Minggu, 19 Februari 2012

[belajar-excel] Digest Number 1518

Messages In This Digest (16 Messages)

Messages

1a.

Re: cara menggabungkan grafik

Posted by: "zainul_ulum[at]yahoo[dot]com" zainul_ulum@yahoo.com   zainul_ulum

Sat Feb 18, 2012 12:40 am (PST)



Be-exceler
Karena ada permintaan dari penanya tentang tahapan pembuatan grafiknya, terlampir adalah tahapan pembuatan chart yang dimaksud.

Semoga bermanfaat bagi yang lain juga.
Wassalam
-zainul-

-----Original Message-----
From: zainul_ulum[at]yahoo[dot]com [mailto:zainul_ulum@yahoo.com]
Sent: Saturday, February 18, 2012 11:39 AM
To: 'belajar-excel@yahoogroups.com'
Subject: RE: [belajar-excel] cara menggabungkan grafik

Maaf kalo tidak sesuai Harapan.
Terlampir grafik yang sudah direvisi, semoga sesuai Harapan.
Revisinya adalah:
1. buat series dummy untuk capacity
2. atur gap width dan series overlap untuk mengatur jarak antara primary chart dan secondary chart.

Wassalam
-zainul-

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com] On Behalf Of anggayan.widyatmoko@autoliv.com
Sent: Saturday, February 18, 2012 11:10 AM
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Cc: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: RE: [belajar-excel] cara menggabungkan grafik

Dear pak zainul&excelers
terima kasih atas solusi yang diberikan tapi untuk grafik capacity yang saya inginkan ada di sebelah kiri (bkn membelakangi grafik dari data 2 nama2 customer) file terlampir

2a.

Mencari no urut yang hilang

Posted by: "vw" cuma.milis@gmail.com

Sat Feb 18, 2012 1:58 am (PST)



Maaf sebelumnya,
kebetulan saya lagi haus......haus ilmu excel...:),
jadi saya tanya lagi ke forum.

as subject,
saya ada data angka dimana data tersebut seharusnya urut dari nomor 1 s/d
10.000, hanya saja dalam angka tersebut ada no urut yang hilang.
selama ini saya pakai rumus MATCH, hanya saja no urut pembanding nya saya
buat manual dulu dari 1 s/d 10.000, baru ketemu data yang hilang tersebut.

mohon pencerahan nya rumus selain rumus yang saya pakai selama ini, agar
tidak membuat no urut manual dulu, tapi bisa langsung mengetahui no urut
berapa saja yang hilang dari urutan tersebut.

file terlampir

vega
2b.

Re: Mencari no urut yang hilang

Posted by: "Ki Semprul" semprul.ki@gmail.com   ki_semprull

Sat Feb 18, 2012 3:47 am (PST)



Menghitung Missing Nymber
=SUM(IF(COUNTIF(B6:B9997,ROW(1:10000)),0,1))

Membuat daftar MissingNumbers
=SMALL(IF(ISNA(MATCH(ROW(1:10000),B6:B9997,0)),ROW(1:10000)),ROW(1:8))

atau
=SMALL(IF(COUNTIF(B6:B9997,ROW(1:10000))=0,ROW(1:10000)),ROW(1:8))

*Row(1:10000)* menggambarkan nomor urut yg seharusnya ada
*Row(1:8) * sebagai argument "k" pada fungsi SMALL); angka 8 didapat dari
rumus pertama
(yg ternyata menghasilkan 8 nomor yg hilang)
sengaja ditulis Row(1:8) secara manual/hard-coded, agar kalkulasi rumus
lebih cepat selesai

Ketiganya adalah ARRAY FORMULA, yaitu formula yg harus diakhiri dengan
upacara khusus.
Ketiga Rumus termasuk rumus "berat", maksudnya rumus yg proses kalkulasinya
cukup lama
terutama jika data yg dioleh cukup banyak (sepert1 10ribu data pada contoh
yg diajukan)

Kasus seperti ini sudah pernah muncul beberapa kali di milis kita;
Lihat antara lain di links ini
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/message/7869
*7872, 7884, 7919* dan
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/message/7926

Tidak ada salahnya, jika masih haus, buka-buka kasus lama di* Web milis yg
di Yahoo! Group*
*mapun di Nable.com * (links-nya dapat anda baca pada footer setiap email
dari milis)

File Kompilasi Jawaban dapat diunduh di:
http://www.box.com/shared/a1yhno3jb2

hormat kami,

Ki Semprul
*(Semprul..Ki!)*

*2012/2/18 vw <cuma.milis@gmail.com>
>
> Maaf sebelumnya, kebetulan saya lagi haus......haus ilmu excel...:),
> jadi saya tanya lagi ke forum.
>
> as subject,
> saya ada data angka dimana data tersebut seharusnya urut dari nomor 1 s/d
10.000, hanya saja dalam angka tersebut ada no urut yang hilang.
> selama ini saya pakai rumus MATCH, hanya saja no urut pembanding nya saya
buat manual dulu dari 1 s/d 10.000, baru ketemu data yang hilang tersebut.
>
> mohon pencerahan nya rumus selain rumus yang saya pakai selama ini, agar
tidak membuat no urut manual dulu, tapi bisa langsung mengetahui no urut
berapa saja yang hilang dari urutan tersebut.
>
> file terlampir
>
> vega*
3a.

Re: VBA - Pemisahan data dengan banyak kondisi

Posted by: "vw" cuma.milis@gmail.com

Sat Feb 18, 2012 1:59 am (PST)



maaf kalau jadi merepotkan,
1. "guna tanda - adalah untuk konversi tipe data."
konversi tipe data ? menjadi apa mr. Kid ?

rumus nya sudah saya modifikasi agar sesuai dengan data saya, terima kasih
sekali lagi mr. Kid.
ternyata tidak semudah keliatannya, saya harus mengelompokkan rumus nya
dulu menjadi dua kelompok besar True dan False, baru di bagi lagi menjadi
kelompok2 kecil True dan False.

btw
bagaimana cara berpikir nya agar mudah menangkap logika yang harus dipakai,
ketika baru berhadapan dengan data dan tujuan ?

rumus hasil rombakan saya adalah sbb :
=IF(-J2,IF(L2<>"X",IF(K2>0,"Faktur Pajak Normal",IF((K2<0)*J2,"Nota
Retur","Faktur Pajak Batal")),"Invoice
Pendukung"),IF(J2,IF(K2,"masih","bingung"),"Invoice Belum Proses"))
3b.

Re: VBA - Pemisahan data dengan banyak kondisi

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Sat Feb 18, 2012 2:14 am (PST)



1. data pada tabel kolom tersebut memiliki tipe data text walau tampaknya
berisi angka. Karena isinya adalah teks angka, maka operasi matematis akan
mengubah tipe data dari teks menjadi numerik. Beberapa caranya adalah
menggunakan - atau +0 atau *1 atau -0
Kondisi pada fungsi IF akan TRUE selama bukan 0.
Jadi, jika diharapkan kondisi <>0 maka kerjakan yang TRUE, dan kalau 0
kerjakan yang FALSE, fungsi IF menjadi :
=IF( -nilai_kondisi , pekerjaan_bagian_TRUE , pekerjaan_bagian_FALSE )

2. Supaya gak bingung, coba dojabarkan seperti penyusunan kriteria pada
file lalu.
Untuk menyusun formulanya, bisa disusun dalam banyak baris agar memudahkan
penyusunan.
Misal :
=IF(-J2,IF(L2<>"X",IF(K2>0,"Faktur Pajak Normal",IF((K2<0)*J2,"Nota
Retur","Faktur Pajak Batal")),"Invoice
Pendukung"),IF(J2,IF(K2,"masih","bingung"),"Invoice Belum Proses"))

di susun multi baris menjadi :
=IF( -J2 ,
IF( L2<>"X" ,
IF( K2>0 ,
"Faktur
Pajak Normal" ,
IF(
(K2<0)*J2 ,

"Nota Retur" ,

"Faktur Pajak Batal"
)
) ,
"Invoice Pendukung"
) ,
IF( J2 ,
IF( K2 ,

"masih","bingung"
) ,
"Invoice Belum Proses"
)
)

Maka akan tampak, bahwa :
1. IF level 1 (baris 1)
>> memiliki pekerjaan bagian TRUE di baris 2 sampai 11
>> memiliki pekerjaan bagian FALSE di baris 12 sampai 17
>> ditutup oleh tutup kurung di baris 18

2. Pekerjaan bagian TRUE dari level 1
>> memiliki fungsi IF level 2
- Bagian TRUE mulai baris 3 sampai baris 9
- bagiab false mulai baris 10 saja.
dst

Kid.

On Sat, Feb 18, 2012 at 14:25, vw <cuma.milis@gmail.com> wrote:

> **
>
>
> maaf kalau jadi merepotkan,
> 1. "guna tanda - adalah untuk konversi tipe data."
> konversi tipe data ? menjadi apa mr. Kid ?
>
> rumus nya sudah saya modifikasi agar sesuai dengan data saya, terima
> kasih sekali lagi mr. Kid.
> ternyata tidak semudah keliatannya, saya harus mengelompokkan rumus nya
> dulu menjadi dua kelompok besar True dan False, baru di bagi lagi menjadi
> kelompok2 kecil True dan False.
>
> btw
> bagaimana cara berpikir nya agar mudah menangkap logika yang harus
> dipakai, ketika baru berhadapan dengan data dan tujuan ?
>
> rumus hasil rombakan saya adalah sbb :
> =IF(-J2,IF(L2<>"X",IF(K2>0,"Faktur Pajak Normal",IF((K2<0)*J2,"Nota
> Retur","Faktur Pajak Batal")),"Invoice
> Pendukung"),IF(J2,IF(K2,"masih","bingung"),"Invoice Belum Proses"))
>
>
>
4a.

CARA MEMBUAT KODE MACRO UNTUK CEK KELOMPOK NAMA?

Posted by: "winuaji rk" winuaji_rk@yahoo.com   winuaji_rk

Sat Feb 18, 2012 3:51 am (PST)



Yth master excel semua
saya bermaksud membuat userform untuk input data seperti TERLAMPIR.
BULAN merupakan combo box yang terdiri plihan JANUARI-DESEMBER yang menentukan data masuk ke sheet yang mana.
TANGGAL merupakan combo box yang berisi tanggal sesuai plihan BULAN
NAMA terdiri dari 10 combo box dengan isi list yang sama sesuai dengan list pada sheet NAMA. jika ada penambahan atau pengurangan Nama tinggal edit sheet NAMA maka isi combo box NAMA juga berubah. 10 combo box nama ini tidak harus diisi semua. jika kosong maka data yang diinput juga kosong.
Command button CEK berfungsi melakukan cek apakah nama nama sudah dinput pada tanggal dan bulan yang dipilih atau belum. jika belum pernah di input sebelumnya, maka akan muncul MESSAGE BOX 'Apakah data mau disimpan?' (YES/NO). Jika ada salah satu nama yang sudah pernah diinput, maka semua data nama yang dipilih tidak akan disimpan dan muncul MESSAGE BOX nama nama yang sudah pernah diinput (sebagai informasi kepada penginput)

PROSESNYA : bulan dan tanggal di pilih, selanjutnya nama juga dipilih (tidak harus diisi semua), maka nama nama yang di pilih akan diinput pada kolom tanggal yang dipilih sesuai Bulannya.

contoh : pada kolom 4 JANUARI sudah pernah diinput KELOMPOK nama EKO,BUDI, ARYA. kemudian kita ingin menginput KELOMPOK nama EKO, ARYA, ANDI, MEGA, HARDI. setelah KELOMPOK nama ini di masukkan ke userorm dan klik CEK maka kelima nama tersebut tidak akan disimpan karena ada nama EKO dan ARYA sudah pernah diinput. dan akan muncul MESSAGE BOX 'nama berikut sudah ada : EKO, ARYA'

mOHON PENCERAHANNYA KEPADA PARA MASTER SEKALIAN, karena saya newbie di milis ini, jika ada topik yang mirip dengan kasus diatas bisa di informaikan untuk saya pelajari

Regards

Winuaji
4b.

Re: CARA MEMBUAT KODE MACRO UNTUK CEK KELOMPOK NAMA?

Posted by: "Ki Semprul" semprul.ki@gmail.com   ki_semprull

Sat Feb 18, 2012 9:04 am (PST)



'== module Userform1 ==
[image: Inline image 1]
Dim i As Integer, Namas As Range, EntryRange As Range
' vba code rakitan Ki Semprul, 18 Feb 2012
' untuk milis BeExcel - kasus No. 15841
' http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/message/15841

Private Sub UserForm_Initialize()
'-- mengisi Combox BULAN
CboBulan.Clear
For i = 1 To 12
CboBulan.AddItem WorksheetFunction.Text(28 * i, "[$-421]MMMM")
Next
'-- mengisi 10 buah Combox Nama
Dim Ctrl As Object
Set Namas = Sheets("NAMA").Cells(1).CurrentRegion
For Each Ctrl In Me.Controls
If Ctrl.Name Like "CboNama*" Then
Ctrl.Clear
For i = 1 To Namas.Rows.Count
Ctrl.AddItem Namas(i, 1)
Next i
Ctrl.ListRows = Namas.Rows.Count
End If
Next Ctrl
End Sub

Private Sub CboBulan_AfterUpdate()
' mengisi daftar angka tgl sesuai umur bulan
' yg terpilih pada cboBulan
'-------------------------------------------
' Pemilihan BULAN menyebabkan worksheet senama DiAktifkan
Worksheets(CboBulan.Value).Activate
Dim TgAkir As Integer, tg As Integer
' mencari Tgl akhir Bulan sesuai CboBulan
TgAkir = Day(DateSerial(Year(Date), CboBulan.ListIndex + 2, 0))
' mengganti items CboTgl sesuai Bulannya
CboTgl.Clear
For tg = 1 To TgAkir
CboTgl.AddItem tg
Next tg
CboTgl.ListRows = TgAkir
End Sub

Private Sub CboTgl_Change()
' menentukan Range dimana data akan di-entry
If CboTgl <> "" Then
Set EntryRange = ActiveSheet.Cells(2, CboTgl).Resize(10, 1)
EntryRange.Select
End If
End Sub

Private Sub Cmd_Cek_Click()
' vba code rakitan Ki Semprul, 18 Feb 2012
' untuk milis BeExcel - kasus No. 15841
' http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/message/15841
'----------------------------------------------------------
'== proses Jika Tombol CEK di ceKlik===
Dim EntryList As String, BedaList As String, DatList(1 To 10)
Dim N As Integer, Cbox As Object
'-- warning& validasi Bulan & Tgl
If CboBulan.ListIndex = -1 Then
MsgBox "BULAN belum ditentukan !", 48
CboBulan.SetFocus
Exit Sub
End If
If CboTgl.ListIndex = -1 Then
MsgBox "Tanggal belum ditentukan", 48
CboTgl.SetFocus
Exit Sub
End If
' menentukan Range dimana data akan di-entry
Set EntryRange = ActiveSheet.Cells(2, CboTgl).Resize(10, 1)
EntryRange.Select
' membuat daftar isi data di entryRange, jika ada
If WorksheetFunction.CountA(EntryRange) > 0 Then
EntryList = "|"
For i = 1 To 10
If Not EntryRange(i, 1) = vbNullString Then
EntryList = EntryList & EntryRange(i, 1) & "|"
End If
Next i
End If
' membuat daftar isi CboNama
For i = 1 To 10
Set Cbox = Controls("CboNama" & Format(i, "00"))
If Cbox.ListIndex >= 0 Then
DatList(i) = Cbox.Value
' dibandingkan dengan isi EntryRange
' untuk membuat daftar yg SUDAH ada di EntryRange
If InStr(1, EntryList, "|" & Cbox.Value & "|", vbTextCompare) > 0
Then
BedaList = BedaList & Cbox.Value & "," & vbCrLf
End If
End If
Next i
' pesan jika EntriRange ada isinya,
If Len(BedaList) > 0 Then
MsgBox "Nama² berikut ini sudah ada di Tabel " & _
CboBulan & " :" & vbCrLf & BedaList & vbCrLf & vbCrLf & _
"Proses Entry dibatalkan.", 48
' pembatalan proses
Exit Sub
Else
' Pesan Jika Entri bisa diproses ..
MsgBox "Area Entry masih kosong," & vbCrLf & _
" Entry data segera dilakukan", 64
For i = 1 To 10
EntryRange(i, 1) = DatList(i)
Next i
End If
'-mengosongkan 10 CboBox Nama
For i = 1 To 10
Set Cbox = Controls("CboNama" & Format(i, "00"))
Cbox.ListIndex = -1
Next i
End Sub

Private Sub Cmd_Close_Click()
' Userform di-UnLoad..
Unload Me
End Sub

'--------------------------------

*2012/2/18 winuaji rk <winuaji_rk@yahoo.com>
>
> Yth master excel semua
> saya bermaksud membuat userform untuk input data seperti TERLAMPIR.
> BULAN merupakan combo box yang terdiri plihan JANUARI-DESEMBER yang
menentukan data masuk ke sheet yang mana.
> TANGGAL merupakan combo box yang berisi tanggal sesuai plihan BULAN
> NAMA terdiri dari 10 combo box dengan isi list yang sama sesuai dengan
list pada sheet NAMA. jika ada penambahan atau pengurangan Nama tinggal
edit sheet NAMA maka isi combo box NAMA juga berubah. 10 combo box nama ini
tidak harus diisi semua. jika kosong maka data yang diinput juga kosong.
> Command button CEK berfungsi melakukan cek apakah nama nama sudah dinput
pada tanggal dan bulan yang dipilih atau belum. jika belum pernah di input
sebelumnya, maka akan muncul MESSAGE BOX 'Apakah data mau disimpan?'
(YES/NO). Jika ada salah satu nama yang sudah pernah diinput, maka semua
data nama yang dipilih tidak akan disimpan dan muncul MESSAGE BOX nama nama
yang sudah pernah diinput (sebagai informasi kepada penginput)
>
> PROSESNYA : bulan dan tanggal di pilih, selanjutnya nama juga dipilih
(tidak harus diisi semua), maka nama nama yang di pilih akan diinput pada
kolom tanggal yang dipilih sesuai Bulannya.
>
> contoh : pada kolom 4 JANUARI sudah pernah diinput KELOMPOK nama
EKO,BUDI, ARYA. kemudian kita ingin menginput KELOMPOK nama EKO, ARYA,
ANDI, MEGA, HARDI. setelah KELOMPOK nama ini di masukkan ke userorm dan
klik CEK maka kelima nama tersebut tidak akan disimpan karena ada nama EKO
dan ARYA sudah pernah diinput. dan akan muncul MESSAGE BOX 'nama berikut
sudah ada : EKO, ARYA'
>
> mOHON PENCERAHANNYA KEPADA PARA MASTER SEKALIAN, karena saya newbie di
milis ini, jika ada topik yang mirip dengan kasus diatas bisa di
informaikan untuk saya pelajari
>
> Regards
>
> Winuaji*
5a.

FUNGSI IF OR AND, jika columnnya blank, hasilnya juga blank

Posted by: "Mansor" dbpermatasari@gmail.com   nbmy1980

Sat Feb 18, 2012 3:52 am (PST)



Kepada teman beExcel,

Mohon bantuan, apakah rumus yang benar agar hasilnya seperti yang
diinginkan.

FUNGSI IF OR AND, jika columnnya blank, hasilnya juga blank (tiada value)

Terima kasih

-Mansor
5b.

Fwd: FUNGSI IF OR AND, jika columnnya blank, hasilnya juga blank

Posted by: "Mansor" dbpermatasari@gmail.com   nbmy1980

Sat Feb 18, 2012 4:14 am (PST)



Kepada teman beExcel,

Mohon bantuan, apakah rumus yang benar agar hasilnya seperti yang
diinginkan.

FUNGSI IF OR AND, jika columnnya blank, hasilnya juga blank (tiada
value),,File disertakan

Terima kasih

-Mansor
5c.

Bls: [belajar-excel] Fwd: FUNGSI IF OR AND, jika columnnya blank, ha

Posted by: "Wawan Widyawan" wawan_widyawan@yahoo.com   wawan_widyawan

Sat Feb 18, 2012 8:29 am (PST)



apakah seperti ini yang dimaksud?
tinggal tambahkan

=IF(OR(A2="",B2=""),"", 

didepan formula yang ada

________________________________
Dari: Mansor <dbpermatasari@gmail.com>
Kepada: belajar-excel <belajar-excel@yahoogroups.com>
Dikirim: Sabtu, 18 Februari 2012 18:54
Judul: [belajar-excel] Fwd: FUNGSI IF OR AND, jika columnnya blank, hasilnya juga blank


 

Kepada teman beExcel,

Mohon bantuan, apakah rumus yang benar agar hasilnya seperti yang diinginkan.

FUNGSI IF OR AND, jika columnnya blank, hasilnya juga blank (tiada value),,File disertakan

Terima kasih

-Mansor

5d.

Re: FUNGSI IF OR AND, jika columnnya blank, hasilnya juga blank

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Sat Feb 18, 2012 8:36 am (PST)



Hai Mansor,

Pada xl2007 ke atas, bisa menggunakan formula :
=IFERROR(LOOKUP(A2&B2,{"1A","2A","2D"},{368,814,368}),"")

atau formula untuk semua versi excel :
=IF(LEN(A2)*LEN(B2),LOOKUP(A2&B2,{"1A","2A","2D"},{368,814,368}),"")

Kid.

On Sat, Feb 18, 2012 at 18:35, Mansor <dbpermatasari@gmail.com> wrote:

> **
>
>
> Kepada teman beExcel,
>
> Mohon bantuan, apakah rumus yang benar agar hasilnya seperti yang
> diinginkan.
>
> FUNGSI IF OR AND, jika columnnya blank, hasilnya juga blank (tiada value)
>
> Terima kasih
>
> -Mansor
>
>
>
>
>
>
6a.

Re: Array isi folder ke list box

Posted by: "Group Keren" keren_group@yahoo.com   keren_group

Sat Feb 18, 2012 7:12 am (PST)



Terima Kasih banyak atas bantuannya....

kalau boleh tanya lagi, apakah bisa Lb_Path sudah ada di userform tanpa perlu browse lagi, dan di list box sudah ada  file-nya.
sorry merepotkan.

Tks

________________________________
From: i Haps <hapsari.stlizbeth@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Saturday, February 18, 2012 12:01 PM
Subject: Re: [belajar-excel] Array isi folder ke list box


Nama File itu.... paling tidak 'kan dapat dibedakan Extention (type) nya; misal  
xxxxx.XLS
   (file Workbook / spreadsheet dari MS Excel, bisa dibuka dgn MS Excel /compatibelnya)
xxxxx.doc
   (file Document / hasil  dari MS WORDl, dibuka dgn MS Word /kompatibelnya)
xxxxx.BMP
   (file gambar / image dari berbagai pengolah grafis, bisa dibuka dgn berbagai aplikasi/grafis )
xxxxx.MDB; xxxx.TXT,  xxxxxx,ASP, xxxxxxxx.ZIP, xxxxxxx.PDF lan liyo-liyane...
Setiap type punya CARA Membuka / program yg digunakan untuk membuka  FILEnya.

( Maaf, lupa,  ada cara lain: mengklik file name pada windows-explorer, atau meng-klik nama 
file yg ditulis dengan diberi Hyperlink.)

Sayang sekali; Bapak tidak memberi info Type /Extension file-nya  
Pada contoh isi Listbox pun item nya tidak ada "extension"nya) maka kita terpaksa menganggapnya:
Yg Bapak maksud dengan NAMA FILE itu PASTI FILE WORKBOOK/SPREADSHEET EXCEL (*.XLS?)

Alasan kami:
- Bapak mengajukan pertanyaan ini ke milis yg membicarakan Excel
- File yg memuat contoh juga = dimuat dlm XLS

Membuka fle XLS dengan diketahui NAMA PATH dan NAMA FILENYA (dengan tombol yg sudah
Bapak sediakan 
( Nama Path hanya diberitahukan per Email,  Nama file tertulis di ListBox2 

Private Sub CommandButton2_Click()
>   Workbooks.Open Filename:="D:\Bab\" &  Listbox2.List(0)
>End Sub

Pada UserForm contoh yg kami lampirkan kembali; kami mengubah hal-hal sbb:

1. Pengisian ListBox1 bukan FIXED pasti ex   D:\BAB;  tetapi terserah user
2. User diberi kebebasan memilih Nama Folder / Path (dari DialogBox Browse Folder yg mucnul bila suatu tombol di klik)
3. Nama Path akan dituliskan di suatu object Label, agar pada saat file dibuka, Path-nya gampang diakses kembali.
4. Pemindahan item (text nama file) dari Listbox1 ke KOTAK lain (dimana: fle yg tertulis disitu akan dibuka) bukan dengan tombol tetapi otomatis ketika di klik / diselect di Listbox1.
5. KOTAK Lain itu tidak perlu dibuat dari object ListBox2 (karena toh hanya akan diisi 1 1tem), cukup dgn object /control TextBox atau Label yg lebih mudah diakses. Pada contoh kita pilih Label agar user tidak dapat mengubahnya kecuali dari Klik Listbox 1.
6. (sebelulnya untuk mambuka nama file bisa langsung dengan mengklik item di listbox1 tsb)
7. Membuka file yg NAMAFILEnya sudah berada di Label3, DAN Nama Pathnya sudah tertulis di Lb_Path nya, cukup dengan :
Private Sub CommandButton2_Click()
>   On Error Resume Next
>   Workbooks.Open Filename:=Lb_Path & "\" & Label3
>End Sub

- i -

2012/2/18 Rahmat Sadikin <sadikinr19@yahoo.co.id>

>Salam be Exceler,
>mohon pencerahannya untuk kode makro didalam listbox terdapat naam file yg akan dibuka.
>apakah ada kode nya ?
>
>data terlampir....
6b.

Re: Array isi folder ke list box

Posted by: "i Haps" hapsari.stlizbeth@gmail.com   liz_indri_haps

Sat Feb 18, 2012 10:56 am (PST)



LHO !!
Pertanyaan / keinginan tahu - ku ("type FLIE yg akan Anda buka = XLS kah?
atau Sembarang FILE")
tidak dijawab, malah tanya lagi , piye to iki ??
ya 'dah g p p.... :(
Oiya, mungkin mas Keren Group ini = BUKAN pak Rahmat Sadikin /pemilik
kasus..

(1)
PATH yg anda kehendaki ditulis langsung saja secara manual (in designmode)
di property CAPTION milik object Label bernama Lb_Path
[image: Inline image 1]

(2)
Module standar dibuang saja

(3)
Listing code ditulis di module userform (sekarang hanya 3 prosedur)

Private Sub UserForm_Initialize()
Label3 = ""
Dim FSO As Object, Fls As Object, F As Object
On Error GoTo Akhir
Set FSO = CreateObject("Scripting.FileSystemObject")
Set Fls = FSO.GetFolder(Lb_Path).Files
ListBox1.Clear
For Each F In Fls
ListBox1.AddItem F.Name
Next
Akhir:
CommandButton2.Enabled = False
End Sub

Private Sub CommandButton2_Click()
On Error Resume Next
Workbooks.Open Filename:=Lb_Path & "\" & Label3
End Sub

Private Sub ListBox1_Click()
Dim i As Integer
Label3 = ""
CommandButton2.Enabled = False
With ListBox1
For i = 0 To .ListCount - 1
If .Selected(i) = True Then
Label3 = .List(i)
Exit For
End If
Next i
End With
If Not Label3 = "" _
Then CommandButton2.Enabled = True
End Sub

2012/2/18 Group Keren <keren_group@yahoo.com>
> kalau boleh tanya lagi, apakah bisa Lb_Path sudah ada di userform tanpa
perlu browse lagi,
> dan di list box sudah ada file-nya.
>
> ________________________________
> From: i Haps <hapsari.stlizbeth@gmail.com>
> Sent: Saturday, February 18, 2012 12:01 PM
> Nama File itu.... paling tidak 'kan dapat dibedakan Extention (type) nya;
misal
> xxxxx.XLS
> Sayang sekali; Bapak tidak memberi info Type /Extension file-nya
> - i -
>
>
> 2012/2/18 Rahmat Sadikin <sadikinr19@yahoo.co.id>
> mohon pencerahannya untuk kode makro didalam listbox terdapat naam file
yg akan dibuka.
> apakah ada kode nya ?
> data terlampir....
7.

sekali isi tabel, tabel lain di file lain otomatis terisi

Posted by: "Himawan Kunaifi" h_w42n@yahoo.com   h_w42n

Sat Feb 18, 2012 7:12 am (PST)



Dear Para Master,

mohon bantuanya nih, bagaimana ya caranya mengisi tabel dengan kriteria
tertentu sehingga tabel lain yang ada di file lain dengan informasi yang
sama otomatis terisi sehingga tidak perlu mengisi ulang file yang lain,

mohon pencerahanya ...

8.

Bls: [belajar-excel] sekali isi tabel, tabel lain di file lain otoma

Posted by: "ghozi alkatiri" ghozialkatiri@yahoo.co.id   ghozialkatiri

Sat Feb 18, 2012 3:46 pm (PST)



tulis formula di H7 copy ke seluruh sel lainnya

=INDEX($C$7:$E$18;MATCH(TRUNC(MATCH($G7;$C$7:$C$18;0)/ROWS($B$7:$B$12))+1;$B$7:$B$18;0);MATCH(H$6;$C$6:$E$6;0))

wassalam

Ghozi Alkatiri

--- Pada Sab, 18/2/12, Himawan Kunaifi <h_w42n@yahoo.com> menulis:

Dari: Himawan Kunaifi <h_w42n@yahoo.com>
Judul: [belajar-excel] sekali isi tabel, tabel lain di file lain otomatis terisi
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Tanggal: Sabtu, 18 Februari, 2012, 8:40 PM

 

Dear Para Master,

mohon bantuanya nih, bagaimana ya caranya mengisi tabel dengan kriteria

tertentu sehingga tabel lain yang ada di file lain dengan informasi yang

sama otomatis terisi sehingga tidak perlu mengisi ulang file yang lain,

mohon pencerahanya ...

9.

Sheet terisi secara otomatis pada saat input sheet yang lain

Posted by: "depi Hariyanto" depi.hari_yanto@yahoo.co.id   depi.hari_yanto

Sat Feb 18, 2012 8:34 pm (PST)



Ysh. Para Master Excel
Salam semoga para master excel menjumpai email ini dalam keadaan prima dan sehat selalu ... Amin
Mohon pencerahannya bagai mana jika input di suatu sheet dan summary secara otomatis terjumlah pada sheet lainnya,
Mohon ma'af atas kesalahan tulisan dengan menggunakan huruf besar semua dan abaikan email sebelumnya.
Atas bantuannya saya ucapkan terima kasih
Salam
Dep_Har
Recent Activity
Visit Your Group
Y! Groups blog

The place to go

to stay informed

on Groups news!

Yahoo! Groups

Small Business Group

A community for

small business owners

Yahoo! Finance

It's Now Personal

Guides, news,

advice & more.

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar