Rabu, 02 April 2014

[belajar-excel] Digest Number 2858

15 Messages

Digest #2858
1a
Re: Fwd: autofill [1 Attachment] by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
4a
Re: INVENTARISASI DAN PEMETAAN POHON by "ari dwiputra" ari05august
4b
Re: INVENTARISASI DAN PEMETAAN POHON by "ari dwiputra" ari05august
5a
Mohon bantuan rumusnya by "Nunuk Y Saptaningtyas"
5b
Re: Mohon bantuan rumusnya by "Hendrik Karnadi" hendrikkarnadi
5c
agar kurs USD dapat dikalkulasikan. by "Ahmad Syaifullah Lubis" syaifullah
6a
7a
Re: TextBox otomatis by "amas solihin" amas_se
8
fungsi untuk membuat batas penyampaian by "Paulus Taripar" paulustaripar@rocketmail.com

Messages

Wed Apr 2, 2014 4:57 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Eko,

*** thread ini sudah 5 hari tak tercolek siapapun.... :(

colek dikit ah... biar deg deg sir... lalu mau jalan-jalan lihat file yang
ada disini <https://app.box.com/s/h9fi41c427uccjtsy16p>.

Wassalam,
Kid.

2014-03-28 15:00 GMT+07:00 Eko NS <ekonurs@gmail.com>:

>
>
> maaf attach nya ketinggalan.
>
> ---------- Forwarded message ----------
> From: Eko NS <ekonurs@gmail.com>
> Date: 2014-03-28 14:50 GMT+07:00
> Subject: autofill
> To: belajar-excel@yahoogroups.com
>
>
> permisi para mastah, ane mohon bisa dibagi ilmu supaya dropdown bisa
> mengenali karakter yang akan dientri a.k.a AUTOFILL.
>
> terima tengkyu para mastah.
>
>
>
>
>

Wed Apr 2, 2014 6:33 pm (PDT) . Posted by:

"Lazuardi Biru" lazuardi_biru84

makasih pak kid saran nya..
tapi ada gak ya cara, mungkin pake makro..
jadi setiap kali kolom B ada perubahan data, makro berjalan mengkopi rumus atasnya,,
jika kolom B di hapus makro menghapus rumus sebelahnya.

tapi berhubung saya belum paham soal makro jadinya mentok..

salam
lb

Pada Rabu, 2 April 2014 16:56, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> menulis:

 
Hai Lazuardi,

Pada Excel 2007 ke atas disediakan fitur Excel Table. Bagaimana kalau dicoba dengan menggunakan fitur tersebut.
Andaikan data berupa nilai tanggal bertipe datetime, bagaimana jika juga memanfaatkan format cells. Jadi dimungkinkan juga agar inputan pada kolom tersebut sudah menampilkan nama harinya. Contohnya seperti file terlampir.

Wassalam,

Kid.

2014-04-02 16:32 GMT+07:00 Lazuardi Biru <lazuardi_biru84@yahoo.com>:


>dh
>
>
>salam be exceler
>
>
>selamat sore, begini master saya punya data di kolom B di isi manua,
>sedangkan di kolom A pakai formula. data di kolom B selalu berubah.
>maksud saya formula di kolom A selalu mengikuti data di kolom B.
>kira2 ada cara gak  ya master.
>sudah coba pakai insert tables, kalau data di kolom B bertambah memang formula ikut bertambah,
>tapi kalau data di kolom B di hapus formula gak ikut hilang.
>
>
>untuk jelasnya file terlampir
>
>
>salam
>LB
>

Wed Apr 2, 2014 7:01 pm (PDT) . Posted by:

"Hendrik Karnadi" hendrikkarnadi

Hai lb,

Mustinya bisa.
Namun kalau bisa tanpa macro mengapa harus pake macro?

Salam,
HK

Sent from Samsung MobileLazuardi Biru <lazuardi_biru84@yahoo.com> wrote:makasih pak kid saran nya..
tapi ada gak ya cara, mungkin pake makro..
jadi setiap kali kolom B ada perubahan data, makro berjalan mengkopi rumus atasnya,,
jika kolom B di hapus makro menghapus rumus sebelahnya.

tapi berhubung saya belum paham soal makro jadinya mentok..

salam
lb
Pada Rabu, 2 April 2014 16:56, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> menulis:
 
Hai Lazuardi,

Pada Excel 2007 ke atas disediakan fitur Excel Table. Bagaimana kalau dicoba dengan menggunakan fitur tersebut.
Andaikan data berupa nilai tanggal bertipe datetime, bagaimana jika juga memanfaatkan format cells. Jadi dimungkinkan juga agar inputan pada kolom tersebut sudah menampilkan nama harinya. Contohnya seperti file terlampir.

Wassalam,
Kid.

2014-04-02 16:32 GMT+07:00 Lazuardi Biru <lazuardi_biru84@yahoo.com>:
 
dh

salam be exceler

selamat sore, begini master saya punya data di kolom B di isi manua,
sedangkan di kolom A pakai formula. data di kolom B selalu berubah.
maksud saya formula di kolom A selalu mengikuti data di kolom B.
kira2 ada cara gak  ya master.
sudah coba pakai insert tables, kalau data di kolom B bertambah memang formula ikut bertambah,
tapi kalau data di kolom B di hapus formula gak ikut hilang.

untuk jelasnya file terlampir

salam
LB

Wed Apr 2, 2014 7:29 pm (PDT) . Posted by:

"Lazuardi Biru" lazuardi_biru84



 pak hk..
iya pak... soalnya ingin saya implementasikan di file lainya juga..
yang datanya bukan hanya tanggal saja.. karena kalau rumus di isikan langsung
di semua cell misal A2:A2000 proses kalkulasi agak lama.
maksud saya rumus akan bertambah atau berkurang (dinamis)
(jika memungkinkan) heheheehe...(karena bisanya makro baru rekam saja)
jadi mohon pencerahanya.
makasih sebelumnya.

salam
lb

Pada Kamis, 3 April 2014 9:02, Hendrik Karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com> menulis:

 
Hai lb,

Mustinya bisa.
Namun kalau bisa tanpa macro mengapa harus pake macro?

Salam,
HK

Sent from Samsung Mobile
Lazuardi Biru <lazuardi_biru84@yahoo.com> wrote:
 
makasih pak kid saran nya..
tapi ada gak ya cara, mungkin pake makro..
jadi setiap kali kolom B ada perubahan data, makro berjalan mengkopi rumus atasnya,,
jika kolom B di hapus makro menghapus rumus sebelahnya.

tapi berhubung saya belum paham soal makro jadinya mentok..

salam
lb

Pada Rabu, 2 April 2014 16:56, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> menulis:

 
Hai Lazuardi,

Pada Excel 2007 ke atas disediakan fitur Excel Table. Bagaimana kalau dicoba dengan menggunakan fitur tersebut.
Andaikan data berupa nilai tanggal bertipe datetime, bagaimana jika juga memanfaatkan format cells. Jadi dimungkinkan juga agar inputan pada kolom tersebut sudah menampilkan nama harinya. Contohnya seperti file terlampir.

Wassalam,

Kid.

2014-04-02 16:32 GMT+07:00 Lazuardi Biru <lazuardi_biru84@yahoo.com>:


>dh
>
>
>salam be exceler
>
>
>selamat sore, begini master saya punya data di kolom B di isi manua,
>sedangkan di kolom A pakai formula. data di kolom B selalu berubah.
>maksud saya formula di kolom A selalu mengikuti data di kolom B.
>kira2 ada cara gak  ya master.
>sudah coba pakai insert tables, kalau data di kolom B bertambah memang formula ikut bertambah,
>tapi kalau data di kolom B di hapus formula gak ikut hilang.
>
>
>untuk jelasnya file terlampir
>
>
>salam
>LB
>

Wed Apr 2, 2014 7:20 pm (PDT) . Posted by:

"ari dwiputra" ari05august

Dear All,

Saya hampir lupa mengucapkan terima kasih.......sy ucapkan terima kasih atas semua sumbang saran dari para excelers.....btw msh ada sdikit unek2 nih, terkait dengan koneksi data tabel tersebut dg pewarnaan nomor pada peta rekap dlm bentuk excel... jadi pembuatan petanya menggunakan excel yang disusun berdasarkan jalur dari tanaman/pohon yang ada dilapangan...nah yang saya inginkan adakah fungsi atau macro yang dapat mengkoneksikan antara data tabel dengan pewarnaan pada peta... contoh jika nomor pohon tersebut tanaman sulam maka dia berwarna merah bermotif garis (arsir miring).

Mohon bantuannya, dan sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas semua masukan yang telah diberikan
On Friday, March 28, 2014 10:10 AM, zainul_ulum[at]yahoo[dot]com <zainul_ulum@yahoo.com> wrote:

Mas Ari,
sdh lama saya tidak memakai ArcGis karena terlalu asik menggunakan excel.
Seingat saya ada beberapa metode untuk connect excel ke arcgis:
1. menggunakan setting ODBC
2. Menggunakan setting OLE DB
3. Menggunakan Arc Catalog

kalo ingin menampilkan peta di excel, silahkan berkunjung ke
http://cadex.wordpress.com/2011/03/14/xls-map-006-menampilkan-hasil-koordina
t-gps-di-chart-excel-dengan-image-dari-google-earth/

terimakasih
-zainul-

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
On Behalf Of ari05august@yahoo.com
Sent: Friday, March 28, 2014 8:56 AM
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Bls: Re: [belajar-excel] INVENTARISASI DAN PEMETAAN POHON

 
Bentukan peta yang ingin kami tampilkan sebetulnya dalam bentuk file shpfile
(program arcgis),apakah bisa dilink kan dr peta rekap excel tsb kedlm peta
arcgis. tp utk smtr ini sy msh mgunakan bentuk excel (spt yg terlampir pd
sheet peta rekap)..dmana dr data yg ada bisa langsung terkoneksi dg peta
rekap tsb
Powered by Telkomsel BlackBerry®
________________________________________
From: "Heri Pamungkas ( Gmail )" <ghery.dharma@gmail.com>
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Fri, 28 Mar 2014 08:45:28 +0700
To: <belajar-excel@yahoogroups.com>
ReplyTo: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] INVENTARISASI DAN PEMETAAN POHON

 

السَّÙ„َامُ عَÙ„َÙŠْÙƒُÙ…ْ ÙˆَرَØ­ْÙ…َØ©ُ اللهِ ÙˆَبَرَÙƒَاتُÙ‡ُ
Semangat pagi,.

Boleh tanya pak ?!

untuk Report Peta yang diinginkan bentuknya seperti apa ?!

ÙˆَالسَّÙ„َامُ عَÙ„َÙŠْÙƒُÙ…ْ ÙˆَرَØ­ْÙ…َØ©ُ اللهِ ÙˆَبَرَÙƒَاتُÙ‡ُ

Warm Regards,
On 28/03/2014 7:57, ari dwiputra wrote:
 
Dear Excelers,

Saya ingin menyampaikan uneg2 berkenaan dengan penggunanan excel ini. Dalam
pekerjaan saya, ada kegiatan yang namanya inventarisasi pohon yaitu kegiatan
mengukur ketinggian dan keliling dari pohon tersebut. dari data ini kemudian
dirapikan dan dibuat semacam klasifikasi data. pertanyaan yang ingin saya
ajukan adlah sebagai berikut:

1. Adakah formula atau fungsi yang dapat diterapkan dalam merapikan dan
mengklasifikasikan data lapangan (file terlampir dengan nama sheet:data1 dan
data 2) menjadi tabel rekapan (Sheet Tabel rekap) ?

2. Adakah cara memasukan data-data tersebut kedalam peta lapangan (sheet
peta rekap) ? pembuatan peta kami lakukan secara manual disesuaikan dengan
keberadaan pohon dan bentukan blok yang ada dilahan

Mohon pencerahan dan masukan dari para Excelers

------------------------------------

=====================================================================
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================

----------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
----------------------------------------------------------Yahoo Groups Links

    belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com

    https://info.yahoo.com/legal/us/yahoo/utos/terms/

Wed Apr 2, 2014 8:51 pm (PDT) . Posted by:

"ari dwiputra" ari05august

Dear All,

Sorry lupa lagi nih....sy juga belajar dari pertanyaan dari Pak Agus (kalo tdk salah) bekernaan [belajar-excel] Hitung sisa kontrak dan memberi warna cell [1 Attachment] 
apakah fungsi ini dapat diterapkan juga pada peta rekap saya ? 
oia saya lampirkan kembali data tentang invent pohon dan petanya dapat dilihat pada sheet peta rekap
On Thursday, April 3, 2014 8:52 AM, ari dwiputra <ari05august@yahoo.com> wrote:

Dear All,

Saya hampir lupa mengucapkan terima kasih.......sy ucapkan terima kasih atas semua sumbang saran dari para excelers.....btw msh ada sdikit unek2 nih, terkait dengan koneksi data tabel tersebut dg pewarnaan nomor pada peta rekap dlm bentuk excel... jadi pembuatan petanya menggunakan excel yang disusun berdasarkan jalur dari tanaman/pohon yang ada dilapangan...nah yang saya inginkan adakah fungsi atau macro yang dapat mengkoneksikan antara data tabel dengan pewarnaan pada peta... contoh jika nomor pohon tersebut tanaman sulam maka dia berwarna merah bermotif garis (arsir miring).

Mohon bantuannya, dan sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas semua masukan yang telah diberikan
On Friday, March 28, 2014 10:10 AM, zainul_ulum[at]yahoo[dot]com <zainul_ulum@yahoo.com> wrote:

Mas Ari,
sdh lama saya tidak memakai ArcGis karena terlalu asik menggunakan excel.
Seingat saya ada beberapa metode untuk connect excel ke arcgis:
1. menggunakan setting ODBC
2. Menggunakan setting OLE DB
3. Menggunakan Arc Catalog

kalo ingin menampilkan peta di excel, silahkan berkunjung ke
http://cadex.wordpress.com/2011/03/14/xls-map-006-menampilkan-hasil-koordina
t-gps-di-chart-excel-dengan-image-dari-google-earth/

terimakasih
-zainul-

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
On Behalf Of ari05august@yahoo.com
Sent: Friday, March 28, 2014 8:56 AM
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Bls: Re: [belajar-excel] INVENTARISASI DAN PEMETAAN POHON

 
Bentukan peta yang ingin kami tampilkan sebetulnya dalam bentuk file shpfile
(program arcgis),apakah bisa dilink kan dr peta rekap excel tsb kedlm peta
arcgis. tp utk smtr ini sy msh mgunakan bentuk excel (spt yg terlampir pd
sheet peta rekap)..dmana dr data yg ada bisa langsung terkoneksi dg peta
rekap tsb
Powered by Telkomsel BlackBerry®
________________________________________
From: "Heri Pamungkas ( Gmail )" <ghery.dharma@gmail.com>
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Fri, 28 Mar 2014 08:45:28 +0700
To: <belajar-excel@yahoogroups.com>
ReplyTo: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] INVENTARISASI DAN PEMETAAN POHON

 

السَّÙ„َامُ عَÙ„َÙŠْÙƒُÙ…ْ ÙˆَرَØ­ْÙ…َØ©ُ اللهِ ÙˆَبَرَÙƒَاتُÙ‡ُ
Semangat pagi,.

Boleh tanya pak ?!

untuk Report Peta yang diinginkan bentuknya seperti apa ?!

ÙˆَالسَّÙ„َامُ عَÙ„َÙŠْÙƒُÙ…ْ ÙˆَرَØ­ْÙ…َØ©ُ اللهِ ÙˆَبَرَÙƒَاتُÙ‡ُ

Warm Regards,
On 28/03/2014 7:57, ari dwiputra wrote:
 
Dear Excelers,

Saya ingin menyampaikan uneg2 berkenaan dengan penggunanan excel ini. Dalam
pekerjaan saya, ada kegiatan yang namanya inventarisasi pohon yaitu kegiatan
mengukur ketinggian dan keliling dari pohon tersebut. dari data ini kemudian
dirapikan dan dibuat semacam klasifikasi data. pertanyaan yang ingin saya
ajukan adlah sebagai berikut:

1. Adakah formula atau fungsi yang dapat diterapkan dalam merapikan dan
mengklasifikasikan data lapangan (file terlampir dengan nama sheet:data1 dan
data 2) menjadi tabel
rekapan (Sheet Tabel rekap) ?

2. Adakah cara memasukan data-data tersebut kedalam peta lapangan (sheet
peta rekap) ? pembuatan peta kami lakukan secara manual disesuaikan dengan
keberadaan pohon dan bentukan blok yang ada dilahan

Mohon pencerahan dan masukan dari para Excelers

------------------------------------

=====================================================================
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================

----------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
----------------------------------------------------------Yahoo Groups Links

    belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com

    https://info.yahoo.com/legal/us/yahoo/utos/terms/

Wed Apr 2, 2014 7:25 pm (PDT) . Posted by:

"Nunuk Y Saptaningtyas"

Yth. Para Master Excel


Mohon bantuannya untuk meringkas data base seperti dibawah ini :

NO NAMA CARA PEMBAYARAN CABANG Bonus 1 Bonus 2 1 Andi BCA Jakarta 1,000,000 1,200,000 2 Budi BNI Bandung 1,500,000 1,400,000 3 Citra TUNAI Bandung 1,200,000 1,400,000 4 Dewi TUNAI Bandung 1,600,000 1,800,000 5 Edi BNI Bandung 1,700,000 1,900,000 6 Fandi BCA Jakarta 2,000,000 1,500,000 7 Gayatri BNI Jakarta 1,800,000 1,300,000 8 Hendro TUNAI Jakarta 1,500,000 1,200,000 9 Indah BCA Bandung 1,000,000 1,700,000 10 Joko TUNAI Jakarta 1,700,000 1,600,000
menjadi seperti di bawah ini :



Bonus 1 Bonus 2 Jakarta TOTAL BONUS 14,800,000

BCA 3,000,000 2,700,000
BNI 1,800,000 1,300,000
TUNAI 3,200,000 2,800,000



Bandung TOTAL BONUS 15,200,000

BCA 1,000,000 1,700,000
BNI 3,200,000 3,300,000
TUNAI 2,800,000 3,200,000

Bagaiman caranya ? Antara data base dan hasilnya terletak di beda sheet, karena sebetulnya data basenya tidak sesederhana seperti tersebut di atas.



Terimakasih saya ucapkan sebelum dan sesudahnya atas bantuan para master excel.

--
Regards,

Nunuk Yuliani Saptaningtyas


http://www.enyees.com
----- Mods -----
Mohon tidak menyertakan link lain yang tidak berhubungan
dengan pertanyaan ke milis
--------------------









Wed Apr 2, 2014 8:06 pm (PDT) . Posted by:

"Hendrik Karnadi" hendrikkarnadi

Cara tercepat adalah dengan pivottable. Total bonus bisa ditambahkan pada sheet atau dengan calculated field pada pivottable.

Salam,
HK

Sent from Samsung MobileNunuk Y Saptaningtyas <enyees@gmail.com> wrote:Yth. Para Master Excel

Mohon bantuannya untuk meringkas data base seperti dibawah ini :

NO  NAMA CARA PEMBAYARAN CABANG Bonus 1 Bonus 2
1  Andi BCA Jakarta          1,000,000          1,200,000
2  Budi BNI Bandung          1,500,000          1,400,000
3  Citra TUNAI Bandung          1,200,000          1,400,000
4  Dewi TUNAI Bandung          1,600,000          1,800,000
5  Edi BNI Bandung          1,700,000          1,900,000
6  Fandi BCA Jakarta          2,000,000          1,500,000
7  Gayatri BNI Jakarta          1,800,000          1,300,000
8  Hendro TUNAI Jakarta          1,500,000          1,200,000
9  Indah BCA Bandung          1,000,000          1,700,000
10  Joko TUNAI Jakarta          1,700,000          1,600,000
 
menjadi seperti di bawah ini :

Bonus 1 Bonus 2
Jakarta TOTAL BONUS    14,800,000

BCA      3,000,000    2,700,000

BNI      1,800,000    1,300,000

TUNAI      3,200,000    2,800,000

Bandung TOTAL BONUS    15,200,000

BCA      1,000,000    1,700,000

BNI      3,200,000    3,300,000

TUNAI      2,800,000    3,200,000

Bagaiman caranya ? Antara data base dan hasilnya terletak di beda sheet, karena sebetulnya data basenya tidak sesederhana seperti tersebut di atas.

Terimakasih saya ucapkan sebelum dan sesudahnya atas bantuan para master excel.

--
Regards,

Nunuk Yuliani Saptaningtyas

----- Mods -----
Mohon tidak menyertakan link lain yang tidak berhubungan
dengan pertanyaan ke milis
--------------------

Wed Apr 2, 2014 8:55 pm (PDT) . Posted by:

"Ahmad Syaifullah Lubis" syaifullah

Dear BeExceller,
saya ada ambil data dari http://www.bi.go.id/id/moneter/informasi-kurs/transaksi-bi/Default.aspx
yaitu untuk mengambil kurs USD tahun 2013, bagaimana caranya agar data tsb bisa dipakai untuk kalkulasi transaksi yang ingin kita kurskan.
terlampir file dimaksud.

terima kasih,

ASL

Wed Apr 2, 2014 8:13 pm (PDT) . Posted by:

"Joko Suryaningrat" joko369

Mantap sekali pak Heri, bisa saya jalankan. Tapi jika saya input data di kolom lain pada range cell yang menyesuaikan dengan inputan jangka waktu, maka inputan itu menghilang jika saya rubah jangka waktunya. Saya lampirkan kembali file lengkap dari maksud yang ingin saya capai. Atas bantuannya saya ucapkan terima kasih.

On Wednesday, 2 April 2014, 12:26, Heri Pamungkas ( Gmail ) <ghery.dharma@gmail.com> wrote:


السَّÙ„َامُ عَÙ„َÙŠْÙƒُÙ…ْ ÙˆَرَØ­ْÙ…َØ©ُ اللهِ ÙˆَبَرَÙƒَاتُÙ‡ُ
Semangat pagi,. Dear Pak HK, Pak, hehehe
karena saya masih awam sama beginian Bisa dijelaskan bahasa manusianya pak ?! Karena waktu saya coba ketik angka 1 kemudian 5
angka 1 masih ikut di baris bawah. ÙˆَالسَّÙ„َامُ عَÙ„َÙŠْÙƒُÙ…ْ ÙˆَرَØ­ْÙ…َØ©ُ اللهِ ÙˆَبَرَÙƒَاتُÙ‡ُ Warm Regards,
On 02/04/2014 12:12, hendrik karnadi wrote:

 
>Pak Joko,
>Kalau Row mau bertambah atau disesuaikan dengan angka yang dketik pada sel D2 maka diperlukan macro seperti ini:
>Private Sub Worksheet_Change(ByVal Target As Range)
>    Dim lRow As Integer
>    lRow = Range("D2").Value + 5
>    If Target.Count = 1 Then
>        If Target.Address = "$D$2" Then
>            If Range("A7") <> "" Then Range("A6", _
>            Range("A6").End(xlDown)).EntireRow.Delete
>            Range("A6:A" & lRow).Select
>            Selection.EntireRow.Insert
>            Selection.FormulaR1C1 = "=N(R[-1]C)+1"
>         End If
>    End If
>End Sub
>
>
>Macro tsb diketik pada VBE Sheet....Sheet1(Sheet1).
>
>
>Salam,
>HK
>
>
>
>
>On Wednesday, 2 April 2014, 10:18, Joko Suryaningrat <joko369@yahoo.com> wrote:
>

>Assalamualaikum pak Heri dan semua warga belajar excell
>
>to d point aja, saya sangat
tertarik dengan tema ini, "Row
bertambah otomatis sesuai
jumlah data", saya sudah
mendownload file lampirannya
dan mempelajari isinya selama
tiga hari ini, namun sampai
saat ini saya belum juga
ngerti, padahal yang saya
hanya ingin tahu adalah
sebatas itu saja, bagaimana
row bisa sesuai dengan data.
untuk itu saya mohon
bantuannya agar bisa
dijelaskan langkah
aplikasinya, karena hal ini
akan sangat berguna untuk
mendukung pekerjaan saya saat
ini. saya lampirkan juga file
contoh.
>
>atas bantuannya dan ilmu yang
disampaikan saya ucapkan
terimakasih banyak.
>
>
>
>
>
>
>

Wed Apr 2, 2014 8:56 pm (PDT) . Posted by:

"amas solihin" amas_se

Alhamdulillah berhasil juga..
Makasih Miss Jan  Raisin

________________________________
From: Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Wednesday, April 2, 2014 1:34 PM
Subject: Re: [belajar-excel] TextBox otomatis

 
Wa'alaikumsalam wr. wb.,

thread ini tidak ada yang menanggapi karena tidak ada contoh file yang dilampirkan, sehingga BeExceller yang ingin membantu jadi enggan karena harus kerja bakti dahulu membuat datanya.
asumsi berdasarkan isi email anda di milis ini

asumsi:
txtbox1 = kode_barang
txtbox2 = nama_barang
txtbox3 = harga_barang
database di sheet2
input di sheet1 berasal dari masing-masing txtbox
seluruh textbox ada di sebuah userform

yang diinginkan:
txtbox1 diisi dengan kode, maka txtbox2 akan menampilkan nama_barang, txtbox3 akan menampilkan harga_barang

persiapan hal-hal yang akan digunakan (disingkat P dengan point masing-masing):
P1: deklarasikan sebuah variabel bertipe string untuk menyompan isi txtbox1
     dim nama_variabel as string
P2: deklarasikan sebuah variabel bertipe long untuk menyimpan nomor baris akhir database
     dim nama_variabel as long
P3: deklarasikan sebuah variabel bertipe range untuk menyimpan area database
     dim nama_variabel as range
P4: deklarasikan sebuah variabel bertipe range untuk menyimpan hasil pencarian data
     dim nama_variabel as range
P5: deklarasikan sebuah variabel bertipe long untuk menyimpan nomor baris hasil pencarian jika data ditemukan
     dim nama_variabel as long

solusi:
>> buat sebuah event change pada txtbox1, tujuannya jika terjadi perubahan isi pada txtbox1 maka macro akan bekerja
>> simpan nilai txtbox1 ke dalam variabel P1,
    nama_variabel = txtbox1.text
>> cari nomer baris terakhir dari database dan simpan ke dalam variabel P2,
    nama_variabel = sheets("nama_sheet").range("nama_kolom" & rows.count).end(xlup).row
>> set lokasi database dan simpan ke dalam variabel P3
    set nama_variabel = sheets("nama_sheet").range( range_database )
>> set P4 untuk mencari nilai P1 di dalam P3 
    set nama_variabel = nama_variabel.find( nama_variabel , lookat:=xlwhole )
>> jika P1 tidak ditemukan dalam P3 maka keluar dari prosedur
    if nama_variabel is nothing then exit sub
>> jika P1 ditemukan dalam P3 maka ambil nilai barisnya lalu simpan ke dalam variabel P5
    else nama_variabel = nama_variabel.row
jika nilai P5 sudah didapat, maka masukkan nama_barang ke txtbox2 dan harga_barang ke txtbox3 berdasarkan nomer baris P5
pada saat yang sama, anda dapat langsung mengisi sheet1 berdasarkan nomer baris yang sudah disimpan dalam variabel P5, atau menyalin isi masing-masing txtbox ke sheet1

logikanya adalah seperti di atas, silakan disesuaikan dengan kondisi real yang ada. semoga solusinya gak salah2 amat ^_^

Wassalam,

-Miss Jan Raisin-

Pada 28 Maret 2014 16.15, amas solihin <amas_se@yahoo.com> menulis:

 
>Assalamu&#39;alaikum semuanya.
>
>Para master mohon dibantu.
>Saya punya kasus misal saya isi TextBox1 dengan kode barang kemudian TextBox2 dan TextBox3 akan otomatis keluar nama beserta harga,Database misal di ambil di sheet2 sedangkan isian user form di isi di sheet1.
>
>Terimakasih sebelumnya.
>
>Wassalam..
>
>-----  Momod -----
>untuk memudahkan BeExceller menanggapi kasus anda
>silakan melampirkan sample workbook < 250 KB dengan cara mereply email ini
>tidak perlu melampirkan data asli yang penting mewakili kasus yang anda tanyakan
>______________
>

Wed Apr 2, 2014 9:06 pm (PDT) . Posted by:

"Paulus Taripar" paulustaripar@rocketmail.com

Saya ingin membuat batas penyampaian suatu berkas.,semisal


Ada berkas yg masuk namun batas penyampaian berkas itu sudah melewati waktu penyampaian. Jadi, berkas itu masuk tgl 4 April 2013 pkl 10.15 padahal batas penyampaian berkas itu tgl 2 April 2013 pkl. 14.45 kira2 bentuk fungsinya bagaimana ya?! Terima kasih.






Wed Apr 2, 2014 9:11 pm (PDT) . Posted by:

"nangAgus" nangagoez

Kepada member Be Excell

asalamualaikum warahmatullah
Saya ingin menjalankan macro yang dipicu oleh perubahan sebuah cell
tertentu, misalnya cell A1 berubah maka macro dijalankan.
Bagaimanakah script VBA nya? saya menggunakan perintah:

Private Sub Worksheet_SelectionChange(ByVal Target As Range)

Namun yang macro tersebut dijalankan jika terjadi perubahan pada seluruh
cell pada whorksheet dimana script ditulis.

bagaimana penulisann yang benar?
atas perhatiannya disampaikan terima kasih

Wasalamualaikumwarahmatullah.

NangAgus

Wed Apr 2, 2014 9:18 pm (PDT) . Posted by:

"Jan Raisin"

Wa'alaikumsalam wr. wb.,

pak Agus,

worksheet_selection_change adalah event yang bekerja jika cel yang diselect
berubah posisinya, misalnya dari cel aktif A1 menjadi cel aktif A2
worksheet_change adalah event yang bekerja jika ada isi cel yang berubah
isinya, misal isi cel A1 dari A menjadi 10

coba ganti selection change menjadi change

Wassalam,

-Miss Jan Raisin-

Pada 3 April 2014 11.10, nangAgus <nangagoez@yahoo.co.id> menulis:

>
>
> Kepada member Be Excell
>
> asalamualaikum warahmatullah
> Saya ingin menjalankan macro yang dipicu oleh perubahan sebuah cell
> tertentu, misalnya cell A1 berubah maka macro dijalankan.
> Bagaimanakah script VBA nya? saya menggunakan perintah:
>
> Private Sub Worksheet_SelectionChange(ByVal Target As Range)
>
> Namun yang macro tersebut dijalankan jika terjadi perubahan pada seluruh
> cell pada whorksheet dimana script ditulis.
>
> bagaimana penulisann yang benar?
> atas perhatiannya disampaikan terima kasih
>
> Wasalamualaikumwarahmatullah.
>
> NangAgus
>
>
>
>

Wed Apr 2, 2014 9:15 pm (PDT) . Posted by:

"Bagus" bagus4bls

Pak ASL;

Coba dirubah dulu tipe data dari cell yang mau dikalikan 100 mwnjadi numerik

misal yg mau di kalikan ada di cell c6, maka

=value(c6)*100

Wassalam

~ Bagus ~

----- Original Message -----
From: Ahmad Syaifullah Lubis
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Thursday, April 03, 2014 10:46 AM
Subject: [***SPAM*** Score/Req: 05.30/5.0] [belajar-excel] agar kurs USD dapat dikalkulasikan. [1 Attachment]

Dear BeExceller,
saya ada ambil data dari http://www.bi.go.id/id/moneter/informasi-kurs/transaksi-bi/Default.aspx
yaitu untuk mengambil kurs USD tahun 2013, bagaimana caranya agar data tsb bisa dipakai untuk kalkulasi transaksi yang ingin kita kurskan.
terlampir file dimaksud.

terima kasih,

ASL

=====================================================================
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================

---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar