15 New Messages
Digest #2445
2a
search engine sesuai kriteria di excel dengan sumber data dari mysql by "Rahmat Hermawan" ione_1984
2b
Re: search engine sesuai kriteria di excel dengan sumber data dari m by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
3d
Bls: [belajar-excel] mengambil data tertentu dari sheet lain dg id n by "Eko Suyanto" ekosuyanto@rocketmail.com
3e
Bls: [belajar-excel] mengambil data tertentu dari sheet lain dg id n by "Eko Suyanto" ekosuyanto@rocketmail.com
3f
Re: Bls: [belajar-excel] mengambil data tertentu dari sheet lain dg by "hendrik karnadi" hendrikkarnadi
Messages
Thu Jul 25, 2013 6:23 am (PDT) . Posted by:
"hendrik karnadi" hendrikkarnadi
Kalau belum ketemu, ini filenya.
Salam,
HK
________________________________
From: Hendrik Karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com >
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Thursday, 25 July 2013, 19:36
Subject: RE: [belajar-excel] Program Aplikasi Absensi karyawan
Bisa, coba lihat di file milis, jwb mbak Siti atas pertanyaan sdri Dini meng absensi.
Salam,
HK
Sent from Samsung Mobile
Bisa, coba lihat di file milis, jwb mbak Siti atas pertanyaan sdri Dini meng absensi.
Salam,
HK
Sent from Samsung Mobile
Alen <alen_hafit@yahoo.com > wrote:
Selamat siang master,
ane mau tanya,
excel bisa gak membuat program applikasi absensi karyawan.
jadi, misalkan karyawan ketik NIK.nya, secara otomatis menyimpan data jam masuk dan jam keluar nya.
mohon pencerahannya.
terimakasih,
alen
Selamat siang master,
ane mau tanya,
excel bisa gak membuat program applikasi absensi karyawan.
jadi, misalkan karyawan ketik NIK.nya, secara otomatis menyimpan data jam masuk dan jam keluar nya.
mohon pencerahannya.
terimakasih,
alen
Salam,
HK
____________
From: Hendrik Karnadi <hendrikkarnadi@
To: belajar-excel@
Sent: Thursday, 25 July 2013, 19:36
Subject: RE: [belajar-excel] Program Aplikasi Absensi karyawan
Bisa, coba lihat di file milis, jwb mbak Siti atas pertanyaan sdri Dini meng absensi.
Salam,
HK
Sent from Samsung Mobile
Bisa, coba lihat di file milis, jwb mbak Siti atas pertanyaan sdri Dini meng absensi.
Salam,
HK
Sent from Samsung Mobile
Alen <alen_hafit@yahoo.
Selamat siang master,
ane mau tanya,
excel bisa gak membuat program applikasi absensi karyawan.
jadi, misalkan karyawan ketik NIK.nya, secara otomatis menyimpan data jam masuk dan jam keluar nya.
mohon pencerahannya.
terimakasih,
alen
Selamat siang master,
ane mau tanya,
excel bisa gak membuat program applikasi absensi karyawan.
jadi, misalkan karyawan ketik NIK.nya, secara otomatis menyimpan data jam masuk dan jam keluar nya.
mohon pencerahannya.
terimakasih,
alen
Fri Jul 26, 2013 12:43 am (PDT) . Posted by:
"Alen Hafit" alen_hafit
Agan Hendrik,
maaf bgt niy .... file yang agan maksud tuh bisa saya ambil dimana yan gan ?
kok gak ketemu sama saya yah gan ?
maaf .... mohon pencerahannya.
terimakasih
________________________________
From: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com >
To: "belajar-excel@yahoogroups.com " <belajar-excel@yahoogroups.com >
Sent: Thursday, July 25, 2013 8:23 PM
Subject: Re: [belajar-excel] Program Aplikasi Absensi karyawan
Kalau belum ketemu, ini filenya.
Salam,
HK
________________________________
From: Hendrik Karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com >
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Thursday, 25 July 2013, 19:36
Subject: RE: [belajar-excel] Program Aplikasi Absensi karyawan
Bisa, coba lihat di file milis, jwb mbak Siti atas pertanyaan sdri Dini meng absensi.
Salam,
HK
Sent from Samsung Mobile
Bisa, coba lihat di file milis, jwb mbak Siti atas pertanyaan sdri Dini meng absensi.
Salam,
HK
Sent from Samsung Mobile
Alen <alen_hafit@yahoo.com > wrote:
Selamat siang master,
ane mau tanya,
excel bisa gak membuat program applikasi absensi karyawan.
jadi, misalkan karyawan ketik NIK.nya, secara otomatis menyimpan data jam masuk dan jam keluar nya.
mohon pencerahannya.
terimakasih,
alen
Selamat siang master,
ane mau tanya,
excel bisa gak membuat program applikasi absensi karyawan.
jadi, misalkan karyawan ketik NIK.nya, secara otomatis menyimpan data jam masuk dan jam keluar nya.
mohon pencerahannya.
terimakasih,
alen
maaf bgt niy .... file yang agan maksud tuh bisa saya ambil dimana yan gan ?
kok gak ketemu sama saya yah gan ?
maaf .... mohon pencerahannya.
terimakasih
____________
From: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@
To: "belajar-excel@
Sent: Thursday, July 25, 2013 8:23 PM
Subject: Re: [belajar-excel] Program Aplikasi Absensi karyawan
Kalau belum ketemu, ini filenya.
Salam,
HK
____________
From: Hendrik Karnadi <hendrikkarnadi@
To: belajar-excel@
Sent: Thursday, 25 July 2013, 19:36
Subject: RE: [belajar-excel] Program Aplikasi Absensi karyawan
Bisa, coba lihat di file milis, jwb mbak Siti atas pertanyaan sdri Dini meng absensi.
Salam,
HK
Sent from Samsung Mobile
Bisa, coba lihat di file milis, jwb mbak Siti atas pertanyaan sdri Dini meng absensi.
Salam,
HK
Sent from Samsung Mobile
Alen <alen_hafit@yahoo.
Selamat siang master,
ane mau tanya,
excel bisa gak membuat program applikasi absensi karyawan.
jadi, misalkan karyawan ketik NIK.nya, secara otomatis menyimpan data jam masuk dan jam keluar nya.
mohon pencerahannya.
terimakasih,
alen
Selamat siang master,
ane mau tanya,
excel bisa gak membuat program applikasi absensi karyawan.
jadi, misalkan karyawan ketik NIK.nya, secara otomatis menyimpan data jam masuk dan jam keluar nya.
mohon pencerahannya.
terimakasih,
alen
Fri Jul 26, 2013 2:12 am (PDT) . Posted by:
"hendrik karnadi" hendrikkarnadi
Ini filenya.
----- Forwarded Message -----
From: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com >
To: "belajar-excel@yahoogroups.com " <belajar-excel@yahoogroups.com >
Sent: Thursday, 25 July 2013, 6:23
Subject: Re: [belajar-excel] Program Aplikasi Absensi karyawan
Kalau belum ketemu, ini filenya.
Salam,
HK
________________________________
From: Hendrik Karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com >
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Thursday, 25 July 2013, 19:36
Subject: RE: [belajar-excel] Program Aplikasi Absensi karyawan
Bisa, coba lihat di file milis, jwb mbak Siti atas pertanyaan sdri Dini meng absensi.
Salam,
HK
Sent from Samsung Mobile
Bisa, coba lihat di file milis, jwb mbak Siti atas pertanyaan sdri Dini meng absensi.
Salam,
HK
Sent from Samsung Mobile
Alen <alen_hafit@yahoo.com > wrote:
Selamat siang master,
ane mau tanya,
excel bisa gak membuat program applikasi absensi karyawan.
jadi, misalkan karyawan ketik NIK.nya, secara otomatis menyimpan data jam masuk dan jam keluar nya.
mohon pencerahannya.
terimakasih,
alen
Selamat siang master,
ane mau tanya,
excel bisa gak membuat program applikasi absensi karyawan.
jadi, misalkan karyawan ketik NIK.nya, secara otomatis menyimpan data jam masuk dan jam keluar nya.
mohon pencerahannya.
terimakasih,
alen
Kalau belum ketemu, ini filenya.
Salam,
HK
________________________________
From: Hendrik Karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com >
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Thursday, 25 July 2013, 19:36
Subject: RE: [belajar-excel] Program Aplikasi Absensi karyawan
Bisa, coba lihat di file milis, jwb mbak Siti atas pertanyaan sdri Dini meng absensi.
Salam,
HK
Sent from Samsung Mobile
Bisa, coba lihat di file milis, jwb mbak Siti atas pertanyaan sdri Dini meng absensi.
Salam,
HK
Sent from Samsung Mobile
Alen <alen_hafit@yahoo.com > wrote:
Selamat siang master,
ane mau tanya,
excel bisa gak membuat program applikasi absensi karyawan.
jadi, misalkan karyawan ketik NIK.nya, secara otomatis menyimpan data jam masuk dan jam keluar nya.
mohon pencerahannya.
terimakasih,
alen
Selamat siang master,
ane mau tanya,
excel bisa gak membuat program applikasi absensi karyawan.
jadi, misalkan karyawan ketik NIK.nya, secara otomatis menyimpan data jam masuk dan jam keluar nya.
mohon pencerahannya.
terimakasih,
alen
----- Forwarded Message -----
From: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@
To: "belajar-excel@
Sent: Thursday, 25 July 2013, 6:23
Subject: Re: [belajar-excel] Program Aplikasi Absensi karyawan
Kalau belum ketemu, ini filenya.
Salam,
HK
____________
From: Hendrik Karnadi <hendrikkarnadi@
To: belajar-excel@
Sent: Thursday, 25 July 2013, 19:36
Subject: RE: [belajar-excel] Program Aplikasi Absensi karyawan
Bisa, coba lihat di file milis, jwb mbak Siti atas pertanyaan sdri Dini meng absensi.
Salam,
HK
Sent from Samsung Mobile
Bisa, coba lihat di file milis, jwb mbak Siti atas pertanyaan sdri Dini meng absensi.
Salam,
HK
Sent from Samsung Mobile
Alen <alen_hafit@yahoo.
Selamat siang master,
ane mau tanya,
excel bisa gak membuat program applikasi absensi karyawan.
jadi, misalkan karyawan ketik NIK.nya, secara otomatis menyimpan data jam masuk dan jam keluar nya.
mohon pencerahannya.
terimakasih,
alen
Selamat siang master,
ane mau tanya,
excel bisa gak membuat program applikasi absensi karyawan.
jadi, misalkan karyawan ketik NIK.nya, secara otomatis menyimpan data jam masuk dan jam keluar nya.
mohon pencerahannya.
terimakasih,
alen
Kalau belum ketemu, ini filenya.
Salam,
HK
____________
From: Hendrik Karnadi <hendrikkarnadi@
To: belajar-excel@
Sent: Thursday, 25 July 2013, 19:36
Subject: RE: [belajar-excel] Program Aplikasi Absensi karyawan
Bisa, coba lihat di file milis, jwb mbak Siti atas pertanyaan sdri Dini meng absensi.
Salam,
HK
Sent from Samsung Mobile
Bisa, coba lihat di file milis, jwb mbak Siti atas pertanyaan sdri Dini meng absensi.
Salam,
HK
Sent from Samsung Mobile
Alen <alen_hafit@yahoo.
Selamat siang master,
ane mau tanya,
excel bisa gak membuat program applikasi absensi karyawan.
jadi, misalkan karyawan ketik NIK.nya, secara otomatis menyimpan data jam masuk dan jam keluar nya.
mohon pencerahannya.
terimakasih,
alen
Selamat siang master,
ane mau tanya,
excel bisa gak membuat program applikasi absensi karyawan.
jadi, misalkan karyawan ketik NIK.nya, secara otomatis menyimpan data jam masuk dan jam keluar nya.
mohon pencerahannya.
terimakasih,
alen
Thu Jul 25, 2013 12:16 pm (PDT) . Posted by:
"Rahmat Hermawan" ione_1984
Assalamualaikum para master Be-Exceler..
Langsung aja yah...
Saya ingin membuat search engine dengan sebuah tombol di excel seperti "file search engine" yang dibuat oleh Miss Jan (terlampir), tapi yang jadi masalah bagaimana kalau sumber data nya dari mysql? mungkin dengan loop atau copy paste setelah dilakukan query pengambilan datanya di sql?
sebagai informasi database mysql saya :
database : database_ho
table : data_ho
field1 : no_reg
field2 : nama_pemohon
field3 : jenis_usaha
dan query nya :
sub tombolcari_click()
Dim conn As ADODB.Connection
Dim rs As ADODB.Recordset
Dim sConn As String, sQuery As String
Set conn = New ADODB.Connection
sConn = "DRIVER={MySQL ODBC 5.2w Driver}" & _
";SERVER= localhost" & _
";database= database_ho" & _
";user= root" & _
";password=" & _
";Option=3"
conn.Open sConn
conn.CursorLocation = adUseClient
Set rs = New ADODB.Recordset
sQuery = "SELECT * FROM data_ho WHERE " & Range("kolom").Value & " LIKE '%" & Range("keyword").Value & "%'"
rs.Open sQuery, conn, adOpenStatic, adLockReadOnly
If rs.RecordCount > 0 Then
'....................................
'....................................
End if
End Sub
Setelah terbentuk object rs, bagaimana memindahkan isi dari object rs ke excel mengingat kita tidak tahu akan sebanyak apa record dari object rs tersebut... (file search engine yang ingin saya buat juga saya lampirkan)
Sebelumnya cara pencarian data saya dengan cara, Get External Data kemudian di find atau di filter.
Sebelumnya terimakasih banyak....
Rahmat.
Langsung aja yah...
Saya ingin membuat search engine dengan sebuah tombol di excel seperti "file search engine" yang dibuat oleh Miss Jan (terlampir), tapi yang jadi masalah bagaimana kalau sumber data nya dari mysql? mungkin dengan loop atau copy paste setelah dilakukan query pengambilan datanya di sql?
sebagai informasi database mysql saya :
database : database_ho
table : data_ho
field1 : no_reg
field2 : nama_pemohon
field3 : jenis_usaha
dan query nya :
sub tombolcari_click(
Dim conn As ADODB.Connection
Dim rs As ADODB.Recordset
Dim sConn As String, sQuery As String
Set conn = New ADODB.Connection
sConn = "DRIVER=
";SERVER= localhost" & _
";database= database_ho" & _
";user= root" & _
";password=
";Option=
conn.Open sConn
conn.CursorLocation = adUseClient
Set rs = New ADODB.Recordset
sQuery = "SELECT * FROM data_ho WHERE " & Range("
rs.Open sQuery, conn, adOpenStatic, adLockReadOnly
If rs.RecordCount > 0 Then
'.......
'.......
End if
End Sub
Setelah terbentuk object rs, bagaimana memindahkan isi dari object rs ke excel mengingat kita tidak tahu akan sebanyak apa record dari object rs tersebut... (file search engine yang ingin saya buat juga saya lampirkan)
Sebelumnya cara pencarian data saya dengan cara, Get External Data kemudian di find atau di filter.
Sebelumnya terimakasih banyak....
Rahmat.
Thu Jul 25, 2013 12:25 pm (PDT) . Posted by:
"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
Wa'alaikumussalam Wr. Wb.
Bagian blok IF :
IF rs.recordcount>0 then
'hapus hasil yang lama
sheet1.range("a6").currentregion.offset(1).clearcontents
'simpan jumlah record dan set maksimum 900K record (xl2007 ke atas max
1M record)
dim lRec as long
if rs.recordcount>900000 then
lrec=900000
else
lrec=rs.recordcount
endif
'paste dari rs ke range data mulai A7 (tepat dibawah header) dengan
copyfromrecordset
sheet1.range("a7").copyfromrecordset rs, lrec
endif
'tutup recordset
rs.close
set rs=nothing
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Kid.
2013/7/26 Rahmat Hermawan <ione_1984@yahoo.com >
> **
>
>
> Assalamualaikum para master Be-Exceler..
>
> Langsung aja yah...
> Saya ingin membuat search engine dengan sebuah tombol di excel seperti
> "file search engine" yang dibuat oleh Miss Jan (terlampir), tapi yang jadi
> masalah bagaimana kalau sumber data nya dari mysql? mungkin dengan loop
> atau copy paste setelah dilakukan query pengambilan datanya di sql?
>
> sebagai informasi database mysql saya :
>
> database : database_ho
> table : data_ho
> field1 : no_reg
> field2 : nama_pemohon
> field3 : jenis_usaha
>
>
> dan query nya :
>
> sub tombolcari_click()
> Dim conn As ADODB.Connection
> Dim rs As ADODB.Recordset
> Dim sConn As String, sQuery As String
>
> Set conn = New ADODB.Connection
> sConn = "DRIVER={MySQL ODBC 5.2w Driver}" & _
> ";SERVER= localhost" & _
> ";database= database_ho" & _
> ";user= root" & _
> ";password=" & _
> ";Option=3"
>
> conn.Open sConn
> conn.CursorLocation = adUseClient
>
> Set rs = New ADODB.Recordset
> sQuery = "SELECT * FROM data_ho WHERE " & Range("kolom").Value & " LIKE
> '%" & Range("keyword").Value & "%'"
> rs.Open sQuery, conn, adOpenStatic, adLockReadOnly
>
> If rs.RecordCount > 0 Then
> '....................................
> '....................................
> End if
> End Sub
>
> Setelah terbentuk object rs, bagaimana memindahkan isi dari object rs ke
> excel mengingat kita tidak tahu akan sebanyak apa record dari object rs
> tersebut... (file search engine yang ingin saya buat juga saya lampirkan)
> Sebelumnya cara pencarian data saya dengan cara, Get External Data
> kemudian di find atau di filter.
>
> Sebelumnya terimakasih banyak....
>
> Rahmat.
>
>
>
Bagian blok IF :
IF rs.recordcount>
'hapus hasil yang lama
sheet1.range(
'simpan jumlah record dan set maksimum 900K record (xl2007 ke atas max
1M record)
dim lRec as long
if rs.recordcount>
lrec=900000
else
lrec=rs.recordcount
endif
'paste dari rs ke range data mulai A7 (tepat dibawah header) dengan
copyfromrecordset
sheet1.range(
endif
'tutup recordset
rs.close
set rs=nothing
Wassalamu'
Kid.
2013/7/26 Rahmat Hermawan <ione_1984@yahoo.
> **
>
>
> Assalamualaikum para master Be-Exceler..
>
> Langsung aja yah...
> Saya ingin membuat search engine dengan sebuah tombol di excel seperti
> "file search engine" yang dibuat oleh Miss Jan (terlampir), tapi yang jadi
> masalah bagaimana kalau sumber data nya dari mysql? mungkin dengan loop
> atau copy paste setelah dilakukan query pengambilan datanya di sql?
>
> sebagai informasi database mysql saya :
>
> database : database_ho
> table : data_ho
> field1 : no_reg
> field2 : nama_pemohon
> field3 : jenis_usaha
>
>
> dan query nya :
>
> sub tombolcari_click(
> Dim conn As ADODB.Connection
> Dim rs As ADODB.Recordset
> Dim sConn As String, sQuery As String
>
> Set conn = New ADODB.Connection
> sConn = "DRIVER=
> ";SERVER= localhost" & _
> ";database= database_ho" & _
> ";user= root" & _
> ";password=
> ";Option=
>
> conn.Open sConn
> conn.CursorLocation = adUseClient
>
> Set rs = New ADODB.Recordset
> sQuery = "SELECT * FROM data_ho WHERE " & Range("
> '%" & Range("
> rs.Open sQuery, conn, adOpenStatic, adLockReadOnly
>
> If rs.RecordCount > 0 Then
> '.......
> '.......
> End if
> End Sub
>
> Setelah terbentuk object rs, bagaimana memindahkan isi dari object rs ke
> excel mengingat kita tidak tahu akan sebanyak apa record dari object rs
> tersebut... (file search engine yang ingin saya buat juga saya lampirkan)
> Sebelumnya cara pencarian data saya dengan cara, Get External Data
> kemudian di find atau di filter.
>
> Sebelumnya terimakasih banyak....
>
> Rahmat.
>
>
>
Thu Jul 25, 2013 10:44 pm (PDT) . Posted by:
"Eko Suyanto" ekosuyanto@rocketmail.com
Saya mempunyai ribuan data pegawai (sheet "sumber data").
Jumlahnya 7400 pegawai, tetapi hanya saya ambil 4500
pegawai yang dinyatakan memenuhi kualifikasi tertentu (sheet "out put").
Data tersebut ingin saya gunakan seperti sheet "out put".
Data yang saya ambil adalah golongan, masa kerja dan gaji
pokok agar langsung terisi pada cell yang telah saya beri warna.
Contoh :
data gaji pokok pada sheet "out put" mengambil data gaji
pokok per pegawai pada sheet "sumber data"
id yang digunakan adalah nip, sehingga tidak tertukar dengan
gaji pokok pegawai lain.
Formula apa yang bisa saya gunakan ?
Berikut saya lampirkan contoh datanya.
Mhn bantuan .
Terima kasih
Jumlahnya 7400 pegawai, tetapi hanya saya ambil 4500
pegawai yang dinyatakan memenuhi kualifikasi tertentu (sheet "out put").
Data tersebut ingin saya gunakan seperti sheet "out put".
Data yang saya ambil adalah golongan, masa kerja dan gaji
pokok agar langsung terisi pada cell yang telah saya beri warna.
Contoh :
data gaji pokok pada sheet "out put" mengambil data gaji
pokok per pegawai pada sheet "sumber data"
id yang digunakan adalah nip, sehingga tidak tertukar dengan
gaji pokok pegawai lain.
Formula apa yang bisa saya gunakan ?
Berikut saya lampirkan contoh datanya.
Mhn bantuan .
Terima kasih
Thu Jul 25, 2013 11:08 pm (PDT) . Posted by:
"hendrik karnadi" hendrikkarnadi
Hi Eko,
Untuk mengambil data yang "memenuhi kualifikasi tertentu" harus ada kolom kualifikasi pada sheet sumber data yang akan dijadikan acuan oleh sheet out put untuk mengambil NIP. Setelah ada NiP pada sheet ou tput, kolom2 lainnya bisa menggunakan Vlookup atau Index Match.
Salam,
HK
________________________________
From: Eko Suyanto <ekosuyanto@rocketmail.com >
To: "Belajar-Excel@yahoogroups.com " <Belajar-Excel@yahoogroups.com >
Sent: Friday, 26 July 2013, 9:31
Subject: [belajar-excel] mengambil data tertentu dari sheet lain dg id nip
Saya mempunyai ribuan data pegawai (sheet "sumber data").
Jumlahnya 7400 pegawai, tetapi hanya saya ambil 4500
pegawai yang dinyatakan memenuhi kualifikasi tertentu (sheet "out put").
Data tersebut ingin saya gunakan seperti sheet "out put".
Data yang saya ambil adalah golongan, masa kerja dan gaji
pokok agar langsung terisi pada cell yang telah saya beri warna.
Contoh :
data gaji pokok pada sheet "out put" mengambil data gaji
pokok per pegawai pada sheet "sumber data"
id yang digunakan adalah nip, sehingga tidak tertukar dengan
gaji pokok pegawai lain.
Formula apa yang bisa saya gunakan ?
Berikut saya lampirkan contoh datanya.
Mhn bantuan .
Terima kasih
Untuk mengambil data yang "memenuhi kualifikasi tertentu" harus ada kolom kualifikasi pada sheet sumber data yang akan dijadikan acuan oleh sheet out put untuk mengambil NIP. Setelah ada NiP pada sheet ou tput, kolom2 lainnya bisa menggunakan Vlookup atau Index Match.
Salam,
HK
____________
From: Eko Suyanto <ekosuyanto@rocketma
To: "Belajar-Excel@
Sent: Friday, 26 July 2013, 9:31
Subject: [belajar-excel] mengambil data tertentu dari sheet lain dg id nip
Saya mempunyai ribuan data pegawai (sheet "sumber data").
Jumlahnya 7400 pegawai, tetapi hanya saya ambil 4500
pegawai yang dinyatakan memenuhi kualifikasi tertentu (sheet "out put").
Data tersebut ingin saya gunakan seperti sheet "out put".
Data yang saya ambil adalah golongan, masa kerja dan gaji
pokok agar langsung terisi pada cell yang telah saya beri warna.
Contoh :
data gaji pokok pada sheet "out put" mengambil data gaji
pokok per pegawai pada sheet "sumber data"
id yang digunakan adalah nip, sehingga tidak tertukar dengan
gaji pokok pegawai lain.
Formula apa yang bisa saya gunakan ?
Berikut saya lampirkan contoh datanya.
Mhn bantuan .
Terima kasih
Thu Jul 25, 2013 11:09 pm (PDT) . Posted by:
"Bagus" bagus4bls
Dear Pak Eko;
File terlampir semoga sesuai harapan
Wassalam
~ Bagus ~
----- Original Message -----
From: Eko Suyanto
To: Belajar-Excel@yahoogroups.com
Sent: Friday, July 26, 2013 9:31 AM
Subject: [belajar-excel] mengambil data tertentu dari sheet lain dg id nip
Saya mempunyai ribuan data pegawai (sheet "sumber data").
Jumlahnya 7400 pegawai, tetapi hanya saya ambil 4500 pegawai yang dinyatakan memenuhi kualifikasi tertentu (sheet "out put").
Data tersebut ingin saya gunakan seperti sheet "out put".
Data yang saya ambil adalah golongan, masa kerja dan gaji pokok agar langsung terisi pada cell yang telah saya beri warna.
Contoh :
data gaji pokok pada sheet "out put" mengambil data gaji pokok per pegawai pada sheet "sumber data"
id yang digunakan adalah nip, sehingga tidak tertukar dengan gaji pokok pegawai lain.
Formula apa yang bisa saya gunakan ?
Berikut saya lampirkan contoh datanya.
Mhn bantuan .
Terima kasih
File terlampir semoga sesuai harapan
Wassalam
~ Bagus ~
----- Original Message -----
From: Eko Suyanto
To: Belajar-Excel@
Sent: Friday, July 26, 2013 9:31 AM
Subject: [belajar-excel] mengambil data tertentu dari sheet lain dg id nip
Saya mempunyai ribuan data pegawai (sheet "sumber data").
Jumlahnya 7400 pegawai, tetapi hanya saya ambil 4500 pegawai yang dinyatakan memenuhi kualifikasi tertentu (sheet "out put").
Data tersebut ingin saya gunakan seperti sheet "out put".
Data yang saya ambil adalah golongan, masa kerja dan gaji pokok agar langsung terisi pada cell yang telah saya beri warna.
Contoh :
data gaji pokok pada sheet "out put" mengambil data gaji pokok per pegawai pada sheet "sumber data"
id yang digunakan adalah nip, sehingga tidak tertukar dengan gaji pokok pegawai lain.
Formula apa yang bisa saya gunakan ?
Berikut saya lampirkan contoh datanya.
Mhn bantuan .
Terima kasih
Fri Jul 26, 2013 2:14 am (PDT) . Posted by:
"Eko Suyanto" ekosuyanto@rocketmail.com
betul, ada kolom kualifikasi tertentu
data yg sy lampirkan tsb sdh kami pilih yg sdh "memenuhi kualifikasi tertentu"
formula dari rekan bagus sdh dpt sy gunakan.
terima kasih
________________________________
Dari: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com >
Kepada: "belajar-excel@yahoogroups.com " <belajar-excel@yahoogroups.com >
Dikirim: Jumat, 26 Juli 2013 13:07
Judul: Re: [belajar-excel] mengambil data tertentu dari sheet lain dg id nip
Hi Eko,
Untuk mengambil data yang "memenuhi kualifikasi tertentu" harus ada kolom kualifikasi pada sheet sumber data yang akan dijadikan acuan oleh sheet out put untuk mengambil NIP. Setelah ada NiP pada sheet ou tput, kolom2 lainnya bisa menggunakan Vlookup atau Index Match.
Salam,
HK
________________________________
From: Eko Suyanto <ekosuyanto@rocketmail.com >
To: "Belajar-Excel@yahoogroups.com " <Belajar-Excel@yahoogroups.com >
Sent: Friday, 26 July 2013, 9:31
Subject: [belajar-excel] mengambil data tertentu dari sheet lain dg id nip
Saya mempunyai ribuan data pegawai (sheet "sumber data").
Jumlahnya 7400 pegawai, tetapi hanya saya ambil 4500
pegawai yang dinyatakan memenuhi kualifikasi tertentu (sheet "out put").
Data tersebut ingin saya gunakan seperti sheet "out put".
Data yang saya ambil adalah golongan, masa kerja dan gaji
pokok agar langsung terisi pada cell yang telah saya beri warna.
Contoh :
data gaji pokok pada sheet "out put" mengambil data gaji
pokok per pegawai pada sheet "sumber data"
id yang digunakan adalah nip, sehingga tidak tertukar dengan
gaji pokok pegawai lain.
Formula apa yang bisa saya gunakan ?
Berikut saya lampirkan contoh datanya.
Mhn bantuan .
Terima kasih
data yg sy lampirkan tsb sdh kami pilih yg sdh "memenuhi kualifikasi tertentu"
formula dari rekan bagus sdh dpt sy gunakan.
terima kasih
____________
Dari: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@
Kepada: "belajar-excel@
Dikirim: Jumat, 26 Juli 2013 13:07
Judul: Re: [belajar-excel] mengambil data tertentu dari sheet lain dg id nip
Hi Eko,
Untuk mengambil data yang "memenuhi kualifikasi tertentu" harus ada kolom kualifikasi pada sheet sumber data yang akan dijadikan acuan oleh sheet out put untuk mengambil NIP. Setelah ada NiP pada sheet ou tput, kolom2 lainnya bisa menggunakan Vlookup atau Index Match.
Salam,
HK
____________
From: Eko Suyanto <ekosuyanto@rocketma
To: "Belajar-Excel@
Sent: Friday, 26 July 2013, 9:31
Subject: [belajar-excel] mengambil data tertentu dari sheet lain dg id nip
Saya mempunyai ribuan data pegawai (sheet "sumber data").
Jumlahnya 7400 pegawai, tetapi hanya saya ambil 4500
pegawai yang dinyatakan memenuhi kualifikasi tertentu (sheet "out put").
Data tersebut ingin saya gunakan seperti sheet "out put".
Data yang saya ambil adalah golongan, masa kerja dan gaji
pokok agar langsung terisi pada cell yang telah saya beri warna.
Contoh :
data gaji pokok pada sheet "out put" mengambil data gaji
pokok per pegawai pada sheet "sumber data"
id yang digunakan adalah nip, sehingga tidak tertukar dengan
gaji pokok pegawai lain.
Formula apa yang bisa saya gunakan ?
Berikut saya lampirkan contoh datanya.
Mhn bantuan .
Terima kasih
Fri Jul 26, 2013 2:14 am (PDT) . Posted by:
"Eko Suyanto" ekosuyanto@rocketmail.com
formulanya sudah saya gunakan
sangat bermanfaat
terima kasih
________________________________
Dari: Bagus <bagus@kingjim.co.id >
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Jumat, 26 Juli 2013 13:10
Judul: Re: [belajar-excel] mengambil data tertentu dari sheet lain dg id nip
Dear Pak Eko;
File terlampir semoga sesuai harapan
Wassalam
~ Bagus ~
----- Original Message -----
>From: Eko Suyanto
>To: Belajar-Excel@yahoogroups.com
>Sent: Friday, July 26, 2013 9:31 AM
>Subject: [belajar-excel] mengambil data tertentu dari sheet lain dg id nip
>
>
>Saya mempunyai ribuan data pegawai (sheet "sumber data").
> Jumlahnya 7400 pegawai, tetapi hanya saya ambil 4500 pegawai yang dinyatakan memenuhi kualifikasi tertentu (sheet "out put").
>Data tersebut ingin saya gunakan seperti sheet "out put".
>Data yang saya ambil adalah golongan, masa kerja dan gaji pokok agar langsung terisi pada cell yang telah saya beri warna.
>Contoh :
>data gaji pokok pada sheet "out put" mengambil data gaji pokok per pegawai pada sheet "sumber data"
>id yang digunakan adalah nip, sehingga tidak tertukar dengan gaji pokok pegawai lain.
>Formula apa yang bisa saya gunakan ?
>Berikut saya lampirkan contoh datanya.
>Mhn bantuan .
>Terima kasih
sangat bermanfaat
terima kasih
____________
Dari: Bagus <bagus@kingjim.
Kepada: belajar-excel@
Dikirim: Jumat, 26 Juli 2013 13:10
Judul: Re: [belajar-excel] mengambil data tertentu dari sheet lain dg id nip
Dear Pak Eko;
File terlampir semoga sesuai harapan
Wassalam
~ Bagus ~
----- Original Message -----
>From: Eko Suyanto
>To: Belajar-Excel@
>Sent: Friday, July 26, 2013 9:31 AM
>Subject: [belajar-excel] mengambil data tertentu dari sheet lain dg id nip
>
>
>Saya mempunyai ribuan data pegawai (sheet "sumber data").
> Jumlahnya 7400 pegawai, tetapi hanya saya ambil 4500 pegawai yang dinyatakan memenuhi kualifikasi tertentu (sheet "out put").
>Data tersebut ingin saya gunakan seperti sheet "out put".
>Data yang saya ambil adalah golongan, masa kerja dan gaji pokok agar langsung terisi pada cell yang telah saya beri warna.
>Contoh :
>data gaji pokok pada sheet "out put" mengambil data gaji pokok per pegawai pada sheet "sumber data"
>id yang digunakan adalah nip, sehingga tidak tertukar dengan gaji pokok pegawai lain.
>Formula apa yang bisa saya gunakan ?
>Berikut saya lampirkan contoh datanya.
>Mhn bantuan .
>Terima kasih
Fri Jul 26, 2013 2:34 am (PDT) . Posted by:
"hendrik karnadi" hendrikkarnadi
Ikutan jawab ..
Coba tes dengan jumlah data yang banyak. Jika dengan formula masih terasa "berat" terpaksa pake macro (dari Mr.Kid).
Salam,
HK
________________________________
From: Eko Suyanto <ekosuyanto@rocketmail.com >
To: "belajar-excel@yahoogroups.com " <belajar-excel@yahoogroups.com >
Sent: Friday, 26 July 2013, 2:13
Subject: Bls: [belajar-excel] mengambil data tertentu dari sheet lain dg id nip
formulanya sudah saya gunakan
sangat bermanfaat
terima kasih
________________________________
Dari: Bagus <bagus@kingjim.co.id >
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Jumat, 26 Juli 2013 13:10
Judul: Re: [belajar-excel] mengambil data tertentu dari sheet lain dg id nip
Dear Pak Eko;
File terlampir semoga sesuai harapan
Wassalam
~ Bagus ~
----- Original Message -----
>From: Eko Suyanto
>To: Belajar-Excel@yahoogroups.com
>Sent: Friday, July 26, 2013 9:31 AM
>Subject: [belajar-excel] mengambil data tertentu dari sheet lain dg id nip
>
>
>Saya mempunyai ribuan data pegawai (sheet "sumber data").
> Jumlahnya 7400 pegawai, tetapi hanya saya ambil 4500 pegawai yang dinyatakan memenuhi kualifikasi tertentu (sheet "out put").
>Data tersebut ingin saya gunakan seperti sheet "out put".
>Data yang saya ambil adalah golongan, masa kerja dan gaji pokok agar langsung terisi pada cell yang telah saya beri warna.
>Contoh :
>data gaji pokok pada sheet "out put" mengambil data gaji pokok per pegawai pada sheet "sumber data"
>id yang digunakan adalah nip, sehingga tidak tertukar dengan gaji pokok pegawai lain.
>Formula apa yang bisa saya gunakan ?
>Berikut saya lampirkan contoh datanya.
>Mhn bantuan .
>Terima kasih
Coba tes dengan jumlah data yang banyak. Jika dengan formula masih terasa "berat" terpaksa pake macro (dari Mr.Kid).
Salam,
HK
____________
From: Eko Suyanto <ekosuyanto@rocketma
To: "belajar-excel@
Sent: Friday, 26 July 2013, 2:13
Subject: Bls: [belajar-excel] mengambil data tertentu dari sheet lain dg id nip
formulanya sudah saya gunakan
sangat bermanfaat
terima kasih
____________
Dari: Bagus <bagus@kingjim.
Kepada: belajar-excel@
Dikirim: Jumat, 26 Juli 2013 13:10
Judul: Re: [belajar-excel] mengambil data tertentu dari sheet lain dg id nip
Dear Pak Eko;
File terlampir semoga sesuai harapan
Wassalam
~ Bagus ~
----- Original Message -----
>From: Eko Suyanto
>To: Belajar-Excel@
>Sent: Friday, July 26, 2013 9:31 AM
>Subject: [belajar-excel] mengambil data tertentu dari sheet lain dg id nip
>
>
>Saya mempunyai ribuan data pegawai (sheet "sumber data").
> Jumlahnya 7400 pegawai, tetapi hanya saya ambil 4500 pegawai yang dinyatakan memenuhi kualifikasi tertentu (sheet "out put").
>Data tersebut ingin saya gunakan seperti sheet "out put".
>Data yang saya ambil adalah golongan, masa kerja dan gaji pokok agar langsung terisi pada cell yang telah saya beri warna.
>Contoh :
>data gaji pokok pada sheet "out put" mengambil data gaji pokok per pegawai pada sheet "sumber data"
>id yang digunakan adalah nip, sehingga tidak tertukar dengan gaji pokok pegawai lain.
>Formula apa yang bisa saya gunakan ?
>Berikut saya lampirkan contoh datanya.
>Mhn bantuan .
>Terima kasih
Thu Jul 25, 2013 10:44 pm (PDT) . Posted by:
"Rudi Anto" rudi.excel
Assalamu'
Rekan-rekan BeExcel, adakah macro atau formula array
yang lebih ringan dari formula pada file terlampir.
formula terdapat pada sheet HASIL kolom A. ( warna hijau )
selama ini saya pake formula array tersebut,
tapi terjadi masalah jika recordnya sudah mencapai ratusan ribu.
data yang terdapat di tempat kami ada sekitar 160.000 record
dan record memang sampai 160.000 record
kami biasanya memasukkan data di sheet INPUTFD.
dan data akan keluar di sheet HASIL
mungkin ada formula atau macro yang lebih ringan.
terima kasih atas bantuannya.
Wassalamu'
^_^ rudi
Fri Jul 26, 2013 1:09 am (PDT) . Posted by:
"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
Wa'alaikumussalam Wr. Wb.
Mungkin file terlampir tidak sesuai harapan karena tidak menggunakan VBA
(ekstensi .xlsx tidak boleh berisi VBA). Meski demikian, semoga bisa
menjadi salah satu alternatif dari alternatif tanpa VBA yang ada ataupun
dari sekian banyak algoritma VBA yang mungkin dibentuk.
Idenya :
1. tabel data diberi 1 kolom bantu untuk cek setiap record masuk dalam
inputfd atau tidak.
>> copy formula ke baris record baru jika ada penambahan record bisa
otomatis jika menggunakan fitur excel table (file terlampir belum
menggunakan fitur tersebut)
2. menampilkan hasil filter berdasar isian di sheet inputfd pada sheet
hasil dengan fitur pivot table. Pivot table di filter berdasar kolom
tambahan di tabel data tadi yang labelnya lebih dari 0.
3. setiap kali ada pengubahan nilai di sheet data maupun sheet inputfd,
maka harus dilakukan refresh pivot table yang secara singkat bisa dengan
melaluoi ribbon Data -> Refresh All atau menekan *CTRL ALT F5*
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Kid.
2013/7/26 Rudi Anto <rudi.excel@yahoo.com >
> **
>
>
>
> Assalamu'alaikum Wr. Wb.
>
> Rekan-rekan BeExcel, adakah macro atau formula array
> yang lebih ringan dari formula pada file terlampir.
>
> formula terdapat pada sheet HASIL kolom A. ( warna hijau )
>
> selama ini saya pake formula array tersebut,
> tapi terjadi masalah jika recordnya sudah mencapai ratusan ribu.
> data yang terdapat di tempat kami ada sekitar 160.000 record
> dan record memang sampai 160.000 record
>
> kami biasanya memasukkan data di sheet INPUTFD.
> dan data akan keluar di sheet HASIL
>
> mungkin ada formula atau macro yang lebih ringan.
>
> terima kasih atas bantuannya.
>
>
> Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
>
>
> ^_^ rudi
>
>
>
>
>
>
>
Mungkin file terlampir tidak sesuai harapan karena tidak menggunakan VBA
(ekstensi .xlsx tidak boleh berisi VBA). Meski demikian, semoga bisa
menjadi salah satu alternatif dari alternatif tanpa VBA yang ada ataupun
dari sekian banyak algoritma VBA yang mungkin dibentuk.
Idenya :
1. tabel data diberi 1 kolom bantu untuk cek setiap record masuk dalam
inputfd atau tidak.
>> copy formula ke baris record baru jika ada penambahan record bisa
otomatis jika menggunakan fitur excel table (file terlampir belum
menggunakan fitur tersebut)
2. menampilkan hasil filter berdasar isian di sheet inputfd pada sheet
hasil dengan fitur pivot table. Pivot table di filter berdasar kolom
tambahan di tabel data tadi yang labelnya lebih dari 0.
3. setiap kali ada pengubahan nilai di sheet data maupun sheet inputfd,
maka harus dilakukan refresh pivot table yang secara singkat bisa dengan
melaluoi ribbon Data -> Refresh All atau menekan *CTRL ALT F5*
Wassalamu'
Kid.
2013/7/26 Rudi Anto <rudi.excel@yahoo.
> **
>
>
>
> Assalamu'
>
> Rekan-rekan BeExcel, adakah macro atau formula array
> yang lebih ringan dari formula pada file terlampir.
>
> formula terdapat pada sheet HASIL kolom A. ( warna hijau )
>
> selama ini saya pake formula array tersebut,
> tapi terjadi masalah jika recordnya sudah mencapai ratusan ribu.
> data yang terdapat di tempat kami ada sekitar 160.000 record
> dan record memang sampai 160.000 record
>
> kami biasanya memasukkan data di sheet INPUTFD.
> dan data akan keluar di sheet HASIL
>
> mungkin ada formula atau macro yang lebih ringan.
>
> terima kasih atas bantuannya.
>
>
> Wassalamu'
>
>
> ^_^ rudi
>
>
>
>
>
>
>
Fri Jul 26, 2013 1:39 am (PDT) . Posted by:
"Rudi Anto" rudi.excel
Terima kasih atas jawabannya Mr. Kids,
mungkin penyampaian saya belum sesuai dengan maksud yang ada dipikiran.
Penjelasannya begini Mr.Kids
Bismillah :
1. Sheet " Database"
Merupakan data sumber yang banyaknya record sekitar 160.000 record
dan ga akan bertambah
2. Sheet " InputFD "
merupakan sheet yang saya gunakan untuk memasukkan file hasil
convert dari file txt ke file excel
dan yang saya masukkan hanya nomor barcode, terkadang sekali
masukkan data paste sekitar
ribuan record
3. Sheet " Hasil "
Dari sheet inputFD data record akan di link kan ke kolom C
dari sinilah data yang saya inginkan saya cari, berhubung data
setiap record di kolom C
bersumber dari sheet " Database " .. saya tambahin kolom A (Hasil)
untuk memasukkan formula array
Jika data yang saya masukkan di sheet inputFD cuman puluhan, ga masalah
sih..
tapi jika di sheet inputFD langsung saya masukkan puluhan ribu record,
timbul masalah
pada calculating sekitar berjam-jam, hiks
mungkin ada formula yang sederhana yang bikin formula array tersebut klo
calculating agak cepak.. wuss.. ^_^
Makasi Mr. Kids atas jawabannya, mungkin ada jawaban dari rekan2 lain
^_^ rudi
On 26/07/2013 15:08, Mr. Kid wrote:
> Wa'alaikumussalam Wr. Wb.
>
> Mungkin file terlampir tidak sesuai harapan karena tidak menggunakan
> VBA (ekstensi .xlsx tidak boleh berisi VBA). Meski demikian, semoga
> bisa menjadi salah satu alternatif dari alternatif tanpa VBA yang ada
> ataupun dari sekian banyak algoritma VBA yang mungkin dibentuk.
>
> Idenya :
> 1. tabel data diberi 1 kolom bantu untuk cek setiap record masuk dalam
> inputfd atau tidak.
> >> copy formula ke baris record baru jika ada penambahan record bisa
> otomatis jika menggunakan fitur excel table (file terlampir belum
> menggunakan fitur tersebut)
>
> 2. menampilkan hasil filter berdasar isian di sheet inputfd pada sheet
> hasil dengan fitur pivot table. Pivot table di filter berdasar kolom
> tambahan di tabel data tadi yang labelnya lebih dari 0.
>
> 3. setiap kali ada pengubahan nilai di sheet data maupun sheet
> inputfd, maka harus dilakukan refresh pivot table yang secara singkat
> bisa dengan melaluoi ribbon Data -> Refresh All atau menekan *CTRL ALT F5*
>
> Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
> Kid.
>
>
>
> 2013/7/26 Rudi Anto <rudi.excel@yahoo.com <mailto:rudi.excel@yahoo.com >>
>
>
> Assalamu'alaikum Wr. Wb.
> Rekan-rekan BeExcel, adakah macro atau formula array
> yang lebih ringan dari formula pada file terlampir.
> formula terdapat pada sheet HASIL kolom A. ( warna hijau )
> selama ini saya pake formula array tersebut,
> tapi terjadi masalah jika recordnya sudah mencapai ratusan ribu.
> data yang terdapat di tempat kami ada sekitar 160.000 record
> dan record memang sampai 160.000 record
> kami biasanya memasukkan data di sheet INPUTFD.
> dan data akan keluar di sheet HASIL
> mungkin ada formula atau macro yang lebih ringan.
> terima kasih atas bantuannya.
> Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
> ^_^ rudi
>
>
>
>
>
>
>
mungkin penyampaian saya belum sesuai dengan maksud yang ada dipikiran.
Penjelasannya begini Mr.Kids
Bismillah :
1. Sheet " Database"
Merupakan data sumber yang banyaknya record sekitar 160.000 record
dan ga akan bertambah
2. Sheet " InputFD "
merupakan sheet yang saya gunakan untuk memasukkan file hasil
convert dari file txt ke file excel
dan yang saya masukkan hanya nomor barcode, terkadang sekali
masukkan data paste sekitar
ribuan record
3. Sheet " Hasil "
Dari sheet inputFD data record akan di link kan ke kolom C
dari sinilah data yang saya inginkan saya cari, berhubung data
setiap record di kolom C
bersumber dari sheet " Database " .. saya tambahin kolom A (Hasil)
untuk memasukkan formula array
Jika data yang saya masukkan di sheet inputFD cuman puluhan, ga masalah
sih..
tapi jika di sheet inputFD langsung saya masukkan puluhan ribu record,
timbul masalah
pada calculating sekitar berjam-jam, hiks
mungkin ada formula yang sederhana yang bikin formula array tersebut klo
calculating agak cepak.. wuss.. ^_^
Makasi Mr. Kids atas jawabannya, mungkin ada jawaban dari rekan2 lain
^_^ rudi
On 26/07/2013 15:08, Mr. Kid wrote:
> Wa'alaikumussal
>
> Mungkin file terlampir tidak sesuai harapan karena tidak menggunakan
> VBA (ekstensi .xlsx tidak boleh berisi VBA). Meski demikian, semoga
> bisa menjadi salah satu alternatif dari alternatif tanpa VBA yang ada
> ataupun dari sekian banyak algoritma VBA yang mungkin dibentuk.
>
> Idenya :
> 1. tabel data diberi 1 kolom bantu untuk cek setiap record masuk dalam
> inputfd atau tidak.
> >> copy formula ke baris record baru jika ada penambahan record bisa
> otomatis jika menggunakan fitur excel table (file terlampir belum
> menggunakan fitur tersebut)
>
> 2. menampilkan hasil filter berdasar isian di sheet inputfd pada sheet
> hasil dengan fitur pivot table. Pivot table di filter berdasar kolom
> tambahan di tabel data tadi yang labelnya lebih dari 0.
>
> 3. setiap kali ada pengubahan nilai di sheet data maupun sheet
> inputfd, maka harus dilakukan refresh pivot table yang secara singkat
> bisa dengan melaluoi ribbon Data -> Refresh All atau menekan *CTRL ALT F5*
>
> Wassalamu'
> Kid.
>
>
>
> 2013/7/26 Rudi Anto <rudi.excel@yahoo.
>
>
> Assalamu'
> Rekan-rekan BeExcel, adakah macro atau formula array
> yang lebih ringan dari formula pada file terlampir.
> formula terdapat pada sheet HASIL kolom A. ( warna hijau )
> selama ini saya pake formula array tersebut,
> tapi terjadi masalah jika recordnya sudah mencapai ratusan ribu.
> data yang terdapat di tempat kami ada sekitar 160.000 record
> dan record memang sampai 160.000 record
> kami biasanya memasukkan data di sheet INPUTFD.
> dan data akan keluar di sheet HASIL
> mungkin ada formula atau macro yang lebih ringan.
> terima kasih atas bantuannya.
> Wassalamu'
> ^_^ rudi
>
>
>
>
>
>
>
Fri Jul 26, 2013 1:58 am (PDT) . Posted by:
"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
Oh oke.
hehehe...
Kalau gitu, hapus dulu hasil karya formula Anda di kolom A sampai kolom F.
jangan-jangan dikiranya kolom-kolom berformula itu masih dipakai.
pivot tablenya kurang cepet ya. Atau kalkulasi sheet database nya yang
kurang cepat ?
Kalau gitu pakai VBA. Nama header menjadi pembatasnya. Jika nama header ada
yang tidak sama persis termasuk spasi sampai titik komanya, maka tidak akan
menghasilkan apa-apa.
Wassalam,
Kid.
2013/7/26 Rudi Anto <rudi.excel@yahoo.com >
> **
>
>
> Terima kasih atas jawabannya Mr. Kids,
> mungkin penyampaian saya belum sesuai dengan maksud yang ada dipikiran.
>
> Penjelasannya begini Mr.Kids
>
> Bismillah :
>
> 1. Sheet " Database"
> Merupakan data sumber yang banyaknya record sekitar 160.000 record
> dan ga akan bertambah
>
> 2. Sheet " InputFD "
> merupakan sheet yang saya gunakan untuk memasukkan file hasil convert
> dari file txt ke file excel
> dan yang saya masukkan hanya nomor barcode, terkadang sekali masukkan
> data paste sekitar
> ribuan record
>
> 3. Sheet " Hasil "
> Dari sheet inputFD data record akan di link kan ke kolom C
> dari sinilah data yang saya inginkan saya cari, berhubung data setiap
> record di kolom C
> bersumber dari sheet " Database " .. saya tambahin kolom A (Hasil)
> untuk memasukkan formula array
>
> Jika data yang saya masukkan di sheet inputFD cuman puluhan, ga masalah
> sih..
> tapi jika di sheet inputFD langsung saya masukkan puluhan ribu record,
> timbul masalah
> pada calculating sekitar berjam-jam, hiks
>
> mungkin ada formula yang sederhana yang bikin formula array tersebut klo
> calculating agak cepak.. wuss.. ^_^
>
> Makasi Mr. Kids atas jawabannya, mungkin ada jawaban dari rekan2 lain
>
>
> ^_^ rudi
>
>
> On 26/07/2013 15:08, Mr. Kid wrote:
>
>
> Wa'alaikumussalam Wr. Wb.
>
> Mungkin file terlampir tidak sesuai harapan karena tidak menggunakan VBA
> (ekstensi .xlsx tidak boleh berisi VBA). Meski demikian, semoga bisa
> menjadi salah satu alternatif dari alternatif tanpa VBA yang ada ataupun
> dari sekian banyak algoritma VBA yang mungkin dibentuk.
>
> Idenya :
> 1. tabel data diberi 1 kolom bantu untuk cek setiap record masuk dalam
> inputfd atau tidak.
> >> copy formula ke baris record baru jika ada penambahan record bisa
> otomatis jika menggunakan fitur excel table (file terlampir belum
> menggunakan fitur tersebut)
>
> 2. menampilkan hasil filter berdasar isian di sheet inputfd pada sheet
> hasil dengan fitur pivot table. Pivot table di filter berdasar kolom
> tambahan di tabel data tadi yang labelnya lebih dari 0.
>
> 3. setiap kali ada pengubahan nilai di sheet data maupun sheet inputfd,
> maka harus dilakukan refresh pivot table yang secara singkat bisa dengan
> melaluoi ribbon Data -> Refresh All atau menekan *CTRL ALT F5*
>
> Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
> Kid.
>
>
>
> 2013/7/26 Rudi Anto <rudi.excel@yahoo.com >
>
>>
>>
>>
>> Assalamu'alaikum Wr. Wb.
>>
>> Rekan-rekan BeExcel, adakah macro atau formula array
>> yang lebih ringan dari formula pada file terlampir.
>>
>> formula terdapat pada sheet HASIL kolom A. ( warna hijau )
>>
>> selama ini saya pake formula array tersebut,
>> tapi terjadi masalah jika recordnya sudah mencapai ratusan ribu.
>> data yang terdapat di tempat kami ada sekitar 160.000 record
>> dan record memang sampai 160.000 record
>>
>> kami biasanya memasukkan data di sheet INPUTFD.
>> dan data akan keluar di sheet HASIL
>>
>> mungkin ada formula atau macro yang lebih ringan.
>>
>> terima kasih atas bantuannya.
>>
>>
>> Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
>>
>>
>> ^_^ rudi
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>
>
>
hehehe...
Kalau gitu, hapus dulu hasil karya formula Anda di kolom A sampai kolom F.
jangan-jangan dikiranya kolom-kolom berformula itu masih dipakai.
pivot tablenya kurang cepet ya. Atau kalkulasi sheet database nya yang
kurang cepat ?
Kalau gitu pakai VBA. Nama header menjadi pembatasnya. Jika nama header ada
yang tidak sama persis termasuk spasi sampai titik komanya, maka tidak akan
menghasilkan apa-apa.
Wassalam,
Kid.
2013/7/26 Rudi Anto <rudi.excel@yahoo.
> **
>
>
> Terima kasih atas jawabannya Mr. Kids,
> mungkin penyampaian saya belum sesuai dengan maksud yang ada dipikiran.
>
> Penjelasannya begini Mr.Kids
>
> Bismillah :
>
> 1. Sheet " Database"
> Merupakan data sumber yang banyaknya record sekitar 160.000 record
> dan ga akan bertambah
>
> 2. Sheet " InputFD "
> merupakan sheet yang saya gunakan untuk memasukkan file hasil convert
> dari file txt ke file excel
> dan yang saya masukkan hanya nomor barcode, terkadang sekali masukkan
> data paste sekitar
> ribuan record
>
> 3. Sheet " Hasil "
> Dari sheet inputFD data record akan di link kan ke kolom C
> dari sinilah data yang saya inginkan saya cari, berhubung data setiap
> record di kolom C
> bersumber dari sheet " Database " .. saya tambahin kolom A (Hasil)
> untuk memasukkan formula array
>
> Jika data yang saya masukkan di sheet inputFD cuman puluhan, ga masalah
> sih..
> tapi jika di sheet inputFD langsung saya masukkan puluhan ribu record,
> timbul masalah
> pada calculating sekitar berjam-jam, hiks
>
> mungkin ada formula yang sederhana yang bikin formula array tersebut klo
> calculating agak cepak.. wuss.. ^_^
>
> Makasi Mr. Kids atas jawabannya, mungkin ada jawaban dari rekan2 lain
>
>
> ^_^ rudi
>
>
> On 26/07/2013 15:08, Mr. Kid wrote:
>
>
> Wa'alaikumussal
>
> Mungkin file terlampir tidak sesuai harapan karena tidak menggunakan VBA
> (ekstensi .xlsx tidak boleh berisi VBA). Meski demikian, semoga bisa
> menjadi salah satu alternatif dari alternatif tanpa VBA yang ada ataupun
> dari sekian banyak algoritma VBA yang mungkin dibentuk.
>
> Idenya :
> 1. tabel data diberi 1 kolom bantu untuk cek setiap record masuk dalam
> inputfd atau tidak.
> >> copy formula ke baris record baru jika ada penambahan record bisa
> otomatis jika menggunakan fitur excel table (file terlampir belum
> menggunakan fitur tersebut)
>
> 2. menampilkan hasil filter berdasar isian di sheet inputfd pada sheet
> hasil dengan fitur pivot table. Pivot table di filter berdasar kolom
> tambahan di tabel data tadi yang labelnya lebih dari 0.
>
> 3. setiap kali ada pengubahan nilai di sheet data maupun sheet inputfd,
> maka harus dilakukan refresh pivot table yang secara singkat bisa dengan
> melaluoi ribbon Data -> Refresh All atau menekan *CTRL ALT F5*
>
> Wassalamu'
> Kid.
>
>
>
> 2013/7/26 Rudi Anto <rudi.excel@yahoo.
>
>>
>>
>>
>> Assalamu'
>>
>> Rekan-rekan BeExcel, adakah macro atau formula array
>> yang lebih ringan dari formula pada file terlampir.
>>
>> formula terdapat pada sheet HASIL kolom A. ( warna hijau )
>>
>> selama ini saya pake formula array tersebut,
>> tapi terjadi masalah jika recordnya sudah mencapai ratusan ribu.
>> data yang terdapat di tempat kami ada sekitar 160.000 record
>> dan record memang sampai 160.000 record
>>
>> kami biasanya memasukkan data di sheet INPUTFD.
>> dan data akan keluar di sheet HASIL
>>
>> mungkin ada formula atau macro yang lebih ringan.
>>
>> terima kasih atas bantuannya.
>>
>>
>> Wassalamu'
>>
>>
>> ^_^ rudi
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>
>
>
GROUP FOOTER MESSAGE
=====================================================================
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
Tidak ada komentar:
Posting Komentar