Rabu, 16 Mei 2018

[belajar-excel] Digest Number 4500

7 Messages

Digest #4500
1a
3a
Re: MS Excel sering hang by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
3b
Re: MS Excel sering hang by "-uhr-" uharyanto@ymail.com
4
Pivot and Excel Formulaes by "Tri Herdianto"

Messages

Tue May 15, 2018 10:49 pm (PDT) . Posted by:

"Dede Sulaeman"

Dear Mr HK, Mr Ade and Mr Kid

Terima kasih atas pencerahannya.

Salam,

DD

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
Sent: Tuesday, May 15, 2018 4:55 AM
To: BeExcel
Subject: Re: [belajar-excel] lookup dari Multiple tabel

Wa'alaikumussalam wr wb

Hai DD,

Sederhananya begini : (yang diproses berurutan [perkalian atau pembagian] lalu [penjumlahan atau pengurangan]) -> prinsip dasar matematika

5+1*0 = 5

(5+1)*0=0

5+(1*0)=5

(5+1*0)=5

Formula :

2+2*RIGHT(F3)

dengan RIGHT(F3) menghasilkan nilai bilangan asli seperti 1,2,3,dan sebagainya

formula di atas untuk mendapatkan angka kelipatan 2 mulai dari 4 karena right(f3) mulai dari 1.

formula di atas sama dengan formula :

2 * ( 1 + right(f3) )

Wassalamu'alaikum wr wb

Kid

2018-05-14 10:27 GMT+07:00 'Dede Sulaeman' pmaho_ss9@pinusmerahabadi..co.id <mailto:pmaho_ss9@pinusmerahabadi.co.id> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

Assalamu'alaikum Mr. Kid

Mohon penjelasan formula yang saya beri highlight "=VLOOKUP(C3,'Data Ke samping '!$C$3:$J$13,2+2*RIGHT(F3),0)"

Kenapa nggak 4*right(F3), hehehe…...

Salam,

DD

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
Sent: Friday, May 11, 2018 7:24 PM
To: BeExcel
Subject: Re: [belajar-excel] lookup dari Multiple tabel

Wa'alaikumussalam wr wb

Urutannya ke kanannya tetap (mulai dari 1,2,3,dst)

Cells hasil :
=VLOOKUP(C3,'Data Ke samping '!$C$3:$J$13,2+2*RIGHT(F3),0)

Wassalamu'alaikum wr wb

Kid

2018-05-11 17:58 GMT+07:00 Xiaohu Wang wang.xiaohu@ymail.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

Assalamulaikum

Dear All, rekan2 Belajar excel dan para mastah excel

Mohon bantuanya utk mem Vlookup dari sheet atau sumber data dengan penyajian ke samping di harapkan dapat di lookup secara vertikal

sample case saya lampirkan di attachment

data yg akan di ambil

Jadikan gambar sebaris

tabel dari sheet yg berbeda dengan kolom warna orange sebagai kolom target utk di entry secara formula

Jadikan gambar sebaris

Wasalam
Br

Emye

Wed May 16, 2018 12:34 am (PDT) . Posted by:

"Berni Karanza" karanza.berni

Dear Mr.Kid

Terimakasih banyak atas bantuannya, untuk format data dan tabel itu didapat
dari hasil export report dari online database
, saya juga kadang cukup kerepotan untuk mengolah lebih lanjut karena
perbedaan format tersebut, mungkin ada tips?

kemudian, kalo boleh tau terus terang saya masih kurang paham untuk logika
formula ini, bisa bantu dijelaskan sebagai
bahan pembelajaran


Sekali lagi terima kasih atas bantuannya,

Salam,

Berni

2018-05-15 16:54 GMT+07:00 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Hai Berni,
>
> Alangkah lebih mudah menyusun formula jika tidak ada cells yang di-merge
> di dalam data..
> Alangkah lebih sederhana formulanya jika tipe data setiap kolom adalah
> sama dan sesuai dengan karakteristik nilai datanya.
>
> File terlampir dengan beberapa kolom bantu.
>
> Regards,
> Kid
>
>
>
> 2018-05-15 14:39 GMT+07:00 Berni Karanza karanza.berni@gmail.com
> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>>
>>
>> Dear rekan-rekan,
>>
>> Mohon bantuannya untuk case berikut, bagaimana caranya dapat melakukan
>> konversi data dari *tab:Estimasi RFU ke *dalam format* tab: Detail**, *sesuai
>> dengan penjelasan, terus terang saya kesulitan ketika harus
>> mengkombinasikan kriteria data dan range waktu tertentu, sehingga dapat
>> ditentukan no unit mana saja, di tanggal apa saja, dan di jam berapa saja
>> terjadi "breakdown&quot;.
>> ​Ditunggu feed back nya, atas bantuannya, terima kasih.
>>
>> Salam,
>>
>> Berni
>>
>>
>
>

Wed May 16, 2018 2:52 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Berni,

-- itu setara dengan 1*
sebuah nilai bertipe teks berisi angka bisa dikonversi (implicit
conversion) menjadi bertipe numerik dengan melakukan proses komputasi
matematis (* / + - ^)

iferror -> fungsi untuk trap error. jika hasilnya suatu proses error, maka
diambil nilai tertentu yang lain
iferror( proses , nilai_lain )

di Excel
false setara dengan nilai 0
true setara dengan nilai 1
Jadi, 1 + (5=5) adalah 2 karena (5=5) bernilai true yang setara 1

di Excel
bilangan 0 setara false
bilangan selain 0 setara true
Jadi, IF( 17 , "Kid" , "BeExcel" ) akan menghasilkan teks berbunyi 'Kid'
karena 17 setara TRUE

serial datetime
waktu dinyatakan sebagai angka antara 0 dan 1
artinya 1 adalah 1 hari alias 24 jam
hari ini tanggal 16
hari ini ditambah 1 hari jadi tanggal 17
hari ini ditambah 0.5 hari [12 jam bukan ?] jadi tanggal 16 jam 12:00:00

rentang waktu
Kalau ada waktu :
** mulai jam 14:00:00
** selesai jam 03:00:00
itu kan kalau mau ditulis detil harusnya :
Mulai : hari 0 jam 14:00:00
Selesai : hari 1 jam 03:00:00

Tapi pengguna Excel jarang sekali yang menyimpan data selesai beserta
harinya bukan ? (ih pada terlalu deh)
Maka jadi ruwetlah formula menghitung durasi antara mulai sampai selesai
seperti di atas, karena sudah beda hari.
Ruwetnya, nilai yang hanya jam doang 03:00:00 perlu ditambah 1 dulu baru
bisa dikurangi dengan jam mulai 14:00:00 (gak usah pakai o yang panjang
gitu deh...)
Kan gak semua data nilai selesainya ada di hari berikutnya... Jadi butuh IF
IF( selesai < mulai , +1 hari , +0 hari )
dengan karakteristik TRUE atau FALSE di Excel yang setara 1 atau 0, jadilah
:
(selesai < mulai)

Begitu ya...

Regards,
Kid

2018-05-16 13:10 GMT+07:00 Berni Karanza karanza.berni@gmail.com
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Dear Mr.Kid
>
> Terimakasih banyak atas bantuannya, untuk format data dan tabel itu
> didapat dari hasil export report dari online database
> , saya juga kadang cukup kerepotan untuk mengolah lebih lanjut karena
> perbedaan format tersebut, mungkin ada tips?
>
> kemudian, kalo boleh tau terus terang saya masih kurang paham untuk
> logika formula ini, bisa bantu dijelaskan sebagai
> bahan pembelajaran
>
>
> ​
> Sekali lagi terima kasih atas bantuannya,
>
> Salam,
>
> Berni
>
> 2018-05-15 16:54 GMT+07:00 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel] <
> belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>>
>>
>> Hai Berni,
>>
>> Alangkah lebih mudah menyusun formula jika tidak ada cells yang di-merge
>> di dalam data.
>> Alangkah lebih sederhana formulanya jika tipe data setiap kolom adalah
>> sama dan sesuai dengan karakteristik nilai datanya..
>>
>> File terlampir dengan beberapa kolom bantu.
>>
>> Regards,
>> Kid
>>
>>
>>
>> 2018-05-15 14:39 GMT+07:00 Berni Karanza karanza.berni@gmail.com
>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>>
>>>
>>>
>>> Dear rekan-rekan,
>>>
>>> Mohon bantuannya untuk case berikut, bagaimana caranya dapat melakukan
>>> konversi data dari *tab:Estimasi RFU ke *dalam format* tab: Detail**, *sesuai
>>> dengan penjelasan, terus terang saya kesulitan ketika harus
>>> mengkombinasikan kriteria data dan range waktu tertentu, sehingga dapat
>>> ditentukan no unit mana saja, di tanggal apa saja, dan di jam berapa saja
>>> terjadi "breakdown&quot;.
>>> ​Ditunggu feed back nya, atas bantuannya, terima kasih..
>>>
>>> Salam,
>>>
>>> Berni
>>>
>>>
>>
>
>

Wed May 16, 2018 10:33 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai uharyanto,

> Dari sisi per workbook (per file xls*)
Biasanya, sebuah workbook yang berisi sangat banyak image maupun shapes
akan mengalami hal ini.
Banyaknya Styles (lihat di ribbon Home -> Styles) juga akan mengalami hal
ini.
Banyak sekali cells berfomula tidaklah terlalu menjadi penyebab, kecuali
banyak sekali cells berisi formula dengan fungsi yang bersifat volatile
seperti Now, Today, Rand, RandBetween, Offset, Indirect.
Terkadang, VBA berisi event tertentu memicu proses yang tak terduga akibat
kegiatan user, sehingga menimbulkan gejala demikian juga.
Excel data connection hasil fitur Get External Data yang diset auto refresh
dengan durasi pendek (satuan defaultnya adalah menit) sekitar 1 atau 2
menit, juga akan menampakkan gejala demikian.

> Dari sisi per Excel Instance (amati dengan Windows Task Manager)
Sebuah Excel Instance (maksimal menggunakan 2GB RAM pada office 32 bit, dan
4GB RAM pada office 64 bit) juga akan mulai menampakkan gejala tersebut
ketika :
1. RAM yang digunakan sebuah Excel Instance mendekati maksimal RAM yang
diijinkan untuk Excel.
2. RAM komputer yang tersedia tidak mencukupi untuk Excel Instance mencapai
jumlah maksimal RAM yang diijinkan.

Sebuah Excel Instance akan sangat cepat mencapai batas maksimal RAM yang
diijinkan jika terlalu banyak workbook yang dibuka pada Excel Instance
tersebut.
Contoh seperti pada gambar-gambar berikut :
(pada komputer dengan RAM 16GB, Excel 32 bit [max RAM untuk Excel 32 bit
adalah 2GB], setiap file xlsx dalam gambar memiliki size 81MB saja)
> Sebuah Excel Instance digunakan bersama oleh 4 workbook (4 bijik file
xls*)

​ *** Catatan :
1. Walau komputer punya 16GB RAM, Excel 32 bit maksimal hanya
bisa menggunakan 2GB RAM.
2. Pada gambar, 2GB RAM untuk sebuah Excel Instance tersebut
digunakan bersama oleh 4 (empat workbook) [tidak peduli masing-masing
workbook butuh RAM berapa, totalnya sampai 1.7GB]
3. Artinya, jika ada proses di sebuah workbook (misal workbook
bernama File_101.xlsx), maka proses tersebut hanya punya ruang kerja seluas
0.3GB (2GB max - 1.7GB terpakai)
4. Jika proses tersebut sangat padat kerja (misal kalkulasi
formula yang membutuhkan ruang penyimpanan hasil sementara di RAM), maka
kerja Excel akan terbatasi karena hanya bisa pakai 0.3GB
5. Akhirnya, Excel akan tampak freeze karena sibuk menata
antrian formula yang mana dulu yang akan diproses.
6. Proses refresh data connection pun akan butuh ruang RAM juga

> Tiga buah Excel Instances, dengan masing-masing intance berisi sebuah
workbook saja :

​ *** Catatan :
1. Komputer punya 16GB RAM, dan setiap Excel Instance mendapat
jatah 2GB RAM maksimal.
2. Artinya, untuk 3 file Excel yang dibuka (File_101.xlsx,
File_102.xlsx, FIle_103.xlsx) yang setiap file nya berada di Excel Instance
berbeda, akan mampu memanfaatkan RAM komputer maksimal 6GB
> Excel Instance berisi File_101.xlsx bisa maksimal 2GB
> Excel Instance berisi File_102.xlsx bisa maksimal 2GB
> Excel Instance berisi File_103.xlsx bisa maksimal 2GB
3. Proses pada File_101.xlsx bisa dilakukan dengan leluasa oleh
Excel, karena masih ada sisa RAM menganggur seluas 1.5GB pada Excel
Instance yang dipakai oleh File_101.xlsx

Jadi,
File workbook berisi apapun, jika bisa menata dengan baik, seperti :
> tidak terlalu banyak Styles, shapes, image yang tidak penting,
> cells berformula tidak terlalu banyak atau tidak terlalu kompleks dan
banyak yang universal,
> penataan cells yang efisien dan relatif berkaidah tabel database
> data hasil koneksi melalui get external data yang disimpan dalam file
tidak disertai formula
> dan sebagainya
maka Excel bisa bekerja dengan lancar tanpa menampakkan gejala freeze.

Contoh :

​ *** Catatan :
1. Workbook _preview01_LBU.xlsx berisi hasil koneksi data
dari database yang ditampilkan langsung sebagai Excel Pivot Table (bukan
Power Pivot)
2. Pivot cache menyimpan data yang diambil dari database
(sekitar 15 juta records tapi hanya 6 kolom numerik),
3. ketika disimpan (save), file xlsx akan sebesar 150MB
tapi ketika di-load (dibuka), hanya butuh RAM 64MB
4. Ketika dibuka hanya butuh 64MB karena pivot table
hanya menampikan summary beberapa item saja.
Data dalam pivot cache entah bagaimana cara si Excel
mengkompresinya, bisa cukup kecil.
* Mungkin juga disebabkan nilai data yang berisi tipe
datetime dan numerik saja tanpa formula atau named range apapun.*
Sedangkan File_101.xlsx berisi data teks dan numerik
dengan cells berformula yang sangat banyak.
5. Jadi, memproses 15 juta records bisa dengan leluasa
tanpa freeze...
6. Andai data tidak disimpan dalam file, ukuran file
_preview01_LBU.xlsx hanya akan menjadi 200KB karena hanya berisi tampilan
pivot table berisi beberapa baris,
tapi butuh refresh data untuk bisa mengubah layout
pivot table (tidak cocok untuk dibawa dinas luar kota, tetapi sangat cocok
untuk kegiatan internal yang selalu online).

*** Andai pakai power pivot, ceritanya jadi berbeda,
yaitu :
RAM yang dibutuhkan untuk membuka file akan lebih
kecil, sekitar 40MB kurang dikit.
File size ketika workbook ditutup pun akan menjadi
kurang dari 50MB.
Jadi akan lebih cepat dibuka dan dapat digunakan
dengan nyaman oleh user.
Kalau ini, memang spesialisasi si power pivot. Sangat
compact dalam menata data dan mampu memanfaatkan RAM dengan baik.
Apapun kekurangan Power Pivot, tetap saja hal seperti
ini patut diapresiasi dan bisa menjadi bahan pertimbangan untuk
memanfaatkannya.

;)
Satu kesulitan (tantangan) akan hadir bersama minimal 2 (dua) kemudahan
(solusi).

Regards,
Kid

2018-05-16 8:56 GMT+07:00 -uhr- uharyanto@gmail.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Dear All,
>
> Saya pengguna ms office pro plus 2016 dengan OS windows 10, pada saat
> saya membuka file excel cukup banyak dan besar maka excel saya
> langsung freeze atau hang gak bisa di click apapun harus di close dulu
> baru bisa sembuh, saat ini saya menggunakan excel untuk edit data
> yang di download dari database mysql dan program "x" data yang di
> download tersebut biasanya dalam bentuk csv file.
>
> Mohon bantuan atas permasalahan diatas, sebelum dan sesudahnya terima
> kasih.
>
> Salam,
>
> uharyanto
>
>

Wed May 16, 2018 9:31 pm (PDT) . Posted by:

"-uhr-" uharyanto@ymail.com

Dear Mr. Kid

Sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih atas penjelasannya yang panjang
lebar, berikut adalah tanggapan kami dari point :

Kami dapat pastikan data yang kami olah terhindar dari point point diatas.

dan setelah kami amati sesuai point ini : > Sebuah Excel Instance digunakan
bersama oleh 4 workbook (4 bijik file xls*)

ternyata benar kami sering membuka file terkadang sampai lebih dari 5 file
dan menjadi satu buah Excel Instances file seperti contoh ini :

Pertanyaan saya bagaimana agar file tersebut bisa di buka menjadi beberapa
Excel Instances file ?

Demikian disampaikan, terima kasih.

Salam,

uharyanto

Pada 17 Mei 2018 01.33, 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:

>
>
> Hai uharyanto,
>
> > Dari sisi per workbook (per file xls*)
> Biasanya, sebuah workbook yang berisi sangat banyak image maupun shapes
> akan mengalami hal ini.
> Banyaknya Styles (lihat di ribbon Home -> Styles) juga akan mengalami hal
> ini.
> Banyak sekali cells berfomula tidaklah terlalu menjadi penyebab, kecuali
> banyak sekali cells berisi formula dengan fungsi yang bersifat volatile
> seperti Now, Today, Rand, RandBetween, Offset, Indirect.
> Terkadang, VBA berisi event tertentu memicu proses yang tak terduga akibat
> kegiatan user, sehingga menimbulkan gejala demikian juga.
> Excel data connection hasil fitur Get External Data yang diset auto
> refresh dengan durasi pendek (satuan defaultnya adalah menit) sekitar 1
> atau 2 menit, juga akan menampakkan gejala demikian.
>
> > Dari sisi per Excel Instance (amati dengan Windows Task Manager)
> Sebuah Excel Instance (maksimal menggunakan 2GB RAM pada office 32 bit,
> dan 4GB RAM pada office 64 bit) juga akan mulai menampakkan gejala tersebut
> ketika :
> 1. RAM yang digunakan sebuah Excel Instance mendekati maksimal RAM yang
> diijinkan untuk Excel.
> 2. RAM komputer yang tersedia tidak mencukupi untuk Excel Instance
> mencapai jumlah maksimal RAM yang diijinkan.
>
> Sebuah Excel Instance akan sangat cepat mencapai batas maksimal RAM yang
> diijinkan jika terlalu banyak workbook yang dibuka pada Excel Instance
> tersebut.
> Contoh seperti pada gambar-gambar berikut :
> (pada komputer dengan RAM 16GB, Excel 32 bit [max RAM untuk Excel 32 bit
> adalah 2GB], setiap file xlsx dalam gambar memiliki size 81MB saja)
> > Sebuah Excel Instance digunakan bersama oleh 4 workbook (4 bijik file
> xls*)
>
> ​ *** Catatan :
> 1.. Walau komputer punya 16GB RAM, Excel 32 bit maksimal hanya
> bisa menggunakan 2GB RAM.
> 2. Pada gambar, 2GB RAM untuk sebuah Excel Instance tersebut
> digunakan bersama oleh 4 (empat workbook) [tidak peduli masing-masing
> workbook butuh RAM berapa, totalnya sampai 1.7GB]
> 3. Artinya, jika ada proses di sebuah workbook (misal workbook
> bernama File_101.xlsx), maka proses tersebut hanya punya ruang kerja seluas
> 0.3GB (2GB max - 1.7GB terpakai)
> 4. Jika proses tersebut sangat padat kerja (misal kalkulasi
> formula yang membutuhkan ruang penyimpanan hasil sementara di RAM), maka
> kerja Excel akan terbatasi karena hanya bisa pakai 0.3GB
> 5. Akhirnya, Excel akan tampak freeze karena sibuk menata
> antrian formula yang mana dulu yang akan diproses.
> 6. Proses refresh data connection pun akan butuh ruang RAM juga
>
> > Tiga buah Excel Instances, dengan masing-masing intance berisi sebuah
> workbook saja :
>
> ​ *** Catatan :
> 1. Komputer punya 16GB RAM, dan setiap Excel Instance mendapat
> jatah 2GB RAM maksimal.
> 2. Artinya, untuk 3 file Excel yang dibuka (File_101.xlsx,
> File_102.xlsx, FIle_103.xlsx) yang setiap file nya berada di Excel Instance
> berbeda, akan mampu memanfaatkan RAM komputer maksimal 6GB
> > Excel Instance berisi File_101.xlsx bisa maksimal 2GB
> > Excel Instance berisi File_102.xlsx bisa maksimal 2GB
> > Excel Instance berisi File_103.xlsx bisa maksimal 2GB
> 3. Proses pada File_101.xlsx bisa dilakukan dengan leluasa oleh
> Excel, karena masih ada sisa RAM menganggur seluas 1.5GB pada Excel
> Instance yang dipakai oleh File_101.xlsx
>
> Jadi,
> File workbook berisi apapun, jika bisa menata dengan baik, seperti :
> > tidak terlalu banyak Styles, shapes, image yang tidak penting,
> > cells berformula tidak terlalu banyak atau tidak terlalu kompleks dan
> banyak yang universal,
> > penataan cells yang efisien dan relatif berkaidah tabel database
> > data hasil koneksi melalui get external data yang disimpan dalam file
> tidak disertai formula
> > dan sebagainya
> maka Excel bisa bekerja dengan lancar tanpa menampakkan gejala freeze.
>
> Contoh :
>
> ​ *** Catatan :
> 1. Workbook _preview01_LBU.xlsx berisi hasil koneksi
> data dari database yang ditampilkan langsung sebagai Excel Pivot Table
> (bukan Power Pivot)
> 2. Pivot cache menyimpan data yang diambil dari database
> (sekitar 15 juta records tapi hanya 6 kolom numerik),
> 3. ketika disimpan (save), file xlsx akan sebesar 150MB
> tapi ketika di-load (dibuka), hanya butuh RAM 64MB
> 4. Ketika dibuka hanya butuh 64MB karena pivot table
> hanya menampikan summary beberapa item saja.
> Data dalam pivot cache entah bagaimana cara si Excel
> mengkompresinya, bisa cukup kecil.
> * Mungkin juga disebabkan nilai data yang berisi tipe
> datetime dan numerik saja tanpa formula atau named range apapun.*
> Sedangkan File_101.xlsx berisi data teks dan numerik
> dengan cells berformula yang sangat banyak.
> 5. Jadi, memproses 15 juta records bisa dengan leluasa
> tanpa freeze...
> 6. Andai data tidak disimpan dalam file, ukuran file
> _preview01_LBU.xlsx hanya akan menjadi 200KB karena hanya berisi tampilan
> pivot table berisi beberapa baris,
> tapi butuh refresh data untuk bisa mengubah layout
> pivot table (tidak cocok untuk dibawa dinas luar kota, tetapi sangat cocok
> untuk kegiatan internal yang selalu online).
>
> *** Andai pakai power pivot, ceritanya jadi berbeda,
> yaitu :
> RAM yang dibutuhkan untuk membuka file akan lebih
> kecil, sekitar 40MB kurang dikit.
> File size ketika workbook ditutup pun akan menjadi
> kurang dari 50MB.
> Jadi akan lebih cepat dibuka dan dapat digunakan
> dengan nyaman oleh user.
> Kalau ini, memang spesialisasi si power pivot.
> Sangat compact dalam menata data dan mampu memanfaatkan RAM dengan baik.
> Apapun kekurangan Power Pivot, tetap saja hal
> seperti ini patut diapresiasi dan bisa menjadi bahan pertimbangan untuk
> memanfaatkannya.
>
> ;)
> Satu kesulitan (tantangan) akan hadir bersama minimal 2 (dua) kemudahan
> (solusi).
>
> Regards,
> Kid
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
> 2018-05-16 8:56 GMT+07:00 -uhr- uharyanto@gmail.com [belajar-excel] <
> belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>>
>>
>> Dear All,
>>
>> Saya pengguna ms office pro plus 2016 dengan OS windows 10, pada saat
>> saya membuka file excel cukup banyak dan besar maka excel saya
>> langsung freeze atau hang gak bisa di click apapun harus di close dulu
>> baru bisa sembuh, saat ini saya menggunakan excel untuk edit data
>> yang di download dari database mysql dan program "x" data yang di
>> download tersebut biasanya dalam bentuk csv file.
>>
>> Mohon bantuan atas permasalahan diatas, sebelum dan sesudahnya terima
>> kasih..
>>
>> Salam,
>>
>> uharyanto
>>
>
>
>

--
Salam,
-uhr-

Wed May 16, 2018 9:45 pm (PDT) . Posted by:

"Tri Herdianto"

Selamat Pagi Expert 🙏🏻,

Terima kasih telah menerima saya menjadi anggota group ini.
Ada pertanyaan bagi para expert.
1. Kita tahu Pivot itu mempunyai data source yang banyak (dlm case saya banyak Unit Bisnis), namun setelah saya olah Report Layoutnya sekarang saya ingin share ke individual unit saja (Unit A tidak akan bisa lihat Unit lain), apakah Pivot bisa mengakomodir permohonan saya?

2. Untuk mempermudah reporting saya menggunakan : Vlookup, Hlookup, dan SumIf.
Komputer saya i7, capacity file dibawah 20mb, tapi ketika dibuka dan mengupdate, speed sangat melambat signifikan, bahkan ketika merubah satu line saja. Mohon pemahaman ttg hal ini, apakah ada jalan lain saya bisa lakukan utk simplify the process of complicated data 🙏🏻.

3. Kembali ke pivot, bisakah saya buat formula atau rumus ratio spt contoh :
- Entertainment exp/revenue
- Direct Cost/revenue
- etc

4. Bolehkah dibantu rumus achievement seperti :
a. REVENUE :
Actual : -175
Budget : 320
Achievement ?

b. COST/ EXPENSE (note : expense menggunakan sign - (negatif)):
Actual : -175
Budget : -320
Achievement ?

Actual : 175
Budget : -320
Achievement ?

Actual : -400
Budget : -320
Achievement ?

Actual : 400
Budget : -320
Achievement ?

c. Profit

Actual : -180
Budget : -340
Achievement ?

Actual : 180
Budget : -340
Achievement ?

Actual : -440
Budget : -340
Achievement ?

Actual : 440
Budget : -340
Achievement ?

Terima kasih atas kebaikan para Experts 🙏🏻🙏🏻.

Salam,
Tri
Sent from my iPhone

Wed May 16, 2018 9:46 pm (PDT) . Posted by:

"adrian piter" petcures2003

Selamat siang.

Sebelumnya saya ucapkan selamat menunaikan ibadah puasa bagi yang menjalankannya.
    semoga diberikan kelancaran dan keberkahan.

mohon bantuan solusi para master excel untuk masalah saya
 1. saya mau membuat hasil olah data dengan formula VLOOKUP
 2. Karena data yang akan diolah sangat banyak maka data dibagi ke 2 sheet
yang mau saya tanyakan bagaimanakah formula VLOOKUP nya dengan sumber data yang terpisah tersebut?
Terima kasih atas bantuannya.

Salam.
============================================================
Pojok Lowongan Kerja yang disediakan milis :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/Pojok-Lowongan-Kerja-f5725753.html
*** Posting lowongan kerja : ke link tersebut dan klik New Topic
============================================================
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke: belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke: belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis : http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran : http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di : http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe), kirim mail kosong ke : belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar