Jumat, 11 November 2011

[belajar-excel] Digest Number 1395

Messages In This Digest (25 Messages)

1a.
Bls: [belajar-excel] DTPicker From: Harry
1b.
Re: DTPicker From: Kid Mr.
1c.
Re: DTPicker From: Haps
1d.
Bls: [belajar-excel] DTPicker From: Harry
1e.
Re: DTPicker From: Kid Mr.
2a.
Re: Trik mengurangi ukuran File Excel. From: Haps
3a.
Re: VLookup dengan 2 Parameter From: Haps
4a.
Re: insert message From: Haps
5a.
Membuat grafik From: hartini_80@yahoo.co.id
5b.
Re: Membuat grafik From: Haps
5c.
Re: Membuat grafik From: hartini_80@yahoo.co.id
5d.
Re: Membuat grafik From: Haps
5e.
Re: Membuat grafik From: hartini_80@yahoo.co.id
6a.
Menghitung usia From: hartini_80@yahoo.co.id
6b.
Re: Menghitung usia From: Haps
6c.
Re: Menghitung usia From: hartini_80@yahoo.co.id
6d.
Re: Menghitung usia From: Haps
6e.
Re: Menghitung usia From: hartini_80@yahoo.co.id
7a.
Re: Tanya menampilkan nomor terakhir From: Haps
7b.
Re: Tanya menampilkan nomor terakhir From: Asror Al-Aliif's
8a.
Re: Tanya switching angka From: Asror Al-Aliif's
8b.
Re: Tanya switching angka From: Kid Mr.
8c.
Re: Tanya switching angka From: Asror Al-Aliif's
9.
Login Pada Program Excel From: Harry
10.
% DALAM PIVOT TABEL From: Darto Chandra

Messages

1a.

Bls: [belajar-excel] DTPicker

Posted by: "Harry" hariansyahptk@yahoo.com   hariansyahptk

Fri Nov 11, 2011 11:27 am (PST)



Terima
kasih atas reply-nya.
 
Bersamaini
dapat saya tambahkan lagi dng rumus yang Bapak berikan sbb:
IF
dtp_kembali.value then
     msgbox "sudah dicentang atau nilai tanggal sudah
diganti, akan diapakan ?"
else
     msgbox "belum dicentang atau belum diganti nilai
tanggalnya, jadi masih bernilai NULL, lalu mau diapakan ?"
endif
 
Jika saya
menggunakan rumus tersebut diatas, berarti di Check List atau tidaknya KOLOM
KEMBALI tidak ada perbedaannya yang hasilnya pasti tersimpan pada Registrasi P.
 
Yang saya
maksudkan adalah bagaimana caranya supaya jika CheckBox pada KOLOM KEMBALI tersebut
tidak di Check List (tidak di centang), data yang telah diisi pada kolom-kolom
sebelumnya, tidak dapat di SAVE. Dengan kata lain, Checkbox ini harus dan wajib
di Check List. Atau dengan penjelasan lain, KOLOM KEMBALI wajib di Check List.
 
Terima
kasih atas berkenan jawabannya.
 
Regards,
 
 
Harry
 
N/B:
Terlampir Contoh Studi Kasus

________________________________
Dari: Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Senin, 7 November 2011 3:45
Judul: Re: [belajar-excel] DTPicker

 
No 1.
Maksud penjelasan yang lalu, pada tombol save diberi sebuah cek terhadap nilai datetimepicker (jika menggunakan datetimepicker). Bila hasil cek adalah true, berarti kondisi Checkbox datetimepicker telah tercentang.
IF dtp_kembali.value then
     msgbox "sudah dicentang atau nilai tanggal sudah diganti, akan diapakan ?"
else
     msgbox "belum dicentang atau belum diganti nilai tanggalnya, jadi masih bernilai NULL, lalu mau diapakan ?"
endif

No 2.
Nilai datetimepicker biasanya masuk ke cell excel sudah bertype datetime, jadi atur format cell number cell yang ditulisi nilainya hasil pilih di datetimepicker.

No 3.
Sebelum cek xcell is nothing
   Dim xCell As Range
   Dim sCari As String
  
    sCari = TextBox1.Text
    Set xCell = ActiveCell
    If LenB(sCari) <> 0 Then
        If Range("f1").Value <> sCari Then
            Range("f1").Value = sCari
        ElseIf LenB(Range("e1").Value) <> 0 Then
            Set xCell = Range(Range("e1").Value)
        End If
    Else
        Range("f1").ClearContents
    End If
   Set xCell = Cells.Find(What:=TextBox1.Text, _
      After:=xCell, LookIn:=xlValues, _
      LookAt:=xlPart, SearchOrder:=xlByRows, _
      SearchDirection:=xlNext, _
      MatchCase:=False, SearchFormat:=False)

Wassalam.
Kid.

2011/11/6 Harry <hariansyahptk@yahoo.com>


>Dear Mr. Kid,

>Terima kasih atas jawabannya. Bersama dengan reply ini juga perlu saya tambahkan penjelasan sbb:
>

>·           Untuk jawaban No. 1, Checkbox sdh
diganti dng TRUE. Tapi pada prakteknya ada kemungkinan Checkbx tersebut bisa
dihilangkan (tidak di Checkbox) oleh user karena Workbook ini dipersiapkan
untuk dapat dioperasikan oleh user secara langsung.
>Yang saya maksudkan adalah bagaimana caranya supaya jika Checkbox
tersebut tidak di Check List (tidak di Checkbox), data yang telah diisi pada
kolom-kolom sebelumnya, tidak dapat di SAVE. Dengan kata lain, Checkbox ini
harus dan wajib di Check List.
>·           Jawaban No. 2, property Format
sudah pada posisi custom (dptCustom) yang formatnya dd-MM-yyyy. Tetapi hasil
auput yang dikirimkan pada Registrasi P adalah berbetuk MM/dd/yyyy.
>Bagaimana caranya dengan posisi custom (dptCustom) yang formatnya
dd-MM-yyyy juga menghasilkan output pada Registrasi P tersebut menjadi
dd-mm-yyyy…???
>·           Contoh rumus untuk jawaban No. 3
ini sangat membantu dan hampir sama dengan yang saya harapkan. Tetapi dengan
rumus tersebut kita tidak bisa meng-click tombil "CARI BUKU" (sebagaimana studi
kasus terlampir) lebih dari 1 x jika ada data yang sama mis: JUDUL BUKU 2 (ada
3 pilihan) dan JUDUL BUKU 6 (ada 2 pilihan) pada lampiran studi kasus.
>Yang saya harapkan adalah bagaimanacara dan rumusnya jika kita dapat
meng-click tombol "CARI BUKU" lebih dari 1 x jika ada data yang sama
penulisannya…???

>Terima kasih atas berkenan
jawabannya.

>Regards,


>Harry

>N/B: Untuk jawaban No. 3
>·           Pada JUDUL BUKU 2 ada 3 pilihan
yang Tahun dan Penerbitnya berbeda sedangkan Pada JUDUL BUKU 6 ada 2 pilihan
yang Tahun dan Penerbitnya juga berbeda.
>·           Jika kita mencari JUDUL BUKU 1 dan
mengclick tombol "CARI BUKU", maka background warna merah akan berada pada
posisi yang kita maksudkan. Trus, jika kita mencari JUDUL BUKU 2 dan mengclick tombol
"CARI BUKU", maka background warna merah juga akan berada pada posisi yang kita
maksudkan. TETAPI mengapa background warna merah waktu kita mencari JUDUL BUKU
1 tidak hilang…??? Bagaimana caranya supaya background warna merah waktu kita
mencari JUDUL BUKU 1 kembali seperti semula (tidak berwarna).
>
>
>
>________________________________
>Dari: Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
>Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
>Dikirim: Sabtu, 5 November 2011 22:52
>Judul: Re: [belajar-excel] DTPicker
>
>
>

>Pak Harry Yth,
>
>Mohon file lampirannya dikecilkan (<250KB).
>
>1. Jika dengan object control checkbox maupun option button, cek nilai property value-nya. JIka TRUE berarti telah checked.
>Jika dengan object datetimepicker, cek nilai property checkbox. Jika nilai property checkbox adalah TRUE, berarti checked.
>
>2. Ubah datetimepicker pada property Format pilih custom (dtpCustom) dan pada property CustomFormat diberi format sesuai kebutuhan, misal dd-MM-yyyy
>
>3. ketika hasil find tidak null, maka range hasil find yang lalu diset untuk hilangkan warna dulu, kemudian hasil find yang baru di resize sesuai lebar kolom lalu di warnai dengan properti interior colorindex.
>Hasil yang lalu ada alamatnya di range E1
>If Not
xCell Is Nothing Then
>    if lenb(range("e1").value) <> 0 then    
>               range( range("e1").value ).resize(1,12).interior.color = xlcolorindexnone
>    endif
>    xcell.resize(1,12).interior.colorindex=3
>    range("e1").value=xcell.address(false,false)
>else
>  blah-blah
>endif
>
>
>Kid.
>
>
>2011/11/5 Harry <hariansyahptk@yahoo.com>
>
>
>> 
>>Kepada Moderator Belajar Excel dan teman-teman anggota Belajar Excel,
>> 
>>Terlampir saya sertakan contoh Studi
Kasus sebagai bahan referensi.
>>Dari contoh studi kasus tersebut
dapat dinyatakan bahwa kolom nama, no telp, penerima file, tujuan pinjam &
petugas arsip harus diisi (sebagaimana contoh rumus dibawah) karena jika tidak
program tersebut tidak bisa menyimpan data yang telah diisi pada sheet
Registrasi P.
>> 
>>'check for a part number
>>If Trim(Cbonama.Value) = "" Then
>>  Cbonama.SetFocus
>>  MsgBox
"Masukkan nama lengkap anda (User)"
>>  Exit
Sub
>>End If
>> 
>>'check for a part number
>>If Trim(txtnotelp.Value) = "" Then
>>  Me.txtnotelp.SetFocus
>>  MsgBox
"Masukkan No. Telp (HP) anda"
>>  Exit
Sub
>>End If
>> 
>>'check for a part number
>>If Trim(Me.txtpenerimafile.Value) =
"" Then
>>  Me.txtpenerimafile.SetFocus
>>  MsgBox
"Masukkan nama anda"
>>  Exit
Sub
>>End If
>> 
>>'check for a part number
>>If Trim(Me.Cbotujuanpinjam.Value) =
"" Then
>>  Me.Cbotujuanpinjam.SetFocus
>>  MsgBox
"Masukkan tujuan anda meminjam File Arsip"
>>  Exit
Sub
>>End If
>> 
>>'check for a part number
>>If Trim(Me.Cbopetugasarsip.Value) =
"" Then
>>  Me.Cbopetugasarsip.SetFocus
>>  MsgBox
"Masukkan nama petugas arsip yang melayani anda"
>>  Exit
Sub
>>End If
>> 
>>Pertanyaan saya adalah:
>>1.         Bagaimana jika kita ingin
menambahkan perintah Tanggal Kembali harus / wajib dicentang (√), bagaimanakah
cara dan rumusnya…??? Jika tidak program tersebut tidak bisa menyimpan data
yang telah diisi pada sheet Registrasi P.
>>2.         Pada kolom Tanggal Pinjam dan
Tanggal Kembali formatnya adalah bulan/tanggal/tahun yang outputnya (Registrasi
P) adalah tanggal-bulan-tahun. Bagaimana caranya jika ingin menggantinya dengan
format tanggal-bulan-tahun yang outpunya (Registrasi P) juga dengan format
tanggal-bulan-tahun…???
>>3.         Dari contoh rumus dibawah ini
dapat digunakan untuk mencari posisi data buku yang kita inginkan. Bagaimana
cara dan rumusnya jika dimana posisi pointer tersebut berada dapat ditandai
dengan background warna (KUNING / MERAH) agar
lebih mudah mencari dimana posisi pointer tersebut berada…???
>> 
>>Private Sub CommandButton1_Click()
>>   Dim
xCell As Range
>>  
>>   Set
xCell = Cells.Find(What:=TextBox1.Text, _
>>      After:=ActiveCell, LookIn:=xlValues, _
>>      LookAt:=xlPart, SearchOrder:=xlByRows, _
>>      SearchDirection:=xlNext, _
>>      MatchCase:=False, SearchFormat:=False)
>> 
>>   If Not
xCell Is Nothing Then
>>      xCell.Activate
>>      Range("E1") = xCell.Address(0, 0)
>>   Else
>>      Range("E1") = ""
>>      MsgBox "DATA YANG ANDA CARI TIDAK DITEMUKAN. PERIKSA KEMBALI
PENULISANNYA", vbExclamation, "Hasil Pencarian"
>>   End If
>>End Sub
>> 
>>Private Sub registrasiarsippinjam_Click()
>>frmregistrasippinjam.Show
>>End Sub
>> 
>>Sebelum dan sesudahnya saya
mengucapkan banyak terima kasih.
>> 
>>Regards,
>> 
>> 
>>Harry
>> 
>>N/B: Pertanyaan No. 1 & 2 yang
diutamakan.
>> 
>
>
>

1b.

Re: DTPicker

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Fri Nov 11, 2011 11:38 am (PST)



Terimakasih juga telah bersedia mengungkapkan kebingungannya.

Mari kita belajar konsep IF Then Else End IF

IF suatu kondisi tercapai THEN
seluruh proses diblok ini akan diproses, bisa jadi itu proses simpan,
proses hapus, proses simpan diikuti hapus, proses filter atau proses apa
saja
cukup tulis baris prosesnya disini
ELSE
seluruh proses disini akan dikerjakan jika suatu kondisi tidak tercapai
END IF

Tentu sudah familiar dengan fungsi IF di worksheet yang ditulis di formula
bar bukan ?
=IF( nilainya=50, trim(substitute(small)find,dsb disini)))) sebagai proses
nilai TRUE, semua proses nilai FALSE disini )

Kira-kira apa bedanya dengan struktur syntax di atas ?

Mari ditelaah baris-baris script :
IF *dtp_kembali.value* then 'yang biru itu adalah suatu kondisi
'contoh proses ketika kondisi terpenuhi, yaitu dtp_kembali punya nilai
*msgbox "sudah dicentang atau nilai tanggal sudah diganti, akan
diapakan ?"*
'lalu sampeyan mau proses apa lagi kalau dtp_punya nilai ?
'pada dtp_ dengan checkbox, dtp akan punya nilai kalau sudah dicentang

'ini sekalian disediakan ruang baris-baris proses sampeyan ya...
'sila salin copas atau apa saja mulai baris berikut, sampai sebelum
ELSE agar tetap pada blok kondisi TRUE

else
'contoh proses ketika kondisi tidak terpenuhi
msgbox "belum dicentang atau belum diganti nilai tanggalnya, jadi
masih bernilai NULL, lalu mau diapakan ?"
'kalau dtp gak dicentang, walau tampak isinya tanggal sebaad kemudian
pun, tetap saja dianggap tak bernilai
'kalau kejadian itu terjadi, sampeyan mau memproses apa selain
nampilkan pesan itu ?

'disini sampeyan tulis proses milik sampeyan sendiri, mau apa kalau
dtp gak punya nilai (belum dicentang)
'jangan sampai melewati END IF ya...

endif

Kira-kira susunannya demikian.

Kid.

2011/11/11 Harry <hariansyahptk@yahoo.com>

> **
>
>
> Terima kasih atas reply-nya.
>
> Bersamaini dapat saya tambahkan lagi dng rumus yang Bapak berikan sbb:
> IF dtp_kembali.value then
> msgbox "sudah dicentang atau nilai tanggal sudah diganti, akan
> diapakan ?"
> else
> msgbox "belum dicentang atau belum diganti nilai tanggalnya, jadi
> masih bernilai NULL, lalu mau diapakan ?"
> endif
>
> Jika saya menggunakan rumus tersebut diatas, berarti di Check List atau
> tidaknya KOLOM KEMBALI tidak ada perbedaannya yang hasilnya pasti tersimpan
> pada Registrasi P.
>
> Yang saya maksudkan adalah bagaimana caranya supaya jika CheckBox pada
> KOLOM KEMBALI tersebut tidak di Check List (tidak di centang), data yang
> telah diisi pada kolom-kolom sebelumnya, tidak dapat di SAVE. Dengan kata
> lain, Checkbox ini harus dan wajib di Check List. Atau dengan penjelasan
> lain, KOLOM KEMBALI wajib di Check List.
>
> Terima kasih atas berkenan jawabannya.
>
> Regards,
>
>
> Harry
>
> N/B: Terlampir Contoh Studi Kasus
>
> ------------------------------
> *Dari:* Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
> *Kepada:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Dikirim:* Senin, 7 November 2011 3:45
> *Judul:* Re: [belajar-excel] DTPicker
>
>
> No 1.
> Maksud penjelasan yang lalu, pada tombol save diberi sebuah cek terhadap
> nilai datetimepicker (jika menggunakan datetimepicker). Bila hasil cek
> adalah true, berarti kondisi Checkbox datetimepicker telah tercentang.
> IF dtp_kembali.value then
> msgbox "sudah dicentang atau nilai tanggal sudah diganti, akan
> diapakan ?"
> else
> msgbox "belum dicentang atau belum diganti nilai tanggalnya, jadi
> masih bernilai NULL, lalu mau diapakan ?"
> endif
>
> No 2.
> Nilai datetimepicker biasanya masuk ke cell excel sudah bertype datetime,
> jadi atur format cell number cell yang ditulisi nilainya hasil pilih di
> datetimepicker.
>
> No 3.
> Sebelum cek xcell is nothing
> Dim xCell As Range
> Dim sCari As String
>
> sCari = TextBox1.Text
> Set xCell = ActiveCell
> If LenB(sCari) <> 0 Then
> If Range("f1").Value <> sCari Then
> Range("f1").Value = sCari
> ElseIf LenB(Range("e1").Value) <> 0 Then
> Set xCell = Range(Range("e1").Value)
> End If
> Else
> Range("f1").ClearContents
> End If
> Set xCell = Cells.Find(What:=TextBox1.Text, _
> After:=xCell, LookIn:=xlValues, _
> LookAt:=xlPart, SearchOrder:=xlByRows, _
> SearchDirection:=xlNext, _
> MatchCase:=False, SearchFormat:=False)
>
>
> Wassalam.
> Kid.
>
> 2011/11/6 Harry <hariansyahptk@yahoo.com>
>
> **
>
> Dear Mr. Kid,
>
> Terima kasih atas jawabannya. Bersama dengan reply ini juga perlu saya
> tambahkan penjelasan sbb:
>
> · Untuk jawaban No. 1, Checkbox sdh diganti dng TRUE. Tapi pada
> prakteknya ada kemungkinan Checkbx tersebut bisa dihilangkan (tidak di
> Checkbox) oleh user karena Workbook ini dipersiapkan untuk dapat
> dioperasikan oleh user secara langsung.
> Yang saya maksudkan adalah bagaimana caranya supaya jika Checkbox tersebut
> tidak di Check List (tidak di Checkbox), data yang telah diisi pada
> kolom-kolom sebelumnya, tidak dapat di SAVE. Dengan kata lain, Checkbox ini
> harus dan wajib di Check List.
> · Jawaban No. 2, property Format sudah pada posisi custom
> (dptCustom) yang formatnya dd-MM-yyyy. Tetapi hasil auput yang dikirimkan
> pada Registrasi P adalah berbetuk MM/dd/yyyy.
> Bagaimana caranya dengan posisi custom (dptCustom) yang formatnya
> dd-MM-yyyy juga menghasilkan output pada Registrasi P tersebut menjadi
> dd-mm-yyyy…???
> · Contoh rumus untuk jawaban No. 3 ini sangat membantu dan
> hampir sama dengan yang saya harapkan. Tetapi dengan rumus tersebut kita
> tidak bisa meng-click tombil "CARI BUKU" (sebagaimana studi kasus
> terlampir) lebih dari 1 x jika ada data yang sama mis: JUDUL BUKU 2 (ada 3
> pilihan) dan JUDUL BUKU 6 (ada 2 pilihan) pada lampiran studi kasus.
> Yang saya harapkan adalah bagaimanacara dan rumusnya jika kita dapat
> meng-click tombol "CARI BUKU" lebih dari 1 x jika ada data yang sama
> penulisannya…???
>
> Terima kasih atas berkenan jawabannya.
>
> Regards,
>
>
> Harry
>
> N/B: Untuk jawaban No. 3
> · Pada JUDUL BUKU 2 ada 3 pilihan yang Tahun dan Penerbitnya
> berbeda sedangkan Pada JUDUL BUKU 6 ada 2 pilihan yang Tahun dan
> Penerbitnya juga berbeda.
> · Jika kita mencari JUDUL BUKU 1 dan mengclick tombol "CARI
> BUKU", maka background warna merah akan berada pada posisi yang kita
> maksudkan. Trus, jika kita mencari JUDUL BUKU 2 dan mengclick tombol "CARI
> BUKU", maka background warna merah juga akan berada pada posisi yang kita
> maksudkan. TETAPI mengapa background warna merah waktu kita mencari JUDUL
> BUKU 1 tidak hilang…??? Bagaimana caranya supaya background warna merah
> waktu kita mencari JUDUL BUKU 1 kembali seperti semula (tidak berwarna).
>
> ------------------------------
> *Dari:* Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
> *Kepada:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Dikirim:* Sabtu, 5 November 2011 22:52
> *Judul:* Re: [belajar-excel] DTPicker
>
>
> Pak Harry Yth,
>
> Mohon file lampirannya dikecilkan (<250KB).
>
> 1. Jika dengan object control checkbox maupun option button, cek nilai
> property value-nya. JIka TRUE berarti telah checked.
> Jika dengan object datetimepicker, cek nilai property checkbox. Jika nilai
> property checkbox adalah TRUE, berarti checked.
>
> 2. Ubah datetimepicker pada property Format pilih custom (dtpCustom) dan
> pada property CustomFormat diberi format sesuai kebutuhan, misal dd-MM-yyyy
>
> 3. ketika hasil find tidak null, maka range hasil find yang lalu diset
> untuk hilangkan warna dulu, kemudian hasil find yang baru di resize sesuai
> lebar kolom lalu di warnai dengan properti interior colorindex.
> Hasil yang lalu ada alamatnya di range E1
> If Not xCell Is Nothing Then
> if lenb(range("e1").value) <> 0 then
> range( range("e1").value ).resize(1,12).interior.color =
> xlcolorindexnone
> endif
> xcell.resize(1,12).interior.colorindex=3
> range("e1").value=xcell.address(false,false)
> else
> blah-blah
> endif
>
>
> Kid.
>
> 2011/11/5 Harry <hariansyahptk@yahoo.com>
>
> **
>
> *Kepada Moderator Belajar Excel dan teman-teman anggota Belajar Excel,*
>
> Terlampir saya sertakan contoh Studi Kasus sebagai bahan referensi.
> Dari contoh studi kasus tersebut dapat dinyatakan bahwa kolom nama, no
> telp, penerima file, tujuan pinjam & petugas arsip harus diisi (sebagaimana
> contoh rumus dibawah) karena jika tidak program tersebut tidak bisa
> menyimpan data yang telah diisi pada sheet Registrasi P.
>
> 'check for a part number
> If Trim(Cbonama.Value) = "" Then
> Cbonama.SetFocus
> MsgBox "Masukkan nama lengkap anda (User)"
> Exit Sub
> End If
>
> 'check for a part number
> If Trim(txtnotelp.Value) = "" Then
> Me.txtnotelp.SetFocus
> MsgBox "Masukkan No. Telp (HP) anda"
> Exit Sub
> End If
>
> 'check for a part number
> If Trim(Me.txtpenerimafile.Value) = "" Then
> Me.txtpenerimafile.SetFocus
> MsgBox "Masukkan nama anda"
> Exit Sub
> End If
>
> 'check for a part number
> If Trim(Me.Cbotujuanpinjam.Value) = "" Then
> Me.Cbotujuanpinjam.SetFocus
> MsgBox "Masukkan tujuan anda meminjam File Arsip"
> Exit Sub
> End If
>
> 'check for a part number
> If Trim(Me.Cbopetugasarsip.Value) = "" Then
> Me.Cbopetugasarsip.SetFocus
> MsgBox "Masukkan nama petugas arsip yang melayani anda"
> Exit Sub
> End If
>
> Pertanyaan saya adalah:
> 1. Bagaimana jika kita ingin menambahkan perintah Tanggal Kembali
> harus / wajib dicentang (√), bagaimanakah cara dan rumusnya…??? Jika tidak
> program tersebut tidak bisa menyimpan data yang telah diisi pada sheet
> Registrasi P.
> 2. Pada kolom Tanggal Pinjam dan Tanggal Kembali formatnya adalah
> bulan/tanggal/tahun yang outputnya (Registrasi P) adalah
> tanggal-bulan-tahun. Bagaimana caranya jika ingin menggantinya dengan
> format tanggal-bulan-tahun yang outpunya (Registrasi P) juga dengan format
> tanggal-bulan-tahun…???
> 3. Dari contoh rumus dibawah ini dapat digunakan untuk mencari
> posisi data buku yang kita inginkan. Bagaimana cara dan rumusnya jika
> dimana posisi pointer tersebut berada dapat ditandai dengan background
> warna (KUNING / MERAH) agar lebih mudah mencari dimana posisi pointer
> tersebut berada…???
>
> Private Sub CommandButton1_Click()
> Dim xCell As Range
>
> Set xCell = Cells.Find(What:=TextBox1.Text, _
> After:=ActiveCell, LookIn:=xlValues, _
> LookAt:=xlPart, SearchOrder:=xlByRows, _
> SearchDirection:=xlNext, _
> MatchCase:=False, SearchFormat:=False)
>
> If Not xCell Is Nothing Then
> xCell.Activate
> Range("E1") = xCell.Address(0, 0)
> Else
> Range("E1") = ""
> MsgBox "DATA YANG ANDA CARI TIDAK DITEMUKAN. PERIKSA KEMBALI
> PENULISANNYA", vbExclamation, "Hasil Pencarian"
> End If
> End Sub
>
> Private Sub registrasiarsippinjam_Click()
> frmregistrasippinjam.Show
> End Sub
>
> Sebelum dan sesudahnya saya mengucapkan banyak terima kasih.
>
> Regards,
>
>
> *Harry*
> * *
> *N/B: Pertanyaan No. 1 & 2 yang diutamakan.*
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
1c.

Re: DTPicker

Posted by: "Haps" hapsari.stlizbeth@gmail.com   liz_hap

Fri Nov 11, 2011 5:57 pm (PST)



*MsgBox* di VBA adalah sebuah
FUNGSI<http://www.fontstuff.com/ebooks/free/fsMessageBoxes.pdf>yg
hanya akan menghasilkan terpampangnya kotak dialog berisi pesan.
Dia tidak pernah akan menghasilkan tindakan (ber-efek-netto), misalnya
mengubah data, mengubah object, mengubah cell dsb.

Pemberi tanggapan, dengan memberikan struktur IF sbg pencabangan tsb ingin
menjelaskan
KALAU SYARAT = TRUE, maka ( susunlah CODE untuk menghasilkan keinginan
anda)
KALAU SYARAT = (TIDAK TRUE), maka ( susunlah CODE untuk menghasilkan
keinginan anda)

ada kalanya suatu pelajaran selain didiskusikan secara "sporadik", di lain
waktu juga dibaca secara urut dari awal agar tidak menjadi binun' ; cara
paling gampang adalah dengan pegang textbooknya...
( coba di cari di SubFolder [Asal Seru] di folder OnLine
mbake..<http://www.box.net/shared/4fy7rujlun>barangkali ada...)

2011/11/11 Harry <hariansyahptk@yahoo.com>

> **
> Terima kasih atas reply-nya.
> Bersamaini dapat saya tambahkan lagi dng rumus yang Bapak berikan sbb:
>
IF dtp_kembali.value then
> msgbox "sudah dicentang atau nilai tanggal sudah diganti, akan
> diapakan ?"
> else
> msgbox "belum dicentang atau belum diganti nilai tanggalnya, jadi
> masih bernilai NULL, lalu mau diapakan ?"
> endif
>
> *Jika saya menggunakan rumus tersebut diatas, berarti di Check List atau
> tidaknya KOLOM KEMBALI tidak ada perbedaannya yang hasilnya pasti tersimpan
> pada Registrasi P.*
>
> Yang saya maksudkan adalah bagaimana caranya supaya jika CheckBox pada
> KOLOM KEMBALI tersebut tidak di Check List (tidak di centang), data yang
> telah diisi pada kolom-kolom sebelumnya, tidak dapat di SAVE. Dengan kata
> lain, Checkbox ini harus dan wajib di Check List. Atau dengan penjelasan
> lain, KOLOM KEMBALI wajib di Check List.
>
>
1d.

Bls: [belajar-excel] DTPicker

Posted by: "Harry" hariansyahptk@yahoo.com   hariansyahptk

Fri Nov 11, 2011 10:17 pm (PST)



Dear Mr. Kid,

Terima kasih atas pelajarannya.
Mungkin karena saya yang sangat awam pada pelajaran ini sehingga saya masih sangat bingung.

Supaya apa yang saya maksudkan dapat diterima, dapat saya contohkan dengan rumus sbb:
'check for a part number (petugas arsip)
If
Trim(Me.Cbopetugasarsip.Value) = "" Then
� Me.Cbopetugasarsip.SetFocus
� MsgBox "Masukkan nama petugas arsip yang melayani anda"
� Exit Sub
End If

Pada rumus
diatas 'check for a part number (petugas arsip), dapat disimpulkan bahwa kolom PETUGAS ARSIP� wajib diisi. Kalau tidak diisi dengan pilihan yang telah disediakan (mis; Petugas 1, Petugas 2, Petugas 3, Petugas 4 atau Petugas 5), maka data pada kolom yang sudah diisi tersebut tidak dapat diproses dan akan muncul MsgBox "Masukkan nama petugas arsip yang melayani anda".

Yang saya
inginkan pada DPT_Kembali (kolom TANGGAL KEMBALI�) juga demikian. Misalnya
dengan contoh rumus sbb:
'check for a part number (DPT_Kembali)
If Trim(Me.DPT_Kembali.Value) = "" Then
� Me. DPT_Kembali.SetFocus
� MsgBox "Kolom tanggal kembali wajib dicentang""
� Exit Sub
End If

Saya sudah mencoba menggunakan rumus diatas 'check for a part
number (DPT_Kembali), tetapi hasilnya jika kolom TANGGAL KEMBALI tidak dicentang, maka data pada kolom lainnya yang sudah diisi tersebut MASIH DAPATdiproses.

Yang saya inginkan adalah:
1.Bagaimana cara dan rumusnya JIKA kolom TANGGAL KEMBALI� tidak dicentang, maka data pada kolom yang sudah diisi tersebut TIDAK DAPAT diproses. Atau;
2.Data yang telah diisi akan diproses jika semua kolom sudah terisi lengkap dan kolom TANGGAL KEMBALI� SUDAH / WAJIB dicentang.

Terima kasih.
Harry

N/B:
1.� Rumus 'check for a part number (DPT_Kembali) hanya
merupakan contoh dan bukan rumus sebenarnya.
2.� Studi Kasus (lampiran) yang pernah saya kirimkan mohon dijadikan sebagai bahan / Workbook Kertas Kerja.
3.� Workbook Kertas Kerja (Studi Kasus) yang sudah disesuaikan dengan yang saya maksudkan, mohon berkenan disertakan.

________________________________
Dari: Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
Dikirim: Sabtu, 12 November 2011 2:38

Terimakasih juga telah bersedia mengungkapkan kebingungannya.

Mari kita belajar konsep IF Then Else End IF

IF suatu kondisi tercapai THEN
� seluruh proses diblok ini akan diproses, bisa jadi itu proses simpan, proses hapus, proses simpan diikuti hapus, proses filter atau proses apa saja
cukup tulis baris prosesnya disini
ELSE
� seluruh proses disini akan dikerjakan jika suatu kondisi tidak tercapai
END IF

Tentu sudah familiar dengan fungsi IF di worksheet yang ditulis di formula bar bukan ?
=IF( nilainya=50, trim(substitute(small)find,dsb disini)))) sebagai proses nilai TRUE, semua proses nilai FALSE disini )

Kira-kira apa bedanya dengan struktur syntax di atas ?

Mari ditelaah baris-baris script :
IF dtp_kembali.value then� 'yang biru itu adalah suatu kondisi
� 'contoh proses ketika kondisi terpenuhi, yaitu dtp_kembali punya nilai
� msgbox "sudah dicentang atau nilai tanggal sudah
diganti, akan diapakan ?"
� 'lalu sampeyan mau proses apa lagi kalau dtp_punya nilai ?
� 'pada dtp_ dengan checkbox, dtp akan punya nilai kalau sudah dicentang

� 'ini sekalian disediakan ruang baris-baris proses sampeyan ya...
� 'sila salin copas atau apa saja mulai baris berikut, sampai sebelum ELSE agar tetap pada blok kondisi TRUE

else
� 'contoh proses ketika kondisi tidak terpenuhi
� msgbox "belum dicentang atau belum diganti nilai
tanggalnya, jadi masih bernilai NULL, lalu mau diapakan ?"
'kalau dtp gak dicentang, walau tampak isinya tanggal seabad kemudian pun, tetap saja dianggap tak bernilai
� 'kalau kejadian itu terjadi, sampeyan mau memproses apa selain nampilkan pesan itu ?

� 'disini sampeyan tulis proses milik sampeyan sendiri, mau apa kalau dtp gak punya nilai (belum dicentang)
� 'jangan sampai melewati END IF ya...

endif

Kira-kira susunannya demikian.

Kid.

1e.

Re: DTPicker

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Fri Nov 11, 2011 11:06 pm (PST)



datetime picker yang diberi checkbox, akan punya nilai jika checkbox di
centang.
Jika checkbox tidak dicentang, maka dia tidak punya nilai (kosong = NULL).
Karakteristik NULL adalah tidak bisa dikenai fungsi selain sekedar cek null
atau tidak, nothing atau tidak.
Oleh sebab itu, kondisinya harus *DTP_Kembali.Value*
tidak perlu bersibuk dengan tambahkan trim atau ata apapun yang tampak
untuk cek valid. Karena validasinya memang hanya sesederhana itu saja.

Silakan di copas.

'check for a part number
If DTP_Kembali.Value Then
'
Else
Me.DTP_Kembali.SetFocus
MsgBox "Check List Tanggal Kembali"
Exit Sub
End If

Kid.

2011/11/12 Harry <hariansyahptk@yahoo.com>

> **
>
>
> Dear Mr. Kid,
>
> Terima kasih atas pelajarannya.
> Mungkin karena saya yang sangat awam pada pelajaran ini sehingga saya
> masih sangat bingung.
>
> Supaya apa yang saya maksudkan dapat diterima, dapat saya contohkan dengan
> rumus sbb:
> 'check for a part number (petugas arsip)
>
> If
> Trim(Me.Cbopetugasarsip.Value) = "" Then
> Me.Cbopetugasarsip.SetFocus
> MsgBox "Masukkan nama petugas arsip yang melayani anda"
> Exit Sub
> End If
>
> Pada rumus
> diatas 'check for a part number (petugas arsip), dapat disimpulkan bahwa
> kolom PETUGAS ARSIP wajib diisi. Kalau tidak diisi dengan pilihan yang
> telah disediakan (mis; Petugas 1, Petugas 2, Petugas 3, Petugas 4 atau
> Petugas 5), maka data pada kolom yang sudah diisi tersebut tidak dapat
> diproses dan akan muncul MsgBox "Masukkan nama petugas arsip yang melayani
> anda".
>
> Yang saya
> inginkan pada DPT_Kembali (kolom TANGGAL KEMBALI ) juga demikian. Misalnya
> dengan contoh rumus sbb:
> 'check for a part number (DPT_Kembali)
> If Trim(Me.DPT_Kembali.Value) = "" Then
> Me. DPT_Kembali.SetFocus
> MsgBox "Kolom tanggal kembali wajib dicentang�"
> Exit Sub
> End If
>
> Saya sudah mencoba menggunakan rumus diatas 'check for a part
> number (DPT_Kembali), tetapi hasilnya jika kolom TANGGAL KEMBALI tidak
> dicentang, maka data pada kolom lainnya yang sudah diisi tersebut MASIH
> DAPATdiproses.
>
> Yang saya inginkan adalah:
> 1.Bagaimana cara dan rumusnya JIKA kolom TANGGAL KEMBALI tidak dicentang,
> maka data pada kolom yang sudah diisi tersebut TIDAK DAPAT diproses. Atau;
> 2.Data yang telah diisi akan diproses jika semua kolom sudah terisi
> lengkap dan kolom TANGGAL KEMBALI SUDAH / WAJIB dicentang.
>
> Terima kasih.
> Harry
>
> N/B:
> 1. Rumus 'check for a part number (DPT_Kembali) hanya
> merupakan contoh dan bukan rumus sebenarnya.
> 2. Studi Kasus (lampiran) yang pernah saya kirimkan mohon dijadikan
> sebagai bahan / Workbook Kertas Kerja.
> 3. Workbook Kertas Kerja (Studi Kasus) yang sudah disesuaikan dengan yang
> saya maksudkan, mohon berkenan disertakan.
>
> ________________________________
> Dari: Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
> Dikirim: Sabtu, 12 November 2011 2:38
>
>
> Terimakasih juga telah bersedia mengungkapkan kebingungannya.
>
> Mari kita belajar konsep IF Then Else End IF
>
> IF suatu kondisi tercapai THEN
> seluruh proses diblok ini akan diproses, bisa jadi itu proses simpan,
> proses hapus, proses simpan diikuti hapus, proses filter atau proses apa
> saja
> cukup tulis baris prosesnya disini
> ELSE
> seluruh proses disini akan dikerjakan jika suatu kondisi tidak tercapai
> END IF
>
> Tentu sudah familiar dengan fungsi IF di worksheet yang ditulis di formula
> bar bukan ?
> =IF( nilainya=50, trim(substitute(small)find,dsb disini)))) sebagai proses
> nilai TRUE, semua proses nilai FALSE disini )
>
> Kira-kira apa bedanya dengan struktur syntax di atas ?
>
> Mari ditelaah baris-baris script :
> IF dtp_kembali.value then 'yang biru itu adalah suatu kondisi
> 'contoh proses ketika kondisi terpenuhi, yaitu dtp_kembali punya nilai
> msgbox "sudah dicentang atau nilai tanggal sudah
> diganti, akan diapakan ?"
> 'lalu sampeyan mau proses apa lagi kalau dtp_punya nilai ?
> 'pada dtp_ dengan checkbox, dtp akan punya nilai kalau sudah dicentang
>
> 'ini sekalian disediakan ruang baris-baris proses sampeyan ya...
> 'sila salin copas atau apa saja mulai baris berikut, sampai sebelum ELSE
> agar tetap pada blok kondisi TRUE
>
> else
> 'contoh proses ketika kondisi tidak terpenuhi
> msgbox "belum dicentang atau belum diganti nilai
> tanggalnya, jadi masih bernilai NULL, lalu mau diapakan ?"
> 'kalau dtp gak dicentang, walau tampak isinya tanggal seabad kemudian pun,
> tetap saja dianggap tak bernilai
>
> 'kalau kejadian itu terjadi, sampeyan mau memproses apa selain nampilkan
> pesan itu ?
>
> 'disini sampeyan tulis proses milik sampeyan sendiri, mau apa kalau dtp
> gak punya nilai (belum dicentang)
> 'jangan sampai melewati END IF ya...
>
> endif
>
> Kira-kira susunannya demikian.
>
> Kid.
>
>
>
2a.

Re: Trik mengurangi ukuran File Excel.

Posted by: "Haps" hapsari.stlizbeth@gmail.com   liz_hap

Fri Nov 11, 2011 2:29 pm (PST)



*Koreksi*
Untuk mencapai *LastCell*, tombol yg harus ditekan,
tertulis: * [Ctrl] + [Home]*

seharusnya: *[End] , [Home]*
(tombol [End] *diikuti *(bukan dibarengi) tombol [Home] )

Terima kasih,
& selamat pagi

[image: Last Cell dan Used Range.PNG]

[image: Used Range.PNG]

selain itu (untuk menormalkan filesize sebah workbook) masih ada hal lain
yg harus di'urus' juga, misalnya gambar /drawing objects, Names dsb..

2011/11/10 Haps <hapsari.stlizbeth@gmail.com>

> Di sheet Excel dikenal adanya *LastCell* yg dapat dicapai dengan Ctrl +
> End atau *Ctrl + Home*; atau melalui F5 (Edit > Go To) > Special >
> LastCell.
> Dikenal pula ada *UsedRange*, yaitu se-area range di suatu sheet yg oleh
> Excel DIANGGAP sbg range berisi data (atau cell terakhir berupa
> pojok-kanan-bawah-nya berisi data)
>
> "Unfortunately" - - - - - cut - - - - -
>
3a.

Re: VLookup dengan 2 Parameter

Posted by: "Haps" hapsari.stlizbeth@gmail.com   liz_hap

Fri Nov 11, 2011 3:51 pm (PST)



siapa tadi yg bilang hapsari jelex ?
(orang "cuma mrongos dikit.." lho.. kok dibilang jelex sih yu siti ki...!!)

*maaf [OOT]*

kutipan dari pertanyaan pak Yudi yg hanya sepotong kalimat & tanpa contoh
data:
"bagaimana caranya vlookup dengan 2 parameter."

kutipan dari email pak Ndaru

"kalau usul sy (karena pertanyaan termasuk luas,
berarti bisa di *interprestasi*kan apa saja)
maka *sebaiknya* ke dua kriteria (yg ada di dua cell/
*kolom berbeda*) tersebut digabung dg karakter ' & '. "

Di situ ada kata: "SEBAIKNYA"..... artinya: cara lain "kurang baik" .. he
he ...
Padahal kan sama-sama MENEBAK satu kemungkinan dari puluhan kemungkinan ..
"Kolom Berbeda" pun hanya sebuah benda abstrak / tebakan, karena contohnya
'kan masih di awang-awang...

dan..
*"Perkalian logika"* seperti dlm contoh SUMPRODUCT dari yu siti, -vs-
*"penggabungan data-text"* (dgn OPERATOR penggabung) seperti yg dikatakan
oleh
pak nDaru itu, SAMA lho inti nya !!
Jadi, mana dong yg "lebih jelex", kalau ternyata sama ?
Mungkin yg ada: "yg lebih ringkas & efisien" itupun baru bisa dinilai jika
pak Yudi
TIBA-TIBA berkenan: mengirimkan contoh datanya (PLUS: penjelasan
keinginannya)

Inti OOT ini sebenarnya hanya menunggu tangapan pak Yudi, apakah seperti
pada kasus
/ pertanyaan sebelumnya (5 Nov / "Vlookup mengilangkan # N/A..") : yaitu
walaupun teman-teman menanggapi /membantu dgn simpatik "sambil MOHON apakah
pak Yudi berkenan mengirimkan contoh data"
tetapi beliau tetap "tenang berlalu tanpa pesan" alias 'kita' dicuekin....

kacian deh luh, beExcel (jadilah yg Unggul !)

- haps -

2011/11/11 Nanang Wisma Ndaru <nanang.ndaru@bni.co.id>

> **
> kalau usul sy (karena pertanyaan termasuk luas, berarti bisa di* interpres
> tasikan* apa saja)
> maka sebaiknya ke dua kriteria (yg ada di dua cell/ kolom berbeda)
> tersebut digabung dg karakter ' & '.
>
> lalu dijadikan satu cell di kolom paling kiri.
> copy ke bawah utk dijadikan satu kolom
>
> setelah itu lalu bisa di vlookup biasa, dg key pencarian
> kolom paling kiri yg baru Saudara buat tsb
>
>
> -----belajar-excel@yahoogroups.com wrote: -----
>
> To: belajar-excel@yahoogroups.com
> From: "STDEV(i)" <setiyowati.devi@gmail.com>
> Date: 11/11/2011 11:22AM
>
> Mencari data dalam TABEL (list) dengan multiple kriteria biasanya kita
> gunakan
> fungsi SUMPRODUCT dalam formulanya. Sintaksnya agak lain dengan contoh
> resmi pada Function - HELP nya.
>
> Sayang sekali pak Yudi tidak berkenan menjelaskan masalah lebih detil
> ataupun
> mengirimkan contoh data dlm sheet excel
>
> Tapi baiklah, kira kira begini:
>
> Di asrama ada 3 agus, 3 hapsari, 3 budi.
> Untuk membedakan 1 dan lainnya; setiap nama diberi 'julukan' , misal
> agus biasa,
> budi oon, hapsari jelex. T iap person dari 9 makhluk itu punya sifat dan
> juga uang saku
>
> Tiba-tiba kepala asrama tanya :
> Hapsari Jelex itu uang sakunya berapa?, sifatnya bgmana ?
>
> Nah mungkin itulah yg dimaksud VLOOKUP dengan 2 parameeter oleh pak Yudi
> [image: sumrproduct aliran sesat.PNG]
>
>
> rumusnya tidak terlalu sulit:
> =OFFSET($E$2,SUMPRODUCT(($B$3:$B$11=H9)*($C$3:$C$11=I9)*ROW($1:$9)),0)
>
> Lebih gampang lagi jika data yg dicari berupa BILANGAN, bukan text
> rumus akan menjadi semakin sederhana dan pendek, karena sebenarnyalah
> SUMRPDUCT
> itu "kerjaan asli"nya = ngeSUm dan nge-PRODUCT ( menjumlah hasil perkalian
> )
>
> -ctv-
>
>
> *2011/11/11 Yudi Dwiyono < yudi_dwiyono@yahoo.com >
> *
>>
>> **
>> *Dear Master Excel, *
>> *Mohon bantuannya, bagaimana caranya vlookup dengan 2 parameter. *
>> *Thanks. *
>> *Regards,*
>> *Yudi *
>>
>
4a.

Re: insert message

Posted by: "Haps" hapsari.stlizbeth@gmail.com   liz_hap

Fri Nov 11, 2011 4:54 pm (PST)



Pada saat kita mengklik MENU ataupun ICON untuk mengInsert ROWs / COLUMNs
menurut yg saya ketahui* tidak terjadi suatu EVENT apapun di worksheet atau
workbook.*
Ini mengakibatkan: Peng-OTOMATIS-an untuk menunda insertion = tidak ada.
(walaupun prosedur telah ditulis, tetapi prosedur tidak akan terlaksana
(RUN / JALAN)
dengan sendirinya)

Event Worksheet_Change memang terjadi (occured) ketika KOLOM/BARIS *TELAH
(baru saja)*
*di-INSERT-kan*..

Jadi (sementara belum "nemu" trick lain, dan menunggu pendapat &/ solusi
members lain...)
mungkin caranya begini

* prosedur ditulis di bawah Event WorkSheet_Change
* ketika *terjadi insertion Kolom* atau Baris ( = kolom / baris sudah
TERLANJUR di insertkan)
** kita deteks apakah *object range Target* punya ketinggian = jumlah
baris di sheet
jika IYA (yg berarti telah terjadi PERUBAHAN yg melibatkan range
berdimensi KOLOM),
** munculkan MsgBox yg memberi pilihan Yes / No
Yes = keluar dari prosedur
No = Mendelete KOLOMs / BARISs yg baru saja di-insertkan, baru keluar
dari prosedur

Contoh event procedure di bawah ini (di tulis di module milik salah satu
SHEET)
baru bisa mengenali adanya *perubahan* KOLOM PENUH
tetapi BELUM bisa membedakan apakah yg terjadi = Peng-INSERT-an ataukah
Pend-DELETE-an
ataukah ada operasi copy paste dari ke range yg tingginya SEKOLOM PENUH.

Dengan kata lain, makro ini belum sempurna, & perlu penyempurnan (kalau ada
caranya)

Private Sub Worksheet_Change(ByVal Target As Range)
*' coded by hapsari / 10 nov 2011*
Dim YesCancel As Long
Const Msg As String = "Mungkin telah terjadi Penyisipan KOLOM" & vbCrLf
Application.EnableEvents = False
Application.DisplayAlerts = False

If Target.Rows.Count = Cells.Rows.Count Then
YesCancel = MsgBox(Msg & "YES = Biarkan saja, CANCEL = Batalkan", 48
+ vbOKCancel)
If YesCancel = vbCancel Then Target.EntireColumn.Delete
End If

Application.EnableEvents = True
Application.DisplayAlerts = True
End Sub
'------------------
contoh workbook tersedia at request
[image: toolbar tambahan.PNG]

2011/11/11 Darto Chandra <d_c@gmx.com>
>
> mohon bimbingannya, bagaimana coding makronya, jika kita pencet insert
kolom dalam menu excel,
> akan muncul dialog box konfirmasi. Jika ok maka proses insert kolom di
lanjukan jika tidak tutup dialog box konfirmasi.
> Terimaa kasih
>
> Darto Chandra
> 085881648818
5a.

Membuat grafik

Posted by: "hartini_80@yahoo.co.id" hartini_80@yahoo.co.id   hartini_80

Fri Nov 11, 2011 5:38 pm (PST)



Semangat pagi,
Ada yg bisa bantu tidak ya, saya mau belajar buat grafik, tp ndak bisa2, bagaimana membuat grafik dari beberapa kolom ya, help me please.
Lampiran dibawah ini mungkin bisa mewakili pertanyaan saya, jika memang table yg saya buat kurang mungkin bisa ditambahkan jika memang diperlukan
Terima kasih banyak untuk yg bersedia membantu
Salam
Tiny

Powered by Telkomsel BlackBerry�

-----Original Message-----
From: dwa_spv_fin@bukitmakmur.com
Date: Sat, 12 Nov 2011 08:31:25
To: <hartini_80@yahoo.co.id>
Subject:

Best Regards,
HARTINI
Finance Department
PT. BUMA - DWA
(P) +62-21-6613636 ext. 33161
(E) dwa_spv_fin@bukitmakmur.com
5b.

Re: Membuat grafik

Posted by: "Haps" hapsari.stlizbeth@gmail.com   liz_hap

Fri Nov 11, 2011 6:15 pm (PST)



dear Bu Tin,
kalalu hanya ingin mewarnai suatu cell (cells) berdasarkan kondisi/syarat
tertentu,
apakah bukan cukup pakai* Conditional Formatting* saja (tidak perlu Graphic
(Chart) !?)

Maaf, sudah diberi lampiran, saya masih juga binun'; karena *[hasil yg
diinginkan]* tidak digambarkan.
Jika orang bilang "graphic" di excel, seringnya ditangkap sebagai CHART.

[image: Grafik (chart) ataukah ConditFormat.PNG]

2011/11/12 <hartini_80@yahoo.co.id>

> **
>
> Semangat pagi,
> Ada yg bisa bantu tidak ya, saya mau belajar buat grafik, tp ndak bisa2,
> bagaimana membuat grafik dari beberapa kolom ya, help me please.
> Lampiran dibawah ini mungkin bisa mewakili pertanyaan saya, jika memang
> table yg saya buat kurang mungkin bisa ditambahkan jika memang diperlukan
> Terima kasih banyak untuk yg bersedia membantu
> Salam
> Tiny
>
>
5c.

Re: Membuat grafik

Posted by: "hartini_80@yahoo.co.id" hartini_80@yahoo.co.id   hartini_80

Fri Nov 11, 2011 6:19 pm (PST)



Bener mba dibuat chart, kalo saya seh bilangnya grafik hehehe, maaf ya beda pemahaman sekalinya, maklum mba ndak familiar, kalo conditional formatingnya sudah saya buat mba, hanya mau ditampilkan dalam bentuk chart, sehingga mudah dibaca tanpa harus lihat lampiran tabel yang panjang gitu mba
Saya juga bingung mba, mau menampilkan hasil yg diinginkan, wong saya ndak bisa buat chart?
Salam
Tiny
Powered by Telkomsel BlackBerry�

-----Original Message-----
From: Haps <hapsari.stlizbeth@gmail.com>
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Sat, 12 Nov 2011 09:14:45
To: <belajar-excel@yahoogroups.com>
Reply-To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Membuat grafik

dear Bu Tin,
kalalu hanya ingin mewarnai suatu cell (cells) berdasarkan kondisi/syarat
tertentu,
apakah bukan cukup pakai* Conditional Formatting* saja (tidak perlu Graphic
(Chart) !?)

Maaf, sudah diberi lampiran, saya masih juga binun'; karena *[hasil yg
diinginkan]* tidak digambarkan.
Jika orang bilang "graphic" di excel, seringnya ditangkap sebagai CHART.

[image: Grafik (chart) ataukah ConditFormat.PNG]




2011/11/12 <hartini_80@yahoo.co.id>

> **
>
> Semangat pagi,
> Ada yg bisa bantu tidak ya, saya mau belajar buat grafik, tp ndak bisa2,
> bagaimana membuat grafik dari beberapa kolom ya, help me please.
> Lampiran dibawah ini mungkin bisa mewakili pertanyaan saya, jika memang
> table yg saya buat kurang mungkin bisa ditambahkan jika memang diperlukan
> Terima kasih banyak untuk yg bersedia membantu
> Salam
> Tiny
>
>

5d.

Re: Membuat grafik

Posted by: "Haps" hapsari.stlizbeth@gmail.com   liz_hap

Fri Nov 11, 2011 6:57 pm (PST)



mohon maaf lagi
belum bisa membayangkan bentuk chart sepeti apa yg diinginkan
salah satu kemungkinan mungkin spt ini
(selection range sebelum Bu TIm menekan menu Insert > Chart adalah
*3 Range* yg digambar berikut ini diwarnai agak gelap (ber-Border garis
Merah Tebal)
Perhatikan bahwa pewarnaan tidak bisa kita atur berdasarkan KONDISI (CMIIW)
tetapi berdasarkan Kolom

[image: BuTin Kemungkinan Chart1.PNG]

2011/11/12 <hartini_80@yahoo.co.id>

> **
>
>
> ** Bener mba dibuat chart, kalo saya seh bilangnya grafik hehehe, maaf ya
> beda pemahaman sekalinya, maklum mba ndak familiar, kalo conditional
> formatingnya sudah saya buat mba, hanya mau ditampilkan dalam bentuk chart,
> sehingga mudah dibaca tanpa harus lihat lampiran tabel yang panjang gitu mba
> Saya juga bingung mba, mau menampilkan hasil yg diinginkan, wong saya ndak
> bisa buat chart?
>
> Salam
> Tiny
> *From: * Haps <hapsari.stlizbeth@gmail.com>
> *Date: *Sat, 12 Nov 2011 09:14:45 +0700
> *Subject: *Re: [belajar-excel] Membuat grafik
>
> dear Bu Tin,
> kalalu hanya ingin mewarnai suatu cell (cells) berdasarkan kondisi/syarat
> tertentu,
> apakah bukan cukup pakai* Conditional Formatting* saja (tidak perlu
> Graphic (Chart) !?)
>
>
> 2011/11/12 <hartini_80@yahoo.co.id>
>
>> **
>>
>> Semangat pagi,
>> Ada yg bisa bantu tidak ya, saya mau belajar buat grafik, tp ndak bisa2,
>> bagaimana membuat grafik dari beberapa kolom ya, help me please.
>> Lampiran dibawah ini mungkin bisa mewakili pertanyaan saya, jika memang
>> table yg saya buat kurang mungkin bisa ditambahkan jika memang diperlukan
>> Terima kasih banyak untuk yg bersedia membantu
>> Salam
>> Tiny
>>
>>
5e.

Re: Membuat grafik

Posted by: "hartini_80@yahoo.co.id" hartini_80@yahoo.co.id   hartini_80

Fri Nov 11, 2011 7:08 pm (PST)



Bener mba seperti itu, aduh terima kasih ya mba, dr td aku coba belajar buat ndak bisa2 soalnya, terima kasih banyak ya mba
Salam
Tiny
Powered by Telkomsel BlackBerry�

-----Original Message-----
From: Haps <hapsari.stlizbeth@gmail.com>
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Sat, 12 Nov 2011 09:57:13
To: <belajar-excel@yahoogroups.com>
Reply-To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Membuat grafik

mohon maaf lagi
belum bisa membayangkan bentuk chart sepeti apa yg diinginkan
salah satu kemungkinan mungkin spt ini
(selection range sebelum Bu TIm menekan menu Insert > Chart adalah
*3 Range* yg digambar berikut ini diwarnai agak gelap (ber-Border garis
Merah Tebal)
Perhatikan bahwa pewarnaan tidak bisa kita atur berdasarkan KONDISI (CMIIW)
tetapi berdasarkan Kolom

[image: BuTin Kemungkinan Chart1.PNG]


2011/11/12 <hartini_80@yahoo.co.id>

> **
>
>
> ** Bener mba dibuat chart, kalo saya seh bilangnya grafik hehehe, maaf ya
> beda pemahaman sekalinya, maklum mba ndak familiar, kalo conditional
> formatingnya sudah saya buat mba, hanya mau ditampilkan dalam bentuk chart,
> sehingga mudah dibaca tanpa harus lihat lampiran tabel yang panjang gitu mba
> Saya juga bingung mba, mau menampilkan hasil yg diinginkan, wong saya ndak
> bisa buat chart?
>
> Salam
> Tiny
> *From: * Haps <hapsari.stlizbeth@gmail.com>
> *Date: *Sat, 12 Nov 2011 09:14:45 +0700
> *Subject: *Re: [belajar-excel] Membuat grafik
>
> dear Bu Tin,
> kalalu hanya ingin mewarnai suatu cell (cells) berdasarkan kondisi/syarat
> tertentu,
> apakah bukan cukup pakai* Conditional Formatting* saja (tidak perlu
> Graphic (Chart) !?)
>
>
> 2011/11/12 <hartini_80@yahoo.co.id>
>
>> **
>>
>> Semangat pagi,
>> Ada yg bisa bantu tidak ya, saya mau belajar buat grafik, tp ndak bisa2,
>> bagaimana membuat grafik dari beberapa kolom ya, help me please.
>> Lampiran dibawah ini mungkin bisa mewakili pertanyaan saya, jika memang
>> table yg saya buat kurang mungkin bisa ditambahkan jika memang diperlukan
>> Terima kasih banyak untuk yg bersedia membantu
>> Salam
>> Tiny
>>
>>

6a.

Menghitung usia

Posted by: "hartini_80@yahoo.co.id" hartini_80@yahoo.co.id   hartini_80

Fri Nov 11, 2011 6:21 pm (PST)



Dear all,
Terutama pak ghozi, rumus untuk menghitung masa kerja tidak bisa di pakai untuk menghitung usia ya pak, karena saya terapkan untuk menghitung usia ada yg tidak terbaca, alias error tidak sesuai dgn hitungan manual, bisa tolong dibantu untuk koreksinya pak.
Terima kasih
Salam
Tiny

Powered by Telkomsel BlackBerry�

-----Original Message-----
From: dwa_spv_fin@bukitmakmur.com
Date: Sat, 12 Nov 2011 09:12:15
To: <hartini_80@yahoo.co.id>
Subject:

Best Regards,
HARTINI
Finance Department
PT. BUMA - DWA
(P) +62-21-6613636 ext. 33161
(E) dwa_spv_fin@bukitmakmur.com
6b.

Re: Menghitung usia

Posted by: "Haps" hapsari.stlizbeth@gmail.com   liz_hap

Fri Nov 11, 2011 7:10 pm (PST)



bukannya lebih gampang pakai Fungsi DATEDIF ??

tahun
=DATEDIF($D7,TODAY(),"Y")

bulan (setelah dikurangi tahun)
=DATEDIF($D7,TODAY(),"YM")

hari (setelah dikurangi nilai tahun dan bulan)
DATEDIF($D7,TODAY(),"MD")

2011/11/12 <hartini_80@yahoo.co.id>

> **
>
>
> **Dear all,
> Terutama pak ghozi, rumus untuk menghitung masa kerja tidak bisa di pakai
> untuk menghitung usia ya pak, karena saya terapkan untuk menghitung usia
> ada yg tidak terbaca, alias error tidak sesuai dgn hitungan manual, bisa
> tolong dibantu untuk koreksinya pak.
> Terima kasih
> Salam
> Tiny
>
6c.

Re: Menghitung usia

Posted by: "hartini_80@yahoo.co.id" hartini_80@yahoo.co.id   hartini_80

Fri Nov 11, 2011 7:34 pm (PST)



Hehehe iya ya lebih mudah, kmrn juga dikasih rumus begitu oleh Mr. Kid, tp sy coba di komp ndak bisa, trs dikasih rumus pak ghozi, bisa tp ndak tepat, btw thanks ya...
Salam
Tiny
Powered by Telkomsel BlackBerry�

-----Original Message-----
From: Haps <hapsari.stlizbeth@gmail.com>
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Sat, 12 Nov 2011 10:09:33
To: <belajar-excel@yahoogroups.com>
Reply-To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Menghitung usia

bukannya lebih gampang pakai Fungsi DATEDIF ??

tahun
=DATEDIF($D7,TODAY(),"Y")

bulan (setelah dikurangi tahun)
=DATEDIF($D7,TODAY(),"YM")

hari (setelah dikurangi nilai tahun dan bulan)
DATEDIF($D7,TODAY(),"MD")



2011/11/12 <hartini_80@yahoo.co.id>

> **
>
>
> **Dear all,
> Terutama pak ghozi, rumus untuk menghitung masa kerja tidak bisa di pakai
> untuk menghitung usia ya pak, karena saya terapkan untuk menghitung usia
> ada yg tidak terbaca, alias error tidak sesuai dgn hitungan manual, bisa
> tolong dibantu untuk koreksinya pak.
> Terima kasih
> Salam
> Tiny
>

6d.

Re: Menghitung usia

Posted by: "Haps" hapsari.stlizbeth@gmail.com   liz_hap

Fri Nov 11, 2011 8:38 pm (PST)



*About DateDif Worksheet Function*
*
*
Yang sekarang bisa jalan mbak ??
*
*
Kalau dulu (kiriman formula dari Mr Kid) tidak jalan (menghasilkan error
?), dan yang sekarang
bisa jalan dengan baik, berarti yg salah bukan formulanya.
Mungkin data mbak hartini waktu itu : bukan type DATE melainkan *TEXT
seperti DATE*

Berikut ini link Referensi penting untuk disalin / di"BookMarked" karena
fungsi DateDif
tidak ada help-nya di excel setelah excel 2000:

http://www.techonthenet.com/excel/formulas/datedif.php
http://www.cpearson.com/excel/datedif.aspx

2011/11/12 <hartini_80@yahoo.co.id>

> **
>
> Hehehe iya ya lebih mudah, kmrn juga dikasih rumus begitu oleh Mr. Kid, tp
> sy coba di komp ndak bisa, trs dikasih rumus pak ghozi, bisa tp ndak tepat,
> btw thanks ya...
> Salam
> Tiny
>
>
*From: * Haps <hapsari.stlizbeth@gmail.com>
> *Date: *Sat, 12 Nov 2011 10:09:33 +0700
> bukannya lebih gampang pakai Fungsi DATEDIF ??
> tahun
> =DATEDIF($D7,TODAY(),"Y")
> bulan (setelah dikurangi tahun)
> =DATEDIF($D7,TODAY(),"YM")
> hari (setelah dikurangi nilai tahun dan bulan)
> DATEDIF($D7,TODAY(),"MD")
>
>
> 2011/11/12 <hartini_80@yahoo.co.id>
>
>> **
>>
>> Dear all,
>> Terutama pak ghozi, rumus untuk menghitung masa kerja tidak bisa di pakai
>> untuk menghitung usia ya pak, karena saya terapkan untuk menghitung usia
>> ada yg tidak terbaca, alias error tidak sesuai dgn hitungan manual, bisa
>> tolong dibantu untuk koreksinya pak.
>> Terima kasih
>> Salam
>> Tiny
>>
>
6e.

Re: Menghitung usia

Posted by: "hartini_80@yahoo.co.id" hartini_80@yahoo.co.id   hartini_80

Fri Nov 11, 2011 8:42 pm (PST)



Iya mba, setelah saya lihat bener bukan fungsi date, makasih ya mba atas info dan referensinya
Powered by Telkomsel BlackBerry�

-----Original Message-----
From: Haps <hapsari.stlizbeth@gmail.com>
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Sat, 12 Nov 2011 11:38:20
To: <belajar-excel@yahoogroups.com>
Reply-To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Menghitung usia

*About DateDif Worksheet Function*
*
*
Yang sekarang bisa jalan mbak ??
*
*
Kalau dulu (kiriman formula dari Mr Kid) tidak jalan (menghasilkan error
?), dan yang sekarang
bisa jalan dengan baik, berarti yg salah bukan formulanya.
Mungkin data mbak hartini waktu itu : bukan type DATE melainkan *TEXT
seperti DATE*

Berikut ini link Referensi penting untuk disalin / di"BookMarked" karena
fungsi DateDif
tidak ada help-nya di excel setelah excel 2000:

http://www.techonthenet.com/excel/formulas/datedif.php
http://www.cpearson.com/excel/datedif.aspx





2011/11/12 <hartini_80@yahoo.co.id>

> **
>
> Hehehe iya ya lebih mudah, kmrn juga dikasih rumus begitu oleh Mr. Kid, tp
> sy coba di komp ndak bisa, trs dikasih rumus pak ghozi, bisa tp ndak tepat,
> btw thanks ya...
> Salam
> Tiny
>
>
*From: * Haps <hapsari.stlizbeth@gmail.com>
> *Date: *Sat, 12 Nov 2011 10:09:33 +0700
> bukannya lebih gampang pakai Fungsi DATEDIF ??
> tahun
> =DATEDIF($D7,TODAY(),"Y")
> bulan (setelah dikurangi tahun)
> =DATEDIF($D7,TODAY(),"YM")
> hari (setelah dikurangi nilai tahun dan bulan)
> DATEDIF($D7,TODAY(),"MD")
>
>
> 2011/11/12 <hartini_80@yahoo.co.id>
>
>> **
>>
>> Dear all,
>> Terutama pak ghozi, rumus untuk menghitung masa kerja tidak bisa di pakai
>> untuk menghitung usia ya pak, karena saya terapkan untuk menghitung usia
>> ada yg tidak terbaca, alias error tidak sesuai dgn hitungan manual, bisa
>> tolong dibantu untuk koreksinya pak.
>> Terima kasih
>> Salam
>> Tiny
>>
>

7a.

Re: Tanya menampilkan nomor terakhir

Posted by: "Haps" hapsari.stlizbeth@gmail.com   liz_hap

Fri Nov 11, 2011 8:16 pm (PST)



Kalau seandainya (seandainya...) pak cakep sempat melihat lihat posting
lama.., pak cakep akan bertemu dengan banyak "contoh entri-data" dengan
makro.

Salah satu* step yg selalu ada dlm proses entri data* adalah: HOW, WHEN,
dan WHERE data (record) baru DITULISKAN ke tabel data. (terutama WHERE nya
itu lho..)
Apakah boleh menimpa record yg sudah ada ? Ataukah boleh ditulis di row di
bawah data terakhir selang beberapa baris (loncat parit) ? Atau bahkan
boleh menimpa Heading (zudul kholom)-nya ??

Idealnya kalau tabel data akan dibuat "berkaidah database" maka record baru
harus dituliskan TEPAT pada baris kosong pertama setelah data terakhir !
(di pilm koboi ini dikatakan : This is the "Rule Number One")

Baris atau pun Index Baris itu harus dicari dulu *setiap akan* meng-entri
data. Dalam contoh-contoh (mencari baris baru itu) telah dicontohkan
berbagai teknik:
misal
- Loop dari cell pertama (pada kolom kunci) ke bawah sampai ketemu data
kosong
- Penggunaan WorkshetFunction.COUNTA terhadap kolom kunci
- Meraba CurrentRegion suatu titik di dalam tabel untuk menentukan tinggi
tabel,
selanjutnya angka tinggi tabel dipakai sebagai pijakan mencari INDEX
baris baru
- Mencari posisi angka MAX (jika kolom kunci berisi angka yg pasti URUT)
- Pemanfaatan method *End + Down* (seperti diusulkan mas Zain) ataupun * End
+ Up*
* tempat *'menclok'nya cell pointer (aktifcell terakhir) dipakai sbg
pijakan mencari Baris Baru.
- Menentukan area *RealUsedRange* kemudian dan baris terbawah + 1 di set
sbg baris baru.
- Method FIND (makro urusan "Find What & Replace With") juga dapat dipakai
untuk mencari
data terakhir (paling tidak barias yg terbawah berisi data)
- dan mungkin masih banyak cara lagi
Salah satu teknik tsb, tentuny dapat dimanfaatkan oleh pak cekp utnuk
mengisi textbox1-nya

Pemilihan salah satu teknik tsb tentunya berdasarkan keadaan tabel dan
sekitarnya.
Misal: Currentregion tidak selalu cocok dengan tabel yg dibuat sembarangan
(ada data nempel di luar tabel, ada rumus yg sudah dibuat lebih dulu
walaupun baris belum berisi records dsb)

Beberapa contoh file bermakro
Entri-Data<http://www.box.net/s/yx4o8l1riqsyuo3kzzbu>,
sempat dikompilasi jadi satu "kaset" oleh orang yg "peduli contoh"
Jika ada members berminat dan berkenan, dapat mengunduhnya (sendiri)
di sini<http://www.box.net/s/yx4o8l1riqsyuo3kzzbu>,
mudah-mudahan ada mang-faat-nya..

-haps-

2011/11/11 Asror Al-Aliif's <asrorcakep@yahoo.com>

> **
>
> Help me rekan,
> BeExcel,
> Asror lagi nee, yang mau tanya,
> Asror ada form registrasi terlampir, di textbox1, saya ingin menampilkan
> nomor terakhir, yang berada di sheet "registrasi p", pada sheet registrasi
> p tersebut bakal nambah2 jadi banyak, bagaimana cara menampilkan di
> userform, pada textbox1?
> Terimakasih.
>
> Asror.
>
>
7b.

Re: Tanya menampilkan nomor terakhir

Posted by: "Asror Al-Aliif's" asrorcakep@yahoo.com   asrorcakep

Fri Nov 11, 2011 10:28 pm (PST)



Pak haps,
Terimakasih, ini banyak ilmunya, lagi dipelajari,
Terimakasih,...

Asror

-----Original Message-----
From: Haps <hapsari.stlizbeth@gmail.com>
Date: Sat, 12 Nov 2011 11:15:56

Kalau seandainya (seandainya...) pak cakep sempat melihat lihat posting lama.., pak cakep akan bertemu dengan banyak "contoh entri-data" dengan makro.

Salah satu* step yg selalu ada dlm proses entri data* adalah: HOW, WHEN, dan WHERE data (record) baru DITULISKAN ke tabel data. (terutama WHERE nya itu lho..)
Apakah boleh menimpa record yg sudah ada ? Ataukah boleh ditulis di row di bawah data terakhir selang beberapa baris (loncat parit) ? Atau bahkan boleh menimpa Heading (zudul kholom)-nya ??

Idealnya kalau tabel data akan dibuat "berkaidah database" maka record baru harus dituliskan TEPAT pada baris kosong pertama setelah data terakhir !
(di pilm koboi ini dikatakan : This is the "Rule Number One")

Baris atau pun Index Baris itu harus dicari dulu *setiap akan* meng-entri data. Dalam contoh-contoh (mencari baris baru itu) telah dicontohkan berbagai teknik:
misal
- Loop dari cell pertama (pada kolom kunci) ke bawah sampai ketemu data kosong
- Penggunaan WorkshetFunction.COUNTA terhadap kolom kunci
- Meraba CurrentRegion suatu titik di dalam tabel untuk menentukan tinggi tabel,
selanjutnya angka tinggi tabel dipakai sebagai pijakan mencari INDEX
baris baru
- Mencari posisi angka MAX (jika kolom kunci berisi angka yg pasti URUT)
- Pemanfaatan method End + Down (seperti diusulkan mas Zain) ataupun End + Up
tempat *'menclok'nya cell pointer (aktifcell terakhir) dipakai sbg
pijakan mencari Baris Baru.
- Menentukan area *RealUsedRange* kemudian dan baris terbawah + 1 di set sbg baris baru.
- Method FIND (makro urusan "Find What & Replace With") juga dapat dipakai untuk mencari data terakhir (paling tidak barias yg terbawah berisi data)
- dan mungkin masih banyak cara lagi
Salah satu teknik tsb, dapat dimanfaatkan oleh pak cekp untuk mengisi textbox1-nya

Pemilihan salah satu teknik tsb tentunya berdasarkan keadaan tabel dan
sekitarnya.
Misal: Currentregion tidak selalu cocok dengan tabel yg dibuat sembarangan (ada data nempel di luar tabel, ada rumus yg sudah dibuat lebih dulu walaupun baris belum berisi records dsb)

Beberapa contoh file bermakro
Entri-Data<http://www.box.net/s/yx4o8l1riqsyuo3kzzbu>,
sempat dikompilasi jadi satu "kaset" oleh orang yg "peduli contoh"
Jika ada members berminat dan berkenan, dapat mengunduhnya (sendiri)
di sini<http://www.box.net/s/yx4o8l1riqsyuo3kzzbu>,
mudah-mudahan ada mang-faat-nya..

-haps-
8a.

Re: Tanya switching angka

Posted by: "Asror Al-Aliif's" asrorcakep@yahoo.com   asrorcakep

Fri Nov 11, 2011 10:09 pm (PST)



Mr. Kid,

Cara ini sudah di coba, tapi ketika di run, saya tidak bisa menswitch, karena range("d5:am48").replace range("ap6").value , range("aq6").value , xlwhole akan merubah angka di cell ap6 yang di range d5:am48 menjadi angka yang di aq6, ini akan menjadikan anka kembar di cell d5:am48, maka di cell d5:am48 akan ada angka yang sama.

Dear rekan, mohon bantuannya kembali,..

Terimakasih.
Asror

-----Original Message-----
From: "Kid Mr." <mr.nmkid@gmail.com>
Date: Fri, 11 Nov 2011 21:04:05

Coba pelajari lebih lanjut tentang method Replace.
Kira-kira bunyinya :

range("d5:am48").replace range("ap6").value , range("aq6").value , xlwhole

Jika ternyata ada banyak area, rujukan range yang direplace bisa diubah,
seperti :
range("d5:am48, bc17:bc3000, bj7:bz7")

Wassalam.
Kid.

2011/11/11 Asror Al-Aliif's <asrorcakep@yahoo.com>
> Help,
> Rekan, saya punya file, ada di worksheet1 ada isi ( ada isinya di lampiran)
>
> Di cel d5 s.d AM48 sudah berisi data, Selanjutnya di Cell ap6 dan aq6 sudah di isi,
>
> Apabila button di klik, maka akan merubah posisi tempat dari angka yang ada di ap6 di d5 s.d AM48 dengan angka di cel aq6 yang ada di d5 s.d AM48.
>
> Mohon bantuannya yah rekan2, terimakasih yang rekan2,...
>
> Regards
> Asror
8b.

Re: Tanya switching angka

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Fri Nov 11, 2011 10:52 pm (PST)



Akan ditukar tempatnya kan, tadinya ada 10 dan 20 di data, lalu 10 jadi 20
dan 20 jadi 10.
Prinsip prosesnya dengan method replace milik object range.
Nah proses me-replace-nya yang disesuaikan dengan kebutuhan,

misal
1. replace angka lama si 10 jadi -10 dulu (tinggal di negatifkan bukan)
2. replace angka 20 jadi 10
3. replace angka -10 jadi 20

Kid.

2011/11/12 Asror Al-Aliif's <asrorcakep@yahoo.com>

> Mr. Kid,
>
> Cara ini sudah di coba, tapi ketika di run, saya tidak bisa menswitch,
> karena range("d5:am48").replace range("ap6").value , range("aq6").value ,
> xlwhole akan merubah angka di cell ap6 yang di range d5:am48 menjadi angka
> yang di aq6, ini akan menjadikan anka kembar di cell d5:am48, maka di cell
> d5:am48 akan ada angka yang sama.
>
> Dear rekan, mohon bantuannya kembali,..
>
> Terimakasih.
> Asror
>
>
>
> -----Original Message-----
> From: "Kid Mr." <mr.nmkid@gmail.com>
> Date: Fri, 11 Nov 2011 21:04:05
>
> Coba pelajari lebih lanjut tentang method Replace.
> Kira-kira bunyinya :
>
> range("d5:am48").replace range("ap6").value , range("aq6").value , xlwhole
>
> Jika ternyata ada banyak area, rujukan range yang direplace bisa diubah,
> seperti :
> range("d5:am48, bc17:bc3000, bj7:bz7")
>
> Wassalam.
> Kid.
>
> 2011/11/11 Asror Al-Aliif's <asrorcakep@yahoo.com>
> > Help,
> > Rekan, saya punya file, ada di worksheet1 ada isi ( ada isinya di
> lampiran)
> >
> > Di cel d5 s.d AM48 sudah berisi data, Selanjutnya di Cell ap6 dan aq6
> sudah di isi,
> >
> > Apabila button di klik, maka akan merubah posisi tempat dari angka yang
> ada di ap6 di d5 s.d AM48 dengan angka di cel aq6 yang ada di d5 s.d AM48.
> >
> > Mohon bantuannya yah rekan2, terimakasih yang rekan2,...
> >
> > Regards
> > Asror
>
>
> ------------------------------------
>
> ----------------------------------------------------------
> bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
> belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
>
> posting ke milis, kirimkan ke:
> belajar-excel@yahoogroups.com
>
> berkunjung ke web milis
> http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
>
> melihat file archive / mendownload lampiran
> http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
> atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
> http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
>
> menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
>
> keluar dari membership milis (UnSubscribe):
> kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
> ----------------------------------------------------------Yahoo!
> Groups Links
>
>
>
>
8c.

Re: Tanya switching angka

Posted by: "Asror Al-Aliif's" asrorcakep@yahoo.com   asrorcakep

Fri Nov 11, 2011 11:00 pm (PST)



Ok, asror coba dulu,....

Terimakasih Mr.Kid


Safety is my responsibility
Sent from Super Asror's BlackBerry� smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

-----Original Message-----
From: "Kid Mr." <mr.nmkid@gmail.com>
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Sat, 12 Nov 2011 13:51:53
To: <belajar-excel@yahoogroups.com>
Reply-To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Tanya switching angka

Akan ditukar tempatnya kan, tadinya ada 10 dan 20 di data, lalu 10 jadi 20
dan 20 jadi 10.
Prinsip prosesnya dengan method replace milik object range.
Nah proses me-replace-nya yang disesuaikan dengan kebutuhan,

misal
1. replace angka lama si 10 jadi -10 dulu (tinggal di negatifkan bukan)
2. replace angka 20 jadi 10
3. replace angka -10 jadi 20

Kid.

2011/11/12 Asror Al-Aliif's <asrorcakep@yahoo.com>

> Mr. Kid,
>
> Cara ini sudah di coba, tapi ketika di run, saya tidak bisa menswitch,
> karena range("d5:am48").replace range("ap6").value , range("aq6").value ,
> xlwhole akan merubah angka di cell ap6 yang di range d5:am48 menjadi angka
> yang di aq6, ini akan menjadikan anka kembar di cell d5:am48, maka di cell
> d5:am48 akan ada angka yang sama.
>
> Dear rekan, mohon bantuannya kembali,..
>
> Terimakasih.
> Asror
>
>
>
> -----Original Message-----
> From: "Kid Mr." <mr.nmkid@gmail.com>
> Date: Fri, 11 Nov 2011 21:04:05
>
> Coba pelajari lebih lanjut tentang method Replace.
> Kira-kira bunyinya :
>
> range("d5:am48").replace range("ap6").value , range("aq6").value , xlwhole
>
> Jika ternyata ada banyak area, rujukan range yang direplace bisa diubah,
> seperti :
> range("d5:am48, bc17:bc3000, bj7:bz7")
>
> Wassalam.
> Kid.
>
> 2011/11/11 Asror Al-Aliif's <asrorcakep@yahoo.com>
> > Help,
> > Rekan, saya punya file, ada di worksheet1 ada isi ( ada isinya di
> lampiran)
> >
> > Di cel d5 s.d AM48 sudah berisi data, Selanjutnya di Cell ap6 dan aq6
> sudah di isi,
> >
> > Apabila button di klik, maka akan merubah posisi tempat dari angka yang
> ada di ap6 di d5 s.d AM48 dengan angka di cel aq6 yang ada di d5 s.d AM48.
> >
> > Mohon bantuannya yah rekan2, terimakasih yang rekan2,...
> >
> > Regards
> > Asror
>
>
> ------------------------------------
>
> ----------------------------------------------------------
> bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
> belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
>
> posting ke milis, kirimkan ke:
> belajar-excel@yahoogroups.com
>
> berkunjung ke web milis
> http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
>
> melihat file archive / mendownload lampiran
> http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
> atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
> http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
>
> menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
>
> keluar dari membership milis (UnSubscribe):
> kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
> ----------------------------------------------------------Yahoo!
> Groups Links
>
>
>
>

9.

Login Pada Program Excel

Posted by: "Harry" hariansyahptk@yahoo.com   hariansyahptk

Fri Nov 11, 2011 10:23 pm (PST)



Dear BeExellers,..

Beberapa hari belakangan ini saya sempat terpikir untuk membuat Form Login pada Program Excel.
Misalnya, dalam sebuah Workbook yang didalamnya terdapat beberapa Sheet (7 s/d 8 Sheet).

Untuk dapat mengakses Sheet 2 s/d 8 tersebut, pertama kali kita harus mengisi Login User yang terdapat pada Sheet 1. Tentunya para user pertama kali harus membuat username dan password.

Nah, pada program Excel yang dikombinaskikan dengan VB, bisakah hal tersebut dibuat???
Mohon berkenan penjelasannya dan lampiran Studi Kasus yang pernah di bahas.

Terima kasih,
Harry

=======================================================
mods' note
sapaan "Dear Moderator Belajar Excel,"
kami ganti dengan "Dear BeExellers,"
karena diskusi & di milis bukan ditujukan kpd moderator
tetapi kepada milis members semua
(moderators juga salah satu milis members)
========================================================

10.

% DALAM PIVOT TABEL

Posted by: "Darto Chandra" d_c@gmx.com

Fri Nov 11, 2011 10:46 pm (PST)



Mohon petunjuk para master xl, bagaimana caraanya memunculkan % dalam pivot tabel berdasarkan no laporan. Data kasus terlampir.
Terima kasih

Darto Chandra
085881648818
Recent Activity
Visit Your Group
Y! Groups blog

The place to go

to stay informed

on Groups news!

Yahoo! Finance

It's Now Personal

Guides, news,

advice & more.

Cat Zone

on Yahoo! Groups

Join a Group

all about cats.

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar