Jumat, 23 Mei 2014

[belajar-excel] Digest Number 2941

15 Messages

Digest #2941
1a
Re: memproteksi proteksi file kadaluarsa by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
3a
Re: Menampilkan data ListView ke Combobox by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
4a
Re: Menukar Text kepada format tanggal by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
5a
Re: Rumus yang bikin berat by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
6a
Re: [Belajar - Excel] Mencari nilai maksimal by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
7a
8a
Re: Menghitung ijin karyawan [1 Attachment] by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Messages

Fri May 23, 2014 6:14 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Wa'alaikumussalam Wr. Wb.

Mungkin memproteksi VBE bisa memenuhinya. Ke VBE (ALT F11) -> klik kanan
nama projectnya -> VBAProject Properties -> tab Protection -> centang Lock
for viewing -> isi password -> isi juga confirm password -> OK

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Kid.

2014-05-23 8:11 GMT+07:00 Syaiful Hanan ananinadam@gmail.com[belajar-excel]
<belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Asalamualaikum
>
> semoga sukses selalu, kalau kita sudah membuat suatu protek seperti
> tanggal kadaluarsa file, lalu untuk membuat protek tersebut tidak bisa
> diubah oelh orang lain, protek to protek, membuat paswordnya bagaimana
> langkahnya.
> terima kasih atas segala ilmunya yang telah disalurkan, semoga menjadi
> amal ibadah...amin
>
>
> --- Mods ---
> Please... Subject email saat posting kasus diisi dengan kalimat yang
> mewakili kasus yang diungkan
> ----------------
>
>
>

Fri May 23, 2014 6:15 am (PDT) . Posted by:

"odong nando"

coba liat att ny, itu hanya bahan belajar untuk di tanyakan kembali ke rekan2....
dari membuat data, hingga membuat laporan yang mo di print

Fri May 23, 2014 6:18 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Wa'alikumussalam Wr. Wb.

Langkahnya kira-kira begini :
0. buang isi combobox
1. buat blok untuk loop setiap record dalam listview
2. dalam blok loop tersebut, lakukan AddItem terhadap combobox yang diisi
dengan nilai baris yang sedang diproses loop dari kolom listview yang
dibutuhkan

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Kid.

2014-05-23 8:36 GMT+07:00 'Ratri Risyanto' risyanto12@yahoo.com[belajar-excel]
<belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Dear All Master Excel
>
> Lebih tepatnya bagaimana cara menampilkan semua data dari satu kolom
> ListView ke Combobox, atau data combobox berasal / diisi dari data satu
> kolom ListView. Saya sudah coba combobox1 = listview.column1, atau
> combobox.additem (listview.column) tetap tidak bisa, saya masih bingung.
> Mohon pencerahan dan solusinya. Terima kasih.
>
> Wassalam.
>
> R. Risyanto
>
>
>

Fri May 23, 2014 7:01 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Jadi datanya bertipe Text dengan didahului spasi (gak tahu spasi 32 atau
160), sehingga teks yang akan digunakan dimulai pada karakter ke-2. Format
input sudah bertipe YYYY-MM-DD, biasanya dengan formula :
=1*( mid( cellnya , 2 , 10 ) )

Wassalam,
Kid.

2014-05-23 15:07 GMT+07:00 Winov X winovx@yahoo.co.id [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
>
> itu di sebelah kiri ada sepasinya kk.
>
> jadi, mungkin harusnya =DATE(MID(A3;2;4);MID(A3;7;2);MID(A3;10;2))
>
>
> semoga sesuai harapan
>
> *__Winarno__*
> Pada Jumat, 23 Mei 2014 14:31, "Emi emilestariklcc@yahoo.com[belajar-excel]" <
> belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:
>
>
>
> Dear Teman BeExcel
>
> Saya sudah coba rumus untuk menukar text kepada format date, tapi masih
> ada error
>
> Rumusnya ialah
> =DATE(LEFT(A2,4),MID(A2,6,2),MID(A2,11,2))
>
> Mungkin karena ada spasi, gimana caranya.
> Mohon bantuan teman2.
>
> Terima kasih.
>
> -Emi
>
> Data AsliDate Format Yang diinginkan 2014-03-18 #VALUE!18 Mar 2014
> 2014-03-19 #VALUE!19 Mar 2014 2014-03-19 #VALUE!19 Mar 2014 2014-03-19#VALUE!19
> Mar 2014 2014-03-19 #VALUE!19 Mar 2014 2014-03-19 #VALUE!19 Mar 2014
> 2014-03-19 #VALUE!19 Mar 2014 2014-03-19 #VALUE!19 Mar 2014 2014-03-20#VALUE!20
> Mar 2014
>
>
>
>
>

Fri May 23, 2014 7:20 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Wa'alaikumussalam Wr. Wb.

Coba :
> pada cell B5 menggunakan fungsi SumIF (tanpa s)
=SUMIF(DATA!$A$2:$A$77,$A5,DATA!$C$2:$C$77)

> pada cell C5 menggunakan fungsi SumIFs (dengan s kan ya) karena multiple
kriteria
=SUMIFS(DATA!$C$2:$C$77,DATA!$A$2:$A$77,$A5,DATA!$B$2:$B$77,"<>0",DATA!$B$2:$B$77,"<>*")
kriteria 1 : projectnya sama
kriteria 2 : tanggalnya bukan 0
kriteria 3 : tanggalnya bukan teks (NULLSTRING alias "" termasuk teks dan
bukan blank)

jika ada kriteria 4 seperti tanggalnya tidak blank (blank beneran bukan
sekedar tampak kosong tapi berisi NULLSTRING), tambahkan lagi di kriteria
berikutnya dalam formula berbunyi :
DATA!$B$2:$B$77,"<>"

Oh iya, usahakan formula merujuk ke area data saja. Jika rujukan formula
ingin dinamis mengikuti jumlah record sumber data, maka lakukan :
1. ubah sumber data agar memanfaatkan fitur Excel Table (menu Home ->
Format as excel table) dan beri nama tabelnya (lihat menu ExcelTables ->
Design)

2. ubah rujukan formula agar merujuk ke record data (tanpa hedaer) dikolom
pada Excel Table yang dibuat di nomor 1.

3. [bila perlu alias optional] atur kalkulasi Excel (lihat menu Formulas ->
Calculation Options) pilih Automatic except for data tables andaikan Excel
Table nomor 1 ada yang berisi formula (sebaiknya diusahakan dengan sangat
agar sesedikit mungkin kolom Excel Table berformula alias sangat terpaksa
harus ada formulanya saja, malah kalau bisa ndak ada kolom berformula sama
sekali)

Wassalam,
Kid.

2014-05-23 13:45 GMT+07:00 ChordJR vendeta_06@yahoo.co.id [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Wa'alaikum Salam Wr. Wb.
>
> Mungkin tips dari Pak Matzen juga bisa di gunakan untuk mengolah data
> menjadi Text/Value yang sudah benar...tapi mungkin untuk sifat-nya Array
> Formula dari data yang jumlah nya banyak saya rasa kalkulasi akan tetap
> memberatkan... ^_^
> Sementara saya menggunakan cara Pivot Table (dari Pak Heru) kemudian saya
> aplikasikan dengan Fungsi VlookUp...dengan menambahkan sedikit tombol
> Refresh supaya data bisa ter-Update Otomatis...
> Mungkin para master ada yang bisa membantu dengan VBA sepenuhnya tanpa
> formula??saya akan berterimakasih sekali untuk ilmu"nya
> Terimakasih juga untuk Pak Matzen yang sudah memberikan Tips"-nya...
>
> Wassallam,
>
> Indra
>
>
> On 5/22/2014 10:56 AM, 'Subroto, Matzen' matzen.subroto@akzonobel.com[belajar-excel] wrote:
>
>
>
> Assalamu alaikum,
>
>
>
> Sedikit berbagi, saya juga memiliki data yang yang cukup banyak dan untuk
> mendapatkan kelengkapan data itu salah satunya menggunakan formula excel,
> saya meng "akali" nya dengan meng copy rumus ke baris data yang belum
> lengkap datanya, setelah dapat datanya, lalu di COPAS Value , Alhamdulillah
> lumayan Ngebut, kecuali untuk data yang bersifat Dinamis (artinya data
> update), mudah-mudahan setitik membantu
>
>
>
> Wassalam
>
>
>
>
>
>
>
> Terima Kasih
>
>
>
> *Matzen*
>
>
>
> *From:* belajar-excel@yahoogroups.com [
> mailto:belajar-excel@yahoogroups.com <belajar-excel@yahoogroups.com>]
> *Sent:* 22 Mei 2014 9:31
> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Subject:* Re: [belajar-excel] Rumus yang bikin berat
>
>
>
>
>
> @Pak Sony Memang sudah kepikiran pilihan antara Pivot sama VBA...untuk
> Pivot sudah mencoba tapi gagal...untuk VBA juga bingung karena masih anak
> bawang :p
>
> @Pak Heri Mantab sekali Pivot nya...kendala pas saya membuat pivot
> peletakan Field"-nya berantakan sekali (maklum baru pertama
> mencoba)...ternyata harus menggunakan kolom bantu untuk pengelompokan field
> yang tepat...ilmu yang bermanfaat sekali...akan saya coba mengaplikasikan
> ke File yang sebenarnya...
>
> Mungkin untuk Be-Exceller atau Master yang mahir VBA ada juga yang mau
> membantu, supaya ada pilihan dan pembelajaran lebih lanjut...
> Terimakasih banyak untuk Rekan's yang sudah banyak membantu
>
> Wassallam,
>
> Indra
>
>
> On 5/22/2014 8:35 AM, 'Heri Pamungkas ( Gmail )' ghery.dharma@gmail.com[belajar-excel] wrote:
>
>
>
>
>
> السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
>
> Semangat pagi,.
>
>
>
>
>
> Mungkin bisa dicoba berikut,
>
>
>
>
>
> Pakai kolom bantu boleh iaa
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
> وَالسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
>
>
>
>
>
> Warm Regards,
>
> On 21/05/2014 9:22, ChordJR vendeta_06@yahoo.co.id [belajar-excel] wrote:
>
>
>
> Assalamu'alaikum wr wb.
>
> Mohon dibantu untuk permasalahan berikut (File Attachement terlampir)...
> Sudah mencoba menggunakan formula tapi karena Data yang jumlahnya
> Ribuan(akan bertambah terus) dan alhasil kalkulasi komputer pun loading
> lama sekali...
> Pada file terlampir terdapat Sheet Data dan Hasil pada Sheet
> Summary...Formula yang di gunakan menggunakan fungsi SumIF...
> Mentok harus menggunakan cara seperti apa,mohon dibantu untuk
> saran/jawaban dari para Master Excel...
>
> Apabila terdapat case yang sama persis mohon dibantu untuk di berikan
> link -nya...karena sudah coba mencari tidak ketemu...
> Terimakasih Banyak sebelumnya...
>
> Salam,
>
> Indra
>
>
>
>
>
>
>
> __________________________________________________________
> This email has been scanned for Viruses and Spam. For more information
> please contact your local Business Unit Information Security
> representative.
>
> __________________________________________________________
>
>
>
>

Fri May 23, 2014 7:35 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Jadi, jika dengan array formula, pastikan tulis formula seperti biasa
(tanpa mengetik { sebelum = dan diakhir formula ndak perlu mengetik })
kemudian tekan CTRL SHIFT ENTER bersamaan menggantikan penekanan tombol
ENTER.

Tanpa array formula bisa dengan memanfaatkan karakteristik fungsi Index
yang bekerja dengan array data :
=IF(C3>"D","Incomplete",MAX(INDEX(($B$3:$B$18=B3)*$E$3:$E$18,0)))

Oh iya,
Usahakan rujukan cell dalam formula sesuai kebutuhan dan ndak perlu
berlebihan (ndak baik kalo berlebihan itu)
Contoh : formula cell C3
=IF(COUNTIFS($B$3:$B$18,$B$3:$B$18,$F$3:$F$18,"Done")<COUNTIF($B$3:$B$18,$B$3:$B$18),"Incomplete","Complete")
sepertinya maksudnya adalah hitung kalo kolom B nya bernilai sama dengan
kolom B pada baris yang sedang ditulis formula. Formula di cell C3 berarti
kolom B punya nilai yang sama dengan nilai di cell B3
=IF(COUNTIFS($B$3:$B$18,b3,$F$3:$F$18,"Done")<COUNTIF($B$3:$B$18,b3),"Incomplete","Complete")

Wassalam,
Kid.

2014-05-23 17:06 GMT+07:00 Winov X winovx@yahoo.co.id [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
>
> coba pake array formula begini
>
> {=MAX(($E$3:$E$18)*($B$3:$B$18=B3))}
>
> semoga bisa membantu
>
>
>
> *__Winarno__*
> Pada Jumat, 23 Mei 2014 16:56, "ryan ryandirhamsyah@yahoo.com[belajar-excel]" <
> belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:
>
>
>
> Dear Master,
>
> Saya ada kendala dengan penggunaan fungsi max agar tanggal yg diperlukan
> hasilnya bisa sesuai dengan yg diharapkan. kondisinya adalah sbb :
>
> 1. Kolom B berisi items yg harus dibeli
> 2. Kolom C akan berubah menjadi complete apabila status pembelian setiap
> items sudah done (kolom F). Untuk kolom C ini sudah bisa teratasi
> 3. Kolom D harus terisi dengan tanggal terakhir pembelian items yang
> statusnya sudah complete. Kolom ini yg masih belum berhasil sampai sekarang
> dan mohon bantuannya.
>
> Lengkapnya saya sertakan pada file terlampir ya. Sebelumnya terima kasih
> banyak atas bantuan dan arahannya.
>
> BestRegards,
> Moch. Ryan D
>
>
>
>

Fri May 23, 2014 8:29 am (PDT) . Posted by:

"ryan" ryandirhamsyah

Dear Mr. Kid,

Magnificent, akhirnya berhasil. Terima kasih banyak atas bantuan dan supportnya.

BestRegards,
Moch. Ryan D
Pada Jumat, 23 Mei 2014 21:36, "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:


 
Jadi, jika dengan array formula, pastikan tulis formula seperti biasa (tanpa mengetik { sebelum = dan diakhir formula ndak perlu mengetik }) kemudian tekan CTRL SHIFT ENTER bersamaan menggantikan penekanan tombol ENTER.

Tanpa array formula bisa dengan memanfaatkan karakteristik fungsi Index yang bekerja dengan array data :
=IF(C3>"D","Incomplete",MAX(INDEX(($B$3:$B$18=B3)*$E$3:$E$18,0)))

Oh iya,
Usahakan rujukan cell dalam formula sesuai kebutuhan dan ndak perlu berlebihan (ndak baik kalo berlebihan itu)

Contoh : formula cell C3
=IF(COUNTIFS($B$3:$B$18,$B$3:$B$18,$F$3:$F$18,"Done")<COUNTIF($B$3:$B$18,$B$3:$B$18),"Incomplete","Complete")

sepertinya maksudnya adalah hitung kalo kolom B nya bernilai sama dengan kolom B pada baris yang sedang ditulis formula. Formula di cell C3 berarti kolom B punya nilai yang sama dengan nilai di cell B3
=IF(COUNTIFS($B$3:$B$18,b3,$F$3:$F$18,"Done")<COUNTIF($B$3:$B$18,b3),"Incomplete","Complete")

Wassalam,

Kid.

2014-05-23 17:06 GMT+07:00 Winov X winovx@yahoo.co.id [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:


>
>
> coba pake array formula begini
>
>{=MAX(($E$3:$E$18)*($B$3:$B$18=B3))}
>
>semoga bisa membantu
>
>
>
>
>
>
>__Winarno__
>Pada Jumat, 23 Mei 2014 16:56, "ryan ryandirhamsyah@yahoo.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:
>
>
>
>

>Dear Master,
>
>
>
>Saya ada kendala dengan penggunaan fungsi max agar tanggal yg diperlukan hasilnya bisa sesuai dengan yg diharapkan. kondisinya adalah sbb :
>
>
>1. Kolom B berisi items yg harus dibeli
>2. Kolom C akan berubah menjadi complete apabila status pembelian setiap items sudah done (kolom F). Untuk kolom C ini sudah bisa teratasi
>
>3. Kolom D harus terisi dengan tanggal terakhir pembelian items yang statusnya sudah complete. Kolom ini yg masih belum berhasil sampai sekarang dan mohon bantuannya.
>
>
>
>Lengkapnya saya sertakan pada file terlampir ya. Sebelumnya terima kasih banyak atas bantuan dan arahannya.
>
>
>BestRegards,
>Moch. Ryan D
>
>

Fri May 23, 2014 7:42 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Wa'alaikumussalam Wr. Wb.

Sayang ya, activex control di Excel VBA tidak menyertakan properti
DataSource yang bisa dikoneksikan ke object recordset.
Tapi Excel memberi pengganti dengan fitur Get External Data untuk
menghasilkan query table di sebuah sheet yang kemudian kedua kolom hasil
tersebut bisa dimasukkan ke sebuah combobox (dengan setting multiple column
melalui properti ColumnCount) melalui properti RowSource (di UserForm) atau
ListFillRange (di worksheet).

Andai terbiasa menggunakan ADO untuk mengambil recordset dan belum terbiasa
dengan Get External Data, maka methods CopyFromRecordset milik range bisa
dimanfaatkan untuk menyalin recordset hasil query melalui ADO ke sebuah
sheet, kemudian data hasil salinan tersebut digunakan oleh combobox melalui
properti RowSource atau ListFillRange juga.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Kid.

2014-05-23 17:39 GMT+07:00 'Ratri Risyanto' risyanto12@yahoo.com[belajar-excel]
<belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Dear All Master Excel
>
> Jika para master berkenan, mohon bantuannya karena pertanyaan saya agak
> keluar jalur.. Saya buat 2 (dua) combobox di vb6 dan punya file mdb (foto
> terlampir) dengan 2 field, gimana cara menampilkan field 1 di combobox1 dan
> field 2 di combobox2 (awalnya ini sudah bisa), permasalahannya bagaimana
> caranya jika combobox1 memilih "S109" maka combobox2 otomatis terpilih
> "*INTI IDOLA ANUGERAH PT." (lihat foto file dibaris pertama) begitu pula
> sebaliknya jika pilih combobox2 maka otomatis di combobox1.
>
> Mohon maaf jika pertanyaan saya keluar jalur.
>
>
> Wassalam.
>
> R. Risyanto
>
>
>

Fri May 23, 2014 8:55 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

File terlampir memperhitungkan Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional yang
terdaftar berada diluar jumlah hari ijin antara mulai dan sampai.

Pada xl2003, pastikan Addin Analysis ToolPak diaktifkan.

Wassalam,
Kid.

2014-05-23 9:11 GMT+07:00 agungdotcom13@yahoo.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Dear All Master...
>
>
> Saya Punya Pemasalahan baru lagi...
>
> Bagaimana Rumus untuk menghitung jumlah ijin karyawan berdasarkan
> tanggal,keterangan dan no ID
>
>
>
>
>
>
>
>
> Thanks,B'Regards
>
> -Agunk-
>
>
>

Fri May 23, 2014 8:31 pm (PDT) . Posted by:

"Liem Suliem" liemsuliem

dh
salam be exceler

dear master

gimana ya cara untuk panggil menu proteksi sheet untuk workbook yang sudah di hilangkan / hiden menu barnya.

soalnya dapat workbooknya dari inet yang sudah di custom.

salam
liem

Fri May 23, 2014 8:37 pm (PDT) . Posted by:

"nangAgus"

Buka filenya dengan customUI editor, atau dengan XML editor lainnya,
misalnya dengan notepad ++ (nppp) buang semua customUI atau ganti tag
yang berbunyi:
<ribbonstartFromScratch="*true*">
ubah menjadi

<ribbonstartFromScratch="*false*">

salam
NangAgus

On 5/24/2014 10:20, Liem Suliem liemsuliem@yahoo.co.id [belajar-excel]
wrote:
> dh
> salam be exceler
>
> dear master
>
> gimana ya cara untuk panggil menu proteksi sheet untuk workbook yang
> sudah di hilangkan / hiden menu barnya.
>
> soalnya dapat workbooknya dari inet yang sudah di custom.
>
> salam
> liem
>

Fri May 23, 2014 9:04 pm (PDT) . Posted by:

"Liem Suliem" liemsuliem

pak agus..
sesuai saran pak agus.. tak coba buka pakai notepad++
dan saya rubah

<ribbonstartFromScratch="false">

lalu lalu saya save di npp editor saya close. workbook saya buka lagi mencul pesan

saya pilih yes. terus proteksi sheet. tapi saat mau saya simpan minta di save as. terus saya save as. tapi saat tak buka di npp dan mau saya hiden barnya gak berhasil. yang tadinya false saya ganti true lagi tapi bar tidak ke hiden apa ya kira2 pak.
apa ada ritual lain hehehe

salam

liem

Pada Sabtu, 24 Mei 2014 10:37, "nangAgus nangagus@gmail.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:


 
Buka filenya dengan customUI editor, atau dengan XML editor lainnya, misalnya dengan notepad ++ (nppp) buang semua customUI atau ganti tag yang berbunyi:
<ribbonstartFromScratch="true">
ubah menjadi

<ribbonstartFromScratch="false">

salam
NangAgus

On 5/24/2014 10:20, Liem Suliem liemsuliem@yahoo.co.id [belajar-excel] wrote:

 
>dh
>salam be exceler
>
>
>dear master
>
>
>gimana ya cara untuk panggil menu proteksi sheet untuk workbook yang sudah di hilangkan / hiden menu barnya.
>
>
>soalnya dapat workbooknya dari inet yang sudah di custom.
>
>
>salam
>liem

Fri May 23, 2014 9:36 pm (PDT) . Posted by:

"nangAgus"

Dear liem,
jika menggunakan notepad++, sesuai arahan Mr.Kid dilakukan
langkah-langkah sebagai berikut:
1. ubah file excel menjadi file zip (tambahkan .zip di paling akhir
file menggunakan windows explorer) (file .xlsx harus kelihatan)
2. buka file yang sudah di ganti exsistensinya dengan winzp, winrar atau
sejenisnya
3. buka file CustomUI.xml pada folder customUI dengan notepad++

4. <ribbonstartFromScratch="*true*"> ubah menjadi
<ribbonstartFromScratch="*false*">

On 5/24/2014 10:58, Liem Suliem liemsuliem@yahoo.co.id [belajar-excel]
wrote:
> pak agus..
> sesuai saran pak agus.. tak coba buka pakai notepad++
> dan saya rubah
>
> <ribbonstartFromScratch="*false*">
>
> lalu lalu saya save di npp editor saya close. workbook saya buka lagi
> mencul pesan
>
>
> saya pilih yes. terus proteksi sheet. tapi saat mau saya simpan minta
> di save as. terus saya save as. tapi saat tak buka di npp dan mau saya
> hiden barnya gak berhasil. yang tadinya false saya ganti true lagi
> tapi bar tidak ke hiden apa ya kira2 pak.
>
> apa ada ritual lain hehehe
>
> salam
>
> liem
>
>
> Pada Sabtu, 24 Mei 2014 10:37, "nangAgus nangagus@gmail.com
> [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:
>
>
> Buka filenya dengan customUI editor, atau dengan XML editor lainnya,
> misalnya dengan notepad ++ (nppp) buang semua customUI atau ganti tag
> yang berbunyi:
> <ribbonstartFromScratch="*true*">
> ubah menjadi
>
> <ribbonstartFromScratch="*false*">
>
> salam
> NangAgus
>
>
> On 5/24/2014 10:20, Liem Suliem liemsuliem@yahoo.co.id
> <mailto:liemsuliem@yahoo.co.id> [belajar-excel] wrote:
>> dh
>> salam be exceler
>>
>> dear master
>>
>> gimana ya cara untuk panggil menu proteksi sheet untuk workbook yang
>> sudah di hilangkan / hiden menu barnya.
>>
>> soalnya dapat workbooknya dari inet yang sudah di custom.
>>
>> salam
>> liem
>
>
>
>

Fri May 23, 2014 9:47 pm (PDT) . Posted by:

"Liem Suliem" liemsuliem

pak agus

setelah saya otak atik ternya berhasil pak..
tapi workbok saya ganti extensi .zip     "baca trik dari mr.kid" :-)

dan untuk edit baris
<ribbonstartFromScratch="false">   yag ada di folder customUI

saya edit dari winrar.
gak tau kenapa kalo edit dari npp kok eror..

makasih pak agus

  salam

liem

Pada Sabtu, 24 Mei 2014 11:04, "Liem Suliem liemsuliem@yahoo.co.id [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:


 
pak agus..
sesuai saran pak agus.. tak coba buka pakai notepad++
dan saya rubah

<ribbonstartFromScratch="false">

lalu lalu saya save di npp editor saya close. workbook saya buka lagi mencul pesan

saya pilih yes. terus proteksi sheet. tapi saat mau saya simpan minta di save as. terus saya save as. tapi saat tak buka di npp dan mau saya hiden barnya gak berhasil. yang tadinya false saya ganti true lagi tapi bar tidak ke hiden apa ya kira2 pak.
apa ada ritual lain hehehe

salam

liem

Pada Sabtu, 24 Mei 2014 10:37, "nangAgus nangagus@gmail.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:


 
Buka filenya dengan customUI editor, atau dengan XML editor lainnya, misalnya dengan notepad ++ (nppp) buang semua customUI atau ganti tag yang berbunyi:
<ribbonstartFromScratch="true">
ubah menjadi

<ribbonstartFromScratch="false">

salam
NangAgus

On 5/24/2014 10:20, Liem Suliem liemsuliem@yahoo.co.id [belajar-excel] wrote:

 
>dh
>salam be exceler
>
>
>dear master
>
>
>gimana ya cara untuk panggil menu proteksi sheet untuk workbook yang sudah di hilangkan / hiden menu barnya.
>
>
>soalnya dapat workbooknya dari inet yang sudah di custom.
>
>
>salam
>liem

Fri May 23, 2014 8:32 pm (PDT) . Posted by:

"nangAgus"

Dear Supriyanto,
Saya Coba untuk membuat kriteria nomor 4 dan 5 yaa.
menggunakan event whorksheet change. yaa

Private Sub Worksheet_Change(ByVal Target As Range)
Dim seld8 As String
Dim seld10 As String
Dim seld13 As String

If Target.Address = "$D$8" Or Target.Address = "$D$10" Or Target.Address
= "$D$13" Then 'jika d8, d10 atau d13 berubah maka:
Rows("19:44").Hidden = False ' kolom 19:44 tampakkan semua dulu, baru
row yang tidak dibutuhkan disembunyikan (jangan sembunyikan)
seld8 = Range("D8").Value 'kita ambil nilai sel d8
seld10 = Range("D10").Value 'kita ambil nilai sel d10
seld13 = Range("D13").Value 'kita ambil nilai sel d13

If seld10 = "Undirect" And seld13 = "Tidak" Then` 'Jika d10 =
undirect dan d13 = Tidak, maka
Rows("38:43").Hidden = True 'row 38:43 disembunyikan

End If
If seld10 = "Undirect" And seld13 = "Ya" Then 'Jika d10 =
undirect dan d13 = Ya, maka
Rows("29:43").Hidden = True 'row 29:43 disembunyikan
End If
End If

End Sub

untuk riteeria yang lain buat sendiri yaaa,

Wasalamualaikum
NangAgus

On 5/23/2014 15:19, Supriyanto S priyant37@gmail.com [belajar-excel] wrote:
> Dear All,
>
> Saya sudah mencoba mencari contoh atas kendala yang saya rasakan, baik
> dari millis ini ataupun tanya sama mbah google. tetapi tidak menemukan
> solusinya.
>
> Untuk itu saya mohon bantuan be-exceller dan agan semuanya untuk
> membantu dan memberikan pencerahan ke saya. pertanyaan dan masalahnya
> terlampir.
>
> Sebelumnya terima kasih atas bantuan agan semuanya.
>
> supriy
>

=====================================================================
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================

---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar