Minggu, 20 April 2014

[belajar-excel] Digest Number 2882

9 Messages

Digest #2882
2a
System Tracking Tagihan by "Beno Prabowo" beno.prabowo
4a
Re: Urutkan Nomor dan Keterangan [1 Attachment] by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
5b
Re: Jangka waktu dalam bulan by "Heri Pamungkas ( Gmail )" dchoosen88
6a

Messages

Sat Apr 19, 2014 6:53 am (PDT) . Posted by:

taufidayat

Saya sudah coba filter dengan menggunakan perintah seperti ini :

=IF(ISERR(SMALL(IF($G$3:$G$501=B535;ROW($A1:$HV501));ROW($A1:$HV501)));"";OFFSET($E$2;SMALL(IF($G$3:$G$504=B535;ROW($A1:$HV501));ROW($A1:$HV501));0))&" "&IF(ISERR(SMALL(IF($G$3:$G$501=B535;ROW($A1:$HV501));ROW($A1:$HV501)));"";OFFSET($F$2;SMALL(IF($G$3:$G$504=B535;ROW($A1:$HV501));ROW($A1:$HV501));0))

dengan kode tersebut baru bisa menghasilkan :
Toko A Toko B Toko C Toko D AAA M BBB L CCC M EEE S DDD S BBB S FFF L EEE M DDD L HHH S CCC M GGG S
Bagaimana caranya supaya kolom nama bisa memfilter kolom kode dan ukuran. sehingga menghasilkan seperti di bawah ini :
Toko A Toko B Toko C Toko D Danish Danish Danish Andra AAA M BBB L CCC M EEE S DDD S Andra Andra Devi Devi BBB S FFF L EEE M DDD L Devi Devi GGG S HHH S CCC M
Mohon bantuannya.
Salam.
Taufik

Sat Apr 19, 2014 6:53 am (PDT) . Posted by:

"Beno Prabowo" beno.prabowo

Haloo para Master, Sesepuh, Juragan, Suhu, Excle Macro VBA

Perkenalkan saya Beno Prabowo, pendatang baru dalam belajar-excel. Mohon bantuan dan pencerahan saya sedang mendapat tugas dari kantor membuat "system tracking tagihan" file terlampir

Jadi dalam 1 No BPH bisa mencapai 2-5 Ket "No. BPH, Tanggal BPH, GL Account, Ket, Cost Center, Detail Amount (berbeda), Tanggal Cek In Dept., Tanggal Cek In Div., Tanggal Cek In FA" pada "Form Update" agar terhubung ke "RAW DATA".

Untuk sheet "Selection Report" yang mana ketika input data langsung terhubung ke sheet "Report". Mohon para master untuk bantuan coding nya, hehehhe...
Ohh iya apakah forum belajar-excel ada kopi darat untuk menambah silahturahim antar sesama agar lebih akrab, saya sendiri tinggal di Bekasi

Terima kasih atas bantuan dan kerjasamanya.

Sat Apr 19, 2014 8:25 am (PDT) . Posted by:

"Jan Raisin"

Halo juga pak Beno Pranowo,

selamat datang di milis Belajar Excel, berhubung nama milisnya "belajar
excel" maka Jan hanya akan membantu mengajarkan saja supaya pas dengan visi
misi milis sebagai tempat belajar dan mengajar.. kalo diminta untuk bikinin
codingnya, Jan gak mau hahahaha ^_^ (biasanya Jan kalo ketawa xixixi)

inti dari kasusnya ada 2 yaitu:

1. Input data dari sheet "Form Update" ke dalam sheet "Raw Data"
2. Ambil data dari sheet "Raw Data" berdasarkan kriteria di sheet
"Selection Report" lalu tampilkan ke dalam sheet "Report"

kedua kasus di atas adalah sama, intinya ambil data dari sini lalu letakan
di situ, karena sama maka Jan akan ajarkan yang nomer 1 saja lalu sisanya
silakan dikembangkan sendiri. Kalo seumpama script yang ada adalah bikinan
pak Beno sendiri, maka seharusnya penjelasan Jan akan mudah dimengerti dan
dipraktekan.

Asumsi, belum ada data di sheet "Raw Data"

- yang paling awal sekali pak Beno harus mengetahui lokasi baris data
baru, hal ini diperlukan untuk mengetahui lokasi penulisan data sehingga
data yang baru tidak akan menimpa data yang lama;
- setiap data baru diinput dengan cara mengeklik tombol "Simpan" yang
ada di sheet "Form Update", berarti kalo di dalam 1 kuitansi ada 5 BPH (Jan
gak tau BPH ini apa) maka pak Beno harus mengklik 5 kali tombol simpan
untuk menyimpan setiap BPH ke dalam sheet "Raw Data"

Langkah-langkah solusinya sbb:

1. deklarasikan sebuah variabel dengan tipe Long untuk menyimpan nomer
baris baru
2. salah satu cara mencari nomer baris baru adalah:
- dari cel paling bawah di kolom B milik sheet "Raw Data"
- pergi ke data di atasnya,
- lalu turun 1 baris, ambil nilai barisnya dan simpan ke dalam
variabel nomer 1 di atas
- cara lainnya adalah dengan menggunakan script current region
terhadap header nomer kuitansi
- hitung jumlah barisnya
- tambahkan dengan nomer baris header, silakan pilih salah satu cara
yang dianggap lebih mudah
3. Jika sudah ditemukan nomer baris yang baru, maka silakan mengisi
sheet "Raw Data" dengan prosedur lengkapi cel yang telah anda buat sendiri

jadi sewaktu menulis data baru ke sheet "Raw Data" tidak diperlukan
perulangan, perulangannya hanya digunakan pada kasus yang kedua, selain itu
biasakanlah untuk selalu melakukan deklarasi variabel agar kerja excel
menjadi lebih ringan.

Silakan dicoba dan dikembangkan sendiri ^_^

oia.. denger2 mau ada acara kopdar milis.. nanti datang ya.. katanya sih
materinya pas dengan kasus pak Beno ini.

Wassalam,

-Miss Jan Raisin-

Pada 19 April 2014 11.59, Beno Prabowo <beno.prabowo@yahoo.com> menulis:

>
>
> Haloo para Master, Sesepuh, Juragan, Suhu, Excle Macro VBA
>
> Perkenalkan saya Beno Prabowo, pendatang baru dalam belajar-excel. Mohon
> bantuan dan pencerahan saya sedang mendapat tugas dari kantor membuat
> "system tracking tagihan" file terlampir
>
> Jadi dalam 1 No BPH bisa mencapai 2-5 Ket "No. BPH, Tanggal BPH, GL
> Account, Ket, Cost Center, Detail Amount (berbeda), Tanggal Cek In Dept.,
> Tanggal Cek In Div., Tanggal Cek In FA" pada "Form Update" agar terhubung
> ke "RAW DATA".
>
> Untuk sheet "Selection Report" yang mana ketika input data langsung
> terhubung ke sheet "Report". Mohon para master untuk bantuan coding nya,
> hehehhe...
> Ohh iya apakah forum belajar-excel ada kopi darat untuk menambah
> silahturahim antar sesama agar lebih akrab, saya sendiri tinggal di Bekasi
>
> Terima kasih atas bantuan dan kerjasamanya.
>
>
>

Sat Apr 19, 2014 6:43 pm (PDT) . Posted by:

"Zerlinda Seismica" seismica

Makasih Mas Lazuardi atas responnya..akan tetapi justru nomor awal dan nomor akhir merupakan identitas dari keterangan yang ada..tetapi tidak masalah jika hasil urutnya dari nomor kecil ke besar meskipun data sumbernya dari besar ke kecil.

Wassalam
Seismica

Pada Sabtu, 19 April 2014 10:54, Lazuardi Biru <lazuardi_biru84@yahoo.com> menulis:


wa'alaikum salam wr.wb
mbak zearlinda..
 jika nomor di hasil tidak merupakan nomor awal dan nomor akir di data sumber.
mungkin file terlampir bisa jadi solusi..
formula dari pak abimono dari milis sebelah.

salam
lb

Pada Sabtu, 19 April 2014 9:24, Zerlinda Seismica <seismica@yahoo.com> menulis:

 
Oh iya mas Kid dan suhu yang lainnya...data yang saya kirimkan berupa urutan dari nilai kecil ke besar, padahla aktualnya ada urutan dari besar ke kecil.gimana cara mengakali jika di baris data tersebut ada data menurun.
Seperti kasus berikut...

Wassalam
Seismica

Pada Sabtu, 19 April 2014 7:52, Zerlinda Seismica <seismica@yahoo.com> menulis:

Alhamdulilah...sdh mulai tercerahkan formulanya Mas Kid..mohon bisa dibantu sekalian design Excel Tablenya Mas Kid, trus terang saya ga begitu familiar.biasanya cuma oprek-oprek formula saja.smoga saya bisa mengerti step-step pake Excel Table yang dibuatkan Mas Kid..

Wassalam
Seismica

Pada Sabtu, 19 April 2014 6:38, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> menulis:


Wa'alaikumussalam Wr. Wb.

Pada file terlampir, dibuat sebuah kolom bantu posisi nomor record awal setiap blok. Kemudian pada tabel hasil kolom pertama disusun nomor urut sesuai nomor awal setiap blok dengan fungsi Index Match yang merujuk ke kolom bantu di sisi tabel data. Kolom informasi (kolom-kolom properti) diambil berdasarkan nomor urut di kolom pertama tabel hasil dengan fungsi LookUp.

Andaikan tabel sumber data menggunakan fitur Excel Table (lihat di ribbon Home -> group Styles) maka formula kolom bantunya akan dikelola oleh Excel setiap kali ada penambahan atau pengurangan record (Excel Table akan membuat rujukan formula di tabel hasil menjadi dinamis dengan sendirinya jika digunakan). Pada sisi tabel hasil, setiap rujukan ke tabel sumber data diubah (diblok ulang setelah pembuatan Excel Table melalui fitur Excel Table yang ada di ribbon Home -> Styles) akan membuat rujukan tersebut menjadi dinamis mengikuti jumlah record di tabel sumber data.

Formula yang telah tersusun di sebuah sheet, bisa di copy paste ke sheet lain setelah diperiksa bahwa formula yang ada berjalan sesuai kebutuhan secara konsisten pada sebanyak mungkin keadaan. Jumlah record berformula di tabel hasil tidak dapat diatur secara dinamis kecuali dengan VBA. Jika menggunakan VBA, maka perlu uji coba dan pengataman yang seksama dalam hal kecepatan proses mengerjakan dengan VBA secara utuh atau proses VBA untuk meng-copy formula universal yang ada sebanyak baris hasil yang dibutuhkan.

:)

Selamat mengembangkannya...

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Kid.

2014-04-19 5:05 GMT+07:00 Zerlinda Seismica <seismica@yahoo.com>:


>Asswrwb
>
>
>Adakah formula untuk mengurutkan angka beserta keterangan yang menyertainya seperti lampiran berikut...
>
>
>Wassalam
>
>
>Seismica
>

Sat Apr 19, 2014 9:14 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Seperti file terlampirkah ?

Wassalam,
Kid.

2014-04-19 8:10 GMT+07:00 Zerlinda Seismica <seismica@yahoo.com>:

>
>
> Oh iya mas Kid dan suhu yang lainnya...data yang saya kirimkan berupa
> urutan dari nilai kecil ke besar, padahla aktualnya ada urutan dari besar
> ke kecil.gimana cara mengakali jika di baris data tersebut ada data menurun.
> Seperti kasus berikut...
>
> Wassalam
> Seismica
>
> Pada Sabtu, 19 April 2014 7:52, Zerlinda Seismica <seismica@yahoo.com>
> menulis:
> Alhamdulilah...sdh mulai tercerahkan formulanya Mas Kid..mohon bisa
> dibantu sekalian design Excel Tablenya Mas Kid, trus terang saya ga begitu
> familiar.biasanya cuma oprek-oprek formula saja.smoga saya bisa mengerti
> step-step pake Excel Table yang dibuatkan Mas Kid..
>
> Wassalam
> Seismica
> Pada Sabtu, 19 April 2014 6:38, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> menulis:
>
>
> Wa'alaikumussalam Wr. Wb.
>
> Pada file terlampir, dibuat sebuah kolom bantu posisi nomor record awal
> setiap blok. Kemudian pada tabel hasil kolom pertama disusun nomor urut
> sesuai nomor awal setiap blok dengan fungsi Index Match yang merujuk ke
> kolom bantu di sisi tabel data. Kolom informasi (kolom-kolom properti)
> diambil berdasarkan nomor urut di kolom pertama tabel hasil dengan fungsi
> LookUp.
>
> Andaikan tabel sumber data menggunakan fitur Excel Table (lihat di ribbon
> Home -> group Styles) maka formula kolom bantunya akan dikelola oleh Excel
> setiap kali ada penambahan atau pengurangan record (Excel Table akan
> membuat rujukan formula di tabel hasil menjadi dinamis dengan sendirinya
> jika digunakan). Pada sisi tabel hasil, setiap rujukan ke tabel sumber data
> diubah (diblok ulang setelah pembuatan Excel Table melalui fitur Excel
> Table yang ada di ribbon Home -> Styles) akan membuat rujukan tersebut
> menjadi dinamis mengikuti jumlah record di tabel sumber data.
>
> Formula yang telah tersusun di sebuah sheet, bisa di copy paste ke sheet
> lain setelah diperiksa bahwa formula yang ada berjalan sesuai kebutuhan
> secara konsisten pada sebanyak mungkin keadaan. Jumlah record berformula di
> tabel hasil tidak dapat diatur secara dinamis kecuali dengan VBA. Jika
> menggunakan VBA, maka perlu uji coba dan pengataman yang seksama dalam hal
> kecepatan proses mengerjakan dengan VBA secara utuh atau proses VBA untuk
> meng-copy formula universal yang ada sebanyak baris hasil yang dibutuhkan.
>
> :)
> Selamat mengembangkannya...
>
> Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
> Kid.
>
>
>
> 2014-04-19 5:05 GMT+07:00 Zerlinda Seismica <seismica@yahoo.com>:
>
>
> Asswrwb
>
> Adakah formula untuk mengurutkan angka beserta keterangan yang
> menyertainya seperti lampiran berikut...
>
> Wassalam
>
> Seismica
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>

Sun Apr 20, 2014 3:06 am (PDT) . Posted by:

"Zerlinda Seismica" seismica

Alhamdulillah.....suwun mas Kid...jempol 2 buat mas kid...ini yang saya inginkan....sementara saya pake yang tanpa excel table dulu.belum mudeng soalnya..sangat sangat membantu...kalu ada referensi buat belajar excel table bisa dikasih tau alamatnya...suwun mas kid
Wassalam
Seismica.

Pada Minggu, 20 April 2014 11:14, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> menulis:


Seperti file terlampirkah ?

Wassalam,
Kid.

2014-04-19 8:10 GMT+07:00 Zerlinda Seismica <seismica@yahoo.com>:


>Oh iya mas Kid dan suhu yang lainnya...data yang saya kirimkan berupa urutan dari nilai kecil ke besar, padahla aktualnya ada urutan dari besar ke kecil.gimana cara mengakali jika di baris data tersebut ada data menurun.
>Seperti kasus berikut...
>
>Wassalam
>Seismica
>
>
>
>Pada Sabtu, 19 April 2014 7:52, Zerlinda Seismica <seismica@yahoo.com> menulis:
>
>Alhamdulilah...sdh mulai tercerahkan formulanya Mas Kid..mohon bisa dibantu sekalian design Excel Tablenya Mas Kid, trus terang saya ga begitu familiar.biasanya cuma oprek-oprek formula saja.smoga saya bisa mengerti step-step pake Excel Table yang dibuatkan Mas Kid..
>
>
>
>Wassalam
>Seismica
>
>Pada Sabtu, 19 April 2014 6:38, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> menulis:
>
>
>
>
>Wa'alaikumussalam Wr. Wb.
>
>Pada file terlampir, dibuat sebuah kolom bantu posisi nomor record awal setiap blok. Kemudian pada tabel hasil kolom pertama disusun nomor urut sesuai nomor awal setiap blok dengan fungsi Index Match yang merujuk ke kolom bantu di sisi tabel data. Kolom informasi (kolom-kolom properti) diambil berdasarkan nomor urut di kolom pertama tabel hasil dengan fungsi LookUp.
>
>
>Andaikan tabel sumber data menggunakan fitur Excel Table (lihat di ribbon Home -> group Styles) maka formula kolom bantunya akan dikelola oleh Excel setiap kali ada penambahan atau pengurangan record (Excel Table akan membuat rujukan formula di tabel hasil menjadi dinamis dengan sendirinya jika digunakan). Pada sisi tabel hasil, setiap rujukan ke tabel sumber data diubah (diblok ulang setelah pembuatan Excel Table melalui fitur Excel Table yang ada di ribbon Home -> Styles) akan membuat rujukan tersebut menjadi dinamis mengikuti jumlah record di tabel sumber data.
>
>
>Formula yang telah tersusun di sebuah sheet, bisa di copy paste ke sheet lain setelah diperiksa bahwa formula yang ada berjalan sesuai kebutuhan secara konsisten pada sebanyak mungkin keadaan. Jumlah record berformula di tabel hasil tidak dapat diatur secara dinamis kecuali dengan VBA. Jika menggunakan VBA, maka perlu uji coba dan pengataman yang seksama dalam hal kecepatan proses mengerjakan dengan VBA secara utuh atau proses VBA untuk meng-copy formula universal yang ada sebanyak baris hasil yang dibutuhkan.
>
>
>
>:)
>
>Selamat mengembangkannya...
>
>Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
>Kid.
>
>
>
>
>
>2014-04-19 5:05 GMT+07:00 Zerlinda Seismica <seismica@yahoo.com>:
>
>
>> 
>>Asswrwb
>>
>>
>>Adakah formula untuk mengurutkan angka beserta keterangan yang menyertainya seperti lampiran berikut...
>>
>>
>>Wassalam
>>
>>
>>Seismica
>>
>
>
>
>
>
>
>

Sun Apr 20, 2014 3:09 am (PDT) . Posted by:

"fajar ok"

Mohon petunjuk perihal perhitungan jangka waktu dalam bulan.
Kasus :
A. Tgl 1 jan 2014 s/d bln april 2014.
B. Tgl 26 jan 2014 s/d bln april 2014.

Bagaimana spy hasilnya :
A. Tgl 1 s/d 25 hasil jangka waktunya 3 bln.
B. Tgl 26 s/d 31 hasil jangka waktunya 2 bln.

Thanks

Sun Apr 20, 2014 3:21 am (PDT) . Posted by:

"Heri Pamungkas ( Gmail )" dchoosen88


السَّÙ„َامُ عَÙ„َÙŠْÙƒُÙ…ْ ÙˆَرَØ­ْÙ…َØ©ُ اللهِ ÙˆَبَرَÙƒَاتُÙ‡ُ
Semangat pagi,.

Pak, bisa dilampirkan contoh kasusnya ?!
Mungkin bisa membantu pehaman Teman2 Be-Exceller.

Karena :
Untuk kasus pertama okelah bisa di logika itu menjadi 3 Bulan
Tapi kasus kedua, dihitung bagaimana pun dari 26 Jan - akhir April
itu 94 Hari. Apakah ada kategory khusus hingga menyebut itu 2 Bulan ?!

Satu lagi, sepertinya hingga saat ini April sampai tanggal 30 bukan 31 pak. Xixixixixi :D( Ikutin ketawanya MJR )

ÙˆَالسَّÙ„َامُ عَÙ„َÙŠْÙƒُÙ…ْ ÙˆَرَØ­ْÙ…َØ©ُ اللهِ ÙˆَبَرَÙƒَاتُÙ‡ُ

Warm Regards,

On 20/04/2014 14:50, fajar ok wrote:
>
>
> Mohon petunjuk perihal perhitungan jangka waktu dalam bulan.
> Kasus :
> A. Tgl 1 jan 2014 s/d bln april 2014.
> B. Tgl 26 jan 2014 s/d bln april 2014.
>
> Bagaimana spy hasilnya :
> A. Tgl 1 s/d 25 hasil jangka waktunya 3 bln.
> B. Tgl 26 s/d 31 hasil jangka waktunya 2 bln.
>
> Thanks
>
>

Sun Apr 20, 2014 3:12 am (PDT) . Posted by:

"wawan01ex@yahoo.com" wawan01ex

Trima kasih mas hendrik, awalnya coba runus yg dkasih mas hendrik msh blom paham tp setelah coba breakdown rumusnya jadi ngeh.... kombinasi rumusnya...haaa thanks a lot..

Sent from Yahoo Mail on Android

=====================================================================
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================

---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar