Kamis, 10 Oktober 2019

[belajar-excel] Digest Number 4872

7 Messages

Digest #4872

Messages

Thu Oct 10, 2019 12:05 am (PDT) . Posted by:

"Cari Kebenaran"

Terima kasih master kid. Petunjuk Master sudah saya coba dan berhasil.

On Thu, Oct 10, 2019 at 2:57 AM 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:

>
>
> Wa'alaikumussalam wr wb
>
> Jika dikalkulasi dengan fungsi Max atau Min akan menampilkan nilai yang
> benar, maka letakkan kolom tanggal (bertipe date) dan no bukti (bertipe
> numerik) ke bagian values.
> Atur keduanya agar menggunakan agregat Max (klik si field -> Value Field
> Settings -> tab Summarize value by -> pilih Max -> OK) atur number format
> bila perlu.
>
> Wassalamu'alaikum wr wb
> Kid
>
>
>
>
>
>
> On Wed, Oct 9, 2019 at 9:27 PM Cari Kebenaran cahayailmu71@gmail..com
> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com
> <belajar-excel@yahoogroups..com>> wrote:
>
>>
>>
>> Assalamu'alaikum Wr. Wb.
>>
>> Kepada para Master dan segenap anggota milis mohon bantuannya.
>>
>> Saya ingin membuat laporan seperti pada sheet LAPORAN. Sedangkan sumber
>> datanya yang ingin dibuat laporan adalah sheet TRANSAKSI, jumlah data cukup
>> banyak-lampiran hanya contoh. Saya coba membuat laporan yang diinginkan
>> dengan menggunakan pivot table tetapi tidak bisa mengisi kolom Tgl/Bulan
>> dan No. Bukti. Sheet LAPORAN yang ada saya buat secara manual. Selengkap
>> bisa dilihat pada lampiran.
>>
>> Demikian terima kasih.
>>
>> Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
>>
>>
>

Thu Oct 10, 2019 12:05 am (PDT) . Posted by:

"Dede Sulaeman"

Dear Mr Kid,

Terima kasih atas masukannya,

Sepertinya memang harus dicoba cara yang seperti itu.

Yang menjadi masalah adalah form tersebut sudah dibakukan untuk laporannya.

Sekali lagi terima kasih.

Wassalamu'alaikum wr wb.

Salam,

DD

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
Sent: Thursday, October 10, 2019 2:38 AM
To: BeExcel
Subject: Re: [belajar-excel] Hide Nilai Kosong [1 Attachment]

Wa'alaikumussalam wr wb

Bukankah maksudnya menampilkan record yang ada nilainya saja dengan hirarki dari level 1 sampai customer ?

Kalau pakai VBA, maka akan terlalu ribet bagi user, karena jika data yang berisi nilai berubah, maka user harus menyesuaikannya lagi. Kalau pakai formula pun, maka akan butuh macam formula sebanyak jumlah level-nya. Setelah itu, masih kemungkinan besar mengubah script VBA kalau level bertambah atau ingin dikurangi, masih harus mengubah outline kalau ada pengubahan kelompok dasar levelnya (sebelum dipengaruhi nilai yang 0).

Eman-eman waktunya habis untuk menyesuaikan layout output berulang kali setiap data ter-update. Paling cepet pun sekitar 1 menit bukan (sapa tahu usernya superboy)

Kenapa tidak menggunakan Pivot Table. Kalau sumber data Pivot Table-nya dari data model (PowerPivot), malah akan lebih luwes lagi.

Cuma butuh refresh jika data terupdate. Cuma butuh menata tabel dimensi kalau ingin ada pengubahan pengelompokan (leveling) dan hanya dilakukan sekali setiap ingin berubah saja (tidak dipengaruhi ter-update-nya data). Satu data model bisa jadi buaanyak layout output sesuai kebutuhan.

Tabel referensi (di sisi raw data, termasuk data mapping) dan tabel dimensi (di sisi output) berperan besar untuk membentuk berbagai layout output yang dibutuhkan.

Sekadar butuh kreativitas dalam menyusun tabel-tabel tersebut saja.

Wassalamu'alaikum wr wb

Kid

On Tue, Oct 1, 2019 at 1:14 PM 'Dede Sulaeman' pmaho_ss9@pinusmerahabadi.co.id [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups..com <mailto:belajar-excel@yahoogroups.com> > wrote:

Dear BeExceller,

Assalamu'alaikum Wr Wb.

Mohon masukannya agar saat saya klik :

Outline Level 1, maka semua baris di kolom B yang cell-nya berkarakter "Y" disembunyikan.

Outline Level 2, maka semua baris di kolom C yang cell-nya berkarakter "Y" disembunyikan.

Outline Level 3, maka semua baris di kolom D yang cell-nya berkarakter "Y" disembunyikan.

Outline Level 4, maka semua baris di kolom E yang cell-nya berkarakter "Y" disembunyikan.

Saat ini saya menggunakan form sebagai alat bantunya, bila macro bisa bekerja saat saya klik outline Level-nya akan sangat membantu..

Wassalamu'alaikum Wr Wb.

Salam,

DD

Thu Oct 10, 2019 1:34 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Wa'alaikumussalam wr wb

oh untuk laporan yang baku. Hmmm... sebaiknya dinego ulang supaya bentuk
laporannya tidak rumit dan bisa pakai pivot table.

btw,
pakai VBA, kolom-kolom bantu level yang isinya Y dan N itu dibuang semua.
atur outline sesuai level dengan asumsi semua nilai tidak ada yang nol
(default leveling-nya)

Lalu yang dibutuhkan adalah kolom bantu berisi formula status nilai yang
berbeda tipe data.
*Misal *untuk kolom nilai *berisi nol, statusnya dengan tipe data error
value*, dan selainnya dengan tipe data numerik.

Kalau bisa, tidak usah pakai user form. Pakai form controls sebisa mungkin
(usahakan tidak pakai activex controls). Pakai hyperlink di header nya juga
bisa.

Proses dengan VBA untuk setiap level :
0. trap error supaya cuekin semua error dan set calculation jadi automatic
on error resume next
application.calculation=xlcalculationautomatic
1. mengaktifkan outline :
sheets("nama sheet").outline.showlevels *RowLevels:=level_baris ,
ColumnLevels:=level_kolom*

Contoh :
sheets("namanya").outline.showlevels 1 , 2 '-> outline level 1 di sisi
baris dan level 2 di sisi kolom
sheets("namanya").outline.showlevels 1 '-> outline level 1 di
sisi baris
sheets("namanya").outline.showlevels ColumnLevels:=2 '-> outline
level 2 di sisi kolom
sheets("namanya").outline.showlevels 'error

pilih contoh yang sesuai kebutuhan

2. semua cells di kolom bantu berformula yang berisi formula dan
menghasilkan error value (disesuaikan dengan pilihan), seluruh barisnya
di-hide (misal di kolom A)
sheets("namanya").range("a:a").specialcells(xlformulas,xlerrors).entirerow.hidden=true

99. turn off trap error
on error goto 0

Wassalamu'alaikum wr wb
Kid

On Thu, Oct 10, 2019 at 2:05 PM 'Dede Sulaeman'
pmaho_ss9@pinusmerahabadi.co.id [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:

>
>
> Dear Mr Kid,
>
>
>
> Terima kasih atas masukannya,
>
> Sepertinya memang harus dicoba cara yang seperti itu.
>
> Yang menjadi masalah adalah form tersebut sudah dibakukan untuk laporannya.
>
> Sekali lagi terima kasih.
>
>
>
> Wassalamu'alaikum wr wb.
>
>
>
> Salam,
>
> DD
>
>
>
>
>
>
>
> *From:* belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:
> belajar-excel@yahoogroups.com]
> *Sent:* Thursday, October 10, 2019 2:38 AM
> *To:* BeExcel
> *Subject:* Re: [belajar-excel] Hide Nilai Kosong [1 Attachment]
>
>
>
>
>
> Wa'alaikumussalam wr wb
>
>
>
> Bukankah maksudnya menampilkan record yang ada nilainya saja dengan
> hirarki dari level 1 sampai customer ?
>
>
>
> Kalau pakai VBA, maka akan terlalu ribet bagi user, karena jika data yang
> berisi nilai berubah, maka user harus menyesuaikannya lagi.. Kalau pakai
> formula pun, maka akan butuh macam formula sebanyak jumlah level-nya.
> Setelah itu, masih kemungkinan besar mengubah script VBA kalau level
> bertambah atau ingin dikurangi, masih harus mengubah outline kalau ada
> pengubahan kelompok dasar levelnya (sebelum dipengaruhi nilai yang 0).
>
> Eman-eman waktunya habis untuk menyesuaikan layout output berulang kali
> setiap data ter-update. Paling cepet pun sekitar 1 menit bukan (sapa tahu
> usernya superboy)
>
>
>
> Kenapa tidak menggunakan Pivot Table. Kalau sumber data Pivot Table-nya
> dari data model (PowerPivot), malah akan lebih luwes lagi.
>
> Cuma butuh refresh jika data terupdate. Cuma butuh menata tabel dimensi
> kalau ingin ada pengubahan pengelompokan (leveling) dan hanya dilakukan
> sekali setiap ingin berubah saja (tidak dipengaruhi ter-update-nya data).
> Satu data model bisa jadi buaanyak layout output sesuai kebutuhan.
>
> Tabel referensi (di sisi raw data, termasuk data mapping) dan tabel
> dimensi (di sisi output) berperan besar untuk membentuk berbagai layout
> output yang dibutuhkan.
>
> Sekadar butuh kreativitas dalam menyusun tabel-tabel tersebut saja.
>
>
>
> Wassalamu'alaikum wr wb
>
> Kid
>
>
>
>
>
>
>
> On Tue, Oct 1, 2019 at 1:14 PM 'Dede Sulaeman'
> pmaho_ss9@pinusmerahabadi.co.id [belajar-excel] <
> belajar-excel@yahoogroups..com <belajar-excel@yahoogroups.com>> wrote:
>
>
>
> Dear BeExceller,
>
>
>
> Assalamu'alaikum Wr Wb.
>
> Mohon masukannya agar saat saya klik :
>
> Outline Level 1, maka semua baris di kolom B yang cell-nya berkarakter "Y"
> disembunyikan.
>
> Outline Level 2, maka semua baris di kolom C yang cell-nya berkarakter "Y"
> disembunyikan.
>
> Outline Level 3, maka semua baris di kolom D yang cell-nya berkarakter "Y"
> disembunyikan.
>
> Outline Level 4, maka semua baris di kolom E yang cell-nya berkarakter "Y"
> disembunyikan.
>
>
>
> Saat ini saya menggunakan form sebagai alat bantunya, bila macro bisa
> bekerja saat saya klik outline Level-nya akan sangat membantu..
>
>
>
> Wassalamu'alaikum Wr Wb.
>
>
>
> Salam,
>
> DD
>
>
>

Thu Oct 10, 2019 2:41 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

wa'alaikumussalam wr wb

rada sulit membayangkannya kalau tidak lihat contoh datanya.
btw,
kira-kiranya seperti file terlampir.

wa'alaikumussalam wr wb
Kid

On Tue, Oct 8, 2019 at 2:41 PM Fahmi Syaifullah fahmisyaifullah20@yahoo.com
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:

>
>
> assalamu'alaikum siang om kid dan pak HK,
>
> terima kasih atas arahannya.. saya coba dlu . hehee
>
> kalo power query masih kurang ngerti om kid pilihannya yang mana kalau
> yang dipilih tgl sama terus dijadikan satu colomn gitu.
>
> wassalamu'alaikum wr.wb
> fahmi
>
> Pada Selasa, 8 Oktober 2019 09.38.38 WIB, 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com
> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:
>
>
>
>
> pakai power query kan malah vba nya cuma berisi refresh
>
> On Tue, Oct 8, 2019 at 9:36 AM Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> wrote:
>
> wa'alaikumussalam wr wb
>
> inputan variabel data (string) merujuk ke banyak cells membuat hasil
> variabel b bernilai error value. Proses replace-nya perlu masuk dalam loop.
> Oh iya, hati-hati dengan find yang bisa menghasilkan error kalau tidak
> ketemu karakter yang dicari. Sebaiknya find( "yang dicari" , teks & "yang
> dicari" )
>
> wassalamu'alaikum wr wb
> Kid
>
>
>
>
> On Tue, Oct 8, 2019 at 9:15 AM Fahmi Syaifullah
> fahmisyaifullah20@yahoo.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>
> wrote:
>
>
>
> Assalamuálaikum pagi Om kid dan BeExceller
>
> saya ada kasus, membuat function di vba dengan function seperti ini
>
> Function gabung(data As String, pemisah as string) As String
> Dim a As Integer
> Dim b As String
> data = Selection.Address
> b = Application.WorksheetFunction.Replace(data,
> Application.WorksheetFunction.Find(":", data), 9, "")
> a = Application.WorksheetFunction.CountA(Range(data))
> gabung = ""
> For i = 1 To a
> gabung = gabung & Range(b).Offset(i - 1, 0) & pemisah
> Next i
> End Function
>
> saya sudah coba di module hasilnya berjalan lancar, tapi pas di function
> kenapa hasilnya #value yaa. ada saran gak om om sekalian..
>
> niatnya rumusnya itu menggabungkan data yang kita select menjadi satu,
> kalau di excel 2019 ada rumus yang namanya textjoin cuman excel saya masih
> gak ada.
> mohon infonya mastah sekalian.
>
> terima kasih
> wassalamuálaikum wr.wb
>
> Fahmi
>
>
>

Thu Oct 10, 2019 4:01 am (PDT) . Posted by:

"Kamirin Faqoth" kamirin_2

Dear Be-Exceler,
Mohon bantuannya, untuk memecahkan masalah dibawah ini, saya mempunyai tabel dalam bentuk kolom, tapi saya ingin merubahnya menjadi bentuk baris dengan kriteria unik, misalkan saya ingin mengambil data stok Apel Toko  A, B & C pada  cell D3. H3, L3, saya ingin memindahkannya ke cell D10, D11 & D12,
klo tokonya 3 mungkin bisa dengan rumus =d3 dst, tapi menjadi masalah jika tokonya banyak & varian buahnya banyak.
berikut saya lampirkan filenya.
Terim Kasihkamirin

Thu Oct 10, 2019 7:53 pm (PDT) . Posted by:

"Agus"

Dear Kamirin,
Coba di D10 diketik formula:
=INDEX($D$3:$O$5,INT((COLUMN(A1)+3)/4),(ROW(A1)-1)*4+MOD(COLUMN(A1),4)+(MOD(COLUMN(A1),4)=0)*4)
kopi ke semua cell,
Regard.
NangAgus

On 10/10/2019 17:08, Kamirin Faqoth kamirin_2@yahoo.co.id
[belajar-excel] wrote:
> Dear Be-Exceler,
>
> Mohon bantuannya, untuk memecahkan masalah dibawah ini, saya mempunyai
> tabel dalam bentuk kolom, tapi saya ingin merubahnya menjadi bentuk
> baris dengan kriteria unik, misalkan saya ingin mengambil data stok
> Apel Toko  A, B & C pada  cell D3. H3, L3, saya ingin memindahkannya
> ke cell D10, D11 & D12,
> klo tokonya 3 mungkin bisa dengan rumus =d3 dst, tapi menjadi masalah
> jika tokonya banyak & varian buahnya banyak.
>
> berikut saya lampirkan filenya.
>
> Terim Kasih
> kamirin
>

Thu Oct 10, 2019 5:22 pm (PDT) . Posted by:

"Agus"

Tentu bisa untuk mengambil kode dengan formula.
kelompokan dahulu semua kode di salah satu sheet, kemudian remove duplicate,

On 10/9/2019 18:33, 7 hari menuju Perubahan nunuhassamawaat@gmail.com
[belajar-excel] wrote:
> berarti tuk pengisian kode tidak bisa otomatis y?maksud saya knp sy
> pengen otomatis karena tuk menghindari *_penulisan kode yg sam_a*, krn
> sebenarnya kode masih banyak dan ada yg sama. sehingga bila di*_filter
> dgn rumus_*. kecil kemungkinan penulisan kode yg sama, misal kode SD
> 03A dengan SD 03A".
>
> Pada tanggal Rab, 9 Okt 2019 pukul 17.27 Agus nangagus@gmail.com
> <mailto:nangagus@gmail.com> [belajar-excel]
> <belajar-excel@yahoogroups.com <mailto:belajar-excel@yahoogroups..com>>
> menulis:
>
> Dear Nunuh,
> Assalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh.
> Lengkapi dahulu kode pada sheet Zone C. menjadi semua kode yang
> berada di semua Zona. (ada 21 kode, sedangkan pada sheet tersebut
> hanya 15 kode) maksudnya kode yang digunakan untuk menghitung rekap.
>
> wasalamu'alaikum warahmatullah.
> NangAgus
> On 10/9/2019 12:39, 7 hari menuju Perubahan
> nunuhassamawaat@gmail.com <mailto:nunuhassamawaat@gmail.com>
> [belajar-excel] wrote:
>> Mungkin pertanyaan sy yg blm jelas,
>> Sy coba perjelas lagi :
>> 1. Kode/type tiap sheet memang berbeda, sehingga sy ingin
>> mejumlahkan antar jumlah pd tiap kode dengan otomatis, misal di
>> sheet zone a, b dan c terdapat kode yg sama SD 01A masing²
>> jumlahnya 3 berarti rekap di "Sheet Zone C" total SD 01A = 9
>> Bila di sheet Zone a,b terdapat kode SD 03" masing² 5, dan di
>> sheet Zone C kode
>> SD 015 = 6, maka hasil yg di inginkan :
>> SD 03" = 10
>> SD 015 = 6
>> Dan trs berlanjut
>>
>> Mudah² ini bs membantu sy tuk mendapatkan jwban yg diinginkan
>>
>> Atas perhatian dan pencerahannya sy haturkan terima kasih
>>
>> On Tue, Oct 8, 2019, 17:42 iq_bal76id@yahoo.com
>> <mailto:iq_bal76id@yahoo.com> [belajar-excel]
>> <belajar-excel@yahoogroups.com
>> <mailto:belajar-excel@yahoogroups.com>> wrote:
>>
>> Dear Nunuh,
>>
>> Klo saya lihat di sheet B dan A, table nya belum di isi,
>> sehingga klo di counting jadinya "".
>>
>> Ini capture dari sheet B. highlight merah datanya belum
>> dimasukkan.
>>
>> Thanks
>>
>> Best Regards
>>
>> Muhammad Iqbal
>>
>> +62890909010/0811101854
>>
>> *From:* belajar-excel@yahoogroups..com
>> <mailto:belajar-excel@yahoogroups...com>
>> <belajar-excel@yahoogroups.com
>> <mailto:belajar-excel@yahoogroups.com>>
>> *Sent:* Monday, October 7, 2019 11:54 PM
>> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
>> <mailto:belajar-excel@yahoogroups.com>
>> *Subject:* Re: [belajar-excel] Rekapan Kode "Type" antar sheet
>>
>> Wa 'alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh.
>>
>> Dear Nunuh.
>>
>> Yang digunakan untuk menghitung kode yang ada di Zone C
>> yaaa......
>>
>> setahu saya semua kode(Type) yang ada pada Zone A, Zone B dab
>> Zone C ada 21 kode.
>>
>> Zona A terdapat 8 kode, Zone B terdapat 18 Kode dan zona C
>> terdapat 15 kode.
>>
>> Jadi rumus anda tidak salah, yang salah kede-kode nya.
>>
>> contoh Zone B dengan type SD 03'', SD03A, SD09, SD09B, SD15.
>> belum dijumlah karena kode tersebut tidak ada di Zone C.
>>
>> Demikian pula kode SD 03, SD 08 pada Zona A tidak dijumlah,
>> karena kode tersebut tidak terdapat pada Zona C.
>>
>> Perhatikan tabel di bawah ini:
>>
>> No
>>
>>
>>
>> Kode A
>>
>>
>>
>> Kode B
>>
>>
>>
>> Kode C
>>
>> 1
>>
>>
>>
>> SD 01
>>
>>
>>
>> SD 01
>>
>>
>>
>> SD 01
>>
>> 2
>>
>>
>>
>> SD 01A
>>
>>
>>
>> SD 01A
>>
>>
>>
>> SD 01A
>>
>>
>>
>> SD 03
>>
>>
>>
>>
>>
>> 3
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>> SD 03'
>>
>> 4
>>
>>
>>
>>
>>
>> SD 03"
>>
>>
>>
>> 5
>>
>>
>>
>>
>>
>> SD 03A
>>
>>
>>
>> 6
>>
>>
>>
>>
>>
>> SD 03A''
>>
>>
>>
>> SD 03A''
>>
>> 7
>>
>>
>>
>> SD 04
>>
>>
>>
>> SD 04
>>
>>
>>
>> SD 04
>>
>> 8
>>
>>
>>
>>
>>
>> SD 06
>>
>>
>>
>> SD 06
>>
>> 9
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>> SD 07
>>
>> 10
>>
>>
>>
>> SD 08
>>
>>
>>
>>
>>
>> 11
>>
>>
>>
>> SD 08A
>>
>>
>>
>> SD 08A
>>
>>
>>
>> SD 08A
>>
>> 12
>>
>>
>>
>>
>>
>> SD 08B
>>
>>
>>
>> SD 08B
>>
>> 13
>>
>>
>>
>>
>>
>> SD 09
>>
>>
>>
>> 14
>>
>>
>>
>>
>>
>> SD 09'
>>
>>
>>
>> SD 09'
>>
>> 15
>>
>>
>>
>>
>>
>> SD 09''
>>
>>
>>
>> SD 09''
>>
>> 16
>>
>>
>>
>>
>>
>> SD 09B
>>
>>
>>
>> 17
>>
>>
>>
>> SD 11
>>
>>
>>
>> SD 11
>>
>>
>>
>> SD 11
>>
>> 18
>>
>>
>>
>>
>>
>> SD 13
>>
>>
>>
>> SD 13
>>
>> 19
>>
>>
>>
>>
>>
>> SD 13A
>>
>>
>>
>> SD 13A
>>
>> 20
>>
>>
>>
>> SD 15
>>
>>
>>
>> SD 15
>>
>>
>>
>> 21
>>
>>
>>
>>
>>
>> SD 8C
>>
>>
>>
>> SD 8C
>>
>> Lengkapilah semua kode agar dapat dijumlah dengan benar..
>>
>> Wasalamu'alaikum warahmatullah
>>
>> NangAgus
>>
>> On 10/5/2019 11:50, 7 hari menuju Perubahan
>> nunuhassamawaat@gmail.com <mailto:nunuhassamawaat@gmail..com>
>> [belajar-excel] wrote:
>>
>> Assalamualaikum wr wb.
>>
>> Para Suhu yg selalu diberkahi Allah SWT msh lanjutan Soal
>> yg kemarin, saya kesulitan tuk merekap kode-kode dari
>> "Type" antar sheet (file terlampir)
>>
>> Sebelum dan sesudahnya saya haturkan terima kasih.
>>
>> --
>>
>> Regards,
>>
>> Nunuh Sumanta
>> +6281383249999,
>>
>> nunuhassamawaat@gmail.com <mailto:nunuhassamawaat@gmail.com>
>>
>
>
>
> --
> Regards,
>
>
> Nunuh Sumanta
> +6281383249999,
> nunuhassamawaat@gmail.com <mailto:nunuhassamawaat@gmail.com>
>
>
>
>

============================================================
Pojok Lowongan Kerja yang disediakan milis :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/Pojok-Lowongan-Kerja-f5725753.html
*** Posting lowongan kerja : ke link tersebut dan klik New Topic
============================================================
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke: belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke: belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis : http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran : http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di : http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe), kirim mail kosong ke : belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar