9 Messages
Digest #3226
Messages
Sat Dec 13, 2014 10:57 pm (PST) . Posted by:
"Nunuk Y Saptaningtyas"
Yth. Pakar excel
Mohon bantuan, bagaimana rumus untuk mengisi sel yang kosong di kolom A,
sesuai nomer urut tetapi tidak boleh double, yang hasilnya seperti di kolom
C
A B C 1
1 2 5
5 3 6
6 4
7 5 2
2 6 3
3 7 4
4 8
8 9
9 10
10
Terimakasih atas bantuannya
--
Regards,
Nunuk Yuliani Saptaningtyas
www.enyees.com
www.bunbunenyees.blogspot.com
Mohon bantuan, bagaimana rumus untuk mengisi sel yang kosong di kolom A,
sesuai nomer urut tetapi tidak boleh double, yang hasilnya seperti di kolom
C
A B C 1
1 2 5
5 3 6
6 4
7 5 2
2 6 3
3 7 4
4 8
8 9
9 10
10
Terimakasih atas bantuannya
--
Regards,
Nunuk Yuliani Saptaningtyas
www.enyees.com
www.bunbunenyees.
Sun Dec 14, 2014 1:22 am (PST) . Posted by:
"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
Hai Nunuk,
Pada cell C1 diberi array formula bebrunyi : (Enter dengan CTRL SHIFT ENTER)
=IF(A1,A1,SMALL(IF(COUNTIF($A$1:$A$10,ROW($A$1:$A$10)),"",ROW($A$1:$A$10)),COUNTIF(A$1:A1,"")))
copy ke bawah
*** jika regional setting komputer setempat adalah Indonesian, maka ganti
seluruh karakter koma dalam formula menjadi titik koma.
Salah satu bahasan tentang array formula adalah di coretan yang ada disini
<http://excel-mr-kid.blogspot.com/2011/03/array-formula-kenalan-yuuuk.html>.
Wassalam,
Kid.
2014-12-14 15:32 GMT+11:00 Nunuk Y Saptaningtyas enyees@gmail.com
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
>
> Yth. Pakar excel
>
> Mohon bantuan, bagaimana rumus untuk mengisi sel yang kosong di kolom A,
> sesuai nomer urut tetapi tidak boleh double, yang hasilnya seperti di kolom
> C
>
>
> A B C 1
>
> 1 2 5
> 5 3 6
> 6 4
>
> 7 5 2
> 2 6 3
> 3 7 4
> 4 8
>
> 8 9
>
> 9 10
>
> 10
>
> Terimakasih atas bantuannya
>
>
>
>
>
> --
> Regards,
>
> Nunuk Yuliani Saptaningtyas
>
> www.enyees.com
> www.bunbunenyees.blogspot.com
>
>
>
Pada cell C1 diberi array formula bebrunyi : (Enter dengan CTRL SHIFT ENTER)
=IF(A1,A1,SMALL(IF(COUNTIF($A$1:$A$10,ROW($A$1:$A$10)),"",ROW($A$1:$A$10)),COUNTIF(A$1:A1,"")))
copy ke bawah
*** jika regional setting komputer setempat adalah Indonesian, maka ganti
seluruh karakter koma dalam formula menjadi titik koma.
Salah satu bahasan tentang array formula adalah di coretan yang ada disini
<http://excel-mr-kid.blogspot.com/2011/03/array-formula-kenalan-yuuuk.html>.
Wassalam,
Kid.
2014-12-14 15:32 GMT+11:00 Nunuk Y Saptaningtyas enyees@gmail.com
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
>
> Yth. Pakar excel
>
> Mohon bantuan, bagaimana rumus untuk mengisi sel yang kosong di kolom A,
> sesuai nomer urut tetapi tidak boleh double, yang hasilnya seperti di kolom
> C
>
>
> A B C 1
>
> 1 2 5
> 5 3 6
> 6 4
>
> 7 5 2
> 2 6 3
> 3 7 4
> 4 8
>
> 8 9
>
> 9 10
>
> 10
>
> Terimakasih atas bantuannya
>
>
>
>
>
> --
> Regards,
>
> Nunuk Yuliani Saptaningtyas
>
> www.enyees.com
> www.bunbunenyees.
>
>
>
Sun Dec 14, 2014 3:14 am (PST) . Posted by:
"Nunuk Y Saptaningtyas"
Waaah mantab sekali, terimakasih banyak Mr. Kid
salam,
Nunuk Yuliani S
2014-12-14 1:21 GMT-08:00 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
>
> Hai Nunuk,
>
> Pada cell C1 diberi array formula bebrunyi : (Enter dengan CTRL SHIFT
> ENTER)
>
> =IF(A1,A1,SMALL(IF(COUNTIF($A$1:$A$10,ROW($A$1:$A$10)),"",ROW($A$1:$A$10)),COUNTIF(A$1:A1,"")))
> copy ke bawah
>
> *** jika regional setting komputer setempat adalah Indonesian, maka ganti
> seluruh karakter koma dalam formula menjadi titik koma.
>
> Salah satu bahasan tentang array formula adalah di coretan yang ada disini
> <http://excel-mr-kid.blogspot.com/2011/03/array-formula-kenalan-yuuuk.html>
> .
>
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
>
>
>
> 2014-12-14 15:32 GMT+11:00 Nunuk Y Saptaningtyas enyees@gmail.com
> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>>
>>
>>
>> Yth. Pakar excel
>>
>> Mohon bantuan, bagaimana rumus untuk mengisi sel yang kosong di kolom A,
>> sesuai nomer urut tetapi tidak boleh double, yang hasilnya seperti di kolom
>> C
>>
>>
>> A B C 1
>>
>> 1 2 5
>> 5 3 6
>> 6 4
>>
>> 7 5 2
>> 2 6 3
>> 3 7 4
>> 4 8
>>
>> 8 9
>>
>> 9 10
>>
>> 10
>>
>> Terimakasih atas bantuannya
>>
>>
>>
>>
>>
>> --
>> Regards,
>>
>> Nunuk Yuliani Saptaningtyas
>>
>> www.enyees.com
>> www.bunbunenyees.blogspot.com
>>
>>
>
--
Regards,
Nunuk Yuliani Saptaningtyas
www.enyees.com
www.bunbunenyees.blogspot.com
salam,
Nunuk Yuliani S
2014-12-14 1:21 GMT-08:00 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
>
> Hai Nunuk,
>
> Pada cell C1 diberi array formula bebrunyi : (Enter dengan CTRL SHIFT
> ENTER)
>
> =IF(A1,A1,SMALL(IF(COUNTIF($A$1:$A$10,ROW($A$1:$A$10)),"",ROW($A$1:$A$10)),COUNTIF(A$1:A1,"")))
> copy ke bawah
>
> *** jika regional setting komputer setempat adalah Indonesian, maka ganti
> seluruh karakter koma dalam formula menjadi titik koma.
>
> Salah satu bahasan tentang array formula adalah di coretan yang ada disini
> <http://excel-mr-kid.blogspot.com/2011/03/array-formula-kenalan-yuuuk.html>
> .
>
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
>
>
>
> 2014-12-14 15:32 GMT+11:00 Nunuk Y Saptaningtyas enyees@gmail.com
> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>>
>>
>>
>> Yth. Pakar excel
>>
>> Mohon bantuan, bagaimana rumus untuk mengisi sel yang kosong di kolom A,
>> sesuai nomer urut tetapi tidak boleh double, yang hasilnya seperti di kolom
>> C
>>
>>
>> A B C 1
>>
>> 1 2 5
>> 5 3 6
>> 6 4
>>
>> 7 5 2
>> 2 6 3
>> 3 7 4
>> 4 8
>>
>> 8 9
>>
>> 9 10
>>
>> 10
>>
>> Terimakasih atas bantuannya
>>
>>
>>
>>
>>
>> --
>> Regards,
>>
>> Nunuk Yuliani Saptaningtyas
>>
>> www.enyees.com
>> www.bunbunenyees.
>>
>>
>
--
Regards,
Nunuk Yuliani Saptaningtyas
www.enyees.com
www.bunbunenyees.
Sat Dec 13, 2014 11:20 pm (PST) . Posted by:
"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
Hai Danny,
Cara 1 :
asumsi :
a. penambahan item pasti hanya satu per satu (klik tambah -> tampilan
penambahan -> simpan -> tutup penambahan)
b. userform yang ada combobox nya dalam keadaan ter-load
1. event klik simpan userform penambahan
>> setelah menyimpan item baru ke cell tertentu, berikan baris perintah
menambah item combobox di userform yang ada comboboxnya. Pastikan nama
userformnya disebut lebih dulu sebelum nama object combobox-nya. ALIAS
pastikan menggunakan kaidah penyebutan nama object yang benar dalam
programming.
Cara 2 : penambahan dilakukan langsung banyak item (tidak di-input satu per
satu, misal hasil copas dari file lain atau proses lain)
Pada userform yang ada combobox nya :
1. event init userform
>> sebelum blok for untuk memasukkan daftar item ke dalam combobox
diberi perintah untuk clear si combobox (methods clear milik si combobox)
2. event klik si tombol tambah
>> sebelum end sub atau perintah keluar dari prosedur event tersebut,
tambahkan baris perintah untuk memanggil event init userform
Selamat mencoba.
Wassalam,
Kid.
2014-12-11 20:35 GMT+11:00 danny_06791@yahoo.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
>
> Selamat sore para master Excel. Saya mengalami masalah pada combo box.
> Masalahnya adalah tidak bisa merefresh secara otomatis pada combo box,
> setelah menambah isi dari combo box tersebut. Mohon bantuannya ya, ini saya
> sertakan file dan penjelasannya di dalam file tersebut. Terima kasih
> sebelumnya.
>
>
>
Cara 1 :
asumsi :
a. penambahan item pasti hanya satu per satu (klik tambah -> tampilan
penambahan -> simpan -> tutup penambahan)
b. userform yang ada combobox nya dalam keadaan ter-load
1. event klik simpan userform penambahan
>> setelah menyimpan item baru ke cell tertentu, berikan baris perintah
menambah item combobox di userform yang ada comboboxnya. Pastikan nama
userformnya disebut lebih dulu sebelum nama object combobox-nya. ALIAS
pastikan menggunakan kaidah penyebutan nama object yang benar dalam
programming.
Cara 2 : penambahan dilakukan langsung banyak item (tidak di-input satu per
satu, misal hasil copas dari file lain atau proses lain)
Pada userform yang ada combobox nya :
1. event init userform
>> sebelum blok for untuk memasukkan daftar item ke dalam combobox
diberi perintah untuk clear si combobox (methods clear milik si combobox)
2. event klik si tombol tambah
>> sebelum end sub atau perintah keluar dari prosedur event tersebut,
tambahkan baris perintah untuk memanggil event init userform
Selamat mencoba.
Wassalam,
Kid.
2014-12-11 20:35 GMT+11:00 danny_06791@yahoo.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
>
> Selamat sore para master Excel. Saya mengalami masalah pada combo box.
> Masalahnya adalah tidak bisa merefresh secara otomatis pada combo box,
> setelah menambah isi dari combo box tersebut. Mohon bantuannya ya, ini saya
> sertakan file dan penjelasannya di dalam file tersebut. Terima kasih
> sebelumnya.
>
>
>
Sat Dec 13, 2014 11:53 pm (PST) . Posted by:
"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
Hai Keket,
Langkah 1 :
>> buat blok pengisian item combobix dengan methods additem. Jadi tidak
menggunakan properti rowsource alias listfillrange.
>> Blok proses pengisian item combobox dengan methods additem ini bisa
diletakkan disebuah prosedur tersendiri ataupun di event init milik si
userform (jika menggunakan userform). Lihat disini
<http://b-excel.blogspot.com/2014/02/belajarvba-102-combobox-02.html>.
>> ubah baris pengisian (yang ada bunyi additem-nya) agar berada dalam satu
blok pengkondisian (blok IF) yang memeriksa apakah item yang akan
ditambahkan berisi teks yang ditulis user atau tidak.
>> sebelum blok for, tambahkan perintah hapus isi daftar combobox
Kira-kira bentuknya
namanyacombobox.clear
for blablabla
if instr( nilai_yang_di_loop_for , teks_inputan_user , 1 ) <> 0 or
len(teks_inputan_user)=0 then
baris yang ada additem nya
endif
next blabla
Langkah 2 :
>> buat sebuah prosedur berscope private, misal diberi nama IsiCombo
private sub isicombo()
end sub
>> cut baris dari event init userform mulai dari proses clear combobox
sampai next ke dalam prosedur IsiCombo
>> di event init userform, pada baris bekas blok for yang di-cut tadi, isi
dengan perintah untuk panggil prosedur IsiCombo
Langkah 3 :
>> pada module milik userform, buat variabel bertipe boolean untuk status
apakah proses change sedang berlangsung atau tidak, dengan scope private
private bStatusChange as boolean
>> pada event init si userform, sebelum proses clear, isi nilai
bStatusChange dengan FALSE
bStatusChange=false
Langkah 4 :
>> pada event change si combobox,
setelah baris deklarasi variabel (jika ada), letakkan blok kondisi
pengubah informasi status change berikut :
if bStatusChange then
exit sub
endif
bStatusChange =true
>> panggil prosedur isicombo
>> pada event change si combobox,
sebelum end sub atau sebelum baris perintah keluar dari prosedur,
tambahkan baris pengubah status change agar kembali ke normal, yaitu nilai
bStatusChange menjadi FALSE
bStatusChange=false
Kira-kira demikian alurnya.... silakan disesuaikan dengan keadaan setempat.
Konsep :
1. proses pengisian combobox didahului dengan clear isi daftarnya
2. proses pengisian combobox dengan methods additem (isi satu per satu
melalui loop)
3. proses pengisian combobox yang utuh tersebut diletakkan di sebuah
prosedur tersendiri
4. proses init userform perlu memanggil proses pengisian combobox
5. proses change terhadap combobox juga perlu memanggil proses pengisian
combobox
6. karena proses 5 akan membuat proses yang circular, maka buat variabel
penyimpan status bahwa proses change combo sedang dilakukan (nilai TRUE),
sehingga ketika nilai TRUE harus segera keluar dari event change si
combobox. Proses circular bisa dicegah.
Selamat mencoba.
Wassalam,
Kid.
2014-12-12 17:57 GMT+11:00 ke2t keket.psr@gmail.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
>
> Sore..
>
> Saya coba buat macro dengan combo box. Apakah bisa seperti data terlampir,
> jika saya ketikkan "makan" dalam ComboBox1, maka akan otomatis muncul 4
> suggestion drop down kebawah:
> - besok kamu mau makan apa
> - makan sama apa ya
> - pokoke makan aja deh
> - makan nasi goreng deh
> Karena kata "makan" adalah kata kucinya. Dan terakhir akan dieksekusi
> dengan pilihan click kita pilih text yg mana.
>
> Tks atas bantuannya.
> Keket Ijo
>
>
Langkah 1 :
>> buat blok pengisian item combobix dengan methods additem. Jadi tidak
menggunakan properti rowsource alias listfillrange.
>> Blok proses pengisian item combobox dengan methods additem ini bisa
diletakkan disebuah prosedur tersendiri ataupun di event init milik si
userform (jika menggunakan userform). Lihat disini
<http://b-excel.blogspot.com/2014/02/belajarvba-102-combobox-02.html>.
>> ubah baris pengisian (yang ada bunyi additem-nya) agar berada dalam satu
blok pengkondisian (blok IF) yang memeriksa apakah item yang akan
ditambahkan berisi teks yang ditulis user atau tidak.
>> sebelum blok for, tambahkan perintah hapus isi daftar combobox
Kira-kira bentuknya
namanyacombobox.clear
for blablabla
if instr( nilai_yang_di_loop_for , teks_inputan_user , 1 ) <> 0 or
len(teks_inputan_user)=0 then
baris yang ada additem nya
endif
next blabla
Langkah 2 :
>> buat sebuah prosedur berscope private, misal diberi nama IsiCombo
private sub isicombo()
end sub
>> cut baris dari event init userform mulai dari proses clear combobox
sampai next ke dalam prosedur IsiCombo
>> di event init userform, pada baris bekas blok for yang di-cut tadi, isi
dengan perintah untuk panggil prosedur IsiCombo
Langkah 3 :
>> pada module milik userform, buat variabel bertipe boolean untuk status
apakah proses change sedang berlangsung atau tidak, dengan scope private
private bStatusChange as boolean
>> pada event init si userform, sebelum proses clear, isi nilai
bStatusChange dengan FALSE
bStatusChange=false
Langkah 4 :
>> pada event change si combobox,
setelah baris deklarasi variabel (jika ada), letakkan blok kondisi
pengubah informasi status change berikut :
if bStatusChange then
exit sub
endif
bStatusChange =true
>> panggil prosedur isicombo
>> pada event change si combobox,
sebelum end sub atau sebelum baris perintah keluar dari prosedur,
tambahkan baris pengubah status change agar kembali ke normal, yaitu nilai
bStatusChange menjadi FALSE
bStatusChange=false
Kira-kira demikian alurnya.... silakan disesuaikan dengan keadaan setempat.
Konsep :
1. proses pengisian combobox didahului dengan clear isi daftarnya
2. proses pengisian combobox dengan methods additem (isi satu per satu
melalui loop)
3. proses pengisian combobox yang utuh tersebut diletakkan di sebuah
prosedur tersendiri
4. proses init userform perlu memanggil proses pengisian combobox
5. proses change terhadap combobox juga perlu memanggil proses pengisian
combobox
6. karena proses 5 akan membuat proses yang circular, maka buat variabel
penyimpan status bahwa proses change combo sedang dilakukan (nilai TRUE),
sehingga ketika nilai TRUE harus segera keluar dari event change si
combobox. Proses circular bisa dicegah.
Selamat mencoba.
Wassalam,
Kid.
2014-12-12 17:57 GMT+11:00 ke2t keket.psr@gmail.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
>
> Sore..
>
> Saya coba buat macro dengan combo box. Apakah bisa seperti data terlampir,
> jika saya ketikkan "makan" dalam ComboBox1, maka akan otomatis muncul 4
> suggestion drop down kebawah:
> - besok kamu mau makan apa
> - makan sama apa ya
> - pokoke makan aja deh
> - makan nasi goreng deh
> Karena kata "makan" adalah kata kucinya. Dan terakhir akan dieksekusi
> dengan pilihan click kita pilih text yg mana.
>
> Tks atas bantuannya.
> Keket Ijo
>
>
Sun Dec 14, 2014 12:11 am (PST) . Posted by:
"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
Hai Abdoel,
Moga-moga yang Anda rasakan melalui file terlampir adalah kemudahan
mengolah data yang dinamis dan bukan keribetan proses penginputan data.
Wassalam,
Kid.
2014-12-12 18:47 GMT+11:00 Abdoel Khobir glendoch@gmail.com [belajar-excel]
<belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
>
>
> Master excel yang terhormat,
> saya punya file excel setiap hari mendata 100an unit pengiriman barang
> dari 15 cabang
> saya menginputnya berdasar order.konsekuensinya data menjadi tidak
> beraturan
>
> pertanyaan saya:
>
> 1. Karena tanda terima pengiriman yang masuk tidak bersamaan masuknya
> bagaimana caranya saya menginiput tanda terima yang masuk diinput
> dikolom kanan "TANDA TERIMA YG SUDAH MASUK"
>
> 2. Bagaimana caranya data yg sudah diinput Berurutan baris nya sesuai
> baris disebelah kiri?
> dan tanda terima yang belum masuk dibiarkan tetap kosong
>
> Mohon maaf kalau pertanyaannya belepotan
> terima kasih
>
>
>
Moga-moga yang Anda rasakan melalui file terlampir adalah kemudahan
mengolah data yang dinamis dan bukan keribetan proses penginputan data.
Wassalam,
Kid.
2014-12-12 18:47 GMT+11:00 Abdoel Khobir glendoch@gmail.com [belajar-excel]
<belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
>
>
> Master excel yang terhormat,
> saya punya file excel setiap hari mendata 100an unit pengiriman barang
> dari 15 cabang
> saya menginputnya berdasar order.konsekuensiny
> beraturan
>
> pertanyaan saya:
>
> 1. Karena tanda terima pengiriman yang masuk tidak bersamaan masuknya
> bagaimana caranya saya menginiput tanda terima yang masuk diinput
> dikolom kanan "TANDA TERIMA YG SUDAH MASUK"
>
> 2. Bagaimana caranya data yg sudah diinput Berurutan baris nya sesuai
> baris disebelah kiri?
> dan tanda terima yang belum masuk dibiarkan tetap kosong
>
> Mohon maaf kalau pertanyaannya belepotan
> terima kasih
>
>
>
Sun Dec 14, 2014 12:23 am (PST) . Posted by:
"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
Hai Jack,
imho,
Data dari berbagai nama dan berbagai tanggal dan berbagai cabang dan
berbagai keperluan asalkan kolom-kolomnya sama, sebaiknya disusun menjadi 1
sheet saja. Tambahkan sebuah kolom yang berisi nama-nama kodenya 1,2,3 dst
itu. Sepertinya data Anda tidak akan mencapai 1juta record dalam 3 bulan ke
depan.
Proses input dengan userform cukup menulis di baris baru di sebuah sheet
yang tetap.
Kemudian, buat sebuah proses untuk membentuk output. Misal ingin membuat
output per kode tertentu, atau per tanggal tertentu, dsb.
Dengan demikian, maka proses nya akan tampak simple, yaitu :
1. sebuah proses input data
2. sebuah lokasi penyimpanan data
3. sebuah proses untuk satu jenis output
contoh : butuh 3 macam jenis output, yaitu per karyawan, per cabang,
per bulan
> output menampilkan per kode karyawan (ada 15000 karayawan akan jadi
15000 sheet atau 15000 file Excel) cukup diselesaikan oleh 1 (SATU) buah
prosedur penyusun output_per_karyawan
> output menampilkan summary per cabang (ada 125 cabang jadi 125
sheet atau 125 file Excel) cukup diselesaikan oleh 1 (SATU) buah prosedur
penyusun output_per_cabang
> output menampilkan summary per bulan (ada 12 bulan jadi 12 sheet
atau 12 file Excel) cukup diselesaikan oleh 1 (SATU) buah prosedur penyusun
output_per_bulan
Jadi, untuk data yang di-input dengan 1 userform dan outputnya menjadi 3
jenis output seperti diatas, hanya butuh 4 prosedur saja. Jika pakai
userform, maka prosedur event dari setiap objectnya yang membuat ribet dan
terkesan banyak (ini sangat tergantung dengan keribetan Anda menyusun dan
menggunakan object controlnya). Tapi, tetap saja dari sekiun banyak
prosedur event dan semua prosedur itu, proses intinya hanya ada dalam 4
prosedur utama.
Maaf, kalau ide ini ternyata dipandang ribet atau membuat susah karena
harus mengubahnya.
Dengan data yang ada seperti sekarang ini, apakah tidak akan ada proses
summary terhadap semua atau sebagian sheet di semua atau sebagian record
per sheetnya ?
Jika ada, jika proses input data saja scriptnya sudah ruwet untuk disusun,
bagaimana script untuk output yang menuntut summary dari berbagai sheet dan
beberapa record per sheet ?
;)
tidak ada paksaan dalam programming
semoga sukses
Wassalam,
Kid.
2014-12-13 8:41 GMT+11:00 Jack Carmelo jackcarmelo@yahoo.co.id
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
>
> Pak sony dan pak ahmad
> Sory merepotkan terus.
> Mungkin penjelasan saya membingungkan maaf. Maaf benar2 pemula dalam
> urusan macro excel. Bru coba 2 minggu itupun tidak konsen.
> Supaya jangan rancu saya coba uraikan ulang masalahnya.
> Ceritanya kperasi keluarga timor di papua ada 80an anggta. Dan userform yg
> saya buat adalah userform transaksi. Jadi ketka saya menginput nama anggota
> mslnya Andi maka data akan diinput ke salah satu sheet yang memang
> dikhususkan untk andi. Kemarin yg pak sony jelaskan malah semua sheet
> dinput dengan data yang sama. Jadi saya coba tambakan 1 txtbox sheet dstu.
> Dan saya minta soluainya supaya Misalnya di txtbx itu msukan angka 2 maka
> data diinpu ke sheet 2 atau angka 3 ke sheet 3 dan seterusnya.
> Terima kasih sudah bersedia membantu saya. Maaf saya masih sangat hijau
> soal macro.
>
> Salam
> Jack
> Dikirim dari Yahoo Mail pada Android
> <https://overview.mail.yahoo.com/mobile/?.src=Android>
> Dari:"Ahmad Syaifullah Lubis syaifullah@hotmail.com [belajar-excel]" <
> belajar-excel@yahoogroups.com>
> Tanggal:Jum, 12 Des 2014 pada 13:38
> Judul:RE: [belajar-excel] 1 userform untuk banyak sheet
>
>
>
> Pak Sony,
> bagaimana supaya userform yang diinput itu masuk ke sheet yang ditentukan,
> barangkali key salah satu sheet, misal sheet tempat atau apalah gitu. saya
> rasa begitu yang dikehendaki programnya.
>
> terima kasih,
> ASL
> ------------------------------
> To: belajar-excel@yahoogroups.com
> From: belajar-excel@yahoogroups.com
> Date: Thu, 11 Dec 2014 13:32:17 +0700
> Subject: Re: [belajar-excel] 1 userform untuk banyak sheet [1 Attachment]
>
>
>
> Hai Jack,
>
> Coba bantu sebisanya ya ?..
> Kelihatan nya pake object ActiveX ya ? Dtpicker mungkin ?.. di pc saya
> nggak muncul soal nya :)
>
> File terlampir saya buat baru saja. Inti logika nya sama saja. 1 form
> untuk input berapa sheet.
> Asumsi saya file hasil inputan adanya setelah sheet "Home". Silahkan nanti
> dikembangkan lagi aja ya..
>
> Logika script nya :
> 1. variabel nya di deklarasikan dulu. Diambil dari masing2 object textbox
> (tgl, Tempat, dst..)
> 2. banyak sheet dihitung dengan menggunakan sheets.count
> 3. mulai proses loop dimulai dari sheet 2 yang diwakili oleh variabel "i"
> (seperti yang saya sebut diatas, asumsi saya sheet 1-dst ditaruh setelah
> sheet "Home")
> 4. proses pengisian data
> 5. kosong kan nilai di masing2 textbox
> 6. kembali ke sheet "Home"
>
> Semoga sesuai harapan.
> Maaf kalau logika nya berantakan :)
>
> Sony
>
>
> 2014-12-11 8:54 GMT+07:00 Jack Carmelo jackcarmelo@yahoo.co.id
> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
>
> Salam dan selamat pagi masters
> Mohon solusinya..
> saya ingin menginput data dari userform ke sheet yang sesuai.tapi saya
> bingung karena datanya malh di input ke sheet yang terbuka. saya coba
> menggunakan code if dan with.tapi untuk code itu bisanya tiap sheet di
> perincikan masing-masing. karena sheetnya ada lebih dari 80 maka muncul
> pesan procedure too large
> Maka saya coba mengelompokkannya dengan menggunakan macro for next. tapi
> malag tidak ada diinput. Jadi mohon solusinya untukmasalahini. saya juga
> lampirkab contoh file yang di maksud.
> Terina kasih atas bantuannya.
> Salam
> Jack
>
> Dikirim dari Yahoo Mail pada Android
> <https://overview.mail.yahoo.com/mobile/?.src=Android>
>
>
>
>
>
imho,
Data dari berbagai nama dan berbagai tanggal dan berbagai cabang dan
berbagai keperluan asalkan kolom-kolomnya sama, sebaiknya disusun menjadi 1
sheet saja. Tambahkan sebuah kolom yang berisi nama-nama kodenya 1,2,3 dst
itu. Sepertinya data Anda tidak akan mencapai 1juta record dalam 3 bulan ke
depan.
Proses input dengan userform cukup menulis di baris baru di sebuah sheet
yang tetap.
Kemudian, buat sebuah proses untuk membentuk output. Misal ingin membuat
output per kode tertentu, atau per tanggal tertentu, dsb.
Dengan demikian, maka proses nya akan tampak simple, yaitu :
1. sebuah proses input data
2. sebuah lokasi penyimpanan data
3. sebuah proses untuk satu jenis output
contoh : butuh 3 macam jenis output, yaitu per karyawan, per cabang,
per bulan
> output menampilkan per kode karyawan (ada 15000 karayawan akan jadi
15000 sheet atau 15000 file Excel) cukup diselesaikan oleh 1 (SATU) buah
prosedur penyusun output_per_karyawan
> output menampilkan summary per cabang (ada 125 cabang jadi 125
sheet atau 125 file Excel) cukup diselesaikan oleh 1 (SATU) buah prosedur
penyusun output_per_cabang
> output menampilkan summary per bulan (ada 12 bulan jadi 12 sheet
atau 12 file Excel) cukup diselesaikan oleh 1 (SATU) buah prosedur penyusun
output_per_bulan
Jadi, untuk data yang di-input dengan 1 userform dan outputnya menjadi 3
jenis output seperti diatas, hanya butuh 4 prosedur saja. Jika pakai
userform, maka prosedur event dari setiap objectnya yang membuat ribet dan
terkesan banyak (ini sangat tergantung dengan keribetan Anda menyusun dan
menggunakan object controlnya). Tapi, tetap saja dari sekiun banyak
prosedur event dan semua prosedur itu, proses intinya hanya ada dalam 4
prosedur utama.
Maaf, kalau ide ini ternyata dipandang ribet atau membuat susah karena
harus mengubahnya.
Dengan data yang ada seperti sekarang ini, apakah tidak akan ada proses
summary terhadap semua atau sebagian sheet di semua atau sebagian record
per sheetnya ?
Jika ada, jika proses input data saja scriptnya sudah ruwet untuk disusun,
bagaimana script untuk output yang menuntut summary dari berbagai sheet dan
beberapa record per sheet ?
;)
tidak ada paksaan dalam programming
semoga sukses
Wassalam,
Kid.
2014-12-13 8:41 GMT+11:00 Jack Carmelo jackcarmelo@yahoo.co.id
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
>
> Pak sony dan pak ahmad
> Sory merepotkan terus.
> Mungkin penjelasan saya membingungkan maaf. Maaf benar2 pemula dalam
> urusan macro excel. Bru coba 2 minggu itupun tidak konsen.
> Supaya jangan rancu saya coba uraikan ulang masalahnya.
> Ceritanya kperasi keluarga timor di papua ada 80an anggta. Dan userform yg
> saya buat adalah userform transaksi. Jadi ketka saya menginput nama anggota
> mslnya Andi maka data akan diinput ke salah satu sheet yang memang
> dikhususkan untk andi. Kemarin yg pak sony jelaskan malah semua sheet
> dinput dengan data yang sama. Jadi saya coba tambakan 1 txtbox sheet dstu.
> Dan saya minta soluainya supaya Misalnya di txtbx itu msukan angka 2 maka
> data diinpu ke sheet 2 atau angka 3 ke sheet 3 dan seterusnya.
> Terima kasih sudah bersedia membantu saya. Maaf saya masih sangat hijau
> soal macro.
>
> Salam
> Jack
> Dikirim dari Yahoo Mail pada Android
> <https://overview.mail.yahoo.com/mobile/?.src=Android>
> Dari:"Ahmad Syaifullah Lubis syaifullah@hotmail.com [belajar-excel]" <
> belajar-excel@yahoogroups.com>
> Tanggal:Jum, 12 Des 2014 pada 13:38
> Judul:RE: [belajar-excel] 1 userform untuk banyak sheet
>
>
>
> Pak Sony,
> bagaimana supaya userform yang diinput itu masuk ke sheet yang ditentukan,
> barangkali key salah satu sheet, misal sheet tempat atau apalah gitu. saya
> rasa begitu yang dikehendaki programnya.
>
> terima kasih,
> ASL
> ------------------------------
> To: belajar-excel@yahoogroups.com
> From: belajar-excel@yahoogroups.com
> Date: Thu, 11 Dec 2014 13:32:17 +0700
> Subject: Re: [belajar-excel] 1 userform untuk banyak sheet [1 Attachment]
>
>
>
> Hai Jack,
>
> Coba bantu sebisanya ya ?..
> Kelihatan nya pake object ActiveX ya ? Dtpicker mungkin ?.. di pc saya
> nggak muncul soal nya :)
>
> File terlampir saya buat baru saja. Inti logika nya sama saja. 1 form
> untuk input berapa sheet.
> Asumsi saya file hasil inputan adanya setelah sheet "Home". Silahkan nanti
> dikembangkan lagi aja ya..
>
> Logika script nya :
> 1. variabel nya di deklarasikan dulu. Diambil dari masing2 object textbox
> (tgl, Tempat, dst..)
> 2. banyak sheet dihitung dengan menggunakan sheets.count
> 3. mulai proses loop dimulai dari sheet 2 yang diwakili oleh variabel "i"
> (seperti yang saya sebut diatas, asumsi saya sheet 1-dst ditaruh setelah
> sheet "Home")
> 4. proses pengisian data
> 5. kosong kan nilai di masing2 textbox
> 6. kembali ke sheet "Home"
>
> Semoga sesuai harapan.
> Maaf kalau logika nya berantakan :)
>
> Sony
>
>
> 2014-12-11 8:54 GMT+07:00 Jack Carmelo jackcarmelo@yahoo.co.id
> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
>
> Salam dan selamat pagi masters
> Mohon solusinya..
> saya ingin menginput data dari userform ke sheet yang sesuai.tapi saya
> bingung karena datanya malh di input ke sheet yang terbuka. saya coba
> menggunakan code if dan with.tapi untuk code itu bisanya tiap sheet di
> perincikan masing-masing. karena sheetnya ada lebih dari 80 maka muncul
> pesan procedure too large
> Maka saya coba mengelompokkannya dengan menggunakan macro for next. tapi
> malag tidak ada diinput. Jadi mohon solusinya untukmasalahini. saya juga
> lampirkab contoh file yang di maksud.
> Terina kasih atas bantuannya.
> Salam
> Jack
>
> Dikirim dari Yahoo Mail pada Android
> <https://overview.mail.yahoo.com/mobile/?.src=Android>
>
>
>
>
>
Sun Dec 14, 2014 12:57 am (PST) . Posted by:
"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
Hai Nunuk,
File terlampir menggunakan beberapa kolom bantu untuk menyusun penilaian
baru berdasar pringkatnya nilai total dipengaruhi efek kartunya. Nilai baru
inilah yang kemudian diperingkat.
Coretan tentang pemeringkatan data bisa juga ditemui disini
<http://excel-mr-kid.blogspot.com/2012/05/pemeringkatan-data-ranking.html>.
Wassalam,
Kid.
2014-12-13 15:53 GMT+11:00 Nunuk Y Saptaningtyas enyees@gmail.com
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
>
>
> Yth. Para pakar excel
>
> Mohon bantuannya bagaimana membuat rumus untuk masalah dibawah ini :
>
>
> DATA AWAL
>
>
>
>
>
> HASIL
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
> rangking nik nama cabang total KARTU KUNING KARTU HIJAU
> rangking nik nama cabang total 1 1961 Abi Pondok Indah 640
> 1 1961 Abi Pondok Indah 640 2 805 Bayu Kelapa Gading
> 628
> 2 1707 Dina Bintaro 580 3 2403 Cinta Bogor 581 1
> 3 805 Bayu Kelapa Gading 628 4 1707 Dina Bintaro 580
> 1
> 4 2696 Erna Bintaro 573 5 2696 Erna Bintaro 573
> 5 546 Gita Bogor 566 6 2508 Fatimah Bogor 567 1
> 6 115 Hani Pondok Indah 566 7 546 Gita Bogor 566
>
> 7 2403 Cinta Bogor 581 8 115 Hani Pondok Indah 566
>
> 8 818 Juli Puri 559 9 1298 Ifa Bintaro 559
> 9 1298 Ifa Bintaro 559 10 818 Juli Puri 559 1
> 10 2508 Fatimah Bogor 567
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
> Notes
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
> Jika mendapatkan 1 kartu kuning maka rangking akan turun 4
>
>
>
>
>
>
> Jika mendapatkan 1 kartu hijau maka rangking akan naik 2
>
>
>
>
>
>
>
>
> Saya lampirkan juga excelnya. Data yang sebenarnya jumlahnya ratusan, jadi
> saya butuh sekali rumus agar cepat kerjanya.
> Terimakasih atas bantuannya
>
>
>
>
> --
> Regards,
>
> Nunuk Yuliani Saptaningtyas
>
> www.enyees.com
> www.bunbunenyees.blogspot.com
>
>
>
File terlampir menggunakan beberapa kolom bantu untuk menyusun penilaian
baru berdasar pringkatnya nilai total dipengaruhi efek kartunya. Nilai baru
inilah yang kemudian diperingkat.
Coretan tentang pemeringkatan data bisa juga ditemui disini
<http://excel-mr-kid.blogspot.com/2012/05/pemeringkatan-data-ranking.html>.
Wassalam,
Kid.
2014-12-13 15:53 GMT+11:00 Nunuk Y Saptaningtyas enyees@gmail.com
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
>
>
> Yth. Para pakar excel
>
> Mohon bantuannya bagaimana membuat rumus untuk masalah dibawah ini :
>
>
> DATA AWAL
>
>
>
>
>
> HASIL
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
> rangking nik nama cabang total KARTU KUNING KARTU HIJAU
> rangking nik nama cabang total 1 1961 Abi Pondok Indah 640
> 1 1961 Abi Pondok Indah 640 2 805 Bayu Kelapa Gading
> 628
> 2 1707 Dina Bintaro 580 3 2403 Cinta Bogor 581 1
> 3 805 Bayu Kelapa Gading 628 4 1707 Dina Bintaro 580
> 1
> 4 2696 Erna Bintaro 573 5 2696 Erna Bintaro 573
> 5 546 Gita Bogor 566 6 2508 Fatimah Bogor 567 1
> 6 115 Hani Pondok Indah 566 7 546 Gita Bogor 566
>
> 7 2403 Cinta Bogor 581 8 115 Hani Pondok Indah 566
>
> 8 818 Juli Puri 559 9 1298 Ifa Bintaro 559
> 9 1298 Ifa Bintaro 559 10 818 Juli Puri 559 1
> 10 2508 Fatimah Bogor 567
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
> Notes
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
> Jika mendapatkan 1 kartu kuning maka rangking akan turun 4
>
>
>
>
>
>
> Jika mendapatkan 1 kartu hijau maka rangking akan naik 2
>
>
>
>
>
>
>
>
> Saya lampirkan juga excelnya. Data yang sebenarnya jumlahnya ratusan, jadi
> saya butuh sekali rumus agar cepat kerjanya.
> Terimakasih atas bantuannya
>
>
>
>
> --
> Regards,
>
> Nunuk Yuliani Saptaningtyas
>
> www.enyees.com
> www.bunbunenyees.
>
>
>
Sun Dec 14, 2014 3:13 am (PST) . Posted by:
"Nunuk Y Saptaningtyas"
Terimakasih banyak Mr. Kid atas bantuannya
Salam,
Nunuk Yuliani S
2014-12-14 0:56 GMT-08:00 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
>
> Hai Nunuk,
>
> File terlampir menggunakan beberapa kolom bantu untuk menyusun penilaian
> baru berdasar pringkatnya nilai total dipengaruhi efek kartunya. Nilai baru
> inilah yang kemudian diperingkat.
>
> Coretan tentang pemeringkatan data bisa juga ditemui disini
> <http://excel-mr-kid.blogspot.com/2012/05/pemeringkatan-data-ranking.html>
> .
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
> 2014-12-13 15:53 GMT+11:00 Nunuk Y Saptaningtyas enyees@gmail.com
> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>>
>>
>>
>>
>> Yth. Para pakar excel
>>
>> Mohon bantuannya bagaimana membuat rumus untuk masalah dibawah ini :
>>
>>
>> DATA AWAL
>>
>>
>>
>>
>>
>> HASIL
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>> rangking nik nama cabang total KARTU KUNING KARTU HIJAU
>> rangking nik nama cabang total 1 1961 Abi Pondok Indah 640
>>
>> 1 1961 Abi Pondok Indah 640 2 805 Bayu Kelapa Gading
>> 628
>> 2 1707 Dina Bintaro 580 3 2403 Cinta Bogor 581 1
>> 3 805 Bayu Kelapa Gading 628 4 1707 Dina Bintaro 580
>> 1
>> 4 2696 Erna Bintaro 573 5 2696 Erna Bintaro 573
>>
>> 5 546 Gita Bogor 566 6 2508 Fatimah Bogor 567 1
>> 6 115 Hani Pondok Indah 566 7 546 Gita Bogor 566
>>
>> 7 2403 Cinta Bogor 581 8 115 Hani Pondok Indah 566
>>
>> 8 818 Juli Puri 559 9 1298 Ifa Bintaro 559
>> 9 1298 Ifa Bintaro 559 10 818 Juli Puri 559 1
>> 10 2508 Fatimah Bogor 567
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>> Notes
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>> Jika mendapatkan 1 kartu kuning maka rangking akan turun 4
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>> Jika mendapatkan 1 kartu hijau maka rangking akan naik 2
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>> Saya lampirkan juga excelnya. Data yang sebenarnya jumlahnya ratusan,
>> jadi saya butuh sekali rumus agar cepat kerjanya.
>> Terimakasih atas bantuannya
>>
>>
>>
>>
>> --
>> Regards,
>>
>> Nunuk Yuliani Saptaningtyas
>>
>> www.enyees.com
>> www.bunbunenyees.blogspot.com
>>
>>
>
--
Regards,
Nunuk Yuliani Saptaningtyas
www.enyees.com
www.bunbunenyees.blogspot.com
Salam,
Nunuk Yuliani S
2014-12-14 0:56 GMT-08:00 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
>
> Hai Nunuk,
>
> File terlampir menggunakan beberapa kolom bantu untuk menyusun penilaian
> baru berdasar pringkatnya nilai total dipengaruhi efek kartunya. Nilai baru
> inilah yang kemudian diperingkat.
>
> Coretan tentang pemeringkatan data bisa juga ditemui disini
> <http://excel-mr-kid.blogspot.com/2012/05/pemeringkatan-data-ranking.html>
> .
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
> 2014-12-13 15:53 GMT+11:00 Nunuk Y Saptaningtyas enyees@gmail.com
> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>>
>>
>>
>>
>> Yth. Para pakar excel
>>
>> Mohon bantuannya bagaimana membuat rumus untuk masalah dibawah ini :
>>
>>
>> DATA AWAL
>>
>>
>>
>>
>>
>> HASIL
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>> rangking nik nama cabang total KARTU KUNING KARTU HIJAU
>> rangking nik nama cabang total 1 1961 Abi Pondok Indah 640
>>
>> 1 1961 Abi Pondok Indah 640 2 805 Bayu Kelapa Gading
>> 628
>> 2 1707 Dina Bintaro 580 3 2403 Cinta Bogor 581 1
>> 3 805 Bayu Kelapa Gading 628 4 1707 Dina Bintaro 580
>> 1
>> 4 2696 Erna Bintaro 573 5 2696 Erna Bintaro 573
>>
>> 5 546 Gita Bogor 566 6 2508 Fatimah Bogor 567 1
>> 6 115 Hani Pondok Indah 566 7 546 Gita Bogor 566
>>
>> 7 2403 Cinta Bogor 581 8 115 Hani Pondok Indah 566
>>
>> 8 818 Juli Puri 559 9 1298 Ifa Bintaro 559
>> 9 1298 Ifa Bintaro 559 10 818 Juli Puri 559 1
>> 10 2508 Fatimah Bogor 567
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>> Notes
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>> Jika mendapatkan 1 kartu kuning maka rangking akan turun 4
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>> Jika mendapatkan 1 kartu hijau maka rangking akan naik 2
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>> Saya lampirkan juga excelnya. Data yang sebenarnya jumlahnya ratusan,
>> jadi saya butuh sekali rumus agar cepat kerjanya.
>> Terimakasih atas bantuannya
>>
>>
>>
>>
>> --
>> Regards,
>>
>> Nunuk Yuliani Saptaningtyas
>>
>> www.enyees.com
>> www.bunbunenyees.
>>
>>
>
--
Regards,
Nunuk Yuliani Saptaningtyas
www.enyees.com
www.bunbunenyees.
============================================================
Pojok Lowongan Kerja yang disediakan milis :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/Pojok-Lowongan-Kerja-f5725753.html
*** Posting lowongan kerja : ke link tersebut dan klik New Topic
============================================================
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke: belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke: belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis : http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran : http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di : http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe), kirim mail kosong ke : belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
Pojok Lowongan Kerja yang disediakan milis :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/Pojok-Lowongan-Kerja-f5725753.html
*** Posting lowongan kerja : ke link tersebut dan klik New Topic
============================================================
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke: belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke: belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis : http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran : http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di : http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe), kirim mail kosong ke : belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
Tidak ada komentar:
Posting Komentar