunyai data di kolom A berupa angka ratusan cell. bagaimana memecah / split sesuai kriteria (cukup 3 kriteria) hasilnya. kendala utama memecah angka 0 di depan, seperti kriteria 01 (warna orange), angka 001 dan 0001 angka ikut masuk kreteria juga (warna kuning). kalau bisa dengan macro atau kode vba krn otomatis memecah semua data sampai akhir dgn otomatis. dan kalau bisa juga hasil split otomatis dijumlah sesuai hasil split tiap cell nya (warna hijau).. sebelumnya terima kasih banyak.....
Gambar terlampir :
Thu Apr 24, 2014 7:38 pm (PDT) . Posted by:
"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
Filenya dulu saja ya... tapi gak pake VBA... (maaf ya... sering gatelan
kalo kena script... jadi nyentuh scriptnya kalo kepepet sajah...)
Moga-moga ada yang bersedia membuatkan dongengnya...
Wassalam,
Kid.
2014-04-25 3:46 GMT+07:00 <simaster2014@yahoo.co.id>:
>
>
> Kepada penghuni group minta tolong pemecahan pemecahan masalah ini. karena
> saya masih belajar dalam hal macro dan vba
>
> Saya mempunyai data di kolom A berupa angka ratusan cell. bagaimana
> memecah / split sesuai kriteria (cukup 3 kriteria) hasilnya. kendala utama
> memecah angka 0 di depan, seperti kriteria 01 (warna orange), angka 001 dan
> 0001 angka ikut masuk kreteria juga (warna kuning). kalau bisa dengan macro
> atau kode vba krn otomatis memecah semua data sampai akhir dgn otomatis.
> dan kalau bisa juga hasil split otomatis dijumlah sesuai hasil split tiap
> cell nya (warna hijau).. sebelumnya terima kasih banyak.....
>
> Gambar terlampir :
>
>
kalo kena script... jadi nyentuh scriptnya kalo kepepet sajah...)
Moga-moga ada yang bersedia membuatkan dongengnya...
Wassalam,
Kid.
2014-04-25 3:46 GMT+07:00 <simaster2014@yahoo.co.id>:
>
>
> Kepada penghuni group minta tolong pemecahan pemecahan masalah ini. karena
> saya masih belajar dalam hal macro dan vba
>
> Saya mempunyai data di kolom A berupa angka ratusan cell. bagaimana
> memecah / split sesuai kriteria (cukup 3 kriteria) hasilnya. kendala utama
> memecah angka 0 di depan, seperti kriteria 01 (warna orange), angka 001 dan
> 0001 angka ikut masuk kreteria juga (warna kuning). kalau bisa dengan macro
> atau kode vba krn otomatis memecah semua data sampai akhir dgn otomatis.
> dan kalau bisa juga hasil split otomatis dijumlah sesuai hasil split tiap
> cell nya (warna hijau).. sebelumnya terima kasih banyak.....
>
> Gambar terlampir :
>
>
Fri Apr 25, 2014 12:15 am (PDT) . Posted by:
simaster2014
Makasih Mr.Kid atas jawabannya...
Sorry maksud saya waktu ketik kreteria 01.. harus 01 saja yg keluar.. kayak 001 0001 0101 gak dihitung atau keluar di hasil pencarian... contoh juga kreteria kita cari 12 maka angka 12 saja yg keluar.. bukan 012 0012 atau 1234 ikut menjadi hasil... makasih atas bantuannya ...
Sorry maksud saya waktu ketik kreteria 01.. harus 01 saja yg keluar.. kayak 001 0001 0101 gak dihitung atau keluar di hasil pencarian... contoh juga kreteria kita cari 12 maka angka 12 saja yg keluar.. bukan 012 0012 atau 1234 ikut menjadi hasil... makasih atas bantuannya ...
Thu Apr 24, 2014 6:26 pm (PDT) . Posted by:
"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Dear BeExceller,
Variasi lain dari sekiun jawaban challange yang ada.
Tahap 1 : menulis bebas seluruh alur proses dengan bahasa manusia...
Langkahnya kira-kira begini : (dasar-dasarnya dulu ya... pengembangannya
nanti sajah kalo sudah cucok alurnya)
*0.* semua isi cell di sheet tersebut dibuang dulu
*1.* mendapatkan area yang akan diwarnai (idealnya, cara ini menggunakan
patokan jumlah kolom yang ganjil).
*a.* anggap saja area yang akan diwarnai mulai cell C3 sebanyak 16 baris
dan 17 kolom. Jadi, dari C3 diperluas sebanyak 16 baris dan 17 kolom. Rasanya
pernah dengar tentang perluasan range, tetapi hanya samar-samar saja
dengarnya ? coba jalan-jalan kesini pada bagian 'Memanfaatkan
Resize'<http://b-excel.blogspot.com/2013/09/belajarvba-011-range-04-offset-dan.html>
.
*2.* pada area tersebut akan diwarnai dengan warna biru saja, selang seling
setiap 2.
a. Tentu masih ingat atau samar-samar ingat atau pernah tahu dan belum suka
mengingatnya bahwa pada suatu area range C7:H8, cell ke-1 nya adalah cell
C7, cell ke-2 adalah cell D7 (bergerak kekanan ke kolom berikut) cell ke-6
nya adalah H7. Sedangkan cell ke-7-nya adalah cell C8 karena area range
C7:H8 hanya berisi 6 kolom, maka cell ke-7 pastilah sudah sampai kolom
terkanan lalu mulai turun ke baris berikutnya di kolom C lagi (ingat, pada
area C7:H8). Mungkin bisa dilihat lebih jelas disini pada bagian
Range<http://b-excel.blogspot.com/2013/07/belajarvba-006-object-dalam-excel.html>
.
*b.* berarti, jika akan selang-seling 2, diperlukan pergerakan nomor urut
cells setiap 2 bijik atau lompat per 2 cell. Artinya, nanti dibutuhkan loop
dari nomor cell ke-1 sampai nomor cell terakhir di area yang dijelaskan di
nomor 1, dengan lompatan (STEP) setiap 2 nomor. Loop yang bisa dimanfaatkan
antara lain adalah FOR ... NEXT dengan STEP 2 (karena lompat per dua
dua). Kalau
lupa atau baru nyaris ingat dengan yang namanya loop FOR NEXT, bisa
jalan-jalan menyegarkan diri
disini<http://b-excel.blogspot.com/2013/08/belajarvba-010-perulangan-1-for-next.html>
.
*3.* proses menuju setiap cell yang akan diwarnai dengan proses loop FOR
NEXT STEP 2
*a.* loopnya si FOR NEXT membutuhkan sebuah variabel loop. Kali ini, pokok
utama yang di proses adalah nomor cells dalam suatu area range (area range
yang dijabarkan di nomor 1), yaitu mulai dari nomor cells ke-1 sampai nomor
cells terakhir. Artinya, dibutuhkan sebuah variabel loop yang bisa
menyimpan nilai berupa bilangan bulat dari angka 1 (untuk cell nomor 1)
sampai angka yang cukup banyak sebanyak jumlah cells di area tersebut. Tipe
data variabel yang dibutuhkan adalah LONG karena dituntut bisa menyimpan
bilangan bulat yang cukup luas rentangnya (dari 1 sampai sebanyak cells
terpilih). Coretan tentang variabel dan tipe data ada
disini<http://b-excel.blogspot.com/2013/07/belajarvba-004-tipe-data-variabel.html>
.
*b.* object range memiliki properti bernama interior. Properti interior
range bisa diatur warnanya melalui properti bernama Color atau ColorIndex.
Untuk kali ini, anggap saja untuk warna biru, pakai properti ColorIndex,
maka nomor colorindex untuk warna biru adalah 5.
Setelah tahap 1 dalam penyusunan suatu proses otomasi selesai, maka mulai
tahap 2, yaitu menulis script nya. Yang perlu diingat :
*"sesuatu yang pernah dibuka, jangan lupa ditutup"*
Tahap 2 : menulis script berdasar karangan bebas tahap 1
0. buat blok prosedur, misal prosedur diberi nama Mewarnai. Anda lupa cara
membuat blok prosedur? coba jalan-jalan
kesini<http://b-excel.blogspot.com/2013/07/belajarvba-005-procedure-seri-1.html>
.
public sub Mewarnai()
end sub
1. mulai langkah nomor *0* tahap 1 diatas sana dan diletakkan di dalam
prosedur
public sub Mewarnai()
cells.clear 'langkah nomor 0
end sub
2. langkah nomor *1**a* tahap 1, yaitu bekerja pada suatu area range dengan
blok WITH ... END WITH
public sub Mewarnai()
cells.clear 'langkah nomor 0
with range("c3").resize( 16 , 17 ) 'langkah nomor 1a di titik pembuka
end with 'langkah nomor 1a di titik penutup
end sub
3. langkah nomor *2**b* tahap 1 membutuhkan langkah *3**a* tahap 1. Nama
variabel untuk langkah *3**a* misalnya adalah lNomorCells
public sub Mewarnai()
dim lNomorCells as long 'langkah 3a
cells.clear 'langkah nomor 0
with range("c3").resize( 16 , 17 ) 'langkah nomor 1a di titik pembuka
for lNomorCells=1 to .count STEP 2 'langkah nomor 2b di titik
pembuka
next lNomorCells 'langkah nomor 2b di titik penutup
end with 'langkah nomor 1a di titik penutup
end sub
4. langkah nomor *3**b* tahap 1, yaitu mewarnai cells pada nomor cell yang
sesuai isi variabel lNomorCells saat itu (saat loop sampai disitu)
public sub Mewarnai()
dim lNomorCells as long 'langkah 3a
cells.clear 'langkah nomor 0
with range("c3").resize( 16 , 17 ) 'langkah nomor 1a di titik pembuka
for lNomorCells=1 to .count STEP 2 'langkah nomor 2b di titik
pembuka
.cells( lnomorcells ).interior.colorindex = 5
'langkah nomor 3b
next lNomorCells 'langkah nomor 2b di titik penutup
end with 'langkah nomor 1a di titik penutup
end sub
5. selesai dah... dan hasil akhir prosedurnya adalah seperti nomor 4 tahap
2.
Kalau sudah bisa menjalankan script dasar hasil tahap 2, barulah memasuki
tahap 3, yaitu pengembangan.
1. misalkan merasa bahwa properti colorindex relatif susah ngatur variasi
warnanya, maka bisa pakai properti color. Memilih warnanya bisa dengan
fungsi RGB milik VBA. Fungsi RGB meminta inputan intensitas warna merah,
ijo, biru dalm bentuk :
RGB( intensitas_merah , intensitas_ijo , intensitas_biru )
Intensitasnya dari 0 sampai 255 (ada 256 tingkat intensitas)
berarti, pada nomor 4 tahap 2 di baris berbunyi :
.cells( lnomorcells ).interior.colorindex = 5 'langkah nomor 3b
bisa diganti menjadi : (sama-sama masih warna biru dulu ya)
.cells( lnomorcells ).interior.color = RGB( 0 , 0 , 255 ) 'langkah nomor
3b
2. kalau sudah praktek yang nomor 1 tahap 3 diatas dan ingin memvariasi
warna supaya ndak biru do ang...
a. intensitas warna merah yang tadinya konstan 0 diganti menjadi dinamis
dengan :
Abs( 255 - ( (lNomorCells-1) Mod 256 ) * 2 )
b. intensitas warna biru yang tadinya konstan 255 diganti menjadi dinamis
dengan :
2 * ( 128 - Abs( 128 - ( (lNomorCells-1) Mod 256 ) ) )
Jadi, baris yang tadinya berbunyi :
.cells( lnomorcells ).interior.color = RGB( 0 , 0 , *255* ) 'langkah
nomor 3b
menjadi :
.cells( lnomorcells ).interior.color = _
RGB( Abs(255-((lNomorCells-1) Mod 256)*2) _
, 0 _
, *2 * ( 128 - Abs( 128 - ( (lNomorCells-1) Mod 256 ) ) )*_
) 'langkah nomor 3b
3. membuat user bisa memilih jumlah baris dan kolom yang akan diwarnai
(tetap mulai C3) beserta jarak selang-selingnya.
>> Script di atas sana tadi idel untuk jumlah kolom yang ganjil. Ketika
disediakan inputan oleh user tentang jumlah kolom, maka perlu dilakukan
penambahan 1 kolom andaikan user mengisi nilai kolom yang genap kemudian
menghapus kolom tambahan tersebut ketika sudah selesai mewarnai.
>> Contoh pengembangannya bisa dilihat disini<https://app.box.com/s/fu7u9j8xsk7thetmc4cu>
.
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.,
Kid.
2014-04-16 10:45 GMT+07:00 dwint ruswanto <dwint.ruswanto@gmail.com>:
>
>
> Assalamu'alaikum wr. wb.,
>
> Berdasarkan permintaan dari pak Heri yang lagi semangat belajar VBA, saya
> mewakili moderator ingin memberikan sedikit challange kepada BeExceller.
>
> Kasusnya seperti gambar di bawah ini:
>
>
> Yang diminta adalah:
> Membuat warna interior cel seperti di atas dengan pola seperti papan catur
> menggunakan VBA, jenis warna bebas asal tidak putih semua hehehehe :)
>
> Boleh menggunakan scipt apa saja, penilaian pemenang akan ditentukan oleh
> moderator dan keputusan moderator tidak bisa diganggu gugat hehehehe :)
>
> Biar adil, Moderator dan Miss Jan Raisin tidak boleh mengikuti challenge
> ini, selain itu semua BeExceller dipersilakan mengikuti challenge ini.
>
> Peserta selain harus menyertakan workbook <= 250 KB juga harus menerangkan
> jalannya script itu di body email, hal ini untuk melatih BeExceller berbagi
> ilmu dan menerangkannya kepada member yang lain.
>
> Buat menambah semangat, ada 2 buah buku sebagai hadiah untuk 2 pemenang,
> tetapi bukan buku mengenai Excel atau VBA karena millis belum memiliki buku
> sendiri. Pemenang akan diminta mengirimkan alamat pengiriman ke email owner
> (bukan email milis) beserta telepon yang bisa dihubungi setelah challenge
> ini ditutup dan diperoleh 2 orang pemenang.
>
> Batas waktu challenge 7 hari mulai sekarang, dan akan ditutup pada hari
> Rabu tanggal 23 April 2014 jam 12:00 WIB.
>
> Tujuan dari challenge ini bukan untuk mengejar hadiahnya, tetapi sekedar
> untuk melatih kemampuan mengajarkan ilmu kepada yang lain.
>
> Selamat berkreasi.
>
> Wassalam,
>
> -dwint-
>
>
>
Dear BeExceller,
Variasi lain dari sekiun jawaban challange yang ada.
Tahap 1 : menulis bebas seluruh alur proses dengan bahasa manusia...
Langkahnya kira-kira begini : (dasar-dasarnya dulu ya... pengembangannya
nanti sajah kalo sudah cucok alurnya)
*0.* semua isi cell di sheet tersebut dibuang dulu
*1.* mendapatkan area yang akan diwarnai (idealnya, cara ini menggunakan
patokan jumlah kolom yang ganjil).
*a.* anggap saja area yang akan diwarnai mulai cell C3 sebanyak 16 baris
dan 17 kolom. Jadi, dari C3 diperluas sebanyak 16 baris dan 17 kolom. Rasanya
pernah dengar tentang perluasan range, tetapi hanya samar-samar saja
dengarnya ? coba jalan-jalan kesini pada bagian 'Memanfaatkan
Resize'<http://b-excel.blogspot.com/2013/09/belajarvba-011-range-04-offset-dan.html>
.
*2.* pada area tersebut akan diwarnai dengan warna biru saja, selang seling
setiap 2.
a. Tentu masih ingat atau samar-samar ingat atau pernah tahu dan belum suka
mengingatnya bahwa pada suatu area range C7:H8, cell ke-1 nya adalah cell
C7, cell ke-2 adalah cell D7 (bergerak kekanan ke kolom berikut) cell ke-6
nya adalah H7. Sedangkan cell ke-7-nya adalah cell C8 karena area range
C7:H8 hanya berisi 6 kolom, maka cell ke-7 pastilah sudah sampai kolom
terkanan lalu mulai turun ke baris berikutnya di kolom C lagi (ingat, pada
area C7:H8). Mungkin bisa dilihat lebih jelas disini pada bagian
Range<http://b-excel.blogspot.com/2013/07/belajarvba-006-object-dalam-excel.html>
.
*b.* berarti, jika akan selang-seling 2, diperlukan pergerakan nomor urut
cells setiap 2 bijik atau lompat per 2 cell. Artinya, nanti dibutuhkan loop
dari nomor cell ke-1 sampai nomor cell terakhir di area yang dijelaskan di
nomor 1, dengan lompatan (STEP) setiap 2 nomor. Loop yang bisa dimanfaatkan
antara lain adalah FOR ... NEXT dengan STEP 2 (karena lompat per dua
dua). Kalau
lupa atau baru nyaris ingat dengan yang namanya loop FOR NEXT, bisa
jalan-jalan menyegarkan diri
disini<http://b-excel.blogspot.com/2013/08/belajarvba-010-perulangan-1-for-next.html>
.
*3.* proses menuju setiap cell yang akan diwarnai dengan proses loop FOR
NEXT STEP 2
*a.* loopnya si FOR NEXT membutuhkan sebuah variabel loop. Kali ini, pokok
utama yang di proses adalah nomor cells dalam suatu area range (area range
yang dijabarkan di nomor 1), yaitu mulai dari nomor cells ke-1 sampai nomor
cells terakhir. Artinya, dibutuhkan sebuah variabel loop yang bisa
menyimpan nilai berupa bilangan bulat dari angka 1 (untuk cell nomor 1)
sampai angka yang cukup banyak sebanyak jumlah cells di area tersebut. Tipe
data variabel yang dibutuhkan adalah LONG karena dituntut bisa menyimpan
bilangan bulat yang cukup luas rentangnya (dari 1 sampai sebanyak cells
terpilih). Coretan tentang variabel dan tipe data ada
disini<http://b-excel.blogspot.com/2013/07/belajarvba-004-tipe-data-variabel.html>
.
*b.* object range memiliki properti bernama interior. Properti interior
range bisa diatur warnanya melalui properti bernama Color atau ColorIndex.
Untuk kali ini, anggap saja untuk warna biru, pakai properti ColorIndex,
maka nomor colorindex untuk warna biru adalah 5.
Setelah tahap 1 dalam penyusunan suatu proses otomasi selesai, maka mulai
tahap 2, yaitu menulis script nya. Yang perlu diingat :
*"sesuatu yang pernah dibuka, jangan lupa ditutup"*
Tahap 2 : menulis script berdasar karangan bebas tahap 1
0. buat blok prosedur, misal prosedur diberi nama Mewarnai. Anda lupa cara
membuat blok prosedur? coba jalan-jalan
kesini<http://b-excel.blogspot.com/2013/07/belajarvba-005-procedure-seri-1.html>
.
public sub Mewarnai()
end sub
1. mulai langkah nomor *0* tahap 1 diatas sana dan diletakkan di dalam
prosedur
public sub Mewarnai()
cells.clear 'langkah nomor 0
end sub
2. langkah nomor *1**a* tahap 1, yaitu bekerja pada suatu area range dengan
blok WITH ... END WITH
public sub Mewarnai()
cells.clear 'langkah nomor 0
with range("c3").resize( 16 , 17 ) 'langkah nomor 1a di titik pembuka
end with 'langkah nomor 1a di titik penutup
end sub
3. langkah nomor *2**b* tahap 1 membutuhkan langkah *3**a* tahap 1. Nama
variabel untuk langkah *3**a* misalnya adalah lNomorCells
public sub Mewarnai()
dim lNomorCells as long 'langkah 3a
cells.clear 'langkah nomor 0
with range("c3").resize( 16 , 17 ) 'langkah nomor 1a di titik pembuka
for lNomorCells=1 to .count STEP 2 'langkah nomor 2b di titik
pembuka
next lNomorCells 'langkah nomor 2b di titik penutup
end with 'langkah nomor 1a di titik penutup
end sub
4. langkah nomor *3**b* tahap 1, yaitu mewarnai cells pada nomor cell yang
sesuai isi variabel lNomorCells saat itu (saat loop sampai disitu)
public sub Mewarnai()
dim lNomorCells as long 'langkah 3a
cells.clear 'langkah nomor 0
with range("c3").resize( 16 , 17 ) 'langkah nomor 1a di titik pembuka
for lNomorCells=1 to .count STEP 2 'langkah nomor 2b di titik
pembuka
.cells( lnomorcells ).interior.colorindex = 5
'langkah nomor 3b
next lNomorCells 'langkah nomor 2b di titik penutup
end with 'langkah nomor 1a di titik penutup
end sub
5. selesai dah... dan hasil akhir prosedurnya adalah seperti nomor 4 tahap
2.
Kalau sudah bisa menjalankan script dasar hasil tahap 2, barulah memasuki
tahap 3, yaitu pengembangan.
1. misalkan merasa bahwa properti colorindex relatif susah ngatur variasi
warnanya, maka bisa pakai properti color. Memilih warnanya bisa dengan
fungsi RGB milik VBA. Fungsi RGB meminta inputan intensitas warna merah,
ijo, biru dalm bentuk :
RGB( intensitas_merah , intensitas_ijo , intensitas_biru )
Intensitasnya dari 0 sampai 255 (ada 256 tingkat intensitas)
berarti, pada nomor 4 tahap 2 di baris berbunyi :
.cells( lnomorcells ).interior.colorindex = 5 'langkah nomor 3b
bisa diganti menjadi : (sama-sama masih warna biru dulu ya)
.cells( lnomorcells ).interior.color = RGB( 0 , 0 , 255 ) 'langkah nomor
3b
2. kalau sudah praktek yang nomor 1 tahap 3 diatas dan ingin memvariasi
warna supaya ndak biru do ang...
a. intensitas warna merah yang tadinya konstan 0 diganti menjadi dinamis
dengan :
Abs( 255 - ( (lNomorCells-1) Mod 256 ) * 2 )
b. intensitas warna biru yang tadinya konstan 255 diganti menjadi dinamis
dengan :
2 * ( 128 - Abs( 128 - ( (lNomorCells-1) Mod 256 ) ) )
Jadi, baris yang tadinya berbunyi :
.cells( lnomorcells ).interior.color = RGB( 0 , 0 , *255* ) 'langkah
nomor 3b
menjadi :
.cells( lnomorcells ).interior.color = _
RGB( Abs(255-((lNomorCells-1) Mod 256)*2) _
, 0 _
, *2 * ( 128 - Abs( 128 - ( (lNomorCells-1) Mod 256 ) ) )*_
) 'langkah nomor 3b
3. membuat user bisa memilih jumlah baris dan kolom yang akan diwarnai
(tetap mulai C3) beserta jarak selang-selingnya.
>> Script di atas sana tadi idel untuk jumlah kolom yang ganjil. Ketika
disediakan inputan oleh user tentang jumlah kolom, maka perlu dilakukan
penambahan 1 kolom andaikan user mengisi nilai kolom yang genap kemudian
menghapus kolom tambahan tersebut ketika sudah selesai mewarnai.
>> Contoh pengembangannya bisa dilihat disini<https://app.box.com/s/fu7u9j8xsk7thetmc4cu>
.
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.,
Kid.
2014-04-16 10:45 GMT+07:00 dwint ruswanto <dwint.ruswanto@gmail.com>:
>
>
> Assalamu'
>
> Berdasarkan permintaan dari pak Heri yang lagi semangat belajar VBA, saya
> mewakili moderator ingin memberikan sedikit challange kepada BeExceller.
>
> Kasusnya seperti gambar di bawah ini:
>
>
> Yang diminta adalah:
> Membuat warna interior cel seperti di atas dengan pola seperti papan catur
> menggunakan VBA, jenis warna bebas asal tidak putih semua hehehehe :)
>
> Boleh menggunakan scipt apa saja, penilaian pemenang akan ditentukan oleh
> moderator dan keputusan moderator tidak bisa diganggu gugat hehehehe :)
>
> Biar adil, Moderator dan Miss Jan Raisin tidak boleh mengikuti challenge
> ini, selain itu semua BeExceller dipersilakan mengikuti challenge ini.
>
> Peserta selain harus menyertakan workbook <= 250 KB juga harus menerangkan
> jalannya script itu di body email, hal ini untuk melatih BeExceller berbagi
> ilmu dan menerangkannya kepada member yang lain.
>
> Buat menambah semangat, ada 2 buah buku sebagai hadiah untuk 2 pemenang,
> tetapi bukan buku mengenai Excel atau VBA karena millis belum memiliki buku
> sendiri. Pemenang akan diminta mengirimkan alamat pengiriman ke email owner
> (bukan email milis) beserta telepon yang bisa dihubungi setelah challenge
> ini ditutup dan diperoleh 2 orang pemenang.
>
> Batas waktu challenge 7 hari mulai sekarang, dan akan ditutup pada hari
> Rabu tanggal 23 April 2014 jam 12:00 WIB.
>
> Tujuan dari challenge ini bukan untuk mengejar hadiahnya, tetapi sekedar
> untuk melatih kemampuan mengajarkan ilmu kepada yang lain.
>
> Selamat berkreasi.
>
> Wassalam,
>
> -dwint-
>
>
>
Thu Apr 24, 2014 6:56 pm (PDT) . Posted by:
"Ahmad Syaifullah Lubis" syaifullah
Dear Dwi,
kasus anda hampir sama dengan kasus saya, yang dari laporan kas, laporan bank akan dibuatkan menjadi jurnal. dengan jurnal kita akan dapatkan buku besar. dari jurnal kita sudah bisa membuatkan laporan keuangan, yang didukung oleh laporan general ledger/buku besar.
ini sangat menarik sekali, semoga BeExceller ada yang mau nyumbang macronya.
salam,
ASL.
From: upiet29@yahoo.com
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Wed, 23 Apr 2014 21:43:18 -0700
Subject: [belajar-excel] Membuat rekap data menjadi jurnal [1 Attachment]
Dear Rekan Excel,
Mohon bantuannya, saya punya file rekap yang mau saya buat secara otomatis menjadi jurnal.
Sheet rekap berisi data rekapan dari laporan kas, bank dan penjualan serta pembelian.
Dari sheet rekap mau saya buat secara otomatis menjurnal sendiri ke sheet jurnal, dan disheet jurnal tersebut juga dapat dientry sendiri (ataupun dari sheet lain) khusus untuk AJP dan jurnal penutup.
Bagaimana ya caranya? kalau ada contoh kasusnya yg sama boleh dikirimkan untuk dipelajari.
Terima kasih
Salam
Dwi
kasus anda hampir sama dengan kasus saya, yang dari laporan kas, laporan bank akan dibuatkan menjadi jurnal. dengan jurnal kita akan dapatkan buku besar. dari jurnal kita sudah bisa membuatkan laporan keuangan, yang didukung oleh laporan general ledger/buku besar.
ini sangat menarik sekali, semoga BeExceller ada yang mau nyumbang macronya.
salam,
ASL.
From: upiet29@yahoo.com
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Wed, 23 Apr 2014 21:43:18 -0700
Subject: [belajar-excel] Membuat rekap data menjadi jurnal [1 Attachment]
Dear Rekan Excel,
Mohon bantuannya, saya punya file rekap yang mau saya buat secara otomatis menjadi jurnal.
Sheet rekap berisi data rekapan dari laporan kas, bank dan penjualan serta pembelian.
Dari sheet rekap mau saya buat secara otomatis menjurnal sendiri ke sheet jurnal, dan disheet jurnal tersebut juga dapat dientry sendiri (ataupun dari sheet lain) khusus untuk AJP dan jurnal penutup.
Bagaimana ya caranya? kalau ada contoh kasusnya yg sama boleh dikirimkan untuk dipelajari.
Terima kasih
Salam
Dwi
Thu Apr 24, 2014 7:31 pm (PDT) . Posted by:
"egidia seftyanaputri"
Dear pak Ahmad dan ibu Upie,
kalo menurut Putri, yang harus diperbaiki adalah alur prosesnya.. pertama
harus selalu di awali dengan jurnal, jurnal di dalam akuntansi ibarat
pondasi suatu bangunan.. jika proses ini dilewati maka tahap berikutnya
akan sulit dikerjakan.
Putri ambil contoh transaksi tanggal 5 tentang pembayaran pembelian barang,
asumsi barang yang dibeli adalah barang dagangan,
ada 2 jenis transaksi yang mungkin terjadi, yaitu pembelian dilakukan
secara kredit atau secara tunai yang pasti jurnalnya akan berbeda, dari
mana Excel tau bahwa harus dibuat jurnal pembayaran hutang karena pembelian
kredit atau jurnal pembayaran karena pembelian tunai?
Dalam contoh yang sama, ada 2 jenis metode yang bisa digunakan yaitu metode
fisik dan perpectual yang masing-masing jurnalnya akan berbeda, jadi dari 1
contoh transaksi tersebut ada 4 kemungkinan jurnal yang bisa dibuat..
Bagaimana caranya memberitahu Excel bahwa jurnalnya harus dicatat
menggunakan metode ini untuk pembayaran pembelian jenis yang ini.
Kadang user selalu ingin selalu mengambil jalan pintas agar pekerjaan
mereka lebih cepat selesai di awal, tetapi akibat dari pemilihan jalan
pintas itu yang tidak pernah diperhitungkan.
Inti dari cerita Putri di atas adalah siklus akuntansi harus selalu
dijalankan.. Semoga bisa menjadi bahan renungan :)
Rgds,
Putri
Pada 25 April 2014 08.56, Ahmad Syaifullah Lubis
<syaifullah@hotmail.com>menulis:
>
>
> Dear Dwi,
> kasus anda hampir sama dengan kasus saya, yang dari laporan kas, laporan
> bank akan dibuatkan menjadi jurnal. dengan jurnal kita akan dapatkan buku
> besar. dari jurnal kita sudah bisa membuatkan laporan keuangan, yang
> didukung oleh laporan general ledger/buku besar.
> ini sangat menarik sekali, semoga BeExceller ada yang mau nyumbang
> macronya.
>
> salam,
> ASL.
>
> ------------------------------
> From: upiet29@yahoo.com
> To: belajar-excel@yahoogroups.com
> Date: Wed, 23 Apr 2014 21:43:18 -0700
> Subject: [belajar-excel] Membuat rekap data menjadi jurnal [1 Attachment]
>
>
>
> Dear Rekan Excel,
>
> Mohon bantuannya, saya punya file rekap yang mau saya buat secara otomatis
> menjadi jurnal.
> Sheet rekap berisi data rekapan dari laporan kas, bank dan penjualan serta
> pembelian.
> Dari sheet rekap mau saya buat secara otomatis menjurnal sendiri ke sheet
> jurnal, dan disheet jurnal tersebut juga dapat dientry sendiri (ataupun
> dari sheet lain) khusus untuk AJP dan jurnal penutup.
> Bagaimana ya caranya? kalau ada contoh kasusnya yg sama boleh dikirimkan
> untuk dipelajari.
>
> Terima kasih
>
> Salam
> Dwi
>
>
>
kalo menurut Putri, yang harus diperbaiki adalah alur prosesnya.. pertama
harus selalu di awali dengan jurnal, jurnal di dalam akuntansi ibarat
pondasi suatu bangunan.. jika proses ini dilewati maka tahap berikutnya
akan sulit dikerjakan.
Putri ambil contoh transaksi tanggal 5 tentang pembayaran pembelian barang,
asumsi barang yang dibeli adalah barang dagangan,
ada 2 jenis transaksi yang mungkin terjadi, yaitu pembelian dilakukan
secara kredit atau secara tunai yang pasti jurnalnya akan berbeda, dari
mana Excel tau bahwa harus dibuat jurnal pembayaran hutang karena pembelian
kredit atau jurnal pembayaran karena pembelian tunai?
Dalam contoh yang sama, ada 2 jenis metode yang bisa digunakan yaitu metode
fisik dan perpectual yang masing-masing jurnalnya akan berbeda, jadi dari 1
contoh transaksi tersebut ada 4 kemungkinan jurnal yang bisa dibuat..
Bagaimana caranya memberitahu Excel bahwa jurnalnya harus dicatat
menggunakan metode ini untuk pembayaran pembelian jenis yang ini.
Kadang user selalu ingin selalu mengambil jalan pintas agar pekerjaan
mereka lebih cepat selesai di awal, tetapi akibat dari pemilihan jalan
pintas itu yang tidak pernah diperhitungkan.
Inti dari cerita Putri di atas adalah siklus akuntansi harus selalu
dijalankan.. Semoga bisa menjadi bahan renungan :)
Rgds,
Putri
Pada 25 April 2014 08.56, Ahmad Syaifullah Lubis
<syaifullah@hotmail.com>menulis:
>
>
> Dear Dwi,
> kasus anda hampir sama dengan kasus saya, yang dari laporan kas, laporan
> bank akan dibuatkan menjadi jurnal. dengan jurnal kita akan dapatkan buku
> besar. dari jurnal kita sudah bisa membuatkan laporan keuangan, yang
> didukung oleh laporan general ledger/buku besar.
> ini sangat menarik sekali, semoga BeExceller ada yang mau nyumbang
> macronya.
>
> salam,
> ASL.
>
> ------------------------------
> From: upiet29@yahoo.com
> To: belajar-excel@yahoogroups.com
> Date: Wed, 23 Apr 2014 21:43:18 -0700
> Subject: [belajar-excel] Membuat rekap data menjadi jurnal [1 Attachment]
>
>
>
> Dear Rekan Excel,
>
> Mohon bantuannya, saya punya file rekap yang mau saya buat secara otomatis
> menjadi jurnal.
> Sheet rekap berisi data rekapan dari laporan kas, bank dan penjualan serta
> pembelian.
> Dari sheet rekap mau saya buat secara otomatis menjurnal sendiri ke sheet
> jurnal, dan disheet jurnal tersebut juga dapat dientry sendiri (ataupun
> dari sheet lain) khusus untuk AJP dan jurnal penutup.
> Bagaimana ya caranya? kalau ada contoh kasusnya yg sama boleh dikirimkan
> untuk dipelajari.
>
> Terima kasih
>
> Salam
> Dwi
>
>
>
Thu Apr 24, 2014 8:17 pm (PDT) . Posted by:
"Hendrik Karnadi" hendrikkarnadi
Saya sependapat dengan mbak Putri.
Jika jurnalnya sdh pas (no reknya benar, debit dan kredit per voucher sdh balance) maka bisa langsung dibuat Neraca Saldo (dengan Pivot atau fungsi Sumifs), Neraca, LR, Perubahan Modal bahkan analisa ratio keuangan (dengan fungsi Sumif atau Sumifs), sedangkan buku besar bisa dibuat dengan Pivot+Macro atau Macro saja (dalam satu sheet).
Salam,
HK
Sent from Samsung Mobileegidia seftyanaputri <egidia.s.putri@gmail.com> wrote:Dear pak Ahmad dan ibu Upie,
kalo menurut Putri, yang harus diperbaiki adalah alur prosesnya.. pertama harus selalu di awali dengan jurnal, jurnal di dalam akuntansi ibarat pondasi suatu bangunan.. jika proses ini dilewati maka tahap berikutnya akan sulit dikerjakan.
Putri ambil contoh transaksi tanggal 5 tentang pembayaran pembelian barang, asumsi barang yang dibeli adalah barang dagangan,
ada 2 jenis transaksi yang mungkin terjadi, yaitu pembelian dilakukan secara kredit atau secara tunai yang pasti jurnalnya akan berbeda, dari mana Excel tau bahwa harus dibuat jurnal pembayaran hutang karena pembelian kredit atau jurnal pembayaran karena pembelian tunai?
Dalam contoh yang sama, ada 2 jenis metode yang bisa digunakan yaitu metode fisik dan perpectual yang masing-masing jurnalnya akan berbeda, jadi dari 1 contoh transaksi tersebut ada 4 kemungkinan jurnal yang bisa dibuat.. Bagaimana caranya memberitahu Excel bahwa jurnalnya harus dicatat menggunakan metode ini untuk pembayaran pembelian jenis yang ini.
Kadang user selalu ingin selalu mengambil jalan pintas agar pekerjaan mereka lebih cepat selesai di awal, tetapi akibat dari pemilihan jalan pintas itu yang tidak pernah diperhitungkan.
Inti dari cerita Putri di atas adalah siklus akuntansi harus selalu dijalankan.. Semoga bisa menjadi bahan renungan :)
Rgds,
Putri
Pada 25 April 2014 08.56, Ahmad Syaifullah Lubis <syaifullah@hotmail.com> menulis:
Dear Dwi,
kasus anda hampir sama dengan kasus saya, yang dari laporan kas, laporan bank akan dibuatkan menjadi jurnal. dengan jurnal kita akan dapatkan buku besar. dari jurnal kita sudah bisa membuatkan laporan keuangan, yang didukung oleh laporan general ledger/buku besar.
ini sangat menarik sekali, semoga BeExceller ada yang mau nyumbang macronya.
salam,
ASL.
From: upiet29@yahoo.com
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Wed, 23 Apr 2014 21:43:18 -0700
Subject: [belajar-excel] Membuat rekap data menjadi jurnal [1 Attachment]
Dear Rekan Excel,
Mohon bantuannya, saya punya file rekap yang mau saya buat secara otomatis menjadi jurnal.
Sheet rekap berisi data rekapan dari laporan kas, bank dan penjualan serta pembelian.
Dari sheet rekap mau saya buat secara otomatis menjurnal sendiri ke sheet jurnal, dan disheet jurnal tersebut juga dapat dientry sendiri (ataupun dari sheet lain) khusus untuk AJP dan jurnal penutup.
Bagaimana ya caranya? kalau ada contoh kasusnya yg sama boleh dikirimkan untuk dipelajari.
Terima kasih
Salam
Dwi
Jika jurnalnya sdh pas (no reknya benar, debit dan kredit per voucher sdh balance) maka bisa langsung dibuat Neraca Saldo (dengan Pivot atau fungsi Sumifs), Neraca, LR, Perubahan Modal bahkan analisa ratio keuangan (dengan fungsi Sumif atau Sumifs), sedangkan buku besar bisa dibuat dengan Pivot+Macro atau Macro saja (dalam satu sheet).
Salam,
HK
Sent from Samsung Mobileegidia seftyanaputri <egidia.s.putri@gmail.com> wrote:Dear pak Ahmad dan ibu Upie,
kalo menurut Putri, yang harus diperbaiki adalah alur prosesnya.. pertama harus selalu di awali dengan jurnal, jurnal di dalam akuntansi ibarat pondasi suatu bangunan.. jika proses ini dilewati maka tahap berikutnya akan sulit dikerjakan.
Putri ambil contoh transaksi tanggal 5 tentang pembayaran pembelian barang, asumsi barang yang dibeli adalah barang dagangan,
ada 2 jenis transaksi yang mungkin terjadi, yaitu pembelian dilakukan secara kredit atau secara tunai yang pasti jurnalnya akan berbeda, dari mana Excel tau bahwa harus dibuat jurnal pembayaran hutang karena pembelian kredit atau jurnal pembayaran karena pembelian tunai?
Dalam contoh yang sama, ada 2 jenis metode yang bisa digunakan yaitu metode fisik dan perpectual yang masing-masing jurnalnya akan berbeda, jadi dari 1 contoh transaksi tersebut ada 4 kemungkinan jurnal yang bisa dibuat.. Bagaimana caranya memberitahu Excel bahwa jurnalnya harus dicatat menggunakan metode ini untuk pembayaran pembelian jenis yang ini.
Kadang user selalu ingin selalu mengambil jalan pintas agar pekerjaan mereka lebih cepat selesai di awal, tetapi akibat dari pemilihan jalan pintas itu yang tidak pernah diperhitungkan.
Inti dari cerita Putri di atas adalah siklus akuntansi harus selalu dijalankan.. Semoga bisa menjadi bahan renungan :)
Rgds,
Putri
Pada 25 April 2014 08.56, Ahmad Syaifullah Lubis <syaifullah@hotmail.com> menulis:
Dear Dwi,
kasus anda hampir sama dengan kasus saya, yang dari laporan kas, laporan bank akan dibuatkan menjadi jurnal. dengan jurnal kita akan dapatkan buku besar. dari jurnal kita sudah bisa membuatkan laporan keuangan, yang didukung oleh laporan general ledger/buku besar.
ini sangat menarik sekali, semoga BeExceller ada yang mau nyumbang macronya.
salam,
ASL.
From: upiet29@yahoo.com
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Wed, 23 Apr 2014 21:43:18 -0700
Subject: [belajar-excel] Membuat rekap data menjadi jurnal [1 Attachment]
Dear Rekan Excel,
Mohon bantuannya, saya punya file rekap yang mau saya buat secara otomatis menjadi jurnal.
Sheet rekap berisi data rekapan dari laporan kas, bank dan penjualan serta pembelian.
Dari sheet rekap mau saya buat secara otomatis menjurnal sendiri ke sheet jurnal, dan disheet jurnal tersebut juga dapat dientry sendiri (ataupun dari sheet lain) khusus untuk AJP dan jurnal penutup.
Bagaimana ya caranya? kalau ada contoh kasusnya yg sama boleh dikirimkan untuk dipelajari.
Terima kasih
Salam
Dwi
Thu Apr 24, 2014 11:12 pm (PDT) . Posted by:
"Ahmad Syaifullah Lubis" syaifullah
Dear Putri,
benar semua yang Putri utarakan.....
tetapi kasus Dwi/ Ibu Upie dan juga saya adalah kenyataan... dimana kita disodorkan oleh masalah dan juga untuk efisiensi waktu yang ada. makanya Dwi dan juga saya harus/terpaksa harus menciptakan jurnal dari laporan yang diterima (mungkin laporan kas dan bank tsb dalam bentuk file excel). jadi mengapa tidak kita modif aja laporan tsb supaya menjadi database jurnal. lebih praktis dan menghemat waktu bukan?. karena kita tahu bahwa dari jurnal akan terbentuk general ledger/buku besar dan akan menjadi laporan keuangan.
mudah2an ada yang mau mengerti keinginan dari Dwi dan bisa membantu memberikan macro jurnal yang baik.
(padahal sih saya lagi nungguin BeExceller yang memposting soal buku besar dalam 1 sheet).
Salam.
ASL
To: belajar-excel@yahoogroups.com
From: egidia.s.putri@gmail.com
Date: Fri, 25 Apr 2014 09:31:43 +0700
Subject: Re: [belajar-excel] Membuat rekap data menjadi jurnal
Dear pak Ahmad dan ibu Upie,
kalo menurut Putri, yang harus diperbaiki adalah alur prosesnya.. pertama harus selalu di awali dengan jurnal, jurnal di dalam akuntansi ibarat pondasi suatu bangunan.. jika proses ini dilewati maka tahap berikutnya akan sulit dikerjakan.
Putri ambil contoh transaksi tanggal 5 tentang pembayaran pembelian barang, asumsi barang yang dibeli adalah barang dagangan,
ada 2 jenis transaksi yang mungkin terjadi, yaitu pembelian dilakukan secara kredit atau secara tunai yang pasti jurnalnya akan berbeda, dari mana Excel tau bahwa harus dibuat jurnal pembayaran hutang karena pembelian kredit atau jurnal pembayaran karena pembelian tunai?
Dalam contoh yang sama, ada 2 jenis metode yang bisa digunakan yaitu metode fisik dan perpectual yang masing-masing jurnalnya akan berbeda, jadi dari 1 contoh transaksi tersebut ada 4 kemungkinan jurnal yang bisa dibuat.. Bagaimana caranya memberitahu Excel bahwa jurnalnya harus dicatat menggunakan metode ini untuk pembayaran pembelian jenis yang ini.
Kadang user selalu ingin selalu mengambil jalan pintas agar pekerjaan mereka lebih cepat selesai di awal, tetapi akibat dari pemilihan jalan pintas itu yang tidak pernah diperhitungkan.
Inti dari cerita Putri di atas adalah siklus akuntansi harus selalu dijalankan.. Semoga bisa menjadi bahan renungan :)
Rgds,
Putri
Pada 25 April 2014 08.56, Ahmad Syaifullah Lubis <syaifullah@hotmail.com> menulis:
Dear Dwi,
kasus anda hampir sama dengan kasus saya, yang dari laporan kas, laporan bank akan dibuatkan menjadi jurnal. dengan jurnal kita akan dapatkan buku besar. dari jurnal kita sudah bisa membuatkan laporan keuangan, yang didukung oleh laporan general ledger/buku besar.
ini sangat menarik sekali, semoga BeExceller ada yang mau nyumbang macronya.
salam,
ASL.
From: upiet29@yahoo.com
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Wed, 23 Apr 2014 21:43:18 -0700
Subject: [belajar-excel] Membuat rekap data menjadi jurnal [1 Attachment]
Dear Rekan Excel,
Mohon bantuannya, saya punya file rekap yang mau saya buat secara otomatis menjadi jurnal.
Sheet rekap berisi data rekapan dari laporan kas, bank dan penjualan serta pembelian.
Dari sheet rekap mau saya buat secara otomatis menjurnal sendiri ke sheet jurnal, dan disheet jurnal tersebut juga dapat dientry sendiri (ataupun dari sheet lain) khusus untuk AJP dan jurnal penutup.
Bagaimana ya caranya? kalau ada contoh kasusnya yg sama boleh dikirimkan untuk dipelajari.
Terima kasih
Salam
Dwi
benar semua yang Putri utarakan.....
tetapi kasus Dwi/ Ibu Upie dan juga saya adalah kenyataan... dimana kita disodorkan oleh masalah dan juga untuk efisiensi waktu yang ada. makanya Dwi dan juga saya harus/terpaksa harus menciptakan jurnal dari laporan yang diterima (mungkin laporan kas dan bank tsb dalam bentuk file excel). jadi mengapa tidak kita modif aja laporan tsb supaya menjadi database jurnal. lebih praktis dan menghemat waktu bukan?. karena kita tahu bahwa dari jurnal akan terbentuk general ledger/buku besar dan akan menjadi laporan keuangan.
mudah2an ada yang mau mengerti keinginan dari Dwi dan bisa membantu memberikan macro jurnal yang baik.
(padahal sih saya lagi nungguin BeExceller yang memposting soal buku besar dalam 1 sheet).
Salam.
ASL
To: belajar-excel@yahoogroups.com
From: egidia.s.putri@gmail.com
Date: Fri, 25 Apr 2014 09:31:43 +0700
Subject: Re: [belajar-excel] Membuat rekap data menjadi jurnal
Dear pak Ahmad dan ibu Upie,
kalo menurut Putri, yang harus diperbaiki adalah alur prosesnya.. pertama harus selalu di awali dengan jurnal, jurnal di dalam akuntansi ibarat pondasi suatu bangunan.. jika proses ini dilewati maka tahap berikutnya akan sulit dikerjakan.
Putri ambil contoh transaksi tanggal 5 tentang pembayaran pembelian barang, asumsi barang yang dibeli adalah barang dagangan,
ada 2 jenis transaksi yang mungkin terjadi, yaitu pembelian dilakukan secara kredit atau secara tunai yang pasti jurnalnya akan berbeda, dari mana Excel tau bahwa harus dibuat jurnal pembayaran hutang karena pembelian kredit atau jurnal pembayaran karena pembelian tunai?
Dalam contoh yang sama, ada 2 jenis metode yang bisa digunakan yaitu metode fisik dan perpectual yang masing-masing jurnalnya akan berbeda, jadi dari 1 contoh transaksi tersebut ada 4 kemungkinan jurnal yang bisa dibuat.. Bagaimana caranya memberitahu Excel bahwa jurnalnya harus dicatat menggunakan metode ini untuk pembayaran pembelian jenis yang ini.
Kadang user selalu ingin selalu mengambil jalan pintas agar pekerjaan mereka lebih cepat selesai di awal, tetapi akibat dari pemilihan jalan pintas itu yang tidak pernah diperhitungkan.
Inti dari cerita Putri di atas adalah siklus akuntansi harus selalu dijalankan.. Semoga bisa menjadi bahan renungan :)
Rgds,
Putri
Pada 25 April 2014 08.56, Ahmad Syaifullah Lubis <syaifullah@hotmail.com> menulis:
Dear Dwi,
kasus anda hampir sama dengan kasus saya, yang dari laporan kas, laporan bank akan dibuatkan menjadi jurnal. dengan jurnal kita akan dapatkan buku besar. dari jurnal kita sudah bisa membuatkan laporan keuangan, yang didukung oleh laporan general ledger/buku besar.
ini sangat menarik sekali, semoga BeExceller ada yang mau nyumbang macronya.
salam,
ASL.
From: upiet29@yahoo.com
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Wed, 23 Apr 2014 21:43:18 -0700
Subject: [belajar-excel] Membuat rekap data menjadi jurnal [1 Attachment]
Dear Rekan Excel,
Mohon bantuannya, saya punya file rekap yang mau saya buat secara otomatis menjadi jurnal.
Sheet rekap berisi data rekapan dari laporan kas, bank dan penjualan serta pembelian.
Dari sheet rekap mau saya buat secara otomatis menjurnal sendiri ke sheet jurnal, dan disheet jurnal tersebut juga dapat dientry sendiri (ataupun dari sheet lain) khusus untuk AJP dan jurnal penutup.
Bagaimana ya caranya? kalau ada contoh kasusnya yg sama boleh dikirimkan untuk dipelajari.
Terima kasih
Salam
Dwi
Thu Apr 24, 2014 7:57 pm (PDT) . Posted by:
"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
Hai Agung,
Biasanya, repot mencari penyebabnya kalau ndak tahu script dan object
controlnya. Kadang ActiveX Control ListView menyebabkan hal ini. Yang
jelas, penyebabnya bisa banyak hal.
Wassalam,
Kid.
2014-04-23 11:27 GMT+07:00 <agungdotcom13@yahoo.com>:
>
>
> Dear All Master, ,
>
>
> Saya mau tanya nih, saya punya program aplikasi excel vba yang sudah jadi
>
> semua bisa berjalan lancar saat dipakai tapi terkadang saat data mau
> disimpan muncul error seperti file terlampr??
>
> Kira-kira penyebab biasanya apa ya??
>
>
>
>
>
> Thanks,B'Regards
>
> -Agunk-
>
>
>
Biasanya, repot mencari penyebabnya kalau ndak tahu script dan object
controlnya. Kadang ActiveX Control ListView menyebabkan hal ini. Yang
jelas, penyebabnya bisa banyak hal.
Wassalam,
Kid.
2014-04-23 11:27 GMT+07:00 <agungdotcom13@yahoo.com>:
>
>
> Dear All Master, ,
>
>
> Saya mau tanya nih, saya punya program aplikasi excel vba yang sudah jadi
>
> semua bisa berjalan lancar saat dipakai tapi terkadang saat data mau
> disimpan muncul error seperti file terlampr??
>
> Kira-kira penyebab biasanya apa ya??
>
>
>
>
>
> Thanks,B'
>
> -Agunk-
>
>
>
Thu Apr 24, 2014 10:53 pm (PDT) . Posted by:
"KESI VIZZIANTI"
Mohon bantyannya untuk fungsi IF berikut ini : Saya mempunyai data
terlampir berkali-kali gagal untuk fungsi if yang sederhana yaitu jika
Nilai dari Jan sampai ke JUN sama maka hasilnya "Gagal" Jika nilai dari
APR ke Jun sama maka hasilnya "Ulang" Jika tidak ada yang sama maka
Hasilnya "nil"
terlampir berkali-kali gagal untuk fungsi if yang sederhana yaitu jika
Nilai dari Jan sampai ke JUN sama maka hasilnya "Gagal" Jika nilai dari
APR ke Jun sama maka hasilnya "Ulang" Jika tidak ada yang sama maka
Hasilnya "nil"
Thu Apr 24, 2014 11:24 pm (PDT) . Posted by:
"Heri Pamungkas ( Gmail )" dchoosen88
السَّÙ„َامُ عَÙ„َÙŠْÙƒُÙ…ْ ÙˆَرَØْÙ…َØ©ُ اللهِ ÙˆَبَرَÙƒَاتُÙ‡ُ
Semangat pagi,.
Pake Countif boleh ?!
ÙˆَالسَّÙ„َامُ عَÙ„َÙŠْÙƒُÙ…ْ ÙˆَرَØْÙ…َØ©ُ اللهِ ÙˆَبَرَÙƒَاتُÙ‡ُ
Warm Regards,
On 25/04/2014 11:40, KESI VIZZIANTI wrote:
> Mohon bantyannya untuk fungsi IF berikut ini :
> Saya mempunyai data terlampir
> berkali-kali gagal untuk fungsi if yang sederhana
> yaitu jika Nilai dari Jan sampai ke JUN sama maka hasilnya "Gagal"
> Jika nilai dari APR ke Jun sama maka hasilnya "Ulang"
> Jika tidak ada yang sama maka Hasilnya "nil"
>
>
Thu Apr 24, 2014 11:16 pm (PDT) . Posted by:
"Bagus" bagus4bls
Hai Kesi;
Coba begini:
=IF(SUMPRODUCT(1/COUNTIF(D3:I3,D3:I3))=1,"GAGAL",IF(SUMPRODUCT(1/COUNTIF(G3:I3,G3:I3))=1,"ULANG","NIL"))
Copas kebawah
Wassalam
~ Bagus ~
----- Original Message -----
From: KESI VIZZIANTI
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Friday, April 25, 2014 11:40 AM
Subject: [belajar-excel] Fungsi IF gagal terus [1 Attachment]
Mohon bantyannya untuk fungsi IF berikut ini :
Saya mempunyai data terlampir
berkali-kali gagal untuk fungsi if yang sederhana
yaitu jika Nilai dari Jan sampai ke JUN sama maka hasilnya "Gagal"
Jika nilai dari APR ke Jun sama maka hasilnya "Ulang"
Jika tidak ada yang sama maka Hasilnya "nil"
Coba begini:
=IF(SUMPRODUCT(1/COUNTIF(D3:I3,D3:I3))=1,"GAGAL",IF(SUMPRODUCT(1/COUNTIF(G3:I3,G3:I3))=1,"ULANG","NIL"))
Copas kebawah
Wassalam
~ Bagus ~
----- Original Message -----
From: KESI VIZZIANTI
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Friday, April 25, 2014 11:40 AM
Subject: [belajar-excel] Fungsi IF gagal terus [1 Attachment]
Mohon bantyannya untuk fungsi IF berikut ini :
Saya mempunyai data terlampir
berkali-kali gagal untuk fungsi if yang sederhana
yaitu jika Nilai dari Jan sampai ke JUN sama maka hasilnya "Gagal"
Jika nilai dari APR ke Jun sama maka hasilnya "Ulang"
Jika tidak ada yang sama maka Hasilnya "nil"
=====================================================================
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
Tidak ada komentar:
Posting Komentar