15 New Messages
Digest #2439
6b
Trs: [belajar-excel] Menampilkan list tanggal pada cell excel dengan by "Andy Ajhis Ramadhan" andy_ajhis37
Messages
Mon Jul 22, 2013 5:12 am (PDT) . Posted by:
"Kurei recca" yusajing_ehm
Thanks atas pencarahannya, ^^
________________________________
Dari: Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com >
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Senin, 22 Juli 2013 11:10
Judul: Re: Bls: [belajar-excel] Filter Update Otomatis
ups.. kepencet send duluan..
di bawah ini script yang tadi setelah diganti font colornya agar mudah dibca dan dipelajari
file solusi terlampir
Pada 22 Juli 2013 11.03, Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com > menulis:
ikutan urun solusi dengan VBA..
>
>
>syarat dan ketentuan:
>1. tabel data tidak boleh berhimpit dengan tabel filter
>2. heder pertama tabel data harus tulisan Value, dan header tabel filter harus tulisan Total, jika berbeda sesuaikan script dengan kondisi sebenarnya
>3. letak tabel data dan tabel filter boleh di mana saja tetapi selama masih dalam 1 sheet yang sama dan tabel data dan nomor baris tabel filter >= tabel data
>4. data dalam tabel data boleh ditambah sebanyak mungkin sesuai keinginan
>
>
>scriptnya ditulis di sheet yang diinginkan dengan event change
>
>
>Option Explicit
>
>
>Private Sub Worksheet_Change(ByVal Target As Range)
> ' deklarasi setiap variabel yang dibutuhkan
> ' rgData >> digunakan untuk menyimpan range tulisan Value
> ' rgFilter >> digunakan untuk menyimpan range tulisan Total
> ' rData >> digunakan untuk menyimpan range setiap data dalam kolom Value
> Dim rgData As Range, rgFilter As Range, rData As Range
>
> ' lRow >> untuk menyimpan nilai baris hasil filter
> Dim lRow As Long
>
> ' iCol >> untuk menyimpan nilai kolom hasil filter
> ' cTarget >> untuk menyimpan nilai kolom cell yang berubah
> Dim iCol As Integer, cTarget As Integer
>
> ' init lokasi rgData dengan mencari string yang berbunyi Value
> Set rgData = Cells.Find("Value", lookat:=xlWhole)
>
> ' simpan nilai kolom target yaitu 1 kolom di sebelah kanan tulisan value
> cTarget = rgData.Column + 1
>
> ' beri batasan kapan nilai akan diubah
> ' yaitu jika perubahan hanya terjadi pada kolom target (Unit)
> If Target.Column = cTarget Then
>
> ' init lokasi data
> ' mulai 1 baris setelah tulisan Value >> rgData.Offset(1)
> ' sampai baris data paling bawah >> rgData.End(xlDown)
> Set rgData = Range(rgData.Offset(1), rgData.End(xlDown))
>
> ' init lokasi hasil filter
> ' dengan cara mencari string yang berbunyi Total
> Set rgFilter = Cells.Find("Total", lookat:=xlWhole)
>
> ' awalnya, hapus dahulu hasil filter yang sudah ada >> .ClearContents
> ' yaitu 1 baris di bawah tulisan Total >> rgFilter.Offset(1)
> ' sampai baris data yang paling bawah >> rgFilter.End(xlDown)
> Range(rgFilter.Offset(1), rgFilter.End(xlDown)).ClearContents
>
> ' setelah itu ubah ukuran tabel filter menjadi 1 baris x 1 kolom
> Set rgFilter = rgFilter.Resize(1, 1)
>
> ' cari letak baris untuk meletakan hasil filter
> ' yaitu 1 baris dibawah tulisan Total
> lRow = rgFilter.Row + 1
>
> ' cari letak kolom hasil filter untuk meletakan hasil filter
> iCol = rgFilter.Column
>
> ' untuk setiap data (Value) di dalam tabel data
> For Each rData In rgData
>
> ' bekerja pada setiap data
> With rData
>
> ' jika Unit atau 1 kolom di sebelah kanan data (Value) nilainya > 0 maka
> If rData.Offset(, 1).Value > 0 Then
>
> ' cell yang punya nilai baris dan kolom
> ' yang sama dengan nilai baris dan kolom untuk meletakan hasil filter
> ' diisi dengan hasil perkalian antara Value dengan Unit
> Cells(lRow, iCol).Value = .Value * .Offset(, 1).Value
>
> ' setelah itu nilai baris hasil ditambah 1
> ' untuk persiapan penulisan hasil berikutnya
> lRow = lRow + 1
>
> ' akhir bekerja dengan Unit
> End If
>
> ' akhir bekerja dengan data (Value)
> End With
>
> ' lanjutkan untuk data (Value) berikutnya
> Next rData
>
> ' akhir bekerja dengan cell target yang berubah
> End If
>
>
>' akhir dari prosedur
>End Sub
>
>
>وَسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
>
>
>
>-Miss Jan Raisin-
>
>
> * Untuk kepentingan belajar bersama, pertanyaan harap ditujukan hanyake belajar-excel@yahoogroups.com bukan dikirim japri ke email pribadi member milis;
>
> * Jika pertanyaan lama direspon, bersabarlah karena ALLAH beserta dengan orang-orang yang sabar QS 2:153;
>
> * Harap dipahami bersama bahwa solusi diberikan oleh Be-Exceller yang memiliki waktu untuk on line, mengetahui solusi atas pertanyaan yang ditanyakan, mau dan berani untuk membantu, tanpa mengharap imbalan dari Thread Starter (TS) atau Post Starter (PS), selain itu Be-Excelller juga memiliki kewajiban yang harus dipenuhi di dunia nyata sehingga tidak selalu bisa on line setiap saat;
>
> * Semoga semangat berbagi dan membantu semakin meningkat di kalangan Be-Exceller dan menjadi amalan yang baik untuk tabungan di akhirat nanti. اَمِين يَا رَبَّ الْعَالَمِيْن
>
>
>
>Pada 22 Juli 2013 07.47, De Premor <de@premor.net> menulis:
>
>
>
>>
>>terlampir, menggunakan makro, dan define name
>>
>>
>>On 21/07/2013 17:41, Kurei recca wrote:
>>
>>
>>>Dalam kasus ini saya tidak bisa menggunakan pivot table karena pada akhirnya saya akan menggabungkan dengan fungsi array,
>>>lalu walaupun saya menggunakan pivot table saya ingin agar
refreshnya tidak perlu saya click,
>>>
>>>
>>>
>>>saya pernah menggunakan merekam dengan menggunakan vba macro akan tetapi bentuk codenya masih terlalu "statis" dan saya tidak tahu bagaimana cara membuatnya menjadi dinamis,
>>>
>>>
>>>Mohon pencerahannya,
>>>Thank you
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>________________________________
>>> Dari: mardi <sumardiana596@gmail.com >
>>>Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
>>>Dikirim: Minggu, 21 Juli 2013 17:16
>>>Judul: Re: [belajar-excel] Filter Update Otomatis
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>Mengapa tidak memanfaatkan pivot table aja pak, jadi ketika ada yang berubah tinggal refresh aja.
>>>
>>>Salam
>>>mardi
>>>
>>>From: Kurei recca
>>>Sent: Sunday, July 21, 2013 4:58 PM
>>>To: Belajar Excel Grups
>>>Subject: [belajar-excel] Filter Update Otomatis
>>>
>>>
>>>Dear Para Master Excel yang selalu memberikan pencerahan Excel,
>>>
>>>Saya ada satu kasus dimana saya
menggunakan Filter. Saya mempunyai
data seperti terlampir dimana saya
ingin dari data tersebut yang
menggunakan filter dapet terupdate
secara otomatis ketika valuenya
berubah. Dalam kasus saya misal ada
hasil perkalian yang hasilnya adalah
0 maka baris yang ada nilai tersebut
harus di hide, saya menggunakan
filter untuk melakukannya dengan
cara men unchecked value yang
bernilai 0 sehingga baris yang ada
nilai tersebut akan di hide. Akan
tetapi yang jadi masalah ketika ada
nilai terupdate dimana ada data yang
nilainya berubah jadi 0 sehingga ada
lebih x-baris yang harus di hide,
cara yang biasa saya lakukan adalah
dengan men-unchecked kembali filter
tersebut
>>>
>>>Apakah ada cara yang dapat membuat
filter mengupdate secara otomatis
jika ada nilai 0 yang bertambah
ataupun berkutang ? baik itu
menggunakan macro ataupun suatu
settingan di excel sendiri
>>>
>>>adapun alurnya seperti gambar
dibawah ini :
>>>
Mohon pencerahannya,
>>>Terimakasih
>>>
____________
Dari: Jan Raisin <miss.jan.raisin@
Kepada: belajar-excel@
Dikirim: Senin, 22 Juli 2013 11:10
Judul: Re: Bls: [belajar-excel] Filter Update Otomatis
ups.. kepencet send duluan..
di bawah ini script yang tadi setelah diganti font colornya agar mudah dibca dan dipelajari
file solusi terlampir
Pada 22 Juli 2013 11.03, Jan Raisin <miss.jan.raisin@
ikutan urun solusi dengan VBA..
>
>
>syarat dan ketentuan:
>1. tabel data tidak boleh berhimpit dengan tabel filter
>2. heder pertama tabel data harus tulisan Value, dan header tabel filter harus tulisan Total, jika berbeda sesuaikan script dengan kondisi sebenarnya
>3. letak tabel data dan tabel filter boleh di mana saja tetapi selama masih dalam 1 sheet yang sama dan tabel data dan nomor baris tabel filter >= tabel data
>4. data dalam tabel data boleh ditambah sebanyak mungkin sesuai keinginan
>
>
>scriptnya ditulis di sheet yang diinginkan dengan event change
>
>
>Option Explicit
>
>
>Private Sub Worksheet_Change(
> ' deklarasi setiap variabel yang dibutuhkan
> ' rgData >> digunakan untuk menyimpan range tulisan Value
> ' rgFilter >> digunakan untuk menyimpan range tulisan Total
> ' rData >> digunakan untuk menyimpan range setiap data dalam kolom Value
> Dim rgData As Range, rgFilter As Range, rData As Range
>
> ' lRow >> untuk menyimpan nilai baris hasil filter
> Dim lRow As Long
>
> ' iCol >> untuk menyimpan nilai kolom hasil filter
> ' cTarget >> untuk menyimpan nilai kolom cell yang berubah
> Dim iCol As Integer, cTarget As Integer
>
> ' init lokasi rgData dengan mencari string yang berbunyi Value
> Set rgData = Cells.Find("
>
> ' simpan nilai kolom target yaitu 1 kolom di sebelah kanan tulisan value
> cTarget = rgData.Column + 1
>
> ' beri batasan kapan nilai akan diubah
> ' yaitu jika perubahan hanya terjadi pada kolom target (Unit)
> If Target.Column = cTarget Then
>
> ' init lokasi data
> ' mulai 1 baris setelah tulisan Value >> rgData.Offset(
> ' sampai baris data paling bawah >> rgData.End(xlDown)
> Set rgData = Range(rgData.
>
> ' init lokasi hasil filter
> ' dengan cara mencari string yang berbunyi Total
> Set rgFilter = Cells.Find("
>
> ' awalnya, hapus dahulu hasil filter yang sudah ada >> .ClearContents
> ' yaitu 1 baris di bawah tulisan Total >> rgFilter.Offset(
> ' sampai baris data yang paling bawah >> rgFilter.End(
> Range(rgFilter.
>
> ' setelah itu ubah ukuran tabel filter menjadi 1 baris x 1 kolom
> Set rgFilter = rgFilter.Resize(
>
> ' cari letak baris untuk meletakan hasil filter
> ' yaitu 1 baris dibawah tulisan Total
> lRow = rgFilter.Row + 1
>
> ' cari letak kolom hasil filter untuk meletakan hasil filter
> iCol = rgFilter.Column
>
> ' untuk setiap data (Value) di dalam tabel data
> For Each rData In rgData
>
> ' bekerja pada setiap data
> With rData
>
> ' jika Unit atau 1 kolom di sebelah kanan data (Value) nilainya > 0 maka
> If rData.Offset(
>
> ' cell yang punya nilai baris dan kolom
> ' yang sama dengan nilai baris dan kolom untuk meletakan hasil filter
> ' diisi dengan hasil perkalian antara Value dengan Unit
> Cells(lRow, iCol).Value = .Value * .Offset(, 1).Value
>
> ' setelah itu nilai baris hasil ditambah 1
> ' untuk persiapan penulisan hasil berikutnya
> lRow = lRow + 1
>
> ' akhir bekerja dengan Unit
> End If
>
> ' akhir bekerja dengan data (Value)
> End With
>
> ' lanjutkan untuk data (Value) berikutnya
> Next rData
>
> ' akhir bekerja dengan cell target yang berubah
> End If
>
>
>' akhir dari prosedur
>End Sub
>
>
>وَسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
>
>
>
>-Miss Jan Raisin-
>
>
> * Untuk kepentingan belajar bersama, pertanyaan harap ditujukan hanyake belajar-excel@
>
> * Jika pertanyaan lama direspon, bersabarlah karena ALLAH beserta dengan orang-orang yang sabar QS 2:153;
>
> * Harap dipahami bersama bahwa solusi diberikan oleh Be-Exceller yang memiliki waktu untuk on line, mengetahui solusi atas pertanyaan yang ditanyakan, mau dan berani untuk membantu, tanpa mengharap imbalan dari Thread Starter (TS) atau Post Starter (PS), selain itu Be-Excelller juga memiliki kewajiban yang harus dipenuhi di dunia nyata sehingga tidak selalu bisa on line setiap saat;
>
> * Semoga semangat berbagi dan membantu semakin meningkat di kalangan Be-Exceller dan menjadi amalan yang baik untuk tabungan di akhirat nanti. اَمِين يَا رَبَّ الْعَالَمِيْن
>
>
>
>Pada 22 Juli 2013 07.47, De Premor <de@premor.net> menulis:
>
>
>
>>
>>terlampir, menggunakan makro, dan define name
>>
>>
>>On 21/07/2013 17:41, Kurei recca wrote:
>>
>>
>>>
>>>
refreshnya tidak perlu saya click,
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>> Dari: mardi <sumardiana596@
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
menggunakan Filter. Saya mempunyai
data seperti terlampir dimana saya
ingin dari data tersebut yang
menggunakan filter dapet terupdate
secara otomatis ketika valuenya
berubah. Dalam kasus saya misal ada
hasil perkalian yang hasilnya adalah
0 maka baris yang ada nilai tersebut
harus di hide, saya menggunakan
filter untuk melakukannya dengan
cara men unchecked value yang
bernilai 0 sehingga baris yang ada
nilai tersebut akan di hide. Akan
tetapi yang jadi masalah ketika ada
nilai terupdate dimana ada data yang
nilainya berubah jadi 0 sehingga ada
lebih x-baris yang harus di hide,
cara yang biasa saya lakukan adalah
dengan men-unchecked kembali filter
tersebut
>>>
>>>
filter mengupdate secara otomatis
jika ada nilai 0 yang bertambah
ataupun berkutang ? baik itu
menggunakan macro ataupun suatu
settingan di excel sendiri
>>>
>>>
dibawah ini :
>>>
Mohon pencerahannya,
>>>
>>>
Mon Jul 22, 2013 5:14 am (PDT) . Posted by:
"Kurei recca" yusajing_ehm
thanks ya pencerahannya,, ^^
________________________________
Dari: De Premor <de@premor.net>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Senin, 22 Juli 2013 7:47
Judul: Re: Bls: [belajar-excel] Filter Update Otomatis
terlampir, menggunakan makro, dan define name
On 21/07/2013 17:41, Kurei recca wrote:
>Dalam kasus ini saya tidak bisa menggunakan pivot table karena pada akhirnya saya akan menggabungkan dengan fungsi array,
>lalu walaupun saya menggunakan pivot table saya ingin agar
refreshnya tidak perlu saya click,
>
>
>
>saya pernah menggunakan merekam dengan menggunakan vba macro akan tetapi bentuk codenya masih terlalu "statis" dan saya tidak tahu bagaimana cara membuatnya menjadi dinamis,
>
>
>Mohon pencerahannya,
>Thank you
>
>
>
>
>________________________________
> Dari: mardi <sumardiana596@gmail.com >
>Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
>Dikirim: Minggu, 21 Juli 2013 17:16
>Judul: Re: [belajar-excel] Filter Update Otomatis
>
>
>
>
>Mengapa tidak memanfaatkan pivot table aja pak, jadi ketika ada yang berubah tinggal refresh aja.
>
>Salam
>mardi
>
>From: Kurei recca
>Sent: Sunday, July 21, 2013 4:58 PM
>To: Belajar Excel Grups
>Subject: [belajar-excel] Filter Update Otomatis
>
>
>Dear Para Master Excel yang selalu memberikan pencerahan Excel,
>
>Saya ada satu kasus dimana saya
menggunakan Filter. Saya mempunyai
data seperti terlampir dimana saya
ingin dari data tersebut yang
menggunakan filter dapet terupdate
secara otomatis ketika valuenya
berubah. Dalam kasus saya misal ada
hasil perkalian yang hasilnya adalah
0 maka baris yang ada nilai tersebut
harus di hide, saya menggunakan
filter untuk melakukannya dengan
cara men unchecked value yang
bernilai 0 sehingga baris yang ada
nilai tersebut akan di hide. Akan
tetapi yang jadi masalah ketika ada
nilai terupdate dimana ada data yang
nilainya berubah jadi 0 sehingga ada
lebih x-baris yang harus di hide,
cara yang biasa saya lakukan adalah
dengan men-unchecked kembali filter
tersebut
>
>Apakah ada cara yang dapat membuat
filter mengupdate secara otomatis
jika ada nilai 0 yang bertambah
ataupun berkutang ? baik itu
menggunakan macro ataupun suatu
settingan di excel sendiri
>
>adapun alurnya seperti gambar
dibawah ini :
>
>
>Mohon pencerahannya,
>Terimakasih
>
>
>
>
____________
Dari: De Premor <de@premor.net>
Kepada: belajar-excel@
Dikirim: Senin, 22 Juli 2013 7:47
Judul: Re: Bls: [belajar-excel] Filter Update Otomatis
terlampir, menggunakan makro, dan define name
On 21/07/2013 17:41, Kurei recca wrote:
>Dalam kasus ini saya tidak bisa menggunakan pivot table karena pada akhirnya saya akan menggabungkan dengan fungsi array,
>lalu walaupun saya menggunakan pivot table saya ingin agar
refreshnya tidak perlu saya click,
>
>
>
>saya pernah menggunakan merekam dengan menggunakan vba macro akan tetapi bentuk codenya masih terlalu "statis" dan saya tidak tahu bagaimana cara membuatnya menjadi dinamis,
>
>
>Mohon pencerahannya,
>Thank you
>
>
>
>
>________
> Dari: mardi <sumardiana596@
>Kepada: belajar-excel@
>Dikirim: Minggu, 21 Juli 2013 17:16
>Judul: Re: [belajar-excel] Filter Update Otomatis
>
>
>
>
>Mengapa tidak memanfaatkan pivot table aja pak, jadi ketika ada yang berubah tinggal refresh aja.
>
>Salam
>mardi
>
>From: Kurei recca
>Sent: Sunday, July 21, 2013 4:58 PM
>To: Belajar Excel Grups
>Subject: [belajar-excel] Filter Update Otomatis
>
>
>Dear Para Master Excel yang selalu memberikan pencerahan Excel,
>
>Saya ada satu kasus dimana saya
menggunakan Filter. Saya mempunyai
data seperti terlampir dimana saya
ingin dari data tersebut yang
menggunakan filter dapet terupdate
secara otomatis ketika valuenya
berubah. Dalam kasus saya misal ada
hasil perkalian yang hasilnya adalah
0 maka baris yang ada nilai tersebut
harus di hide, saya menggunakan
filter untuk melakukannya dengan
cara men unchecked value yang
bernilai 0 sehingga baris yang ada
nilai tersebut akan di hide. Akan
tetapi yang jadi masalah ketika ada
nilai terupdate dimana ada data yang
nilainya berubah jadi 0 sehingga ada
lebih x-baris yang harus di hide,
cara yang biasa saya lakukan adalah
dengan men-unchecked kembali filter
tersebut
>
>Apakah ada cara yang dapat membuat
filter mengupdate secara otomatis
jika ada nilai 0 yang bertambah
ataupun berkutang ? baik itu
menggunakan macro ataupun suatu
settingan di excel sendiri
>
>adapun alurnya seperti gambar
dibawah ini :
>
>
>Mohon pencerahannya,
>Terimakasih
>
>
>
>
Mon Jul 22, 2013 5:48 pm (PDT) . Posted by:
"agus_1194@yahoo.co.id" agus_1194
Dear Be-eXeler,
Mohon bantuannya saya sangat kesulitan dalam membuat formula untuk
memisahkan data sesuai dengan masa kerja
Contoh terlampir.
Atas bantuan serta perhatianya kami ucapkan matur nuwun sanget.
Salam,
Guswi
Mohon bantuannya saya sangat kesulitan dalam membuat formula untuk
memisahkan data sesuai dengan masa kerja
Contoh terlampir.
Atas bantuan serta perhatianya kami ucapkan matur nuwun sanget.
Salam,
Guswi
Mon Jul 22, 2013 6:47 pm (PDT) . Posted by:
"zainul_ulum[at]yahoo[dot]com" zainul_ulum
silahkan dicoba file terlampir.
masih menggunakna cell bantu dan sedikit dirubah penampilannya.
wassalam
-zainul-
From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com ]
On Behalf Of agus_1194@yahoo.co.id
Sent: Tuesday, July 23, 2013 7:48 AM
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: [belajar-excel] Mencari kriteria masa kerja
Dear Be-eXeler,
Mohon bantuannya saya sangat kesulitan dalam membuat formula untuk
memisahkan data sesuai dengan masa kerja
Contoh terlampir.
Atas bantuan serta perhatianya kami ucapkan matur nuwun sanget.
Salam,
Guswi
FREE Animations for your email
Click Here!
masih menggunakna cell bantu dan sedikit dirubah penampilannya.
wassalam
-zainul-
From: belajar-excel@
On Behalf Of agus_1194@yahoo.
Sent: Tuesday, July 23, 2013 7:48 AM
To: belajar-excel@
Subject: [belajar-excel] Mencari kriteria masa kerja
Dear Be-eXeler,
Mohon bantuannya saya sangat kesulitan dalam membuat formula untuk
memisahkan data sesuai dengan masa kerja
Contoh terlampir.
Atas bantuan serta perhatianya kami ucapkan matur nuwun sanget.
Salam,
Guswi
FREE Animations for your email
Click Here!
Mon Jul 22, 2013 9:48 pm (PDT) . Posted by:
"hendrik karnadi" hendrikkarnadi
Dear Be-Excellers,
Ini adalah kasus seorang rekan dari negeri seberang yang mungkin juga bermanfaat untuk kita.
Ceritanya beliau melakukan auto filter pada Sheet Data (Datanya maks 10.000 baris tmsk Header) kemudian mau mengcopy hasilnya ke Sheet Hasil (Headernya sama dengan Header pada Sheet Data)
Saya buatkan macro sbb:
Sub Kopi()
Range("A2:G10000").SpecialCells(xlCellTypeVisible).Select
Selection.Copy Sheets("Hasil").Range("A2")
End Sub
Posisi penunjuk sel pada waktu menjalankan macro ada pada Sheet Data.
Salam,
HK
Ini adalah kasus seorang rekan dari negeri seberang yang mungkin juga bermanfaat untuk kita.
Ceritanya beliau melakukan auto filter pada Sheet Data (Datanya maks 10.000 baris tmsk Header) kemudian mau mengcopy hasilnya ke Sheet Hasil (Headernya sama dengan Header pada Sheet Data)
Saya buatkan macro sbb:
Sub Kopi()
Range("
Selection.Copy Sheets("
End Sub
Posisi penunjuk sel pada waktu menjalankan macro ada pada Sheet Data.
Salam,
HK
Mon Jul 22, 2013 11:18 pm (PDT) . Posted by:
"aris_ekow"
Trims Miss Jan Raisin,
Saya coba pakai pivot kok ga bisa ya..hee(br kenal excel).. kalau boleh di share dong yang pakai pivot..:)
Salam,
Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com > menulis:coba file terlampir..
menggunakan 1 kolom bantu dan array formula
sebelumnya Jan sudah coba menggunakan pivot table dan berhasil..
tapi biar bagi-bagi kesempatan untuk yang lain.. barang kali ada Be-Exceller yang bersedia memposting dengan cara tersebut..
Wassalam,
-Miss Jan Raisin-
Untuk kepentingan belajar bersama, pertanyaan harap ditujukan hanya ke belajar-excel@yahoogroups.com bukan dikirim japri ke email pribadi member milis;
Jika pertanyaan lama direspon, bersabarlah karena ALLAH beserta dengan orang-orang yang sabar QS 2:153;
Harap dipahami bersama bahwa solusi diberikan oleh Be-Exceller yang memiliki waktu untuk on line, mengetahui solusi atas pertanyaan yang ditanyakan, mau dan berani untuk membantu, tanpa mengharap imbalan dari Thread Starter (TS) atau Post Starter (PS), selain itu Be-Excelller juga memiliki kewajiban yang harus dipenuhi di dunia nyata sehingga tidak selalu bisa on line setiap saat;
Semoga semangat berbagi dan membantu semakin meningkat di kalangan Be-Exceller dan menjadi amalan yang baik untuk tabungan di akhirat nanti. اَمِين يَا رَبَّ الْعَالَمِيْن
Pada 22 Juli 2013 14.19, Aris Cumi <aris_ekow@yahoo.co.id > menulis:
Dear para master excel,
Minta bantuannya untuk file (terlampir).
Pertanyaan :
Gimana caranya untuk mengetahui seseorang yang tidak melakukan absen finger baik IN maupun OUT( pakai formula atau macro).
Selama ini saya hanya menggunakan filter per "NAMA" (sangat lama).
Regards,
Dafha
Saya coba pakai pivot kok ga bisa ya..hee(br kenal excel).. kalau boleh di share dong yang pakai pivot..:)
Salam,
Jan Raisin <miss.jan.raisin@
menggunakan 1 kolom bantu dan array formula
sebelumnya Jan sudah coba menggunakan pivot table dan berhasil..
tapi biar bagi-bagi kesempatan untuk yang lain.. barang kali ada Be-Exceller yang bersedia memposting dengan cara tersebut..
Wassalam,
-Miss Jan Raisin-
Untuk kepentingan belajar bersama, pertanyaan harap ditujukan hanya ke belajar-excel@
Jika pertanyaan lama direspon, bersabarlah karena ALLAH beserta dengan orang-orang yang sabar QS 2:153;
Harap dipahami bersama bahwa solusi diberikan oleh Be-Exceller yang memiliki waktu untuk on line, mengetahui solusi atas pertanyaan yang ditanyakan, mau dan berani untuk membantu, tanpa mengharap imbalan dari Thread Starter (TS) atau Post Starter (PS), selain itu Be-Excelller juga memiliki kewajiban yang harus dipenuhi di dunia nyata sehingga tidak selalu bisa on line setiap saat;
Semoga semangat berbagi dan membantu semakin meningkat di kalangan Be-Exceller dan menjadi amalan yang baik untuk tabungan di akhirat nanti. اَمِين يَا رَبَّ الْعَالَمِيْن
Pada 22 Juli 2013 14.19, Aris Cumi <aris_ekow@yahoo.
Dear para master excel,
Minta bantuannya untuk file (terlampir).
Pertanyaan :
Gimana caranya untuk mengetahui seseorang yang tidak melakukan absen finger baik IN maupun OUT( pakai formula atau macro).
Selama ini saya hanya menggunakan filter per "NAMA" (sangat lama).
Regards,
Dafha
Mon Jul 22, 2013 11:40 pm (PDT) . Posted by:
"Jan Raisin"
coba cek file terlampir..
Wassalam,
-Miss Jan Raisin-
- Untuk kepentingan belajar bersama, pertanyaan harap ditujukan *hanya*ke
belajar-excel@yahoogroups.com bukan dikirim japri ke email pribadi
member milis;
- Jika pertanyaan lama direspon, bersabarlah karena ALLAH beserta dengan
orang-orang yang sabar QS 2:153;
- Harap dipahami bersama bahwa solusi diberikan oleh Be-Exceller yang
memiliki waktu untuk on line, mengetahui solusi atas pertanyaan yang
ditanyakan, mau dan berani untuk membantu, tanpa mengharap imbalan dari
Thread Starter (TS) atau Post Starter (PS), selain itu Be-Excelller juga
memiliki kewajiban yang harus dipenuhi di dunia nyata sehingga tidak selalu
bisa on line setiap saat;
- Semoga semangat berbagi dan membantu semakin meningkat di kalangan
Be-Exceller dan menjadi amalan yang baik untuk tabungan di akhirat nanti.
������ ��� ����� �������������
Pada 23 Juli 2013 08.01, aris_ekow <aris_ekow@yahoo.co.id > menulis:
> **
>
>
> Trims Miss Jan Raisin,
>
> Saya coba pakai pivot kok ga bisa ya..hee(br kenal excel).. kalau boleh di
> share dong yang pakai pivot..:)
>
> Salam,
>
>
> Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com > menulis:
>
>
> coba file terlampir..
> menggunakan 1 kolom bantu dan array formula
>
> sebelumnya Jan sudah coba menggunakan pivot table dan berhasil..
> tapi biar bagi-bagi kesempatan untuk yang lain.. barang kali ada
> Be-Exceller yang bersedia memposting dengan cara tersebut..
>
> Wassalam,
>
>
> -Miss Jan Raisin-
>
>
> - Untuk kepentingan belajar bersama, pertanyaan harap ditujukan *hanya*ke
> belajar-excel@yahoogroups.com bukan dikirim japri ke email pribadi
> member milis;
> - Jika pertanyaan lama direspon, bersabarlah karena ALLAH beserta
> dengan orang-orang yang sabar QS 2:153;
> - Harap dipahami bersama bahwa solusi diberikan oleh Be-Exceller yang
> memiliki waktu untuk on line, mengetahui solusi atas pertanyaan yang
> ditanyakan, mau dan berani untuk membantu, tanpa mengharap imbalan dari
> Thread Starter (TS) atau Post Starter (PS), selain itu Be-Excelller juga
> memiliki kewajiban yang harus dipenuhi di dunia nyata sehingga tidak selalu
> bisa on line setiap saat;
> - Semoga semangat berbagi dan membantu semakin meningkat di kalangan
> Be-Exceller dan menjadi amalan yang baik untuk tabungan di akhirat nanti.
> ������ ��� ����� �������������
>
>
>
> Pada 22 Juli 2013 14.19, Aris Cumi <aris_ekow@yahoo.co.id > menulis:
>
>> **
>>
>>
>> Dear para master excel,
>>
>> Minta bantuannya untuk file (terlampir).
>>
>> Pertanyaan :
>> Gimana caranya untuk mengetahui seseorang yang tidak melakukan absen
>> finger baik IN maupun OUT( pakai formula atau macro).
>> Selama ini saya hanya menggunakan filter per "NAMA" (sangat lama).
>>
>>
>> Regards,
>> Dafha
>>
>>
Wassalam,
-Miss Jan Raisin-
- Untuk kepentingan belajar bersama, pertanyaan harap ditujukan *hanya*ke
belajar-excel@
member milis;
- Jika pertanyaan lama direspon, bersabarlah karena ALLAH beserta dengan
orang-orang yang sabar QS 2:153;
- Harap dipahami bersama bahwa solusi diberikan oleh Be-Exceller yang
memiliki waktu untuk on line, mengetahui solusi atas pertanyaan yang
ditanyakan, mau dan berani untuk membantu, tanpa mengharap imbalan dari
Thread Starter (TS) atau Post Starter (PS), selain itu Be-Excelller juga
memiliki kewajiban yang harus dipenuhi di dunia nyata sehingga tidak selalu
bisa on line setiap saat;
- Semoga semangat berbagi dan membantu semakin meningkat di kalangan
Be-Exceller dan menjadi amalan yang baik untuk tabungan di akhirat nanti.
������ ��� ����� �������������
Pada 23 Juli 2013 08.01, aris_ekow <aris_ekow@yahoo.
> **
>
>
> Trims Miss Jan Raisin,
>
> Saya coba pakai pivot kok ga bisa ya..hee(br kenal excel).. kalau boleh di
> share dong yang pakai pivot..:)
>
> Salam,
>
>
> Jan Raisin <miss.jan.raisin@
>
>
> coba file terlampir..
> menggunakan 1 kolom bantu dan array formula
>
> sebelumnya Jan sudah coba menggunakan pivot table dan berhasil..
> tapi biar bagi-bagi kesempatan untuk yang lain.. barang kali ada
> Be-Exceller yang bersedia memposting dengan cara tersebut..
>
> Wassalam,
>
>
> -Miss Jan Raisin-
>
>
> - Untuk kepentingan belajar bersama, pertanyaan harap ditujukan *hanya*ke
> belajar-excel@
> member milis;
> - Jika pertanyaan lama direspon, bersabarlah karena ALLAH beserta
> dengan orang-orang yang sabar QS 2:153;
> - Harap dipahami bersama bahwa solusi diberikan oleh Be-Exceller yang
> memiliki waktu untuk on line, mengetahui solusi atas pertanyaan yang
> ditanyakan, mau dan berani untuk membantu, tanpa mengharap imbalan dari
> Thread Starter (TS) atau Post Starter (PS), selain itu Be-Excelller juga
> memiliki kewajiban yang harus dipenuhi di dunia nyata sehingga tidak selalu
> bisa on line setiap saat;
> - Semoga semangat berbagi dan membantu semakin meningkat di kalangan
> Be-Exceller dan menjadi amalan yang baik untuk tabungan di akhirat nanti.
> ������ ��� ����� �������������
>
>
>
> Pada 22 Juli 2013 14.19, Aris Cumi <aris_ekow@yahoo.
>
>> **
>>
>>
>> Dear para master excel,
>>
>> Minta bantuannya untuk file (terlampir).
>>
>> Pertanyaan :
>> Gimana caranya untuk mengetahui seseorang yang tidak melakukan absen
>> finger baik IN maupun OUT( pakai formula atau macro).
>> Selama ini saya hanya menggunakan filter per "NAMA" (sangat lama).
>>
>>
>> Regards,
>> Dafha
>>
>>
Mon Jul 22, 2013 11:18 pm (PDT) . Posted by:
"Andy Ajhis Ramadhan" andy_ajhis37
Mungkin dengan ini bisa mas...
Ini kode di form-nya...
Private Sub UserForm_Activate()
Application.OnTime Now + TimeValue("00:00:05"), "TutupTester" 'Disamping menyatakan dalam kurun waktu 5 detik.
End Sub
Private Sub TutupTester()
Unload Tester
End Sub
Atau bisa diliat di form terlampir. tetapi digunakan atau tidak tetap saja tertutup otomatis.
----- Pesan yang Diteruskan -----
Dari: De Premor <de@premor.net>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Jumat, 19 Juli 2013 13:00
Judul: Re: [belajar-excel] timer untuk userform
Kalo di vb ada ocx timer, tetapi di vba timer tersebut tidak bisa digunakan, jadi musti dibuat timerbaru yang support untuk vba
Terlampir ada ocx timer yang support untuk dipakai di VBA
Extract dulu file tersebut disebuah folder, misal di C:\sesuatu92;dptimer.ocx
Kemudian dari menu Startnya windows pilih menu Run, kemudian ketikkan regsvr32 "C:\sesuatu92;dptimer.ocx"
nanti akan keluar box informasi jika registrasi OCX sukses
Selanjutnya, buka VBA Excel
Buka menu Tools- > Additional Control, aktifkan ocx controlnya
Nanti akan muncul Icon baru di tombol controll, setelah itu tinggal di add aja ke form seperti biasa
Kalau sudah, buka file excel yang
dilampirkan, kemudian coba jalankan formnya
disitu saya buat waktunya 10 detik, setiap kali form mendapat fokus, timer akan direset
Rgds,
[dp]
Pada 19/07/2013 8:13, jajang muhammad siddik menulis:
>
>Dear exceler,
>
>Barangkali ada yang tau script untuk membuat sebuah
userform akan close jika tidak digunakan dalam kurun waktu
tertentu.
>
>Salam,
>
>JajangMS
>
Ini kode di form-nya...
Private Sub UserForm_Activate(
Application.
End Sub
Private Sub TutupTester(
Unload Tester
End Sub
Atau bisa diliat di form terlampir. tetapi digunakan atau tidak tetap saja tertutup otomatis.
----- Pesan yang Diteruskan -----
Dari: De Premor <de@premor.net>
Kepada: belajar-excel@
Dikirim: Jumat, 19 Juli 2013 13:00
Judul: Re: [belajar-excel] timer untuk userform
Kalo di vb ada ocx timer, tetapi di vba timer tersebut tidak bisa digunakan, jadi musti dibuat timerbaru yang support untuk vba
Terlampir ada ocx timer yang support untuk dipakai di VBA
Extract dulu file tersebut disebuah folder, misal di C:\sesuatu
Kemudian dari menu Startnya windows pilih menu Run, kemudian ketikkan regsvr32 "C:\
nanti akan keluar box informasi jika registrasi OCX sukses
Selanjutnya, buka VBA Excel
Buka menu Tools- > Additional Control, aktifkan ocx controlnya
Nanti akan muncul Icon baru di tombol controll, setelah itu tinggal di add aja ke form seperti biasa
Kalau sudah, buka file excel yang
dilampirkan, kemudian coba jalankan formnya
disitu saya buat waktunya 10 detik, setiap kali form mendapat fokus, timer akan direset
Rgds,
[dp]
Pada 19/07/2013 8:13, jajang muhammad siddik menulis:
>
>Dear exceler,
>
>Barangkali ada yang tau script untuk membuat sebuah
userform akan close jika tidak digunakan dalam kurun waktu
tertentu.
>
>Salam,
>
>JajangMS
>
Mon Jul 22, 2013 11:19 pm (PDT) . Posted by:
aries_fahruddin
Dear Exeler,
Mohon bantuannya bagaimaina cara menampilkan list tanggal (seperti kalender) di cell excel dengan menggunakan VBA.
Terima kasih.
Best Regards,
Aries
Powered by Telkomsel BlackBerry�
Mohon bantuannya bagaimaina cara menampilkan list tanggal (seperti kalender) di cell excel dengan menggunakan VBA.
Terima kasih.
Best Regards,
Aries
Powered by Telkomsel BlackBerry�
Tue Jul 23, 2013 12:19 am (PDT) . Posted by:
"Andy Ajhis Ramadhan" andy_ajhis37
Mungkin dengan ini mas... file terlampir.
ActiveSheet.OLEObjects.Add(ClassType:="MSCAL.Calendar.7", Link:=False,
DisplayAsIcon:=False, Left:=561.75, Top:=135, Width:=215.25, Height:= 143.25).Select
Selection.Locked = False
Thanks & Best Regards
Andy A. R
----- Pesan yang Diteruskan -----
Dari: "aries_fahruddin@yahoo.com " <aries_fahruddin@yahoo.com >
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Selasa, 23 Juli 2013 12:04
Judul: [belajar-excel] Menampilkan list tanggal pada cell excel dengan VBA
Dear Exeler,
Mohon bantuannya bagaimaina cara menampilkan list tanggal (seperti kalender) di cell excel dengan menggunakan VBA.
Terima kasih.
Best Regards,
Aries
Powered by Telkomsel BlackBerry®
------------------------------------
=====================================================================
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================
----------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
----------------------------------------------------------Yahoo! Groups Links
http://docs.yahoo.com/info/terms/
ActiveSheet.
DisplayAsIcon:
Selection.Locked = False
Thanks & Best Regards
Andy A. R
----- Pesan yang Diteruskan -----
Dari: "aries_fahruddin@
Kepada: belajar-excel@
Dikirim: Selasa, 23 Juli 2013 12:04
Judul: [belajar-excel] Menampilkan list tanggal pada cell excel dengan VBA
Dear Exeler,
Mohon bantuannya bagaimaina cara menampilkan list tanggal (seperti kalender) di cell excel dengan menggunakan VBA.
Terima kasih.
Best Regards,
Aries
Powered by Telkomsel BlackBerry®
------------
============
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.
============
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
============
------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-
posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@
berkunjung ke web milis
http://tech.
melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-
keluar dari membership milis (UnSubscribe)
kirim mail kosong ke belajar-excel-
------------
http://docs.
Tue Jul 23, 2013 12:29 am (PDT) . Posted by:
"hendrik karnadi" hendrikkarnadi
Hi Aries,
Coba file terlampir.
Salam,
HK
________________________________
From: "aries_fahruddin@yahoo.com " <aries_fahruddin@yahoo.com >
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Tuesday, 23 July 2013, 12:04
Subject: [belajar-excel] Menampilkan list tanggal pada cell excel dengan VBA
Dear Exeler,
Mohon bantuannya bagaimaina cara menampilkan list tanggal (seperti kalender) di cell excel dengan menggunakan VBA.
Terima kasih.
Best Regards,
Aries
Powered by Telkomsel BlackBerry®
------------------------------------
=====================================================================
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================
----------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
----------------------------------------------------------Yahoo! Groups Links
http://docs.yahoo.com/info/terms/
Coba file terlampir.
Salam,
HK
____________
From: "aries_fahruddin@
To: belajar-excel@
Sent: Tuesday, 23 July 2013, 12:04
Subject: [belajar-excel] Menampilkan list tanggal pada cell excel dengan VBA
Dear Exeler,
Mohon bantuannya bagaimaina cara menampilkan list tanggal (seperti kalender) di cell excel dengan menggunakan VBA.
Terima kasih.
Best Regards,
Aries
Powered by Telkomsel BlackBerry®
------------
============
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.
============
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
============
------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-
posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@
berkunjung ke web milis
http://tech.
melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-
keluar dari membership milis (UnSubscribe)
kirim mail kosong ke belajar-excel-
------------
http://docs.
Mon Jul 22, 2013 11:20 pm (PDT) . Posted by:
"Ahmad Syaifullah Lubis" syaifullah
Mr De Premor,
terima kasih ya sudah menuntaskan cara merekap nama2 dalam workbook Jilid I.
Gimana Mr De Premor, sebenarnya setiap bulan saya merekap data2 tsb dan saya simpan dan diberi nama Jan2010 s/d Des2010. Selama ini, file2 tsb saya satukan kembali sesuai dengan sheet yang sama dari Jan2010 s/d Des 2010, yaitu dengan cara saya cari sheet misal Proyek G saya satukan dari Januari s/d Desember dengan mengcopy dari sheet2 tsb dari jan s/des. sehingga terbentuklah laporan setahun dari Jan s/d Des untuk Proyek G. begitu seterusnya untuk proyek2 yang lainnya secara manual (copy paste).
Terpikiran saya, apakah ada solusinya di macro excel?.
Mohon dibantu lagi ya Mr De Premor.
Terima Kasih.
ASL
Dari: De
Premor <de@premor.net>
Kepada:
belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim:
Senin, 22 Juli 2013 15:57
Judul:
Re: [belajar-excel] Re: EXCEL - Cara merekap nama2
dalam workbook
sebenarnya tinggal digeser2 saja, sama
dilebar-lebarin
terlampir makronya sudah saya beri tambahan
keterangan
Rgds,
[dp]
On
22/07/2013 11:00, Ahmad Syaifullah Lubis
wrote:
Saya sangat beruntung dengan
bergabung di millis belajar-excel di
sini. Sekali lagi terima kasih buat
moderator, Mr De Premor, Mr Hendrik dan
Mrs Jan Raisin yang begitu cepat
merespon masalah yang saya hadapi ini.
Pelan2 saya pelajari memahami macro/vba
yang disertakan, terakhir dari Mr De
Premor, saya cuman bisa nyisipin colomn
"Jenis Laporan" cuman itu doang bisanya.
:)
padahal kepingin saya penambahan nomor
urut di sebelah kiri kode perusahaan dan
di sebelah kanan saldo akhir saya ingin
berikan keterangan ceklist "ok" atau
"wrong". tapi saya gak bisa. mentah
banget ilmu macro saya sih.
ini nih keinginan saya " No. Kode
Perusahaan Nama Perusahaan Jenis Laporan
Saldo Awal Debet Kredit Saldo Akhir
Keterangan"
untuk ceklist "Ok atau Wrong" merupakan
hasil dari rumus "jika saldo
awal+debet-kredit=saldo akhir maka
hasilnya "ok"; kalau salah hasilnya
"wrong".
oh ya ada satu yang mengganjal hati
saya, kok hasilnya beda kalau kita tulis
"PT . Andika Bara" (ada spasi anta PT
dan titik) akan menghasilkan ". Andika
Bara" (tidak ada PT nya?), tetapi kalau
tulisannya "PT. Andika Bara" hasilnya
tetap "PT. Andika Bara".
terima kasih.
ASL
To: belajar-excel@yahoogroups.com
From: de@premor.net
Date: Sat, 20 Jul 2013 12:41:22 +0700
Subject: Re: [belajar-excel] Re: EXCEL -
Cara merekap nama2 dalam workbook
terlampir
(^_^)
terima kasih ya sudah menuntaskan cara merekap nama2 dalam workbook Jilid I.
Gimana Mr De Premor, sebenarnya setiap bulan saya merekap data2 tsb dan saya simpan dan diberi nama Jan2010 s/d Des2010. Selama ini, file2 tsb saya satukan kembali sesuai dengan sheet yang sama dari Jan2010 s/d Des 2010, yaitu dengan cara saya cari sheet misal Proyek G saya satukan dari Januari s/d Desember dengan mengcopy dari sheet2 tsb dari jan s/des. sehingga terbentuklah laporan setahun dari Jan s/d Des untuk Proyek G. begitu seterusnya untuk proyek2 yang lainnya secara manual (copy paste).
Terpikiran saya, apakah ada solusinya di macro excel?.
Mohon dibantu lagi ya Mr De Premor.
Terima Kasih.
ASL
Dari: De
Premor <de@premor.net>
Kepada:
belajar-excel@
Dikirim:
Senin, 22 Juli 2013 15:57
Judul:
Re: [belajar-excel] Re: EXCEL - Cara merekap nama2
dalam workbook
sebenarnya tinggal digeser2 saja, sama
dilebar-lebarin
terlampir makronya sudah saya beri tambahan
keterangan
Rgds,
[dp]
On
22/07/2013 11:00, Ahmad Syaifullah Lubis
wrote:
Saya sangat beruntung dengan
bergabung di millis belajar-excel di
sini. Sekali lagi terima kasih buat
moderator, Mr De Premor, Mr Hendrik dan
Mrs Jan Raisin yang begitu cepat
merespon masalah yang saya hadapi ini.
Pelan2 saya pelajari memahami macro/vba
yang disertakan, terakhir dari Mr De
Premor, saya cuman bisa nyisipin colomn
"Jenis Laporan" cuman itu doang bisanya.
:)
padahal kepingin saya penambahan nomor
urut di sebelah kiri kode perusahaan dan
di sebelah kanan saldo akhir saya ingin
berikan keterangan ceklist "ok" atau
"wrong"
banget ilmu macro saya sih.
ini nih keinginan saya " No. Kode
Perusahaan Nama Perusahaan Jenis Laporan
Saldo Awal Debet Kredit Saldo Akhir
Keterangan"
untuk ceklist "Ok atau Wrong" merupakan
hasil dari rumus "jika saldo
awal+debet-kredit=
hasilnya "ok"
"wrong"
oh ya ada satu yang mengganjal hati
saya, kok hasilnya beda kalau kita tulis
"PT . Andika Bara" (ada spasi anta PT
dan titik) akan menghasilkan ". Andika
Bara" (tidak ada PT nya?), tetapi kalau
tulisannya "PT. Andika Bara" hasilnya
tetap "PT. Andika Bara".
terima kasih.
ASL
To: belajar-excel@
From: de@premor.net
Date: Sat, 20 Jul 2013 12:41:22 +0700
Subject: Re: [belajar-excel] Re: EXCEL -
Cara merekap nama2 dalam workbook
terlampir
(^_^)
Tue Jul 23, 2013 12:35 am (PDT) . Posted by:
"Jan Raisin"
Ikutan lagi..
mumpung belum ada yang nyemplung jurang bareng-bareng.. kasih saran saja..
kalo melihat kasus ini Part II yang berarti kelanjutan dari kasus
sebelumnya..
maka yang harus dilakukan adalah mempebaiki database-nya dahulu
jika database-nya baik maka pembuatan laporannya akan lebih mudah..
kondisi saat ini adalah seperti ini (4 project x 4 bulan) sample dipotong
karena kebanyakan
---kondisi pada contoh sebelumnya 27 sheet dikali 12 bulan pada thread kali
ini = 324 sheet---
[image: Gambar sisip 1]
bisa dibayangkan bagaimana bentuk database untuk 27 project x 12 bulan x n
tahun
Kenapa tidak diperbaiki bentuk database-nya menjadi seperti di bawah ini..
[image: Gambar sisip 6]
Semua field yang sama disatukan termasuk nama projectnya, kolom Saldo dapat
dihilangkan karena hasil dari Saldo Awal + Dr - Cr
Database harus memiliki 1 buah primary key yang bersifat unik, karena itu
ditambahkan 1 kolom primary key
Bentuk tabelnya nanti akan menjadi seperti ini:
[image: Gambar sisip 5]
Hanya akan ada 1 buah database untuk menampung seluruh project selama 1
tahun, proses pembuatan laporannya tentu akan lebih mudah dari pada harus
mengggabung-gabungkan banyak sheet dari banyak workbook untuk membuat 1
buah laporan.
Sulit di awal, tetapi insya ALLAH hanya dengan beberapa kali klik maka
laporan yang diinginkan oleh si Big Boss akan dapat disajikan dengan cepat
dan akurat, dengan memanfaatkan fitur Pivot table tanpa harus capek-capek
nye-krip macro dulu.
Hanya sekedar saran.. boleh diterima atau ditolak ^_^
Wassalam,
-Miss Jan Raisin-
- Untuk kepentingan belajar bersama, pertanyaan harap ditujukan *hanya*ke
belajar-excel@yahoogroups.com bukan dikirim japri ke email pribadi
member milis;
- Jika pertanyaan lama direspon, bersabarlah karena ALLAH beserta dengan
orang-orang yang sabar QS 2:153;
- Harap dipahami bersama bahwa solusi diberikan oleh Be-Exceller yang
memiliki waktu untuk on line, mengetahui solusi atas pertanyaan yang
ditanyakan, mau dan berani untuk membantu, tanpa mengharap imbalan dari
Thread Starter (TS) atau Post Starter (PS), selain itu Be-Excelller juga
memiliki kewajiban yang harus dipenuhi di dunia nyata sehingga tidak selalu
bisa on line setiap saat;
- Semoga semangat berbagi dan membantu semakin meningkat di kalangan
Be-Exceller dan menjadi amalan yang baik untuk tabungan di akhirat nanti.
������ ��� ����� �������������
Pada 23 Juli 2013 12.58, Ahmad Syaifullah Lubis <syaifullah@hotmail.com >menulis:
> **
>
>
> Mr De Premor,
> terima kasih ya sudah menuntaskan cara merekap nama2 dalam workbook Jilid
> I.
> Gimana Mr De Premor, sebenarnya setiap bulan saya merekap data2 tsb dan
> saya simpan dan diberi nama Jan2010 s/d Des2010. Selama ini, file2 tsb saya
> satukan kembali sesuai dengan sheet yang sama dari Jan2010 s/d Des 2010,
> yaitu dengan cara saya cari sheet misal Proyek G saya satukan dari Januari
> s/d Desember dengan mengcopy dari sheet2 tsb dari jan s/des. sehingga
> terbentuklah laporan setahun dari Jan s/d Des untuk Proyek G. begitu
> seterusnya untuk proyek2 yang lainnya secara manual (copy paste).
> Terpikiran saya, apakah ada solusinya di macro excel?.
> Mohon dibantu lagi ya Mr De Premor.
> Terima Kasih.
> ASL
>
>
mumpung belum ada yang nyemplung jurang bareng-bareng.
kalo melihat kasus ini Part II yang berarti kelanjutan dari kasus
sebelumnya..
maka yang harus dilakukan adalah mempebaiki database-nya dahulu
jika database-nya baik maka pembuatan laporannya akan lebih mudah..
kondisi saat ini adalah seperti ini (4 project x 4 bulan) sample dipotong
karena kebanyakan
---kondisi pada contoh sebelumnya 27 sheet dikali 12 bulan pada thread kali
ini = 324 sheet---
[image: Gambar sisip 1]
bisa dibayangkan bagaimana bentuk database untuk 27 project x 12 bulan x n
tahun
Kenapa tidak diperbaiki bentuk database-nya menjadi seperti di bawah ini..
[image: Gambar sisip 6]
Semua field yang sama disatukan termasuk nama projectnya, kolom Saldo dapat
dihilangkan karena hasil dari Saldo Awal + Dr - Cr
Database harus memiliki 1 buah primary key yang bersifat unik, karena itu
ditambahkan 1 kolom primary key
Bentuk tabelnya nanti akan menjadi seperti ini:
[image: Gambar sisip 5]
Hanya akan ada 1 buah database untuk menampung seluruh project selama 1
tahun, proses pembuatan laporannya tentu akan lebih mudah dari pada harus
mengggabung-
buah laporan.
Sulit di awal, tetapi insya ALLAH hanya dengan beberapa kali klik maka
laporan yang diinginkan oleh si Big Boss akan dapat disajikan dengan cepat
dan akurat, dengan memanfaatkan fitur Pivot table tanpa harus capek-capek
nye-krip macro dulu.
Hanya sekedar saran.. boleh diterima atau ditolak ^_^
Wassalam,
-Miss Jan Raisin-
- Untuk kepentingan belajar bersama, pertanyaan harap ditujukan *hanya*ke
belajar-excel@
member milis;
- Jika pertanyaan lama direspon, bersabarlah karena ALLAH beserta dengan
orang-orang yang sabar QS 2:153;
- Harap dipahami bersama bahwa solusi diberikan oleh Be-Exceller yang
memiliki waktu untuk on line, mengetahui solusi atas pertanyaan yang
ditanyakan, mau dan berani untuk membantu, tanpa mengharap imbalan dari
Thread Starter (TS) atau Post Starter (PS), selain itu Be-Excelller juga
memiliki kewajiban yang harus dipenuhi di dunia nyata sehingga tidak selalu
bisa on line setiap saat;
- Semoga semangat berbagi dan membantu semakin meningkat di kalangan
Be-Exceller dan menjadi amalan yang baik untuk tabungan di akhirat nanti.
������ ��� ����� �������������
Pada 23 Juli 2013 12.58, Ahmad Syaifullah Lubis <syaifullah@hotmail.
> **
>
>
> Mr De Premor,
> terima kasih ya sudah menuntaskan cara merekap nama2 dalam workbook Jilid
> I.
> Gimana Mr De Premor, sebenarnya setiap bulan saya merekap data2 tsb dan
> saya simpan dan diberi nama Jan2010 s/d Des2010. Selama ini, file2 tsb saya
> satukan kembali sesuai dengan sheet yang sama dari Jan2010 s/d Des 2010,
> yaitu dengan cara saya cari sheet misal Proyek G saya satukan dari Januari
> s/d Desember dengan mengcopy dari sheet2 tsb dari jan s/des. sehingga
> terbentuklah laporan setahun dari Jan s/d Des untuk Proyek G. begitu
> seterusnya untuk proyek2 yang lainnya secara manual (copy paste).
> Terpikiran saya, apakah ada solusinya di macro excel?.
> Mohon dibantu lagi ya Mr De Premor.
> Terima Kasih.
> ASL
>
>
Tue Jul 23, 2013 1:18 am (PDT) . Posted by:
"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
File terlampir.
Wassalam,
Kid.
2013/7/22 milisastro <milisastro@gmail.com >
> **
>
>
> Dear All,
>
> Setelah kutak katik dan berhasil menghapus row dan c masih olumn blank,
> untuk coding copy paste nya masih belum solved & tambah bingung. Tolong
> para master untuk coding copy paste seperti terlampir.
>
> Terima kasih.
>
>
>
> 2013/7/18 milisastro <milisastro@gmail.com >
>
>> Wow mantap....matur suwun Mr.Kid, semoga ditambah pahalanya karena senang
>> berbagi ilmu.
>>
>>
>> 2013/7/18 Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com >
>>
>> **
>>>
>>>
>>> hehehe...
>>>
>>> 1. unmerge cell ya..
>>> range.unmerge
>>> misal : range("b3:aa3").entirecolumn.unmerge
>>>
>>> 2. Untuk data seperti file awal, sebaiknya gunakan header yang baris 3.
>>> Untuk hapus column yang kosong :
>>> range("b3:aa3").specialcells(xlcelltypeblanks).entirecolumn.delete
>>>
>>> 3. hapus isi header baris 2
>>> range("b2:aa2").clearcontents
>>>
>>> 4. simpan area data ke sebuah variabel range :
>>> dim rngData as range
>>> set rngdata=range("b3").currentregion
>>>
>>> 5. ingin non aktifkan autofilter yang ada
>>> rngdata.parent.autofiltermode=false
>>>
>>> 6. ingin filter data baris data dengan header baris 2 tadi (area blok
>>> data pertama)
>>> >> gunakan kolom resigndate (kolom ke-5) untuk ambil data blok milik
>>> header bernama hire date
>>> >> filter yang tidak blank
>>> rangdata.autofilter 5, "<>"
>>>
>>> 7. copy datanya (tanpa header) dari yang tampak
>>> rngdata.offset(1).specialcells(xlcelltypevisible).copy
>>>
>>> 8. paste ke sheet bernama myData (misalkan ada sheet bernama mydata) di
>>> a2 nya (area blok pertama dimulai di kolom A)
>>> sheets("mydata").range("a2").pastespecials xlpastevalues
>>>
>>> 9. filter yang blank di kolom ke 5 untuk ambil blok data kedua (header
>>> di baris 3)
>>> rngdata.autofilter 6, vbnullstring
>>>
>>> 10. copy hasil autofilter dan paste ke sheet myData mulai baris yang
>>> sama dengan blok pertama, tapi di kolom L -> berarti di L2 karena blok
>>> pertama di paste ke baris 2
>>> rngdata.offset(1).specialcells(xlcelltypevisible).copy
>>> sheets("myData").range("L2").pastespecials xlpastevalues
>>>
>>> 11. clear autofilter
>>> rngdata.parent.autofiltermode=false
>>>
>>> 12. pesan ke user
>>> msgbox "Done.", vbinformation,"Normalisasi tahap pertama"
>>>
>>> 13. :)
>>> >> tinggal disesuaikan kode programnya dengan dunia nyata setempat
>>>
>>> Wassalam,
>>> Kid.
>>>
>>>
>>>
>>>
>>> 2013/7/18 milisastro <milisastro@gmail.com >
>>>
>>>> **
>>>>
>>>>
>>>> Oh ok...berarti tidak ter-delete blank column nya karena merge cell ya,
>>>> apakah punya sample coding untuk unmerge all cells?
>>>>
>>>> Oh ya file contoh yang dilampirkan di email awal adalah dari file asli
>>>> yg diganti isi datanya & bisa sampai 3000 an row, makanya saya perlu
>>>> bantuan untuk mempercepat rubah format cell agar bisa menjadi format
>>>> database friendly (unmerged, no blank row/column) sehingga bisa diolah lagi
>>>> jadi report. Dan bos saya inginnya semua report jadi dalam sehari, kalau
>>>> copas manual dengan data ribuan akan sangat lama pengerjaannya.
>>>>
>>>> Jika berkenan Mr.Kid tolong beri contoh coding untuk copy paste ke
>>>> kanan & looping untuk baris dibawahnya.
>>>>
>>>> Terima kasih banyak atas bantuannya.
>>>>
>>>> Regards,
>>>> Isti
>>>>
>>>>
>>>> On Wednesday, July 17, 2013, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com > wrote:
>>>> >
>>>> >
>>>> > Coba buat agar tabel tidak ada yang di-merge cell lebih dulu
>>>> >
>>>> > Wassalam,
>>>> > Kid.
>>>> >
>>>> >
>>>> >
>>>> > 2013/7/17 milisastro <milisastro@gmail.com >
>>>> >>
>>>> >>
>>>> >>
>>>> >> Dear Be-Exceller,
>>>> >>
>>>> >> Mohon bantuannya untuk vba code cara melakukan copy paste otomatis &
>>>> menghapus column serta row kosong (vba code sudah ada tapi masih belum
>>>> sempurna), source table datanya bertumpuk dan inginnya ketika di
>>>> paste dibuat memanjang kesamping dari column title kemudian data baris
>>>> berikutnya, dst.
>>>> >>
>>>> >> Contoh data dan problem terlampir.
>>>> >>
>>>> >> Terima kasih atas bantuannya.
>>>> >>
>>>> >> Regards,
>>>> >> Isti
>>>> >>
>>>> >>
>>>> >>
>>>> >>
>>>> >> --
>>>> >> Sent from desktop powered by PC
>>>> >>
>>>> >
>>>> >
>>>>
>>>> --
>>>> Sent from desktop powered by PC
>>>> http://www.pulsagram.com/indexCN116854.htm
>>>>
>>>>
>>>
>>
>>
>> --
>> Sent from desktop powered by PC
>> http://www.pulsagram.com/indexCN116854.htm
>>
>
>
>
> --
> Sent from desktop powered by PC
> http://www.pulsagram.com/indexCN116854.htm
>
>
>
Wassalam,
Kid.
2013/7/22 milisastro <milisastro@gmail.
> **
>
>
> Dear All,
>
> Setelah kutak katik dan berhasil menghapus row dan c masih olumn blank,
> untuk coding copy paste nya masih belum solved & tambah bingung. Tolong
> para master untuk coding copy paste seperti terlampir.
>
> Terima kasih.
>
>
>
> 2013/7/18 milisastro <milisastro@gmail.
>
>> Wow mantap....matur suwun Mr.Kid, semoga ditambah pahalanya karena senang
>> berbagi ilmu.
>>
>>
>> 2013/7/18 Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.
>>
>> **
>>>
>>>
>>> hehehe...
>>>
>>> 1. unmerge cell ya..
>>> range.unmerge
>>> misal : range("
>>>
>>> 2. Untuk data seperti file awal, sebaiknya gunakan header yang baris 3.
>>> Untuk hapus column yang kosong :
>>> range("
>>>
>>> 3. hapus isi header baris 2
>>> range("
>>>
>>> 4. simpan area data ke sebuah variabel range :
>>> dim rngData as range
>>> set rngdata=range(
>>>
>>> 5. ingin non aktifkan autofilter yang ada
>>> rngdata.parent.
>>>
>>> 6. ingin filter data baris data dengan header baris 2 tadi (area blok
>>> data pertama)
>>> >> gunakan kolom resigndate (kolom ke-5) untuk ambil data blok milik
>>> header bernama hire date
>>> >> filter yang tidak blank
>>> rangdata.autofilter 5, "<>
>>>
>>> 7. copy datanya (tanpa header) dari yang tampak
>>> rngdata.offset(
>>>
>>> 8. paste ke sheet bernama myData (misalkan ada sheet bernama mydata) di
>>> a2 nya (area blok pertama dimulai di kolom A)
>>> sheets("
>>>
>>> 9. filter yang blank di kolom ke 5 untuk ambil blok data kedua (header
>>> di baris 3)
>>> rngdata.autofilter 6, vbnullstring
>>>
>>> 10. copy hasil autofilter dan paste ke sheet myData mulai baris yang
>>> sama dengan blok pertama, tapi di kolom L -> berarti di L2 karena blok
>>> pertama di paste ke baris 2
>>> rngdata.offset(
>>> sheets("
>>>
>>> 11. clear autofilter
>>> rngdata.parent.
>>>
>>> 12. pesan ke user
>>> msgbox "Done."
>>>
>>> 13. :)
>>> >> tinggal disesuaikan kode programnya dengan dunia nyata setempat
>>>
>>> Wassalam,
>>> Kid.
>>>
>>>
>>>
>>>
>>> 2013/7/18 milisastro <milisastro@gmail.
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>
>>
>> --
>> Sent from desktop powered by PC
>> http://www.pulsagra
>>
>
>
>
> --
> Sent from desktop powered by PC
> http://www.pulsagra
>
>
>
Tue Jul 23, 2013 1:31 am (PDT) . Posted by:
"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
Sekiranya saya tambahkan tombol edit dan delete,bagaimana list coding
programnya?.
>> Coba sebelum memikirkan tombol edit dan deletenya, jabarkan dengan detil
yang Anda pahami tentang :
1. Proses Edit yang Anda maksud
2. Proses Delete yang Anda maksud
3. Apa saja yang dibutuhkan oleh proses Edit sesuai jawaban nomor 1
4. Apa saja yang dibutuhkan oleh proses Delete sesuai jawaban nomor 2
5. Apa saja yang perlu diwaspadai ? misal, mungkinkah ada duplicate
berdasar batasan yang sudah dijawab di nomor 1 sampai 4
6. Sudahkah semua kebutuhannya disiapkan ? Diletakkan dimana ?
7. Apa saja wawasan tentang VBA yang sudah Anda miliki ? Kapan terakhir
bertambah ?
8. Coba susun beberapa topik dari masalah Edit dan Delete ini, dan posting
ke milis topik per topik
Kadangkala, nomor 1 sampai nomor 5 dianggap enteng oleh siapa saja yang
fokusnya pada hasil saja.
Sedangkan hasil dalam otomasi atau pembangunan aplikasi apapun tergantung
pada nomor 1 sampai 5 yang sering disebut sebagai penjabaran masalah.
Bahkan yang nomor 5 sering tertutupi kalimat 'Oh kalau kemungkinan seperti
itu tidak mungkin terjadi', sehingga kemungkinan yang tampaknya kecil untuk
terjadi sering diabaikan. Padahal kita semua sepakat loh kalau bukan kita
semua ini yang membuat dunia beserta isinya.
Wassalam,
Kid.
2013/7/22 Salam <aang@dmcti.co.id >
> **
>
>
> Dear Mr.Kid,
>
> Sekiranya saya tambahkan tombol edit dan delete,bagaimana list coding
> programnya?.
> terima kasih sebelumnya.
>
> Regards,
>
> A.Salam
>
>
>
> On 20/07/2013 2:11, Mr. Kid wrote:
>
>
> Mungkin seperti file terlampir.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
> 2013/7/19 Salam <aang@dmcti.co.id >
>
>
>
> Dear Exceler,
>
> Atas permintaan Miss Jan saya perinci permasalahan yang saya hadapi,
> (attachement terlampir)
>
> Regards,
> A.Salam
>
>
> Pada 19 Juli 2013 13.46, Salam <aang@dmcti.co.id > menulis:
>
> Kalau yang saya inginkan cukup komplek, yaitu :
> 1. input Type Product,Lotnumber,Qty,Waktu input
> 2. kemudian membuat query dg ketentuan Type Product yang Lotnumber sama
> Qty akan ditotal
> Bagi saya masalah ini cukup komplek.
> untuk contoh terlampir
>
> Salam,
> A.Salam
>
>
>
>
>
>
programnya?.
>> Coba sebelum memikirkan tombol edit dan deletenya, jabarkan dengan detil
yang Anda pahami tentang :
1. Proses Edit yang Anda maksud
2. Proses Delete yang Anda maksud
3. Apa saja yang dibutuhkan oleh proses Edit sesuai jawaban nomor 1
4. Apa saja yang dibutuhkan oleh proses Delete sesuai jawaban nomor 2
5. Apa saja yang perlu diwaspadai ? misal, mungkinkah ada duplicate
berdasar batasan yang sudah dijawab di nomor 1 sampai 4
6. Sudahkah semua kebutuhannya disiapkan ? Diletakkan dimana ?
7. Apa saja wawasan tentang VBA yang sudah Anda miliki ? Kapan terakhir
bertambah ?
8. Coba susun beberapa topik dari masalah Edit dan Delete ini, dan posting
ke milis topik per topik
Kadangkala, nomor 1 sampai nomor 5 dianggap enteng oleh siapa saja yang
fokusnya pada hasil saja.
Sedangkan hasil dalam otomasi atau pembangunan aplikasi apapun tergantung
pada nomor 1 sampai 5 yang sering disebut sebagai penjabaran masalah.
Bahkan yang nomor 5 sering tertutupi kalimat 'Oh kalau kemungkinan seperti
itu tidak mungkin terjadi'
terjadi sering diabaikan. Padahal kita semua sepakat loh kalau bukan kita
semua ini yang membuat dunia beserta isinya.
Wassalam,
Kid.
2013/7/22 Salam <aang@dmcti.co.
> **
>
>
> Dear Mr.Kid,
>
> Sekiranya saya tambahkan tombol edit dan delete,bagaimana list coding
> programnya?.
> terima kasih sebelumnya.
>
> Regards,
>
> A.Salam
>
>
>
> On 20/07/2013 2:11, Mr. Kid wrote:
>
>
> Mungkin seperti file terlampir.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
> 2013/7/19 Salam <aang@dmcti.co.
>
>
>
> Dear Exceler,
>
> Atas permintaan Miss Jan saya perinci permasalahan yang saya hadapi,
> (attachement terlampir)
>
> Regards,
> A.Salam
>
>
> Pada 19 Juli 2013 13.46, Salam <aang@dmcti.co.
>
> Kalau yang saya inginkan cukup komplek, yaitu :
> 1. input Type Product,Lotnumber,
> 2. kemudian membuat query dg ketentuan Type Product yang Lotnumber sama
> Qty akan ditotal
> Bagi saya masalah ini cukup komplek.
> untuk contoh terlampir
>
> Salam,
> A.Salam
>
>
>
>
>
>
GROUP FOOTER MESSAGE
=====================================================================
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
Tidak ada komentar:
Posting Komentar