15 Messages
Digest #3246
5a
Re: Rekap data kas dan bank dari form bukti kas [1 Attachment] by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
6c
Fw: [belajar-excel] Fw: Latihan macro akhir tahun [2 Attachments] by "hendrik karnadi" hendrikkarnadi
7a
Mohon bantuannya untuk Menggabungkan Data Kilo meter kendaraan di be by "abi solehudin" abisolehudin1183
7b
Bls: [belajar-excel] Mohon bantuannya untuk Menggabungkan Data Kilo by "abi solehudin" abisolehudin1183
Messages
Tue Dec 30, 2014 3:59 am (PST) . Posted by:
cello_violin
oke tararengkyu Mr. KID dan Mr.HK atas pencerahannya sekarang makro saya berjalan sesuai harapan saya hehehe .........dan semoga bisa semakin berkembang pengetahuan saya....
salam,
Violin_Cello
salam,
Violin_Cello
Tue Dec 30, 2014 11:30 pm (PST) . Posted by:
"supri anto"
saya punya alternatif lain,semoga bisa membantu
On 12/30/14, cello_violin@yahoo.com [belajar-excel]
<belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
> oke tararengkyu Mr. KID dan Mr.HK atas pencerahannya sekarang makro saya
> berjalan sesuai harapan saya hehehe .........dan semoga bisa semakin
> berkembang pengetahuan saya....
> salam,
> Violin_Cello
>
On 12/30/14, cello_violin@yahoo.com [belajar-excel]
<belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
> oke tararengkyu Mr. KID dan Mr.HK atas pencerahannya sekarang makro saya
> berjalan sesuai harapan saya hehehe .........dan semoga bisa semakin
> berkembang pengetahuan saya....
> salam,
> Violin_Cello
>
Tue Dec 30, 2014 4:30 am (PST) . Posted by:
"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
Hai Abdoel Khobir,
Biasanya kasus borongan seperti ini dijauhi oleh BeExceller :(
Andaikan dipecah menjadi beberapa topik maka akan lebih besar
kemungkinannya untuk mendapatkan respon yang cepat.
Selain itu, kasus yang dipecah menjadi beberapa topik relatif akan
menunjukkan kepada BeExceller bahwa pemilik kasus berusaha mempelajari
solusinya secara bertahap agar bisa benar-benar paham dan bukan sekedar
ingin mendapatkan hasil akhir bantuan berupa file kerja yang siap pakai
karena telah dibantu untuk dibuatkan.
btw,
secara singkat begini :
1.Bagaimana caranya dengan mengisi data di sheet ini,otomatis memilah dan
mengcopy otomatis disheet lain berdasar cabang (jakarta bogor bandung dll)
(tanpa kolom biaya)
>> Fitur Excel Pivot Table bisa membantu menyusun per cabang dengan cara
membuat sebuah pivot table lalu di-filter berdasar cabang tertentu. Pivot
table dirujuk ke sebuah nama range yang dinamis megikuti jumlah record data
di tabel sumbernya (yang ada di sheet kumpulan data).
Kemudian pivot table yang sudah jadi tersebut di-copy ke sheet lain dan di
filter untuk cabang lain. Begitu seterusnya sampai seluruh cabang membentuk
sheets yang masing-masing sheet nya berisi pivot table yang terfilter
sesuai cabang tertentu untuk sheet tersebut. Proses ini hanya dilakukan
setiap kali ada cabang baru saja atau ada cabang yang belum punya sheetnya.
Setiap kali ada penambahan data, yang dibutuhkan adalah proses refresh data
melalui ribbon Data -> group Connections -> Refresh All
Cara ini juga akan memungkinkan untuk meletakkan sheets report per cabang
di file lain dengan membuat pivot table merujuk ke suatu koneksi data hasil
kerja fitur Get External Data. Pivot table bisa dibaca secara singkat mulai
disini <http://excel-mr-kid.blogspot.com/2013/04/pivot-table-1-kenalan.html>
.
>> Cara lainnya adalah dengan VBA. Banyak contoh kasus seperti ini yang
sudah beredar di milis Belajar-Excel. Silakan search disini
<https://groups.yahoo.com/neo/groups/belajar-excel/conversations/messages>.
Solusi dengan VBA untuk kasus seperti ini membutuhkan pengetahuan dasar
tentang VBA sebagai alat otomasi di Excel. Pengenalan dengan VBA bisa
dimulai dari sini
<http://b-excel.blogspot.com/2013/06/belajarvba-000-kenalan.html>.
2. Bagaimana formulanya kolom TAGIHAN terisi otomatis dengan dasar TABEL
HARGA ?
>> Sebut saja ada sebuah tabel DATA di suatu sheet tertentu dan ada tabel
HARGA di suatu sheet yang lain. Pada tabel HARGA ada kolom harga dan sebuah
kolom kriteria atau bahkan lebih dari satu buah kolom kriteria, sehingga
terbentuk tabel daftar harga setiap produk misalnya. Bunyi tulisan di kolom
kriteria yang ada di tabel HARGA ini harus ada di tabel DATA pada suatu
kolom yang bunyi tulisannya sama persis. Jika tidak sama persis, maka yang
dibutuhkan adalah adanya potongan kata yang sama persis dengan isi kolom
kriteria tabel HARGA. Dari kolom inilah formula penghubung tabel DATA
dengan tabel HARGA.
Jika belum ada kolom yang demikian, maka buatlah lebih dulu. Excel dan
program lainnya tidak bisa mendefinisikan secara otomatis bahwa kata
berbunyi 'NAMA' akan sama dengan 'NAME' apalagi kata 'JLN' akan sama dengan
kata 'JALAN'.
3.Bagaimana caranya hasil dari penjumlahan Kolom H dan kolom I hasilnya
terisisi otomatis di sheet "KAS"
>> Jika KAS adalah sebuah tabel data berkaidah tabel database, maka fitur
pivot table bisa membantu menyusunnya.
>> Jika KAS berupa tabel yang berisi gabungan dari beberapa tabel data
(tabel data pembelian, tabel penjualan, tabel lain-lain misalnya), dan
susunannya tidak berkaidah tabel database, maka dibutuhkan VBA untuk
meng-create records di KAS.
4. Bagaimana caranya Kalau Menginput Tanda terima yang sudah masuk di kolom
P dan Q menghasilkan stus MASUK atau BELUM
>> Jika inputan P dan Q tidak pernah ada yang dihapus sepanjang masa, maka
fungsi CountIF atau CountIFs bisa membantu. Fungsi CountIF untuk 1 kriteria
dan CountIFs untuk banyak kriteria.
Andaikan ada isi kolom P yang sama tapi isian kolom Q berbeda, maka ini
disebut lebih dari 1 kriteria, yaitu kriteria berdasar kolom P dan kriteria
berdasar kolom Q, sehingga fungsi CountIFs lah yang digunakan. Andaikan
setiap isi kolom P pasti hanya punya 1 isian di kolom Q, maka ini disebut 1
kriteria, yaitu berdasar kolom P dan fungsi CountIF yang digunakan.
Fungsi CountIF atau CountIFs tersebut digunakan sebagai alat cek saja. Jika
hasil fungsi tersebut adalah 0, berarti belum ada data tersebut di tabel
kolom P dan Q. Hasil cek bisa ditentukan berupa teks BELUM. Jika hasil
fungsi bukanlah 0, berarti sudah ada dan teks hasil adalah MASUK. Secara
umum, susunan formulanya akan berbunyi :
-> 2 kriteria kolom P dan kolom Q
=IF( CountIFs( range_kolom_P , satu_cell_data_sesuai_kolom_P ,
range_kolom_Q , satu_cell_data_sesuai_kolom_Q ) , "MASUK" , "BELUM" )
kira-kira demikian.
mohon maaf jika tidak berkenan.
Wassalam,
Kid.
2014-12-24 17:18 GMT+11:00 Abdoel Khobir glendoch@gmail.com [belajar-excel]
<belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
> Dear Master Excel yang kami hormati,
>
> Mohon bantuannya saya SANGAT kesulitan mencari solusi atas file terlampir.
> mengingat usia yg sudah tidak muda lagi,sudah berusaha browsing tetap saja
> kesulitan mengikuti formula excel yang menurut saya "Njlimet"
>
> Pertanyaan saya;
>
> 1.Bagaimana caranya dengan mengisi data di sheet ini,otomatis memilah dan
> mengcopy otomatis disheet lain berdasar cabang (jakarta bogor bandung dll)
> (tanpa kolom biaya)
>
> 2.Bagaimana formulanya kolom TAGIHAN terisi otomatis dengan dasar TABEL
> HARGA ?
>
> 3.Bagaimana caranya hasil dari penjumlahan Kolom H dan kolom I hasilnya
> terisisi otomatis di sheet "KAS"
>
> 4.Bagaimana caranya Kalau Menginput Tanda terima yang sudah masuk di kolom
> P dan Q menghasilkan stus MASUK atau BELUM
>
>
> Mohon dengan sangat jawaban Master tidak dengan file contoh Tapi persis
> seperti Format terlampir
>
> Atas Budi baik Master kami ucapkan Terima kasih
>
> Salam
>
> Abdoel Khobir
>
>
>
Biasanya kasus borongan seperti ini dijauhi oleh BeExceller :(
Andaikan dipecah menjadi beberapa topik maka akan lebih besar
kemungkinannya untuk mendapatkan respon yang cepat.
Selain itu, kasus yang dipecah menjadi beberapa topik relatif akan
menunjukkan kepada BeExceller bahwa pemilik kasus berusaha mempelajari
solusinya secara bertahap agar bisa benar-benar paham dan bukan sekedar
ingin mendapatkan hasil akhir bantuan berupa file kerja yang siap pakai
karena telah dibantu untuk dibuatkan.
btw,
secara singkat begini :
1.Bagaimana caranya dengan mengisi data di sheet ini,otomatis memilah dan
mengcopy otomatis disheet lain berdasar cabang (jakarta bogor bandung dll)
(tanpa kolom biaya)
>> Fitur Excel Pivot Table bisa membantu menyusun per cabang dengan cara
membuat sebuah pivot table lalu di-filter berdasar cabang tertentu. Pivot
table dirujuk ke sebuah nama range yang dinamis megikuti jumlah record data
di tabel sumbernya (yang ada di sheet kumpulan data).
Kemudian pivot table yang sudah jadi tersebut di-copy ke sheet lain dan di
filter untuk cabang lain. Begitu seterusnya sampai seluruh cabang membentuk
sheets yang masing-masing sheet nya berisi pivot table yang terfilter
sesuai cabang tertentu untuk sheet tersebut. Proses ini hanya dilakukan
setiap kali ada cabang baru saja atau ada cabang yang belum punya sheetnya.
Setiap kali ada penambahan data, yang dibutuhkan adalah proses refresh data
melalui ribbon Data -> group Connections -> Refresh All
Cara ini juga akan memungkinkan untuk meletakkan sheets report per cabang
di file lain dengan membuat pivot table merujuk ke suatu koneksi data hasil
kerja fitur Get External Data. Pivot table bisa dibaca secara singkat mulai
disini <http://excel-mr-kid.blogspot.com/2013/04/pivot-table-1-kenalan.html>
.
>> Cara lainnya adalah dengan VBA. Banyak contoh kasus seperti ini yang
sudah beredar di milis Belajar-Excel. Silakan search disini
<https://groups.yahoo.com/neo/groups/belajar-excel/conversations/messages>.
Solusi dengan VBA untuk kasus seperti ini membutuhkan pengetahuan dasar
tentang VBA sebagai alat otomasi di Excel. Pengenalan dengan VBA bisa
dimulai dari sini
<http://b-excel.blogspot.com/2013/06/belajarvba-000-kenalan.html>.
2. Bagaimana formulanya kolom TAGIHAN terisi otomatis dengan dasar TABEL
HARGA ?
>> Sebut saja ada sebuah tabel DATA di suatu sheet tertentu dan ada tabel
HARGA di suatu sheet yang lain. Pada tabel HARGA ada kolom harga dan sebuah
kolom kriteria atau bahkan lebih dari satu buah kolom kriteria, sehingga
terbentuk tabel daftar harga setiap produk misalnya. Bunyi tulisan di kolom
kriteria yang ada di tabel HARGA ini harus ada di tabel DATA pada suatu
kolom yang bunyi tulisannya sama persis. Jika tidak sama persis, maka yang
dibutuhkan adalah adanya potongan kata yang sama persis dengan isi kolom
kriteria tabel HARGA. Dari kolom inilah formula penghubung tabel DATA
dengan tabel HARGA.
Jika belum ada kolom yang demikian, maka buatlah lebih dulu. Excel dan
program lainnya tidak bisa mendefinisikan secara otomatis bahwa kata
berbunyi 'NAMA' akan sama dengan 'NAME' apalagi kata 'JLN' akan sama dengan
kata 'JALAN'.
3.Bagaimana caranya hasil dari penjumlahan Kolom H dan kolom I hasilnya
terisisi otomatis di sheet "KAS"
>> Jika KAS adalah sebuah tabel data berkaidah tabel database, maka fitur
pivot table bisa membantu menyusunnya.
>> Jika KAS berupa tabel yang berisi gabungan dari beberapa tabel data
(tabel data pembelian, tabel penjualan, tabel lain-lain misalnya), dan
susunannya tidak berkaidah tabel database, maka dibutuhkan VBA untuk
meng-create records di KAS.
4. Bagaimana caranya Kalau Menginput Tanda terima yang sudah masuk di kolom
P dan Q menghasilkan stus MASUK atau BELUM
>> Jika inputan P dan Q tidak pernah ada yang dihapus sepanjang masa, maka
fungsi CountIF atau CountIFs bisa membantu. Fungsi CountIF untuk 1 kriteria
dan CountIFs untuk banyak kriteria.
Andaikan ada isi kolom P yang sama tapi isian kolom Q berbeda, maka ini
disebut lebih dari 1 kriteria, yaitu kriteria berdasar kolom P dan kriteria
berdasar kolom Q, sehingga fungsi CountIFs lah yang digunakan. Andaikan
setiap isi kolom P pasti hanya punya 1 isian di kolom Q, maka ini disebut 1
kriteria, yaitu berdasar kolom P dan fungsi CountIF yang digunakan.
Fungsi CountIF atau CountIFs tersebut digunakan sebagai alat cek saja. Jika
hasil fungsi tersebut adalah 0, berarti belum ada data tersebut di tabel
kolom P dan Q. Hasil cek bisa ditentukan berupa teks BELUM. Jika hasil
fungsi bukanlah 0, berarti sudah ada dan teks hasil adalah MASUK. Secara
umum, susunan formulanya akan berbunyi :
-> 2 kriteria kolom P dan kolom Q
=IF( CountIFs( range_kolom_P , satu_cell_data_sesuai_kolom_P ,
range_kolom_Q , satu_cell_data_sesuai_kolom_Q ) , "MASUK" , "BELUM" )
kira-kira demikian.
mohon maaf jika tidak berkenan.
Wassalam,
Kid.
2014-12-24 17:18 GMT+11:00 Abdoel Khobir glendoch@gmail.com [belajar-excel]
<belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
> Dear Master Excel yang kami hormati,
>
> Mohon bantuannya saya SANGAT kesulitan mencari solusi atas file terlampir.
> mengingat usia yg sudah tidak muda lagi,sudah berusaha browsing tetap saja
> kesulitan mengikuti formula excel yang menurut saya "Njlimet"
>
> Pertanyaan saya;
>
> 1.Bagaimana caranya dengan mengisi data di sheet ini,otomatis memilah dan
> mengcopy otomatis disheet lain berdasar cabang (jakarta bogor bandung dll)
> (tanpa kolom biaya)
>
> 2.Bagaimana formulanya kolom TAGIHAN terisi otomatis dengan dasar TABEL
> HARGA ?
>
> 3.Bagaimana caranya hasil dari penjumlahan Kolom H dan kolom I hasilnya
> terisisi otomatis di sheet "KAS"
>
> 4.Bagaimana caranya Kalau Menginput Tanda terima yang sudah masuk di kolom
> P dan Q menghasilkan stus MASUK atau BELUM
>
>
> Mohon dengan sangat jawaban Master tidak dengan file contoh Tapi persis
> seperti Format terlampir
>
> Atas Budi baik Master kami ucapkan Terima kasih
>
> Salam
>
> Abdoel Khobir
>
>
>
Tue Dec 30, 2014 4:36 am (PST) . Posted by:
"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
Hai Kana,
Coba formula :
=IF(G3<"O",IFERROR(LEFT(D3,FIND("-",SUBSTITUTE(D3,".","-"))-1),""&D3),""&D3)
*** jika regional setting komputer setempat adalah Indonesian, ganti
seluruh karakter koma dalam formula menjadi titik koma
Wassalam,
Kid
2014-12-26 13:00 GMT+11:00 kanadhasenroy@yahoo.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
> Dear BeExceller,
>
>
> Dengan ini saya lampirkan file excelnya.
>
>
>
> Mohon Bantuannya.
>
> Maaf jika saya sudah merepotkan.
>
>
> Rgrds
>
>
>
>
> Kana
>
>
>
>
Coba formula :
=IF(G3<"O",IFERROR(LEFT(D3,FIND("-",SUBSTITUTE(D3,".","-"))-1),""&D3),""&D3)
*** jika regional setting komputer setempat adalah Indonesian, ganti
seluruh karakter koma dalam formula menjadi titik koma
Wassalam,
Kid
2014-12-26 13:00 GMT+11:00 kanadhasenroy@yahoo.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
> Dear BeExceller,
>
>
> Dengan ini saya lampirkan file excelnya.
>
>
>
> Mohon Bantuannya.
>
> Maaf jika saya sudah merepotkan.
>
>
> Rgrds
>
>
>
>
> Kana
>
>
>
>
Dear Bapak kid
Terima kasih banyak atas formulanya.
tapi MERK TYPE KODE KET KET/BAHAN yang saya marking dengan warna kuning di file excel itu menggunakkan formula apa?
Mohon Bantuannya dan file terlampir.
Rgrds
Kana
Terima kasih banyak atas formulanya.
tapi MERK TYPE KODE KET KET/BAHAN yang saya marking dengan warna kuning di file excel itu menggunakkan formula apa?
Mohon Bantuannya dan file terlampir.
Rgrds
Kana
Tue Dec 30, 2014 11:50 pm (PST) . Posted by:
"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
Hai Kana,
imho,
Andaikan data yang ada demikian saja, maka tidak memungkinkan untuk mengisi
nilai kolom MERK dll dengan formula. Hal ini disebabkan karena pola yang
tidak beraturan pada data sumbernya.
Jadi, pada kasus ini, nilai kolom MERK dll bisa diisi dengan formula jika
salah satu hal berikut dilakukan :
1. ubah susunan data sumber agar memiliki pola yang tetap.
atau
2. buat tabel referensi yang berupa peta data di sebuah sheet baru berisi
seluruh kombinasi penulisan data sumber di kolom A, di kolom B diisi nilai
MERK, di kolom C diisi kolom berikutnya dst, sehingga bisa dilakukan proses
lookup dengan formula memanfaatkan fungsi vLookUp.
Tapi, itu sekedar pendapat saya. Bisa jadi BeExceller lain mampu
memisahkannya dengan baik walau pola datanya tidak teratur. Kita tunggu
saja yak....
Wassalam,
Kid.
2014-12-31 11:51 GMT+11:00 kanadhasenroy@yahoo.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
> Dear Bapak kid
>
>
> Terima kasih banyak atas formulanya.
>
> tapi MERK TYPE KODE KET KET/BAHAN yang saya marking dengan
> warna kuning di file excel itu menggunakkan formula apa?
>
>
> Mohon Bantuannya dan file terlampir.
>
>
>
> Rgrds
>
>
>
> Kana
>
>
imho,
Andaikan data yang ada demikian saja, maka tidak memungkinkan untuk mengisi
nilai kolom MERK dll dengan formula. Hal ini disebabkan karena pola yang
tidak beraturan pada data sumbernya.
Jadi, pada kasus ini, nilai kolom MERK dll bisa diisi dengan formula jika
salah satu hal berikut dilakukan :
1. ubah susunan data sumber agar memiliki pola yang tetap.
atau
2. buat tabel referensi yang berupa peta data di sebuah sheet baru berisi
seluruh kombinasi penulisan data sumber di kolom A, di kolom B diisi nilai
MERK, di kolom C diisi kolom berikutnya dst, sehingga bisa dilakukan proses
lookup dengan formula memanfaatkan fungsi vLookUp.
Tapi, itu sekedar pendapat saya. Bisa jadi BeExceller lain mampu
memisahkannya dengan baik walau pola datanya tidak teratur. Kita tunggu
saja yak....
Wassalam,
Kid.
2014-12-31 11:51 GMT+11:00 kanadhasenroy@yahoo.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
> Dear Bapak kid
>
>
> Terima kasih banyak atas formulanya.
>
> tapi MERK TYPE KODE KET KET/BAHAN yang saya marking dengan
> warna kuning di file excel itu menggunakkan formula apa?
>
>
> Mohon Bantuannya dan file terlampir.
>
>
>
> Rgrds
>
>
>
> Kana
>
>
Tue Dec 30, 2014 4:41 am (PST) . Posted by:
"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
Hai Jack,
Terimakasih atas share file-nya.
Bolehkah meminta sedikit perbaikannya pada hal berikut :
1. inputan tanggalnya ditulis ke sheet sebagai data tanggal beneran yang
ada tanggal bulan dan tahun. Kalau bisa, ndak mungkin mengisi 31 Februari.
2. penulisan ke sheet dibuat selalu rapat alias tidak pernah tercipta baris
kosong.
Besar harapannya agar bisa dibantu dalam hal tersebut.
;) kalo mau aja ding... kalo gak mau juga gpp kok... pokoke makasih ya atas
share-nya.
Regard,
Kid.
2014-12-29 16:25 GMT+11:00 Jack Carmelo jackcarmelo@yahoo.co.id
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
> Selamat sore para pecinta excel semua
> Setelah saya mengutak atik komputer seharian akhirnya saya temukan jawaban
> atas pertanyaan saya. File terlampir mungkin tidak begitu sukar menurut
> para master tetapi untuk pemula seperti saya ini luar biasa. ini mungkin
> berguna bagi mereka yang membutuhkan.
> Terimakasih untuk para master sekalian.
> Pak Sony,Pak Hendrik, Mr Kid dan para master yang sudah bersedia membantu.
> Salam
> Jack
> Dikirim dari Yahoo Mail pada Android
> <https://overview.mail.yahoo.com/mobile/?.src=Android>
> Dari:"Jack Carmelo jackcarmelo@yahoo.co.id [belajar-excel]" <
> belajar-excel@yahoogroups.com>
> Tanggal:Sen, 29 Des 2014 pada 12:57
> Judul:[belajar-excel] input data pada baris tertentu
>
>
>
> Dear Masters,mat pagi
> Mohon solusinya untuk masalah saya ini.Saya ingin input data perbulan
> dalam row excel. Misalnya januari pada baris 2, februari baris ke 3 dst.
> Bukan pada baris kosong.
> Terima kasih atas bantuannya.
> Salam
> Jack
>
> Dikirim dari Yahoo Mail pada Android
> <https://overview.mail.yahoo.com/mobile/?.src=Android>
>
>
>
Terimakasih atas share file-nya.
Bolehkah meminta sedikit perbaikannya pada hal berikut :
1. inputan tanggalnya ditulis ke sheet sebagai data tanggal beneran yang
ada tanggal bulan dan tahun. Kalau bisa, ndak mungkin mengisi 31 Februari.
2. penulisan ke sheet dibuat selalu rapat alias tidak pernah tercipta baris
kosong.
Besar harapannya agar bisa dibantu dalam hal tersebut.
;) kalo mau aja ding... kalo gak mau juga gpp kok... pokoke makasih ya atas
share-nya.
Regard,
Kid.
2014-12-29 16:25 GMT+11:00 Jack Carmelo jackcarmelo@yahoo.co.id
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
> Selamat sore para pecinta excel semua
> Setelah saya mengutak atik komputer seharian akhirnya saya temukan jawaban
> atas pertanyaan saya. File terlampir mungkin tidak begitu sukar menurut
> para master tetapi untuk pemula seperti saya ini luar biasa. ini mungkin
> berguna bagi mereka yang membutuhkan.
> Terimakasih untuk para master sekalian.
> Pak Sony,Pak Hendrik, Mr Kid dan para master yang sudah bersedia membantu.
> Salam
> Jack
> Dikirim dari Yahoo Mail pada Android
> <https://overview.mail.yahoo.com/mobile/?.src=Android>
> Dari:"Jack Carmelo jackcarmelo@yahoo.co.id [belajar-excel]" <
> belajar-excel@yahoogroups.com>
> Tanggal:Sen, 29 Des 2014 pada 12:57
> Judul:[belajar-excel] input data pada baris tertentu
>
>
>
> Dear Masters,mat pagi
> Mohon solusinya untuk masalah saya ini.Saya ingin input data perbulan
> dalam row excel. Misalnya januari pada baris 2, februari baris ke 3 dst.
> Bukan pada baris kosong.
> Terima kasih atas bantuannya.
> Salam
> Jack
>
> Dikirim dari Yahoo Mail pada Android
> <https://overview.mail.yahoo.com/mobile/?.src=Android>
>
>
>
Tue Dec 30, 2014 4:53 am (PST) . Posted by:
"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
Hai Dwi,
Baris ini selalu merujuk ke cell yang tetap.
TblRkp(NewRkp + r, 7) = Sheets("Form").Range("*c10*").Value '
keterangan
Coba ubah agar dinamis mengikuti pertambahan nilai variabel r
Wassalam,
Kid.
2014-12-29 19:48 GMT+11:00 dwi mulyaningsih upiet29@yahoo.com
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
> Dear Rekan excel,
>
> Mohon bantuannya lagi.
> Saya punya file kas & bank, yang saya inginkan setelah entry data di form
> langsung masuk ke rekapan.
> Pada sheet form isinya terdiri dari 3 buah form, kolom C2 merupakan kolom
> pembantu untuk mengidentifikasi form yang mana yang digunakan. Jika C2=0,
> maka yang digunakan form kas keluar, jika C2=1 maka yang digunakan form kas
> keluar (untuk bank), jika C2=2 maka yang digunakan form kas masuk (untuk
> bank). Yang saya inginkan saat tombol input di klik maka data akan otomatis
> masuk ke rekapan berdasarkan identifikasi dari form yang digunakan. Saya
> menggunakan formula vba milik alm Mba Siti dengan modifikasi, untuk
> beberapa form yang sudah saya pakai formulanya dapat berjalan akan tetapi
> untuk kasus ini tidak berhasil. Pada saat saya klik tombol input data
> memang masuk ke sheet rekap akan tetapi ter entrynya lebih dari satu.
>
> Letak kesalahannya dimana ya? Mohon bantuannya.
>
> Terima kasih
>
> Salam
> Dwi
>
>
>
Baris ini selalu merujuk ke cell yang tetap.
TblRkp(NewRkp + r, 7) = Sheets("Form").Range("*c10*").Value '
keterangan
Coba ubah agar dinamis mengikuti pertambahan nilai variabel r
Wassalam,
Kid.
2014-12-29 19:48 GMT+11:00 dwi mulyaningsih upiet29@yahoo.com
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
> Dear Rekan excel,
>
> Mohon bantuannya lagi.
> Saya punya file kas & bank, yang saya inginkan setelah entry data di form
> langsung masuk ke rekapan.
> Pada sheet form isinya terdiri dari 3 buah form, kolom C2 merupakan kolom
> pembantu untuk mengidentifikasi form yang mana yang digunakan. Jika C2=0,
> maka yang digunakan form kas keluar, jika C2=1 maka yang digunakan form kas
> keluar (untuk bank), jika C2=2 maka yang digunakan form kas masuk (untuk
> bank). Yang saya inginkan saat tombol input di klik maka data akan otomatis
> masuk ke rekapan berdasarkan identifikasi dari form yang digunakan. Saya
> menggunakan formula vba milik alm Mba Siti dengan modifikasi, untuk
> beberapa form yang sudah saya pakai formulanya dapat berjalan akan tetapi
> untuk kasus ini tidak berhasil. Pada saat saya klik tombol input data
> memang masuk ke sheet rekap akan tetapi ter entrynya lebih dari satu.
>
> Letak kesalahannya dimana ya? Mohon bantuannya.
>
> Terima kasih
>
> Salam
> Dwi
>
>
>
Tue Dec 30, 2014 11:30 pm (PST) . Posted by:
"dwi mulyaningsih" upiet29
Dear Mr. Kid,
Maksudnya bagaimana ya? Maaf saya belum menangkap maksud dari Mr. Kid.Baris tersebut memang ditujukan untuk cell tetap yaitu C10.
Salam,DM
On Tuesday, December 30, 2014 7:52 PM, "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
Hai Dwi,
Baris ini selalu merujuk ke cell yang tetap.
TblRkp(NewRkp + r, 7) = Sheets("Form").Range("c10").Value ' keterangan
Coba ubah agar dinamis mengikuti pertambahan nilai variabel r
Wassalam,
Kid.
2014-12-29 19:48 GMT+11:00 dwi mulyaningsih upiet29@yahoo.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
Dear Rekan excel,
Mohon bantuannya lagi.Saya punya file kas & bank, yang saya inginkan setelah entry data di form langsung masuk ke rekapan.Pada sheet form isinya terdiri dari 3 buah form, kolom C2 merupakan kolom pembantu untuk mengidentifikasi form yang mana yang digunakan. Jika C2=0, maka yang digunakan form kas keluar, jika C2=1 maka yang digunakan form kas keluar (untuk bank), jika C2=2 maka yang digunakan form kas masuk (untuk bank). Yang saya inginkan saat tombol input di klik maka data akan otomatis masuk ke rekapan berdasarkan identifikasi dari form yang digunakan. Saya menggunakan formula vba milik alm Mba Siti dengan modifikasi, untuk beberapa form yang sudah saya pakai formulanya dapat berjalan akan tetapi untuk kasus ini tidak berhasil. Pada saat saya klik tombol input data memang masuk ke sheet rekap akan tetapi ter entrynya lebih dari satu.
Letak kesalahannya dimana ya? Mohon bantuannya.
Terima kasih
SalamDwi
#yiv8499359840 #yiv8499359840 -- #yiv8499359840ygrp-mkp {border:1px solid #d8d8d8;font-family:Arial;margin:10px 0;padding:0 10px;}#yiv8499359840 #yiv8499359840ygrp-mkp hr {border:1px solid #d8d8d8;}#yiv8499359840 #yiv8499359840ygrp-mkp #yiv8499359840hd {color:#628c2a;font-size:85%;font-weight:700;line-height:122%;margin:10px 0;}#yiv8499359840 #yiv8499359840ygrp-mkp #yiv8499359840ads {margin-bottom:10px;}#yiv8499359840 #yiv8499359840ygrp-mkp .yiv8499359840ad {padding:0 0;}#yiv8499359840 #yiv8499359840ygrp-mkp .yiv8499359840ad p {margin:0;}#yiv8499359840 #yiv8499359840ygrp-mkp .yiv8499359840ad a {color:#0000ff;text-decoration:none;}#yiv8499359840 #yiv8499359840ygrp-sponsor #yiv8499359840ygrp-lc {font-family:Arial;}#yiv8499359840 #yiv8499359840ygrp-sponsor #yiv8499359840ygrp-lc #yiv8499359840hd {margin:10px 0px;font-weight:700;font-size:78%;line-height:122%;}#yiv8499359840 #yiv8499359840ygrp-sponsor #yiv8499359840ygrp-lc .yiv8499359840ad {margin-bottom:10px;padding:0 0;}#yiv8499359840 #yiv8499359840actions {font-family:Verdana;font-size:11px;padding:10px 0;}#yiv8499359840 #yiv8499359840activity {background-color:#e0ecee;float:left;font-family:Verdana;font-size:10px;padding:10px;}#yiv8499359840 #yiv8499359840activity span {font-weight:700;}#yiv8499359840 #yiv8499359840activity span:first-child {text-transform:uppercase;}#yiv8499359840 #yiv8499359840activity span a {color:#5085b6;text-decoration:none;}#yiv8499359840 #yiv8499359840activity span span {color:#ff7900;}#yiv8499359840 #yiv8499359840activity span .yiv8499359840underline {text-decoration:underline;}#yiv8499359840 .yiv8499359840attach {clear:both;display:table;font-family:Arial;font-size:12px;padding:10px 0;width:400px;}#yiv8499359840 .yiv8499359840attach div a {text-decoration:none;}#yiv8499359840 .yiv8499359840attach img {border:none;padding-right:5px;}#yiv8499359840 .yiv8499359840attach label {display:block;margin-bottom:5px;}#yiv8499359840 .yiv8499359840attach label a {text-decoration:none;}#yiv8499359840 blockquote {margin:0 0 0 4px;}#yiv8499359840 .yiv8499359840bold {font-family:Arial;font-size:13px;font-weight:700;}#yiv8499359840 .yiv8499359840bold a {text-decoration:none;}#yiv8499359840 dd.yiv8499359840last p a {font-family:Verdana;font-weight:700;}#yiv8499359840 dd.yiv8499359840last p span {margin-right:10px;font-family:Verdana;font-weight:700;}#yiv8499359840 dd.yiv8499359840last p span.yiv8499359840yshortcuts {margin-right:0;}#yiv8499359840 div.yiv8499359840attach-table div div a {text-decoration:none;}#yiv8499359840 div.yiv8499359840attach-table {width:400px;}#yiv8499359840 div.yiv8499359840file-title a, #yiv8499359840 div.yiv8499359840file-title a:active, #yiv8499359840 div.yiv8499359840file-title a:hover, #yiv8499359840 div.yiv8499359840file-title a:visited {text-decoration:none;}#yiv8499359840 div.yiv8499359840photo-title a, #yiv8499359840 div.yiv8499359840photo-title a:active, #yiv8499359840 div.yiv8499359840photo-title a:hover, #yiv8499359840 div.yiv8499359840photo-title a:visited {text-decoration:none;}#yiv8499359840 div#yiv8499359840ygrp-mlmsg #yiv8499359840ygrp-msg p a span.yiv8499359840yshortcuts {font-family:Verdana;font-size:10px;font-weight:normal;}#yiv8499359840 .yiv8499359840green {color:#628c2a;}#yiv8499359840 .yiv8499359840MsoNormal {margin:0 0 0 0;}#yiv8499359840 o {font-size:0;}#yiv8499359840 #yiv8499359840photos div {float:left;width:72px;}#yiv8499359840 #yiv8499359840photos div div {border:1px solid #666666;height:62px;overflow:hidden;width:62px;}#yiv8499359840 #yiv8499359840photos div label {color:#666666;font-size:10px;overflow:hidden;text-align:center;white-space:nowrap;width:64px;}#yiv8499359840 #yiv8499359840reco-category {font-size:77%;}#yiv8499359840 #yiv8499359840reco-desc {font-size:77%;}#yiv8499359840 .yiv8499359840replbq {margin:4px;}#yiv8499359840 #yiv8499359840ygrp-actbar div a:first-child {margin-right:2px;padding-right:5px;}#yiv8499359840 #yiv8499359840ygrp-mlmsg {font-size:13px;font-family:Arial, helvetica, clean, sans-serif;}#yiv8499359840 #yiv8499359840ygrp-mlmsg table {font-size:inherit;font:100%;}#yiv8499359840 #yiv8499359840ygrp-mlmsg select, #yiv8499359840 input, #yiv8499359840 textarea {font:99% Arial, Helvetica, clean, sans-serif;}#yiv8499359840 #yiv8499359840ygrp-mlmsg pre, #yiv8499359840 code {font:115% monospace;}#yiv8499359840 #yiv8499359840ygrp-mlmsg * {line-height:1.22em;}#yiv8499359840 #yiv8499359840ygrp-mlmsg #yiv8499359840logo {padding-bottom:10px;}#yiv8499359840 #yiv8499359840ygrp-msg p a {font-family:Verdana;}#yiv8499359840 #yiv8499359840ygrp-msg p#yiv8499359840attach-count span {color:#1E66AE;font-weight:700;}#yiv8499359840 #yiv8499359840ygrp-reco #yiv8499359840reco-head {color:#ff7900;font-weight:700;}#yiv8499359840 #yiv8499359840ygrp-reco {margin-bottom:20px;padding:0px;}#yiv8499359840 #yiv8499359840ygrp-sponsor #yiv8499359840ov li a {font-size:130%;text-decoration:none;}#yiv8499359840 #yiv8499359840ygrp-sponsor #yiv8499359840ov li {font-size:77%;list-style-type:square;padding:6px 0;}#yiv8499359840 #yiv8499359840ygrp-sponsor #yiv8499359840ov ul {margin:0;padding:0 0 0 8px;}#yiv8499359840 #yiv8499359840ygrp-text {font-family:Georgia;}#yiv8499359840 #yiv8499359840ygrp-text p {margin:0 0 1em 0;}#yiv8499359840 #yiv8499359840ygrp-text tt {font-size:120%;}#yiv8499359840 #yiv8499359840ygrp-vital ul li:last-child {border-right:none !important;}#yiv8499359840
Maksudnya bagaimana ya? Maaf saya belum menangkap maksud dari Mr. Kid.Baris tersebut memang ditujukan untuk cell tetap yaitu C10.
Salam,DM
On Tuesday, December 30, 2014 7:52 PM, "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
Hai Dwi,
Baris ini selalu merujuk ke cell yang tetap.
TblRkp(NewRkp + r, 7) = Sheets("Form").Range("c10").Value ' keterangan
Coba ubah agar dinamis mengikuti pertambahan nilai variabel r
Wassalam,
Kid.
2014-12-29 19:48 GMT+11:00 dwi mulyaningsih upiet29@yahoo.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
Dear Rekan excel,
Mohon bantuannya lagi.Saya punya file kas & bank, yang saya inginkan setelah entry data di form langsung masuk ke rekapan.Pada sheet form isinya terdiri dari 3 buah form, kolom C2 merupakan kolom pembantu untuk mengidentifikasi form yang mana yang digunakan. Jika C2=0, maka yang digunakan form kas keluar, jika C2=1 maka yang digunakan form kas keluar (untuk bank), jika C2=2 maka yang digunakan form kas masuk (untuk bank). Yang saya inginkan saat tombol input di klik maka data akan otomatis masuk ke rekapan berdasarkan identifikasi dari form yang digunakan. Saya menggunakan formula vba milik alm Mba Siti dengan modifikasi, untuk beberapa form yang sudah saya pakai formulanya dapat berjalan akan tetapi untuk kasus ini tidak berhasil. Pada saat saya klik tombol input data memang masuk ke sheet rekap akan tetapi ter entrynya lebih dari satu.
Letak kesalahannya dimana ya? Mohon bantuannya.
Terima kasih
SalamDwi
#yiv8499359840 #yiv8499359840 -- #yiv8499359840ygrp-
Tue Dec 30, 2014 11:45 pm (PST) . Posted by:
"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
mbak Dwi,
Baris :
TblRkp(NewRkp + r, 7) = Sheets("Form").Range("*c10*").Value '
keterangan
menunjukkan bahwa penulisan ke sheet tujuan akan berulang dari nilai r=1
sampai nilai r tertentu oleh bagian NewRkp + r
Jadi, di sheet tujuan, andai r mulai dari 1 sampai 5, maka akan tertulis di
5 baris.
Nilai yang dituliskan di 5 baris di sheet tujuan tersebut diambil dari
nilai yang sama yang ada di :
Sheets("Form").Range("*c10*").Value
Pertanyaan Anda adalah kenapa kok penulisannya double :
"saya klik tombol input data memang masuk ke sheet rekap akan tetapi ter
entrynya lebih dari satu."
Jawabnya :
Karena r mulai dari 1 sampai r > 1 akan menyebabkan nilai di C10 (tetap dan
tak pernah berganti jadi C11 ketika r berubah nilainya) yang ada di sheet
'FORM' tertulis ke sheet tujuan sebanyak r maksimum. Artinya, jika di sheet
FORM diisi 17 baris data baru yang harus ditulis ke sheet tujuan dengan
nilai kolom C yang terisi mulai dari C10,C11 dst, hanya akan diambil nilai
C10 saja walau penulisan di sheet tujuan sudah akan menulis di baris-baris
berikutnya (bukan baris pertama kali lokasi penulisan yang diharapkan).
Anggap saja nilai r mulai dari 1 sampai 3 (karena di sheet FORM ada 3 baris
data baru), maka saat r=1, di sheet tujuan baris 11 akan ditulis nilai C10.
Saat r berubah menjadi 2, maka sheet tujuan baris 12 akan diisi lagi dengan
nilai C10, dst begitu. Apa demikian yang diharapkan ?
Andai memang hanya akan menulis 1 baris saja walaupun di sheet form ada 3
baris data baru, maka ubah for r=1 to blabla menjadi for r=1 to 1
Wassalam,
Kid
On Wed, Dec 31, 2014 at 6:06 PM, dwi mulyaningsih upiet29@yahoo.com
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>
>
> Dear Mr. Kid,
>
> Maksudnya bagaimana ya? Maaf saya belum menangkap maksud dari Mr. Kid.
> Baris tersebut memang ditujukan untuk cell tetap yaitu C10.
>
> Salam,
> DM
>
>
> On Tuesday, December 30, 2014 7:52 PM, "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com
> [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>
>
>
> Hai Dwi,
>
> Baris ini selalu merujuk ke cell yang tetap.
> TblRkp(NewRkp + r, 7) = Sheets("Form").Range("*c10*").Value
> ' keterangan
> Coba ubah agar dinamis mengikuti pertambahan nilai variabel r
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
> 2014-12-29 19:48 GMT+11:00 dwi mulyaningsih upiet29@yahoo.com
> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
> Dear Rekan excel,
>
> Mohon bantuannya lagi.
> Saya punya file kas & bank, yang saya inginkan setelah entry data di form
> langsung masuk ke rekapan.
> Pada sheet form isinya terdiri dari 3 buah form, kolom C2 merupakan kolom
> pembantu untuk mengidentifikasi form yang mana yang digunakan. Jika C2=0,
> maka yang digunakan form kas keluar, jika C2=1 maka yang digunakan form kas
> keluar (untuk bank), jika C2=2 maka yang digunakan form kas masuk (untuk
> bank). Yang saya inginkan saat tombol input di klik maka data akan otomatis
> masuk ke rekapan berdasarkan identifikasi dari form yang digunakan. Saya
> menggunakan formula vba milik alm Mba Siti dengan modifikasi, untuk
> beberapa form yang sudah saya pakai formulanya dapat berjalan akan tetapi
> untuk kasus ini tidak berhasil. Pada saat saya klik tombol input data
> memang masuk ke sheet rekap akan tetapi ter entrynya lebih dari satu.
>
> Letak kesalahannya dimana ya? Mohon bantuannya.
>
> Terima kasih
>
> Salam
> Dwi
>
>
>
>
>
>
Baris :
TblRkp(NewRkp + r, 7) = Sheets("Form").Range("*c10*").Value '
keterangan
menunjukkan bahwa penulisan ke sheet tujuan akan berulang dari nilai r=1
sampai nilai r tertentu oleh bagian NewRkp + r
Jadi, di sheet tujuan, andai r mulai dari 1 sampai 5, maka akan tertulis di
5 baris.
Nilai yang dituliskan di 5 baris di sheet tujuan tersebut diambil dari
nilai yang sama yang ada di :
Sheets("Form").Range("*c10*").Value
Pertanyaan Anda adalah kenapa kok penulisannya double :
"saya klik tombol input data memang masuk ke sheet rekap akan tetapi ter
entrynya lebih dari satu."
Jawabnya :
Karena r mulai dari 1 sampai r > 1 akan menyebabkan nilai di C10 (tetap dan
tak pernah berganti jadi C11 ketika r berubah nilainya) yang ada di sheet
'FORM' tertulis ke sheet tujuan sebanyak r maksimum. Artinya, jika di sheet
FORM diisi 17 baris data baru yang harus ditulis ke sheet tujuan dengan
nilai kolom C yang terisi mulai dari C10,C11 dst, hanya akan diambil nilai
C10 saja walau penulisan di sheet tujuan sudah akan menulis di baris-baris
berikutnya (bukan baris pertama kali lokasi penulisan yang diharapkan).
Anggap saja nilai r mulai dari 1 sampai 3 (karena di sheet FORM ada 3 baris
data baru), maka saat r=1, di sheet tujuan baris 11 akan ditulis nilai C10.
Saat r berubah menjadi 2, maka sheet tujuan baris 12 akan diisi lagi dengan
nilai C10, dst begitu. Apa demikian yang diharapkan ?
Andai memang hanya akan menulis 1 baris saja walaupun di sheet form ada 3
baris data baru, maka ubah for r=1 to blabla menjadi for r=1 to 1
Wassalam,
Kid
On Wed, Dec 31, 2014 at 6:06 PM, dwi mulyaningsih upiet29@yahoo.com
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>
>
> Dear Mr. Kid,
>
> Maksudnya bagaimana ya? Maaf saya belum menangkap maksud dari Mr. Kid.
> Baris tersebut memang ditujukan untuk cell tetap yaitu C10.
>
> Salam,
> DM
>
>
> On Tuesday, December 30, 2014 7:52 PM, "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com
> [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>
>
>
> Hai Dwi,
>
> Baris ini selalu merujuk ke cell yang tetap.
> TblRkp(NewRkp + r, 7) = Sheets("Form").Range("*c10*").Value
> ' keterangan
> Coba ubah agar dinamis mengikuti pertambahan nilai variabel r
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
> 2014-12-29 19:48 GMT+11:00 dwi mulyaningsih upiet29@yahoo.com
> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
> Dear Rekan excel,
>
> Mohon bantuannya lagi.
> Saya punya file kas & bank, yang saya inginkan setelah entry data di form
> langsung masuk ke rekapan.
> Pada sheet form isinya terdiri dari 3 buah form, kolom C2 merupakan kolom
> pembantu untuk mengidentifikasi form yang mana yang digunakan. Jika C2=0,
> maka yang digunakan form kas keluar, jika C2=1 maka yang digunakan form kas
> keluar (untuk bank), jika C2=2 maka yang digunakan form kas masuk (untuk
> bank). Yang saya inginkan saat tombol input di klik maka data akan otomatis
> masuk ke rekapan berdasarkan identifikasi dari form yang digunakan. Saya
> menggunakan formula vba milik alm Mba Siti dengan modifikasi, untuk
> beberapa form yang sudah saya pakai formulanya dapat berjalan akan tetapi
> untuk kasus ini tidak berhasil. Pada saat saya klik tombol input data
> memang masuk ke sheet rekap akan tetapi ter entrynya lebih dari satu.
>
> Letak kesalahannya dimana ya? Mohon bantuannya.
>
> Terima kasih
>
> Salam
> Dwi
>
>
>
>
>
>
Tue Dec 30, 2014 8:53 pm (PST) . Posted by:
"hendrik karnadi" hendrikkarnadi
Dear Be-Excelers,Buat rekan2 yang tidak punya acara malam tahun baruan dan masih semangat untuk belajar macro,terlampir adalah data dan hasil yang ingin dicapai dengan menggunakan macro.
Tujuan dari macro tersebut adalah memisahkan data (transpose) ke masing sheet sesuai namanya.
Selamat mencoba...
Salam,HK
Tujuan dari macro tersebut adalah memisahkan data (transpose) ke masing sheet sesuai namanya.
Selamat mencoba...
Salam,HK
Wed Dec 31, 2014 2:08 am (PST) . Posted by:
"hendrik karnadi" hendrikkarnadi
Terlampir adalah file Excelnya (Data dan Hasil).
Salam,HK
----- Forwarded Message -----
From: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Wednesday, 31 December 2014, 11:53
Subject: Latihan macro akhir tahun
Dear Be-Excelers,Buat rekan2 yang tidak punya acara malam tahun baruan dan masih semangat untuk belajar macro,terlampir adalah data dan hasil yang ingin dicapai dengan menggunakan macro.
Tujuan dari macro tersebut adalah memisahkan data (transpose) ke masing sheet sesuai namanya.
Selamat mencoba...
Salam,HK
Salam,HK
----- Forwarded Message -----
From: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Wednesday, 31 December 2014, 11:53
Subject: Latihan macro akhir tahun
Dear Be-Excelers,
Tujuan dari macro tersebut adalah memisahkan data (transpose) ke masing sheet sesuai namanya.
Selamat mencoba...
Salam,HK
Wed Dec 31, 2014 3:23 am (PST) . Posted by:
"hendrik karnadi" hendrikkarnadi
Ini pseudo codes (bahasa manusianya-pinjam istilah Mr.Kid) yang perlu diterjemahkan ke dalam VBA codes,
'option explicit'deklarasi Variabel/Object
'mempercepat proses dan meniadakan dialog
'setting range data
'menghapus sheet yang ada sebelumnya, selain sheet1
looping1
'membuat sheets baru dan menamaminya dengan Account Name
looping2 'mengisi sheets baru kolom1 dan kolom2
'menyesuaikan kolom (Autofit)
'memindahkan sheets baru setelah sheet yang ada
next looping1next looping2
'mengembalikan proses ke semula dan mengaktifkan dialog
Selamat mencoba.
Salam,HK
----- Forwarded Message -----
From: "hendrik karnadi hendrikkarnadi@yahoo.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Wednesday, 31 December 2014, 17:08
Subject: [belajar-excel] Fw: Latihan macro akhir tahun [2 Attachments]
Terlampir adalah file Excelnya (Data dan Hasil).
Salam,HK
----- Forwarded Message -----
From: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Wednesday, 31 December 2014, 11:53
Subject: Latihan macro akhir tahun
Dear Be-Excelers,Buat rekan2 yang tidak punya acara malam tahun baruan dan masih semangat untuk belajar macro,terlampir adalah data dan hasil yang ingin dicapai dengan menggunakan macro.
Tujuan dari macro tersebut adalah memisahkan data (transpose) ke masing sheet sesuai namanya.
Selamat mencoba...
Salam,HK
#yiv1186130173 #yiv1186130173 -- #yiv1186130173ygrp-mkp {border:1px solid #d8d8d8;font-family:Arial;margin:10px 0;padding:0 10px;}#yiv1186130173 #yiv1186130173ygrp-mkp hr {border:1px solid #d8d8d8;}#yiv1186130173 #yiv1186130173ygrp-mkp #yiv1186130173hd {color:#628c2a;font-size:85%;font-weight:700;line-height:122%;margin:10px 0;}#yiv1186130173 #yiv1186130173ygrp-mkp #yiv1186130173ads {margin-bottom:10px;}#yiv1186130173 #yiv1186130173ygrp-mkp .yiv1186130173ad {padding:0 0;}#yiv1186130173 #yiv1186130173ygrp-mkp .yiv1186130173ad p {margin:0;}#yiv1186130173 #yiv1186130173ygrp-mkp .yiv1186130173ad a {color:#0000ff;text-decoration:none;}#yiv1186130173 #yiv1186130173ygrp-sponsor #yiv1186130173ygrp-lc {font-family:Arial;}#yiv1186130173 #yiv1186130173ygrp-sponsor #yiv1186130173ygrp-lc #yiv1186130173hd {margin:10px 0px;font-weight:700;font-size:78%;line-height:122%;}#yiv1186130173 #yiv1186130173ygrp-sponsor #yiv1186130173ygrp-lc .yiv1186130173ad {margin-bottom:10px;padding:0 0;}#yiv1186130173 #yiv1186130173actions {font-family:Verdana;font-size:11px;padding:10px 0;}#yiv1186130173 #yiv1186130173activity {background-color:#e0ecee;float:left;font-family:Verdana;font-size:10px;padding:10px;}#yiv1186130173 #yiv1186130173activity span {font-weight:700;}#yiv1186130173 #yiv1186130173activity span:first-child {text-transform:uppercase;}#yiv1186130173 #yiv1186130173activity span a {color:#5085b6;text-decoration:none;}#yiv1186130173 #yiv1186130173activity span span {color:#ff7900;}#yiv1186130173 #yiv1186130173activity span .yiv1186130173underline {text-decoration:underline;}#yiv1186130173 .yiv1186130173attach {clear:both;display:table;font-family:Arial;font-size:12px;padding:10px 0;width:400px;}#yiv1186130173 .yiv1186130173attach div a {text-decoration:none;}#yiv1186130173 .yiv1186130173attach img {border:none;padding-right:5px;}#yiv1186130173 .yiv1186130173attach label {display:block;margin-bottom:5px;}#yiv1186130173 .yiv1186130173attach label a {text-decoration:none;}#yiv1186130173 blockquote {margin:0 0 0 4px;}#yiv1186130173 .yiv1186130173bold {font-family:Arial;font-size:13px;font-weight:700;}#yiv1186130173 .yiv1186130173bold a {text-decoration:none;}#yiv1186130173 dd.yiv1186130173last p a {font-family:Verdana;font-weight:700;}#yiv1186130173 dd.yiv1186130173last p span {margin-right:10px;font-family:Verdana;font-weight:700;}#yiv1186130173 dd.yiv1186130173last p span.yiv1186130173yshortcuts {margin-right:0;}#yiv1186130173 div.yiv1186130173attach-table div div a {text-decoration:none;}#yiv1186130173 div.yiv1186130173attach-table {width:400px;}#yiv1186130173 div.yiv1186130173file-title a, #yiv1186130173 div.yiv1186130173file-title a:active, #yiv1186130173 div.yiv1186130173file-title a:hover, #yiv1186130173 div.yiv1186130173file-title a:visited {text-decoration:none;}#yiv1186130173 div.yiv1186130173photo-title a, #yiv1186130173 div.yiv1186130173photo-title a:active, #yiv1186130173 div.yiv1186130173photo-title a:hover, #yiv1186130173 div.yiv1186130173photo-title a:visited {text-decoration:none;}#yiv1186130173 div#yiv1186130173ygrp-mlmsg #yiv1186130173ygrp-msg p a span.yiv1186130173yshortcuts {font-family:Verdana;font-size:10px;font-weight:normal;}#yiv1186130173 .yiv1186130173green {color:#628c2a;}#yiv1186130173 .yiv1186130173MsoNormal {margin:0 0 0 0;}#yiv1186130173 o {font-size:0;}#yiv1186130173 #yiv1186130173photos div {float:left;width:72px;}#yiv1186130173 #yiv1186130173photos div div {border:1px solid #666666;height:62px;overflow:hidden;width:62px;}#yiv1186130173 #yiv1186130173photos div label {color:#666666;font-size:10px;overflow:hidden;text-align:center;white-space:nowrap;width:64px;}#yiv1186130173 #yiv1186130173reco-category {font-size:77%;}#yiv1186130173 #yiv1186130173reco-desc {font-size:77%;}#yiv1186130173 .yiv1186130173replbq {margin:4px;}#yiv1186130173 #yiv1186130173ygrp-actbar div a:first-child {margin-right:2px;padding-right:5px;}#yiv1186130173 #yiv1186130173ygrp-mlmsg {font-size:13px;font-family:Arial, helvetica, clean, sans-serif;}#yiv1186130173 #yiv1186130173ygrp-mlmsg table {font-size:inherit;font:100%;}#yiv1186130173 #yiv1186130173ygrp-mlmsg select, #yiv1186130173 input, #yiv1186130173 textarea {font:99% Arial, Helvetica, clean, sans-serif;}#yiv1186130173 #yiv1186130173ygrp-mlmsg pre, #yiv1186130173 code {font:115% monospace;}#yiv1186130173 #yiv1186130173ygrp-mlmsg * {line-height:1.22em;}#yiv1186130173 #yiv1186130173ygrp-mlmsg #yiv1186130173logo {padding-bottom:10px;}#yiv1186130173 #yiv1186130173ygrp-msg p a {font-family:Verdana;}#yiv1186130173 #yiv1186130173ygrp-msg p#yiv1186130173attach-count span {color:#1E66AE;font-weight:700;}#yiv1186130173 #yiv1186130173ygrp-reco #yiv1186130173reco-head {color:#ff7900;font-weight:700;}#yiv1186130173 #yiv1186130173ygrp-reco {margin-bottom:20px;padding:0px;}#yiv1186130173 #yiv1186130173ygrp-sponsor #yiv1186130173ov li a {font-size:130%;text-decoration:none;}#yiv1186130173 #yiv1186130173ygrp-sponsor #yiv1186130173ov li {font-size:77%;list-style-type:square;padding:6px 0;}#yiv1186130173 #yiv1186130173ygrp-sponsor #yiv1186130173ov ul {margin:0;padding:0 0 0 8px;}#yiv1186130173 #yiv1186130173ygrp-text {font-family:Georgia;}#yiv1186130173 #yiv1186130173ygrp-text p {margin:0 0 1em 0;}#yiv1186130173 #yiv1186130173ygrp-text tt {font-size:120%;}#yiv1186130173 #yiv1186130173ygrp-vital ul li:last-child {border-right:none !important;}#yiv1186130173
'option explicit'deklarasi Variabel/Object
'mempercepat proses dan meniadakan dialog
'setting range data
'menghapus sheet yang ada sebelumnya, selain sheet1
looping1
'membuat sheets baru dan menamaminya dengan Account Name
looping2 'mengisi sheets baru kolom1 dan kolom2
'menyesuaikan kolom (Autofit)
'memindahkan sheets baru setelah sheet yang ada
next looping1next looping2
'mengembalikan proses ke semula dan mengaktifkan dialog
Selamat mencoba.
Salam,HK
----- Forwarded Message -----
From: "hendrik karnadi hendrikkarnadi@yahoo.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Wednesday, 31 December 2014, 17:08
Subject: [belajar-excel] Fw: Latihan macro akhir tahun [2 Attachments]
Terlampir adalah file Excelnya (Data dan Hasil).
Salam,HK
----- Forwarded Message -----
From: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Wednesday, 31 December 2014, 11:53
Subject: Latihan macro akhir tahun
Dear Be-Excelers,
Tujuan dari macro tersebut adalah memisahkan data (transpose) ke masing sheet sesuai namanya.
Selamat mencoba...
Salam,HK
#yiv1186130173 #yiv1186130173 -- #yiv1186130173ygrp-
Tue Dec 30, 2014 11:30 pm (PST) . Posted by:
"abi solehudin" abisolehudin1183
Dear bapak dan ibu, selamat siang,
mohon bantuan untuk solusinya bagaimana menggabungkan data di dalam masing-masing sheet untuk kilometer dan No kendaraan,
sehingga data didalam sheet rekapitulasi untuk No kendaraan yang sama ter-rekap hanya satu dengan informasi kilometer di kolom tanggal (Sheet Rekapitulasi KM Mobil),
tujuannya untuk mengetahui berapa kilometer pengisian bbm di salah satu kendaraan ( setiap no kendaraan ) per harinya
atas bantuannya saya ucapkan terima kasih
--- Mods ---
File lampiran lebih dari 250KB dilepas dari email. Penanya diharapkan posting ulang file lampiran yang sesuai peraturan milis diusahakan max 250KB.
------------
Tue Dec 30, 2014 11:52 pm (PST) . Posted by:
"abi solehudin" abisolehudin1183
Mohon maaf, terlampir data yang saya tanyakan, mohon bantuan untuk solusinya bagaimana menggabungkan data di dalam masing-masing sheet untuk kilometer dan No kendaraan,sehingga data didalam sheet rekapitulasi untuk No kendaraan yang sama ter-rekap hanya satu dengan informasi kilometer di kolom tanggal (Sheet Rekapitulasi KM Mobil),tujuannya untuk mengetahui berapa kilometer pengisian bbm di salah satu kendaraan ( setiap no kendaraan ) per harinyaatas bantuannya saya ucapkan terima kasih
Pada Rabu, 31 Desember 2014 11:21, "abi solehudin abisolehudin1183@yahoo.co.id [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:
Dear bapak dan ibu, selamat siang,mohon bantuan untuk solusinya bagaimana menggabungkan data di dalam masing-masing sheet untuk kilometer dan No kendaraan,sehingga data didalam sheet rekapitulasi untuk No kendaraan yang sama ter-rekap hanya satu dengan informasi kilometer di kolom tanggal (Sheet Rekapitulasi KM Mobil),tujuannya untuk mengetahui berapa kilometer pengisian bbm di salah satu kendaraan ( setiap no kendaraan ) per harinyaatas bantuannya saya ucapkan terima kasih
--- Mods ---
File lampiran lebih dari 250KB dilepas dari email. Penanya diharapkan posting ulang file lampiran yang sesuai peraturan milis diusahakan max 250KB.
---------------
#yiv8361331970 #yiv8361331970 -- #yiv8361331970ygrp-mkp {border:1px solid #d8d8d8;font-family:Arial;margin:10px 0;padding:0 10px;}#yiv8361331970 #yiv8361331970ygrp-mkp hr {border:1px solid #d8d8d8;}#yiv8361331970 #yiv8361331970ygrp-mkp #yiv8361331970hd {color:#628c2a;font-size:85%;font-weight:700;line-height:122%;margin:10px 0;}#yiv8361331970 #yiv8361331970ygrp-mkp #yiv8361331970ads {margin-bottom:10px;}#yiv8361331970 #yiv8361331970ygrp-mkp .yiv8361331970ad {padding:0 0;}#yiv8361331970 #yiv8361331970ygrp-mkp .yiv8361331970ad p {margin:0;}#yiv8361331970 #yiv8361331970ygrp-mkp .yiv8361331970ad a {color:#0000ff;text-decoration:none;}#yiv8361331970 #yiv8361331970ygrp-sponsor #yiv8361331970ygrp-lc {font-family:Arial;}#yiv8361331970 #yiv8361331970ygrp-sponsor #yiv8361331970ygrp-lc #yiv8361331970hd {margin:10px 0px;font-weight:700;font-size:78%;line-height:122%;}#yiv8361331970 #yiv8361331970ygrp-sponsor #yiv8361331970ygrp-lc .yiv8361331970ad {margin-bottom:10px;padding:0 0;}#yiv8361331970 #yiv8361331970actions {font-family:Verdana;font-size:11px;padding:10px 0;}#yiv8361331970 #yiv8361331970activity {background-color:#e0ecee;float:left;font-family:Verdana;font-size:10px;padding:10px;}#yiv8361331970 #yiv8361331970activity span {font-weight:700;}#yiv8361331970 #yiv8361331970activity span:first-child {text-transform:uppercase;}#yiv8361331970 #yiv8361331970activity span a {color:#5085b6;text-decoration:none;}#yiv8361331970 #yiv8361331970activity span span {color:#ff7900;}#yiv8361331970 #yiv8361331970activity span .yiv8361331970underline {text-decoration:underline;}#yiv8361331970 .yiv8361331970attach {clear:both;display:table;font-family:Arial;font-size:12px;padding:10px 0;width:400px;}#yiv8361331970 .yiv8361331970attach div a {text-decoration:none;}#yiv8361331970 .yiv8361331970attach img {border:none;padding-right:5px;}#yiv8361331970 .yiv8361331970attach label {display:block;margin-bottom:5px;}#yiv8361331970 .yiv8361331970attach label a {text-decoration:none;}#yiv8361331970 blockquote {margin:0 0 0 4px;}#yiv8361331970 .yiv8361331970bold {font-family:Arial;font-size:13px;font-weight:700;}#yiv8361331970 .yiv8361331970bold a {text-decoration:none;}#yiv8361331970 dd.yiv8361331970last p a {font-family:Verdana;font-weight:700;}#yiv8361331970 dd.yiv8361331970last p span {margin-right:10px;font-family:Verdana;font-weight:700;}#yiv8361331970 dd.yiv8361331970last p span.yiv8361331970yshortcuts {margin-right:0;}#yiv8361331970 div.yiv8361331970attach-table div div a {text-decoration:none;}#yiv8361331970 div.yiv8361331970attach-table {width:400px;}#yiv8361331970 div.yiv8361331970file-title a, #yiv8361331970 div.yiv8361331970file-title a:active, #yiv8361331970 div.yiv8361331970file-title a:hover, #yiv8361331970 div.yiv8361331970file-title a:visited {text-decoration:none;}#yiv8361331970 div.yiv8361331970photo-title a, #yiv8361331970 div.yiv8361331970photo-title a:active, #yiv8361331970 div.yiv8361331970photo-title a:hover, #yiv8361331970 div.yiv8361331970photo-title a:visited {text-decoration:none;}#yiv8361331970 div#yiv8361331970ygrp-mlmsg #yiv8361331970ygrp-msg p a span.yiv8361331970yshortcuts {font-family:Verdana;font-size:10px;font-weight:normal;}#yiv8361331970 .yiv8361331970green {color:#628c2a;}#yiv8361331970 .yiv8361331970MsoNormal {margin:0 0 0 0;}#yiv8361331970 o {font-size:0;}#yiv8361331970 #yiv8361331970photos div {float:left;width:72px;}#yiv8361331970 #yiv8361331970photos div div {border:1px solid #666666;height:62px;overflow:hidden;width:62px;}#yiv8361331970 #yiv8361331970photos div label {color:#666666;font-size:10px;overflow:hidden;text-align:center;white-space:nowrap;width:64px;}#yiv8361331970 #yiv8361331970reco-category {font-size:77%;}#yiv8361331970 #yiv8361331970reco-desc {font-size:77%;}#yiv8361331970 .yiv8361331970replbq {margin:4px;}#yiv8361331970 #yiv8361331970ygrp-actbar div a:first-child {margin-right:2px;padding-right:5px;}#yiv8361331970 #yiv8361331970ygrp-mlmsg {font-size:13px;font-family:Arial, helvetica, clean, sans-serif;}#yiv8361331970 #yiv8361331970ygrp-mlmsg table {font-size:inherit;font:100%;}#yiv8361331970 #yiv8361331970ygrp-mlmsg select, #yiv8361331970 input, #yiv8361331970 textarea {font:99% Arial, Helvetica, clean, sans-serif;}#yiv8361331970 #yiv8361331970ygrp-mlmsg pre, #yiv8361331970 code {font:115% monospace;}#yiv8361331970 #yiv8361331970ygrp-mlmsg * {line-height:1.22em;}#yiv8361331970 #yiv8361331970ygrp-mlmsg #yiv8361331970logo {padding-bottom:10px;}#yiv8361331970 #yiv8361331970ygrp-msg p a {font-family:Verdana;}#yiv8361331970 #yiv8361331970ygrp-msg p#yiv8361331970attach-count span {color:#1E66AE;font-weight:700;}#yiv8361331970 #yiv8361331970ygrp-reco #yiv8361331970reco-head {color:#ff7900;font-weight:700;}#yiv8361331970 #yiv8361331970ygrp-reco {margin-bottom:20px;padding:0px;}#yiv8361331970 #yiv8361331970ygrp-sponsor #yiv8361331970ov li a {font-size:130%;text-decoration:none;}#yiv8361331970 #yiv8361331970ygrp-sponsor #yiv8361331970ov li {font-size:77%;list-style-type:square;padding:6px 0;}#yiv8361331970 #yiv8361331970ygrp-sponsor #yiv8361331970ov ul {margin:0;padding:0 0 0 8px;}#yiv8361331970 #yiv8361331970ygrp-text {font-family:Georgia;}#yiv8361331970 #yiv8361331970ygrp-text p {margin:0 0 1em 0;}#yiv8361331970 #yiv8361331970ygrp-text tt {font-size:120%;}#yiv8361331970 #yiv8361331970ygrp-vital ul li:last-child {border-right:none !important;}#yiv8361331970
Pada Rabu, 31 Desember 2014 11:21, "abi solehudin abisolehudin1183@yahoo.co.id [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:
Dear bapak dan ibu, selamat siang,mohon bantuan untuk solusinya bagaimana menggabungkan data di dalam masing-masing sheet untuk kilometer dan No kendaraan,sehingga data didalam sheet rekapitulasi untuk No kendaraan yang sama ter-rekap hanya satu dengan informasi kilometer di kolom tanggal (Sheet Rekapitulasi KM Mobil),tujuannya untuk mengetahui berapa kilometer pengisian bbm di salah satu kendaraan ( setiap no kendaraan ) per harinyaatas bantuannya saya ucapkan terima kasih
--- Mods ---
File lampiran lebih dari 250KB dilepas dari email. Penanya diharapkan posting ulang file lampiran yang sesuai peraturan milis diusahakan max 250KB.
------------
#yiv8361331970 #yiv8361331970 -- #yiv8361331970ygrp-
============================================================
Pojok Lowongan Kerja yang disediakan milis :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/Pojok-Lowongan-Kerja-f5725753.html
*** Posting lowongan kerja : ke link tersebut dan klik New Topic
============================================================
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke: belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke: belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis : http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran : http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di : http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe), kirim mail kosong ke : belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
Pojok Lowongan Kerja yang disediakan milis :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/Pojok-Lowongan-Kerja-f5725753.html
*** Posting lowongan kerja : ke link tersebut dan klik New Topic
============================================================
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke: belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke: belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis : http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran : http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di : http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe), kirim mail kosong ke : belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
Tidak ada komentar:
Posting Komentar