Senin, 28 November 2011

[belajar-excel] Digest Number 1415

Messages In This Digest (15 Messages)

Messages

1a.

Re: Nilai min dan max spin button

Posted by: "Haps" hapsari.stlizbeth@gmail.com   liz_hap

Sun Nov 27, 2011 8:25 am (PST)



Bisa;
tetapi kedua properti itu "diisi"nya melalui coding (in run time)
SpinButton13.Min = Sheets("Laporan5").Range("A2").Value
SpinButton13.Min = Sheets("Laporan5").Range("A3).Value

Dengan cara itu rentang nilai sebuah SpinButton bisa dinamis, mengikuti
nilai Range
/cell yg dirujuk, asalkan di setiap saat yg tepat, perintah tsb diulang
kembali, misalnya
setiap cell yg dirujuk tsb berubah nilainya).

Pada banyak kasus menghandel Tabel, di mana tabel bisa mengecil (berkurang)
dan
juga membesar (bertambah) records-nya, maka SpinButton (di Sheet1) berikut
ini dapat
mengikuti banyaknya barisdata pada tabel di Sheet2

'--- prosedur di Module Sheet2 (sheet tempat Tabel berada) ---
Private Sub *Worksheet_Deactivate*()
Dim JumlahRekord As Long
JumlahRekord = Sheets("Sheet2").Range("A1").CurrentRegion.Rows.Count - 1
Sheets("Sheet1").SpinButton1.Min = 1
*Sheets("Sheet1").SpinButton1.Max = JumlahRekord*
End Sub

CMIIW

2011/11/27 "andre" <qlick@inbox.com>
> Dear teman-teman BeExceller,
> Dapatkah nilai min dan max pd spin button tergantung dari referensi nilai
suatu cell?,
> mis A2=2=nilai min dan A3=10=nilai max,
> salam
> - andre -
2a.

Re: Tambah kolom di database

Posted by: "STDEV(i)" setiyowati.devi@gmail.com   siti_vi

Sun Nov 27, 2011 4:28 pm (PST)



dan...
setelah menungu 2 hari...
dugaanku ternyata tidak terlalu salah: mengenai kebiasaan member milis
"kalau kasus/pertanyaan yg kurang jelas, kemudian ada members lain
ingin / minta penjelasan tambahan" ; = kemungkinan besar akan dicuekin !!!!
seperti yg dilakukan pak 'doel ppc lambda' ini.

kacian deh kita !!
jadi korban sepihak...

On Sat, Nov 26, 2011 at 4:26 PM, Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com> wrote:
>
> Maksudnya gimana ya.
>
> Mau menambah kolom (tabel dari 3 kolom jadi 4 kolom) atau
> menambah record pada sebuah kolom (tabel 20 record jadi 21 record) atau
> meng-update sebuah kolom pada sebuah record (tabel 20 record diubah isi
kolom ke 3 nya
> pada record ke 14 dengan sebuah data baru) ?
>
> Kid.

> On Sat, Nov 26, 2011 at 16:06, ppc lambda <ppc_03@sami.co.id> wrote:
>>
>> para pakar Excel mohon bantuannya
>> permasalahannya adalah perintah ( rst.Fields.Append adt, adNumeric)
>> pada kode dibawah tidak bisa menambah kolom pada database Access
>>
>> sudilah kiranya para pakar membantu menyelesaikan permasalahan ini
>> terimakasih
>> Private Sub Cmd_Out_Click()
>> Dim upDt As String, adDt As String, b As Long
>> ----- bla bla bla bisa dibaca di original postingnya ----
>> End Sub
>>
>> Terimakasih
>> Best Regard
>> sidoel
2b.

Re: Tambah kolom di database

Posted by: "ppc lambda" ppc_03@sami.co.id

Sun Nov 27, 2011 6:27 pm (PST)



ma'af bu siti bukannya saya mencuekin, saya menggunakan email di kantor jadi saya baru buka dan bisa langsung me Replay hari ini karena
ketika saya pulang kerja belum ada member lain yang merespon,dan responnya Mr kid saya sudah pulang

Terimakasih
Best Regard
Sidoel
----- Original Message -----
From: STDEV(i)
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Monday, November 28, 2011 7:28 AM
Subject: Re: [belajar-excel] Tambah kolom di database

dan...
setelah menungu 2 hari...
dugaanku ternyata tidak terlalu salah: mengenai kebiasaan member milis
"kalau kasus/pertanyaan yg kurang jelas, kemudian ada members lain
ingin / minta penjelasan tambahan" ; = kemungkinan besar akan dicuekin !!!!
seperti yg dilakukan pak 'doel ppc lambda' ini.

kacian deh kita !!
jadi korban sepihak...

On Sat, Nov 26, 2011 at 4:26 PM, Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com> wrote:
>
> Maksudnya gimana ya.
> Mau menambah kolom (tabel dari 3 kolom jadi 4 kolom) atau
> menambah record pada sebuah kolom (tabel 20 record jadi 21 record) atau
> meng-update sebuah kolom pada sebuah record (tabel 20 record diubah isi kolom ke 3 nya
> pada record ke 14 dengan sebuah data baru) ?
> Kid.

2c.

Re: Tambah kolom di database

Posted by: "ppc lambda" ppc_03@sami.co.id

Sun Nov 27, 2011 6:27 pm (PST)



ma'af kalo jadi membingungkan
maksudnya menambahkan kolom (3 kolom menjadi 4 kolom) pada sebuah tabel
terlampir Contoh programnya

Terimakasih
Best Regard
@bdul
SAMI -*- Planning Production Control
Lambda
----- Original Message -----
From: Kid Mr.
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Saturday, November 26, 2011 4:26 PM
Subject: Re: [belajar-excel] Tambah kolom di database

Maksudnya gimana ya.
Mau menambah kolom (tabel dari 3 kolom jadi 4 kolom) atau
menambah record pada sebuah kolom (tabel 20 record jadi 21 record) atau
meng-update sebuah kolom pada sebuah record (tabel 20 record diubah isi kolom ke 3 nya pada record ke 14 dengan sebuah data baru) ?

Kid.
2d.

Re: Tambah kolom di database

Posted by: "jkssxls Sudarsono" jkssxls@hotmail.com   jkssbma

Mon Nov 28, 2011 12:12 am (PST)




File mdb - nya di blokir , jadi kirim ulang dgn sebelumnya di compress dgn tool kompresi seperti WinZIP, Winrar, 7Zip .
To: belajar-excel@yahoogroups.com
From: ppc_03@sami.co.id
Date: Mon, 28 Nov 2011 08:17:58 +0700
Subject: Re: [belajar-excel] Tambah kolom di database

ma'af kalo jadi membingungkan

maksudnya menambahkan kolom (3 kolom menjadi 4 kolom) pada sebuah tabel

terlampir Contoh programnya

Terimakasih

Best Regard

@bdul

SAMI -*- Planning Production Control

Lambda

----- Original Message -----

From: Kid Mr.

To: belajar-excel@yahoogroups.com

Sent: Saturday, November 26, 2011 4:26 PM

Subject: Re: [belajar-excel] Tambah kolom di database

Maksudnya gimana ya.

Mau menambah kolom (tabel dari 3 kolom jadi 4 kolom) atau

menambah record pada sebuah kolom (tabel 20 record jadi 21 record) atau

meng-update sebuah kolom pada sebuah record (tabel 20 record diubah isi kolom ke 3 nya pada record ke 14 dengan sebuah data baru) ?

Kid.

2e.

Re: Tambah kolom di database

Posted by: "jkssbma" jkssxls@hotmail.com   jkssbma

Mon Nov 28, 2011 12:42 am (PST)



Kalau berkenan silakan bermain-main di group Yahoo.com berkenaan dgn Access yaitu Belajar-Access

Saya juga ikut menjadi Anggota milis tsb

--- In belajar-excel@yahoogroups.com, jkssxls Sudarsono <jkssxls@...> wrote:
>
>
> File mdb - nya di blokir , jadi kirim ulang dgn sebelumnya di compress dgn tool kompresi seperti WinZIP, Winrar, 7Zip .
> To: belajar-excel@yahoogroups.com
> From: ppc_03@...
> Date: Mon, 28 Nov 2011 08:17:58 +0700
> Subject: Re: [belajar-excel] Tambah kolom di database
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
> ma'af kalo jadi membingungkan
>
> maksudnya menambahkan kolom (3 kolom menjadi 4 kolom) pada sebuah tabel
>
> terlampir Contoh programnya
>
>
>
> Terimakasih
>
> Best Regard
>
> @bdul
>
> SAMI -*- Planning Production Control
>
> Lambda
>
> ----- Original Message -----
>
> From: Kid Mr.
>
> To: belajar-excel@yahoogroups.com
>
> Sent: Saturday, November 26, 2011 4:26 PM
>
> Subject: Re: [belajar-excel] Tambah kolom di database
>
>
>
> Maksudnya gimana ya.
>
> Mau menambah kolom (tabel dari 3 kolom jadi 4 kolom) atau
>
> menambah record pada sebuah kolom (tabel 20 record jadi 21 record) atau
>
> meng-update sebuah kolom pada sebuah record (tabel 20 record diubah isi kolom ke 3 nya pada record ke 14 dengan sebuah data baru) ?
>
>
>
> Kid.
>

2f.

Re: Tambah kolom di database

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Mon Nov 28, 2011 1:04 am (PST)



Coba pelajari SQL dengan lebih detil lagi pada jenis DDL (Data Definition
Language).
Untuk mengubah struktur tabel, gunakan Alter Table

misal sudah ada object koneksi db menggunakan ADODB
maka bisa susun query alter table dan eksekusi langsung.
Contoh :

db.Execute "ALTER TABLE myTable ADD COLUMN myUmur NUMERIC"
db.Execute "ALTER TABLE myTable ADD COLUMN myAlamat TEXT[250]"

Jika kolom sudah ada, maka akan muncul error.
Dengan memberi error handler, maka error bisa di trap dan diganti dengan
sebuah pesan, misal

Err.Clear
On Error Resume Next
db.Execute "ALTER TABLE myTable ADD COLUMN myUmur NUMERIC"
IF Err.Number<>0 Then
err.clear
msgbox "kolom myUmur sudah ada."
endif

Wassalamualaikum Wr. Wb.
Kid.

On Sat, Nov 26, 2011 at 16:06, ppc lambda <ppc_03@sami.co.id> wrote:

> **
>
>
> **
>
> para pakar Excel mohon bantuannya
> permasalahannya adalah perintah ( rst.Fields.Append adt, adNumeric
> ) pada kode dibawah tidak bisa menambah kolom pada database Access
>
> sudilah kiranya para pakar membantu menyelesaikan permasalahan ini
> terimakasih
> Private Sub Cmd_Out_Click()
> Dim upDt As String, adDt As String, b As Long
> a = 0
> b = 0
> Set rst = New ADODB.Recordset
> sDBCon = "Provider=Microsoft.Jet.OLEDB.4.0;" & _
> "Data Source=" & ThisWorkbook.Path & "\db1.mdb" & ";"
> Set db = New ADODB.Connection
> db.Open sDBCon
> rst.Open "OUT", db
> rst.MoveFirst
> While Not rst.EOF
> If InStr(LCase$(Trim$(rst.Fields("PN").Value)),
> LCase$(Trim$(Cmb_Part.Value))) Then
> For Each Rsk In rst.Fields
> If InStr(LCase$(Trim$(Rsk.Name)), LCase$(Trim$(txt_tgl.Value))) Then
> b = 1
> upDt = "Update OUT SET " & Rsk.Name & " = '" & txt_Out.Value & "'
> WHERE PN='" & Cmb_Part.Value & "'"
> db.Execute upDt
> MsgBox "kolom ada " & upDt
> Exit For
> Else
> b = 0
> End If
> ' db.Execute "Update OUT " & _
> "SET 09_Nov_11 = " & _
> "'20'" & _
> " WHERE PN=" & _
> "'7034-1306'" '& ";"
> Next Rsk
> a = a + 1
> MsgBox "baris ada"
> End If
> rst.MoveNext
> Wend
> If b = 0 Then
>
> adDt = txt_tgl.Value
> rst.Fields.Append adt, adNumeric
> upDt = "Update OUT SET " & txt_Out.Value & " = '" & txt_Out.Value
> & "' WHERE PN=" & Cmb_Part.Value & ";"
> db.Execute upDt
> MsgBox "kolom baru saja di tambah"
> End If
> If a = 0 Then
> MsgBox "Boz data belum ada lhooo", vbInformation
> ' lbl_database.Visible = True
> End If
> db.Close
> Set db = Nothing
> Set rst = Nothing
> Set Rsk = Nothing
> End Sub
>
>
> Terimakasih
> Best Regard
> <>.<>.<>.<>.<>.<>.
> sidoel
>
>
>
2g.

Re: Tambah kolom di database

Posted by: "ppc lambda" ppc_03@sami.co.id

Mon Nov 28, 2011 1:53 am (PST)



para pakar tak bosan-2nya mohon bantuannya

Sebelum dan sesudahnya Saya ucapkan
Terimakasih
Best Regard
<>.<>.<>.<>.<>.<>.
Sidoel
----- Original Message -----
From: jkssxls Sudarsono
To: Belajar-Excel Yahoo Groups
Sent: Monday, November 28, 2011 2:00 PM
Subject: RE: [belajar-excel] Tambah kolom di database

File mdb - nya di blokir , jadi kirim ulang dgn sebelumnya di compress dgn tool kompresi seperti WinZIP, Winrar, 7Zip .


----------------------------------------------------------
To: belajar-excel@yahoogroups.com
From: ppc_03@sami.co.id
Date: Mon, 28 Nov 2011 08:17:58 +0700
Subject: Re: [belajar-excel] Tambah kolom di database

ma'af kalo jadi membingungkan
maksudnya menambahkan kolom (3 kolom menjadi 4 kolom) pada sebuah tabel
terlampir Contoh programnya

Terimakasih
Best Regard
@bdul
SAMI -*- Planning Production Control
Lambda
----- Original Message -----
From: Kid Mr.
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Saturday, November 26, 2011 4:26 PM
Subject: Re: [belajar-excel] Tambah kolom di database

Maksudnya gimana ya.
Mau menambah kolom (tabel dari 3 kolom jadi 4 kolom) atau
menambah record pada sebuah kolom (tabel 20 record jadi 21 record) atau
meng-update sebuah kolom pada sebuah record (tabel 20 record diubah isi kolom ke 3 nya pada record ke 14 dengan sebuah data baru) ?

Kid.

3a.

Re: menampilkan nama sheet dari file lain

Posted by: "yulian nugroho" yuliannug@gmail.com   yuliannug

Sun Nov 27, 2011 6:23 pm (PST)



MANCAP......
makasih mbah uti,

dimodifikasi spt di bawah dengan mengarahkan nama workbook yg diinginkan ke
B1
agar kalo udah kebelet ganti workbook bisa cepetan, gak perlu buka2an vba
editornya

If LCase(wbk.Name) Like Range("B1") & "*" Then

nuwun, nderek langkung mbah ...
*sambil lewat munduk2 depan si mbah yang lagi nyirih ...

YN

2011/11/26 Haps <hapsari.stlizbeth@gmail.com>

> **
>
>
> Kalau inginnya NON CASE-SENSITIVE ( = Captial /nonCapital nya huruf
> *tidak mempengaruhi* pengambilan nama File ):
> "BERNAMA" / berNAMa" dianggap samadengan "bernama" / "BERnamA" dst
> penyaring IF nya diganti seperti ni
>
> If LCase(wbk.Name) Like "file bernama*" Then
>
> atau bisa juga
> If UCase(wbk.Name) Like "FILE BERNAMA*" Then
>
> Jangan lupa wild-card * (bintang) nya
>
> Maaf Kek, maksa'in !!
>
>
>
> 2011/11/26 Haps <hapsari.stlizbeth@gmail.com>
>
>> misalnya file yg akan di proses hanya file yg NAMANYA dimulai dengan :
>> "FILE BERNAMA.........."
>> nanti dukunnya tinggal *pasang susuk IF* saja, seperti ini:
>>
>> Sub BooksAndSheetsName()
>> Dim tbl As Range, wbk As Workbook, sht As Worksheet
>> Dim w As Integer, s As Integer, n As Integer
>> Set tbl = ThisWorkbook.Sheets("Sheet1").Range("A5").CurrentRegion
>>
>> tbl.Offset(1, 0).ClearContents
>> For Each wbk In Workbooks
>> *If wbk.Name Like "file bernama*" Then*
>> w = w + 1
>> s = 0
>>
>>
>

--
Thanks & Regards
Yulian Nugroho
3b.

Re: menampilkan nama sheet dari file lain

Posted by: "Haps" hapsari.stlizbeth@gmail.com   liz_hap

Sun Nov 27, 2011 8:59 pm (PST)



nah pengembangan sendiri seperti itulah yg menggembirakan...
akan lebih oke lagi kalau:
If LCase(wbk.Name) Like *Lcase(*Range("B1").Value*)* & "*" Then

karena user yg tidak mengikuti sejarah penulisan codenya, bisa
saja mamasukan
data nama file di cell B1 dgn huruf-huruf yg tidak *"di-Lower_Case"kan*semua

2011/11/28 yulian nugroho <yuliannug@gmail.com>

> **
>
> MANCAP......
> makasih mbah uti,
> dimodifikasi spt di bawah dengan mengarahkan nama workbook yg diinginkan
> ke B1
> agar kalo udah kebelet ganti workbook bisa cepetan, gak perlu buka2an vba
> editornya
>
> If LCase(wbk.Name) Like Range("B1") & "*" Then
>
> nuwun, nderek langkung mbah ...
> *sambil lewat munduk2 depan si mbah yang lagi nyirih ...
> YN
>
> 2011/11/26 Haps <hapsari.stlizbeth@gmail.com>
>
>> **
>>
>> Kalau inginnya NON CASE-SENSITIVE ( = Captial /nonCapital nya huruf
>> *tidak mempengaruhi* pengambilan nama File ):
>> "BERNAMA" / berNAMa" dianggap samadengan "bernama" / "BERnamA" dst
>> penyaring IF nya diganti seperti ni
>> If LCase(wbk.Name) Like "file bernama*" Then
>> atau bisa juga
>> If UCase(wbk.Name) Like "FILE BERNAMA*" Then
>>
>>
4a.

Re: Menyisipkan 3 blankcell antar kelompok data

Posted by: "jkssxls Sudarsono" jkssxls@hotmail.com   jkssbma

Sun Nov 27, 2011 8:52 pm (PST)




ini alternatif lain ( data harus terurut dulu ) :

Contoh Data


B61
jagung


2
jagung


3
jagung


4
jagung


5
jagung


6
jagung


7
jagung


8
jagung


9
jagung


10
jagung


11
jagung


B1612
1989


13
1989


14
1989


15
1989


16
1989


tulis di sel , misal P6 : =COUNTIF( D$5:D5,D5 )=COUNTIF( B$5:B$59,D5 )lalu kopi dari P7 sampai P77rumus di P77 :=COUNTIF( D$5:D76,D76 )=COUNTIF( B$5:B$59,D76 ) tulis di sel , misal Q6 :=COUNTBLANK( D$5:D5 )lalu kopi dari Q7 sampai Q77rumus di Q77 :=COUNTBLANK( D$5:D76 ) dan ini sebagian hasilnya :

Jumlah Yg
Tertampil
Jumlah sel kosong


FALSE
0


FALSE
0


FALSE
0


FALSE
0


FALSE
0


FALSE
0


FALSE
0


FALSE
0


FALSE
0


FALSE
0


FALSE
0


TRUE
0


FALSE
1


FALSE
2


FALSE
3


FALSE
3


FALSE
3


FALSE
3


FALSE
3


TRUE
3


FALSE
4


FALSE
5


=COUNTIF( D$5:D5,D5 )=COUNTIF( B$5:B$59,D5 ) mempunyai fungsi apakah yang sudah ditampilkan sudah sesuai jumlahnya ,misal Jagung sudah 11 kali tampil ? maka P17 :=COUNTIF( D$5:D16,D16 )=COUNTIF( B$5:B$59,D16 ) menghasilkan True =COUNTBLANK( D$5:D5 ) mempunyai fungsi untuk menghitung jumlah sel kosong , yang menjadi perhatian adalah nilai :1. 1 dan 2 2. 4 dan 5 apa hubungan 3 sel kosong dan angka2 tsb , Mod (1,3) --> 1 mod (4,3) --> 1Mod (2,3) --> 2 mod (5,3) --> 2 Pola tsb akan berulang. Jadi :1. Jika jumlah yg tertampil sama jumlahnya , tampilkan sel kosong : if ( COUNTIF( D$5:D5,D5 )=COUNTIF( B$5:B$59,D5 ),"")2. jika tidak , cek jumlah sel kosong yang telah ditampilkan : if ( AND( MOD(COUNTBLANK( D$5:D5 ),3)>=1 , MOD(COUNTBLANK( D$5:D5 ),3)<=2 , "")3. jika tidak berarti sel dgn sumber data : INDEX( B$6:B$59 , ROW()-5-COUNTBLANK( D$5:D5 ) ) row()-5 karena dimulai dari B6, maka data pertama adalah 6 - 5 rumus lengkapnya di D6 :=IF( COUNTIF( D$5:D5 ,D5)=COUNTIF( B$5:B$59 ,D5),"", IF( AND(MOD(COUNTBLANK( D$5:D5 ),3)>=1,MOD(COUNTBLANK( D$5:D5 ),3)<=2),"", INDEX( B$6:B$59 ,ROW()-5-COUNTBLANK( D$5:D5)) ) ) lalu kopi rumus tsb dari D7 sampai D77 , hasilnya :

Contoh Data


hasil (mr KID)


1
jagung

1
jagung


2
jagung

2
jagung


3
jagung

3
jagung


4
jagung

4
jagung


5
jagung

5
jagung


6
jagung

6
jagung


7
jagung

7
jagung


8
jagung

8
jagung


9
jagung

9
jagung


10
jagung

10
jagung


11
jagung

11
jagung


12
1989

i



13
1989

ii



14
1989

iii



15
1989

1
1989


16
1989

2
1989


17
kosmetika

3
1989


18
kosmetika

4
1989


19
kosmetika

5
1989


20
kosmetika

i



21
kosmetika

ii



22
kosmetika

iii



23
kosmetika

1
kosmetika


24
kosmetika

2
kosmetika


25
kosmetika

3
kosmetika


26
4

4
kosmetika


27
4

5
kosmetika


28
4

6
kosmetika


29
4

7
kosmetika


30
4

8
kosmetika


31
4

9
kosmetika


32
4

i



33
4

ii



34
4

ii



35
0.345876

1
4


36
0.345876

2
4


37
0.345876

3
4


38
0.345876

4
4


39
0.345876

5
4


40
0.345876

6
4


41
0.345876

7
4


42
0.345876

8
4


43
0.345876

9
4


44
0.345876

i



45
0.345876

ii



46
Attar

iii



47
Attar

1
0.345876


48
Attar

2
0.345876


49
Attar

3
0.345876


50
Attar

4
0.345876


51
Attar

5
0.345876


52
Attar

6
0.345876


53
Attar

7
0.345876


54
Attar

8
0.345876





9
0.345876





10
0.345876





11
0.345876





i






ii






iii






1
Attar





2
Attar





3
Attar





4
Attar





5
Attar





6
Attar





7
Attar





8
Attar





9
Attar





i






ii






iii






z
#REF!


rumus dapat disingkat :=IF( ( COUNTIF(E$5:E5,E5)=COUNTIF(B$5:B$59,E5) ) + ( AND( MOD(COUNTBLANK(E$5:E5),3)>=1, MOD(COUNTBLANK(E$5:E5),3)<=2 ) ), "",INDEX( B$6:B$59 ,ROW()-5-COUNTBLANK( E$5:E5 )) ) catatan : terima kasih kpada Mr Ghozali dan Mr Kid , atas rumusnya yang menabjubkan To: belajar-excel@yahoogroups.com
From: hapsari.stlizbeth@gmail.com
Date: Sat, 26 Nov 2011 04:15:03 +0700
Subject: Re: [belajar-excel] Menyisipkan 3 blankcell antar kelompok data

amazing.. an awesome formula.. gile benerr.. !
=IF(ROW(1:1)-COUNTBLANK(M$3:M3)>COUNTA($K$2:$K$55),"",IF((MOD(COUNTBLANK(M$3:M3),$M$1+($M$1=0))>0)+(COUNTIF(M$3:M3,M3)+($M$1=0)=COUNTIF($K$2:$K$55,M3))*($M$1<>0),"",INDEX($K$2:$K$55,MOD(SMALL((2-ISNUMBER($K$2:$K$55)*IF($M$3<"C",1,-1))*10^6+COUNTIF($K$2:$K$55,IF($M$3<"C","<",">")&$K$2:$K$55)*1000+ROW($K$2:$K$55)-ROW($K$1),ROW(1:1)-COUNTBLANK(M$3:M3)),1000))))

Length-nya baru 360 karakter saya kira belum kepanjangan...
Tararengkyu... Um Kid...

2011/11/26 Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>

hehehe.... keretanya ketinggalan.
Kid.

2011/11/26 Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>

Dear mpok Haps yang baik,
ada koreksi dikit dari array formula :
=IF(ROW(1:1)-COUNTBLANK(C$1:C1)>=COUNTA($A$2:$A$55),"",IF((MOD(COUNTBLANK(C$1:C1),3)>0)+(COUNTIF(C$1:C1,C1)=COUNTIF($A$2:$A$55,C1)),"",INDEX($A$2:$A$55,ROW(1:1)-COUNTBLANK(C$1:C1))))

menjadi array formula :
=IF(ROW(1:1)-COUNTBLANK(C$1:C1)>COUNTA($A$2:$A$55),"",IF((MOD(COUNTBLANK(C$1:C1),3)>0)+(COUNTIF(C$1:C1,C1)=COUNTIF($A$2:$A$55,C1)),"",INDEX($A$2:$A$55,ROW(1:1)-COUNTBLANK(C$1:C1))))

Untuk data tak berurutan maupun tipe datanya numerik maupun teks, dan akan disusun hasil terurut menaik maupun menurun dengan jumlah blank tersisip bervariasi, mungkin bisa dengan array formula yang panjangnya kaya kereta. Pada file terlampir, variasi jumlah blank diset dari 0 sampai 5.

Kalau ada yang kurang pas hasilnya, mohon dikoreksi.
Wassalamualaikum Wr. Wb.
Kid.

2011/11/25 Haps <hapsari.stlizbeth@gmail.com>

Pertanyaan (belajar) lanjutan:Bagimana kalau tingkat kesulitannya dinaikkan? Masih adakah rumusnya ? (pasti ada la yaa...)

1. Data tidak hanya berupa type Bilangan (numbers) saja; tetapi boleh type TEXT maupun campuran Numbers & Text
2. Data tidak harus dlm keadan tersortir, jadi data yg sama boleh terpencar letaknya dlm kolom.

3. Satu grup data, selain bisa terdiri dari beberapa data kembar, boleh hanya berisi 1 data unik.
4. Rumus harus bisa diedit dengan mudah agar BANYAKNYA CELL YG DISISIPKAN bisa / mudah diubah,
misal (per sekali rumus) banyaknya sisipan cell antar grup data bisa 1 atau 2, atau 3 atau 7 atau 13 dst.

5. Urutan (sortOrder) data hasilnya bisa diubah-ubah: bisa Terurut Menurun (Descending) maupun bisa Terurut menaik (Ascending).
6. Rumus tetap berupa rumus tunggal, tidak ada kolom / rumus bantu.

Contoh data dan contoh hasil yg diinginkan ada dilampiran.

(yaaah. ini seperti Challenge dong.. )terus terang & terang-terangan terus,.. aku tidak bisa.. 'teuk tiasa... 'ra jègos !

5a.

LOOK UP gabungan dengan DROP DOWN LIST

Posted by: "afif farihin" farick03@yahoo.com   farick03

Sun Nov 27, 2011 10:29 pm (PST)



Assalamu'alaikum,
mohondibantu MASTER, saya
punya data CALON PIC pada sheet "DATA", dan kriteria CALON PIC
tersebut berdasarkan kriteria pada tabel SYARAT PIC.
Nah, saya
mencoba lookup dari sheet "SUMMARY" tp kok tetap tidak berhasil, kemungkinan lookup value yg saya
masukkan kurang ya, tp sy gk tau penempatan value formulanya seperti apa, file terlampir..
Demikian, barokalloh..
Wassalamu'alaikum,

Farick
5b.

Re: LOOK UP gabungan dengan DROP DOWN LIST

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Sun Nov 27, 2011 10:40 pm (PST)



Coba formula :
=INDEX(DATA!$H$3:$AC$21,E9,MATCH($F$7,DATA!$H$3:$AC$3,0))

Kid.

2011/11/28 afif farihin <farick03@yahoo.com>

> **
>
>
> Assalamu'alaikum,
> mohon dibantu MASTER, saya punya data CALON PIC pada sheet "DATA", dan
> kriteria CALON PIC tersebut berdasarkan kriteria pada tabel SYARAT PIC.
> Nah, saya mencoba lookup dari sheet "SUMMARY" tp kok tetap tidak
> berhasil, kemungkinan lookup value yg saya masukkan kurang ya, tp sy gk tau
> penempatan value formulanya seperti apa, file terlampir..
> Demikian, barokalloh..
> Wassalamu'alaikum,
>
> Farick
>
>
>
5c.

Re: LOOK UP gabungan dengan DROP DOWN LIST

Posted by: "farick03" farick03@yahoo.com   farick03

Mon Nov 28, 2011 12:13 am (PST)



Alhamdulillah, formula Mister cespleng, berhasil.. tapi, gimana ya agar pada sheet "SUMMARY" hanya data yg berhubungan saja yg keluar pada masing2 kolom : No, Nama, PRK, Profesi, (dianggap data dikolom2 tsb masih kosong, dan formula index-match-nya Mister lsg ngambil dr sheet "DATA", kemudian terisi secara berurutan mulai dari nomor 1, dst.. jika dropdown list-nya dipilih.. apabila dropdown list-nya belum dipilih, maka data dimasing2 kolom masih blank..
Demikian, mohon Mister dapat mencerahkan lagi pemahaman saya,
Barokalloh,

Wassm,

Farick

--- In belajar-excel@yahoogroups.com, "Kid Mr." <mr.nmkid@...> wrote:
>
> Coba formula :
> =INDEX(DATA!$H$3:$AC$21,E9,MATCH($F$7,DATA!$H$3:$AC$3,0))
>
> Kid.
>
> 2011/11/28 afif farihin <farick03@...>
>
> > **
> >
> >
> > Assalamu'alaikum,
> > mohon dibantu MASTER, saya punya data CALON PIC pada sheet "DATA", dan
> > kriteria CALON PIC tersebut berdasarkan kriteria pada tabel SYARAT PIC.
> > Nah, saya mencoba lookup dari sheet "SUMMARY" tp kok tetap tidak
> > berhasil, kemungkinan lookup value yg saya masukkan kurang ya, tp sy gk tau
> > penempatan value formulanya seperti apa, file terlampir..
> > Demikian, barokalloh..
> > Wassalamu'alaikum,
> >
> > Farick
> >
> >
> >
>

5d.

Re: LOOK UP gabungan dengan DROP DOWN LIST

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Mon Nov 28, 2011 12:17 am (PST)



Tambahkan IF dengan kondisi cek jumlah karakter di input dropdownlist.
Formula cek nya :
Len($F$7)

Bila perlu, cek juga no PRK ada atau tidak di DATA.
Formula cek nya :
CountIF( data!$g$3:$g$21 , E9 )

Susunan cek :
=IF( kondisi1 * kondisi2 , formula_index_match , "" )

Kid.

2011/11/28 farick03 <farick03@yahoo.com>

> **
>
>
> Alhamdulillah, formula Mister cespleng, berhasil.. tapi, gimana ya agar
> pada sheet "SUMMARY" hanya data yg berhubungan saja yg keluar pada masing2
> kolom : No, Nama, PRK, Profesi, (dianggap data dikolom2 tsb masih kosong,
> dan formula index-match-nya Mister lsg ngambil dr sheet "DATA", kemudian
> terisi secara berurutan mulai dari nomor 1, dst.. jika dropdown list-nya
> dipilih.. apabila dropdown list-nya belum dipilih, maka data dimasing2
> kolom masih blank..
> Demikian, mohon Mister dapat mencerahkan lagi pemahaman saya,
> Barokalloh,
>
> Wassm,
>
> Farick
>
>
> --- In belajar-excel@yahoogroups.com, "Kid Mr." <mr.nmkid@...> wrote:
> >
> > Coba formula :
> > =INDEX(DATA!$H$3:$AC$21,E9,MATCH($F$7,DATA!$H$3:$AC$3,0))
> >
> > Kid.
> >
> > 2011/11/28 afif farihin <farick03@...>
> >
> > > **
>
> > >
> > >
> > > Assalamu'alaikum,
> > > mohon dibantu MASTER, saya punya data CALON PIC pada sheet "DATA", dan
> > > kriteria CALON PIC tersebut berdasarkan kriteria pada tabel SYARAT PIC.
> > > Nah, saya mencoba lookup dari sheet "SUMMARY" tp kok tetap tidak
> > > berhasil, kemungkinan lookup value yg saya masukkan kurang ya, tp sy
> gk tau
> > > penempatan value formulanya seperti apa, file terlampir..
> > > Demikian, barokalloh..
> > > Wassalamu'alaikum,
> > >
> > > Farick
> > >
> > >
> > >
> >
>
>
>
>
Recent Activity
Visit Your Group
Dog Fanatics

on Yahoo! Groups

Find people who are

crazy about dogs.

Yahoo! Finance

It's Now Personal

Guides, news,

advice & more.

Yahoo! Groups

Parenting Zone

Tips for a happy,

healthy home

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar