Jumat, 23 Mei 2014

[belajar-excel] Digest Number 2939

15 Messages

Digest #2939
2a
Re: Rumus yang bikin berat by "Subroto, Matzen"
2b
Re: Rumus yang bikin berat by "ChordJR" indra_gustian
7
Menampilkan data ListView ke Combobox by "Ratri Risyanto" risyanto12
9
Menukar Text kepada format tanggal by "Emi" emilestariklcc

Messages

Thu May 22, 2014 9:31 am (PDT) . Posted by:

"him mah"

kemarin pas kopdar dibahas juga customUI ya

Pada 21 Mei 2014 23.17, nangAgus nangagoez@yahoo.co.id [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:

>
>
> Setelah saya mendapatkan notepad ++ (ntpp) saya juga mulai belajar menulis
> script CustomUI. kalau saya posting disini, customUI OOT apa tidak yaaa?
> (tentunya CustomUI untuk Excel)
>
> Jika dalam customUI editor terdapat tombol untuk mengetes, apakah
> penulisan syntak dalam XML sudah benar atau belum?
> Bagaimanakah cara pengetesan script RibbonX tersebut pada notepad++ sudah
> benar atau belum?
> semoga pertanyaan saya ini tidak disemprit moderator karena OOT.
> Terima kasih.
>
> Wasalamualaikum warahmatullah
>
> NangAgus
>
>
>
> On 5/22/2014 10:07, hendrik karnadi hendrikkarnadi@yahoo.com[belajar-excel] wrote:
>
>
> Betul Mr. Kid,
>
> Dalam Kopdar 2 terlihat banyak bakat tependam layaknya batu yang belum
> diasah atau dipoles, terbukti dengan banyaknya pertanyaan.
>
> Untuk mas Agus yang sudah punya basic cukup kuat, tentu hal itu bukanlah
> hal yang mustahil.
>
> Untuk yang merasa belum punya basic sama sekali, jangan putus
> asa...rajin mencoba dengan semangat baja, insya Allah tahun depan sudah
> bisa jadi kontributor. Setidaknya, itu pengalaman saya waktu belajar
> VBA....bahkan sampe sekarang masih sering mentok....tinggal sampaikan ke
> milis....dapat deh jawabannya.
>
> Salam,
> HK
>
>
> On Thursday, 22 May 2014, 9:55, "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com[belajar-excel]"
> <belajar-excel@yahoogroups.com> <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>
>
>
> Wa'alaikumussalam Wr. Wb.
>
> waaah... mas Agus dapat pintu baru untuk berbagi manfaat nih...
> Berbagi manfaat itu menyenangkan kan ya...
> ;)
>
> Alhamdulillah kopdar#2 nya membawa manfaat..
> Boleh dong tulisannya dikirim ke blog milis. Bila ada di blog pribadi mas
> Agus, boleh juga dong ada linknya dari blog milis ke blog mas Agus.
>
> Untuk kondisi recovery, memang ndak bisa diapa-apaken jika user selalu
> memasang security untuk di-enable lebih dulu. Harap maklum.
> Moga-moga masih ingat bahwa VBA adalah alat otomasi yang tergantung
> kepada aplikasi tempat tinggalnya, yang tidak pasti bahwa VBA boleh bekerja
> dengan serta merta.
>
> Ditunggu tulisan-tulisan lain dari seluruh BeExceller.
> Ayuk kita menulis dan berbagi, dan rasakan akibatnya yang berupa
> percepatan bertambahnya ilmu yang bermanfaat.
>
> Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
> Kid.
>
>
>
>
> 2014-05-22 8:42 GMT+07:00 nangAgus nangagoez@yahoo.co.id [belajar-excel] <
> belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
>
> Asalamualaikum warah matullah,
>
> Untuk semua member B-Excel,
> Setelah belajar VBA di Kopdar 2# jadi semangat untuk belajar menulis
> script sendiri.
> Kali ini saya belajar membuat file yang dapat memaksa penggunanya untuk
> mengaktifkan macro.
> Karena kita tidak dapat memaksa microsoft excel untuk selalu mengahidupkan
> macro maka saya buat sedikit trik agar file yang saya berikan selalu
> macronya dienable, ayo langsung ke TKP!
>
> Saya siapkan dua sheet, sheet pertama yang isinya peringatan bahwa macro
> belum dihidupkan dan diberikan cara mengaktifkan macro.
> sedangkan sheet kedua berisi sheet yang akan dimunculkan jika macro sudah
> dijalankan. jika perlu tambahkan bumbu-bumbu cabe, bawang, CustomUI dll.
> agar menjadi lebih sedap dan nikmat, tetapi jangan terlalu banyak MSG yaaa,
> he he he ....
>
> Maksudnya:
> 1. Apabila komputer pengguna belum mengaktifkan macro, maka akan muncul
> sheet 1 yang berisi tentang cara mengaktifkan macro, sedangkan sheet
> lainnya disembunyikan. ini berarti, karena yang nampak hanya sheet 1 maka
> user tidak dapat menggunakan file yang kita berikan. untuk menggunakannya
> user harus menghidupkan (enable) makro.
>
> 2. agar file selalu membuka sheet1 apabila macro tidak dijalankan saya
> gunakan obyek Workbook dengan prosedur BeforeClose. (mohon maaf kadang saya
> tidak dapat membedakan event dan prosedur karena ketidak tahuan saya;
> padahal pak Anton sudah menjelaskan secara panjang lebar. jika keliru
> tolong saya diingatkan!) Perintahnya: "Workbook, tulung inyong kantonake
> sheet 1 sakdurunge di tutup, sheet liyane delikna disik, yen file durung
> disimpen, simpen disik yaa"
> Ini berarti saat terakhir disimpan yang tampak hanya sheet 1. apabila
> file tersebut saya buka, yang nampak hanya sheet 1.
>
> 3. Setelah selesai bahasa manusia, kita tuliskan menjadi bahasa VB
> (kelihatannya seperti itu yak Mr. Kid).
> Private Sub Workbook_BeforeClose(Cancel As Boolean)
> 'memerintah excel dengan prosedur sebelum ditutup
> Sheet1.Visible = xlSheetVisible
> ' sheet1 jangan disembunyikan (perlihatkan sheet 1)
> Sheet2.Visible = xlSheetHidden
> ' sheet2 disembunyikan
> Sheet3.Visible = xlSheetHidden
> ' sheet3 disembunyikan
> Me.Save
> ' menyimpan file
> End Sub
>
> Kelar sudah untuk memperlihatkan bagi yang belum mengenable macro,
> sekarang saatnya ambil kopi, mau yang pakai susu apa cream? jangan lupa
> ambil makanan kecil tetapi makanan yang besar juga boleh.... untuk yang
> ahli hisab seperti Mr. Kid sediakan pula 10 bungkus rokok ......... hi hi
> hi ...
>
> Jika macro sudah di-enable :
> 1. Setelah macro dijalankan yang tampak hanya sheet 2 kita gunakan obyek
> Workbook dengan prosedur Open.
> 2. Workbook tulung sheet 1 delikna, sheet 2 ketokna, sheet liyane aja
> katon!
> 3. Kita ubah menjadi bahasa VB:
>
> Private Sub Workbook_Open() 'memerintah excel dengan
> prosedur saat dibuka
> Sheet2.Visible = xlSheetVisible 'memperlihatkan sheet 2
> Sheet3.Visible = xlSheetHidden 'menyembunyikan sheet 3
> Sheet1.Visible = xlSheetHidden 'menyembunyikan sheet 1
>
> UserForm1.Show 'memperlihatkan UserForm1
>
> End Sub
>
> selesai sudah pekerjaan memaksa user untuk mengenable macro.
> nama: jeneng
> password : password
>
> Namun apabila saat berada di sheet2 file excel tersebut rusak, terus
> recovery maka sesudah recovery pertama kali yang nampak adalah sheet 2
> bukan sheet 1, walaupun macro belum dienable. ini yang belum dapat saya
> antisipasi. bagaimanakah caranya?
> Tolong rekan-rekan B-Excel dapat membantu
>
> Terima kasih, matur nuwun, tengyu, sukron,
>
> asalamualaikumwarahmatullah
>
> NangAgus.
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>

Thu May 22, 2014 5:04 pm (PDT) . Posted by:

"nangAgus" nangagoez

CustomUI tidak ada, Kopdar kemarin hanya membicarakan VBA dasar, belum
VBA lanjutan
On 5/22/2014 23:31, him mah himmah.mlg@gmail.com [belajar-excel] wrote:
> kemarin pas kopdar dibahas juga customUI ya
>
>
> Pada 21 Mei 2014 23.17, nangAgus nangagoez@yahoo.co.id
> <mailto:nangagoez@yahoo.co.id> [belajar-excel]
> <belajar-excel@yahoogroups.com <mailto:belajar-excel@yahoogroups.com>>
> menulis:
>
> Setelah saya mendapatkan notepad ++ (ntpp) saya juga mulai belajar
> menulis script CustomUI. kalau saya posting disini, customUI OOT
> apa tidak yaaa? (tentunya CustomUI untuk Excel)
>
> Jika dalam customUI editor terdapat tombol untuk mengetes, apakah
> penulisan syntak dalam XML sudah benar atau belum?
> Bagaimanakah cara pengetesan script RibbonX tersebut pada
> notepad++ sudah benar atau belum?
> semoga pertanyaan saya ini tidak disemprit moderator karena OOT.
> Terima kasih.
>
> Wasalamualaikum warahmatullah
>
> NangAgus
>
>
>
> On 5/22/2014 10:07, hendrik karnadi hendrikkarnadi@yahoo.com
> <mailto:hendrikkarnadi@yahoo.com> [belajar-excel] wrote:
>> Betul Mr. Kid,
>>
>> Dalam Kopdar 2 terlihat banyak bakat tependam layaknya batu yang
>> belum diasah atau dipoles, terbukti dengan banyaknya pertanyaan.
>>
>> Untuk mas Agus yang sudah punya basic cukup kuat, tentu hal itu
>> bukanlah hal yang mustahil.
>>
>> Untuk yang merasa belum punya basic sama sekali, jangan putus
>> asa...rajin mencoba dengan semangat baja, insya Allah tahun depan
>> sudah bisa jadi kontributor. Setidaknya, itu pengalaman saya
>> waktu belajar VBA....bahkan sampe sekarang masih sering
>> mentok....tinggal sampaikan ke milis....dapat deh jawabannya.
>>
>> Salam,
>> HK
>>
>>
>> On Thursday, 22 May 2014, 9:55, "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com
>> <mailto:mr.nmkid@gmail.com> [belajar-excel]"
>> <belajar-excel@yahoogroups.com>
>> <mailto:belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>>
>>
>> Wa'alaikumussalam Wr. Wb.
>>
>> waaah... mas Agus dapat pintu baru untuk berbagi manfaat nih...
>> Berbagi manfaat itu menyenangkan kan ya...
>> ;)
>>
>> Alhamdulillah kopdar#2 nya membawa manfaat..
>> Boleh dong tulisannya dikirim ke blog milis. Bila ada di blog
>> pribadi mas Agus, boleh juga dong ada linknya dari blog milis ke
>> blog mas Agus.
>>
>> Untuk kondisi recovery, memang ndak bisa diapa-apaken jika user
>> selalu memasang security untuk di-enable lebih dulu. Harap maklum.
>> Moga-moga masih ingat bahwa VBA adalah alat otomasi yang
>> tergantung kepada aplikasi tempat tinggalnya, yang tidak pasti
>> bahwa VBA boleh bekerja dengan serta merta.
>>
>> Ditunggu tulisan-tulisan lain dari seluruh BeExceller.
>> Ayuk kita menulis dan berbagi, dan rasakan akibatnya yang berupa
>> percepatan bertambahnya ilmu yang bermanfaat.
>>
>> Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
>> Kid.
>>
>>
>>
>>
>> 2014-05-22 8:42 GMT+07:00 nangAgus nangagoez@yahoo.co.id
>> <mailto:nangagoez@yahoo.co.id> [belajar-excel]
>> <belajar-excel@yahoogroups.com
>> <mailto:belajar-excel@yahoogroups.com>>:
>>
>>
>> Asalamualaikum warah matullah,
>>
>> Untuk semua member B-Excel,
>> Setelah belajar VBA di Kopdar 2# jadi semangat untuk belajar
>> menulis script sendiri.
>> Kali ini saya belajar membuat file yang dapat memaksa
>> penggunanya untuk mengaktifkan macro.
>> Karena kita tidak dapat memaksa microsoft excel untuk selalu
>> mengahidupkan macro maka saya buat sedikit trik agar file
>> yang saya berikan selalu macronya dienable, ayo langsung ke TKP!
>>
>> Saya siapkan dua sheet, sheet pertama yang isinya peringatan
>> bahwa macro belum dihidupkan dan diberikan cara mengaktifkan
>> macro.
>> sedangkan sheet kedua berisi sheet yang akan dimunculkan jika
>> macro sudah dijalankan. jika perlu tambahkan bumbu-bumbu
>> cabe, bawang, CustomUI dll. agar menjadi lebih sedap dan
>> nikmat, tetapi jangan terlalu banyak MSG yaaa, he he he ....
>>
>> Maksudnya:
>> 1. Apabila komputer pengguna belum mengaktifkan macro, maka
>> akan muncul sheet 1 yang berisi tentang cara mengaktifkan
>> macro, sedangkan sheet lainnya disembunyikan. ini berarti,
>> karena yang nampak hanya sheet 1 maka user tidak dapat
>> menggunakan file yang kita berikan. untuk menggunakannya user
>> harus menghidupkan (enable) makro.
>>
>> 2. agar file selalu membuka sheet1 apabila macro tidak
>> dijalankan saya gunakan obyek Workbook dengan prosedur
>> BeforeClose. (mohon maaf kadang saya tidak dapat membedakan
>> event dan prosedur karena ketidak tahuan saya; padahal pak
>> Anton sudah menjelaskan secara panjang lebar. jika keliru
>> tolong saya diingatkan!) Perintahnya: "Workbook, tulung
>> inyong kantonake sheet 1 sakdurunge di tutup, sheet liyane
>> delikna disik, yen file durung disimpen, simpen disik yaa"
>> Ini berarti saat terakhir disimpan yang tampak hanya
>> sheet 1. apabila file tersebut saya buka, yang nampak hanya
>> sheet 1.
>>
>> 3. Setelah selesai bahasa manusia, kita tuliskan menjadi
>> bahasa VB (kelihatannya seperti itu yak Mr. Kid).
>> Private Sub Workbook_BeforeClose(Cancel As Boolean)
>> 'memerintah excel dengan prosedur sebelum ditutup
>> Sheet1.Visible = xlSheetVisible ' sheet1 jangan
>> disembunyikan (perlihatkan sheet 1)
>> Sheet2.Visible = xlSheetHidden ' sheet2 disembunyikan
>> Sheet3.Visible = xlSheetHidden ' sheet3 disembunyikan
>> Me.Save ' menyimpan file
>> End Sub
>>
>> Kelar sudah untuk memperlihatkan bagi yang belum mengenable
>> macro, sekarang saatnya ambil kopi, mau yang pakai susu apa
>> cream? jangan lupa ambil makanan kecil tetapi makanan yang
>> besar juga boleh.... untuk yang ahli hisab seperti Mr. Kid
>> sediakan pula 10 bungkus rokok ......... hi hi hi ...
>>
>> Jika macro sudah di-enable :
>> 1. Setelah macro dijalankan yang tampak hanya sheet 2 kita
>> gunakan obyek Workbook dengan prosedur Open.
>> 2. Workbook tulung sheet 1 delikna, sheet 2 ketokna, sheet
>> liyane aja katon!
>> 3. Kita ubah menjadi bahasa VB:
>>
>> Private Sub Workbook_Open() 'memerintahexcel
>> dengan prosedur saat dibuka
>> Sheet2.Visible = xlSheetVisible 'memperlihatkan sheet 2
>> Sheet3.Visible = xlSheetHidden 'menyembunyikan sheet 3
>> Sheet1.Visible = xlSheetHidden 'menyembunyikan sheet 1
>> UserForm1.Show 'memperlihatkan UserForm1
>> End Sub
>>
>> selesai sudah pekerjaan memaksa user untuk mengenable macro.
>> nama: jeneng
>> password : password
>>
>> Namun apabila saat berada di sheet2 file excel tersebut
>> rusak, terus recovery maka sesudah recovery pertama kali yang
>> nampak adalah sheet 2 bukan sheet 1, walaupun macro belum
>> dienable. ini yang belum dapat saya antisipasi. bagaimanakah
>> caranya?
>> Tolong rekan-rekan B-Excel dapat membantu
>>
>> Terima kasih, matur nuwun, tengyu, sukron,
>>
>> asalamualaikumwarahmatullah
>>
>> NangAgus.
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>
>
>

Thu May 22, 2014 1:17 pm (PDT) . Posted by:

"Subroto, Matzen"

Assalamu alaikum,

Sedikit berbagi, saya juga memiliki data yang yang cukup banyak dan untuk mendapatkan kelengkapan data itu salah satunya menggunakan formula excel, saya meng "akali" nya dengan meng copy rumus ke baris data yang belum lengkap datanya, setelah dapat datanya, lalu di COPAS Value , Alhamdulillah lumayan Ngebut, kecuali untuk data yang bersifat Dinamis (artinya data update), mudah-mudahan setitik membantu

Wassalam



Terima Kasih

Matzen

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
Sent: 22 Mei 2014 9:31
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Rumus yang bikin berat


@Pak Sony Memang sudah kepikiran pilihan antara Pivot sama VBA...untuk Pivot sudah mencoba tapi gagal...untuk VBA juga bingung karena masih anak bawang :p

@Pak Heri Mantab sekali Pivot nya...kendala pas saya membuat pivot peletakan Field"-nya berantakan sekali (maklum baru pertama mencoba)...ternyata harus menggunakan kolom bantu untuk pengelompokan field yang tepat...ilmu yang bermanfaat sekali...akan saya coba mengaplikasikan ke File yang sebenarnya...

Mungkin untuk Be-Exceller atau Master yang mahir VBA ada juga yang mau membantu, supaya ada pilihan dan pembelajaran lebih lanjut...
Terimakasih banyak untuk Rekan's yang sudah banyak membantu

Wassallam,

Indra


On 5/22/2014 8:35 AM, 'Heri Pamungkas ( Gmail )' ghery.dharma@gmail.com<mailto:ghery.dharma@gmail.com> [belajar-excel] wrote:




السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Semangat pagi,.





Mungkin bisa dicoba berikut,





Pakai kolom bantu boleh iaa













وَالسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ





Warm Regards,
On 21/05/2014 9:22, ChordJR vendeta_06@yahoo.co.id<mailto:vendeta_06@yahoo.co.id> [belajar-excel] wrote:


Assalamu'alaikum wr wb.

Mohon dibantu untuk permasalahan berikut (File Attachement terlampir)...
Sudah mencoba menggunakan formula tapi karena Data yang jumlahnya
Ribuan(akan bertambah terus) dan alhasil kalkulasi komputer pun loading
lama sekali...
Pada file terlampir terdapat Sheet Data dan Hasil pada Sheet
Summary...Formula yang di gunakan menggunakan fungsi SumIF...
Mentok harus menggunakan cara seperti apa,mohon dibantu untuk
saran/jawaban dari para Master Excel...

Apabila terdapat case yang sama persis mohon dibantu untuk di berikan
link -nya...karena sudah coba mencari tidak ketemu...
Terimakasih Banyak sebelumnya...

Salam,

Indra




__________________________________________________________
This email has been scanned for Viruses and Spam. For more information
please contact your local Business Unit Information Security representative.
__________________________________________________________

Fri May 23, 2014 12:31 am (PDT) . Posted by:

"ChordJR" indra_gustian

Wa'alaikum Salam Wr. Wb.

Mungkin tips dari Pak Matzen juga bisa di gunakan untuk mengolah data
menjadi Text/Value yang sudah benar...tapi mungkin untuk sifat-nya Array
Formula dari data yang jumlah nya banyak saya rasa kalkulasi akan tetap
memberatkan... ^_^
Sementara saya menggunakan cara Pivot Table (dari Pak Heru) kemudian
saya aplikasikan dengan Fungsi VlookUp...dengan menambahkan sedikit
tombol Refresh supaya data bisa ter-Update Otomatis...
Mungkin para master ada yang bisa membantu dengan VBA sepenuhnya tanpa
formula??saya akan berterimakasih sekali untuk ilmu"nya
Terimakasih juga untuk Pak Matzen yang sudah memberikan Tips"-nya...

Wassallam,

Indra

On 5/22/2014 10:56 AM, 'Subroto, Matzen' matzen.subroto@akzonobel.com
[belajar-excel] wrote:
>
> Assalamu alaikum,
>
> Sedikit berbagi, saya juga memiliki data yang yang cukup banyak dan
> untuk mendapatkan kelengkapan data itu salah satunya menggunakan
> formula excel, saya meng "akali" nya dengan meng copy rumus ke baris
> data yang belum lengkap datanya, setelah dapat datanya, lalu di COPAS
> Value , Alhamdulillah lumayan Ngebut, kecuali untuk data yang bersifat
> Dinamis (artinya data update), mudah-mudahan setitik membantu
>
> Wassalam
>
> Terima Kasih
>
> /Matzen/
>
> *From:*belajar-excel@yahoogroups.com
> [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
> *Sent:* 22 Mei 2014 9:31
> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Subject:* Re: [belajar-excel] Rumus yang bikin berat
>
> @Pak Sony Memang sudah kepikiran pilihan antara Pivot sama VBA...untuk
> Pivot sudah mencoba tapi gagal...untuk VBA juga bingung karena masih
> anak bawang :p
>
> @Pak Heri Mantab sekali Pivot nya...kendala pas saya membuat pivot
> peletakan Field"-nya berantakan sekali (maklum baru pertama
> mencoba)...ternyata harus menggunakan kolom bantu untuk pengelompokan
> field yang tepat...ilmu yang bermanfaat sekali...akan saya coba
> mengaplikasikan ke File yang sebenarnya...
>
> Mungkin untuk Be-Exceller atau Master yang mahir VBA ada juga yang mau
> membantu, supaya ada pilihan dan pembelajaran lebih lanjut...
> Terimakasih banyak untuk Rekan's yang sudah banyak membantu
>
> Wassallam,
>
> Indra
>
>
> On 5/22/2014 8:35 AM, 'Heri Pamungkas ( Gmail )'
> ghery.dharma@gmail.com <mailto:ghery.dharma@gmail.com> [belajar-excel]
> wrote:
>
>
>
> السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
>
> Semangat pagi,.
>
>
>
>
>
> Mungkin bisa dicoba berikut,
>
>
>
>
>
> Pakai kolom bantu boleh iaa
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
> وَالسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
>
>
>
>
>
> Warm Regards,
>
> On 21/05/2014 9:22, ChordJR vendeta_06@yahoo.co.id
> <mailto:vendeta_06@yahoo.co.id> [belajar-excel] wrote:
>
> Assalamu'alaikum wr wb.
>
> Mohon dibantu untuk permasalahan berikut (File Attachement
> terlampir)...
> Sudah mencoba menggunakan formula tapi karena Data yang jumlahnya
> Ribuan(akan bertambah terus) dan alhasil kalkulasi komputer
> pun loading
> lama sekali...
> Pada file terlampir terdapat Sheet Data dan Hasil pada Sheet
> Summary...Formula yang di gunakan menggunakan fungsi SumIF...
> Mentok harus menggunakan cara seperti apa,mohon dibantu untuk
> saran/jawaban dari para Master Excel...
>
> Apabila terdapat case yang sama persis mohon dibantu untuk di
> berikan
> link -nya...karena sudah coba mencari tidak ketemu...
> Terimakasih Banyak sebelumnya...
>
> Salam,
>
> Indra
>
>
> __________________________________________________________
> This email has been scanned for Viruses and Spam. For more information
> please contact your local Business Unit Information Security
> representative.
> __________________________________________________________
>
>

Thu May 22, 2014 1:18 pm (PDT) . Posted by:

"Heri Hidayat"

terima kasih atas sarannya
emang benar kalau kita database bisa

ya itulah masalahanya saya belum mengerti caranya untuk buat ketiganya, karena saya belum fahan cara buatnya

Pada Kamis, 22 Mei 2014 11:22, "hendrik karnadi hendrikkarnadi@yahoo.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:


 
Pak Heri,

Data yang disajikan dalam beberapa sheet apakah bisa dikelompokkan menjadi tiga saja.
- Data Input
- Data base Hasil Input
- Report.

Kebanyakan pengguna Excel lebih suka membuat apa adanya. Lama kelamaan setelah sheet makin banyak dan formula makin kompleks baru kita bartanya : Ada apanya ? atau dengan kata lain bagaimana menyelesaikannya.

Saya yakin ada beberapa Be Exceller yang mau membantu namun kesulitan mau mulai dari mana dan akan sampai kemana.

Jadi, seperti disarankan oleh Mr. Kid, sebaiknya kita mulai menyusun database sesuai dengan kaidah database yang benar.

Salam,
HK

Thu May 22, 2014 4:34 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Pak Heri,

Sebaiknya pengguna Excel menyusun tabel data dengan mengikuti kaidah tabel
database. Tidak ada tuntutan kepada pengguna Excel untuk bisa database.
Cukup menyusun tabel data mengikuti kaidah tabel database saja. Berikut
kaidah dasar tabel database :

- memiliki kolom (field) dan baris data (records)
- nama kolom bersifat unik (tidak terduplikasi)
- sebuah kolom hanya memiliki satu tipe data
- antar kolom tidak terpisah kolom kosong tanpa nama kolom
- nama tabel sebagai nama sheet
- header selalu diletakkan pada baris pertama dan hanya satu baris saja
- antar baris tidak terpisah baris kosong ataupun baris subtotal

Andai kaidah tersebut terpenuhi seluruhnya, maka minimal, bisa didapatkan :
1. formula Excel bisa dibuat dinamis tanpa harus merujuk ke suluruh kolom
seperti yang Anda lakukan, karena bisa memanfaatkan fitur Excel Table
(xl2007 ke atas) atau List (xl2003)

2. ketika formula Excel yang sudah disusun se-optimum mungkin mulai terasa
berat karena record data yang sudah mencapai ratusan ribu record, maka
memungkinkan untuk menggunakan query melalui fitur Get External Data.

3. ketika jumlah baris Excel yang tersedia (yang sudah ada 1M rows) kurang
dapat menampung jumlah record data, maka memindahkan data ke database
menjadi sederhana dan berbiaya murah, yang kemudian pengambilan data dari
database bisa dilakukan dengan memanfaatkan fitur Get External Data.

Kembali pada kasus kalkulasi yang mulai terasa berat.
Penyusunan formula sebenarnya juga memiliki kaidah agar proses kalkulasi
bisa terjaga. Pada kasus Anda, beberapa kaidah yang tidak diterapkan adalah
:
1. Formula merujuk hanya ke area data dan bukan ke seluruh kolom.
> contoh :
=SUMIFS(Retur!E:E,Retur!D:D,C11,Retur!B:B,D$2)
sebaiknya : (sekian <= sekiun)
=SumIFs( Retur!$e$sekian:$e$sekiun, Retur!$d$sekian:$d$sekiun ,
c11 , retur!$b$sekian:$b$sekiun , d$2 )

2. Formula merujuk hanya ke kolom yang digunakan saja pada baris yang ada
datanya.
> contoh : (bunyi potongan formula) (sekian <= sekiun)
INDEX(Pembayaran!A:K,MATCH($D$2&$C11,Pembayaran!J:J,FALSE),7)
karena yang dibutuhkan hanya kolom ke-7 dari area range A:K alias hanya
kolom G, maka sebaiknya :
Index( pembayaran!$g$sekian:$g$sekiun , Match( $d$2&$c11 ,
pembayaran!$j$sekian:$j$sekiun , false ) )

3. Pilih fungsi yang sesederhana mungkin
> contoh (sekian <= sekiun)
=SUMIFS(Retur!E:E,Retur!D:D,C11,Retur!B:B,D$2)
yang diasumsikan sudah Anda ubah menjadi :
=SumIFs( Retur!$e$sekian:$e$sekiun, Retur!$d$sekian:$d$sekiun , c11
, retur!$b$sekian:$b$sekiun , d$2 )
karena pada nomor 2 ada bunyi $d$2&$c11 yang menjadi kriteria pada
formula SumIFs ( lihat c11 dan d$2 ), berarti pada sheet Retur bisa sudah
ada atau dibuatkan juga sebuah kolom yang berisi gabungan nilai yang
berstruktur sama dengan nilai data $d$2&$c11
dengan demikian, fungsi yang lebih sederhana daripada SumIFs yang bernama
SumIF (tanpa 's') bisa digunakan, dan formula akan berubah menjadi :
=SumIF( Retur!$kolomgabunganDdanC$sekian:$kolomgabunganDdanC$sekiun
, $d$2&$c11 , Retur!$e$sekian:$e$sekiun )

4. Lakukan trap error hanya pada fungsi yang memungkinkan terjadinya error
saja
> contoh (sekian <= sekiun)
=IF(ISERROR(INDEX(Pengiriman!A:H,MATCH($D2&$C11,Pengiriman!H:H,FALSE),6)),"",INDEX(Pengiriman!A:H,MATCH($D2&$C11,Pengiriman!H:H,FALSE),6))

karena error terjadi hanyalah akibat hasil fungsi Match, maka lakukan
trap error hanya pada fungsi Match saja
=IF(ISERROR(MATCH($D2&$C11,Pengiriman!$H$sekian:$H$sekiun,FALSE)),"",INDEX(Pengiriman!$F$sekian:$F$sekiun,MATCH($D2&$C11,Pengiriman!$H$sekian:$H$sekiun,FALSE)))

5. Manfaatkan fungsi trap error seperti IFError jika file tidak akan
digunakan pada versi Excel 2003 ke bawah
> contoh (sekian <= sekiun)
=IF(ISERROR(INDEX(Pengiriman!A:H,MATCH($D2&$C11,Pengiriman!H:H,FALSE),6)),"",INDEX(Pengiriman!A:H,MATCH($D2&$C11,Pengiriman!H:H,FALSE),6))
yang diasumsikan sudah Anda ubah menjadi :
=IF(ISERROR(MATCH($D2&$C11,Pengiriman!$H$sekian:$H$sekiun,FALSE)),"",INDEX(Pengiriman!$F$sekian:$F$sekiun,MATCH($D2&$C11,Pengiriman!$H$sekian:$H$sekiun,FALSE)))

karena pada nomor-nomor sebelumnya (nomor 1 dan 3) sudah muncul fungsi
SumIFs yang ndak ada di xl2003, maka bisa disimpulkan bahwa file tersebut
tidak akan digunakan pada Excel 2003 ke bawah. Berarti trap error bisa
memanfaatkan fungsi IFError dan formula menjadi :

=IFerror(INDEX(Pengiriman!$F$sekian:$F$sekiun,MATCH($D2&$C11,Pengiriman!$H$sekian:$H$sekiun,FALSE)),"")

6. Jika bisa merujuk langsung ke cell tanpa menggunakan sebuah fungsi, maka
rujuklah langsung
> contoh
=IF(J11=0,0,SUM(G11)-SUM(I11)-SUM(M11))
karena G11, i11, dan M11 tidak mungkin berisi teks dan selalu berisi
data bertipe numerik, maka formula bisa menjadi :
=IF(J11=0,0,G11-I11-M11)

7. Lakukan pemeriksaan (penggunaan conditional) ketika dibutuhkan saja
> contoh (sekian <= sekiun)

=IF(SUMIF(Rcpembayaran!B:K,D$2&C11,Rcpembayaran!F:F)=0,0,SUMIF(Rcpembayaran!B:K,D$2&C11,Rcpembayaran!F:F))

karena hasil SumIF akan selalu ada isinya, maka ndak perlu pengecekan
dengan IF lagi, sehingga formula menjadi :

=SUMIF(Rcpembayaran!$B$sekian:$b$sekiun,D$2&C11,Rcpembayaran!$F$sekian:$F$sekiun)

8. Pemeriksaan ada atau tidaknya data disebuah kolom berdasar 1 kriteria
usahakan dengan Match (bukan array formula). Jika berdasar banyak kriteria,
bisa gunakan CountIFs
> contoh (walau sebenarnya cukup dengan IFError saja) (sekian <= sekiun)
=IF(COUNTIF('Data Plg'!A:A,C7)=0,"",VLOOKUP(C7,'Data Plg'!A:C,2,FALSE))
bisa menjadi :
=IF(IsError(Match(C7,'Data
Plg'!$A$sekian:$A$sekiun,0)),"",VLOOKUP(C7,'Data
Plg'!$A$sekian:$C$sekiun,2,FALSE))

tapi lebih baik langsung menggunakan IFError :
=IFError( VLOOKUP(C7,'Data Plg'!$A$sekian:$C$sekiun,2,FALSE) , "" )

9. Usahakan melakukan cek pada hasil cell berformula lain yang terkait jika
formula untuk cek cukup panjang, dan usahakan ambil cell rujukan di sisi
kiri atau atas cell berformula tersebut
> contoh (sekian <= sekiun)
=SUMIFS(Pengiriman!G:G,Pengiriman!D:D,C11,Pengiriman!B:B,D2)
sebenarnya bisa dicek lebih dulu berdasar hasil cell formula di cell
F11 yang menghasilkan jumlah. Jika jumlah (F11) adalah 0, maka tidak perlu
menghitung formula tersebut
=IF( f7 , formula yang baik disini , 0 )

10. Hindari link antar workbook dalam formula, baik dalam formula di suatu
cell maupun di nama range, lebih baik memanfaatkan fitur Get External Data
untuk menarik data yang dibutuhkan ke workbook kerja, dan formula cell
merujuk ke hasil Get External Data

Segitu dulu saja ya...

Wassalam,
Kid.

2014-05-22 13:14 GMT+07:00 Heri Hidayat
abang_heri102@yahoo.co.id[belajar-excel]
<belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> terima kasih atas sarannya
> emang benar kalau kita database bisa
> ya itulah masalahanya saya belum mengerti caranya untuk buat ketiganya,
> karena saya belum fahan cara buatnya
> Pada Kamis, 22 Mei 2014 11:22, "hendrik karnadi hendrikkarnadi@yahoo.com[belajar-excel]" <
> belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:
>
>
>
> Pak Heri,
>
> Data yang disajikan dalam beberapa sheet apakah bisa dikelompokkan menjadi
> tiga saja.
> - Data Input
> - Data base Hasil Input
> - Report.
>
> Kebanyakan pengguna Excel lebih suka membuat apa adanya. Lama kelamaan
> setelah sheet makin banyak dan formula makin kompleks baru kita bartanya : Ada
> apanya ? atau dengan kata lain bagaimana menyelesaikannya.
>
> Saya yakin ada beberapa Be Exceller yang mau membantu namun kesulitan mau
> mulai dari mana dan akan sampai kemana.
>
> Jadi, seperti disarankan oleh Mr. Kid, sebaiknya kita mulai menyusun
> database sesuai dengan kaidah database yang benar.
>
> Salam,
> HK
>
>
>
>
>

Fri May 23, 2014 12:28 am (PDT) . Posted by:

"Heri Hidayat"

terima kasih atas masukan dan sarannya

Pada Jumat, 23 Mei 2014 6:34, "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:


 
Pak Heri,

Sebaiknya pengguna Excel menyusun tabel data dengan mengikuti kaidah tabel database. Tidak ada tuntutan kepada pengguna Excel untuk bisa database. Cukup menyusun tabel data mengikuti kaidah tabel database saja. Berikut kaidah dasar tabel database :

* memiliki kolom (field) dan baris data (records)
* nama kolom bersifat unik (tidak terduplikasi)
* sebuah kolom hanya memiliki satu tipe data
* antar kolom tidak terpisah kolom kosong tanpa nama kolom
* nama tabel sebagai nama sheet
* header selalu diletakkan pada baris pertama dan hanya satu baris saja
* antar baris tidak terpisah baris kosong ataupun baris subtotalAndai kaidah tersebut terpenuhi seluruhnya, maka minimal, bisa didapatkan :
1. formula Excel bisa dibuat dinamis tanpa harus merujuk ke suluruh kolom seperti yang Anda lakukan, karena bisa memanfaatkan fitur Excel Table (xl2007 ke atas) atau List (xl2003)

2. ketika formula Excel yang sudah disusun se-optimum mungkin mulai terasa berat karena record data yang sudah mencapai ratusan ribu record, maka memungkinkan untuk menggunakan query melalui fitur Get External Data.

3. ketika jumlah baris Excel yang tersedia (yang sudah ada 1M rows) kurang dapat menampung jumlah record data, maka memindahkan data ke database menjadi sederhana dan berbiaya murah, yang kemudian pengambilan data dari database bisa dilakukan dengan memanfaatkan fitur Get External Data.

Kembali pada kasus kalkulasi yang mulai terasa berat.

Penyusunan formula sebenarnya juga memiliki kaidah agar proses kalkulasi bisa terjaga. Pada kasus Anda, beberapa kaidah yang tidak diterapkan adalah :

1. Formula merujuk hanya ke area data dan bukan ke seluruh kolom.

    > contoh :
         =SUMIFS(Retur!E:E,Retur!D:D,C11,Retur!B:B,D$2)

    sebaiknya : (sekian <= sekiun)

         =SumIFs( Retur!$e$sekian:$e$sekiun, Retur!$d$sekian:$d$sekiun , c11 , retur!$b$sekian:$b$sekiun , d$2 )

2. Formula merujuk hanya ke kolom yang digunakan saja pada baris yang ada datanya.

    > contoh : (bunyi potongan formula) (sekian <= sekiun)
         INDEX(Pembayaran!A:K,MATCH($D$2&$C11,Pembayaran!J:J,FALSE),7)

    karena yang dibutuhkan hanya kolom ke-7 dari area range A:K alias hanya kolom G, maka sebaiknya :

         Index( pembayaran!$g$sekian:$g$sekiun , Match( $d$2&$c11 , pembayaran!$j$sekian:$j$sekiun , false ) )

3. Pilih fungsi yang sesederhana mungkin

    > contoh (sekian <= sekiun)
         =SUMIFS(Retur!E:E,Retur!D:D,C11,Retur!B:B,D$2)
    yang diasumsikan sudah Anda ubah menjadi :
        =SumIFs( Retur!$e$sekian:$e$sekiun, Retur!$d$sekian:$d$sekiun , c11 , retur!$b$sekian:$b$sekiun , d$2 )

    karena pada nomor 2 ada bunyi $d$2&$c11 yang menjadi kriteria pada formula SumIFs ( lihat c11 dan d$2 ), berarti pada sheet Retur bisa sudah ada atau dibuatkan juga sebuah kolom yang berisi gabungan nilai yang berstruktur sama dengan nilai data $d$2&$c11

dengan demikian, fungsi yang lebih sederhana daripada SumIFs yang bernama SumIF (tanpa 's') bisa digunakan, dan formula akan berubah menjadi :

       =SumIF( Retur!$kolomgabunganDdanC$sekian:$kolomgabunganDdanC$sekiun , $d$2&$c11 , Retur!$e$sekian:$e$sekiun )

4. Lakukan trap error hanya pada fungsi yang memungkinkan terjadinya error saja

    > contoh    (sekian <= sekiun)
 =IF(ISERROR(INDEX(Pengiriman!A:H,MATCH($D2&$C11,Pengiriman!H:H,FALSE),6)),"",INDEX(Pengiriman!A:H,MATCH($D2&$C11,Pengiriman!H:H,FALSE),6))

    karena error terjadi hanyalah akibat hasil fungsi Match, maka lakukan trap error hanya pada fungsi Match saja
=IF(ISERROR(MATCH($D2&$C11,Pengiriman!$H$sekian:$H$sekiun,FALSE)),"",INDEX(Pengiriman!$F$sekian:$F$sekiun,MATCH($D2&$C11,Pengiriman!$H$sekian:$H$sekiun,FALSE)))

5. Manfaatkan fungsi trap error seperti IFError jika file tidak akan digunakan pada versi Excel 2003 ke bawah

   > contoh (sekian <= sekiun)
=IF(ISERROR(INDEX(Pengiriman!A:H,MATCH($D2&$C11,Pengiriman!H:H,FALSE),6)),"",INDEX(Pengiriman!A:H,MATCH($D2&$C11,Pengiriman!H:H,FALSE),6))

   yang diasumsikan sudah Anda ubah menjadi :
=IF(ISERROR(MATCH($D2&$C11,Pengiriman!$H$sekian:$H$sekiun,FALSE)),"",INDEX(Pengiriman!$F$sekian:$F$sekiun,MATCH($D2&$C11,Pengiriman!$H$sekian:$H$sekiun,FALSE)))

   karena pada nomor-nomor sebelumnya (nomor 1 dan 3) sudah muncul fungsi SumIFs yang ndak ada di xl2003, maka bisa disimpulkan bahwa file tersebut tidak akan digunakan pada Excel 2003 ke bawah. Berarti trap error bisa memanfaatkan fungsi IFError dan formula menjadi :
    =IFerror(INDEX(Pengiriman!$F$sekian:$F$sekiun,MATCH($D2&$C11,Pengiriman!$H$sekian:$H$sekiun,FALSE)),"")

6. Jika bisa merujuk langsung ke cell tanpa menggunakan sebuah fungsi, maka rujuklah langsung

  > contoh

       =IF(J11=0,0,SUM(G11)-SUM(I11)-SUM(M11))
     karena G11, i11, dan M11 tidak mungkin berisi teks dan selalu berisi data bertipe numerik, maka formula bisa menjadi :

       =IF(J11=0,0,G11-I11-M11)

7. Lakukan pemeriksaan (penggunaan conditional) ketika dibutuhkan saja

  > contoh (sekian <= sekiun)
       =IF(SUMIF(Rcpembayaran!B:K,D$2&C11,Rcpembayaran!F:F)=0,0,SUMIF(Rcpembayaran!B:K,D$2&C11,Rcpembayaran!F:F))

     karena hasil SumIF akan selalu ada isinya, maka ndak perlu pengecekan dengan IF lagi, sehingga formula menjadi :
     =SUMIF(Rcpembayaran!$B$sekian:$b$sekiun,D$2&C11,Rcpembayaran!$F$sekian:$F$sekiun)

8. Pemeriksaan ada atau tidaknya data disebuah kolom berdasar 1 kriteria usahakan dengan Match (bukan array formula). Jika berdasar banyak kriteria, bisa gunakan CountIFs

   > contoh (walau sebenarnya cukup dengan IFError saja)  (sekian <= sekiun)
    =IF(COUNTIF('Data Plg'!A:A,C7)=0,"",VLOOKUP(C7,'Data Plg'!A:C,2,FALSE))

   bisa menjadi :
   =IF(IsError(Match(C7,'Data Plg'!$A$sekian:$A$sekiun,0)),"",VLOOKUP(C7,'Data Plg'!$A$sekian:$C$sekiun,2,FALSE))

   tapi lebih baik langsung menggunakan IFError :

   =IFError( VLOOKUP(C7,'Data Plg'!$A$sekian:$C$sekiun,2,FALSE) , "" )

9. Usahakan melakukan cek pada hasil cell berformula lain yang terkait jika formula untuk cek cukup panjang, dan usahakan ambil cell rujukan di sisi kiri atau atas cell berformula tersebut

    > contoh (sekian <= sekiun)
    =SUMIFS(Pengiriman!G:G,Pengiriman!D:D,C11,Pengiriman!B:B,D2)

    sebenarnya bisa dicek lebih dulu berdasar hasil cell formula di cell F11 yang menghasilkan jumlah. Jika jumlah (F11) adalah 0, maka tidak perlu menghitung formula tersebut

    =IF( f7 , formula yang baik disini , 0 )

10. Hindari link antar workbook dalam formula, baik dalam formula di suatu cell maupun di nama range, lebih baik memanfaatkan fitur Get External Data untuk menarik data yang dibutuhkan ke workbook kerja, dan formula cell merujuk ke hasil Get External Data

Segitu dulu saja ya...

Wassalam,
Kid.

2014-05-22 13:14 GMT+07:00 Heri Hidayat abang_heri102@yahoo.co.id [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:


>terima kasih atas sarannya
>emang benar kalau kita database bisa
>
>ya itulah masalahanya saya belum mengerti caranya untuk buat ketiganya, karena saya belum fahan cara buatnya
>
>Pada Kamis, 22 Mei 2014 11:22, "hendrik karnadi hendrikkarnadi@yahoo.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:
>
>
>
>

>Pak Heri,
>
>
>Data yang disajikan dalam beberapa sheet apakah bisa dikelompokkan menjadi tiga saja.
>- Data Input
>- Data base Hasil Input
>- Report.
>
>
>Kebanyakan pengguna Excel lebih suka membuat apa adanya. Lama kelamaan setelah sheet makin banyak dan formula makin kompleks baru kita bartanya : Ada apanya ? atau dengan kata lain bagaimana menyelesaikannya.
>
>
>Saya yakin ada beberapa Be Exceller yang mau membantu namun kesulitan mau mulai dari mana dan akan sampai kemana.

>
>
>Jadi, seperti disarankan oleh Mr. Kid, sebaiknya kita mulai menyusun database sesuai dengan kaidah database yang benar.
>
>
>Salam,
>HK
>
>
>
>

Thu May 22, 2014 1:22 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Sepertinya ndak BeExceller yang paham apa maksud tarik garis keluar.
Mungkin bisa dijelaskan dan dicontohkan hasil tarik garis terluarnya.

Wassalam,
Kid.

2014-05-20 10:29 GMT+07:00 dayatshogun46@yahoo.co.id [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Dear all
>
> Selamat pagi, salam semua
>
> Mohon dibantu, Hari ini saya mencoba untuk mengolah data suatu aplikasi
> yang berhubungan dengan titik koordinat y,x,z dimana titik-titik tersebut
> akan saya tarik dari luarnya saja dan berdasarkan ketentuan jarak referensi
> yang saya tentukan ( misal saya butuh menghubungkan titik terluar dengan
> referensi per 5 meter jarak titik terdekat secara berurutan ).
> Kira-kira seperti itu ceritanya, dan yang saya butuhkan sekarang bagaimana
> membuat garis tersebut secara otomatis menggunakan excel.
>
> Salam
> Dayat
> Powered by Telkomsel BlackBerry®
>
>

Thu May 22, 2014 1:25 pm (PDT) . Posted by:

"odong nando"

pake rumus ja ga usah liat kolum

=weeknum(d12)

Pada Senin, 19 Mei 2014 13:02, "Ferdinan Imers ferdinan36@gmail.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:


 
Para mastah  udah bingung nih mohon bantuannya masl today() dalam rentang minggu ke ?

file terlampir

terima kasih sebelumnya salam
Ferdinan

Fri May 23, 2014 12:27 am (PDT) . Posted by:

"Syaiful Hanan"

Asalamualaikum

semoga sukses selalu, kalau kita sudah membuat suatu protek seperti tanggal kadaluarsa file, lalu untuk membuat protek tersebut tidak bisa diubah oelh orang lain, protek to protek, membuat paswordnya bagaimana langkahnya. terima kasih atas segala ilmunya yang telah disalurkan, semoga menjadi amal ibadah...amin


--- Mods ---
Please... Subject email saat posting kasus diisi dengan kalimat yang mewakili kasus yang diungkan
----------------



Fri May 23, 2014 12:28 am (PDT) . Posted by:

"Ratri Risyanto" risyanto12

Dear All Master Excel

Lebih tepatnya bagaimana cara menampilkan semua data dari satu kolom ListView ke Combobox, atau data combobox berasal / diisi dari data satu kolom ListView. Saya sudah coba combobox1 = listview.column1, atau combobox.additem (listview.column) tetap tidak bisa, saya masih bingung. Mohon pencerahan dan solusinya. Terima kasih.

Wassalam.

R. Risyanto

Fri May 23, 2014 12:30 am (PDT) . Posted by:

agunk_full

Dear All Master...


Saya Punya Pemasalahan baru lagi...
Bagaimana Rumus untuk menghitung jumlah ijin karyawan berdasarkan tanggal,keterangan dan no ID














Thanks,B'Regards
-Agunk-

Fri May 23, 2014 12:41 am (PDT) . Posted by:

"Subroto, Matzen"

Dear Pak Agung,

Boleh tau gak pak agung, kriteria masing-masing keterangan

Terima Kasih

Matzen

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
Sent: 23 Mei 2014 9:12
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: [belajar-excel] Menghitung ijin karyawan [1 Attachment]



Dear All Master...



Saya Punya Pemasalahan baru lagi...

Bagaimana Rumus untuk menghitung jumlah ijin karyawan berdasarkan tanggal,keterangan dan no ID















Thanks,B'Regards

-Agunk-


__________________________________________________________
This email has been scanned for Viruses and Spam. For more information
please contact your local Business Unit Information Security representative.
__________________________________________________________

Fri May 23, 2014 12:30 am (PDT) . Posted by:

"Emi" emilestariklcc

Dear Teman BeExcel

Saya sudah coba rumus untuk menukar text kepada format date, tapi masih ada error

Rumusnya ialah

=DATE(LEFT(A2,4),MID(A2,6,2),MID(A2,11,2))

Mungkin karena ada spasi, gimana caranya.

Mohon bantuan teman2.

Terima kasih.

-Emi

Data Asli Date Format Yang diinginkan
 2014-03-18 #VALUE! 18 Mar 2014
 2014-03-19 #VALUE! 19 Mar 2014
 2014-03-19 #VALUE! 19 Mar 2014
 2014-03-19 #VALUE! 19 Mar 2014
 2014-03-19 #VALUE! 19 Mar 2014
 2014-03-19 #VALUE! 19 Mar 2014

 2014-03-19 #VALUE! 19 Mar 2014
 2014-03-19 #VALUE! 19 Mar 2014
 2014-03-20 #VALUE! 20 Mar 2014

Fri May 23, 2014 1:19 am (PDT) . Posted by:

"Bagus" bagus4bls

Hai Emi;

Coba begini:
=DATE(MID(A2,2,4),MID(A2,7,2),MID(A2,10,2))

sesuaikan format cellnya
copas kebawah

Wassalam

~ Bagus ~

----- Original Message -----
From: Emi emilestariklcc@yahoo.com [belajar-excel]
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Friday, May 23, 2014 11:06 AM
Subject: [***SPAM*** Score/Req: 05.10/5.0] [belajar-excel] Menukar Text kepada format tanggal [1 Attachment]

Dear Teman BeExcel

Saya sudah coba rumus untuk menukar text kepada format date, tapi masih ada error

Rumusnya ialah

=DATE(LEFT(A2,4),MID(A2,6,2),MID(A2,11,2))

Mungkin karena ada spasi, gimana caranya.

Mohon bantuan teman2.

Terima kasih.

-Emi

Data Asli Date Format Yang diinginkan
2014-03-18 #VALUE! 18 Mar 2014
2014-03-19 #VALUE! 19 Mar 2014
2014-03-19 #VALUE! 19 Mar 2014
2014-03-19 #VALUE! 19 Mar 2014
2014-03-19 #VALUE! 19 Mar 2014
2014-03-19 #VALUE! 19 Mar 2014
2014-03-19 #VALUE! 19 Mar 2014
2014-03-19 #VALUE! 19 Mar 2014
2014-03-20 #VALUE! 20 Mar 2014

=====================================================================
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================

---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar