Rabu, 17 Juli 2013

[belajar-excel] Digest Number 2429

Milis Belajar Microsoft Excel

17 New Messages

Digest #2429
2a
Re: Extension ,xlsb by "hendrik karnadi" hendrikkarnadi
3a
Re: MenggantI Formula dalam Cell ke code VBA by "hendrik karnadi" hendrikkarnadi
3c
Re: MenggantI Formula dalam Cell ke code VBA by "hendrik karnadi" hendrikkarnadi
4a
Re: EXCEL - Cara merekap nama2 dalam workbook by "hendrik karnadi" hendrikkarnadi
5b
Re: WTA: Copy paste otomatis menggunakan macro by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
6a
Re: cara ganti sheet otomatis by "Fuadi Arief" see_fu
7a
Re: Mincari nilai max data bukan numerik by "Heru Safrudin" superheruu
9a
Re: Perhitungan stok barang by "lapendosol opik" lapendosol
9b
Re: Perhitungan stok barang by "lapendosol opik" lapendosol
9c
Re: Perhitungan stok barang by "lapendosol opik" lapendosol

Messages

Wed Jul 17, 2013 6:42 am (PDT) . Posted by:

"mardi" hekerkampoeng

Terima kasih Miss Jan dan Mr Kid Gamblang sekarang.......
Mudah2an Allah membalas amal kebaikan Miss Jan dan Mr Kid.

Salam
mardi

From: Mr. Kid
Sent: Wednesday, July 17, 2013 4:04 PM
To: BeExcel
Subject: Re: [belajar-excel] Identifikasi array formula atau bukan

Wa'alaikumussalam Wr. Wb.

Salah satu cirinya sudah dijelaskan miss Jan. Pak Mardi juga sudah menemukan cirinya ketika di enter saja malah error value.

Ciri selain yang dua di atas, antara lain :

ada banyak cell yang digunakan fungsi untuk mengisi salah satu inputan yang biasanya hanya diisi satu bijik nilai

Misal : yang namanya fungsi Sum-sum an atau Count-count an atau max max an dan sebangsanya itu kan selalu butuh inputan banyak cell, jadi wajar kalau mengolah banyak cell sekalian.
Kalau yang namanya CountIF, range carinya bener ada banyak, tapi sisi input kriterianya diisi langsung banyak nilai, maka countif ini akan bekerja sebagai array formula akibat si kriteria diisi banyak nilai yang biasanya hanya diisi satu bijik nilai kriteria.

CountIF(A1:A234,"kid") -> kriteria cuma berisi 1 nilai kriteria yaitu 'kid'

CountIF(A1:A234, d7:d13 ) -> kriteria diisi banyak nilai kriteria yaitu nilai di d7 sampai d13 :: array formula

contoh lain adalah Mid

biasanya Mid( "teks datanya" , 4 , 3 ) -> cuma diisi satu nilai tiap input parameternya

kalau jadi Mid( "teks datanya" , row($1:$99) , 1 ) -> ada inputan parameter diisi banyak nilai, yaitu parameter start diisi 99 nilai, dari 1 sampai 99 oleh fungsi row.

Fungsi rownya sendiri, biasanya hanya terima 1 cell saja, sekarang diisi langsung 99 baris x semua kolom yang ada

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Kid.

2013/7/17 Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com>

æóÚóáóíúßõãõ áÓóøáÇóãõ æóÑóÍúãóÉõ Çááåö æóÈóÑóßóÇÊõåõ

kalo Jan gampangnya begini pak..

kalau nilai pada 2 cell atau lebih dibandingkan dengan nilai pada 1 cell atau lebih maka menggunakan array formula
tetapi kalau tidak ada proses pembandingan maka tidak perlu array formula

beberapa array bisa diganti dengan fungsi Index atau SumProduct (tergantung kasusnya)

cmiiw

æóÓóøáÇóãõ Úóáóíúßõãú æóÑóÍúãóÉõ Çááåö æóÈóÑóßóÇÊõåõ

-Miss Jan Raisin-

a.. Untuk kepentingan belajar bersama, pertanyaan harap ditujukan hanya ke belajar-excel@yahoogroups.com bukan dikirim japri ke email pribadi member milis;

b.. Jika pertanyaan lama direspon, bersabarlah karena ALLAH beserta dengan orang-orang yang sabar QS 2:153;

c.. Harap dipahami bersama bahwa solusi diberikan oleh Be-Exceller yang memiliki waktu untuk on line, mengetahui solusi atas pertanyaan yang ditanyakan, mau dan berani untuk membantu, tanpa mengharap imbalan dari Thread Starter (TS) atau Post Starter (PS), selain itu Be-Excelller juga memiliki kewajiban yang harus dipenuhi di dunia nyata sehingga tidak selalu bisa on line setiap saat;

d.. Semoga semangat berbagi dan membantu semakin meningkat di kalangan Be-Exceller dan menjadi amalan yang baik untuk tabungan di akhirat nanti. Çóãöíä íóÇ ÑóÈóø ÇáúÚóÇáóãöíúä

Pada 16 Juli 2013 18.47, mardi <sumardiana596@gmail.com> menulis:

Assalamu'alaikum wr wb,

Dear All Master + be excel
Mengobati kerinduan dengan milis ini perkenankan mardi bertanya, soalnya kalo mau jawab pasti dah keduluan ma yang laen...he..he...
Mungkin soalnya teori saja (bukan study kasus). Begini...Bilamana formula diterjemahkan sebagai array formula. Kalo baca dari coretan Mr Kid Penjelasanya seperti ini : Array formula adalah formula yang bekerja dengan input berupa array dan mengkalkulasi setiap item array. Selama ini kalo saya merangkai formula hanya utak-atik saja kalo di enter g mau pakai CSE gitu doank. Mungkin ada penjabaran ilmiahnya. Terima kasih sebelumnya. Dan selamat berbuka bagi yang hari ini telah menjalankan Shoum Ramadhan.

Wassalamu'alaikum wr wb.
mardi

Wed Jul 17, 2013 7:05 am (PDT) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Terima kasih Mr Kid.
Bsk saya coba di kantor, kebetulan di rumah masih Excel 2010.

Salam,
HK

________________________________
From: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
To: BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Wednesday, 17 July 2013, 15:10
Subject: Re: [belajar-excel] Extension ,xlsb


 
Pak Hendrik,

Coba :
1. windows explorer -> klik kanan sebuah file .xlsb -> pilih open with -> pilih browse -> tunjuk Excel.exe yang ada di folder office14 -> centang always blablabla

2. ke regedit (klik start -> tulis diarea search tulisan regedit -> jalankan regedit.exe (mungkin annti butuh run administrator [pencet yes])
     cari folder HKCR (hkey class root)  -> folder applications -> Excel.exe -> shell -> open -> commnad -> lihat frame kanan ->
     klik kanan (default) -> modify -> ganti bagian officeXX menjadi office14 -> ok -> restart komputer

3. buka excel 2013 untuk atur save as -> ribbon File -> options -> page Save (frame kiri) -> centang item Save to computer by default atau yang seperti itulah -> centang juga item don't show blabla yang ada di atasnya kalo ndak salah.

moga-moga dari 3 hal di atas ada yang bisa dipakai di komputer Pak Hendrik.

Regards,
Kid.

2013/7/15 hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>

> 
>Rekan Be-Excellers.
>
>
>Saya sedang trial Excel 2013 walaupun sdh diactivate.
>Sementara, default file untuk Excel masih saya pakai 2010.
>Ketika saya coba buka attachment file Excel yang mempunyai Extension .xlsb tidak ada file Excel yang terbuka, sementara kalau pakai Save As yang disave adalah emailnya.
>
>
>Ada rekan yang punya pengalaman mengenai hal ini dan bagaimana solusinya?
>Kalau ada mohon dapat dishare pengalamannya.
>
>
>Terima kasih.
>
>
>Salam,
>HK
>
>
> 

Wed Jul 17, 2013 8:03 am (PDT) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Hi Agam,
Ini hasil uji coba saya.
Coba isi angka di bawah ini pada sel A1 s/d A4:
1
12
123
1234
Letakan penunjuk sel pada sel A5 (R5C1), kemudian copy paste kedua macro ini ke VBE Sheet\
Sub FormulaR1C1()
    ActiveCell.FormulaR1C1 = "=SUM(R[-4]C:R[-1]C)"
    ActiveCell = ActiveCell.Value
End Sub

Sub Formulabiasa()
    ActiveCell.Formula = Evaluate("=SUM(A1:A4)")
End Sub

dan lihat hasilnya pada sel A5 apakah sdh menjawab kedua hal yang ditanyakan.

Salam,
HK

________________________________
From: "agam_tole@yahoo.com" <agam_tole@yahoo.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Wednesday, 17 July 2013, 10:10
Subject: [belajar-excel] MenggantI Formula dalam Cell ke code VBA


Dear Master dan Be-Excel

Salam

Langsung saja y, sbenernya saya ada membuat 1 sheet untuk hauling dump Truck yg berisi data 100 unit Mbl.. Dgn berbAgai formula dalam Cell2nya kelihatannya membuat gemuk Filenya.. Br 1 sheet sja sdh membuat filenya berukuran 1.6Mb..

Yng saya pertanyakan adalah
1. Mungkinkah Formula2 yg berada pd cell itu bs d gantIkan dgn code2 formula dlm vba, jd exekusinya dalam VBA, dan yg berada pd cell2 tersebut adalah hasil dr formula yg berada pd VBA Bkn lg formula tp hasilnya..?
2. Bagaimana skript untuk menggantikan formula2 tersebut jika dalam VBA.. ?

Demikian yg dpt saya tanyakan
Untuk jwbn dan sarannya sgt saya btuhkan
Terima Kasih

Salam

Agam
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

------------------------------------

=====================================================================
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================

----------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
----------------------------------------------------------Yahoo! Groups Links

    http://docs.yahoo.com/info/terms/

Wed Jul 17, 2013 9:43 am (PDT) . Posted by:

agam_tole

SalAm Pak HK,
Terima kash sdh membantu, Betul pak sdh menjawab pertanyaan sy, tp timbul pertAnyaan br lg bagaimana jika yg sy mksd menunjuk cell tertentu untuk menempati hasil formula.. Seperti yg bpk contohkan trsebut kelihatanya msh merujuk pd cell aktif, sedaNgkan yg saya mksdn adalah merujuk pd Cell yg sdh d tentukan..

Piye Pak HeNdrik?
Hehehe


Salam


Agam

Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

-----Original Message-----
From: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Wed, 17 Jul 2013 08:03:06
To: belajar-excel@yahoogroups.com<belajar-excel@yahoogroups.com>
Reply-To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] MenggantI Formula dalam Cell ke code VBA

Hi Agam,
Ini hasil uji coba saya.
Coba isi angka di bawah ini pada sel A1 s/d A4:
1
12
123
1234
Letakan penunjuk sel pada sel A5 (R5C1), kemudian copy paste kedua macro ini ke VBE Sheet\
Sub FormulaR1C1()
    ActiveCell.FormulaR1C1 = "=SUM(R[-4]C:R[-1]C)"
    ActiveCell = ActiveCell.Value
End Sub

Sub Formulabiasa()
    ActiveCell.Formula = Evaluate("=SUM(A1:A4)")
End Sub

dan lihat hasilnya pada sel A5 apakah sdh menjawab kedua hal yang ditanyakan.

Salam,
HK

________________________________
From: "agam_tole@yahoo.com" <agam_tole@yahoo.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Wednesday, 17 July 2013, 10:10
Subject: [belajar-excel] MenggantI Formula dalam Cell ke code VBA


Dear Master dan Be-Excel

Salam

Langsung saja y, sbenernya saya ada membuat 1 sheet untuk hauling dump Truck yg berisi data 100 unit Mbl.. Dgn berbAgai formula dalam Cell2nya kelihatannya membuat gemuk Filenya.. Br 1 sheet sja sdh membuat filenya berukuran 1.6Mb..

Yng saya pertanyakan adalah
1. Mungkinkah Formula2 yg berada pd cell itu bs d gantIkan dgn code2 formula dlm vba, jd exekusinya dalam VBA, dan yg berada pd cell2 tersebut adalah hasil dr formula yg berada pd VBA Bkn lg formula tp hasilnya..?
2. Bagaimana skript untuk menggantikan formula2 tersebut jika dalam VBA.. ?

Demikian yg dpt saya tanyakan
Untuk jwbn dan sarannya sgt saya btuhkan
Terima Kasih

Salam


Agam
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

------------------------------------

=====================================================================
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================

----------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
----------------------------------------------------------Yahoo! Groups Links



    http://docs.yahoo.com/info/terms/

Wed Jul 17, 2013 7:31 pm (PDT) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Hi Agam,
Tinggal ganti ActiveCell dengan Range(".."). Titik2nya bisa diganti dengan alamat sel.

Salam,
HK

________________________________
From: "agam_tole@yahoo.com" <agam_tole@yahoo.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Wednesday, 17 July 2013, 23:42
Subject: Re: [belajar-excel] MenggantI Formula dalam Cell ke code VBA


 
SalAm Pak HK,
Terima kash sdh membantu, Betul pak sdh menjawab pertanyaan sy, tp timbul pertAnyaan br lg bagaimana jika yg sy mksd menunjuk cell tertentu untuk menempati hasil formula.. Seperti yg bpk contohkan trsebut kelihatanya msh merujuk pd cell aktif, sedaNgkan yg saya mksdn adalah merujuk pd Cell yg sdh d tentukan..

Piye Pak HeNdrik?
Hehehe

Salam

Agam

Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT
________________________________

From: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Wed, 17 Jul 2013 08:03:06 -0700 (PDT)
To: belajar-excel@yahoogroups.com<belajar-excel@yahoogroups.com>
ReplyTo: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] MenggantI Formula dalam Cell ke code VBA
 
Hi Agam,
Ini hasil uji coba saya.
Coba isi angka di bawah ini pada sel A1 s/d A4:
1
12
123
1234
Letakan penunjuk sel pada sel A5 (R5C1), kemudian copy paste kedua macro ini ke VBE Sheet\
Sub FormulaR1C1()
    ActiveCell.FormulaR1C1 = "=SUM(R[-4]C:R[-1]C)"
    ActiveCell = ActiveCell.Value
End Sub

Sub Formulabiasa()
    ActiveCell.Formula = Evaluate("=SUM(A1:A4)")
End Sub

dan lihat hasilnya pada sel A5 apakah sdh menjawab kedua hal yang ditanyakan.

Salam,
HK

________________________________
From: "agam_tole@yahoo.com" <agam_tole@yahoo.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Wednesday, 17 July 2013, 10:10
Subject: [belajar-excel] MenggantI Formula dalam Cell ke code VBA


Dear Master dan Be-Excel

Salam

Langsung saja y, sbenernya saya ada membuat 1 sheet untuk hauling dump Truck yg berisi data 100 unit Mbl.. Dgn berbAgai formula dalam Cell2nya kelihatannya membuat gemuk Filenya.. Br 1 sheet sja sdh membuat filenya berukuran 1.6Mb..

Yng saya pertanyakan adalah
1. Mungkinkah Formula2 yg berada pd cell itu bs d gantIkan dgn code2 formula dlm vba, jd exekusinya dalam VBA, dan yg berada pd cell2 tersebut adalah hasil dr formula yg berada pd VBA Bkn lg formula tp hasilnya..?
2. Bagaimana skript untuk menggantikan formula2 tersebut jika dalam VBA.. ?

Demikian yg dpt saya tanyakan
Untuk jwbn
dan sarannya sgt saya btuhkan
Terima Kasih

Salam

Agam
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

------------------------------------

=====================================================================
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================

----------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
----------------------------------------------------------Yahoo! Groups Links

Wed Jul 17, 2013 9:29 am (PDT) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Boleh ikutan jawab atau update Miss Jan?

lFind = rgFind.Row (bukan 1Find) --> saya coba tambahkan  Code On Error agar bila datanya kosong tetap bisa dijalankan.

28 - 30 -> Hasil tes saya (s/d 31 Sheet dengan dua sheet kosong) OK, tidak berhenti s/d 30 Sheet. Kemungkinan waktu dites datan pada sheet kosong sedangkan Code On Error belum ditambahkan.

Saldo Awal -> saya coba tambahkan/update pada Macro Miss Jan, termasuk deklarasi variabel.

File terlampir.

Salam,
HK

________________________________
From: Ahmad Syaifullah Lubis <syaifullah@hotmail.com>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Wednesday, 17 July 2013, 15:36
Subject: RE: [belajar-excel] Re: EXCEL - Cara merekap nama2 dalam workbook


 
Miss Jan Raisin dan Pak Hendrik,
Alhamdulillah mulai ada pencerahan lagi. cuman saya jalankan visual basicnya Miss Jan ada pesan error " Run time error '91 : Object variable or with block variable not set. terus saya klik debug maka ada tanda kuning di baris tsb yaitu :1Find = rgFind.Row
hal diberkenaan dengan saya copykan macro tsb ke file saya yang banyak sheetnya, hasil yang didapat pada sheet daftar berhenti pada baris 28 - 30... padahal masih banyak lagi sheet2nya.
Miss Jan, kalau bisa dikirimkan revisinya menjadi Nama Sheet, Saldo Awal; Total Debet ; Total Kredit dan Saldo Akhir.
mohon bantuannya.
terima kasih
ASL

________________________________
To: belajar-excel@yahoogroups.com
From: miss.jan.raisin@gmail.com
Date: Wed, 17 Jul 2013 14:11:15 +0700
Subject: Re: [belajar-excel] Re: EXCEL - Cara merekap nama2 dalam workbook

 

ikutan lagi ya.. coba file terlampir,
pastikan untuk meng-enable-kan security macronya

salam,

-Miss Jan Raisin-

* Untuk kepentingan belajar bersama, pertanyaan harap ditujukan hanyake belajar-excel@yahoogroups.com bukan dikirim japri ke email pribadi member milis;

* Jika pertanyaan lama direspon, bersabarlah karena ALLAH beserta dengan orang-orang yang sabar QS 2:153;

* Harap dipahami bersama bahwa solusi diberikan oleh Be-Exceller yang memiliki waktu untuk on line, mengetahui solusi atas pertanyaan yang ditanyakan, mau dan berani untuk membantu, tanpa mengharap imbalan dari Thread Starter (TS) atau Post Starter (PS), selain itu Be-Excelller juga memiliki kewajiban yang harus dipenuhi di dunia nyata sehingga tidak selalu bisa on line setiap saat;

* Semoga semangat berbagi dan membantu semakin meningkat di kalangan Be-Exceller dan menjadi amalan yang baik untuk tabungan di akhirat nanti.  اَمِين يَا رَبَÙ' الÙ'عَالَمِيÙ'Ù†

Pada 17 Juli 2013 11.36, Ahmad Syaifullah Lubis <syaifullah@hotmail.com> menulis:

> 
>
>
>Pak Hendrik ,
>maaf ketinggalan file attachment saya, berikut saya lampirkan.
>tambahan : setiap sheet jumlah baris yang dipakai berbeda2 barisnya. tergantung dari transaksinya.  bisakah diambil dari masing2 sheet tsb Total Debet, Total Kredit dan Saldo Akhirnya.
>Terimaksih
>ASL
>
>
>
>________________________________
>From: syaifullah@hotmail.com
>To: belajar-excel@yahoogroups.com
>
>Subject: RE: [belajar-excel] Re: EXCEL - Cara merekap nama2 dalam workbook
>Date: Wed, 17 Jul 2013 04:31:37 +0000
>
>
>
>Pak Hendrik,
>saya sudah mengikuti instruksi pak Hendrik, tentang mengaktifkan macro.
>dari File yang Pak Hendrik, saya mengerti untuk menggantikan nama2 sheet tsb.
>Sheet daftar yang ada pada file yang Pak Hendrik kirimkan tsb saya copy ke ke file saya yang berisi banyak sheet. setelah saya copykan sheet daftar ke sheet saya (nama filenya "KASUS MACRO.xlsx") tidak menampilkan hasil yang diinginkan.
>Padahal rencana saya apabila bisa, saya akan membuat sheet baru untuk merekap nama2 sheet tsb, sekaligus mengambil total debet, kredit dan saldo. Tentu kalau berhasil ini sangat membantu saya membuat laporan proyek2 ke depannya. Harapan saya, Pak Hendrik dapat memberikan bantuannya.
>Terima Kasih.
>ASL
>
>

Wed Jul 17, 2013 2:25 pm (PDT) . Posted by:

"De Premor" de.premor

Ikutan Nambahin ya (^_^) V

Pada Novel Help-nya eksyel yang cetar membahana sehingga diseluruh
kompiuter pengguna eksyel dapat dipastikan mempunyai softcopynya di
ceritakan jika fungsi Find apabila tidak menemukan yang dicari akan
menghasilkan nilai *Nothing*
Jadi untuk trapper nya jika ndak ketemu sesuatu seperti yang kita semua
harapkan bisa digunakan

*If Not rgFind**Is Nothing Then
....
End If**
**
*Kemudian sebagai bumbu penyedap, agar supaya jikalau andaikata di salah
satu keterangan ada transaksi yang berbunyi TOTAL BON WARUNG JUNI 2013
tetap menghasilkan nilai yang benar, dan sesuai dengan yang sudah
didongengkan oleh Miss Jan beberapa hari yang lalu didalam Session yang
bertajuk "*Cara Membuat Search Enggine*", maka perlu penambahan garam sbb:

Set rgFind = .Cells.Find("TOTAL";, *lookat:=xlwhole*)

Rgds,
[dp]
**
Pada 17/07/2013 23:29, hendrik karnadi menulis:
> Boleh ikutan jawab atau update Miss Jan?
>
> lFind = rgFind.Row (bukan 1Find) --> saya coba tambahkan Code On
> Error agar bila datanya kosong tetap bisa dijalankan.
>
> 28 - 30 -> Hasil tes saya (s/d 31 Sheet dengan dua sheet kosong) OK,
> tidak berhenti s/d 30 Sheet. Kemungkinan waktu dites datan pada sheet
> kosong sedangkan Code On Error belum ditambahkan.
>
> Saldo Awal -> saya coba tambahkan/update pada Macro Miss Jan, termasuk
> deklarasi variabel.
>
> File terlampir.
>
> Salam,
> HK
>
>
> ----------------------------------------------------------
> *From:* Ahmad Syaifullah Lubis <syaifullah@hotmail.com>
> *To:* "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
> *Sent:* Wednesday, 17 July 2013, 15:36
> *Subject:* RE: [belajar-excel] Re: EXCEL - Cara merekap nama2 dalam
> workbook
>
> Miss Jan Raisin dan Pak Hendrik,
> Alhamdulillah mulai ada pencerahan lagi. cuman saya jalankan visual
> basicnya Miss Jan ada pesan error " Run time error '91 : Object
> variable or with block variable not set. terus saya klik debug maka
> ada tanda kuning di baris tsb yaitu :1Find = rgFind.Row
> hal diberkenaan dengan saya copykan macro tsb ke file saya yang banyak
> sheetnya, hasil yang didapat pada sheet daftar berhenti pada baris 28
> - 30... padahal masih banyak lagi sheet2nya.
> Miss Jan, kalau bisa dikirimkan revisinya menjadi Nama Sheet, Saldo
> Awal; Total Debet ; Total Kredit dan Saldo Akhir.
> mohon bantuannya.
> terima kasih
> ASL
>
> ----------------------------------------------------------
> To: belajar-excel@yahoogroups.com
> From: miss.jan.raisin@gmail.com
> Date: Wed, 17 Jul 2013 14:11:15 +0700
> Subject: Re: [belajar-excel] Re: EXCEL - Cara merekap nama2 dalam workbook
>
>
> ikutan lagi ya.. coba file terlampir,
> pastikan untuk meng-enable-kan security macronya
>
> salam,
>
>
>
> -Miss Jan Raisin-
>
> * Untuk kepentingan belajar bersama, pertanyaan harap ditujukan
> *_hanya_*ke belajar-excel@yahoogroups.com bukan dikirim japri ke
> email pribadi member milis;
> * Jika pertanyaan lama direspon, bersabarlah karena ALLAH beserta
> dengan orang-orang yang sabar QS 2:153;
> * Harap dipahami bersama bahwa solusi diberikan oleh Be-Exceller
> yang memiliki waktu untuk on line, mengetahui solusi atas
> pertanyaan yang ditanyakan, mau dan berani untuk membantu, tanpa
> mengharap imbalan dari Thread Starter (TS) atau Post Starter (PS),
> selain itu Be-Excelller juga memiliki kewajiban yang harus
> dipenuhi di dunia nyata sehingga tidak selalu bisa on line setiap
> saat;
> * Semoga semangat berbagi dan membantu semakin meningkat di kalangan
> Be-Exceller dan menjadi amalan yang baik untuk tabungan di akhirat
> nanti. اَمِين يَا رَبَÙ' الÙ'عَالَمِيÙ'Ù†
>
>
>
> Pada 17 Juli 2013 11.36, Ahmad Syaifullah Lubis
> <syaifullah@hotmail.com> menulis:
>
>
> Pak Hendrik ,
> maaf ketinggalan file attachment saya, berikut saya lampirkan.
> tambahan : setiap sheet jumlah baris yang dipakai berbeda2
> barisnya. tergantung dari transaksinya. bisakah diambil dari
> masing2 sheet tsb Total Debet, Total Kredit dan Saldo Akhirnya.
> Terimaksih
> ASL
>
> ----------------------------------------------------------
> From: syaifullah@hotmail.com
> To: belajar-excel@yahoogroups.com
>
> Subject: RE: [belajar-excel] Re: EXCEL - Cara merekap nama2 dalam
> workbook
> Date: Wed, 17 Jul 2013 04:31:37 +0000
>
>
> Pak Hendrik,
> saya sudah mengikuti instruksi pak Hendrik, tentang mengaktifkan
> macro.
> dari File yang Pak Hendrik, saya mengerti untuk menggantikan nama2
> sheet tsb.
> Sheet daftar yang ada pada file yang Pak Hendrik kirimkan tsb saya
> copy ke ke file saya yang berisi banyak sheet. setelah saya
> copykan sheet daftar ke sheet saya (nama filenya "KASUS
> MACRO.xlsx") tidak menampilkan hasil yang diinginkan.
> Padahal rencana saya apabila bisa, saya akan membuat sheet baru
> untuk merekap nama2 sheet tsb, sekaligus mengambil total debet,
> kredit dan saldo. Tentu kalau berhasil ini sangat membantu saya
> membuat laporan proyek2 ke depannya. Harapan saya, Pak Hendrik
> dapat memberikan bantuannya.
> Terima Kasih.
> ASL
>
>
>
>
>
>

Wed Jul 17, 2013 2:49 pm (PDT) . Posted by:

"milisastro" isti_astro

Oh ok...berarti tidak ter-delete blank column nya karena merge cell ya,
apakah punya sample coding untuk unmerge all cells?

Oh ya file contoh yang dilampirkan di email awal adalah dari file asli yg
diganti isi datanya & bisa sampai 3000 an row, makanya saya perlu bantuan
untuk mempercepat rubah format cell agar bisa menjadi format database
friendly (unmerged, no blank row/column) sehingga bisa diolah lagi jadi
report. Dan bos saya inginnya semua report jadi dalam sehari, kalau copas
manual dengan data ribuan akan sangat lama pengerjaannya.

Jika berkenan Mr.Kid tolong beri contoh coding untuk copy paste ke kanan &
looping untuk baris dibawahnya.

Terima kasih banyak atas bantuannya.

Regards,
Isti

On Wednesday, July 17, 2013, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> wrote:
>
>
> Coba buat agar tabel tidak ada yang di-merge cell lebih dulu
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
> 2013/7/17 milisastro <milisastro@gmail.com>
>>
>>
>>
>> Dear Be-Exceller,
>>
>> Mohon bantuannya untuk vba code cara melakukan copy paste otomatis &
menghapus column serta row kosong (vba code sudah ada tapi masih belum
sempurna), source table datanya bertumpuk dan inginnya ketika di
paste dibuat memanjang kesamping dari column title kemudian data baris
berikutnya, dst.
>>
>> Contoh data dan problem terlampir.
>>
>> Terima kasih atas bantuannya.
>>
>> Regards,
>> Isti
>>
>>
>>
>>
>> --
>> Sent from desktop powered by PC
>>
>
>

--
Sent from desktop powered by PC
http://www.pulsagram.com/indexCN116854.htm

Wed Jul 17, 2013 4:07 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

hehehe...

1. unmerge cell ya..
range.unmerge
misal : range("b3:aa3").entirecolumn.unmerge

2. Untuk data seperti file awal, sebaiknya gunakan header yang baris 3.
Untuk hapus column yang kosong :
range("b3:aa3").specialcells(xlcelltypeblanks).entirecolumn.delete

3. hapus isi header baris 2
range("b2:aa2").clearcontents

4. simpan area data ke sebuah variabel range :
dim rngData as range
set rngdata=range("b3").currentregion

5. ingin non aktifkan autofilter yang ada
rngdata.parent.autofiltermode=false

6. ingin filter data baris data dengan header baris 2 tadi (area blok data
pertama)
>> gunakan kolom resigndate (kolom ke-5) untuk ambil data blok milik header
bernama hire date
>> filter yang tidak blank
rangdata.autofilter 5, "<>"

7. copy datanya (tanpa header) dari yang tampak
rngdata.offset(1).specialcells(xlcelltypevisible).copy

8. paste ke sheet bernama myData (misalkan ada sheet bernama mydata) di a2
nya (area blok pertama dimulai di kolom A)
sheets("mydata").range("a2").pastespecials xlpastevalues

9. filter yang blank di kolom ke 5 untuk ambil blok data kedua (header di
baris 3)
rngdata.autofilter 6, vbnullstring

10. copy hasil autofilter dan paste ke sheet myData mulai baris yang sama
dengan blok pertama, tapi di kolom L -> berarti di L2 karena blok pertama
di paste ke baris 2
rngdata.offset(1).specialcells(xlcelltypevisible).copy
sheets("myData").range("L2").pastespecials xlpastevalues

11. clear autofilter
rngdata.parent.autofiltermode=false

12. pesan ke user
msgbox "Done.", vbinformation,"Normalisasi tahap pertama"

13. :)
>> tinggal disesuaikan kode programnya dengan dunia nyata setempat

Wassalam,
Kid.

2013/7/18 milisastro <milisastro@gmail.com>

> **
>
>
> Oh ok...berarti tidak ter-delete blank column nya karena merge cell ya,
> apakah punya sample coding untuk unmerge all cells?
>
> Oh ya file contoh yang dilampirkan di email awal adalah dari file asli yg
> diganti isi datanya & bisa sampai 3000 an row, makanya saya perlu bantuan
> untuk mempercepat rubah format cell agar bisa menjadi format database
> friendly (unmerged, no blank row/column) sehingga bisa diolah lagi jadi
> report. Dan bos saya inginnya semua report jadi dalam sehari, kalau copas
> manual dengan data ribuan akan sangat lama pengerjaannya.
>
> Jika berkenan Mr.Kid tolong beri contoh coding untuk copy paste ke kanan &
> looping untuk baris dibawahnya.
>
> Terima kasih banyak atas bantuannya.
>
> Regards,
> Isti
>
>
> On Wednesday, July 17, 2013, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> wrote:
> >
> >
> > Coba buat agar tabel tidak ada yang di-merge cell lebih dulu
> >
> > Wassalam,
> > Kid.
> >
> >
> >
> > 2013/7/17 milisastro <milisastro@gmail.com>
> >>
> >>
> >>
> >> Dear Be-Exceller,
> >>
> >> Mohon bantuannya untuk vba code cara melakukan copy paste otomatis &
> menghapus column serta row kosong (vba code sudah ada tapi masih belum
> sempurna), source table datanya bertumpuk dan inginnya ketika di
> paste dibuat memanjang kesamping dari column title kemudian data baris
> berikutnya, dst.
> >>
> >> Contoh data dan problem terlampir.
> >>
> >> Terima kasih atas bantuannya.
> >>
> >> Regards,
> >> Isti
> >>
> >>
> >>
> >>
> >> --
> >> Sent from desktop powered by PC
> >>
> >
> >
>
> --
> Sent from desktop powered by PC
> http://www.pulsagram.com/indexCN116854.htm
>
>
>

Wed Jul 17, 2013 9:24 pm (PDT) . Posted by:

"milisastro" isti_astro

Wow mantap....matur suwun Mr.Kid, semoga ditambah pahalanya karena senang
berbagi ilmu.

2013/7/18 Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>

> **
>
>
> hehehe...
>
> 1. unmerge cell ya..
> range.unmerge
> misal : range("b3:aa3").entirecolumn.unmerge
>
> 2. Untuk data seperti file awal, sebaiknya gunakan header yang baris 3.
> Untuk hapus column yang kosong :
> range("b3:aa3").specialcells(xlcelltypeblanks).entirecolumn.delete
>
> 3. hapus isi header baris 2
> range("b2:aa2").clearcontents
>
> 4. simpan area data ke sebuah variabel range :
> dim rngData as range
> set rngdata=range("b3").currentregion
>
> 5. ingin non aktifkan autofilter yang ada
> rngdata.parent.autofiltermode=false
>
> 6. ingin filter data baris data dengan header baris 2 tadi (area blok data
> pertama)
> >> gunakan kolom resigndate (kolom ke-5) untuk ambil data blok milik
> header bernama hire date
> >> filter yang tidak blank
> rangdata.autofilter 5, "<>"
>
> 7. copy datanya (tanpa header) dari yang tampak
> rngdata.offset(1).specialcells(xlcelltypevisible).copy
>
> 8. paste ke sheet bernama myData (misalkan ada sheet bernama mydata) di a2
> nya (area blok pertama dimulai di kolom A)
> sheets("mydata").range("a2").pastespecials xlpastevalues
>
> 9. filter yang blank di kolom ke 5 untuk ambil blok data kedua (header di
> baris 3)
> rngdata.autofilter 6, vbnullstring
>
> 10. copy hasil autofilter dan paste ke sheet myData mulai baris yang sama
> dengan blok pertama, tapi di kolom L -> berarti di L2 karena blok pertama
> di paste ke baris 2
> rngdata.offset(1).specialcells(xlcelltypevisible).copy
> sheets("myData").range("L2").pastespecials xlpastevalues
>
> 11. clear autofilter
> rngdata.parent.autofiltermode=false
>
> 12. pesan ke user
> msgbox "Done.", vbinformation,"Normalisasi tahap pertama"
>
> 13. :)
> >> tinggal disesuaikan kode programnya dengan dunia nyata setempat
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
>
> 2013/7/18 milisastro <milisastro@gmail.com>
>
>> **
>>
>>
>> Oh ok...berarti tidak ter-delete blank column nya karena merge cell ya,
>> apakah punya sample coding untuk unmerge all cells?
>>
>> Oh ya file contoh yang dilampirkan di email awal adalah dari file asli yg
>> diganti isi datanya & bisa sampai 3000 an row, makanya saya perlu bantuan
>> untuk mempercepat rubah format cell agar bisa menjadi format database
>> friendly (unmerged, no blank row/column) sehingga bisa diolah lagi jadi
>> report. Dan bos saya inginnya semua report jadi dalam sehari, kalau copas
>> manual dengan data ribuan akan sangat lama pengerjaannya.
>>
>> Jika berkenan Mr.Kid tolong beri contoh coding untuk copy paste ke kanan
>> & looping untuk baris dibawahnya.
>>
>> Terima kasih banyak atas bantuannya.
>>
>> Regards,
>> Isti
>>
>>
>> On Wednesday, July 17, 2013, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> wrote:
>> >
>> >
>> > Coba buat agar tabel tidak ada yang di-merge cell lebih dulu
>> >
>> > Wassalam,
>> > Kid.
>> >
>> >
>> >
>> > 2013/7/17 milisastro <milisastro@gmail.com>
>> >>
>> >>
>> >>
>> >> Dear Be-Exceller,
>> >>
>> >> Mohon bantuannya untuk vba code cara melakukan copy paste otomatis &
>> menghapus column serta row kosong (vba code sudah ada tapi masih belum
>> sempurna), source table datanya bertumpuk dan inginnya ketika di
>> paste dibuat memanjang kesamping dari column title kemudian data baris
>> berikutnya, dst.
>> >>
>> >> Contoh data dan problem terlampir.
>> >>
>> >> Terima kasih atas bantuannya.
>> >>
>> >> Regards,
>> >> Isti
>> >>
>> >>
>> >>
>> >>
>> >> --
>> >> Sent from desktop powered by PC
>> >>
>> >
>> >
>>
>> --
>> Sent from desktop powered by PC
>> http://www.pulsagram.com/indexCN116854.htm
>>
>>
>
>

--
Sent from desktop powered by PC
http://www.pulsagram.com/indexCN116854.htm

Wed Jul 17, 2013 6:56 pm (PDT) . Posted by:

"Fuadi Arief" see_fu

maaf Miss....:)
saya editnya di excel 2013, trus saya save as ke excel 2003
mungkin itu penyebabnya ya?
ini saya lampirkan yg xlsx ja ya.....;)

2013/7/17 Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com>

> **
>
>
> bisakah dikirim ulang filenya.. sebelumnya tolong lakukan scan terhadap
> komputer anda dahulu..
> karena di tempat Jan munculnya seperti gambar di bawah ini dan Jan tidak
> ingin mengambil resiko untuk membuka file tersebut
>
> [image: Gambar sisip 1]
>
> Salam,
>
>
> -Miss Jan Raisin-
>
>
> - Untuk kepentingan belajar bersama, pertanyaan harap ditujukan *hanya*ke
> belajar-excel@yahoogroups.com bukan dikirim japri ke email pribadi
> member milis;
> - Jika pertanyaan lama direspon, bersabarlah karena ALLAH beserta
> dengan orang-orang yang sabar QS 2:153;
> - Harap dipahami bersama bahwa solusi diberikan oleh Be-Exceller yang
> memiliki waktu untuk on line, mengetahui solusi atas pertanyaan yang
> ditanyakan, mau dan berani untuk membantu, tanpa mengharap imbalan dari
> Thread Starter (TS) atau Post Starter (PS), selain itu Be-Excelller juga
> memiliki kewajiban yang harus dipenuhi di dunia nyata sehingga tidak selalu
> bisa on line setiap saat;
> - Semoga semangat berbagi dan membantu semakin meningkat di kalangan
> Be-Exceller dan menjadi amalan yang baik untuk tabungan di akhirat nanti.
> اَمِين يَا رَبَÙ' الÙ'عَالَمِيÙ'Ù†
>
>
>
> Pada 17 Juli 2013 11.29, Fuadi Arief <sifuad.xl@gmail.com> menulis:
>
> **
>>
>>
>> Mohon bantuan para master, adakah formula untuk mengganti link sheet
>> secara otomatis?
>>
>> terlampir contoh excelnya
>>
>>
>>
>

Wed Jul 17, 2013 7:41 pm (PDT) . Posted by:

"Jan Raisin"

hai pak Fuandi,

untuk kasus ini solusi formula adalah menggunakan fungsi Indirect
untuk excel 2010 ke bawah harus menggunakan cell bantu seperti yang telah
dicontohkan dengan sangat baik oleh sdr De Premor
sedangkan untuk pengguna excel 2013 bisa langsung tanpa cell bantu
menggunakan fungsi FormulaText dikombinasikan dengan fungsi-fungsi text dan
Indirect

Salam,

-Miss Jan Raisin-

- Untuk kepentingan belajar bersama, pertanyaan harap ditujukan *hanya*ke
belajar-excel@yahoogroups.com bukan dikirim japri ke email pribadi
member milis;
- Jika pertanyaan lama direspon, bersabarlah karena ALLAH beserta dengan
orang-orang yang sabar QS 2:153;
- Harap dipahami bersama bahwa solusi diberikan oleh Be-Exceller yang
memiliki waktu untuk on line, mengetahui solusi atas pertanyaan yang
ditanyakan, mau dan berani untuk membantu, tanpa mengharap imbalan dari
Thread Starter (TS) atau Post Starter (PS), selain itu Be-Excelller juga
memiliki kewajiban yang harus dipenuhi di dunia nyata sehingga tidak selalu
bisa on line setiap saat;
- Semoga semangat berbagi dan membantu semakin meningkat di kalangan
Be-Exceller dan menjadi amalan yang baik untuk tabungan di akhirat nanti.
Çóãöíä íóÇ ÑóÈóø ÇáúÚóÇáóãöíúä

Pada 18 Juli 2013 08.53, Fuadi Arief <sifuad.xl@gmail.com> menulis:

> **
>
>
> maaf Miss....:)
> saya editnya di excel 2013, trus saya save as ke excel 2003
> mungkin itu penyebabnya ya?
> ini saya lampirkan yg xlsx ja ya.....;)
>
>

Wed Jul 17, 2013 6:58 pm (PDT) . Posted by:

"Heru Safrudin" superheruu

He he saya kira contoh gak harus pake ms. Access, screenshot dari mas Zainul
udah membuktikan bisa.

Barangkali saya aja yg kurang BERUNTUNG and harus COBA LAGI .. :d

Terima kasih mas Zainul

<ymsgr:sendIM?heru.safrudin>;

<http://www.carajawab.com/?id=heru.safrudin>

_____

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
On Behalf Of zainul_ulum[at]yahoo[dot]com
Sent: 17 Juli 2013 14:05
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: RE: [belajar-excel] Mincari nilai max data bukan numerik

Mas Heru,

Karena saya tidak punya ms. access saya coba pakai Microsoft Query bawaan
excel.

berikut snapshot SQL dan hasilnya di MS. Query:

Hasil dari Query : TR/O/KC/13/0010

Mungkin yang lain bisa member masukan.

wassalam

-zainul-

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
On Behalf Of Heru Safrudin

Sent: Wednesday, July 17, 2013 1:45 PM

To: belajar-excel@yahoogroups.com

Subject: RE: [belajar-excel] Mincari nilai max data bukan numerik

Terima kasih kontribusi mas Zainul tapi hasilnya masih sama dng sql saya
diawal :

Wed Jul 17, 2013 7:11 pm (PDT) . Posted by:

"Jan Raisin"

hai Helsy,

coba cek file pada link berikut: https://app.box.com/s/usee3033h7wttmq77ss8

sengaja disave pada box karena tipe file awal adalah xls (office 2003 ke
bawah) dan hasilnya melebihi kapasitas yang diperbolehkan dalam milis ini.

konsepnya adalah menemukan posisi record yang sesuai dengan kriteria
lalu mengambil datanya menggunakan fungsi OffSet atau Index

pada file tersebut diperlihatkan kedua teknik tersebut di atas, baik
sebagai formula biasa ataupun sebagai array formula

silakan dipilih mana yang paling mudah dan sesuai..

Wassalam,

-Miss Jan Raisin-

- Untuk kepentingan belajar bersama, pertanyaan harap ditujukan *hanya*ke
belajar-excel@yahoogroups.com bukan dikirim japri ke email pribadi
member milis;
- Jika pertanyaan lama direspon, bersabarlah karena ALLAH beserta dengan
orang-orang yang sabar QS 2:153;
- Harap dipahami bersama bahwa solusi diberikan oleh Be-Exceller yang
memiliki waktu untuk on line, mengetahui solusi atas pertanyaan yang
ditanyakan, mau dan berani untuk membantu, tanpa mengharap imbalan dari
Thread Starter (TS) atau Post Starter (PS), selain itu Be-Excelller juga
memiliki kewajiban yang harus dipenuhi di dunia nyata sehingga tidak selalu
bisa on line setiap saat;
- Semoga semangat berbagi dan membantu semakin meningkat di kalangan
Be-Exceller dan menjadi amalan yang baik untuk tabungan di akhirat nanti.
Çóãöíä íóÇ ÑóÈóø ÇáúÚóÇáóãöíúä

Pada 17 Juli 2013 18.59, Helsy B <helsyb@yahoo.com> menulis:

> **
>
>
>
>
> Mohon maaf berikut saya lampirkan file pada attach
>
> ----- Pesan yang Diteruskan -----
> *Dari:* Helsy B <helsyb@yahoo.com>
> *Kepada:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Dikirim:* Rabu, 17 Juli 2013 14:58
> *Judul:* [belajar-excel] cara copy/ambil data tertentu ke sheet lainnya.
>
>
>
> Para Pakar Excell yang baik hati,
>
> Mohon bantuannya cara mengambil data dari sheet untuk nilai tertentu,
> seperti pada terlampir.
>
> Atas bantuannya saya ucapkan terima kasih
>
> Wassalam
> Helsy
>
> --- Mods ---
> :(
> filenya ketinggalan
> ------------
>

Wed Jul 17, 2013 9:31 pm (PDT) . Posted by:

"lapendosol opik" lapendosol

Alhamdulillah,
Akhirnya ada petunjuk dari Mas Mr. Kid
Sebelumnya akan saya rubah terlebih dahulu datanya sesuai petunjuk Mas Mr. Kid
Trimakasih Mas Kid atas bantuannya
Wassalam,

________________________________
From: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
To: BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Wednesday, July 17, 2013 3:53 PM
Subject: Re: [belajar-excel] Perhitungan stok barang


 
hehehe... thread ini udah lama banget.

biasanya, tentang perubahan harga jual dan sebagainya nih, kalau saya, semua disimpan di suatu sheet tersendiri bernama HistoryHargaBeli dan HistoryHargaJual. Disana ada kode produk, tanggal perubahan, dari harga berapa, jadi harga berapa

kemudian, sheet output bernama stock (jadi data stock ada berapa sekarang itu, saya masukkan sebagai output bukan input atau data yang harus disimpan) disusun dengan formula. Pakai VBA juga bisa, tapi prinsipnya sama saja. Khusus untuk harga terakhir, baik beli atau jual, bisa diambil dari masing-masing sheet history tadi menggunakan formula lookup atau index match yang match type 1.

Jadi, bisa membuat formula dulu baru nanti diotomasi dengan VBA.

Wassalam,
Kid.

2013/7/13 lapendosol opik <lapendosol@yahoo.com>

> 
>Dear Rekan-rekan dan Master Excel,
>Saya sangat butuh bantuannya para rekan-rekan tentang VBA yang saya buat pada file terlampir.
>Ceritanya file ini berfungsi untuk mencatat otomatis data penjualan dsb di toko. Dengan bantuan dari rekan-rekan dan master-master di Be-Excel dan comot script sana script sini dari file-file di milis, akhirnya terbentuklah file yang kira-kira saya butuhkan seperti ini (ala kadarnya).
>
>File ini terdiri dari beberapa sheet inti dan beberapa sheet bantuan. Terkait dengan pertanyaan di topik ini, saya memberi warna biru pada tab sheetnya tentang pertanyaan kali ini. Ada 3 sheet yang diberi warna biru; sheet DATA, PENJUALAN dan PEMASUKAN. Sheet Data berisi tentang data-data stok barang pertama kali dibuat. Sheet Penjualan berisi tentang semua history penjualan yang berfungsi juga untuk melihat hasil penjualan misalnya penjualan bulan X, item Y dan bos Z atau yang lain. Sheet Pemasukan berisi mengenai data barang masuk (penambahan stok jenis barang lama maupun penambahan jenis barang baru). Terdapat juga userform yang membantu tentang pengecekan stok barang dan pencatatan penjualan maupun pembelian (pemasukan) barang. Sejauh ini script yang terkumpul masih berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Yang jadi kendala adalah bagaimana cara perhitungan untuk menggabungkan stok barang antara data awal (DATA), history penjualan (PENJUALAN) dan
data masuk barang (PEMASUKAN) nya. UserForm untuk mengecek stok barang merujuk ke sheet Data, sementara selama perjalanan waktu ada barang keluar masuk. Yang terlintas dibenak saya untuk prosedur Penjualan dan Pembelian, sebelum item-item yang dijual di save atau di OK, langsung di kurangkan ke sheet stok barang (sheet Data). Sebelum item-item yang mau dimasukkan ke stok (di save atau di OK), langsung di tambahkan ke stok barang juga. Jika barang lama cukup ditambahkan ke kolom stoknya, jika barang baru maka ditambahkan ke baris baru paling bawah (yang kemudian di sort berdasarkan kolom A:A, script sort kolom A sudah dibuat record macronya). Tapi saya masih bingung mengenai script apa yang bakal digunakan untuk prosedur seperti itu? Untuk membedakan barang lama atau barang baru, pada userform pemasukan sudah saya bedakan melalui kode barang, jika kode barang ada pada sheet Data maka beberapa textbox lainnya Enablednya dimatiin sebagai tanda itu barang
lama, dan sebaliknya. 
>Mohon bantuannya untuk menyelesaikan permasalahan saya ini. Jika ada ide untuk mempersimple file sangat diharapkan.Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan banyak-banyak terimakasih.
>Wassalam,
>

Wed Jul 17, 2013 9:31 pm (PDT) . Posted by:

"lapendosol opik" lapendosol

Alhamdulillah,
Akhirnya ada petunjuk dari Mas Mr. Kid
Sebelumnya akan saya rubah terlebih dahulu datanya sesuai petunjuk Mas Mr. Kid
Trimakasih Mas Kid atas bantuannya
Wassalam,

________________________________
From: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
To: BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Wednesday, July 17, 2013 3:53 PM
Subject: Re: [belajar-excel] Perhitungan stok barang


 
hehehe... thread ini udah lama banget.

biasanya, tentang perubahan harga jual dan sebagainya nih, kalau saya, semua disimpan di suatu sheet tersendiri bernama HistoryHargaBeli dan HistoryHargaJual. Disana ada kode produk, tanggal perubahan, dari harga berapa, jadi harga berapa

kemudian, sheet output bernama stock (jadi data stock ada berapa sekarang itu, saya masukkan sebagai output bukan input atau data yang harus disimpan) disusun dengan formula. Pakai VBA juga bisa, tapi prinsipnya sama saja. Khusus untuk harga terakhir, baik beli atau jual, bisa diambil dari masing-masing sheet history tadi menggunakan formula lookup atau index match yang match type 1.

Jadi, bisa membuat formula dulu baru nanti diotomasi dengan VBA.

Wassalam,
Kid.

2013/7/13 lapendosol opik <lapendosol@yahoo.com>

> 
>Dear Rekan-rekan dan Master Excel,
>Saya sangat butuh bantuannya para rekan-rekan tentang VBA yang saya buat pada file terlampir.
>Ceritanya file ini berfungsi untuk mencatat otomatis data penjualan dsb di toko. Dengan bantuan dari rekan-rekan dan master-master di Be-Excel dan comot script sana script sini dari file-file di milis, akhirnya terbentuklah file yang kira-kira saya butuhkan seperti ini (ala kadarnya).
>
>File ini terdiri dari beberapa sheet inti dan beberapa sheet bantuan. Terkait dengan pertanyaan di topik ini, saya memberi warna biru pada tab sheetnya tentang pertanyaan kali ini. Ada 3 sheet yang diberi warna biru; sheet DATA, PENJUALAN dan PEMASUKAN. Sheet Data berisi tentang data-data stok barang pertama kali dibuat. Sheet Penjualan berisi tentang semua history penjualan yang berfungsi juga untuk melihat hasil penjualan misalnya penjualan bulan X, item Y dan bos Z atau yang lain. Sheet Pemasukan berisi mengenai data barang masuk (penambahan stok jenis barang lama maupun penambahan jenis barang baru). Terdapat juga userform yang membantu tentang pengecekan stok barang dan pencatatan penjualan maupun pembelian (pemasukan) barang. Sejauh ini script yang terkumpul masih berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Yang jadi kendala adalah bagaimana cara perhitungan untuk menggabungkan stok barang antara data awal (DATA), history penjualan (PENJUALAN) dan
data masuk barang (PEMASUKAN) nya. UserForm untuk mengecek stok barang merujuk ke sheet Data, sementara selama perjalanan waktu ada barang keluar masuk. Yang terlintas dibenak saya untuk prosedur Penjualan dan Pembelian, sebelum item-item yang dijual di save atau di OK, langsung di kurangkan ke sheet stok barang (sheet Data). Sebelum item-item yang mau dimasukkan ke stok (di save atau di OK), langsung di tambahkan ke stok barang juga. Jika barang lama cukup ditambahkan ke kolom stoknya, jika barang baru maka ditambahkan ke baris baru paling bawah (yang kemudian di sort berdasarkan kolom A:A, script sort kolom A sudah dibuat record macronya). Tapi saya masih bingung mengenai script apa yang bakal digunakan untuk prosedur seperti itu? Untuk membedakan barang lama atau barang baru, pada userform pemasukan sudah saya bedakan melalui kode barang, jika kode barang ada pada sheet Data maka beberapa textbox lainnya Enablednya dimatiin sebagai tanda itu barang
lama, dan sebaliknya. 
>Mohon bantuannya untuk menyelesaikan permasalahan saya ini. Jika ada ide untuk mempersimple file sangat diharapkan.Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan banyak-banyak terimakasih.
>Wassalam,
>

Wed Jul 17, 2013 9:31 pm (PDT) . Posted by:

"lapendosol opik" lapendosol

Alhamdulillah,
Akhirnya ada petunjuk dari Mas Mr. Kid
Sebelumnya akan saya rubah terlebih dahulu datanya sesuai petunjuk Mas Mr. Kid
Trimakasih Mas Kid atas bantuannya
Wassalam,

________________________________
From: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
To: BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Wednesday, July 17, 2013 3:53 PM
Subject: Re: [belajar-excel] Perhitungan stok barang


 
hehehe... thread ini udah lama banget.

biasanya, tentang perubahan harga jual dan sebagainya nih, kalau saya, semua disimpan di suatu sheet tersendiri bernama HistoryHargaBeli dan HistoryHargaJual. Disana ada kode produk, tanggal perubahan, dari harga berapa, jadi harga berapa

kemudian, sheet output bernama stock (jadi data stock ada berapa sekarang itu, saya masukkan sebagai output bukan input atau data yang harus disimpan) disusun dengan formula. Pakai VBA juga bisa, tapi prinsipnya sama saja. Khusus untuk harga terakhir, baik beli atau jual, bisa diambil dari masing-masing sheet history tadi menggunakan formula lookup atau index match yang match type 1.

Jadi, bisa membuat formula dulu baru nanti diotomasi dengan VBA.

Wassalam,
Kid.

2013/7/13 lapendosol opik <lapendosol@yahoo.com>

> 
>Dear Rekan-rekan dan Master Excel,
>Saya sangat butuh bantuannya para rekan-rekan tentang VBA yang saya buat pada file terlampir.
>Ceritanya file ini berfungsi untuk mencatat otomatis data penjualan dsb di toko. Dengan bantuan dari rekan-rekan dan master-master di Be-Excel dan comot script sana script sini dari file-file di milis, akhirnya terbentuklah file yang kira-kira saya butuhkan seperti ini (ala kadarnya).
>
>File ini terdiri dari beberapa sheet inti dan beberapa sheet bantuan. Terkait dengan pertanyaan di topik ini, saya memberi warna biru pada tab sheetnya tentang pertanyaan kali ini. Ada 3 sheet yang diberi warna biru; sheet DATA, PENJUALAN dan PEMASUKAN. Sheet Data berisi tentang data-data stok barang pertama kali dibuat. Sheet Penjualan berisi tentang semua history penjualan yang berfungsi juga untuk melihat hasil penjualan misalnya penjualan bulan X, item Y dan bos Z atau yang lain. Sheet Pemasukan berisi mengenai data barang masuk (penambahan stok jenis barang lama maupun penambahan jenis barang baru). Terdapat juga userform yang membantu tentang pengecekan stok barang dan pencatatan penjualan maupun pembelian (pemasukan) barang. Sejauh ini script yang terkumpul masih berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Yang jadi kendala adalah bagaimana cara perhitungan untuk menggabungkan stok barang antara data awal (DATA), history penjualan (PENJUALAN) dan
data masuk barang (PEMASUKAN) nya. UserForm untuk mengecek stok barang merujuk ke sheet Data, sementara selama perjalanan waktu ada barang keluar masuk. Yang terlintas dibenak saya untuk prosedur Penjualan dan Pembelian, sebelum item-item yang dijual di save atau di OK, langsung di kurangkan ke sheet stok barang (sheet Data). Sebelum item-item yang mau dimasukkan ke stok (di save atau di OK), langsung di tambahkan ke stok barang juga. Jika barang lama cukup ditambahkan ke kolom stoknya, jika barang baru maka ditambahkan ke baris baru paling bawah (yang kemudian di sort berdasarkan kolom A:A, script sort kolom A sudah dibuat record macronya). Tapi saya masih bingung mengenai script apa yang bakal digunakan untuk prosedur seperti itu? Untuk membedakan barang lama atau barang baru, pada userform pemasukan sudah saya bedakan melalui kode barang, jika kode barang ada pada sheet Data maka beberapa textbox lainnya Enablednya dimatiin sebagai tanda itu barang
lama, dan sebaliknya. 
>Mohon bantuannya untuk menyelesaikan permasalahan saya ini. Jika ada ide untuk mempersimple file sangat diharapkan.Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan banyak-banyak terimakasih.
>Wassalam,
>

GROUP FOOTER MESSAGE
=====================================================================
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================

---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar