Senin, 26 Mei 2014

[belajar-excel] Digest Number 2946

7 Messages

Digest #2946

Messages

Mon May 26, 2014 2:12 am (PDT) . Posted by:

"ChordJR" indra_gustian

Terimakasih Banyak atas Mr. Kid atas waktu dan Tips"nya...
Akan saya coba ke File Pekerjaan saya...Mohon Maaf baru bisa membalas
karena baru baca email di hari Kerja saja... ^_^

Wassallamualaikum Wr. Wb.

Indra

On 5/23/2014 9:19 PM, 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel] wrote:
> Wa'alaikumussalam Wr. Wb.
>
> Coba :
> > pada cell B5 menggunakan fungsi SumIF (tanpa s)
> =SUMIF(DATA!$A$2:$A$77,$A5,DATA!$C$2:$C$77)
>
> > pada cell C5 menggunakan fungsi SumIFs (dengan s kan ya) karena
> multiple kriteria
> =SUMIFS(DATA!$C$2:$C$77,DATA!$A$2:$A$77,$A5,DATA!$B$2:$B$77,"<>0",DATA!$B$2:$B$77,"<>*")
> kriteria 1 : projectnya sama
> kriteria 2 : tanggalnya bukan 0
> kriteria 3 : tanggalnya bukan teks (NULLSTRING alias "" termasuk teks
> dan bukan blank)
>
> jika ada kriteria 4 seperti tanggalnya tidak blank (blank beneran
> bukan sekedar tampak kosong tapi berisi NULLSTRING), tambahkan lagi di
> kriteria berikutnya dalam formula berbunyi :
> DATA!$B$2:$B$77,"<>"
>
> Oh iya, usahakan formula merujuk ke area data saja. Jika rujukan
> formula ingin dinamis mengikuti jumlah record sumber data, maka lakukan :
> 1. ubah sumber data agar memanfaatkan fitur Excel Table (menu Home ->
> Format as excel table) dan beri nama tabelnya (lihat menu ExcelTables
> -> Design)
>
> 2. ubah rujukan formula agar merujuk ke record data (tanpa hedaer)
> dikolom pada Excel Table yang dibuat di nomor 1.
>
> 3. [bila perlu alias optional] atur kalkulasi Excel (lihat menu
> Formulas -> Calculation Options) pilih Automatic except for data
> tables andaikan Excel Table nomor 1 ada yang berisi formula (sebaiknya
> diusahakan dengan sangat agar sesedikit mungkin kolom Excel Table
> berformula alias sangat terpaksa harus ada formulanya saja, malah
> kalau bisa ndak ada kolom berformula sama sekali)
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
>
>
>
>
> 2014-05-23 13:45 GMT+07:00 ChordJR vendeta_06@yahoo.co.id
> <mailto:vendeta_06@yahoo.co.id> [belajar-excel]
> <belajar-excel@yahoogroups.com <mailto:belajar-excel@yahoogroups.com>>:
>
> Wa'alaikum Salam Wr. Wb.
>
> Mungkin tips dari Pak Matzen juga bisa di gunakan untuk mengolah
> data menjadi Text/Value yang sudah benar...tapi mungkin untuk
> sifat-nya Array Formula dari data yang jumlah nya banyak saya rasa
> kalkulasi akan tetap memberatkan... ^_^
> Sementara saya menggunakan cara Pivot Table (dari Pak Heru)
> kemudian saya aplikasikan dengan Fungsi VlookUp...dengan
> menambahkan sedikit tombol Refresh supaya data bisa ter-Update
> Otomatis...
> Mungkin para master ada yang bisa membantu dengan VBA sepenuhnya
> tanpa formula??saya akan berterimakasih sekali untuk ilmu"nya
> Terimakasih juga untuk Pak Matzen yang sudah memberikan Tips"-nya...
>
> Wassallam,
>
> Indra
>
>
> On 5/22/2014 10:56 AM, 'Subroto, Matzen'
> matzen.subroto@akzonobel.com <mailto:matzen.subroto@akzonobel.com>
> [belajar-excel] wrote:
>>
>> Assalamu alaikum,
>>
>> Sedikit berbagi, saya juga memiliki data yang yang cukup banyak
>> dan untuk mendapatkan kelengkapan data itu salah satunya
>> menggunakan formula excel, saya meng "akali" nya dengan meng copy
>> rumus ke baris data yang belum lengkap datanya, setelah dapat
>> datanya, lalu di COPAS Value , Alhamdulillah lumayan Ngebut,
>> kecuali untuk data yang bersifat Dinamis (artinya data update),
>> mudah-mudahan setitik membantu
>>
>> Wassalam
>>
>> Terima Kasih
>>
>> /Matzen/
>>
>> *From:*belajar-excel@yahoogroups.com
>> <mailto:belajar-excel@yahoogroups.com>
>> [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
>> *Sent:* 22 Mei 2014 9:31
>> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
>> <mailto:belajar-excel@yahoogroups.com>
>> *Subject:* Re: [belajar-excel] Rumus yang bikin berat
>>
>> @Pak Sony Memang sudah kepikiran pilihan antara Pivot sama
>> VBA...untuk Pivot sudah mencoba tapi gagal...untuk VBA juga
>> bingung karena masih anak bawang :p
>>
>> @Pak Heri Mantab sekali Pivot nya...kendala pas saya membuat
>> pivot peletakan Field"-nya berantakan sekali (maklum baru pertama
>> mencoba)...ternyata harus menggunakan kolom bantu untuk
>> pengelompokan field yang tepat...ilmu yang bermanfaat
>> sekali...akan saya coba mengaplikasikan ke File yang sebenarnya...
>>
>> Mungkin untuk Be-Exceller atau Master yang mahir VBA ada juga
>> yang mau membantu, supaya ada pilihan dan pembelajaran lebih
>> lanjut...
>> Terimakasih banyak untuk Rekan's yang sudah banyak membantu
>>
>> Wassallam,
>>
>> Indra
>>
>>
>> On 5/22/2014 8:35 AM, 'Heri Pamungkas ( Gmail )'
>> ghery.dharma@gmail.com <mailto:ghery.dharma@gmail.com>
>> [belajar-excel] wrote:
>>
>>
>>
>> السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
>>
>> Semangat pagi,.
>>
>>
>>
>>
>>
>> Mungkin bisa dicoba berikut,
>>
>>
>>
>>
>>
>> Pakai kolom bantu boleh iaa
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>> وَالسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
>>
>>
>>
>>
>>
>> Warm Regards,
>>
>> On 21/05/2014 9:22, ChordJR vendeta_06@yahoo.co.id
>> <mailto:vendeta_06@yahoo.co.id> [belajar-excel] wrote:
>>
>> Assalamu'alaikum wr wb.
>>
>> Mohon dibantu untuk permasalahan berikut (File
>> Attachement terlampir)...
>> Sudah mencoba menggunakan formula tapi karena Data yang
>> jumlahnya
>> Ribuan(akan bertambah terus) dan alhasil kalkulasi
>> komputer pun loading
>> lama sekali...
>> Pada file terlampir terdapat Sheet Data dan Hasil pada Sheet
>> Summary...Formula yang di gunakan menggunakan fungsi SumIF...
>> Mentok harus menggunakan cara seperti apa,mohon dibantu
>> untuk
>> saran/jawaban dari para Master Excel...
>>
>> Apabila terdapat case yang sama persis mohon dibantu
>> untuk di berikan
>> link -nya...karena sudah coba mencari tidak ketemu...
>> Terimakasih Banyak sebelumnya...
>>
>> Salam,
>>
>> Indra
>>
>>
>> __________________________________________________________
>> This email has been scanned for Viruses and Spam. For more
>> information
>> please contact your local Business Unit Information Security
>> representative.
>> __________________________________________________________
>>
>
>
>

Mon May 26, 2014 2:40 am (PDT) . Posted by:

iw3nk96

Met siang para master....
butuh solusi nih....
Makasih.

Mon May 26, 2014 3:27 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai iw3nk,

Karena menggunakan customUI, maka pastikan bahwa pada sebuah general module
telah ada event dari setiap tombol baru hasil olahan customUI. Terutama
yang digunakan untuk menutup workbook.

Misal sudah ada event callback dari tombol hasil customUI bernama myKeluar,
ikuti langkah berikut :
1. pada general module lokasi si event myKeluar, pada baris pertama
(dibawah Options Explicit jika ada) beri deklarasi variabel bertipe Boolean
penyimpan status ijin tutup worokbook. Misal diberi nama bBolehKeluar

public bBolehKeluar as boolean

2. pada event open milik workbook, set nilai variabel bBolehKeluar dengan
FALSE yang berarti sudah masuk ndak boleh keluar.
bBolehKeluar=false

3. pada event callback si tombol hasil customUI yang bernama myKeluar, di
baris pertama dalam blok prosedur diberi script set nilai variabel
bBolehKeluar menjadi TRUE alias proses yang dilakukan prosedur ini
diijinkan untuk keluar
bBolehKeluar=true

4. pada event before close milik workbook diberi pengkondisian berdasar
variabel bBolehKeluar. Jika nilainya TRUE, maka workbook boleh ditutup.
Jika FALSE, maka set variabel Cancel dengan TRUE.

IF not bBolehKeluar then
cancel=true
endif

Selamat mencoba

Wassalam,
Kid.

2014-05-26 14:56 GMT+07:00 iw3nk96@gmail.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Met siang para master....
>
> butuh solusi nih....
>
> Makasih.
>
>
>

Mon May 26, 2014 2:40 am (PDT) . Posted by:

dayatshogun46

Mas Zainul data macronya sangat bagus tapi saya belum bisa cara menggunakannya, Mr. Kid rumusnya mantap tapi bagaimana jika posisi C1 sd C26 itu tidak ada (yang ada hanya kolom a,b,y,x,e,f,g,h,dan i)

Dayat
Powered by Telkomsel BlackBerry®

-----Original Message-----
From: "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Mon, 26 May 2014 12:41:48
To: BeExcel<belajar-excel@yahoogroups.com>
Reply-To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Fw: Tarik garis terluar y,x,z berdasarkan nilai refferensi yang ditentukan antara satu titik ke titik yang lain secara otomatis / rumus formula [1 Attachment]

Oh asumsinya data sumber sudah ada C01 dst (titik-titik outer boundary-nya)
ya...
Chart dengan tipe X-Y Scatter bisa membantu.

Wassalam,
Kid.





2014-05-26 12:12 GMT+07:00 'zainul_ulum[at]yahoo[dot]com'
zainul_ulum@yahoo.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

> Mas Dayat,
>
> Silahkan coba vba terlampir jika urutan koordinat boundarynya di excel
> sudah benar. VBA akan menggambarkan 3DPolyline , Text dan Titik di Autocad.
>
>
>
> berikut hasil running programmnya di computer saya:
>
>
>
>
>
> selamat mencoba
>
> -zainul
>
>
>
>

Mon May 26, 2014 3:04 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Paulus,

Delimiter : karakter garis miring '/'
data di A1

cara 1 : fitur text to columns
1. blok data -> ribbon Data -> group Data Tools -> Text to columns
2. pilih Delimited -> Next -> centang Others -> isi / -> Next sampai
kembali ke Worksheet

cara 2 : formula
1. pada B1 diberi formula :
=left( a1 , find( "/" , a1 & "/" ) -1 )

2. pada C1 diberi formula :
=mid( a1 , find( "/" , a1 & "/" ) +1 , len(a1) )

3. copy formula di B1:C1 ke baris berikutnya sesuai kebutuhan

*** jika regional setting komputer setempat adalah Indonesian, ganti
karakter koma dalam formula menjadi karakter titik koma.

Wassalam,
Kid.

2014-05-26 14:37 GMT+07:00 Paulus Taripar
paulustaripar@rocketmail.com[belajar-excel]
<belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Para master excel.,tanya cara memisahkan dua kata dalam satu kolom dengan
> garis miring gimana ya? Terima kasih
>
> --- Mods ---
> Dimohon dengan sangat, agar Subject Email saat posting kasus diisi dengan
> kalimat judul yang mewakili dan mencerminkan kasus yang diungkapkan. Hal
> ini akan memudahkan para pencari posting lawas yang terkait dengan kasus
> yang sedang dihadapi.
> ----------------
>
>
>

Mon May 26, 2014 3:15 am (PDT) . Posted by:

"zainul_ulum@yahoo.com" zainul_ulum

Mas Dayat,
Kalo hasil akhirnya adalah penyajian data di excel, bisa dicoba cara dr Mr. Kid.

Apabila hrs diolah lebih lanjur di CAD bisa digunakan macro.

Silakan dipilih mana yg dipakai.
Thanks
-zainul
Sent from my Nokia phone
-----Original Message-----
From: dayatshogun46@yahoo.co.id [belajar-excel]
Sent: 26/05/2014, 16:07
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Bls: Re: [belajar-excel] Fw: Tarik garis terluar y,x,z berdasarkan nilai refferensi yang ditentukan antara satu titik ke titik yang lain secara otomatis / rumus formula

Mas Zainul data macronya sangat bagus tapi saya belum bisa cara menggunakannya, Mr. Kid rumusnya mantap tapi bagaimana jika posisi C1 sd C26 itu tidak ada (yang ada hanya kolom a,b,y,x,e,f,g,h,dan i)

Dayat
Powered by Telkomsel BlackBerry®

-----Original Message-----
From: "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel]"
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Mon, 26 May 2014 12:41:48
To: BeExcel
Reply-To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Fw: Tarik garis terluar y,x,z berdasarkan nilai refferensi yang ditentukan antara satu titik ke titik yang lain secara otomatis / rumus formula [1 Attachment]

Oh asumsinya data sumber sudah ada C01 dst (titik-titik outer boundary-nya)
ya...
Chart dengan tipe X-Y Scatter bisa membantu.

Wassalam,
Kid.

2014-05-26 12:12 GMT+07:00 'zainul_ulum[at]yahoo[dot]com'
zainul_ulum@yahoo.com [belajar-excel] :

> Mas Dayat,
>
> Silahkan coba vba terlampir jika urutan koordinat boundarynya di excel
> sudah benar. VBA akan menggambarkan 3DPolyline , Text dan Titik di Autocad.
>
>
>
> berikut hasil running programmnya di computer saya:
>
>
>
>
>
> selamat mencoba
>
> -zainul
>
>
>
>

Mon May 26, 2014 3:41 am (PDT) . Posted by:

"Scorpio Alone" sc0rpi0_b0y82

Dear Om Momod dan para suhu Excel
Drpd Manual Mending Tanya

Mohon beri petunjuk untuk kasus terlampir...

Mengingat data ribuan...Manual bisa bikin mata jereng ama tangan keriting :D








=====================================================================
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================

---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

1 komentar:

Dirga Egiyansyah mengatakan...

bagaimana cara sumif tapi data sourcenya ada di file lain

Posting Komentar