15 New Messages
Digest #2423
Messages
Mon Jul 15, 2013 7:45 am (PDT) . Posted by:
"hendrik karnadi" hendrikkarnadi
Hi Kesi,
Pakai Array Formula Large dengan menggunakan kolom bantu.
Setelah selesai menulis formula, tekan tombol CSE (Ctrl Shift Enter) bukan Enter saja.
Salam,
HK
________________________________
From: KESI VIZZIANTI <kesi.vizzianti@gmail.com >
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Monday, 15 July 2013, 13:48
Subject: [belajar-excel] Mengambil data paling bawah
Selamat siang!!
Mohon bantuannya lagi seperti file terlampir
Bagaimana caranya dika saya hanya ingin data paling bawah dari masing-masing nama makanan
terima kasih sebelumnya
salam
--
Kesi Vizzianti
Pakai Array Formula Large dengan menggunakan kolom bantu.
Setelah selesai menulis formula, tekan tombol CSE (Ctrl Shift Enter) bukan Enter saja.
Salam,
HK
____________
From: KESI VIZZIANTI <kesi.vizzianti@
To: belajar-excel@
Sent: Monday, 15 July 2013, 13:48
Subject: [belajar-excel] Mengambil data paling bawah
Selamat siang!!
Mohon bantuannya lagi seperti file terlampir
Bagaimana caranya dika saya hanya ingin data paling bawah dari masing-masing nama makanan
terima kasih sebelumnya
salam
--
Kesi Vizzianti
Mon Jul 15, 2013 11:33 am (PDT) . Posted by:
"De Premor" de.premor
Di Cell H4 coba diisi formula
=OFFSET($D$1,MAX(($C$3:$C$28=G4)*ROW($C$3:$C$28))-1,0) Dienter Pakai CSE
(Ctrl+Shift+Enter)
Rgds,
[dp]
Pada 15/07/2013 13:48, KESI VIZZIANTI menulis:
> Selamat siang!!
> Mohon bantuannya lagi seperti file terlampir
> Bagaimana caranya dika saya hanya ingin data paling bawah dari
> masing-masing nama makanan
>
> terima kasih sebelumnya
> salam
>
> --
> *Kesi Vizzianti*
>
>
>
=OFFSET($D$1,
(Ctrl+Shift+
Rgds,
[dp]
Pada 15/07/2013 13:48, KESI VIZZIANTI menulis:
> Selamat siang!!
> Mohon bantuannya lagi seperti file terlampir
> Bagaimana caranya dika saya hanya ingin data paling bawah dari
> masing-masing nama makanan
>
> terima kasih sebelumnya
> salam
>
> --
> *Kesi Vizzianti*
>
>
>
Mon Jul 15, 2013 11:37 am (PDT) . Posted by:
"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
Coba LookUp :
=LOOKUP(2,1/($C$3:$C$28=G4),$D$3:$D$28)
Wassalam,
Kid.
2013/7/15 KESI VIZZIANTI <kesi.vizzianti@gmail.com >
> **
>
>
> Selamat siang!!
> Mohon bantuannya lagi seperti file terlampir
> Bagaimana caranya dika saya hanya ingin data paling bawah dari
> masing-masing nama makanan
>
> terima kasih sebelumnya
> salam
>
> --
> *Kesi Vizzianti*
>
>
>
>
=LOOKUP(2,1/
Wassalam,
Kid.
2013/7/15 KESI VIZZIANTI <kesi.vizzianti@
> **
>
>
> Selamat siang!!
> Mohon bantuannya lagi seperti file terlampir
> Bagaimana caranya dika saya hanya ingin data paling bawah dari
> masing-masing nama makanan
>
> terima kasih sebelumnya
> salam
>
> --
> *Kesi Vizzianti*
>
>
>
>
Mon Jul 15, 2013 7:13 pm (PDT) . Posted by:
"summonery" summonery
Coba juga,=INDEX($D$3:$D$28,INDEX(MATCH(1,1/($C$3:$C$28=G4)),0))
>semoga bermanfaat
--- In belajar-excel@yahoogroups.com , KESI VIZZIANTI wrote:
>
> Selamat siang!!
> Mohon bantuannya lagi seperti file terlampir
> Bagaimana caranya dika saya hanya ingin data paling bawah dari
> masing-masing nama makanan
>
> terima kasih sebelumnya
> salam
>
> --
> *Kesi Vizzianti*
>
>semoga bermanfaat
--- In belajar-excel@
>
> Selamat siang!!
> Mohon bantuannya lagi seperti file terlampir
> Bagaimana caranya dika saya hanya ingin data paling bawah dari
> masing-masing nama makanan
>
> terima kasih sebelumnya
> salam
>
> --
> *Kesi Vizzianti*
>
Mon Jul 15, 2013 7:49 am (PDT) . Posted by:
"hendrik karnadi" hendrikkarnadi
Ini link filenya pak,
https://www.dropbox.com/s/olq2gpxx5ok99a0/Membuat%20Daftar%20dan%20memilih%20Sheet.xlsm
Salam,
HK
________________________________
From: "syaifullah@hotmail.com " <syaifullah@hotmail.com >
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Monday, 15 July 2013, 12:43
Subject: [belajar-excel] Re: EXCEL - Cara merekap nama2 dalam workbook
saya coba ulasan pak Hendrik...
tapi saya tidak paham sama sekali dengan macro yang dimaksud.
bisakah dikirimkan kepada saya file excel yang telah disertai macro tsb.
terima kasih sangat.
Achmad Syaifullah
--- In belajar-excel@yahoogroups.com , syaifullah@... wrote:
>
> Teman2 mohon bantuannya...
> di workbook saya terdapat data dalam banyak worksheet, semisal saya namakan sheetnya : MEDAN; BANDUNG; SURABAYA; JAKARTA; BALI; PALEMBANG; PT. A; PT. B; PT. C; PT. D; PT. E; DAN MASIH BANYA LAGI NAMA2 SHEET LAINNYA.
> Pertanyaannya adalah bagaimana agar saya dapat mencatat/merekap nama2 sheet tsb.? kalau nama2 sheet tsb masih sekitar 30 masih dapat saya ketik ulang nama2 sheet tsb dalam file sheet yang baru. rasanya tidak efisien dan kemungkinan ada nama2 sheet yang tertinggal.
>
> terima kasih.
>
https://www.
Salam,
HK
____________
From: "syaifullah@hotmail.
To: belajar-excel@
Sent: Monday, 15 July 2013, 12:43
Subject: [belajar-excel] Re: EXCEL - Cara merekap nama2 dalam workbook
saya coba ulasan pak Hendrik...
tapi saya tidak paham sama sekali dengan macro yang dimaksud.
bisakah dikirimkan kepada saya file excel yang telah disertai macro tsb.
terima kasih sangat.
Achmad Syaifullah
--- In belajar-excel@
>
> Teman2 mohon bantuannya..
> di workbook saya terdapat data dalam banyak worksheet, semisal saya namakan sheetnya : MEDAN; BANDUNG; SURABAYA; JAKARTA; BALI; PALEMBANG; PT. A; PT. B; PT. C; PT. D; PT. E; DAN MASIH BANYA LAGI NAMA2 SHEET LAINNYA.
> Pertanyaannya adalah bagaimana agar saya dapat mencatat/merekap nama2 sheet tsb.? kalau nama2 sheet tsb masih sekitar 30 masih dapat saya ketik ulang nama2 sheet tsb dalam file sheet yang baru. rasanya tidak efisien dan kemungkinan ada nama2 sheet yang tertinggal.
>
> terima kasih.
>
Mon Jul 15, 2013 10:19 pm (PDT) . Posted by:
"Ahmad Syaifullah Lubis" syaifullah
Pak Hendrik,
saya sudah download link file dimaksud, terus saya copy sheet daftar ke file saya, tetapi tidak ada perubahan nama2 file tsb masih tetap sheet3 dst...
mohon dibantu saya yang lemah ilmu ini.
tks
ASL
To: belajar-excel@yahoogroups.com
From: hendrikkarnadi@yahoo.com
Date: Mon, 15 Jul 2013 07:49:30 -0700
Subject: Re: [belajar-excel] Re: EXCEL - Cara merekap nama2 dalam workbook
Ini link filenya pak,https://www.dropbox.com/s/olq2gpxx5ok99a0/Membuat%20Daftar%20dan%20memilih%20Sheet.xlsm
Salam,HK
From: "syaifullah@hotmail.com " <syaifullah@hotmail.com >
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Monday, 15 July 2013, 12:43
Subject: [belajar-excel] Re: EXCEL - Cara merekap nama2 dalam workbook
saya coba ulasan pak Hendrik...
tapi saya tidak paham sama sekali dengan macro yang dimaksud.
bisakah dikirimkan kepada saya file excel yang telah disertai macro tsb.
terima kasih sangat.
Achmad Syaifullah
--- In belajar-excel@yahoogroups.com , syaifullah@... wrote:
>
> Teman2 mohon bantuannya...
> di workbook saya terdapat data dalam banyak worksheet, semisal saya namakan sheetnya : MEDAN; BANDUNG; SURABAYA; JAKARTA; BALI; PALEMBANG; PT. A; PT. B; PT. C; PT. D; PT. E; DAN MASIH BANYA LAGI NAMA2 SHEET LAINNYA.
> Pertanyaannya adalah bagaimana agar saya dapat mencatat/merekap nama2 sheet tsb.? kalau nama2 sheet tsb masih sekitar 30 masih dapat saya ketik ulang nama2 sheet tsb dalam file sheet yang baru. rasanya tidak efisien dan kemungkinan ada nama2 sheet yang tertinggal.
>
> terima kasih.
>
saya sudah download link file dimaksud, terus saya copy sheet daftar ke file saya, tetapi tidak ada perubahan nama2 file tsb masih tetap sheet3 dst...
mohon dibantu saya yang lemah ilmu ini.
tks
ASL
To: belajar-excel@
From: hendrikkarnadi@
Date: Mon, 15 Jul 2013 07:49:30 -0700
Subject: Re: [belajar-excel] Re: EXCEL - Cara merekap nama2 dalam workbook
Ini link filenya pak,https://www.
Salam,HK
From: "syaifullah@hotmail.
To: belajar-excel@
Sent: Monday, 15 July 2013, 12:43
Subject: [belajar-excel] Re: EXCEL - Cara merekap nama2 dalam workbook
saya coba ulasan pak Hendrik...
tapi saya tidak paham sama sekali dengan macro yang dimaksud.
bisakah dikirimkan kepada saya file excel yang telah disertai macro tsb.
terima kasih sangat.
Achmad Syaifullah
--- In belajar-excel@
>
> Teman2 mohon bantuannya..
> di workbook saya terdapat data dalam banyak worksheet, semisal saya namakan sheetnya : MEDAN; BANDUNG; SURABAYA; JAKARTA; BALI; PALEMBANG; PT. A; PT. B; PT. C; PT. D; PT. E; DAN MASIH BANYA LAGI NAMA2 SHEET LAINNYA.
> Pertanyaannya adalah bagaimana agar saya dapat mencatat/merekap nama2 sheet tsb.? kalau nama2 sheet tsb masih sekitar 30 masih dapat saya ketik ulang nama2 sheet tsb dalam file sheet yang baru. rasanya tidak efisien dan kemungkinan ada nama2 sheet yang tertinggal.
>
> terima kasih.
>
Mon Jul 15, 2013 12:36 pm (PDT) . Posted by:
"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
Wa'alaikumussalam Wr. Wb.
hehehe...
awalnya tentang pendapat saya bahwa array formula termasuk salah satu
senjata andalan dalam Excel formula. Penggunaannya tentu pada saat-saat
genting saja. Bisa dikatakan cenderung aneh untuk menghitung total
penjualan sebuah produk dari sekian banyak produk yang terjual untuk lebih
memilih menggunakan array formula sum ketimbang menggunakan sumif ketika
fungsi sumif bisa digunakan untuk menghitungnya.
untuk hal ini, kami bedua sepakat bahwa memang sebaiknya menggunakan sumif
daripada array formula sum.
fakta yang tak bisa dibantah (setidaknya menurut kami bedua) :
pada programming, loop adalah sebuah fasilitas pokok yang memberi begitu
banyak pintu gerbang solusi dalam melakukan analisa terhadap banyak nilai.
perbedaan pendapat muncul ketika sudah menyangkut programming yang berbasis
object. pertanyaan awalnya begini :
bila sebuah object memiliki methods (suatu kemampuan melakukan sesuatu)
yang memungkinkan untuk tidak menggunakan fasilitas pokok bernama loop,
apakah akan cenderung membuat loop sendiri atau menggunakan methods yang
didalamnya sudah ada proses loop tersebut ?
contohnya waktu itu adalah tentang penggunaan sort.
Ketika bekerja terhadap suatu object bernama range yang memiliki methods
sort, apakah akan cenderung membuat loop tentang sort sendiri ataukah
menggunakan methods sort. Pada contoh ini, kami bedua sepakat untuk
menggunakan methods sort.
bila kasusnya tentang mencari daftar unique bagaimana ? (masih ingat UDF
LOUV buatan mbake ?)
its okay lah kalau digunakan sebagai sebuah formula. Bagaimana dengan
proses yang secara penuh akan bekerja dalam VBA. Apakah akan menggunakan
LOUV untuk membuat daftar unique lalu menuliskannya ke sheet hasil atau
cenderung menggunakan proses copy data yang harus unique lalu menggunakan
methods remove duplicate ? (ini yang ditanyakan mbake)
waktu itu saya memilih menggunakan pembuatan pivot table sebelum masuk
menggunakan VBA. wakakaka...
tapi karena dipaksa harus memilih dari pilihannya, saya pilih copy data
lalu menggunakan remove duplicate. Disini saya tambahkan keterangan bahwa
fitur advanced filter unique record adalah salah satu basis kerja fitur
remove duplicate yang dikembangkan dalam xl2007 ke atas. Jadi, jika belum
ada removeduplicate, manfaatkan advanced filter, sehingga prosesnya hanya
proses advanced filter copy to another location dengan status unique. Jadi
ndak perlu copas data dulu seperti dalam penggunaan remove duplicate.
sampai disini, antara proses loop dalam LOUV dengan methods yang dimiliki
range bisa digunakan secara umum apapun datanya.
yang berikutnya adalah tentang loop untuk analisa berdasar banyak kriteria.
kasus di topik ini memiliki karakteristik yang sama dengan obrolan waktu
itu pada sisi harus periksa baris data ini termasuk yang harus dipakai atau
tidak. kasus waktu itu pantas untuk di-sum nilainya atau tidak.
Jadi, kalau waktu itu, seperti halnya kasus sumif tadi tapi harus full
pakai vba (hehehe..., mbake memang sering memberi batasan seperti itu
supaya saya mau fokus ke vba saja. kalau ndak dibatasi demikian, saya gak
mau pakai vba selama bisa pakai formula.)
Untuk hal ini, proses analisa terhadap beberapa kriteria tadi bisa
memanfaatkan loop. Dan hal ini yang sering dilakukan mbake.. sila lihat
saja dari berbagai scriptnya. nah... saya milih pakai pivot table karena
targetnya ada proses sum. Kalo mbake tetap pakai loop. (jangan diuji speed
ya, karena loopnya bakal kalah cepat jauh dengan pivot table dan pengujian
itu yang melakukannya ya mbake sendiri, saya nderek saja dah xixixi maklum
anak baru waktu itu wakakaka)
Itu sebabnya pada kasusnya Pak Sony ini saya pakai advanced filter karena
ndak butuh sum.
Kira-kira benang merahnya begini :
1. kalau suka pakai loop, mantapkan dulu alur logika pada kasus yang
dihadapi sebelum menggunakan loop.
2. sebelum pakai loop, coba dipikirkan juga untuk menyusun proses loop yang
bisa digunakan untuk berbagai data kerja yang mirip, jadi bisa dibangun
prosedur yang tugasnya melakukan sesuatu yang ada loopnya, supaya ndak
capek bangun loop untuk setiap kasus yang mirip.
3. kalau mau pakai methods milik object yang digunakan, pahami
karakteristik si method supaya ndak salah duga dan malah menggerutu.
4. pakailah selalu yang Anda bisa pahami atau yang bisa Anda pelajari untuk
paham.
Hasil akhir debat, mbake tetap suka pakai loop, dan saya suka pakai
methodsnya object ketika bermain dengan object.
catatan :
loopnya VBA terhitung lebih lambat dibanding loopnya bahasa pemrograman
yang digunakan untuk membangun class milik Excel.
jadi, memakai methods nya object yang didalamnya ada loop seperti sort atau
advanced filter, adalah usaha untuk memanfaatkan loop dengan bahasa
pemrograman selain VBA. Yang membuat lama adalah proses dalam VBA untuk
mengakses methods sebuah object.
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Kid.
2013/7/15 Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com >
> **
>
>
> ���������� ���������� ���������� ����� �������������
>
> mr. Kid, kalo boleh tau.. soal perdebatan antara mbak Siti dengan mr Kid
> tentang loop
> bisa tolong dijelaskan kelebihan dan kekurangan loop menurut mr kid dan
> mbak siti?
> semoga bermanfaat untuk Jan dan member yang lain
>
> ���������� ���������� ���������� ����� �������������
>
> -Miss Jan Raisin-
>
>
> - Untuk kepentingan belajar bersama, pertanyaan harap ditujukan *hanya*ke
> belajar-excel@yahoogroups.com bukan dikirim japri ke email pribadi
> member milis;
> - Jika pertanyaan lama direspon, bersabarlah karena ALLAH beserta
> dengan orang-orang yang sabar QS 2:153;
> - Harap dipahami bersama bahwa solusi diberikan oleh Be-Exceller yang
> memiliki waktu untuk on line, mengetahui solusi atas pertanyaan yang
> ditanyakan, mau dan berani untuk membantu, tanpa mengharap imbalan dari
> Thread Starter (TS) atau Post Starter (PS), selain itu Be-Excelller juga
> memiliki kewajiban yang harus dipenuhi di dunia nyata sehingga tidak selalu
> bisa on line setiap saat;
> - Semoga semangat berbagi dan membantu semakin meningkat di kalangan
> Be-Exceller dan menjadi amalan yang baik untuk tabungan di akhirat nanti.
> ������ ��� ����� �������������
>
>
>
> Pada 14 Juli 2013 22.22, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com > menulis:
>
> **
>>
>>
>> hehehe...
>>
>> kalau seperti file terlampir bagaimana ?
>>
>> maaf ya kalau ndak sesuai harapan, soale saya masuk regunya yang rada
>> ogah pake loop kalau ndak terpaksa...
>>
>> hik..hik..hik... jadi ingat mbake,
>> pernah debat japri gara-gara loop...
>>
>> Wassalam,
>> Kid.
>>
>>
>>
>
hehehe...
awalnya tentang pendapat saya bahwa array formula termasuk salah satu
senjata andalan dalam Excel formula. Penggunaannya tentu pada saat-saat
genting saja. Bisa dikatakan cenderung aneh untuk menghitung total
penjualan sebuah produk dari sekian banyak produk yang terjual untuk lebih
memilih menggunakan array formula sum ketimbang menggunakan sumif ketika
fungsi sumif bisa digunakan untuk menghitungnya.
untuk hal ini, kami bedua sepakat bahwa memang sebaiknya menggunakan sumif
daripada array formula sum.
fakta yang tak bisa dibantah (setidaknya menurut kami bedua) :
pada programming, loop adalah sebuah fasilitas pokok yang memberi begitu
banyak pintu gerbang solusi dalam melakukan analisa terhadap banyak nilai.
perbedaan pendapat muncul ketika sudah menyangkut programming yang berbasis
object. pertanyaan awalnya begini :
bila sebuah object memiliki methods (suatu kemampuan melakukan sesuatu)
yang memungkinkan untuk tidak menggunakan fasilitas pokok bernama loop,
apakah akan cenderung membuat loop sendiri atau menggunakan methods yang
didalamnya sudah ada proses loop tersebut ?
contohnya waktu itu adalah tentang penggunaan sort.
Ketika bekerja terhadap suatu object bernama range yang memiliki methods
sort, apakah akan cenderung membuat loop tentang sort sendiri ataukah
menggunakan methods sort. Pada contoh ini, kami bedua sepakat untuk
menggunakan methods sort.
bila kasusnya tentang mencari daftar unique bagaimana ? (masih ingat UDF
LOUV buatan mbake ?)
its okay lah kalau digunakan sebagai sebuah formula. Bagaimana dengan
proses yang secara penuh akan bekerja dalam VBA. Apakah akan menggunakan
LOUV untuk membuat daftar unique lalu menuliskannya ke sheet hasil atau
cenderung menggunakan proses copy data yang harus unique lalu menggunakan
methods remove duplicate ? (ini yang ditanyakan mbake)
waktu itu saya memilih menggunakan pembuatan pivot table sebelum masuk
menggunakan VBA. wakakaka...
tapi karena dipaksa harus memilih dari pilihannya, saya pilih copy data
lalu menggunakan remove duplicate. Disini saya tambahkan keterangan bahwa
fitur advanced filter unique record adalah salah satu basis kerja fitur
remove duplicate yang dikembangkan dalam xl2007 ke atas. Jadi, jika belum
ada removeduplicate, manfaatkan advanced filter, sehingga prosesnya hanya
proses advanced filter copy to another location dengan status unique. Jadi
ndak perlu copas data dulu seperti dalam penggunaan remove duplicate.
sampai disini, antara proses loop dalam LOUV dengan methods yang dimiliki
range bisa digunakan secara umum apapun datanya.
yang berikutnya adalah tentang loop untuk analisa berdasar banyak kriteria.
kasus di topik ini memiliki karakteristik yang sama dengan obrolan waktu
itu pada sisi harus periksa baris data ini termasuk yang harus dipakai atau
tidak. kasus waktu itu pantas untuk di-sum nilainya atau tidak.
Jadi, kalau waktu itu, seperti halnya kasus sumif tadi tapi harus full
pakai vba (hehehe..., mbake memang sering memberi batasan seperti itu
supaya saya mau fokus ke vba saja. kalau ndak dibatasi demikian, saya gak
mau pakai vba selama bisa pakai formula.)
Untuk hal ini, proses analisa terhadap beberapa kriteria tadi bisa
memanfaatkan loop. Dan hal ini yang sering dilakukan mbake.. sila lihat
saja dari berbagai scriptnya. nah... saya milih pakai pivot table karena
targetnya ada proses sum. Kalo mbake tetap pakai loop. (jangan diuji speed
ya, karena loopnya bakal kalah cepat jauh dengan pivot table dan pengujian
itu yang melakukannya ya mbake sendiri, saya nderek saja dah xixixi maklum
anak baru waktu itu wakakaka)
Itu sebabnya pada kasusnya Pak Sony ini saya pakai advanced filter karena
ndak butuh sum.
Kira-kira benang merahnya begini :
1. kalau suka pakai loop, mantapkan dulu alur logika pada kasus yang
dihadapi sebelum menggunakan loop.
2. sebelum pakai loop, coba dipikirkan juga untuk menyusun proses loop yang
bisa digunakan untuk berbagai data kerja yang mirip, jadi bisa dibangun
prosedur yang tugasnya melakukan sesuatu yang ada loopnya, supaya ndak
capek bangun loop untuk setiap kasus yang mirip.
3. kalau mau pakai methods milik object yang digunakan, pahami
karakteristik si method supaya ndak salah duga dan malah menggerutu.
4. pakailah selalu yang Anda bisa pahami atau yang bisa Anda pelajari untuk
paham.
Hasil akhir debat, mbake tetap suka pakai loop, dan saya suka pakai
methodsnya object ketika bermain dengan object.
catatan :
loopnya VBA terhitung lebih lambat dibanding loopnya bahasa pemrograman
yang digunakan untuk membangun class milik Excel.
jadi, memakai methods nya object yang didalamnya ada loop seperti sort atau
advanced filter, adalah usaha untuk memanfaatkan loop dengan bahasa
pemrograman selain VBA. Yang membuat lama adalah proses dalam VBA untuk
mengakses methods sebuah object.
Wassalamu'
Kid.
2013/7/15 Jan Raisin <miss.jan.raisin@
> **
>
>
> ���������� ���������� ���������� ����� �������������
>
> mr. Kid, kalo boleh tau.. soal perdebatan antara mbak Siti dengan mr Kid
> tentang loop
> bisa tolong dijelaskan kelebihan dan kekurangan loop menurut mr kid dan
> mbak siti?
> semoga bermanfaat untuk Jan dan member yang lain
>
> ���������� ���������� ���������� ����� �������������
>
> -Miss Jan Raisin-
>
>
> - Untuk kepentingan belajar bersama, pertanyaan harap ditujukan *hanya*ke
> belajar-excel@
> member milis;
> - Jika pertanyaan lama direspon, bersabarlah karena ALLAH beserta
> dengan orang-orang yang sabar QS 2:153;
> - Harap dipahami bersama bahwa solusi diberikan oleh Be-Exceller yang
> memiliki waktu untuk on line, mengetahui solusi atas pertanyaan yang
> ditanyakan, mau dan berani untuk membantu, tanpa mengharap imbalan dari
> Thread Starter (TS) atau Post Starter (PS), selain itu Be-Excelller juga
> memiliki kewajiban yang harus dipenuhi di dunia nyata sehingga tidak selalu
> bisa on line setiap saat;
> - Semoga semangat berbagi dan membantu semakin meningkat di kalangan
> Be-Exceller dan menjadi amalan yang baik untuk tabungan di akhirat nanti.
> ������ ��� ����� �������������
>
>
>
> Pada 14 Juli 2013 22.22, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.
>
> **
>>
>>
>> hehehe...
>>
>> kalau seperti file terlampir bagaimana ?
>>
>> maaf ya kalau ndak sesuai harapan, soale saya masuk regunya yang rada
>> ogah pake loop kalau ndak terpaksa...
>>
>> hik..hik..hik.
>> pernah debat japri gara-gara loop...
>>
>> Wassalam,
>> Kid.
>>
>>
>>
>
Mon Jul 15, 2013 12:44 pm (PDT) . Posted by:
"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
1. Object Sheet1 itu yg mana ya ? kok bisa ada kriteria nya yg di K2 & L2 ?
>> Coba ke VBE -> project explorer -> cari sheet1 (blablabla) -> klik dia
-> lihat properties window (tekan F4 kalau ndak tampak) -> cari property
Visible -> ganti nilai property dengan xlSheetVisible (pilih) -> kembali ke
workbook dan lihat sheet yang dimaksud.
2. Apa beda fungsi Format$ dengan Format yg biasa itu ?
>> keduanya sama kecuali datatype yang dihasilkan.
>> Format$ adalah fungsi format nilai data yang menghasilkan nilai
berdatatype string
>> Format adalah fungsi format nilai data yang menghasilkan nilai
berdatatype Variant
>> cara cek :
1. tulis disebuah code window
Format(
2. lihat tooltip info (aktifkan options auto quick info milik VBE
jika tidak muncul tooltip info-nya)
3. perhatikan dipaling kanan tidak ada kata As String
4. coba karakter ( diganti dengan $( agar menjadi
Format$(
3. lihat lagi tooltip info dipaling kanan ada As String
>> Type data string akan lebih cepat diproses daripada typedata variant.
3. dan ada fungsi refresh Pivot Table di event Form Initialize, sheet nya
yg mana ?
>> tugasnya merefresh pivot table yang menjadi sumber daftar isian combobox
dalam userform pada saat tepat sesaat sebelum userform akan siap digunakan
oleh user
>> lokasinya di object sheet1 (lihat nomor 1)
Wassalam,
Kid.
2013/7/15 Sony Ario <sony.ario1@gmail.com >
> **
>
>
> Mr Kid, terima kasih respond nya.
>
> Kelihatan nya di macro menggunakan Advance Filter yah ?
>
> pertanyaan saya :
>
>
> 1. Object Sheet1 itu yg mana ya ? kok bisa ada kriteria nya yg di K2 &
> L2 ?
> 2. Apa beda fungsi Format$ dengan Format yg biasa itu ?
> 3. dan ada fungsi refresh Pivot Table di event Form Initialize, sheet
> nya yg mana ?
>
>
> Hehehe... saya khawatir ilmu saya belum cukup nih untuk menerima
> penjelasan Mr. Kid :D
>
>
> 2013/7/14 Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com >
>
> **
>>
>>
>> hehehe...
>>
>> kalau seperti file terlampir bagaimana ?
>>
>> maaf ya kalau ndak sesuai harapan, soale saya masuk regunya yang rada
>> ogah pake loop kalau ndak terpaksa...
>>
>> hik..hik..hik... jadi ingat mbake,
>> pernah debat japri gara-gara loop...
>>
>> Wassalam,
>> Kid.
>>
>>
>>
>> 2013/7/14 Sony Ario <sony.ario1@gmail.com >
>>
>>> **
>>>
>>>
>>> Yth. Teman2 Be Excel,
>>>
>>> Saat ini saya sedang ada masalah dengan permintaan atas format report
>>> terlampir. Report ini adalah report yang sehari2 saya gunakan untuk membuat
>>> sebuah laporan nanti nya.
>>>
>>> Masalah yang saya hadapi adalah :
>>>
>>> 1. Bagaimana macro nya untuk mengambil data dengan multi kriteria -
>>> bukan macro advance filter karena saya hanya butuh beberapa field saja.
>>>
>>> 2. Range data periode yang akan saya ambil, parameter nya berasal dari
>>> sebuah combo box di userform, dengan memasukan bulan ,tahun (dengan
>>> menggunakan karakter wildcard) dan subledger
>>>
>>> 3. Kolom Kriteria yg ingin saya ambil adalah :
>>> a. Periode
>>> b. Akun
>>> c. Subledger
>>>
>>> Contoh Output yang saya harapkan adalah : saya bisa tau berapa total
>>> untuk subledger tertentu dalam rentan periode tertentu.
>>>
>>> Berikut adalah potongan macro yang sudah saya coba. Tapi setelah di run,
>>> seperti nya loop nya berjalan terus.
>>>
>>> Mohon bantuan yah teman2... terima kasih sebelumnya.
>>>
>>> Salam
>>>
>>> Private Sub cmdCetakLaporan_Click()
>>> Application.ScreenUpdating = False
>>>
>>> Dim KodeLap, Subledger, PeriodeAwal, PeriodeAkhir As String
>>> Dim Tanggal, NoJnl, Periode, Keterangan, Akun As String
>>> Dim Umur, Total, Jumlah, i, n, r As Long
>>>
>>> KodeLap = Me.cboKodeLap.Value
>>> Subledger = Me.cboSubledger.Value
>>> PeriodeAwal = (cboBulanAwal.ListIndex + 1) & "/1/" &
>>> txtTahunAwal.Value
>>> PeriodeAkhir = (cboBulanAkhir.ListIndex + 1) & "/1/" &
>>> txtTahunAkhir.Value
>>>
>>> Select Case KodeLap
>>> Case "Piutang Usaha"
>>> Akun = "1.1.4"
>>>
>>> Case "Piutang Pinjaman Anggota"
>>> Akun = "1.1.5"
>>>
>>> Case "Piutang Pinjaman non Anggota"
>>> Akun = "1.1.6"
>>>
>>> Case "Hutang Usaha"
>>> Akun = "2.1.3"
>>>
>>> Case "Simpanan Anggota"
>>> Akun = "2.1.1"
>>>
>>> Case "SHU Bagian Anggota"
>>> Akun = "2.1.2"
>>>
>>> Case "Hutang Bank dan Lain-Lain"
>>> Akun = "2.1.4"
>>> End Select
>>>
>>> Sheets("tblGL").Activate
>>> Range("C2").Select
>>>
>>> Do Until ActiveCell.Value >= PeriodeAwal And ActiveCell.Value <=
>>> PeriodeAkhir And ActiveCell.Offset(0, 3).Value <> Akun
>>> ActiveCell.Offset(1, 0).Select
>>> Loop
>>>
>>> End Sub
>>>
>>>
>>
>
>
>> Coba ke VBE -> project explorer -> cari sheet1 (blablabla) -> klik dia
-> lihat properties window (tekan F4 kalau ndak tampak) -> cari property
Visible -> ganti nilai property dengan xlSheetVisible (pilih) -> kembali ke
workbook dan lihat sheet yang dimaksud.
2. Apa beda fungsi Format$ dengan Format yg biasa itu ?
>> keduanya sama kecuali datatype yang dihasilkan.
>> Format$ adalah fungsi format nilai data yang menghasilkan nilai
berdatatype string
>> Format adalah fungsi format nilai data yang menghasilkan nilai
berdatatype Variant
>> cara cek :
1. tulis disebuah code window
Format(
2. lihat tooltip info (aktifkan options auto quick info milik VBE
jika tidak muncul tooltip info-nya)
3. perhatikan dipaling kanan tidak ada kata As String
4. coba karakter ( diganti dengan $( agar menjadi
Format$(
3. lihat lagi tooltip info dipaling kanan ada As String
>> Type data string akan lebih cepat diproses daripada typedata variant.
3. dan ada fungsi refresh Pivot Table di event Form Initialize, sheet nya
yg mana ?
>> tugasnya merefresh pivot table yang menjadi sumber daftar isian combobox
dalam userform pada saat tepat sesaat sebelum userform akan siap digunakan
oleh user
>> lokasinya di object sheet1 (lihat nomor 1)
Wassalam,
Kid.
2013/7/15 Sony Ario <sony.ario1@gmail.
> **
>
>
> Mr Kid, terima kasih respond nya.
>
> Kelihatan nya di macro menggunakan Advance Filter yah ?
>
> pertanyaan saya :
>
>
> 1. Object Sheet1 itu yg mana ya ? kok bisa ada kriteria nya yg di K2 &
> L2 ?
> 2. Apa beda fungsi Format$ dengan Format yg biasa itu ?
> 3. dan ada fungsi refresh Pivot Table di event Form Initialize, sheet
> nya yg mana ?
>
>
> Hehehe... saya khawatir ilmu saya belum cukup nih untuk menerima
> penjelasan Mr. Kid :D
>
>
> 2013/7/14 Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.
>
> **
>>
>>
>> hehehe...
>>
>> kalau seperti file terlampir bagaimana ?
>>
>> maaf ya kalau ndak sesuai harapan, soale saya masuk regunya yang rada
>> ogah pake loop kalau ndak terpaksa...
>>
>> hik..hik..hik.
>> pernah debat japri gara-gara loop...
>>
>> Wassalam,
>> Kid.
>>
>>
>>
>> 2013/7/14 Sony Ario <sony.ario1@gmail.
>>
>>> **
>>>
>>>
>>> Yth. Teman2 Be Excel,
>>>
>>> Saat ini saya sedang ada masalah dengan permintaan atas format report
>>> terlampir. Report ini adalah report yang sehari2 saya gunakan untuk membuat
>>> sebuah laporan nanti nya.
>>>
>>> Masalah yang saya hadapi adalah :
>>>
>>> 1. Bagaimana macro nya untuk mengambil data dengan multi kriteria -
>>> bukan macro advance filter karena saya hanya butuh beberapa field saja.
>>>
>>> 2. Range data periode yang akan saya ambil, parameter nya berasal dari
>>> sebuah combo box di userform, dengan memasukan bulan ,tahun (dengan
>>> menggunakan karakter wildcard) dan subledger
>>>
>>> 3. Kolom Kriteria yg ingin saya ambil adalah :
>>> a. Periode
>>> b. Akun
>>> c. Subledger
>>>
>>> Contoh Output yang saya harapkan adalah : saya bisa tau berapa total
>>> untuk subledger tertentu dalam rentan periode tertentu.
>>>
>>> Berikut adalah potongan macro yang sudah saya coba. Tapi setelah di run,
>>> seperti nya loop nya berjalan terus.
>>>
>>> Mohon bantuan yah teman2... terima kasih sebelumnya.
>>>
>>> Salam
>>>
>>> Private Sub cmdCetakLaporan_
>>> Application.
>>>
>>> Dim KodeLap, Subledger, PeriodeAwal, PeriodeAkhir As String
>>> Dim Tanggal, NoJnl, Periode, Keterangan, Akun As String
>>> Dim Umur, Total, Jumlah, i, n, r As Long
>>>
>>> KodeLap = Me.cboKodeLap.
>>> Subledger = Me.cboSubledger.
>>> PeriodeAwal = (cboBulanAwal.
>>> txtTahunAwal.
>>> PeriodeAkhir = (cboBulanAkhir.
>>> txtTahunAkhir.
>>>
>>> Select Case KodeLap
>>> Case "Piutang Usaha"
>>> Akun = "1.1.4"
>>>
>>> Case "Piutang Pinjaman Anggota"
>>> Akun = "1.1.5"
>>>
>>> Case "Piutang Pinjaman non Anggota"
>>> Akun = "1.1.6"
>>>
>>> Case "Hutang Usaha"
>>> Akun = "2.1.3"
>>>
>>> Case "Simpanan Anggota"
>>> Akun = "2.1.1"
>>>
>>> Case "SHU Bagian Anggota"
>>> Akun = "2.1.2"
>>>
>>> Case "Hutang Bank dan Lain-Lain"
>>> Akun = "2.1.4"
>>> End Select
>>>
>>> Sheets("
>>> Range("
>>>
>>> Do Until ActiveCell.Value >= PeriodeAwal And ActiveCell.Value <=
>>> PeriodeAkhir And ActiveCell.Offset(
>>> ActiveCell.Offset(
>>> Loop
>>>
>>> End Sub
>>>
>>>
>>
>
>
Mon Jul 15, 2013 6:32 pm (PDT) . Posted by:
"Jan Raisin"
������������ ��������� ���������� ����� �������������
Mantap sekali penjelasan mr. Kid.
membuka wawasan Jan sebagai pemula di bidang ini.. selama ini lebih suka
menggunakan looping, tapi insya Allah ke depannya akan coba cari solusi
lain menggunakan metode milik objek
semoga ilmunya semakin menjadi berkah.
������ ��� ����� �������������
���������� ���������� ���������� ����� �������������
-Miss Jan Raisin-
- Untuk kepentingan belajar bersama, pertanyaan harap ditujukan *hanya*ke
belajar-excel@
member milis;
- Jika pertanyaan lama direspon, bersabarlah karena ALLAH beserta dengan
orang-orang yang sabar QS 2:153;
- Harap dipahami bersama bahwa solusi diberikan oleh Be-Exceller yang
memiliki waktu untuk on line, mengetahui solusi atas pertanyaan yang
ditanyakan, mau dan berani untuk membantu, tanpa mengharap imbalan dari
Thread Starter (TS) atau Post Starter (PS), selain itu Be-Excelller juga
memiliki kewajiban yang harus dipenuhi di dunia nyata sehingga tidak selalu
bisa on line setiap saat;
- Semoga semangat berbagi dan membantu semakin meningkat di kalangan
Be-Exceller dan menjadi amalan yang baik untuk tabungan di akhirat nanti.
������ ��� ����� �������������
Pada 16 Juli 2013 02.36, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.
> **
>
>
> Wa'alaikumussal
>
> hehehe...
> awalnya tentang pendapat saya bahwa array formula termasuk salah satu
> senjata andalan dalam Excel formula. Penggunaannya tentu pada saat-saat
> genting saja. Bisa dikatakan cenderung aneh untuk menghitung total
> penjualan sebuah produk dari sekian banyak produk yang terjual untuk lebih
> memilih menggunakan array formula sum ketimbang menggunakan sumif ketika
> fungsi sumif bisa digunakan untuk menghitungnya.
> untuk hal ini, kami bedua sepakat bahwa memang sebaiknya menggunakan sumif
> daripada array formula sum.
>
> fakta yang tak bisa dibantah (setidaknya menurut kami bedua) :
> pada programming, loop adalah sebuah fasilitas pokok yang memberi begitu
> banyak pintu gerbang solusi dalam melakukan analisa terhadap banyak nilai.
>
> perbedaan pendapat muncul ketika sudah menyangkut programming yang
> berbasis object. pertanyaan awalnya begini :
> bila sebuah object memiliki methods (suatu kemampuan melakukan sesuatu)
> yang memungkinkan untuk tidak menggunakan fasilitas pokok bernama loop,
> apakah akan cenderung membuat loop sendiri atau menggunakan methods yang
> didalamnya sudah ada proses loop tersebut ?
>
> contohnya waktu itu adalah tentang penggunaan sort.
> Ketika bekerja terhadap suatu object bernama range yang memiliki methods
> sort, apakah akan cenderung membuat loop tentang sort sendiri ataukah
> menggunakan methods sort. Pada contoh ini, kami bedua sepakat untuk
> menggunakan methods sort.
>
> bila kasusnya tentang mencari daftar unique bagaimana ? (masih ingat UDF
> LOUV buatan mbake ?)
> its okay lah kalau digunakan sebagai sebuah formula. Bagaimana dengan
> proses yang secara penuh akan bekerja dalam VBA. Apakah akan menggunakan
> LOUV untuk membuat daftar unique lalu menuliskannya ke sheet hasil atau
> cenderung menggunakan proses copy data yang harus unique lalu menggunakan
> methods remove duplicate ? (ini yang ditanyakan mbake)
> waktu itu saya memilih menggunakan pembuatan pivot table sebelum masuk
> menggunakan VBA. wakakaka...
> tapi karena dipaksa harus memilih dari pilihannya, saya pilih copy data
> lalu menggunakan remove duplicate. Disini saya tambahkan keterangan bahwa
> fitur advanced filter unique record adalah salah satu basis kerja fitur
> remove duplicate yang dikembangkan dalam xl2007 ke atas. Jadi, jika belum
> ada removeduplicate, manfaatkan advanced filter, sehingga prosesnya hanya
> proses advanced filter copy to another location dengan status unique. Jadi
> ndak perlu copas data dulu seperti dalam penggunaan remove duplicate.
>
> sampai disini, antara proses loop dalam LOUV dengan methods yang dimiliki
> range bisa digunakan secara umum apapun datanya.
>
> yang berikutnya adalah tentang loop untuk analisa berdasar banyak
> kriteria. kasus di topik ini memiliki karakteristik yang sama dengan
> obrolan waktu itu pada sisi harus periksa baris data ini termasuk yang
> harus dipakai atau tidak. kasus waktu itu pantas untuk di-sum nilainya atau
> tidak.
> Jadi, kalau waktu itu, seperti halnya kasus sumif tadi tapi harus full
> pakai vba (hehehe..., mbake memang sering memberi batasan seperti itu
> supaya saya mau fokus ke vba saja. kalau ndak dibatasi demikian, saya gak
> mau pakai vba selama bisa pakai formula.)
> Untuk hal ini, proses analisa terhadap beberapa kriteria tadi bisa
> memanfaatkan loop. Dan hal ini yang sering dilakukan mbake.. sila lihat
> saja dari berbagai scriptnya. nah... saya milih pakai pivot table karena
> targetnya ada proses sum. Kalo mbake tetap pakai loop. (jangan diuji speed
> ya, karena loopnya bakal kalah cepat jauh dengan pivot table dan pengujian
> itu yang melakukannya ya mbake sendiri, saya nderek saja dah xixixi maklum
> anak baru waktu itu wakakaka)
>
> Itu sebabnya pada kasusnya Pak Sony ini saya pakai advanced filter karena
> ndak butuh sum.
>
> Kira-kira benang merahnya begini :
> 1. kalau suka pakai loop, mantapkan dulu alur logika pada kasus yang
> dihadapi sebelum menggunakan loop.
> 2. sebelum pakai loop, coba dipikirkan juga untuk menyusun proses loop
> yang bisa digunakan untuk berbagai data kerja yang mirip, jadi bisa
> dibangun prosedur yang tugasnya melakukan sesuatu yang ada loopnya, supaya
> ndak capek bangun loop untuk setiap kasus yang mirip.
> 3. kalau mau pakai methods milik object yang digunakan, pahami
> karakteristik si method supaya ndak salah duga dan malah menggerutu.
> 4. pakailah selalu yang Anda bisa pahami atau yang bisa Anda pelajari
> untuk paham.
>
> Hasil akhir debat, mbake tetap suka pakai loop, dan saya suka pakai
> methodsnya object ketika bermain dengan object.
>
> catatan :
> loopnya VBA terhitung lebih lambat dibanding loopnya bahasa pemrograman
> yang digunakan untuk membangun class milik Excel.
> jadi, memakai methods nya object yang didalamnya ada loop seperti sort
> atau advanced filter, adalah usaha untuk memanfaatkan loop dengan bahasa
> pemrograman selain VBA. Yang membuat lama adalah proses dalam VBA untuk
> mengakses methods sebuah object.
>
> Wassalamu'
> Kid.
>
>
Mon Jul 15, 2013 10:19 pm (PDT) . Posted by:
"Sony Ario"
Mr Kid & Mbak Jan,
Terima kasih respond nya. Kemarin sampai tadi pagi habis sahur, saya coba2
ternyata bisa juga dengan kriteria periode awal dan periode akhir plus
tambah 1 kriteria lagi dari sebuah textbox. Walaupun dengan logika yg
menurut saya gak canggih blas, Alhamdulillah sudah terjawab permasalahan
saya sebagian. Walaupun hasil nya masih ngaco.. hehe.. :D
Sekilas cara saya : saya hitung jumlah data yg ada dengan fungsi counta.
Kemudian mulai saya looping satu2 data nya sebanyak fungsi counta tadi,
untuk mencocok kan dengan kondisi yang saya butuhkan.
Sekedar info saja, terlampir adalah update terakhir dari file kasus saya.
Silahkan.. mungkin kalau masih ada yg bisa diperbaiki.
Sekali lagi terima kasih.
Wassalam
Sony
2013/7/16 Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com >
> **
>
>
> ������������ ��������� ���������� ����� �������������
> Mantap sekali penjelasan mr. Kid.
>
> membuka wawasan Jan sebagai pemula di bidang ini.. selama ini lebih suka
> menggunakan looping, tapi insya Allah ke depannya akan coba cari solusi
> lain menggunakan metode milik objek
> semoga ilmunya semakin menjadi berkah.
> ������ ��� ����� �������������
>
> ���������� ���������� ���������� ����� �������������
>
> -Miss Jan Raisin-
>
>
> - Untuk kepentingan belajar bersama, pertanyaan harap ditujukan *hanya*ke
> belajar-excel@yahoogroups.com bukan dikirim japri ke email pribadi
> member milis;
> - Jika pertanyaan lama direspon, bersabarlah karena ALLAH beserta
> dengan orang-orang yang sabar QS 2:153;
> - Harap dipahami bersama bahwa solusi diberikan oleh Be-Exceller yang
> memiliki waktu untuk on line, mengetahui solusi atas pertanyaan yang
> ditanyakan, mau dan berani untuk membantu, tanpa mengharap imbalan dari
> Thread Starter (TS) atau Post Starter (PS), selain itu Be-Excelller juga
> memiliki kewajiban yang harus dipenuhi di dunia nyata sehingga tidak selalu
> bisa on line setiap saat;
> - Semoga semangat berbagi dan membantu semakin meningkat di kalangan
> Be-Exceller dan menjadi amalan yang baik untuk tabungan di akhirat nanti.
>
> ������ ��� ����� �������������
>
>
>
> Pada 16 Juli 2013 02.36, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com > menulis:
>
> **
>>
>>
>> Wa'alaikumussalam Wr. Wb.
>>
>> hehehe...
>> awalnya tentang pendapat saya bahwa array formula termasuk salah satu
>> senjata andalan dalam Excel formula. Penggunaannya tentu pada saat-saat
>> genting saja. Bisa dikatakan cenderung aneh untuk menghitung total
>> penjualan sebuah produk dari sekian banyak produk yang terjual untuk lebih
>> memilih menggunakan array formula sum ketimbang menggunakan sumif ketika
>> fungsi sumif bisa digunakan untuk menghitungnya.
>> untuk hal ini, kami bedua sepakat bahwa memang sebaiknya menggunakan
>> sumif daripada array formula sum.
>>
>> fakta yang tak bisa dibantah (setidaknya menurut kami bedua) :
>> pada programming, loop adalah sebuah fasilitas pokok yang memberi begitu
>> banyak pintu gerbang solusi dalam melakukan analisa terhadap banyak nilai.
>>
>> perbedaan pendapat muncul ketika sudah menyangkut programming yang
>> berbasis object. pertanyaan awalnya begini :
>> bila sebuah object memiliki methods (suatu kemampuan melakukan sesuatu)
>> yang memungkinkan untuk tidak menggunakan fasilitas pokok bernama loop,
>> apakah akan cenderung membuat loop sendiri atau menggunakan methods yang
>> didalamnya sudah ada proses loop tersebut ?
>>
>> contohnya waktu itu adalah tentang penggunaan sort.
>> Ketika bekerja terhadap suatu object bernama range yang memiliki methods
>> sort, apakah akan cenderung membuat loop tentang sort sendiri ataukah
>> menggunakan methods sort. Pada contoh ini, kami bedua sepakat untuk
>> menggunakan methods sort.
>>
>> bila kasusnya tentang mencari daftar unique bagaimana ? (masih ingat UDF
>> LOUV buatan mbake ?)
>> its okay lah kalau digunakan sebagai sebuah formula. Bagaimana dengan
>> proses yang secara penuh akan bekerja dalam VBA. Apakah akan menggunakan
>> LOUV untuk membuat daftar unique lalu menuliskannya ke sheet hasil atau
>> cenderung menggunakan proses copy data yang harus unique lalu menggunakan
>> methods remove duplicate ? (ini yang ditanyakan mbake)
>> waktu itu saya memilih menggunakan pembuatan pivot table sebelum masuk
>> menggunakan VBA. wakakaka...
>> tapi karena dipaksa harus memilih dari pilihannya, saya pilih copy data
>> lalu menggunakan remove duplicate. Disini saya tambahkan keterangan bahwa
>> fitur advanced filter unique record adalah salah satu basis kerja fitur
>> remove duplicate yang dikembangkan dalam xl2007 ke atas. Jadi, jika belum
>> ada removeduplicate, manfaatkan advanced filter, sehingga prosesnya hanya
>> proses advanced filter copy to another location dengan status unique. Jadi
>> ndak perlu copas data dulu seperti dalam penggunaan remove duplicate.
>>
>> sampai disini, antara proses loop dalam LOUV dengan methods yang dimiliki
>> range bisa digunakan secara umum apapun datanya.
>>
>> yang berikutnya adalah tentang loop untuk analisa berdasar banyak
>> kriteria. kasus di topik ini memiliki karakteristik yang sama dengan
>> obrolan waktu itu pada sisi harus periksa baris data ini termasuk yang
>> harus dipakai atau tidak. kasus waktu itu pantas untuk di-sum nilainya atau
>> tidak.
>> Jadi, kalau waktu itu, seperti halnya kasus sumif tadi tapi harus full
>> pakai vba (hehehe..., mbake memang sering memberi batasan seperti itu
>> supaya saya mau fokus ke vba saja. kalau ndak dibatasi demikian, saya gak
>> mau pakai vba selama bisa pakai formula.)
>> Untuk hal ini, proses analisa terhadap beberapa kriteria tadi bisa
>> memanfaatkan loop. Dan hal ini yang sering dilakukan mbake.. sila lihat
>> saja dari berbagai scriptnya. nah... saya milih pakai pivot table karena
>> targetnya ada proses sum. Kalo mbake tetap pakai loop. (jangan diuji speed
>> ya, karena loopnya bakal kalah cepat jauh dengan pivot table dan pengujian
>> itu yang melakukannya ya mbake sendiri, saya nderek saja dah xixixi maklum
>> anak baru waktu itu wakakaka)
>>
>> Itu sebabnya pada kasusnya Pak Sony ini saya pakai advanced filter karena
>> ndak butuh sum.
>>
>> Kira-kira benang merahnya begini :
>> 1. kalau suka pakai loop, mantapkan dulu alur logika pada kasus yang
>> dihadapi sebelum menggunakan loop.
>> 2. sebelum pakai loop, coba dipikirkan juga untuk menyusun proses loop
>> yang bisa digunakan untuk berbagai data kerja yang mirip, jadi bisa
>> dibangun prosedur yang tugasnya melakukan sesuatu yang ada loopnya, supaya
>> ndak capek bangun loop untuk setiap kasus yang mirip.
>> 3. kalau mau pakai methods milik object yang digunakan, pahami
>> karakteristik si method supaya ndak salah duga dan malah menggerutu.
>> 4. pakailah selalu yang Anda bisa pahami atau yang bisa Anda pelajari
>> untuk paham.
>>
>> Hasil akhir debat, mbake tetap suka pakai loop, dan saya suka pakai
>> methodsnya object ketika bermain dengan object.
>>
>> catatan :
>> loopnya VBA terhitung lebih lambat dibanding loopnya bahasa pemrograman
>> yang digunakan untuk membangun class milik Excel.
>> jadi, memakai methods nya object yang didalamnya ada loop seperti sort
>> atau advanced filter, adalah usaha untuk memanfaatkan loop dengan bahasa
>> pemrograman selain VBA. Yang membuat lama adalah proses dalam VBA untuk
>> mengakses methods sebuah object.
>>
>> Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
>> Kid.
>>
>>
>
Terima kasih respond nya. Kemarin sampai tadi pagi habis sahur, saya coba2
ternyata bisa juga dengan kriteria periode awal dan periode akhir plus
tambah 1 kriteria lagi dari sebuah textbox. Walaupun dengan logika yg
menurut saya gak canggih blas, Alhamdulillah sudah terjawab permasalahan
saya sebagian. Walaupun hasil nya masih ngaco.. hehe.. :D
Sekilas cara saya : saya hitung jumlah data yg ada dengan fungsi counta.
Kemudian mulai saya looping satu2 data nya sebanyak fungsi counta tadi,
untuk mencocok kan dengan kondisi yang saya butuhkan.
Sekedar info saja, terlampir adalah update terakhir dari file kasus saya.
Silahkan.. mungkin kalau masih ada yg bisa diperbaiki.
Sekali lagi terima kasih.
Wassalam
Sony
2013/7/16 Jan Raisin <miss.jan.raisin@
> **
>
>
> ������������ ��������� ���������� ����� �������������
> Mantap sekali penjelasan mr. Kid.
>
> membuka wawasan Jan sebagai pemula di bidang ini.. selama ini lebih suka
> menggunakan looping, tapi insya Allah ke depannya akan coba cari solusi
> lain menggunakan metode milik objek
> semoga ilmunya semakin menjadi berkah.
> ������ ��� ����� �������������
>
> ���������� ���������� ���������� ����� �������������
>
> -Miss Jan Raisin-
>
>
> - Untuk kepentingan belajar bersama, pertanyaan harap ditujukan *hanya*ke
> belajar-excel@
> member milis;
> - Jika pertanyaan lama direspon, bersabarlah karena ALLAH beserta
> dengan orang-orang yang sabar QS 2:153;
> - Harap dipahami bersama bahwa solusi diberikan oleh Be-Exceller yang
> memiliki waktu untuk on line, mengetahui solusi atas pertanyaan yang
> ditanyakan, mau dan berani untuk membantu, tanpa mengharap imbalan dari
> Thread Starter (TS) atau Post Starter (PS), selain itu Be-Excelller juga
> memiliki kewajiban yang harus dipenuhi di dunia nyata sehingga tidak selalu
> bisa on line setiap saat;
> - Semoga semangat berbagi dan membantu semakin meningkat di kalangan
> Be-Exceller dan menjadi amalan yang baik untuk tabungan di akhirat nanti.
>
> ������ ��� ����� �������������
>
>
>
> Pada 16 Juli 2013 02.36, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.
>
> **
>>
>>
>> Wa'alaikumussal
>>
>> hehehe...
>> awalnya tentang pendapat saya bahwa array formula termasuk salah satu
>> senjata andalan dalam Excel formula. Penggunaannya tentu pada saat-saat
>> genting saja. Bisa dikatakan cenderung aneh untuk menghitung total
>> penjualan sebuah produk dari sekian banyak produk yang terjual untuk lebih
>> memilih menggunakan array formula sum ketimbang menggunakan sumif ketika
>> fungsi sumif bisa digunakan untuk menghitungnya.
>> untuk hal ini, kami bedua sepakat bahwa memang sebaiknya menggunakan
>> sumif daripada array formula sum.
>>
>> fakta yang tak bisa dibantah (setidaknya menurut kami bedua) :
>> pada programming, loop adalah sebuah fasilitas pokok yang memberi begitu
>> banyak pintu gerbang solusi dalam melakukan analisa terhadap banyak nilai.
>>
>> perbedaan pendapat muncul ketika sudah menyangkut programming yang
>> berbasis object. pertanyaan awalnya begini :
>> bila sebuah object memiliki methods (suatu kemampuan melakukan sesuatu)
>> yang memungkinkan untuk tidak menggunakan fasilitas pokok bernama loop,
>> apakah akan cenderung membuat loop sendiri atau menggunakan methods yang
>> didalamnya sudah ada proses loop tersebut ?
>>
>> contohnya waktu itu adalah tentang penggunaan sort.
>> Ketika bekerja terhadap suatu object bernama range yang memiliki methods
>> sort, apakah akan cenderung membuat loop tentang sort sendiri ataukah
>> menggunakan methods sort. Pada contoh ini, kami bedua sepakat untuk
>> menggunakan methods sort.
>>
>> bila kasusnya tentang mencari daftar unique bagaimana ? (masih ingat UDF
>> LOUV buatan mbake ?)
>> its okay lah kalau digunakan sebagai sebuah formula. Bagaimana dengan
>> proses yang secara penuh akan bekerja dalam VBA. Apakah akan menggunakan
>> LOUV untuk membuat daftar unique lalu menuliskannya ke sheet hasil atau
>> cenderung menggunakan proses copy data yang harus unique lalu menggunakan
>> methods remove duplicate ? (ini yang ditanyakan mbake)
>> waktu itu saya memilih menggunakan pembuatan pivot table sebelum masuk
>> menggunakan VBA. wakakaka...
>> tapi karena dipaksa harus memilih dari pilihannya, saya pilih copy data
>> lalu menggunakan remove duplicate. Disini saya tambahkan keterangan bahwa
>> fitur advanced filter unique record adalah salah satu basis kerja fitur
>> remove duplicate yang dikembangkan dalam xl2007 ke atas. Jadi, jika belum
>> ada removeduplicate, manfaatkan advanced filter, sehingga prosesnya hanya
>> proses advanced filter copy to another location dengan status unique. Jadi
>> ndak perlu copas data dulu seperti dalam penggunaan remove duplicate.
>>
>> sampai disini, antara proses loop dalam LOUV dengan methods yang dimiliki
>> range bisa digunakan secara umum apapun datanya.
>>
>> yang berikutnya adalah tentang loop untuk analisa berdasar banyak
>> kriteria. kasus di topik ini memiliki karakteristik yang sama dengan
>> obrolan waktu itu pada sisi harus periksa baris data ini termasuk yang
>> harus dipakai atau tidak. kasus waktu itu pantas untuk di-sum nilainya atau
>> tidak.
>> Jadi, kalau waktu itu, seperti halnya kasus sumif tadi tapi harus full
>> pakai vba (hehehe..., mbake memang sering memberi batasan seperti itu
>> supaya saya mau fokus ke vba saja. kalau ndak dibatasi demikian, saya gak
>> mau pakai vba selama bisa pakai formula.)
>> Untuk hal ini, proses analisa terhadap beberapa kriteria tadi bisa
>> memanfaatkan loop. Dan hal ini yang sering dilakukan mbake.. sila lihat
>> saja dari berbagai scriptnya. nah... saya milih pakai pivot table karena
>> targetnya ada proses sum. Kalo mbake tetap pakai loop. (jangan diuji speed
>> ya, karena loopnya bakal kalah cepat jauh dengan pivot table dan pengujian
>> itu yang melakukannya ya mbake sendiri, saya nderek saja dah xixixi maklum
>> anak baru waktu itu wakakaka)
>>
>> Itu sebabnya pada kasusnya Pak Sony ini saya pakai advanced filter karena
>> ndak butuh sum.
>>
>> Kira-kira benang merahnya begini :
>> 1. kalau suka pakai loop, mantapkan dulu alur logika pada kasus yang
>> dihadapi sebelum menggunakan loop.
>> 2. sebelum pakai loop, coba dipikirkan juga untuk menyusun proses loop
>> yang bisa digunakan untuk berbagai data kerja yang mirip, jadi bisa
>> dibangun prosedur yang tugasnya melakukan sesuatu yang ada loopnya, supaya
>> ndak capek bangun loop untuk setiap kasus yang mirip.
>> 3. kalau mau pakai methods milik object yang digunakan, pahami
>> karakteristik si method supaya ndak salah duga dan malah menggerutu.
>> 4. pakailah selalu yang Anda bisa pahami atau yang bisa Anda pelajari
>> untuk paham.
>>
>> Hasil akhir debat, mbake tetap suka pakai loop, dan saya suka pakai
>> methodsnya object ketika bermain dengan object.
>>
>> catatan :
>> loopnya VBA terhitung lebih lambat dibanding loopnya bahasa pemrograman
>> yang digunakan untuk membangun class milik Excel.
>> jadi, memakai methods nya object yang didalamnya ada loop seperti sort
>> atau advanced filter, adalah usaha untuk memanfaatkan loop dengan bahasa
>> pemrograman selain VBA. Yang membuat lama adalah proses dalam VBA untuk
>> mengakses methods sebuah object.
>>
>> Wassalamu'
>> Kid.
>>
>>
>
Mon Jul 15, 2013 6:47 pm (PDT) . Posted by:
"Jan Raisin"
Hai mas Agam,
metodenya sama kok dengan script Jan sebelumnya..
1. munculkan user form untuk input password
2. cek apakah passwordnya sama atau tidak
3. jika passwordnya sama, tampilkan sheet yang ingin di-unhide dengan
script sheets("ini_nama_sheetnya").visible = true
4. jika passwordnya tidak sama, maka lakukan hal yang lain (terserah mas
agam)
berhubung dari kemarin sudah beberapa kali dikasih hasil yang langsung
jadi, sekarang Jan kasih alurnya saja ya..
silakan dicoba dulu.. kalo ada kesulitan silakan ditanyakan kembali dengan
hasil usaha yang sudah dilakukan.. ^_^
Salam,
-Miss Jan Raisin-
- Untuk kepentingan belajar bersama, pertanyaan harap ditujukan *hanya*ke
belajar-excel@yahoogroups.com bukan dikirim japri ke email pribadi
member milis;
- Jika pertanyaan lama direspon, bersabarlah karena ALLAH beserta dengan
orang-orang yang sabar QS 2:153;
- Harap dipahami bersama bahwa solusi diberikan oleh Be-Exceller yang
memiliki waktu untuk on line, mengetahui solusi atas pertanyaan yang
ditanyakan, mau dan berani untuk membantu, tanpa mengharap imbalan dari
Thread Starter (TS) atau Post Starter (PS), selain itu Be-Excelller juga
memiliki kewajiban yang harus dipenuhi di dunia nyata sehingga tidak selalu
bisa on line setiap saat;
- Semoga semangat berbagi dan membantu semakin meningkat di kalangan
Be-Exceller dan menjadi amalan yang baik untuk tabungan di akhirat nanti.
������ ��� ����� �������������
Pada 15 Juli 2013 17.45, <agam_tole@yahoo.com > menulis:
> **
>
>
> ** Salam..
>
> Miss, boleh tnya lg gmn caranya jika yg kita inginkan sheet yg Di hide n
> unhide dgn userform yg berpasword..?
> Sm seperti file yg Miss lampirkan tp yg kasus kali ini sheet hide n unhide
> Terima Kasih
>
>
> Salam
>
> Agam
> Sent from my BlackBerry�
> powered by Sinyal Kuat INDOSAT
> ------------------------------
>
>
metodenya sama kok dengan script Jan sebelumnya..
1. munculkan user form untuk input password
2. cek apakah passwordnya sama atau tidak
3. jika passwordnya sama, tampilkan sheet yang ingin di-unhide dengan
script sheets("
4. jika passwordnya tidak sama, maka lakukan hal yang lain (terserah mas
agam)
berhubung dari kemarin sudah beberapa kali dikasih hasil yang langsung
jadi, sekarang Jan kasih alurnya saja ya..
silakan dicoba dulu.. kalo ada kesulitan silakan ditanyakan kembali dengan
hasil usaha yang sudah dilakukan.. ^_^
Salam,
-Miss Jan Raisin-
- Untuk kepentingan belajar bersama, pertanyaan harap ditujukan *hanya*ke
belajar-excel@
member milis;
- Jika pertanyaan lama direspon, bersabarlah karena ALLAH beserta dengan
orang-orang yang sabar QS 2:153;
- Harap dipahami bersama bahwa solusi diberikan oleh Be-Exceller yang
memiliki waktu untuk on line, mengetahui solusi atas pertanyaan yang
ditanyakan, mau dan berani untuk membantu, tanpa mengharap imbalan dari
Thread Starter (TS) atau Post Starter (PS), selain itu Be-Excelller juga
memiliki kewajiban yang harus dipenuhi di dunia nyata sehingga tidak selalu
bisa on line setiap saat;
- Semoga semangat berbagi dan membantu semakin meningkat di kalangan
Be-Exceller dan menjadi amalan yang baik untuk tabungan di akhirat nanti.
������ ��� ����� �������������
Pada 15 Juli 2013 17.45, <agam_tole@yahoo.
> **
>
>
> ** Salam..
>
> Miss, boleh tnya lg gmn caranya jika yg kita inginkan sheet yg Di hide n
> unhide dgn userform yg berpasword..
> Sm seperti file yg Miss lampirkan tp yg kasus kali ini sheet hide n unhide
> Terima Kasih
>
>
> Salam
>
> Agam
> Sent from my BlackBerry�
> powered by Sinyal Kuat INDOSAT
> ------------
>
>
Mon Jul 15, 2013 8:23 pm (PDT) . Posted by:
agam_tole
.. *rain*
. :>\m/
Ïš Siaaap.. !!
*run* . 86 Ndan ........
Dpt PE ER.. Xixiix... Aseeek..
Sdikit ngerti mksdnya... Berhubung ada 2 userform maka code2 FBA d Userfrom 2 d sesuaikan dgn nama2nya yA Miss pd codenya.. ˚°Âºo☺k(y) ˚°Âºo☺k(y) ˚°Âºo☺k(y), ane kerjakan dulu...
Salam.
Agam
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT
-----Original Message-----
From: Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com >
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Tue, 16 Jul 2013 08:47:10
To: <belajar-excel@yahoogroups.com >
Reply-To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Mohon bimbingan Kode VBA
Hai mas Agam,
metodenya sama kok dengan script Jan sebelumnya..
1. munculkan user form untuk input password
2. cek apakah passwordnya sama atau tidak
3. jika passwordnya sama, tampilkan sheet yang ingin di-unhide dengan
script sheets("ini_nama_sheetnya").visible = true
4. jika passwordnya tidak sama, maka lakukan hal yang lain (terserah mas
agam)
berhubung dari kemarin sudah beberapa kali dikasih hasil yang langsung
jadi, sekarang Jan kasih alurnya saja ya..
silakan dicoba dulu.. kalo ada kesulitan silakan ditanyakan kembali dengan
hasil usaha yang sudah dilakukan.. ^_^
Salam,
-Miss Jan Raisin-
- Untuk kepentingan belajar bersama, pertanyaan harap ditujukan *hanya*ke
belajar-excel@yahoogroups.com bukan dikirim japri ke email pribadi
member milis;
- Jika pertanyaan lama direspon, bersabarlah karena ALLAH beserta dengan
orang-orang yang sabar QS 2:153;
- Harap dipahami bersama bahwa solusi diberikan oleh Be-Exceller yang
memiliki waktu untuk on line, mengetahui solusi atas pertanyaan yang
ditanyakan, mau dan berani untuk membantu, tanpa mengharap imbalan dari
Thread Starter (TS) atau Post Starter (PS), selain itu Be-Excelller juga
memiliki kewajiban yang harus dipenuhi di dunia nyata sehingga tidak selalu
bisa on line setiap saat;
- Semoga semangat berbagi dan membantu semakin meningkat di kalangan
Be-Exceller dan menjadi amalan yang baik untuk tabungan di akhirat nanti.
اَÙ…ِين ÙŠَا رَبَّ الْعَالَÙ…ِÙŠْÙ†
Pada 15 Juli 2013 17.45, <agam_tole@yahoo.com > menulis:
> **
>
>
> ** Salam..
>
> Miss, boleh tnya lg gmn caranya jika yg kita inginkan sheet yg Di hide n
> unhide dgn userform yg berpasword..?
> Sm seperti file yg Miss lampirkan tp yg kasus kali ini sheet hide n unhide
> Terima Kasih
>
>
> Salam
>
> Agam
> Sent from my BlackBerry®
> powered by Sinyal Kuat INDOSAT
> ------------------------------
>
>
. :>\m/
Ïš Siaaap.. !!
*run* . 86 Ndan ........
Dpt PE ER.. Xixiix... Aseeek..
Sdikit ngerti mksdnya... Berhubung ada 2 userform maka code2 FBA d Userfrom 2 d sesuaikan dgn nama2nya yA Miss pd codenya.. ˚°Âºo☺k(y) ˚°Âºo☺k(y) ˚°Âºo☺k(y), ane kerjakan dulu...
Salam.
Agam
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT
-----Original Message-----
From: Jan Raisin <miss.jan.raisin@
Sender: belajar-excel@
Date: Tue, 16 Jul 2013 08:47:10
To: <belajar-excel@
Reply-To: belajar-excel@
Subject: Re: [belajar-excel] Mohon bimbingan Kode VBA
Hai mas Agam,
metodenya sama kok dengan script Jan sebelumnya..
1. munculkan user form untuk input password
2. cek apakah passwordnya sama atau tidak
3. jika passwordnya sama, tampilkan sheet yang ingin di-unhide dengan
script sheets("
4. jika passwordnya tidak sama, maka lakukan hal yang lain (terserah mas
agam)
berhubung dari kemarin sudah beberapa kali dikasih hasil yang langsung
jadi, sekarang Jan kasih alurnya saja ya..
silakan dicoba dulu.. kalo ada kesulitan silakan ditanyakan kembali dengan
hasil usaha yang sudah dilakukan.. ^_^
Salam,
-Miss Jan Raisin-
- Untuk kepentingan belajar bersama, pertanyaan harap ditujukan *hanya*ke
belajar-excel@
member milis;
- Jika pertanyaan lama direspon, bersabarlah karena ALLAH beserta dengan
orang-orang yang sabar QS 2:153;
- Harap dipahami bersama bahwa solusi diberikan oleh Be-Exceller yang
memiliki waktu untuk on line, mengetahui solusi atas pertanyaan yang
ditanyakan, mau dan berani untuk membantu, tanpa mengharap imbalan dari
Thread Starter (TS) atau Post Starter (PS), selain itu Be-Excelller juga
memiliki kewajiban yang harus dipenuhi di dunia nyata sehingga tidak selalu
bisa on line setiap saat;
- Semoga semangat berbagi dan membantu semakin meningkat di kalangan
Be-Exceller dan menjadi amalan yang baik untuk tabungan di akhirat nanti.
اَÙ…ِين ÙŠَا رَبَّ الْعَالَÙ…ِÙŠْÙ†
Pada 15 Juli 2013 17.45, <agam_tole@yahoo.
> **
>
>
> ** Salam..
>
> Miss, boleh tnya lg gmn caranya jika yg kita inginkan sheet yg Di hide n
> unhide dgn userform yg berpasword..
> Sm seperti file yg Miss lampirkan tp yg kasus kali ini sheet hide n unhide
> Terima Kasih
>
>
> Salam
>
> Agam
> Sent from my BlackBerry®
> powered by Sinyal Kuat INDOSAT
> ------------
>
>
Mon Jul 15, 2013 8:14 pm (PDT) . Posted by:
"Yulius Minsai" yulius_minsai
Dear members,
Mohon pencerahannya nih, saya ada kesulitan sbb :
Saya menggunakan Excel 2007 dan selama ini tidak terjadi masalah.
Masalah ini timbul ketika saya menginstall ulang laptop sekaligus Excelnya (padahal dgn cd istaller yang sama dgn terdahulu)
Masalahnya adalah....., ketika saya membuka 2 file excel secara bersamaan (file ini berisi rumus-rumus dan besarnya hampir 7 mega setiap filenya), salah satu file tidak bisa di save (hang) terkecuali file satunya di closed terlebih dahulu. Jika saya membuka file A, kemudian membuka lagi file B, maka hanya file B yang bisa di save, begitupun sebaliknya, padahal dulunya tidak ada masalah.
Hal ini tidak menjadi masalah jika yang saya buka file ukuran kecil..
Trims untuk bantuannya.
Salam,
Yulius
Mohon pencerahannya nih, saya ada kesulitan sbb :
Saya menggunakan Excel 2007 dan selama ini tidak terjadi masalah.
Masalah ini timbul ketika saya menginstall ulang laptop sekaligus Excelnya (padahal dgn cd istaller yang sama dgn terdahulu)
Masalahnya adalah....., ketika saya membuka 2 file excel secara bersamaan (file ini berisi rumus-rumus dan besarnya hampir 7 mega setiap filenya), salah satu file tidak bisa di save (hang) terkecuali file satunya di closed terlebih dahulu. Jika saya membuka file A, kemudian membuka lagi file B, maka hanya file B yang bisa di save, begitupun sebaliknya, padahal dulunya tidak ada masalah.
Hal ini tidak menjadi masalah jika yang saya buka file ukuran kecil..
Trims untuk bantuannya.
Salam,
Yulius
Mon Jul 15, 2013 10:19 pm (PDT) . Posted by:
"BhoneX" hadiekoprayitno13
Jazakillahu Khair
Miss Jain atas ilmunya, tapi maksud saya tahun ini menentukan si B jatuh cutinya Ke I dan si A cutinya ke III
________________________________
From: Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com >
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Monday, July 15, 2013 4:38 PM
Subject: Re: [belajar-excel] Menentukan posisi cuti ke I or II or III
ÙˆَعَÙ„َÙŠْÙƒُÙ…ُ لسَّلاَÙ…ُ ÙˆَرَØْÙ…َØ©ُ اللهِ ÙˆَبَرَÙƒَاتُÙ‡ُ
untuk mengetahui cuti keberapa pada tahun ini, gunakan formula berikut:
=DateDif(tgl_awal_kerja , today() , "y")
ganti yang warna merah dengan alamat cel tgl awal
ganti today() dengan tanggal yang telah ditentukan (jika ada)
ganti tanda pemisah koma menjadi titik koma jika regional setting adalah Indonesia
ÙˆَسَّلاَÙ…ُ عَÙ„َÙŠْÙƒُÙ…ْ ÙˆَرَØْÙ…َØ©ُ اللهِ ÙˆَبَرَÙƒَاتُÙ‡ُ
-Miss Jan Raisin-
* Untuk kepentingan belajar bersama, pertanyaan harap ditujukan hanyake belajar-excel@yahoogroups.com bukan dikirim japri ke email pribadi member milis;
* Jika pertanyaan lama direspon, bersabarlah karena ALLAH beserta dengan orang-orang yang sabar QS 2:153;
* Harap dipahami bersama bahwa solusi diberikan oleh Be-Exceller yang memiliki waktu untuk on line, mengetahui solusi atas pertanyaan yang ditanyakan, mau dan berani untuk membantu, tanpa mengharap imbalan dari Thread Starter (TS) atau Post Starter (PS), selain itu Be-Excelller juga memiliki kewajiban yang harus dipenuhi di dunia nyata sehingga tidak selalu bisa on line setiap saat;
* Semoga semangat berbagi dan membantu semakin meningkat di kalangan Be-Exceller dan menjadi amalan yang baik untuk tabungan di akhirat nanti. اَÙ…ِين ÙŠَا رَبَّ الْعَالَÙ…ِÙŠْÙ†
Pada 15 Juli 2013 11.33, BhoneX <bhonex13@yahoo.com > menulis:
>
>Assalamu39;alaikum
>
>
>Be Exceller
>
>
>Mohon bantuannya rumu untuk menentukan periode cuti (I, II, III) pada saat ini (tahun ini)
>pehitungan Cuti ke I setelah 1 satu tahun bekerja.
>beikut filenya
>
>
>Jazakumullahu Khair
>
>
>
Miss Jain atas ilmunya, tapi maksud saya tahun ini menentukan si B jatuh cutinya Ke I dan si A cutinya ke III
____________
From: Jan Raisin <miss.jan.raisin@
To: belajar-excel@
Sent: Monday, July 15, 2013 4:38 PM
Subject: Re: [belajar-excel] Menentukan posisi cuti ke I or II or III
ÙˆَعَÙ„َÙŠْÙƒُÙ…ُ لسَّلاَÙ…ُ ÙˆَرَØْÙ…َØ©ُ اللهِ ÙˆَبَرَÙƒَاتُÙ‡ُ
untuk mengetahui cuti keberapa pada tahun ini, gunakan formula berikut:
=DateDif(tgl_
ganti yang warna merah dengan alamat cel tgl awal
ganti today() dengan tanggal yang telah ditentukan (jika ada)
ganti tanda pemisah koma menjadi titik koma jika regional setting adalah Indonesia
ÙˆَسَّلاَÙ…ُ عَÙ„َÙŠْÙƒُÙ…ْ ÙˆَرَØْÙ…َØ©ُ اللهِ ÙˆَبَرَÙƒَاتُÙ‡ُ
-Miss Jan Raisin-
* Untuk kepentingan belajar bersama, pertanyaan harap ditujukan hanyake belajar-excel@
* Jika pertanyaan lama direspon, bersabarlah karena ALLAH beserta dengan orang-orang yang sabar QS 2:153;
* Harap dipahami bersama bahwa solusi diberikan oleh Be-Exceller yang memiliki waktu untuk on line, mengetahui solusi atas pertanyaan yang ditanyakan, mau dan berani untuk membantu, tanpa mengharap imbalan dari Thread Starter (TS) atau Post Starter (PS), selain itu Be-Excelller juga memiliki kewajiban yang harus dipenuhi di dunia nyata sehingga tidak selalu bisa on line setiap saat;
* Semoga semangat berbagi dan membantu semakin meningkat di kalangan Be-Exceller dan menjadi amalan yang baik untuk tabungan di akhirat nanti. اَÙ…ِين ÙŠَا رَبَّ الْعَالَÙ…ِÙŠْÙ†
Pada 15 Juli 2013 11.33, BhoneX <bhonex13@yahoo.
>
>Assalamu
>
>
>Be Exceller
>
>
>Mohon bantuannya rumu untuk menentukan periode cuti (I, II, III) pada saat ini (tahun ini)
>pehitungan Cuti ke I setelah 1 satu tahun bekerja.
>beikut filenya
>
>
>Jazakumullahu Khair
>
>
>
Mon Jul 15, 2013 10:19 pm (PDT) . Posted by:
"Salam"
Dear Exceler,
Mungkin ada yang mengerti, kenapa ini bisa terjadi di kompi saya.
Ketika print an yang ke 60 terjadi masalah seperti gambar berikut,mohon
pencerahan dari exceler.
Thanks Before,
Regards,
A.Salam
Mungkin ada yang mengerti, kenapa ini bisa terjadi di kompi saya.
Ketika print an yang ke 60 terjadi masalah seperti gambar berikut,mohon
pencerahan dari exceler.
Thanks Before,
Regards,
A.Salam
GROUP FOOTER MESSAGE
=====================================================================
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
Tidak ada komentar:
Posting Komentar