Kamis, 17 Mei 2018

[belajar-excel] Digest Number 4501

7 Messages

Digest #4501
2a
Re: MS Excel sering hang by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
3a
Re: Pivot and Excel Formulaes by "hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Messages

Wed May 16, 2018 11:34 pm (PDT) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Hai Adrian,Karena tidak ada contoh (dummy) filenya, terpaksa dijawab dengan, andaikan:- Datanya mempunyai kolom2 yang sama- Anda menggunakan Excel 2010 ke atas (sudah mempunyai/install AddIns Power Query) maka gunakan Power Query untuk menggabungkan sheet2 tersebut.Reportnya dibuat dengan menggunakan Pivot dan Filternya pakai Slicer (ga perlu VLookup lagi).
Salam,HK

On Thursday, 17 May 2018, 11:46:44 AM GMT+7, adrian piter petcures2003@yahoo.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:

 

Selamat siang.

Sebelumnya saya ucapkan selamat menunaikan ibadah puasa bagi yang menjalankannya.
    semoga diberikan kelancaran dan keberkahan.

mohon bantuan solusi para master excel untuk masalah saya
 1. saya mau membuat hasil olah data dengan formula VLOOKUP
 2. Karena data yang akan diolah sangat banyak maka data dibagi ke 2 sheet
yang mau saya tanyakan bagaimanakah formula VLOOKUP nya dengan sumber data yang terpisah tersebut?
Terima kasih atas bantuannya.

Salam.

Wed May 16, 2018 11:45 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Begini :
=IFError( vlookup_ke_sheet1 , vlookup_ke_sheet2 )

Regards,
Kid

2018-05-17 9:58 GMT+07:00 adrian piter petcures2003@yahoo.com
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Selamat siang.
>
> Sebelumnya saya ucapkan selamat menunaikan ibadah puasa bagi yang
> menjalankannya.
> semoga diberikan kelancaran dan keberkahan.
>
> mohon bantuan solusi para master excel untuk masalah saya
> 1. saya mau membuat hasil olah data dengan formula VLOOKUP
> 2. Karena data yang akan diolah sangat banyak maka data dibagi ke 2 sheet
> yang mau saya tanyakan bagaimanakah formula VLOOKUP nya dengan sumber data
> yang terpisah tersebut?
> Terima kasih atas bantuannya.
>
> Salam.
>
>
>

Thu May 17, 2018 1:18 am (PDT) . Posted by:

"adrian piter" petcures2003

Terima kasih banyak Mr KId dan Hendrik Karnadi atas Solusinya...


On Thursday, May 17, 2018, 1:45:30 PM GMT+7, 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:

 

Begini :=IFError( vlookup_ke_sheet1 , vlookup_ke_sheet2 )
Regards,Kid

2018-05-17 9:58 GMT+07:00 adrian piter petcures2003@yahoo.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

 

Selamat siang.

Sebelumnya saya ucapkan selamat menunaikan ibadah puasa bagi yang menjalankannya.
    semoga diberikan kelancaran dan keberkahan.

mohon bantuan solusi para master excel untuk masalah saya
 1. saya mau membuat hasil olah data dengan formula VLOOKUP
 2. Karena data yang akan diolah sangat banyak maka data dibagi ke 2 sheet
yang mau saya tanyakan bagaimanakah formula VLOOKUP nya dengan sumber data yang terpisah tersebut?
Terima kasih atas bantuannya.

Salam.

#yiv0216656831 #yiv0216656831 -- #yiv0216656831ygrp-mkp {border:1px solid #d8d8d8;font-family:Arial;margin:10px 0;padding:0 10px;}#yiv0216656831 #yiv0216656831ygrp-mkp hr {border:1px solid #d8d8d8;}#yiv0216656831 #yiv0216656831ygrp-mkp #yiv0216656831hd {color:#628c2a;font-size:85%;font-weight:700;line-height:122%;margin:10px 0;}#yiv0216656831 #yiv0216656831ygrp-mkp #yiv0216656831ads {margin-bottom:10px;}#yiv0216656831 #yiv0216656831ygrp-mkp .yiv0216656831ad {padding:0 0;}#yiv0216656831 #yiv0216656831ygrp-mkp .yiv0216656831ad p {margin:0;}#yiv0216656831 #yiv0216656831ygrp-mkp .yiv0216656831ad a {color:#0000ff;text-decoration:none;}#yiv0216656831 #yiv0216656831ygrp-sponsor #yiv0216656831ygrp-lc {font-family:Arial;}#yiv0216656831 #yiv0216656831ygrp-sponsor #yiv0216656831ygrp-lc #yiv0216656831hd {margin:10px 0px;font-weight:700;font-size:78%;line-height:122%;}#yiv0216656831 #yiv0216656831ygrp-sponsor #yiv0216656831ygrp-lc .yiv0216656831ad {margin-bottom:10px;padding:0 0;}#yiv0216656831 #yiv0216656831actions {font-family:Verdana;font-size:11px;padding:10px 0;}#yiv0216656831 #yiv0216656831activity {background-color:#e0ecee;float:left;font-family:Verdana;font-size:10px;padding:10px;}#yiv0216656831 #yiv0216656831activity span {font-weight:700;}#yiv0216656831 #yiv0216656831activity span:first-child {text-transform:uppercase;}#yiv0216656831 #yiv0216656831activity span a {color:#5085b6;text-decoration:none;}#yiv0216656831 #yiv0216656831activity span span {color:#ff7900;}#yiv0216656831 #yiv0216656831activity span .yiv0216656831underline {text-decoration:underline;}#yiv0216656831 .yiv0216656831attach {clear:both;display:table;font-family:Arial;font-size:12px;padding:10px 0;width:400px;}#yiv0216656831 .yiv0216656831attach div a {text-decoration:none;}#yiv0216656831 .yiv0216656831attach img {border:none;padding-right:5px;}#yiv0216656831 .yiv0216656831attach label {display:block;margin-bottom:5px;}#yiv0216656831 .yiv0216656831attach label a {text-decoration:none;}#yiv0216656831 blockquote {margin:0 0 0 4px;}#yiv0216656831 .yiv0216656831bold {font-family:Arial;font-size:13px;font-weight:700;}#yiv0216656831 .yiv0216656831bold a {text-decoration:none;}#yiv0216656831 dd.yiv0216656831last p a {font-family:Verdana;font-weight:700;}#yiv0216656831 dd.yiv0216656831last p span {margin-right:10px;font-family:Verdana;font-weight:700;}#yiv0216656831 dd.yiv0216656831last p span.yiv0216656831yshortcuts {margin-right:0;}#yiv0216656831 div.yiv0216656831attach-table div div a {text-decoration:none;}#yiv0216656831 div.yiv0216656831attach-table {width:400px;}#yiv0216656831 div.yiv0216656831file-title a, #yiv0216656831 div.yiv0216656831file-title a:active, #yiv0216656831 div.yiv0216656831file-title a:hover, #yiv0216656831 div.yiv0216656831file-title a:visited {text-decoration:none;}#yiv0216656831 div.yiv0216656831photo-title a, #yiv0216656831 div.yiv0216656831photo-title a:active, #yiv0216656831 div.yiv0216656831photo-title a:hover, #yiv0216656831 div.yiv0216656831photo-title a:visited {text-decoration:none;}#yiv0216656831 div#yiv0216656831ygrp-mlmsg #yiv0216656831ygrp-msg p a span.yiv0216656831yshortcuts {font-family:Verdana;font-size:10px;font-weight:normal;}#yiv0216656831 .yiv0216656831green {color:#628c2a;}#yiv0216656831 .yiv0216656831MsoNormal {margin:0 0 0 0;}#yiv0216656831 o {font-size:0;}#yiv0216656831 #yiv0216656831photos div {float:left;width:72px;}#yiv0216656831 #yiv0216656831photos div div {border:1px solid #666666;min-height:62px;overflow:hidden;width:62px;}#yiv0216656831 #yiv0216656831photos div label {color:#666666;font-size:10px;overflow:hidden;text-align:center;white-space:nowrap;width:64px;}#yiv0216656831 #yiv0216656831reco-category {font-size:77%;}#yiv0216656831 #yiv0216656831reco-desc {font-size:77%;}#yiv0216656831 .yiv0216656831replbq {margin:4px;}#yiv0216656831 #yiv0216656831ygrp-actbar div a:first-child {margin-right:2px;padding-right:5px;}#yiv0216656831 #yiv0216656831ygrp-mlmsg {font-size:13px;font-family:Arial, helvetica, clean, sans-serif;}#yiv0216656831 #yiv0216656831ygrp-mlmsg table {font-size:inherit;font:100%;}#yiv0216656831 #yiv0216656831ygrp-mlmsg select, #yiv0216656831 input, #yiv0216656831 textarea {font:99% Arial, Helvetica, clean, sans-serif;}#yiv0216656831 #yiv0216656831ygrp-mlmsg pre, #yiv0216656831 code {font:115% monospace;}#yiv0216656831 #yiv0216656831ygrp-mlmsg * {line-height:1.22em;}#yiv0216656831 #yiv0216656831ygrp-mlmsg #yiv0216656831logo {padding-bottom:10px;}#yiv0216656831 #yiv0216656831ygrp-msg p a {font-family:Verdana;}#yiv0216656831 #yiv0216656831ygrp-msg p#yiv0216656831attach-count span {color:#1E66AE;font-weight:700;}#yiv0216656831 #yiv0216656831ygrp-reco #yiv0216656831reco-head {color:#ff7900;font-weight:700;}#yiv0216656831 #yiv0216656831ygrp-reco {margin-bottom:20px;padding:0px;}#yiv0216656831 #yiv0216656831ygrp-sponsor #yiv0216656831ov li a {font-size:130%;text-decoration:none;}#yiv0216656831 #yiv0216656831ygrp-sponsor #yiv0216656831ov li {font-size:77%;list-style-type:square;padding:6px 0;}#yiv0216656831 #yiv0216656831ygrp-sponsor #yiv0216656831ov ul {margin:0;padding:0 0 0 8px;}#yiv0216656831 #yiv0216656831ygrp-text {font-family:Georgia;}#yiv0216656831 #yiv0216656831ygrp-text p {margin:0 0 1em 0;}#yiv0216656831 #yiv0216656831ygrp-text tt {font-size:120%;}#yiv0216656831 #yiv0216656831ygrp-vital ul li:last-child {border-right:none !important;}#yiv0216656831

Wed May 16, 2018 11:41 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai uharyanto,

Satu Excel instance berisi banyak workbook akan membuat proses copy paste
antar workbookbekerja dengan baik dan dapat membuat formula link antar
workbook.
Lebih dari satu Excel Intance, akan membuat antar file tidak dapat
dilakukan copy formatting, tidak bisa membuat formula link antar workbook,
dsb.

> Jika default adalah membuka setiap file xls* dalam instance yang sama dan
terkadang saja ingin membuka di Excel Instance baru, maka bisa dicoba
dengan :
1. Untuk membuka Excel instance baru yang kosong :
> menekan CTRL terus menerus lalu jalankan Excel dari desktop
2. Untuk membuka sebuah file xls* di Excel Instance baru dari windows
Explorer
> menekan CTRL terus menerus, lalu double click file xls* yang akan
dibuka yang ada di windows explorer

> Jika ingin mengubah default agar selalu membuka Excel baru di Excel
Instance baru
1. Excel 2007 dan 2010 bisa lihat disini
<https://www.experts-exchange.com/articles/1007/Option-to-open-excel-2007-documents-in-a-new-instance.html>
..
2. Excel 2013 ke atas bisa lihat di bagian edit registry (tidak harus
install ulang) yang ada disini
<https://support.microsoft.com/en-us/help/3165211/how-to-force-excel-to-open-in-a-new-instance-by-default>
..
Kemudian, jika setelah dicoba membuka beberapa workbook dan masih belum
bisa terbuka instance baru, lakukan hal ini :
> ke Excel Options, pane Advanced, ke bagian General (agak ke bawah),
centang Ignore blabla DDE

Regards,
Kid

2018-05-17 11:31 GMT+07:00 -uhr- uharyanto@gmail.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Dear Mr. Kid
>
> Sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih atas penjelasannya yang
> panjang lebar, berikut adalah tanggapan kami dari point :
>
>
>
> Kami dapat pastikan data yang kami olah terhindar dari point point diatas.
>
> dan setelah kami amati sesuai point ini : > Sebuah Excel Instance
> digunakan bersama oleh 4 workbook (4 bijik file xls*)
>
> ternyata benar kami sering membuka file terkadang sampai lebih dari 5 file
> dan menjadi satu buah Excel Instances file seperti contoh ini :
>
>
>
>
> Pertanyaan saya bagaimana agar file tersebut bisa di buka menjadi beberapa
> Excel Instances file ?
>
>
> Demikian disampaikan, terima kasih.
>
> Salam,
>
> uharyanto
>
> Pada 17 Mei 2018 01.33, 'Mr. Kid' mr..nmkid@gmail.com <mr.nmkid@gmail.com>
> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:
>
>>
>>
>> Hai uharyanto,
>>
>> > Dari sisi per workbook (per file xls*)
>> Biasanya, sebuah workbook yang berisi sangat banyak image maupun shapes
>> akan mengalami hal ini.
>> Banyaknya Styles (lihat di ribbon Home -> Styles) juga akan mengalami hal
>> ini.
>> Banyak sekali cells berfomula tidaklah terlalu menjadi penyebab, kecuali
>> banyak sekali cells berisi formula dengan fungsi yang bersifat volatile
>> seperti Now, Today, Rand, RandBetween, Offset, Indirect.
>> Terkadang, VBA berisi event tertentu memicu proses yang tak terduga
>> akibat kegiatan user, sehingga menimbulkan gejala demikian juga.
>> Excel data connection hasil fitur Get External Data yang diset auto
>> refresh dengan durasi pendek (satuan defaultnya adalah menit) sekitar 1
>> atau 2 menit, juga akan menampakkan gejala demikian.
>>
>> > Dari sisi per Excel Instance (amati dengan Windows Task Manager)
>> Sebuah Excel Instance (maksimal menggunakan 2GB RAM pada office 32 bit,
>> dan 4GB RAM pada office 64 bit) juga akan mulai menampakkan gejala tersebut
>> ketika :
>> 1. RAM yang digunakan sebuah Excel Instance mendekati maksimal RAM yang
>> diijinkan untuk Excel.
>> 2. RAM komputer yang tersedia tidak mencukupi untuk Excel Instance
>> mencapai jumlah maksimal RAM yang diijinkan.
>>
>> Sebuah Excel Instance akan sangat cepat mencapai batas maksimal RAM yang
>> diijinkan jika terlalu banyak workbook yang dibuka pada Excel Instance
>> tersebut.
>> Contoh seperti pada gambar-gambar berikut :
>> (pada komputer dengan RAM 16GB, Excel 32 bit [max RAM untuk Excel 32 bit
>> adalah 2GB], setiap file xlsx dalam gambar memiliki size 81MB saja)
>> > Sebuah Excel Instance digunakan bersama oleh 4 workbook (4 bijik file
>> xls*)
>>
>> ​ *** Catatan :
>> 1.. Walau komputer punya 16GB RAM, Excel 32 bit maksimal hanya
>> bisa menggunakan 2GB RAM.
>> 2. Pada gambar, 2GB RAM untuk sebuah Excel Instance tersebut
>> digunakan bersama oleh 4 (empat workbook) [tidak peduli masing-masing
>> workbook butuh RAM berapa, totalnya sampai 1.7GB]
>> 3. Artinya, jika ada proses di sebuah workbook (misal workbook
>> bernama File_101.xlsx), maka proses tersebut hanya punya ruang kerja seluas
>> 0.3GB (2GB max - 1.7GB terpakai)
>> 4. Jika proses tersebut sangat padat kerja (misal kalkulasi
>> formula yang membutuhkan ruang penyimpanan hasil sementara di RAM), maka
>> kerja Excel akan terbatasi karena hanya bisa pakai 0.3GB
>> 5. Akhirnya, Excel akan tampak freeze karena sibuk menata
>> antrian formula yang mana dulu yang akan diproses.
>> 6. Proses refresh data connection pun akan butuh ruang RAM juga
>>
>> > Tiga buah Excel Instances, dengan masing-masing intance berisi sebuah
>> workbook saja :
>>
>> ​ *** Catatan :
>> 1. Komputer punya 16GB RAM, dan setiap Excel Instance mendapat
>> jatah 2GB RAM maksimal.
>> 2. Artinya, untuk 3 file Excel yang dibuka (File_101.xlsx,
>> File_102.xlsx, FIle_103.xlsx) yang setiap file nya berada di Excel Instance
>> berbeda, akan mampu memanfaatkan RAM komputer maksimal 6GB
>> > Excel Instance berisi File_101.xlsx bisa maksimal 2GB
>> > Excel Instance berisi File_102.xlsx bisa maksimal 2GB
>> > Excel Instance berisi File_103.xlsx bisa maksimal 2GB
>> 3. Proses pada File_101.xlsx bisa dilakukan dengan leluasa
>> oleh Excel, karena masih ada sisa RAM menganggur seluas 1.5GB pada Excel
>> Instance yang dipakai oleh File_101.xlsx
>>
>> Jadi,
>> File workbook berisi apapun, jika bisa menata dengan baik, seperti :
>> > tidak terlalu banyak Styles, shapes, image yang tidak penting,
>> > cells berformula tidak terlalu banyak atau tidak terlalu kompleks dan
>> banyak yang universal,
>> > penataan cells yang efisien dan relatif berkaidah tabel database
>> > data hasil koneksi melalui get external data yang disimpan dalam file
>> tidak disertai formula
>> > dan sebagainya
>> maka Excel bisa bekerja dengan lancar tanpa menampakkan gejala freeze.
>>
>> Contoh :
>>
>> ​ *** Catatan :
>> 1. Workbook _preview01_LBU.xlsx berisi hasil koneksi
>> data dari database yang ditampilkan langsung sebagai Excel Pivot Table
>> (bukan Power Pivot)
>> 2. Pivot cache menyimpan data yang diambil dari
>> database (sekitar 15 juta records tapi hanya 6 kolom numerik),
>> 3. ketika disimpan (save), file xlsx akan sebesar 150MB
>> tapi ketika di-load (dibuka), hanya butuh RAM 64MB
>> 4. Ketika dibuka hanya butuh 64MB karena pivot table
>> hanya menampikan summary beberapa item saja.
>> Data dalam pivot cache entah bagaimana cara si
>> Excel mengkompresinya, bisa cukup kecil.
>> * Mungkin juga disebabkan nilai data yang berisi
>> tipe datetime dan numerik saja tanpa formula atau named range apapun.*
>> Sedangkan File_101.xlsx berisi data teks dan
>> numerik dengan cells berformula yang sangat banyak.
>> 5. Jadi, memproses 15 juta records bisa dengan leluasa
>> tanpa freeze...
>> 6. Andai data tidak disimpan dalam file, ukuran file
>> _preview01_LBU.xlsx hanya akan menjadi 200KB karena hanya berisi tampilan
>> pivot table berisi beberapa baris,
>> tapi butuh refresh data untuk bisa mengubah layout
>> pivot table (tidak cocok untuk dibawa dinas luar kota, tetapi sangat cocok
>> untuk kegiatan internal yang selalu online).
>>
>> *** Andai pakai power pivot, ceritanya jadi berbeda,
>> yaitu :
>> RAM yang dibutuhkan untuk membuka file akan lebih
>> kecil, sekitar 40MB kurang dikit.
>> File size ketika workbook ditutup pun akan menjadi
>> kurang dari 50MB.
>> Jadi akan lebih cepat dibuka dan dapat digunakan
>> dengan nyaman oleh user.
>> Kalau ini, memang spesialisasi si power pivot.
>> Sangat compact dalam menata data dan mampu memanfaatkan RAM dengan baik.
>> Apapun kekurangan Power Pivot, tetap saja hal
>> seperti ini patut diapresiasi dan bisa menjadi bahan pertimbangan untuk
>> memanfaatkannya.
>>
>> ;)
>> Satu kesulitan (tantangan) akan hadir bersama minimal 2 (dua) kemudahan
>> (solusi).
>>
>> Regards,
>> Kid
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>> 2018-05-16 8:56 GMT+07:00 -uhr- uharyanto@gmail.com [belajar-excel] <
>> belajar-excel@yahoogroups.com>:
>>
>>>
>>>
>>> Dear All,
>>>
>>> Saya pengguna ms office pro plus 2016 dengan OS windows 10, pada saat
>>> saya membuka file excel cukup banyak dan besar maka excel saya
>>> langsung freeze atau hang gak bisa di click apapun harus di close dulu
>>> baru bisa sembuh, saat ini saya menggunakan excel untuk edit data
>>> yang di download dari database mysql dan program "x" data yang di
>>> download tersebut biasanya dalam bentuk csv file.
>>>
>>> Mohon bantuan atas permasalahan diatas, sebelum dan sesudahnya terima
>>> kasih...
>>>
>>> Salam,
>>>
>>> uharyanto
>>>
>>>
>>
>
>
> --
> Salam,
> -uhr-
>
>
>

Wed May 16, 2018 11:52 pm (PDT) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Hai Tri,Saya coba jawab ya,1. (Unit A tidak akan bisa lihat Unit lain), apakah Pivot bisa mengakomodir permohonan saya?    Setahu saya tidak bisa.
2. Untuk mempermudah reporting saya menggunakan : Vlookup, Hlookup, dan SumIf.     Apakah masih perlu function2 tersebut ?
    Seandainya masih perlu coba cek formating, shape, dll. serta Volatile formula (seperti      dijelaskan oleh Mr. Kid).
3. Kembali ke pivot, bisakah saya buat formula atau rumus ratio    Bisa, pakai Calculated Field (Column) atau Calculated Item (Row)4. Bolehkah dibantu rumus achievement     Sila dicoba.
Salam,HK
On Thursday, 17 May 2018, 11:46:04 AM GMT+7, Tri Herdianto triagung96@yahoo.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:

 
Selamat Pagi Expert 🙏🏻,

Terima kasih telah menerima saya menjadi anggota group ini.
Ada pertanyaan bagi para expert.
1. Kita tahu Pivot itu mempunyai data source yang banyak (dlm case saya banyak Unit Bisnis), namun setelah saya olah Report Layoutnya sekarang saya ingin share ke individual unit saja (Unit A tidak akan bisa lihat Unit lain), apakah Pivot bisa mengakomodir permohonan saya?

2. Untuk mempermudah reporting saya menggunakan : Vlookup, Hlookup, dan SumIf.
Komputer saya i7, capacity file dibawah 20mb, tapi ketika dibuka dan mengupdate, speed sangat melambat signifikan, bahkan ketika merubah satu line saja. Mohon pemahaman ttg hal ini, apakah ada jalan lain saya bisa lakukan utk simplify the process of complicated data 🙏🏻.

3. Kembali ke pivot, bisakah saya buat formula atau rumus ratio spt contoh :
- Entertainment exp/revenue
- Direct Cost/revenue
- etc

4. Bolehkah dibantu rumus achievement seperti :
a. REVENUE :
Actual : -175
Budget : 320
Achievement ?

b. COST/ EXPENSE (note : expense menggunakan sign - (negatif)):
Actual : -175
Budget : -320
Achievement ?

Actual : 175
Budget : -320
Achievement ?

Actual : -400
Budget : -320
Achievement ?

Actual : 400
Budget : -320
Achievement ?

c. Profit

Actual : -180
Budget : -340
Achievement ?

Actual : 180
Budget : -340
Achievement ?

Actual : -440
Budget : -340
Achievement ?

Actual : 440
Budget : -340
Achievement ?

Terima kasih atas kebaikan para Experts 🙏🏻🙏🏻.

Salam,
Tri
Sent from my iPhone

Thu May 17, 2018 3:07 pm (PDT) . Posted by:


"PERATURAN MILIS belajar-excel"
-------------------------------

Milis belajar-excel dibuat agar menjadi komunitas / tempat berkumpulnya
para pemakai software microsoft excel, untuk saling berbagi pengetahuan
(sharing), diskusi dan tanya-jawab hal-hal yg menyangkut MS Excel.

Setting untuk posting di milis ini masih dipertahankan = "UnModerated&quot;
(member dapat mengirim posting, tanpa melalui moderasi dan langsung
masuk ke message-list di milis).
Posting pertama & kedua dari member yg baru bergabung harus menunggu
approval dari moderators. Jika dinilai wajar, posting selanjutnya tidak
perlu approval lagi.

Hal ini adalah demi menjadikan milis lebih dinamis, posting tidak
tertunda, diskusi lebih hidup.

Tetapi konsekwensinya, kita sebagai members harus punya niat untuk
menjaga milis ini tetap bersih, enak diikuti, yaitu dengan TIDAK
mengirim posting berisi hal yg mubazir, yg di luar topik, yg "nyampah";
apalagi yg memicu timbulnya pertengkaran yg tidak perlu.

Setiap saat para Moderators akan melihat-lihat lagi msg list, dan akan
membersihkan message list dari posting sampah yg tidak perlu.

Untuk itu kita perlu kesepakatan sebagai berikut:

A. SANGAT DIHARAPKAN:
==================

(1)
Posting dari member berupa: share pengetahuan, pertanyaan, jawaban dan/
atau komentar dan tanggapan yg masih relevan dengan pertanyaan/posting;
semuanya harus sekitar atau ada hubungannya dengan Microsoft Excel.

(2)
Size Lampiran dlm rangka memperjelas kasus/penjelasan, agar diupayakan
tidak lebih dari 250KB, jika perlu dicompressed dulu.

(3)
Posting pertanyaan dialamatkan hanya kepada alamat milis, (jangan ke
alamat owner)

(4)
Semua mail dikemukakan secara santun, ceria, menyenangkan, boleh lucu,
saling menghormati, menjauhkan dari masalah SARA.

B. SANGAT TIDAK DIHARAPKAN:
========================

(1)
Mail yg isinya melecehkan, menghina fihak lain, berbahasa kasar, memicu
pertengkaran dsb.

(2)
Posting "too good to be true" misalnya "jualan" (MLM), spam, money game,
hoax, mail berantai dan iklan (tanpa lebihdulu mendapat ijin dari owner).

(3)
Cross-posting (mengirim 1 mail sekaligus kepada lebih dari satu milis /
address tujuan).

(4)
Mail yg ditulis dengan ukuran, bentuk/warna font dan cara yg di luar
kewajaran, sehingga menyulitkan pembacaan.

(5)
Mail tanpa judul/subject dan/atau tanpa isi, walaupun melampirkan penjelasan.

(6)
Menyertakan link yang merujuk kepada halaman yang berisi iklan produk /
informasi yang tidak berhubungan dengan Excel / pertanyaan.

C. LAIN LAIN:
========

Saran & Tips menulis mail / posting ke milis:
---------------------------------------------

(a)
Berikan subject yg isinya mewakili kasus yg akan ditulis.
Hindari subject yg tidak jelas dan terlalu general (misal "tolong",
"help", "tanya" "mohon pencerahan", dsb)

(b)
Ikuti Subject yg telah ada, (dengan meReply), hanya jika masalah yg akan
ditulis masih berkaitan.
Mengubah Subject (misal dgn menambah kata "Balasan" / "Solusi" /
"Tanggapan&quot; dsb, hanya akan merusak 'Thread&#39; (korelasi/kesinambungan)
suatu topik, oleh karena itu jangan dilakukan.

Jika anda akan mengajukan topik/kasus baru yg tidak berkaitan dengan
topik yg telah ada, buatlah Subject baru, dengan Compose / New Mail.
JANGAN dengan cara mereply subject yg ada lalu mengganti subjecnya.

(c)
Terutama pada posting pertanyaan/request, tuliskan masalah dengan jelas
di badan email. Penjelasan lebih rinci dapat ditulis pada lampiran.
Lampiran sedapat mungkin berupa workbook (file *.xls), dengan nama-file
yang spesifik.

(d)
Posting tanggapan/jawaban hendaknya ditulis secara 'top-posting&#39; (di
ATAS "quoted mail" yg ditanggapi, demi mempermudah pembacaan.

'Quoted mail' tidak harus disertakan semua, cukup 1 atau maximal 2 mail
terdahulu.

(e)
Footer yg tidak perlu hendaknya dihapus dulu sebelum mail Anda kirimkan.

Mengenai OOT dan VOOT
---------------------
Di luar 3 jenis posting di atas, yi: DISKUSI yg berisi sharing,
pertanyaan, tanggapan) akan dianggap Out of Topic (OOT) atau bahkan
VOOT (very out of topic).

Kategory OOT akan dipertimbangkan kasus-demi-kasus dengan kriteria
"manfaat positif bagi komunitas kita".

Kategory OOT atas pertimbangan khusus, misalnya demi kepentingan yg
mendesak dan penting, atau demi "kemanusiaan&quot;, tidak didelete.
Jika tidak memenuhi kriteria akan didelete dengan atau tanpa pemberi-
tahuan kpd member.

Kategory VOOT, posting akan langsung didelete, pengirim akan diberi
teguran.

VOOT kedua dari pengirim yg sama akan menyebabkan member ybs didisabled
sementara kemampuan postingnya.

Kelanjutan dari suatu diskusi tanya-jawab, masih layak diposted ke milis,
misal hanya ucapan terima kasih atau pun sejenis konfirmasi bahwa suatu
solusi sudah diterima dan dapat dipakai dsb, ini dapat golongkan sbg OOT
yg masih layak tayang.

Kelanjutan pembicaraan yg sudah tidak relevan lagi bagi member lain,
dapat anda teruskan melalui 'japri&#39; (jalur pribadi).

Kritik dan saran kepada milis 'belajar-excel'
--------------------------------------------
Kritik dan saran diluar masalah excel demi perbaikan milis ini dapat
disampaikan ke owner / moderators

Hak dan wewenang Moderators
---------------------------
Moderators berhak setelah mempertimbangkan hal-hal diatas untuk
memberikan kartu kuning atau langsung kartu merah dan/atau
mem-banned members yang melakukan pelanggaran rules milis ini.

Himbauan dari milis 'belajar excel' kpd members
-----------------------------------------------

Diharapkan para members terus meningkatkan pengetahuannya mengenai
kelaziman cara bermilis & ber-net-ria secara umum.

Perlu selalu disadari bahwa di dunia internet, sama dengan dunia kita
sehari hari.
Jika di dunia nyata kita mengenal "etika / ettiquettes", maka di net
ada semacam etika umum yg lazim disebut "nettiquette&quot;.

Kalau anda sering tidak mengindahkan "nettiquettes&quot;, tidak akan polisi
yg menangkap anda; tetapi lama-lama anda akan dijauhi banyak rekan,
karena mereka tentu merasa tidak nyaman ber-korespondensi dengan anda.

Sebagai Members of "milis belajar-excel" dan sebagai 'netter sejati',
anda tentu tidak suka kalau harus dicap sebagai "tidak nettis" yang
artinya setara dgn "tidak etis".

--------------------------------------------[rev: 13mar2010 / ctv]-----

revisi 2: tgl 02Des2013 / dwint
# penambahan point B.6.

Thu May 17, 2018 8:32 pm (PDT) . Posted by:

"Cari Kebenaran"

salamu'alaikum Wr. Wb.

Kepada para Master dan anggota milis, tolong dibantu. Saya ingin memasukkan
"Deskripsi Tugas" pada kolom K7 sampai dengan K11 pada sheet "Triwulan1&quot;
secara otomatis berdasarkan BULAN dan MINGGU KE-. BULAN DAN MINGGU KE- yang
menjadi acuan/patokan adalah sheet TAHUNAN. Ketikkan huruf X (capital) pada
range e7:i20 di sheet TAHUNAN maka warna cell
tempat huruf X dimasukkan akan berubah jadi hijau. Dan itu merupakan acuan
untuk mengisi deskripsi tugas pada kolom K7 s.d. K11 di sheet Triwulan1.

Deskripsi tugas yang ada sekarang diisikan secara manual. Inginkan
otomatis. File terlampir

Terima kasih. Semoga bisa dipahami. Atas bantuannya disampaikan terima
kasih.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
============================================================
Pojok Lowongan Kerja yang disediakan milis :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/Pojok-Lowongan-Kerja-f5725753.html
*** Posting lowongan kerja : ke link tersebut dan klik New Topic
============================================================
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke: belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke: belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis : http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran : http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di : http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe), kirim mail kosong ke : belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar