Rabu, 24 Juli 2013

[belajar-excel] Digest Number 2441

Milis Belajar Microsoft Excel

15 New Messages

Digest #2441
1a
Re: Sharing - Copy VisibleCell by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
1b
Re: Sharing - Copy VisibleCell by "hendrik karnadi" hendrikkarnadi
1c
Mencari KPK by "Heru Safrudin" superheruu
1d
Re: Mencari KPK by "hendrik karnadi" hendrikkarnadi
1e
Re: Mencari KPK by "Jan Raisin"
1f
Bls: [belajar-excel] Mencari KPK by "Prodev SIMPLE PB" prodev_simple
1g
Re: Mencari KPK by "hendrik karnadi" hendrikkarnadi
1h
Re: Mencari KPK by "zainul_ulum[at]yahoo[dot]com" zainul_ulum
7
isian tabel vlooup dkk??? by "Shenly" shenly_excelmania
8
Fw: RE: [belajar-excel] Mencari kriteria masa kerja by "agus_1194@yahoo.co.id" agus_1194

Messages

Tue Jul 23, 2013 5:32 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

>> menyalin hasil filter di sheet yang aktif di A2:G10000 ke sheets bernama
hasil di cell A2.
Prosedur berikut :
Sub Kopi()
Range("A2:G10000").SpecialCells(xlCellTypeVisible).Select
Selection.Copy Sheets("Hasil").Range("A2")
End Sub

bisa menjadi sebaris :
Sub Kopi()
Range("A2:G10000").SpecialCells(xlCellTypeVisible).Copy
Sheets("Hasil").Range("A2")
End Sub

Hati-hati untuk area hasil filter yang sangat banyak.

Wassalam,
Kid.

2013/7/23 hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>

> **
>
>
> Dear Be-Excellers,
>
> Ini adalah kasus seorang rekan dari negeri seberang yang mungkin juga
> bermanfaat untuk kita.
> Ceritanya beliau melakukan auto filter pada Sheet Data (Datanya maks
> 10.000 baris tmsk Header) kemudian mau mengcopy hasilnya ke Sheet Hasil
> (Headernya sama dengan Header pada Sheet Data)
>
> Saya buatkan macro sbb:
>
> Sub Kopi()
> Range("A2:G10000").SpecialCells(xlCellTypeVisible).Select
> Selection.Copy Sheets("Hasil").Range("A2")
> End Sub
>
> Posisi penunjuk sel pada waktu menjalankan macro ada pada Sheet Data.
>
> Salam,
> HK
>
>
>

Tue Jul 23, 2013 6:54 pm (PDT) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Terima kasih Mr Kid atas tipsnya.

Saya coba yang lebih cepat,
Sub Kopi()
    Cells(1).CurrentRegion.SpecialCells(xlCellTypeVisible).Copy Range("Hasil!A1")
End Sub

Salam,
HK

________________________________
From: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
To: BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Tuesday, 23 July 2013, 19:32
Subject: Re: [belajar-excel] Sharing - Copy VisibleCell


 
>> menyalin hasil filter di sheet yang aktif di A2:G10000 ke sheets bernama hasil di cell A2.

Prosedur berikut :

Sub Kopi()
    Range("A2:G10000").SpecialCells(xlCellTypeVisible).Select
    Selection.Copy Sheets("Hasil").Range("A2")
End Sub

bisa menjadi sebaris :

Sub Kopi()
    Range("A2:G10000").SpecialCells(xlCellTypeVisible).Copy Sheets("Hasil").Range("A2")
End Sub

Hati-hati untuk area hasil filter yang sangat banyak.

Wassalam,

Kid.

2013/7/23 hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>


>Dear Be-Excellers,
>
>
>Ini adalah kasus seorang rekan dari negeri seberang yang mungkin juga bermanfaat untuk kita.
>Ceritanya beliau melakukan auto filter pada Sheet Data (Datanya maks 10.000 baris tmsk Header) kemudian mau mengcopy hasilnya ke Sheet Hasil (Headernya sama dengan Header pada Sheet Data)
>
>
>Saya buatkan macro sbb:
>
>
>Sub Kopi()
>    Range("A2:G10000").SpecialCells(xlCellTypeVisible).Select
>    Selection.Copy Sheets("Hasil").Range("A2")
>End Sub
>
>
>Posisi penunjuk sel pada waktu menjalankan macro ada pada Sheet Data.
>
>
>Salam,
>HK

Tue Jul 23, 2013 11:50 pm (PDT) . Posted by:

"Heru Safrudin" superheruu

Dear Master,..

Dari tetanggal sebelah,

untuk mencari nilia KPK gunakan fungsi LCM (least common multiple)

contoh fungsi =LCM(3;7) akan menghasilkan 21

Bagaimana membuat fungsi diatas dengan macro ???

Terima kasih atas bantuannya

<ymsgr:sendIM?heru.safrudin>;

Wed Jul 24, 2013 12:23 am (PDT) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Copas ini di module1,

Function LCM(x As Integer, y As Integer) As Integer
    LCM = x * y
End Function

Salam,
HK

________________________________
From: Heru Safrudin <superheruu@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Wednesday, 24 July 2013, 13:49
Subject: [belajar-excel] Mencari KPK


 
Dear
Master,….
 
Dari
tetanggal sebelah,
untuk mencari
nilia KPK gunakan fungsi LCM (least common multiple)
contoh fungsi
=LCM(3;7) akan menghasilkan 21
 
Bagaimana membuat fungsi diatas dengan
macro ???
 
Terima kasih atas bantuannya
 
 
 
 
 
 

Wed Jul 24, 2013 12:36 am (PDT) . Posted by:

"Jan Raisin"

pak Heru

coba di vba panggil dengan script application.worksheetfunction.LCM

maaf pak Hendrik, fungsinya belum tepat.. KPK 25 dan 100 adalah 100 yang
berasal dari 25 x 4 dan 100 x 1

وَسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

-Miss Jan Raisin-

- Untuk kepentingan belajar bersama, pertanyaan harap ditujukan *hanya*ke
belajar-excel@yahoogroups.com bukan dikirim japri ke email pribadi
member milis;
- Jika pertanyaan lama direspon, bersabarlah karena ALLAH beserta dengan
orang-orang yang sabar QS 2:153;
- Harap dipahami bersama bahwa solusi diberikan oleh Be-Exceller yang
memiliki waktu untuk on line, mengetahui solusi atas pertanyaan yang
ditanyakan, mau dan berani untuk membantu, tanpa mengharap imbalan dari
Thread Starter (TS) atau Post Starter (PS), selain itu Be-Excelller juga
memiliki kewajiban yang harus dipenuhi di dunia nyata sehingga tidak selalu
bisa on line setiap saat;
- Semoga semangat berbagi dan membantu semakin meningkat di kalangan
Be-Exceller dan menjadi amalan yang baik untuk tabungan di akhirat nanti.
اَمِين يَا رَبَّ الْعَالَمِيْن

Pada 24 Juli 2013 14.23, hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com> menulis:

> **
>
>
> Copas ini di module1,
>
> Function LCM(x As Integer, y As Integer) As Integer
> LCM = x * y
> End Function
>
> Salam,
> HK
>
> ------------------------------
> *From:* Heru Safrudin <superheruu@gmail.com>
> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Sent:* Wednesday, 24 July 2013, 13:49
> *Subject:* [belajar-excel] Mencari KPK
>
>
> Dear Master,….
>
> Dari tetanggal sebelah,
> untuk mencari nilia KPK gunakan fungsi LCM (least common multiple)
> contoh fungsi =LCM(3;7) akan menghasilkan 21
>
> Bagaimana membuat fungsi diatas dengan macro ???
>
> Terima kasih atas bantuannya
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>

Wed Jul 24, 2013 12:36 am (PDT) . Posted by:

"Prodev SIMPLE PB" prodev_simple

Wah, tambahan ilmu baru nih Pak Heru.
Nah, kalau untuk FPB nya pakai rumus apa ya?
Karena KPK dan FPB ibarat sodara kembar...biasanya sepaket kalau dalam materi pelajaran :)

- prodev simple -

________________________________
Dari: Heru Safrudin <superheruu@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Rabu, 24 Juli 2013 13:49
Judul: [belajar-excel] Mencari KPK


 
Dear
Master,….
 
Dari
tetanggal sebelah,
untuk mencari
nilia KPK gunakan fungsi LCM (least common multiple)
contoh fungsi
=LCM(3;7) akan menghasilkan 21
 
Bagaimana membuat fungsi diatas dengan
macro ???
 
Terima kasih atas bantuannya
 

Wed Jul 24, 2013 12:54 am (PDT) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Oh maaf Pak Heru dan Mis Jan,
Saya lupa kepanjangan dari KPK (bukan Komisi Pemberantasan Korupsi kan?) , saya pikir hanya perkalian biasa.

Salam,
HK

NB: lagi ngantuk

________________________________
From: Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Wednesday, 24 July 2013, 14:35
Subject: Re: [belajar-excel] Mencari KPK


 
pak Heru

coba di vba panggil dengan script application.worksheetfunction.LCM

maaf pak Hendrik, fungsinya belum tepat.. KPK 25 dan 100 adalah 100 yang berasal dari 25 x 4 dan 100 x 1

وَسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

-Miss Jan Raisin-

* Untuk kepentingan belajar bersama, pertanyaan harap ditujukan hanyake belajar-excel@yahoogroups.com bukan dikirim japri ke email pribadi member milis;

* Jika pertanyaan lama direspon, bersabarlah karena ALLAH beserta dengan orang-orang yang sabar QS 2:153;

* Harap dipahami bersama bahwa solusi diberikan oleh Be-Exceller yang memiliki waktu untuk on line, mengetahui solusi atas pertanyaan yang ditanyakan, mau dan berani untuk membantu, tanpa mengharap imbalan dari Thread Starter (TS) atau Post Starter (PS), selain itu Be-Excelller juga memiliki kewajiban yang harus dipenuhi di dunia nyata sehingga tidak selalu bisa on line setiap saat;

* Semoga semangat berbagi dan membantu semakin meningkat di kalangan Be-Exceller dan menjadi amalan yang baik untuk tabungan di akhirat nanti.  اَمِين يَا رَبَّ الْعَالَمِيْن

Pada 24 Juli 2013 14.23, hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com> menulis:


>Copas ini di module1,
>
>
>Function LCM(x As Integer, y As Integer) As Integer
>    LCM = x * y
>End Function
>
>
>Salam,
>HK
>
>
>
>________________________________
> From: Heru Safrudin <superheruu@gmail.com>
>To: belajar-excel@yahoogroups.com
>Sent: Wednesday, 24 July 2013, 13:49
>Subject: [belajar-excel] Mencari KPK
>
>
>

>Dear
Master,….

>Dari
tetanggal sebelah,
>untuk mencari
nilia KPK gunakan fungsi LCM (least common multiple)
>contoh fungsi
=LCM(3;7) akan menghasilkan 21

>Bagaimana membuat fungsi diatas dengan
macro ???

>Terima kasih atas bantuannya






>
>

Wed Jul 24, 2013 12:54 am (PDT) . Posted by:

"zainul_ulum[at]yahoo[dot]com" zainul_ulum

coba code:
Function KPK(a As Long, b As Long) As Long
KPK = WorksheetFunction.Lcm(a, b)
End Function

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
On Behalf Of Heru Safrudin
Sent: Wednesday, July 24, 2013 1:49 PM
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: [belajar-excel] Mencari KPK

 
Dear Master,….
 
Dari tetanggal sebelah,
untuk mencari nilia KPK gunakan fungsi LCM (least common multiple)
contoh fungsi =LCM(3;7) akan menghasilkan 21
 
Bagaimana membuat fungsi diatas dengan macro ???
 
Terima kasih atas bantuannya
 
 

Tue Jul 23, 2013 5:58 am (PDT) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Ini akibat "bersembunyinya" mahluk benama mscal yang sering dijelaskan oleh Mr. Kid dan baru saja dijawab oleh beliau.
Coba juga hasil browsing dari internet ini https://www.dropbox.com/sh/dbgf45ob5umo92j/fNoboxgY-w

salam,
HK

________________________________
From: "aries_fahruddin@yahoo.com" <aries_fahruddin@yahoo.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Tuesday, 23 July 2013, 16:39
Subject: Bls: Re: [belajar-excel] Menampilkan list tanggal pada cell excel dengan VBA


 
Mas hendrik,
Kok timbul debug ya? Mints tolong penjelasannya
Powered by Telkomsel BlackBerry®
________________________________

From: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Tue, 23 Jul 2013 00:29:33 -0700 (PDT)
To: belajar-excel@yahoogroups.com<belajar-excel@yahoogroups.com>
ReplyTo: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Menampilkan list tanggal pada cell excel dengan VBA
 
Hi Aries,
Coba file terlampir.

Salam,
HK

________________________________
From: "aries_fahruddin@yahoo.com" <aries_fahruddin@yahoo.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Tuesday, 23 July 2013, 12:04
Subject: [belajar-excel] Menampilkan list tanggal pada cell excel dengan VBA


Dear Exeler,
Mohon bantuannya bagaimaina cara menampilkan list tanggal (seperti kalender) di cell excel dengan menggunakan VBA.
Terima kasih.

Best Regards,
Aries
Powered by Telkomsel
BlackBerry®

------------------------------------

=====================================================================
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================

----------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
----------------------------------------------------------Yahoo! Groups Links

Tue Jul 23, 2013 5:56 pm (PDT) . Posted by:

"Jan Raisin"

������������ ��������� ���������� ����� �������������

yups.. betul sekali keterangan mr Kid

primary key adalah istilah Jan sendiri, karena Jan tidak tau kalo ternyata
sebutannya adalah kolom utama atau index, maklum bukan orang IT dan gak
pernah belajar struktur data xixixixi ^_^
dan Jan juga baru tau kalo tabel tidak mesti harus memiliki index.. tadinya
yang terfikir adalah setiap tabel harus memiliki paling tidak 1 kolom index
agar jika aplikasi berkembang dan dibutuhkan koneksi antar tabel maka ada
kolom yang dapat digunakan sebagai acuan.

terima kasih atas koreksinya ^_^

���������� ���������� ���������� ����� �������������

-Miss Jan Raisin-

- Untuk kepentingan belajar bersama, pertanyaan harap ditujukan *hanya*ke
belajar-excel@yahoogroups.com bukan dikirim japri ke email pribadi
member milis;
- Jika pertanyaan lama direspon, bersabarlah karena ALLAH beserta dengan
orang-orang yang sabar QS 2:153;
- Harap dipahami bersama bahwa solusi diberikan oleh Be-Exceller yang
memiliki waktu untuk on line, mengetahui solusi atas pertanyaan yang
ditanyakan, mau dan berani untuk membantu, tanpa mengharap imbalan dari
Thread Starter (TS) atau Post Starter (PS), selain itu Be-Excelller juga
memiliki kewajiban yang harus dipenuhi di dunia nyata sehingga tidak selalu
bisa on line setiap saat;
- Semoga semangat berbagi dan membantu semakin meningkat di kalangan
Be-Exceller dan menjadi amalan yang baik untuk tabungan di akhirat nanti.
������ ��� ����� �������������

Pada 23 Juli 2013 17.17, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> menulis:

> **
>
>
> Kata 'database&#39; yang dimaskud bisa jadi adalah tabel berkaidah database
> dalam Excel.
> Tabel data sebaiknya memiliki minimal sebuah kolom utama. Jika ada lebih
> dari 1 kolom pun akan baik.
> Contoh tabel data detil invoice berikut ini :
> no_invoice id_product qty price product_percent_disc
>
> Dari tabel diatas, ada 2 kolom utama, yaitu no_invoice, id_product
> Tabel diatas bisa menampung data dengan karakteristik sebagai berikut :
> 1. sebuah invoice bisa berisi pemesanan berbagai macam product.
> 2. setiap product dalam sebuah invoice bisa memiliki detil yang berbeda,
> seperti id_product 1 yang dikenai price 100USD sebanyak 75unit dan yang
> dikenai price 107USD sebanyak 25unit
>
> imho, cmiiw,
> 1. sebuah tabel database cukup memiliki minimal sebuah kolom utama
> 2. jika memang hanya ada sebuah kolom utama dan bersifat unique, maka
> jadikanlah primary key
> 3. jika ada lebih dari sebuah kolom utama, maka buatlah index yang berisi
> N kolom utama tersebut
> >> sayangnya hal ini tidak bisa dilakukan di Excel. Jadi abaikan
> saja. atau buat sebuah kolom yang diisi dengan gabungan isi dari setiap
> kolom utama di record tersebut.
> >> sepertinya kolom inilah yang dimaksud miss Jan. Ketika ada sebuah
> kolom baru yang seakan-akan index, maka berlakulah nomor 1 dan nomor 2 di
> atas.
> 4. pada database engine yang besar, dikenal yang namanya index dan seluruh
> key (primary atau apa sajalah sebutannya) sebenarnya adalah suatu index
> dengan kondisi tertentu.
> 5. tidak ada keharusan untuk memiliki sebuah index (baik berupa primary
> key ataupun jenis lain)
>
>
> Wassalam
> Kid.
>
>
>
>
>
>
> 2013/7/23 Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com>
>
>> *Database harus memiliki 1 buah primary key yang bersifat unik*
>
>

Tue Jul 23, 2013 6:04 pm (PDT) . Posted by:

"milisastro" isti_astro

Alhamdulillah...terima kasih banyak Mr.Kid you're the best lah

2013/7/23 Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>

> **
>
>
> File terlampir.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
> 2013/7/22 milisastro <milisastro@gmail.com>
>
>> **
>>
>>
>> Dear All,
>>
>> Setelah kutak katik dan berhasil menghapus row dan c masih olumn blank,
>> untuk coding copy paste nya masih belum solved & tambah bingung. Tolong
>> para master untuk coding copy paste seperti terlampir.
>>
>> Terima kasih.
>>
>>
>>
>> 2013/7/18 milisastro <milisastro@gmail.com>
>>
>>> Wow mantap....matur suwun Mr.Kid, semoga ditambah pahalanya karena
>>> senang berbagi ilmu.
>>>
>>>
>>> 2013/7/18 Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
>>>
>>> **
>>>>
>>>>
>>>> hehehe...
>>>>
>>>> 1. unmerge cell ya..
>>>> range.unmerge
>>>> misal : range("b3:aa3").entirecolumn.unmerge
>>>>
>>>> 2. Untuk data seperti file awal, sebaiknya gunakan header yang baris 3.
>>>> Untuk hapus column yang kosong :
>>>> range("b3:aa3").specialcells(xlcelltypeblanks).entirecolumn.delete
>>>>
>>>> 3. hapus isi header baris 2
>>>> range("b2:aa2").clearcontents
>>>>
>>>> 4. simpan area data ke sebuah variabel range :
>>>> dim rngData as range
>>>> set rngdata=range("b3").currentregion
>>>>
>>>> 5. ingin non aktifkan autofilter yang ada
>>>> rngdata.parent.autofiltermode=false
>>>>
>>>> 6. ingin filter data baris data dengan header baris 2 tadi (area blok
>>>> data pertama)
>>>> >> gunakan kolom resigndate (kolom ke-5) untuk ambil data blok milik
>>>> header bernama hire date
>>>> >> filter yang tidak blank
>>>> rangdata.autofilter 5, "<>"
>>>>
>>>> 7. copy datanya (tanpa header) dari yang tampak
>>>> rngdata.offset(1).specialcells(xlcelltypevisible).copy
>>>>
>>>> 8. paste ke sheet bernama myData (misalkan ada sheet bernama mydata) di
>>>> a2 nya (area blok pertama dimulai di kolom A)
>>>> sheets("mydata").range("a2").pastespecials xlpastevalues
>>>>
>>>> 9. filter yang blank di kolom ke 5 untuk ambil blok data kedua (header
>>>> di baris 3)
>>>> rngdata.autofilter 6, vbnullstring
>>>>
>>>> 10. copy hasil autofilter dan paste ke sheet myData mulai baris yang
>>>> sama dengan blok pertama, tapi di kolom L -> berarti di L2 karena blok
>>>> pertama di paste ke baris 2
>>>> rngdata.offset(1).specialcells(xlcelltypevisible).copy
>>>> sheets("myData").range("L2").pastespecials xlpastevalues
>>>>
>>>> 11. clear autofilter
>>>> rngdata.parent.autofiltermode=false
>>>>
>>>> 12. pesan ke user
>>>> msgbox "Done.", vbinformation,"Normalisasi tahap pertama"
>>>>
>>>> 13. :)
>>>> >> tinggal disesuaikan kode programnya dengan dunia nyata setempat
>>>>
>>>> Wassalam,
>>>> Kid.
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>>> 2013/7/18 milisastro <milisastro@gmail.com>
>>>>
>>>>> **
>>>>>
>>>>>
>>>>> Oh ok...berarti tidak ter-delete blank column nya karena merge cell
>>>>> ya, apakah punya sample coding untuk unmerge all cells?
>>>>>
>>>>> Oh ya file contoh yang dilampirkan di email awal adalah dari file asli
>>>>> yg diganti isi datanya & bisa sampai 3000 an row, makanya saya perlu
>>>>> bantuan untuk mempercepat rubah format cell agar bisa menjadi format
>>>>> database friendly (unmerged, no blank row/column) sehingga bisa diolah lagi
>>>>> jadi report. Dan bos saya inginnya semua report jadi dalam sehari, kalau
>>>>> copas manual dengan data ribuan akan sangat lama pengerjaannya.
>>>>>
>>>>> Jika berkenan Mr.Kid tolong beri contoh coding untuk copy paste ke
>>>>> kanan & looping untuk baris dibawahnya.
>>>>>
>>>>> Terima kasih banyak atas bantuannya.
>>>>>
>>>>> Regards,
>>>>> Isti
>>>>>
>>>>>
>>>>> On Wednesday, July 17, 2013, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> wrote:
>>>>> >
>>>>> >
>>>>> > Coba buat agar tabel tidak ada yang di-merge cell lebih dulu
>>>>> >
>>>>> > Wassalam,
>>>>> > Kid.
>>>>> >
>>>>> >
>>>>> >
>>>>> > 2013/7/17 milisastro <milisastro@gmail.com>
>>>>> >>
>>>>> >>
>>>>> >>
>>>>> >> Dear Be-Exceller,
>>>>> >>
>>>>> >> Mohon bantuannya untuk vba code cara melakukan copy paste otomatis
>>>>> & menghapus column serta row kosong (vba code sudah ada tapi masih belum
>>>>> sempurna), source table datanya bertumpuk dan inginnya ketika di
>>>>> paste dibuat memanjang kesamping dari column title kemudian data baris
>>>>> berikutnya, dst.
>>>>> >>
>>>>> >> Contoh data dan problem terlampir.
>>>>> >>
>>>>> >> Terima kasih atas bantuannya.
>>>>> >>
>>>>> >> Regards,
>>>>> >> Isti
>>>>> >>
>>>>> >>
>>>>> >>
>>>>> >>
>>>>> >> --
>>>>> >> Sent from desktop powered by PC
>>>>> >>
>>>>> >
>>>>> >
>>>>>
>>>>> --
>>>>> Sent from desktop powered by PC
>>>>> http://www.pulsagram.com/indexCN116854.htm
>>>>>
>>>>>
>>>>
>>>
>>>
>>> --
>>> Sent from desktop powered by PC
>>> http://www.pulsagram.com/indexCN116854.htm
>>>
>>
>>
>>
>> --
>> Sent from desktop powered by PC
>> http://www.pulsagram.com/indexCN116854.htm
>>
>>
>
>

--
Sent from desktop powered by PC
http://www.pulsagram.com/indexCN116854.htm

Tue Jul 23, 2013 6:09 pm (PDT) . Posted by:

"De Premor" de.premor

Keren !! ndak kepikiran yang seperti itu :-D

On 23/07/2013 19:13, Mr. Kid wrote:
> Mungkin seperti file terlampir yang diatur set variabel bAktif nya
> sesuai tabiat setiap controlnya.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
> 2013/7/23 De Premor <de@premor.net <mailto:de@premor.net>>
>
> Dengan routine seperti itu, walaupun user sedang kerja
> (menggunakan form), form akan tetap di close dalam waktu 5 detik,
> bagaimana caranya biar form tidak terclose jika user masih
> menggunakannya ?
>
> Rgds,
> [dp]
>
>
>
> On 23/07/2013 10:09, Andy Ajhis Ramadhan wrote:
>> Mungkin dengan ini bisa mas...
>>
>> Ini kode di form-nya...
>> Private Sub UserForm_Activate()
>> Application.OnTime Now + TimeValue("00:00:05"), "TutupTester&quot;
>> 'Disamping menyatakan dalam kurun waktu 5 detik.
>> End Sub
>>
>> Private Sub TutupTester()
>> Unload Tester
>> End Sub
>>
>> Atau bisa diliat di form terlampir. tetapi digunakan atau tidak
>> tetap saja tertutup otomatis.
>>
>>
>> ----- Pesan yang Diteruskan -----
>> *Dari:* De Premor <de@premor.net> <mailto:de@premor.net>
>> *Kepada:* belajar-excel@yahoogroups.com
>> <mailto:belajar-excel@yahoogroups.com>
>> *Dikirim:* Jumat, 19 Juli 2013 13:00
>> *Judul:* Re: [belajar-excel] timer untuk userform
>>
>> Kalo di vb ada ocx timer, tetapi di vba timer tersebut tidak bisa
>> digunakan, jadi musti dibuat timerbaru yang support untuk vba
>> Terlampir ada ocx timer yang support untuk dipakai di VBA
>> Extract dulu file tersebut disebuah folder, misal di
>> *C:\sesuatu&#92;dptimer.ocx*
>>
>> Kemudian dari menu Startnya windows pilih menu Run, kemudian
>> ketikkan *regsvr32 "C:\sesuatu&#92;dptimer.ocx"
>>
>> *nanti akan keluar box informasi jika registrasi OCX sukses
>> *
>>
>> Selanjutnya, buka VBA Excel
>> *Buka menu Tools- > Additional Control, aktifkan ocx controlnya
>>
>>
>> Nanti akan muncul Icon baru di tombol controll, setelah itu
>> tinggal di add aja ke form seperti biasa
>>
>>
>>
>> Kalau sudah, buka file excel yang dilampirkan, kemudian coba
>> jalankan formnya
>> disitu saya buat waktunya 10 detik, setiap kali form mendapat
>> fokus, timer akan direset
>>
>> Rgds,
>> [dp]
>>
>>
>> Pada 19/07/2013 8:13, jajang muhammad siddik menulis:
>>>
>>> Dear exceler,
>>>
>>> Barangkali ada yang tau script untuk membuat sebuah userform
>>> akan close jika tidak digunakan dalam kurun waktu tertentu.
>>>
>>> Salam,
>>>
>>> JajangMS
>>
>>
>>
>
>
>

Wed Jul 24, 2013 12:31 am (PDT) . Posted by:

"Salam"

Sebelumnya saya minta maaf karena saya terlalu merepotkan.

Berikut saya lampirkan jawaban atas pertanyaan Mr.Kid.

"dimana user memberikan informasi harus diedit dan melihat data yang
akan diedit, dan melakukan pengeditan ?"
.......>di sebuah form
"sudahkah Anda sediakan lokasi untuk user memberikan informasi harus
diedit dan melihat data yang akan diedit, dan melakukan pengeditan ?"
........>belum,karena saya tidak tahu harus seperti apa konsepnya.
kurangnya pengalaman saya dalam hal ini.
"yang seperti apa tuh bentuknya ?"
........>berbentuk form
"dimana user memasukkan informasi untuk memilih yang akan di-delete ?"
........>di user form,yaitu listbox dimana list box akan menampilkan
data pencarian
Mungkin konsep seperti ini akan lebih membantu
>>B. Pemisahan data history dan data kerja
Beberapa bulan lalu mbake membuat contoh pengenalan menjaga histori data
dengan cara menyalin ke sebuah tabel histori. Contoh tersebut dalah
contoh ketika data dipisah menjadi 2 tema pokok, yaitu tentang data
terpakai dan data history. Untuk hal seperti itu, maka konsepnya :
1. Insert adalah record baru
2. Delete adalah proses memindah record lama ke tabel history
3. Update (atau Edit) adalah proses memindah record lama ke tabel
history (proses Delete -> nomor2) dan melakukan insert (nomor1)<<

--- Mods ---
@BeExceller :
Semoga informasi tambahan diatas bisa memudahkan BeExceller yang akan urun solusi.
Sebaiknya BeExceller membuatkan satu userform baru untuk kegiatan edit dan delete. Biasanya, ketika form Input disatukan dengan Edit dan Delete, akan relatif lebih ribet. Jangan lupa untuk menyertakan ListBox yang diminta penanya.
Selamat berkreasi all.
------------

On 23/07/2013 16:58, Mr. Kid wrote:
> hehehe...
>
> Edit data :
> berdasar type lotto qty, jadi kalau ada isi yang sama terduplikasi 5
> kali (misalnya berdasar 3 kolom itu meski tanggal input beda) mana
> yang akan di edit ?
> dimana user memberikan informasi harus diedit dan melihat data yang
> akan diedit, dan melakukan pengeditan ?
> di workbook baru ? di website ? di server data ? di worksheetnya
> langsung ? di sebuah form ?
> sudahkah Anda sediakan lokasi untuk user memberikan informasi harus
> diedit dan melihat data yang akan diedit, dan melakukan pengeditan ?
> yang seperti apa tuh bentuknya ?
>
> Delete data :
> berdasar type dan qty, jadi semua yang duplicate berdasar type dan qty
> akan dihapus. tidak peduli beda lotto atau beda tanggal input.
> dimana user memasukkan informasi untuk memilih yang akan di-delete ?
>
> insert,update,delete yang akan digunakan kasus ini sepertinya proses
> me-replace data yang ada.
>
> Kalau penjelasannya singkat dan tidak nampak usaha membantu BeExceller
> yang mencarikan solusi, kuatirnya nanti dianggap hanya ingin jadinya
> saja. Apalagi kalau di respon BeExceller terus masih ndak cocok sampai
> thread-nya puaannnjaang buanget gak resolve juga, jadi terkesan ada
> suatu diskusi yang ndak jelas arah tujuannya atau ndak sama cara
> pandang masalahnya.
>
> @BeExceller
> Beberapa konsep insert,delete,update yang disertai pemeliharaan
> history data antara lain :
>
> A. Jika data disimpan (tinggal) dalam sebuah tabel besar sepanjang masa) :
> 1. Insert adalah record baru dengan diketahui user penginput dan
> tanggal inputnya
> 2. Update (atau edit) adalah membuat record lawan dari record yang ada
> disertai user pelaku dan tanggal pengeditan, kemudian membuat record
> baru dengan nilai yang dimaksud user pengedit, disertai nama pengedit
> dan tanggal editnya
> 3. Delete adalah membuat record lawan dari record yang ada disertai
> user pelaku dan tanggal kegiatan delete
>
> B. Pemisahan data history dan data kerja
> Beberapa bulan lalu mbake membuat contoh pengenalan menjaga histori
> data dengan cara menyalin ke sebuah tabel histori. Contoh tersebut
> dalah contoh ketika data dipisah menjadi 2 tema pokok, yaitu tentang
> data terpakai dan data history. Untuk hal seperti itu, maka konsepnya :
> 1. Insert adalah record baru
> 2. Delete adalah proses memindah record lama ke tabel history
> 3. Update (atau Edit) adalah proses memindah record lama ke tabel
> history (proses Delete -> nomor2) dan melakukan insert (nomor1)
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
>
>
> 2013/7/23 Salam <aang@dmcti.co.id <mailto:aang@dmcti.co.id>>
>
> Dear Mr.Kid,
>
> Terima kasih atas saran yang Mr.Kid perinci. Maksud edit yaitu
> merubah data yang telah disimpan,baik "Type","Lotto&quot;,maupun "Qty".
> Adapun proses delete yaitu Menghapus data yang sudah tersimpan
> dengan kategori "Type" dan "Qty".
>
>
> Regards,
> A.Salam
>
>
>
>
> On 23/07/2013 15:30, Mr. Kid wrote:
>> Sekiranya saya tambahkan tombol edit dan delete,bagaimana list
>> coding programnya?.
>> >> Coba sebelum memikirkan tombol edit dan deletenya, jabarkan
>> dengan detil yang Anda pahami tentang :
>> 1. Proses Edit yang Anda maksud
>> 2. Proses Delete yang Anda maksud
>> 3. Apa saja yang dibutuhkan oleh proses Edit sesuai jawaban nomor 1
>> 4. Apa saja yang dibutuhkan oleh proses Delete sesuai jawaban nomor 2
>> 5. Apa saja yang perlu diwaspadai ? misal, mungkinkah ada
>> duplicate berdasar batasan yang sudah dijawab di nomor 1 sampai 4
>> 6. Sudahkah semua kebutuhannya disiapkan ? Diletakkan dimana ?
>> 7. Apa saja wawasan tentang VBA yang sudah Anda miliki ? Kapan
>> terakhir bertambah ?
>> 8. Coba susun beberapa topik dari masalah Edit dan Delete ini,
>> dan posting ke milis topik per topik
>>
>> Kadangkala, nomor 1 sampai nomor 5 dianggap enteng oleh siapa
>> saja yang fokusnya pada hasil saja.
>> Sedangkan hasil dalam otomasi atau pembangunan aplikasi apapun
>> tergantung pada nomor 1 sampai 5 yang sering disebut sebagai
>> penjabaran masalah.
>> Bahkan yang nomor 5 sering tertutupi kalimat 'Oh kalau
>> kemungkinan seperti itu tidak mungkin terjadi', sehingga
>> kemungkinan yang tampaknya kecil untuk terjadi sering diabaikan.
>> Padahal kita semua sepakat loh kalau bukan kita semua ini yang
>> membuat dunia beserta isinya.
>>
>> Wassalam,
>> Kid.
>>
>>
>> 2013/7/22 Salam <aang@dmcti.co.id <mailto:aang@dmcti.co.id>>
>>
>> Dear Mr.Kid,
>>
>> Sekiranya saya tambahkan tombol edit dan delete,bagaimana
>> list coding programnya?.
>> terima kasih sebelumnya.
>>
>> Regards,
>>
>>
>> A.Salam
>>
>>
>>
>> On 20/07/2013 2:11, Mr. Kid wrote:
>>> Mungkin seperti file terlampir.
>>>
>>> Wassalam,
>>> Kid.
>>>
>>>
>>> 2013/7/19 Salam <aang@dmcti.co.id <mailto:aang@dmcti.co.id>>
>>>
>>> Dear Exceler,
>>>
>>> Atas permintaan Miss Jan saya perinci permasalahan yang
>>> saya hadapi,
>>> (attachement terlampir)
>>>
>>> Regards,
>>> A.Salam
>>>
>>>>
>>>> Pada 19 Juli 2013 13.46, Salam <aang@dmcti.co.id
>>>> <mailto:aang@dmcti.co.id>> menulis:
>>>>
>>>> Kalau yang saya inginkan cukup komplek, yaitu :
>>>> 1. input Type Product,Lotnumber,Qty,Waktu input
>>>> 2. kemudian membuat query dg ketentuan Type Product
>>>> yang Lotnumber sama Qty akan ditotal
>>>> Bagi saya masalah ini cukup komplek.
>>>> untuk contoh terlampir
>>>>
>>>> Salam,
>>>> A.Salam
>>>>
>>>
>>>
>>
>>
>
>
>

Wed Jul 24, 2013 12:34 am (PDT) . Posted by:

"Shenly" shenly_excelmania

haloo master....mau ngerepotin lagi hehehehehe
master saya dpt 1 file dari hasil pencarian di internet....tabel tersebut memerlukan hasil isian dengan menggunakan fungsi VLOOK, HLOOKUP, left, right, if, dkk, yang pasti fungsi2 nya khusu org awam mengerti aja hihhi ..kaya saya gtu :)
untuk lebih jelas file terlampir

teria maish

 
Salam
Shenly ^^*

Wed Jul 24, 2013 12:38 am (PDT) . Posted by:

"agus_1194@yahoo.co.id" agus_1194

Dear Pak Zainul,

Terima kasih atas bantuannya semoga mendapat pahala dan rahmat dari Allah
SWT Amin......

Salam,
Guswi




-------Original Message-------

From: zainul_ulum[at]yahoo[dot]com
Date: 23/07/2013 8:48:04
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: RE: [belajar-excel] Mencari kriteria masa kerja


silahkan dicoba file terlampir.
masih menggunakna cell bantu dan sedikit dirubah penampilannya.

wassalam
-zainul-

GROUP FOOTER MESSAGE
=====================================================================
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================

---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar