Senin, 12 Mei 2014

[belajar-excel] Digest Number 2919

15 Messages

Digest #2919
2a
Re: Error saat dijumlahkan [1 Attachment] by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
3a
Re: Keuangan milis belajar excel by "kiki tanjung" kieki_e
3b
Re: Keuangan milis belajar excel by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
4a
Database Excel yang Online by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
4b
Re: Database Excel yang Online by "kiki tanjung" kieki_e
4c
Re: Database Excel yang Online by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
5a
Re: logika if by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
6a
Re: Tukar format data laporan [1 Attachment] by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
7a
Re: melihat sumber by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
8b
Re: File Payroll Loading Lama by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Messages

Mon May 12, 2014 4:01 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

:(
saran yang tempo hari belum dicoba ya...

1. pastikan bahwa seluruh rujukan memiliki jumlah baris yang sama dan
jumlah kolom yang sesuai kebutuhan formula.
>> Formula Anda :
=SUMPRODUCT(1/COUNTIFS($D$6:$D$905,">=1/1/2014",$D$6:$D$905
,"<=1/31/2014",$F$6:$F$810,$F$6:$F$810,$G$6:$G$905,$G$6:$G$905))

>> arti dipastikan, berarti jumlah range dari dan sampai harus memiliki
jumlah baris yang sama pada kasus ini. Seperti :
=SUMPRODUCT(1/COUNTIFS($D$6:$D$905,">=1/1/2014",$D$6:$D$905
,"<=1/31/2014",$F$6:$F$905,$F$6:$F$905,$G$6:$G$905,$G$6:$G$905))

2. jika ada proses hitung unique item pada suatu kondisi yang kemungkinan
record datanya tidak memenuhi seluruh kriteria, maka ubah susunan formula
yang tadinya :
=SumProduct( 1 / CountIFs ) atau array formula Sum( 1 / CountIFs )
menjadi *array formula* (pastikan di-enter dengan Ctrl Shift Enter) :
=Sum( IFError( 1 / CountIFs , 0 ) )

jadinya :
=Sum( IFError( 1/COUNTIFS($D$6:$D$905,">=1/1/2014",$D$6:$D$905,"<=1/31/2014
",$F$6:$F$905,$F$6:$F$905,$G$6:$G$905,$G$6:$G$905) , 0 ) )

Kalau sudah mencoba saran tempo hari, kemudian hasilnya masih 0, berarti
disebabkan oleh definisi kriteria.
Kemungkinannya :
1. penulisan kriterianya salah
2. datanya tidak ada yang sesuai kriteria

Pada kasus ini, dengan kriteria yang berupa tanggal biasanya minta data
bertipe data datetime. Jadi, bagian yang dilatar kuning
akan lebih pasti bisa digunakan dihampir semua komputer jika disusun dengan
fungsi Date( tahunnya, bulannya, tanggalnya )

Maka formula akan menjadi :
=Sum( IFError( 1/COUNTIFS($D$6:$D$905,">="&Date(2014,1,1),$D$6:$D$905,"<="&
Date(2014,3,31),$F$6:$F$905,$F$6:$F$905,$G$6:$G$905,$G$6:$G$905) , 0 ) )

Selain itu, angka 2014 atau 3 atau 31 atau 1 yang ada di dalam fungsi Date
juga bisa diganti dengan rujukan ke suatu range.

:(

Wassalam,
Kid.

2014-05-12 11:32 GMT+07:00 Marvell Christian
marvellchristian@yahoo.com[belajar-excel]
<belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Tks pak, cuma yang saya inginkan bukan hanya berdasarkan nopol namun
> referensi serta bulan per bulannya sih, misalnya dalam bulan Maret ada 298
> truk.
> *Dari:* "odong nando odongnando@yahoo.com [belajar-excel]" <
> belajar-excel@yahoogroups.com>
> *Kepada:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Dikirim:* Senin, 12 Mei 2014 2:23
> *Judul:* Bls: Bls: Re: Bls: [belajar-excel] Menghitung jumlah data dengan
> multi kriteria [1 Attachment]
>
>
> klo yang di maksud itu menghitung jumlah kunjungan truk ke suatu
> tempat, dlm hal ini tempat anda bekerja, mungkin hasil yang anda inginkan
> seperti att brikut.
> Pada Minggu, 11 Mei 2014 5:32, "'marvellchristian@yahoo.com'
> marvellchristian@yahoo.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com>
> menulis:
>
> Dear master excel,
> Mohon bantuannya untuk menghitung jlh data, namun untuk yg kembar dihitung
> 1 dan dibatasi bulan per bulan file terlampir). Saya sudah mencoba dgn
> formula2 yg diberikan namun masih belum bisa. Terima kasih bantuannya
> Dikirim dari Yahoo Mail pada Android<https://id.overview.mail.yahoo.com/mobile/?.src=Android>
>
> *From: *Marvell Christian <marvellchristian@yahoo.com>;
> *To: *marvellchristian@yahoo.com <marvellchristian@yahoo.com>;
> belajar-excel@yahoogroups.com <belajar-excel@yahoogroups.com>;
> *Subject: *Bls: Re: Bls: [belajar-excel] Menghitung jumlah data dengan
> multi kriteria
> *Sent: *Thu, May 8, 2014 7:34:03 AM
>
> Dear Mr. Kid,
> masih ada kendala mas bro, mohon bantuannya. Tks
>
> *Dari:* "marvellchristian@yahoo.com" <marvellchristian@yahoo.com>
> *Kepada:* "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
> *Dikirim:* Minggu, 4 Mei 2014 13:19
> *Judul:* Bls: Re: Bls: [belajar-excel] Menghitung jumlah data dengan
> multi kriteria
>
> Mr. Kid,
> Masih error jg. Apa karena saya block/range dgn batasan periode tanggal
> ya? Karena klo g pke tgl hasilnya ada.
> Tks
> Dikirim dari Yahoo Mail pada Android<https://id.overview.mail.yahoo.com/mobile/?.src=Android>
>
> *From: *Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>;
> *To: *BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com>;
> *Subject: *Re: Bls: [belajar-excel] Menghitung jumlah data dengan multi
> kriteria
> *Sent: *Sun, May 4, 2014 4:19:33 AM
>
>
> Sama-sama.
>
> Kalau sudah nyaman dengan bentuk 1/countif tadi, maka bisa mulai melihat
> lebih detil lagi.
> CountIF(A1:A3,A1:A3) tidak mungkin menghasilkan item larik 0 alias
> lariknya ndak mungkin berisi angka 0.
>
> Contoh yang digunakan diatas tadi adalah contoh mencari unique item kolom
> A yang mandiri alias tidak dipengaruhi kriteria dari kolom lain atau dari
> dirinya sendiri.
>
> Sekarang, andaikan saja data A1:A6 berisi kode nip
> 1000,1000,500,1200,1200,1200 yang bertipe numerik dan ingin mencari unique
> item dari nip yang nip-nya lebih dari 900, berarti yang akan dihitung
> adalah jumlah cacah nip yang unique 1000 dan 1200 saja. Yang 500 tidak
> sesuai kriteria kedua yaitu nip > 900. Jadi hasil jumlah cacah (unique
> item) nantinya adalah 2 bijik (yaitu 1000 dan 1200)
>
> Pada kasus seperti ini, maka seluruh kriteria tambahan umumnya mengganti
> bagian 1 dari 1/CountIF.
> Kriteria tambahan itu berbunyi (A1:A6>900)
> dan formulasi menjadi :
> SumProduct( (A1:A6>900) / CountIF( A1:A6 , A1:A6 ) )
>
> Bagian (A1:A6>900) akan menghasilkan larik { TRUE , TRUE , FALSE , TRUE ,
> TRUE , TRUE }
> Bagian CountIF( A1:A6 , A1:A6 ) akan menghasilkan larik { 2 , 2 , 1 , 3 ,
> 3 , 3 }
> Maka (A1:A6>900) / CountIF( A1:A6 , A1:A6 ) akan menghasilkan larik {
> TRUE/2 , TRUE/2 , FALSE/1 , TRUE/3 , TRUE/3 , TRUE/3 }
> Dengan TRUE setara 1 dan FALSE setara 0, maka larik hasil adalah { 0.5 ,
> 0.5 , 0 , 0.3333 , 0.3333 , 0.3333 }
>
> Ketika di-Sum atau di-SumProduct akan menjadi
> 0.5+0.5+0+0.3333+0.3333+0.3333
> alias 2 kali TRUE/2 + 0 kali FALSE/1 + 3 kali TRUE/3
> dan hasilnya adalah 2 ( dua bijik yang unique yang sesuai kriteria
> nip-nya > 900 )
>
> Nah... sampai sini tentu sudah punya bayangan bagaimana jika ada
> buaaanyaaak kriteria dari berbagai kolom. Jadi ndak usah dibahas...
>
> Moga-moga konsep komputasi sampai bagian ini bisa dengan mudah terasa
> nyaman tinggal di sanubari masing-masing... :)
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
> 2014-05-04 10:32 GMT+07:00 Ferdinan Imers <ferdinan36@gmail.com>:
>
>
> banyak terima kasih mr.KId. sangat jelas.
>
> Tuhan Mberkati
>
>
> 2014-05-04 9:03 GMT+07:00 Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>:
>
>
> Hai Ferdinand,
>
> Coba jalan-jalan kesini<http://excel-mr-kid.blogspot.com/2011/03/formula-penyusun-data-unique-dan.html>
> .
>
> 1/CountIFs atau 1/CountIF artinya 1 per jumlah item total yang sama dengan
> item di baris itu.
> Misal A1 sampai A3 berisi X,X,Y
> bagian CountIFs atau CountIF yang berbunyi CountIF(A1:A3,A1:A3) akan
> menghasilkan 2,2,1 karena ada 2 X dan 1 Y. Jadi setiap X akan terhitung 2
> (2,2) dan Y terhitung 1
>
> Jadi didapat larik nilai hasil COuntIF {2,2,1}
>
> 1/CountIF berarti 1 dibagi hasil countif atau 1/larik tersebut
> 1/{2,2,1} = { 1/2 , 1/2 , 1/1 } (jangan lupa, bahwa yang 2 itu
> punya X yang memang ada 2 bijik)
> Hasilnya sebuah larik
> { 0.5 , 0.5 , 1 }
>
> Kalau larik itu di-sum (dengan Sum atau SumProduct akan didapat hasil
> kalkulasi = 2 yaitu 0.5 + 0.5 + 1
> Yang 0.5 itu milik si X dan 1 milik si Y
> Jadi jumlah item unique nya adalah 0.5+0.5 (si X) +1 (si Y) = 2 ( yaitu X
> dan Y => 2 item unique)
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
>
> 2014-05-03 19:57 GMT+07:00 Ferdinan Imers <ferdinan36@gmail.com>:
>
>
> Ikut nimbrung ... untuk rumus mr. Kid
> =SUMPRODUCT(1/COUNTIFS($C$4:$C$7,$C$4:$C$7,$D$4:$D$7,$D$4:$
> D$7,$E$4:$E$7,$E$4:$E$7,$K$4:$K$7,$K$4:$K$7))
>
> arti 1/COUNTIFS itu apa ya? kenapa di kasih 1/?
>
> terimas kasih sebelumnya
>
>
> 2014-05-03 15:08 GMT+07:00 marvellchristian@yahoo.com <
> marvellchristian@yahoo.com>:
>
>
>
> Dear all,
> Sekedar nambahin, sebenarnya saya ingin hitung jlh data dimana data kembar
> tetap dihitung satu, namun keluar message #div, apa ada yg salah dgn
> formula saya ya? Tks bntuannya
> Dikirim dari Yahoo Mail pada Android<https://id.overview.mail.yahoo.com/mobile/?.src=Android>
>
> *From: *Marvell Christian <marvellchristian@yahoo.com>;
> *To: *belajar-excel@yahoogroups.com <belajar-excel@yahoogroups.com>;
> *Subject: *Bls: [belajar-excel] Menghitung jumlah data dengan multi
> kriteria
> *Sent: *Fri, May 2, 2014 4:41:02 AM
>
> Dear all,
> mengapa pada saat saya menjalankan formula tersebut ada masalah ya? Tks
> atas bantuannya.
>
> Rgds,
> MCS
>
> *Dari:* Marvell Christian <marvellchristian@yahoo.com>
> *Kepada:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Dikirim:* Senin, 28 April 2014 7:34
> *Judul:* Bls: [belajar-excel] Menghitung jumlah data dengan multi kriteria
>
>
> Tks bro & mbak fitri juga...hehehehehe
>
> *Dari:* Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
> *Kepada:* BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com>
> *Dikirim:* Senin, 21 April 2014 9:10
> *Judul:* Re: [belajar-excel] Menghitung jumlah data dengan multi kriteria
>
>
> Hai Marvel
>
> coba formula :
>
> =SUMPRODUCT(1/COUNTIFS($C$4:$C$7,$C$4:$C$7,$D$4:$D$7,$D$4:$D$7,$E$4:$E$7,$E$4:$E$7,$K$4:$K$7,$K$4:$K$7))
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
>
> 2014-04-21 7:04 GMT+07:00 Marvell Christian <marvellchristian@yahoo.com>:
>
>
> Dear Moderator,
> Mohon bantuan solusinya dimana saya mempunyai problem menghitung jumlah
> truk namun ada truk yang sama dan memiliki DO yang sama pada hari yang
> sama. Bagaimana formulanya untuk menghitung jumlah data dengan multi
> kriteria dan untuk data yang sama hanya menampilkan 1 data saja. Tks
>
> Rgds,
> MCS
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>

Mon May 12, 2014 4:21 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

*** Mohon file lampiran tidak melebihi 250KB pada posting selanjutnya ya...

Hai Fatania,

Coba mulai sekarang berdisiplin dalam hal berikut ini :
1. nama object Excel Table ataupun nama range tidak berbunyi kata apapun
yang dipakai oleh Excel, seperti Sum Count Total atau alamat range

2. nama sheet dalam tab sheet juga berlaku demikian
3. menggunakan prefix akan lebih baik lagi, seperti tblTotal atau tblSum
dan sebagainya

Mestinya jika hal ini dilakukan, cell tersebut bisa dijumlahkan dengan
fungsi Sum lagi

Wassalam,
Kid.

2014-05-08 15:49 GMT+07:00 Fatania Latifa <fatania.latifa@gmail.com>:

>
>
> Dear para suhu excel,
>
> Saya ingin tanya, cukup simple tapi membuat saya penasaran.
> di file terlampir kenapa saya tiba-tiba tidak bisa menjumlahkan data?
> muncul #REF.
> padahal sebelumnya bisa. hanya memakai SUM biasa. Tetapi begitu yang
> sudah2 saya klik 2x, tiba-tiba berubah jadi #REF lagi.
> Sudah saya trace, precedents maupun dependents tetap tidak kelihatan
> penyebabnya, saya evaluate errornya juga tidak ketemu.
> Mohon saran dan bimbingannya.
>
> Terima kasih. :)
>
>
>

Mon May 12, 2014 5:02 am (PDT) . Posted by:

"kiki tanjung" kieki_e

Dear Mr Kid

Sumbang saran..

Bagaimana jika belajar cara membuat database excel online.

Latar belakang saran ini adalah berdasarkan permasalahan2 yang saya hadapi sendiri. Berikut diantara nya :

Kantor saya bisnis utama nya begerak dibidang kontraktor. Mengerjakan multi proyek dan sangat banyak manpower yang terlibat. Selama ini, untuk proses pencatatan Budget, permintaan dana kerja, detil material, dikerjakan hanya oleh dua orang. Tentu nya sangat menyita waktu dan tidak efektif.
Saya sedang memikirkan untuk melibatkan semua manpower yang terlibat dalam proyek untuk aktif dalam proses pencatatan tersebut. Jadi ada satu prosedur untuk input data bagi mereka.
Masalahnya, manpower2 tersebut tersebar di beberapa daerah sehingga dibutuhkan database online yang bisa diakses melalui smartphone dan Tablet.
Saya pernah mencoba untuk memanfaatkan Free Storage seperti Box dan Dropbox. Sayangnya, sampai saat ini tidak ada smartphone atau Tablet yang support file Excel yang mengandung VBA.
Saya yakin banyak rekan-rekan yang juga mempunyai permasalahan yang kurang lebih sama.

Demikian sumbang saran saya...:)

On Monday, May 12, 2014 5:43 PM, "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com[belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:

 
Alhamdulillah ada modal untuk kegiatan lain termasuk dp ruang untuk kopdar 3

Materi kopdar 3 enaknya belajar bagian apa ya ?
Kemarin ada rengeng-rengeng belajar tahap berikutnya tentang VBA dan juga belajar pivot tables

Ada masukan kah ?
Kalau masukannya adalah donasi buat milis, hub Pak Aliff rekeningnya dan kabarkan juga referensi transfernya ke Pak Aliff ya..
Sapa tau program buat ebook nya milis bisa jadi lebih cepet terwujud

Wassalam,
Kid.

2014-05-12 17:27 GMT+07:00 Aliif Akbar aliif.akbar@yahoo.co.id [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:


>To all rekan rekan milis belajar excel.
>Berikut saya informasikan keadaan keuangan milis belajar excel.
>Atas perhatian dan kerjasamanya kami sampaikan terimakasih.
>Informasi untuk berikutnya kopdar akan dilaksanakan di kepulauan seribu, kalau momod setuju.
>
>Salam.
>Aliif Akbar

Mon May 12, 2014 5:06 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Alhamdulillah ada sumbangan ide bahan belajar.

Makasih Kiki,

Semua saran ditampung dulu ya...

Ada lagi yang mau sumbang saran ?

Wassalam,
Kid.

2014-05-12 18:41 GMT+07:00 kiki tanjung kieki_e@yahoo.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Dear Mr Kid
>
> Sumbang saran..
>
> Bagaimana jika belajar cara membuat database excel online.
>
> Latar belakang saran ini adalah berdasarkan permasalahan2 yang saya hadapi
> sendiri. Berikut diantara nya :
>
> Kantor saya bisnis utama nya begerak dibidang kontraktor. Mengerjakan
> multi proyek dan sangat banyak manpower yang terlibat. Selama ini, untuk
> proses pencatatan Budget, permintaan dana kerja, detil material, dikerjakan
> hanya oleh dua orang. Tentu nya sangat menyita waktu dan tidak efektif.
> Saya sedang memikirkan untuk melibatkan semua manpower yang terlibat dalam
> proyek untuk aktif dalam proses pencatatan tersebut. Jadi ada satu prosedur
> untuk input data bagi mereka.
> Masalahnya, manpower2 tersebut tersebar di beberapa daerah sehingga
> dibutuhkan database online yang bisa diakses melalui smartphone dan Tablet.
> Saya pernah mencoba untuk memanfaatkan Free Storage seperti Box dan
> Dropbox. Sayangnya, sampai saat ini tidak ada smartphone atau Tablet yang
> support file Excel yang mengandung VBA.
> Saya yakin banyak rekan-rekan yang juga mempunyai permasalahan yang kurang
> lebih sama.
>
> Demikian sumbang saran saya...:)
>
>
>
> On Monday, May 12, 2014 5:43 PM, "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com[belajar-excel]"
> <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>
> Alhamdulillah ada modal untuk kegiatan lain termasuk dp ruang untuk
> kopdar 3
>
> Materi kopdar 3 enaknya belajar bagian apa ya ?
> Kemarin ada rengeng-rengeng belajar tahap berikutnya tentang VBA dan juga
> belajar pivot tables
>
> Ada masukan kah ?
> Kalau masukannya adalah donasi buat milis, hub Pak Aliff rekeningnya dan
> kabarkan juga referensi transfernya ke Pak Aliff ya..
> Sapa tau program buat ebook nya milis bisa jadi lebih cepet terwujud
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
>
> 2014-05-12 17:27 GMT+07:00 Aliif Akbar aliif.akbar@yahoo.co.id[belajar-excel]
> <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
> To all rekan rekan milis belajar excel.
> Berikut saya informasikan keadaan keuangan milis belajar excel.
> Atas perhatian dan kerjasamanya kami sampaikan terimakasih.
> Informasi untuk berikutnya kopdar akan dilaksanakan di kepulauan seribu,
> kalau momod setuju.
>
> Salam.
> Aliif Akbar
>
>
>
>
>
>

Mon May 12, 2014 5:44 am (PDT) . Posted by:

Assalamualaikum wr wb.

Kalau saya pribadi disuruh pilih, saya pilih belajar array formula :D.. Hehehe.

Demikian dari saya.

Wassalam
Sony

Powered by paid monthly bills®

-----Original Message-----
From: "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Mon, 12 May 2014 19:05:55
To: BeExcel<belajar-excel@yahoogroups.com>
Reply-To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Keuangan milis belajar excel

Alhamdulillah ada sumbangan ide bahan belajar.

Makasih Kiki,

Semua saran ditampung dulu ya...

Ada lagi yang mau sumbang saran ?

Wassalam,
Kid.






2014-05-12 18:41 GMT+07:00 kiki tanjung kieki_e@yahoo.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Dear Mr Kid
>
> Sumbang saran..
>
> Bagaimana jika belajar cara membuat database excel online.
>
> Latar belakang saran ini adalah berdasarkan permasalahan2 yang saya hadapi
> sendiri. Berikut diantara nya :
>
> Kantor saya bisnis utama nya begerak dibidang kontraktor. Mengerjakan
> multi proyek dan sangat banyak manpower yang terlibat. Selama ini, untuk
> proses pencatatan Budget, permintaan dana kerja, detil material, dikerjakan
> hanya oleh dua orang. Tentu nya sangat menyita waktu dan tidak efektif.
> Saya sedang memikirkan untuk melibatkan semua manpower yang terlibat dalam
> proyek untuk aktif dalam proses pencatatan tersebut. Jadi ada satu prosedur
> untuk input data bagi mereka.
> Masalahnya, manpower2 tersebut tersebar di beberapa daerah sehingga
> dibutuhkan database online yang bisa diakses melalui smartphone dan Tablet.
> Saya pernah mencoba untuk memanfaatkan Free Storage seperti Box dan
> Dropbox. Sayangnya, sampai saat ini tidak ada smartphone atau Tablet yang
> support file Excel yang mengandung VBA.
> Saya yakin banyak rekan-rekan yang juga mempunyai permasalahan yang kurang
> lebih sama.
>
> Demikian sumbang saran saya...:)
>
>
>
> On Monday, May 12, 2014 5:43 PM, "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com[belajar-excel]"
> <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>
> Alhamdulillah ada modal untuk kegiatan lain termasuk dp ruang untuk
> kopdar 3
>
> Materi kopdar 3 enaknya belajar bagian apa ya ?
> Kemarin ada rengeng-rengeng belajar tahap berikutnya tentang VBA dan juga
> belajar pivot tables
>
> Ada masukan kah ?
> Kalau masukannya adalah donasi buat milis, hub Pak Aliff rekeningnya dan
> kabarkan juga referensi transfernya ke Pak Aliff ya..
> Sapa tau program buat ebook nya milis bisa jadi lebih cepet terwujud
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
>
> 2014-05-12 17:27 GMT+07:00 Aliif Akbar aliif.akbar@yahoo.co.id[belajar-excel]
> <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
> To all rekan rekan milis belajar excel.
> Berikut saya informasikan keadaan keuangan milis belajar excel.
> Atas perhatian dan kerjasamanya kami sampaikan terimakasih.
> Informasi untuk berikutnya kopdar akan dilaksanakan di kepulauan seribu,
> kalau momod setuju.
>
> Salam.
> Aliif Akbar
>
>
>
>
>
>

Mon May 12, 2014 5:28 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Dear BeExceller,

Kiki memiliki kasus sebagai berikut :
[lihat posting Kiki di
https://groups.yahoo.com/neo/groups/belajar-excel/conversations/messages/31799
]

Bagaimana jika belajar cara membuat database excel online.
>
> Latar belakang saran ini adalah berdasarkan permasalahan2 yang saya hadapi
> sendiri. Berikut diantara nya :
>
> Kantor saya bisnis utama nya begerak dibidang kontraktor. Mengerjakan
> multi proyek dan sangat banyak manpower yang terlibat. Selama ini, untuk
> proses pencatatan Budget, permintaan dana kerja, detil material, dikerjakan
> hanya oleh dua orang. Tentu nya sangat menyita waktu dan tidak efektif.
> Saya sedang memikirkan untuk melibatkan semua manpower yang terlibat dalam
> proyek untuk aktif dalam proses pencatatan tersebut. Jadi ada satu prosedur
> untuk input data bagi mereka.
> Masalahnya, manpower2 tersebut tersebar di beberapa daerah sehingga
> dibutuhkan database online yang bisa diakses melalui smartphone dan Tablet.
> Saya pernah mencoba untuk memanfaatkan Free Storage seperti Box dan
> Dropbox. Sayangnya, sampai saat ini tidak ada smartphone atau Tablet yang
> support file Excel yang mengandung VBA.
> Saya yakin banyak rekan-rekan yang juga mempunyai permasalahan yang kurang
> lebih sama.
>

imho,
1. sisi client : pic masing-masing project
Ada sebuah file input tanpa VBA yang berisi ruang input yang berkaitan
dengan kegiatan yang sering dilakukan oleh seluruh project. Bisa juga
spesifik per project. Misal file ini diberi nama pic.xlsx (bagusnya kalau
hanya 1 file)
Setiap file tersebut harus dipegang oleh pic project masing-masing. Setiap
project mungkin memiliki 2 atau 3 pic yang sudah pasti punya akun email.

2. sisi server : kantor pusat yang hanya memiliki 1 pic penerima data dari
client
Ada sebuah akun email yang bisa dikirimi oleh pic masing-masing project.
Email dari pic yang berkaitan dengan file attachment bernama pic.xlsx
Pada komputer pic pusat, ada email application seperti outlook atau
thunderbird dengan akun aktif milik PIC pusat.
Seluruh email masuk akun PIC pusat yang berasal dari akun-akun pic project
yang terdaftar yang disertai attachment file pic.xlsx diambil dari email
(tentu menggunakan Excel VBA disisi PIC Pusat) untuk disimpan disebuah
folder dan diambil datanya.

Data dari attachment yang terambil tadi disimpan disebuah database (misal
data juga disimpan di Excel atau malah ada Access atau database engine
lain).

Kemudian data dalam database itu diproses dan ditampilkan ke pihak-pihak
terkait pembuat kebijikan. Persetujuan atau penolakan dari pihak terkait
dikirim kembali ke database.

Kemudian PIC pusat akan mengambil data hasil kebijakan itu dan menyusunnya
menjadi berbagai output, seperti surat penolakan atau surat persetujuan,
surat perintah atau surat pemesanan dan sebagainya kebagian yang terkait
ataupun ke pic project.

Setelah lembar-lembar output terbentuk, maka dibuatlah file attachment
berisi lembar-lembar output tersebut dan dikirim ke ekun email pihak-pihak
terkait, termasuk ke pic project.

---
Proses baca dari aplikasi email bisa diatur untuk auto refresh per 5 detik
atau per menit sesuai kesepakatan bersama antara pic pusat dengan para pic
project.

Usahakan tidak ada proses penghapusan data, jadi pastikan bahwa setiap
tindakan (ambil attachment, kirim ke database, pihak pengambil kebijakan
menyetujui atau menolak, pembuatan lembar-lembar output, dan pengiriman
email kembali ke pica project terkait atau ke pihak terkait untuk proses
eksekusi) terekam disertai waktu dilakukan setiap proses.

Dengan demikian, sejarah seluruh kegiatan dari setiap project bisa
terpantau.
Bahkan bisa dikembangkan menjadi sarana pelaporan perkembangan project jika
ada file template pelaporan perkembangan project.

Kira-kira gambaran umumnya demikian.

Kurang dan lebihnya, silakan didiskusikan bersama oleh seluruh BeExceller.
Tentu semakin banyak ide dari berbagai pihak, maka alur proses bisa menjadi
lebih baik (efisien, aman, cepat dan akurat) [robust ajalah nyebutnya]

Monggo dilanjutkan...

Wassalam,
Kid.

Mon May 12, 2014 6:19 am (PDT) . Posted by:

"kiki tanjung" kieki_e

Dear Mr Kid

Sangat menarik sekali pemaparannya.

Yang menjadi rencana saya seperti begini :

Misal pic yang terlibat dalam input data tersebut ada 20 pic. Masing2 mempunyai satu workbook. Ketika 20 pic tersebut meng update workbook mereka, maka workbook pic pusat yang berisi link workbook 20 pic itu, tinggal me refresh saja. Dan seketika workbook pic pusat langsung update.

Misal :

1. pic 1 : tabel PO
2. pic 2 : tabel permintaan dana kerja
3. pic 3 : tabel asset proyek
4. dst

Tabel yang ada di pic pusat :

Tabel PO, Table permintaan dana kerja, tabel asset proyek. (semua table yang dikerjakan oleh pic2)

Jadi, apa pun yg di kerjakan oleh pic2 tersebut, akan selalu ter update di woorkbook pic pusat, dan tidak via email

(kacau bgt yah cara sy memaparkan..hehehe.mudah2an rekan2 pada nangkep mksdnya)

Masalahnya, manpower2 tersebut tersebar di beberapa daerah sehingga dibutuhkan
database online yang bisa diakses melalui smartphone dan Tablet.
>Saya pernah mencoba untuk memanfaatkan Free Storage seperti Box dan Dropbox. Sayangnya, sampai saat ini tidak ada smartphone atau Tablet yang
support file Excel yang mengandung VBA.
>Saya yakin banyak rekan-rekan yang juga mempunyai permasalahan yang kurang lebih sama.
imho,

1. sisi client : pic masing-masing project

Ada sebuah file input tanpa VBA yang berisi ruang input yang berkaitan dengan kegiatan yang sering dilakukan oleh seluruh project. Bisa juga spesifik per project. Misal file ini diberi nama pic.xlsx (bagusnya kalau hanya 1 file)

Setiap file tersebut harus dipegang oleh pic project masing-masing. Setiap project mungkin memiliki 2 atau 3 pic yang sudah pasti punya akun email.

2. sisi server : kantor pusat yang hanya memiliki 1 pic penerima data dari client

Ada sebuah akun email yang bisa dikirimi oleh pic masing-masing project. Email dari pic yang berkaitan dengan file attachment bernama pic.xlsx

Pada komputer pic pusat, ada email application seperti outlook atau thunderbird dengan akun aktif milik PIC pusat.

Seluruh email masuk akun PIC pusat yang berasal dari akun-akun pic project yang terdaftar yang disertai attachment file pic.xlsx diambil dari email (tentu menggunakan Excel VBA disisi PIC Pusat) untuk disimpan disebuah folder dan diambil datanya.

Data dari attachment yang terambil tadi disimpan disebuah database (misal data juga disimpan di Excel atau malah ada Access atau database engine lain).

Kemudian data dalam database itu diproses dan ditampilkan ke pihak-pihak terkait pembuat kebijikan. Persetujuan atau penolakan dari pihak terkait dikirim kembali ke database.

Kemudian PIC pusat akan mengambil data hasil kebijakan itu dan menyusunnya menjadi berbagai output, seperti surat penolakan atau surat persetujuan, surat perintah atau surat pemesanan dan sebagainya kebagian yang terkait ataupun ke pic project.

Setelah lembar-lembar output terbentuk, maka dibuatlah file attachment berisi lembar-lembar output tersebut dan dikirim ke ekun email pihak-pihak terkait, termasuk ke pic project.

---

Proses baca dari aplikasi email bisa diatur untuk auto refresh per 5 detik atau per menit sesuai kesepakatan bersama antara pic pusat dengan para pic project.

Usahakan tidak ada proses penghapusan data, jadi pastikan bahwa setiap tindakan (ambil attachment, kirim ke database, pihak pengambil kebijakan menyetujui atau menolak, pembuatan lembar-lembar output, dan pengiriman email kembali ke pica project terkait atau ke pihak terkait untuk proses eksekusi) terekam disertai waktu dilakukan setiap proses.

Dengan demikian, sejarah seluruh kegiatan dari setiap project bisa terpantau.

Bahkan bisa dikembangkan menjadi sarana pelaporan perkembangan project jika ada file template pelaporan perkembangan project.

Kira-kira gambaran umumnya demikian.

Kurang dan lebihnya, silakan didiskusikan bersama oleh seluruh BeExceller.

Tentu semakin banyak ide dari berbagai pihak, maka alur proses bisa menjadi lebih baik (efisien, aman, cepat dan akurat) [robust ajalah nyebutnya]

Monggo dilanjutkan...

Wassalam,
Kid.

Mon May 12, 2014 6:37 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Kiki,

metode menggunakan email ber attachment adalah salah satu opsi. Pokok
utamanya adalah Excel ber-VBA di PIC Pusat bisa mengakses setiap file dari
para PIC Project.

Dengan bisa mengaksesnya, maka VBA bisa membuka dan menyalin beserta
menyusun data dari para pic project menjadi data yang berkaidah tabel
database. Bahkan bisa memasukkan langsung ke database sesuai struktur
setiap tabel dalam database.

Proses ini bisa dibuat otomatis per sekian waktu menggunakan timer. Bisa
juga menunggu proses klik dari PIC Pusat seperti klik sebuah tombol.

Jadi, Excel ber-VBA hanya ada di PIC Pusat. File itu yang bekerja penuh
untuk melakukan pembaruan data mulai dari mengambil dari sumbernya sampai
pmengirim kembali sesuai alur proses bisnisnya.

imho,
dalam kasus ini link workbook terutama dalam bentuk formula link ke
workbook lain bukanlah opsi yang cocok.

So,
apapun media yang Anda gunakan beserta metodenya, prinsip utamanya, file
Excel ber-VBA di PIC Pusat harus bisa mengakses file tersebut.

Jika dengan opsi :
1. email (seperti catatan email tempo lalu), maka perlu proses baca email
dan menyimpan file ke suatu folder agar akhirnya bisa dibuka dan dibaca
terlepas dari kegiatan yang sedang dilakukan oleh para pic project pemilik
file
2. upload ke suatu site melalui ftp ataupun lainnya, bahkan cloud storage
yang bisa di-sync oleh si Excel juga akhirnya harus bisa membuat si Excel
ber-VBA di PIC pusat bisa membuka dan membacanya.

Wassalam,
Kid.

2014-05-12 20:12 GMT+07:00 kiki tanjung kieki_e@yahoo.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Dear Mr Kid
>
> Sangat menarik sekali pemaparannya.
>
> Yang menjadi rencana saya seperti begini :
>
> Misal pic yang terlibat dalam input data tersebut ada 20 pic. Masing2
> mempunyai satu workbook. Ketika 20 pic tersebut meng update workbook
> mereka, maka workbook pic pusat yang berisi link workbook 20 pic itu,
> tinggal me refresh saja. Dan seketika workbook pic pusat langsung update.
>
> Misal :
>
> 1. pic 1 : tabel PO
> 2. pic 2 : tabel permintaan dana kerja
> 3. pic 3 : tabel asset proyek
> 4. dst
>
> Tabel yang ada di pic pusat :
>
> Tabel PO, Table permintaan dana kerja, tabel asset proyek. (semua table
> yang dikerjakan oleh pic2)
>
> Jadi, apa pun yg di kerjakan oleh pic2 tersebut, akan selalu ter update di
> woorkbook pic pusat, dan tidak via email
>
> (kacau bgt yah cara sy memaparkan..hehehe.mudah2an rekan2 pada nangkep
> mksdnya)
>
>
>
>
>
>
> Masalahnya, manpower2 tersebut tersebar di beberapa daerah sehingga
> dibutuhkan database online yang bisa diakses melalui smartphone dan Tablet.
> Saya pernah mencoba untuk memanfaatkan Free Storage seperti Box dan
> Dropbox. Sayangnya, sampai saat ini tidak ada smartphone atau Tablet yang
> support file Excel yang mengandung VBA.
> Saya yakin banyak rekan-rekan yang juga mempunyai permasalahan yang kurang
> lebih sama.
>
>
> imho,
> 1. sisi client : pic masing-masing project
> Ada sebuah file input tanpa VBA yang berisi ruang input yang berkaitan
> dengan kegiatan yang sering dilakukan oleh seluruh project. Bisa juga
> spesifik per project. Misal file ini diberi nama pic.xlsx (bagusnya kalau
> hanya 1 file)
> Setiap file tersebut harus dipegang oleh pic project masing-masing. Setiap
> project mungkin memiliki 2 atau 3 pic yang sudah pasti punya akun email.
>
> 2. sisi server : kantor pusat yang hanya memiliki 1 pic penerima data dari
> client
> Ada sebuah akun email yang bisa dikirimi oleh pic masing-masing project.
> Email dari pic yang berkaitan dengan file attachment bernama pic.xlsx
> Pada komputer pic pusat, ada email application seperti outlook atau
> thunderbird dengan akun aktif milik PIC pusat.
> Seluruh email masuk akun PIC pusat yang berasal dari akun-akun pic project
> yang terdaftar yang disertai attachment file pic.xlsx diambil dari email
> (tentu menggunakan Excel VBA disisi PIC Pusat) untuk disimpan disebuah
> folder dan diambil datanya.
>
> Data dari attachment yang terambil tadi disimpan disebuah database (misal
> data juga disimpan di Excel atau malah ada Access atau database engine
> lain).
>
> Kemudian data dalam database itu diproses dan ditampilkan ke pihak-pihak
> terkait pembuat kebijikan. Persetujuan atau penolakan dari pihak terkait
> dikirim kembali ke database.
>
> Kemudian PIC pusat akan mengambil data hasil kebijakan itu dan menyusunnya
> menjadi berbagai output, seperti surat penolakan atau surat persetujuan,
> surat perintah atau surat pemesanan dan sebagainya kebagian yang terkait
> ataupun ke pic project.
>
> Setelah lembar-lembar output terbentuk, maka dibuatlah file attachment
> berisi lembar-lembar output tersebut dan dikirim ke ekun email pihak-pihak
> terkait, termasuk ke pic project.
>
> ---
> Proses baca dari aplikasi email bisa diatur untuk auto refresh per 5
> detik atau per menit sesuai kesepakatan bersama antara pic pusat dengan
> para pic project.
>
> Usahakan tidak ada proses penghapusan data, jadi pastikan bahwa setiap
> tindakan (ambil attachment, kirim ke database, pihak pengambil kebijakan
> menyetujui atau menolak, pembuatan lembar-lembar output, dan pengiriman
> email kembali ke pica project terkait atau ke pihak terkait untuk proses
> eksekusi) terekam disertai waktu dilakukan setiap proses.
>
> Dengan demikian, sejarah seluruh kegiatan dari setiap project bisa
> terpantau.
> Bahkan bisa dikembangkan menjadi sarana pelaporan perkembangan project
> jika ada file template pelaporan perkembangan project.
>
> Kira-kira gambaran umumnya demikian.
>
> Kurang dan lebihnya, silakan didiskusikan bersama oleh seluruh BeExceller.
> Tentu semakin banyak ide dari berbagai pihak, maka alur proses bisa
> menjadi lebih baik (efisien, aman, cepat dan akurat) [robust ajalah
> nyebutnya]
>
>
> Monggo dilanjutkan...
>
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>

Mon May 12, 2014 5:41 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Iqbal,

misal data di A2:C2, di D2 bisa juga diisi formula : (bukan array formula)
=LookUp( SumProduct( (a2:c2<>"")*10^(3-{1,2,3}) ) , {0,100,101,110,111} ,
{"?","buka","tutup","titip","confirm"} )

copy ke baris data lain.

*** jika regional setting komputer setempat adalah Indonesian, maka formula
akan menjadi :

=LookUp( SumProduct( (a2:c2<>"")*10^(3-{1\2\3}) ) ; {0\100\101\110\111} ;
{"?"\"buka"\"tutup"\"titip"\"confirm"} )

Wassalam,
Kid.

2014-05-11 10:48 GMT+07:00 'Muhammad Iqbal' iq_bal76id@yahoo.com[belajar-excel]
<belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Dear be exceler,
>
> Mohon bantuan untu case seperti berikut ini
>
>
>
> *A*
>
> *B*
>
> *C*
>
> *result*
>
> text
>
>
>
>
>
> buka
>
> text
>
> text
>
>
>
> titip
>
> text
>
> text
>
> text
>
> confirm
>
> text
>
>
>
> text
>
> Tutup
>
>
>
> Bagai mana rumusan yang bisa saya terapkan bila kolom "result" ber logika,
>
> Jika kolom A berisi data, maka tulislah "Buka"
>
> Jika kolom A dan B berisi dana , maka tulis "titip
>
> Jika kolom A dan C berisi data, maka tulis "tutup"
>
> Jika kolom A, B dan C berisi data, maka tulis "confirm"
>
>
>
>
>
> Regard
>
> *Muhammad Iqbal*
>
>
>

Mon May 12, 2014 6:09 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Wa'alaikumussalam Wr. Wb.

Andai saja ada proses manual mengisi seluruh cell kosong dengan nilai dari
baris sebelumnya (manfaatkan Goto Special dan Paste Special Formula),
formula LookUp nya tidak akan membuat bingung karena formula akan menjadi
lebih tampak familiar.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Kid.

2014-05-08 11:35 GMT+07:00 Mulki <mulki@aop.component.astra.co.id>:

>
>
> Assalamu'alaikum Wr. Wb.
>
> Mohon maaf resend. Mohon bantuan Guru & Rekan2 B-XLers utk kasus merubah
> format laporan seperti dlm file terlampir.
>
> Terimakasih banyak atas bantuan dan pencerahannya.
>
>
> Wassalam,
> Mulki
>
>
>
>

Mon May 12, 2014 6:17 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Wa'alikumussalam Wr. Wb.

*** Mohon tidak menyertakan akun lain pada bagian To, Cc, maupun BCc selain
ke akun milis belajar-excel@yahoogroups.com

Coba manfaatkan protect sheet dan protection hidden cell hal berikut :
1. blok seluruh cell yang boleh diubah oleh user dan set format cell -> tab
protection -> hilangkan centang dari Locked -> OK
2. blok seluruh cell yang memiliki formula dan tidak boleh diubah oleh user
dan set format -> tab protection -> centang Hidden -> OK
3. ke ribbon (menu) Review -> group Changes -> klik Protect Sheet ->
pastikan centang select locked cell dan select unlocked cell -> isi
password dan konfirmasi password bila perlu -> OK

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Kid.

2014-05-12 11:59 GMT+07:00 syaiful hanan <inaniana_04@yahoo.co.id>:

> bagaimana caranya biar format atau sumber data yang sudah kita buat
> terlihat sehingga kita tidak kebingungan untuk buat yang lain, maaf maksud
> saya ada formula bila kita sudah ok ndak nampak lagi sumbernya.
> wassalam
>

Mon May 12, 2014 6:19 am (PDT) . Posted by:

Assalamu'alaikum..
Mr.Kid,

Mohon dibantu step2/trik agar file seperti yg sy tunjukkan saat kopdar dpt cpt dibuka. Mhn maaf sy lupa. Trims.

Wassalamu...

Aziz Basir
Sent from BlackBerry® on 3,2,1...go!

Mon May 12, 2014 6:29 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Wa'alaikumussalam Wr. Wb.

Pak Aziz,

Langkah-langkahnya sebagai berikut :
1. buka file .xls jika masih dalam format Excel 97-2003
2. lakukan save as menjadi nama yang lain dan dengan type file Excel
Workbook (.xlsx) andai tak ber-VBA atau Macro Enable Workbook (.xlsm) jika
ber-VBA
3. tutup Excel
4. ke lokasi penyimpanan file (Windows Explorer)
5. pastikan windows explorer bisa menampilkan ekstensi file (.xlsx atau
.xlsm dan sebagainya) -> atur di Windows Explorer Options
6. tambahkan ekstensi .zip dibelakang nama file .xlsx atau .xlsm hasil save
as nomor 2 tadi
7. dengan 7z, WinZip, atau WinRar, lakukan open archive terhadap file
tersebut
8. cari dan double click folder xl disaat open archive (jangan pakai
kemampuan windows explorer saat melihat isi zip file)
9. kemudian hapus folder drawing
10. tutup 7z, WinZip, atau WinRar yang digunakan untk open archive tadi
11. ubah nama file dan hilangkan ekstensi .zip
12. buka file Excel dan OK saja jika ada informasi file error karena
kehilangan object relasi
13. save as menjadi nama lain yang sesuai termasuk type filenya jika ingin
dikembalikan ke Excel 97-2003 (.xls)

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Kid.

2014-05-12 20:18 GMT+07:00 azizbazir@gmail.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Assalamu'alaikum..
> Mr.Kid,
>
> Mohon dibantu step2/trik agar file seperti yg sy tunjukkan saat kopdar dpt
> cpt dibuka. Mhn maaf sy lupa. Trims.
>
> Wassalamu...
>
> Aziz Basir
> Sent from BlackBerry® on 3,2,1...go!
>
>
>

Mon May 12, 2014 7:15 am (PDT) . Posted by:

Mantap! Jazakillah Mr.Kid :)
Sent from BlackBerry® on 3,2,1...go!

-----Original Message-----
From: "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Mon, 12 May 2014 20:29:03
To: BeExcel<belajar-excel@yahoogroups.com>
Reply-To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] File Payroll Loading Lama

Wa'alaikumussalam Wr. Wb.

Pak Aziz,

Langkah-langkahnya sebagai berikut :
1. buka file .xls jika masih dalam format Excel 97-2003
2. lakukan save as menjadi nama yang lain dan dengan type file Excel
Workbook (.xlsx) andai tak ber-VBA atau Macro Enable Workbook (.xlsm) jika
ber-VBA
3. tutup Excel
4. ke lokasi penyimpanan file (Windows Explorer)
5. pastikan windows explorer bisa menampilkan ekstensi file (.xlsx atau
.xlsm dan sebagainya) -> atur di Windows Explorer Options
6. tambahkan ekstensi .zip dibelakang nama file .xlsx atau .xlsm hasil save
as nomor 2 tadi
7. dengan 7z, WinZip, atau WinRar, lakukan open archive terhadap file
tersebut
8. cari dan double click folder xl disaat open archive (jangan pakai
kemampuan windows explorer saat melihat isi zip file)
9. kemudian hapus folder drawing
10. tutup 7z, WinZip, atau WinRar yang digunakan untk open archive tadi
11. ubah nama file dan hilangkan ekstensi .zip
12. buka file Excel dan OK saja jika ada informasi file error karena
kehilangan object relasi
13. save as menjadi nama lain yang sesuai termasuk type filenya jika ingin
dikembalikan ke Excel 97-2003 (.xls)

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Kid.






2014-05-12 20:18 GMT+07:00 azizbazir@gmail.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Assalamu'alaikum..
> Mr.Kid,
>
> Mohon dibantu step2/trik agar file seperti yg sy tunjukkan saat kopdar dpt
> cpt dibuka. Mhn maaf sy lupa. Trims.
>
> Wassalamu...
>
> Aziz Basir
> Sent from BlackBerry® on 3,2,1...go!
>
>
>

Mon May 12, 2014 7:15 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Wa'alaikumussalam Wr. Wb.

Hai Iman,

Semoga ada BeExceller yang sempat dan berbaik hati menjabarkan bunyi
formulanya ya...

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Kid.

2014-05-07 7:51 GMT+07:00 <idz.iman@yahoo.com>:

>
>
> Dear Master,
>
> Assalammualaikum.
>
>
> Master, mohon bantuannya..
>
> saya mendapat sebuah data yang selalu update setiap hari. nah dari data
> itu saya ingin mempermudah menggunakan pivot sebagai alat bantu menganalisa.
>
>
> problemnya adalah data yang saya dapat itu berpola horizontal, apakah ada
> rumus yang bisa mempermudah agar data tsb menjadi vertical?
>
>
> Berikut saya lampirkan file simulasinya.
>
>
> Salam,
>
> Iman
>
>
>
=====================================================================
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================

---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar